Selasa, 18 Oktober 2011

[belajar-excel] Digest Number 1366

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Rekap data From: Kid Mr.
2a.
Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Asseggaf
2b.
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Haps
2c.
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Syamsudin Syamsudin
2d.
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
2e.
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Muhammad Assegaf
2f.
Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ? From: Haps
3a.
Membuat Grafik di Excel From: neki chan
3b.
Re: Membuat Grafik di Excel From: hendrik karnadi
3c.
Re: Membuat Grafik di Excel From: zainul ulum <>
3d.
Re: Membuat Grafik di Excel From: neki chan
3e.
Re: Membuat Grafik di Excel From: Haps
3f.
Re: Membuat Grafik di Excel From: neki chan
4a.
Bls: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_l From: Suhendra St
5a.
Re: mail merge dgn spinbox From: Simonne Manuella
6a.
Re: Memunculkan data filter yang terkadang sulit From: prabowoseptyobimo
7a.
Re: lockup dan formula.xls From: stefen
7b.
Re: lockup dan formula.xls From: Haps
8a.
Bls: [belajar-excel] Macro excel copy data ke posisi terakhir From: Dewan Deya
8b.
Re: Macro excel copy data ke posisi terakhir From: Haps
9.
membedakan format "mm" untuk MINUTE dan untuk MONTH From: Udin Haeruddin
10a.
Fwd: Broken Y Axis From: STDEV(i)
10b.
Re: Broken Y Axis From: STDEV(i)
11a.
Membuat Rangking Kelas From: wawan tawon
11b.
Re: Membuat Rangking Kelas From: STDEV(i)

Messages

1a.

Re: Rekap data

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Oct 17, 2011 7:04 am (PDT)



Untuk bahan renungan, menggunakan cara yang butuh kolom bantu saja ya.

Kolom bantu ada di kolom J mulai J4. Data hasil summary ada di kolom K mulai
K4. Cell K3 adalah header data hasil summary.
Ini adalah array formula di kolom bantu (cell J4). Karena array formula,
maka enter dengan Ctrl Shift Enter.

=*MIN(* *IF(* * COUNTIF($K$3:$K3,$C$4:$E$7) ** , "" ** , ( * *
ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$3)* * )* **1000* + *COLUMN($C$4:$E$7)-COLUMN($B$3)* *
**)** * * )*

Bahasa manusianya :
"Cari nilai terendah [MIN] dari nilai-nilai hasil suatu kalkulasi berdasar
kondisi [IF], yang kondisinya adalah jumlah cacah dengan 1 kriteria
[COUNTIF], dari nilai-nilai data [*$C$4:$E$7*] yang terdapat di hasil
summary (mulai dari header) [*$K$3:$K3*] yang bergerak dinamis running
(perhatikan penggunaan absolute reference -- karakter $ -- pada sisi baris).
Ketika kondisi itu (yang hasil CountIF) *bukan nol* (bernilai TRUE), maka
hasil kalkulasi kondisi [IF] adalah NULLSTRING [""] . Sedangkan ketika
hasilnya adalah *nol *(bernilai FALSE), maka hasil kondisi [IF] adalah
nilai-nilai kombinasi indeks posisi data dengan susunan nilai_index_baris
diikuti 3 digit nilai_indeks_kolom data [* ( * *ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$3)*
* )* **1000* + *COLUMN($C$4:$E$7)-COLUMN($B$3) *] "

Jadi, hasilnya berupa nilai komposit dengan struktur RRRRCCC [R = indeks
baris; C = indeks kolom] seperti nilai 1001 yang berarti data dengan indeks
baris 1 dan indeks kolom 001
Fungsi perkalian 1000 [**1000*] adalah untuk mendapatkan indeks kolom yang
selalu terdiri atas 3 digit, seperti 001 di atas.

Nilai komposit ini adalah nilai posisi data yang belum ada di hasil summary
(berdasar fungsi COUNTIF).
Karena parameter kriteria pada COUNTIF adalah berupa array data, maka
formula harus menjadi array formula, yang artinya, harus di-Enter dengan 3
tombol yaitu Ctrl Shift Enter.

Setelah kolom helper didapatkan, maka *pengambilan *data berdasar nilai
komposit bisa dilakukan menggunakan fungsi Index.
Fungsi Index memiliki syntax :
=Index( array_data_yang_akan_*diambil* ,
nilai_indeks_baris_si_data_yang_akan_*diambil * ,
nilai_indeks_kolom_si_data_yang_akan_
*diambil* )
** penggunaan kata diambil atau pengambilan di atas, untuk kondisi
membutuhkan nilai dari si range yang dirujuk.
Artinya : fungsi Index adalah fungsi lookup and reference yang hasilnya
adalah sebuah object (benda) berupa range atau item array. Tentu di benda
atau item array itu ada nilai propertinya, yang akan diambil itu tadi.

Oleh sebab itu, pada hasil summary diberi formula :
=IF( N(J4) , * INDEX( $C$4:$E$7 , INT(J4/1000) , RIGHT(J4,3) )* ,
"" )
Bagian yang di-bold adalah pokok formula pengambilan data sebagai hasil
summary
Fungsi N digunakan untuk mengambil nilai numerik suatu ekspresi atau nilai
data.
Hasil array formula di kolom helper akan menghasilkan 0 bila data unique
telah tersusun semua di hasil summary.
Pada fungsi kondisi [IF], ketika kondisi bukan nol, maka akan bernilai TRUE.
Kondisi bernilai nol, maka kondisi bernilai FALSE.
Ketika fungsi N menghasilkan 0 (karena nilai kolom helper bernilai 0 atau
berupa teks), maka kondisinya [IF] bernilai FALSE dan akan menghasilkan
NULLSTRING. Jika tidak, maka fungsi Index akan dikalkulasi.

Hasil di kolom helper selalu tetap, yaitu RRRRCCC.
Oleh sebab itu untuk nilai_indeks_baris_si_data_yang_akan_*diambil* bisa
didapat dengan *INT(J4/1000)* karena fungsi INT yang membulatkan kebawah,
sedangkan pembagian 1000 [ *J4/1000* ] adalah untuk menghilangkan sisi nilai
indeks kolom yang tersimpan dalam nilai hasil kolom helper.
Untuk nilai_indeks_kolom_si_data_yang_akan_*diambil* bisa didapat dengan *
RIGHT(J4,3)* karena susunan RRRRCCC selalu tetap pada sisi indeks kolom yang
selalu 3 digit (akibat perkalian 1000 -- masih ingatkan)

Demikian cerita singkat sebagai dongeng sebelum tidur.

*Setelah bosan dengan cerita dengan kolom bantu *;)
Nah, bagaimanakah dengan cara menyusun array formula tanpa kolom bantu di
kolom L ?
Perhatikan array formula helper :
=*MIN(* *IF(* * COUNTIF($K$3:$K3,$C$4:$E$7) ** , "" ** , ( * *
ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$3)* * )* **1000* + *COLUMN($C$4:$E$7)-COLUMN($B$3)* *
**)** * * )*

dan formula pengambil nilai data :
=IF( N(J4) , * INDEX( $C$4:$E$7 , INT(J4/1000) , RIGHT(J4,3) )* ,
"" )

Karena hasil summary nanti ada dikolom L (mulai L4), maka semua rujukan ke
kolom K, yaitu pada bagian CountIF di array formula helper, harus diubah
menjadi merujuk ke kolom L, yang menjadi :
=*MIN(* *IF(* * COUNTIF($L$3:$L3,$C$4:$E$7) ** , "" ** , ( * *
ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$3)* * )* **1000* + *COLUMN($C$4:$E$7)-COLUMN($B$3)* *
**)** * * )*

Kemudian, pada formula pengambil data yang merujuk ke J4 (alias hasil kolom
helper) harus diganti (di-substitusi) dengan susunan formula yang baru
diperbaiki tadi (dari K jadi L).
Maka formula :
=IF( N(J4) , * INDEX( $C$4:$E$7 , INT(J4/1000) , RIGHT(J4,3) )* ,
"" )

akan berubah menjadi :
=IF( N(* MIN(** IF( COUNTIF($L$3:$L3,$C$4:$E$7) , "" , (
ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$3) ) *1000 + COLUMN($C$4:$E$7)-COLUMN($B$3) ) )
* ) , * INDEX( $C$4:$E$7 , INT(** MIN(** IF( COUNTIF($L$3:$L3,$C$4:$E$7) , ""
, ( ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$3) ) *1000 + COLUMN($C$4:$E$7)-COLUMN($B$3)
) ) **/1000) , RIGHT( **MIN( IF( COUNTIF($L$3:$L3,$C$4:$E$7) , ""
, ( ROW($C$4:$E$7)-ROW($B$3) ) *1000 + COLUMN($C$4:$E$7)-COLUMN($B$3)
) )** ,3) )* , "" )

Kira-kira demikianlah.

Regards.
Kid.

2011/10/17 hasna <hasna26@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Master,
>
> Terima kasih Mr. Kid, ternyata sumproduct bisa dipakai juga sebagai
> pengganti countif. untuk kasus 1 walaupun sedikit masih bingung, tapi akan
> saya pelajari lebih lanjut.
> Sekali lagi terima kasih atas pencerahannya.
>
> hasna
> -------------------------
> hasna26@gmail.com
>
>
>
>
2a.

Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?

Posted by: "Asseggaf" seggaf@sbtcgroup.com   man_jufri

Mon Oct 17, 2011 11:16 am (PDT)



Halo guys,...

Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa mengeluarkan gambar,...

untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini

2b.

Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Mon Oct 17, 2011 12:38 pm (PDT)



lihat
http://www.box.net/shared/i6odl037g9
dan
http://www.box.net/shared/10620633go

catatan:
di excel 2007 sebuah drawing object ternyata tidak dapat langsung
di beri formula melalui formulabar, seperti halnya di excel 2003
mungkin teman lain bisa menjelaskan... (mengapa dan bgmana cara
pengantinya)

2011/10/18 Asseggaf <seggaf@sbtcgroup.com>

> **
>
> Halo guys,...
> Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa
> mengeluarkan gambar,...
> untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini
>
2c.

Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?

Posted by: "Syamsudin Syamsudin" syamsudin.syamsudin@cpp.co.id

Mon Oct 17, 2011 11:09 pm (PDT)



Halo juga fren...

Ini salah satu contoh lookup picture....
Kalo formulanya ...tanya ke bu siti vi ya...

From: belajar-excel@yahoogroups.com On Behalf Of Asseggaf
Sent: 18 Oktober 2011 1:17
Halo guys,...
Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa mengeluarkan gambar,...
untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini
2d.

Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?

Posted by: "belajar-excel-owner@yahoogroups.com" belajar-excel-owner@yahoogroups.com

Mon Oct 17, 2011 11:34 pm (PDT)



waduh... pak syamsudin pasti lupa ya..??!
lampirannya kok sampai 1 mega, gimana atuh..
(milis mengatur agar lampiran max 250 KB)

===Mods===

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Syamsudin Syamsudin <syamsudin.syamsudin@...> wrote:
>
> Halo juga fren...
>
> Ini salah satu contoh lookup picture....
> Kalo formulanya ...tanya ke bu siti vi ya...
>
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com On Behalf Of Asseggaf
> Sent: 18 Oktober 2011 1:17
> Halo guys,...
> Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa mengeluarkan gambar,...
> untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini

2e.

Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?

Posted by: "Muhammad Assegaf" seggaf@sbtcgroup.com   man_jufri

Tue Oct 18, 2011 12:41 am (PDT)



Saya sudah mencobanya tapi belum berhasil.

sepertinya saya bermasalah disaat saya mau membuat formula di gambar tersebut.

Saya lampirkan contoh filenya, saya sudah mengikuti semua langkah, apa ada yang kurang ?

----- Original Message -----
From: Haps
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, October 17, 2011 10:38 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?

lihat
http://www.box.net/shared/i6odl037g9
dan
http://www.box.net/shared/10620633go

catatan:
di excel 2007 sebuah drawing object ternyata tidak dapat langsung
di beri formula melalui formulabar, seperti halnya di excel 2003
mungkin teman lain bisa menjelaskan... (mengapa dan bgmana cara
pengantinya)

2011/10/18 Asseggaf <seggaf@sbtcgroup.com>

Halo guys,...
Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa mengeluarkan gambar,...
untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini

2f.

Re: Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan vlookup ?

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Oct 18, 2011 1:31 am (PDT)



lihat lampiran..

2011/10/18 Muhammad Assegaf <seggaf@sbtcgroup.com>
>
> Saya sudah mencobanya tapi belum berhasil.
> sepertinya saya bermasalah disaat saya mau membuat formula di gambar
tersebut.
> Saya lampirkan contoh filenya, saya sudah mengikuti semua langkah, apa ada
yang kurang ?
>
> ----- Original Message -----
> From: Haps
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Sent: Monday, October 17, 2011 10:38 PM
> Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana cara mengeluarkan gambar dengan
vlookup ?
>
>
> lihat
> http://www.box.net/shared/i6odl037g9
> dan
> http://www.box.net/shared/10620633go
> catatan:
> di excel 2007 sebuah drawing object ternyata tidak dapat langsung
> di beri formula melalui formulabar, seperti halnya di excel 2003
> mungkin teman lain bisa menjelaskan... (mengapa dan bgmana cara
> pengantinya)
>
>
> 2011/10/18 Asseggaf <seggaf@sbtcgroup.com>
>>
>> Halo guys,...
>> Kayanya perlu bantuan nih untuk membuat formula vlookup yang bisa
mengeluarkan gambar,...
>> untuk lebih jelasnya bisa liat di file yang saya attach ini
3a.

Membuat Grafik di Excel

Posted by: "neki chan" neki.arismi@gmail.com   daamoyof_neki

Mon Oct 17, 2011 9:54 pm (PDT)



Dear be-excellers,

Misal saya mempunyai satu tabel penjualan dan akan dibuatkan grafiknya
Dari tabel tersebut ada satu customer yang penjualannya jomplang dibanding
cust lain
Sehingga grafik yang dihasilkan pun terlihat jomplang antara customer 1
dengan customer yang lain
Yang mau saya tanyakan apakah settingan untuk sumbu y itu bisa di atur
manual?
Atau bisakah grafik tersebut dibuat lebih manusiawi :D
Agar si pembaca bisa melihat dengan baik dan jelas

Contoh kasus bisa dilihat dilampiran

Terima kasih sebelumnya

--

-- in one God i believe. No equal has He
-- about.me/daholicofneki
3b.

Re: Membuat Grafik di Excel

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Mon Oct 17, 2011 11:43 pm (PDT)



Untuk kasus ini, mungkin pakai Pie Chart lebih "manusiawi"
 
Salam,
Hendrik Karnadi
 
 
 

________________________________
From: neki chan <neki.arismi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 18 October 2011 11:54 AM
Subject: [belajar-excel] Membuat Grafik di Excel

 

--

-- in one God i believe. No equal has He
-- about.me/daholicofneki

Dear be-excellers,

Misal saya mempunyai satu tabel penjualan dan akan dibuatkan grafiknya
Dari tabel tersebut ada satu customer yang penjualannya jomplang dibanding cust lain
Sehingga grafik yang dihasilkan pun terlihat jomplang  antara customer 1 dengan customer yang lain
Yang mau saya tanyakan apakah settingan untuk sumbu y itu bisa di atur manual?
Atau bisakah grafik tersebut dibuat lebih manusiawi :D
Agar si pembaca bisa melihat dengan baik dan jelas

Contoh kasus bisa dilihat dilampiran

Terima kasih sebelumnya

3c.

Re: Membuat Grafik di Excel

Posted by: "zainul ulum <>" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Tue Oct 18, 2011 12:05 am (PDT)



Coba set y axis ke logarithmic scale

From: neki chan <neki.arismi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 18 October 2011 11:54 AM
Subject: [belajar-excel] Membuat Grafik di Excel

Dear be-excellers,

Misal saya mempunyai satu tabel penjualan dan akan dibuatkan grafiknya

Dari tabel tersebut ada satu customer yang penjualannya jomplang dibanding cust lain

Sehingga grafik yang dihasilkan pun terlihat jomplang antara customer 1 dengan customer yang lain

Yang mau saya tanyakan apakah settingan untuk sumbu y itu bisa di atur manual?

Atau bisakah grafik tersebut dibuat lebih manusiawi :D

Agar si pembaca bisa melihat dengan baik dan jelas

Contoh kasus bisa dilihat dilampiran

Terima kasih sebelumnya

--

-- in one God i believe. No equal has He

-- about.me/daholicofneki

3d.

Re: Membuat Grafik di Excel

Posted by: "neki chan" neki.arismi@gmail.com   daamoyof_neki

Tue Oct 18, 2011 12:22 am (PDT)



@pa hendrik : untuk pie chart bagus juga, tapi tampaknya kurang manusiawi
juga kalo data customernya ada banyak :D

@pa zainul : option diatas bisa disetting dimana yah ? saya pakai office
2007

--

-- in one God i believe. No equal has He
-- about.me/daholicofneki
3e.

Re: Membuat Grafik di Excel

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Oct 18, 2011 12:35 am (PDT)



oo... jadi sekarang (mulai di excel 2010 kah ?)
kata "manusiawi" dlm suatu chart sudah ada deskripsinya lengkap dan berlaku
UMUM ya..
( sehingga jika 'meleset dikit' bisa dengan mudah diberi status: FALSE /
TRUE )
sampai saat ini saya hanya bisa pakai 2003, mau pindah ke 2007 atau 2010,
tetapi
"yang 2003" pun belum "hafal" & tahu semua...

:D
cmiiw.

2011/10/18 neki chan <neki.arismi@gmail.com>

> **
>
> @pa hendrik : untuk pie chart bagus juga, tapi tampaknya* kurang manusiawi
> juga* kalo data customernya ada banyak :D
> @pa zainul : option diatas bisa disetting dimana yah ? saya pakai office
> 2007
>
>
>
3f.

Re: Membuat Grafik di Excel

Posted by: "neki chan" neki.arismi@gmail.com   daamoyof_neki

Tue Oct 18, 2011 12:44 am (PDT)



hihihihihi ... bahasa lainnya apa yah :D abisnya lagi keabisan ide untuk
kata2nya :P

oia, saya sudah ketemu untuk setting format axis nya , ternyata tinggal di
klik sumbu x / y pada chartnya > klik kanan > format axis

2011/10/18 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> **
>
>
> oo... jadi sekarang (mulai di excel 2010 kah ?)
> kata "manusiawi" dlm suatu chart sudah ada deskripsinya lengkap dan berlaku
> UMUM ya..
> ( sehingga jika 'meleset dikit' bisa dengan mudah diberi status: FALSE /
> TRUE )
> sampai saat ini saya hanya bisa pakai 2003, mau pindah ke 2007 atau 2010,
> tetapi
> "yang 2003" pun belum "hafal" & tahu semua...
>
> :D
> cmiiw.
>
>
>
> 2011/10/18 neki chan <neki.arismi@gmail.com>
>
>> **
>>
>> @pa hendrik : untuk pie chart bagus juga, tapi tampaknya* kurang
>> manusiawi juga* kalo data customernya ada banyak :D
>> @pa zainul : option diatas bisa disetting dimana yah ? saya pakai office
>> 2007
>>
>>
>>
>

--

-- in one God i believe. No equal has He
-- about.me/daholicofneki
4a.

Bls: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_l

Posted by: "Suhendra St" susu_belajar@yahoo.com   susu_belajar

Mon Oct 17, 2011 11:08 pm (PDT)



baik, terima kasih ya atas pencerahannya pak Kid...coz sesuai maksud yg dituju

itu sangat membantu n menginspirasi...

tengkyu...

_______________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Dikirim: Senin, 17 Oktober 2011 19:01

Jadi, dengan asumsi posisinya tetap,

Cara1 : buat sebuah kolom penanda. misal nomor grup. Kemudian hitung berdasar penanda tersebut. Karena data hanya yang positif saja, maka array formula :
=AVERAGE(IF((P20:P32=1)*(A20:A32>0),A20:A32))
Lihat file terlampir agar lebih jelas.

Cara2 : dengan array formula langsung tanpa kolom bantu.
=AVERAGE(IF(ISNUMBER(MATCH(ROW(A20:A32)-ROW(A19),{1,3,5,7},0))*(A20:A32>0),A20:A32))
Bagian yang di-bold, bisa dituangkan dalam bentuk tabel nomor-nomor index baris data yang akan di rerata. Dengan begitu, maka proses rerata masih bisa bersifat agak dinamis.
;)

Regards.
Kid.

2011/10/17 Suhendra St <susu_belajar@yahoo.com>
>
>pak Kid
>
>karena di antara list nilai2 yg ada misalnya dlm tabel tersebut, nilai "yang berwarna kuning" (posisinya pada cell tertentu tsb, mungkin bisa dibilang tetap utk mempermudahnya x ya jgn yg fleksible) yang ingin saya cari nilai rata2 nya pak kid...
>
>
>(dengan catatan, warna kuning hanya sebagai cth penandaan saja dan tidak terpengaruh dlm perhitungn atau sbg kreteria)
>
>
>kalau bisa solusinya dengan formula ya pak, bukan dengan VBA spt yg bu siti kasih
>maklum ilmu msih terbatas mslh begituan
>
>terima kasih byk sblumnya
>

5a.

Re: mail merge dgn spinbox

Posted by: "Simonne Manuella" simonne_manuella@yahoo.co.uk   simonne_manuella

Mon Oct 17, 2011 11:14 pm (PDT)



@STDEV(i): terima kasih, solusinya kemarin sangat membantu,
mbak, tolong dong dijelasin kpn pake index match, index, ato cukup pke
vlookup aja? thx u

selagi ingat, saya tambah 1 lg pertanyaan,
gimana menggabungkan hasil 2 cell yg pakai rumus index namun berbeda hasil (1 cell mengambil nilai date dan 1 cell lainnya mengambil nilai text/string) dpt ditampilkan pada 1 cell? karena hasil datenya pasti yg date berubah (misal 1 okt 10 jd 24445)

saya udah coba pakai &","& diantara 2 rumus index-nya, terimakasih ya atas bantuannya

--- On Mon, 17/10/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> wrote:
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Date: Monday, 17 October, 2011, 15:34

coba semua rumus yg tergantung nilsi spin button diganti sperti ini
=INDEX('proses dupak hpak pak sk'!$D$6:$CF$11,$K$14,1)

nilai K14 tidak perlu dicari lagi dengan MATCH(K14,J6:J11,0)

karena dia sendiri sudah merupakan INDEX baris (angka urutyg kit anggap mewakili nomor baris data) bukan mewakili nomor NIP

Ttapi karena K14 sebenarnya akan anda pakai untuk memunculkan NIP

maka nilai SPINBUTTON dapat anda pindah misalnya keluar form di P14barulah di K14 dimunculkan NIP dengan�

=INDEX('proses dupak hpak pak sk'!$D$6:$CF$11,$P$14,7)

rumus lain boleh tetap merujuk P4�(nilai SpinButtton sbg index Baris) sebagai kuncinya (dengan fungsi INDEX atau bisa juga dengan OFFSET)

atau�

anda dapat menggantinya daengan VLOOKUP tetapi kuncinya(look up value nya) adalah K14 (NIP)

mudah-mudahan seperti itu yg dimaksudkan...

6a.

Re: Memunculkan data filter yang terkadang sulit

Posted by: "prabowoseptyobimo" prabowoseptyobimo@yahoo.com   prabowoseptyobimo

Mon Oct 17, 2011 11:15 pm (PDT)



trims infonya mas

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Franciscus SOG <jclugbu@...> wrote:
>
> Dear Prabowo,
> Karena tabel anda bukan berupa struktur database, maka tidak dapat
> difilter dalam kondisi merge cells (cells tidak sehat).
>
> Solusi :
> 1. Unmerge cells dahulu seluruh header yang akan difilter,
> 2. Tempatkan filter di header paling bawah, dalam kasus ini baris header ke 2.
> 3. Baru di merge cells kembali sesuai selera anda.
>
> Blessings,
> Fran'z

7a.

Re: lockup dan formula.xls

Posted by: "stefen" stefen@kofi.co.id

Mon Oct 17, 2011 11:19 pm (PDT)



Selamat pagi.
Oh ya mbak guru Stdev(i) minta maaf karena salah lagi.
Yang di maksud dengan parts ya itu nama nama item yg saya tulis.
Mungkin pertanyaan bisa saya rubah sedikit, yang saya maksud adalah jika
produk atas parts tersebut tidak produksi selama 3 bulan dan pada bulan ke-4
di produksi lagi maka ada semacam Signal bahwa cell tersebut menjadi merah
atau ada tulisan " produk ini harus di Hatsumono).soalnya di tempat saya
bekerja ada ketemtuan jika produk tersebut tidak di proses sekian lama maka
harus di lakukan Hatsumono atau Re-trial.
Mohon bantuannya
Thanks

_____

From: belajar-excel@yahoogroups.com
On Behalf Of STDEV(i)
Sent: 17 October 2011 07:24


2011/10/17 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

(1) aktifkan sheet RESULT
(2) Select / blok: range H6:AA22
(3) klik menu: Format > Conditional Formatting
(4) buat kondisi dengan FORMULA IS =SUM(C6:H6) = 0

berikan format misalnya pattern/backround merah

cond format 3 bulan nganggur.PNG

sebelumnya ndak ada tulisan "part" (ditabel judul kolom C kan juga
dikosongkan), kok tiba-tiba ada kata, "PART TERSEBUT", jadi kita agak binun' nih..:
yg namanya part itu yang mana ?, kan tidak semua orang disini bekerja di kofi sehingga bisa melihat "data angka tertentu" lalu langsung tahu: nah itu = "PART" !!
(ini gak seriyus, hanya bercanda sebentar... he he...)

7b.

Re: lockup dan formula.xls

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Oct 18, 2011 12:24 am (PDT)



maaf berhubung person yg dituju sedang "off-air"....

bantuannya : kemarin sudah diberikan berupa *contoh gambar*
*cara mengaplikasikan conditional formatting berikut RUMUS Kondisnya*

apakah sudah dicoba ?
apakah hasilnya tidak sesuai ? (sebelum permintaan ber-Ubah)

(dlm email pak stefen 18okt tidak memberi kabar penting itu..)

contoh conditional formatting pada workbook terlampir adalah jawaban
SEBELUM permintaan pak stefen ber-*Ubah .*
*
*
untuk meng*-Ubah* tanda merah bukan mulai di bulan ke3 tetapi
mulai bulan ke4 (bila terjadi : "3bulan kosong produksi") tentunya tinggal
mengubah
sedikit besarannya atau range rujukannya..

kita mengharapkan jika pak stefan kembali ke masalah ini lagi ( karena
jawaban belum sesuai) mohon agar KEINGINANNYA DIGAMBARKAN SECARA
VISSUAL di sheet; agar kita tidak salah tangkap mulluk...
karena "kata-kata-kata" itu bisa mendua (lain arti bagi si penulis vs si
pembaca)

cmiiw

2011/10/18 stefen <stefen@kofi.co.id>

> **
>
> Selamat pagi.
> Oh ya mbak guru Stdev(i) minta maaf karena salah lagi.
> Yang di maksud dengan parts ya itu nama nama item yg saya tulis.
> Mungkin pertanyaan bisa saya rubah sedikit, yang saya maksud adalah jika
> produk atas parts tersebut tidak produksi selama 3 bulan dan *pada bulan
> ke-4*
> di produksi lagi maka ada semacam Signal bahwa cell tersebut menjadi merah
> atau ada tulisan " produk ini harus di Hatsumono).soalnya di tempat saya
> bekerja ada ketemtuan jika produk tersebut tidak di proses sekian lama maka
> harus di lakukan Hatsumono atau Re-trial.
> Mohon bantuannya
> Thanks
>
> 2011/10/17 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>
> * (1) aktifkan sheet RESULT
> (2) Select / blok: range H6:AA22
> (3) klik menu: Format > Conditional Formatting
> (4) buat kondisi dengan FORMULA IS =SUM(C6:H6) = 0
>
> berikan format misalnya pattern/backround merah
> *
> cond format 3 bulan nganggur.PNG
>
> sebelumnya ndak ada tulisan "part" (ditabel judul kolom C kan juga
> dikosongkan), kok tiba-tiba ada kata, "PART TERSEBUT", jadi kita agak
> binun' nih..:
> yg namanya part itu yang mana ?, kan tidak semua orang disini bekerja di
> kofi
>
sehingga bisa melihat "data angka tertentu" lalu langsung tahu: nah itu =
> "PART" !!
> * (ini gak seriyus, hanya bercanda sebentar... he he...)*
>
8a.

Bls: [belajar-excel] Macro excel copy data ke posisi terakhir

Posted by: "Dewan Deya" dwanxls@yahoo.co.id   dwanxls

Mon Oct 17, 2011 11:30 pm (PDT)



B' Siti
Saya sudah coba aplikasikan listing VB nya dengan mengcreate file excel baru (nama file nya : Book121.xls). dan VB nya berhasil sesuai dengan yang diharapkan.

Kemudian saya coba VB tersebut di file excel yang sudah ada (nama file excel nya : sample.xls). Terjadi error. Error 424.

Berikut listing di file sample.xls

Sub Transpose()
'
' Transpose Macro
' Matrix transpose
'
' Keyboard Shortcut: Ctrl+Shift+O
'
Dim CellTujuan1 As Range
Dim CellTujuan2 As Range

Set CellTujuan1 = Market2011.Cells(Row.Count, 2).End(xlUp).Offset(1, 0)
Set CellTujuan2 = Market2011.Cells(Row.Count, 11).End(xlUp).Offset(1, 0)

Master.Range("c3:c11").Copy
CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=True

Master.Range("D13:D17").Copy
CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=True
End Sub

Dan dibawah ini adalah listing VB dari fileBook121.xls

Sub Macro1()
'
' Macro1 Macro
'
' Keyboard Shortcut: Ctrl+n
'
Dim CellTujuan1 As Range
Dim CellTujuan2 As Range

Set CellTujuan1 = Sheet2.Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp).Offset(1, 0)
Set CellTujuan2 = Sheet2.Cells(Rows.Count, 6).End(xlUp).Offset(1, 0)

Sheet1.Range("d4:d8").Copy
CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone, SkipBlanks _
=False, Transpose:=True

Sheet1.Range("D16:D20").Copy
CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=True

End Sub

Pada file Book121.xls nama sheet nya saya ubah, sheet1 menjadi master dan sheet2 menjadi index2011. Dan VB tetap bisa berjalan.
Berikut saya lampirkan ke dua file tersebut.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

________________________________
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Dikirim: Jumat, 14 Oktober 2011 11:08

Tambahan agar tidak binun'...
Perintah lengkapnya
Sheet2.Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp).Offset(2, 0)
'-- yg dicapai adalah C4

bukan hanya
Sheet2.Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp)
'-- yg dicapai adalah C2

kalau yg dicapai C3 kemungkinan besar:�
cell C3 ada / berisi data yg tidak tampak misalnya SPASI�
atau data ex Char(160)
atau data diformat sewarna dengan background
atau data yg diformat number custom =;;;

mohon di cek dan kami ingin mendengar khabarnya...

2011/10/14 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

ya benar pak
>itu memang terjadi salah / (kekuranga jelasan) kata-kata saya
>
>ASUMSI YG BENAR
>pada saat belum pernah terjadi pengCopy-an data
>
>C2 harusnya berisi data (apa saja, mungkin Judul Kolom)
>C3sampai C65536= kosong
>
>maksudnya
>agar kalau terjadi [End] +[Up] dari C65536, cell pointer berhenti C2
>dan karena akan di OFFSET(2, 0) maka cell popinter akan bepindah ke C4
>C4 ini adalah cell yg dlm pertanyaan sudah bapak tentukan itu.
>
>demikian pak..
>mohon dicoba coba lagi
>
>~siti
8b.

Re: Macro excel copy data ke posisi terakhir

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Oct 18, 2011 1:20 am (PDT)



maaf ikutan..
Procedure yg ada di module milik Workbook SAMPLE.xls

seharusnya seperti ini (bandingkan dengan teliti) vl makro tulisan pak
Dewan

Sub KopiTranspose()

Dim CellTujuan1 As Range, CellTujuan2 As Range

Set CellTujuan1 = *Sheet2*.Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp).Offset(1, 0)
Set CellTujuan2 = *Sheet2*.Cells(Rows.Count, 11).End(xlUp).Offset(1, 0)

*Sheets("Master")*.Range("c3:c11").Copy
CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, _
Operation:=xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=True

*Sheets("Master")*.Range("D13:D17").Copy
CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, _
Operation:=xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=True

End Sub

sepertinya bapak harus membaca helpnya, bgmana cara merujuk sheet
(ada beberapa cara)
- dengan menyebut indexnya* Sheets(1) , Sheets(6) dst..*
- dengan menyebut NAMA nya* Sheets("NamaSheet") , Sheets("Sheet10")*
-dengan menyebut CodeName nya * Sheet1 , Sheet32, dst*
. dengan mengexpresikan object sheet tsb (banyak cara)
misalnya *CellTujuan1.Parent.Range("A1:A1000")*
adalah object range yg berada di sheet2 (yaitu sheet yg menjadi induk
(parent)
bagi range yg bernama CellTujuan1
dst...

-hapsari-

2011/10/18 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id>

> **
>
> B' Siti
> Saya sudah coba aplikasikan listing VB nya dengan mengcreate file excel
> baru (nama file nya : Book121.xls). dan VB nya berhasil sesuai dengan yang
> diharapkan.
>
> Kemudian saya coba VB tersebut di file excel yang sudah ada (nama file
> excel nya : sample.xls). Terjadi error. Error 424.
>
> Berikut listing di file sample.xls
>
> Sub Transpose()
> '
> ' Transpose Macro
> ' Matrix transpose
> '
> ' Keyboard Shortcut: Ctrl+Shift+O
> '
> Dim CellTujuan1 As Range
> Dim CellTujuan2 As Range
>
> Set CellTujuan1 =* Market2011*.Cells(Row.Count, 2).End(xlUp).Offset(1, 0)
> Set CellTujuan2 = *Market2011*.Cells(Row.Count, 11).End(xlUp).Offset(1, 0)
>
> Master.Range("c3:c11").Copy
> CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone,
> SkipBlanks:=False, Transpose:=True
>
> Master.Range("D13:D17").Copy
> CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone,
> SkipBlanks:=False, Transpose:=True
> End Sub
>
> Dan dibawah ini adalah listing VB dari fileBook121.xls
>
> Sub Macro1()
> '
> ' Macro1 Macro
> '
> ' Keyboard Shortcut: Ctrl+n
> '
> Dim CellTujuan1 As Range
> Dim CellTujuan2 As Range
>
> Set CellTujuan1 = Sheet2.Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp).Offset(1, 0)
> Set CellTujuan2 = Sheet2.Cells(Rows.Count, 6).End(xlUp).Offset(1, 0)
>
> Sheet1.Range("d4:d8").Copy
> CellTujuan1.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone,
> SkipBlanks _
> =False, Transpose:=True
>
> Sheet1.Range("D16:D20").Copy
> CellTujuan2.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone,
> SkipBlanks:=False, Transpose:=True
>
> End Sub
>
> Pada file Book121.xls nama sheet nya saya ubah, sheet1 menjadi master dan
> sheet2 menjadi index2011. Dan VB tetap bisa berjalan.
> Berikut saya lampirkan ke dua file tersebut.
>
> Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
>
9.

membedakan format "mm" untuk MINUTE dan untuk MONTH

Posted by: "Udin Haeruddin" herumamuda@gmail.com   ruddin1795

Tue Oct 18, 2011 12:56 am (PDT)



Wahai para BeExceller....!
Misal di sel *F5* ada data *07:15:00*. Saya ingin memformat sel *F5* agar
yang tampil hanya MENITnya saja.
Saya memformatnya dengan Custom Formatting yakni :"*mm*". Yang muncul di
layar justru bulan / *MONTH* dari data tersebut yakni *01, *bukan *15.*
Sebenarnya tanpa diformat, tapi pake Formula dan hasilnya ditempatkan di sel
lain, bisa. Namun, pengennya hanya diformat saja.
Mohon pencerahan.....!
--
====== Haeruddin, S.Pd ======
10a.

Fwd: Broken Y Axis

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Tue Oct 18, 2011 2:30 am (PDT)



berikut ini pertanyaan dari member tapi salah kirim ke alamat moderator
terima kasih pak dezacki,
untuk posting ke milis ini selanjutnya mohon ditujukan ke alamat milis
*belajar-excel@yahoogroups.com*
lihat penjelasan di footer..

==========================================
from dezacki grimripperz@gmail.com
via<http://mail.google.com/support/bin/answer.py?hl=en&ctx=mail&answer=1311182>
yahoogroups.com to belajar-excel-owner@yahoogroups.com
date Tue, Oct 18, 2011 at 9:49 AM subject Broken Y Axis mailed-by
returns.groups.yahoo.com signed-by yahoogroups.com

---------- Forwarded message ----------
From: dezacki <grimripperz@gmail.com>
Date: 2011/10/18
Subject: Broken Y Axis
To: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

Dear Be-Excel,
Berikut chart dengan nominal data yang terpaut jauh, saya sudah coba membuat
y axis terpenggal seperti file terlampir.
Tetapi masih kurang sempurna, karena tampilan tidak sesuai dengan yang saya
harapkan. Bagaimana caranya agar
target ppm tetap terlihat sesuai dengan axisnya.

thanks

-zaki-
10b.

Re: Broken Y Axis

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Tue Oct 18, 2011 3:40 am (PDT)



Sambil menunggu tanggapan dari members lain, kita bisa lihat lihat dulu
beberapa tutorialnya

http://peltiertech.com/Excel/Charts/BrokenYAxis.
http://chandoo.org/wp/2010/08/20/charts-with-small-and-large-values/
http://www.ozgrid.com/Excel/broken-axis-col.htm

2011/10/18 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> berikut ini pertanyaan dari member tapi salah kirim ke alamat moderator
> terima kasih pak dezacki,
> untuk posting ke milis ini selanjutnya mohon ditujukan ke alamat milis
> *belajar-excel@yahoogroups.com*
> lihat penjelasan di footer..
>
>
> ==========================================
> from dezacki grimripperz@gmail.com via yahoogroups.com
> to belajar-excel-owner@yahoogroups.com
> date Tue, Oct 18, 2011 at 9:49 AM
> subject Broken Y Axis
> mailed-by returns.groups.yahoo.com
> signed-by yahoogroups.com
>
> ---------- Forwarded message ----------
> From: dezacki <grimripperz@gmail.com>
> Date: 2011/10/18
> Subject: Broken Y Axis
> To: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> Dear Be-Excel,
> Berikut chart dengan nominal data yang terpaut jauh, saya sudah coba
> membuat y axis terpenggal seperti file terlampir.
> Tetapi masih kurang sempurna, karena tampilan tidak sesuai dengan yang saya
> harapkan. Bagaimana caranya agar
> target ppm tetap terlihat sesuai dengan axisnya.
>
> thanks
>
> -zaki-
>
>
11a.

Membuat Rangking Kelas

Posted by: "wawan tawon" tawon_cbr@yahoo.co.id   tawon_cbr

Tue Oct 18, 2011 3:08 am (PDT)



Selamat sore,
Mohon maaf sebelumnya pabila sudah ada topik yg sama telah lebih dulu di bahas pada milis ini.

Yang ingin saya ketahui adalah Apakah ada formula lain selain =RANK(Number, Ref, order) yang dapat digunakan utk menentukan perengkingan siswa kelas. Hal ini karena bila menggunakan formula tadi maka apabila ada siswa yang mempunyai nilai yg sama akan terjadi "Perengkingan loncat".
Mohon kiranya sudi membagi bantuannya kepada saya.

TYVM
11b.

Re: Membuat Rangking Kelas

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Tue Oct 18, 2011 4:11 am (PDT)



Kalau inginnya cara biasa:
Menu (Tab) *Data > SORT*
Tabel di-Sort, Descendng (menurun), kolom nilai sebagai kolom kunci
Nomor rangking dibuat sendiri atau dengan formula ROW(1:N)

Kalau tidak ingin setiap kali me SORT
Formula bisa menghasilkan data (di kolom lain) yg hasilnya seperti DI SORT.
Untuk hal seperti ini Fungsi utama yg akan dipakai adalah fungsi LARGE
(sorting menurun, descending) atau SMALL (sorting menaik, ascending)

Seandainya pak Tawon berkenan mengajukan CONTOH datanya dalm workbook
(sedikiiiiittt saja deh), formula akan dapat dipraktekkan oleh penjawab ke
dalam
workbook yg bapak ajukan itu (kalau si penjawab membuat sendiri workbook
nya kayaknya tidak terlalu lucu dan bisa salah, tidak sesuai denan
keperluan
yg bapak Tawon hadapi)

Btw, klik *di sini* <http://www.box.net/shared/ocsgtf5517> ada contoh
tetapi pakai makro, bisa untuk sekedar hiburan;
bapak unduh /download dulu (guratis..), kemudian docoba-coba...
(nama file RankingReport atas
DaftarNilaiSiswa.zip<http://www.box.net/shared/ocsgtf5517>,
33 KB )

Sebelum menjalankan file ini sebaiknya baca-baka dulu "mukadimahnya"
yg pernah diposted di milis sebelah:
http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/18164

mungkin in perlu juga:
http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/18958

2011/10/18 wawan tawon <tawon_cbr@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Selamat sore,
> Mohon maaf sebelumnya pabila sudah ada topik yg sama telah lebih dulu di
> bahas pada milis ini.
>
> Yang ingin saya ketahui adalah Apakah ada formula lain selain =RANK(Number,
> Ref, order) yang dapat digunakan utk menentukan perengkingan siswa kelas.
> Hal ini karena bila menggunakan formula tadi maka apabila ada siswa yang
> mempunyai nilai yg sama akan terjadi "Perengkingan loncat".
> Mohon kiranya sudi membagi bantuannya kepada saya.
>
>
> TYVM
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Find support for

Mental illnesses

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar