Jumat, 01 Agustus 2014

[belajar-excel] Digest Number 3022

6 Messages

Digest #3022

Messages

Thu Jul 31, 2014 10:54 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Hartono,

Untuk kasus ini, mungkin yang diharapkan adalah pada baris script berbunyi :
Set Ws = Worksheets(*"jprjam44"*)
bagian yang di-bold menjadi dinamis.

Nilai yang di-bold didapat dari sheet bernama panggilan Menu pada alamat
range E5, yang bunyi kode-nya adalah :
*Sheets("Menu").range("e5").value*

Ketika baris script di atas sana diganti bagian yang di-bold-nya dengan
bunyi yang baru (bawahnya), akan menjadi :
Set Ws = Worksheets( *Sheets("Menu").range("e5").value* )

Sepertinya sampai disini masalah telah selesai.

Akan tetapi,
Proses inputan data yang sama strukturnya (kolom-kolomnya sama, dsb) akan
lebih berkaidah tabel database jika disimpan sebisa mungkin dalam satu
sheet saja. Untuk kasus ini, nama sheet yang berupa jprjam44 dsb hanyalah
kode kota yang disimpan ke sebuah kolom bernama KDKota pada sebuah sheet
misalnya bernama data_kota.

Keuntungan menyimpan dalam satu sheet adalah kemudahan untuk dimanfaatkan
dalam komputasi dibagian lain atau di data lain yang membutuhkan data kota,
sedangkan data lain tersebut berasal dari banyak kota.

Output untuk menampilkan daftar per kota per sheet sebagai laporan rutin
atau laporan yang sering diminta, dapat dilakukan dengan bantuan Pivot
Table, formula, maupun VBA.

Jadi, pada kasus ini, sebenarnya akan lebih baik jika hasil inputan
disimpan ke sebuah sheet bernama data_kota (misalnya) yang salah satu
kolomnya adalah kolom bernama KD Kota.

Wassalam,
Kid.

2014-07-31 12:28 GMT+10:00 Hartono Sondakh hartono_sondakh@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear para Pakar Excell,
> Tolong bantuannya dong untuk kode macronya agar : Pada saat saya
> memasukkan data secara otomatis
> ke sheet yang saya tuju (sheet sama dengan data KD Kota), nantinya sheet
> tidak hanya 2 tetapi ada sekitar 20an.
>
> Thank u sebelumnya
>
>
>

Thu Jul 31, 2014 11:38 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Tony,

Kasus 0 : Persentase nilai Achive (kolom E)
Untuk data di baris 5, nilai achieve (Actual / Target) bisa diperoleh
dengan formula berbunyi :
= ( D5 / C5 )
karena C5 bisa jadi 0 atau masih kosong, maka kemungkinan akan menghasilkan
error value #DIV/0! sehingga dibutuhkan trap error dengan pengecekan nilai
C5 seperti yang ada dalam formula di E5 yang berbunyi :
=IF(C5<>0,D5/C5,"")
sebaiknya bunyi "" diganti dengan 0 menjadi :
=IF(C5<>0,D5/C5,0)
atau jika "" dimaksudkan untuk membedakan antara yang actual-nya 0 harus
bernilai achieve 0 dan yang target kosong atau 0 tampak kosong (bukan 0),
maka bagian "" dalam formula diganti menjadi -1 sehingga formula berbunyi :
=IF(C5<>0,D5/C5,0)
kemudian di format cells -> tab Number -> opsi Custom -> isi di textbox
bunyi :
0%;;0%
lalu tekan OK

atau dengan IFError (xl2007 ke atas) yang berbunyi :
=IFError( D5 / C5 , -1 )
kemudian di format cells -> tab Number -> opsi Custom -> isi di textbox
bunyi :
0%;;0%
lalu tekan OK

Misal, untuk data di baris 5, cell E5 bisa juga diberi formula :
=IFError( D5 / C5 , -1 )
dan sudah di format cells -> tab Number -> opsi Custom -> isi di textbox
bunyi :
0%;;0%
lalu tekan OK

Kasus 1 : Status dari nilai Achieve (kolom K) [jika butuh ditampilkan]
Sepertinya status achieved tercapai jika Actual >= Target kan ya. Karena
nilai achieve sudah dihitung pada kolom E, maka status Achieved diperoleh
jika nilai kolom E >= 1, sehingga formula di baris 5 pada kolom K berbunyi
: (cell K5)
=( E5 >= 1 ) * 1
kemudian di format cells -> tab Number -> opsi Custom -> isi di textbox
bunyi :
"Achieved";;
lalu tekan OK

Kasus 2 : Poin dari achieve (kolom H) [jika butuh ditampilkan]
Dengan kriteria jika status-nya Achieved (kolom E >= 1), maka poin dihitung
dengan Target / 155juta alias kolom C dibagi 155juta.
Untuk data di baris 5, formula berbunyi :
=( E5 >= 1 ) * C5 / 155000000
kemudian di format cells -> tab Number -> opsi Custom -> isi di textbox
bunyi :
0.00;;
lalu tekan OK

Kasus 3 : Poin dari Extra (kolom i) [jika butuh ditampilkan]
Dengan kriteria jika status-nya Achieved (kolom E >= 1) *dan *Partisipasi
Extra adalah 'YES' (kolom F = "YES"), maka poin extra dihitung dengan
(Actual - Target) / 100juta alias ( kolom D - kolom C ) / 100juta
Untuk data di baris 5, formula berbunyi :
=( E5 >= 1 ) *** ( F5 = "YES" ) *** ( D5 - C5 ) / 100000000
kemudian di format cells -> tab Number -> opsi Custom -> isi di textbox
bunyi :
0.00;;
lalu tekan OK

Kasus 4 : Total poin (kolom J)
> jika kasus 2 dan 3 ditampilkan, maka sudah ada nilai poin achieve di
kolom H dan nilai poin Extra di kolom i, dan formula menghitung total poin
untuk data di baris 5 akan berbunyi :
=H5+i5
kemudian di format cells -> tab Number -> opsi Custom -> isi di textbox
bunyi :
0.00;;-
lalu tekan OK

> jika kasus 2 dan 3 tidak ditampilkan (alias langsung hitung nilai
totalnya tanpa bantuan kolom H dan kolom i), maka formula untuk data di
baris 5 akan berbunyi :
=( E5 >= 1 ) * *C5 / 155000000* + ( E5 >= 1 ) *** ( F5 = "YES"
) *** ( D5 - C5 ) / 100000000
yang dapat disederhanakan (masih ingat pelajaran matematika SD kan ya kalo
ndak salah komutatif, asosiatif dsb gitu deh)
=( E5 >= 1 ) * ( *C5 / 155000000* + ( F5 = "YES" ) *** ( D5 - C5 ) /
100000000 )
kemudian di format cells -> tab Number -> opsi Custom -> isi di textbox
bunyi :
0.00;;-
lalu tekan OK

;)

gitu kali ya

Wassalam,
Kid.

2014-07-31 13:21 GMT+10:00 Tony Bexcel tonybexcel@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Para Pakar yang Budiman dan teman2 Excel Mania,
>
> Mohon maaf pada email sebelum nya lupa diberikan Judul..
> Sebelumnya saya mengucapkan Selamat Hari Raya Iedul Fitri ya
> temans...mohon maaf Lahir dan Bathin..
> Kalau diberikan kesempatan bertanya hari ini,saya ingin menanyakan
> mengenai rumusan mencari nilai poin dan tambahanan nya sesuai kebijakan.
> Agar lebih memudahkan yg dimaksud,saya lampirkan contoh pada file
> terlampir.
> Terimakasih atas segala bantuan dan waktunya ya temans...
>
>
> Tony B
>
>
>

Thu Jul 31, 2014 11:54 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Adi,

Jika data sudah banyak dan setiap user tidak pasti 10 record dan setiap
user bisa berbeda-beda jumlah record yang di-input, maka penyimpanan data
seperti yang Anda harapkan akan menjadi ribet (uh.. ogah banget kalo
beribet ria). Dikuatirkan lagi, ternyata dari 10 record yang akan di-input
oleh seorang user hari itu, baru bisa terinput 7 record saja, maka akan ada
3 baris kosong antar record data (uh.. gak berkaidah database banget tuh).

Bagaimana jika, (hanya jika loh ya... jadi bisa saja Anda merasa hal ini
belum tentu baik)
1. di sheet penyimpanan data (di sebuah workbook khusus yang katanya
di-share itu ya) ditambahkan kolom bernama User_Penginput yang diisi dengan
ID user penginput (kalo ndak bisa ID-nya, isi dengan nama si user penginput
tapi usahakan konsisten penulisannya)

2. [bila perlu] tambahkan sekalian kolom waktu penginputan (misal diberi
nama kolom Tgl_Input), bila sering diminta menampilkan per tanggal input
tanpa memperdulikan jam inputnya, pisahkan antara sisi data tanggal dengan
jam menjadi 2 kolom, yang berarti akan ada kolom Date_Input dan Time_Input

Setelah ditambahkan kolom tersebut, maka ubah script VBA yang menulis ke
workbook penyimpanan tersebut untuk selalu menulis di baris kosong pertama
yang ditemui. Dengan urutan proses :
a. buka workbook penyimpanan
b. tulis data (lengkap sampai kolom-kolom baru yang ditambahkan tadi)
c. save workbook penyimpanan
d. tutup workbook penyimpanan

Maka nanti seluruh data yang disimpan akan tampak acak sesuai waktu
penyimpanan.

Di sisi output, ketika dibutuhkan output yang menampilkan :
a. terurut berdasar User, maka ambil seluruh data dan sort berdasar kolom
User_Penginput.
b. terurut berdasar User pada rentang tanggal input tertentu, maka ambil
data pada rentang waktu tertentu kemudian sort berdasar User_penginput.
Fitur Advanced Filter akan memudahkan proses ini.

Wassalam,
Kid.

2014-07-31 13:28 GMT+10:00 adi_laksana27@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Salam kenal para exceler semua,
>
> Pada kesempatan ini saya ingin mohon bantuannya kepada para exceler semua
> untuk kasus saya yg seperti ini. Jadi saya mempunyai sebuah workbook yg
> ter"share"; dalam sebuah jaringan sehingga memungkinkannya workbook tersebut
> dikerjakan lebih dari satu user dalam waktu bersamaan. Misalnya terdapat 3
> user yang bekerja bersamaan dan masing2 setiap user taruhlah mengerjakan
> input data berjumlah 10 yang berurutan. Contoh:
> User A menginput data dari nomor 1 s/d 10 (letaknya di baris ke-2 s/d
> ke-11 pada kolom A)
> User B menginput data dari nomor 11 s/d 20 (letaknya di baris ke-12 s/d
> ke-21 pada kolom A)
> User C menginput data dari nomor 21 s/d 30 (letaknya di baris ke-13 s/d
> ke-31 pada kolom A)
> Persoalannya, jika pada workbook itu saya menggunakan pemodelan sheet_form
> dan sheet_database tentunya ketika user2 tersebut mengklik tombol "simpan"
> urutan data ketiga user tersebut akan menjadi acak2an, tidak sesuai baris
> urutannya.
>
> Yang saya harapkan adalah ketika user A menginput nomor urut 1 dan pada
> saat yg sama user B dan C menginput nomor urut 11 dan 21, maka inputan
> mereka otomatis masuk ke sheet_database pada baris tempat urutan mereka.
>
> Mohon pencerahannya. Terimakasih
>
>
> (Semoga para exceler paham dengan maksud saya, maaf saya newbie soalnya)
>
>
>

Thu Jul 31, 2014 12:43 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Kesi,

Protect sheet yang bisa insert comment adalah dengan mengatur agar *Drawing
object tidak di-protect*.
Sheets("nama sheetnya").protect "passwordnya", *false*

Wassalam,
Kid.

On Mon, Jul 21, 2014 at 10:43 AM, KESI VIZZIANTI kesi.vizzianti@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Adakah yang salah dengan perintah di bawah ini?
> waktu di lock kok tidak bisa insert koment di cell ya?
>
> Private Sub CommandButton1_Click()
> Dim wSheet As Worksheet
>
> For Each wSheet In Worksheets
> On Error GoTo akhir
> If wSheet.ProtectContents = True Then
> wSheet.Unprotect Password:=TextBox1.Text
> teruskan:
> Else
> wSheet.Protect Password:=TextBox1.Text, AllowFiltering:=True,
> Scenarios:=True
>
> End If
> Next wSheet
> Exit Sub
> akhir:
> MsgBox wSheet.Name & " : passwordnya salah !!!bukan : " & TextBox1,
> 48, "oops!"
> GoTo teruskan
> End Sub
>
> --
> *Kesi Vizzianti*
> Email kesi.vizzianti@gmail.com
> Phone 0812-77176028
> Blog http://kesivizzianti.blogspot.com/
> Twitter KesiVizzianti <https://twitter.com/KesiVizzianti>
>
>

Thu Jul 31, 2014 12:48 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Yudi,

Cell C8 diberi formula :
=edate(c7,1)

Kemudian save as file dan pilih tipe file Macro Enabled Workbook (.xlsm)

Setelah itu, silakan search dimilis tentang input atau unduh materi kopdar
#2 yang bahasannya persis seperti kasus Anda ini.

Wassalam,
Kid.

2014-07-23 18:53 GMT+10:00 Yudi Dwiyono yudidwiyono@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Master Excel,
>
> Saya ada masalah ketika stock di site sulit sekali pencatatannya.
> Mohon di bantu untuk VBA input data terlampir.
> Thanks atas perhatiannya.
>
> Regards,
> Yudi
>
>
>
>

Fri Aug 1, 2014 12:50 am (PDT) . Posted by:


"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated&quot;
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

A. SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

B. SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

(6)
Menyertakan link yang merujuk kepada halaman yang berisi iklan produk /
informasi yang tidak berhubungan dengan Excel / pertanyaan.

C. LAIN LAIN:
========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan&quot; dsb, hanya akan merusak 'Thread&#39; (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting&#39; (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan&quot;, tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri&#39; (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette&quot;.

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes&quot;, tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

revisi 2: tgl 02Des2013 / dwint
# penambahan point B.6.

=====================================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html

Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar