Minggu, 16 Oktober 2011

]] XL-mania [[ Digest Number 2275

Microsoft Excel Community

Messages In This Digest (11 Messages)

Messages

1a.

Re: Range Countif Error

Posted by: "Cecep INS" cecep.ins@gmail.com   cep6040

Sat Oct 15, 2011 10:58 pm (PDT)



Dear Hachi,

Ada sedikit kesalahan pada formulanya, coba dengan formula seperti ini

=COUNTIF(C41:E41:G41,"<>0")

Mudah mudahan bisa membantu.

Pada 10 Oktober 2011 08:11, Hachi <hachiuz_ld27@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> Dear Excel expert,
> saya menemukan masalah pada Formula Countif.
>
> Saya mencoba formula Countif sbb : =COUNTIF(A2:A5,"<>0") dan hasilnya baik2
> saja (sesuai yang diinginkan). Namun ketika saya mengganti rangenya menjadi
> loncat2, tidak kontinu, seperti berikut :
> =COUNTIF((A2,A4,A6,A8),"<>0") muncul error #Value.
>
> Saya coba untuk formula lain dengan range juga muncul error.
> Sepertinya penulisan range saya yang salah.
> Ada yang bisa memperbaiki, atau formula tersebut hanya bisa untuk range
> yang kontinue.
>
> Mohon masukkannya
> Cheers,
> Hachi
>
>
>
1b.

Re: Range Countif Error

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Sat Oct 15, 2011 10:59 pm (PDT)



ini hanya pendapat saya saja:

fungsi coutif hanya mempunyai 2 (DUA) argument; tidak bisa diisi lebih dari
2 argument

argument #1 berupa RANGE yg tidak terputus (multi area), argument #2 berupa
kriteria,
antar argument itu tandanya adalah , (KOMA); atau pada komputer yg di set
indonesian
tanda pemisah argument adalah ; (titik koma), atau kata Yu siti = "titik
kamal"

pada formula kedua yg bapak coba bapak, telah mengisi Fungsi COUNTIF dengan

*5 (LIMA) argument*

jadi.. munculnya error value itu karena penulisan fungsi yg tidak mengikuti
sintaks

2011/10/10 Hachi <hachiuz_ld27@yahoo.co.id>

> **
>
> Dear Excel expert,
> saya menemukan masalah pada Formula Countif.
>
> Saya mencoba formula Countif sbb : =COUNTIF(A2:A5,"<>0") dan hasilnya baik2
> saja (sesuai yang diinginkan). Namun ketika saya mengganti rangenya menjadi
> loncat2, tidak kontinu, seperti berikut :
> =COUNTIF((A2,A4,A6,A8),"<>0") muncul error #Value.
>
> Saya coba untuk formula lain dengan range juga muncul error.
> Sepertinya penulisan range saya yang salah.
> Ada yang bisa memperbaiki, atau formula tersebut hanya bisa untuk range
> yang kontinue.
>
> Mohon masukkannya
> Cheers,
> Hachi
>
>
1c.

Re: Range Countif Error

Posted by: "Tommy" tomz.zlow@gmail.com   tomz_aja

Sat Oct 15, 2011 11:04 pm (PDT)



Dear Hachi,

Kalau seandainya ada worksheet problem mungkin ada gambaran untuk cari patokan "mencomot" range yang diinginkan, karena pastinya ada kan aturan main-nya?

berhubung kami tidak tau aturan mainnya, maka, asumsi: dari range A1 s.d. A8 mau cari yang genap saja:
array formula =sum((iseven(row(a1:a8)))*(a1:a8<>0))

blessings,
tomz

----- Original Message -----
From: Hachi
To: XL-mania@yahoogroups.com
Sent: Monday, October 10, 2011 10:11 AM
Subject: ]] XL-mania [[ Range Countif Error

Dear Excel expert,
saya menemukan masalah pada Formula Countif.

Saya mencoba formula Countif sbb : =COUNTIF(A2:A5,"<>0") dan hasilnya baik2 saja (sesuai yang diinginkan). Namun ketika saya mengganti rangenya menjadi loncat2, tidak kontinu, seperti berikut :
=COUNTIF((A2,A4,A6,A8),"<>0") muncul error #Value.

Saya coba untuk formula lain dengan range juga muncul error.
Sepertinya penulisan range saya yang salah.
Ada yang bisa memperbaiki, atau formula tersebut hanya bisa untuk range yang kontinue.

Mohon masukkannya
Cheers,
Hachi

2.

Pembuatan Chart Laporan Laba Rugi

Posted by: "Tonnie Tango" t0nnietang0@yahoo.com   t0nnietang0

Sat Oct 15, 2011 11:04 pm (PDT)



Dear Excel Expert,

Saya ada kesulitan untuk membuat Chart Laporan Laba Rugi, (saya menggunakan excel 2007)

Adapun diketahui:
Sumber Penerimaan : Sales dan Other
Sumber Pengeluaran : HPP, Operational dan Other

Selisih Sumber Penerimaan dengan Sumber Pengeluaran menimbulkan Laba atau Rugi
Turut serta saya lampirkan file excelnya.

Thank You,

Best regards
tonnie
3.

kode macro untuk batasa panjang karakter

Posted by: "Nana Suwargana" nanacasef@yahoo.co.id   nanasuwargana

Sat Oct 15, 2011 11:05 pm (PDT)



Dear member xl-mania n suhu2 xl
saat ini saya sedang belajar ngotak-ngatik macro setelah sekian lama berkenalan dengan excel
saya ingin memberi batasan inputan pada text box di form yang saya buat
batasannya adalah pada panjang karakter
misalkan untuk text box kode, panjang karakternya harus sama dengan 6 karakter, kalau kurng atau lebih maka akan keluar msgbox
atau text box nama panjang karakternya tidak boleh legih dari 20
kode apa yang harus saya gunakan?

terimakasih sebelumnya
saya benar2 baru berhubungan dengan macro, jadi kalo ada istilah yg salah mohon diluruskan, n mohon maklum kalo nanya mulu

wasalam

Nana Suwargana
4.

Konversi Formula Ke Konstanta tercepat tanpa makroh.

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sat Oct 15, 2011 11:10 pm (PDT)



trick or tips of the week

*( Kasus )*
Segugus cell (Range) di woksit Anda telah berisi formula, misalanya di
range F16:F1015
Formulanya kebetulan jenis formula-nan-sakti yg memberatkan kinerja woksit.

Berhubung saat ini woksit sudah fixed, coz ndak akan bertambah / berganti
data
dependents-nya, maka Anda memutuskan: Mengkonversi formula di F16:F1015 tsb
menjadi data biasa bukan formula, alias data Konstanta.
Saya kira ini keputusan yg bijak dari orang bijak taat pajak anti bajak
gemar rujak

*( Cara primata *{primitip gitu loch..}* )*
tiap cell ditampakkan di formula_bar, lalu formula di edit manual dengan
mengetikkan
HASIL yg tadi anda INGAT ketika cell belum di unggah ke formula_bar. :(
karena ada 1000 cell, maka proses itu akan anda ulang 1000 kali, sambil
menunggu
jam pulang.
kalau itu maumu, bang, ya terserah abang saja atuh...

*( cara yg sudah agak umum )*
Select / Blok Range F16:F1015
Range tsb di-Copy
klik /select 1 cell lain yg kosong, misalnya AC16
ClipBoard copyan di-pasteSpecial > Value ke range terselect (AC16)
Range hasil PasteSpecial Value (AC16:AC1015) di copy kembali
dan di paste ke Range asal (F16:F1015)
selesai, bang..

But dear..., tanpa makro adakah cara lain yg lebih cepat ?

[image: RightClick.GIF]

( Menurutku ada cara lain yg lebih semar {smart gitu loch..} )
Select / Blok Range F16:F1015
lihat bahwa SelectedRange dibatasi oleh Garis tegas di setiap tepinya
Dengan Mouse-Pointer dekati: salah satu *garis tepi *tsb hingga MousePointer
berubah
manjadi "*Drag-Icon*" (*tanda Panah-KananKiri-Atas-Bawah)*, misal *GarisAtas
* pada cell F16
Klik Kanan dan Tahan, lalu Geserlah SelectedRange (F16:F1015) *ke atas atau
ke bawah*
minimal 1 baris; masih tetap menahan MouseTombolKanan, *kembalikan
ke range asalnya.*
Lepaskan Tombol-Kanan Mouse, dan akan muncul PopUp/ContextMenu yg selama
ini
tersembunyi seperti siti...
pilih SubMenu *'Copy Here as Values Only'*

selanjutnya: no comments
hanya ingin pesan agar data di F16:F1015 (yg dulunya berupa
FORMULA/variable)
di periksa kembali apakah memang benar sudah terKonversi menjadi *Konstanta?
*

[image: FormulaToContants.PNG]

Ketika Klik-Kanan dilepas.......

[image: copyhere as values.PNG]

cmiiw

~siti markonah..
5.

Penulisan Macro - Copy dan Paste secara perulang

Posted by: "Supirman" supirman1508@yahoo.co.id   supirman1508

Sat Oct 15, 2011 11:11 pm (PDT)



Dear Master
Saya ingin menanyakan penulisan Macro
Misalnya saya punya data seperti terlampir
 
Masalah
Saya harus mengcopy data A2:F2 dan selanjutnya di paste di A3:F4
Demikian selanjutnya saya harus mencopy data di A5:F5 selanjutnya di copy di A6:F7
 
Pekerjaaan ini harus dilakukan berulang karena data sebayak 11.000 buah
 
Pertanyaannya
Bagaimana penulisan nya dalam macro sehingga menghasilkan hasil seperti tersebut diatas dimana alamat cell sesuai dengan yang saya pilih
 
Demikian mohon pencerahannya, terimakasih
6.

Permasalahan rumus Sumproduct dan Tidak terupdatenya hasil dari rumu

Posted by: "Sony" sony_b_indo@yahoo.com   sony_b_indo

Sat Oct 15, 2011 11:16 pm (PDT)



Hallo Pak Abimono dan XL-Mania semua,

Pak & teman2 semua…

Saya sudah baca beberapa postingan sebelumnya, tetapi ada yang ingin saya tanyakan, posisinya sekarang saya menggunakan excel 2003 ( krn perusahaan sudah invest dan masih lama untuk mengganti ke versi yg lebih baru ). Saya mohon bantuannya kepada rekan-rekan untuk penyelesaian masalah + kendalanya :

1. Untuk excel 2003, sebagai pengganti rumus "SUMIFS" saya menggunakan "SUMPRODUCT", tetapi ada kendala saat menggunakan rumus "SUMPRODUCT" ini, saya sudah mengguanakannya selama 8 bulan lebih dan data yang saya kelola sekarang masih ribuan dan nantinya akan puluhan ribu. Kendalanya adalah :

A.Sekarang rumus tsb tidak secara otomatis mengupdate hasilnya ( nilainya ) jadi harus saya drag dulu untuk mendapatkan hasilnya ( membutuhkan waktu +- 10 menit ).
B.Rumus tbs sangat berat dan lama ( ada 8 kolom yg menggunakan rumus tsb dalam 1 sheet ), sering calculate sehingga hang +- 5 sehingga pekerjaan yang seharusnya selesai +- 15 menit dg XL2007 jadinya selesai menjadi 3 jam ( hal ini pernah terjadi, sering calculate, update value dan filter ) jika saya lakukan filter juga sering calculate. Sedangkan jika menggunakan "SUMIFS" hasilnya akan muncul t + 5 detik.

2.Apakah ada penyelesaian unuk masalah tersebut atau ada rumus alternative yang lebih cepat dari sumproduct ?

Sebelumnya teimakasih untuk bantuannya,

Thanks a Lot,
Sony

7.

source combo box lewat file excel lain

Posted by: "Ibram Pinondang" ibram_pinondang@ymail.com   ibram_pinondang@ymail.com

Sat Oct 15, 2011 11:16 pm (PDT)



dear suhu XL

saya punya kasus sedikit nih, gimana caranya buat combo box di excel 2007 tapi source datanya nggak dalam 1 (satu) file/ sheet.
biasanya kalo saya buat combo box selalu source datanya masih dalam satu sheet atau beda sheet.
nah saya mau source datanya itu dari excel lain semacam pake rumus VLookup, jadi bisa find data dengan key tertentu dari sumber di lain excel.

terima kasih
8.

Weighted Average per Jenis = Kombinasi SUMPRODUCT dan SUMIF ?

Posted by: "Daroji Muhammad" mdaroji@gmail.com   darojim

Sat Oct 15, 2011 11:17 pm (PDT)



Dear para XL-mania...

Mohon bantuan bagaimana mencari nilai Weighted Average
per-group/jenis/kategori.
Perkiraan saya sih gabungan antara SumProduct dan SumIf.
Formula dasarnya sih bisa, tapi kalau datanya sudah hampir ribuan ya kerja
manual namanya.

Spreadsheet terlampir.

Trims,
Daroji
9a.

Bls: ]] XL-mania [[ Penggabungan Nilai training

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sat Oct 15, 2011 11:18 pm (PDT)



tulis formula pada cell G20
=COUNTIF($I$6:$I$15;G19)
untuk mencari jumlah pass
copy langsung ke kanan ke cell H20
langsung akan memberikan jumlah fail

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sel, 4/10/11, Arman <arman.jv@chingluh-jv.co.id> menulis:

Dari: Arman <arman.jv@chingluh-jv.co.id>
Judul: ]] XL-mania [[ Penggabungan Nilai training
Kepada: xl-mania@yahoogroups.com
Tanggal: Selasa, 4 Oktober, 2011, 8:47 AM

 

Hallo Excel Mania

saya sedang melakukan perhitungan jumlah peserta training yang lulus dan

tidak lulus....bagaimana caranya dengan formula yang sederhana, saya

dapat menghitung jumlah tersebut dengan cepat (sebagai contoh lihat

attachment)....

terima kasih atas bantuanya

Regard

Arman

Recent Activity
Visit Your Group
Cat Zone

on Yahoo! Groups

Join a Group

all about cats.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| ayooo... coba cari XL-mania di linkedin.com                       |
| tanggal 3-4 oktober yahoogroup akan mengalami maintenance.        |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di : http://www.friendster.com/xlmania atau...  |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar