Kamis, 15 Agustus 2013

[belajar-excel] Digest Number 2477

15 New Messages

Digest #2477
1a
Re: BelajarVBA : Kenalan dengan object Range yuk... by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
1b
Re: BelajarVBA : Kenalan dengan object Range yuk... by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1c
Re: BelajarVBA : Kenalan dengan object Range yuk... by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2a
Re: Rekap data by "Bos Kbrn" bos.kbrn
2b
Re: Rekap data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
Bls: [belajar-excel] Rekap data by "Bos Kbrn" bos.kbrn
5a
Re: Menghitung Data dalam 1 bulan by "Abang Jakarta" budi170177
6a
Cara Memberi Password pada Excel by "Tjahya Hartono" tjahyahartono
6b
Re: Cara Memberi Password pada Excel by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Messages

Wed Aug 14, 2013 7:24 pm (PDT) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Pak Hendrik,
terima kasih atas pemahaman macronya melalui case ini, bagi saya yang amat awam macro sangat berharga sekali.
jadi saya tambahkan range yang dimaksudkan, sehingga langsung masuk datanya.
Workbooks("Keuangan.xlsx").Worksheets("Dataku").Range("B3:G9").Copy Workbooks("laporan.xlsx").Worksheets("JAN").Range("B3")

saya ingin terus bertanya nih kalau berkenan untuk membantu saya....
macro di atas saya sudah memahaminya, tetapi bagaimana caranya hasil copyan tsb akan dieksekusi di bawah baris yang kosong, semisal workbooks("laporan.xlsx").worksheets("JAN") tsb baris B9 sudah ada datanya, maunya macro tsb otomatis akan dieksekusikan ke baris B10.
kalau bahasa analis/instruksi/prosesingnya kan : copykan worksheets "Dataku" yang di workbooks "Laporan.xlsx" dengan rangekan "B3:G9". Setelah itu eksekusikan ke workbooks "laporan.xlsx" di worksheets "JAN" dengan cara memastikan terlebih dahulu apakah pada sheets tsb ada data yang sudah berisi, jika ada data yang sudah berisi, maka turun satu baris dan langsung eksekusikan. selesai.

semoga dapat diberikan macronya.
Terima Kasih,
ASL
----------------------------------------------------------
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Tue, 13 Aug 2013 09:29:36 -0700
Subject: Re: [belajar-excel] BelajarVBA : Kenalan dengan object Range yuk...

Pertanyaan Bapak,apakah memang mesti ditekan "ENTER" dulu baru data2 yang mau dicopy bisa masuk ke worksheets dimaksud ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut perlu kita pahami apa yang dilakukan oleh komputer ketika Code (perintah) ini dijalankan,Workbooks("Keuangan.xlsx").Worksheets("Dataku").Range("B3:G9").Copy

Ketika perintah di atas dijalankan, komputer mengcopy Range("B3:G9") yang ada pada Worksheet("Dataku") Workbook("Keuangan") dan menyimpannya di dalam Clipboard (Gudang sementara data). Bagaimana kita mengetahui bahwa data tsb masih ada dalam Clipboard ? Jawabannya bisa kita kutip dari dongeng Mr. Kid "sudah ada semut jalan dipinggir areanya"
Semut2 tsb akan melarikan diri (data dihapus dari Clipboard) jika kita menekan tombol Esc (artinya batal) atau Enter (artinya menempatkan data tsb pada sel tujuan sekaligus menghapus data dalam Clipboard).
Jika kita tidak ingin repot menekan tombol Enter maka kita harus menuliskan sel tujuan dibelakang perintah "Copy" (didahului dengan spasi).Jadi Codenya kan menjadi sbb:Workbooks("Keuangan.xlsx").Worksheets("Dataku").Range("B3:G9").Copy sel tujuan
Sel tujuan bisa berupa sel aktif atau alamat sel tertentu (bila perlu bisa disebutkan Workbook dan Worksheetnya).

Semoga menjadi lebih jelas dan menambah semangat untuk belajar.
Salam,HK





Wed Aug 14, 2013 8:16 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Pak Syaifullah,
Coba ganti Range("B3") pada sel tujuan dengan Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp).Offset(1).
Bahasa manusianya : Sel(baris terakhir kolom ke 2).naik ke atas sampai mentok.turun 1 baris.

Ini ramai dibicarakan dalami milis ketika membahas masalah cara tercepat mencari baris baru.

Salam,
HK

________________________________
From: Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 14 August 2013, 19:13
Subject: RE: [belajar-excel] BelajarVBA : Kenalan dengan object Range yuk...


 
Pak Hendrik,
terima kasih atas pemahaman macronya melalui case ini, bagi saya yang amat awam macro sangat berharga sekali.
jadi saya tambahkan range yang dimaksudkan, sehingga langsung masuk datanya.
Workbooks("Keuangan.xlsx").Worksheets("Dataku&quot;).Range("B3:G9").Copy Workbooks("laporan.xlsx&quot;).Worksheets("JAN").Range("B3")

saya ingin terus bertanya nih kalau berkenan untuk membantu saya....
macro di atas saya sudah memahaminya, tetapi bagaimana caranya hasil copyan tsb akan dieksekusi di bawah baris yang kosong, semisal workbooks("laporan.xlsx&quot;).worksheets("JAN") tsb baris B9 sudah ada datanya, maunya macro tsb otomatis akan dieksekusikan ke baris B10. 
kalau bahasa analis/instruksi/prosesingnya kan : copykan worksheets  "Dataku" yang di workbooks "Laporan.xlsx" dengan rangekan "B3:G9". Setelah itu eksekusikan ke workbooks "laporan.xlsx" di worksheets "JAN" dengan cara memastikan terlebih dahulu apakah pada sheets tsb ada data yang sudah berisi, jika ada data yang sudah berisi, maka turun satu baris dan langsung eksekusikan. selesai.

semoga dapat diberikan macronya.
Terima Kasih,
ASL
----------------------------------------------------------

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Tue, 13 Aug 2013 09:29:36 -0700
Subject: Re: [belajar-excel] BelajarVBA : Kenalan dengan object Range yuk...

 

Pertanyaan Bapak,
apakah memang mesti ditekan "ENTER" dulu baru data2 yang mau dicopy bisa masuk ke worksheets dimaksud ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut perlu kita pahami apa yang dilakukan oleh komputer ketika Code (perintah) ini dijalankan,
Workbooks("Keuangan.xlsx").Worksheets("Dataku&quot;).Range("B3:G9").Copy

Ketika perintah di atas dijalankan, komputer mengcopy Range("B3:G9") yang ada pada Worksheet("Dataku") Workbook("Keuangan") dan menyimpannya di dalam Clipboard (Gudang sementara data). Bagaimana kita mengetahui bahwa data tsb masih ada dalam Clipboard ? Jawabannya bisa kita kutip dari dongeng Mr. Kid "sudah ada semut jalan dipinggir areanya"

Semut2 tsb akan melarikan diri (data dihapus dari Clipboard) jika kita menekan tombol Esc (artinya batal) atau Enter (artinya menempatkan data tsb pada sel tujuan sekaligus menghapus data dalam Clipboard).

Jika kita tidak ingin repot menekan tombol Enter maka kita harus menuliskan sel tujuan dibelakang perintah "Copy" (didahului dengan spasi).
Jadi Codenya kan menjadi sbb:
Workbooks("Keuangan.xlsx").Worksheets("Dataku&quot;).Range("B3:G9").Copy sel tujuan

Sel tujuan bisa berupa sel aktif atau alamat sel tertentu (bila perlu bisa disebutkan Workbook dan Worksheetnya).

Semoga menjadi lebih jelas dan menambah semangat untuk belajar.

Salam,
HK

________________________________

Wed Aug 14, 2013 8:17 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Pak Syaifullah,
Coba ganti Range("B3") pada sel tujuan dengan Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp).Offset(1).
Ini ramai dibicarakan dalami milis ketika membahas masalah cara tercepat mencari baris baru.

Salam,
HK

________________________________
From: Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 14 August 2013, 19:13
Subject: RE: [belajar-excel] BelajarVBA : Kenalan dengan object Range yuk...


 
Pak Hendrik,
terima kasih atas pemahaman macronya melalui case ini, bagi saya yang amat awam macro sangat berharga sekali.
jadi saya tambahkan range yang dimaksudkan, sehingga langsung masuk datanya.
Workbooks("Keuangan.xlsx").Worksheets("Dataku&quot;).Range("B3:G9").Copy Workbooks("laporan.xlsx&quot;).Worksheets("JAN").Range("B3")

saya ingin terus bertanya nih kalau berkenan untuk membantu saya....
macro di atas saya sudah memahaminya, tetapi bagaimana caranya hasil copyan tsb akan dieksekusi di bawah baris yang kosong, semisal workbooks("laporan.xlsx&quot;).worksheets("JAN") tsb baris B9 sudah ada datanya, maunya macro tsb otomatis akan dieksekusikan ke baris B10. 
kalau bahasa analis/instruksi/prosesingnya kan : copykan worksheets  "Dataku" yang di workbooks "Laporan.xlsx" dengan rangekan "B3:G9". Setelah itu eksekusikan ke workbooks "laporan.xlsx" di worksheets "JAN" dengan cara memastikan terlebih dahulu apakah
pada sheets tsb ada data yang sudah berisi, jika ada data yang sudah berisi, maka turun satu baris dan langsung eksekusikan. selesai.

semoga dapat diberikan macronya.
Terima Kasih,
ASL
----------------------------------------------------------

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Tue, 13 Aug 2013 09:29:36 -0700
Subject: Re: [belajar-excel] BelajarVBA : Kenalan dengan object Range yuk...

 

Pertanyaan Bapak,
apakah memang mesti ditekan "ENTER" dulu baru data2 yang mau dicopy bisa masuk ke worksheets dimaksud ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut perlu kita pahami apa yang dilakukan oleh komputer ketika Code (perintah) ini dijalankan,
Workbooks("Keuangan.xlsx").Worksheets("Dataku&quot;).Range("B3:G9").Copy

Ketika perintah di atas dijalankan, komputer mengcopy Range("B3:G9") yang ada pada Worksheet("Dataku") Workbook("Keuangan") dan menyimpannya di dalam Clipboard (Gudang sementara data). Bagaimana kita mengetahui bahwa data tsb masih ada dalam Clipboard ? Jawabannya bisa kita kutip dari dongeng Mr. Kid "sudah ada semut jalan dipinggir areanya"

Semut2 tsb akan melarikan diri (data dihapus dari Clipboard) jika kita menekan tombol Esc (artinya batal) atau Enter (artinya menempatkan data tsb pada sel tujuan sekaligus menghapus data dalam Clipboard).

Jika kita tidak ingin repot menekan tombol Enter maka kita harus menuliskan sel tujuan dibelakang perintah "Copy" (didahului dengan spasi).
Jadi Codenya kan menjadi sbb:
Workbooks("Keuangan.xlsx").Worksheets("Dataku&quot;).Range("B3:G9").Copy sel tujuan

Sel tujuan bisa berupa sel aktif atau alamat sel tertentu (bila perlu bisa disebutkan Workbook dan Worksheetnya).

Semoga menjadi lebih jelas dan menambah semangat untuk belajar.

Salam,
HK

________________________________

Wed Aug 14, 2013 7:25 pm (PDT) . Posted by:

"Bos Kbrn" bos.kbrn

terima kasih atas masukkannya, saya masih bingung mengenai menampilkan data pegawai setiap sekolah berdasarkan bulan yang dipilih, apakah caranya sama dengan cara merekap data??? file terlampir
terima kasih
best regards
--------------------------------------------
Pada Rab, 14/8/13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Judul: Re: [belajar-excel] Rekap data
Kepada: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Rabu, 14 Agustus, 2013, 11:28 PM
















 









Mungkin seperti
file terlampir.

Daftar unit kerja menggunakan array
formula unique list yang bisa dilihat lebih banyak disini.


Formula di kolom lain menggunakan fungsi SumIFs dan
CountIFs. Ada yang cukup dengan SumIF.

Wassalam,
Kid.



2013/8/14 Bos Kbrn
<bos.kbrn@yahoo.com>

















 













assalamu'alaikum wr. wb.

para master excel yang baik, saya mau bertanya nih bagaimana
formula untuk merekap data berdasarkan urutan bulan dan
rekap untuk 3 bulan?

file terlampir. terima kasih

wassalamu'alaukum wr. wb



























Wed Aug 14, 2013 7:40 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir menggunakan array formula filtering untuk memilih data yang
sesuai seluruh kriteria yang ada. Sila baca tentang array formula filtering
disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/formula-filter-data-filtering-formula.html>
.

Wassalam,
Kid.

2013/8/15 Bos Kbrn <bos.kbrn@yahoo.com>

> **
>
>
> terima kasih atas masukkannya, saya masih bingung mengenai menampilkan
> data pegawai setiap sekolah berdasarkan bulan yang dipilih, apakah caranya
> sama dengan cara merekap data??? file terlampir
> terima kasih
> best regards
>
> --------------------------------------------
> Pada Rab, 14/8/13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> Judul: Re: [belajar-excel] Rekap data
> Kepada: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Tanggal: Rabu, 14 Agustus, 2013, 11:28 PM
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Mungkin seperti
> file terlampir.
>
> Daftar unit kerja menggunakan array
> formula unique list yang bisa dilihat lebih banyak disini.
>
>
> Formula di kolom lain menggunakan fungsi SumIFs dan
> CountIFs. Ada yang cukup dengan SumIF.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/8/14 Bos Kbrn
> <bos.kbrn@yahoo.com>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> assalamu'alaikum wr. wb.
>
> para master excel yang baik, saya mau bertanya nih bagaimana
> formula untuk merekap data berdasarkan urutan bulan dan
> rekap untuk 3 bulan?
>
> file terlampir. terima kasih
>
> wassalamu'alaukum wr. wb
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Aug 14, 2013 8:23 pm (PDT) . Posted by:

"Bos Kbrn" bos.kbrn

terima kasih atas pencerahannya mr. kid

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 15 Agustus 2013 9:39
Judul: Re: [belajar-excel] Rekap data


 
File terlampir menggunakan array formula filtering untuk memilih data yang sesuai seluruh kriteria yang ada. Sila baca tentang array formula filtering disini.

Wassalam,
Kid.

2013/8/15 Bos Kbrn <bos.kbrn@yahoo.com>


>terima kasih atas masukkannya, saya masih bingung mengenai menampilkan data pegawai setiap sekolah berdasarkan bulan yang dipilih, apakah caranya sama dengan cara merekap data??? file terlampir
>terima kasih
>best regards
>
>--------------------------------------------
>Pada Rab, 14/8/13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Rekap data
>Kepada: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Tanggal: Rabu, 14 Agustus, 2013, 11:28 PM
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

>
>
>
>
>
>
>
>
>
>Mungkin seperti
>file terlampir.
>
>Daftar unit kerja menggunakan array
>formula unique list yang bisa dilihat lebih banyak disini.
>
>
>Formula di kolom lain menggunakan fungsi SumIFs dan
>CountIFs. Ada yang cukup dengan SumIF.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>2013/8/14 Bos Kbrn
><bos.kbrn@yahoo.com>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>assalamu&#39;alaikum wr. wb.
>
>para master excel yang baik, saya mau bertanya nih bagaimana
>formula untuk merekap data berdasarkan urutan bulan dan
>rekap untuk 3 bulan?
>
>file terlampir. terima kasih
>
>wassalamu&#39;alaukum wr. wb
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Aug 14, 2013 8:31 pm (PDT) . Posted by:

"Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37

Dear,
Master Excell

Bagaimana cara merubah Format Linked Cell pada ComboBox menjadi Number ? karena link menjadi format bentuk text.

Thanks & Best Regards

Andy A R

Wed Aug 14, 2013 8:39 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Andy,

Jika ingin cell B1 yang berformula tidak menghasilkan error dan bisa
melookup dengan baik, coba ganti formula di B1 dengan :
=IF(A1=0,"",VLOOKUP(--(0&A1),I2:J7,2,0))
atau
=IFERROR(VLOOKUP(--(0&A1),I2:J7,2,0),"")

Jika cell A1 harus numerik dan boleh dipindah ke cell C1, beri C1 formula
berbunyi :
=--(0&A1)

Jika tidak boleh pakai C1 dan tetap harus A1 numerik, lakukan langkah
berikut : (pada kondisi design mode On)
1. atur properti linked cell dari combobox tersebut adalah kosong (tidak
ada linked cell lagi)
2. double click si combobox dan isi event change dengan baris kode :
Range("a1").Value = ComboBox1.Text
atau
Range("a1").Value = ComboBox1.Value
(pilih yang menghasilkan datatype numerik di cell A1)
3. save as file dengan memilih type Macro Enabled Workbook (.xlsm) atau
97-2003 workbook (.xls)

Wassalam,
Kid.

2013/8/15 Andy Ajhis Ramadhan <andyajhisramadhan@ymail.com>

> **
>
>
> Dear,
> Master Excell
>
> Bagaimana cara merubah Format Linked Cell pada ComboBox menjadi Number ?
> karena link menjadi format bentuk text.
>
> Thanks & Best Regards
>
> Andy A R
>
>
>

Wed Aug 14, 2013 9:07 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Andy,
Jika tidak diperlukan pengaturan properties, coba ganti ComboBox ActiveX Controls dengan Form Controls.

Salam,
HK

________________________________
From: Andy Ajhis Ramadhan <andyajhisramadhan@ymail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 14 August 2013, 20:27
Subject: [belajar-excel] Mengubah Format Linked Cell pada ComboBox ( Menjadi Number )


 
Dear,
Master Excell

Bagaimana cara merubah Format Linked Cell pada ComboBox menjadi Number ? karena link menjadi format bentuk text.

Thanks & Best Regards

Andy A R

Wed Aug 14, 2013 9:53 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Penjelasan yang lalu sampai dengan jika memilih untuk model yang
membutuhkan VBA adalah seperti file terlampir.
Beberapa alternatif tanpa VBA adalah dengan data validation disertai cell
berformula atau activex combobox multi kolom yang diatur propertinya.

Wassalam,
Kid.

2013/8/15 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Hai Andy,
>
> Jika ingin cell B1 yang berformula tidak menghasilkan error dan bisa
> melookup dengan baik, coba ganti formula di B1 dengan :
> =IF(A1=0,"",VLOOKUP(--(0&A1),I2:J7,2,0))
> atau
> =IFERROR(VLOOKUP(--(0&A1),I2:J7,2,0),"")
>
> Jika cell A1 harus numerik dan boleh dipindah ke cell C1, beri C1 formula
> berbunyi :
> =--(0&A1)
>
> Jika tidak boleh pakai C1 dan tetap harus A1 numerik, lakukan langkah
> berikut : (pada kondisi design mode On)
> 1. atur properti linked cell dari combobox tersebut adalah kosong (tidak
> ada linked cell lagi)
> 2. double click si combobox dan isi event change dengan baris kode :
> Range("a1").Value = ComboBox1.Text
> atau
> Range("a1").Value = ComboBox1.Value
> (pilih yang menghasilkan datatype numerik di cell A1)
> 3. save as file dengan memilih type Macro Enabled Workbook (.xlsm) atau
> 97-2003 workbook (.xls)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2013/8/15 Andy Ajhis Ramadhan <andyajhisramadhan@ymail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear,
>> Master Excell
>>
>> Bagaimana cara merubah Format Linked Cell pada ComboBox menjadi Number ?
>> karena link menjadi format bentuk text.
>>
>> Thanks & Best Regards
>>
>> Andy A R
>>
>>
>>
>
>

Wed Aug 14, 2013 10:05 pm (PDT) . Posted by:

"Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37



░░░░░░░░░░░░▄▄
░░░░░░░░░░░█░░█
░░░░░░░░░░░█░░█
░░░░░░░░░░█░░░█
░░░░░░░░░█░░░░█
██████▄▄█░░░░░██████▄
▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█████░░░░░░░░░██
█████▀░░░░▀▀████████

Wah thanks you Mr. Kid. áƒš( ◠‿◠ ლ)

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 15 Agustus 2013 10:38
Judul: Re: [belajar-excel] Mengubah Format Linked Cell pada ComboBox ( Menjadi Number )


 
Hai Andy,

Jika ingin cell B1 yang berformula tidak menghasilkan error dan bisa melookup dengan baik, coba ganti formula di B1 dengan :
=IF(A1=0,"",VLOOKUP(--(0&A1),I2:J7,2,0))
atau
=IFERROR(VLOOKUP(--(0&A1),I2:J7,2,0),"")

Jika cell A1 harus numerik dan boleh dipindah ke cell C1, beri C1 formula berbunyi :
=--(0&A1)

Jika tidak boleh pakai C1 dan tetap harus A1 numerik, lakukan langkah berikut : (pada kondisi design mode On)
1. atur properti linked cell dari combobox tersebut adalah kosong (tidak ada linked cell lagi)
2. double click si combobox dan isi event change dengan baris kode :
Range("a1").Value = ComboBox1.Text
atau
Range("a1").Value = ComboBox1.Value
(pilih yang menghasilkan datatype numerik di cell A1)
3. save as file dengan memilih type Macro Enabled Workbook (.xlsm) atau 97-2003 workbook (.xls)

Wassalam,
Kid.

2013/8/15 Andy Ajhis Ramadhan <andyajhisramadhan@ymail.com>


>Dear,
>Master Excell
>
>
>Bagaimana cara merubah Format Linked Cell pada ComboBox menjadi Number ? karena link menjadi format bentuk text.
>
>
>Thanks & Best Regards
>
>
>Andy A R

Wed Aug 14, 2013 11:16 pm (PDT) . Posted by:

"Abang Jakarta" budi170177

Mr. Kid 

Terimakasih atas pencerahannya

Arkan

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, August 11, 2013 8:32 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung Data dalam 1 bulan


 
Hai Arkan,

1. Tapi setelah data dimasukkan file excelnya bisa mencapai lebih dari 10 MB, apakah ada yang salah?
>> Jika datanya banyak, tanpa formula (selain sheet-sheet output seperti sheet summary), tidak ada baris kosong antar record data, sudah dipastikan bahwa last cell (CTRL G -> klik special -> pilih last cell) berada di baris terakhir record data di setiap cell, maka bisa dikatakan bahwa ukuran file tersebut sudah selayaknya sebanyak itu.
>> Jika komputasi excel juga turut melambat, maka penyusunan data berkaidah database dalam penggunaan Excel bisa membantu menjaga kecepatan komputasi Excel.

2. Dan bagaimana membuat rumusnya kalau pada sheet summary di masing-masing
tanggal tersebut jika jumlahnya kurang dari 3 maka akan berwarna merah.
>> hal ini sering disebut format berdasar suatu kondisi yang dalam bahasa londo inggeris nya berbunyi Conditional Formatting

>> jika data berisi angka 0 termasuk akan di beri warna merah, coba :

1. blok seluruh cell yang akan diberi warna berdasar kondisi nilai dalam cell kurang dari 3
2. ribbon Home -> grup Styles -> Conditional Formatting -> pilih Highlight cell rules -> pilih Less than -> textbox (sisi kiri) isi dengan 3 -> combobox (sisi kanan) pilih Custom Format -> atur format-nya misal tab Fill -> pilih warna merah -> OK sampai kembali ke worksheet

3. apakah rumus tersebut bisa digunakan di excel 2003?

>> Formula CountIF bisa digunakan di xl2003

>> Conditional formatting untuk less then tadi juga bisa digunakan pada Excel 2003. Bisa jadi warna formatnya akan disesuaikan dengan warna-warna pada xl2003 atau opsi stop if true nya (jika ada lebih dari satu conditional formatting per cell) akan dihilangkan karena belum ada di xl2003.

4. apakah ada tempat kursus khusu untuk excel ?

>> coba search di Internet saja.

Wassalam,

Kid.

2013/8/10 Abang Jakarta <abang_jakarta17@yahoo.com>


>Dear Master Excel  mohon pencerahannya,
>
>
>Saya mencoba membuat summary laporan dari tim patroli satpam dengan cara mengitung jumlah lokasi yang dikunjungi dalam 1 hari. Pada sheet SUMMARY Saya menghitungnya dengan masing masing lokasi ditandai dengan nomor seri, rumus yang saya gunakan adalah ROUND(COUNTIF(&#39;1'!$D$13:$D$2000;$B5)/2 + COUNTIF('1'!$K$6:$K$2000;$B5);0).
>
>
>Tapi setelah data dimasukkan file excelnya bisa mencapai lebih dari 10 MB, apakah ada yang salah?
>
>
>Dan bagaimana membuat rumusnya kalau pada sheet summary di masing-masing tanggal tersebut jika jumlahnya kurang dari 3 maka akan berwarna merah.
>
>
>apakah rumus tersebut bisa digunakan di excel 2003?
>
>
>apakah ada tempat kursus khusu untuk excel ?
>
>
>Terimakasih atas bantuannya.
>Arkan

Thu Aug 15, 2013 12:44 am (PDT) . Posted by:

"Tjahya Hartono" tjahyahartono



Dear Kawan2 Belajar Excel,

Boleh minta tolong, cara memberikan password pada excell bagaimana ya, sehingga ketika ada yang membuka filenya langsung tidak bisa dibuka.

terima kasih atas kesediaannya memberikan infonya.

Salam

Tjahya H

Thu Aug 15, 2013 12:52 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Tjahya,
Ketika kita "Save as" ada tombol "Tools" di bagian bawah.
Klik tombol tsb, kemudian klik General Option, isi Password (bila perlu centang kotak Read Only), kemudian klik OK.

Salam,
HK

________________________________
From: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 15 August 2013, 0:24
Subject: [belajar-excel] Cara Memberi Password pada Excel


 

Dear Kawan2 Belajar Excel,

Boleh minta tolong, cara memberikan password pada excell bagaimana ya, sehingga ketika ada yang membuka filenya langsung tidak bisa dibuka.

terima kasih atas kesediaannya memberikan infonya.

Salam

Tjahya H

Thu Aug 15, 2013 12:59 am (PDT) . Posted by:

"omn|vora" omnivora

Save as > Klik Tool (samping kiri tombol save) > pilih general option > isi password > ok > save

________________________________
Dari: Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 15 Agustus 2013 14:24
Judul: [belajar-excel] Cara Memberi Password pada Excel


 

Dear Kawan2 Belajar Excel,

Boleh minta tolong, cara memberikan password pada excell bagaimana ya, sehingga ketika ada yang membuka filenya langsung tidak bisa dibuka.

terima kasih atas kesediaannya memberikan infonya.

Salam

Tjahya H

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar