Rabu, 14 Agustus 2013

[belajar-excel] Digest Number 2476

15 New Messages

Digest #2476
1a
Re: penambahan file .TMP saat edit file excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
2b
Re: Metode input data by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
2c
Re: Metode input data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Ada apa dengan Excel .... by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Re: Ada apa dengan Excel .... by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
3c
Re: Ada apa dengan Excel .... by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3d
Re: Ada apa dengan Excel .... by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3e
Re: Ada apa dengan Excel .... by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3f
Re: Ada apa dengan Excel .... by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3g
Re: Ada apa dengan Excel .... by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Rekap data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4b
Re: Rekap data by "Bos Kbrn" bos.kbrn
5
Merdeka !!! by "De Premor" de.premor

Messages

Wed Aug 14, 2013 5:16 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba turn off avast sejenak, lalu buka file excel, edit dan save, tutup
file excel, aktifkan avast lagi.
Apakah tetap ada file tmp yang baru terbuat akibat proses tersebut ?

2013/8/14 Haris Kartiwan <hkartiwan@arahrestu.com>

> **
>
>
> Terima Kasih Mr. Kid, ****
>
> Di excelnya tdk ada add ins yg tercentang dan tdk ada aplikasi
> antimalware, hanya ada antivirus avast yg gratis.****
>
> ** **
>
> Ciri2x penambahan filenya sbb : ****
>
> ** **
>
> Rekap Piutang -JKT 2013.xls~RF1b36638.TMP****
>
> Rekap Piutang -JKT 2013.xls~RF6b81f9.TMP****
>
> Rekap Piutang -JKT 2013.xls~RF171d00e.TMP****
>
> ** **
>
> File itu terbuat pas waktu save karena saya melakukan edit, 3 kali save
> edit, 3 file yg terbuat.****
>
> ** **
>
> Ada pendapat lain?****
>
> ** **
>
> Terima Kasih****
>
> Haris****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* Wednesday, August 14, 2013 4:41 PM
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] penambahan file .TMP saat edit file excel**
> **
>
> ** **
>
> ****
>
> Hai Haris,****
>
> Mungkin karena salah satu dari banyak hal yang 2 diantaranya adalah :****
>
> 1. ada addin yang membutuhkan tmp file -> coba non aktifkan semua addin***
> *
>
> 2. windows-nya mengaktifkan antimalware (security essetial) -> coba matikan
> ****
>
> Excel juga membuat temporary file saat akan melakukan save as, tetapi
> langsung berubah menjadi nama file tujuan save ketika proses save berjalan
> lancar didahului menghapus file excel yang lama.****
>
> Wassalam,****
>
> Kid.****
>
> ** **
>
> ** **
>
> 2013/8/14 Haris Kartiwan <hkartiwan@arahrestu.com>****
>
> ****
>
> Dear Para Master,****
>
> ****
>
> Saya mau nanya, kira2x kenapa yeah, di komputer saya pas setelah edit file
> excel nantinya akan muncul file baru dg extention. TMP di folder yg sama.*
> ***
>
> ****
>
> Saya sudah coba scan virus dg cara windows dan Dos (Avast), tapi tdk
> terdetect virus. Dan saya sudah coba delete file .TMP, tetapi setelah itu
> akan muncul lagi pas waktu setelah edit/buka excel.****
>
> Kira2x ada yg tau cara menghilangkannya??, saya menngunakan excel 2003.***
> *
>
> ****
>
> Terima Kasih****
>
> Haris****
>
> ****
>
> ****
>
> ****
>
> ****
>
> ****
>
> ****
>
> ****
>
> ****
>
> ** **
>
> ****
>
>
>

Wed Aug 14, 2013 5:26 am (PDT) . Posted by:

"Aliif Akbar" aliif.akbar

Yang saya tahu saja, file seperti ini ada ketika ada file excel yang terbuka, ketika file sudah di closed maka akan hilang, ini tidak masalah kok, tapi gag tahu sebenere knp file ini ada, :D:D
Salam,

Aliif Akbar
Sent from my Windows Phone Lumia 620

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sent: ‎14/‎08/‎2013 19:17
To: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] penambahan file .TMP saat edit file excel

Coba turn off avast sejenak, lalu buka file excel, edit dan save, tutup file excel, aktifkan avast lagi.

Apakah tetap ada file tmp yang baru terbuat akibat proses tersebut ?

2013/8/14 Haris Kartiwan <hkartiwan@arahrestu.com>

Terima Kasih Mr. Kid,
Di excelnya tdk ada add ins yg tercentang dan tdk ada aplikasi antimalware, hanya ada antivirus avast yg gratis.

Ciri2x penambahan filenya sbb :

Rekap Piutang -JKT 2013.xls~RF1b36638.TMP
Rekap Piutang -JKT 2013.xls~RF6b81f9.TMP
Rekap Piutang -JKT 2013.xls~RF171d00e.TMP

File itu terbuat pas waktu save karena saya melakukan edit, 3 kali save edit, 3 file yg terbuat.

Ada pendapat lain?

Terima Kasih
Haris

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Wednesday, August 14, 2013 4:41 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] penambahan file .TMP saat edit file excel


Hai Haris,
Mungkin karena salah satu dari banyak hal yang 2 diantaranya adalah :
1. ada addin yang membutuhkan tmp file -> coba non aktifkan semua addin
2. windows-nya mengaktifkan antimalware (security essetial) -> coba matikan
Excel juga membuat temporary file saat akan melakukan save as, tetapi langsung berubah menjadi nama file tujuan save ketika proses save berjalan lancar didahului menghapus file excel yang lama.
Wassalam,
Kid.


2013/8/14 Haris Kartiwan <hkartiwan@arahrestu.com>

Dear Para Master,

Saya mau nanya, kira2x kenapa yeah, di komputer saya pas setelah edit file excel nantinya akan muncul file baru dg extention. TMP di folder yg sama.

Saya sudah coba scan virus dg cara windows dan Dos (Avast), tapi tdk terdetect virus. Dan saya sudah coba delete file .TMP, tetapi setelah itu akan muncul lagi pas waktu setelah edit/buka excel.
Kira2x ada yg tau cara menghilangkannya??, saya menngunakan excel 2003.

Terima Kasih
Haris










[The entire original message is not included.]

Wed Aug 14, 2013 6:20 am (PDT) . Posted by:

Terima kasih atas respon nya pak Hendrik. Mengenai prinsip customer adalah raja, sampai sejauh ini masih saya pegang :). Hanya "masalah" nya, mereka selama ini setelah saya jelaskan mengenai keseragaman data tsb, mereka manut saja.. Hehe..

Btw, untuk contoh yang pak Hendrik sebutkan dibawah, apa ada contoh nya ? Kalau boleh dishare pak. Mungkin bisa jadi bahan contekan saya selanjut nya :)

Salam
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 14 Aug 2013 03:09:51
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Metode input data

Pak Sony,
Layaknya seorang sales, tentu kita harus meyakinkan konsumen (user) bahwa dengan Form (UserForm) hasilnya akan lebih seragam.�Namun ada juga pendapat yang menyatakan bahwa konsumen adalah raja.

Jadi jalan tengahnya, buat suatu "template"; dalam worksheet yang menyerupai Form dengan ketentuan sbb:

- Untuk No Urut bisa dibuatkan formula, yang akan update secara otomatis jika data telah disimpan ke dalam database
- Untuk tanggal bisa dibuatkan calendar template dalam sheet, sehingga ketika customer memilih tanggal dari template tsb tanggal langsung tertulis pada sheet sesuai format yang diinginkan.

- Untuk input berupa key points seperti ID#, Product Code, Supplier Code, Customer Code, dsb, user hanya memilih dari suatu daftar bukan menginput langsung. Jika belum ada dalam daftar, user dapat menambahkannya melalui program yang kita sediakan.
- Untuk Nama Product, Supplier dan Customer bisa dilink dari daftar yang telah dibuat
- Format seperti Currency dan decimal juga perlu diset erlebih dahulu.


Template tsb diprotect, sehingga user hanya bisa mengakses bagian yang memang disediakan untuk diinput atau dipilih sedangkan formula dan link diprotect.

User diberikan tombol pilihan untuk Save, Edit, Hapus atau bahkan Indexing.

Dibuat sautu database terproteksi untuk menampung hasil Input/Edit/Hapus atau Indexing. User tidak diperkenankan untuk Menyimpan, Mengedit, Menghapus atau Mengindex data secara langsung ke atau dari database.�
Database tersebut harus memenuhi kaidah database yang baik seperti telah dijelaskan oleh Mr. Kid dalam Kopdar#1.

Salam,
HK



________________________________
From: "sony.ario1@gmail.com" <sony.ario1@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 14 August 2013, 2:07
Subject: [belajar-excel] Metode input data


Assalamualaikum teman2 be-excel.

Mohon maaf lahir batin sebelumnya. Pada kesempatan ini saya ingin minta pendapat dari teman2 sekalian. Khusus nya para jagoan2 Excel. Ada beberapa kasus pada aplikasi yang saya buat (kebanyakan dengan VBA), pada saat presentasi aplikasi tersebut dapat banyak pertanyaan yang kurang lebih menanyakan kenapa pada aplikasi yang saya buat input nya selalu pada form dulu, baru ke worksheet. Kenapa tidak langsung saja. Buat saya, data yang di input melalui form dapat lebih mudah di seragamkan format nya. Dan data dengan pola yang seragam, lebih mudah di olah. Contoh pada kasus aplikasi Jurnal, nomer jurnal biasa nya format nya unik. Ada yang ingin dengan awalan khusus, digabung dengan periode, nomer urut dsb. Format tanggal dengan mm/dd/yy. Atau dd-mm-yy. Periode pembukuan, ada yang format bulan mmm-yy. Ada yang ingin dengan mm-yy saja. Macem2 lah.. :)

Nah, saya ingin dengar pendapat / masukan dari teman2 atau mungkin master2 Excel sekalian mengenai hal ini. Atau berbagi pengalaman cara mengakomodir hal ini. Terima kasih sebelumnya ya..

Wassalam
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry�

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke� belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links



� � http://docs.yahoo.com/info/terms/

Wed Aug 14, 2013 9:41 am (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Saya senang mendengar... mereka manut saja.
Mengenai contoh, sebaiknya disesuaikan dgn kebutuhan.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobilesony.ario1@gmail.com wrote:Terima kasih atas respon nya pak Hendrik. Mengenai prinsip customer adalah raja, sampai sejauh ini masih saya pegang :). Hanya "masalah" nya, mereka selama ini setelah saya jelaskan mengenai keseragaman data tsb, mereka manut saja.. Hehe..

Btw, untuk contoh yang pak Hendrik sebutkan dibawah, apa ada contoh nya ? Kalau boleh dishare pak. Mungkin bisa jadi bahan contekan saya selanjut nya :)

Salam
Sony

Powered by Telkomsel BlackBerry®
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 14 Aug 2013 03:09:51 -0700 (PDT)
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Metode input data

 
Pak Sony,
Layaknya seorang sales, tentu kita harus meyakinkan konsumen (user) bahwa dengan Form (UserForm) hasilnya akan lebih seragam. Namun ada juga pendapat yang menyatakan bahwa konsumen adalah raja.

Jadi jalan tengahnya, buat suatu "template"; dalam worksheet yang menyerupai Form dengan ketentuan sbb:
- Untuk No Urut bisa dibuatkan formula, yang akan update secara otomatis jika data telah disimpan ke dalam database
- Untuk tanggal bisa dibuatkan calendar template dalam sheet, sehingga ketika customer memilih tanggal dari template tsb tanggal langsung tertulis pada sheet sesuai format yang diinginkan.
- Untuk input berupa key points seperti ID#, Product Code, Supplier Code, Customer Code, dsb, user hanya memilih dari suatu daftar bukan menginput langsung. Jika belum ada dalam daftar, user dapat menambahkannya melalui program yang kita sediakan.
- Untuk Nama Product, Supplier dan Customer bisa dilink dari daftar yang telah dibuat
- Format seperti Currency dan decimal juga perlu diset erlebih dahulu.

Template tsb diprotect, sehingga user hanya bisa mengakses bagian yang memang disediakan untuk diinput atau dipilih sedangkan formula dan link diprotect.

User diberikan tombol pilihan untuk Save, Edit, Hapus atau bahkan Indexing.

Dibuat sautu database terproteksi untuk menampung hasil Input/Edit/Hapus atau Indexing. User tidak diperkenankan untuk Menyimpan, Mengedit, Menghapus atau Mengindex data secara langsung ke atau dari database. 
Database tersebut harus memenuhi kaidah database yang baik seperti telah dijelaskan oleh Mr. Kid dalam Kopdar#1.

Salam,
HK

From: "sony.ario1@gmail.com" <sony.ario1@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 14 August 2013, 2:07
Subject: [belajar-excel] Metode input data

Assalamualaikum teman2 be-excel.

Mohon maaf lahir batin sebelumnya. Pada kesempatan ini saya ingin minta pendapat dari teman2 sekalian. Khusus nya para jagoan2 Excel. Ada beberapa kasus pada aplikasi yang saya buat (kebanyakan dengan VBA), pada saat presentasi aplikasi tersebut dapat banyak pertanyaan yang kurang lebih menanyakan kenapa pada aplikasi yang saya buat input nya selalu pada form dulu, baru ke worksheet. Kenapa tidak langsung saja. Buat saya, data yang di input melalui form dapat lebih mudah di seragamkan format nya. Dan data dengan pola yang seragam, lebih mudah di olah. Contoh pada kasus aplikasi Jurnal, nomer jurnal biasa nya format nya unik. Ada yang ingin dengan awalan khusus, digabung dengan periode, nomer urut dsb. Format tanggal dengan mm/dd/yy. Atau dd-mm-yy. Periode pembukuan, ada yang format bulan mmm-yy. Ada yang ingin dengan mm-yy saja. Macem2 lah.. :)

Nah, saya ingin dengar pendapat / masukan dari teman2 atau mungkin master2 Excel sekalian mengenai hal ini. Atau berbagi pengalaman cara mengakomodir hal ini. Terima kasih sebelumnya ya..

Wassalam
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

Wed Aug 14, 2013 10:06 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Form input disusun berdasar karakteristik data yang di-input-kan.
Kebanyakan pengguna Excel, untuk data yang di-input-kan satu per satu,
lebih sering menggunakan userform. Meski demikian, input form dengan
worksheet juga bisa diatur agar bisa tampak seperti userform. Kadang kala,
meskipun proses input berupa proses entry data satu per satu, input form
dalam bentuk tabel juga baik untuk digunakan.

Untuk data yang diinput sangat banyak sekaligus dan memungkinkan proses
copy paste, maka input form dengan worksheet yang berbentuk tabel yang
tersusun seperti bentuk (struktur tabel sumber data) akan lebih dipilih
agar proses input oleh user bisa lebih cepat.

Pada penggunaan worksheet sebagai input form, validasi data yang di-input
juga bisa diatur dengan VBA selain dengan fitur data validation.
Tabel sementara sebagai penyusun struktur tabel data akhir akan memudahkan
proses validasi input. Tabel sementara ini disusun dengan formula-formula
sederhana. Seluruh ID bentukan ataupun penyusunan datatype yang sesuai
setiap kolomnya bisa dilakukan di tabel sementara ini.

Pada inputan yang berupa hasil copy paste banyak record sekaligus,
formula-formula penyusun tabel sementara dipasang saat proses save atau
transfer data ke tabel data akhir.

Contoh penggunaan worksheet sebagai media input data baru maupun edit bisa
dilihat pada file yang dapat diunduh
disini<https://app.box.com/s/bh4zhuyv7rasrnmiajws>.
Isi cell yang diberi warna kuning saja, setelah memilih Edit atau Add New
di cell C3.

Wassalamu'alaikum wr. wb.
Kid.

2013/8/14 <sony.ario1@gmail.com>

> Assalamualaikum teman2 be-excel.
>
> Mohon maaf lahir batin sebelumnya. Pada kesempatan ini saya ingin minta
> pendapat dari teman2 sekalian. Khusus nya para jagoan2 Excel. Ada beberapa
> kasus pada aplikasi yang saya buat (kebanyakan dengan VBA), pada saat
> presentasi aplikasi tersebut dapat banyak pertanyaan yang kurang lebih
> menanyakan kenapa pada aplikasi yang saya buat input nya selalu pada form
> dulu, baru ke worksheet. Kenapa tidak langsung saja. Buat saya, data yang
> di input melalui form dapat lebih mudah di seragamkan format nya. Dan data
> dengan pola yang seragam, lebih mudah di olah. Contoh pada kasus aplikasi
> Jurnal, nomer jurnal biasa nya format nya unik. Ada yang ingin dengan
> awalan khusus, digabung dengan periode, nomer urut dsb. Format tanggal
> dengan mm/dd/yy. Atau dd-mm-yy. Periode pembukuan, ada yang format bulan
> mmm-yy. Ada yang ingin dengan mm-yy saja. Macem2 lah.. :)
>
> Nah, saya ingin dengar pendapat / masukan dari teman2 atau mungkin master2
> Excel sekalian mengenai hal ini. Atau berbagi pengalaman cara mengakomodir
> hal ini. Terima kasih sebelumnya ya..
>
> Wassalam
> Sony
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>
> =====================================================================
> Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai
> kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam
> menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam
> jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang
> ingin dipelajari.
> Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih
> membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal
> lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
> Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin
> diungkapkan.
> Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> =====================================================================
> Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama
> yang bermanfaat besar untuk kita semua.
> =====================================================================
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

Wed Aug 14, 2013 7:53 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

ini quiz atau bukan ya...

Kid.

2013/8/12 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Rekan2 Be-Excelers,
>
> Untuk mengisi waktu luang (mumpung masih libur) saya coba ber-main2 dengan
> Excel.
> Ada pertanyaan yang menggelitik ketika kita membandingkan formula dengan
> macro.
>
> Ketika kolom A kosong
> - Formula : =CountA(A:A) menghasilkan angka 0
> - Mengapa perintah macro : Range("A" &
> WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select mengarahkan penunjuk sel ke sel
> A1 (bukan A0 - tidak ada) ?
>
> Mungkin ada jawaban atas misteri tsb, selain "default" (dari sononya) .....
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
>

Wed Aug 14, 2013 9:11 am (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Mr. Kid,
Ini pertanyaan serius, bukan Quiz..

Terima kasih.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:ini quiz atau bukan ya...

Kid.

2013/8/12 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
 
Rekan2 Be-Excelers,

Untuk mengisi waktu luang (mumpung masih libur) saya coba ber-main2 dengan Excel.
Ada pertanyaan yang menggelitik ketika kita membandingkan formula dengan macro.

Ketika kolom A kosong
- Formula : =CountA(A:A) menghasilkan angka 0
- Mengapa perintah macro : Range("A" & WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select mengarahkan penunjuk sel ke sel A1 (bukan A0 - tidak ada) ?

Mungkin ada jawaban atas misteri tsb, selain "default" (dari sononya) .....

Terima kasih.

Salam,
HK

Wed Aug 14, 2013 9:21 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh oke.

Kalau begitu, bagaimana kalau dimulai dari clue-nya dulu, yaitu :
pada
Range("A" & WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select
Bagian :
"A:A"
akan sama hasilnya jika diganti dengan bentuk berikut :
"Kid belajar Excel bersama BeExceller"

:)

Wassalam,
Kid.

2013/8/14 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Mr. Kid,
> Ini pertanyaan serius, bukan Quiz..
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobile
>
> "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
>
> ini quiz atau bukan ya...
>
> Kid.
>
>
> 2013/8/12 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Rekan2 Be-Excelers,
>>
>> Untuk mengisi waktu luang (mumpung masih libur) saya coba ber-main2
>> dengan Excel.
>> Ada pertanyaan yang menggelitik ketika kita membandingkan formula dengan
>> macro.
>>
>> Ketika kolom A kosong
>> - Formula : =CountA(A:A) menghasilkan angka 0
>> - Mengapa perintah macro : Range("A" &
>> WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select mengarahkan penunjuk sel ke sel
>> A1 (bukan A0 - tidak ada) ?
>>
>> Mungkin ada jawaban atas misteri tsb, selain "default" (dari sononya)
>> .....
>>
>> Terima kasih.
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>>
>
>

Wed Aug 14, 2013 10:48 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr Kid atas cluenya.

Dengan tanda " " akan selalu menghasilkan 1, tidak tergantung ada atau tidaknya data pada kolom A 

Pertanyaannya:
Bagaimana scriptnya jika saya ingin menghitung jumlah cacah (banyaknya data) pada kolom A ?
JIka saya tulis a = WorksheetFunction.CountA("A:A") maka a akan selalu bernilai 1
JIka saya tulis a = WorksheetFunction.CountA(A:A) maka akan menghasilkan "syntax error"

Apakah harus ditulis a = WorksheetFunction.CountA(Columns(1))

Terima kasih.

Salam,
HK

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 14 August 2013, 23:21
Subject: Re: [belajar-excel] Ada apa dengan Excel ....


 
oh oke.

Kalau begitu, bagaimana kalau dimulai dari clue-nya dulu, yaitu :
pada
Range("A" & WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select
Bagian :
"A:A"

akan sama hasilnya jika diganti dengan bentuk berikut :

"Kid belajar Excel bersama BeExceller"

:)

Wassalam,

Kid.

2013/8/14 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Mr. Kid,
>Ini pertanyaan serius, bukan Quiz..
>
>
>Terima kasih.
>
>
>Salam, 
>HK
>
>
>
>
>Sent from Samsung Mobile
>
>"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

>ini quiz atau bukan ya...
>
>Kid.
>
>
>
>
>2013/8/12 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Rekan2 Be-Excelers,
>>
>>
>>Untuk mengisi waktu luang (mumpung masih libur) saya coba ber-main2 dengan Excel.
>>Ada pertanyaan yang menggelitik ketika kita membandingkan formula dengan macro.
>>
>>
>>Ketika kolom A kosong
>>- Formula : =CountA(A:A) menghasilkan angka 0
>>- Mengapa perintah macro : Range("A" & WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select mengarahkan penunjuk sel ke sel A1 (bukan A0 - tidak ada) ?
>>
>>
>>Mungkin ada jawaban atas misteri tsb, selain "default" (dari sononya) .....
>>
>>
>>Terima kasih.
>>
>>
>>Salam,
>>HK
>

Wed Aug 14, 2013 11:00 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

:)

Jadi, "A:A" pada WorksheetFunction.CountA("A:A") adalah sebuah teks
(ber-datatype string).
Bunyi diatas, jika dipasang pada sebuah cell yang menggunakan fungsi
CountA, akan membentuk formula berbunyi :
=CountA( "A:A" )
dan bukan
=CountA( *A:A *)
karena *A:A* bertipe range.
Maka, WorksheetFunction.CountA( argumen ) harus diisi dengan ekspresi yang
menghasilkan datatype range.
Untuk mendapatkan range yang merujuk ke seluruh cell di kolom A, antara
lain bisa dengan :
Range("A:A")
Columns(1)
Range("a1").EntireColumn
dan sebagainya.

Wassalam,
Kid.

2013/8/15 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Terima kasih Mr Kid atas cluenya.
>
> Dengan tanda " " akan selalu menghasilkan 1, tidak tergantung ada atau
> tidaknya data pada kolom A
>
> Pertanyaannya:
> Bagaimana scriptnya jika saya ingin menghitung jumlah cacah (banyaknya
> data) pada kolom A ?
> JIka saya tulis a = WorksheetFunction.CountA("A:A") maka a akan selalu
> bernilai 1
> JIka saya tulis a = WorksheetFunction.CountA(A:A) maka akan menghasilkan "syntax
> error"
>
> Apakah harus ditulis a = WorksheetFunction.CountA(Columns(1))
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Wednesday, 14 August 2013, 23:21
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Ada apa dengan Excel ....
>
>
> oh oke.
>
> Kalau begitu, bagaimana kalau dimulai dari clue-nya dulu, yaitu :
> pada
> Range("A" & WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select
> Bagian :
> "A:A"
> akan sama hasilnya jika diganti dengan bentuk berikut :
> "Kid belajar Excel bersama BeExceller"
>
> :)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/8/14 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
> **
>
> Mr. Kid,
> Ini pertanyaan serius, bukan Quiz..
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobile
>
> "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> ini quiz atau bukan ya...
>
> Kid.
>
>
> 2013/8/12 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
> **
>
> Rekan2 Be-Excelers,
>
> Untuk mengisi waktu luang (mumpung masih libur) saya coba ber-main2 dengan
> Excel.
> Ada pertanyaan yang menggelitik ketika kita membandingkan formula dengan
> macro.
>
> Ketika kolom A kosong
> - Formula : =CountA(A:A) menghasilkan angka 0
> - Mengapa perintah macro : Range("A" &
> WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select mengarahkan penunjuk sel ke sel
> A1 (bukan A0 - tidak ada) ?
>
> Mungkin ada jawaban atas misteri tsb, selain "default" (dari sononya) .....
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
>
>
>

Wed Aug 14, 2013 6:39 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr. Kid.

Salam,
HK

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 14 August 2013, 11:00
Subject: Re: [belajar-excel] Ada apa dengan Excel ....


 
:)

Jadi, "A:A" pada WorksheetFunction.CountA("A:A") adalah sebuah teks (ber-datatype string).

Bunyi diatas, jika dipasang pada sebuah cell yang menggunakan fungsi CountA, akan membentuk formula berbunyi :

=CountA("A:A" )

dan bukan

=CountA( A:A )

karena A:A bertipe range.

Maka, WorksheetFunction.CountA( argumen ) harus diisi dengan ekspresi yang menghasilkan datatype range.

Untuk mendapatkan range yang merujuk ke seluruh cell di kolom A, antara lain bisa dengan :

Range("A:A")

Columns(1)

Range("a1").EntireColumn

dan sebagainya.

Wassalam,

Kid.

2013/8/15 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Terima kasih Mr Kid atas cluenya.
>
>
>Dengan tanda " " akan selalu menghasilkan 1, tidak tergantung ada atau tidaknya data pada kolom A 
>
>
>Pertanyaannya:
>Bagaimana scriptnya jika saya ingin menghitung jumlah cacah (banyaknya data) pada kolom A ?
>JIka saya tulis a = WorksheetFunction.CountA("A:A") maka a akan selalu bernilai 1
>JIka saya tulis a = WorksheetFunction.CountA(A:A) maka akan menghasilkan "syntax error"
>
>
>
>Apakah harus ditulis a = WorksheetFunction.CountA(Columns(1))
>
>
>Terima kasih.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Wednesday, 14 August 2013, 23:21
>Subject: Re: [belajar-excel] Ada apa dengan Excel ....
>
>
>

>oh oke.
>
>Kalau begitu, bagaimana kalau dimulai dari clue-nya dulu, yaitu :
>pada
>Range("A" & WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select
>Bagian :
>"A:A"
>
>akan sama hasilnya jika diganti dengan bentuk berikut :
>
>"Kid belajar Excel bersama BeExceller"
>
>
>:)
>
>
>Wassalam,
>
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>2013/8/14 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Mr. Kid,
>>Ini pertanyaan serius, bukan Quiz..
>>
>>
>>Terima kasih.
>>
>>
>>Salam, 
>>HK
>>
>>
>>
>>
>>Sent from Samsung Mobile
>>
>>"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>> 
>>ini quiz atau bukan ya...
>>
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>2013/8/12 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Rekan2 Be-Excelers,
>>>
>>>
>>>Untuk mengisi waktu luang (mumpung masih libur) saya coba ber-main2 dengan Excel.
>>>Ada pertanyaan yang menggelitik ketika kita membandingkan formula dengan macro.
>>>
>>>
>>>Ketika kolom A kosong
>>>- Formula : =CountA(A:A) menghasilkan angka 0
>>>- Mengapa perintah macro : Range("A" & WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select mengarahkan penunjuk sel ke sel A1 (bukan A0 - tidak ada) ?
>>>
>>>
>>>Mungkin ada jawaban atas misteri tsb, selain "default" (dari sononya) .....
>>>
>>>
>>>Terima kasih.
>>>
>>>
>>>Salam,
>>>HK
>>
>
>
>

Wed Aug 14, 2013 7:23 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oke. sama-sama.

@BeExceller,
Kasus ini bisa dirunut pada materi-materi belajarvba sebagai berikut :
1. pemahaman tentang sebuah methods bernama CountA milik object
WorksheetFunction memiliki banyak argumen
>> hal ini bisa dibaca lebih lanjut di bab tentang Methods suatu object<http://b-excel.blogspot.com/2013/08/belajarvba-007-property-methods-events.html>yang mengenalkan tentang methods.

2. pemahaman tentang prosedur berargumen, karena sebuah methods adalah
sebuah prosedur Sub atau Function yang beberapa methods membutuhkan suatu
argumen
>> hal ini dapat dibaca lebih lanjut di bab tentang Prosedur jenis Function<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-005-procedure-seri-2.html>sebagai perkenalan tentang function
>> dilanjutkan pada Cara memanggil prosedur berargumen<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-005-procedure-seri-1.html>sebagai perkenalan dengan prosedur-prosedur berargumen

3. argumen dalam sebuah deklarasi prosedur membutuhkan pemahaman tentang
datatype.
>> Pada kasus ini dikhususkan pada datatype variant karena argumen dari
methods CountA milik object WorksheetFunction seluruhnya ber-datatype
variant.
>> datatype telah dijabarkan secara singkat di bab tentang Datatype<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-004-tipe-data-variabel.html>
>> contoh penggunaan datatype melalui bentuk deklarasi variabel dan
pembahasan khusus tentang datatype Variant juga ada
disana<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-004-tipe-data-variabel.html>
.

Kasus ini adalah contoh manfaat dari mempelajari VBA secara perlahan dan
penuh kesabaran. Katika bertemu tooltip seperti gambar ini :
[image: Inline image 2]

akan dengan segera tahu bahwa :
1. dibutuhkan variabel hasil ber-datatype double sebagai penampung nilai
proses baris kode tersebut
>> hal ini tampak pada tooltip tentang methods CountA( blablabla ) As Double
>> maka ada proses Dim seperti Dim dblHasil As Double
>> digunakan pada baris kode berupa dblHasil =

2. methods CountA membutuhkan argumen
>> minimal dibutuhkan 1 bijik nilai untuk mengisi Arg1 yang tidak diberi
kurung siku, yang berarti harus ada dan bukan sekedar optional
>> total jumlah argumen yang bisa dimasukkan kedalam methods CountA adalah
30 bijik (dari Arg1 sampai [Arg30])
>> argumen selain Arg1 bersifat optional, alias bisa diisi jika ada nilai
yang akan disuplaikan.
>> setiap argumen memiliki datatype variant karena tidak ada As datatype
tertentu
>> karena setiap argumen ber-datatype variant, maka setiap argumen bisa
menerima data berupa array yang berisi banyak elemen
>> jadi methods CountA bisa mengkomputasi buanyak sekali cells selama bisa
ditampung setiap argumen dan maksimal hanya ada 30 area range. jadi, Arg1
bisa berisi ribuan cells, Arg2 bisa berisi ribuan cells, dst
>> ketika yang akan dikomputasi adalah item-item data yang setiap sebuah
item data akan mengisi sebuah argumen, maka hanya bisa diisi dengan 30 item
data untuk 30 argumen yang disediakan oleh methods CountA

Wassalam,
Kid.

2013/8/15 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Terima kasih Mr. Kid.
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Wednesday, 14 August 2013, 11:00
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Ada apa dengan Excel ....
>
>
> :)
>
> Jadi, "A:A" pada WorksheetFunction.CountA("A:A") adalah sebuah teks
> (ber-datatype string).
> Bunyi diatas, jika dipasang pada sebuah cell yang menggunakan fungsi
> CountA, akan membentuk formula berbunyi :
> =CountA( "A:A" )
> dan bukan
> =CountA( *A:A *)
> karena *A:A* bertipe range.
> Maka, WorksheetFunction.CountA( argumen ) harus diisi dengan ekspresi
> yang menghasilkan datatype range.
> Untuk mendapatkan range yang merujuk ke seluruh cell di kolom A, antara
> lain bisa dengan :
> Range("A:A")
> Columns(1)
> Range("a1").EntireColumn
> dan sebagainya.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/8/15 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
> **
>
> Terima kasih Mr Kid atas cluenya.
>
> Dengan tanda " " akan selalu menghasilkan 1, tidak tergantung ada atau
> tidaknya data pada kolom A
>
> Pertanyaannya:
> Bagaimana scriptnya jika saya ingin menghitung jumlah cacah (banyaknya
> data) pada kolom A ?
> JIka saya tulis a = WorksheetFunction.CountA("A:A") maka a akan selalu
> bernilai 1
> JIka saya tulis a = WorksheetFunction.CountA(A:A) maka akan menghasilkan "syntax
> error"
>
> Apakah harus ditulis a = WorksheetFunction.CountA(Columns(1))
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Wednesday, 14 August 2013, 23:21
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Ada apa dengan Excel ....
>
>
> oh oke.
>
> Kalau begitu, bagaimana kalau dimulai dari clue-nya dulu, yaitu :
> pada
> Range("A" & WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select
> Bagian :
> "A:A"
> akan sama hasilnya jika diganti dengan bentuk berikut :
> "Kid belajar Excel bersama BeExceller"
>
> :)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/8/14 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
> **
>
> Mr. Kid,
> Ini pertanyaan serius, bukan Quiz..
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobile
>
> "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> ini quiz atau bukan ya...
>
> Kid.
>
>
> 2013/8/12 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
> **
>
> Rekan2 Be-Excelers,
>
> Untuk mengisi waktu luang (mumpung masih libur) saya coba ber-main2 dengan
> Excel.
> Ada pertanyaan yang menggelitik ketika kita membandingkan formula dengan
> macro.
>
> Ketika kolom A kosong
> - Formula : =CountA(A:A) menghasilkan angka 0
> - Mengapa perintah macro : Range("A" &
> WorksheetFunction.CountA("A:A")).Select mengarahkan penunjuk sel ke sel
> A1 (bukan A0 - tidak ada) ?
>
> Mungkin ada jawaban atas misteri tsb, selain "default" (dari sononya) .....
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Aug 14, 2013 9:28 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Mungkin seperti file terlampir.

Daftar unit kerja menggunakan array
formula<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>unique
list yang bisa dilihat lebih banyak
disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/formula-penyusun-data-unique-dan.html>
.
Formula di kolom lain menggunakan fungsi SumIFs dan CountIFs. Ada yang
cukup dengan SumIF.

Wassalam,
Kid.

2013/8/14 Bos Kbrn <bos.kbrn@yahoo.com>

> **
>
>
>
>
> assalamu'alaikum wr. wb.
> para master excel yang baik, saya mau bertanya nih bagaimana formula untuk
> merekap data berdasarkan urutan bulan dan rekap untuk 3 bulan?
> file terlampir. terima kasih
> wassalamu'alaukum wr. wb
>
>

Wed Aug 14, 2013 6:28 pm (PDT) . Posted by:

"Bos Kbrn" bos.kbrn

terima kasih mr.kid
--------------------------------------------
Pada Rab, 14/8/13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Judul: Re: [belajar-excel] Rekap data
Kepada: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Rabu, 14 Agustus, 2013, 11:28 PM

Mungkin seperti
file terlampir.

Daftar unit kerja menggunakan array
formula unique list yang bisa dilihat lebih banyak disini.


Formula di kolom lain menggunakan fungsi SumIFs dan
CountIFs. Ada yang cukup dengan SumIF.

Wassalam,
Kid.



2013/8/14 Bos Kbrn
<bos.kbrn@yahoo.com>

assalamu'alaikum wr. wb.

para master excel yang baik, saya mau bertanya nih bagaimana
formula untuk merekap data berdasarkan urutan bulan dan
rekap untuk 3 bulan?

file terlampir. terima kasih

wassalamu'alaukum wr. wb


GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar