Minggu, 24 Desember 2017

[belajar-excel] Digest Number 4385

2 Messages

Digest #4385

Messages

Sun Dec 24, 2017 1:42 am (PST) . Posted by:

bos.kbrn

Matur nuwun Mr.Kid atas pencerahannya, mhn maaf membuat Mr.Kid
rada jengkel kayaknya hehehe. Baru sempet mencoba file dari
Mr.Kid dan sesuai dengan keinginan, namun saya ada pertanyaan
dalam kolom tempJumlah kok jadi ganda ya Mr.Kid jika ada 2
transaksi yg sama kode rekeningnya, bagaimana penyelesaianya agar
tercatat 1 kali untuk yg berkode rekening sama, mohon maaf
merepotkan Mr.Kid smg Alloh SWT membalasnya. Aamiin
Pada tanggal 22 Des 2017 4.21 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
[belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
 

owh... Refresh All yang dengan CTRL + ALT + F5 itu cukup
mengganggu ya.
hmmm...

Pakai formula juga bisa...
File terlampir.
PERINGATAN !!!Setiap kali mengubah data, lakukan hal berikut :1.
Pastikan tabel kiri (definition) selalu memiliki 1 baris kosong
di record terakhir.
    Tambah item sesuai kebutuhan output dan copy formula
sampai tersedia 1 baris kosong dibawah paling bawah.   
JANGAN menyediakan terlalu banyak baris kosong diakhir tabel,
karena akan memberatkan kerja kalkulasi Excel, sehingga akan
membuat Excel terkesan lemot.
2. Pastikan tabel kanan (output) selalu sampai menampilkan baris
jumlah.
    Copy baris formula sampai muncul Jumlah bila perlu,
    tetapi jangan terlalu banyak meng-copy baris formula ke
baris yang belum tentu ada data yang ditampilkan karena akan
memberatkan proses kalkulasi.    Hal ini disebabkan karena
ada array formula dalam tabel output yang akan menguras kerja
Excel sehingga cepat terasa lambat.3. Pastikan sumber data adalah
unique record berdasar kolom [Kode Rekening] dan [TeksUraian]
(BUKAN kolom [Uraian])


;)Ternyata pakai formula itu otomatis terkalkulasi, tetapi yang
perlu dilakukan setiap kali mengubah data malah lebih banyak dan
resiko Excel me-lemot sangat besar...Padahal user Excel
kebanyakan belum terbiasa dengan SOP yang membutuhkan
kedisiplinan tinggi.

imho,CTRL + ALT + F5 lebih teruji aman untuk dijadikan SOP.
Setidaknya dari sekian banyak file kerja yang pernah dibuat untuk
berbagai karakteristik user.

Regards,Kid


2017-12-21 9:14 GMT+07:00 bos.kbrn@yahoo.com
<mailto:bos.kbrn@yahoo.com> [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> >:
 

Nggih matur nuwun Mr.Kid, dipahami namun ada yg mengganjal kalau
memakai pivot, tdk bisa refresh otomatis jika ada data baru yg
diinput atau sama kode rekeningnya? Mtr nwn Mr.Kid
Pada tanggal 21 Des 2017 2.31 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
<mailto:mr.nmkid@gmail..com> [belajar-excel]"
<belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> > menulis:
 

Kenapa tidak boleh ?
Sudah beli Office mahal kok gak dipakai.

Kalau mau pakai formula, buat di lokasi peletakan formula, lalu
rujuk si formula ke cells yang ada di pivot table per kolomnya.
Jadi, pivot table nya sebagai proses antara saja.

Kalau mau copy paste value (pakai goto special visible) malah
lebih cepet dibanding pakai formula.

Regards,
Kid






On Thu, Dec 21, 2017 at 1:38 AM, Bos Kbrn bos.kbrn@yahoo.com
<mailto:bos.kbrn@yahoo.com> [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> > wrote:
 

matur nuwun Mr.Kid atas pencerahannya, namun permasalahan di
tempat saya tidak diperbolehkan memakai pivot, jika dipakai rumus
apakah harus memakai array untuk mengurutkan per levelnya, mohon
maaf Mr.Kid, matur nuwun.

Pada Kamis, 21 Desember 2017 0:28, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
<mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel]"
<belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> > menulis:


  Hai Kbrn,

Dengan menyusun tabel referensi hirarki berorientasi horisontal,
maka fitur Excel Pivot Table bisa dimanfaatkan untuk membentuk
layout isi output. Perangkat layout selain isi bisa diatur
kemudian.
File terlampir.
Regards,
Kid




2017-12-20 22:29 GMT+07:00 Bos Kbrn bos.kbrn@yahoo.com
<mailto:bos..kbrn@yahoo.com> [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> >:
  Selamat malam
master belajar excel, mohon ijin bertanya, bagaimana cara
menampilkan deskripsi uraian belanja dibawah kode rekening sesuai
dengan urutan kode di sheet Kode Rekening yang ditambilkan di
sheet RKA? Contoh hasil yang diharapkan ada di sheet yg
diharapkan, mohon maaf bila bertanya dengan teme sejenis yang
telah dijelaskan namun saya benar2 tidak tahu, terima kasih atas
bantuannya.










Sun Dec 24, 2017 1:53 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

eh... gak lah kalo jengkel, gemes sih iya..

Pakai if sebelum sumif. Kalau count nya <2 (untuk 1 atau 0), barulah di
sumif, selainnya 0.

Regards,
Kid

2017-12-24 14:00 GMT+07:00 bos.kbrn@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Matur nuwun Mr.Kid atas pencerahannya, mhn maaf membuat Mr.Kid rada
> jengkel kayaknya hehehe. Baru sempet mencoba file dari Mr.Kid dan sesuai
> dengan keinginan, namun saya ada pertanyaan dalam kolom tempJumlah kok jadi
> ganda ya Mr.Kid jika ada 2 transaksi yg sama kode rekeningnya, bagaimana
> penyelesaianya agar tercatat 1 kali untuk yg berkode rekening sama, mohon
> maaf merepotkan Mr.Kid smg Alloh SWT membalasnya. Aamiin
>
> Pada tanggal 22 Des 2017 4.21 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> owh... Refresh All yang dengan CTRL + ALT + F5 itu cukup mengganggu ya..
> hmmm...
>
> Pakai formula juga bisa...
> File terlampir.
> PERINGATAN !!!
> *Setiap kali mengubah data*, lakukan hal berikut :
> 1. Pastikan tabel kiri (definition) selalu memiliki 1 baris kosong di
> record terakhir.
> Tambah item sesuai kebutuhan output dan copy formula sampai tersedia 1
> baris kosong dibawah paling bawah.
> JANGAN menyediakan terlalu banyak baris kosong diakhir tabel, karena
> akan memberatkan kerja kalkulasi Excel, sehingga akan membuat Excel
> terkesan lemot.
> 2. Pastikan tabel kanan (output) selalu sampai menampilkan baris jumlah.
> Copy baris formula sampai muncul Jumlah bila perlu,
> tetapi jangan terlalu banyak meng-copy baris formula ke baris yang
> belum tentu ada data yang ditampilkan karena akan memberatkan proses
> kalkulasi.
> Hal ini disebabkan karena ada array formula dalam tabel output yang
> akan menguras kerja Excel sehingga cepat terasa lambat.
> 3. Pastikan sumber data adalah unique record berdasar kolom [Kode
> Rekening] dan [TeksUraian] (BUKAN kolom [Uraian])
>
>
> ;)
> Ternyata pakai formula itu otomatis terkalkulasi, tetapi yang perlu
> dilakukan setiap kali mengubah data malah lebih banyak dan resiko Excel
> me-lemot sangat besar...
> Padahal user Excel kebanyakan belum terbiasa dengan SOP yang membutuhkan
> kedisiplinan tinggi.
>
> imho,
> CTRL + ALT + F5 lebih teruji aman untuk dijadikan SOP. Setidaknya dari
> sekian banyak file kerja yang pernah dibuat untuk berbagai karakteristik
> user.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
> 2017-12-21 9:14 GMT+07:00 bos.kbrn@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Nggih matur nuwun Mr.Kid, dipahami namun ada yg mengganjal kalau memakai
> pivot, tdk bisa refresh otomatis jika ada data baru yg diinput atau sama
> kode rekeningnya? Mtr nwn Mr.Kid
>
> Pada tanggal 21 Des 2017 2.31 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> <mr.nmkid@gmail..com> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> menulis:
>
>
>
> Kenapa tidak boleh ?
> Sudah beli Office mahal kok gak dipakai.
>
> Kalau mau pakai formula, buat di lokasi peletakan formula, lalu rujuk si
> formula ke cells yang ada di pivot table per kolomnya.
> Jadi, pivot table nya sebagai proses antara saja.
>
> Kalau mau copy paste value (pakai goto special visible) malah lebih cepet
> dibanding pakai formula.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
> On Thu, Dec 21, 2017 at 1:38 AM, Bos Kbrn bos.kbrn@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> matur nuwun Mr.Kid atas pencerahannya, namun permasalahan di tempat saya
> tidak diperbolehkan memakai pivot, jika dipakai rumus apakah harus memakai
> array untuk mengurutkan per levelnya, mohon maaf Mr.Kid, matur nuwun.
>
>
> Pada Kamis, 21 Desember 2017 0:28, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Kbrn,
>
> Dengan menyusun tabel referensi hirarki berorientasi horisontal, maka
> fitur Excel Pivot Table bisa dimanfaatkan untuk membentuk layout isi
> output. Perangkat layout selain isi bisa diatur kemudian.
> File terlampir.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
> 2017-12-20 22:29 GMT+07:00 Bos Kbrn bos.kbrn@yahoo.com
> <bos..kbrn@yahoo.com> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Selamat malam master belajar excel, mohon ijin bertanya, bagaimana cara
> menampilkan deskripsi uraian belanja dibawah kode rekening sesuai dengan
> urutan kode di sheet Kode Rekening yang ditambilkan di sheet RKA? Contoh
> hasil yang diharapkan ada di sheet yg diharapkan, mohon maaf bila bertanya
> dengan teme sejenis yang telah dijelaskan namun saya benar2 tidak tahu,
> terima kasih atas bantuannya.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar