11 Messages
Digest #3051
4b
Bls: [belajar-excel] urtkan nomor berdasarkan tanggal yang tidak ter by "Lazuardi Biru" lazuardi_biru84
Messages
Mon Aug 25, 2014 1:52 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Rekan2 Be-Excel,
Pertama2 saya ingin berterima kasih kepada Mr. Kid yang telah menunjukkan jalan masuk (pengenalan SQL) dan Pak Zainal Ulum yang telah membukakan pintu masuk untuk memahami SQL lebih jauh.
Sesuai petunjuk dan arahan beliau2, saya coba menyusun ulang SQL "sederhana" untuk mengolah 3 sheets, yaitu Stok (Awal), Beli dan Jual.
Tujuannya adalah menghitung Gross Profit dan Saldo Akhir dengan menggunakan data yang ada pada ketiga sheet tersebut dimana data pada masing-masing sheet dapat ditambah atau dikurangi.
(File dan SQL Statementnya terlampir; directory yang saya gunakan adalah G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL).
SQL Statemen untuk menghasilkan tabel output 12 kolom adalah sebagai berikut:
Select s.Nama_Brg, s.Qty, s.Nilai, b.Qty_Beli, b.Nilai_Beli,(s.Nilai+b.Nilai_Beli)/(s.Qty+b.Qty_Beli) As HPP_Unit, j.Qty_Jual, j.Nilai_Jual, j.Qty_Jual*HPP_Unit as Total_HPP, j.Nilai_Jual-Total_HPP as Gross_Margin, s.Qty+b.Qty_Beli-j.Qty_Jual as Qty_Akhir, s.Nilai+b.Nilai_Beli-Total_HPP as Nilai_Akhir
From ([G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_PL.xlsx].[Stok$] as s
Left Join
(Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0,Sum(Qty)) As Qty_Beli, IIF(Sum(Qty*Hrg) is NULL,0,Sum(Qty*Hrg)) As Nilai_Beli
From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_PL.xlsx].[Beli$]
Group By Nama_Brg) as b
on s.Nama_Brg =b.Nama_Brg)
Left Join
(Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0, Sum(Qty)) As Qty_Jual, IIF(Sum(Qty*Hrg) is NULL,0, Sum(Qty*Hrg)) As Nilai_Jual
From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_PL.xlsx].[jual$]
Group By Nama_Brg) as J
on s.Nama_Brg =j.Nama_Brg
Pertanyaannya:
Adakah cara untuk meringkas SQL statement pada baris pertama tersebut ?
Adapun kolom2 output (hasil)nya adalah sbb:
Nama_Brg
Qty
Nilai
Qty_Beli
Nilai_Beli
HPP_Unit
Qty_Jual
Nilai_Jual
Total_HPP
Gross_Margin
Qty_Akhir
Nilai_Akhir
Terima kasih.
Salam,
HK
Pertama2 saya ingin berterima kasih kepada Mr. Kid yang telah menunjukkan jalan masuk (pengenalan SQL) dan Pak Zainal Ulum yang telah membukakan pintu masuk untuk memahami SQL lebih jauh.
Sesuai petunjuk dan arahan beliau2, saya coba menyusun ulang SQL "sederhana&quo
Tujuannya adalah menghitung Gross Profit dan Saldo Akhir dengan menggunakan data yang ada pada ketiga sheet tersebut dimana data pada masing-masing sheet dapat ditambah atau dikurangi.
(File dan SQL Statementnya terlampir; directory yang saya gunakan adalah G:\
SQL Statemen untuk menghasilkan tabel output 12 kolom adalah sebagai berikut:
Select s.Nama_Brg, s.Qty, s.Nilai, b.Qty_Beli, b.Nilai_Beli,
From ([G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_
Left Join
(Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0,Sum(Qty)
From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_
Group By Nama_Brg) as b
on s.Nama_Brg =b.Nama_Brg)
Left Join
(Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0, Sum(Qty)) As Qty_Jual, IIF(Sum(Qty*
From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_
Group By Nama_Brg) as J
on s.Nama_Brg =j.Nama_Brg
Pertanyaannya:
Adakah cara untuk meringkas SQL statement pada baris pertama tersebut ?
Adapun kolom2 output (hasil)nya adalah sbb:
Nama_Brg
Qty
Nilai
Qty_Beli
Nilai_Beli
HPP_Unit
Qty_Jual
Nilai_Jual
Total_HPP
Gross_Margin
Qty_Akhir
Nilai_Akhir
Terima kasih.
Salam,
HK
Mon Aug 25, 2014 3:21 am (PDT) . Posted by:
"Arief Chriestianto"
Dengan Hormat Hendrik
Mohon Arahan dalam tata cara menghitung Utilisasi unit dan truck dalam
bentuk excel
Terimakasih
Salam
Arief Chriestianto
Pada 25 Agustus 2014 15.52, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Rekan2 Be-Excel,
>
> Pertama2 saya ingin berterima kasih kepada Mr. Kid yang telah menunjukkan
> jalan masuk (pengenalan SQL) dan Pak Zainal Ulum yang telah membukakan
> pintu masuk untuk memahami SQL lebih jauh.
>
> Sesuai petunjuk dan arahan beliau2, saya coba menyusun ulang SQL
> "sederhana" untuk mengolah 3 sheets, yaitu Stok (Awal), Beli dan Jual.
> Tujuannya adalah menghitung Gross Profit dan Saldo Akhir dengan
> menggunakan data yang ada pada ketiga sheet tersebut dimana data pada
> masing-masing sheet dapat ditambah atau dikurangi.
> (File dan SQL Statementnya terlampir; directory yang saya gunakan adalah G:\SQL
> dan EXCEL\SQL TBL).
>
> SQL Statemen untuk menghasilkan tabel output 12 kolom adalah sebagai
> berikut:
> Select s.Nama_Brg, s.Qty, s.Nilai, b.Qty_Beli,
> b.Nilai_Beli,(s.Nilai+b.Nilai_Beli)/(s.Qty+b.Qty_Beli) As HPP_Unit,
> j.Qty_Jual, j.Nilai_Jual, j.Qty_Jual*HPP_Unit as Total_HPP,
> j.Nilai_Jual-Total_HPP as Gross_Margin, s.Qty+b.Qty_Beli-j.Qty_Jual as
> Qty_Akhir, s.Nilai+b.Nilai_Beli-Total_HPP as Nilai_Akhir
> From ([G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_PL.xlsx].[Stok$] as s
> Left Join
> (Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0,Sum(Qty)) As Qty_Beli,
> IIF(Sum(Qty*Hrg) is NULL,0,Sum(Qty*Hrg)) As Nilai_Beli
> From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_PL.xlsx].[Beli$]
> Group By Nama_Brg) as b
> on s.Nama_Brg =b.Nama_Brg)
> Left Join
> (Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0, Sum(Qty)) As Qty_Jual,
> IIF(Sum(Qty*Hrg) is NULL,0, Sum(Qty*Hrg)) As Nilai_Jual
> From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_PL.xlsx].[jual$]
> Group By Nama_Brg) as J
> on s.Nama_Brg =j.Nama_Brg
>
> Pertanyaannya:
> Adakah cara untuk meringkas SQL statement pada baris pertama tersebut ?
>
> Adapun kolom2 output (hasil)nya adalah sbb:
> *Nama_Brg *
> * Qty *
> * Nilai *
> * Qty_Beli *
> * Nilai_Beli *
> * HPP_Unit *
> * Qty_Jual *
> * Nilai_Jual *
> * Total_HPP *
> * Gross_Margin *
> * Qty_Akhir *
> * Nilai_Akhir *
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
>
>
>
Mohon Arahan dalam tata cara menghitung Utilisasi unit dan truck dalam
bentuk excel
Terimakasih
Salam
Arief Chriestianto
Pada 25 Agustus 2014 15.52, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Rekan2 Be-Excel,
>
> Pertama2 saya ingin berterima kasih kepada Mr. Kid yang telah menunjukkan
> jalan masuk (pengenalan SQL) dan Pak Zainal Ulum yang telah membukakan
> pintu masuk untuk memahami SQL lebih jauh.
>
> Sesuai petunjuk dan arahan beliau2, saya coba menyusun ulang SQL
> "sederhana&quo
> Tujuannya adalah menghitung Gross Profit dan Saldo Akhir dengan
> menggunakan data yang ada pada ketiga sheet tersebut dimana data pada
> masing-masing sheet dapat ditambah atau dikurangi.
> (File dan SQL Statementnya terlampir; directory yang saya gunakan adalah G:\SQL
> dan EXCEL\SQL TBL).
>
> SQL Statemen untuk menghasilkan tabel output 12 kolom adalah sebagai
> berikut:
> Select s.Nama_Brg, s.Qty, s.Nilai, b.Qty_Beli,
> b.Nilai_Beli,
> j.Qty_Jual, j.Nilai_Jual, j.Qty_Jual*HPP_
> j.Nilai_Jual-
> Qty_Akhir, s.Nilai+b.Nilai_
> From ([G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_
> Left Join
> (Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0,Sum(Qty)
> IIF(Sum(Qty*
> From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_
> Group By Nama_Brg) as b
> on s.Nama_Brg =b.Nama_Brg)
> Left Join
> (Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0, Sum(Qty)) As Qty_Jual,
> IIF(Sum(Qty*
> From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_
> Group By Nama_Brg) as J
> on s.Nama_Brg =j.Nama_Brg
>
> Pertanyaannya:
> Adakah cara untuk meringkas SQL statement pada baris pertama tersebut ?
>
> Adapun kolom2 output (hasil)nya adalah sbb:
> *Nama_Brg *
> * Qty *
> * Nilai *
> * Qty_Beli *
> * Nilai_Beli *
> * HPP_Unit *
> * Qty_Jual *
> * Nilai_Jual *
> * Total_HPP *
> * Gross_Margin *
> * Qty_Akhir *
> * Nilai_Akhir *
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
>
>
>
Mon Aug 25, 2014 3:21 am (PDT) . Posted by:
john_r_persico
Learn more and register - ModelOff 2014 | The Financial Modeling World Championships http://www.modeloff.com/
http://www.modeloff.com/
ModelOff 2014 | The Financial Modeling World Championshi... http://www.modeloff.com/ The 2014 Finance and Financial Modeling World Championships in Microsoft Excel. International Investment Banking and Corporate Finance Co...
Visualizar em www.modeloff.com http://www.modeloff.com/
Visualização pelo Yahoo
â
John R Persico
Executive Director
2014 Excel Modeling World Championships
E: john@modeloff.com mailto:john@modeloff.com W: www.modeloff.com http://www.modeloff.com/
http://www.modeloff.com/
ModelOff 2014 | The Financial Modeling World Championshi... http://www.modeloff.com/ The 2014 Finance and Financial Modeling World Championships in Microsoft Excel. International Investment Banking and Corporate Finance Co...
Visualizar em www.modeloff.com http://www.modeloff.com/
Visualização pelo Yahoo
â
John R Persico
Executive Director
2014 Excel Modeling World Championships
E: john@modeloff.com mailto:john@modeloff.com W: www.modeloff.com http://www.modeloff.com/
Mon Aug 25, 2014 4:25 am (PDT) . Posted by:
"Sandra Yudha" cahayaoptikmandiri
salam master
mau nanya nih..gimana cara buat rumus vba nya untuk tombol kalkulasi.
jadi apabila tombol tsb ditekan maka akan menghitung seperti rumus yg sdh ada, dan apabila nggak ditekan maka tdk ter update
contoh soal ada dilampiran..
terima kasih
yudha
mau nanya nih..gimana cara buat rumus vba nya untuk tombol kalkulasi.
jadi apabila tombol tsb ditekan maka akan menghitung seperti rumus yg sdh ada, dan apabila nggak ditekan maka tdk ter update
contoh soal ada dilampiran..
terima kasih
yudha
Mon Aug 25, 2014 7:34 pm (PDT) . Posted by:
"Winov X" winovx
kalo yang dimaksud
mau men SORT nomor urut tanpa melibatkan tanggal
coba di select (eh, di blok) tanggalnya doang tanpa melibatkan header
klik kanan
SORT
trus pilih CONTINUE WITH CURRENT SELECTION
nanti yang ke SORT cuma tanggalnya doang
Insya Alloh
semoga sesuai yang diharapkan
__Winarno__
Pada Sabtu, 23 Agustus 2014 10:44, "Lazuardi Biru lazuardi_biru84@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
dh
salam be-exceler
daer temen2 be exceler mohon bantuan untuk memberi nmor urut berdasarkan tanggal yang tidak ter sort..
sudah coba countif,if tapi mentok.. hehehe
untuk jelasnya file terlampir
salam
lb
mau men SORT nomor urut tanpa melibatkan tanggal
coba di select (eh, di blok) tanggalnya doang tanpa melibatkan header
klik kanan
SORT
trus pilih CONTINUE WITH CURRENT SELECTION
nanti yang ke SORT cuma tanggalnya doang
Insya Alloh
semoga sesuai yang diharapkan
__Winarno__
Pada Sabtu, 23 Agustus 2014 10:44, "Lazuardi Biru lazuardi_biru84@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
dh
salam be-exceler
daer temen2 be exceler mohon bantuan untuk memberi nmor urut berdasarkan tanggal yang tidak ter sort..
sudah coba countif,if tapi mentok.. hehehe
untuk jelasnya file terlampir
salam
lb
Mon Aug 25, 2014 8:12 pm (PDT) . Posted by:
"Lazuardi Biru" lazuardi_biru84
mr kid dan pak winarno
teng kyu responya..
pak win yang saya maksud seperti solusi pak kid..
berhubung waktu coba range contipnya yang awal tidak saya kasih tanda $ jadi tidak berhasil..
salam
lb
Pada Selasa, 26 Agustus 2014 9:35, "Winov X winovx@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
kalo yang dimaksud
mau men SORT nomor urut tanpa melibatkan tanggal
coba di select (eh, di blok) tanggalnya doang tanpa melibatkan header
klik kanan
SORT
trus pilih CONTINUE WITH CURRENT SELECTION
nanti yang ke SORT cuma tanggalnya doang
Insya Alloh
semoga sesuai yang diharapkan
__Winarno__
Pada Sabtu, 23 Agustus 2014 10:44, "Lazuardi Biru lazuardi_biru84@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
dh
salam be-exceler
daer temen2 be exceler mohon bantuan untuk memberi nmor urut berdasarkan tanggal yang tidak ter sort..
sudah coba countif,if tapi mentok.. hehehe
untuk jelasnya file terlampir
salam
lb
teng kyu responya..
pak win yang saya maksud seperti solusi pak kid..
berhubung waktu coba range contipnya yang awal tidak saya kasih tanda $ jadi tidak berhasil..
salam
lb
Pada Selasa, 26 Agustus 2014 9:35, "Winov X winovx@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
kalo yang dimaksud
mau men SORT nomor urut tanpa melibatkan tanggal
coba di select (eh, di blok) tanggalnya doang tanpa melibatkan header
klik kanan
SORT
trus pilih CONTINUE WITH CURRENT SELECTION
nanti yang ke SORT cuma tanggalnya doang
Insya Alloh
semoga sesuai yang diharapkan
__Winarno__
Pada Sabtu, 23 Agustus 2014 10:44, "Lazuardi Biru lazuardi_biru84@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
dh
salam be-exceler
daer temen2 be exceler mohon bantuan untuk memberi nmor urut berdasarkan tanggal yang tidak ter sort..
sudah coba countif,if tapi mentok.. hehehe
untuk jelasnya file terlampir
salam
lb
Mon Aug 25, 2014 7:54 pm (PDT) . Posted by:
"ris ha" har1sn.excel
Alhamdulillah masalah terpecahkan..., terima kasih Mr. Kid
On Thursday, August 21, 2014 2:58 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Coba array formula : (c1)
=IFERROR(INDEX($A$1:$A$20,SMALL(IF(COUNTIF($B$1:$B$20,$A$1:$A$20)<1,ROW($A$1:$A$20)),ROW())),0)
format cells -> tab number -> custom -> isi di textbox : 0;; -> ok
copy ke baris lain
Wassalam,
Kid.
2014-08-20 17:11 GMT+10:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>Mohon bantuannya pada para master excel
>
>
>Bagimana caranya agardata
yang sama (Kolom A & B) tidak dimunculkan kembali pada kolom hasil
>
>
>Terima kasih
>
>
>
On Thursday, August 21, 2014 2:58 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Coba array formula : (c1)
=IFERROR(INDEX($A$1:$A$20,SMALL(IF(COUNTIF($B$1:$B$20,$A$1:$A$20)<1,ROW($A$1:$A$20)),ROW())),0)
format cells -> tab number -> custom -> isi di textbox : 0;; -> ok
copy ke baris lain
Wassalam,
Kid.
2014-08-20 17:11 GMT+10:00 ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>Mohon bantuannya pada para master excel
>
>
>Bagimana caranya agardata
yang sama (Kolom A & B) tidak dimunculkan kembali pada kolom hasil
>
>
>Terima kasih
>
>
>
Mon Aug 25, 2014 8:39 pm (PDT) . Posted by:
"Nang Agus"
Asalamualaikum warahmatullah,
Mas Kid
Terima kasih penjelasannya,
akan saya coba untuk membuat solusi seperti yang mas kid sarankan.
Tentunya hanya untuk bahan saya belajar, karena belum tahu kapan selesainya.
Terimakasih
Wasalam
Nang
2014-08-23 16:12 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> mas Agus,
>
> Banyak banget ya pertanyaannya...
> hehehe... berhubung sudah sempet lihat kasus beserta urun solusi dari mas
> Agus, saya coba jawab atu per atu yak...
>
> 1. Apakah mungkin data seperti ini digunakan formula?
> >> sebenarnya sih mungkin, cuman bisa jadi ndak epektip ato setidaknya
> ndak epicien gitu.
>
> 2. jika memungkinkan apakah perlu dummi?
> >> karena memungkinkan, maka bisa pakai dummi (maksudnya cell atau kolom
> atau baris bantu kan ya), bisa juga gak pakai alias langsungan. Tapi, ya
> itu tadi dah, bisa jadi ndak epektip ato epicien, apalagi kalau record
> datanya ada banyak.
> >> bisa jadi dengan tabel bantu malah akan jadi efektif dan efisien.
> >> setidaknya, dengan kolom bantu juga masih cukup efektif dan efisien
> >> dengan cell bantu, bisa jadi masih bisa dibilang efektif dan efisien
> >> dengan baris bantu, meski mulai kurang efisien, tapi bisa dibilang
> masih mending daripada ndak pakai sama sekali
> >> tanpa pakai bantuan, kayanya beneran ndak epektip ato setidaknya ndak
> epicien.
>
> 3. Bisa gak ya... kalau pakai formula tanpa dummi?
> >> Bisa kayanya.
> >> mungkin fungsi-fungsi yang dipakai adalah Row, Index, Match, sedikit
> Small dan IF, dipoleh fungsi text dikit seperti Mid, Find, Trim, dan Len,
> disertai trap error seperti IsNumber atau sebangsanya, termasuk si IFError
> mungkin ya. Bisa jadi masih ada fungsi lain yang biasa dipakai (bertebaran
> dimilis) yang belum disebut yang bisa digunakan.
> >> silakan dicoba saja.
> >> usahakan, ndak pakai fungsi-fungsi volatile ya, seperti fungsi Offset,
> Today, Now, Indirect, Rand, RandBetween dalam jumlah yang banyak (dibanyak
> cell) untuk antisipasi kalau datanya ada banyak atau cell berformulanya ada
> banyak, sehingga Excel tidak mudah cepat terlihat lamban.
> >> selamat mencoba ya... itung-itung buat latihan dah... soale belum
> sempat nih.
>
> 4. Menurut saya yang paling logis adalah menggunakan text to column
> kemudian baru digunakan formula.
> >> kalo menurut saya, yang paling logis adalah merembug ulang dengan
> pemberi data agar bersedia memberi akses koneksi database ke sumber data
> yang diolah menjadi text file yang ndak 'pengolah data prenly'.
> >> dengan akses ke database, maka berbagai output bisa dibuat dengan lebih
> sederhana
> >> kalo ndak boleh, ya minta yang bentuknya lebih 'pengolah data prenly'
> lah, seperti bentuk tabel saja daripada fix report demikian.
> >> kalo ndak bisa juga (walah hidup kok sukanya mempersulit pihak lain),
> buat template pengolah data agar bisa mendapatkan tabel yang baik, lalu
> tabel itu disimpan ke lokasi baru (copas value) hingga menjadi database
> yang baik.
> >> kalo ndak bisa bikin templatenya, ya belajar
> >> kalo malas belajarnya atau kurang semangat belajarnya, atau (alasan
> paling banyak nih) gak sempet belajarnya, ya cari anggaran yang besar untuk
> bayar orang membuatkannya.
> >> kalo ndak bisa cari anggaran, ya duduk manis saja ngerjain manual
> >> kalo dah bosen ngerjain manual, gimana lagi coba ?
>
> 5. Kalau menggunakan dummi 31 kolom (dengan asumsi 1 bulan terdapat 31
> hari) dan tabelnya selalu tetap seperti contoh. maka formulanya dapat
> menggunakan mid dan lookup, sedangkan rekapnya dapat menggunakan formula
> index match.
> >> ya betul.
> >> kenapa ndak pakai 4 kolom bantu saja ? 3 kolom bantu untuk 3 kolom
> tanggal, dan 1 kolom bantu berisi branch.
>
> 6. Dapatkah formula ini disederhanakan?
> >> dapat disederhanakan.
>
> 7. atau dapat dikerjakan tanpa dummi?
> >> bai piling sih dapat mas.
> >> percaya deh... kalo ndak bisa tanpa dummi berarti harus pakai dummi.
>
> :)
>
> Moga-moga ada BeExceller yang terus berusaha mencoba tanpa helper formula.
> Yang suka VBA kok ya belum muncul ya...
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-08-23 12:43 GMT+10:00 Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Asalamualaikum Mr. Kid
>>
>> Apakah mungkin data seperti ini digunakan formula?
>> jika memungkinkan apakah perlu dummi?
>> Bisa gak ya... kalau pakai formula tanpa dummi?
>> Menurut saya yang paling logis adalah menggunakan text to column kemudian
>> baru digunakan formula.
>>
>> Kalau menggunakan dummi 31 kolom (dengan asumsi 1 bulan terdapat 31 hari)
>> dan tabelnya selalu tetap seperti contoh. maka formulanya dapat menggunakan
>> mid dan lookup, sedangkan rekapnya dapat menggunakan formula index match.
>> Dapatkah formula ini disederhanakan?
>> atau dapat dikerjakan tanpa dummi?
>>
>> Terima kasih
>> Wasalamualaikum Warahmatullah
>>
>> Nang Agus
>>
>>
>>
>> 2014-08-23 7:24 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> Hai Emi,
>>>
>>> Berhubung sudah berhari-hari ndak ada yang nyenggol, coba posting ulang
>>> dari hasil berikut :
>>> 1. lakukan Text To Columns -> fixed -> tentukan batas-batas di kolom
>>> tanggal, status yang gak memotong nilai branch,dsb
>>> 2. dikolom baru hasil nomor 2 (misal kolom terkiri hasil insert kolom)
>>> diisi dengan formula untuk menulis nilai branch setiap blok data (jadi
>>> setiap baris setelah baris branch : akan memiliki kolom Branch yang ada
>>> isinya).
>>>
>>> Setelah itu, baru coba posting hasil text to columns tersebut.
>>> Daripada hasil output yang tersusun ke kanan, coba minta yang tersusun
>>> ke bawah saja. Hasil yang tersusun ke bawah akan memudahkan penyusunan
>>> output berbagai bentuk (termasuk output kekanan yang sedang Anda minta dan
>>> tidak ditanggapi itu).
>>>
>>> Proses text to columns bisa di-record macro (anda coba sendiri ya) dan
>>> bisa juga disusun dengan formula (sampai sekarang, ndak ada BeExceller yang
>>> tertarik melakukannya).
>>>
>>> ;)
>>> met moncoba
>>> cemunguuud...
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-08-20 14:45 GMT+10:00 Emi emilestariklcc@yahoo.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Guru dan teman BeExcel,
>>>> Saya ada raw data seperti di kolum A.
>>>> Hasil yang saya harapkan adalah sebuah table yang menunjukkan status secara
>>>> lebih jelas di setiap kolom tanggal.
>>>> Sekiaranya status "P" output nya adalah "/"
>>>> jika blank (tidak ditulis apa apa) outputnya "0", jika H atau X tetap
>>>> sama.
>>>> Terima kasih
>>>> -Emi Lestari
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>
Mas Kid
Terima kasih penjelasannya,
akan saya coba untuk membuat solusi seperti yang mas kid sarankan.
Tentunya hanya untuk bahan saya belajar, karena belum tahu kapan selesainya.
Terimakasih
Wasalam
Nang
2014-08-23 16:12 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> mas Agus,
>
> Banyak banget ya pertanyaannya...
> hehehe... berhubung sudah sempet lihat kasus beserta urun solusi dari mas
> Agus, saya coba jawab atu per atu yak...
>
> 1. Apakah mungkin data seperti ini digunakan formula?
> >> sebenarnya sih mungkin, cuman bisa jadi ndak epektip ato setidaknya
> ndak epicien gitu.
>
> 2. jika memungkinkan apakah perlu dummi?
> >> karena memungkinkan, maka bisa pakai dummi (maksudnya cell atau kolom
> atau baris bantu kan ya), bisa juga gak pakai alias langsungan. Tapi, ya
> itu tadi dah, bisa jadi ndak epektip ato epicien, apalagi kalau record
> datanya ada banyak.
> >> bisa jadi dengan tabel bantu malah akan jadi efektif dan efisien.
> >> setidaknya, dengan kolom bantu juga masih cukup efektif dan efisien
> >> dengan cell bantu, bisa jadi masih bisa dibilang efektif dan efisien
> >> dengan baris bantu, meski mulai kurang efisien, tapi bisa dibilang
> masih mending daripada ndak pakai sama sekali
> >> tanpa pakai bantuan, kayanya beneran ndak epektip ato setidaknya ndak
> epicien.
>
> 3. Bisa gak ya... kalau pakai formula tanpa dummi?
> >> Bisa kayanya.
> >> mungkin fungsi-fungsi yang dipakai adalah Row, Index, Match, sedikit
> Small dan IF, dipoleh fungsi text dikit seperti Mid, Find, Trim, dan Len,
> disertai trap error seperti IsNumber atau sebangsanya, termasuk si IFError
> mungkin ya. Bisa jadi masih ada fungsi lain yang biasa dipakai (bertebaran
> dimilis) yang belum disebut yang bisa digunakan.
> >> silakan dicoba saja.
> >> usahakan, ndak pakai fungsi-fungsi volatile ya, seperti fungsi Offset,
> Today, Now, Indirect, Rand, RandBetween dalam jumlah yang banyak (dibanyak
> cell) untuk antisipasi kalau datanya ada banyak atau cell berformulanya ada
> banyak, sehingga Excel tidak mudah cepat terlihat lamban.
> >> selamat mencoba ya... itung-itung buat latihan dah... soale belum
> sempat nih.
>
> 4. Menurut saya yang paling logis adalah menggunakan text to column
> kemudian baru digunakan formula.
> >> kalo menurut saya, yang paling logis adalah merembug ulang dengan
> pemberi data agar bersedia memberi akses koneksi database ke sumber data
> yang diolah menjadi text file yang ndak 'pengolah data prenly'.
> >> dengan akses ke database, maka berbagai output bisa dibuat dengan lebih
> sederhana
> >> kalo ndak boleh, ya minta yang bentuknya lebih 'pengolah data prenly'
> lah, seperti bentuk tabel saja daripada fix report demikian.
> >> kalo ndak bisa juga (walah hidup kok sukanya mempersulit pihak lain),
> buat template pengolah data agar bisa mendapatkan tabel yang baik, lalu
> tabel itu disimpan ke lokasi baru (copas value) hingga menjadi database
> yang baik.
> >> kalo ndak bisa bikin templatenya, ya belajar
> >> kalo malas belajarnya atau kurang semangat belajarnya, atau (alasan
> paling banyak nih) gak sempet belajarnya, ya cari anggaran yang besar untuk
> bayar orang membuatkannya.
> >> kalo ndak bisa cari anggaran, ya duduk manis saja ngerjain manual
> >> kalo dah bosen ngerjain manual, gimana lagi coba ?
>
> 5. Kalau menggunakan dummi 31 kolom (dengan asumsi 1 bulan terdapat 31
> hari) dan tabelnya selalu tetap seperti contoh. maka formulanya dapat
> menggunakan mid dan lookup, sedangkan rekapnya dapat menggunakan formula
> index match.
> >> ya betul.
> >> kenapa ndak pakai 4 kolom bantu saja ? 3 kolom bantu untuk 3 kolom
> tanggal, dan 1 kolom bantu berisi branch.
>
> 6. Dapatkah formula ini disederhanakan?
> >> dapat disederhanakan.
>
> 7. atau dapat dikerjakan tanpa dummi?
> >> bai piling sih dapat mas.
> >> percaya deh... kalo ndak bisa tanpa dummi berarti harus pakai dummi.
>
> :)
>
> Moga-moga ada BeExceller yang terus berusaha mencoba tanpa helper formula.
> Yang suka VBA kok ya belum muncul ya...
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-08-23 12:43 GMT+10:00 Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Asalamualaikum Mr. Kid
>>
>> Apakah mungkin data seperti ini digunakan formula?
>> jika memungkinkan apakah perlu dummi?
>> Bisa gak ya... kalau pakai formula tanpa dummi?
>> Menurut saya yang paling logis adalah menggunakan text to column kemudian
>> baru digunakan formula.
>>
>> Kalau menggunakan dummi 31 kolom (dengan asumsi 1 bulan terdapat 31 hari)
>> dan tabelnya selalu tetap seperti contoh. maka formulanya dapat menggunakan
>> mid dan lookup, sedangkan rekapnya dapat menggunakan formula index match.
>> Dapatkah formula ini disederhanakan?
>> atau dapat dikerjakan tanpa dummi?
>>
>> Terima kasih
>> Wasalamualaikum Warahmatullah
>>
>> Nang Agus
>>
>>
>>
>> 2014-08-23 7:24 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> Hai Emi,
>>>
>>> Berhubung sudah berhari-hari ndak ada yang nyenggol, coba posting ulang
>>> dari hasil berikut :
>>> 1. lakukan Text To Columns -> fixed -> tentukan batas-batas di kolom
>>> tanggal, status yang gak memotong nilai branch,dsb
>>> 2. dikolom baru hasil nomor 2 (misal kolom terkiri hasil insert kolom)
>>> diisi dengan formula untuk menulis nilai branch setiap blok data (jadi
>>> setiap baris setelah baris branch : akan memiliki kolom Branch yang ada
>>> isinya).
>>>
>>> Setelah itu, baru coba posting hasil text to columns tersebut.
>>> Daripada hasil output yang tersusun ke kanan, coba minta yang tersusun
>>> ke bawah saja. Hasil yang tersusun ke bawah akan memudahkan penyusunan
>>> output berbagai bentuk (termasuk output kekanan yang sedang Anda minta dan
>>> tidak ditanggapi itu).
>>>
>>> Proses text to columns bisa di-record macro (anda coba sendiri ya) dan
>>> bisa juga disusun dengan formula (sampai sekarang, ndak ada BeExceller yang
>>> tertarik melakukannya).
>>>
>>> ;)
>>> met moncoba
>>> cemunguuud...
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-08-20 14:45 GMT+10:00 Emi emilestariklcc@yahoo.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
Mon Aug 25, 2014 9:19 pm (PDT) . Posted by:
agunk_full
Mr.Kid. . . Masih Mengenai Hitung Cuti kemarin....Jika Cuti Melewati Libur Nasional Maka Cuti Juga Tidak DiHitung...Penjelasan Ada DiFile Terlampir...
Be-Exceller Lain Juga Bisa Membantu Kalo ada Solusi yg Lebih Bagus Lagi...
Thanks,B'Regards
-Agunk-
Be-Exceller Lain Juga Bisa Membantu Kalo ada Solusi yg Lebih Bagus Lagi...
Thanks,B'
-Agunk-
Mon Aug 25, 2014 9:23 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Kan sudah ada dalam formula kemarin. Coba dibaca ulang deh.
2014-08-26 13:48 GMT+10:00 agungdotcom13@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Mr.Kid. . .
> Masih Mengenai Hitung Cuti kemarin....Jika Cuti Melewati Libur Nasional
> Maka Cuti Juga Tidak DiHitung...Penjelasan Ada DiFile Terlampir...
> Be-Exceller Lain Juga Bisa Membantu Kalo ada Solusi yg Lebih Bagus Lagi...
>
>
>
> Thanks,B'Regards
> -Agunk-
>
>
>
>
2014-08-26 13:48 GMT+10:00 agungdotcom13@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Mr.Kid. . .
> Masih Mengenai Hitung Cuti kemarin....Jika Cuti Melewati Libur Nasional
> Maka Cuti Juga Tidak DiHitung...Penjelas
> Be-Exceller Lain Juga Bisa Membantu Kalo ada Solusi yg Lebih Bagus Lagi...
>
>
>
> Thanks,B'
> -Agunk-
>
>
>
>
Mon Aug 25, 2014 9:51 pm (PDT) . Posted by:
agunk_full
Ooo...iya....maaf...maaf Mr.Kid... Kemarin Langsung Nuju pda Rumus Ga Lihat Keteranganya dgn Detail....ini Dia... (Tanggal terdaftar tidak ada dalam daftar hari libur nasional yang ditulis di x1:x10)
Siiip...Udah Ketemu...
Salam,
-Agunk-
Siiip...Udah Ketemu...
Salam,
-Agunk-
=====================================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar