Senin, 07 November 2011

[belajar-excel] Digest Number 1390

Messages In This Digest (15 Messages)

Messages

1a.

Bls: [belajar-excel] DTPicker

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Sun Nov 6, 2011 11:33 am (PST)



Dear Mr. Kid,
 
Terima kasih atas jawabannya. Bersama dengan reply ini juga perlu saya tambahkan penjelasan sbb:

 
·           Untuk jawaban No. 1, Checkbox sdh
diganti dng TRUE. Tapi pada prakteknya ada kemungkinan Checkbx tersebut bisa
dihilangkan (tidak di Checkbox) oleh user karena Workbook ini dipersiapkan
untuk dapat dioperasikan oleh user secara langsung.
Yang saya maksudkan adalah bagaimana caranya supaya jika Checkbox
tersebut tidak di Check List (tidak di Checkbox), data yang telah diisi pada
kolom-kolom sebelumnya, tidak dapat di SAVE. Dengan kata lain, Checkbox ini
harus dan wajib di Check List.
·           Jawaban No. 2, property Format
sudah pada posisi custom (dptCustom) yang formatnya dd-MM-yyyy. Tetapi hasil
auput yang dikirimkan pada Registrasi P adalah berbetuk MM/dd/yyyy.
Bagaimana caranya dengan posisi custom (dptCustom) yang formatnya
dd-MM-yyyy juga menghasilkan output pada Registrasi P tersebut menjadi
dd-mm-yyyy…???
·           Contoh rumus untuk jawaban No. 3
ini sangat membantu dan hampir sama dengan yang saya harapkan. Tetapi dengan
rumus tersebut kita tidak bisa meng-click tombil "CARI BUKU" (sebagaimana studi
kasus terlampir) lebih dari 1 x jika ada data yang sama mis: JUDUL BUKU 2 (ada
3 pilihan) dan JUDUL BUKU 6 (ada 2 pilihan) pada lampiran studi kasus.
Yang saya harapkan adalah bagaimanacara dan rumusnya jika kita dapat
meng-click tombol "CARI BUKU" lebih dari 1 x jika ada data yang sama
penulisannya…???
 
Terima kasih atas berkenan
jawabannya.
 
Regards,
 
 
Harry
 
N/B: Untuk jawaban No. 3
·           Pada JUDUL BUKU 2 ada 3 pilihan
yang Tahun dan Penerbitnya berbeda sedangkan Pada JUDUL BUKU 6 ada 2 pilihan
yang Tahun dan Penerbitnya juga berbeda.
·           Jika kita mencari JUDUL BUKU 1 dan
mengclick tombol "CARI BUKU", maka background warna merah akan berada pada
posisi yang kita maksudkan. Trus, jika kita mencari JUDUL BUKU 2 dan mengclick tombol
"CARI BUKU", maka background warna merah juga akan berada pada posisi yang kita
maksudkan. TETAPI mengapa background warna merah waktu kita mencari JUDUL BUKU
1 tidak hilang…??? Bagaimana caranya supaya background warna merah waktu kita
mencari JUDUL BUKU 1 kembali seperti semula (tidak berwarna).

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 5 November 2011 22:52
Judul: Re: [belajar-excel] DTPicker

 
Pak Harry Yth,

Mohon file lampirannya dikecilkan (<250KB).

1. Jika dengan object control checkbox maupun option button, cek nilai property value-nya. JIka TRUE berarti telah checked.
Jika dengan object datetimepicker, cek nilai property checkbox. Jika nilai property checkbox adalah TRUE, berarti checked.

2. Ubah datetimepicker pada property Format pilih custom (dtpCustom) dan pada property CustomFormat diberi format sesuai kebutuhan, misal dd-MM-yyyy

3. ketika hasil find tidak null, maka range hasil find yang lalu diset untuk hilangkan warna dulu, kemudian hasil find yang baru di resize sesuai lebar kolom lalu di warnai dengan properti interior colorindex.
Hasil yang lalu ada alamatnya di range E1
If Not
xCell Is Nothing Then
    if lenb(range("e1").value) <> 0 then    
               range( range("e1").value ).resize(1,12).interior.color = xlcolorindexnone
    endif
    xcell.resize(1,12).interior.colorindex=3
    range("e1").value=xcell.address(false,false)
else
  blah-blah
endif

Kid.

2011/11/5 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>


>Kepada Moderator Belajar Excel dan teman-teman anggota Belajar Excel,

>Terlampir saya sertakan contoh Studi
Kasus sebagai bahan referensi.
>Dari contoh studi kasus tersebut
dapat dinyatakan bahwa kolom nama, no telp, penerima file, tujuan pinjam &
petugas arsip harus diisi (sebagaimana contoh rumus dibawah) karena jika tidak
program tersebut tidak bisa menyimpan data yang telah diisi pada sheet
Registrasi P.

>'check for a part number
>If Trim(Cbonama.Value) = "" Then
>  Cbonama.SetFocus
>  MsgBox
"Masukkan nama lengkap anda (User)"
>  Exit
Sub
>End If

>'check for a part number
>If Trim(txtnotelp.Value) = "" Then
>  Me.txtnotelp.SetFocus
>  MsgBox
"Masukkan No. Telp (HP) anda"
>  Exit
Sub
>End If

>'check for a part number
>If Trim(Me.txtpenerimafile.Value) =
"" Then
>  Me.txtpenerimafile.SetFocus
>  MsgBox
"Masukkan nama anda"
>  Exit
Sub
>End If

>'check for a part number
>If Trim(Me.Cbotujuanpinjam.Value) =
"" Then
>  Me.Cbotujuanpinjam.SetFocus
>  MsgBox
"Masukkan tujuan anda meminjam File Arsip"
>  Exit
Sub
>End If

>'check for a part number
>If Trim(Me.Cbopetugasarsip.Value) =
"" Then
>  Me.Cbopetugasarsip.SetFocus
>  MsgBox
"Masukkan nama petugas arsip yang melayani anda"
>  Exit
Sub
>End If

>Pertanyaan saya adalah:
>1.         Bagaimana jika kita ingin
menambahkan perintah Tanggal Kembali harus / wajib dicentang (√), bagaimanakah
cara dan rumusnya…??? Jika tidak program tersebut tidak bisa menyimpan data
yang telah diisi pada sheet Registrasi P.
>2.         Pada kolom Tanggal Pinjam dan
Tanggal Kembali formatnya adalah bulan/tanggal/tahun yang outputnya (Registrasi
P) adalah tanggal-bulan-tahun. Bagaimana caranya jika ingin menggantinya dengan
format tanggal-bulan-tahun yang outpunya (Registrasi P) juga dengan format
tanggal-bulan-tahun…???
>3.         Dari contoh rumus dibawah ini
dapat digunakan untuk mencari posisi data buku yang kita inginkan. Bagaimana
cara dan rumusnya jika dimana posisi pointer tersebut berada dapat ditandai
dengan background warna (KUNING / MERAH) agar
lebih mudah mencari dimana posisi pointer tersebut berada…???

>Private Sub CommandButton1_Click()
>   Dim
xCell As Range
>  
>   Set
xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _
>      After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
>      LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
>      SearchDirection:=xlNext, _
>      MatchCase:=False, SearchFormat:=False)

>   If Not
xCell Is Nothing Then
>      xCell.Activate
>      Range("E1") = xCell.Address(0, 0)
>   Else
>      Range("E1") = ""
>      MsgBox "DATA YANG ANDA CARI TIDAK DITEMUKAN. PERIKSA KEMBALI
PENULISANNYA", vbExclamation, "Hasil Pencarian"
>   End If
>End Sub

>Private Sub registrasiarsippinjam_Click()
>frmregistrasippinjam.Show
>End Sub

>Sebelum dan sesudahnya saya
mengucapkan banyak terima kasih.

>Regards,


>Harry

>N/B: Pertanyaan No. 1 & 2 yang
diutamakan.


1b.

Re: DTPicker

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Nov 6, 2011 12:46 pm (PST)



No 1.
Maksud penjelasan yang lalu, pada tombol save diberi sebuah cek terhadap
nilai datetimepicker (jika menggunakan datetimepicker). Bila hasil cek
adalah true, berarti kondisi Checkbox datetimepicker telah tercentang.
IF dtp_kembali.value then
msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah diganti, akan
diapakan ?"
else
msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai tanggalnya, jadi
masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
endif

No 2.
Nilai datetimepicker biasanya masuk ke cell excel sudah bertype datetime,
jadi atur format cell number cell yang ditulisi nilainya hasil pilih di
datetimepicker.

No 3.
Sebelum cek xcell is nothing
Dim xCell As Range
Dim sCari As String

sCari = TextBox1.Text
Set xCell = ActiveCell
If LenB(sCari) <> 0 Then
If Range("f1").Value <> sCari Then
Range("f1").Value = sCari
ElseIf LenB(Range("e1").Value) <> 0 Then
Set xCell = Range(Range("e1").Value)
End If
Else
Range("f1").ClearContents
End If
Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _
After:=xCell, LookIn:=xlValues, _
LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
SearchDirection:=xlNext, _
MatchCase:=False, SearchFormat:=False)

Wassalam.
Kid.

2011/11/6 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas jawabannya. Bersama dengan reply ini juga perlu saya
> tambahkan penjelasan sbb:
>
> · Untuk jawaban No. 1, Checkbox sdh diganti dng TRUE. Tapi pada
> prakteknya ada kemungkinan Checkbx tersebut bisa dihilangkan (tidak di
> Checkbox) oleh user karena Workbook ini dipersiapkan untuk dapat
> dioperasikan oleh user secara langsung.
> Yang saya maksudkan adalah bagaimana caranya supaya jika Checkbox tersebut
> tidak di Check List (tidak di Checkbox), data yang telah diisi pada
> kolom-kolom sebelumnya, tidak dapat di SAVE. Dengan kata lain, Checkbox ini
> harus dan wajib di Check List.
> · Jawaban No. 2, property Format sudah pada posisi custom
> (dptCustom) yang formatnya dd-MM-yyyy. Tetapi hasil auput yang dikirimkan
> pada Registrasi P adalah berbetuk MM/dd/yyyy.
> Bagaimana caranya dengan posisi custom (dptCustom) yang formatnya
> dd-MM-yyyy juga menghasilkan output pada Registrasi P tersebut menjadi
> dd-mm-yyyy…???
> · Contoh rumus untuk jawaban No. 3 ini sangat membantu dan
> hampir sama dengan yang saya harapkan. Tetapi dengan rumus tersebut kita
> tidak bisa meng-click tombil "CARI BUKU" (sebagaimana studi kasus
> terlampir) lebih dari 1 x jika ada data yang sama mis: JUDUL BUKU 2 (ada 3
> pilihan) dan JUDUL BUKU 6 (ada 2 pilihan) pada lampiran studi kasus.
> Yang saya harapkan adalah bagaimanacara dan rumusnya jika kita dapat
> meng-click tombol "CARI BUKU" lebih dari 1 x jika ada data yang sama
> penulisannya…???
>
> Terima kasih atas berkenan jawabannya.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
> N/B: Untuk jawaban No. 3
> · Pada JUDUL BUKU 2 ada 3 pilihan yang Tahun dan Penerbitnya
> berbeda sedangkan Pada JUDUL BUKU 6 ada 2 pilihan yang Tahun dan
> Penerbitnya juga berbeda.
> · Jika kita mencari JUDUL BUKU 1 dan mengclick tombol "CARI
> BUKU", maka background warna merah akan berada pada posisi yang kita
> maksudkan. Trus, jika kita mencari JUDUL BUKU 2 dan mengclick tombol "CARI
> BUKU", maka background warna merah juga akan berada pada posisi yang kita
> maksudkan. TETAPI mengapa background warna merah waktu kita mencari JUDUL
> BUKU 1 tidak hilang…??? Bagaimana caranya supaya background warna merah
> waktu kita mencari JUDUL BUKU 1 kembali seperti semula (tidak berwarna).
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 5 November 2011 22:52
> *Judul:* Re: [belajar-excel] DTPicker
>
>
> Pak Harry Yth,
>
> Mohon file lampirannya dikecilkan (<250KB).
>
> 1. Jika dengan object control checkbox maupun option button, cek nilai
> property value-nya. JIka TRUE berarti telah checked.
> Jika dengan object datetimepicker, cek nilai property checkbox. Jika nilai
> property checkbox adalah TRUE, berarti checked.
>
> 2. Ubah datetimepicker pada property Format pilih custom (dtpCustom) dan
> pada property CustomFormat diberi format sesuai kebutuhan, misal dd-MM-yyyy
>
> 3. ketika hasil find tidak null, maka range hasil find yang lalu diset
> untuk hilangkan warna dulu, kemudian hasil find yang baru di resize sesuai
> lebar kolom lalu di warnai dengan properti interior colorindex.
> Hasil yang lalu ada alamatnya di range E1
> If Not xCell Is Nothing Then
> if lenb(range("e1").value) <> 0 then
> range( range("e1").value ).resize(1,12).interior.color =
> xlcolorindexnone
> endif
> xcell.resize(1,12).interior.colorindex=3
> range("e1").value=xcell.address(false,false)
> else
> blah-blah
> endif
>
>
> Kid.
>
> 2011/11/5 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> **
>
> *Kepada Moderator Belajar Excel dan teman-teman anggota Belajar Excel,*
>
> Terlampir saya sertakan contoh Studi Kasus sebagai bahan referensi.
> Dari contoh studi kasus tersebut dapat dinyatakan bahwa kolom nama, no
> telp, penerima file, tujuan pinjam & petugas arsip harus diisi (sebagaimana
> contoh rumus dibawah) karena jika tidak program tersebut tidak bisa
> menyimpan data yang telah diisi pada sheet Registrasi P.
>
> 'check for a part number
> If Trim(Cbonama.Value) = "" Then
> Cbonama.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama lengkap anda (User)"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(txtnotelp.Value) = "" Then
> Me.txtnotelp.SetFocus
> MsgBox "Masukkan No. Telp (HP) anda"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(Me.txtpenerimafile.Value) = "" Then
> Me.txtpenerimafile.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama anda"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(Me.Cbotujuanpinjam.Value) = "" Then
> Me.Cbotujuanpinjam.SetFocus
> MsgBox "Masukkan tujuan anda meminjam File Arsip"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(Me.Cbopetugasarsip.Value) = "" Then
> Me.Cbopetugasarsip.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama petugas arsip yang melayani anda"
> Exit Sub
> End If
>
> Pertanyaan saya adalah:
> 1. Bagaimana jika kita ingin menambahkan perintah Tanggal Kembali
> harus / wajib dicentang (√), bagaimanakah cara dan rumusnya…??? Jika tidak
> program tersebut tidak bisa menyimpan data yang telah diisi pada sheet
> Registrasi P.
> 2. Pada kolom Tanggal Pinjam dan Tanggal Kembali formatnya adalah
> bulan/tanggal/tahun yang outputnya (Registrasi P) adalah
> tanggal-bulan-tahun. Bagaimana caranya jika ingin menggantinya dengan
> format tanggal-bulan-tahun yang outpunya (Registrasi P) juga dengan format
> tanggal-bulan-tahun…???
> 3. Dari contoh rumus dibawah ini dapat digunakan untuk mencari
> posisi data buku yang kita inginkan. Bagaimana cara dan rumusnya jika
> dimana posisi pointer tersebut berada dapat ditandai dengan background
> warna (KUNING / MERAH) agar lebih mudah mencari dimana posisi pointer
> tersebut berada…???
>
> Private Sub CommandButton1_Click()
> Dim xCell As Range
>
> Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _
> After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
> LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
> SearchDirection:=xlNext, _
> MatchCase:=False, SearchFormat:=False)
>
> If Not xCell Is Nothing Then
> xCell.Activate
> Range("E1") = xCell.Address(0, 0)
> Else
> Range("E1") = ""
> MsgBox "DATA YANG ANDA CARI TIDAK DITEMUKAN. PERIKSA KEMBALI
> PENULISANNYA", vbExclamation, "Hasil Pencarian"
> End If
> End Sub
>
> Private Sub registrasiarsippinjam_Click()
> frmregistrasippinjam.Show
> End Sub
>
> Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih.
>
> Regards,
>
>
> *Harry*
> * *
> *N/B: Pertanyaan No. 1 & 2 yang diutamakan.*
>
>
>
>
>
>
>
2a.

macro untuk memasukkan hasil (value) formula

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sun Nov 6, 2011 4:16 pm (PST)



saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A maka secara otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil konstanta formula tersebut bukan formulanya.
untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
terima kasih sebelumnya.

wassalam

Ghozi Alkatiri
2b.

Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Nov 6, 2011 5:16 pm (PST)



Coba manfaatkan event change dari worksheet

bagian intinya :
with target
if .count=1 then
'tambahkan berbagai batasan area pemicu proses disini,
'dan letakkan bagian inti dibawah ini sebagai proses kerjanya
application.enableevents=false 'off-kan terpicunya event
'jika array formula, ganti .formula dengan .formulaarray
.offset(,1).resize(1,3).formula="=formula"
.offset(,1).resize(1,3).calculate
'kalkulasi
.offset(,1).resize(1,3).value=.offset(,1).resize(1,3).value
'di-value-kan
application.enableevents=true
endif
end with

Kid.

On 2011-11-07, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id> wrote:
> saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
> bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A maka secara
> otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil konstanta
> formula tersebut bukan formulanya.
> untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
> terima kasih sebelumnya.
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>

--
Kid.

2c.

Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula

Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com   summonery

Sun Nov 6, 2011 5:39 pm (PST)



coba,
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range) If Not
Intersect(Target, Range("A2:A6")) Is Nothing Then With
Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3) .Formula = "=FORMULA"
.Value = .Value End With End IfEnd Sub

>semoga bermanfaat

=======================================================
--- In belajar-excel@yahoogroups.com, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@...>
wrote:

saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A maka
secara otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil
konstanta formula tersebut bukan formulanya.
untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
terima kasih sebelumnya.

wassalam

Ghozi Alkatiri

2d.

Bls: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formul

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon Nov 7, 2011 12:57 am (PST)



terima kasih untuk mr kid dan bung summonery , atas tanggapan dari case yang saya ajukan. walaupun tidak sama persis dengan yang saya harapkan ada beberapa point penting yang bisa saya dapatkan untuk menambah wawasan saya yang masih sangat minim tentang macro excel.
dengan sedikit modifikasi dengan  materi yang sebelumnya saya dapatkan dari mbak haps , akhirnya case yang saya tanyakan ini bisa mendapat solusi yang saya harapkan .
adapun keseluruhan kombinasi codenya adalah sbb:

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
     If Target.Column = 1 Then
      If Target.Cells.Count = 1 Then
         If Len(Target.Value) > 0 Then
            With Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3)
                .Formula = "=FORMULA"
                .Value = .Value
            End With
    End If
    End If
    End If
End Sub

Btw mbak haps dan mbak sitinya lagi ngumpet di mana ? kok responnya lama tidak muncul.
sekali lagi terima kasih.

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: summonery <summonery@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 7 November 2011 8:39
Judul: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula

 
coba,

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    If Not Intersect(Target, Range("A2:A6")) Is Nothing Then
            With Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3)
                .Formula = "=FORMULA"
                .Value = .Value
            End With
    End If
End Sub

>semoga bermanfaat

=======================================================
--- In belajar-excel@yahoogroups.com, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@...> wrote:

 saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
 bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A maka secara otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil konstanta formula tersebut bukan formulanya.
 untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
 terima kasih sebelumnya.

 wassalam

 Ghozi Alkatiri

2e.

Bls: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formul

Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com   summonery

Mon Nov 7, 2011 4:54 am (PST)



Pada code pak ghozi tsb, akan lebih baik lagi dengan mendisablekan event
terlebih dahulu sebelum "melakukan sesuatu",
Application.EnableEvents = False 'melakukan
sesuatuApplication.EnableEvents = True

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@...>
wrote:
>
> terima kasih untuk mr kid dan bung summonery , atas tanggapan dari
case yang saya ajukan. walaupun tidak sama persis dengan yang saya
harapkan ada beberapa point penting yang bisa saya dapatkan untuk
menambah wawasan saya yang masih sangat minim tentang macro excel.
> dengan sedikit modifikasi dengan materi yang sebelumnya saya
dapatkan dari mbak haps , akhirnya case yang saya tanyakan ini bisa
mendapat solusi yang saya harapkan .
> adapun keseluruhan kombinasi codenya adalah sbb:
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> Â Â Â Â If Target.Column = 1 Then
> Â Â Â Â Â If Target.Cells.Count = 1 Then
> Â Â Â Â Â Â Â Â If Len(Target.Value) > 0 Then
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â With
Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3)
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
 .Formula = "=FORMULA"
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
 .Value = .Value
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â End With
> Â Â Â End If
> Â Â Â End If
> Â Â Â End If
> End Sub
>
>
> Btw mbak haps dan mbak sitinya lagi ngumpet di mana ? kok responnya
lama tidak muncul.
> sekali lagi terima kasih.
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
>
> ________________________________
> Dari: summonery summonery@...
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Dikirim: Senin, 7 November 2011 8:39
> Judul: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value)
formula
>
>
> Â
> coba,
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> Â Â If Not Intersect(Target, Range("A2:A6")) Is Nothing Then
> Â Â Â Â Â Â With Target.Offset(0, 1).Resize(1,
3)
> Â Â Â Â Â Â Â Â .Formula = "=FORMULA"
> Â Â Â Â Â Â Â Â .Value = .Value
> Â Â Â Â Â Â End With
> Â Â End If
> End Sub
>
>
> >semoga bermanfaat
>
> =======================================================
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, ghozi alkatiri ghozialkatiri@
wrote:
>
> Â saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
> Â bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A
maka secara otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil
konstanta formula tersebut bukan formulanya.
> Â untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
> Â terima kasih sebelumnya.
>
> Â wassalam
>
> Â Ghozi Alkatiri
>

3a.

Re: nanya menghitung average dari kondisi value yang sudah ditentuka

Posted by: "Lies Mardiana" 687003@gmail.com   c2happy_girl

Sun Nov 6, 2011 5:21 pm (PST)



Terimakasih Mr. Kid...
sudah saya coba, dan berhasil. :) :) :)

2011/11/5 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Untuk versi Excel 2003 kebawah, gunakan array formula (enter dengan Ctrl
> Shift Enter)
> =Average*( IF(* $a$2:$a$1346 = f2 , $b$2:$b$1346 ) )
>
> Kid.
>
>
> 2011/11/4 jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> coba gunakan :
>> untuk < 30 Tahun :
>> =AVERAGE*IF(*$A$2:$A$1346,"="&F2,$B$2:$B$1346)
>>
>> untuk >= 50 Tahun :
>> =AVERAGEIF($A$2:$A$1346,"="&F3,$B$2:$B$1346)
>> ------------------------------
>> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>> From: 687003@gmail.com
>> Date: Fri, 4 Nov 2011 16:04:19 +0700
>> Subject: [belajar-excel] nanya menghitung average dari kondisi value yang
>> sudah ditentukan
>>
>>
>>
>> Dear Master XL'ers ...
>>
>> Mohon bantuannya untuk membuat formula yang tepat untuk memperoleh
>> hasil average dengan kondisi value yang diinginkan. Value yang
>> diinginkan adalah "< 30 Tahun" dan ">= 50 Tahun". Sebelumnya saya
>> menggunakan formula averageifs untuk meletakkan value tsb, tapi
>> hasilnya selalu div/0 :(
>>
>> Mohon pencerahannya ya kawand2 semuaaa....
>>
>> saya lampirkan contoh datanya.
>>
>> --
>> Terimakasih,
>>
>> Regards,
>> Lies Mda
>>
>>
>
>

--
Terimakasih,

Regards,
Lies Mda #12
4a.

Help me please

Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Mon Nov 7, 2011 1:31 am (PST)



Selamat pagi,
Rekan BeExcel yang berbahagia, mohon bantuan lagi yah?
Saya punya userform input data, dan data tersebut akan saya masukkan ke sheet, melalui userform (klik cmdbutton) berhasil, tapi itu untuk input data pertama, untuk inputan data kedua itu akan mengganti inputan data yang pertama, bagaimana caranya agar inputan kedua dan ketiga n selanjutnya itu mengisi baris bawahnya yang ksong?
Form terlampir,

Terimakasih,
Asror

4b.

Help me please

Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Mon Nov 7, 2011 1:31 am (PST)



Selamat pagi,
Rekan BeExcel yang berbahagia, mohon bantuan lagi yah?
Saya punya userform input data, dan data tersebut akan saya masukkan ke sheet, melalui userform (klik cmdbutton) berhasil, tapi itu untuk input data pertama, untuk inputan data kedua itu akan mengganti inputan data yang pertama, bagaimana caranya agar inputan kedua dan ketiga n selanjutnya itu mengisi baris bawahnya yang ksong?
Form terlampir,

Terimakasih,
Asror

5a.

mengubah character tertentu dlm suatu part number

Posted by: "Mulki Akbar" mulki@aop.component.astra.co.id   mulki_akbar

Mon Nov 7, 2011 1:31 am (PST)



Assalamu'alaikum wr. wb.

Mohon pencerahan dari guru2 B-xl,
saya punya contoh part number seperti berikut :

12N24-4
NS 40
NS 40 L
NS 40 (S)
NS 40 L (S)

Bagaimana caranya dg satu rumus jika saya mau menyeragamkan ke 5 part number tersbt agar character berikut ini di hilangkan : - (minus)
(spasi)
() (tanda buka dan tutup kurung)

jadi nantinya akan seperti ini :

12N244
NS40
NS40L
NS40S
NS40LS

Saya bisanya cuma mengganti 1 tanda dg menggunakan =substitute(B8,"-","")
mohon pencerahannya, dg 1 formula bisa menghilangkan character yg tadi saya ketik di atas.

Mohon pencerahannya.

Thx & Wassalam,
mulki
5b.

Re: mengubah character tertentu dlm suatu part number

Posted by: "Angga Gurmilang Sedar" mail@gilangsedar.com   gilang_parastar

Mon Nov 7, 2011 1:38 am (PST)



Pake cara BODON aja yach :D

Misal di Cell A1 berisi data, coba tuliskan ini di B1
=SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(A1,"-",""),"
",""),"(",""),")","")

Semoga bermanfaat J

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mulki Akbar
Sent: Monday, November 07, 2011 11:14 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] mengubah character tertentu dlm suatu part number

Assalamu'alaikum wr. wb.

Mohon pencerahan dari guru2 B-xl,

saya punya contoh part number seperti berikut :

12N24-4

NS 40

NS 40 L

NS 40 (S)

NS 40 L (S)

Bagaimana caranya dg satu rumus jika saya mau menyeragamkan ke 5 part number
tersbt agar character berikut ini di hilangkan : - (minus)

(spasi)

() (tanda buka dan tutup kurung)

jadi nantinya akan seperti ini :

12N244

NS40

NS40L

NS40S

NS40LS

Saya bisanya cuma mengganti 1 tanda dg menggunakan =substitute(B8,"-","")

mohon pencerahannya, dg 1 formula bisa menghilangkan character yg tadi saya
ketik di atas.

Mohon pencerahannya.

Thx & Wassalam,
mulki

6a.

Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan

Posted by: "Muhammad HENDRA" muhammad.hendra@external.total.com

Mon Nov 7, 2011 1:31 am (PST)



Dear Be-Excel,
Saya punya Tabel Kelas & Kategori terlampir yang hendak saya buatkan Validation Listnya.
Jadi apabila di Row Mangga saya masukan Kelas "A", maka pilihan atau validation list untuk
Kategori kelas A akan Muncul sesuai dengan tabelnya.
begitu juga dengan row yang lain.
Mohon bantuannya para suhu.

Best Regards,
M.Hendra

Best Regards,
M.Hendra
FO/INS/OPS_Support : 53-3063 : Porta Camp Ex.Elnusa

6b.

Bls: [belajar-excel] Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon Nov 7, 2011 3:33 am (PST)



Buat define name untuk  masing masing range berdasarkan  abjad 
yang
dikombinasikan dengan  (_)
underscore  karena untuk huruf C tanpa
under score tidak bisa dijadikan nama range. untuk keseragaman sebaiknya
seluruhnya range menggunakan  nama dengan
kombinasi abjad dan underscore
C3:C8        bernama  _A
C9:C11      bernama  _B
C12:C13    bernama _C
C14:C22    bernama  _D
selanjutnya pada  pengisian source pada  validation
ketika posisi  validation  ada di J3 yang nilainya tergantung pada isian di kirinya I3 maka isikan
=INDIRECT("_"&I3)
selanjutnya  copy  ke baris dibawahnya .
dengan cara ini maka inputvalidationny akan dinamis
lihat attachment

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Muhammad HENDRA <muhammad.hendra@external.total.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 7 November 2011 16:07
Judul: [belajar-excel] Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan

 
Dear Be-Excel,
Saya punya Tabel  Kelas & Kategori terlampir yang hendak  saya buatkan Validation Listnya.
Jadi apabila di Row Mangga saya masukan Kelas "A", maka pilihan atau validation list untuk
Kategori kelas A akan Muncul sesuai dengan tabelnya.
begitu juga dengan row yang lain.
Mohon bantuannya para suhu.
 
Best Regards,
M.Hendra
 
 
Best Regards,
M.Hendra
FO/INS/OPS_Support : 53-3063 : Porta Camp Ex.Elnusa
 
7.

filter urut dengan formula

Posted by: "yulian nugroho" yuliannug@gmail.com   yuliannug

Mon Nov 7, 2011 1:32 am (PST)



dear kawans yang baek ...
aku mo filter urut dng menggunakan formula, pernah lihat itu bisa dilakukan
dulu nggak bisa skarang lupa ....... ;-)
ajari yak

salam
YN
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Own a business?

Connect with others.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Find support for

Mental illnesses

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar