Senin, 17 Juni 2019

[belajar-excel] Digest Number 4779

4 Messages

Digest #4779

Messages

Mon Jun 17, 2019 9:06 am (PDT) . Posted by:

rafael_ari

assalamualaikum, master gimana ya caranya membagikan file query excel kepada rekan kerja, agar mereka bisa mengakses dan mengUpdate file tersebt, sebelumnya sya coba melalui excel online, tapi katanya ada data source di lokasi lain dan tadi sya coba lagi, katanya filenya udah di atas 5mega, jadi menggunakan cara tersebut tidak bisa,
jadi apakah melalui media online bisa apa tdk, jika bisa, gimana ya kira2 caranya, terus apakah bisa melalui jaringan LAN jga?

Mon Jun 17, 2019 7:16 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wa'alaikumussalam wr wb

query-nya mengambil data dari mana ?
1. kalau dari flat file (.txt,.csv,dan semacamnya) atau dari excel file
lain, atau dari ms access
A. pakai LAN
> sediakan sharing folder di komputer asal (pembagi file excel
berquery) ke user terpilih
> buat query yang merujuk ke sharing folder (pakai unc), seperti
\\namakomputer\sharingfolder\namafile
B. pakai internet (bisa beda jaringan)
> di komputer asal (pembagi file excel berquery), tanya ke admin
jaringan, boleh tidak akses data ke komuter dalam jaringan dari luar
jaringan
(misal konek komputer x milik kantor, dari laptop pegawai yang lagi
ngupi di kape). Kalau boleh, tanya caranya, dan catat ipaddress balabla
sebagainnya
kalau gak boleh, pakai cara C
> kalau boleh, buat query merujuk ke ipaddress, port, dan sebagainya...
urusan konek jaringan di komputer user ke jaringan kantor adalah urusan
user sebelum buka excel
(untuk login dan sebagainya)
C. pakai file data yang dikirim ke user.
> data sebaiknya di save as atau di-export ke txt file, supaya bisa
di-zip (terpasword atau tidak adalah sesuai kebutuhan), lalu kirim ke user
Jadi, user hanya terima file zip data
> user harus minimal pernah terima excel berquery
> minta user agar selalu membuat folder di drive D folder barnama
tertentu
> Excel berquery (sebelum diberikan ke user pertama kali) dibuat
supaya mengambil data dari txt file di folder tertentu itu
*** kalau pakai power query, bisa diatur lebih luwes terserah user.
Artinya user sendiri yang menetukan di folder apa di laptop atau lan lokasi
kerjanya sendiri,
lalu salin lokasi file pilihannya sendiri ke sebuah cells dalam
excel berquery sebelum melakukan refresh.
*** cara ini bisa memberi kemudahan bagi user dalam menentukan data
series berapa periode yang ingin digunakan.

2. kalau dari sistem database (RDBMS) seperti MS SQL Server, Oracle,
PostgreSQL, dan semacamnya
A. pakai LAN ataupun internet (ingat, kalau pakai internet selalu tanya ke
admin jaringan boleh tidaknya dan cara masuk ke jaringan kantor)
> berikan hak akses kepada user excel berquery agar bisa mengakses
object terkait dalam database
> excel berquery diset untuk konek ke database dengan mengatur nama
komuter dan instance sistem database (RDBMS) yang digunakan
B. pakai file data yang dikirim ke user
> buat proses dalam database untuk mengekspor data ke txt file(s)
> lalu pakai cara 1.C.

Regards,
Kid

On Mon, Jun 17, 2019 at 11:06 PM rafael_ari@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> assalamualaikum, master gimana ya caranya membagikan file query excel
> kepada rekan kerja, agar mereka bisa mengakses dan mengUpdate file tersebt,
> sebelumnya sya coba melalui excel online, tapi katanya ada data source di
> lokasi lain dan tadi sya coba lagi, katanya filenya udah di atas 5mega,
> jadi menggunakan cara tersebut tidak bisa,
>
> jadi apakah melalui media online bisa apa tdk, jika bisa, gimana ya kira2
> caranya, terus apakah bisa melalui jaringan LAN jga?
>
>
>

Mon Jun 17, 2019 6:51 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bisa pakai pivot table. Hanya perlu melakukan refresh all melalui menu
Data. Tapi kerjanya lebih cepat daripada formula.
Kalau pakai formula :
1. buat kolom bantu disisi sumber data (sebaiknya dikolom terkiri supaya
bisa pakai vlookup) untuk memberi nomor item di setiap item baru yang
pertama kali muncul.
2. buat kolom bantu disisi hasil, berisi formula mengambil nomor item
*** langkah 1 dan 2 tersebut untuk menghindari array formula penyusun
unique item yang bisa membuat lemot Excel ketika datanya berisi banyak
records.
3. susun formula di tabel hasil untuk lookup nama item, sum qty, sum total.
4. susun formula hpp di tabel hasil berdasar hasil nomor 3.

Regards,
Kid

On Mon, Jun 17, 2019 at 12:06 PM Centoro Liyanto centoroli@hotmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Dear All,
>
> saya sedang membuat excel untuk pengisian barang masuk secara otomatis
> yang akan menghitung HPP dan masuk kedalam kartu stok. hanya saja saya
> bingung untuk pengisian otomatis pada kolom nama barang di sheet Barang
> masuk kolom O yang berhubungan pada barang masuk. dimana jika pada row 2
> kita isi air mineral maka pada pada kolom HPP di kolom O akan muncul air
> mineral. tetapi pada saat row 3,4 ,dst kita isi air mineral makan kolom O
> row 3,4akan menjadi nol tidak bisa diisi kembali jika pada row 5 kita isi
> barang berbeda makan row yang terisi adalah kolom O row 5. saya ingin yang
> terisi ada row 3 karna barang yang sama akan menjadi satu, dan pada row
> berikut nya adalah barang berbeda.
>
> mohon bantuan nya
>
>
>

Mon Jun 17, 2019 9:52 pm (PDT) . Posted by:

"Centoro Liyanto"

Terima kasih pak untuk bantuan nya.

iya pak karena setiap sheet saling berkaitan. jika terlalu banyak data maka akan menjadi lambat seperti bapak info sebelum nya.
hanya saya masih bingung untuk bagian sheet beban karena jika dilakukan penginputan pada sheet barang transfer menjadi agak lambat karna data yang diisi di barang transfer akan berkaitan dengan kartu stok yang akan masuk kedalam kolom barang transfer, dan akan berkaitan dengan sheet beban stok / beban perlengkapan tergantung dengan kategory nya. apakah saya bisa menggabung kan beban stok dan perlengkapan dimana nanti akan otomatis terisi sesuai dengan kategory beban untuk stok atau perlengkapan pada rekap all.
2. untuk kartu stok jika saya ingin mengambil sisa stok akhir bulan menjadi saldo awal bulan depan. untuk rumus yang lebih tepat nya apa ya pak? saya kebingungan pada saat ingin mengambil sisa stok menjadi saldo awal karena untuk barang masuk akan berhubung dengan sheet HPP, sheet HPP berhubung dengan sheet barang masuk

mohon bantuan nya pak
________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com <belajar-excel@yahoogroups.com> on behalf of 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, June 18, 2019 8:51 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] pengisian otomatis pada kolom nama barang

Bisa pakai pivot table. Hanya perlu melakukan refresh all melalui menu Data. Tapi kerjanya lebih cepat daripada formula.
Kalau pakai formula :
1. buat kolom bantu disisi sumber data (sebaiknya dikolom terkiri supaya bisa pakai vlookup) untuk memberi nomor item di setiap item baru yang pertama kali muncul.
2. buat kolom bantu disisi hasil, berisi formula mengambil nomor item
*** langkah 1 dan 2 tersebut untuk menghindari array formula penyusun unique item yang bisa membuat lemot Excel ketika datanya berisi banyak records.
3. susun formula di tabel hasil untuk lookup nama item, sum qty, sum total.
4. susun formula hpp di tabel hasil berdasar hasil nomor 3.

Regards,
Kid

On Mon, Jun 17, 2019 at 12:06 PM Centoro Liyanto centoroli@hotmail.com<mailto:centoroli@hotmail.com> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>> wrote:

Dear All,

saya sedang membuat excel untuk pengisian barang masuk secara otomatis yang akan menghitung HPP dan masuk kedalam kartu stok. hanya saja saya bingung untuk pengisian otomatis pada kolom nama barang di sheet Barang masuk kolom O yang berhubungan pada barang masuk. dimana jika pada row 2 kita isi air mineral maka pada pada kolom HPP di kolom O akan muncul air mineral. tetapi pada saat row 3,4 ,dst kita isi air mineral makan kolom O row 3,4akan menjadi nol tidak bisa diisi kembali jika pada row 5 kita isi barang berbeda makan row yang terisi adalah kolom O row 5. saya ingin yang terisi ada row 3 karna barang yang sama akan menjadi satu, dan pada row berikut nya adalah barang berbeda.

mohon bantuan nya

============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar