7 New Messages
Digest #2395
Messages
Mon Jul 1, 2013 2:46 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Mungkin mas prodev simple bisa ikut kopdar berikutnya to make every thing becomessimple.
Salam,
HK
________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Monday, 1 July 2013, 16:09
Subject: Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Jawabnya Ya jika nama range sudah bersifat dinamis atau seluruh tabel data berbentuk excel table dan seluruh data source pivot table merujuk ke nama range atau nama excel table tersebut.
Jika ingin menggunakan nama range yang dinamis, bisa dicoba untuk menerapkan cara yang dicontohkan disini.
Jika ingin menggunakan fitur Excel table (dimateri kopdar ada step-nya), maka blok tabelnya -> ribbon Home -> grup Styles -> Format as table -> pilih salah satu style yang ada. Kemudian ke ribbon Formulas -> Name manager -> ganti nama tabelnya -> hafalkan nama tabelnya
Setelah itu, ubah data source setiap pivot cache dari pivot table yang ada di output (hanya ada 2 pivot cache seperti yang dijelaskan dalam sheet output)
caranya, klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbom Options -> grup Data -> Change Data Source -> masukkan nama range dinamis atau nama excel tablenya -> OK
Ketika punya data baru, masukkan ke baris kosong pertama dibawah tabel data terkait, kemudian lakukan refresh all. Dan selalu akan begini terus menerus.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/7/1 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>
>
>Matur Suwun sanget Mr. Kid atas solusinya.
>Mencoba-coba ... othak - athik - gathuk ... akhirnya tetep aja 'jedug39; ... mentok tembok :)
>
>
>Mohon pencerahan nih untuk implementasi tahapan selanjutnya pada Pivot Table ini :
>Apa yang harus dilakukan, jika :
>1. Ada penambahan data nama di sheet Database SDM?
>2. Ada penambahan aktivitas training di sheet Training?
>
>
>Apakah semua itu cukup dengan pencet tombol 'Refresh All'? :)
>Apakah nilai angka pada sheet Output untuk Kolom L:M, untuk yang pernah mengikuti semua training nilainya harus diganti dan disesuaikan dengan jumlah tema training yang dilaksanakan? Kemudian pencet tombol sakti 'Refresh All' maka semua data Output ter-baru-kan?
>
>
>Mohon pencerahannya Mr. Kid.
>Karena sepertinya tidak cukup dengan Refresh All ya?
>
>
>Wassalam.
>
>
>- prodev simple -
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Dikirim: Minggu, 30 Juni 2013 9:19
>Judul: Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid
>
>
>
>
>Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
>sorry baru hari bisa sampai halaman berikutnya di Inbox (ketahuan pakai LIFO deh).
>
>Tabel transaksi tentang (bertema) data training bisa mengeluarkan output tentang kegiatan training, seperti tema training apa yang belum pernah diikuti oleh karyawan yang pernah training minimal 1 kali. Yang tidak ada datanya di tabel ini adalah peserta yang belum pernah training dan memang harus demikian.
>
>Data sdm berisi data seluruh karyawan. Dari data sdm ini bisa disusun datasource seluruh karyawan beserta status terakhir training yang diikuti. Dari tabel datasource inilah nanti bisa dibuat report tentang karyawan yang belum pernah training sama sekali.
>
>tabel di sheet database sdm yang ada dalam file terlampir adalah datasource seluruh karyawan beserta status terakhir training. Jadi bukan database kepegawaian loh ya.
>
>
>Jika data seperti ini diolah dengan query (misal memanfaatkan fitur GetExternalData), maka datasource bisa dihasilkan dengan sebuah query untuk menjadi seluruh output, mulai dari data pernah training sampai yang belum pernah training sama sekali.
>
>
>Wassalamu39;alaikum Wr. Wb.
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>2013/6/27 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
>
>>
>>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>>
>>
>>Menindaklanjuti solusi yang pernah dibuatkan oleh Mr. Kid atas permasalahan yang pernah saya sampaikan. Setelah diimplementasikan, masih ada hal-hal yang perlu ditanyakan. Masih ada ketidakmudhengan di satu dua hal...
>>Penjelasan lebih lanjut sebagaimana terdapat dalam file terlampir.
>>Atas solusi dari Mr. Kid dan para member yang lain, disampaikan matur suwun sanget.
>>
>>
>>Wassalamu39;alaikum Wr. Wb.
>>
>>
>>- prodev simple -
>>
>>
>>
>
>
>
Salam,
HK
____________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: BeExcel <belajar-excel@
Sent: Monday, 1 July 2013, 16:09
Subject: Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid
Wa'alaikumussal
Jawabnya Ya jika nama range sudah bersifat dinamis atau seluruh tabel data berbentuk excel table dan seluruh data source pivot table merujuk ke nama range atau nama excel table tersebut.
Jika ingin menggunakan nama range yang dinamis, bisa dicoba untuk menerapkan cara yang dicontohkan disini.
Jika ingin menggunakan fitur Excel table (dimateri kopdar ada step-nya), maka blok tabelnya -> ribbon Home -> grup Styles -> Format as table -> pilih salah satu style yang ada. Kemudian ke ribbon Formulas -> Name manager -> ganti nama tabelnya -> hafalkan nama tabelnya
Setelah itu, ubah data source setiap pivot cache dari pivot table yang ada di output (hanya ada 2 pivot cache seperti yang dijelaskan dalam sheet output)
caranya, klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbom Options -> grup Data -> Change Data Source -> masukkan nama range dinamis atau nama excel tablenya -> OK
Ketika punya data baru, masukkan ke baris kosong pertama dibawah tabel data terkait, kemudian lakukan refresh all. Dan selalu akan begini terus menerus.
Wassalamu'
Kid.
2013/7/1 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
>Assalamu
>
>
>Matur Suwun sanget Mr. Kid atas solusinya.
>Mencoba-
>
>
>Mohon pencerahan nih untuk implementasi tahapan selanjutnya pada Pivot Table ini :
>Apa yang harus dilakukan, jika :
>1. Ada penambahan data nama di sheet Database SDM?
>2. Ada penambahan aktivitas training di sheet Training?
>
>
>Apakah semua itu cukup dengan pencet tombol 'Refresh All'? :)
>Apakah nilai angka pada sheet Output untuk Kolom L:M, untuk yang pernah mengikuti semua training nilainya harus diganti dan disesuaikan dengan jumlah tema training yang dilaksanakan? Kemudian pencet tombol sakti 'Refresh All' maka semua data Output ter-baru-kan?
>
>
>Mohon pencerahannya Mr. Kid.
>Karena sepertinya tidak cukup dengan Refresh All ya?
>
>
>Wassalam.
>
>
>- prodev simple -
>
>
>
>________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@
>Dikirim: Minggu, 30 Juni 2013 9:19
>Judul: Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid
>
>
>
>
>Wa'alaikumu
>
>sorry baru hari bisa sampai halaman berikutnya di Inbox (ketahuan pakai LIFO deh).
>
>Tabel transaksi tentang (bertema) data training bisa mengeluarkan output tentang kegiatan training, seperti tema training apa yang belum pernah diikuti oleh karyawan yang pernah training minimal 1 kali. Yang tidak ada datanya di tabel ini adalah peserta yang belum pernah training dan memang harus demikian.
>
>Data sdm berisi data seluruh karyawan. Dari data sdm ini bisa disusun datasource seluruh karyawan beserta status terakhir training yang diikuti. Dari tabel datasource inilah nanti bisa dibuat report tentang karyawan yang belum pernah training sama sekali.
>
>tabel di sheet database sdm yang ada dalam file terlampir adalah datasource seluruh karyawan beserta status terakhir training. Jadi bukan database kepegawaian loh ya.
>
>
>Jika data seperti ini diolah dengan query (misal memanfaatkan fitur GetExternalData)
>
>
>Wassalamu
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>2013/6/27 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
>
>>
>>Assalamu
>>
>>
>>Menindaklan
>>Penjelasan lebih lanjut sebagaimana terdapat dalam file terlampir.
>>Atas solusi dari Mr. Kid dan para member yang lain, disampaikan matur suwun sanget.
>>
>>
>>Wassalamu
>>
>>
>>- prodev simple -
>>
>>
>>
>
>
>
Mon Jul 1, 2013 2:59 am (PDT) . Posted by:
"Ahmad Adriansyah"
Mantab Pak Zainul,
Berikut ini script jadinya :
'----------------------------------------------------------
Option Explicit
Sub download()
Dim dKey As Range
Dim dTbl As Range
Dim Direktori As String
Dim NamaFile As String
'variabel fr Zainul Ulum
Dim vInput As Variant
Set dKey = Sheet1.Range("a1")
Set dKey = Range(dKey, dKey.End(xlDown))
dKey.Name = "dKey"
Set dTbl = Range(dKey, dKey.End(xlToRight))
dTbl.Name = "dTabel"
dTbl.Copy
Workbooks.Add
ActiveSheet.Paste
ActiveSheet.ListObjects.Add.Name = "Table2"
Range("Table2[#All]").Select
ActiveSheet.ListObjects("Table2").TableStyle = "TableStyleLight9"
ActiveWindow.DisplayGridlines = False
'fr Zainul Ulum
vInput = Application.GetSaveAsFilename(fileFilter:="Excel Workbook (*.xlsx), *.xlsx")
If vInput <> False Then
ActiveWorkbook.SaveAs CStr(vInput)
End If
Application.CutCopyMode = False
'Option jika workbook mau dikirim by e-mail langsung
Application.Dialogs(xlDialogSendMail).Show
End Sub
'----------------------------------------------------------
Regards,
AA
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Sent: 01 Juli 2013 15:54
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Download
Dear AA,
coba pakai method GetSaveAsFilename
Dim vInput As Variant
vInput = Application.GetSaveAsFilename(fileFilter:="Excel Workbook (*.xlsx), *.xlsx")
If vInput <> False Then
ActiveWorkbook.SaveAs CStr(vInput)
End If
'Note:
kelemahannya adalah jika macro disimpan workbook yang aktif, maka file macro akan hilang.
Agar macro nggak hilang sebaiknya maro disimpan di workbook yang lain dan tidak menjadi satu dengan workbook yang akan disimpan.
thanks
-zainul-
From: belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>] On Behalf Of Ahmad Adriansyah
Sent: Monday, July 01, 2013 2:11 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>
Subject: RE: [belajar-excel] Download
Dear Pak Hendrik,
Sudah saya perbaiki menjadi seperti ini :
Hanya pasa pada saat running, muncul error message :
Kalau menampilkan jendela ini kodingnya apa ya Pak ?
Untuk format filnya menjadi .xlsx ya Pak, bukan xlsm. Terima kaih.
Rgds,
AA
Berikut ini script jadinya :
'------------
Option Explicit
Sub download()
Dim dKey As Range
Dim dTbl As Range
Dim Direktori As String
Dim NamaFile As String
'variabel fr Zainul Ulum
Dim vInput As Variant
Set dKey = Sheet1.Range(
Set dKey = Range(dKey, dKey.End(xlDown)
dKey.Name = "dKey"
Set dTbl = Range(dKey, dKey.End(xlToRight)
dTbl.Name = "dTabel"
dTbl.Copy
Workbooks.Add
ActiveSheet.
ActiveSheet.
Range("
ActiveSheet.
ActiveWindow.
'fr Zainul Ulum
vInput = Application.
If vInput <> False Then
ActiveWorkbook.
End If
Application.
'Option jika workbook mau dikirim by e-mail langsung
Application.
End Sub
'------------
Regards,
AA
From: belajar-excel@
Sent: 01 Juli 2013 15:54
To: belajar-excel@
Subject: RE: [belajar-excel] Download
Dear AA,
coba pakai method GetSaveAsFilename
Dim vInput As Variant
vInput = Application.
If vInput <> False Then
ActiveWorkbook.
End If
'Note:
kelemahannya adalah jika macro disimpan workbook yang aktif, maka file macro akan hilang.
Agar macro nggak hilang sebaiknya maro disimpan di workbook yang lain dan tidak menjadi satu dengan workbook yang akan disimpan.
thanks
-zainul-
From: belajar-excel@
Sent: Monday, July 01, 2013 2:11 PM
To: belajar-excel@
Subject: RE: [belajar-excel] Download
Dear Pak Hendrik,
Sudah saya perbaiki menjadi seperti ini :
Hanya pasa pada saat running, muncul error message :
Kalau menampilkan jendela ini kodingnya apa ya Pak ?
Untuk format filnya menjadi .xlsx ya Pak, bukan xlsm. Terima kaih.
Rgds,
AA
Mon Jul 1, 2013 8:23 am (PDT) . Posted by:
"De Premor"
Kalau mau dipendekin, pakai yang perlu2 saja, bahasa gahoolnya tunjek
poin, jadinya sbb:
Sub download()
Dim SaveName As Variant
Sheet1.UsedRange.Copy
Workbooks.Add
ActiveSheet.Paste
ActiveSheet.ListObjects.Add.Name = "Table2"
ActiveSheet.ListObjects("Table2").TableStyle = "TableStyleLight9"
SaveName = Application.GetSaveAsFilename(fileFilter:="Excel
Workbook (*.xlsx), *.xlsx")
If SaveName <> False Then
ActiveWorkbook.SaveAs (SaveName)
Application.Dialogs(xlDialogSendMail).Show
End If
ActiveWorkbook.Close False
Application.CutCopyMode = False
End Sub
Rgds,
[dp]
Pada 01/07/2013 16:51, Ahmad Adriansyah menulis:
>
> MantabPak Zainul,
>
> Berikutini script jadinya :
>
> '----------------------------------------------------------
>
> Option Explicit
>
> Sub download()
>
> Dim dKey As Range
>
> Dim dTbl As Range
>
> Dim Direktori As String
>
> Dim NamaFile As String
>
> 'variabel fr Zainul Ulum
>
> Dim vInput As Variant
>
> Set dKey = Sheet1.Range("a1")
>
> Set dKey = Range(dKey, dKey.End(xlDown))
>
> dKey.Name = "dKey"
>
> Set dTbl = Range(dKey, dKey.End(xlToRight))
>
> dTbl.Name = "dTabel"
>
> dTbl.Copy
>
> Workbooks.Add
>
> ActiveSheet.Paste
>
> ActiveSheet.ListObjects.Add.Name = "Table2"
>
> Range("Table2[#All]").Select
>
> ActiveSheet.ListObjects("Table2").TableStyle = "TableStyleLight9"
>
> ActiveWindow.DisplayGridlines = False
>
> 'fr Zainul Ulum
>
> vInput = Application.GetSaveAsFilename(fileFilter:="Excel Workbook
> (*.xlsx), *.xlsx")
>
> If vInput <> False Then
>
> ActiveWorkbook.SaveAs CStr(vInput)
>
> End If
>
> Application.CutCopyMode = False
>
> 'Option jika workbook mau dikirim by e-mail langsung
>
> Application.Dialogs(xlDialogSendMail).Show
>
> End Sub
>
> '----------------------------------------------------------
>
> Regards,
>
> AA
>
> *From:*belajar-excel@yahoogroups.com
> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] *On Behalf Of
> *zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
> *Sent:* 01 Juli 2013 15:54
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* RE: [belajar-excel] Download
>
> Dear AA,
> coba pakai method GetSaveAsFilename
>
> Dim vInput As Variant
> vInput = Application.GetSaveAsFilename(fileFilter:="Excel Workbook
> (*.xlsx), *.xlsx")
> If vInput <> False Then
> ActiveWorkbook.SaveAs CStr(vInput)
> End If
> 'Note:
> kelemahannya adalah jika macro disimpan workbook yang aktif, maka file
> macro akan hilang.
> Agar macro nggak hilang sebaiknya maro disimpan di workbook yang lain
> dan tidak menjadi satu dengan workbook yang akan disimpan.
> thanks
> -zainul-
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com
> <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>
> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com
> <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>] On Behalf Of Ahmad Adriansyah
> Sent: Monday, July 01, 2013 2:11 PM
> To: belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>
> Subject: RE: [belajar-excel] Download
>
> Dear Pak Hendrik,
> Sudah saya perbaiki menjadi seperti ini :
>
>
> Hanya pasa pada saat running, muncul error message :
>
>
> Kalau menampilkan jendela ini kodingnya apa ya Pak ?
>
>
> Untuk format filnya menjadi .xlsx ya Pak, bukan xlsm. Terima kaih.
>
> Rgds,
> AA
>
>
poin, jadinya sbb:
Sub download()
Dim SaveName As Variant
Sheet1.UsedRange.
Workbooks.Add
ActiveSheet.
ActiveSheet.
ActiveSheet.
SaveName = Application.
Workbook (*.xlsx), *.xlsx"
If SaveName <> False Then
ActiveWorkbook.
Application.
End If
ActiveWorkbook.
Application.
End Sub
Rgds,
[dp]
Pada 01/07/2013 16:51, Ahmad Adriansyah menulis:
>
> MantabPak Zainul,
>
> Berikutini script jadinya :
>
> '------------
>
> Option Explicit
>
> Sub download()
>
> Dim dKey As Range
>
> Dim dTbl As Range
>
> Dim Direktori As String
>
> Dim NamaFile As String
>
> 'variabel fr Zainul Ulum
>
> Dim vInput As Variant
>
> Set dKey = Sheet1.Range(
>
> Set dKey = Range(dKey, dKey.End(xlDown)
>
> dKey.Name = "dKey"
>
> Set dTbl = Range(dKey, dKey.End(xlToRight)
>
> dTbl.Name = "dTabel"
>
> dTbl.Copy
>
> Workbooks.Add
>
> ActiveSheet.
>
> ActiveSheet.
>
> Range("
>
> ActiveSheet.
>
> ActiveWindow.
>
> 'fr Zainul Ulum
>
> vInput = Application.
> (*.xlsx), *.xlsx"
>
> If vInput <> False Then
>
> ActiveWorkbook.
>
> End If
>
> Application.
>
> 'Option jika workbook mau dikirim by e-mail langsung
>
> Application.
>
> End Sub
>
> '------------
>
> Regards,
>
> AA
>
> *From:*belajar-excel@
> [mailto:belajar-excel@
> *zainul_ulum[
> *Sent:* 01 Juli 2013 15:54
> *To:* belajar-excel@
> *Subject:* RE: [belajar-excel] Download
>
> Dear AA,
> coba pakai method GetSaveAsFilename
>
> Dim vInput As Variant
> vInput = Application.
> (*.xlsx), *.xlsx"
> If vInput <> False Then
> ActiveWorkbook.
> End If
> 'Note:
> kelemahannya adalah jika macro disimpan workbook yang aktif, maka file
> macro akan hilang.
> Agar macro nggak hilang sebaiknya maro disimpan di workbook yang lain
> dan tidak menjadi satu dengan workbook yang akan disimpan.
> thanks
> -zainul-
>
> From: belajar-excel@
> <mailto:belajar-
> [mailto:belajar-excel@
> <mailto:belajar-
> Sent: Monday, July 01, 2013 2:11 PM
> To: belajar-excel@
> Subject: RE: [belajar-excel] Download
>
> Dear Pak Hendrik,
> Sudah saya perbaiki menjadi seperti ini :
>
>
> Hanya pasa pada saat running, muncul error message :
>
>
> Kalau menampilkan jendela ini kodingnya apa ya Pak ?
>
>
> Untuk format filnya menjadi .xlsx ya Pak, bukan xlsm. Terima kaih.
>
> Rgds,
> AA
>
>
Mon Jul 1, 2013 5:37 am (PDT) . Posted by:
"WIRAnata Kemala" kwiranata
dear all,
bisa minta tolong bantuannya untuk memindahkan multiple records (rows) jadi
multiple kolom?
untuk lebih jelasnya, saya attach yah xls nya.
mohon bantuannya dalam VBA yah - sekalian newbie belajar vba :)
thanks atas bimbingan dan kesabaran rekan-rekan :)
salam.
bisa minta tolong bantuannya untuk memindahkan multiple records (rows) jadi
multiple kolom?
untuk lebih jelasnya, saya attach yah xls nya.
mohon bantuannya dalam VBA yah - sekalian newbie belajar vba :)
thanks atas bimbingan dan kesabaran rekan-rekan :)
salam.
Mon Jul 1, 2013 8:12 am (PDT) . Posted by:
"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
Kang Wira,
silahkan dicoba vba code berikut:
'======
Option Explicit
Sub TransformData()
Dim rgDataAsal As Range
With Worksheets("Sheet1")
'1. menentukan range yang akan ditransform dan jumlah record
Set rgDataAsal = .Range("A1").CurrentRegion
'2. sort data asal berdasarkan field 'relno39;
rgDataAsal.Sort key1:=.Range("A1"), order1:=xlAscending, Header:=xlYes
'3. menentukan range relno dimulai dari baris kedua
Dim rgRelNo As Range, nRecs As Long
nRecs = rgDataAsal.Rows.Count - 1
Set rgRelNo = .Range("A2").Resize(nRecs, 1)
'4. mengumpulkan nomor relno
Dim rgCell As Range 'cell relno
Dim i As Long, j As Long, nAcc As Long
Dim DataBaru() As Variant
i = -1
For Each rgCell In rgRelNo.Cells
'4.1. jika nilai relno TIDAK SAMA dengan baris sebelumnya
If rgCell.Value <> rgCell.Offset(-1, 0).Value Then
i = i + 1
ReDim Preserve DataBaru(8, i)
DataBaru(0, i) = rgCell 'norel
DataBaru(1, i) = rgCell.Offset(, 1) 'nama
DataBaru(7, i) = rgCell.Offset(, 4) 'address 1
DataBaru(8, i) = rgCell.Offset(, 5) 'address 2
'4.2. mengumpulkan banyaknya account tiap relno
nAcc = WorksheetFunction.CountIf(rgRelNo, rgCell)
For j = 0 To nAcc - 1
DataBaru(2 + j, i) = rgCell.Offset(j, 2) & " " &
rgCell.Offset(j, 3)
Next j
End If
Next
End With
'5. mencetak di sheet yang diinginkan
Dim NewRecs As Long
NewRecs = UBound(DataBaru, 2) + 1
With Worksheets("diinginkan")
'5.1. menghapus data sebelumnya jika sudah ada
.Range("A2").Resize(10000, 9).Clear
'5.2. tulis data baru
.Range("A2").Resize(NewRecs, 9) =
WorksheetFunction.Transpose(DataBaru)
.Activate
End With
End Sub
'=====
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ]
On Behalf Of WIRAnata Kemala
Sent: Monday, July 01, 2013 7:38 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] multiple records (rows) jadi kolom
dear all,
bisa minta tolong bantuannya untuk memindahkan multiple records (rows) jadi
multiple kolom?
untuk lebih jelasnya, saya attach yah xls nya.
mohon bantuannya dalam VBA yah - sekalian newbie belajar vba :)
thanks atas bimbingan dan kesabaran rekan-rekan :)
salam.
silahkan dicoba vba code berikut:
'======
Option Explicit
Sub TransformData(
Dim rgDataAsal As Range
With Worksheets("
'1. menentukan range yang akan ditransform dan jumlah record
Set rgDataAsal = .Range("
'2. sort data asal berdasarkan field 'relno
rgDataAsal.Sort key1:=.Range(
'3. menentukan range relno dimulai dari baris kedua
Dim rgRelNo As Range, nRecs As Long
nRecs = rgDataAsal.Rows.
Set rgRelNo = .Range("
'4. mengumpulkan nomor relno
Dim rgCell As Range 'cell relno
Dim i As Long, j As Long, nAcc As Long
Dim DataBaru() As Variant
i = -1
For Each rgCell In rgRelNo.Cells
'4.1. jika nilai relno TIDAK SAMA dengan baris sebelumnya
If rgCell.Value <> rgCell.Offset(
i = i + 1
ReDim Preserve DataBaru(8, i)
DataBaru(0, i) = rgCell 'norel
DataBaru(1, i) = rgCell.Offset(
DataBaru(7, i) = rgCell.Offset(
DataBaru(8, i) = rgCell.Offset(
'4.2. mengumpulkan banyaknya account tiap relno
nAcc = WorksheetFunction.
For j = 0 To nAcc - 1
DataBaru(2 + j, i) = rgCell.Offset(
rgCell.Offset(
Next j
End If
Next
End With
'5. mencetak di sheet yang diinginkan
Dim NewRecs As Long
NewRecs = UBound(DataBaru, 2) + 1
With Worksheets("
'5.1. menghapus data sebelumnya jika sudah ada
.Range("
'5.2. tulis data baru
.Range("
WorksheetFunction.
.Activate
End With
End Sub
'=====
From: belajar-excel@
On Behalf Of WIRAnata Kemala
Sent: Monday, July 01, 2013 7:38 PM
To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] multiple records (rows) jadi kolom
dear all,
bisa minta tolong bantuannya untuk memindahkan multiple records (rows) jadi
multiple kolom?
untuk lebih jelasnya, saya attach yah xls nya.
mohon bantuannya dalam VBA yah - sekalian newbie belajar vba :)
thanks atas bimbingan dan kesabaran rekan-rekan :)
salam.
Mon Jul 1, 2013 8:23 am (PDT) . Posted by:
"Emi" emilestariklcc
Terima kasih Pak Ghozi.
________________________________
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Saturday, June 29, 2013 9:32 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] Lookup mencari posisi meja
tulis di D23
=INDEX($A$1:$G$17;INDEX({2;10};MATCH(SUMPRODUCT(($C$2:$G$17=C23)*ROW($C$2:$G$17));{2;10}));SUMPRODUCT(($C$2:$G$17=C23)*COLUMN($C$2:$G$17)))
copy ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
________________________________
Dari: Emi <emilestariklcc@yahoo.com >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Jumat, 28 Juni 2013 9:53
Judul: [belajar-excel] Lookup mencari posisi meja
Dear Teman BeExcel,
Gimanacara lookup untuk mencari di meja
mana mereka berada.
Apabila
nama ditulis, otomatis bisa tau di mana mereka.
Terima
kasih.
-Emi
Lestari
____________
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@
To: "belajar-excel@
Sent: Saturday, June 29, 2013 9:32 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] Lookup mencari posisi meja
tulis di D23
=INDEX($A$1:
copy ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
____________
Dari: Emi <emilestariklcc@
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Jumat, 28 Juni 2013 9:53
Judul: [belajar-excel] Lookup mencari posisi meja
Dear Teman BeExcel,
Gimanacara lookup untuk mencari di meja
mana mereka berada.
Apabila
nama ditulis, otomatis bisa tau di mana mereka.
Terima
kasih.
-Emi
Lestari
Mon Jul 1, 2013 8:23 am (PDT) . Posted by:
"Emi" emilestariklcc
Pak Ghozi,
Mohon pencerahan, dalam rumus di bawah apa artinya INDEX({2;10}, merujuk kepada apa?
=INDEX($A$1:$G$17,INDEX({2;10},MATCH(SUMPRODUCT(($C$2:$G$17=C23)*ROW($C$2:$G$17)),{2;10})),SUMPRODUCT(($C$2:$G$17=C23)*COLUMN($C$2:$G$17)))
Terima kasih.
Emi Lestari
________________________________
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Saturday, June 29, 2013 9:32 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] Lookup mencari posisi meja
tulis di D23
=INDEX($A$1:$G$17;INDEX({2;10};MATCH(SUMPRODUCT(($C$2:$G$17=C23)*ROW($C$2:$G$17));{2;10}));SUMPRODUCT(($C$2:$G$17=C23)*COLUMN($C$2:$G$17)))
copy ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
________________________________
Dari: Emi <emilestariklcc@yahoo.com >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Jumat, 28 Juni 2013 9:53
Judul: [belajar-excel] Lookup mencari posisi meja
Dear Teman BeExcel,
Gimanacara lookup untuk mencari di meja
mana mereka berada.
Apabila
nama ditulis, otomatis bisa tau di mana mereka.
Terima
kasih.
-Emi
Lestari
Mohon pencerahan, dalam rumus di bawah apa artinya INDEX({2;10}
=INDEX($A$1:
Terima kasih.
Emi Lestari
____________
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@
To: "belajar-excel@
Sent: Saturday, June 29, 2013 9:32 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] Lookup mencari posisi meja
tulis di D23
=INDEX($A$1:
copy ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
____________
Dari: Emi <emilestariklcc@
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Jumat, 28 Juni 2013 9:53
Judul: [belajar-excel] Lookup mencari posisi meja
Dear Teman BeExcel,
Gimanacara lookup untuk mencari di meja
mana mereka berada.
Apabila
nama ditulis, otomatis bisa tau di mana mereka.
Terima
kasih.
-Emi
Lestari
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar