Rabu, 20 Desember 2017

[belajar-excel] Digest Number 4382

12 Messages

Digest #4382
1a
Merubah warna cell yang diupdate by "Heru Safrudin" heru.safrudin
1b
Re: Merubah warna cell yang diupdate by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1d
Re: Merubah warna cell yang diupdate by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1e
Re: Share Workbook yang ada excel table-nya by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Mengetahui nomor record by "Heru Safrudin" heru.safrudin
2b
Re: Mengetahui nomor record by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Nilai currency minus tidak bisa muncul by "Prodev SIMPLE PB" prodev_simple
4b
Re: memunculkan uraian dibawah kode rekening by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4d
Re: memunculkan uraian dibawah kode rekening by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Dec 19, 2017 8:39 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" heru.safrudin

Dear All,



اَلسَّــــلَامُ عَلًيْــــكُمْ وَرَحْمَةُ اللـــهِ وَبَرَكَاتُـــهُ



Maaf Langsung pada pertanyaan, Bagaimana cara mendeteksi cell pada worksheet
yang terupdate (datanya dirubah) ?

Misal saya ingin isi cell yg terupdate berubah warna interiornya



Mohon pencerahannya



Terima kasih



وَالسَّـــلَامُ عَلَيْـــكُمْ وَرَحْمَةُ اللـــهِ وَبَرَكَاتُـــهُ



Heru Safrudin



Tue Dec 19, 2017 9:04 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Heru,

Fitur Share Workbook (pakai fitur lama, karena ada fitur baru yang rada
mirip bernama co-authoring atau colaborating)
Pada fitur share workbook, ada fitur Track change. Track Change akan
diberlakukan pada Shared Workbook. Artinya, jika ingin memanfaatkan track
change (walau untuk pribadi dan bukan untuk di-share), tetap saja si
workbook harus di save sebagai shared workbook (yang kemudian dipakai
sendirian oleh seorang user).
Pada Share Workbook bisa didaftar user yang diijinkan untuk menggunakan
workbook tersebut secara bersamaan (jika ada, jika tidak ada, ya isi saja
dengan user pemilik workbook)

Track change akan disimpan selama N hari (tergantung pengaturan jumlah hari
di menu Share Workbook) jika di protect n sharing (ada menu Protect And
Sharing).
Jika ingin menyimpan history record setiap pengubahan yang dilakukan, telah
disediakan pada Track Change untuk membuat sheet History.

Perubahan terakhir akan disimpan dalam comments di cells masing-masing yang
mengalami pengubahan nilai.

Saya pikir, ini yang termudah dan efisien.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2017-12-20 11:31 GMT+07:00 'Heru Safrudin'
fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear All,
>
>
>
> *اَلسَّــــلَامُ عَلًيْــــكُمْ وَرَحْمَةُ اللـــهِ وَبَرَكَاتُـــهُ*
>
>
>
> Maaf Langsung pada pertanyaan, Bagaimana cara mendeteksi cell pada
> worksheet yang terupdate (datanya dirubah) ?
>
> Misal saya ingin isi cell yg terupdate berubah warna interiornya
>
>
>
> Mohon pencerahannya
>
>
>
> Terima kasih
>
>
>
> *وَالسَّـــلَامُ عَلَيْـــكُمْ وَرَحْمَةُ اللـــهِ وَبَرَكَاتُـــهُ*
>
>
>
> *Heru Safrudin*
>
>
>
>
>

Tue Dec 19, 2017 10:48 pm (PST) . Posted by:

zainul_ulum

Dear Be-excel, Saya mulai thread dari jawaban Mas Kid mengenai shared workbook.


Latar belakang:


Saya membuat aplikasi vba excel dalam bentuk addin (extensi xlam) untuk otomatisasi sebuah file excel yang saya pakai sebagai database (excel-database). Pada file excel-database tersebut terdiri dari beberapa sheet yang berisi data berupa excel table.


Seiring dengan perkembangan penambahan data tiap hari, saya berencana menge-set excel-database tersebut menjadi multi-user dengan setting shared workbook tetapi saat diset sebagai shared workbook, program excel menginformasikan bahwa tool shared workbook tidak bisa digunakan kalo terdapat object excel table dalam workbook.


Pertanyaan / bahan diskusi:
1. Apakah ada cara lain agar bisa sharing workbook yang ada object excel table nya?
2. Jika nomer #1 tidak bisa, saya berencana mengkonversi excel-database tersebut ke microsoft access (*.accdb) , tetapi proses input dan output tetap di excel.
saya telah membuat vba code sederhana untuk connect ke access sbb:
'=====================================
Option Explicit
Const sProvider As String = "Microsoft.ACE.OLEDB.12.0"
Dim sConnString As String
Dim cnn As ADODB.Connection


Private Function CanConnectAccess(DbFile As String, rtnErr As String) As Boolean

sConnString = "Provider=" & sProvider & ";" & _
"Data Source=" & DbFile & ";" & _
"Persist Security Info=False;"

'create a new connection to access database
CanConnectAccess = True
rtnErr = vbNullString

Set cnn = New ADODB.Connection
On Error Resume Next
cnn.Open sConnString
If Err.Number Then
rtnErr = Err.Description
CanConnectAccess = False
Err.Clear
End If
End Function
'==============================
dari vba code di atas, bagian mana yang perlu dirubah agar database access bisa untuk multi user?


Terimkasih banyak sebelumnya. Mohon maaf jika terlalu panjang.


Wassalamu'alaikum wr wb.
-zainul









Tue Dec 19, 2017 11:27 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Heru,Ini adalah Macro warisan mbak Siti.
Option ExplicitDim otx As String

Private Sub Workbook_SheetSelectionChange(ByVal Sh As Object, ByVal Target As Range)    otx = Target(1, 1).ValueEnd Sub
Private Sub Workbook_SheetChange(ByVal Sh As Object, ByVal Target As Range)    If Not otx = "" Then        If Not Target(1, 1).Text = otx Then            Target(1, 1).Interior.Color = vbYellow        End If    End IfEnd Sub
Pada saat Workbook sdh siap untuk diubah copas Macro di atas ke "This Workbook" pada sisi sebelah kiri VBE Sheet. Perubahan berlaku hanya untuk sel yang ada isinya (termasuk spasi) dan hanya berlaku sekali saja.Begitu isi sel diubah maka warna interiornya akan berubah menjadi kuning (vbYellow).
Salam,HK

On Wednesday, 20 December 2017, 11:39:30 AM GMT+7, 'Heru Safrudin' fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 

Dear All,

 

اَلسَّــــلَامُعَلًيْــــكُمْوَرَحْمَةُاللـــهِوَبَرَكَاتُـــهُ

 

Maaf Langsung pada pertanyaan, Bagaimana cara mendeteksicell pada worksheet yang terupdate (datanya dirubah) ?

Misal saya ingin isi cell yg terupdate berubah warna interiornya

 

Mohon pencerahannya

 

Terima kasih

 

وَالسَّـــلَامُعَلَيْـــكُمْوَرَحْمَةُاللـــهِوَبَرَكَاتُـــهُ

 

Heru Safrudin

 

Wed Dec 20, 2017 7:57 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

mas Zainul,

*By design :*
Excel workbook ketika dibuka selalu berusaha untuk Exclusive (memberi hak
write ke seorang user saja)

*Fitur shared workbook :*
Fitur ini berusaha untuk memberi hak Exclusive kepada lebih dari seorang
user. Tetapi, fitur ini memberi batasan ketika ada lebih dari seorang user
yang akan mengubah isi cells (sila lihat di menu Share Workbook tab
Advanced bagian Conflicting blabla). Cells yang diubah bisa jadi masih
kosong (blank cells) maupun sudah ada isinya.
Artinya, shared workbook cukup beresiko untuk dimanfaatkan dalam proses
penyimpanan data, karena diusahakan sebisa mungkin data yang disimpan dapat
terjaga utuh. Sedangkan fitur ini memungkinkan terjadinya kondisi data yang
benar (hasil input user A) akan terubah oleh data yang benar lainnya (hasil
input user B), sehingga data akan kehilangan records yang benar.

*Aplikasi entri data :*
Pada umumnya, sistem data akan membentuk setidaknya 2 layer, yaitu : 1.
Back end data; 2. Interface.
Back end data bisa di text file, Excel file, database (direkomendasikan)
Interface bisa berupa add in, xlsm atau xlsb file, desktop application
lainnya, dan web base app (biasanya akan terbentuk 3 layer [three tier])

*Back end data dengan Text file dan Excel :*
Hak akses terhadap dua format file ini adalah Exclusive. Jadi, proses
penulisan data ke back end harus dibuatkan sendiri antriannya.

*Back end data dengan database :* (apapun database-nya, mulai dari MS
Access, SQL Server, Oracle, MySQL, dsb yang berupa DBMS)
Hak akses terhadap database adalah shared dengan management share write dan
read yang sudah baik. Jadi tidak perlu repot membuatkan antrian proses
penulisan data.

*Kasus Back End Data dengan Excel : *(misal diatur)
1. back end data dengan Excel bernama myData.xlsx (TIDAK shared workbook)
2. interface berupa add-in atau xlsm atau xlsb (direkomendasikan), TETAPI
membuka back end myData.xlsx hanya sesuai keperluan saja, yaitu saat akan
menulis data dan saat akan membaca data saja
* Open - write - save - close atau Open - read - close ::* jangan
sampai *menunggu respon dari user, *apalagi *user langsung entri atau edit
di myData.xlsx

Prosedur antrian penulisan data bisa sebagai berikut :
'deklarasi variabel proses
dim wbkApp as workbook, rngInput as range, wbkDB as workbook, shtDT as
worksheet

'init records di interface yang akan ditulis ke back end
set wbkAPP = thisworkbook
set rngInput=wbkapp.sheets("area input data").range("a2:c17")

'cek antrian
COBA_BUKA:
set wbkdb=workbooks.open( wbkapp.path & "\myData.xlsx" )
if wbkdb.readonly then
wbkdb.close false
goto COBA_BUKA
endif

'proses tulis [kalau sampai di baris ini, berarti back end data telah
menyerahkan hak write secara exclusive kepada wbkApp melalui wbkDB
set shtdt=wbkdb.sheets("DATA") 'misal nama sheet lokasi penulisan
adalah 'DATA'
rnginput.copy
shtdt.cells( shtdt.rows.count , "A"
).end(xlup).offset(1).pastespecial xlpastevalues
wbkdb.close true 'save n close wbkdb

'pesan selesai kepada user
msgbox "Selesai.",vbinformation,"Tulis ke xlDBFile"

*Catatan :*
Pada proses di atas, file myData.xlsx bisa berisi excel table, excel query
table, excel pivot table, dan sebagainya. Tapi, penulisan data tetap di
suatu range (jika range tepat dibawah Excel Table, maka Excel Table akan
autoresize barisnya).

*Obrolan :*
Penggunaan database (dbms) sebagai back end sangat dianjurkan. Proses
penulisan data bisa dengan banyak cara.
Secara umum, urutan proses penulisan data adalah open connection - execute
Insert atau Update query - Close connection
Varian proses execute insert atau update query bisa jadi dengan set setiap
nilai field lalu diakhir commit. Tapi saya kurang suka cara ini, terlalu
banyak baris script-nya dan kurang cepat untuk penulisan records yang
banyak sekaligus.

Excel Table bisa dimanfaatkan untuk menyusun bunyi query insert atau update
di sebuah kolom dalam Excel Table (kolom ini bisa di-hide). Lalu execute
dilakukan dengan loop seluruh isi kolom tersebut.
Untuk records yang sangat banyak, tentu hal ini akan memakan waktu dalam
melakukan loop (BUKAN pada eksekusi query-nya).

Data yang sangat banyak biasanya akan menggunakan DBMS yang besar, seperti
SQL Server (edisi Express bisa 10GB tanpa trik, dan bisa dijadikan multi
database jika data lebih dari 10GB).
Dengan DBMS seperti SQL Server, akan ada lebih banyak opsi dalam penulisan
data, mulai dari pass through query (saya kurang suka cara ini, karena
terlalu lambat untuk ukuran kerja sebuah DBMS sekelas SQL Server),
programming dengan Stored Precedure (SP), dan sebagainya.

Input data di Excel, database di SQL Server, jumlah records cukup banyak
(misal sekitar 200K records), dengan membuat SP di dalam database dan SP
dieksekusi oleh Excel, maka proses penulisan data bisa cuma beberapa detik
saja (relatif terhadap spesifikasi komputer ya). Sedangkan dengan loop
execute query insert bisa sekitar 1 sampai 2 menit.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2017-12-20 12:51 GMT+07:00 zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Be-excel,
> Saya mulai thread dari jawaban Mas Kid mengenai shared workbook.
>
> Latar belakang:
>
> Saya membuat aplikasi vba excel dalam bentuk addin (extensi xlam) untuk
> otomatisasi sebuah file excel yang saya pakai sebagai database
> (excel-database). Pada file excel-database tersebut terdiri dari beberapa
> sheet yang berisi data berupa excel table.
>
> Seiring dengan perkembangan penambahan data tiap hari, saya berencana
> menge-set excel-database tersebut menjadi multi-user dengan setting shared
> workbook tetapi saat diset sebagai shared workbook, program excel
> menginformasikan bahwa tool shared workbook tidak bisa digunakan kalo
> terdapat object excel table dalam workbook.
>
> Pertanyaan / bahan diskusi:
> 1. Apakah ada cara lain agar bisa sharing workbook yang ada object excel
> table nya?
> 2. Jika nomer #1 tidak bisa, saya berencana mengkonversi excel-database
> tersebut ke microsoft access (*.accdb) , tetapi proses input dan output
> tetap di excel.
> saya telah membuat vba code sederhana untuk connect ke access sbb:
> '=====================================
> Option Explicit
> Const sProvider As String = "Microsoft.ACE.OLEDB.12.0"
> Dim sConnString As String
> Dim cnn As ADODB.Connection
>
> Private Function CanConnectAccess(DbFile As String, rtnErr As String) As
> Boolean
>
> sConnString = "Provider=" & sProvider & ";" & _
> "Data Source=" & DbFile & ";" & _
> "Persist Security Info=False;"
>
> 'create a new connection to access database
> CanConnectAccess = True
> rtnErr = vbNullString
>
> Set cnn = New ADODB.Connection
> On Error Resume Next
> cnn.Open sConnString
> If Err.Number Then
> rtnErr = Err.Description
> CanConnectAccess = False
> Err.Clear
> End If
> End Function
> '==============================
> dari vba code di atas, bagian mana yang perlu dirubah agar database access
> bisa untuk multi user?
>
> Terimkasih banyak sebelumnya. Mohon maaf jika terlalu panjang.
>
> Wassalamu'alaikum wr wb.
> -zainul
>
>
>
>
>
>

Tue Dec 19, 2017 9:04 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" heru.safrudin

Alhamdulillah dapat jawaban dari master, tapi saya filenya kayak korup

Ketika pilih 'Yes'

Tak berjalan

Wassalam

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 16 Desember 2017 22:52
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Mengetahui nomor record

Hai Heru,

Mungkin seperti file terlampir.

Regards,

Kid

2017-11-01 9:43 GMT+07:00 'Heru Safrudin' fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Yth. Mr.Kid,

Apa yang diulas Mr. diatas memang benar adanya, maaf jika pertanyaan saya mungkin tidak pentingnya bagi yang lain

Tapi saya hanya mencontoh di beberapa aplikasi biasanya dibawah ada tampilan scroll record seperti screenshot berikut :

Namun tampilan tidak secara columnar tapi detail per record secara portrait

Sedangkan saat ini textbox record saya buat dengan kode sbb:

rs.Open "SELECT ID, NAMA, TEMPAT_LAHIR, TGL_LAHIR, FROM `DATA GENERUS.MDB`.GENERUS,con, adOpenKeyset, adLockOptimistic

If (Textbox1.Text) > rs.RecordCount Then Exit Sub

rs.MoveFirst

rs.Move Val(Textbox1.Text) - 1

Demikian mohon maaf

Wassalam

Heru Safrudin

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 01 Nopember 2017 0:57
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Mengetahui nomor record

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Heru,

imho,

Pertanyaannya adalah apa pentingnya nomor record ?

Nomor record itu tidak penting sama sekali.

Setiap data memiliki kolom-kolom (bisa lebih dari 1) kunci. Dengan kolom-kolom kunci tersebut, maka record dapat diketahui.

Sampai sekarang, saya tidak pernah menemukan pentingnya nomor record. Kalau ada 100juta records, maka nomor records hanya akan membuang ruang saja.

Posisi record di dalam database tidak diketahui. Andai (andai nih ya), dibuatkan sebuah kolom bernama 'Nomor Record' di dalam tabel database, bagi si database, kolom tersebut seperti kolom lain. Tidak dengan serta merta menunjukkan nomor record.

Ok,

dari hal di atas, maka bisa disebut bahwa nomor record yang biasa dimaksud adalah urutan natural yang ditampilkan oleh query select from sederhana (tanpa klausa lain).

Hasil query itu pun sekadar image (salinan, snapshot, atau apalah menyebutnya).

Jadi, hasil query select from sederhana dengan hasil query yang sudah disertai sort (order by) ataupun filter (where), apalagi join (penyandingan dataset) maupun union (penggabungan dataset) dapat menghasilkan image tampilan yang memiliki urutan berbeda. Artinya, nomor record akan relatif terhadap bunyi query-nya.

Itu sebabnya, tidak ada query meng-update data berdasar nomor record real, karena nomor record real tidak diketahui.

Sampai disini, setidaknya ada kesepakatan bahwa :

1. nomor record itu tidaklah penting

2. nomor record yang dimaksud dalam kasus Anda ini adalah urutan hasil query dan tidak mewakili nomor record asli si data di dalam tabel.

Kembali kepada kasus...

Saya menghubungkan data XL saya dengan MS-Access dengan koneksi Recordset

> Artinya, Anda menggunakan data object seperti ADO melalui Excel VBA.

> Hasilnya adalah image dataset hasil query yang disebut recordset.

> Hasil query yang dipegang oleh si object recordset ADO tersebut disalin ke Excel Worksheet

> Hasil salinannya adalah values (BUKAN connected data), jadi tidak bisa di-refresh seperti menggunakan Refresh All yang disediakan Excel.

> Refresh data hanya bisa dilakukan jika si prosedur yang berisi proses penyalinan dari ADO recordset ke Excel worksheet tersebut dijalankan ulang.

Pertanyaan saya bisakah kita melihat nomor record pada data kita di Access?

> Jika yang dimaksud adalah nomor record yang ditampilkan diakses ketika membuka tabel dengan nomor record hasil query, maka nomor record yang Anda maksud tersebut tidak ada hubungannya.

> Hal ini berpotensi terjadinya kesalahan baca. Karena hasil query menunjukkan record ke-1 berisi data x, tapi di Access, ketika membuka tabel tersebut, record ke-1 adalah data y.

> Jika yang dimaksud adalah meniru seperti tampilan si Access, yang ada row selector-nya (pemilih baris loh ya, bukan nomor record), maka jawabnya bisa.

> Konsepnya sama saja, yaitu dari header, di-offset sebanyak N baris. N baris adalah posisi baris dataset yang ingin dijadikan pusat perhatian (fokus).

> di Excel VBA, kira-kira bunyinya :
sheets("nama sheetnya").range("a1").offset( 5 ).activate

atau

application.goto sheets("nama sheetnya").range("a1")..offset( 5 ) , scroll:=true 'sebaiknya, baris header di freeze pane dulu

> Dan hal ini bisa digunakan untuk segala bentuk dataset (TIDAK hanya dataset hasil ambil data dari tempat lain), di workbook baru pada worksheet kosong pun bisa.

Demikian pula jika kita ketikkan nomor maka akan nenunjuk ke data record nomor tersebut.

Atau kita tombol panah kiri atau kanan, data akan menunjuk ke nomor record dalam textbox

> Apapun object yang Anda gunakan sebagai media berinteraksi dengan user, event-nya diisi dengan proses seperti di atas tadi, bisa pilih, mau pakai application.goto atau range activate

> Jika diinginkan bahwa kalau user menggerakkan active cells di worksheet dan posisi baris dalam dataset ditampilkan pada object yang Anda gunakan :

objectAnda.text = activecells.row - 1 'karena header di baris 1, bila perlu dilengkapi dengan pemeriksaan apakah activecells itu bagian dari dataset

> Baris tersebut bisa diletakkan di dalam event milik worksheet yang bernama Selection Change.

> Sila pelajari lagi properti dan event yang dimiliki oleh object yang Anda gunakan.

> Dan hal ini bisa digunakan untuk segala bentuk dataset (TIDAK hanya dataset hasil ambil data dari tempat lain), di workbook baru pada worksheet kosong pun bisa.

Wassalamu'alaikum wr wb

Kid

2017-10-31 15:48 GMT+07:00 'Heru Safrudin' fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear Be-Exceller,

Saya menghubungkan data XL saya dengan MS-Access dengan koneksi Recordset

Pertanyaan saya bisakah kita melihat nomor record pada data kita di Access?

Demikian pula jika kita ketikkan nomor maka akan nenunjuk ke data record nomor tersebut.

Contoh kita isi textbox dibawah ini

Atau kita tombol panah kiri atau kanan, data akan menunjuk ke nomor record dalam textbox

Mohon pencerahannya

Wassalam,

Heru Safrudin

Tue Dec 19, 2017 9:43 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

Coba file terlampir. Kalau masih error, coba unduh ulang dan diletakkan di
drive selain drive C.

Regards,
Kid

2017-12-20 11:57 GMT+07:00 'Heru Safrudin'
fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Alhamdulillah dapat jawaban dari master, tapi saya filenya kayak korup
>
>
>
>
>
> Ketika pilih 'Yes'
>
>
>
>
>
> Tak berjalan
>
>
>
> Wassalam
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@
> yahoogroups.com]
> *Sent:* 16 Desember 2017 22:52
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Mengetahui nomor record
>
>
>
>
>
> Hai Heru,
>
> Mungkin seperti file terlampir.
>
> Regards,
>
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
> 2017-11-01 9:43 GMT+07:00 'Heru Safrudin' fcprocessing.bisikediri@bisi.
> co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Yth. Mr.Kid,
>
>
>
> Apa yang diulas Mr. diatas memang benar adanya, maaf jika pertanyaan saya
> mungkin tidak pentingnya bagi yang lain
>
> Tapi saya hanya mencontoh di beberapa aplikasi biasanya dibawah ada
> tampilan scroll record seperti screenshot berikut :
>
>
>
>
>
> Namun tampilan tidak secara columnar tapi detail per record secara portrait
>
> Sedangkan saat ini textbox record saya buat dengan kode sbb:
>
>
>
> rs.Open "SELECT ID, NAMA, TEMPAT_LAHIR, TGL_LAHIR, FROM `DATA
> GENERUS.MDB`.GENERUS,con, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>
> If (Textbox1.Text) > rs.RecordCount Then Exit Sub
>
> rs.MoveFirst
>
> rs.Move Val(Textbox1.Text) - 1
>
>
>
> Demikian mohon maaf
>
>
>
> Wassalam
>
> Heru Safrudin
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@
> yahoogroups.com]
> *Sent:* 01 Nopember 2017 0:57
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Mengetahui nomor record
>
>
>
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Heru,
>
>
>
> imho,
>
> Pertanyaannya adalah apa pentingnya nomor record ?
>
> Nomor record itu tidak penting sama sekali.
>
> Setiap data memiliki kolom-kolom (bisa lebih dari 1) kunci. Dengan
> kolom-kolom kunci tersebut, maka record dapat diketahui.
>
> Sampai sekarang, saya tidak pernah menemukan pentingnya nomor record.
> Kalau ada 100juta records, maka nomor records hanya akan membuang ruang
> saja.
>
> Posisi record di dalam database tidak diketahui. Andai (andai nih ya),
> dibuatkan sebuah kolom bernama 'Nomor Record' di dalam tabel database, bagi
> si database, kolom tersebut seperti kolom lain. Tidak dengan serta merta
> menunjukkan nomor record.
>
> Ok,
>
> dari hal di atas, maka bisa disebut bahwa nomor record yang biasa dimaksud
> adalah urutan natural yang ditampilkan oleh query select from sederhana
> (tanpa klausa lain).
>
> Hasil query itu pun sekadar image (salinan, snapshot, atau apalah
> menyebutnya).
>
> Jadi, hasil query select from sederhana dengan hasil query yang sudah
> disertai sort (order by) ataupun filter (where), apalagi join (penyandingan
> dataset) maupun union (penggabungan dataset) dapat menghasilkan image
> tampilan yang memiliki urutan berbeda. Artinya, nomor record akan relatif
> terhadap bunyi query-nya.
>
> Itu sebabnya, tidak ada query meng-update data berdasar nomor record real,
> karena nomor record real tidak diketahui.
>
>
>
> Sampai disini, setidaknya ada kesepakatan bahwa :
>
> 1. nomor record itu tidaklah penting
>
> 2. nomor record yang dimaksud dalam kasus Anda ini adalah urutan hasil
> query dan tidak mewakili nomor record asli si data di dalam tabel.
>
>
>
> Kembali kepada kasus...
>
> Saya menghubungkan data XL saya dengan MS-Access dengan koneksi Recordset
>
> > Artinya, Anda menggunakan data object seperti ADO melalui Excel VBA.
>
> > Hasilnya adalah image dataset hasil query yang disebut recordset.
>
> > Hasil query yang dipegang oleh si object recordset ADO tersebut disalin
> ke Excel Worksheet
>
> > Hasil salinannya adalah values (BUKAN connected data), jadi tidak bisa
> di-refresh seperti menggunakan Refresh All yang disediakan Excel.
>
> > Refresh data hanya bisa dilakukan jika si prosedur yang berisi proses
> penyalinan dari ADO recordset ke Excel worksheet tersebut dijalankan ulang.
>
>
>
> Pertanyaan saya bisakah kita melihat nomor record pada data kita di Access?
>
> > Jika yang dimaksud adalah nomor record yang ditampilkan diakses ketika
> membuka tabel dengan nomor record hasil query, maka nomor record yang Anda
> maksud tersebut tidak ada hubungannya.
>
> > Hal ini berpotensi terjadinya kesalahan baca. Karena hasil query
> menunjukkan record ke-1 berisi data x, tapi di Access, ketika membuka tabel
> tersebut, record ke-1 adalah data y.
>
>
>
> > Jika yang dimaksud adalah meniru seperti tampilan si Access, yang ada
> row selector-nya (pemilih baris loh ya, bukan nomor record), maka jawabnya
> bisa.
>
> > Konsepnya sama saja, yaitu dari header, di-offset sebanyak N baris. N
> baris adalah posisi baris dataset yang ingin dijadikan pusat perhatian
> (fokus).
>
> > di Excel VBA, kira-kira bunyinya :
> sheets("nama sheetnya").range("a1").offset( 5 ).activate
>
> atau
>
> application.goto sheets("nama sheetnya").range("a1").offset(
> 5 ) , scroll:=true 'sebaiknya, baris header di freeze pane
> dulu
>
> > Dan hal ini bisa digunakan untuk segala bentuk dataset (TIDAK hanya
> dataset hasil ambil data dari tempat lain), di workbook baru pada worksheet
> kosong pun bisa.
>
>
>
> Demikian pula jika kita ketikkan nomor maka akan nenunjuk ke data record
> nomor tersebut.
>
> Atau kita tombol panah kiri atau kanan, data akan menunjuk ke nomor record
> dalam textbox
>
> > Apapun object yang Anda gunakan sebagai media berinteraksi dengan user,
> event-nya diisi dengan proses seperti di atas tadi, bisa pilih, mau pakai
> application.goto atau range activate
>
> > Jika diinginkan bahwa kalau user menggerakkan active cells di worksheet
> dan posisi baris dalam dataset ditampilkan pada object yang Anda gunakan :
>
> objectAnda.text = activecells.row - 1 'karena header
> di baris 1, bila perlu dilengkapi dengan pemeriksaan apakah activecells itu
> bagian dari dataset
>
> > Baris tersebut bisa diletakkan di dalam event milik worksheet yang
> bernama Selection Change.
>
> > Sila pelajari lagi properti dan event yang dimiliki oleh object yang
> Anda gunakan.
>
> > Dan hal ini bisa digunakan untuk segala bentuk dataset (TIDAK hanya
> dataset hasil ambil data dari tempat lain), di workbook baru pada worksheet
> kosong pun bisa.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
>
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2017-10-31 15:48 GMT+07:00 'Heru Safrudin' fcprocessing.bisikediri@bisi.
> co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
>
>
> Saya menghubungkan data XL saya dengan MS-Access dengan koneksi Recordset
>
> Pertanyaan saya bisakah kita melihat nomor record pada data kita di
> Access?
>
> Demikian pula jika kita ketikkan nomor maka akan nenunjuk ke data record
> nomor tersebut.
>
> Contoh kita isi textbox dibawah ini
>
>
>
>
>
> Atau kita tombol panah kiri atau kanan, data akan menunjuk ke nomor record
> dalam textbox
>
>
>
> Mohon pencerahannya
>
>
>
> Wassalam,
>
> Heru Safrudin
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Dec 19, 2017 10:34 pm (PST) . Posted by:

"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple

Terima kasih banyak Mr. Kid and Raya.Ternyata ada satu bagian yang belum dilengkapi di fungsi lookup nya ya...
Mohon maaf kalau begitu atas ketidaktelitiannya.#nambah ilmu

- prodev simple -


Pada Rabu, 20 Desember 2017 06.59.13 WIB, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

 

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Prodev,

Sebaiknya bagian range_lookup dari fungsi vLookUp diset dengan Exact Match alias FALSE (FALSE artinya jangan me-lookup seperti mencari dalam suatu rentang interval nilai) atau 0 (0 setara FALSE).

Catatan tentang proses lookup (dengan vLookUp, hLookUp, Match), selalu tentukan lebih dulu, apakah pencariannya harus sama persis (Exact Match atau range_lookup FALSE) ataukah proses me-lookup ke suatu rentang nilai tertentu (seperti dari batas bawah tertentu sampai batas atas tertentu).

Contoh :
1. melookup nilai kode sebuah produk, pastilah setiap 1 produk memiliki 1 kode produk (one to one), maka match type lookup-nya adalah Exact Match alias range_lookup FALSE           kode Produk 'XYZ123' dalam tabel data di-lookup ke tabel referensi untuk mendapatkan record tabel referensi dengan kode 'XYZ123' yang sama persis (Exact)
2. melookup nilai sales sebuah produk, pastilah setiap 1 produk memiliki banyak nilai sales (many to one), match type lookup-nya adalah Approximate Match alias range_lookup TRUE
           sales Produk senilai 15.5 juta dalam tabel data di-lookup ke tabel referensi untuk mendapatkan record tabel referensi dengan nilai sales dalam rentang mulai dari 8 juta sampai 17 juta

Begitu ya...Jadi kedepannya, plis, diusahakan ketika me-lookup tidak lupa lagi tentang match type yang dibutuhkan si kasus ya...
Wassalamu'alaikum wr wbKid

2017-12-19 16:11 GMT+07:00 Prodev SIMPLE PB prodev_simple@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

 

Assalamu'alaikum,
Para Master...mohon pencerahannya.Saya ada kendala pada saat menggunakan data currency minus yang dikombinasikan dengan fungsi drop down list dan vlookup.
Mohon arahan dan bantuannya ya.#contoh file terlampir

Terima kasih.Wassalam
- prodev simple -

#yiv1230746667 #yiv1230746667 -- #yiv1230746667ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mkp #yiv1230746667hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mkp #yiv1230746667ads {margin-bottom:10px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mkp ..yiv1230746667ad {padding:0 0;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mkp .yiv1230746667ad p {margin:0;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mkp .yiv1230746667ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-sponsor #yiv1230746667ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-sponsor #yiv1230746667ygrp-lc #yiv1230746667hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-sponsor #yiv1230746667ygrp-lc .yiv1230746667ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv1230746667 #yiv1230746667actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv1230746667 #yiv1230746667activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667activity span {font-weight:700;}#yiv1230746667 #yiv1230746667activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv1230746667 #yiv1230746667activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv1230746667 #yiv1230746667activity span span {color:#ff7900;}#yiv1230746667 #yiv1230746667activity span .yiv1230746667underline {text-decoration:underline;}#yiv1230746667 .yiv1230746667attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv1230746667 .yiv1230746667attach div a {text-decoration:none;}#yiv1230746667 .yiv1230746667attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv1230746667 .yiv1230746667attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv1230746667 .yiv1230746667attach label a {text-decoration:none;}#yiv1230746667 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv1230746667 .yiv1230746667bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv1230746667 .yiv1230746667bold a {text-decoration:none;}#yiv1230746667 dd.yiv1230746667last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1230746667 dd.yiv1230746667last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1230746667 dd.yiv1230746667last p span.yiv1230746667yshortcuts {margin-right:0;}#yiv1230746667 div.yiv1230746667attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv1230746667 div.yiv1230746667attach-table {width:400px;}#yiv1230746667 div.yiv1230746667file-title a, #yiv1230746667 div.yiv1230746667file-title a:active, #yiv1230746667 div.yiv1230746667file-title a:hover, #yiv1230746667 div.yiv1230746667file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1230746667 div.yiv1230746667photo-title a, #yiv1230746667 div.yiv1230746667photo-title a:active, #yiv1230746667 div.yiv1230746667photo-title a:hover, #yiv1230746667 div.yiv1230746667photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1230746667 div#yiv1230746667ygrp-mlmsg #yiv1230746667ygrp-msg p a span.yiv1230746667yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv1230746667 .yiv1230746667green {color:#628c2a;}#yiv1230746667 .yiv1230746667MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv1230746667 o {font-size:0;}#yiv1230746667 #yiv1230746667photos div {float:left;width:72px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667reco-category {font-size:77%;}#yiv1230746667 #yiv1230746667reco-desc {font-size:77%;}#yiv1230746667 .yiv1230746667replbq {margin:4px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mlmsg select, #yiv1230746667 input, #yiv1230746667 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mlmsg pre, #yiv1230746667 code {font:115% monospace;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-mlmsg #yiv1230746667logo {padding-bottom:10px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-msg p#yiv1230746667attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-reco #yiv1230746667reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-sponsor #yiv1230746667ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-sponsor #yiv1230746667ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-sponsor #yiv1230746667ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv1230746667 #yiv1230746667ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv1230746667

Wed Dec 20, 2017 7:32 am (PST) . Posted by:

"Bos Kbrn" bos.kbrn

Selamat malam master belajar excel, mohon ijin bertanya, bagaimana cara menampilkan deskripsi uraian belanja dibawah kode rekening sesuai dengan urutan kode di sheet Kode Rekening yang ditambilkan di sheet RKA? Contoh hasil yang diharapkan ada di sheet yg diharapkan, mohon maaf bila bertanya dengan teme sejenis yang telah dijelaskan namun saya benar2 tidak tahu, terima kasih atas bantuannya.

Wed Dec 20, 2017 9:11 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Kbrn,

Dengan menyusun tabel referensi hirarki berorientasi horisontal, maka fitur
Excel Pivot Table bisa dimanfaatkan untuk membentuk layout isi output.
Perangkat layout selain isi bisa diatur kemudian.
File terlampir.

Regards,
Kid

2017-12-20 22:29 GMT+07:00 Bos Kbrn bos.kbrn@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Selamat malam master belajar excel, mohon ijin bertanya, bagaimana cara
> menampilkan deskripsi uraian belanja dibawah kode rekening sesuai dengan
> urutan kode di sheet Kode Rekening yang ditambilkan di sheet RKA? Contoh
> hasil yang diharapkan ada di sheet yg diharapkan, mohon maaf bila bertanya
> dengan teme sejenis yang telah dijelaskan namun saya benar2 tidak tahu,
> terima kasih atas bantuannya.
>
>

Wed Dec 20, 2017 10:47 am (PST) . Posted by:

"Bos Kbrn" bos.kbrn

matur nuwun Mr.Kid atas pencerahannya, namun permasalahan di tempat saya tidak diperbolehkan memakai pivot, jika dipakai rumus apakah harus memakai array untuk mengurutkan per levelnya, mohon maaf Mr.Kid, matur nuwun.

Pada Kamis, 21 Desember 2017 0:28, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Kbrn,

Dengan menyusun tabel referensi hirarki berorientasi horisontal, maka fitur Excel Pivot Table bisa dimanfaatkan untuk membentuk layout isi output. Perangkat layout selain isi bisa diatur kemudian.
File terlampir.
Regards,
Kid

2017-12-20 22:29 GMT+07:00 Bos Kbrn bos.kbrn@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  Selamat malam master belajar excel, mohon ijin bertanya, bagaimana cara menampilkan deskripsi uraian belanja dibawah kode rekening sesuai dengan urutan kode di sheet Kode Rekening yang ditambilkan di sheet RKA? Contoh hasil yang diharapkan ada di sheet yg diharapkan, mohon maaf bila bertanya dengan teme sejenis yang telah dijelaskan namun saya benar2 tidak tahu, terima kasih atas bantuannya.

#yiv8790621556 #yiv8790621556 -- #yiv8790621556ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mkp #yiv8790621556hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mkp #yiv8790621556ads {margin-bottom:10px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mkp .yiv8790621556ad {padding:0 0;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mkp .yiv8790621556ad p {margin:0;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mkp .yiv8790621556ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-sponsor #yiv8790621556ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-sponsor #yiv8790621556ygrp-lc #yiv8790621556hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-sponsor #yiv8790621556ygrp-lc .yiv8790621556ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv8790621556 #yiv8790621556actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv8790621556 #yiv8790621556activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556activity span {font-weight:700;}#yiv8790621556 #yiv8790621556activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv8790621556 #yiv8790621556activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv8790621556 #yiv8790621556activity span span {color:#ff7900;}#yiv8790621556 #yiv8790621556activity span .yiv8790621556underline {text-decoration:underline;}#yiv8790621556 .yiv8790621556attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv8790621556 .yiv8790621556attach div a {text-decoration:none;}#yiv8790621556 .yiv8790621556attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv8790621556 .yiv8790621556attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv8790621556 .yiv8790621556attach label a {text-decoration:none;}#yiv8790621556 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv8790621556 .yiv8790621556bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv8790621556 .yiv8790621556bold a {text-decoration:none;}#yiv8790621556 dd.yiv8790621556last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv8790621556 dd.yiv8790621556last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv8790621556 dd.yiv8790621556last p span.yiv8790621556yshortcuts {margin-right:0;}#yiv8790621556 div.yiv8790621556attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv8790621556 div.yiv8790621556attach-table {width:400px;}#yiv8790621556 div.yiv8790621556file-title a, #yiv8790621556 div..yiv8790621556file-title a:active, #yiv8790621556 div.yiv8790621556file-title a:hover, #yiv8790621556 div.yiv8790621556file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv8790621556 div.yiv8790621556photo-title a, #yiv8790621556 div.yiv8790621556photo-title a:active, #yiv8790621556 div.yiv8790621556photo-title a:hover, #yiv8790621556 div.yiv8790621556photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv8790621556 div#yiv8790621556ygrp-mlmsg #yiv8790621556ygrp-msg p a span.yiv8790621556yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv8790621556 .yiv8790621556green {color:#628c2a;}#yiv8790621556 .yiv8790621556MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv8790621556 o {font-size:0;}#yiv8790621556 #yiv8790621556photos div {float:left;width:72px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556reco-category {font-size:77%;}#yiv8790621556 #yiv8790621556reco-desc {font-size:77%;}#yiv8790621556 .yiv8790621556replbq {margin:4px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mlmsg select, #yiv8790621556 input, #yiv8790621556 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mlmsg pre, #yiv8790621556 code {font:115% monospace;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-mlmsg #yiv8790621556logo {padding-bottom:10px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-msg p#yiv8790621556attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-reco #yiv8790621556reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-sponsor #yiv8790621556ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-sponsor #yiv8790621556ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-sponsor #yiv8790621556ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv8790621556 #yiv8790621556ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv8790621556

Wed Dec 20, 2017 11:32 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Kenapa tidak boleh ?
Sudah beli Office mahal kok gak dipakai.

Kalau mau pakai formula, buat di lokasi peletakan formula, lalu rujuk si
formula ke cells yang ada di pivot table per kolomnya.
Jadi, pivot table nya sebagai proses antara saja.

Kalau mau copy paste value (pakai goto special visible) malah lebih cepet
dibanding pakai formula.

Regards,
Kid

On Thu, Dec 21, 2017 at 1:38 AM, Bos Kbrn bos.kbrn@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> matur nuwun Mr.Kid atas pencerahannya, namun permasalahan di tempat saya
> tidak diperbolehkan memakai pivot, jika dipakai rumus apakah harus memakai
> array untuk mengurutkan per levelnya, mohon maaf Mr.Kid, matur nuwun.
>
>
> Pada Kamis, 21 Desember 2017 0:28, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Kbrn,
>
> Dengan menyusun tabel referensi hirarki berorientasi horisontal, maka
> fitur Excel Pivot Table bisa dimanfaatkan untuk membentuk layout isi
> output. Perangkat layout selain isi bisa diatur kemudian.
> File terlampir.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
> 2017-12-20 22:29 GMT+07:00 Bos Kbrn bos.kbrn@yahoo.com
> <bos..kbrn@yahoo.com> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Selamat malam master belajar excel, mohon ijin bertanya, bagaimana cara
> menampilkan deskripsi uraian belanja dibawah kode rekening sesuai dengan
> urutan kode di sheet Kode Rekening yang ditambilkan di sheet RKA? Contoh
> hasil yang diharapkan ada di sheet yg diharapkan, mohon maaf bila bertanya
> dengan teme sejenis yang telah dijelaskan namun saya benar2 tidak tahu,
> terima kasih atas bantuannya.
>
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar