15 Messages
Digest #3212
3a
Re: Mohon Bantuannya Menyederhanakan Rumus Alokasi Biaya [1 Attachme by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
12b
Re: Menampilkan Multiple data secara vertikal dengan kriteria by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Messages
Tue Dec 2, 2014 5:37 am (PST) . Posted by:
"fathir ali"
---------- Pesan Terusan----------
Dari: "fathir ali" <payripayali@gmail.com>
Tanggal: 1 Des 2014 23:14
Subjek: Re: cari data sama
Kepada: <belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com>
Cc:
assalamuailaikum wrb maaf baru bales di karenakan komputer rusak mw tanya
lagi master klo datanya nama sama tagihannya sama cuma niknya berbeda bisa
nga menggunakan if tapi statusnya bukan masih ada tagihan soalnya ada
tagihan nama sama total sama cuma niknya yg berbeda terimakasih atas
perhatiannya mrkid,mrhendrik dan yg lain contoh file terlampir
Pada 26 November 2014 23.38, fathir ali <payripayali@gmail.com> menulis:
> assalamualaikum wrb dear master excel mohon pencerahannnya sy ada data
> tagihan dan data yg sudah di bayar yg jumlahnya ribuan . sy kesulitan untuk
> mencocokan data yg sudah di bayarkan di data tagihan selama ini sy
> menggunakan control find adakah cara yg lebih cepat selain itu menggigat
> datanya ribuan. berikut file dummy sy lampirkan
> atas bantuannya sy ucapkan terima kasih
>
Dari: "fathir ali" <payripayali@gmail.com>
Tanggal: 1 Des 2014 23:14
Subjek: Re: cari data sama
Kepada: <belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com>
Cc:
assalamuailaikum wrb maaf baru bales di karenakan komputer rusak mw tanya
lagi master klo datanya nama sama tagihannya sama cuma niknya berbeda bisa
nga menggunakan if tapi statusnya bukan masih ada tagihan soalnya ada
tagihan nama sama total sama cuma niknya yg berbeda terimakasih atas
perhatiannya mrkid,mrhendrik dan yg lain contoh file terlampir
Pada 26 November 2014 23.38, fathir ali <payripayali@gmail.com> menulis:
> assalamualaikum wrb dear master excel mohon pencerahannnya sy ada data
> tagihan dan data yg sudah di bayar yg jumlahnya ribuan . sy kesulitan untuk
> mencocokan data yg sudah di bayarkan di data tagihan selama ini sy
> menggunakan control find adakah cara yg lebih cepat selain itu menggigat
> datanya ribuan. berikut file dummy sy lampirkan
> atas bantuannya sy ucapkan terima kasih
>
Tue Dec 2, 2014 8:28 am (PST) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Dear Be-Exceller,
Mendapat studi kasus dari Pak Suyono akan pertanyaan sy tersebut diatas (terima kasih Pak Suyono), hampir sesuai dng yg sy inginkan. Hanya saja pada lampiran tersebut databasenya dalam format Access walaupun proses inputnya dari Excel.
Bersama dng ini sy teruskan lampiran dari beliau dng harapan sahabat Be-Exceller dan/atau Master Excel dapat membantu sy bagaimana caranya mengubah file database yg sekarang ini dalam format / file Access menjadi file dalam format / file Excel. Dengan kata lain yg sy inginkan database tersebut juga dalam formal Excel.
Besar harapan sahabat Be-Exceller dapat membantu sy.
Regards,
Harry
Sent from Yahoo Mail on Android
Mendapat studi kasus dari Pak Suyono akan pertanyaan sy tersebut diatas (terima kasih Pak Suyono), hampir sesuai dng yg sy inginkan. Hanya saja pada lampiran tersebut databasenya dalam format Access walaupun proses inputnya dari Excel.
Bersama dng ini sy teruskan lampiran dari beliau dng harapan sahabat Be-Exceller dan/atau Master Excel dapat membantu sy bagaimana caranya mengubah file database yg sekarang ini dalam format / file Access menjadi file dalam format / file Excel. Dengan kata lain yg sy inginkan database tersebut juga dalam formal Excel.
Besar harapan sahabat Be-Exceller dapat membantu sy.
Regards,
Harry
Sent from Yahoo Mail on Android
Tue Dec 2, 2014 3:34 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam wr wb
Apakah ada daftar dep penerima dana pertamanya ? Daftar dep penerima dana
pertama akan menjadi root hirarki distribusi. Daftar ini bisa berubah-ubah
isinya tergantung kebijakan setempat, misal semester pertama yang mendapat
dana pertama adalah dep1,3,7 tapi di semester kedua bisa berubah menjadi
dep9,3,2
Bisakah daftar dep disusun agar penerima dana pertama selalu berada di
baris-baris awal ?
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.
2014-11-28 3:44 GMT+11:00 Aris Saputra aris_saputra8718@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Assalammualaikum Wr. Wb
>
> Hi, Para master Excel,,
> Sudah sejak 1 bulan saya mencoba menyederhanakan rumus Alokasi biaya
> seperti terlampir. Saya kebingungan dan selalu mentok, sudah pakai
> kombinasi beberapa rumus, kayak iferror, sumif, dan sebagainya namun tetap
> tidak bisa menyederhanakannya.
> Alokasinya berlanjut soalnya, misal Dep. 1 mengalokasikan biaya sebesar
> 30% ke Dep. 2, dan selanjutnya Dep. 2 mengalokasikan biaya sebesar 40% ke
> Dep. 10 dan Dep. 11 60 %,, Kalo secara sederhana berarti Dep. 1 itu
> mengalokasikan Biaya 30%x40% ke Dep. 10 dan 30%x60% ke Dep. 11. Mungkin
> secara manual itu bisa Saya membuatnya,, namun, bagaimana caranya
> mengotomatisasikan rumus tersebut, jadi ketika ada perubahan alokasi baik
> tempat maupun persentasinya, nilai alokasinya akan otomatis berubah.
>
> Mohon pencerahannya dari Para master,,,
>
> Terima Kasih
>
>
> Pada Kamis, 27 November 2014 15:15, "Aris Saputra
> aris_saputra8718@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> menulis:
>
>
>
> Assalammualaikum Wr. Wb
>
> Hi, Para master Excel,,
> Sudah sejak 1 bulan saya mencoba menyederhanakan rumus Alokasi biaya
> seperti terlampir. Saya kebingungan dan selalu mentok, sudah pakai
> kombinasi beberapa rumus, kayak iferror, sumif, dan sebagainya namun tetap
> tidak bisa menyederhanakannya.
> Alokasinya berlanjut soalnya, misal Dep. 1 mengalokasikan biaya sebesar
> 30% ke Dep. 2, dan selanjutnya Dep. 2 mengalokasikan biaya sebesar 40% ke
> Dep. 10 dan Dep. 11 60 %,, Kalo secara sederhana berarti Dep. 1 itu
> mengalokasikan Biaya 30%x40% ke Dep. 10 dan 30%x60% ke Dep. 11. Mungkin
> secara manual itu bisa Saya membuatnya,, namun, bagaimana caranya
> mengotomatisasikan rumus tersebut, jadi ketika ada perubahan alokasi baik
> tempat maupun persentasinya, nilai alokasinya akan otomatis berubah.
>
> Mohon pencerahannya dari Para master,,,
>
> Terima Kasih
>
> --- Mods ---
> File lampiran dilepas dari email karena melebihi batas ukuran file
> lampiran dalam peraturan milis. Silakan pengirim mengirim ulang file
> lampiran yang lebih sesuai ukuran filenya dengan cara me-reply email ini
> ---------------
>
>
>
>
>
Apakah ada daftar dep penerima dana pertamanya ? Daftar dep penerima dana
pertama akan menjadi root hirarki distribusi. Daftar ini bisa berubah-ubah
isinya tergantung kebijakan setempat, misal semester pertama yang mendapat
dana pertama adalah dep1,3,7 tapi di semester kedua bisa berubah menjadi
dep9,3,2
Bisakah daftar dep disusun agar penerima dana pertama selalu berada di
baris-baris awal ?
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.
2014-11-28 3:44 GMT+11:00 Aris Saputra aris_saputra8718@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Assalammualaikum Wr. Wb
>
> Hi, Para master Excel,,
> Sudah sejak 1 bulan saya mencoba menyederhanakan rumus Alokasi biaya
> seperti terlampir. Saya kebingungan dan selalu mentok, sudah pakai
> kombinasi beberapa rumus, kayak iferror, sumif, dan sebagainya namun tetap
> tidak bisa menyederhanakannya.
> Alokasinya berlanjut soalnya, misal Dep. 1 mengalokasikan biaya sebesar
> 30% ke Dep. 2, dan selanjutnya Dep. 2 mengalokasikan biaya sebesar 40% ke
> Dep. 10 dan Dep. 11 60 %,, Kalo secara sederhana berarti Dep. 1 itu
> mengalokasikan Biaya 30%x40% ke Dep. 10 dan 30%x60% ke Dep. 11. Mungkin
> secara manual itu bisa Saya membuatnya,, namun, bagaimana caranya
> mengotomatisasikan rumus tersebut, jadi ketika ada perubahan alokasi baik
> tempat maupun persentasinya, nilai alokasinya akan otomatis berubah.
>
> Mohon pencerahannya dari Para master,,,
>
> Terima Kasih
>
>
> Pada Kamis, 27 November 2014 15:15, "Aris Saputra
> aris_saputra8718@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> menulis:
>
>
>
> Assalammualaikum Wr. Wb
>
> Hi, Para master Excel,,
> Sudah sejak 1 bulan saya mencoba menyederhanakan rumus Alokasi biaya
> seperti terlampir. Saya kebingungan dan selalu mentok, sudah pakai
> kombinasi beberapa rumus, kayak iferror, sumif, dan sebagainya namun tetap
> tidak bisa menyederhanakannya.
> Alokasinya berlanjut soalnya, misal Dep. 1 mengalokasikan biaya sebesar
> 30% ke Dep. 2, dan selanjutnya Dep. 2 mengalokasikan biaya sebesar 40% ke
> Dep. 10 dan Dep. 11 60 %,, Kalo secara sederhana berarti Dep. 1 itu
> mengalokasikan Biaya 30%x40% ke Dep. 10 dan 30%x60% ke Dep. 11. Mungkin
> secara manual itu bisa Saya membuatnya,, namun, bagaimana caranya
> mengotomatisasikan rumus tersebut, jadi ketika ada perubahan alokasi baik
> tempat maupun persentasinya, nilai alokasinya akan otomatis berubah.
>
> Mohon pencerahannya dari Para master,,,
>
> Terima Kasih
>
> --- Mods ---
> File lampiran dilepas dari email karena melebihi batas ukuran file
> lampiran dalam peraturan milis. Silakan pengirim mengirim ulang file
> lampiran yang lebih sesuai ukuran filenya dengan cara me-reply email ini
> ------------
>
>
>
>
>
Tue Dec 2, 2014 4:50 pm (PST) . Posted by:
"Nang Agus"
On Mon, Dec 1, 2014 at 4:25 PM, Samsudin samsudin@bayan.com.sg
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Assalamu'alaikum,
>
> Dear All Master,
>
> Mohon bantuan dan pencerahannya untuk masalah yang saya hadapi seperti
> terlampir pada file attachement.
>
> Atas perhatian dan pencerahannya disampaikan terima kasih.
>
>
>
> *Wassalam,*
>
> *Samsudin, ST*
>
> O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
>
> M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg
>
> P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's
> really necessary. Go Green !!!
>
> ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
>
>
>
> ----------------------------------------------------------
>
>
> This message (including any attachments) contains confidential information intended
> for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
> intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
> disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
> taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
> is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
> its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
> views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
> not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
> intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
> with its email use policy.
>
>
>
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Assalamu'alaikum,
>
> Dear All Master,
>
> Mohon bantuan dan pencerahannya untuk masalah yang saya hadapi seperti
> terlampir pada file attachement.
>
> Atas perhatian dan pencerahannya disampaikan terima kasih.
>
>
>
> *Wassalam,*
>
> *Samsudin, ST*
>
> O: +62 542 875 860 Ext :61519 |
>
> M: +62 811 2810 068 | +62 813 6914 7150 | email: samsudin@bayan.com.sg
>
> P Save a tree & save energy. Don't print this e-mail unless it's
> really necessary. Go Green !!!
>
> ISO 9001 : 2008| ISO 14001 : 2004 | OHSAS 18001 : 2007
>
>
>
> ------------
>
>
> This message (including any attachments) contains confidential information intended
> for a specific individual and purpose, and is protected by law. If you are not the
> intended recipient, you should delete this message and hereby notified that any
> disclosure, copying, or distribution of this message (or any part thereof), or the
> taking of any action based on it, is strictly prohibited. No liability or responsibility
> is accepted if information or data is, for whatever reason corrupted or does not reach
> its intended recipient. No warranty is given that this email is free of viruses. The
> views expressed in this email are, unless otherwise stated, those of the author and
> not those of the Company or its management. The Company reserves the right to monitor,
> intercept and block emails addressed to its users or take any other action in accordance
> with its email use policy.
>
>
>
Tue Dec 2, 2014 7:05 pm (PST) . Posted by:
"Yan Novianto" yan.novianto
Dear Be_exceller
suatu saat saya pernah mengalami hal ini
(kesulitan mengatur jumlah page break sesuai dengan keinginan)
"Microsoft rxcel cannot move the page break because doing...to below the minimum 10%"
sehingga bias mencapai banyak page
tapi saya lupa bagimana mengatasinya
dan saya tidak tahu mengapa ini terjadi
Nah Sekarang, mohon bantuan dari para pakar excel disini
1. mengapa ini terjadi
2. cara mengatasinya
terimakasih bantuannya
suatu saat saya pernah mengalami hal ini
(kesulitan mengatur jumlah page break sesuai dengan keinginan)
"Microsoft rxcel cannot move the page break because doing...to below the minimum 10%"
sehingga bias mencapai banyak page
tapi saya lupa bagimana mengatasinya
dan saya tidak tahu mengapa ini terjadi
Nah Sekarang, mohon bantuan dari para pakar excel disini
1. mengapa ini terjadi
2. cara mengatasinya
terimakasih bantuannya
Tue Dec 2, 2014 7:55 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Budiarto,
File terlampir menggunakan data yang telah disatukan menjadi sebuah tabel
dalam sebuah sheet. Dari tabel tersebut, dibuatlah sebuah tabel bantu
penyusun proses full outer join. Dari tabel bantu tersebut, baru disusun
tabel hasilnya.
Jika Anda menguasai SQL, bisa jadi akan lebih mudah andaikan menggunakan
fitur Get External Data.
Wassalam,
Kid.
2014-11-28 15:11 GMT+11:00 Thomas Budiarto themassto@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> dear all, saya minta tolong cara menandai 2 data dari 2 tabel yang
> bagaimana?selama ini saya pake cara manual...trims (file terlampir)
>
>
>
File terlampir menggunakan data yang telah disatukan menjadi sebuah tabel
dalam sebuah sheet. Dari tabel tersebut, dibuatlah sebuah tabel bantu
penyusun proses full outer join. Dari tabel bantu tersebut, baru disusun
tabel hasilnya.
Jika Anda menguasai SQL, bisa jadi akan lebih mudah andaikan menggunakan
fitur Get External Data.
Wassalam,
Kid.
2014-11-28 15:11 GMT+11:00 Thomas Budiarto themassto@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> dear all, saya minta tolong cara menandai 2 data dari 2 tabel yang
> bagaimana?selama ini saya pake cara manual...trims (file terlampir)
>
>
>
Tue Dec 2, 2014 9:21 pm (PST) . Posted by:
"Nang Agus"
Asalamualaikum warahmatullah,
Kepada member B_Excel
Saya membuat cekrip sederhana untuk mengkopy data dari file lain:
Windows("data.xlsx").Activate
Sheets("sheet1").Range("B3:C17").Copy
Windows("kopi.xlsm").Activate
Sheets("Sheet1").Range("B3").PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
saya ubah menjadi:
Windows("data.xlsx").Sheets("sheet1").Range("B3:C17").Copy
Windows("kopi.xlsm").Sheets("Sheet1").Range("B3").PasteSpecial
Paste:=xlPasteValues
kenapa cekrip yang kedua tidak dapat dipakai?
apakah untuk kopy antar file, perlu mengaktifkan file tersebut?
Terimakasih
Wasalamualaikum warahmatullah.
NangAgus
Kepada member B_Excel
Saya membuat cekrip sederhana untuk mengkopy data dari file lain:
Windows("
Sheets("
Windows("
Sheets("
saya ubah menjadi:
Windows("
Windows("
Paste:=xlPasteValue
kenapa cekrip yang kedua tidak dapat dipakai?
apakah untuk kopy antar file, perlu mengaktifkan file tersebut?
Terimakasih
Wasalamualaikum warahmatullah.
NangAgus
Tue Dec 2, 2014 9:43 pm (PST) . Posted by:
"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
Betul pak Nang Agus.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
<div>-------- Original message --------</div><div>From: "Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> </div><div>Date:03/12/2014 12:21 (GMT+07:00) </div><div>To: BExcel <belajar-excel@yahoogroups.com> </div><div>Subject: [belajar-excel] Cekrip Kopy </div><div>
</div>Asalamualaikum warahmatullah,
Kepada member B_Excel
Saya membuat cekrip sederhana untuk mengkopy data dari file lain:
Windows("data.xlsx").Activate
Sheets("sheet1").Range("B3:C17").Copy
Windows("kopi.xlsm").Activate
Sheets("Sheet1").Range("B3").PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
saya ubah menjadi:
Windows("data.xlsx").Sheets("sheet1").Range("B3:C17").Copy
Windows("kopi.xlsm").Sheets("Sheet1").Range("B3").PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
kenapa cekrip yang kedua tidak dapat dipakai?
apakah untuk kopy antar file, perlu mengaktifkan file tersebut?
Terimakasih
Wasalamualaikum warahmatullah.
NangAgus
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
<div>-------- Original message --------</div><div>From: "Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> </div><div>Date:03/12/2014 12:21 (GMT+07:00) </div><div>To: BExcel <belajar-excel@yahoogroups.com> </div>
</div>
Kepada member B_Excel
Saya membuat cekrip sederhana untuk mengkopy data dari file lain:
Windows("
Sheets("
Windows("
Sheets("
saya ubah menjadi:
Windows("
Windows("
kenapa cekrip yang kedua tidak dapat dipakai?
apakah untuk kopy antar file, perlu mengaktifkan file tersebut?
Terimakasih
Wasalamualaikum warahmatullah.
NangAgus
Tue Dec 2, 2014 9:25 pm (PST) . Posted by:
"Dody Irawan"
Assalamualaikum...
Dear All Master.
Mohon bantuan VBA untuk menambah sheet, dan membuka sheet tertentu, seperti
file yang saya lampirkan.
terimakasih banyak atas bantuannya, semoga manfaat dan makin berkah ilmunya.
Wassalamualaikum.
Dody.
Dear All Master.
Mohon bantuan VBA untuk menambah sheet, dan membuka sheet tertentu, seperti
file yang saya lampirkan.
terimakasih banyak atas bantuannya, semoga manfaat dan makin berkah ilmunya.
Wassalamualaikum.
Dody.
Tue Dec 2, 2014 9:26 pm (PST) . Posted by:
"Indra Sanjaya" indradjaja80an
Dear para master excel,
Bagaimana supaya nomor urut:
AGUS dari 3 menjadi 1MUNIR dari 4 menjadi 2JAKA dari 3 menjadi 1DARMO dari 4 menjadi 2
|
| A
| B
| C
| D
| E
|
| 1
| Month
| Year
| Tgl
| No. Reg.
| Nama Pemohon
|
| 2
| 11
| 2014
| 10-Nop-14
| 2014/11/6/1
| UJANG
|
| 3
| 11
| 2014
| 12-Nop-14
| 2014/11/6/2
| MASMUR
|
| 4
| 12
| 2014
| 12-Des-14
| 2014/12/6/1
| DODI
|
| 5
| 12
| 2014
| 13-Des-14
| 2014/12/6/2
| DONI
|
| 6
| 11
| 2015
| 11-Nop-15
| 2015/11/6/3
| AGUS
|
| 7
| 11
| 2015
| 12-Nop-15
| 2015/11/6/4
| MUNIR
|
| 8
| 12
| 2015
| 01-Des-15
| 2015/12/6/3
| JAKA
|
| 9
| 12
| 2015
| 15-Des-15
| 2015/12/6/4
| DARMO
|
rumus yg Saya gunakan di cell D2 adalah =CONCATENATE(YEAR(C2);"/";MONTH(C2);"/";6;"/";COUNTIF($A$2:A2;A2))
Bisakah Saya hanya menggunakan kolom C sebagai referensi tanpa harus menggunakan kolom A & B?
Atas bantuannya diucapkan terima kasih.
Salam,Indra.
Bagaimana supaya nomor urut:
AGUS dari 3 menjadi 1MUNIR dari 4 menjadi 2JAKA dari 3 menjadi 1DARMO dari 4 menjadi 2
|
| A
| B
| C
| D
| E
|
| 1
| Month
| Year
| Tgl
| No. Reg.
| Nama Pemohon
|
| 2
| 11
| 2014
| 10-Nop-14
| 2014/11/6/1
| UJANG
|
| 3
| 11
| 2014
| 12-Nop-14
| 2014/11/6/2
| MASMUR
|
| 4
| 12
| 2014
| 12-Des-14
| 2014/12/6/1
| DODI
|
| 5
| 12
| 2014
| 13-Des-14
| 2014/12/6/2
| DONI
|
| 6
| 11
| 2015
| 11-Nop-15
| 2015/11/6/3
| AGUS
|
| 7
| 11
| 2015
| 12-Nop-15
| 2015/11/6/4
| MUNIR
|
| 8
| 12
| 2015
| 01-Des-15
| 2015/12/6/3
| JAKA
|
| 9
| 12
| 2015
| 15-Des-15
| 2015/12/6/4
| DARMO
|
rumus yg Saya gunakan di cell D2 adalah =CONCATENATE(
Bisakah Saya hanya menggunakan kolom C sebagai referensi tanpa harus menggunakan kolom A & B?
Atas bantuannya diucapkan terima kasih.
Salam,Indra.
Tue Dec 2, 2014 9:26 pm (PST) . Posted by:
hr_adhi
Wahahaha,
Ribet banget kayanya bang kid, hehehe :P
Tp akan saya coba :D
makasih banyak atas jawabannya ya Mr. Kid :)
Ribet banget kayanya bang kid, hehehe :P
Tp akan saya coba :D
makasih banyak atas jawabannya ya Mr. Kid :)
Tue Dec 2, 2014 9:26 pm (PST) . Posted by:
"Heru Adi" hr_adhi
Aslmlkm.
Siang rekan2 semua, saya mau bertanya bagaimana cara mengatur control2 di userform via code ?Sebelumnya saya ucapkan terima kasih buat rekan2 semua, mohon bantuanya.
saya tunggu jawabannya.
wslmlkm.
Siang rekan2 semua, saya mau bertanya bagaimana cara mengatur control2 di userform via code ?Sebelumnya saya ucapkan terima kasih buat rekan2 semua, mohon bantuanya.
saya tunggu jawabannya.
wslmlkm.
Tue Dec 2, 2014 9:41 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam wr wb
Atur properti Left, Top, Height, dan Width milik si object control
textbox bernama txt1
txt1.left=123
dsb
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.
2014-12-03 16:19 GMT+11:00 Heru Adi hr_adhi@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Aslmlkm.
>
>
> Siang rekan2 semua, saya mau bertanya bagaimana cara mengatur control2 di
> userform via code ?
> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih buat rekan2 semua, mohon bantuanya.
> saya tunggu jawabannya.
>
> wslmlkm.
>
>
>
Atur properti Left, Top, Height, dan Width milik si object control
textbox bernama txt1
txt1.left=123
dsb
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.
2014-12-03 16:19 GMT+11:00 Heru Adi hr_adhi@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Aslmlkm.
>
>
> Siang rekan2 semua, saya mau bertanya bagaimana cara mengatur control2 di
> userform via code ?
> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih buat rekan2 semua, mohon bantuanya.
> saya tunggu jawabannya.
>
> wslmlkm.
>
>
>
Tue Dec 2, 2014 9:37 pm (PST) . Posted by:
"ris ha" har1sn.excel
Terima kasih Mr. Kid atas solusi dan ilmunya.
Setelah saya Refresh All, ternyata selalu muncul Dialog Box Konfirmasi "Do you want to replace the content of the destination cells in..."
Bagaimana caranya menonaktifkan dialog konfirmasi tsb?
Makasih
SalamHaris
On Thursday, November 20, 2014 3:23 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Hai Haris,
File terlampir adalah contoh pemanfaatan pivot table.
Pivot table sangat tergantung kepada struktur dan kekayaan informasi sumbernya.
Contoh : sumber pivot table yang disusun seperti di bawah ini
item Jan-2011 Feb-2011 Mar-2011
a 1000 2000
b 500 700
c 900
kalah kaya informasi dibanding susunan sumber pivot table yang di bawah ini :
item tgl_transaksi
a 2011-01-01
b 2011-02-05
b 2011-02-07
a 2011-03-09
b 2011-03-17
Wassalam,
Kid.
2014-11-18 18:32 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
To Pak Hendrik:Oh iya ya, pake record Macro, aduh lg pusing edit Format data base panduan Mr. Kid jd yg sepele malah jd kacau. ternyata macronya cukup simpel.
To Mr. Kid:Semoga sabar y pak melayani pertanyaanku.Alhamdulillah aplikasiku semakin mantab dan ringan. Tapi ada pertanyaan nih, apakah pivot tabel juga bisa memilih data yang belum ada. MisalKolom A Kolom B Kolom C (data yg tidak ada pd kolom A & B)
1 5 12 4 23 3
45
SalamHaris
On Tuesday, November 18, 2014 10:01 AM, "ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Hehehe, in sya Alloh saya g kayak gitu, saya sgt butuh bimbingan dan petunjuk dr Mr. Kid. Jadi penasaran sama Mr. Kid, kayak apa sih orangnya, pasti udah tua y, soalnya asam dan garam excel udh dimakan semua
Master Data udah sy rubah, trus pivot sudah sy buat. Lalu, apakah bisa refresh All di ganti dengan macro, sehingga pada saat sy klik tombol refresh juga bisa dilakukan.
SalamHaris
On Tuesday, November 18, 2014 2:48 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Pak Haris,
"Data yg ada tidak selalu begitu, karena bisa jadi No Batch dg tgl 5 muncul pada akhir bulan, tapi tetap ditulis tanggal 5, sehingga kl di insert row akan sangat tidak praktis. Mau tidak mau nomor batch dg tgl 5 ditulis dibawah tgl 30 (misal)."
> karakteristik input seperti ini justru membutuhkan sebuah tabel penyimpan data yang dijaga agar terus berkaidah tabel database.
"karena data duplicate harus hilang dan data tidak diurutkan?"
>> pivot table sangat ringan dalam melakukan hal ini ketimbang formula apapun
"Kalo pake pivot tabel yg pernah aku praktekan tidak bisa update datanya, gimana y?"
>> apanya yang akan di-update ? bukankah data di sheet DataBatch sekedar bahan untuk bisa mendapatkan daftar unique tidak diurutkan saja ? Kemudian user2 akan mengisi dikolom baru yang bernama [ke] ? Lalu user2 harus meng-update apanya ya ?
>> jika maksud update disini adalah pivot table berubah mengikuti penambahan data di sheet DataBatch, maka yang dibentuk adalah dengan urutan sebagai berikut :
1. buat sheet data batch dengan header hanya 1 baris tidak ada merge cell dan tidak ada formula dan tidak ada kolom tidak berheader
2. input seluruh data batch tepat pada baris di bawah header
3. blok databatch (termasuk header 1 baris) -> ribbon Home -> group Styles -> klik Format as Table -> pilih sebuah style apa saja -> centang has header -> OK
4. klik sebuah cell databatch -> lihat tulisan nama-nama menu -> klik menu TableTools -> pilih ribbon Options -> lihat paling kiri -> tulis di Table Name dengan _Kid_wakaka_
5. buat sebuah sheet output baru
6. buat pivot table di sheet output baru tersebut dengan data source si pivot diisi nama tabel di nomor 4 tadi
PERINGATAN!!!
Setiap kali usai mengubah data di sheet DataBatch (hapus, tambah, ganti) lakukan refresh data dengan cara :
ribbon Home -> group Connections -> Refresh All
imho,
beban untuk menekan tombol menu Refresh All tidak akan seberat dan seriskan meng-copy formula. Lagi pula, 1 pivot table awal bisa menjadi berbagai sheet output dengan layout output berbeda tapi tetap cukup di-refresh sekali saja dengan cara di atas.
Berbeda dengan penyusunan 15 output berbeda dengan lebih dari 15 macam formula di 15 sheet berbeda yang menuntut setiap formula output di setiap sheet harus di-copy ke baris baru ketika data baru menyebabkan kebutuhan dimunculkannya output di baris yang baru dan belum ada formulanya.
Keribetan meng-copy formula output ini sering dibantah pengguna Excel senior karena katanya, mereka sudah meng-copy formula sampai ratusan sampai ribuan baris untuk mengantisipasi suatu saat data akan banyak dan membutuhkan copy formula tersebut. Dan UMUMNYA, para user Excel senior seperti ini akan ke milis lalu mengeluh
'OH MY EXCEL SANGAT LAMBAT TOOOLOOOONG....'
(terkadang nulisnya sampe gede semua gitu kaya lagi caper harus diutamakan)
trus ketemu Kid yang masih yunior di Excel (soale masih imut-imut nih) n Kid said :
"Cape deh" (wal hasil, di-reject postingannya karena kebanyakan huruf kapital)
;)
Wassalam,
Kid.
2014-11-17 15:53 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Terima kasih banyak atas koreksi dan panduannya Mr. Kid, saya akan membahas 1 per satu, takutnya sy yg bingung. Saya ambil yg paragraf 1 dulu y.
"hasil input user1 di data batch ditampilkan summarynya untuk bahan input user2 mengisi manual pada kolom bernama [ke]. Proses inputnya harus tersusun ke kanan ? User2 ndak bisa kalau mengisi kebawah ya ?"
Kalo kebawah gimana formulanya? Apa masih pake
=IFERROR(INDEX(DataBatch!$C$9:$C$998;MATCH(0;COUNTIF($AY$2:AY2; DataBatch!$C$9:$C$998);0));0)karena data duplicate harus hilang dan data tidak diurutkan? Kalo pake pivot tabel yg pernah aku praktekan tidak bisa update datanya, gimana y?
"Bukankah input akan selalu terurut tanggalnya. Artinya, tanggal 5 bulan 9 selalu di atas tanggal 17 bulan 9"
Data yg ada tidak selalu begitu, karena bisa jadi No Batch dg tgl 5 muncul pada akhir bulan, tapi tetap ditulis tanggal 5, sehingga kl di insert row akan sangat tidak praktis. Mau tidak mau nomor batch dg tgl 5 ditulis dibawah tgl 30 (misal).
Salamharis
On Sunday, November 16, 2014 2:12 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
owh... hasil input user1 di data batch ditampilkan summarynya untuk bahan input user2 mengisi manual pada kolom bernama [ke]. Proses inputnya harus tersusun ke kanan ? User2 ndak bisa kalau mengisi kebawah ya ? Bukankah input akan selalu terurut tanggalnya. Artinya, tanggal 5 bulan 9 selalu di atas tanggal 17 bulan 9.
Setelah user2 menginput kolom ke secara manual, maka user3 akan membuat record baru berisi 6 kolom di repeat. Apakah tidak bisa user3 membuatnya tersusun ke bawah menjadi 7 kolom (6 kolom seperti di sheet repeat tambah 1 kolom tanggal atau bulan).
Dengan data yang disusun ke bawah (vertikal) disertai sebuah kolom waktu sebagai pengenal setiap paket data, maka proses komputasi berbagai output bisa lebih simple formulanya atau bahkan bisa memanfaatkan fitur pivot table.
hehehe...
tapi yang namanya mengubah struktur data, maka biasanya akan muncul kalimat 'repot mengubahnya pak'. So, mo gimana lagi ya to..
;)
Wassalam,
Kid.
On Fri, Nov 14, 2014 at 2:49 PM, ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Maaf Mr.Kid br bisa bales, karena br selesai rekap bulanan
Saya bingung cara menjelaskan data yg sebenarnya, sehingga sy buat dalam file excel, semoga dapat dipahami. Berikut saya kirimkan file data dan alur data yg sebenarnya. Semoga berkenan
SalamHaris
On Thursday, November 13, 2014 11:00 AM, ris ha <har1sn.excel@yahoo.com> wrote:
Maaf Mr.Kid br bisa bales, karena br selesai rekap bulanan
Saya bingung cara menjelaskan data yg sebenarnya, sehingga sy buat dalam file excel, semoga dapat dipahami. Berikut saya kirimkan file data dan alur data yg sebenarnya. Semoga berkenan
SalamHaris
On Thursday, November 6, 2014 8:38 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Jadi data dasarnya yang berbentuk seperti apa ya ?
Bisa jadi mengolah data dasar yang di-input user secara langsung menjadi berbagai output (tamoilan per bulan batch, tampilan per bulan batch dan produk, dsb, baik unique, terurut, atau sebagainya) akan lebih mudah atau setidaknya akan lebih efisien.
On Wed, Nov 5, 2014 at 6:38 PM, ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Subhanallah luar biasa ingatan Mr. Kid, dari puluhan email milis ternyata masih hapal tiap detailnya, saya sendiri malah lupa.
Betul, ini masih ada kaitannya dengan kasus yg dimaksud Mr. Kid, yg sampai skrg masih terkendala oleh formula
=IFERROR(INDEX(DataBatch!$C$9:$C$998;MATCH(0;COUNTIF($AY$2:AY2; DataBatch!$C$9:$C$998);0));0)
karena formula tersebut kinerja entry data menjadi lama. Yang kemudian diberi solusi terkait Advance Filter. Tapi sampai saat ini blm saya coba karena lagi lapor bulanan.
"Kenapa kasus ini tidak menggunakan data aslinya dan malah menggunakan data hasil olahan formula ?"
Itu karena datanya berkembang, setelah dipilah sesuai dengan bulannya, kemudian penunjang data tsb di entry secara manual dengan mengacu pada nomor batch yaitu data repeat. Artinya nomor batch tsb ada pengulangan produksi dan tes karena off spec.
Pada kasus ini, dihitung tiap bulannya seberapa besar repeat tsb beserta item apa saja yang menyebabkan repeat, kemudian produk apa saja yang terkena repeat. Semua itu acuannya pakai nomor batch, sehingga perlu memunculkan data batch repeat.
Semoga dapat dipahami
SalamHaris
| |
| | | | | | | |
| Yahoo! GroupsAssalamu'alaikum Selamat Siang para master Excel. Saya ada kasus, Bagaimana Macronya untuk pengganti formula Array dibawah ini yang berfungsi untuk menghil... |
| |
| View on groups.yahoo.com | Preview by Yahoo |
| |
| |
| |
| | | | | |
| Yahoo - loginForgot password or username? Create Account OR SIGN IN WITH Facebook Google View desktop version |
| |
| View on us-mg5.mail.yahoo.com | Preview by Yahoo |
| |
| |
| |
| | | | | |
| Yahoo - loginForgot password or username? Create Account OR SIGN IN WITH Facebook Google View desktop version |
| |
| View on us-mg5.mail.yahoo.com | Preview by Yahoo |
| |
| |
On Wednesday, November 5, 2014 12:40 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Boleh bertanya kah ?
Kalau ndak salah data yang digunakan Pak Haris pada kasus ini hasil olahan formula terhadap data asli yang telah tersusun sebagai tabel vertikal. Kenapa kasus ini tidak menggunakan data aslinya dan malah menggunakan data hasil olahan formula ?
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-11-04 18:13 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Assalamu'alaikum para master yang saya hormati
Siang ini, saya ada masalah, yaitu Cara Menampilkan Multiple data secara vertikal dengan kriteria (File terlampir). Mohon para master dapat berkenan memberikan solusi atas permasalahan saya.
Saya ucapkan terima kasih atas solusi yang diberikan. Semoga para master selalu dimudahkan segala urusan oleh Allah Swt. Amin
SalamHaris
#yiv7914693678 #yiv7914693678 -- #yiv7914693678ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mkp #yiv7914693678hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mkp #yiv7914693678ads {margin-bottom:10px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mkp .yiv7914693678ad {padding:0 0;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mkp .yiv7914693678ad p {margin:0;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mkp .yiv7914693678ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-sponsor #yiv7914693678ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-sponsor #yiv7914693678ygrp-lc #yiv7914693678hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-sponsor #yiv7914693678ygrp-lc .yiv7914693678ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv7914693678 #yiv7914693678actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv7914693678 #yiv7914693678activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678activity span {font-weight:700;}#yiv7914693678 #yiv7914693678activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv7914693678 #yiv7914693678activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv7914693678 #yiv7914693678activity span span {color:#ff7900;}#yiv7914693678 #yiv7914693678activity span .yiv7914693678underline {text-decoration:underline;}#yiv7914693678 .yiv7914693678attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv7914693678 .yiv7914693678attach div a {text-decoration:none;}#yiv7914693678 .yiv7914693678attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv7914693678 .yiv7914693678attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv7914693678 .yiv7914693678attach label a {text-decoration:none;}#yiv7914693678 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv7914693678 .yiv7914693678bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv7914693678 .yiv7914693678bold a {text-decoration:none;}#yiv7914693678 dd.yiv7914693678last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv7914693678 dd.yiv7914693678last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv7914693678 dd.yiv7914693678last p span.yiv7914693678yshortcuts {margin-right:0;}#yiv7914693678 div.yiv7914693678attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv7914693678 div.yiv7914693678attach-table {width:400px;}#yiv7914693678 div.yiv7914693678file-title a, #yiv7914693678 div.yiv7914693678file-title a:active, #yiv7914693678 div.yiv7914693678file-title a:hover, #yiv7914693678 div.yiv7914693678file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv7914693678 div.yiv7914693678photo-title a, #yiv7914693678 div.yiv7914693678photo-title a:active, #yiv7914693678 div.yiv7914693678photo-title a:hover, #yiv7914693678 div.yiv7914693678photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv7914693678 div#yiv7914693678ygrp-mlmsg #yiv7914693678ygrp-msg p a span.yiv7914693678yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv7914693678 .yiv7914693678green {color:#628c2a;}#yiv7914693678 .yiv7914693678MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv7914693678 o {font-size:0;}#yiv7914693678 #yiv7914693678photos div {float:left;width:72px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678reco-category {font-size:77%;}#yiv7914693678 #yiv7914693678reco-desc {font-size:77%;}#yiv7914693678 .yiv7914693678replbq {margin:4px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mlmsg select, #yiv7914693678 input, #yiv7914693678 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mlmsg pre, #yiv7914693678 code {font:115% monospace;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-mlmsg #yiv7914693678logo {padding-bottom:10px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-msg p#yiv7914693678attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-reco #yiv7914693678reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-sponsor #yiv7914693678ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-sponsor #yiv7914693678ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-sponsor #yiv7914693678ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv7914693678 #yiv7914693678ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv7914693678
Setelah saya Refresh All, ternyata selalu muncul Dialog Box Konfirmasi "Do you want to replace the content of the destination cells in..."
Bagaimana caranya menonaktifkan dialog konfirmasi tsb?
Makasih
SalamHaris
On Thursday, November 20, 2014 3:23 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Hai Haris,
File terlampir adalah contoh pemanfaatan pivot table.
Pivot table sangat tergantung kepada struktur dan kekayaan informasi sumbernya.
Contoh : sumber pivot table yang disusun seperti di bawah ini
item Jan-2011 Feb-2011 Mar-2011
a 1000 2000
b 500 700
c 900
kalah kaya informasi dibanding susunan sumber pivot table yang di bawah ini :
item tgl_transaksi
a 2011-01-01
b 2011-02-05
b 2011-02-07
a 2011-03-09
b 2011-03-17
Wassalam,
Kid.
2014-11-18 18:32 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
To Pak Hendrik:Oh iya ya, pake record Macro, aduh lg pusing edit Format data base panduan Mr. Kid jd yg sepele malah jd kacau. ternyata macronya cukup simpel.
To Mr. Kid:Semoga sabar y pak melayani pertanyaanku.Alhamdulillah aplikasiku semakin mantab dan ringan. Tapi ada pertanyaan nih, apakah pivot tabel juga bisa memilih data yang belum ada. MisalKolom A Kolom B Kolom C (data yg tidak ada pd kolom A & B)
1 5 12 4 23 3
45
SalamHaris
On Tuesday, November 18, 2014 10:01 AM, "ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Hehehe, in sya Alloh saya g kayak gitu, saya sgt butuh bimbingan dan petunjuk dr Mr. Kid. Jadi penasaran sama Mr. Kid, kayak apa sih orangnya, pasti udah tua y, soalnya asam dan garam excel udh dimakan semua
Master Data udah sy rubah, trus pivot sudah sy buat. Lalu, apakah bisa refresh All di ganti dengan macro, sehingga pada saat sy klik tombol refresh juga bisa dilakukan.
SalamHaris
On Tuesday, November 18, 2014 2:48 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Pak Haris,
"Data yg ada tidak selalu begitu, karena bisa jadi No Batch dg tgl 5 muncul pada akhir bulan, tapi tetap ditulis tanggal 5, sehingga kl di insert row akan sangat tidak praktis. Mau tidak mau nomor batch dg tgl 5 ditulis dibawah tgl 30 (misal)."
> karakteristik input seperti ini justru membutuhkan sebuah tabel penyimpan data yang dijaga agar terus berkaidah tabel database.
"karena data duplicate harus hilang dan data tidak diurutkan?"
>> pivot table sangat ringan dalam melakukan hal ini ketimbang formula apapun
"Kalo pake pivot tabel yg pernah aku praktekan tidak bisa update datanya, gimana y?"
>> apanya yang akan di-update ? bukankah data di sheet DataBatch sekedar bahan untuk bisa mendapatkan daftar unique tidak diurutkan saja ? Kemudian user2 akan mengisi dikolom baru yang bernama [ke] ? Lalu user2 harus meng-update apanya ya ?
>> jika maksud update disini adalah pivot table berubah mengikuti penambahan data di sheet DataBatch, maka yang dibentuk adalah dengan urutan sebagai berikut :
1. buat sheet data batch dengan header hanya 1 baris tidak ada merge cell dan tidak ada formula dan tidak ada kolom tidak berheader
2. input seluruh data batch tepat pada baris di bawah header
3. blok databatch (termasuk header 1 baris) -> ribbon Home -> group Styles -> klik Format as Table -> pilih sebuah style apa saja -> centang has header -> OK
4. klik sebuah cell databatch -> lihat tulisan nama-nama menu -> klik menu TableTools -> pilih ribbon Options -> lihat paling kiri -> tulis di Table Name dengan _Kid_wakaka_
5. buat sebuah sheet output baru
6. buat pivot table di sheet output baru tersebut dengan data source si pivot diisi nama tabel di nomor 4 tadi
PERINGATAN!!!
Setiap kali usai mengubah data di sheet DataBatch (hapus, tambah, ganti) lakukan refresh data dengan cara :
ribbon Home -> group Connections -> Refresh All
imho,
beban untuk menekan tombol menu Refresh All tidak akan seberat dan seriskan meng-copy formula. Lagi pula, 1 pivot table awal bisa menjadi berbagai sheet output dengan layout output berbeda tapi tetap cukup di-refresh sekali saja dengan cara di atas.
Berbeda dengan penyusunan 15 output berbeda dengan lebih dari 15 macam formula di 15 sheet berbeda yang menuntut setiap formula output di setiap sheet harus di-copy ke baris baru ketika data baru menyebabkan kebutuhan dimunculkannya output di baris yang baru dan belum ada formulanya.
Keribetan meng-copy formula output ini sering dibantah pengguna Excel senior karena katanya, mereka sudah meng-copy formula sampai ratusan sampai ribuan baris untuk mengantisipasi suatu saat data akan banyak dan membutuhkan copy formula tersebut. Dan UMUMNYA, para user Excel senior seperti ini akan ke milis lalu mengeluh
'OH MY EXCEL SANGAT LAMBAT TOOOLOOOONG....'
(terkadang nulisnya sampe gede semua gitu kaya lagi caper harus diutamakan)
trus ketemu Kid yang masih yunior di Excel (soale masih imut-imut nih) n Kid said :
"Cape deh" (wal hasil, di-reject postingannya karena kebanyakan huruf kapital)
;)
Wassalam,
Kid.
2014-11-17 15:53 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Terima kasih banyak atas koreksi dan panduannya Mr. Kid, saya akan membahas 1 per satu, takutnya sy yg bingung. Saya ambil yg paragraf 1 dulu y.
"hasil input user1 di data batch ditampilkan summarynya untuk bahan input user2 mengisi manual pada kolom bernama [ke]. Proses inputnya harus tersusun ke kanan ? User2 ndak bisa kalau mengisi kebawah ya ?"
Kalo kebawah gimana formulanya? Apa masih pake
=IFERROR(INDEX(DataBatch!$C$9:$C$998;MATCH(0;COUNTIF($AY$2:AY2; DataBatch!$C$9:$C$998);0));0)karena data duplicate harus hilang dan data tidak diurutkan? Kalo pake pivot tabel yg pernah aku praktekan tidak bisa update datanya, gimana y?
"Bukankah input akan selalu terurut tanggalnya. Artinya, tanggal 5 bulan 9 selalu di atas tanggal 17 bulan 9"
Data yg ada tidak selalu begitu, karena bisa jadi No Batch dg tgl 5 muncul pada akhir bulan, tapi tetap ditulis tanggal 5, sehingga kl di insert row akan sangat tidak praktis. Mau tidak mau nomor batch dg tgl 5 ditulis dibawah tgl 30 (misal).
Salamharis
On Sunday, November 16, 2014 2:12 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
owh... hasil input user1 di data batch ditampilkan summarynya untuk bahan input user2 mengisi manual pada kolom bernama [ke]. Proses inputnya harus tersusun ke kanan ? User2 ndak bisa kalau mengisi kebawah ya ? Bukankah input akan selalu terurut tanggalnya. Artinya, tanggal 5 bulan 9 selalu di atas tanggal 17 bulan 9.
Setelah user2 menginput kolom ke secara manual, maka user3 akan membuat record baru berisi 6 kolom di repeat. Apakah tidak bisa user3 membuatnya tersusun ke bawah menjadi 7 kolom (6 kolom seperti di sheet repeat tambah 1 kolom tanggal atau bulan).
Dengan data yang disusun ke bawah (vertikal) disertai sebuah kolom waktu sebagai pengenal setiap paket data, maka proses komputasi berbagai output bisa lebih simple formulanya atau bahkan bisa memanfaatkan fitur pivot table.
hehehe...
tapi yang namanya mengubah struktur data, maka biasanya akan muncul kalimat 'repot mengubahnya pak'. So, mo gimana lagi ya to..
;)
Wassalam,
Kid.
On Fri, Nov 14, 2014 at 2:49 PM, ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Maaf Mr.Kid br bisa bales, karena br selesai rekap bulanan
Saya bingung cara menjelaskan data yg sebenarnya, sehingga sy buat dalam file excel, semoga dapat dipahami. Berikut saya kirimkan file data dan alur data yg sebenarnya. Semoga berkenan
SalamHaris
On Thursday, November 13, 2014 11:00 AM, ris ha <har1sn.excel@yahoo.com> wrote:
Maaf Mr.Kid br bisa bales, karena br selesai rekap bulanan
Saya bingung cara menjelaskan data yg sebenarnya, sehingga sy buat dalam file excel, semoga dapat dipahami. Berikut saya kirimkan file data dan alur data yg sebenarnya. Semoga berkenan
SalamHaris
On Thursday, November 6, 2014 8:38 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Jadi data dasarnya yang berbentuk seperti apa ya ?
Bisa jadi mengolah data dasar yang di-input user secara langsung menjadi berbagai output (tamoilan per bulan batch, tampilan per bulan batch dan produk, dsb, baik unique, terurut, atau sebagainya) akan lebih mudah atau setidaknya akan lebih efisien.
On Wed, Nov 5, 2014 at 6:38 PM, ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Subhanallah luar biasa ingatan Mr. Kid, dari puluhan email milis ternyata masih hapal tiap detailnya, saya sendiri malah lupa.
Betul, ini masih ada kaitannya dengan kasus yg dimaksud Mr. Kid, yg sampai skrg masih terkendala oleh formula
=IFERROR(INDEX(DataBatch!$C$9:$C$998;MATCH(0;COUNTIF($AY$2:AY2; DataBatch!$C$9:$C$998);0));0)
karena formula tersebut kinerja entry data menjadi lama. Yang kemudian diberi solusi terkait Advance Filter. Tapi sampai saat ini blm saya coba karena lagi lapor bulanan.
"Kenapa kasus ini tidak menggunakan data aslinya dan malah menggunakan data hasil olahan formula ?"
Itu karena datanya berkembang, setelah dipilah sesuai dengan bulannya, kemudian penunjang data tsb di entry secara manual dengan mengacu pada nomor batch yaitu data repeat. Artinya nomor batch tsb ada pengulangan produksi dan tes karena off spec.
Pada kasus ini, dihitung tiap bulannya seberapa besar repeat tsb beserta item apa saja yang menyebabkan repeat, kemudian produk apa saja yang terkena repeat. Semua itu acuannya pakai nomor batch, sehingga perlu memunculkan data batch repeat.
Semoga dapat dipahami
SalamHaris
| |
| | | | | | | |
| Yahoo! GroupsAssalamu'alaikum Selamat Siang para master Excel. Saya ada kasus, Bagaimana Macronya untuk pengganti formula Array dibawah ini yang berfungsi untuk menghil... |
| |
| View on groups.yahoo.com | Preview by Yahoo |
| |
| |
| |
| | | | | |
| Yahoo - loginForgot password or username? Create Account OR SIGN IN WITH Facebook Google View desktop version |
| |
| View on us-mg5.mail.yahoo.com | Preview by Yahoo |
| |
| |
| |
| | | | | |
| Yahoo - loginForgot password or username? Create Account OR SIGN IN WITH Facebook Google View desktop version |
| |
| View on us-mg5.mail.yahoo.com | Preview by Yahoo |
| |
| |
On Wednesday, November 5, 2014 12:40 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Boleh bertanya kah ?
Kalau ndak salah data yang digunakan Pak Haris pada kasus ini hasil olahan formula terhadap data asli yang telah tersusun sebagai tabel vertikal. Kenapa kasus ini tidak menggunakan data aslinya dan malah menggunakan data hasil olahan formula ?
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-11-04 18:13 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Assalamu'
Siang ini, saya ada masalah, yaitu Cara Menampilkan Multiple data secara vertikal dengan kriteria (File terlampir). Mohon para master dapat berkenan memberikan solusi atas permasalahan saya.
Saya ucapkan terima kasih atas solusi yang diberikan. Semoga para master selalu dimudahkan segala urusan oleh Allah Swt. Amin
SalamHaris
#yiv7914693678 #yiv7914693678 -- #yiv7914693678ygrp-
Tue Dec 2, 2014 9:42 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Beri beberapa kolom kosong dikanan dan kosongkan cells di bawah pivot
tables.
2014-12-03 15:58 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Terima kasih Mr. Kid atas solusi dan ilmunya.
>
> Setelah saya Refresh All, ternyata selalu muncul Dialog Box Konfirmasi "Do
> you want to replace the content of the destination cells in..."
>
> Bagaimana caranya menonaktifkan dialog konfirmasi tsb?
>
> Makasih
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Thursday, November 20, 2014 3:23 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Haris,
>
> File terlampir adalah contoh pemanfaatan pivot table.
> Pivot table sangat tergantung kepada struktur dan kekayaan informasi
> sumbernya.
>
> Contoh : sumber pivot table yang disusun seperti di bawah ini
> item Jan-2011 Feb-2011 Mar-2011
> a 1000 2000
> b 500 700
> c 900
>
> kalah kaya informasi dibanding susunan sumber pivot table yang di bawah
> ini :
> item tgl_transaksi
> a 2011-01-01
> b 2011-02-05
> b 2011-02-07
> a 2011-03-09
> b 2011-03-17
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-11-18 18:32 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> To Pak Hendrik:
> Oh iya ya, pake record Macro, aduh lg pusing edit Format data base panduan
> Mr. Kid jd yg sepele malah jd kacau. ternyata macronya cukup simpel.
>
> To Mr. Kid:
> Semoga sabar y pak melayani pertanyaanku.
> Alhamdulillah aplikasiku semakin mantab dan ringan. Tapi ada pertanyaan
> nih, apakah pivot tabel juga bisa memilih data yang belum ada. Misal
> Kolom A Kolom B Kolom C (data yg tidak ada pd kolom A & B)
> 1 5 1
> 2 4 2
> 3 3
> 4
> 5
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Tuesday, November 18, 2014 10:01 AM, "ris ha har1sn.excel@yahoo.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hehehe, in sya Alloh saya g kayak gitu, saya sgt butuh bimbingan dan
> petunjuk dr Mr. Kid. Jadi penasaran sama Mr. Kid, kayak apa sih orangnya,
> pasti udah tua y, soalnya asam dan garam excel udh dimakan semua [image:
> *:) happy]
>
> Master Data udah sy rubah, trus pivot sudah sy buat. Lalu, apakah bisa
> refresh All di ganti dengan macro, sehingga pada saat sy klik tombol
> refresh juga bisa dilakukan.
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Tuesday, November 18, 2014 2:48 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Pak Haris,
>
> "Data yg ada tidak selalu begitu, karena bisa jadi No Batch dg tgl 5
> muncul pada akhir bulan, tapi tetap ditulis tanggal 5, sehingga kl di
> insert row akan sangat tidak praktis. Mau tidak mau nomor batch dg tgl 5
> ditulis dibawah tgl 30 (misal)."
> > karakteristik input seperti ini justru membutuhkan sebuah tabel
> penyimpan data yang dijaga agar terus berkaidah tabel database.
>
> "karena data duplicate harus hilang dan data tidak diurutkan?"
> >> pivot table sangat ringan dalam melakukan hal ini ketimbang formula
> apapun
>
> "Kalo pake pivot tabel yg pernah aku praktekan tidak bisa update datanya,
> gimana y?"
> >> apanya yang akan di-update ? bukankah data di sheet DataBatch sekedar
> bahan untuk bisa mendapatkan daftar unique tidak diurutkan saja ? Kemudian
> user2 akan mengisi dikolom baru yang bernama [ke] ? Lalu user2 harus
> meng-update apanya ya ?
> >> jika maksud update disini adalah pivot table berubah mengikuti
> penambahan data di sheet DataBatch, maka yang dibentuk adalah dengan urutan
> sebagai berikut :
> 1. buat sheet data batch dengan header hanya 1 baris tidak ada merge cell
> dan tidak ada formula dan tidak ada kolom tidak berheader
> 2. input seluruh data batch tepat pada baris di bawah header
> 3. blok databatch (termasuk header 1 baris) -> ribbon Home -> group Styles
> -> klik Format as Table -> pilih sebuah style apa saja -> centang has
> header -> OK
> 4. klik sebuah cell databatch -> lihat tulisan nama-nama menu -> klik menu
> TableTools -> pilih ribbon Options -> lihat paling kiri -> tulis di Table
> Name dengan _Kid_wakaka_
>
> 5. buat sebuah sheet output baru
> 6. buat pivot table di sheet output baru tersebut dengan data source si
> pivot diisi nama tabel di nomor 4 tadi
>
> PERINGATAN!!!
> Setiap kali usai mengubah data di sheet DataBatch (hapus, tambah, ganti)
> lakukan refresh data dengan cara :
> ribbon Home -> group Connections -> Refresh All
>
> imho,
> beban untuk menekan tombol menu Refresh All tidak akan seberat dan
> seriskan meng-copy formula. Lagi pula, 1 pivot table awal bisa menjadi
> berbagai sheet output dengan layout output berbeda tapi tetap cukup
> di-refresh sekali saja dengan cara di atas.
>
> Berbeda dengan penyusunan 15 output berbeda dengan lebih dari 15 macam
> formula di 15 sheet berbeda yang menuntut setiap formula output di setiap
> sheet harus di-copy ke baris baru ketika data baru menyebabkan kebutuhan
> dimunculkannya output di baris yang baru dan belum ada formulanya.
>
> Keribetan meng-copy formula output ini sering dibantah pengguna Excel
> senior karena katanya, mereka sudah meng-copy formula sampai ratusan sampai
> ribuan baris untuk mengantisipasi suatu saat data akan banyak dan
> membutuhkan copy formula tersebut. Dan UMUMNYA, para user Excel senior
> seperti ini akan ke milis lalu mengeluh
> 'OH MY EXCEL SANGAT LAMBAT TOOOLOOOONG....'
> (terkadang nulisnya sampe gede semua gitu kaya lagi caper harus
> diutamakan)
> trus ketemu Kid yang masih yunior di Excel (soale masih imut-imut nih) n
> Kid said :
> "Cape deh" (wal hasil, di-reject postingannya karena kebanyakan huruf
> kapital)
>
> ;)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-11-17 15:53 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Terima kasih banyak atas koreksi dan panduannya Mr. Kid, saya akan
> membahas 1 per satu, takutnya sy yg bingung. Saya ambil yg paragraf 1 dulu
> y.
>
> "hasil input user1 di data batch ditampilkan summarynya untuk bahan input
> user2 mengisi manual pada kolom bernama [ke]. Proses inputnya harus
> tersusun ke kanan ? User2 ndak bisa kalau mengisi kebawah ya ?"
>
> Kalo kebawah gimana formulanya? Apa masih pake
> =IFERROR(INDEX(DataBatch!$C$9:$C$998;MATCH(0;COUNTIF($AY$2:AY2;
> DataBatch!$C$9:$C$998);0));0)
> karena data duplicate harus hilang dan data tidak diurutkan? Kalo pake
> pivot tabel yg pernah aku praktekan tidak bisa update datanya, gimana y?
>
> "Bukankah input akan selalu terurut tanggalnya. Artinya, tanggal 5 bulan 9
> selalu di atas tanggal 17 bulan 9"
>
> Data yg ada tidak selalu begitu, karena bisa jadi No Batch dg tgl 5 muncul
> pada akhir bulan, tapi tetap ditulis tanggal 5, sehingga kl di insert row
> akan sangat tidak praktis. Mau tidak mau nomor batch dg tgl 5 ditulis
> dibawah tgl 30 (misal).
>
> Salam
> haris
>
>
>
>
>
> On Sunday, November 16, 2014 2:12 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> owh... hasil input user1 di data batch ditampilkan summarynya untuk
> bahan input user2 mengisi manual pada kolom bernama [ke]. Proses inputnya
> harus tersusun ke kanan ? User2 ndak bisa kalau mengisi kebawah ya ?
> Bukankah input akan selalu terurut tanggalnya. Artinya, tanggal 5 bulan 9
> selalu di atas tanggal 17 bulan 9.
>
> Setelah user2 menginput kolom ke secara manual, maka user3 akan membuat
> record baru berisi 6 kolom di repeat. Apakah tidak bisa user3 membuatnya
> tersusun ke bawah menjadi 7 kolom (6 kolom seperti di sheet repeat tambah 1
> kolom tanggal atau bulan).
>
> Dengan data yang disusun ke bawah (vertikal) disertai sebuah kolom waktu
> sebagai pengenal setiap paket data, maka proses komputasi berbagai output
> bisa lebih simple formulanya atau bahkan bisa memanfaatkan fitur pivot
> table.
>
> hehehe...
> tapi yang namanya mengubah struktur data, maka biasanya akan muncul
> kalimat 'repot mengubahnya pak'. So, mo gimana lagi ya to..
>
> ;)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> On Fri, Nov 14, 2014 at 2:49 PM, ris ha har1sn.excel@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Maaf Mr.Kid br bisa bales, karena br selesai rekap bulanan
>
> Saya bingung cara menjelaskan data yg sebenarnya, sehingga sy buat dalam
> file excel, semoga dapat dipahami. Berikut saya kirimkan file data dan alur
> data yg sebenarnya. Semoga berkenan
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Thursday, November 13, 2014 11:00 AM, ris ha <har1sn.excel@yahoo.com>
> wrote:
>
>
> Maaf Mr.Kid br bisa bales, karena br selesai rekap bulanan
>
> Saya bingung cara menjelaskan data yg sebenarnya, sehingga sy buat dalam
> file excel, semoga dapat dipahami. Berikut saya kirimkan file data dan alur
> data yg sebenarnya. Semoga berkenan
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Thursday, November 6, 2014 8:38 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Jadi data dasarnya yang berbentuk seperti apa ya ?
> Bisa jadi mengolah data dasar yang di-input user secara langsung menjadi
> berbagai output (tamoilan per bulan batch, tampilan per bulan batch dan
> produk, dsb, baik unique, terurut, atau sebagainya) akan lebih mudah atau
> setidaknya akan lebih efisien.
>
>
>
>
>
>
>
>
> On Wed, Nov 5, 2014 at 6:38 PM, ris ha har1sn.excel@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Subhanallah luar biasa ingatan Mr. Kid, dari puluhan email milis
> ternyata masih hapal tiap detailnya, saya sendiri malah lupa.
>
> Betul, ini masih ada kaitannya dengan kasus yg dimaksud Mr. Kid, yg sampai
> skrg masih terkendala oleh formula
>
> =IFERROR(INDEX(DataBatch!$C$9:$C$998;MATCH(0;COUNTIF($AY$2:AY2;
> DataBatch!$C$9:$C$998);0));0)
>
> karena formula tersebut kinerja entry data menjadi lama. Yang kemudian
> diberi solusi terkait Advance Filter
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/34065>.
> Tapi sampai saat ini blm saya coba karena lagi lapor bulanan.
>
> "Kenapa kasus ini tidak menggunakan data aslinya dan malah menggunakan
> data hasil olahan formula ?"
>
> Itu karena datanya berkembang, setelah dipilah sesuai dengan bulannya,
> kemudian penunjang data tsb di entry secara manual dengan mengacu pada
> nomor batch yaitu data repeat. Artinya nomor batch tsb ada pengulangan
> produksi dan tes karena off spec.
>
> Pada kasus ini, dihitung tiap bulannya seberapa besar repeat tsb beserta
> item apa saja yang menyebabkan repeat, kemudian produk apa saja yang
> terkena repeat. Semua itu acuannya pakai nomor batch, sehingga perlu
> memunculkan data batch repeat.
>
> Semoga dapat dipahami
>
> Salam
> Haris
>
>
> [image: image]
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/34065>
>
>
>
>
>
> Yahoo! Groups
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/34065>
> Assalamu'alaikum Selamat Siang para master Excel. Saya ada kasus,
> Bagaimana Macronya untuk pengganti formula Array dibawah ini yang berfungsi
> untuk menghil...
> View on groups.yahoo.com
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/34065>
> Preview by Yahoo
>
>
>
>
>
>
>
>
> Yahoo - login
> <https://us-mg5.mail.yahoo.com/neo/launch?.rand=38s7uu2comptn#2416476565>
> Forgot password or username? Create Account OR SIGN IN WITH Facebook
> Google View desktop version
> View on us-mg5.mail.yahoo.com
> <https://us-mg5.mail.yahoo.com/neo/launch?.rand=38s7uu2comptn#2416476565>
> Preview by Yahoo
>
>
>
>
>
>
>
>
> Yahoo - login
> <https://us-mg5.mail.yahoo.com/neo/launch?.rand=38s7uu2comptn#8648169050>
> Forgot password or username? Create Account OR SIGN IN WITH Facebook
> Google View desktop version
> View on us-mg5.mail.yahoo.com
> <https://us-mg5.mail.yahoo.com/neo/launch?.rand=38s7uu2comptn#8648169050>
> Preview by Yahoo
>
>
> On Wednesday, November 5, 2014 12:40 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Boleh bertanya kah ?
>
> Kalau ndak salah data yang digunakan Pak Haris pada kasus ini hasil
> olahan formula
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/33847>
> terhadap data asli yang telah tersusun sebagai tabel vertikal. Kenapa kasus
> ini tidak menggunakan data aslinya dan malah menggunakan data hasil olahan
> formula ?
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-11-04 18:13 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Assalamu'alaikum para master yang saya hormati
>
> Siang ini, saya ada masalah, yaitu Cara Menampilkan Multiple data secara
> vertikal dengan kriteria (File terlampir). Mohon para master dapat berkenan
> memberikan solusi atas permasalahan saya.
>
> Saya ucapkan terima kasih atas solusi yang diberikan. Semoga para master
> selalu dimudahkan segala urusan oleh Allah Swt. Amin
>
> Salam
> Haris
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
tables.
2014-12-03 15:58 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Terima kasih Mr. Kid atas solusi dan ilmunya.
>
> Setelah saya Refresh All, ternyata selalu muncul Dialog Box Konfirmasi "Do
> you want to replace the content of the destination cells in..."
>
> Bagaimana caranya menonaktifkan dialog konfirmasi tsb?
>
> Makasih
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Thursday, November 20, 2014 3:23 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Haris,
>
> File terlampir adalah contoh pemanfaatan pivot table.
> Pivot table sangat tergantung kepada struktur dan kekayaan informasi
> sumbernya.
>
> Contoh : sumber pivot table yang disusun seperti di bawah ini
> item Jan-2011 Feb-2011 Mar-2011
> a 1000 2000
> b 500 700
> c 900
>
> kalah kaya informasi dibanding susunan sumber pivot table yang di bawah
> ini :
> item tgl_transaksi
> a 2011-01-01
> b 2011-02-05
> b 2011-02-07
> a 2011-03-09
> b 2011-03-17
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-11-18 18:32 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> To Pak Hendrik:
> Oh iya ya, pake record Macro, aduh lg pusing edit Format data base panduan
> Mr. Kid jd yg sepele malah jd kacau. ternyata macronya cukup simpel.
>
> To Mr. Kid:
> Semoga sabar y pak melayani pertanyaanku.
> Alhamdulillah aplikasiku semakin mantab dan ringan. Tapi ada pertanyaan
> nih, apakah pivot tabel juga bisa memilih data yang belum ada. Misal
> Kolom A Kolom B Kolom C (data yg tidak ada pd kolom A & B)
> 1 5 1
> 2 4 2
> 3 3
> 4
> 5
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Tuesday, November 18, 2014 10:01 AM, "ris ha har1sn.excel@yahoo.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hehehe, in sya Alloh saya g kayak gitu, saya sgt butuh bimbingan dan
> petunjuk dr Mr. Kid. Jadi penasaran sama Mr. Kid, kayak apa sih orangnya,
> pasti udah tua y, soalnya asam dan garam excel udh dimakan semua [image:
> *:) happy]
>
> Master Data udah sy rubah, trus pivot sudah sy buat. Lalu, apakah bisa
> refresh All di ganti dengan macro, sehingga pada saat sy klik tombol
> refresh juga bisa dilakukan.
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Tuesday, November 18, 2014 2:48 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Pak Haris,
>
> "Data yg ada tidak selalu begitu, karena bisa jadi No Batch dg tgl 5
> muncul pada akhir bulan, tapi tetap ditulis tanggal 5, sehingga kl di
> insert row akan sangat tidak praktis. Mau tidak mau nomor batch dg tgl 5
> ditulis dibawah tgl 30 (misal)."
> > karakteristik input seperti ini justru membutuhkan sebuah tabel
> penyimpan data yang dijaga agar terus berkaidah tabel database.
>
> "karena data duplicate harus hilang dan data tidak diurutkan?"
> >> pivot table sangat ringan dalam melakukan hal ini ketimbang formula
> apapun
>
> "Kalo pake pivot tabel yg pernah aku praktekan tidak bisa update datanya,
> gimana y?"
> >> apanya yang akan di-update ? bukankah data di sheet DataBatch sekedar
> bahan untuk bisa mendapatkan daftar unique tidak diurutkan saja ? Kemudian
> user2 akan mengisi dikolom baru yang bernama [ke] ? Lalu user2 harus
> meng-update apanya ya ?
> >> jika maksud update disini adalah pivot table berubah mengikuti
> penambahan data di sheet DataBatch, maka yang dibentuk adalah dengan urutan
> sebagai berikut :
> 1. buat sheet data batch dengan header hanya 1 baris tidak ada merge cell
> dan tidak ada formula dan tidak ada kolom tidak berheader
> 2. input seluruh data batch tepat pada baris di bawah header
> 3. blok databatch (termasuk header 1 baris) -> ribbon Home -> group Styles
> -> klik Format as Table -> pilih sebuah style apa saja -> centang has
> header -> OK
> 4. klik sebuah cell databatch -> lihat tulisan nama-nama menu -> klik menu
> TableTools -> pilih ribbon Options -> lihat paling kiri -> tulis di Table
> Name dengan _Kid_wakaka_
>
> 5. buat sebuah sheet output baru
> 6. buat pivot table di sheet output baru tersebut dengan data source si
> pivot diisi nama tabel di nomor 4 tadi
>
> PERINGATAN!!!
> Setiap kali usai mengubah data di sheet DataBatch (hapus, tambah, ganti)
> lakukan refresh data dengan cara :
> ribbon Home -> group Connections -> Refresh All
>
> imho,
> beban untuk menekan tombol menu Refresh All tidak akan seberat dan
> seriskan meng-copy formula. Lagi pula, 1 pivot table awal bisa menjadi
> berbagai sheet output dengan layout output berbeda tapi tetap cukup
> di-refresh sekali saja dengan cara di atas.
>
> Berbeda dengan penyusunan 15 output berbeda dengan lebih dari 15 macam
> formula di 15 sheet berbeda yang menuntut setiap formula output di setiap
> sheet harus di-copy ke baris baru ketika data baru menyebabkan kebutuhan
> dimunculkannya output di baris yang baru dan belum ada formulanya.
>
> Keribetan meng-copy formula output ini sering dibantah pengguna Excel
> senior karena katanya, mereka sudah meng-copy formula sampai ratusan sampai
> ribuan baris untuk mengantisipasi suatu saat data akan banyak dan
> membutuhkan copy formula tersebut. Dan UMUMNYA, para user Excel senior
> seperti ini akan ke milis lalu mengeluh
> 'OH MY EXCEL SANGAT LAMBAT TOOOLOOOONG....'
> (terkadang nulisnya sampe gede semua gitu kaya lagi caper harus
> diutamakan)
> trus ketemu Kid yang masih yunior di Excel (soale masih imut-imut nih) n
> Kid said :
> "Cape deh" (wal hasil, di-reject postingannya karena kebanyakan huruf
> kapital)
>
> ;)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-11-17 15:53 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Terima kasih banyak atas koreksi dan panduannya Mr. Kid, saya akan
> membahas 1 per satu, takutnya sy yg bingung. Saya ambil yg paragraf 1 dulu
> y.
>
> "hasil input user1 di data batch ditampilkan summarynya untuk bahan input
> user2 mengisi manual pada kolom bernama [ke]. Proses inputnya harus
> tersusun ke kanan ? User2 ndak bisa kalau mengisi kebawah ya ?"
>
> Kalo kebawah gimana formulanya? Apa masih pake
> =IFERROR(INDEX(DataBatch!$C$9:$C$998;MATCH(0;COUNTIF($AY$2:AY2;
> DataBatch!$C$9:$C$998);0));0)
> karena data duplicate harus hilang dan data tidak diurutkan? Kalo pake
> pivot tabel yg pernah aku praktekan tidak bisa update datanya, gimana y?
>
> "Bukankah input akan selalu terurut tanggalnya. Artinya, tanggal 5 bulan 9
> selalu di atas tanggal 17 bulan 9"
>
> Data yg ada tidak selalu begitu, karena bisa jadi No Batch dg tgl 5 muncul
> pada akhir bulan, tapi tetap ditulis tanggal 5, sehingga kl di insert row
> akan sangat tidak praktis. Mau tidak mau nomor batch dg tgl 5 ditulis
> dibawah tgl 30 (misal).
>
> Salam
> haris
>
>
>
>
>
> On Sunday, November 16, 2014 2:12 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> owh... hasil input user1 di data batch ditampilkan summarynya untuk
> bahan input user2 mengisi manual pada kolom bernama [ke]. Proses inputnya
> harus tersusun ke kanan ? User2 ndak bisa kalau mengisi kebawah ya ?
> Bukankah input akan selalu terurut tanggalnya. Artinya, tanggal 5 bulan 9
> selalu di atas tanggal 17 bulan 9.
>
> Setelah user2 menginput kolom ke secara manual, maka user3 akan membuat
> record baru berisi 6 kolom di repeat. Apakah tidak bisa user3 membuatnya
> tersusun ke bawah menjadi 7 kolom (6 kolom seperti di sheet repeat tambah 1
> kolom tanggal atau bulan).
>
> Dengan data yang disusun ke bawah (vertikal) disertai sebuah kolom waktu
> sebagai pengenal setiap paket data, maka proses komputasi berbagai output
> bisa lebih simple formulanya atau bahkan bisa memanfaatkan fitur pivot
> table.
>
> hehehe...
> tapi yang namanya mengubah struktur data, maka biasanya akan muncul
> kalimat 'repot mengubahnya pak'. So, mo gimana lagi ya to..
>
> ;)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> On Fri, Nov 14, 2014 at 2:49 PM, ris ha har1sn.excel@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Maaf Mr.Kid br bisa bales, karena br selesai rekap bulanan
>
> Saya bingung cara menjelaskan data yg sebenarnya, sehingga sy buat dalam
> file excel, semoga dapat dipahami. Berikut saya kirimkan file data dan alur
> data yg sebenarnya. Semoga berkenan
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Thursday, November 13, 2014 11:00 AM, ris ha <har1sn.excel@yahoo.com>
> wrote:
>
>
> Maaf Mr.Kid br bisa bales, karena br selesai rekap bulanan
>
> Saya bingung cara menjelaskan data yg sebenarnya, sehingga sy buat dalam
> file excel, semoga dapat dipahami. Berikut saya kirimkan file data dan alur
> data yg sebenarnya. Semoga berkenan
>
> Salam
> Haris
>
>
> On Thursday, November 6, 2014 8:38 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Jadi data dasarnya yang berbentuk seperti apa ya ?
> Bisa jadi mengolah data dasar yang di-input user secara langsung menjadi
> berbagai output (tamoilan per bulan batch, tampilan per bulan batch dan
> produk, dsb, baik unique, terurut, atau sebagainya) akan lebih mudah atau
> setidaknya akan lebih efisien.
>
>
>
>
>
>
>
>
> On Wed, Nov 5, 2014 at 6:38 PM, ris ha har1sn.excel@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Subhanallah luar biasa ingatan Mr. Kid, dari puluhan email milis
> ternyata masih hapal tiap detailnya, saya sendiri malah lupa.
>
> Betul, ini masih ada kaitannya dengan kasus yg dimaksud Mr. Kid, yg sampai
> skrg masih terkendala oleh formula
>
> =IFERROR(INDEX(DataBatch!$C$9:$C$998;MATCH(0;COUNTIF($AY$2:AY2;
> DataBatch!$C$9:$C$998);0));0)
>
> karena formula tersebut kinerja entry data menjadi lama. Yang kemudian
> diberi solusi terkait Advance Filter
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/34065>.
> Tapi sampai saat ini blm saya coba karena lagi lapor bulanan.
>
> "Kenapa kasus ini tidak menggunakan data aslinya dan malah menggunakan
> data hasil olahan formula ?"
>
> Itu karena datanya berkembang, setelah dipilah sesuai dengan bulannya,
> kemudian penunjang data tsb di entry secara manual dengan mengacu pada
> nomor batch yaitu data repeat. Artinya nomor batch tsb ada pengulangan
> produksi dan tes karena off spec.
>
> Pada kasus ini, dihitung tiap bulannya seberapa besar repeat tsb beserta
> item apa saja yang menyebabkan repeat, kemudian produk apa saja yang
> terkena repeat. Semua itu acuannya pakai nomor batch, sehingga perlu
> memunculkan data batch repeat.
>
> Semoga dapat dipahami
>
> Salam
> Haris
>
>
> [image: image]
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/34065>
>
>
>
>
>
> Yahoo! Groups
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/34065>
> Assalamu'alaikum Selamat Siang para master Excel. Saya ada kasus,
> Bagaimana Macronya untuk pengganti formula Array dibawah ini yang berfungsi
> untuk menghil...
> View on groups.yahoo.com
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/34065>
> Preview by Yahoo
>
>
>
>
>
>
>
>
> Yahoo - login
> <https://us-mg5.mail.yahoo.com/neo/launch?.rand=38s7uu2comptn#2416476565>
> Forgot password or username? Create Account OR SIGN IN WITH Facebook
> Google View desktop version
> View on us-mg5.mail.yahoo.com
> <https://us-mg5.mail.yahoo.com/neo/launch?.rand=38s7uu2comptn#2416476565>
> Preview by Yahoo
>
>
>
>
>
>
>
>
> Yahoo - login
> <https://us-mg5.mail.yahoo.com/neo/launch?.rand=38s7uu2comptn#8648169050>
> Forgot password or username? Create Account OR SIGN IN WITH Facebook
> Google View desktop version
> View on us-mg5.mail.yahoo.com
> <https://us-mg5.mail.yahoo.com/neo/launch?.rand=38s7uu2comptn#8648169050>
> Preview by Yahoo
>
>
> On Wednesday, November 5, 2014 12:40 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Boleh bertanya kah ?
>
> Kalau ndak salah data yang digunakan Pak Haris pada kasus ini hasil
> olahan formula
> <https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/33847>
> terhadap data asli yang telah tersusun sebagai tabel vertikal. Kenapa kasus
> ini tidak menggunakan data aslinya dan malah menggunakan data hasil olahan
> formula ?
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-11-04 18:13 GMT+11:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Assalamu'
>
> Siang ini, saya ada masalah, yaitu Cara Menampilkan Multiple data secara
> vertikal dengan kriteria (File terlampir). Mohon para master dapat berkenan
> memberikan solusi atas permasalahan saya.
>
> Saya ucapkan terima kasih atas solusi yang diberikan. Semoga para master
> selalu dimudahkan segala urusan oleh Allah Swt. Amin
>
> Salam
> Haris
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar