15 New Messages
Digest #2576
Messages
Wed Oct 2, 2013 8:36 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pak Eka,
Sepertinya ada yang kurang pas di server yahoogroups dalam menyusun
conversation. Mudah-mudahan hal ini bisa segera diatasi oleh tim
Yahoogroups. Banyak orang yang mengalami hal serupa.
Demikian disampaikan.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/10/3 Eka Subyantara <ekasubyantara@gmail.com>
> **
>
>
> Ass.wr.wb.
>
> Saya mohon penjelasan kepada rekan-rekan yang tahu alasan dan solusi
> atas masalah saya, yang kalau tidak salah pernah juga dialami oleh
> Miss Jan Raisin, yaitu:
>
> 1. Jawaban atas email (bertajuk RE: .... ) muncul tersendiri tidak
> menyatu dengan thread awalnya. Jelas Inbox saya jadi penuh ga
> karu-karuan :-(
>
> 2. Thread awalnya kadang tidak muncul, jadi email jawaban terkesan
> "ujug-ujug" dan saya jadi "bengong-bengong"
>
> Maaf kalau OOT (out of the topic) tapi jujur masalah ini membuat
> kurang nyaman X-/
>
> Terima kasih sebelumnya atas jawaban yang "mencerahkan"
>
> = eka =
>
>
Pak Eka,
Sepertinya ada yang kurang pas di server yahoogroups dalam menyusun
conversation. Mudah-mudahan hal ini bisa segera diatasi oleh tim
Yahoogroups. Banyak orang yang mengalami hal serupa.
Demikian disampaikan.
Wassalamu'
Kid.
2013/10/3 Eka Subyantara <ekasubyantara@
> **
>
>
> Ass.wr.wb.
>
> Saya mohon penjelasan kepada rekan-rekan yang tahu alasan dan solusi
> atas masalah saya, yang kalau tidak salah pernah juga dialami oleh
> Miss Jan Raisin, yaitu:
>
> 1. Jawaban atas email (bertajuk RE: .... ) muncul tersendiri tidak
> menyatu dengan thread awalnya. Jelas Inbox saya jadi penuh ga
> karu-karuan :-(
>
> 2. Thread awalnya kadang tidak muncul, jadi email jawaban terkesan
> "ujug-ujug&quo
>
> Maaf kalau OOT (out of the topic) tapi jujur masalah ini membuat
> kurang nyaman X-/
>
> Terima kasih sebelumnya atas jawaban yang "mencerahkan&q
>
> = eka =
>
>
Wed Oct 2, 2013 9:33 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin
membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu
bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab
juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan
tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,Match(Min(If(A2:C4=F1,Column(A:C))),Column(A:C),0))
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah
seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@yahoo.co.id>menulis:
> **
>
>
> **
> Dear All,
>
> Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis kolomnya kira-kira begini :
>
> Tabel A Tabel B Tabel C
> ---------- --------- ----------
> merah minyak tinggi
> kuning oli sedang
> hijau bensin pendek
>
> Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel B, atau Tabel C) akan jadi
> referensi.
> Jadi ketika kita ketik 'merah39; akan muncul tulisan 'Tabel A', jika ketik
> 'bensin39; akan muncul tulisan 'Tabel B', dan jika ketik 'sedang39; akan muncul
> tulisan 'Tabel C' dll..dll..dll..
>
> Mohon pencerahannya,
>
> Terima kasih,
> Yulius
>
> __
>
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin
membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu
bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab
juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan
tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah
seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@
> **
>
>
> **
> Dear All,
>
> Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis kolomnya kira-kira begini :
>
> Tabel A Tabel B Tabel C
> ---------- --------- ----------
> merah minyak tinggi
> kuning oli sedang
> hijau bensin pendek
>
> Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel B, atau Tabel C) akan jadi
> referensi.
> Jadi ketika kita ketik 'merah
> 'bensin
> tulisan 'Tabel C' dll..dll..dll.
>
> Mohon pencerahannya,
>
> Terima kasih,
> Yulius
>
> __
>
Wed Oct 2, 2013 9:54 pm (PDT) . Posted by:
"Yulius Minsai" yulius_minsai
Thanks Miss Jan dan teman-teman lain atas pencerahannya..
Hasilnya sudah sesuai dengan harapan....
Terima kasih banyak...GBU..
----- Original Message -----
From: Jan Raisin
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, October 03, 2013 12:33 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,Match(Min(If(A2:C4=F1,Column(A:C))),Column(A:C),0))
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@yahoo.co.id> menulis:
Dear All,
Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis kolomnya kira-kira begini :
Tabel A Tabel B Tabel C
---------- --------- ----------
merah minyak tinggi
kuning oli sedang
hijau bensin pendek
Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
Jadi ketika kita ketik 'merah39; akan muncul tulisan 'Tabel A', jika ketik 'bensin39; akan muncul tulisan 'Tabel B', dan jika ketik 'sedang39; akan muncul tulisan 'Tabel C' dll..dll..dll..
Mohon pencerahannya,
Terima kasih,
Yulius
__
Hasilnya sudah sesuai dengan harapan....
Terima kasih banyak...GBU.
----- Original Message -----
From: Jan Raisin
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, October 03, 2013 12:33 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@
Dear All,
Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis kolomnya kira-kira begini :
Tabel A Tabel B Tabel C
---------- --------- ----------
merah minyak tinggi
kuning oli sedang
hijau bensin pendek
Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
Jadi ketika kita ketik 'merah
Mohon pencerahannya,
Terima kasih,
Yulius
__
Wed Oct 2, 2013 10:14 pm (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Mau nanya dikit Miss Jan,
Mengapa harus pakai "Min" dalam array formula tsb ?
Terima kasih.
Salam,
HK
________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 3 October 2013, 11:33
Subject: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,Match(Min(If(A2:C4=F1,Column(A:C))),Column(A:C),0))
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>Dear All,
>
>Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis
kolomnya kira-kira begini :
>
>Tabel A
Tabel B Tabel C
>----------
--------- ----------
>merah
minyak tinggi
>kuning
oli
sedang
>hijau
bensin pendek
>
>Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel
B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
>Jadi ketika kita ketik 'merah39; akan muncul
tulisan 'Tabel A', jika ketik 'bensin39; akan muncul tulisan 'Tabel B', dan jika
ketik 'sedang39; akan muncul tulisan 'Tabel C' dll..dll..dll..
>
>Mohon pencerahannya,
>
>Terima kasih,
>Yulius
>__
Mengapa harus pakai "Min" dalam array formula tsb ?
Terima kasih.
Salam,
HK
____________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, 3 October 2013, 11:33
Subject: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@
>
>
>Dear All,
>
>Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis
kolomnya kira-kira begini :
>
>Tabel A
Tabel B Tabel C
>--------
--------- ----------
>merah
minyak tinggi
>kuning
oli
sedang
>hijau
bensin pendek
>
>Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel
B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
>Jadi ketika kita ketik 'merah
tulisan 'Tabel A', jika ketik 'bensin
ketik 'sedang
>
>Mohon pencerahannya,
>
>Terima kasih,
>Yulius
>__
Wed Oct 2, 2013 11:28 pm (PDT) . Posted by:
"ghozi alkatiri" ghozialkatiri
dengan kondisi yang sama seperti yang diasumsikan Miss Jan Raisin , tanpa menggunakan formula array coba formula berikut :
=INDEX(A1:C1;SUMPRODUCT((A2:C4=F1)*(COLUMN(A2:C4))))
wassalam
Ghozi Alkatiri
________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 2 Oktober 2013 21:33
Judul: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,Match(Min(If(A2:C4=F1,Column(A:C))),Column(A:C),0))
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>Dear All,
>
>Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis
kolomnya kira-kira begini :
>
>Tabel A
Tabel B Tabel C
>----------
--------- ----------
>merah
minyak tinggi
>kuning
oli
sedang
>hijau
bensin pendek
>
>Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel
B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
>Jadi ketika kita ketik 'merah39; akan muncul
tulisan 'Tabel A', jika ketik 'bensin39; akan muncul tulisan 'Tabel B', dan jika
ketik 'sedang39; akan muncul tulisan 'Tabel C' dll..dll..dll..
>
>Mohon pencerahannya,
>
>Terima kasih,
>Yulius
>__
=INDEX(A1:C1;
wassalam
Ghozi Alkatiri
____________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 2 Oktober 2013 21:33
Judul: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@
>
>
>Dear All,
>
>Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis
kolomnya kira-kira begini :
>
>Tabel A
Tabel B Tabel C
>--------
--------- ----------
>merah
minyak tinggi
>kuning
oli
sedang
>hijau
bensin pendek
>
>Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel
B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
>Jadi ketika kita ketik 'merah
tulisan 'Tabel A', jika ketik 'bensin
ketik 'sedang
>
>Mohon pencerahannya,
>
>Terima kasih,
>Yulius
>__
Wed Oct 2, 2013 11:54 pm (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Pak Ghozi,
Setelah saya coba....
kayaknya harus pake Array Formula dan hasilnya koq Tabel A terus ya ?
Salam,
HK
________________________________
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 3 October 2013, 13:28
Subject: Bls: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
dengan kondisi yang sama seperti yang diasumsikan Miss Jan Raisin , tanpa menggunakan formula array coba formula berikut :
=INDEX(A1:C1;SUMPRODUCT((A2:C4=F1)*(COLUMN(A2:C4))))
wassalam
Ghozi Alkatiri
________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 2 Oktober 2013 21:33
Judul: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,Match(Min(If(A2:C4=F1,Column(A:C))),Column(A:C),0))
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>Dear All,
>
>Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis
kolomnya kira-kira begini :
>
>Tabel A
Tabel B Tabel C
>----------
--------- ----------
>merah
minyak tinggi
>kuning
oli
sedang
>hijau
bensin pendek
>
>Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel
B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
>Jadi ketika kita ketik 'merah39; akan muncul
tulisan 'Tabel A', jika ketik 'bensin39; akan muncul tulisan 'Tabel B', dan jika
ketik 'sedang39; akan muncul tulisan 'Tabel C' dll..dll..dll..
>
>Mohon pencerahannya,
>
>Terima kasih,
>Yulius
>__
Setelah saya coba....
kayaknya harus pake Array Formula dan hasilnya koq Tabel A terus ya ?
Salam,
HK
____________
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@
To: "belajar-excel@
Sent: Thursday, 3 October 2013, 13:28
Subject: Bls: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
dengan kondisi yang sama seperti yang diasumsikan Miss Jan Raisin , tanpa menggunakan formula array coba formula berikut :
=INDEX(A1:C1;
wassalam
Ghozi Alkatiri
____________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 2 Oktober 2013 21:33
Judul: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@
>
>
>Dear All,
>
>Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis
kolomnya kira-kira begini :
>
>Tabel A
Tabel B Tabel C
>--------
--------- ----------
>merah
minyak tinggi
>kuning
oli
sedang
>hijau
bensin pendek
>
>Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel
B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
>Jadi ketika kita ketik 'merah
tulisan 'Tabel A', jika ketik 'bensin
ketik 'sedang
>
>Mohon pencerahannya,
>
>Terima kasih,
>Yulius
>__
Thu Oct 3, 2013 12:01 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
owh... begini pak Hendrik..
fungsi Min dalam formula tersebut adalah untuk mengambil nilai indeks kolom
yang TRUE, nilai TRUE atau FALSE ini dihasilkan oleh array formula IF(...)
dalam kasus ini maka nilai yang diambil adalah nilai terkecil dari indeks
kolom yang ada
Jika ada 2 kolom atau lebih yang memenuhi kriteria dan ingin diambil kolom
terakhir, maka fungsi MIN dapat digantikan dengan fungsi MAX
lalu.. bagaimana jika fungsi MIN atau MAX tersebut dihilangkan?
Excel akan mengambil nilai agregat yang ada yaitu setiap nilai array dari
fungsi IF yang bernilai False dan True akan dikalikan, secara otomatis akan
menghasilkan nilai False.
Jika hasil pertama sudah False, maka tidak akan diperoleh nilai apapun dari
pengujian.
Itulah guna dari fungsi MIN atau MAX dalam kasus ini..
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari file terlampir..
Mungkin nanti setelah melihat file terlampir, akan muncul pertanyaan lagi..
kenapa harus pakai fungsi MATCH? kan sudah bisa ketahuan dari hasil MIN
atau MAX-nya saja..
(Step - 5 dalam sampel kan bisa dihilangkan.. bukan begitu bukan?)
Ada yang mau bantu jawab? xixixixi ^_^
salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 12.14, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>menulis:
> **
>
>
> Mau nanya dikit Miss Jan,
> Mengapa harus pakai "Min" dalam array formula tsb ?
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Thursday, 3 October 2013, 11:33
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
>
>
> hai Yulius,
>
> sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin
> membantu memberikan solusi..
> kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti
> dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
>
> mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab
> juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
>
> asumsi:
> 1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
> 2. data ada di cel A2 sampai cel C4
> 3. kriteria ada di cel F1
> 4. hasil ingin diletakan pada cel F2
>
> gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan
> tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
>
> formulanya sendiri seperti ini:
>
> =Index(A1:C1,Match(Min(If(A2:C4=F1,Column(A:C))),Column(A:C),0))
>
> kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah
> seluruh tanda koma menjadi titik koma
>
> Salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@yahoo.co.id>menulis:
>
> **
>
> **
> Dear All,
>
> Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis kolomnya kira-kira begini :
>
> Tabel A Tabel B Tabel C
> ---------- --------- ----------
> merah minyak tinggi
> kuning oli sedang
> hijau bensin pendek
>
> Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel B, atau Tabel C) akan jadi
> referensi.
> Jadi ketika kita ketik 'merah39; akan muncul tulisan 'Tabel A', jika ketik
> 'bensin39; akan muncul tulisan 'Tabel B', dan jika ketik 'sedang39; akan muncul
> tulisan 'Tabel C' dll..dll..dll..
>
> Mohon pencerahannya,
>
> Terima kasih,
> Yulius
> __
>
>
fungsi Min dalam formula tersebut adalah untuk mengambil nilai indeks kolom
yang TRUE, nilai TRUE atau FALSE ini dihasilkan oleh array formula IF(...)
dalam kasus ini maka nilai yang diambil adalah nilai terkecil dari indeks
kolom yang ada
Jika ada 2 kolom atau lebih yang memenuhi kriteria dan ingin diambil kolom
terakhir, maka fungsi MIN dapat digantikan dengan fungsi MAX
lalu.. bagaimana jika fungsi MIN atau MAX tersebut dihilangkan?
Excel akan mengambil nilai agregat yang ada yaitu setiap nilai array dari
fungsi IF yang bernilai False dan True akan dikalikan, secara otomatis akan
menghasilkan nilai False.
Jika hasil pertama sudah False, maka tidak akan diperoleh nilai apapun dari
pengujian.
Itulah guna dari fungsi MIN atau MAX dalam kasus ini..
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari file terlampir..
Mungkin nanti setelah melihat file terlampir, akan muncul pertanyaan lagi..
kenapa harus pakai fungsi MATCH? kan sudah bisa ketahuan dari hasil MIN
atau MAX-nya saja..
(Step - 5 dalam sampel kan bisa dihilangkan.
Ada yang mau bantu jawab? xixixixi ^_^
salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 12.14, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
> **
>
>
> Mau nanya dikit Miss Jan,
> Mengapa harus pakai "Min" dalam array formula tsb ?
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
> ------------
> *From:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@
> *To:* belajar-excel@
> *Sent:* Thursday, 3 October 2013, 11:33
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
>
>
> hai Yulius,
>
> sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin
> membantu memberikan solusi..
> kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti
> dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
>
> mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab
> juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
>
> asumsi:
> 1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
> 2. data ada di cel A2 sampai cel C4
> 3. kriteria ada di cel F1
> 4. hasil ingin diletakan pada cel F2
>
> gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan
> tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
>
> formulanya sendiri seperti ini:
>
> =Index(A1:C1,
>
> kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah
> seluruh tanda koma menjadi titik koma
>
> Salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@
>
> **
>
> **
> Dear All,
>
> Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis kolomnya kira-kira begini :
>
> Tabel A Tabel B Tabel C
> ---------- --------- ----------
> merah minyak tinggi
> kuning oli sedang
> hijau bensin pendek
>
> Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel B, atau Tabel C) akan jadi
> referensi.
> Jadi ketika kita ketik 'merah
> 'bensin
> tulisan 'Tabel C' dll..dll..dll.
>
> Mohon pencerahannya,
>
> Terima kasih,
> Yulius
> __
>
>
Thu Oct 3, 2013 12:02 am (PDT) . Posted by:
"ghozi alkatiri" ghozialkatiri
pastikan data yang ada di tabel sama data yang ingin dicari datanya sama persis tidak kelebihan spasi atau ka rakter lain .untuk memastikan data sama persis antara data tabel dan data yang ingin dicari coba gunakan copy atau =.
saya tunggu kabar hasilnya.
wassalam
Ghozi Alkatiri
________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 2 Oktober 2013 23:54
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
Pak Ghozi,
Setelah saya coba....
kayaknya harus pake Array Formula dan hasilnya koq Tabel A terus ya ?
Salam,
HK
________________________________
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 3 October 2013, 13:28
Subject: Bls: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
dengan kondisi yang sama seperti yang diasumsikan Miss Jan Raisin , tanpa menggunakan formula array coba formula berikut :
=INDEX(A1:C1;SUMPRODUCT((A2:C4=F1)*(COLUMN(A2:C4))))
wassalam
Ghozi Alkatiri
________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 2 Oktober 2013 21:33
Judul: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,Match(Min(If(A2:C4=F1,Column(A:C))),Column(A:C),0))
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>Dear All,
>
>Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis
kolomnya kira-kira begini :
>
>Tabel A
Tabel B Tabel C
>----------
--------- ----------
>merah
minyak tinggi
>kuning
oli
sedang
>hijau
bensin pendek
>
>Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel
B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
>Jadi ketika kita ketik 'merah39; akan muncul
tulisan 'Tabel A', jika ketik 'bensin39; akan muncul tulisan 'Tabel B', dan jika
ketik 'sedang39; akan muncul tulisan 'Tabel C' dll..dll..dll..
>
>Mohon pencerahannya,
>
>Terima kasih,
>Yulius
>__
saya tunggu kabar hasilnya.
wassalam
Ghozi Alkatiri
____________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 2 Oktober 2013 23:54
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
Pak Ghozi,
Setelah saya coba....
kayaknya harus pake Array Formula dan hasilnya koq Tabel A terus ya ?
Salam,
HK
____________
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@
To: "belajar-excel@
Sent: Thursday, 3 October 2013, 13:28
Subject: Bls: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
dengan kondisi yang sama seperti yang diasumsikan Miss Jan Raisin , tanpa menggunakan formula array coba formula berikut :
=INDEX(A1:C1;
wassalam
Ghozi Alkatiri
____________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 2 Oktober 2013 21:33
Judul: Re: [belajar-excel] Data di atas sebagai patokan
hai Yulius,
sebuah sampel workbook akan sangat berarti bagi Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi..
kalo seperti ini keadaannya, yang ingin kasih solusi harus kerja bakti dulu bikin workbooknya sebelum bisa kasih solusinya..
mengutip kata-kata pak De, kalo nanya-nya gak pake workbook, yang jawab juga boleh ikutan gak pakai workbook ya xixixixi ^_^
asumsi:
1. header tabel ada di cel A1 sampai cel C1
2. data ada di cel A2 sampai cel C4
3. kriteria ada di cel F1
4. hasil ingin diletakan pada cel F2
gunakan array formula, berarti harus ada upacara khusus yaitu menekan tombol CTRL Shift Enter sampai muncul tanda { } di awal dan akhir formula
formulanya sendiri seperti ini:
=Index(A1:C1,
kalo regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ubah seluruh tanda koma menjadi titik koma
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 3 Oktober 2013 10.19, Yulius Minsai <yulius_minsai@
>
>
>Dear All,
>
>Saya mempunyai file yg kira-kira kronologis
kolomnya kira-kira begini :
>
>Tabel A
Tabel B Tabel C
>--------
--------- ----------
>merah
minyak tinggi
>kuning
oli
sedang
>hijau
bensin pendek
>
>Masing-masing nama yang di atas (Tabel A, Tabel
B, atau Tabel C) akan jadi referensi.
>Jadi ketika kita ketik 'merah
tulisan 'Tabel A', jika ketik 'bensin
ketik 'sedang
>
>Mohon pencerahannya,
>
>Terima kasih,
>Yulius
>__
Wed Oct 2, 2013 11:25 pm (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Terlampir adalah file jawaban saya atas pertanyaan dari seorang rekan.
Pada sel G7 terdapat function Countif sbb :
=MAX(COUNTIF($C$7:$C$18,I7))
Mengapa jika saya ganti MAX dengan MIN hasilnya tetap sama.
Mungkin ada rekan2 Be-Excellers yang dapat menjelaskannya.
Terima kasih.
Salam,
HK
Pada sel G7 terdapat function Countif sbb :
=MAX(COUNTIF(
Mengapa jika saya ganti MAX dengan MIN hasilnya tetap sama.
Mungkin ada rekan2 Be-Excellers yang dapat menjelaskannya.
Terima kasih.
Salam,
HK
Wed Oct 2, 2013 11:42 pm (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Dear Pak Hendrik;
Dalam file tsb.
=COUNTIF($C$7:$C$18,I7)
hasilnya adalah 5
lha kalo hasilnya cuma satu yaitu angka lima (5)..
mau di min / di max ya jawabannya tetap sama (angka 5)
jadi;
=COUNTIF($C$7:$C$18,I7) => 5
=MAX(COUNTIF($C$7:$C$18,I7)) => 5
=MIN(COUNTIF($C$7:$C$18,I7)) => 5
Seharusnya tidak perlu max/min.. langsung countif() saja..
CMIIW
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: hendrik karnadi
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, October 03, 2013 1:25 PM
Subject: [belajar-excel] Ada apa dengan fungsi CountIf [1 Attachment]
Terlampir adalah file jawaban saya atas pertanyaan dari seorang rekan.
Pada sel G7 terdapat function Countif sbb :
=MAX(COUNTIF($C$7:$C$18,I7))
Mengapa jika saya ganti MAX dengan MIN hasilnya tetap sama.
Mungkin ada rekan2 Be-Excellers yang dapat menjelaskannya.
Terima kasih.
Salam,
HK
Dalam file tsb.
=COUNTIF($C$
hasilnya adalah 5
lha kalo hasilnya cuma satu yaitu angka lima (5)..
mau di min / di max ya jawabannya tetap sama (angka 5)
jadi;
=COUNTIF($C$
=MAX(COUNTIF(
=MIN(COUNTIF(
Seharusnya tidak perlu max/min.. langsung countif() saja..
CMIIW
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: hendrik karnadi
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, October 03, 2013 1:25 PM
Subject: [belajar-excel] Ada apa dengan fungsi CountIf [1 Attachment]
Terlampir adalah file jawaban saya atas pertanyaan dari seorang rekan.
Pada sel G7 terdapat function Countif sbb :
=MAX(COUNTIF(
Mengapa jika saya ganti MAX dengan MIN hasilnya tetap sama.
Mungkin ada rekan2 Be-Excellers yang dapat menjelaskannya.
Terima kasih.
Salam,
HK
Wed Oct 2, 2013 11:52 pm (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Terima kasih pak Bagus.
Salam,
HK
________________________________
From: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 3 October 2013, 13:43
Subject: Re: [belajar-excel] Ada apa dengan fungsi CountIf
Dear Pak Hendrik;
Dalam file tsb.
=COUNTIF($C$7:$C$18,I7)
hasilnya adalah 5
lha kalo hasilnya cuma satu yaitu angka lima
(5)..
mau di min / di max ya jawabannya tetap sama (angka
5)
jadi;
=COUNTIF($C$7:$C$18,I7)
=> 5
=MAX(COUNTIF($C$7:$C$18,I7)) => 5
=MIN(COUNTIF($C$7:$C$18,I7)) =>
5
Seharusnya tidak perlu max/min.. langsung countif()
saja..
CMIIW
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: hendrik karnadi
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Thursday, October 03, 2013 1:25 PM
>Subject: [belajar-excel] Ada apa dengan fungsi CountIf [1 Attachment]
>
>
>Terlampir adalah file jawaban saya atas pertanyaan dari seorang rekan.
>Pada sel G7 terdapat function Countif sbb :
>=MAX(COUNTIF($C$7:$C$18,I7))
>
>
>Mengapa jika saya ganti MAX dengan MIN hasilnya tetap sama.
>
>
>Mungkin ada rekan2 Be-Excellers yang dapat menjelaskannya.
>
>
>Terima kasih.
>
>
>Salam,
>
>HK
Salam,
HK
____________
From: Bagus <bagus@kingjim.
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, 3 October 2013, 13:43
Subject: Re: [belajar-excel] Ada apa dengan fungsi CountIf
Dear Pak Hendrik;
Dalam file tsb.
=COUNTIF($C$
hasilnya adalah 5
lha kalo hasilnya cuma satu yaitu angka lima
(5)..
mau di min / di max ya jawabannya tetap sama (angka
5)
jadi;
=COUNTIF($C$
=> 5
=MAX(COUNTIF(
=MIN(COUNTIF(
5
Seharusnya tidak perlu max/min.. langsung countif()
saja..
CMIIW
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: hendrik karnadi
>To: belajar-excel@
>Sent: Thursday, October 03, 2013 1:25 PM
>Subject: [belajar-excel] Ada apa dengan fungsi CountIf [1 Attachment]
>
>
>Terlampir adalah file jawaban saya atas pertanyaan dari seorang rekan.
>Pada sel G7 terdapat function Countif sbb :
>=MAX(COUNTIF(
>
>
>Mengapa jika saya ganti MAX dengan MIN hasilnya tetap sama.
>
>
>Mungkin ada rekan2 Be-Excellers yang dapat menjelaskannya.
>
>
>Terima kasih.
>
>
>Salam,
>
>HK
Thu Oct 3, 2013 12:08 am (PDT) . Posted by:
"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
maturnuwun Mas,
sudah bisa jalan sekarang.
thanks
-zainul-
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Thursday, October 03, 2013 10:14 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] OOP (was Macro Openoffice)
mas Zain,
*** di definisi class clsGeometri :
'===code dalam class module=====
'==nama class module: clsGeometri
Option Explicit
Private pPanjang As Double
Private pLebar As Double
Public Property Get panjangnya() As Double
panjangnya = pPanjang
End Property
Public Property Let panjangnya(Value As Double)
'panjangnya = Value
pPanjang =value
End Property
Public Property Get lebarnya() As Double
lebarnya = pLebar
End Property
Public Property Let lebarnya(Value As Double)
'lebarnya = Value
pLebar =value
End Property
Wassalam,
Kid.
2013/10/3 zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com>
Terimakasih penjelasannya Mr. Kid.
Saya juga sudah berkunjung ke tautan yang direkomendasikan tapi belum sesuai
yang saya inginkan.
berikut gambaran problem yang sedang saya hadapi
'===code dalam class module=====
'==nama class module: clsGeometri
Option Explicit
Private pPanjang As Double
Private pLebar As Double
Public Property Get panjangnya() As Double
panjangnya = pPanjang
End Property
Public Property Let panjangnya(Value As Double)
panjangnya = Value
End Property
Public Property Get lebarnya() As Double
lebarnya = pLebar
End Property
Public Property Let lebarnya(Value As Double)
lebarnya = Value
End Property
'=====code dalam standard module
Option Explicit
'dalam standard module,biasanya saya menggunakan declarasi type untuk
membuat object baru
Type kotak
panjang As Double
lebar As Double
End Type
Sub MembuatObjectDiVbaType01()
'membuat objeck lapangan dengan type kotak
Dim lapangan As kotak
'memasukkan parameter panjang dan lebar ke objek lapangan
lapangan.panjang = 100
lapangan.lebar = 50
'menghitung luas lapangan
Dim luas As Double
luas = lapangan.panjang * lapangan.lebar
MsgBox luas
End Sub
'kemudian saya coba membuat objcet yang sama menggunakan dengan mengambil
'property yang telah dibuat di class module [clsGeometri]
Sub MembuatObjectDiVbaType02()
Dim oLapangan As New clsGeometri
'memasukkan parameter panjang ke object lapangan
oLapangan.lebarnya = 100#
oLapangan.panjangnya = 50#
'menghitung luas lapangan
Dim luas As Double
luas = oLapangan.lebarnya * oLapangan.panjangnya
Debug.Print luas
End Sub
'tanya:
'kenapa ada pesan error saat saya jalankan procedure
MembuatObjectDiVbaType02?
'terimakasih
'-zainul-
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Wednesday, October 02, 2013 10:12 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] OOP (was Macro Openoffice)
hehehe...
mau mulai dari mana ya..
yang sederhana saja.
disemua module.
Pada dasarnya prosedur property (ada Get, ada Set atau Let) digunakan untuk
berinteraksi dengan sebuah atribut yang isinya adalah suatu nilai tertentu
(bisa berupa object atau nilai skalar). Kalau dimirip-miripin alias
disimpelkan secara teknis, maka prosedur property adalah cara untuk
berinteraksi dengan variabel yang diterkait.
Jadi, misal ada variabel level module (private) bernama mMyVar, maka akses
ke variabel ini bisa diatur menggunakan prosedur property. Get untuk ambil,
Set (khusus object) atau Let untuk mengisi si variabel mMyVar.
Alhasil, misal ada property bernama MyVariable yang berisi prosedur properti
Get, maka isi mMyVar bisa diambil dengan menyebut nama prosedur property
seperti memanggil sebuah variabel.
Misal : mau ambil nilai mMyVar yang punya properti dan disimpan ke variabel
baru bernama sKerja, maka bisa langsung :
sKerja = MyVariable
Sekarang bahas yang umum dipakai.
Pemakaian prosedur property secara luas adalah pada class module, alias
digunakan untuk menentukan atau membentuk properti suatu object yang
dibentuk melalui class tersebut.
Contoh : kenal dengan Range di Excel ? Pernah isi nilai atau ambil nilai
dari si range ? mestinya pernah kan ya... :)
kira-kira untuk hal isi didalam range akan punya cerita gini :
Didalamnya Excel sana, Range adalah nama sebuah Class. Dia punya (anggap
saja) sebuah variabel khusus milik si class yang bernama mValue. Nilai yang
disimpan dalam mValue, boleh diakses semua object yang dibentuk melalui
class Range ini melalui property object bernama Value. Didalam class Range,
property bernama Value ini didefinisikan dengan prosedur property Get untuk
ambil nilai dan prosedur property Let untuk mengisi nilai.
Kemudian di VBE, pada sebuah module, ada pembuatan variabel object dari
class Range. Nama variabel object itu dinamakan misalnya rngData.
Bunyi pembuatannya begini :
Dim rngData As Range 'artinya, buatkan benda bernama rngData yang wujudnya
memiliki spesifikasi yang dijabarkan dalam class Range
Jadi, dalam rngData, akan ada property bernama Value untuk bisa mengakses
variabel bernama mValue milik si benda bernama rngData.
Kalau ada pembuatan object baru lagi
Dim rngKriteria As Range
Maka, dalam rngKriteria akan ada property bernama Value untuk bisa mengakses
variabel bernama mValue milik si benda bernama rngKriteria
Si variabel sudah terbentuk tapi belum ada isi benda aslinya, karena si
benda asli kan dipakai user di worksheet. Jadi, si rngData akan diisi dengan
sebuah range yang ada di worksheet aktif, misal range A1.
Set rngData = Range("a1") ' "sit sit, ikutan pakai range A1 dong", kata
si rngData -> kalau error, berarti rngData salah omong.
Sekarang, kalau mau mengisi nilai range A1 dengan nilai 12345, maka sama
saja akan mengisi variabel mValue milik si rngData. Aksesnya adalah melalui
properti bernama Value, yang biasanya ditulis begini :
rngData.Value = 12345
proses ini sebenarnya, menjalankan prosedur property Let bernama Value milik
si rngData dengan mengirim nilai 12345.
meskipun menjalankan prosedur, penggunaannya seperti memakai variabel biasa
kan. Sisi kiri sama dengan diisi sisi kanan sama dengan.
Kalau mau ambil nilai mValue milik si rngData (saat ini berisi 12345) dan
disimpan ke variabel bernama lNilaiku, akan berbunyi :
Dim lNilaiku As Long
lNilaiku = rngData.Value
*1) Hal ini adalah salah satu kelebihan prosedur property dalam sebuah
property object dan hanya menjadi milik si class module jika prosedur
property nya ditulis untuk class module tersebut. Jadi, class module lain
bisa saja memiliki property bernama Value juga tapi pemiliknya beda.
Contoh, ada property Value milik class Range (boleh dibaca milik Range), ada
property value milik control TextBox. Sama-sama property value tapi beda
pemilik. Di class Range ada prosedur properti untuk property bernama Value.
Di class TextBox juga ada prosedur property bernama Value.
Bagaimana kalau mValue diset gak pakai property ? bisa gak ? -- bisa kok,
kita coba saja ya, biar terasa ribetnya --
Kalau ndak pakai prosedur property, berarti pakai prosedur Sub atau Function
yang sering disebut methods.
Jadi didalam class Range nanti akan ada 2 methods baru untuk bisa menyimpan
nilai kedalam variabel mValue, yaitu :
public sub IsiValue( vNilainya as variant ) 'untuk isi nilai ke mValue
mvalue=vnilainya
end sub
public function AmbilValue() as variant 'untuk ambil nilai dari
mValue
AmbilValue = mvalue
end sub
sampai disini, sudah akan tampak bahwa untuk ngurusin si mValue butuh 2
nama, yaitu IsiValue (mengisi alias setara property Let) dan AmbilNilai
(mengambil alias setara property Get). Alhasil, kalau nulis script, setelah
ketik rngData lalu ketik titik akan muncul 2 nama. Harus pilih yang bener,
mau isivalue atau ambilvalue.
*2) Kalau pakai property Get dan Let, namanya akan jadi property object, dan
hanya ada sebijik saja yaitu Value.
Bagaimana cara isi nilai ke mValue dan ambil nilai dari mValue milik si
rngData ?
rngdata.IsiValue 12345 'isi nilai ke mValue milik rngData
lNilaiku = rngdata.ambilvalue 'ambil nilai mvalue milik rngData
*3) Ada perbedaan penulisan dalam mengisi nilai dengan mengambil nilai,
sehingga membutuhkan ketelitian lebih tinggi untuk bisa tahu dimana proses
mengisi nilainya dan dimana proses ambil nilainya.
Kira-kira demikianlah beberapa keuntungan prosedur property dalam membentuk
property object.
Tentang bagaimana membentuk property object atau cara penggunaan prosedur
property Get dan (Set atau Let) ada diblog milis disini.
Bahas OOP nya ndak usah banyak-banyak ya...
Salah satu ciri khas sederhana OOP, pemakaiannya harus ditulis lengkap.
Contoh : (penulisan 1)
di VBA, untuk isi range A1 dengan nilai 12345 dan B1 diisi dengan teks
'BeExcel39; bisa dengan :
Range("a1").Value = 12345 'workbook aktif, di sheet yang aktif, di
range A1, isi properti bernama Value dengan 12345
atau
Range("a1") = 12345 'workbook aktif, di sheet yang aktif, di range A1,
isi properti default si object (yaitu yang bernama Value) dengan 12345
Range("b1").value = "BeExcel"
atau
Range("b1") = "BeExcel"
Kalau pakai OOP yang baik, nulisnya : (penulisan 2)
ThisWorkbook.ActiveSheet.Range("a1").Value = 12345
ThisWorkbook.ActiveSheet.Range("b1").Value = "BeExcel"
Kalau bahasa pemrogramannya betul-betul full berbasis OOP, maka penulisan 2
yang bisa dijalankan dan semua penulisan 1 akan error.
Contoh di OpenOffice.org Calc untuk kasus yang sama, harus ditulis :
ThisComponent.CurrentController.ActiveSheet.getCellRangeByName("A1").Value =
12345
ThisComponent.CurrentController.ActiveSheet.getCellRangeByName("B1").String
= "BeExcel"
banyak yang bilang, OOP nulisnya panjang banget.... xixixixi... (kan bisa
disimpen dalam variabel)
udahan dulu ya... kalo ada yang salah, dikoreksi yak...
Wassalam,
Kid.
2013/10/2 zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com>
Mumpung disinggung tentang OOP kalo nggak salah kepanjangan dari (Object
Oriented Programming), minta tolong diulas tentang "property get statement"
dan "property set statement".
kelebihan menggunakan statement tersebut jika dibanding dengan menggunakan
statement tersebut?
maturnuwun
-zainul-
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Wednesday, October 02, 2013 8:55 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Macro Openoffice
wakakaka...
iya, perlu dicoba dulu.
Kalau di star office waktu doeloe sih bisa. Cuman kadang gak bisa pas udah
berurusan sama userform.
Jadi bikin VBAnya jangan yang rumit ya. Mungkin VBASupport nya akan mengubah
si VBA jadi VBScript kali ya...
Saya gak mudeng dalemannya. Dokumentasinya dikit.
Kalau struktur objectnya, si OO memang lebih bagus dari VBA karena full OOP.
Mungkin nanti kalau dah mulai banyak dokumentasi object model nya akan jadi
lebih enak.
Wassalam,
Kid.
sudah bisa jalan sekarang.
thanks
-zainul-
From: belajar-excel@
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Thursday, October 03, 2013 10:14 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] OOP (was Macro Openoffice)
mas Zain,
*** di definisi class clsGeometri :
'===code dalam class module=====
'==nama class module: clsGeometri
Option Explicit
Private pPanjang As Double
Private pLebar As Double
Public Property Get panjangnya() As Double
panjangnya = pPanjang
End Property
Public Property Let panjangnya(Value As Double)
'panjangnya = Value
pPanjang =value
End Property
Public Property Get lebarnya() As Double
lebarnya = pLebar
End Property
Public Property Let lebarnya(Value As Double)
'lebarnya = Value
pLebar =value
End Property
Wassalam,
Kid.
2013/10/3 zainul_ulum[
Terimakasih penjelasannya Mr. Kid.
Saya juga sudah berkunjung ke tautan yang direkomendasikan tapi belum sesuai
yang saya inginkan.
berikut gambaran problem yang sedang saya hadapi
'===code dalam class module=====
'==nama class module: clsGeometri
Option Explicit
Private pPanjang As Double
Private pLebar As Double
Public Property Get panjangnya() As Double
panjangnya = pPanjang
End Property
Public Property Let panjangnya(Value As Double)
panjangnya = Value
End Property
Public Property Get lebarnya() As Double
lebarnya = pLebar
End Property
Public Property Let lebarnya(Value As Double)
lebarnya = Value
End Property
'=====code dalam standard module
Option Explicit
'dalam standard module,biasanya saya menggunakan declarasi type untuk
membuat object baru
Type kotak
panjang As Double
lebar As Double
End Type
Sub MembuatObjectDiVbaT
'membuat objeck lapangan dengan type kotak
Dim lapangan As kotak
'memasukkan parameter panjang dan lebar ke objek lapangan
lapangan.panjang = 100
lapangan.lebar = 50
'menghitung luas lapangan
Dim luas As Double
luas = lapangan.panjang * lapangan.lebar
MsgBox luas
End Sub
'kemudian saya coba membuat objcet yang sama menggunakan dengan mengambil
'property yang telah dibuat di class module [clsGeometri]
Sub MembuatObjectDiVbaT
Dim oLapangan As New clsGeometri
'memasukkan parameter panjang ke object lapangan
oLapangan.lebarnya = 100#
oLapangan.panjangny
'menghitung luas lapangan
Dim luas As Double
luas = oLapangan.lebarnya * oLapangan.panjangny
Debug.Print luas
End Sub
'tanya:
'kenapa ada pesan error saat saya jalankan procedure
MembuatObjectDiVbaT
'terimakasih
'-zainul-
From: belajar-excel@
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Wednesday, October 02, 2013 10:12 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] OOP (was Macro Openoffice)
hehehe...
mau mulai dari mana ya..
yang sederhana saja.
disemua module.
Pada dasarnya prosedur property (ada Get, ada Set atau Let) digunakan untuk
berinteraksi dengan sebuah atribut yang isinya adalah suatu nilai tertentu
(bisa berupa object atau nilai skalar). Kalau dimirip-miripin alias
disimpelkan secara teknis, maka prosedur property adalah cara untuk
berinteraksi dengan variabel yang diterkait.
Jadi, misal ada variabel level module (private) bernama mMyVar, maka akses
ke variabel ini bisa diatur menggunakan prosedur property. Get untuk ambil,
Set (khusus object) atau Let untuk mengisi si variabel mMyVar.
Alhasil, misal ada property bernama MyVariable yang berisi prosedur properti
Get, maka isi mMyVar bisa diambil dengan menyebut nama prosedur property
seperti memanggil sebuah variabel.
Misal : mau ambil nilai mMyVar yang punya properti dan disimpan ke variabel
baru bernama sKerja, maka bisa langsung :
sKerja = MyVariable
Sekarang bahas yang umum dipakai.
Pemakaian prosedur property secara luas adalah pada class module, alias
digunakan untuk menentukan atau membentuk properti suatu object yang
dibentuk melalui class tersebut.
Contoh : kenal dengan Range di Excel ? Pernah isi nilai atau ambil nilai
dari si range ? mestinya pernah kan ya... :)
kira-kira untuk hal isi didalam range akan punya cerita gini :
Didalamnya Excel sana, Range adalah nama sebuah Class. Dia punya (anggap
saja) sebuah variabel khusus milik si class yang bernama mValue. Nilai yang
disimpan dalam mValue, boleh diakses semua object yang dibentuk melalui
class Range ini melalui property object bernama Value. Didalam class Range,
property bernama Value ini didefinisikan dengan prosedur property Get untuk
ambil nilai dan prosedur property Let untuk mengisi nilai.
Kemudian di VBE, pada sebuah module, ada pembuatan variabel object dari
class Range. Nama variabel object itu dinamakan misalnya rngData.
Bunyi pembuatannya begini :
Dim rngData As Range 'artinya, buatkan benda bernama rngData yang wujudnya
memiliki spesifikasi yang dijabarkan dalam class Range
Jadi, dalam rngData, akan ada property bernama Value untuk bisa mengakses
variabel bernama mValue milik si benda bernama rngData.
Kalau ada pembuatan object baru lagi
Dim rngKriteria As Range
Maka, dalam rngKriteria akan ada property bernama Value untuk bisa mengakses
variabel bernama mValue milik si benda bernama rngKriteria
Si variabel sudah terbentuk tapi belum ada isi benda aslinya, karena si
benda asli kan dipakai user di worksheet. Jadi, si rngData akan diisi dengan
sebuah range yang ada di worksheet aktif, misal range A1.
Set rngData = Range("
si rngData -> kalau error, berarti rngData salah omong.
Sekarang, kalau mau mengisi nilai range A1 dengan nilai 12345, maka sama
saja akan mengisi variabel mValue milik si rngData. Aksesnya adalah melalui
properti bernama Value, yang biasanya ditulis begini :
rngData.Value = 12345
proses ini sebenarnya, menjalankan prosedur property Let bernama Value milik
si rngData dengan mengirim nilai 12345.
meskipun menjalankan prosedur, penggunaannya seperti memakai variabel biasa
kan. Sisi kiri sama dengan diisi sisi kanan sama dengan.
Kalau mau ambil nilai mValue milik si rngData (saat ini berisi 12345) dan
disimpan ke variabel bernama lNilaiku, akan berbunyi :
Dim lNilaiku As Long
lNilaiku = rngData.Value
*1) Hal ini adalah salah satu kelebihan prosedur property dalam sebuah
property object dan hanya menjadi milik si class module jika prosedur
property nya ditulis untuk class module tersebut. Jadi, class module lain
bisa saja memiliki property bernama Value juga tapi pemiliknya beda.
Contoh, ada property Value milik class Range (boleh dibaca milik Range), ada
property value milik control TextBox. Sama-sama property value tapi beda
pemilik. Di class Range ada prosedur properti untuk property bernama Value.
Di class TextBox juga ada prosedur property bernama Value.
Bagaimana kalau mValue diset gak pakai property ? bisa gak ? -- bisa kok,
kita coba saja ya, biar terasa ribetnya --
Kalau ndak pakai prosedur property, berarti pakai prosedur Sub atau Function
yang sering disebut methods.
Jadi didalam class Range nanti akan ada 2 methods baru untuk bisa menyimpan
nilai kedalam variabel mValue, yaitu :
public sub IsiValue( vNilainya as variant ) 'untuk isi nilai ke mValue
mvalue=vnilainya
end sub
public function AmbilValue() as variant 'untuk ambil nilai dari
mValue
AmbilValue = mvalue
end sub
sampai disini, sudah akan tampak bahwa untuk ngurusin si mValue butuh 2
nama, yaitu IsiValue (mengisi alias setara property Let) dan AmbilNilai
(mengambil alias setara property Get). Alhasil, kalau nulis script, setelah
ketik rngData lalu ketik titik akan muncul 2 nama. Harus pilih yang bener,
mau isivalue atau ambilvalue.
*2) Kalau pakai property Get dan Let, namanya akan jadi property object, dan
hanya ada sebijik saja yaitu Value.
Bagaimana cara isi nilai ke mValue dan ambil nilai dari mValue milik si
rngData ?
rngdata.IsiValue 12345 'isi nilai ke mValue milik rngData
lNilaiku = rngdata.ambilvalue 'ambil nilai mvalue milik rngData
*3) Ada perbedaan penulisan dalam mengisi nilai dengan mengambil nilai,
sehingga membutuhkan ketelitian lebih tinggi untuk bisa tahu dimana proses
mengisi nilainya dan dimana proses ambil nilainya.
Kira-kira demikianlah beberapa keuntungan prosedur property dalam membentuk
property object.
Tentang bagaimana membentuk property object atau cara penggunaan prosedur
property Get dan (Set atau Let) ada diblog milis disini.
Bahas OOP nya ndak usah banyak-banyak ya...
Salah satu ciri khas sederhana OOP, pemakaiannya harus ditulis lengkap.
Contoh : (penulisan 1)
di VBA, untuk isi range A1 dengan nilai 12345 dan B1 diisi dengan teks
'BeExcel
Range("
range A1, isi properti bernama Value dengan 12345
atau
Range("
isi properti default si object (yaitu yang bernama Value) dengan 12345
Range("
atau
Range("
Kalau pakai OOP yang baik, nulisnya : (penulisan 2)
ThisWorkbook.
ThisWorkbook.
Kalau bahasa pemrogramannya betul-betul full berbasis OOP, maka penulisan 2
yang bisa dijalankan dan semua penulisan 1 akan error.
Contoh di OpenOffice.org Calc untuk kasus yang sama, harus ditulis :
ThisComponent.
12345
ThisComponent.
= "BeExcel"
banyak yang bilang, OOP nulisnya panjang banget.... xixixixi... (kan bisa
disimpen dalam variabel)
udahan dulu ya... kalo ada yang salah, dikoreksi yak...
Wassalam,
Kid.
2013/10/2 zainul_ulum[
Mumpung disinggung tentang OOP kalo nggak salah kepanjangan dari (Object
Oriented Programming)
dan "property set statement"
kelebihan menggunakan statement tersebut jika dibanding dengan menggunakan
statement tersebut?
maturnuwun
-zainul-
From: belajar-excel@
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Wednesday, October 02, 2013 8:55 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Macro Openoffice
wakakaka...
iya, perlu dicoba dulu.
Kalau di star office waktu doeloe sih bisa. Cuman kadang gak bisa pas udah
berurusan sama userform.
Jadi bikin VBAnya jangan yang rumit ya. Mungkin VBASupport nya akan mengubah
si VBA jadi VBScript kali ya...
Saya gak mudeng dalemannya. Dokumentasinya dikit.
Kalau struktur objectnya, si OO memang lebih bagus dari VBA karena full OOP.
Mungkin nanti kalau dah mulai banyak dokumentasi object model nya akan jadi
lebih enak.
Wassalam,
Kid.
Thu Oct 3, 2013 12:22 am (PDT) . Posted by:
"abdul hafidz" a.hafidz
Terima kasih atas pencerahan yg diberikan, namun masih ada kendala dimana rumus masih belum bisa menghasilkan dengan kreteria yang di inginkan, mohon pencerahannya kembali dengan lampiran yang ada.
trims.
________________________________
Dari: "fset2006@gmail.com" <fset2006@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 3 Oktober 2013 9:32
Judul: RE: Re: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND
Cara lainnya mungkin seperti ini :
=IF(OR(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),MIN(B1,3),"")
Karena saya lihat syaratnya adalah jika
B1 = 1, maka 1
B1 = 2, maka 2
B1 >= 3, maka 3
Dengan menggunakan fungsi MIN(B1,3), maka jika B1 < 3, maka nilai yang muncul adalah nilai B1, jika lebih dari sama dengan 3, maka yang akan dimunculkan adalah 3
Semoga membantu
Thanks
Ferry
---In belajar-excel@yahoogroups.com, <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Coba ini pak..
=IF(AND(OR(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),B1>=3),3,IF(AND(OR(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),B1>=2),2,IF(AND(OR(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),B1>=1),1,"")))
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: <a.hafidz@...>
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, October 03, 2013 2:28 AM
Subject: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND
> Dear all master be-eXcel
> salamat malam menjelang pagi
>
>> Mohon pencerahannya apakah sdh benar penulisannya /peletakan fungsi rumus ini :
>
>> Di asumsikan rumus di tulis pada cell C1
>
>> =IF(OR(AND(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),(B1)>=1,"1",(B1)>=2,"2",(B1)>=3,"3"))
>
>> Dengan logika seperti berikut :
>> Jika A1 = PS atau A1 = PM atau A1 = PP dan jika B1>=1 maka hasilnya 1 dan jika B1>=2 maka hasilnya 2 dan jika B1>=3 maka hasilnya 3
>
>> Kurang lebih seperti itu logika yg di inginkan, so' mohon pencerhannya yah....
>
>> Trims.
>> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>>
>> ------------------------------------
>
>> =====================================================================
> Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
> Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
> Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
> Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
> href="http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3">http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> =====================================================================
> Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
> =====================================================================
>
>> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> href="mailto:belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com">belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
>> href="mailto:belajar-excel@yahoogroups.com">belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
>> href="http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages">http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> href="http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/">http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> href="http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/">http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: href="mailto:belajar-excel-owner@yahoogroups.com">belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
> href="http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/">http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/
>
> Individual Email | Traditional
>>
>
> href="mailto:belajar-excel-digest@yahoogroups.com">belajar-excel-digest@yahoogroups.com
> href="mailto:belajar-excel-fullfeatured@yahoogroups.com">belajar-excel-fullfeatured@yahoogroups.com
>
> href="mailto:belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com">belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>
> href="http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/">http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/
>
>
trims.
____________
Dari: "fset2006@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Kamis, 3 Oktober 2013 9:32
Judul: RE: Re: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND
Cara lainnya mungkin seperti ini :
=IF(OR(A1="
Karena saya lihat syaratnya adalah jika
B1 = 1, maka 1
B1 = 2, maka 2
B1 >= 3, maka 3
Dengan menggunakan fungsi MIN(B1,3), maka jika B1 < 3, maka nilai yang muncul adalah nilai B1, jika lebih dari sama dengan 3, maka yang akan dimunculkan adalah 3
Semoga membantu
Thanks
Ferry
---In belajar-excel@
Coba ini pak..
=IF(AND(OR(A1=
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: <a.hafidz@
To: <belajar-excel@
Sent: Thursday, October 03, 2013 2:28 AM
Subject: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND
> Dear all master be-eXcel
> salamat malam menjelang pagi
>
>> Mohon pencerahannya apakah sdh benar penulisannya /peletakan fungsi rumus ini :
>
>> Di asumsikan rumus di tulis pada cell C1
>
>> =IF(OR(AND(A1=
>
>> Dengan logika seperti berikut :
>> Jika A1 = PS atau A1 = PM atau A1 = PP dan jika B1>=1 maka hasilnya 1 dan jika B1>=2 maka hasilnya 2 dan jika B1>=3 maka hasilnya 3
>
>> Kurang lebih seperti itu logika yg di inginkan, so' mohon pencerhannya yah....
>
>> Trims.
>> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>>
>> ------------
>
>> ============
> Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
> Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
> Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
> Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
> href="http://tech.
> ============
> Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
> ============
>
>> ------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> href="mailto:belajar-excel-
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
>> href="mailto:belajar-excel@
>
> berkunjung ke web milis
>> href="http://tech.
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> href="http://www.mail-
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> href="http://milis-
>
> menghubungi moderators & owners: href="mailto:belajar-excel-
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe)
>> kirim mail kosong ke belajar-excel-
> ------------
>
> href="http://groups.
>
> Individual Email | Traditional
>>
>
> href="mailto:belajar-excel-
> href="mailto:belajar-excel-
>
> href="mailto:belajar-excel-
>
> href="http://info.
>
>
Thu Oct 3, 2013 12:24 am (PDT) . Posted by:
"Melky Rawis" melky.rawis@rocketmail.com
Dalam kasus yang saya lampirkan ada perhitungan jam istirahat yang harus
dipotong, misalnya jam kerja normal jam 8 s/d 16 = 8 jam kerja, yg ke
hitung hanya 7 jam kerja, dikarenakan potong jam istirahat jam 12.00 s/d
13.00, apa bila lembur sampai di atas jam 20.00 akan dipotong lagi 1 jam
istirahat dan selanjutnya setiap interval 4 jam lembur akan dipotong 1 jam
istirahat. Mohon pencerahanya lagi para Master. Tks.
Salam,
Melky
Best Regards,****
** **
*Melky Rawis*
*Admin Workshop*****
*PT.VSL Indonesia*
*Head Office :*****
Jl. Bendungan Hilir Raya No. 50
Jakarta 10210
Tel - +6221 5700786
Fax - +6221 5731217/ 5737557
E-mail : vslin@vslin.com
Web : www.vslin.com
*Workshop / Store :*****
Jl. Raya Narogong KM 9, Kel. Bantar Gebang
RT/RW : 002/04 No. 81
Bekasi 17151
Mobile +62 813 14 917 917
Tel - +6221 8252443
Fax - +6221 8252444
E-mail : workshop@vslin.com
melky.rawis@vslin.com
Pada 3 Oktober 2013 03.12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> **
>
>
> e...
>
> Coba :
> *=IF( Minute( total_jam_kerja ) > 40 , Ceiling( total_jam_kerja , 1/24 )
> , total_jam_kerja )
> *
> Misal : total_jam_kerja di cell X12, jadi :
> =IF( Minute( X12 ) > 40 , Ceiling( X12 , 1/24 ) , X12 )
>
> Misal : total_jam_kerja dihitung dengan formula Sum( X1:X11 )
> =IF( Minute( Sum( X1:X11 ) ) > 40 , Ceiling( Sum( X1:X11 ) , 1/24 ) , Sum(
> X1:X11 ) )
>
> atau gunakan :
> *=Max( total_jam_kerja , Ceiling( total_jam_kerja - "0:40:0" , 1/24 ) )
> *
> total_jam_kerja bisa diganti seperti formula yang diatas sana tadi
> teks "0:40:0" bisa diganti dengan batas untuk pembulatan keatasnya.
> teks "0:40:0" bisa diekspresikan dengan cara lain seperti 1/36
> menjadi :
> *=Max( total_jam_kerja , Ceiling( total_jam_kerja - 1/36 , 1/24 ) )
> *
> Misal : total_jam_kerja di cell X12, jadi :
> =Max( X12 , Ceiling( X12 - 1/36 , 1/24 ) )
>
> Misal : total_jam_kerja dihitung dengan formula Sum( X1:X11 )
> =Max( Sum( X1:X11 ) , Ceiling( Sum( X1:X11 ) - 1/36 , 1/24 ) )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/10/2 Melky Rawis <melky.rawis24@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Selamat siang para master Excel,
>> Sedikit merepotkan lagi buat para master Excel,
>> Kasus sebelumnya saya sudah pernah tanyakan dan sudah diselesaikan oleh
>> Pak Bagus,dimana perhitungan jam kerja dibulatkan setiap harinya, kali ini
>> saya mohon pencerahannya lagi untuk perhitungan jam kerja, dimana jam kerja
>> perhari dihitung secara real, jam dan menit di tampilkan, dalam 1 periode
>> (1 minggu) jumlah jam di totalkan, apa bila jumlah menit lebih dari 40 maka
>> akan dibulatkan ke atas.
>>
>> Untuk lebih detilnya file saya lampirkan.
>>
>> Best Regards,****
>>
>> ** **
>>
>> *Melky Rawis*
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
dipotong, misalnya jam kerja normal jam 8 s/d 16 = 8 jam kerja, yg ke
hitung hanya 7 jam kerja, dikarenakan potong jam istirahat jam 12.00 s/d
13.00, apa bila lembur sampai di atas jam 20.00 akan dipotong lagi 1 jam
istirahat dan selanjutnya setiap interval 4 jam lembur akan dipotong 1 jam
istirahat. Mohon pencerahanya lagi para Master. Tks.
Salam,
Melky
Best Regards,****
** **
*Melky Rawis*
*Admin Workshop****
*PT.VSL Indonesia*
*Head Office :*****
Jl. Bendungan Hilir Raya No. 50
Jakarta 10210
Tel - +6221 5700786
Fax - +6221 5731217/ 5737557
E-mail : vslin@vslin.
Web : www.vslin.com
*Workshop / Store :*****
Jl. Raya Narogong KM 9, Kel. Bantar Gebang
RT/RW : 002/04 No. 81
Bekasi 17151
Mobile +62 813 14 917 917
Tel - +6221 8252443
Fax - +6221 8252444
E-mail : workshop@vslin.
melky.rawis@
Pada 3 Oktober 2013 03.12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> **
>
>
> e...
>
> Coba :
> *=IF( Minute( total_jam_kerja ) > 40 , Ceiling( total_jam_kerja , 1/24 )
> , total_jam_kerja )
> *
> Misal : total_jam_kerja di cell X12, jadi :
> =IF( Minute( X12 ) > 40 , Ceiling( X12 , 1/24 ) , X12 )
>
> Misal : total_jam_kerja dihitung dengan formula Sum( X1:X11 )
> =IF( Minute( Sum( X1:X11 ) ) > 40 , Ceiling( Sum( X1:X11 ) , 1/24 ) , Sum(
> X1:X11 ) )
>
> atau gunakan :
> *=Max( total_jam_kerja , Ceiling( total_jam_kerja - "0:40:0" , 1/24 ) )
> *
> total_jam_kerja bisa diganti seperti formula yang diatas sana tadi
> teks "0:40:0" bisa diganti dengan batas untuk pembulatan keatasnya.
> teks "0:40:0" bisa diekspresikan dengan cara lain seperti 1/36
> menjadi :
> *=Max( total_jam_kerja , Ceiling( total_jam_kerja - 1/36 , 1/24 ) )
> *
> Misal : total_jam_kerja di cell X12, jadi :
> =Max( X12 , Ceiling( X12 - 1/36 , 1/24 ) )
>
> Misal : total_jam_kerja dihitung dengan formula Sum( X1:X11 )
> =Max( Sum( X1:X11 ) , Ceiling( Sum( X1:X11 ) - 1/36 , 1/24 ) )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/10/2 Melky Rawis <melky.rawis24@
>
>> **
>>
>>
>> Selamat siang para master Excel,
>> Sedikit merepotkan lagi buat para master Excel,
>> Kasus sebelumnya saya sudah pernah tanyakan dan sudah diselesaikan oleh
>> Pak Bagus,dimana perhitungan jam kerja dibulatkan setiap harinya, kali ini
>> saya mohon pencerahannya lagi untuk perhitungan jam kerja, dimana jam kerja
>> perhari dihitung secara real, jam dan menit di tampilkan, dalam 1 periode
>> (1 minggu) jumlah jam di totalkan, apa bila jumlah menit lebih dari 40 maka
>> akan dibulatkan ke atas.
>>
>> Untuk lebih detilnya file saya lampirkan.
>>
>> Best Regards,****
>>
>> ** **
>>
>> *Melky Rawis*
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
Thu Oct 3, 2013 12:34 am (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Coba ini pak...
=IF(AND(C7="PM",D7>0),1,IF(AND(C7="PS",D7>1),2,IF(AND(C7="PP",D7>2),3,"")))
Copy paste kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: abdul hafidz
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, October 03, 2013 2:22 PM
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND [1 Attachment]
Terima kasih atas pencerahan yg diberikan, namun masih ada kendala dimana rumus masih belum bisa menghasilkan dengan kreteria yang di inginkan, mohon pencerahannya kembali dengan lampiran yang ada.
trims.
----------------------------------------------------------
Dari: "fset2006@gmail.com" <fset2006@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 3 Oktober 2013 9:32
Judul: RE: Re: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND
Cara lainnya mungkin seperti ini :
=IF(OR(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),MIN(B1,3),"")
Karena saya lihat syaratnya adalah jika
B1 = 1, maka 1
B1 = 2, maka 2
B1 >= 3, maka 3
Dengan menggunakan fungsi MIN(B1,3), maka jika B1 < 3, maka nilai yang muncul adalah nilai B1, jika lebih dari sama dengan 3, maka yang akan dimunculkan adalah 3
Semoga membantu
Thanks
Ferry
---In belajar-excel@yahoogroups.com, <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Coba ini pak..
=IF(AND(OR(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),B1>=3),3,IF(AND(OR(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),B1>=2),2,IF(AND(OR(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),B1>=1),1,"")))
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: <a.hafidz@...>
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, October 03, 2013 2:28 AM
Subject: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND
> Dear all master be-eXcel
> salamat malam menjelang
pagi
>
> Mohon pencerahannya apakah sdh benar penulisannya
/peletakan fungsi rumus ini :
>
> Di asumsikan rumus di tulis
pada cell C1
>
>
=IF(OR(AND(A1="PS",A1="PM",A1="PP"),(B1)>=1,"1",(B1)>=2,"2",(B1)>=3,"3"))
>
> Dengan logika seperti berikut :
> Jika A1 = PS atau A1 = PM atau
A1 = PP dan jika B1>=1 maka hasilnya 1 dan jika B1>=2 maka hasilnya 2 dan jika B1>=3 maka hasilnya 3
>
> Kurang lebih seperti itu logika
yg di inginkan, so' mohon pencerhannya yah....
>
> Trims.
>
Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
>
------------------------------------
>
>
=====================================================================
>
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
> Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula
tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
>
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
> Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di
:
>
href="http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3">http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> =====================================================================
>
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
>
=====================================================================
>
>
----------------------------------------------------------
>
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>
href="mailto:belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com">belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
>
href="mailto:belajar-excel@yahoogroups.com">belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
>
href="http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages">http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload
lampiran
>
href="http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/">http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>
href="http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/">http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners:
href="mailto:belajar-excel-owner@yahoogroups.com">belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
href="http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/">http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/
>
> Individual Email | Traditional
>
> (Yahoo! ID required)
>
>
>
href="mailto:belajar-excel-digest@yahoogroups.com">belajar-excel-digest@yahoogroups.com
>
href="mailto:belajar-excel-fullfeatured@yahoogroups.com">belajar-excel-fullfeatured@yahoogroups.com
>
>
href="mailto:belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com">belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>
>
href="http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/">http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/
>
>
=IF(AND(C7="
Copy paste kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: abdul hafidz
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, October 03, 2013 2:22 PM
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND [1 Attachment]
Terima kasih atas pencerahan yg diberikan, namun masih ada kendala dimana rumus masih belum bisa menghasilkan dengan kreteria yang di inginkan, mohon pencerahannya kembali dengan lampiran yang ada.
trims.
------------
Dari: "fset2006@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Kamis, 3 Oktober 2013 9:32
Judul: RE: Re: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND
Cara lainnya mungkin seperti ini :
=IF(OR(A1="
Karena saya lihat syaratnya adalah jika
B1 = 1, maka 1
B1 = 2, maka 2
B1 >= 3, maka 3
Dengan menggunakan fungsi MIN(B1,3), maka jika B1 < 3, maka nilai yang muncul adalah nilai B1, jika lebih dari sama dengan 3, maka yang akan dimunculkan adalah 3
Semoga membantu
Thanks
Ferry
---In belajar-excel@
Coba ini pak..
=IF(AND(OR(A1=
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: <a.hafidz@
To: <belajar-excel@
Sent: Thursday, October 03, 2013 2:28 AM
Subject: [belajar-excel] Kombinasi rumus IF, OR, AND
> Dear all master be-eXcel
> salamat malam menjelang
pagi
>
> Mohon pencerahannya apakah sdh benar penulisannya
/peletakan fungsi rumus ini :
>
> Di asumsikan rumus di tulis
pada cell C1
>
>
=IF(OR(AND(A1=
>
> Dengan logika seperti berikut :
> Jika A1 = PS atau A1 = PM atau
A1 = PP dan jika B1>=1 maka hasilnya 1 dan jika B1>=2 maka hasilnya 2 dan jika B1>=3 maka hasilnya 3
>
> Kurang lebih seperti itu logika
yg di inginkan, so' mohon pencerhannya yah....
>
> Trims.
>
Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
>
------------
>
>
============
>
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
> Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula
tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
>
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
> Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di
:
>
href="http://tech.
> ============
>
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
>
============
>
>
------------
>
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>
href="mailto:belajar-excel-
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
>
href="mailto:belajar-excel@
>
> berkunjung ke web milis
>
href="http://tech.
>
> melihat file archive / mendownload
lampiran
>
href="http://www.mail-
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>
href="http://milis-
>
> menghubungi moderators & owners:
href="mailto:belajar-excel-
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe)
>
kirim mail kosong ke belajar-excel-
> ------------
>
>
href="http://groups.
>
> Individual Email | Traditional
>
> (Yahoo! ID required)
>
>
>
href="mailto:belajar-excel-
>
href="mailto:belajar-excel-
>
>
href="mailto:belajar-excel-
>
>
href="http://info.
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar