Sabtu, 15 Oktober 2011

[belajar-excel] Digest Number 1362

Messages In This Digest (24 Messages)

Messages

1a.

Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_yg benar

Posted by: "Suhendra St" susu_belajar@yahoo.com   susu_belajar

Fri Oct 14, 2011 12:12 pm (PDT)



maaaf soal yg tadi salah, ini soal yg betul....

terima kasih

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Suhendra St <susu_belajar@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 14 Oktober 2011 21:42
Judul: Bgaimana cara menghitung rata2 conditional

Dear all
para excel-ers

mohon bantuanya bagai mana cara menghitung
rata2bila ranges yg di tuju berisi  : blank
(kosong) ; tanda minus/simbol/huruf ; yg penting angaka nol (0)

terima  kasih
1b.

Re: Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_yg benar

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Oct 14, 2011 12:32 pm (PDT)



Coba formula :
=SUMIF(A20:A32,">0")/COUNTIF(A20:A32,">0")

Regards.
Kid.

2011/10/14 Suhendra St <susu_belajar@yahoo.com>

> **
>
>
> maaaf soal yg tadi salah, ini soal yg betul....
>
> terima kasih
>
> ----- Pesan yang Diteruskan -----
> *Dari:* Suhendra St <susu_belajar@yahoo.com>
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Jumat, 14 Oktober 2011 21:42
> *Judul:* Bgaimana cara menghitung rata2 conditional
>
> Dear all
> para excel-ers
>
> mohon bantuanya bagai mana cara menghitung rata2 bila ranges yg di tuju
> berisi : blank (kosong) ; tanda minus/simbol/huruf ; yg penting angaka
> nol (0)
>
> terima kasih
>
>
>
>
1c.

Re: Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_yg benar

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Oct 14, 2011 4:05 pm (PDT)



untuk data di A20:A32
kalau ingin rasa *Array Formula Hasil Tunggal* (ditulis di satu cell)

=AVERAGE(IF(ISNUMBER(A20:A32),IF(A20:A32>0,A20:A32)))

di workbook lampiran, diberikan tahap-tahap perkembangan formula
sehingga mendapatkan angka Rerata untuk data yg bukan TEXT
dan niainya DI ATAS eNOL

[image: AF Steps.PNG]

2011/10/14 Suhendra St
> maaaf soal yg tadi salah, ini soal yg betul....
> terima kasih
> ----- Pesan yang Diteruskan -----
> Dari: Suhendra St
> Dikirim: Jumat, 14 Oktober 2011 21:42
> Dear all
> para excel-ers
> mohon bantuanya bagai mana cara menghitung rata2 bila ranges yg di tuju
berisi : blank (kosong) ;
> tanda minus/simbol/huruf ; yg penting angaka nol (0)
> terima kasih
2a.

Bgaimana cara menghitung rata2 conditional

Posted by: "Suhendra St" susu_belajar@yahoo.com   susu_belajar

Fri Oct 14, 2011 12:12 pm (PDT)



Dear all
para excel-ers

mohon bantuanya bagai mana cara menghitung
rata2bila ranges yg di tuju berisi  : blank
(kosong) ; tanda minus/simbol/huruf ; yg penting angaka nol (0)

terima  kasih
2b.

Re: Bgaimana cara menghitung rata2 conditional

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Oct 14, 2011 12:32 pm (PDT)



Coba formula :
=SUMIF(A4:G4,">0")/COUNTIF(A4:G4,">0")

Regards.
Kid.

2011/10/14 Suhendra St <susu_belajar@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear all
> para excel-ers
>
> mohon bantuanya bagai mana cara menghitung rata2 bila ranges yg di tuju
> berisi : blank (kosong) ; tanda minus/simbol/huruf ; yg penting angaka
> nol (0)
>
> terima kasih
>
>
>
3a.

Konversi FORMULA ke KONSTANTA

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Oct 14, 2011 6:08 pm (PDT)



tingkatkan kinerja dan produkifitas anda...

*( Kasus )*
Segugus cell (Range) di woksit Anda telah berisi formula, misalanya di
range F16:F1015
Formulanya kebetulan jenis formula-nan-sakti yg memberatkan kinerja woksit.

Berhubung saat ini woksit sudah fixed, coz ndak akan bertambah / berganti
data
dependents-nya, maka Anda memutuskan: Mengkonversi formula di F16:F1015 tsb
menjadi data biasa bukan formula, alias data Konstanta.
Saya kira ini keputusan yg bijak dari orang bijak taat pajak anti bajak
gemar rujak

*( Cara primata *{primitip gitu loch..}* )*
() tiap cell ditampakkan di formula_bar,
() lalu formula di edit manual dengan mengetikkan HASIL yg tadi anda INGAT
ketika cell belum di unggah ke formula_bar. :(
karena ada 1000 cell,
() maka proses itu akan anda ulang 1000 kali, sambil menunggu jam pulang (
dasar..).
kalau itu maumu, bang, ya terserah abang saja atuh...

*( cara yg sudah agak umum )*
() Select / Blok Range F16:F1015
() Range tsb di-Copy
() klik /select 1 cell lain yg kosong, misalnya AC16
() ClipBoard copyan di-pasteSpecial > Value ke range terselect (AC16)
() Range hasil PasteSpecial Value (AC16:AC1015) di copy kembali, dan
() di paste ke Range asal (F16:F1015)
selesai, bang..
baguss !

But dear..., tanpa makro adakah cara lain yg lebih cepat ?

[image: RightClick.GIF]

( Menurutku ada cara lain yg lebih semar {smart gitu loch..} )
<> Select / Blok Range F16:F1015
l ihat bahwa SelectedRange dibatasi oleh Garis tegas di setiap tepinya
<> Dengan Mouse-Pointer dekati: salah satu *garis tepi *tsb hingga
MousePointer berubah
manjadi "*Drag-Icon*" (*tanda Panah-KananKiri-Atas-Bawah)*, misal *
GarisAtas* pada cell F16
<> Klik Kanan dan Tahan, lalu Geserlah SelectedRange (F16:F1015) *ke atas
atau ke bawah*
minimal 1 baris; masih tetap menahan MouseTombolKanan, *kembalikan
ke range asalnya.*
<> Lepaskan Tombol-Kanan Mouse, dan akan muncul PopUp/ContextMenu yg selama
ini
tersembunyi seperti siti...
<> pilih (Klik) SubMenu *'Copy Here as Values Only'*

selanjutnya: tidak ferlu diberi komentar
kami hanya ingin pesan agar data di F16:F1015 (yg dulunya berupa
FORMULA/variable)
di periksa kembali apakah memang benar sudah terKonversi menjadi *Konstanta?
*

[image: FormulaToContants.PNG]

'Penampakan' ketika Klik-Kanan dilepas......

[image: copyhere as values.PNG]

cmiiw

~siti markonah..
----------------------------------

comments dari kamu yg sempat baca:
(1)* dah tahu, kuno...
(2)* oo gitu to.. lumayan
(3)* baru aku tahu, oke juga tuh
(4)* apaan sih, gak penting...
3b.

Bls: [belajar-excel] Konversi FORMULA ke KONSTANTA

Posted by: "subagyo agung" boobs_pop@yahoo.com   boobs_pop

Fri Oct 14, 2011 6:33 pm (PDT)



mbak siti aku selalu kagum dengan cara penjelasanmu
setiap komen darimu selalu aku simpan dalam flash diskku
jadi komen ku......jempol buat mbak siti

my comment after read it
(3)* baru aku tahu, oke juga tuh
 
Wenceslaus Subagyo Agung Wibowo S.S
&lt;wenc4success@gmail.com&gt;&lt;boobs_pop@yahoo.com&gt;
 
WAREHOUSE ADMIN
91001 PP  BOOKS LOCAL

________________________________
Dari: STDEV(i) &lt;setiyowati.devi@gmail.com&gt;
Kepada: belajar-excel &lt;belajar-excel@yahoogroups.com&gt;
Dikirim: Sabtu, 15 Oktober 2011 8:08
Judul: [belajar-excel] Konversi FORMULA ke KONSTANTA

 
tingkatkan kinerja dan produkifitas anda...

( Kasus )
Segugus cell (Range) di woksit Anda telah berisi formula, misalanya  di range F16:F1015
Formulanya kebetulan jenis formula-nan-sakti yg memberatkan kinerja woksit. 

Berhubung saat ini woksit sudah fixed, coz ndak akan bertambah / berganti data 
dependents-nya, maka Anda memutuskan: Mengkonversi formula di F16:F1015 tsb 
menjadi data biasa bukan formula, alias data Konstanta.
Saya kira ini keputusan yg bijak dari orang bijak taat pajak anti bajak gemar rujak 

( Cara primata {primitip gitu loch..} )
() tiap cell ditampakkan di formula_bar, 
() lalu formula di edit manual dengan mengetikkan HASIL yg tadi anda INGAT 
   ketika cell belum di unggah ke formula_bar.  :(
  karena ada 1000 cell, 
() maka proses itu akan anda ulang 1000 kali, sambil menunggu jam pulang (dasar..).
kalau itu maumu, bang, ya terserah abang saja atuh...

( cara yg sudah agak umum )
()  Select / Blok Range F16:F1015 
()  Range tsb di-Copy 
()  klik /select 1 cell lain yg kosong, misalnya AC16 
()  ClipBoard copyan di-pasteSpecial &gt; Value ke range terselect (AC16)
()  Range hasil PasteSpecial Value (AC16:AC1015) di copy kembali, dan 
()  di paste ke Range asal (F16:F1015)
selesai, bang..
baguss ! 

But dear..., tanpa makro adakah cara lain yg lebih cepat ?

( Menurutku ada cara lain yg lebih semar  {smart gitu loch..} )
&lt;&gt; Select / Blok Range F16:F1015 
   l ihat bahwa SelectedRange dibatasi oleh Garis tegas di setiap tepinya
&lt;&gt; Dengan Mouse-Pointer dekati: salah satu garis tepi tsb hingga MousePointer berubah 
    manjadi &quot;Drag-Icon&quot; (tanda Panah-KananKiri-Atas-Bawah), misal GarisAtas pada cell F16
&lt;&gt; Klik Kanan dan Tahan, lalu Geserlah SelectedRange (F16:F1015) ke atas atau ke bawah 
    minimal 1 baris; masih tetap menahan MouseTombolKanan, kembalikan ke range asalnya.
&lt;&gt; Lepaskan Tombol-Kanan Mouse, dan akan muncul PopUp/ContextMenu yg selama ini 
    tersembunyi seperti siti...
&lt;&gt; pilih (Klik) SubMenu &#39;Copy Here as Values Only&#39;

selanjutnya: tidak ferlu diberi komentar
kami hanya ingin pesan agar data di F16:F1015 (yg dulunya berupa FORMULA/variable) 
di periksa kembali apakah memang benar sudah terKonversi menjadi Konstanta?

&#39;Penampakan&#39; ketika Klik-Kanan dilepas......

cmiiw

~siti markonah..
----------------------------------

comments dari kamu yg sempat baca:
(1)* dah tahu, kuno...
(2)* oo gitu to.. lumayan
(3)* baru aku tahu, oke juga tuh
(4)* apaan sih, gak penting...

4a.

Membuat Skor secara Otomatis

Posted by: "heru mulyono" hmulyono24@gmail.com

Fri Oct 14, 2011 6:33 pm (PDT)



Kepada para pakar Excel

Saya ada kasus, yaitu saya akan membuat Skor/Penilaian Ujian secara
Otomatis, seperti terlampir
atas segala bantuannya dihaturkan terima kasih...

salam
4b.

Re: Membuat Skor secara Otomatis

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Oct 14, 2011 7:27 pm (PDT)



Sebaiknya dibatasi *area tempat jawaban akan ditulis, *misalnya C6:C55
(lima puluh baris sekolom)
Data di C2 tetap dibiarkan, dianggap sebagi* Kriteria *: yaitu data untuk
pembanding guna menentukan apakah data di C6:C55 benar atau salah.

Tiap baris khusus di kolom D6:D55 diberi formula penilaian,
disini kita gunakan fungsi EXACT untuk membandingkan dua data
(agar Lower-Case dan Upper-Case juga di nilai benar/ tidaknya)

*=IF(EXACT(C6,$C$2),2,0)*

SCORE di cell K4 adalah jumlah dari C6:C55
*=SUM(C6:C55)*

Yg paling penting adalah memahami sifat excel (pemarah, peramah?? he he)
Jika kita menuils sebuah data misalnya "PT Maju Mundur" di A1
maka di cell lain di kolom A, jika kita menulis "PT", Excel akan terlalu
baik hati
yaitu mendahului menuliskan data dengan fitur AutoCompletenya

Fitur ini sebaiknya dimatikan agar latihan mengetik tsb terjadi dengan wajar
bukan karena kecanggihan Excel
[image: Disable AutoComplete.GIF]

Mohon maaf jika ada penjelasan yg ternyata salah..

2011/10/15 heru mulyono <hmulyono24@gmail.com>

> **
>
> Kepada para pakar Excel
> Saya ada kasus, yaitu saya akan membuat Skor/Penilaian Ujian secara
> Otomatis, seperti terlampir
> atas segala bantuannya dihaturkan terima kasih...
> salam
>
4c.

Re: Membuat Skor secara Otomatis

Posted by: "heru mulyono" hmulyono24@gmail.com

Fri Oct 14, 2011 9:06 pm (PDT)



terimakasih atas solusinya....
namun bagaimana jika bukan hanya teks saja yg dikoreksi, tetapi juga
pengaturan kolom (misalnya merger, dalam hal ini cell c6 dan cell c7, shg
jika tdk dimerger maka nilai tidak keluar), demikian juga untuk rumus.

maturnuwun....

Pada 15 Oktober 2011 09:27, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com> menulis:

> Sebaiknya dibatasi *area tempat jawaban akan ditulis, *misalnya C6:C55
> (lima puluh baris sekolom)
> Data di C2 tetap dibiarkan, dianggap sebagi* Kriteria *: yaitu data
> untuk
> pembanding guna menentukan apakah data di C6:C55 benar atau salah.
>
> Tiap baris khusus di kolom D6:D55 diberi formula penilaian,
> disini kita gunakan fungsi EXACT untuk membandingkan dua data
> (agar Lower-Case dan Upper-Case juga di nilai benar/ tidaknya)
>
> *=IF(EXACT(C6,$C$2),2,0)*
>
> SCORE di cell K4 adalah jumlah dari C6:C55
> *=SUM(C6:C55)*
>
> Yg paling penting adalah memahami sifat excel (pemarah, peramah?? he he)
> Jika kita menuils sebuah data misalnya "PT Maju Mundur" di A1
> maka di cell lain di kolom A, jika kita menulis "PT", Excel akan terlalu
> baik hati
> yaitu mendahului menuliskan data dengan fitur AutoCompletenya
>
> Fitur ini sebaiknya dimatikan agar latihan mengetik tsb terjadi dengan
> wajar
> bukan karena kecanggihan Excel
> [image: Disable AutoComplete.GIF]
>
>
> Mohon maaf jika ada penjelasan yg ternyata salah..
>
>
>
>
>
> 2011/10/15 heru mulyono <hmulyono24@gmail.com>
>
>> **
>>
>> Kepada para pakar Excel
>> Saya ada kasus, yaitu saya akan membuat Skor/Penilaian Ujian secara
>> Otomatis, seperti terlampir
>> atas segala bantuannya dihaturkan terima kasih...
>> salam
>>
>
4d.

Re: Membuat Skor secara Otomatis

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Oct 14, 2011 10:58 pm (PDT)



semua yg bagi bapak masih menjadi 'BAGAIMANA SEANDAINYA" itu,
sebaiknya bapak coretkan ke sheet berupa contoh-contoh set data

merger nya seperti apa
dibandingkannya dengan cell mana ( kriteria nya cell mana)
hal lain / kemungkinan lain
pokoknya: semua data yg mungkin / diduga akan bisa terjadi,
tuliskan di suatu kolom

dan kemudian, seandainya terjadi
data tsb mau dinilai sebagai apa ( salah / benar ?, atau berapa skor nya?

begitulah pak
*** set contoh data*
dan
*** contoh hasil yg dikehendaki*
sebaiknya tergambar dengan jelas di sheet (karena kita membatasi mengenai
excel saja)
setelah memahami dua hal itu biasanya jawabannya gampang, yaitu cuma dua
kemungkinan:
bisa tidak bisa

kita menjawab memang membatasai hanya hal yg *dicontohkan & ditanyakan *saja
kalau kita perluas sendiri, selain bisa salah, pembahasannya menjadi tidak
fokus,
juga seringnya karena tidak sempat, kekterbatasan waktu...

kita menunggu data contoh dari pak heru mul.

salam
-haps-

2011/10/15 heru mulyono <hmulyono24@gmail.com>

> **
>
> terimakasih atas solusinya....
> namun bagaimana jika bukan hanya teks saja yg dikoreksi, tetapi juga
> pengaturan kolom (misalnya merger, dalam hal ini cell c6 dan cell c7, shg
> jika tdk dimerger maka nilai tidak keluar), demikian juga untuk rumus.
>
> maturnuwun....
>
> Pada 15 Oktober 2011 09:27, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com> menulis:
> >
> > Sebaiknya dibatasi area tempat jawaban akan ditulis, misalnya C6:C55
> > (lima puluh baris sekolom)
> > Data di C2 tetap dibiarkan, dianggap sebagi Kriteria : yaitu data untuk
> > pembanding guna menentukan apakah data di C6:C55 benar atau salah.
> > Tiap baris khusus di kolom D6:D55 diberi formula penilaian,
> > disini kita gunakan fungsi EXACT untuk membandingkan dua data
> > (agar Lower-Case dan Upper-Case juga di nilai benar/ tidaknya)
> > =IF(EXACT(C6,$C$2),2,0)
> > SCORE di cell K4 adalah jumlah dari C6:C55
> > =SUM(C6:C55)
>
5a.

lockup dan formula.xls

Posted by: "stefen" stefen@kofi.co.id

Fri Oct 14, 2011 8:09 pm (PDT)



selamat pagi.
For All master excell yang excellent.
Bagaimanakah cara membuat lock up atau formula
seperti kasus saya yang satu ini.
Terima kasih
5b.

Re: lockup dan formula.xls

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Sat Oct 15, 2011 3:38 am (PDT)



Saya tidak tahu sama sekali arti *"Lock Up"* terutama dm hubungannya dgn
tabel tabel yg diajukan.
Mohon bantuan rekan-rekan lain, bila ada yg tahu, berilah saya penjelasan.

Di Google Translate, "Lock Up" diartikan
sebagai: menutup; menyekap; membui;
mengandam; mengunci semua pintu; menyimpan di tempat yg terkunci.

Agak lama saya memikirkan apa hubungannya dengan masalah yg diajukan
Pada masalah yg diajukan, masalahnya hanya mencari data terakhir di tiap
paruh bulan, lalu disebutkan tanggalnya.
Mungkinkan yg dimaksud adalah : * LookUp, Look Up *??

Baik kita tidak perlu memasalahkan lagi "Lock Up", biarlah hal itu
diselesaikan
oleh pak stefen (at) kofi yg kali ini kiboardnya sudah diperbaiki (atau beli
baru).

(Kemarin kiboardnya rusak, ketahuan dari sini karena hurufnya CAPITAL semua,
sehingga mengesankan orang tereak-tereak..
Gambar yg selalu diampirkan sebagai signature pun kali ini absence,
Terima kasih ya pak.. bagi saya hal ini memudahkan dibacanya.

Rumus berikut ini disederhanakan dengan asumsi asumsi
1.
urutan data/record di sheet Result, Kolom C, sama persis dengan urutan
records
pada 12 sheet "Jan" s/d- "Dec" di kolom C juga.
2.
untuk merujuk index records, sekali lagi agar rumusnya sederhana, kita buat
kolom bantu, diisi manual, angka urut 1 s/d 17 (lihat kolom A sheet Result)
3.
pembagian periode paruh bulan selalu 1 s/d 15 dan 16 s/d 31 walapun pada
bulan-
bulan yg tidak ada tgl 31 nya (gak ada masalah, biasa saja)
4.
karena pembagian periode (dua periode berlainan dalm kolon berselang-seling)

maka agar gampang rumus dibuat 2 (dua) versi:

Versi untuk periode 1-15 (lihat sheet result cell D6)
=MAX(IF(OFFSET(INDIRECT(D$4&"!$D$5"),$A6,0,1,45),
CEILING(TRANSPOSE(ROW($1:$45)),3)/3))

Versi untuk periode 16 - 31 (lihat sheet result cell E6)
=MAX(IF(OFFSET(INDIRECT(E$4&"!$AW$5"),$A6,0,1,48),
CEILING(TRANSPOSE(ROW($46:$93)),3)/3))

Keduanya adalah Array Formula Hasil Tunggal (karena ada fungsi MAX), dan
karena
memang kita menghendaki satu hasil yaitu tgl terakhir di suatu paruh periode
yg
berisi data BILANGAN

Untuk membuat setiap kolom punya sepasng rumus yg simitris, rumus dua cell
itu
hendaknya di copy dulu ke cells dibawahnya. Baru kemudian Range DUA KOLOM
di copy dan di paste ke stiap 2 kolom di kanannya (sekali kopi 2 kolom)

Di Sheet July ada data BUKAN BILANGAN ikut dimasukkan, makanya menghasilkan
hasil error #Value!
Mohon maaf lagi, karena jawaban saya terlalu banyak, mungkin 40 baris,
padahal
pertanyaannyha hanya satu baris.

2011/10/15 stefen <stefen@kofi.co.id>

> **
>
> Bagaimanakah cara membuat lock up atau formula seperti kasus saya yang satu
> ini.
>
6a.

Re: Menu Ribbon

Posted by: "ppc lambda" ppc_03@sami.co.id

Fri Oct 14, 2011 9:01 pm (PDT)




mohon bantuannya
bagaimana caranya menampilkan Custom UI Editor
saya sudah mendownload dan menginstal OfficeCustomUIEditorSetup.msi nya

Terimakasih
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.
Sidoel

----- Original Message -----
From: ppc lambda
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, October 15, 2011 9:05 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menu Ribbon

1. sebagian situs sudah di kunjungi dan di baca namun masih kurang faham
di dalamnya harus memasukkan koding Xml dan VBA
untuk koding VBA sudah biasa di gunakan,
dimanakah letak penulisan koding XML nya???
mohon rekan be-Exceller dapat membantu
contoh koding xml
<customUI xmlns="http://schemas.microsoft.com/office/2006/01/customui">

<ribbon startFromScratch="false">

<tabs>

<tab id="rxtab" insertBeforeMso="TabHome" label="My Custom Tab">

<group id="rxgrp" label="My Gallery">

<!-- Starts the definition of our gallery.-->

<gallery id="rxgal"

label="My Label Gallery" columns="3" rows="10"

imageMso="HappyFace"

getItemCount="rxgal_getItemCount"

getItemLabel="rxgal_getItemLabel"

getItemScreentip="rxgal_getItemScreentip"

onAction="rxgal_Click"

showItemLabel="true"

size="large">

<!-- Insert a button at the end of the gallery.-->

<button id="rxbtn"

imageMso="RefreshStatus"

label="Visit Ron's Excel site..."

onAction="rxbtn_Click"/>

</gallery>

</group>

</tab>

</tabs>

</ribbon>

</customUI>

2. mohon ma'af file nya terlalu besar,karna terburu-2, jadi tidak memperhatikan size attachment nya

Terimakasih
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.
@bdul
SAMI -*- Planning Production Control
Lambda
----- Original Message -----
From: Haps
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, October 14, 2011 2:57 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menu Ribbon

1.

apakah situs yg links-nya diberikan pada jawaban tadi ( 10 URL )
sudah di kunjungi dan dibaca

2.
mengapa anda melampirkan gambar yg besarnya 1.6 MEGA
yaitu 5.5 kali lebih besar dari peraturan yg sudah kita sepakati ?

2011/10/14 ppc lambda <ppc_03@sami.co.id>

saya mendapatkan file dari internet
namun saya bingung gimana cara buatnya sedangkan file yang aku dapatkan terprotec
dengan semangat belajar VBA namun sampai sekarang aku belum menemukan jawabannya
sudilah kiranya temen-2 be-Exceller membantu permasalahan ini
tercantum gambar contoh Ribbon

Terimakasih
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.

sidoel
----- Original Message -----
From: STDEV(i)
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, October 14, 2011 12:14 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menu Ribbon

gak ada

Mungkin PC si Doel ndak ada Google-Search-Engine-nya atau engine lain...

ini Doel daftar untuk di kunjungi
yg aku senangi:
chadoo, msdn, rondebruin, mrexcel, word_mpv

http://chandoo.org/wp/2010/05/20/make-new-ribbons-in-excel/
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa338202(v=office.12).aspx
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/can-i-customize-the-ribbon-HA010227754.aspx
http://www.rondebruin.nl/ribbon.htm
http://www.xtremevbtalk.com/showthread.php?t=265636
http://www.mrexcel.com/classicexcelmenu.html
http://fracta.net/fractor/edforum/excel-vba-forum-3/customizing-excel-2007-ribbon-menu-by-adding-your-own-tab-button-to-6.html
http://word.mvps.org/faqs/customization/customizeribbon.htm
http://www.tvmcalcs.com/blog/comments/modifying_the_ribbon_in_excel_2007/

buku:
http://www.amazon.com/RibbonX-Customizing-Office-2007-Ribbon/dp/0470191112

2011/10/14 ppc lambda <ppc_03@sami.co.id>
>
> be-Exceller
> ada yang tau code membuat ribbon baru di excel 2007 ga'???
> please bagi-2 dooong
>
> Terimakasih
> Best Regard
> Sidoel

6b.

Re: Menu Ribbon

Posted by: "ppc lambda" ppc_03@sami.co.id

Fri Oct 14, 2011 9:06 pm (PDT)



1. sebagian situs sudah di kunjungi dan di baca namun masih kurang faham
di dalamnya harus memasukkan koding Xml dan VBA
untuk koding VBA sudah biasa di gunakan,
dimanakah letak penulisan koding XML nya???
mohon rekan be-Exceller dapat membantu
contoh koding xml
<customUI xmlns="http://schemas.microsoft.com/office/2006/01/customui">

<ribbon startFromScratch="false">

<tabs>

<tab id="rxtab" insertBeforeMso="TabHome" label="My Custom Tab">

<group id="rxgrp" label="My Gallery">

<!-- Starts the definition of our gallery.-->

<gallery id="rxgal"

label="My Label Gallery" columns="3" rows="10"

imageMso="HappyFace"

getItemCount="rxgal_getItemCount"

getItemLabel="rxgal_getItemLabel"

getItemScreentip="rxgal_getItemScreentip"

onAction="rxgal_Click"

showItemLabel="true"

size="large">

<!-- Insert a button at the end of the gallery.-->

<button id="rxbtn"

imageMso="RefreshStatus"

label="Visit Ron's Excel site..."

onAction="rxbtn_Click"/>

</gallery>

</group>

</tab>

</tabs>

</ribbon>

</customUI>

2. mohon ma'af file nya terlalu besar,karna terburu-2, jadi tidak memperhatikan size attachment nya

Terimakasih
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.
@bdul
SAMI -*- Planning Production Control
Lambda
----- Original Message -----
From: Haps
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, October 14, 2011 2:57 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menu Ribbon

1.

apakah situs yg links-nya diberikan pada jawaban tadi ( 10 URL )
sudah di kunjungi dan dibaca

2.
mengapa anda melampirkan gambar yg besarnya 1.6 MEGA
yaitu 5.5 kali lebih besar dari peraturan yg sudah kita sepakati ?

2011/10/14 ppc lambda <ppc_03@sami.co.id>

saya mendapatkan file dari internet
namun saya bingung gimana cara buatnya sedangkan file yang aku dapatkan terprotec
dengan semangat belajar VBA namun sampai sekarang aku belum menemukan jawabannya
sudilah kiranya temen-2 be-Exceller membantu permasalahan ini
tercantum gambar contoh Ribbon

Terimakasih
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.

sidoel
----- Original Message -----
From: STDEV(i)
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, October 14, 2011 12:14 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menu Ribbon

gak ada

Mungkin PC si Doel ndak ada Google-Search-Engine-nya atau engine lain...

ini Doel daftar untuk di kunjungi
yg aku senangi:
chadoo, msdn, rondebruin, mrexcel, word_mpv

http://chandoo.org/wp/2010/05/20/make-new-ribbons-in-excel/
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa338202(v=office.12).aspx
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/can-i-customize-the-ribbon-HA010227754.aspx
http://www.rondebruin.nl/ribbon.htm
http://www.xtremevbtalk.com/showthread.php?t=265636
http://www.mrexcel.com/classicexcelmenu.html
http://fracta.net/fractor/edforum/excel-vba-forum-3/customizing-excel-2007-ribbon-menu-by-adding-your-own-tab-button-to-6.html
http://word.mvps.org/faqs/customization/customizeribbon.htm
http://www.tvmcalcs.com/blog/comments/modifying_the_ribbon_in_excel_2007/

buku:
http://www.amazon.com/RibbonX-Customizing-Office-2007-Ribbon/dp/0470191112

2011/10/14 ppc lambda <ppc_03@sami.co.id>
>
> be-Exceller
> ada yang tau code membuat ribbon baru di excel 2007 ga'???
> please bagi-2 dooong
>
> Terimakasih
> Best Regard
> Sidoel

6c.

Re: Menu Ribbon

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Oct 14, 2011 10:02 pm (PDT)



1. ikuti perintah pada aplikasi customui nya
Umumnya :
1. load file xlsm,
2. insert jenis custom ui melalui menu insert
3. tulis script xml di lembar script, atau insert sample lalu ubah sesuai
kebutuhan.
4. tekan toolbar validate. JIka ada error namespace, ganti bagian namespace
seperti yang disarankan dalam dialog yang muncul.
5. tekan toolbar generate callback jika ada node dalam xml yang mengarahkan
ke pemanggilan fungsi tertentu (seperti kalau click jalankan prosedur inu)
6. ingat-ingat cara pakai fungsi callback nya, karena harus dibuat prosedur
dengan nama itu di VB Editornya nanti
7. save
7. tutup custom ui
8. buka file xlsm tadi
9. susun prosedur callback dengan fungsi-fungsi callback yang telah di
generate tadi
10. save file xlsm
11. tutup file xlsm
12. buka file xlsm lagi

Kid.

2011/10/15 ppc lambda <ppc_03@sami.co.id>

> **
>
>
> **
> 1. sebagian situs sudah di kunjungi dan di baca namun masih kurang faham
> di dalamnya harus memasukkan koding Xml dan VBA
> untuk koding VBA sudah biasa di gunakan,
> dimanakah letak penulisan koding XML nya???
> mohon rekan be-Exceller dapat membantu
> contoh koding xml
>
> <customUI xmlns="http://schemas.microsoft.com/office/2006/01/customui">***
> *
>
> <ribbon startFromScratch="false">****
>
> <tabs>****
>
> <tab id="rxtab" insertBeforeMso="TabHome" label="My Custom Tab">*
> ***
>
> <group id="rxgrp" label="My Gallery">****
>
> <!-- Starts the definition of our gallery.-->****
>
> <gallery id="rxgal" ****
>
> label="My Label Gallery" columns="3" rows="10"****
>
> imageMso="HappyFace"****
>
> getItemCount="rxgal_getItemCount"****
>
> getItemLabel="rxgal_getItemLabel"****
>
> getItemScreentip="rxgal_getItemScreentip"****
>
> onAction="rxgal_Click"****
>
> showItemLabel="true"****
>
> size="large">****
>
> <!-- Insert a button at the end of the gallery.-->****
>
> <button id="rxbtn"****
>
> imageMso="RefreshStatus"****
>
> label="Visit Ron's Excel site..."****
>
> onAction="rxbtn_Click"/>****
>
> </gallery>****
>
> </group>****
>
> </tab>****
>
> </tabs>****
>
> </ribbon>****
>
> </customUI>****
> 2. mohon ma'af file nya terlalu besar,karna terburu-2, jadi tidak
> memperhatikan size attachment nya
>
>
> Terimakasih
> Best Regard
> <>.<>.<>.<>.<>.<>.
> @bdul
> SAMI -*- Planning Production Control
> Lambda
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, October 14, 2011 2:57 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menu Ribbon
>
>
>
> 1.
> apakah situs yg* links-nya diberikan* pada jawaban tadi (* 10 URL* )
> *sudah* di kunjungi dan dibaca
>
> 2.
> mengapa anda *melampirkan gambar yg besarnya 1.6 MEGA*
> yaitu 5.5 kali lebih besar dari peraturan yg sudah kita sepakati ?
>
>
>
> 2011/10/14 ppc lambda <ppc_03@sami.co.id>
>
>> **
>>
>> saya mendapatkan file dari internet
>> namun saya bingung gimana cara buatnya sedangkan file yang aku dapatkan
>> terprotec
>> dengan semangat belajar VBA namun sampai sekarang aku belum menemukan
>> jawabannya
>> sudilah kiranya temen-2 be-Exceller membantu permasalahan ini
>> tercantum gambar contoh Ribbon
>>
>>
>> Terimakasih
>> Best Regard
>> <>.<>.<>.<>.<>.<>.
>> sidoel
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Friday, October 14, 2011 12:14 PM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menu Ribbon
>>
>> gak ada
>>
>> Mungkin PC si Doel ndak ada Google-Search-Engine-nya atau engine lain...
>>
>> ini Doel daftar untuk di kunjungi
>> yg aku senangi:
>> chadoo, msdn, rondebruin, mrexcel, word_mpv
>>
>> http://chandoo.org/wp/2010/05/20/make-new-ribbons-in-excel/
>> http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa338202(v=office.12).aspx
>>
>> http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/can-i-customize-the-ribbon-HA010227754.aspx
>> http://www.rondebruin.nl/ribbon.htm
>> http://www.xtremevbtalk.com/showthread.php?t=265636
>> http://www.mrexcel.com/classicexcelmenu.html
>>
>> http://fracta.net/fractor/edforum/excel-vba-forum-3/customizing-excel-2007-ribbon-menu-by-adding-your-own-tab-button-to-6.html
>> http://word.mvps.org/faqs/customization/customizeribbon.htm
>> http://www.tvmcalcs.com/blog/comments/modifying_the_ribbon_in_excel_2007/
>>
>> buku:
>> http://www.amazon.com/RibbonX-Customizing-Office-2007-Ribbon/dp/0470191112
>>
>>
>>
>> 2011/10/14 ppc lambda <ppc_03@sami.co.id>
>> >
>> > be-Exceller
>> > ada yang tau code membuat ribbon baru di excel 2007 ga'???
>> > please bagi-2 dooong
>> >
>> > Terimakasih
>> > Best Regard
>> > Sidoel
>>
>>
>
7a.

sisipan kata

Posted by: "Niki Dwinarni" niki.dwinarni@yahoo.com   niki.dwinarni

Sat Oct 15, 2011 12:43 am (PDT)



Dear temen b excell

gimana rumus untuk membuat sisipan :
penambahan kata "Your reply : "  di setiap awal kata
sample : status close -> Your reply : status close
              open claim  ->  Your reply : open claim

thank's & best regard
Niki
7b.

Bls: [belajar-excel] sisipan kata

Posted by: "Undang Satrianie" und4nk@rocketmail.com   und4nk@rocketmail.com

Sat Oct 15, 2011 1:54 am (PDT)



Misalkan Kata Status Close Ada di Cell A1 Maka Di B1 tulis Formula ini :
= REPLACE(A1;1;;"Your Reply : ")

________________________________
Dari: Niki Dwinarni <niki.dwinarni@yahoo.com>
Kepada: Group Excell <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 15 Oktober 2011 14:41
Judul: [belajar-excel] sisipan kata

 
Dear temen b excell

gimana rumus untuk membuat sisipan :
penambahan kata "Your reply : "  di setiap awal kata
sample : status close -> Your reply : status close
              open claim  ->  Your reply : open claim

thank's & best regard
Niki

7c.

Bls: [belajar-excel] sisipan kata

Posted by: "Undang Satrianie" und4nk@rocketmail.com   und4nk@rocketmail.com

Sat Oct 15, 2011 2:21 am (PDT)



Atau Bisa Juga cara sederhana : 
="Your Reply : "&A1

________________________________
Dari: Undang Satrianie <und4nk@rocketmail.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 15 Oktober 2011 15:54
Judul: Bls: [belajar-excel] sisipan kata

 
Misalkan Kata Status Close Ada di Cell A1 Maka Di B1 tulis Formula ini :
= REPLACE(A1;1;;"Your Reply : ")

________________________________
Dari: Niki Dwinarni <niki.dwinarni@yahoo.com>
Kepada: Group Excell <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 15 Oktober 2011 14:41
Judul: [belajar-excel] sisipan kata

 
Dear temen b excell

gimana rumus untuk membuat sisipan :
penambahan kata "Your reply : "  di setiap awal kata
sample : status close -> Your reply : status close
              open claim  ->  Your reply : open claim

thank's & best regard
Niki


7d.

Re: sisipan kata

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Sat Oct 15, 2011 4:25 am (PDT)



*dengan formula*
*
*
="Your reply : " & A1

A1 dianggap sudah terisi kata kata misalnya "setatus klooos"

Berarti diperlukan 2 kolom,
1 kolom input (data aslinya )
2 kolom output (berisi formula untuk menampilkan hasilnya)

*dengan cara lain*
*
*
anda tinggal mengetikkan di kolom tertentu (kolom i baris 17 ke bawah)
dan *di cell itu pula apa yg anda ketikkan berubah sesuai keinginan anda*

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Target.Column = 9 Then
If Target.Row > 16 Then
If Target.Cells.Count = 1 Then
If Target.Value <> "" Then
Application.EnableEvents = False
Target = Range("i13") & " : " & Target
Application.EnableEvents = True
End If
End If
End If
End If
End Sub

On Sat, Oct 15, 2011 at 2:41 PM, Niki Dwinarni <niki.dwinarni@yahoo.com>
wrote:
>
> Dear temen b excell
> gimana rumus untuk membuat sisipan :
> penambahan kata "Your reply : " di setiap awal kata
*> sample : status close -> Your reply : status close
> open claim -> Your reply : open claim
*>
> thank's & best regard
> Niki
7e.

Re: sisipan kata

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Oct 15, 2011 5:03 am (PDT)



Coba juga dengan format number
1. Blok range data yang akan diberi tambahan teks Your reply :
2. Klik kanan -> format cell -> number -> custom -> ketik di textbox :
"Your reply : "@
3. tekan OK

Jika hasilnya ingin di kolom lain, maka pasang formula : (misal di kolom B,
B2 diberi formula)
=A2
lalu atur format number seperti di atas, copy ke bawah.

Kid.

On Sat, Oct 15, 2011 at 14:41, Niki Dwinarni <niki.dwinarni@yahoo.com>wrote:

> **
>
>
> Dear temen b excell
>
> gimana rumus untuk membuat sisipan :
> penambahan kata "Your reply : " di setiap awal kata
> sample : status close -> Your reply : status close
> open claim -> Your reply : open claim
>
>
>
>
> thank's & best regard
> Niki
>
>
>
8a.

Cara menghitung per group

Posted by: "Muhammad Assegaf" seggaf@sbtcgroup.com   man_jufri

Sat Oct 15, 2011 4:53 am (PDT)



To all my friends,..

Saya lagi mau coba menghitung pergroup nih,.. tapi belum dapet caranya,.. ada yang bisa bantu gak nih ?

bisa liat di attachment,..

makasih yah
8b.

Re: Cara menghitung per group

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Oct 15, 2011 5:08 am (PDT)



Yang Total per branch : (pada branch A)
=COUNTIF($A$3:$A$30,D3)
Copy kebawah

Yang per class per branch : (pada branch A class 1)
=SUMPRODUCT(($A$3:$A$30=$D3)*($B$3:$B$30=F$2))
Copy ke bawah dan kanan

Kid.

2011/10/15 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com>

> **
>
>
> **
> To all my friends,..
>
> Saya lagi mau coba menghitung pergroup nih,.. tapi belum dapet caranya,..
> ada yang bisa bantu gak nih ?
>
> bisa liat di attachment,..
>
> makasih yah
>
>
>
8c.

Re: Cara menghitung per group

Posted by: "Muhammad Assegaf" seggaf@sbtcgroup.com   man_jufri

Sat Oct 15, 2011 5:13 am (PDT)



Thank you Mr. Kid !!!

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, October 15, 2011 3:07 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Cara menghitung per group

Yang Total per branch : (pada branch A)
=COUNTIF($A$3:$A$30,D3)
Copy kebawah

Yang per class per branch : (pada branch A class 1)
=SUMPRODUCT(($A$3:$A$30=$D3)*($B$3:$B$30=F$2))
Copy ke bawah dan kanan

Kid.

2011/10/15 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com>

To all my friends,..

Saya lagi mau coba menghitung pergroup nih,.. tapi belum dapet caranya,.. ada yang bisa bantu gak nih ?

bisa liat di attachment,..

makasih yah

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Resources and tips

for parents

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Mental Health

Learn More

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar