Messages In This Digest (15 Messages)
- 1a.
- Bls: [belajar-excel] DTPicker From: Harry
- 1b.
- Re: DTPicker From: Kid Mr.
- 2a.
- macro untuk memasukkan hasil (value) formula From: ghozi alkatiri
- 2b.
- Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula From: Kid Mr.
- 2c.
- Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula From: summonery
- 2d.
- Bls: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formul From: ghozi alkatiri
- 2e.
- Bls: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formul From: summonery
- 3a.
- Re: nanya menghitung average dari kondisi value yang sudah ditentuka From: Lies Mardiana
- 4a.
- Help me please From: Asror Al-Aliif's
- 4b.
- Help me please From: Asror Al-Aliif's
- 5a.
- mengubah character tertentu dlm suatu part number From: Mulki Akbar
- 5b.
- Re: mengubah character tertentu dlm suatu part number From: Angga Gurmilang Sedar
- 6a.
- Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan From: Muhammad HENDRA
- 6b.
- Bls: [belajar-excel] Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan From: ghozi alkatiri
- 7.
- filter urut dengan formula From: yulian nugroho
Messages
- 1a.
-
Bls: [belajar-excel] DTPicker
Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com hariansyahptk
Sun Nov 6, 2011 11:33 am (PST)
Dear Mr. Kid,
Terima kasih atas jawabannya. Bersama dengan reply ini juga perlu saya tambahkan penjelasan sbb:
· Untuk jawaban No. 1, Checkbox sdh
diganti dng TRUE. Tapi pada prakteknya ada kemungkinan Checkbx tersebut bisa
dihilangkan (tidak di Checkbox) oleh user karena Workbook ini dipersiapkan
untuk dapat dioperasikan oleh user secara langsung.
Yang saya maksudkan adalah bagaimana caranya supaya jika Checkbox
tersebut tidak di Check List (tidak di Checkbox), data yang telah diisi pada
kolom-kolom sebelumnya, tidak dapat di SAVE. Dengan kata lain, Checkbox ini
harus dan wajib di Check List.
· Jawaban No. 2, property Format
sudah pada posisi custom (dptCustom) yang formatnya dd-MM-yyyy. Tetapi hasil
auput yang dikirimkan pada Registrasi P adalah berbetuk MM/dd/yyyy.
Bagaimana caranya dengan posisi custom (dptCustom) yang formatnya
dd-MM-yyyy juga menghasilkan output pada Registrasi P tersebut menjadi
dd-mm-yyyy…???
· Contoh rumus untuk jawaban No. 3
ini sangat membantu dan hampir sama dengan yang saya harapkan. Tetapi dengan
rumus tersebut kita tidak bisa meng-click tombil "CARI BUKU" (sebagaimana studi
kasus terlampir) lebih dari 1 x jika ada data yang sama mis: JUDUL BUKU 2 (ada
3 pilihan) dan JUDUL BUKU 6 (ada 2 pilihan) pada lampiran studi kasus.
Yang saya harapkan adalah bagaimanacara dan rumusnya jika kita dapat
meng-click tombol "CARI BUKU" lebih dari 1 x jika ada data yang sama
penulisannya…???
Terima kasih atas berkenan
jawabannya.
Regards,
Harry
N/B: Untuk jawaban No. 3
· Pada JUDUL BUKU 2 ada 3 pilihan
yang Tahun dan Penerbitnya berbeda sedangkan Pada JUDUL BUKU 6 ada 2 pilihan
yang Tahun dan Penerbitnya juga berbeda.
· Jika kita mencari JUDUL BUKU 1 dan
mengclick tombol "CARI BUKU", maka background warna merah akan berada pada
posisi yang kita maksudkan. Trus, jika kita mencari JUDUL BUKU 2 dan mengclick tombol
"CARI BUKU", maka background warna merah juga akan berada pada posisi yang kita
maksudkan. TETAPI mengapa background warna merah waktu kita mencari JUDUL BUKU
1 tidak hilang…??? Bagaimana caranya supaya background warna merah waktu kita
mencari JUDUL BUKU 1 kembali seperti semula (tidak berwarna).
_____________________ _________ __
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Sabtu, 5 November 2011 22:52
Judul: Re: [belajar-excel] DTPicker
Pak Harry Yth,
Mohon file lampirannya dikecilkan (<250KB).
1. Jika dengan object control checkbox maupun option button, cek nilai property value-nya. JIka TRUE berarti telah checked.
Jika dengan object datetimepicker, cek nilai property checkbox. Jika nilai property checkbox adalah TRUE, berarti checked.
2. Ubah datetimepicker pada property Format pilih custom (dtpCustom) dan pada property CustomFormat diberi format sesuai kebutuhan, misal dd-MM-yyyy
3. ketika hasil find tidak null, maka range hasil find yang lalu diset untuk hilangkan warna dulu, kemudian hasil find yang baru di resize sesuai lebar kolom lalu di warnai dengan properti interior colorindex.
Hasil yang lalu ada alamatnya di range E1
If Not
xCell Is Nothing Then
if lenb(range("e1").value) <> 0 then
range( range("e1").value ).resize(1,12) .interior. color = xlcolorindexnone
endif
xcell.resize(1,12).interior. colorindex= 3
range("e1").value=xcell. address(false, false)
else
blah-blah
endif
Kid.
2011/11/5 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
>
>Kepada Moderator Belajar Excel dan teman-teman anggota Belajar Excel,
>
>Terlampir saya sertakan contoh Studi
Kasus sebagai bahan referensi.
>Dari contoh studi kasus tersebut
dapat dinyatakan bahwa kolom nama, no telp, penerima file, tujuan pinjam &
petugas arsip harus diisi (sebagaimana contoh rumus dibawah) karena jika tidak
program tersebut tidak bisa menyimpan data yang telah diisi pada sheet
Registrasi P.
>
>'check for a part number
>If Trim(Cbonama.Value) = "" Then
> Cbonama.SetFocus
> MsgBox
"Masukkan nama lengkap anda (User)"
> Exit
Sub
>End If
>
>'check for a part number
>If Trim(txtnotelp.Value) = "" Then
> Me.txtnotelp.SetFocus
> MsgBox
"Masukkan No. Telp (HP) anda"
> Exit
Sub
>End If
>
>'check for a part number
>If Trim(Me.txtpenerimafile.Value) =
"" Then
> Me.txtpenerimafile.SetFocus
> MsgBox
"Masukkan nama anda"
> Exit
Sub
>End If
>
>'check for a part number
>If Trim(Me.Cbotujuanpinjam.Value) =
"" Then
> Me.Cbotujuanpinjam.SetFocus
> MsgBox
"Masukkan tujuan anda meminjam File Arsip"
> Exit
Sub
>End If
>
>'check for a part number
>If Trim(Me.Cbopetugasarsip.Value) =
"" Then
> Me.Cbopetugasarsip.SetFocus
> MsgBox
"Masukkan nama petugas arsip yang melayani anda"
> Exit
Sub
>End If
>
>Pertanyaan saya adalah:
>1. Bagaimana jika kita ingin
menambahkan perintah Tanggal Kembali harus / wajib dicentang (√), bagaimanakah
cara dan rumusnya…??? Jika tidak program tersebut tidak bisa menyimpan data
yang telah diisi pada sheet Registrasi P.
>2. Pada kolom Tanggal Pinjam dan
Tanggal Kembali formatnya adalah bulan/tanggal/tahun yang outputnya (Registrasi
P) adalah tanggal-bulan-tahun. Bagaimana caranya jika ingin menggantinya dengan
format tanggal-bulan-tahun yang outpunya (Registrasi P) juga dengan format
tanggal-bulan-tahun…???
>3. Dari contoh rumus dibawah ini
dapat digunakan untuk mencari posisi data buku yang kita inginkan. Bagaimana
cara dan rumusnya jika dimana posisi pointer tersebut berada dapat ditandai
dengan background warna (KUNING / MERAH) agar
lebih mudah mencari dimana posisi pointer tersebut berada…???
>
>Private Sub CommandButton1_Click()
> Dim
xCell As Range
>
> Set
xCell = Cells.Find(What:=TextBox1. Text, _
> After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
> LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
> SearchDirection:=xlNext, _
> MatchCase:=False, SearchFormat:=False)
>
> If Not
xCell Is Nothing Then
> xCell.Activate
> Range("E1") = xCell.Address(0, 0)
> Else
> Range("E1") = ""
> MsgBox "DATA YANG ANDA CARI TIDAK DITEMUKAN. PERIKSA KEMBALI
PENULISANNYA", vbExclamation, "Hasil Pencarian"
> End If
>End Sub
>
>Private Sub registrasiarsippinjam_Click( )
>frmregistrasippinjam.Show
>End Sub
>
>Sebelum dan sesudahnya saya
mengucapkan banyak terima kasih.
>
>Regards,
>
>
>Harry
>
>N/B: Pertanyaan No. 1 & 2 yang
diutamakan.
>
- 1b.
-
Re: DTPicker
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Sun Nov 6, 2011 12:46 pm (PST)
No 1.
Maksud penjelasan yang lalu, pada tombol save diberi sebuah cek terhadap
nilai datetimepicker (jika menggunakan datetimepicker). Bila hasil cek
adalah true, berarti kondisi Checkbox datetimepicker telah tercentang.
IF dtp_kembali.value then
msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah diganti, akan
diapakan ?"
else
msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai tanggalnya, jadi
masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
endif
No 2.
Nilai datetimepicker biasanya masuk ke cell excel sudah bertype datetime,
jadi atur format cell number cell yang ditulisi nilainya hasil pilih di
datetimepicker.
No 3.
Sebelum cek xcell is nothing
Dim xCell As Range
Dim sCari As String
sCari = TextBox1.Text
Set xCell = ActiveCell
If LenB(sCari) <> 0 Then
If Range("f1").Value <> sCari Then
Range("f1").Value = sCari
ElseIf LenB(Range("e1").Value) <> 0 Then
Set xCell = Range(Range("e1").Value)
End If
Else
Range("f1").ClearContents
End If
Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1. Text, _
After:=xCell, LookIn:=xlValues, _
LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
SearchDirection:=xlNext, _
MatchCase:=False, SearchFormat:=False)
Wassalam.
Kid.
2011/11/6 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas jawabannya. Bersama dengan reply ini juga perlu saya
> tambahkan penjelasan sbb:
>
> · Untuk jawaban No. 1, Checkbox sdh diganti dng TRUE. Tapi pada
> prakteknya ada kemungkinan Checkbx tersebut bisa dihilangkan (tidak di
> Checkbox) oleh user karena Workbook ini dipersiapkan untuk dapat
> dioperasikan oleh user secara langsung.
> Yang saya maksudkan adalah bagaimana caranya supaya jika Checkbox tersebut
> tidak di Check List (tidak di Checkbox), data yang telah diisi pada
> kolom-kolom sebelumnya, tidak dapat di SAVE. Dengan kata lain, Checkbox ini
> harus dan wajib di Check List.
> · Jawaban No. 2, property Format sudah pada posisi custom
> (dptCustom) yang formatnya dd-MM-yyyy. Tetapi hasil auput yang dikirimkan
> pada Registrasi P adalah berbetuk MM/dd/yyyy.
> Bagaimana caranya dengan posisi custom (dptCustom) yang formatnya
> dd-MM-yyyy juga menghasilkan output pada Registrasi P tersebut menjadi
> dd-mm-yyyy…???
> · Contoh rumus untuk jawaban No. 3 ini sangat membantu dan
> hampir sama dengan yang saya harapkan. Tetapi dengan rumus tersebut kita
> tidak bisa meng-click tombil "CARI BUKU" (sebagaimana studi kasus
> terlampir) lebih dari 1 x jika ada data yang sama mis: JUDUL BUKU 2 (ada 3
> pilihan) dan JUDUL BUKU 6 (ada 2 pilihan) pada lampiran studi kasus.
> Yang saya harapkan adalah bagaimanacara dan rumusnya jika kita dapat
> meng-click tombol "CARI BUKU" lebih dari 1 x jika ada data yang sama
> penulisannya…???
>
> Terima kasih atas berkenan jawabannya.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
> N/B: Untuk jawaban No. 3
> · Pada JUDUL BUKU 2 ada 3 pilihan yang Tahun dan Penerbitnya
> berbeda sedangkan Pada JUDUL BUKU 6 ada 2 pilihan yang Tahun dan
> Penerbitnya juga berbeda.
> · Jika kita mencari JUDUL BUKU 1 dan mengclick tombol "CARI
> BUKU", maka background warna merah akan berada pada posisi yang kita
> maksudkan. Trus, jika kita mencari JUDUL BUKU 2 dan mengclick tombol "CARI
> BUKU", maka background warna merah juga akan berada pada posisi yang kita
> maksudkan. TETAPI mengapa background warna merah waktu kita mencari JUDUL
> BUKU 1 tidak hilang…??? Bagaimana caranya supaya background warna merah
> waktu kita mencari JUDUL BUKU 1 kembali seperti semula (tidak berwarna).
>
> --------------------- ---------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Dikirim:* Sabtu, 5 November 2011 22:52
> *Judul:* Re: [belajar-excel] DTPicker
>
>
> Pak Harry Yth,
>
> Mohon file lampirannya dikecilkan (<250KB).
>
> 1. Jika dengan object control checkbox maupun option button, cek nilai
> property value-nya. JIka TRUE berarti telah checked.
> Jika dengan object datetimepicker, cek nilai property checkbox. Jika nilai
> property checkbox adalah TRUE, berarti checked.
>
> 2. Ubah datetimepicker pada property Format pilih custom (dtpCustom) dan
> pada property CustomFormat diberi format sesuai kebutuhan, misal dd-MM-yyyy
>
> 3. ketika hasil find tidak null, maka range hasil find yang lalu diset
> untuk hilangkan warna dulu, kemudian hasil find yang baru di resize sesuai
> lebar kolom lalu di warnai dengan properti interior colorindex.
> Hasil yang lalu ada alamatnya di range E1
> If Not xCell Is Nothing Then
> if lenb(range("e1").value) <> 0 then
> range( range("e1").value ).resize(1,12) .interior. color =
> xlcolorindexnone
> endif
> xcell.resize(1,12).interior. colorindex= 3
> range("e1").value=xcell. address(false, false)
> else
> blah-blah
> endif
>
>
> Kid.
>
> 2011/11/5 Harry <hariansyahptk@yahoo.com >
>
> **
>
> *Kepada Moderator Belajar Excel dan teman-teman anggota Belajar Excel,*
>
> Terlampir saya sertakan contoh Studi Kasus sebagai bahan referensi.
> Dari contoh studi kasus tersebut dapat dinyatakan bahwa kolom nama, no
> telp, penerima file, tujuan pinjam & petugas arsip harus diisi (sebagaimana
> contoh rumus dibawah) karena jika tidak program tersebut tidak bisa
> menyimpan data yang telah diisi pada sheet Registrasi P.
>
> 'check for a part number
> If Trim(Cbonama.Value) = "" Then
> Cbonama.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama lengkap anda (User)"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(txtnotelp.Value) = "" Then
> Me.txtnotelp.SetFocus
> MsgBox "Masukkan No. Telp (HP) anda"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(Me.txtpenerimafile.Value) = "" Then
> Me.txtpenerimafile.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama anda"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(Me.Cbotujuanpinjam.Value) = "" Then
> Me.Cbotujuanpinjam.SetFocus
> MsgBox "Masukkan tujuan anda meminjam File Arsip"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(Me.Cbopetugasarsip.Value) = "" Then
> Me.Cbopetugasarsip.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama petugas arsip yang melayani anda"
> Exit Sub
> End If
>
> Pertanyaan saya adalah:
> 1. Bagaimana jika kita ingin menambahkan perintah Tanggal Kembali
> harus / wajib dicentang (√), bagaimanakah cara dan rumusnya…??? Jika tidak
> program tersebut tidak bisa menyimpan data yang telah diisi pada sheet
> Registrasi P.
> 2. Pada kolom Tanggal Pinjam dan Tanggal Kembali formatnya adalah
> bulan/tanggal/tahun yang outputnya (Registrasi P) adalah
> tanggal-bulan-tahun. Bagaimana caranya jika ingin menggantinya dengan
> format tanggal-bulan-tahun yang outpunya (Registrasi P) juga dengan format
> tanggal-bulan-tahun…???
> 3. Dari contoh rumus dibawah ini dapat digunakan untuk mencari
> posisi data buku yang kita inginkan. Bagaimana cara dan rumusnya jika
> dimana posisi pointer tersebut berada dapat ditandai dengan background
> warna (KUNING / MERAH) agar lebih mudah mencari dimana posisi pointer
> tersebut berada…???
>
> Private Sub CommandButton1_Click()
> Dim xCell As Range
>
> Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1. Text, _
> After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
> LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
> SearchDirection:=xlNext, _
> MatchCase:=False, SearchFormat:=False)
>
> If Not xCell Is Nothing Then
> xCell.Activate
> Range("E1") = xCell.Address(0, 0)
> Else
> Range("E1") = ""
> MsgBox "DATA YANG ANDA CARI TIDAK DITEMUKAN. PERIKSA KEMBALI
> PENULISANNYA", vbExclamation, "Hasil Pencarian"
> End If
> End Sub
>
> Private Sub registrasiarsippinjam_Click( )
> frmregistrasippinjam.Show
> End Sub
>
> Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih.
>
> Regards,
>
>
> *Harry*
> * *
> *N/B: Pertanyaan No. 1 & 2 yang diutamakan.*
>
>
>
>
>
>
>
- 2a.
-
macro untuk memasukkan hasil (value) formula
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Sun Nov 6, 2011 4:16 pm (PST)
saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A maka secara otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil konstanta formula tersebut bukan formulanya.
untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
terima kasih sebelumnya.
wassalam
Ghozi Alkatiri
- 2b.
-
Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Sun Nov 6, 2011 5:16 pm (PST)
Coba manfaatkan event change dari worksheet
bagian intinya :
with target
if .count=1 then
'tambahkan berbagai batasan area pemicu proses disini,
'dan letakkan bagian inti dibawah ini sebagai proses kerjanya
application.enableevents= false 'off-kan terpicunya event
'jika array formula, ganti .formula dengan .formulaarray
.offset(,1).resize(1, 3).formula= "=formula"
.offset(,1).resize(1, 3).calculate
'kalkulasi
.offset(,1).resize(1, 3).value= .offset(, 1).resize( 1,3).value
'di-value-kan
application.enableevents= true
endif
end with
Kid.
On 2011-11-07, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. > wrote:id
> saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
> bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A maka secara
> otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil konstanta
> formula tersebut bukan formulanya.
> untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
> terima kasih sebelumnya.
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
--
Kid.
- 2c.
-
Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula
Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com summonery
Sun Nov 6, 2011 5:39 pm (PST)
coba,
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range) If Not
Intersect(Target, Range("A2:A6")) Is Nothing Then With
Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3) .Formula = "=FORMULA"
.Value = .Value End With End IfEnd Sub
>semoga bermanfaat
===================== ========= ========= ========= =======
--- In belajar-excel@yahoogroups. , ghozi alkatiri <ghozialkatiri@com ...>
wrote:
saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A maka
secara otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil
konstanta formula tersebut bukan formulanya.
untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
terima kasih sebelumnya.
wassalam
Ghozi Alkatiri
- 2d.
-
Bls: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formul
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Mon Nov 7, 2011 12:57 am (PST)
terima kasih untuk mr kid dan bung summonery , atas tanggapan dari case yang saya ajukan. walaupun tidak sama persis dengan yang saya harapkan ada beberapa point penting yang bisa saya dapatkan untuk menambah wawasan saya yang masih sangat minim tentang macro excel.
dengan sedikit modifikasi dengan materi yang sebelumnya saya dapatkan dari mbak haps , akhirnya case yang saya tanyakan ini bisa mendapat solusi yang saya harapkan .
adapun keseluruhan kombinasi codenya adalah sbb:
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Target.Column = 1 Then
If Target.Cells.Count = 1 Then
If Len(Target.Value) > 0 Then
With Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3)
.Formula = "=FORMULA"
.Value = .Value
End With
End If
End If
End If
End Sub
Btw mbak haps dan mbak sitinya lagi ngumpet di mana ? kok responnya lama tidak muncul.
sekali lagi terima kasih.
wassalam
Ghozi Alkatiri
_____________________ _________ __
Dari: summonery <summonery@yahoo.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Senin, 7 November 2011 8:39
Judul: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula
coba,
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Not Intersect(Target, Range("A2:A6")) Is Nothing Then
With Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3)
.Formula = "=FORMULA"
.Value = .Value
End With
End If
End Sub
>semoga bermanfaat
===================== ========= ========= ========= =======
--- In belajar-excel@yahoogroups. , ghozi alkatiri <ghozialkatiri@com ...> wrote:
saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A maka secara otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil konstanta formula tersebut bukan formulanya.
untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
terima kasih sebelumnya.
wassalam
Ghozi Alkatiri
- 2e.
-
Bls: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formul
Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com summonery
Mon Nov 7, 2011 4:54 am (PST)
Pada code pak ghozi tsb, akan lebih baik lagi dengan mendisablekan event
terlebih dahulu sebelum "melakukan sesuatu",
Application.EnableEvents = False 'melakukan
sesuatuApplication.EnableEvents = True
>semoga bermanfaat
--- In belajar-excel@yahoogroups. , ghozi alkatiri <ghozialkatiri@com ...>
wrote:
>
> terima kasih untuk mr kid dan bung summonery , atas tanggapan dari
case yang saya ajukan. walaupun tidak sama persis dengan yang saya
harapkan ada beberapa point penting yang bisa saya dapatkan untuk
menambah wawasan saya yang masih sangat minim tentang macro excel.
> dengan sedikit modifikasi dengan materi yang sebelumnya saya
dapatkan dari mbak haps , akhirnya case yang saya tanyakan ini bisa
mendapat solusi yang saya harapkan .
> adapun keseluruhan kombinasi codenya adalah sbb:
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> Â Â Â Â If Target.Column = 1 Then
> Â Â Â Â Â If Target.Cells.Count = 1 Then
> Â Â Â Â Â Â Â Â If Len(Target.Value) > 0 Then
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â With
Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3)
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
 .Formula = "=FORMULA"
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
 .Value = .Value
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â End With
> Â Â Â End If
> Â Â Â End If
> Â Â Â End If
> End Sub
>
>
> Btw mbak haps dan mbak sitinya lagi ngumpet di mana ? kok responnya
lama tidak muncul.
> sekali lagi terima kasih.
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
>
> _____________________ _________ __
> Dari: summonery summonery@...
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
> Dikirim: Senin, 7 November 2011 8:39
> Judul: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value)
formula
>
>
> Â
> coba,
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> Â Â If Not Intersect(Target, Range("A2:A6")) Is Nothing Then
> Â Â Â Â Â Â With Target.Offset(0, 1).Resize(1,
3)
> Â Â Â Â Â Â Â Â .Formula = "=FORMULA"
> Â Â Â Â Â Â Â Â .Value = .Value
> Â Â Â Â Â Â End With
> Â Â End If
> End Sub
>
>
> >semoga bermanfaat
>
> ===================== ========= ========= ========= =======
> --- In belajar-excel@yahoogroups. , ghozi alkatiri ghozialkatiri@com
wrote:
>
> Â saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
> Â bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A
maka secara otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil
konstanta formula tersebut bukan formulanya.
> Â untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
> Â terima kasih sebelumnya.
>
> Â wassalam
>
> Â Ghozi Alkatiri
>
- 3a.
-
Re: nanya menghitung average dari kondisi value yang sudah ditentuka
Posted by: "Lies Mardiana" 687003@gmail.com c2happy_girl
Sun Nov 6, 2011 5:21 pm (PST)
Terimakasih Mr. Kid...
sudah saya coba, dan berhasil. :) :) :)
2011/11/5 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Untuk versi Excel 2003 kebawah, gunakan array formula (enter dengan Ctrl
> Shift Enter)
> =Average*( IF(* $a$2:$a$1346 = f2 , $b$2:$b$1346 ) )
>
> Kid.
>
>
> 2011/11/4 jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> coba gunakan :
>> untuk < 30 Tahun :
>> =AVERAGE*IF(*$A$2:$A$ 1346,"="& F2,$B$2:$ B$1346)
>>
>> untuk >= 50 Tahun :
>> =AVERAGEIF($A$2:$A$1346, "="&F3,$B$ 2:$B$1346)
>> --------------------- ---------
>> To: belajar-excel@yahoogroups. com
>> From: 687003@gmail.com
>> Date: Fri, 4 Nov 2011 16:04:19 +0700
>> Subject: [belajar-excel] nanya menghitung average dari kondisi value yang
>> sudah ditentukan
>>
>>
>>
>> Dear Master XL'ers ...
>>
>> Mohon bantuannya untuk membuat formula yang tepat untuk memperoleh
>> hasil average dengan kondisi value yang diinginkan. Value yang
>> diinginkan adalah "< 30 Tahun" dan ">= 50 Tahun". Sebelumnya saya
>> menggunakan formula averageifs untuk meletakkan value tsb, tapi
>> hasilnya selalu div/0 :(
>>
>> Mohon pencerahannya ya kawand2 semuaaa....
>>
>> saya lampirkan contoh datanya.
>>
>> --
>> Terimakasih,
>>
>> Regards,
>> Lies Mda
>>
>>
>
>
--
Terimakasih,
Regards,
Lies Mda #12
- 4a.
-
Help me please
Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com asrorcakep
Mon Nov 7, 2011 1:31 am (PST)
Selamat pagi,
Rekan BeExcel yang berbahagia, mohon bantuan lagi yah?
Saya punya userform input data, dan data tersebut akan saya masukkan ke sheet, melalui userform (klik cmdbutton) berhasil, tapi itu untuk input data pertama, untuk inputan data kedua itu akan mengganti inputan data yang pertama, bagaimana caranya agar inputan kedua dan ketiga n selanjutnya itu mengisi baris bawahnya yang ksong?
Form terlampir,
Terimakasih,
Asror
- 4b.
-
Help me please
Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com asrorcakep
Mon Nov 7, 2011 1:31 am (PST)
Selamat pagi,
Rekan BeExcel yang berbahagia, mohon bantuan lagi yah?
Saya punya userform input data, dan data tersebut akan saya masukkan ke sheet, melalui userform (klik cmdbutton) berhasil, tapi itu untuk input data pertama, untuk inputan data kedua itu akan mengganti inputan data yang pertama, bagaimana caranya agar inputan kedua dan ketiga n selanjutnya itu mengisi baris bawahnya yang ksong?
Form terlampir,
Terimakasih,
Asror
- 5a.
-
mengubah character tertentu dlm suatu part number
Posted by: "Mulki Akbar" mulki@aop.component.astra.co.id mulki_akbar
Mon Nov 7, 2011 1:31 am (PST)
Assalamu'alaikum wr. wb.
Mohon pencerahan dari guru2 B-xl,
saya punya contoh part number seperti berikut :
12N24-4
NS 40
NS 40 L
NS 40 (S)
NS 40 L (S)
Bagaimana caranya dg satu rumus jika saya mau menyeragamkan ke 5 part number tersbt agar character berikut ini di hilangkan : - (minus)
(spasi)
() (tanda buka dan tutup kurung)
jadi nantinya akan seperti ini :
12N244
NS40
NS40L
NS40S
NS40LS
Saya bisanya cuma mengganti 1 tanda dg menggunakan =substitute(B8,"-","" )
mohon pencerahannya, dg 1 formula bisa menghilangkan character yg tadi saya ketik di atas.
Mohon pencerahannya.
Thx & Wassalam,
mulki - 5b.
-
Re: mengubah character tertentu dlm suatu part number
Posted by: "Angga Gurmilang Sedar" mail@gilangsedar.com gilang_parastar
Mon Nov 7, 2011 1:38 am (PST)
Pake cara BODON aja yach :D
Misal di Cell A1 berisi data, coba tuliskan ini di B1
=SUBSTITUTE(SUBSTITUTE( SUBSTITUTE( SUBSTITUTE( A1,"-","" ),"
",""),"(",""),")","")
Semoga bermanfaat J
From: belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ]com
On Behalf Of Mulki Akbar
Sent: Monday, November 07, 2011 11:14 AM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: [belajar-excel] mengubah character tertentu dlm suatu part number
Assalamu'alaikum wr. wb.
Mohon pencerahan dari guru2 B-xl,
saya punya contoh part number seperti berikut :
12N24-4
NS 40
NS 40 L
NS 40 (S)
NS 40 L (S)
Bagaimana caranya dg satu rumus jika saya mau menyeragamkan ke 5 part number
tersbt agar character berikut ini di hilangkan : - (minus)
(spasi)
() (tanda buka dan tutup kurung)
jadi nantinya akan seperti ini :
12N244
NS40
NS40L
NS40S
NS40LS
Saya bisanya cuma mengganti 1 tanda dg menggunakan =substitute(B8,"-","" )
mohon pencerahannya, dg 1 formula bisa menghilangkan character yg tadi saya
ketik di atas.
Mohon pencerahannya.
Thx & Wassalam,
mulki
- 6a.
-
Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan
Posted by: "Muhammad HENDRA" muhammad.hendra@external.total.com
Mon Nov 7, 2011 1:31 am (PST)
Dear Be-Excel,
Saya punya Tabel Kelas & Kategori terlampir yang hendak saya buatkan Validation Listnya.
Jadi apabila di Row Mangga saya masukan Kelas "A", maka pilihan atau validation list untuk
Kategori kelas A akan Muncul sesuai dengan tabelnya.
begitu juga dengan row yang lain.
Mohon bantuannya para suhu.
Best Regards,
M.Hendra
Best Regards,
M.Hendra
FO/INS/OPS_Support : 53-3063 : Porta Camp Ex.Elnusa
- 6b.
-
Bls: [belajar-excel] Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Mon Nov 7, 2011 3:33 am (PST)
Buat define name untuk masing masing range berdasarkan abjad
yang
dikombinasikan dengan (_)
underscore karena untuk huruf C tanpa
under score tidak bisa dijadikan nama range. untuk keseragaman sebaiknya
seluruhnya range menggunakan nama dengan
kombinasi abjad dan underscore
C3:C8 bernama _A
C9:C11 bernama _B
C12:C13 bernama _C
C14:C22 bernama _D
selanjutnya pada pengisian source pada validation
ketika posisi validation ada di J3 yang nilainya tergantung pada isian di kirinya I3 maka isikan
=INDIRECT("_"&I3)
selanjutnya copy ke baris dibawahnya .
dengan cara ini maka inputvalidationny akan dinamis
lihat attachment
wassalam
Ghozi Alkatiri
_____________________ _________ __
Dari: Muhammad HENDRA <muhammad.hendra@external. >total.com
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Dikirim: Senin, 7 November 2011 16:07
Judul: [belajar-excel] Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan
Dear Be-Excel,
Saya punya Tabel Kelas & Kategori terlampir yang hendak saya buatkan Validation Listnya.
Jadi apabila di Row Mangga saya masukan Kelas "A", maka pilihan atau validation list untuk
Kategori kelas A akan Muncul sesuai dengan tabelnya.
begitu juga dengan row yang lain.
Mohon bantuannya para suhu.
Best Regards,
M.Hendra
Best Regards,
M.Hendra
FO/INS/OPS_Support : 53-3063 : Porta Camp Ex.Elnusa
- 7.
-
filter urut dengan formula
Posted by: "yulian nugroho" yuliannug@gmail.com yuliannug
Mon Nov 7, 2011 1:32 am (PST)
dear kawans yang baek ...
aku mo filter urut dng menggunakan formula, pernah lihat itu bisa dilakukan
dulu nggak bisa skarang lupa ....... ;-)
ajari yak
salam
YN
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar