Rabu, 27 Agustus 2014

[belajar-excel] Digest Number 3055

2 Messages

Digest #3055

Messages

Wed Aug 27, 2014 2:07 am (PDT) . Posted by:

"Dody Irawan"

Terimakasih Idenya sangat membantu, maklum masih sangat pemula, tapi akan
saya coba, dan kalo gak ketemu saya tenang karena banyak yang membantu saya
belajar disini.

terimakasih.

Pada 27 Agustus 2014 09.53, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>

>
> Hai Dody,
>
> Apakah tidak akan ada output yang menampilkan seluruh warna varietas ?
> Misal yang umurnya sekian sampai sekiun mana saja sih, n ada berapa record ?
>
> Jika ada, apa ndak sebaiknya datanya dikumpulkan jadi 1 sheet saja,
> kemudian ditambah sebuah kolom berjudul Varietas (isinya data bunyi Hitam,
> Merah, dsb). Bila perlu dibuat sebuah kolom baru lagi untuk Tgl Input
> (berisi tanggal dan waktu si data di scanner). Atau malah sekalian ID
> pelaku scanner di sebuah kolom baru lagi.
>
> Siapa tahu ide ini ada manfaatnya.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-08-19 10:41 GMT+10:00 Dody Irawan dodyirawan84@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Tolong bantuannya mas, untuk macro tombol save ke beberapa sheet yang
>> berbeda.
>>
>> pada sheet C2 nantinya data akan diambil melalui barcode, misalnya Hitam,
>> merah, Hijau, Kuning dsb.
>>
>> Pada Tabel yang di sheet Form itu sebagai View dari Sheet yang lain yang
>> di panggil dari sel C2.
>>
>> Sel tempat mengimput adalah sel C3 - C16.
>>
>> Tolong bantuannya mas, bagaimana data yang di input pada sel input masuk
>> ke dalam sheet yang di tuju.
>>
>>
>> terimakasih
>>
>>
>> Salam,
>> Dody
>>
>> (File terlampir)
>>
>>
>
>

Wed Aug 27, 2014 2:08 am (PDT) . Posted by:

"Emi" emilestariklcc

Dear Mr Kid,

Dikirim ulang file yang udah dibuat text to column.

Mohon solusinya agar data tersebut dapat masuk ke dalam rekap.

Terima kasih

-Emi Lestari

On Tuesday, August 26, 2014 11:40 AM, "Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


 
Asalamualaikum warahmatullah,
Mas Kid
Terima kasih penjelasannya,
akan saya coba untuk membuat solusi seperti yang mas kid sarankan.
Tentunya hanya untuk bahan saya belajar, karena belum tahu kapan selesainya.
Terimakasih

Wasalam
Nang

2014-08-23 16:12 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:


>Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
>mas Agus,
>
>Banyak banget ya pertanyaannya...
>
>hehehe... berhubung sudah sempet lihat kasus beserta urun solusi dari mas Agus, saya coba jawab atu per atu yak...
>
>1. Apakah mungkin data seperti ini digunakan formula?
>>> sebenarnya sih mungkin, cuman bisa jadi ndak epektip ato setidaknya ndak epicien gitu.
>
>
>2. jika memungkinkan apakah perlu dummi?
>
>>> karena memungkinkan, maka bisa pakai dummi (maksudnya cell atau kolom atau baris bantu kan ya), bisa juga gak pakai alias langsungan. Tapi, ya itu tadi dah, bisa jadi ndak epektip ato epicien, apalagi kalau record datanya ada banyak.
>
>>> bisa jadi dengan tabel bantu malah akan jadi efektif dan efisien.
>
>>> setidaknya, dengan kolom bantu juga masih cukup efektif dan efisien
>
>>> dengan cell bantu, bisa jadi masih bisa dibilang efektif dan efisien
>
>>> dengan baris bantu, meski mulai kurang efisien, tapi bisa dibilang masih mending daripada ndak pakai sama sekali
>
>>> tanpa pakai bantuan, kayanya beneran ndak epektip ato setidaknya ndak epicien.
>
>
>3. Bisa gak ya... kalau pakai formula tanpa dummi?
>>> Bisa kayanya.
>
>>> mungkin fungsi-fungsi yang dipakai adalah Row, Index, Match, sedikit Small dan IF, dipoleh fungsi text dikit seperti Mid, Find, Trim, dan Len, disertai trap error seperti IsNumber atau sebangsanya, termasuk si IFError mungkin ya. Bisa jadi masih ada fungsi lain yang biasa dipakai (bertebaran dimilis) yang belum disebut yang bisa digunakan.
>
>>> silakan dicoba saja.
>
>>> usahakan, ndak pakai fungsi-fungsi volatile ya, seperti fungsi Offset, Today, Now, Indirect, Rand, RandBetween dalam jumlah yang banyak (dibanyak cell) untuk antisipasi kalau datanya ada banyak atau cell berformulanya ada banyak, sehingga Excel tidak mudah cepat terlihat lamban.
>
>>> selamat mencoba ya... itung-itung buat latihan dah... soale belum sempat nih.
>
>4. Menurut saya yang paling logis adalah menggunakan text to column kemudian baru digunakan formula.
>>> kalo menurut saya, yang paling logis adalah merembug ulang dengan pemberi data agar bersedia memberi akses koneksi database ke sumber data yang diolah menjadi text file yang ndak 'pengolah data prenly'.
>
>>> dengan akses ke database, maka berbagai output bisa dibuat dengan lebih sederhana
>
>>> kalo ndak boleh, ya minta yang bentuknya lebih 'pengolah data prenly' lah, seperti bentuk tabel saja daripada fix report demikian.
>
>>> kalo ndak bisa juga (walah hidup kok sukanya mempersulit pihak lain), buat template pengolah data agar bisa mendapatkan tabel yang baik, lalu tabel itu disimpan ke lokasi baru (copas value) hingga menjadi database yang baik.
>
>>> kalo ndak bisa bikin templatenya, ya belajar
>
>>> kalo malas belajarnya atau kurang semangat belajarnya, atau (alasan paling banyak nih) gak sempet belajarnya, ya cari anggaran yang besar untuk bayar orang membuatkannya.
>
>>> kalo ndak bisa cari anggaran, ya duduk manis saja ngerjain manual
>
>>> kalo dah bosen ngerjain manual, gimana lagi coba ?
>
>
>5. Kalau menggunakan dummi 31 kolom (dengan asumsi 1 bulan terdapat 31
hari) dan tabelnya selalu tetap seperti contoh. maka formulanya dapat
menggunakan mid dan lookup, sedangkan rekapnya dapat menggunakan formula index match.
>
>>> ya betul.
>
>>> kenapa ndak pakai 4 kolom bantu saja ? 3 kolom bantu untuk 3 kolom tanggal, dan 1 kolom bantu berisi branch.
>
>
>
>6. Dapatkah formula ini disederhanakan?
>>> dapat disederhanakan.
>
>
>7. atau dapat dikerjakan tanpa dummi?
>>> bai piling sih dapat mas.
>
>>> percaya deh... kalo ndak bisa tanpa dummi berarti harus pakai dummi.
>
>
>
>:)
>
>
>Moga-moga ada BeExceller yang terus berusaha mencoba tanpa helper formula.
>
>Yang suka VBA kok ya belum muncul ya...
>
>
>Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>

>2014-08-23 12:43 GMT+10:00 Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>> 
>>Asalamualaikum Mr. Kid
>>
>>Apakah mungkin data seperti ini digunakan formula?
>>jika memungkinkan apakah perlu dummi?
>>
Bisa gak ya... kalau pakai formula tanpa dummi?
>>Menurut saya yang paling logis adalah menggunakan text to column kemudian baru digunakan formula.
>>
>>Kalau menggunakan dummi 31 kolom (dengan asumsi 1 bulan terdapat 31 hari) dan tabelnya selalu tetap seperti contoh. maka formulanya dapat menggunakan mid dan lookup, sedangkan rekapnya dapat menggunakan formula index match.
>>Dapatkah formula ini disederhanakan?
>>atau dapat dikerjakan tanpa dummi?
>>
>>Terima kasih
>>Wasalamualaikum Warahmatullah

>>
>>Nang Agus
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2014-08-23 7:24 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>>> 
>>>Hai Emi,
>>>
>>>Berhubung sudah berhari-hari ndak ada yang nyenggol, coba posting ulang dari hasil berikut :
>>>1. lakukan Text To Columns -> fixed -> tentukan batas-batas di kolom tanggal, status yang gak memotong nilai branch,dsb
>>>2. dikolom baru hasil nomor 2 (misal kolom terkiri hasil insert kolom) diisi dengan formula untuk menulis nilai branch setiap blok data (jadi setiap baris setelah baris branch : akan memiliki kolom Branch yang ada isinya).
>>>
>>>Setelah itu, baru coba posting hasil text to columns tersebut.
>>>
>>>Daripada hasil output yang tersusun ke kanan, coba minta yang tersusun ke bawah saja. Hasil yang tersusun ke bawah akan memudahkan penyusunan output berbagai bentuk (termasuk output kekanan yang sedang Anda minta dan tidak ditanggapi itu).
>>>
>>>Proses text to columns bisa di-record macro (anda coba sendiri ya) dan bisa juga disusun dengan formula (sampai sekarang, ndak ada BeExceller yang tertarik melakukannya).
>>>
>>>
>>>;)
>>>
>>>met moncoba
>>>
>>>cemunguuud...
>>>
>>>
>>>Wassalam,
>>>
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2014-08-20 14:45 GMT+10:00 Emi emilestariklcc@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>
>>>>
>>>>
>>>>Gurudan teman BeExcel,
>>>>Saya
ada raw data seperti di kolum A.
>>>>Hasil
yang saya harapkan adalah sebuah table yang menunjukkan status  secara lebih  jelas di  setiap kolom tanggal.
>>>>Sekiaranya
status "P" output nya adalah "/"
>>>>jika  blank (tidak ditulis apa apa) outputnya
"0", jika H atau X tetap sama.
>>>>Terima
kasih
>>>>-Emi
Lestari
>>>>
>>>>
>>>
>>
>

=====================================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html

Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar