Selasa, 17 September 2013

[belajar-excel] Digest Number 2541

15 New Messages

Digest #2541
3a
Re: Vlookup otomatis via Macros by "jackie yunianto" tanfidzularus
3b
Re: Vlookup otomatis via Macros by "De Premor" de.premor
3c
Re: Vlookup otomatis via Macros by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4
Ngobrolin EVALUATE di-VBA yuk... by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5
Re: Vlookup otomatis via Macros [1 Attachment] by "jackie yunianto" tanfidzularus
7a
Panggil Data Tabel dari Ms.Access by "Ambo Upe" upe_anakogie
7b
Re: Panggil Data Tabel dari Ms.Access by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7c
Re: Panggil Data Tabel dari Ms.Access by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Messages

Tue Sep 17, 2013 5:01 am (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Budi;

File Terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: vxspidy@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 17, 2013 5:23 PM
Subject: [belajar-excel] Mengisi data dari sheet yang berbeda [1 Attachment]

Dear master,<br><br>mohon bantuannya agar dapat diselesaikan...<br>bingung ngejelasin permasalahannya.<br><br>jadi cuma bisa kasih file attachment nya aja.<br><br>thanx,<br><br>Budi

Tue Sep 17, 2013 8:40 am (PDT) . Posted by:

"Budi Setiawan" vxspidy

Dear master Bagus,

terima kasih atas bantuannya...
problem solved, ga kepikiran untuk pake sumproduct....
bermanfaat sekali...

thanx,
Budi

________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 17 September 2013 19:01
Judul: Re: [belajar-excel] Mengisi data dari sheet yang berbeda [1 Attachment]


 
Dear Budi;
 
File Terlampir semoga sesuai harapan
 
 
Wassalam
 
~ Bagus ~
 
----- Original Message -----
>From: vxspidy@yahoo.com
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Tuesday, September 17, 2013 5:23 PM
>Subject: [belajar-excel] Mengisi data dari sheet yang berbeda [1 Attachment]
>

>
>Dear master,<br><br>mohon bantuannya agar dapat
diselesaikan...<br>bingung ngejelasin
permasalahannya.<br><br>jadi cuma bisa kasih file attachment nya
aja.<br><br>thanx,<br><br>Budi
>
>

Tue Sep 17, 2013 5:45 am (PDT) . Posted by:

"ivan budiman" ivanstats

Selamat malam Para Suhu,
Saya ada sedikit kendala :
1. Tampilan
dan format awal sbb :
Pada cell yang di blok, yaitu cell yang berisi konten
beragam rajakarcis.com (N47), awalnya tidak ada format wrap (sebelumnya saya
sudah lakukan uncheck all utk format wrap nya.

2.Akan
tetapi ketika kita klik dua kali (masuk ke cell nya), maka format wrap nya
menjadi aktif
 

Gambar
setelah diklik 2 kali

Gambar
setelah di klik dua kali kemudian wrap text nya malah hidup

Kendalanya adalah, ketika saya copykan cell tersebut ke SPSS tampilannya menjadi berantakan sbb :

Dimana seharusnya ketika di copy paste ke SPSS, hanya 1 cell saja di baris 11, akan tetapi sepertinya karena masalah yang saya paparkan di atas, maka ketika di copy paste ke SPSS, dia muncul di 2 baris, dan ada tanda petik (") nya.
Ketika saya coba cell yang lain, saya klik dua kali, tidak berubah menjadi format wrap text dan saya coba copy paste ke SPSS, normal, tercopy hanya 1 baris sesuai dengan yang saya copy dari excel.

Mohon solusinya atas permasalahan ini.

Terima kasih

Salam,
Muhammad Ivan Budiman

Regards,
M I B

- thankfulness -

Tue Sep 17, 2013 5:52 am (PDT) . Posted by:

"ivan budiman" ivanstats

Maaf sepertinya gambarnya tidak muncul ya.
Saya attachment saja terlampir ya.
Terima kasih.

 
Regards,
M I B

- thankfulness -

________________________________
From: ivan budiman <ivanstats@yahoo.com>
To: belajar excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 17 September 2013, 19:45
Subject: Tanya Perihal cell kenapa berubah menjadi format wrap text


Selamat malam Para Suhu,
Saya ada sedikit kendala :
1. Tampilan
dan format awal sbb :
Pada cell yang di blok, yaitu cell yang berisi konten
beragam rajakarcis.com (N47), awalnya tidak ada format wrap (sebelumnya saya
sudah lakukan uncheck all utk format wrap nya.

2.Akan
tetapi ketika kita klik dua kali (masuk ke cell nya), maka format wrap nya
menjadi aktif
 

Gambar
setelah diklik 2 kali

Gambar
setelah di klik dua kali kemudian wrap text nya malah hidup

Kendalanya adalah, ketika saya copykan cell tersebut ke SPSS tampilannya menjadi berantakan sbb :

Dimana seharusnya ketika di copy paste ke SPSS, hanya 1 cell saja di baris 11, akan tetapi sepertinya karena masalah yang saya paparkan di atas, maka ketika di copy paste ke SPSS, dia muncul di 2 baris, dan ada tanda petik (") nya.
Ketika saya coba cell yang lain, saya klik dua kali, tidak berubah menjadi format wrap text dan saya coba copy paste ke SPSS, normal, tercopy hanya 1 baris sesuai dengan yang saya copy dari excel.

Mohon solusinya atas permasalahan ini.

Terima kasih

Salam,
Muhammad Ivan Budiman

Regards,
M I B

- thankfulness -

Tue Sep 17, 2013 12:00 pm (PDT) . Posted by:

ivanstats

Maaf sudah ada yang coba utk case dr saya blm ya?
Terima kasih
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: ivan budiman <ivanstats@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 17 Sep 2013 05:52:22
To: belajar excel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Re: Tanya Perihal cell kenapa berubah menjadi format wrap text [1 Attachment]

Maaf sepertinya gambarnya tidak muncul ya.
Saya attachment saja terlampir ya.
Terima kasih.



Regards,
M I B

- thankfulness -


________________________________
From: ivan budiman <ivanstats@yahoo.com>
To: belajar excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 17 September 2013, 19:45
Subject: Tanya Perihal cell kenapa berubah menjadi format wrap text



Selamat malam Para Suhu,
Saya ada sedikit kendala :
1. Tampilan
dan format awal sbb :
Pada cell yang di blok, yaitu cell yang berisi konten
beragam rajakarcis.com (N47), awalnya tidak ada format wrap (sebelumnya saya
sudah lakukan uncheck all utk format wrap nya.

2.Akan
tetapi ketika kita klik dua kali (masuk ke cell nya), maka format wrap nya
menjadi aktif



Gambar
setelah diklik 2 kali



Gambar
setelah di klik dua kali kemudian wrap text nya malah hidup



Kendalanya adalah, ketika saya copykan cell tersebut ke SPSS tampilannya menjadi berantakan sbb :


Dimana seharusnya ketika di copy paste ke SPSS, hanya 1 cell saja di baris 11, akan tetapi sepertinya karena masalah yang saya paparkan di atas, maka ketika di copy paste ke SPSS, dia muncul di 2 baris, dan ada tanda petik (") nya.
Ketika saya coba cell yang lain, saya klik dua kali, tidak berubah menjadi format wrap text dan saya coba copy paste ke SPSS, normal, tercopy hanya 1 baris sesuai dengan yang saya copy dari excel.

Mohon solusinya atas permasalahan ini.

Terima kasih

Salam,
Muhammad Ivan Budiman



Regards,
M I B

- thankfulness -

Tue Sep 17, 2013 2:00 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

*** Aduh... file attachment nya kebesaran. Posting berikutnya dijaga supaya
max 250 KB ya. Usahakan dengan berbagai cara deh. ***

Coba begini (ini kira-kira ya)
1. blok seluruh baris dari data-data yang bersikap ter-wrap tiap kali di
edit (barisnya ya)
2. ke ribbon Home -> grup Styles -> Cell Styles -> pilih item Normal
kalau masih bermasalah, saat masih terblok seluruh rownya,
3. klik kanan yang terblok -> pilih Row Height -> lalu tekan OK.
kalau masih bermasalah, bisa jadi karena ada karakter ASCII 10 dalam cell
4. blok data yang bermasalah -> CTRL H -> pada bagian find, tekan
keyboardnya begini :
tekan ALT terus menerus sambil pencet Numpad untuk angka 010 lalu tekan
Replace All
kalau angka 010 gak sukses, coba angka 013, 10, atau 13
5. kalau masih ndak bisa lagi, pakai formula =Clean( cellnya ) atau pakai
VBA untuk replace ascii 10 dan ascii 13 area used range

Wassalam,
Kid.

2013/9/17 ivan budiman <ivanstats@yahoo.com>

> **
>
>
> Maaf sepertinya gambarnya tidak muncul ya.
> Saya attachment saja terlampir ya.
> Terima kasih.
>
>
> Regards,
> M I B
>
> - thankfulness -
> ------------------------------
> *From:* ivan budiman <ivanstats@yahoo.com>
> *To:* belajar excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Tuesday, 17 September 2013, 19:45
> *Subject:* Tanya Perihal cell kenapa berubah menjadi format wrap text
>
> Selamat malam Para Suhu,
> Saya ada sedikit kendala :
>
> 1. Tampilan dan format awal sbb :
>
> Pada cell yang di blok, yaitu cell yang berisi konten beragam
> rajakarcis.com (N47), awalnya tidak ada format wrap (sebelumnya saya
> sudah lakukan uncheck all utk format wrap nya.
>
> 2. Akan tetapi ketika kita klik dua kali (masuk ke cell nya), maka format
> wrap nya menjadi aktif
>
>
> Gambar setelah diklik 2 kali
>
>
> Gambar setelah di klik dua kali kemudian wrap text nya malah hidup
>
>
> Kendalanya adalah, ketika saya copykan cell tersebut ke SPSS tampilannya
> menjadi berantakan sbb :
>
>
> Dimana seharusnya ketika di copy paste ke SPSS, hanya 1 cell saja di baris
> 11, akan tetapi sepertinya karena masalah yang saya paparkan di atas, maka
> ketika di copy paste ke SPSS, dia muncul di 2 baris, dan ada tanda petik
> (") nya.
> Ketika saya coba cell yang lain, saya klik dua kali, tidak berubah menjadi
> format wrap text dan saya coba copy paste ke SPSS, normal, tercopy hanya 1
> baris sesuai dengan yang saya copy dari excel.
>
> Mohon solusinya atas permasalahan ini.
>
> Terima kasih
>
> Salam,
> Muhammad Ivan Budiman
>
>
> Regards,
> M I B
>
> - thankfulness -
>
>
>
>

Tue Sep 17, 2013 7:20 am (PDT) . Posted by:

"jackie yunianto" tanfidzularus


Waduh thx banget udah ada yg ngerespon dari master2 excell dimilis ini,
Tapi jadi makin pusing master2, ane cuma mau secara otomatiis ngejalanin vlookup, dengan database beda sheet tanpa rumus vlookup terlihat di worksheet (kolom excell),
memang se rumit itu rumus nya ya ? Ada yg bisa bantu ngejelasin? Step by step ?

Ps: maap subjek nya ane ganti, soalya di omelin admn
Thx in advance

------------------------------
On Tue, Sep 17, 2013 06:43 ICT De Premor wrote:

>Maaf, semalem ujan deras di Kalteng, nga berani nyolokin laptop :D
>
>Fungsi Evaluate adalah untuk merubah sebuah nama diexcel menjadi sebuah object
>Contoh untuk mengambil nilai dari Cell A1, biasanya dipakai Range("A1"), hal tersebut bisa juga menggunakan fungsi Evaluate("A1") atau bisa *disingkat menjadi [A1] saja jika ingin mengambil**nilainya sebagai sebuah string*
>
>Kemudian untuk Rumus yang diberikan sebelumnya
>***Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")**
>*
>bisa diubah menjadi
>* [B2] = [**vlookup**(A1,Tabelku,2,0)]**
>*
>Contoh lain
>* Dim Data**
>** Data = [Tabelku]**
>** [J2].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
>**
>** Data = [J2:K5]**
>** [J7].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
>*
>
>Contoh Lagi
> Misal di Cell A3 kita mempunya sebuah string "*2+3+4+5*" tanpa tanda kutip dan ingin menjumlahkan, maka kita tidak bisa menggunakan tanda bracket pada formula karena data A3 akan diubah menjadi string olehnya
>* [B3] = [A3] /'Hasilnya tetap String/
> [C3] = Evaluate(Range("A3").Value) /'Hasilnya 14/
>*
>Evaluate bisa juga digunakan di worksheet, tetapi hanya bisa di NameManager
> Misal tambahkan sebuah Name *ELOOKUP *yang isinya merujuk kepada =*Evaluate("VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
>*Tambahkan juga Name bernama *Hitung *yang isinya merujuk kepada *=E**valuate("A3")*atau bisa digabung dgn Indirect atau yg lain*
>**
>***
>Pada 16/09/2013 19:31, sony.ario1@gmail.com menulis:
>>
>> Ada yang menarik perhatian saya pak :).. Bisa bantu jelaskan untuk fungsi Evaluate tersebut ?
>>
>> Terima kasih sebelumnya.
>>
>> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>> ----------------------------------------------------------
>> *From: * De Premor <de@premor.net>
>> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Date: *Mon, 16 Sep 2013 18:39:39 +0700
>> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Subject: *Re: [belajar-excel] Tanya Vlookup Macros
>>
>> Misal kata kuncinya ada di Cell A1, dan hasil vlookup mau ditampilkan di Cell B1 serta data Lookup nya ada pada tabel yang bernama "Tabelku" maka vode VBA nya sbb:
>>
>> Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
>>
>> [dp]
>>
>> On 16-09-2013 16:53, jackie yunianto wrote:
>>
>>
>> dear All,
>> Mohon bantuannya
>> Saya bermaksud menjalankan fungsi vlookup secara otomatis melalui macro,
>> Bagaimana cara menuliskan Vlook up tersebut, tanpa rumusnya muncul di kolom excell
>>
>> Thx,
>> Regards - Jackie-
>>
>>
>>
>

Tue Sep 17, 2013 7:44 am (PDT) . Posted by:

"De Premor" de.premor

PFA

Pada 17/09/2013 21:17, jackie yunianto menulis:
>
>
> Waduh thx banget udah ada yg ngerespon dari master2 excell dimilis ini,
> Tapi jadi makin pusing master2, ane cuma mau secara otomatiis
> ngejalanin vlookup, dengan database beda sheet tanpa rumus vlookup
> terlihat di worksheet (kolom excell),
> memang se rumit itu rumus nya ya ? Ada yg bisa bantu ngejelasin? Step
> by step ?
>
> Ps: maap subjek nya ane ganti, soalya di omelin admn
> Thx in advance
>
> ------------------------------
> On Tue, Sep 17, 2013 06:43 ICT De Premor wrote:
>
> >Maaf, semalem ujan deras di Kalteng, nga berani nyolokin laptop :D
> >
> >Fungsi Evaluate adalah untuk merubah sebuah nama diexcel menjadi
> sebuah object
> >Contoh untuk mengambil nilai dari Cell A1, biasanya dipakai
> Range("A1"), hal tersebut bisa juga menggunakan fungsi Evaluate("A1")
> atau bisa *disingkat menjadi [A1] saja jika ingin mengambil**nilainya
> sebagai sebuah string*
> >
> >Kemudian untuk Rumus yang diberikan sebelumnya
> >***Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")**
> >*
> >bisa diubah menjadi
> >* [B2] = [**vlookup**(A1,Tabelku,2,0)]**
> >*
> >Contoh lain
> >* Dim Data**
> >** Data = [Tabelku]**
> >** [J2].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
> >**
> >** Data = [J2:K5]**
> >** [J7].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
> >*
> >
> >Contoh Lagi
> > Misal di Cell A3 kita mempunya sebuah string "*2+3+4+5*" tanpa tanda
> kutip dan ingin menjumlahkan, maka kita tidak bisa menggunakan tanda
> bracket pada formula karena data A3 akan diubah menjadi string olehnya
> >* [B3] = [A3] /'Hasilnya tetap String/
> > [C3] = Evaluate(Range("A3").Value) /'Hasilnya 14/
> >*
> >Evaluate bisa juga digunakan di worksheet, tetapi hanya bisa di
> NameManager
> > Misal tambahkan sebuah Name *ELOOKUP *yang isinya merujuk kepada
> =*Evaluate("VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
> >*Tambahkan juga Name bernama *Hitung *yang isinya merujuk kepada
> *=E**valuate("A3")*atau bisa digabung dgn Indirect atau yg lain*
> >**
> >***
> >Pada 16/09/2013 19:31, sony.ario1@gmail.com menulis:
> >>
> >> Ada yang menarik perhatian saya pak :).. Bisa bantu jelaskan untuk
> fungsi Evaluate tersebut ?
> >>
> >> Terima kasih sebelumnya.
> >>
> >> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> >> ----------------------------------------------------------
> >> *From: * De Premor <de@premor.net>
> >> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> >> *Date: *Mon, 16 Sep 2013 18:39:39 +0700
> >> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> >> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> >> *Subject: *Re: [belajar-excel] Tanya Vlookup Macros
> >>
> >> Misal kata kuncinya ada di Cell A1, dan hasil vlookup mau
> ditampilkan di Cell B1 serta data Lookup nya ada pada tabel yang
> bernama "Tabelku" maka vode VBA nya sbb:
> >>
> >> Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
> >>
> >> [dp]
> >>
> >> On 16-09-2013 16:53, jackie yunianto wrote:
> >>
> >>
> >> dear All,
> >> Mohon bantuannya
> >> Saya bermaksud menjalankan fungsi vlookup secara otomatis melalui
> macro,
> >> Bagaimana cara menuliskan Vlook up tersebut, tanpa rumusnya muncul
> di kolom excell
> >>
> >> Thx,
> >> Regards - Jackie-
> >>
> >>
> >>
> >
>
>

Tue Sep 17, 2013 8:21 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Secara otomatis tanpa terlihat rumus vlookupnya bisa ditempuh dengan 2 alternatif:
- Formula di hidden, kemudian Sheet diprotect (bagian yang akan diubah harus diunlocked dan formula dihidden sebelum sheet diprotect)
- Dengan Macro sesuai subject, pakai Evaluate("=Vlookup(   )")

File dan penjelasan terlampir.

Salam,
HK

________________________________
From: jackie yunianto <tanfidzularus@yahoo.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 17 September 2013, 21:17
Subject: Re: [belajar-excel] Vlookup otomatis via Macros


 

Waduh thx banget udah ada yg ngerespon dari master2 excell dimilis ini,
Tapi jadi makin pusing master2, ane cuma mau secara otomatiis ngejalanin vlookup, dengan database beda sheet tanpa rumus vlookup terlihat di worksheet (kolom excell), memang se rumit itu rumus nya ya ? Ada yg bisa bantu ngejelasin? Step by step ?

Ps: maap subjek nya ane ganti, soalya di omelin admn
Thx in advance

------------------------------
On Tue, Sep 17, 2013 06:43 ICT De Premor wrote:

>Maaf, semalem ujan deras di Kalteng, nga berani nyolokin laptop :D
>
>Fungsi Evaluate adalah untuk merubah sebuah nama diexcel menjadi sebuah object
>Contoh untuk mengambil nilai dari Cell A1, biasanya dipakai Range("A1"), hal tersebut bisa juga menggunakan fungsi Evaluate("A1") atau bisa *disingkat menjadi [A1] saja jika ingin mengambil**nilainya sebagai sebuah string*
>
>Kemudian untuk Rumus yang diberikan sebelumnya
>***Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")**
>*
>bisa diubah menjadi
>* [B2] = [**vlookup**(A1,Tabelku,2,0)]**
>*
>Contoh lain
>* Dim Data**
>** Data = [Tabelku]**
>** [J2].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
>**
>** Data = [J2:K5]**
>** [J7].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
>*
>
>Contoh Lagi
> Misal di Cell A3 kita mempunya sebuah string "*2+3+4+5*" tanpa tanda kutip dan ingin menjumlahkan, maka kita tidak bisa menggunakan tanda bracket pada formula karena data A3 akan diubah menjadi string olehnya
>* [B3] = [A3] /'Hasilnya tetap String/
> [C3] = Evaluate(Range("A3").Value) /'Hasilnya 14/
>*
>Evaluate bisa juga digunakan di worksheet, tetapi hanya bisa di NameManager
> Misal tambahkan sebuah Name *ELOOKUP *yang isinya merujuk kepada =*Evaluate("VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
>*Tambahkan juga Name bernama *Hitung *yang isinya merujuk kepada *=E**valuate("A3")*atau bisa digabung dgn Indirect atau yg lain*
>**
>***
>Pada 16/09/2013 19:31, sony.ario1@gmail.com menulis:
>>
>> Ada yang menarik perhatian saya pak :).. Bisa bantu jelaskan untuk fungsi Evaluate tersebut ?
>>
>> Terima kasih sebelumnya.
>>
>> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>> ----------------------------------------------------------
>> *From: * De Premor <de@premor.net>
>> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Date: *Mon, 16 Sep 2013 18:39:39 +0700
>> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Subject: *Re: [belajar-excel] Tanya Vlookup Macros
>>
>> Misal kata kuncinya ada di Cell A1, dan hasil vlookup mau ditampilkan di Cell B1 serta data Lookup nya ada pada tabel yang bernama "Tabelku" maka vode VBA nya sbb:
>>
>> Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
>>
>> [dp]
>>
>> On 16-09-2013 16:53, jackie yunianto wrote:
>>
>>
>> dear All,
>> Mohon bantuannya
>> Saya bermaksud menjalankan fungsi vlookup secara otomatis melalui macro,
>> Bagaimana cara menuliskan Vlook up tersebut, tanpa rumusnya muncul di kolom excell
>>
>> Thx,
>> Regards - Jackie-
>>
>>
>>
>

Tue Sep 17, 2013 1:21 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

di topik tentang : *Tanya Vlookup Macros*
ada pembahasan tentang Evaluate.

dongengannya diletakkan di blog milis
disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/09/ngobrolin-evaluate-di-vba-yuk.html>
.

Wassalam,
Kid.

2013/9/17 De Premor <de@premor.net>

Maaf, semalem ujan deras di Kalteng, nga berani nyolokin laptop :D

Fungsi Evaluate adalah untuk merubah sebuah nama diexcel menjadi sebuah
object
Contoh untuk mengambil nilai dari Cell A1, biasanya dipakai Range("A1"),
hal tersebut bisa juga menggunakan fungsi Evaluate("A1") atau bisa *disingkat
menjadi [A1] saja jika ingin mengambil** nilainya sebagai sebuah string*

Kemudian untuk Rumus yang diberikan sebelumnya
* **Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")**
*
bisa diubah menjadi
* [B2] = [**vlookup**(A1,Tabelku,2,0)]**
*
Contoh lain
* Dim Data**
** Data = [Tabelku]**
** [J2].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
**
** Data = [J2:K5]**
** [J7].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
*

Contoh Lagi
Misal di Cell A3 kita mempunya sebuah string "*2+3+4+5*" tanpa tanda
kutip dan ingin menjumlahkan, maka kita tidak bisa menggunakan tanda
bracket pada formula karena data A3 akan diubah menjadi string olehnya
* [B3] = [A3] 'Hasilnya tetap String
[C3] = Evaluate(Range("A3").Value) 'Hasilnya 14
*
Evaluate bisa juga digunakan di worksheet, tetapi hanya bisa di NameManager
Misal tambahkan sebuah Name *ELOOKUP *yang isinya merujuk kepada =*
Evaluate("VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
* Tambahkan juga Name bernama *Hitung *yang isinya merujuk kepada *=E**
valuate("A3") *atau bisa digabung dgn Indirect atau yg lain*
*

>

Tue Sep 17, 2013 3:04 pm (PDT) . Posted by:

"jackie yunianto" tanfidzularus


wow, respon nya cepet banget,

Maap om premor, melihat Attachmentnya yg xlsm, apakah ini berarti tidak dimungkinkan macro nya dibuat hanya dalam format xls biasa?
Tp thk u berat udah dibantu

------------------------------
On Tue, Sep 17, 2013 21:44 ICT De Premor wrote:

>PFA
>
>Pada 17/09/2013 21:17, jackie yunianto menulis:
>>
>>
>> Waduh thx banget udah ada yg ngerespon dari master2 excell dimilis ini,
>> Tapi jadi makin pusing master2, ane cuma mau secara otomatiis ngejalanin vlookup, dengan database beda sheet tanpa rumus vlookup terlihat di worksheet (kolom excell),
>> memang se rumit itu rumus nya ya ? Ada yg bisa bantu ngejelasin? Step by step ?
>>
>> Ps: maap subjek nya ane ganti, soalya di omelin admn
>> Thx in advance
>>
>> ------------------------------
>> On Tue, Sep 17, 2013 06:43 ICT De Premor wrote:
>>
>> >Maaf, semalem ujan deras di Kalteng, nga berani nyolokin laptop :D
>> >
>> >Fungsi Evaluate adalah untuk merubah sebuah nama diexcel menjadi sebuah object
>> >Contoh untuk mengambil nilai dari Cell A1, biasanya dipakai Range("A1"), hal tersebut bisa juga menggunakan fungsi Evaluate("A1") atau bisa *disingkat menjadi [A1] saja jika ingin mengambil**nilainya sebagai sebuah string*
>> >
>> >Kemudian untuk Rumus yang diberikan sebelumnya
>> >***Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")**
>> >*
>> >bisa diubah menjadi
>> >* [B2] = [**vlookup**(A1,Tabelku,2,0)]**
>> >*
>> >Contoh lain
>> >* Dim Data**
>> >** Data = [Tabelku]**
>> >** [J2].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
>> >**
>> >** Data = [J2:K5]**
>> >** [J7].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
>> >*
>> >
>> >Contoh Lagi
>> > Misal di Cell A3 kita mempunya sebuah string "*2+3+4+5*" tanpa tanda kutip dan ingin menjumlahkan, maka kita tidak bisa menggunakan tanda bracket pada formula karena data A3 akan diubah menjadi string olehnya
>> >* [B3] = [A3] /'Hasilnya tetap String/
>> > [C3] = Evaluate(Range("A3").Value) /'Hasilnya 14/
>> >*
>> >Evaluate bisa juga digunakan di worksheet, tetapi hanya bisa di NameManager
>> > Misal tambahkan sebuah Name *ELOOKUP *yang isinya merujuk kepada =*Evaluate("VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
>> >*Tambahkan juga Name bernama *Hitung *yang isinya merujuk kepada *=E**valuate("A3")*atau bisa digabung dgn Indirect atau yg lain*
>> >**
>> >***
>> >Pada 16/09/2013 19:31, sony.ario1@gmail.com menulis:
>> >
>> > Ada yang menarik perhatian saya pak :).. Bisa bantu jelaskan untuk fungsi Evaluate tersebut ?
>> >
>> > Terima kasih sebelumnya.
>> >
>> > Powered by Telkomsel BlackBerry®
>> > ----------------------------------------------------------
>> > *From: * De Premor <de@premor.net>
>> > *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
>> > *Date: *Mon, 16 Sep 2013 18:39:39 +0700
>> > *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
>> > *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
>> > *Subject: *Re: [belajar-excel] Tanya Vlookup Macros
>> >
>> > Misal kata kuncinya ada di Cell A1, dan hasil vlookup mau ditampilkan di Cell B1 serta data Lookup nya ada pada tabel yang bernama "Tabelku" maka vode VBA nya sbb:
>> >
>> > Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
>> >
>> > [dp]
>> >
>> > On 16-09-2013 16:53, jackie yunianto wrote:
>> >
>> >
>> > dear All,
>> > Mohon bantuannya
>> > Saya bermaksud menjalankan fungsi vlookup secara otomatis melalui macro,
>> > Bagaimana cara menuliskan Vlook up tersebut, tanpa rumusnya muncul di kolom excell
>> >
>> > Thx,
>> > Regards - Jackie-
>> >
>> >
>> >
>> >
>>
>>
>

Tue Sep 17, 2013 4:50 pm (PDT) . Posted by:

"Tjahya Hartono" tjahyahartono

Woooooooowwww, I'm so amaze.

Thank u pak Bagus.Sesuai harapan sekaliiii.

Hormat,

Tjahya H

________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 17 September 2013 13:37
Judul: Re: [belajar-excel] Re-Memindahkan data: (Q):Bagaimana bila option dalam filteringnya bertambah? [1 Attachment]


 
Pak Tjahya;
 
File terlampir adalah modifikasi dari file yg sudah
ada.
Sila pilih gurunya pada cell J7
 
Semoga sesuai harapan
 
 
 
Wassalam
 
~ Bagus ~
 
----- Original Message -----
>From: Tjahya Hartono
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Tuesday, September 17, 2013 10:06 AM
>Subject: [belajar-excel] Re-Memindahkan data: (Q):Bagaimana bila option dalam filteringnya bertambah? [1 Attachment]
>

>
>
>Salam Mr Kid,
>
>
>
>
>
>Saya kembali mau menanyakan perihal topik Memindahkan Data yg saya posting kemarin, sebenarnya sih saya sudah sangat puas dengan hasilnya.
>Tetapi saya lupa bahwa dalam fatktanya datanya lebih banyak  (sekarang aja udah sampe 3800-an row nya ) dan variatif (disebabkan data berganti bulan dan yang saya tanyakan kali ini guru yang bertambah/lebih dari satu).
>
>
>Mungkin yang jadi pertanyaan saya kali ini: Didalam tabel saya, saya tdk menyediakan columns untuk guru, karena laporan saya buat per sheet untuk masing-masing gurunya, menurut Mr Kid apa perlu saya mencantumkannya pada tiap2 laporan. Karena saya kesulitan dalam mengaplikasikan filteringnya dengan jumlah guru yang lebih dari 1. Sebagai bahannya saya sertakan yang file MR KID sudah selesaikan.
>
>
>
>
>Hormat saya,
>
>
>
>
>Tjahya H
>
>
>
>
>
>

Tue Sep 17, 2013 5:11 pm (PDT) . Posted by:

"Ambo Upe" upe_anakogie

Salam,

Mohon bantuannya bagaimana ya cara memanggil Data Tabel dari Ms.Access untuk di masukkan kedalam sheet Ms.Excel.

Terima kasih

Ambo Upe
Weblog  : http://diaracommunity.blogspot.com

Tue Sep 17, 2013 5:15 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ambo Upe,

Biasanya memanfaatkan fitur Get External Data (xl2007 ke atas) atau Import
Data (xl2003).
Coba jalan-jalan untuk cari-cari coretan tentang Get External Data
disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
.

Wassalam,
Kid.

2013/9/18 Ambo Upe <upe_anakogie@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Salam,
>
> Mohon bantuannya bagaimana ya cara memanggil Data Tabel dari Ms.Access
> untuk di masukkan kedalam sheet Ms.Excel.
>
> Terima kasih
>
> *Ambo Upe**
> *Weblog : http://diaracommunity.blogspot.com
>
>
>

Tue Sep 17, 2013 5:26 pm (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Pak Ambo
Kalo pakai excel > 2007:

A. Memilih Tabel
1. Pilih menu [Data]
2. pada group [Get External Data], pilih [From Access]
3. Pilih file access kemudian pilih datanya.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Ambo Upe
Sent: Wednesday, September 18, 2013 6:59 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Panggil Data Tabel dari Ms.Access

 
Salam,

Mohon bantuannya bagaimana ya cara memanggil Data Tabel dari Ms.Access untuk
di masukkan kedalam sheet Ms.Excel.

Terima kasih

Ambo Upe
Weblog  : http://diaracommunity.blogspot.com

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar