Selasa, 12 April 2016

[belajar-excel] Digest Number 3820

8 Messages

Digest #3820
1a
Re: rekap absensi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2.1
Re: Mohon bantuannya by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Belajar VB by "Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
4a
Re: Macro transpose dan copy data [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5
Sumproduct pada userform by "Haris Rifai" haris.rifai
6a
Re: Copy Data by "Dwi Ardhi"

Messages

Mon Apr 11, 2016 10:44 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Syukurlah kalau sudah ada solusinya.

imo,
Karena kasus menyimpan data selalu membutuhkan VBA, ada baiknya sheet data
hanya 1. Tambahkan kolom Agent pada sheet data. Jadi tidak perlu ada N
sheet data karena ada N agent.

Output yang ingin menampilkan data per agent, bisa disusun dengan fitur
pivot table. Pivot table yang telah dibentuk lalu di-copy ke sheet lain
yang nama sheetnya adalah nama agent.

Proses penyusunan output seperti ini "terkesan" SAMA dengan kalau langsung
menyimpan data pada banyak sheet sekaligus. PADAHAL, sejatinya proses
penyusunan output seperti diatas yang bersumber dari 1 sheet data saja jauh
lebih efisien.

Pada data yang disimpan dalam banyak sheet (seperti kasus ini, ada data
sheet Agent1, Agent2, Agent3, dst), bagaimana merekap jumlah hari terlambat
secara series waktu setahun (jan to dec) dari setiap Agent ?
Kira-kira tampilan output begini :

ID_AGENT Jan-2015 Feb-2015 dst
Agent1 3 0
Agent2 0 0
dst

yang jumlah agent-nya ada 50 bijik saja deh.

Dengan sheet data yang sudah terpisah per agent, maka dibutuhkan 50 formula
karena harus merujuk ke 50 sheet data yang berbeda.
Kalau pakai bantuan fungsi Indirect, maka terkena potensi me-lemot-nya
kinerja Excel karena sifat volatile fungsi Indirect.

btw,
hal di atas sekedar sudut pandang dari sisi lain....

Regards,
Kid

2016-04-12 8:40 GMT+07:00 'SodikiN' email.sodikin@yahoo.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Pagi,
>
> Please ignore ya, dah bisa...Alhamdulillah..
>
> Terima kasih.
>
> Rgds,
> Sodikin
> You'll Never Walk Alone
> ------------------------------
> *From: * "Sodikin Sodikin email.sodikin@yahoo.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Mon, 11 Apr 2016 05:26:48 +0000 (UTC)
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *[belajar-excel] rekap absensi [1 Attachment]
>
>
>
> selamat siang..
>
> rekan-rekan excel-lent, mohon bantuannya saya ada case untuk rekap
> absensi, tiap hari data ditarik berdasarkan tanggal, isinya tanggal, nama,
> jam masuk, dan jam keluar. permasalahnnya adalah saya harus buat rekap
> absen per nama dalam satu sheet.
> kira-kira script macro yang dibuat pakai apa yah?
>
> terima kasih.
>
> Rgds.
> Sodikin
>
>
>

Mon Apr 11, 2016 11:09 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe....

iya ya... lupa kalau yang ditanyakan itu kenapa kok kaya gitu....

kallau begitu gak jadi begini, tapi begono :
1. Excel kolom E dan G adalah suatu nilai kode.
2. Yang Anda butuhkan adalah composite key yang terdiri dari 2 item, yaitu
item kolom E dan item kolom G.
3. Penyusunan composite key HARUS menjaga keutuhan nilai setiap item.
Bahasa lainnya, JANGAN ASAL concatenate items penyusun composite key.

Coba bayangkan :
cells E7 bernilai 3
cells G7 bernilai 12

Kalau ada formula berbunyi :
=E7&G7
akan menghasilkan nilai bertipe text bernilai :
312
Pada contoh di atas, Anda pasti sudah tahu bahwa 3 adalah milik E7 dan 12
adalah milik G7.

Kalau hasil formula serupa dibaris lain bernilai :
111
Yang mana yang benar ?
a. Kolom E bernilai 1 dan G bernilai 11
atau
b. Kolom E bernilai 11 dan G bernilai 1
atau
c. Kolom E bernilai 111 dan G bernilai nullstring
atau
d. Kolom E bernilai nullstring dan G bernilai 111

-----
hmmm.... kayanya dah mulai connect dengan permasalahannya nih...
-----

Lalu gimana cara menyusun composite key ?
Andai pernah menelaah beberapa kasus dengan composite key yang pernah
beredar dimilis, secara umum ada 2 jenis composite key berdasar datatype
1. Numeric
2. Text

Untuk composite key bertipe :
1. Numeric
>> setiap item penyusunnya adalah bertipe numeric (contohnya kolom E
bertipe numeric dan kolom G bertipe numeric)
>> perlu dijaga posisi nilai setiap item agar tetap, dengan menjaga *jumlah
digit *setiap item.
>> contoh :
kolom E maksimal sampai 3 digit (berarti dari nilai 0 sampai
999) dan kolom G maksimal 5 digit (berarti dari nilai 0 sampai 99999)
berarti ada susunan composite key berbentuk :
000 00000
seperti 003 00012 untuk kolom E bernilai 3 dan kolom G
bernilai 12, yang setara dengan sebuah nilai numeric 300012
yang karena bertipe numeric, nantinya leading zero (angka 0
didepan akan dihilangkan)

dengan demikian, maka jika ada composite key bernilai 100011
pastilah kolom E bernilai 1 dan kolom G bernilai 11 (tidak mungkin tidak
begitu)
>> formula penyusunnya ? Buatkan saja penyedia ruang angka 0 sebanyak
digit yang dibutuhkan oleh seluruh item setelahnya.
= ( E7 * 10^5 ) + G7 -> tanda kurung bukan untuk proses
perhitungan matematis, tetapi alat bantu penjelasan

composite key tersusun dari kolom E dan kolom G
= E7 -> menyusun bagian kolom E
setelah item kolom E akan ada item-item berikutnya (kebetulan
tinggal kolom G saja) yang total kebutuhan digitnya adalah 5 (kolom G butuh
5 digit)
* 10^5 -> setelah kolom E, dibuatkan ruang berisi
angka 0 sebanyak 5 digit
masuklah item ke-2 (kebetulan sebagai item terakhir
+ G7

>> Excel dibatasi pada kepresisian 15 digit saja. Jadi, walaupun
kinerja komputasi akan cepat karena menggunakan key bertipe numeric, tetapi
terbatasi pada composite key sebanyak 14 digit efektif dan 15 digit mulai
beresiko.

2. Text
>> ada item penyusunnya yang bertipe text atau dipaksa agar bertipe
text atau karena kebutuhannya lebih dari 15 digit (pada composite yang
mestinya bisa numeric)
>> perlu dijaga posisi nilai setiap item agar tetap, dengan menjaga *BATAS
*setiap item.
>> composite key tipe text sangat sederhana.
>> contoh : kolom E dan kolom G tidak ada yang berisi karakter vertical
bar (pipe alias karakter '|')
=E7 & "|" & G7
>> jadi, kalau ada composite key bernilai 3|12 pastilah kolom E
bernilai 3 dan kolom G bernilai 12 (tidak mungkin tidak begitu)

Kira-kira demikian...

Regards,
Kid

2016-04-12 12:36 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> dear boz kid,
>
> concat1 dengan pengulangan concat, sementara yang concat2 tidak, wah jadi
> nambah wawasan neh...makacih banyak2 bozzz.... :)
>
> lantas bagai mana dengan formula yang sebelumnya telah saya kemukakan,
> yang memiliki array formula, dari segi logika yang saya bangun sepertinya
> benar formulanya seperti itu, namun mengapa jadi salah hasilnya dan
> kesalahannya hanya pada cell H127, dimana seharusnya formula di cell
> tersebut menghasilkan value yang berada di cell H94 + D127, dan bila saya
> ganti value di cell F77 dengan menambahkan +1, maka hasilnya normal semua,
> namun menjadi tidak ada mergeid dengan no urut 31, apakah ini bugs XL 2010
> sp2 14.0.7015.1000, atau seperti apa.....?
>
> br,
>
> odong nando
>
>
> Pada Selasa, 12 April 2016 12:09, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Odong,
>
> File terlampir memanfaatkan lookup.
> Bedanya concat1 dan concat2 dalam file terlampir apa hayo ?
>
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2016-04-12 10:21 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> dear all,
>
> saya iseng bwt mergeid yang lain dengan memadukan formula iferror, index &
> match, max if (array formula), DLL. namun ada yang tidak sesuai dengan
> logika formulanya (lihat cell H127 sheet Big LBL), pada cell itu formula
> menghasilkan nilai yang tidak sesusai dengan seharusnya...
> mohon koreksi dimanakah salah nya, dan seharusnya formula nya seperti
> apa...?
> bila saya tetap menginginkan model tanpa short seperti yang boz kid
> buat....
>
> br,
>
> odong nando
>
>
> Pada Senin, 11 April 2016 16:36, "Dwi Ardhi ardhidwirari@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Pak Kid,
>
> alhamdulilah pake format as table ya.... terima kasih atas bantuannya, iya
> pak lebih cepat dalam penarikan datanya...
>
> terima kasih, terima kasih, terima kasih...
>
> Pada 11 April 2016 11.47, Dwi Ardhi <ardhidwirari@gmail.com> menulis:
>
> Dear Pak Kid,
>
> oh...gitu, iya pak, kinerja excel bisa lebih cepat dibanding vba.
> oia pak Kid, saya mau tanya untuk membuat id yang bisa menarik isi data
> dari 1 kolom itu.
> contoh untuk kolom =IF(ROW()-ROW(G$3)>MAX([id]),"",ROW()-ROW(G$3))
>
> untuk membuat [id] ini kan isinya seluruh isi kolom dari [id] ni pak, klo
> cara membuatnya tidak bisa pake name manager ya?
> maaf pak Kid saya banyak bertanya, karena saya memang belum pernah membuat
> formula seperti itu, mohon dibantu menjelaskan kepada saya yang newbie ini,
> terima kasih banyak atas bantuannya.
>
> Pada 8 April 2016 22.52, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Hai Dwi,
>
> Formulanya tidak muter dan memang demikianlah adanya. Bahasa simpelnya,
> setidaknya susunan itulah yang relatif sederhana dan dapat menjaga kinerja
> Excel.
>
> Mulai kolom mergeid sebenarnya lebih ideal membentuk sebuah tabel baru,
> sehingga tabel data adalah koloms branch sampai upConcat dan tabel output
> adalah mergeid sampai uptext. Tapi, kalau dipisah menjadi 2 tabel dengan
> tabel output berisi formula, nanti ada keluhan berupa repot meng-copy baris
> formula di tabel output ketika record data di tabel data berubah-ubah
> jumlahnya.
>
> Bila proses merge print bisa membaca area range yang berupa pivot table,
> maka tabel output (koloms mergeid sampai uptext) bisa disusun dengan pivot
> table dan kinerja Excel akan menjadi lebih cepat karena jumlah cells
> berformula menjadi lebih sedikit. Trade-off nya, diperlukan penekanan
> tombol refresh all yang ada di ribbon Data.
>
> Bila proses refresh atau copy formula diotomasi dengan VBA, tetap saja
> akan membutuhkan penekanan tombol kecuali memanfaatkan event change.
> Kalau pakai event change, maka proses otomasinya malah memperbesar potensi
> penurunan kinerja Excel.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
> 2016-04-08 17:22 GMT+07:00 Dwi Ardhi ardhidwirari@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> iya om, sepertinya agak muter formulanya tapi langkah2nya jelas sekali,
> klo bisa di bantu di terjemahkan, mohon dibantu.terima kasih
>
> 2016-04-08 16:55 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> dear all,
>
> pada file lampiran yang boz kid buat terdapat kolom berheader UpText yang
> terdapat formula Vlookup. saya ingin menanyakan mengapa lookup value dari
> formula Vlookup tersebut memiliki nilai "...+0,2", sementara bila saya
> perhatikan pun, bila "+0,2" nya dihilangkan masih mangandung nilai yang
> sama, jadi apa fungsi "+0,2" nya tersebut....
>
> br,
>
> odong nando
>
>
> Pada Jumat, 8 April 2016 13:47, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Dwi,
>
> Pada file terlampir, yang digunakan dalam merge print adalah kolom-kolom
> dengan suffix 'Text'
>
> Regards,
> Kid
>
>
> 2016-04-07 11:03 GMT+07:00 dwirariardhi@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Selamat pagi para Master Excel dan VBA Macro,
>
> Saat ini saya sedang kesulitan dimana ada data yang sama dengan 2 row,
> contoh :
>
> A B C
> 1 Jakarta TV
> 2 Jakarta Kulkas
>
> dari TV dan Kulkas akan dikirimkan ke jakarta, data ini akan di masukkan
> ke dalam mail merge (dimana
> dalam mail merge membaca datanya per row) yang saya ingin tahu caranya,
> bagaimana memindahkan
> kulkas ke kolom C (dalam 1 row dengan TV) sehingga mail merge akan membaca
> 1 row saja dengan banyak kolom (jika barang yang dikirimkan banyak/ lebih
> dari 2).
>
> contoh hasil :
> A B C
> 1 Jakarta TV Kulkas
>
> apakah bisa menggunakan formula excel (tapi semua sudah di coba, tetap
> belum ketemu), atau menggunakan VBA macro, kalau harus menggunakan VBA
> macro mohon bantuan syntax nya seperti apa?
>
> di forum ini saya memohon dengan sangat agar bisa dibantu dan saya akan
> doakan semoga para master excel dan VBA di berikan banyak rezeki dan ilmu
> yang melimpah.
>
> terima kasih atas bantuannya...
>
> contoh file terlampir (attachment)
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Apr 11, 2016 11:43 pm (PDT) . Posted by:

"odong nando"

hahaha...benar semua ternyata....
dan dalam kasus saya ternyata memiliki nilai 31&1 yang ada di baris ke 77 dan 3&11 di baris ke 94, yang sama2 menghasilkan 311, sementara penggunaan formala vlookup, gabungan index & match merujuk pada nilai yang sesuai paling atas / pertama yang keluar, dan saya menggunakan formula index & match maka nilai pertamalah yang keluar untuk ditampilkan, berhubung nilai pertama yang keluar adalah 31&1, sementara yang saya cari adalah nilai 3&11 maka salah pahamlah nilai yang tampil...hahaha....
ok boz kid trimaksih banyak...  br,

odong nando


Pada Selasa, 12 April 2016 13:09, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  hehehe....

iya ya... lupa kalau yang ditanyakan itu kenapa kok kaya gitu....

kallau begitu gak jadi begini, tapi begono :
1. Excel kolom E dan G adalah suatu nilai kode.
2. Yang Anda butuhkan adalah composite key yang terdiri dari 2 item, yaitu item kolom E dan item kolom G.
3. Penyusunan composite key HARUS menjaga keutuhan nilai setiap item. Bahasa lainnya, JANGAN ASAL concatenate items penyusun composite key.

Coba bayangkan :
cells E7 bernilai 3
cells G7 bernilai 12

Kalau ada formula berbunyi :
=E7&G7
akan menghasilkan nilai bertipe text bernilai :
312
Pada contoh di atas, Anda pasti sudah tahu bahwa 3 adalah milik E7 dan 12 adalah milik G7.

Kalau hasil formula serupa dibaris lain bernilai :
111
Yang mana yang benar ?
a. Kolom E bernilai 1 dan G bernilai 11
atau
b. Kolom E bernilai 11 dan G bernilai 1
atau
c. Kolom E bernilai 111 dan G bernilai nullstring
atau
d. Kolom E bernilai nullstring dan G bernilai 111

-----
hmmm.... kayanya dah mulai connect dengan permasalahannya nih...
-----

Lalu gimana cara menyusun composite key ?
Andai pernah menelaah beberapa kasus dengan composite key yang pernah beredar dimilis, secara umum ada 2 jenis composite key berdasar datatype
1. Numeric
2. Text

Untuk composite key bertipe :
1. Numeric
    >> setiap item penyusunnya adalah bertipe numeric (contohnya kolom E bertipe numeric dan kolom G bertipe numeric)
    >> perlu dijaga posisi nilai setiap item agar tetap, dengan menjaga jumlah digit setiap item.
    >> contoh :
             kolom E maksimal sampai 3 digit (berarti dari nilai 0 sampai 999) dan kolom G maksimal 5 digit (berarti dari nilai 0 sampai 99999)
             berarti ada susunan composite key berbentuk :
             000 00000
             seperti 003 00012 untuk kolom E bernilai 3 dan kolom G bernilai 12, yang setara dengan sebuah nilai numeric 300012
             yang karena bertipe numeric, nantinya leading zero (angka 0 didepan akan dihilangkan)

             dengan demikian, maka jika ada composite key bernilai 100011 pastilah kolom E bernilai 1 dan kolom G bernilai 11 (tidak mungkin tidak begitu)
    >> formula penyusunnya ? Buatkan saja penyedia ruang angka 0 sebanyak digit yang dibutuhkan oleh seluruh item setelahnya.
         = ( E7 * 10^5 ) + G7            -> tanda kurung bukan untuk proses perhitungan matematis, tetapi alat bantu penjelasan

           composite key tersusun dari kolom E dan kolom G
                   = E7        -> menyusun bagian kolom E
          setelah item kolom E akan ada item-item berikutnya (kebetulan tinggal kolom G saja) yang total kebutuhan digitnya adalah 5 (kolom G butuh 5 digit)
                   * 10^5     -> setelah kolom E, dibuatkan ruang berisi angka 0 sebanyak 5 digit
          masuklah item ke-2 (kebetulan sebagai item terakhir
                   + G7

     >> Excel dibatasi pada kepresisian 15 digit saja. Jadi, walaupun kinerja komputasi akan cepat karena menggunakan key bertipe numeric, tetapi terbatasi pada composite key sebanyak 14 digit efektif dan 15 digit mulai beresiko.
   
    

2. Text
    >> ada item penyusunnya yang bertipe text atau dipaksa agar bertipe text atau karena kebutuhannya lebih dari 15 digit (pada composite yang mestinya bisa numeric)
    >> perlu dijaga posisi nilai setiap item agar tetap, dengan menjaga BATAS setiap item.
    >> composite key tipe text sangat sederhana.
    >> contoh : kolom E dan kolom G tidak ada yang berisi karakter vertical bar (pipe alias karakter '|')
          =E7 & "|" & G7
    >> jadi, kalau ada composite key bernilai 3|12 pastilah kolom E bernilai 3 dan kolom G bernilai 12 (tidak mungkin tidak begitu)
           

Kira-kira demikian...

Regards,
Kid

2016-04-12 12:36 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  dear boz kid,
concat1 dengan pengulangan concat, sementara yang concat2 tidak, wah jadi nambah wawasan neh...makacih banyak2 bozzz.... :)

lantas bagai mana dengan formula yang sebelumnya telah saya kemukakan, yang memiliki array formula, dari segi logika yang saya bangun sepertinya benar formulanya seperti itu, namun mengapa jadi salah hasilnya dan kesalahannya hanya pada cell H127, dimana seharusnya formula di cell tersebut menghasilkan value yang berada di cell H94 + D127, dan bila saya ganti value di cell F77 dengan menambahkan +1, maka hasilnya normal semua, namun menjadi tidak ada mergeid dengan no urut 31, apakah ini bugs XL 2010 sp2 14.0.7015.1000, atau seperti apa.....? br,

odong nando


Pada Selasa, 12 April 2016 12:09, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Odong,

File terlampir memanfaatkan lookup.
Bedanya concat1 dan concat2 dalam file terlampir apa hayo ?

Regards,
Kid

2016-04-12 10:21 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  dear all,
saya iseng bwt mergeid yang lain dengan memadukan formula iferror, index & match, max if (array formula), DLL. namun ada yang tidak sesuai dengan logika formulanya (lihat cell H127 sheet Big LBL), pada cell itu formula menghasilkan nilai yang tidak sesusai dengan seharusnya...mohon koreksi dimanakah salah nya, dan seharusnya formula nya seperti apa...?bila saya tetap menginginkan model tanpa short seperti yang boz kid buat.... br,

odong nando


Pada Senin, 11 April 2016 16:36, "Dwi Ardhi ardhidwirari@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Pak Kid,

alhamdulilah pake format as table ya.... terima kasih atas bantuannya, iya pak lebih cepat dalam penarikan datanya...

terima kasih, terima kasih, terima kasih...

Pada 11 April 2016 11.47, Dwi Ardhi <ardhidwirari@gmail.com> menulis:

Dear Pak Kid,

oh...gitu, iya pak, kinerja excel bisa lebih cepat dibanding vba.
oia pak Kid, saya mau tanya untuk membuat id yang bisa menarik isi data dari 1 kolom itu.
contoh untuk kolom =IF(ROW()-ROW(G$3)>MAX([id]),"",ROW()-ROW(G$3))

untuk membuat [id] ini kan isinya seluruh isi kolom dari [id] ni pak, klo cara membuatnya tidak bisa pake name manager ya?
maaf pak Kid saya banyak bertanya, karena saya memang belum pernah membuat formula seperti itu, mohon dibantu menjelaskan kepada saya yang newbie ini, terima kasih banyak atas bantuannya.

Pada 8 April 2016 22.52, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

  Hai Dwi,

Formulanya tidak muter dan memang demikianlah adanya. Bahasa simpelnya, setidaknya susunan itulah yang relatif sederhana dan dapat menjaga kinerja Excel.

Mulai kolom mergeid sebenarnya lebih ideal membentuk sebuah tabel baru, sehingga tabel data adalah koloms branch sampai upConcat dan tabel output adalah mergeid sampai uptext. Tapi, kalau dipisah menjadi 2 tabel dengan tabel output berisi formula, nanti ada keluhan berupa repot meng-copy baris formula di tabel output ketika record data di tabel data berubah-ubah jumlahnya.

Bila proses merge print bisa membaca area range yang berupa pivot table, maka tabel output (koloms mergeid sampai uptext) bisa disusun dengan pivot table dan kinerja Excel akan menjadi lebih cepat karena jumlah cells berformula menjadi lebih sedikit. Trade-off nya, diperlukan penekanan tombol refresh all yang ada di ribbon Data.

Bila proses refresh atau copy formula diotomasi dengan VBA, tetap saja akan membutuhkan penekanan tombol kecuali memanfaatkan event change.
Kalau pakai event change, maka proses otomasinya malah memperbesar potensi penurunan kinerja Excel.

Regards,
Kid

2016-04-08 17:22 GMT+07:00 Dwi Ardhi ardhidwirari@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  iya om, sepertinya agak muter formulanya tapi langkah2nya jelas sekali, klo bisa di bantu di terjemahkan, mohon dibantu.terima kasih

2016-04-08 16:55 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  dear all,
pada file lampiran yang boz kid buat terdapat kolom  berheader UpText yang terdapat formula Vlookup. saya ingin menanyakan mengapa lookup value dari formula Vlookup tersebut memiliki nilai "...+0,2", sementara bila saya perhatikan pun, bila "+0,2" nya dihilangkan masih mangandung nilai yang sama, jadi apa fungsi "+0,2" nya tersebut.... br,

odong nando


Pada Jumat, 8 April 2016 13:47, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Dwi,

Pada file terlampir, yang digunakan dalam merge print adalah kolom-kolom dengan suffix 'Text'

Regards,
Kid

2016-04-07 11:03 GMT+07:00 dwirariardhi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  Selamat pagi para Master Excel dan VBA Macro,

Saat ini saya sedang kesulitan dimana ada data yang sama dengan 2 row, contoh :

        A             B             C
1   Jakarta       TV
2   Jakarta    Kulkas
 dari TV dan Kulkas akan dikirimkan ke jakarta, data ini akan di masukkan ke dalam mail merge (dimanadalam mail merge membaca datanya per row) yang saya ingin tahu caranya, bagaimana memindahkankulkas ke kolom C (dalam 1 row dengan TV) sehingga mail merge akan membaca 1 row saja dengan banyak kolom (jika barang yang dikirimkan banyak/ lebih dari 2).
contoh hasil :
        A             B           C
1   Jakarta       TV       Kulkas
apakah bisa menggunakan formula excel (tapi semua sudah di coba, tetap belum ketemu), atau menggunakan  VBA macro, kalau harus menggunakan VBA macro mohon bantuan syntax nya seperti apa?
di forum ini saya memohon dengan sangat agar bisa dibantu dan saya akan doakan semoga para master excel dan VBA di berikan banyak rezeki dan ilmu yang melimpah.
terima kasih atas bantuannya...
contoh file terlampir (attachment)

#yiv5426781077 #yiv5426781077 -- #yiv5426781077ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mkp #yiv5426781077hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mkp #yiv5426781077ads {margin-bottom:10px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mkp .yiv5426781077ad {padding:0 0;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mkp .yiv5426781077ad p {margin:0;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mkp .yiv5426781077ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-sponsor #yiv5426781077ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-sponsor #yiv5426781077ygrp-lc #yiv5426781077hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-sponsor #yiv5426781077ygrp-lc .yiv5426781077ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv5426781077 #yiv5426781077actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv5426781077 #yiv5426781077activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077activity span {font-weight:700;}#yiv5426781077 #yiv5426781077activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv5426781077 #yiv5426781077activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv5426781077 #yiv5426781077activity span span {color:#ff7900;}#yiv5426781077 #yiv5426781077activity span .yiv5426781077underline {text-decoration:underline;}#yiv5426781077 .yiv5426781077attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv5426781077 .yiv5426781077attach div a {text-decoration:none;}#yiv5426781077 .yiv5426781077attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv5426781077 .yiv5426781077attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv5426781077 .yiv5426781077attach label a {text-decoration:none;}#yiv5426781077 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv5426781077 .yiv5426781077bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv5426781077 .yiv5426781077bold a {text-decoration:none;}#yiv5426781077 dd.yiv5426781077last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv5426781077 dd.yiv5426781077last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv5426781077 dd.yiv5426781077last p span.yiv5426781077yshortcuts {margin-right:0;}#yiv5426781077 div.yiv5426781077attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv5426781077 div.yiv5426781077attach-table {width:400px;}#yiv5426781077 div.yiv5426781077file-title a, #yiv5426781077 div.yiv5426781077file-title a:active, #yiv5426781077 div.yiv5426781077file-title a:hover, #yiv5426781077 div.yiv5426781077file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv5426781077 div.yiv5426781077photo-title a, #yiv5426781077 div.yiv5426781077photo-title a:active, #yiv5426781077 div.yiv5426781077photo-title a:hover, #yiv5426781077 div.yiv5426781077photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv5426781077 div#yiv5426781077ygrp-mlmsg #yiv5426781077ygrp-msg p a span.yiv5426781077yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv5426781077 .yiv5426781077green {color:#628c2a;}#yiv5426781077 .yiv5426781077MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv5426781077 o {font-size:0;}#yiv5426781077 #yiv5426781077photos div {float:left;width:72px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077reco-category {font-size:77%;}#yiv5426781077 #yiv5426781077reco-desc {font-size:77%;}#yiv5426781077 .yiv5426781077replbq {margin:4px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mlmsg select, #yiv5426781077 input, #yiv5426781077 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mlmsg pre, #yiv5426781077 code {font:115% monospace;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-mlmsg #yiv5426781077logo {padding-bottom:10px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-msg p#yiv5426781077attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-reco #yiv5426781077reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-sponsor #yiv5426781077ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-sponsor #yiv5426781077ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-sponsor #yiv5426781077ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv5426781077 #yiv5426781077ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv5426781077

Mon Apr 11, 2016 11:29 pm (PDT) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88

Semangat pagi,.

Alhamdulillah,
Terima kasih Mr Kid.

Jadi Bolehkah berkesimpulan bahwa Formula tetap lebih unggul dibanding
VBA ?!

hehehe, biasa Mr. Nambah.
Saya ingin merubah komputasi formula pada kolom C dengan menggunakan VBA.
Bagaimana caranya ?!

Jadi, saya punya case 1 file yang komputasinya berat.
Memang karena jumlah datanya banyak dan formula yang dipakai cukup
banyak (1300 baris dan 1750 kolom).
Nah mau saya coba komputasinya menggunakan VBA.

ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

Warm Regards,On 12/04/2016 12:34,

'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Heri,
>
> 01. Untuk Kalkulasi, lebih cepat mana menggunakan Formula atau VBA ?!
> >> relatif, walau pada dasarnya, penggunaan VBA adalah menambah
> beberapa proses sebelum terjadinya proses komputasi utama.
> >> dalam kondisi formula telah disusun secara optimum dan VBA juga
> disusun secara optimum :
> 1. pada jumlah record yang banyak,
> a. formula lebih cepat dibanding VBA yang menggunakan loop cells
> per cells dan mengkalkulasi nilai dalam setiap proses loop
> b. formula sedikit lebih cepat dibanding VBA yang memasang
> formula ke cells yang akan diberi formula
> c. formula dengan built in function lebih cepat dibanding formula
> dengan UDF (VBA yang berbentuk function)
> d. UDF biasanya lebih cepat dibanding VBA poin a maupun VBA poin b
> *** VBA pada poin a hasilnya adalah values, VBA pada poin b
> hasilnya adalah cells berformula
> *** jika hasilnya ingin berupa values, maka opsi prosesnya
> hanyalah VBA pemasang formula lalu mem-values-ken
>
> 2. pada proses kalkulasi yang kompleks (seperti array formula, mega
> formula, tidak suka cells bantu, dsb),
> a. formula lebih cepat dibanding VBA yang menggunakan loop cells
> per cells dan mengkalkulasi nilai dalam setiap proses loop
> b. formula lebih cepat dibanding VBA yang memasang formula ke
> cells yang akan diberi formula
> c. UDF lebih cepat dibanding formula dengan built in function
> d. UDF lebih cepat dibanding VBA poin a maupun VBA poin b
>
> *** jika diluar kondisi optimum, maka terbuka kemungkinan VBA akan
> lebih cepat.
>
>
> 02. Saya mau mengganti Formula yang ada di kolom "C" bagaimana ya ?!
> >> ada 3 opsi :
> a. klik sebuah (satu buah) cells berformula -> ubah formulanya ->
> copy ke record lainnya
> b. klik sebuah (satu buah) cells berformula -> ubah formulanya ->
> jalankan VBA untuk meng-copy ke record lain
> c. jalankan VBA untuk mengubah bunyi formula diseluruh cells yang
> akan diubah bila bunyi formula sudah pasti bunyinya
> *** maksudnya, kalau ada inputan untuk user memilih model 1,
> maka yang dipasang formula1, kalau model2, yang dipasang formula2 dsb
>
> >> fitur Excel Table memudahkan proses penyalinan formula ke record
> lainnya, sehingga opsi b tidak diperlukan lagi dan pada opsi a, proses
> copy ke record lainnya juga tidak diperlukan. Pada penggunaan fitur
> ini, maka pemasangan formula dengan VBA cukup dilakukan pada record
> pertama saja.
>
> >> kode untuk memasang formula :
> sheets("nama sheet").range("alamat range berformula").formula
> = "=bunyi formulanya"
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
> 2016-04-12 10:33 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
> ghery.dharma@gmail.com <mailto:ghery.dharma@gmail.com> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>
>
> --
> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
> Semangat pagi,.
>
> Dear Rekan-Rekan,
>
> Ada sedikit pertanyaan yang mengganjal di benak saya :
>
> 01. Untuk Kalkulasi, lebih cepat mana menggunakan Formula atau VBA ?!
> 02. Saya mau mengganti Formula yang ada di kolom "C" bagaimana ya ?!
>
> Mohon penjelasannya,
> Terima Kasih
>
> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>
> Warm Regards,
>
>
>

Mon Apr 11, 2016 11:30 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Henri,

File terlampir tanpa VBA alias dengan formula saja.

Regards,
Kid

2016-04-11 16:14 GMT+07:00 henri.hutagalung@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear mas dan mbak,
>
> Mohon bantuan untuk dibuatkan makro atau solusi untuk transpose data
> seperti kasus dibawah ini
>
> Contoh sederhana dari data awal:
>
> Item Jenis Jumlah warna
> Ayam Jantan 3 merah,hijau,biru
> Kambing Betina 1 hitam
> Rusa Jantan 1 coklat,hitam
>
> Hasil akhir:
>
> Item Jenis Jumlah warna
> Ayam Jantan 3 merah
> Ayam Jantan 3 hijau
> Ayam Jantan 3 biru
> Kambing Betina 1 hitam
> Rusa Jantan 1 coklat
> Rusa Jantan 1 hitam
>
> Selama ini saya kerja manual, text to colum berdasarkan warna, sesudah itu
> insert raw kosong sesuai jumlah yg di butuhkan kemudian transpose data
> warna kemudian copy data Item,Jenis dan Jumlah.
> Data yang dikerjakan kadang ribuan jadi agak jenuh juga kalau manual.
> Contoh data di file excel juga saya lampirkan.
> Terima kasih sebelumnya.
>
> BR,
> Henri
>
>
>
>

Tue Apr 12, 2016 12:11 am (PDT) . Posted by:

henri_htgl

Mantap sekali om Kid, kerjaan mengolah data sekarang jadih jauh lebih cepat..
Saya pelajari dulu ya om fungsi2nya biar aku tambah pintar Excel-nya.

Btw, klo ada yg nyumbang makronya juga terima kasih.

Terima kasih ya... :-)

BR,
Henri

Mon Apr 11, 2016 11:57 pm (PDT) . Posted by:

"Haris Rifai" haris.rifai

Selamat siang.
Asslamu'alaikum wr.wb.
Mohon pencerahan para master yang saya hormati.Saya ingin membuat formula SUMPRODUCT atau mungkin sejenisnya dalam sebuah userform.Dan bagaimana penulisan code-nya saat database terdapat pada file yang berbeda atau malah jika terdapat pada komputer yang berbeda pula.
Untuk memperjelas yang saya maksud, berikut saya lampirkan contoh kasusnya.
Terimakasih.Wasslamu&#39;alaikum wr.wb.

Haris.

Mon Apr 11, 2016 11:57 pm (PDT) . Posted by:

"Dwi Ardhi"

Dear pak Kid,

Maaf pak, ada contohnya tidak, untuk dari script :

Sub getCounts()
Dim a As Range
Dim wbA As Workbook, wbB As Workbook
Dim wks As Worksheet

'// I would just use
ThisWorkbook //
Set wbB = ThisWorkbook
'// Note I used a handy filename, but also, you'll want to include the
Path //
Set wbA = Workbooks.Open(Filename:=ThisWorkbook.Path & "\Source.xlsx")

With wbA

' .Activate
Set a = wbA.Worksheets("Database").Range("A2").CurrentRegion
'***OR, if worried that user may change tab
name...*** //
For Each wks In wbA.Worksheets
If wks.CodeName = "Generate Database" Then
Set a = wks.Range("A2").CurrentRegion
Exit For
End If
Next
End With
'// HERE is where you'll want to just refer to sheets'
codenames. //
With wbB.Sheets("Generate Database")
.Activate
Range("A1").Resize(a.Rows.Count + 0, 25).Value = a.Value
End With
wbA.Close

Application.DisplayAlerts = True
Application.ScreenUpdating = True

End Sub

diatas bisa di masukin tidak pak kid?klo bisa masukin nya di script bagian
mana?

dan apabila di data sourcenya ada formula =today(), kenapa pada saat
ditarik datanya muncul notifikasi save, bagaimana ya mengilangkannya?

mohon petunjuknya pak, karena saya sangat membutuhkan petunjuk dari pak Kid.
terima kasih atas petunjuknya...

Pada 12 April 2016 12.09, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Hai Dwi,
>
> Sepertinya fitur Get External Data bisa dimanfaatkan. Fitur ini bisa diset
> autorefresh per sekian menit.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
> 2016-04-11 18:32 GMT+07:00 dwirariardhi@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear Para Excel'er & Macro'er,
>>

>> apakah mengambil data dari file excel yang tertutup / dibuka oleh user
>> lain dengan dengan kolom yang sudah ditentukan tetap bisa ditarik oleh
>> macro?
>>
>> apabila bisa mohon bantuan agar di berikan script nya, karena saat ini
>> saya kebingungan untuk menarik data dari file yang berbeda.
>>
>>
>> saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya, semoga ilmu yang di
>> berikan menjadi keberkahan dari pemiliknya dan penolong bagi yang
>> menerimanya...
>>
>>
>> terima kasih ...
>>
>>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar