Selasa, 03 Juli 2012

[belajar-excel] Digest Number 1676

25 New Messages
Digest #1676
2
Formula Cepat by "Johanes Wawan" johaneswawan
3
5a
Formula cepat by "Johanes Wawan" johaneswawan
5b
Re: Formula cepat by "Fano The Miner"
5c
Re: Formula cepat by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
6a
Re: Menampilkan kalender pada Excel 2010 by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
6b
Re: Menampilkan kalender pada Excel 2010 by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6c
Re: Menampilkan kalender pada Excel 2010 by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
6d
Re: Menampilkan kalender pada Excel 2010 by "Aliif Akbar" aliif.akbar
6e
Re: Menampilkan kalender pada Excel 2010 by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
7a
merubah data kedalam kolom by "ngademin Thohari" ngademinth
7b
Re: merubah data kedalam kolom by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
7c
Re: merubah data kedalam kolom by "Markonah" m_tulqiyem
7d
Bls: [belajar-excel] merubah data kedalam kolom by "ngademin Thohari" ngademinth
7e
Bls: [belajar-excel] merubah data kedalam kolom by "ngademin Thohari" ngademinth
7f
Re: merubah data kedalam kolom by "Markonah" m_tulqiyem
8a
8b
Re: Formula untuk memilih Text dalam suatu range by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
9a
Re: Search and edit by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
10a
Re: hitung upah overtime by "andy" duccio_inocenti

Tue Jul 3, 2012 1:01 am (PDT) . Posted by: "Ki Semprul" ki_semprull
lampiran ketinggalan, maaf

2012/7/3 Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>:
> Nyok kita coba rumus yg memanfaatkan Fungsi COUNTIF nyoook..
>
> =COUNTIF($D$3:$D$9,"*" & C12 & "*")
> =COUNTIF($D$3:$D$9,"*" & C13 & "*")
> Semprul..Ki!
>
>
> 2012/7/3 nyok Nyok <nyok75@yahoo.com>
>> Saya masih sangat awam ttg excel, mohon dibantu.
>> Bagaimana formula untuk menjumlah berdasarkan 1 (satu) kata yang ada dalam
>> cell. Cell D12 dan D13 adalah hasil yang diinginkan.
>> File yang dimaksud ada di lampiran
>> Terima kasih atas bantuannya.
Tue Jul 3, 2012 1:47 am (PDT) . Posted by: "Johanes Wawan" johaneswawan
Dear exceler,

Mohon bantuannya untuk mengatasi problem kami berikut ini:

Cust            Cust_Name            Kode            Jenis

CE0015          TTB                    4                PE
CE0013          BTJ                    5                PE
CE0017          GBL                    6                PE

Pertanyaan kami, supaya kolom kode dan jenis bisa terisi lengkap seperti contoh diatas harus menggunakan formula apa ?
karena terdiri dari ribuan baris,

Thank's

Salam,

--- Mods ---
Sebuah file lampiran berisi data contoh dan penjelasan yang detil akan memudahkan BeExceler untuk berusaha membantu.
Sertakan juga contoh hasil pengerjaan manual.
Cukup beberapa baris contoh data saja, jangan semua data pekerjaan.
------------

Tue Jul 3, 2012 1:49 am (PDT) . Posted by: "Si Baee" si.baee
Dear Mba Sity,
 
sebelumnya minta maaf karena saya bingung menjelaskannya, jadi hanya saya buat di excelnya langsung
 
br,
jaenudin

Masukkan teks yang akan ditampilkan pada bagian bawah setiap email yang Anda kirim

________________________________
Dari: siti Vi <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: Si Baee <si.baee@yahoo.com>
Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 6:57
Judul: Fwd: [belajar-excel] Chart

f.y.i. only 
+ lampiran naskah Peraturan Milis

---------- Forwarded message ----------
From: siti Vi <setiyowati.devi@gmail.com>
Date: 2012/7/3
Subject: Re: [belajar-excel] Chart
To: belajar-excel@yahoogroups.com

dengan cara bertanya spt itu, 
tanpa membuka lampiran, banyak members lain "tak mu'in" ikut / tahu isi diskusi, karena tidak semua member bisa membuka/menerima lampiran.

hal ini sudah diatur dlm 'Peraturan Milis' dan "SP"-pun sudah berkali-kali ditayangkan, tetapi banyak members lupa lagi & takmau tahu lagi

kutipan Peraturan Milis, Pasal "Lain Lain" ayat c.
LAIN LAIN:
(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas di badan email.
Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file yang spesifik.

2012/7/2 Si Baee <si.baee@yahoo.com>

Dear Maste
>Mohon bantunya untuk chart terlampir
>terima kasih.
>BR,
>bae
Tue Jul 3, 2012 1:49 am (PDT) . Posted by: "nyok Nyok" nyok75
Terima kasih Ki, formulanya bekerja

________________________________
Dari: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 12:28
Judul: Re: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan 1 (satu) kata yang ada dalam cell


 
Nyok kita coba rumus yg memanfaatkan Fungsi COUNTIF nyoook..
=COUNTIF($D$3:$D$9,"*" & C12 & "*")
=COUNTIF($D$3:$D$9,"*" & C13 & "*")

Semprul..Ki! 

2012/7/3 nyok Nyok <nyok75@yahoo.com>

>Saya masih sangat awam ttg excel, mohon dibantu.
>
>Bagaimana formula untuk menjumlah berdasarkan 1 (satu)
kata yang ada dalam cell.Cell D12 dan D13 adalah hasil yang
diinginkan.
>File yang dimaksud ada di lampiran
>
>Terima
kasih atas bantuannya.
Tue Jul 3, 2012 1:57 am (PDT) . Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri
ternyata formula yang sebelumnya saya ajukan bisa dibuat lebih ringkas,
tetap dengan formula array(tekan tombol shift+Ctrl + Alt+enter) 

{=COUNT(SEARCH(SUBSTITUTE(REPLACE(C12;1;FIND(" ";C12);"");":";"");$D$3:$D$9))}

copy ke bawah

wasalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 13:28
Judul: Bls: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan 1 (satu) kata yang ada dalam cell


 
formula array
{=SUM(IF(ISNUMBER(SEARCH(SUBSTITUTE(REPLACE(C12;1;FIND(" ";C12);"");":";"");$D$3:$D$9));1))}

copy ke bawah (C13).

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: nyok Nyok <nyok75@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 11:39
Judul: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan 1 (satu) kata yang ada dalam cell


 
Saya masih sangat awam ttg excel, mohon dibantu.

Bagaimana formula untuk menjumlah berdasarkan 1 (satu)
kata yang ada dalam cell.Cell D12 dan D13 adalah hasil yang
diinginkan.
File yang dimaksud ada di lampiran

Terima
kasih atas bantuannya.

Tue Jul 3, 2012 2:23 am (PDT) . Posted by: "summonery" summonery
Jika diinginkan array formula tetap berjalan dengan baik meski tanpa
menekan tombol Ctrl+Shift+Enter, serahkan pengolahannya pada fungsi
INDEX, dengan susunan INDEX(arrayformula,0)
sehingga formula sebelumnya
menjadi:=COUNT(INDEX(SEARCH(SUBSTITUTE(REPLACE(C12,1,FIND("
",C12),""),":",""),$D$3:$D$9),0))

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@...>
wrote:
>
> ternyata formula yang sebelumnya saya ajukan bisa dibuat lebih
ringkas,
> tetap dengan formula array(tekan tombol shift+Ctrl + Alt+enter)Â
>
> {=COUNT(SEARCH(SUBSTITUTE(REPLACE(C12;1;FIND("
";C12);"");":";"");$D$3:$D$9))}
>
> copy ke bawah
>
> wasalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
> ________________________________
> Dari: ghozi alkatiri ghozialkatiri@...
> Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com
> Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 13:28
> Judul: Bls: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan 1 (satu)
kata yang ada dalam cell
>
>
> Â
> formula array
> {=SUM(IF(ISNUMBER(SEARCH(SUBSTITUTE(REPLACE(C12;1;FIND("
";C12);"");":";"");$D$3:$D$9));1))}
>
> copy ke bawah (C13).
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
> ________________________________
> Dari: nyok Nyok nyok75@...
> Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com
> Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 11:39
> Judul: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan 1 (satu) kata
yang ada dalam cell
>
>
> Â
> Saya masih sangat awam ttg excel, mohon dibantu.
>
>
> Bagaimana formula untuk menjumlah berdasarkan 1 (satu)
> kata yang ada dalam cell.Cell D12 dan D13 adalah hasil yang
> diinginkan.
> File yang dimaksud ada di lampiran
>
>
> Terima
> kasih atas bantuannya.
>

Tue Jul 3, 2012 3:42 am (PDT) . Posted by: "Johanes Wawan" johaneswawan
Dear be exceler,

Mohon bantuannya untuk formula yang cocok dengan masalah yang sedang kami hadapi, ada pada lampiran file.
Thank's

Salam,
Tue Jul 3, 2012 4:12 am (PDT) . Posted by: "Fano The Miner"
Dear Johanes,

Mudah-mudahan cara ini bisa membantu.

Di kolom C4 isikan formula :

=IF(A4="CE0015",4,IF(A4="CE0016",0,IF(A4="CE0017",5,IF(A4="CE0019",6,""))))

Di kolom D4 isikan formula :

=IF(C4<>"","PL","")

Kemudian formulan di tarik sampai ke Cell terakhir.

Contoh pada attachment.

Salam

Fano The Miner

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Johanes Wawan
Sent: Tuesday, July 03, 2012 6:39 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Formula cepat

Dear be exceler,

Mohon bantuannya untuk formula yang cocok dengan masalah yang sedang kami hadapi, ada pada lampiran file.

Thank's

Salam,

Tue Jul 3, 2012 4:16 am (PDT) . Posted by: "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Pak Wawan,

Akan lebih membantu jika kriteria yang membuat Customer harus diberi suatu
nilai tertentu, turut dijelaskan.

Kid.

2012/7/3 Johanes Wawan <johaneswawan@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear be exceler,
>
> Mohon bantuannya untuk formula yang cocok dengan masalah yang sedang kami
> hadapi, ada pada lampiran file.
> Thank's
>
> Salam,
>
>
>
Tue Jul 3, 2012 4:05 am (PDT) . Posted by: "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Calendar Control membutuhkan MSCal.ocx
Coba cari file tersebut di Windows\System32 (32bit windows dengan sebarang
office atau 64bit windows dengan 64 bit office)
Cari di Windows\SysWow64 untuk windows 64 bit dengan office 32bit

Jika tidak ada, copy atau download mscal.ocx dan copy ke folder system
tersebut
Lakukan registrasi ke registry windows (perlu admin komputer)
Cara registrasi :
C:\Windows\System32\regsvr32.exe mscal.ocx
ganti System32 dengan SysWow4 jika pada windows 64bit dengan office 32bit

Wassalam,
Kid.

2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Saya menggunakan Excel 2010 dengan Operating System Windows7 Home Basic
> (32 bit).
> Di Execel 2003 dan 2007 kita dapat menampilkan kalender baik langsung di
> Sheet maupun melalui User Form.
>
> Bagiamana untuk Excel 2010 dengan Operating System tersebut di atas ?
>
> Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian.
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> Hendrik karnadi
>
>
>
Tue Jul 3, 2012 6:45 am (PDT) . Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Mr. Kid,

Di System32 saya memang tidak ada file tersebut.

Mbak Siti pernah mengirim MSCal.Ocx versi Office 2003 dan sebelumnya. Setelah saya amati bitenya berbeda.
Kesimpulan saya setiap Versi Office mempunyai MSCal.ocx nya sendiri.
Untuk download dari internet saya tidak tahu persis, apakah Mr. Kid punya file MSCal.ocx Office 2010 (32 bit Windows)

Kalau ada mohon dikirim via milis atau japri.

Terima kasih.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 3 July 2012, 18:04
Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan kalender pada Excel 2010


 
Calendar Control membutuhkan MSCal.ocx
Coba cari file tersebut di Windows\System32 (32bit windows dengan sebarang office atau 64bit windows dengan 64 bit office)
Cari di Windows\SysWow64 untuk windows 64 bit dengan office 32bit

Jika tidak ada, copy atau download mscal.ocx dan copy ke folder system tersebut
Lakukan registrasi ke registry windows (perlu admin komputer)
Cara registrasi :
C:\Windows\System32\regsvr32.exe mscal.ocx
ganti System32 dengan SysWow4 jika pada windows 64bit dengan office 32bit

Wassalam,
Kid.

2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Saya menggunakan Excel 2010 dengan Operating System Windows7 Home Basic (32 bit).
>Di Execel 2003 dan 2007 kita dapat menampilkan kalender baik langsung di Sheet maupun melalui User Form.
>
>
>Bagiamana untuk Excel 2010 dengan Operating System tersebut di atas ?
>
>
>Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian.
>
>
>Terima kasih.
>
>
>Salam,
>Hendrik karnadi

Tue Jul 3, 2012 7:13 am (PDT) . Posted by: "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Coba cari di office 2007 di folder program files\msoffice\office 12 atau
sebangsanya.
Jika ada, copy ke folder office 2010
kemudian lakukan registrasi ke registry
C:\Windows\System32\regsvr32.exe c:\foldernya\subfoldernya\mscal.ocx
Sepertinya hanya berlaku untuk office 2010 32 bit

Akan lebih fleksibel untuk menggunakan control date picker daripada
calendar. Calendar adalah object milik Access dan pada access 2010
sepertinya sudah didrop oleh ms. Beberapa komputer yang bisa patch
mscal.ocx adalah komputer dengan office 2010 32 bit windows 32 bit. Kurang
tahu pada windows 64bit dan office 2010 32bit. Untuk windows 64bit dan
office 2010 64bit kayanya gak bisa (udah dicoba tapi mungkin karena gak
tahu caranya).

Mungkin rekan lain yang pernah menggunakan mscal.ocx pada kondisi dibawah
ini, bisa berbagi kemari.
1. windows 32bit office 32bit versi 2003,2007,2010
2. windows 32bit office 64bit versi 2007,2010
3. windows 64bit office 32bit versi 2003,2007,2010
4. windows 64bit office 64bit versi 2007,2010

Wassalam,
Kid.

2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Mr. Kid,
>
> Di System32 saya memang tidak ada file tersebut.
>
> Mbak Siti pernah mengirim MSCal.Ocx versi Office 2003 dan sebelumnya.
> Setelah saya amati bitenya berbeda.
> Kesimpulan saya setiap Versi Office mempunyai MSCal.ocx nya sendiri.
> Untuk download dari internet saya tidak tahu persis, apakah Mr. Kid punya
> file MSCal.ocx Office 2010 (32 bit Windows)
>
> Kalau ada mohon dikirim via milis atau japri.
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
> ------------------------------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Tuesday, 3 July 2012, 18:04
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menampilkan kalender pada Excel 2010
>
>
> Calendar Control membutuhkan MSCal.ocx
> Coba cari file tersebut di Windows\System32 (32bit windows dengan sebarang
> office atau 64bit windows dengan 64 bit office)
> Cari di Windows\SysWow64 untuk windows 64 bit dengan office 32bit
>
> Jika tidak ada, copy atau download mscal.ocx dan copy ke folder system
> tersebut
> Lakukan registrasi ke registry windows (perlu admin komputer)
> Cara registrasi :
> C:\Windows\System32\regsvr32.exe mscal.ocx
> ganti System32 dengan SysWow4 jika pada windows 64bit dengan office 32bit
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
> **
>
> Saya menggunakan Excel 2010 dengan Operating System Windows7 Home Basic
> (32 bit).
> Di Execel 2003 dan 2007 kita dapat menampilkan kalender baik langsung di
> Sheet maupun melalui User Form.
>
> Bagiamana untuk Excel 2010 dengan Operating System tersebut di atas ?
>
> Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian.
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> Hendrik karnadi
>
>
>
>
>
>
Tue Jul 3, 2012 7:19 am (PDT) . Posted by: "Aliif Akbar" aliif.akbar
Dear Pak Hendri n Mr.Kid

Kasus seperti ini juga pernah saya alami, saya menggunkan win7 ultimate 32bit, office 2010 32bit, saya mencoba registry mscal.ocx seperti pada tutorial yg pernah rekan milis bagi dimilis (kalo g salah bu siti vi), dengan cara seperti pada office 2007, tapi selalu gagal n sampe sekarang belom berhasil, :(
Kalo pak hendrik uda berhasil, info asror yah?
Terimakasih.

Asror



Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 3 Jul 2012 21:13:15
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan kalender pada Excel 2010

Coba cari di office 2007 di folder program files\msoffice\office 12 atau
sebangsanya.
Jika ada, copy ke folder office 2010
kemudian lakukan registrasi ke registry
C:\Windows\System32\regsvr32.exe c:\foldernya\subfoldernya\mscal.ocx
Sepertinya hanya berlaku untuk office 2010 32 bit

Akan lebih fleksibel untuk menggunakan control date picker daripada
calendar. Calendar adalah object milik Access dan pada access 2010
sepertinya sudah didrop oleh ms. Beberapa komputer yang bisa patch
mscal.ocx adalah komputer dengan office 2010 32 bit windows 32 bit. Kurang
tahu pada windows 64bit dan office 2010 32bit. Untuk windows 64bit dan
office 2010 64bit kayanya gak bisa (udah dicoba tapi mungkin karena gak
tahu caranya).

Mungkin rekan lain yang pernah menggunakan mscal.ocx pada kondisi dibawah
ini, bisa berbagi kemari.
1. windows 32bit office 32bit versi 2003,2007,2010
2. windows 32bit office 64bit versi 2007,2010
3. windows 64bit office 32bit versi 2003,2007,2010
4. windows 64bit office 64bit versi 2007,2010


Wassalam,
Kid.

2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Mr. Kid,
>
> Di System32 saya memang tidak ada file tersebut.
>
> Mbak Siti pernah mengirim MSCal.Ocx versi Office 2003 dan sebelumnya.
> Setelah saya amati bitenya berbeda.
> Kesimpulan saya setiap Versi Office mempunyai MSCal.ocx nya sendiri.
> Untuk download dari internet saya tidak tahu persis, apakah Mr. Kid punya
> file MSCal.ocx Office 2010 (32 bit Windows)
>
> Kalau ada mohon dikirim via milis atau japri.
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
> ------------------------------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Tuesday, 3 July 2012, 18:04
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menampilkan kalender pada Excel 2010
>
>
> Calendar Control membutuhkan MSCal.ocx
> Coba cari file tersebut di Windows\System32 (32bit windows dengan sebarang
> office atau 64bit windows dengan 64 bit office)
> Cari di Windows\SysWow64 untuk windows 64 bit dengan office 32bit
>
> Jika tidak ada, copy atau download mscal.ocx dan copy ke folder system
> tersebut
> Lakukan registrasi ke registry windows (perlu admin komputer)
> Cara registrasi :
> C:\Windows\System32\regsvr32.exe mscal.ocx
> ganti System32 dengan SysWow4 jika pada windows 64bit dengan office 32bit
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
> **
>
> Saya menggunakan Excel 2010 dengan Operating System Windows7 Home Basic
> (32 bit).
> Di Execel 2003 dan 2007 kita dapat menampilkan kalender baik langsung di
> Sheet maupun melalui User Form.
>
> Bagiamana untuk Excel 2010 dengan Operating System tersebut di atas ?
>
> Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian.
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> Hendrik karnadi
>
>
>
>
>
>

Tue Jul 3, 2012 7:31 am (PDT) . Posted by: "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Coba begini saja (siapa tahu bisa).
1. cari di komputer dengan office 12 32 bit file-file berikut :
>> mscal.ocx,mscal.hlp,mscal.cnt,mscal.dep
2. copy ke sebuah flash disk atau media penyimpan lain
3. copy ke komputer dengan windows 32bit yang ada office 2010 32 bit pada
folder :
c:\windows\system32 (biar mudah)
4. lakukan register dengan command prompt,
>> aktifkan command prompt (run as admin mungkin dibutuhkan)
>> masuk ke folder c:\windows\system32 dengan ketik cd\windows\system32
>> ketik regsvr32.exe mscal.ocx

Pada windows 64bit, ganti system32 dengan syswow64
Jika file-file mscal tadi dicopy ke folder selain system32,
register dengan :
c:\windows\system32\regsvr32.exe drive:\folder\subfolder\mscal.ocx
sesuaikan :
>> drive dengan nama drivenya C,D,E, dsb
>> folder\subfolder dengan fullpath yang sesuai dengan lokasi mscal sepaket
tadi
>> system32 diganti syswow64 jika menggunakan windows 64bit

Sekali lagi, siapa tahu hal ini bisa
Tapi, mungkin perlu dipastikan juga bahwa hanya office2010 saja yang ada
(tunggal)

Wassalam,
Kid.

2012/7/3 Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** Dear Pak Hendri n Mr.Kid
>
> Kasus seperti ini juga pernah saya alami, saya menggunkan win7 ultimate
> 32bit, office 2010 32bit, saya mencoba registry mscal.ocx seperti pada
> tutorial yg pernah rekan milis bagi dimilis (kalo g salah bu siti vi),
> dengan cara seperti pada office 2007, tapi selalu gagal n sampe sekarang
> belom berhasil, :(
> Kalo pak hendrik uda berhasil, info asror yah?
> Terimakasih.
>
> Asror
>
>
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
> ------------------------------
> *From: * "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Tue, 3 Jul 2012 21:13:15 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Menampilkan kalender pada Excel 2010
>
>
>
> Coba cari di office 2007 di folder program files\msoffice\office 12 atau
> sebangsanya.
> Jika ada, copy ke folder office 2010
> kemudian lakukan registrasi ke registry
> C:\Windows\System32\regsvr32.exe c:\foldernya\subfoldernya\mscal.ocx
> Sepertinya hanya berlaku untuk office 2010 32 bit
>
> Akan lebih fleksibel untuk menggunakan control date picker daripada
> calendar. Calendar adalah object milik Access dan pada access 2010
> sepertinya sudah didrop oleh ms. Beberapa komputer yang bisa patch
> mscal.ocx adalah komputer dengan office 2010 32 bit windows 32 bit. Kurang
> tahu pada windows 64bit dan office 2010 32bit. Untuk windows 64bit dan
> office 2010 64bit kayanya gak bisa (udah dicoba tapi mungkin karena gak
> tahu caranya).
>
> Mungkin rekan lain yang pernah menggunakan mscal.ocx pada kondisi dibawah
> ini, bisa berbagi kemari.
> 1. windows 32bit office 32bit versi 2003,2007,2010
> 2. windows 32bit office 64bit versi 2007,2010
> 3. windows 64bit office 32bit versi 2003,2007,2010
> 4. windows 64bit office 64bit versi 2007,2010
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Mr. Kid,
>>
>> Di System32 saya memang tidak ada file tersebut.
>>
>> Mbak Siti pernah mengirim MSCal.Ocx versi Office 2003 dan sebelumnya.
>> Setelah saya amati bitenya berbeda.
>> Kesimpulan saya setiap Versi Office mempunyai MSCal.ocx nya sendiri.
>> Untuk download dari internet saya tidak tahu persis, apakah Mr. Kid punya
>> file MSCal.ocx Office 2010 (32 bit Windows)
>>
>> Kalau ada mohon dikirim via milis atau japri.
>>
>> Terima kasih.
>>
>> Salam,
>> Hendrik Karnadi
>>
>>
>>
>> ------------------------------
>> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Tuesday, 3 July 2012, 18:04
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menampilkan kalender pada Excel 2010
>>
>>
>> Calendar Control membutuhkan MSCal.ocx
>> Coba cari file tersebut di Windows\System32 (32bit windows dengan
>> sebarang office atau 64bit windows dengan 64 bit office)
>> Cari di Windows\SysWow64 untuk windows 64 bit dengan office 32bit
>>
>> Jika tidak ada, copy atau download mscal.ocx dan copy ke folder system
>> tersebut
>> Lakukan registrasi ke registry windows (perlu admin komputer)
>> Cara registrasi :
>> C:\Windows\System32\regsvr32.exe mscal.ocx
>> ganti System32 dengan SysWow4 jika pada windows 64bit dengan office 32bit
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>>
>> **
>>
>> Saya menggunakan Excel 2010 dengan Operating System Windows7 Home Basic
>> (32 bit).
>> Di Execel 2003 dan 2007 kita dapat menampilkan kalender baik langsung di
>> Sheet maupun melalui User Form.
>>
>> Bagiamana untuk Excel 2010 dengan Operating System tersebut di atas ?
>>
>> Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian.
>>
>> Terima kasih.
>>
>> Salam,
>> Hendrik karnadi
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
Tue Jul 3, 2012 4:12 am (PDT) . Posted by: "ngademin Thohari" ngademinth
selamat malam para vb master

saya mau mempersingkat cara kerja saya yang manual dengan menggunakan makro,
yaitu merubah data ke dalam kolom, data yang ada dalam lampiran adalah kasusnya

terima kasih, dan sukses selalu

amin
Tue Jul 3, 2012 4:29 am (PDT) . Posted by: "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Mungkin mau mencoba yang otomatis tanpa VBA ?
Yang dibutuhkan : copy data, paste special values, refresh all

Wassalam,
Kid.

2012/7/3 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>

> **
>
>
> selamat malam para vb master
>
> saya mau mempersingkat cara kerja saya yang manual dengan menggunakan
> makro,
> yaitu merubah data ke dalam kolom, data yang ada dalam lampiran adalah
> kasusnya
>
>
> terima kasih, dan sukses selalu
>
> amin
>
>
>
Tue Jul 3, 2012 5:26 am (PDT) . Posted by: "Markonah" m_tulqiyem
Kalau harus pakai VBA, *Biasanya* begini (salah satu alurnya..)

Private Sub CmdKerjakan_Click()
'------------------------------------------
' mPok Markonah, {jualkaredokdigangsebelah}
' BeExcel post # 17964 - 3Jul2012
'------------------------------------------
Dim RefTbl As Range, HslTbl As Range
Dim Kd As String, n As Long, r As Long

Set RefTbl = Cells(1).CurrentRegion
Set HslTbl = RefTbl(11, RefTbl.Columns.Count + 7)

For n = 2 To RefTbl.Rows.Count
If LenB(RefTbl(n, 1)) > 0 Then
Kd = RefTbl(n, 1).Value
Else
r = r + 1
HslTbl(r, 1).Value = Kd
HslTbl(r, 2).Value = RefTbl(n, 2).Value
End If
Next

End Sub
'------------------------

asumsi
** tabel rujukan (TblRef) dimulai di A1 wlaupun dimulai dengan kata "kasus"
note
** sayang sekali VBA tidak dapat *meRubah* data, bisanya *mengUbah* data.
Data menang bisa *berUbah*, dan data yg *berUbah* berarti data itu telah
terjadi *perUbahan*
karena *diUbah*.

-markotulQiyem-

*2012/7/3 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
> >
> > selamat malam para vb master
> > saya mau mempersingkat cara kerja saya yang manual dengan menggunakan
> makro,
> > yaitu merubah data ke dalam kolom, data yang ada dalam lampiran adalah
> kasusnya
> >
> > terima kasih, dan sukses selalu
> > amin*
>
Tue Jul 3, 2012 5:35 am (PDT) . Posted by: "ngademin Thohari" ngademinth
Mr. Kid,

Setelah saya coba sangat membantu sekali

Terimakasih

amin

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 18:28
Judul: Re: [belajar-excel] merubah data kedalam kolom


 
Mungkin mau mencoba yang otomatis tanpa VBA ?
Yang dibutuhkan : copy data, paste special values, refresh all

Wassalam,
Kid.

2012/7/3 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>


>selamat malam para vb master
>
>
>saya mau mempersingkat cara kerja saya yang manual dengan menggunakan makro,
>yaitu merubah data ke dalam kolom, data yang ada dalam lampiran adalah kasusnya
>
>
>
>
>terima kasih, dan sukses selalu
>
>
>amin
>

Tue Jul 3, 2012 5:48 am (PDT) . Posted by: "ngademin Thohari" ngademinth
mbak/mbok mar

bagaimana kalau disamping KERJAKAN ditambah dengan HAPUS HASIL?

terimakasih

amin

________________________________
Dari: Markonah <markonatul@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 19:25
Judul: Re: [belajar-excel] merubah data kedalam kolom


 
Kalau harus pakai VBA, Biasanya begini (salah satu alurnya..)

Private Sub CmdKerjakan_Click()
   '------------------------------------------
   ' mPok Markonah, {jualkaredokdigangsebelah}
   ' BeExcel post # 17964 - 3Jul2012
   '------------------------------------------
   Dim RefTbl As Range, HslTbl As Range
   Dim Kd As String, n As Long, r As Long
   
   Set RefTbl = Cells(1).CurrentRegion
   Set HslTbl = RefTbl(11, RefTbl.Columns.Count + 7)
   
   For n = 2 To RefTbl.Rows.Count
      If LenB(RefTbl(n, 1)) > 0 Then
         Kd = RefTbl(n, 1).Value
      Else
         r = r + 1
         HslTbl(r, 1).Value = Kd
         HslTbl(r, 2).Value = RefTbl(n, 2).Value
      End If
   Next
   
End Sub
'------------------------

asumsi 
** tabel rujukan (TblRef) dimulai di A1 wlaupun dimulai dengan kata "kasus"
note
** sayang sekali VBA tidak dapat meRubah data, bisanya mengUbah data.
   Data menang bisa berUbah, dan data yg berUbah berarti data itu telah terjadi perUbahan
   karena diUbah.

-markotulQiyem-

2012/7/3 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
>>
>> selamat malam para vb master
>> saya mau mempersingkat cara kerja saya yang manual dengan menggunakan makro,
>> yaitu merubah data ke dalam kolom, data yang ada dalam lampiran adalah kasusnya
>>
>> terima kasih, dan sukses selalu
>> amin
 
Tue Jul 3, 2012 6:13 am (PDT) . Posted by: "Markonah" m_tulqiyem
Nambo ciek...
Contohnya di miis sudah banyak lho...
Jalan gampangnya:
Range("i11").CurrentRegion.Clear

Jika formatting di range_Hasil tidak ingin hilang, method Clear diganti *
ClearContents*

*2012/7/3 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
> mbak/mbok mar
> bagaimana kalau disamping KERJAKAN ditambah dengan HAPUS HASIL?
> terimakasih
> amin*
Tue Jul 3, 2012 4:29 am (PDT) . Posted by: "Teuku Hakim" teukuhakim
Dear Be Exceler,

Bagaimana caranya untuk memilih beberapa text dalam suatu range untuk ditempatkan dalam kolom yang baru. apa memungkinkan hanya dengan formula atau macro?  untuk lebih jelasnya file terlampir. Terima kasih

Salam,
Hakim
Tue Jul 3, 2012 4:49 am (PDT) . Posted by: "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Pak Hakim,

File terlampir menggunakan sebuah kolom bantu berformula : (header di baris
1, kolom mulai kolom A, data mulai baris 2 Excel)
=IF(COUNTIF(B$1:B1,B2),LOOKUP(2,1/(B$1:B1=B2),C$1:C1),"")&","&A2

Ketika tabel data berkolom bantu di atas diset sebagai Excel Table (gunakan
fitur Format As Table),
maka formula untuk mendapatkan daftar product di dataset hasil :
=MID(LOOKUP(2,1/(myTable[Company]=I5),myTable[ProdList]),2,9^9)

Hal ini akan membuat formula bekerja secara dinamis mengikuti jumlah baris
data yang ada.
Jadi, proses berikutnya hanyalah proses copy paste values data yang baru ke
dalam tabel data yang ada (dikolom A [1 area])

Wassalam,
Kid.

2012/7/3 Teuku Hakim <kinderstone@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Be Exceler,
>
> Bagaimana caranya untuk memilih beberapa text dalam suatu range untuk
> ditempatkan dalam kolom yang baru. apa memungkinkan hanya dengan formula
> atau macro? untuk lebih jelasnya file terlampir. Terima kasih
>
> Salam,
> Hakim
>
>
>
Tue Jul 3, 2012 6:05 am (PDT) . Posted by: "Markonah" m_tulqiyem
dulu..... pernah ada orang ( entah siapa..) yg menyelesaikan kasus seperti
ini,
dengan fungsi CONCATENATEIF

*Fungsi ConcatenateIf*
=ConcatenateIf(Arg1, Arg2, Arg3, Arg4)
arg1 = array yg akan dievaluasi,
arg2 = Kriteria
arg3 = array yg akan digabung
arg4 = tanda pemisah (deLimiter), jika tidak diisi , defaultnya = Koma (,)

Dalam Kasus Pak Hakin rumusnya cukup
*=ConcatenateIf( $C$5:$C$21, F5, $B$5:$B$21 )*

lihat lampiran

*2012/7/3 Teuku Hakim <kinderstone@yahoo.com> *
>
> *Dear Be Exceler,*
> *Bagaimana caranya untuk memilih beberapa text dalam suatu range untuk
> ditempatkan dalam kolom yang baru. apa memungkinkan hanya dengan formula
> atau macro? untuk lebih jelasnya file terlampir. Terima kasih*
> *Salam,*
> *Hakim*
>
Tue Jul 3, 2012 5:55 am (PDT) . Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Pada Tabel Input seharusnya ada tombol Input, Cari dan Ganti (data)
Khusus tombol Cari (search) saya ganti dengan anak panah (spin button - active x control)

Perbedaan antara Input dan Ganti (Edit) adalah :
- Input disimpan/diletakkan pada baris baru (record belum pernah ada)

- Sedangkan Ganti disimpan/diletakkan pada baris yang pernah ada (record sudah pernah ada)

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: nor hidayat <dayatshogun46@yahoo.co.id>
To: Kirim Masalah Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 3 July 2012, 9:39
Subject: [belajar-excel] Search and edit


 
Dear be Exceler
Selamat siang semua
Mohon bantuan rekan-rekan sekalian dalam menyelesaikan masalah yang saya hadapi.

Langsung saja
Di sheet tabel input terdapat search dan edit data, tujuannya untuk
aktifitas kerja berada di sheet tabel input ini. Dan di sheet hasil
adalah hanya sebagai base data yang telah di proses.

Data terlampir

Sekian penjelasan mohon dibantu

=========================================
Mod's Note:
(1)
Subject Asli dari pak shogun " Trs: Search and edit"
kami edit menjadi "Search and edit" karena posting ini
berupa trit BARU (bukan meneruskan trit yg sudah ada)

(2)
Nama File lampiran tidak ada NAMA EXTENSI-nya.
Mau dibuka pakai apa ya pak? Sebaiknya kita TIDAK menyulitkan
para calon penanggap (yg mau bantu)..

(3)
Sekali-sekali searching messages lama di milis kita lah..,
barangkali 'hal mendasar ini' sudah sering dibahas
misal di:
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15347
(pak Supri, pak Hendrik, Pak oSeno)
==========================================

Tue Jul 3, 2012 7:49 am (PDT) . Posted by: "andy" duccio_inocenti
fileny dah saya terima tapi lom saya teliti lagi tapi makasi banyak pak dwi berguna sekali simulasi OT nya biar ga asal kerja bakti di kantor ^_^ sekali lagi terimakasi..
Wassalam

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...> wrote:
>
> coba lihat lampiran
>
> insya Allah kekurangan sudah diperbaiki..
>
> tambahan dari saya, jika lembur kurang dari 1 jam tidak dipotong istirahat
> 30 menit, jika lebih dari 1 jam tetapi kurang dari 4 jam dipotong istirahat
> 30 menit.
>
> pertimbangannya: kasihan yang sisa perhitungan lembur <30 menit jika
> dipotong istirahat maka tidak dibayar, dan yang memiliki sisa lembur 31
> menit akan dihitung lembur 1 menit
>
> -dwint-
>
> Pada 3 Juli 2012 08:34, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...> menulis:
>
> > wah.. betul.. ternyata masih ada yang salah..
> >
> > maklum bukan bagian HRD jadi belum terbiasa dengan dengan perhitungan
> > lembur..
> >
> > oke.. nanti insya Allah akan saya coba kirimkan kembali setelah
> > perhitungannya saya perbaiki.
> >
> > salam,
> >
> > -dwint-
> >
> > Pada 2 Juli 2012 21:22, andy <duccio_inocenti@...> menulis:
> >
> > **
> >>
> >>
> >> wah makasi banyak saya salut untuk pak dwi tapi setelah saya teliti lama
> >> lembur belum memperhitungkan setiap interval 4 jam lembur dipotong 1 jam
> >> istirahat dan bila > 4 jam dipotong 1/2 jam istirahat dimana istirahat tsb
> >> tidak diperhitungkan lembur..
> >>
> >> --- In belajar-excel@yahoogroups.com,
> >> --- dwint ruswanto <dwint.ruswanto@> wrote:
> >> > maaf, yang tadi ada kesalahan rumus
> >> > berikut adalah yang sudah saya revisi
> >> > -dwint-
> >> >
> >> >
> >> > Pada 2 Juli 2012 09:54, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@> menulis:
> >>
> >> > > coba lihat lampiran berikut.. saya menggunakan beberapa kolom bantu
> >> untuk memperpendek penulisan formula
> >> > > -dwint-
> >> > >
> >>
> >>
> >>
> >
> >
>

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar