Senin, 07 Juli 2014

[belajar-excel] Digest Number 2999

13 Messages

Digest #2999
4a
salam kenal dan sekaligus tanya validation data by "Luthfi Arifianto" luthfi_arifianto@ymail.com
4b
Re: salam kenal dan sekaligus tanya validation data by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
5a
Update rumus di excel by "Ferry Alexander"
5b
5c
Re: Update rumus di excel by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
6a
Menghilangkan 2 huruf di belakang by "Liem Suliem" liemsuliem

Messages

Sun Jul 6, 2014 1:07 pm (PDT) . Posted by:

"parlin regar"

Dear all

Mohon bantuanya atas kendala yg saya temui,
Sampai sekarang saya belum menemukan formula untuk penomoran/no urut
data kembar, nomor data kembar diurutkan berdasarkan tanggal, mohon
bantuanya.
Terimakasih
--
regards
Parlin

Sun Jul 6, 2014 1:07 pm (PDT) . Posted by:

"fathir ali"

Allhamdulillah berhasil mr kid sy pake yg ini
Public Sub pasangformula()
Dim rngdata As Range
Dim rngTarget As Range
Dim Irecords As Long
Set rngdata = Sheets("txt kelas 3").Cells(1, 1).CurrentRegion
Irecords = rngdata.Rows.Count - 1
Set rngTarget = rngdata.Resize(Irecords, 1).Offset(1, 103)
rngTarget.Formula = "=VLOOKUP($CS2,data!$A$2:$B$100,2,FALSE)"
end sub

untuk formula yg di pasang di range masih sy pelajarin masih blom paham

Pada 5 Juli 2014 22.21, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Untuk cara memasang formula menggunakan VBA, sila jalan-jalan ke sini
> <http://b-excel.blogspot.com/2013/11/belajarvba-012-formula.html>.
> Untuk bisa menentukan area range yang dibutuhkan (misal yang akan
> dipasangi formula), maka harus memahami tentang cara merujuk suatu range
> dengan VBA. Hal ini bisa dilihat mulai dari sini
> <http://b-excel.blogspot.com/2013/09/belajarvba-011-range-01-berdasar-alamat.html>
> sampai sini
> <http://b-excel.blogspot.com/2013/09/belajarvba-011-range-06-range-ke-range.html>
> .
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-07-05 14:32 GMT+07:00 fathir ali payripayali@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Assalamualaikum dear master mr kid dan master hendrik k serta master yg
>> lainnya mohon pencerahannya tentang vlookup saya ada formula
>> VLOOKUP(a2;&#39;data&#39;!$A$2:$B$100;2;FALSE) terus saya coba pake macro
>> scriptnya ActiveCell.FormulaR1C1 =
>> "=VLOOKUP(RC[-1],data!R2C1:R100C2,2,FALSE)"
>> Range("B2").Select
>>
>>
>> Selection.AutoFill Destination:=Range("B2:b77"), Type:=xlFillDefault
>> Range("B2:B77").Select
>> masalahnya data nya kan nga selalu 77 jumlahnya bisa nga hasilnya sesuai
>> dengan data yg ada di kolom a2 file terlampir
>>
>>
>
>

Sun Jul 6, 2014 1:08 pm (PDT) . Posted by:

adhy_chemistry

Assalamu alaikum wr. wb


mohon bantuan saran, petunjuk dan sebagainya.



Saya memiliki tugas membuat sebuah macro untuk menghitung, berikut gambaran sederhananya.


Terdapat data dengan variabel X, Y dan Z. data tersebut kemudian akan diplot dalam grafik hingga menghasilkan suatu bangun 3 dimensi (dalam hal ini saya misalkan sebuah bola) dari "bola" tersebut kemudian akan diperoleh batas (kulit bola), batas inilah yang menjadi logika utama dari macro yang akan saya buat. macro akan digunakan oleh user dengan memasukkan angka pada kolom sebagai variabel X dan Y.
selanjutnya macro tersebut akan menghasilkan nilai Z, Nilai Z diperoleh berdasarkan logika utama (bola) yang apabila nilai X dan Y input berada di dalam bangun 3 dimensi bola, maka akan menghasilkan nilai. sedangkan apabila nilai X dan Y input berada di luar bangun 3 Dimensi, maka tidak akan menghasilkan nilai Pengetahuan saya mengenai beberapa hal pada kasus ini masih sangat minim, antara lain:
mampukah excel untuk memproses data 3 D? memperoleh batas bangun 3D? adakah program2 penunjang untuk membangun konsep macro yang saya inginkan di atas? Demikian.


Terima Kasih
Wassalamu Alaikum wr. wb


Ashadi

Sun Jul 6, 2014 11:55 pm (PDT) . Posted by:

"Luthfi Arifianto" luthfi_arifianto@ymail.com

Terimakasih pada moderator dan Owner yg sudah ijinkan saya gabung di mailist ini. Ijinkan saya menimba ilmu per-excel-an disini.

Perkenalkan saya:

Nama: Luthfi Arifianto
Pekerjaan: Saat ini saya sebagai mahasiswa dan pekerja swasta juga

langsung juga saya ingin bertanya ttg validation data,
saya sudah membuat beberapa cell menggunakan validation data, saya coba isi diluar list yang saya buat bisa menampilak error.
namun, saat saya coba co-pas dari sembarang isian, tidak ada error yg di tunjukan, adakah caranya agar input pada cell yg sudah saya beri validation data tadi tidak bisa menerima inputan co-pas yang tidak sesuai dengan list di validation data?

mohon maaf sebelumnya kalo sudah pernah di bahas.

terimakasih,...

LUTHFI ARIFIANTO

Mon Jul 7, 2014 12:02 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Luthfi.
Coba lampirkan dummy filenya.

Salam.
HK

On Monday, 7 July 2014, 13:55, "Luthfi Arifianto luthfi_arifianto@ymail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


 
Terimakasih pada moderator dan Owner yg sudah ijinkan saya gabung di mailist ini. Ijinkan saya menimba ilmu per-excel-an disini.

Perkenalkan saya:

Nama: Luthfi Arifianto
Pekerjaan: Saat ini saya sebagai mahasiswa dan pekerja swasta juga

langsung juga saya ingin bertanya ttg validation data,
saya sudah membuat beberapa cell menggunakan validation data, saya coba isi diluar list yang saya buat bisa menampilak error.
namun, saat saya coba co-pas dari sembarang isian, tidak ada error yg di tunjukan, adakah caranya agar input pada cell yg sudah saya beri validation data tadi tidak bisa menerima inputan co-pas yang tidak sesuai dengan list di validation data?

mohon maaf sebelumnya kalo sudah pernah di bahas.

terimakasih,...

LUTHFI ARIFIANTO

Mon Jul 7, 2014 12:26 am (PDT) . Posted by:

"Nang Agus" nangagoez

Dear Luthfi,

Setahu saya tidak bisa!
Jadi validation data dapat ditembus dengan copy paste, apabila mau, copy paste dapat dimatikan melalui VBA, (sudah pernah dibahas, Mas Prazt di wonosobo)
salam
NangAgus

Pada Senin, 7 Juli 2014 14:02, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Hai Luthfi.
Coba lampirkan dummy filenya.

Salam.
HK

On Monday, 7 July 2014, 13:55, "Luthfi Arifianto luthfi_arifianto@ymail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


 
Terimakasih pada moderator dan Owner yg sudah ijinkan saya gabung di mailist ini. Ijinkan saya menimba ilmu per-excel-an disini.

Perkenalkan saya:

Nama: Luthfi Arifianto
Pekerjaan: Saat ini saya sebagai mahasiswa dan pekerja swasta juga

langsung juga saya ingin bertanya ttg validation data,
saya sudah membuat beberapa cell menggunakan validation data, saya coba isi diluar list yang saya buat bisa menampilak error.
namun, saat saya coba co-pas dari sembarang isian, tidak ada error yg di tunjukan, adakah caranya agar input pada cell yg sudah saya beri validation data tadi tidak bisa menerima inputan co-pas yang tidak sesuai dengan list di validation data?

mohon maaf sebelumnya kalo sudah pernah di bahas.

terimakasih,...

LUTHFI ARIFIANTO

Mon Jul 7, 2014 12:55 am (PDT) . Posted by:

"Ferry Alexander"

Dear Bexceler,

saya ada kasus seperti ini, ada sebuah file dengan macam2 rumus seperti countif, VLOOKUP, SUMIF, dan saya mendapati ada di beberapa cell rumus yang ada di cell tersebut tidak update padahal data di sheet yang lain yang digunakan untuk cell tersebut  sudah di update.
contoh mislanya sheet 1, cell B105, data sudah di update, dan data di sheet 2 cell D105 dengan rumus vlookup, ternyata data di sheet 2 cell D105 tadi tidak terupdate datanya.
Adakah perintah untuk bisa mengupdate semua data dalam 1 sheet secara langsung dan adakah rumus atau cara agar kita bisa tahu bahwa ada cell yang tidak terupdate secara otomatis?

mohon bantuannya.

terima kasih

Rgds,
Alexander

Mon Jul 7, 2014 1:03 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Ferry,

coba aktifkan fitur automatic calculation melalui Option >> Formulas >>
​beri tanda pada Automatic pada Workbook Calculation

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 7 Juli 2014 14.30, Ferry Alexander ferry_hr@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Dear Bexceler,
>
> saya ada kasus seperti ini, ada sebuah file dengan macam2 rumus seperti
> countif, VLOOKUP, SUMIF, dan saya mendapati ada di beberapa cell rumus yang
> ada di cell tersebut tidak update padahal data di sheet yang lain yang
> digunakan untuk cell tersebut sudah di update.
> contoh mislanya sheet 1, cell B105, data sudah di update, dan data di
> sheet 2 cell D105 dengan rumus vlookup, ternyata data di sheet 2 cell D105
> tadi tidak terupdate datanya.
> Adakah perintah untuk bisa mengupdate semua data dalam 1 sheet secara
> langsung dan adakah rumus atau cara agar kita bisa tahu bahwa ada cell yang
> tidak terupdate secara otomatis?
>
> mohon bantuannya.
>
> terima kasih
>
> Rgds,
> Alexander
>
> .
>
>
>

Mon Jul 7, 2014 1:10 am (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

apakah workbook calculation sudah diset : Automatic?

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Monday, July 07, 2014 2:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Update rumus di excel

Dear Bexceler,

saya ada kasus seperti ini, ada sebuah file dengan macam2 rumus seperti countif, VLOOKUP, SUMIF, dan saya mendapati ada di beberapa cell rumus yang ada di cell tersebut tidak update padahal data di sheet yang lain yang digunakan untuk cell tersebut sudah di update.

contoh mislanya sheet 1, cell B105, data sudah di update, dan data di sheet 2 cell D105 dengan rumus vlookup, ternyata data di sheet 2 cell D105 tadi tidak terupdate datanya.

Adakah perintah untuk bisa mengupdate semua data dalam 1 sheet secara langsung dan adakah rumus atau cara agar kita bisa tahu bahwa ada cell yang tidak terupdate secara otomatis?

mohon bantuannya.

terima kasih

Rgds,

Alexander

Mon Jul 7, 2014 1:35 am (PDT) . Posted by:

"Ferry Alexander"

Dear Miss Jan,
dari awal sudah aktif utk automatic calculationnya.

rgds,
Alexander

Pada Senin, 7 Juli 2014 15:18, "Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Hai Ferry,
 
coba aktifkan fitur automatic calculation melalui Option >> Formulas >> ​beri tanda pada Automatic pada Workbook Calculation
 
Wassalam,
 
-Miss Jan Raisin-

Pada 7 Juli 2014 14.30, Ferry Alexander ferry_hr@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


>Dear Bexceler,
>
>
>saya ada kasus seperti ini, ada sebuah file dengan macam2 rumus seperti countif, VLOOKUP, SUMIF, dan saya mendapati ada di beberapa cell rumus yang ada di cell tersebut tidak update padahal data di sheet yang lain yang digunakan untuk cell tersebut  sudah di update.
>contoh mislanya sheet 1, cell B105, data sudah di update, dan data di sheet 2 cell D105 dengan rumus vlookup, ternyata data di sheet 2 cell D105 tadi tidak terupdate datanya.
>Adakah perintah untuk bisa mengupdate semua data dalam 1 sheet secara langsung dan adakah rumus atau cara agar kita bisa tahu bahwa ada cell yang tidak terupdate secara otomatis?
>
>
>mohon bantuannya.
>
>
>terima kasih
>
>
>Rgds,
>Alexander  
>.
>

Mon Jul 7, 2014 1:17 am (PDT) . Posted by:

"Liem Suliem" liemsuliem

salam be exceler

selamat sore dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan

begini master..
saya puya data yang mau saya hilangkan 2 huruf di belakangnya untuk keprluan kriteria sumif
sudah coba pakai fasilitas excel tex to column blum  berhasil. yang mau di hilangkan tulisan
P1,P2 DAN P3

file terlampir
salam
liem

Mon Jul 7, 2014 1:29 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Liem,

coba gunakan fungsi Left

=Left ( alamat_celnya , Len (​ alamat_celnya ) - 2 )

bahasa manusianya adalah, ambil text dari alamat_celnya sebanyak n karakter
n karakter adalah panjang text dihitung menggunakan fungsi Len lalu
dikurangi 2

jika ada spasi setelah pemotongan karakter, dapat dihilangkan dengan
menggunakan fungsi Trim
sehingga formula akhirnya adalah =Trim( Left ( alamat_celnya , Len (
alamat_celnya ) - 2 ) )

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 7 Juli 2014 14.40, Liem Suliem liemsuliem@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> salam be exceler
>
> selamat sore dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan
>
> begini master..
> saya puya data yang mau saya hilangkan 2 huruf di belakangnya untuk
> keprluan kriteria sumif
> sudah coba pakai fasilitas excel tex to column blum berhasil. yang mau di
> hilangkan tulisan
> P1,P2 DAN P3
>
> file terlampir
> salam
> liem
>
>

Mon Jul 7, 2014 1:46 am (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Liem;

Coba begini:
=TRIM(MID(A2,1,LEN(A2)-3))
Copas kebawah

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Liem Suliem liemsuliem@yahoo.co.id [belajar-excel]
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 07, 2014 2:40 PM
Subject: [belajar-excel] Menghilangkan 2 huruf di belakang [1 Attachment]

salam be exceler

selamat sore dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan

begini master..
saya puya data yang mau saya hilangkan 2 huruf di belakangnya untuk keprluan kriteria sumif
sudah coba pakai fasilitas excel tex to column blum berhasil. yang mau di hilangkan tulisan
P1,P2 DAN P3

file terlampir
salam
liem

=====================================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html

Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar