Rabu, 20 April 2016

[belajar-excel] Digest Number 3830

8 Messages

Digest #3830
1a
Re: duplicate values error by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
Re: duplicate values error by "riansutarsa" riansutarsa
1c
Re: duplicate values error by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1d
Re: duplicate values error by "riansutarsa" riansutarsa
1e
Re: duplicate values error by "riansutarsa" riansutarsa
2a
Re: workbook lambat by "Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
2b
Re: workbook lambat by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Formula Otomatis pada cell tertentu by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Apr 19, 2016 7:10 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Mungkin NIK nya bertipe numerik atau berisi angka lebih dari 15 digit yang
membuat Excel mengkonversinya menjadi numerik saat diproses oleh si CF.

Coba pakai CF yang opsi use formula lalu isi formulanya dengan :
=CountIF( range_data_NIK_pakai$ , cell_NIK_yang_dipasangi_CF_tanpa$ & "*" )
> 1

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2016-04-20 9:01 GMT+07:00 riansutarsa riansutarsa@yahoo.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> assalamu'alaikum wr. wb.
> tanya lagi entah mengapa saya coba memakai conditional formatting
> (duplicate values) terhadap NIK namun masih menghasilkan (true) sekalipun
> ujung dari no. tersebut berbeda satu angka saja.
> mohon pencerahannya masters
> wassalam.
>
>
>

Tue Apr 19, 2016 8:14 pm (PDT) . Posted by:

"riansutarsa" riansutarsa

sukses master, hanya saja yang kena format nya hanya satu ya? tidak dengan duplikatnya?

-------- Original message --------
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date:20/04/2016 9:10 AM (GMT+07:00)
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Cc:
Subject: Re: [belajar-excel] duplicate values error

Wa'alaikumussalam wr wbMungkin NIK nya bertipe numerik atau berisi angka lebih dari 15 digit yang membuat Excel mengkonversinya menjadi numerik saat diproses oleh si CF.Coba pakai CF yang opsi use formula lalu isi formulanya dengan :=CountIF( range_data_NIK_pakai$ , cell_NIK_yang_dipasangi_CF_tanpa$ & "*" ) > 1Wassalamu'alaikum wr wbKid2016-04-20 9:01 GMT+07:00 riansutarsa riansutarsa@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>: assalamu'alaikum wr. wb.tanya lagi entah mengapa saya coba memakai conditional formatting (duplicate values) terhadap NIK namun masih menghasilkan (true) sekalipun ujung dari no. tersebut berbeda satu angka saja.mohon pencerahannya masterswassalam.

Tue Apr 19, 2016 8:17 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

eh... kok bisa ? mungkin kurang teliti...

Coba dimisalkan ada A1 bernilai 1 dan A2 bernilai 2
B1 diisi formula =CountIF( $a$1:$a$2 , a1 ) > 1
copy formula B1 ke B2
Apakah hasil yang bernilai TRUE hanya salah satu dari B1 atau B2 saja ?

2016-04-20 10:13 GMT+07:00 riansutarsa riansutarsa@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> sukses master, hanya saja yang kena format nya hanya satu ya? tidak dengan
> duplikatnya?
>
>
> -------- Original message --------
> From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> Date:20/04/2016 9:10 AM (GMT+07:00)
> To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Cc:
> Subject: Re: [belajar-excel] duplicate values error
>
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Mungkin NIK nya bertipe numerik atau berisi angka lebih dari 15 digit yang
> membuat Excel mengkonversinya menjadi numerik saat diproses oleh si CF.
>
> Coba pakai CF yang opsi use formula lalu isi formulanya dengan :
> =CountIF( range_data_NIK_pakai$ , cell_NIK_yang_dipasangi_CF_tanpa$ & "*"
> ) > 1
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2016-04-20 9:01 GMT+07:00 riansutarsa riansutarsa@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> assalamu'alaikum wr. wb.
>> tanya lagi entah mengapa saya coba memakai conditional formatting
>> (duplicate values) terhadap NIK namun masih menghasilkan (true) sekalipun
>> ujung dari no. tersebut berbeda satu angka saja.
>> mohon pencerahannya masters
>> wassalam.
>>
>>
>
>

Tue Apr 19, 2016 8:30 pm (PDT) . Posted by:

"riansutarsa" riansutarsa

iya mungkin saya kurang teliti, saya cek lagi deh.
'ala kulli hal terimakasih banyak master

-------- Original message --------
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date:20/04/2016 10:17 AM (GMT+07:00)
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Cc:
Subject: Re: [belajar-excel] duplicate values error

eh... kok bisa ? mungkin kurang teliti...Coba dimisalkan ada A1 bernilai 1 dan A2 bernilai 2B1 diisi formula =CountIF( $a$1:$a$2 , a1 ) > 1copy formula B1 ke B2Apakah hasil yang bernilai TRUE hanya salah satu dari B1 atau B2 saja ?2016-04-20 10:13 GMT+07:00 riansutarsa riansutarsa@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>: sukses master, hanya saja yang kena format nya hanya satu ya? tidak dengan duplikatnya?- Original message -From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> Date:20/04/2016 9:10 AM (GMT+07:00) To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com> Cc: Subject: Re: [belajar-excel] duplicate values error Wa'alaikumussalam wr wbMungkin NIK nya bertipe numerik atau berisi angka lebih dari 15 digit yang membuat Excel mengkonversinya menjadi numerik saat diproses oleh si CF.Coba pakai CF yang opsi use formula lalu isi formulanya dengan :=CountIF( range_data_NIK_pakai$ , cell_NIK_yang_dipasangi_CF_tanpa$ & "*" ) > 1Wassalamu'alaikum wr wbKid2016-04-20 9:01 GMT+07:00 riansutarsa riansutarsa@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>: assalamu'alaikum wr. wb.tanya lagi entah mengapa saya coba memakai conditional formatting (duplicate values) terhadap NIK namun masih menghasilkan (true) sekalipun ujung dari no. tersebut berbeda satu angka saja.mohon pencerahannya masterswassalam.

Tue Apr 19, 2016 8:30 pm (PDT) . Posted by:

"riansutarsa" riansutarsa

hehe.. anda benar ternyata saya kurang teliti.
terimakasih banyak master!

-------- Original message --------
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date:20/04/2016 10:17 AM (GMT+07:00)
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Cc:
Subject: Re: [belajar-excel] duplicate values error

eh... kok bisa ? mungkin kurang teliti...Coba dimisalkan ada A1 bernilai 1 dan A2 bernilai 2B1 diisi formula =CountIF( $a$1:$a$2 , a1 ) > 1copy formula B1 ke B2Apakah hasil yang bernilai TRUE hanya salah satu dari B1 atau B2 saja ?2016-04-20 10:13 GMT+07:00 riansutarsa riansutarsa@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>: sukses master, hanya saja yang kena format nya hanya satu ya? tidak dengan duplikatnya?- Original message -From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> Date:20/04/2016 9:10 AM (GMT+07:00) To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com> Cc: Subject: Re: [belajar-excel] duplicate values error Wa'alaikumussalam wr wbMungkin NIK nya bertipe numerik atau berisi angka lebih dari 15 digit yang membuat Excel mengkonversinya menjadi numerik saat diproses oleh si CF.Coba pakai CF yang opsi use formula lalu isi formulanya dengan :=CountIF( range_data_NIK_pakai$ , cell_NIK_yang_dipasangi_CF_tanpa$ & "*" ) > 1Wassalamu'alaikum wr wbKid2016-04-20 9:01 GMT+07:00 riansutarsa riansutarsa@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>: assalamu'alaikum wr. wb.tanya lagi entah mengapa saya coba memakai conditional formatting (duplicate values) terhadap NIK namun masih menghasilkan (true) sekalipun ujung dari no. tersebut berbeda satu angka saja.mohon pencerahannya masterswassalam.

Tue Apr 19, 2016 8:01 pm (PDT) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88


Semangat pagi,.

Hmmmm, buat Peta baru ya.
Oke Mr. akan saya diskusikan ke Team.

Nambah lagi boleh kan ya ?!

Saya baca coretan sampeyan tentang tutorial membuat Get Eksternal Data.

Apa perbedaanya menggunakan :

Opsi 1 : Data -> Eksisting Connection -> Browse for More -> Pilih File

Opsi 2 : Data -> From Other Source -> Data Connection Wizard

Pertanyaanya,

01. Bila ada perbedaannya, dimana dan apa pengaruhnya ?!
02. Bila ada perbedaannya, Lebih efektif yang mana ?!

Maaf kalau cerewet nanyanya. Hehehehe.

Warm Regards,

On 20/04/2016 9:03, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Heri,
>
> Bagaimana jika pola kerjanya diubah sedikit ? Mau ya...
>
> Begini...
> Fitur Get External Data adalah fitur untuk koneksi data dengan
> database atau suatu data yang memiliki sifat dasar database.
>
> Pasti kita semua tahu tentang Pulau Jawa.
> Seperti Pulau Jawa, isinya bisa berubah atau berganti, tetapi Pulau
> Jawa ya tetap disitu saja.
> Ketika Pulau Jawa bergeser (misal akibat gempa dahsyat atau tumbukan
> meteor segede bulan), pastilah akan terbentuk peta dunia yang baru.
> Ketika nama pulau jawa diganti menjadi Pulau Kid, pastilah akan
> dibutuhkan proses pengubahan nomenklatur diseluruh dunia,
> sampai-sampai harus membuat peta dunia yang baru.
>
> naah...
> Sewajarnya, sebuah database akan diam disuatu tempat. Isi database
> bisa berubah-ubah, tetapi benda bernama database itu akan tetap
> tempatnya. Nama database juga dipelihara agar tetap, sehingga tidak
> terjadi kerepotan dalam mengubah nomenklatur seperti nomenklatur pulau
> Jawa diilustrasi di atas tadi.
>
> Dengan kebiasaan lingkungan manusia demikian, maka database bisa
> diatur begini :
> 1. Sediakan sebuah folder database (misal diberi nama DB)
> 2. File database (misal file Excel) diberi nama xlDB_01.xlsx (misal
> saat ini berisi data Dec-2015)
> 3. File interface yang berisi koneksi data (menggunakan fitur Get
> External Data) diberi nama xlReport.xlsx
> 4. xlReport.xlsx menggunakan Get External Data yang merujuk ke file
> xlDB_01.xlsx
> 5. Sediakan sebuah folder sumber data (misal diberi nama RawData)
> 6. File data bulan Jan-2016 yang bernama dt201601.xlsx misalnya,
> disimpan dalam folder RawData
>
> 7. ketika seluruh user telah menutup file xlReport.xlsx, lakukan copy
> file dt201601.xlsx dari folder RawData ke folder DB
> 8. hapus file xlDB_01.xlsx yang ada di folder DB
> 9. rename file dt201601.xlsx yang sudah ada di folder DB (hasil proses
> 7) menjadi bernama xlDB_01.xlsx
> 10. user boleh membuka xlreport.xlsx lagi
>
> Begitu kira-kira ya...
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2016-04-20 8:41 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
> ghery.dharma@gmail.com <mailto:ghery.dharma@gmail.com> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>
>
> السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
> Semangat pagi,.
>
> Dear Rekan-Rekan,
>
> Lagi lagi saya tertarik dengan penggunaan fitur Get Eksternal Data
> dibanding penggunaan Vlookup ke Workbook lain. Karena walaupun
> Sizenya lebih besar tetapi proses kalkulasi terasa lebih cepat.
>
> Tetapi masalahnya begini, Saya ada kebutuhan untuk mengganti
> folder file berkala sesuai dengan kebutuhan revisi. Dengan menggunakan
> Name Manager, otomatis Source mengikuti kemana file tersebut dpindahkan.
>
> Bagaimana caranya dengan Get Eksternal data ?! karena ketika saya coba
> Sourcenya tidak mengikuti kemana folder tersebut.
>
> Mohon pencerahannya.
>
>
> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
> Warm Regards,
>
> On 19/04/2016 10:00, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> <mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel] wrote:
>> wa'alaikumussalam wr wb
>>
>> Hai Heri,
>>
>> Ketika bisa memanfaatkan fitur get external data, manfaatkanlah.
>> Pada kondisi yang sama-sama optimum, fitur get external data bisa
>> lebih efektif.
>>
>> Fitur get external data bisa menghasilkan sebuah Excel table
>> (berupa query table) maupun Excel pivot table. Get External data
>> bisa berisi data hasil olahan workbook lain.
>> Contohnya, workbook lain bernama 'L' berisi data transaksi
>> penjualan, maka get external data bisa mendapatkan agregat total
>> penjualan setiap produk per bulan misalnya.
>> Sedangkan penggunaan nama range untuk kebutuhan seperti contoh
>> relatif sulit.
>>
>> Karena get external data menghasilkan salinan data yang diambil
>> (asli apa adanya maupun hasil olahan), maka akan ada penambahan
>> size workbook yang melakukan get external data. Misal workbook
>> bernama 'Kerja' menggunakan get external data yang mengkoneksi ke
>> workbook lain bernama 'L' tadi. Maka workbook 'kerja' akan
>> bertambah size-nya. Tapi, penambahan size tersebut tidak membuat
>> kinerja Excel menurun dengan drastis dibanding menggunakan
>> formula yang linked ke workbook lain 'L' dalam suatu cells maupun
>> dalam suatu nama range.
>>
>> Kira-kira demikian.
>>
>> wassalamu'alaikum wr wb
>> Kid
>>
>>
>> 2016-04-19 9:46 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
>> ghery.dharma@gmail.com <mailto:ghery.dharma@gmail.com>
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>>
>>
>> السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>> Semangat pagi,.
>>
>> Saya tertarik dengan :
>>
>> Nama range (jumlah dan yang dirujuk olehnya) bisa membuat lamban.
>>
>> Nama range yang sangat banyak dan tumpang tindih membuat
>> Excel harus
>> menyediakan ruang untuk seluruh rujukan tersebut. Nama range yang
>> merujuk ke workbook lain membuat Excel bekerja lebih, karena
>> harus
>> memeriksa apakah workbook tersebut dapa diakses sampai dapat
>> diambil
>> nilainya.
>>
>> Mohon maaf kalau nebeng pertanyaan.
>>
>> Saya menggunakan Nama Range yang menunjuk ke Workbook lain.
>> Mana yang lebih efektif, Nama Range atau Fitur Get Eksternal
>> Data ?!
>>
>> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>
>> Warm Regards,
>>
>>
>
>
>

Tue Apr 19, 2016 8:30 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...
daripada buat peta baru, mending repot delete file, copy file, rename file
bukan ?

Get External Data :

Opsi 1 : Data -> Eksisting Connection -> Browse for More -> Pilih File

Opsi 2 : Data -> From Other Source -> Data Connection Wizard

>> Coba diingat lagi saat membuat koneksi pertama kali... Ada satu dialog
window tentang Save blabla...
Pada dialog window ini, setiap definisi koneksi data akan disimpan menjadi
file .odc (office data connection file).
Jadi, file .odc ini menyimpan definisi proses pembuatan koneksi data.

01. Bila ada perbedaannya, dimana dan apa pengaruhnya ?!

Opsi 1 : Data -> Eksisting Connection -> Browse for More -> Pilih File

>> Jika akan membuat koneksi data baru dengan definisi koneksi data yang
sama persis dengan yang pernah dilakukan dan tersimpan dalam .odc file yang
ada

Opsi 2 : Data -> From Other Source -> Data Connection Wizard

>> Jika akan membuat koneksi data baru dengan definisi yang baru DAN
memilih data provider tertentu yang diyakini lebih baik dibanding dengan
data provider yang diatur default oleh Excel.
>> Jadi, opsi ini akan memberi begitu banyak kelaluasaan dalam menata
definisi koneksi data.
>> Sedangkan jika menggunakan default nya (misal menggunakan From Text atau
From Other Sources -> From Microsoft Query (ODBC) connect ke text file)
maka akan menggunakan data provider yang sudah di-set menjadi default data
provider oleh Excel. Padahal bisa jadi menggunakan data provider lain
(seperti Mso Access Database Engine OLE DB data provider) bisa lebih baik
hasilnya.

02. Bila ada perbedaannya, Lebih efektif yang mana ?!

>> lebih efektif yang sesuai dengan kebutuhan saat itu.

Wassalam,
Kid

2016-04-20 10:00 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )' ghery.dharma@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Semangat pagi,.
>
> Hmmmm, buat Peta baru ya.
> Oke Mr. akan saya diskusikan ke Team.
>
> Nambah lagi boleh kan ya ?!
>
> Saya baca coretan sampeyan tentang tutorial membuat Get Eksternal Data.
>
> Apa perbedaanya menggunakan :
>
> Opsi 1 : Data -> Eksisting Connection -> Browse for More -> Pilih File
>
> Opsi 2 : Data -> From Other Source -> Data Connection Wizard
>
> Pertanyaanya,
>
> 01. Bila ada perbedaannya, dimana dan apa pengaruhnya ?!
> 02. Bila ada perbedaannya, Lebih efektif yang mana ?!
>
>
> Maaf kalau cerewet nanyanya. Hehehehe.
>
>
> Warm Regards,
>
> On 20/04/2016 9:03, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Heri,
>
> Bagaimana jika pola kerjanya diubah sedikit ? Mau ya...
>
> Begini...
> Fitur Get External Data adalah fitur untuk koneksi data dengan database
> atau suatu data yang memiliki sifat dasar database.
>
> Pasti kita semua tahu tentang Pulau Jawa.
> Seperti Pulau Jawa, isinya bisa berubah atau berganti, tetapi Pulau Jawa
> ya tetap disitu saja.
> Ketika Pulau Jawa bergeser (misal akibat gempa dahsyat atau tumbukan
> meteor segede bulan), pastilah akan terbentuk peta dunia yang baru.
> Ketika nama pulau jawa diganti menjadi Pulau Kid, pastilah akan dibutuhkan
> proses pengubahan nomenklatur diseluruh dunia, sampai-sampai harus membuat
> peta dunia yang baru.
>
> naah...
> Sewajarnya, sebuah database akan diam disuatu tempat. Isi database bisa
> berubah-ubah, tetapi benda bernama database itu akan tetap tempatnya. Nama
> database juga dipelihara agar tetap, sehingga tidak terjadi kerepotan dalam
> mengubah nomenklatur seperti nomenklatur pulau Jawa diilustrasi di atas
> tadi.
>
> Dengan kebiasaan lingkungan manusia demikian, maka database bisa diatur
> begini :
> 1. Sediakan sebuah folder database (misal diberi nama DB)
> 2. File database (misal file Excel) diberi nama xlDB_01.xlsx (misal saat
> ini berisi data Dec-2015)
> 3. File interface yang berisi koneksi data (menggunakan fitur Get External
> Data) diberi nama xlReport.xlsx
> 4. xlReport.xlsx menggunakan Get External Data yang merujuk ke file
> xlDB_01.xlsx
> 5. Sediakan sebuah folder sumber data (misal diberi nama RawData)
> 6. File data bulan Jan-2016 yang bernama dt201601.xlsx misalnya, disimpan
> dalam folder RawData
>
> 7. ketika seluruh user telah menutup file xlReport.xlsx, lakukan copy file
> dt201601.xlsx dari folder RawData ke folder DB
> 8. hapus file xlDB_01.xlsx yang ada di folder DB
> 9. rename file dt201601.xlsx yang sudah ada di folder DB (hasil proses 7)
> menjadi bernama xlDB_01.xlsx
> 10. user boleh membuka xlreport.xlsx lagi
>
> Begitu kira-kira ya...
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2016-04-20 8:41 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
> ghery.dharma@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>>
>> السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>> Semangat pagi,.
>>
>> Dear Rekan-Rekan,
>>
>> Lagi lagi saya tertarik dengan penggunaan fitur Get Eksternal Data
>> dibanding penggunaan Vlookup ke Workbook lain. Karena walaupun
>> Sizenya lebih besar tetapi proses kalkulasi terasa lebih cepat.
>>
>> Tetapi masalahnya begini, Saya ada kebutuhan untuk mengganti
>> folder file berkala sesuai dengan kebutuhan revisi. Dengan menggunakan
>> Name Manager, otomatis Source mengikuti kemana file tersebut dpindahkan.
>>
>> Bagaimana caranya dengan Get Eksternal data ?! karena ketika saya coba
>> Sourcenya tidak mengikuti kemana folder tersebut.
>>
>> Mohon pencerahannya.
>>
>>
>> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>
>> Warm Regards,
>>
>> On 19/04/2016 10:00, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>>
>>
>> wa'alaikumussalam wr wb
>>
>> Hai Heri,
>>
>> Ketika bisa memanfaatkan fitur get external data, manfaatkanlah.
>> Pada kondisi yang sama-sama optimum, fitur get external data bisa lebih
>> efektif.
>>
>> Fitur get external data bisa menghasilkan sebuah Excel table (berupa
>> query table) maupun Excel pivot table. Get External data bisa berisi data
>> hasil olahan workbook lain.
>> Contohnya, workbook lain bernama 'L' berisi data transaksi penjualan,
>> maka get external data bisa mendapatkan agregat total penjualan setiap
>> produk per bulan misalnya.
>> Sedangkan penggunaan nama range untuk kebutuhan seperti contoh relatif
>> sulit.
>>
>> Karena get external data menghasilkan salinan data yang diambil (asli apa
>> adanya maupun hasil olahan), maka akan ada penambahan size workbook yang
>> melakukan get external data. Misal workbook bernama 'Kerja' menggunakan get
>> external data yang mengkoneksi ke workbook lain bernama 'L' tadi. Maka
>> workbook 'kerja' akan bertambah size-nya. Tapi, penambahan size tersebut
>> tidak membuat kinerja Excel menurun dengan drastis dibanding menggunakan
>> formula yang linked ke workbook lain 'L' dalam suatu cells maupun dalam
>> suatu nama range.
>>
>> Kira-kira demikian.
>>
>> wassalamu'alaikum wr wb
>> Kid
>>
>>
>> 2016-04-19 9:46 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
>> ghery.dharma@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>>
>>> السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>> Semangat pagi,.
>>>
>>> Saya tertarik dengan :
>>>
>>> Nama range (jumlah dan yang dirujuk olehnya) bisa membuat lamban.
>>>
>>> Nama range yang sangat banyak dan tumpang tindih membuat Excel harus
>>> menyediakan ruang untuk seluruh rujukan tersebut. Nama range yang
>>> merujuk ke workbook lain membuat Excel bekerja lebih, karena harus
>>> memeriksa apakah workbook tersebut dapa diakses sampai dapat diambil
>>> nilainya.
>>>
>>> Mohon maaf kalau nebeng pertanyaan.
>>>
>>> Saya menggunakan Nama Range yang menunjuk ke Workbook lain.
>>> Mana yang lebih efektif, Nama Range atau Fitur Get Eksternal Data ?!
>>>
>>> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>>
>>> Warm Regards,
>>>
>>>
>>
>>
>
>
>

Tue Apr 19, 2016 10:41 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Sam,

Pada file yang lalu digunakan array formula. Pada jumlah record yang
banyak, array formula akan memperberat kerja kalkulasi Excel.

Andaikan array formula diurai menjadi beberapa kolom bantu, kecepatan kerja
mungkin bisa sedikit tertolong, tetapi dibutuhkan kondisi data yang selalu
terurut berdasar kode user, tanggal, dan jam. File terlampir. Meski
demikian, proses sort akan cukup memakan waktu dan setelah proses sort akan
terjadi kalkulasi ulang.

Pengolahan bisa lebih cepat bila sumber data bisa menyediakan data yang
terurut berdasar id user, tanggal dan waktu absensi : (4 kolom)
a. nilai tanggal kerja (saat attend pertama kali).
> data tanggal yang disediakan dalam kasus ini adalah tanggal absensi
(bukan tanggal kerja).
> jadi, dibutuhkan 1 kolom lagi yang berisi nilai tanggal kerja. Jadi,
pada shift 1, tanggal kerja akan sama dengan tanggal absensi. Tapi pada
shift 2, tanggal kerja untuk data leave haruslah tetap pada tanggal absensi
data attend pertama kali.
b. key attend untuk record data attend saja dalam 1 kolom yang berisi
kombinasi data id user dan nilai tanggal kerja (poin a)
c. key leave untuk record data leave saja dalam 1 kolom yang berisi
kombinasi data id user dan nilai tanggal kerja (poin a)
d. nilai tanggal dan waktu dalam 1 kolom (misal berformat YYYY-MM-DD
HH:mm:ss) khusus untuk data attend dan leave saja

Dengan adanya tambahan 4 kolom tersebut di atas dan telah terurut sejak
sumber data, maka proses bisa menjadi lebih cepat karena berkurangnya
rantai kalkulasi untuk menghasilkan nilai yang dibutuhkan tampilan output.

Regards,
Kid

On Tue, Apr 19, 2016 at 12:31 PM, Samsudin Sam samsudinortega@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> terima kasih atas pencerahannya dan saya sudah mencoba dan berhasil sesuai
> keinginan tetapi kerjanya excel menjadi lambat karena setelah saya praktek
> pada data server yang sebenarnya jumlah baris mencapai sekitar 50000.
> apakah bisa dicari solusi sehingga kerja excel tidak terganggu (lemot),
> padahal saya sudah menggunakan laptop dengan Ram 3 Gb.
>
> terima kasih atas pencerahannya.
>
> hormat saya,
> Samsudin
>
>
> Pada Selasa, 19 April 2016 10:14, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
>
>
> Hai Pak Sam,
>
> Catatan tentang beberapa fungsi yang termasuk dalam kelompok reference ada
> disini <https://app.box.com/s/ifow4kdc8ho20d0tszo6jsy9qipx60sp>.
>
> Mulai Excel 2003, Excel memiliki fitur List (xl2003) atau Excel Table
> (xl2007 ke atas).
> Fitur ini membentuk suatu area range menjadi satu kesatuan object Excel
> Table.
> Fitur ini akan meng-copy-ken formula ke seluruh record di kolom tersebut.
> Pada xl2007 ke atas, fitur ini akan membentuk sebuah nama range berjenis
> Excel Table.
>
> Cara membuat Excel Table di xl2007 ke atas :
> 1. Pastikan header data hanya di 1 (SATU) baris Excel
> 2. Setiap kolom Excel untuk 1 (SATU) kolom data
> 3. Tidak ada merge cells mulai baris header data sampai record terakhir
> data
> 4. blok seluruh data, mulai dari header data di kolom yang digunakan yang
> bersambung alias membentuk 1 (SATU) area range (blok) sampai baris terakhir
> yang ada datanya
> 5. ribbon Home -> group Styles -> klik Format as Table -> pilih sebuah
> styles -> muncul dialog window -> centang has header -> tekan OK
> 6. menu toos Table -> ribbon Design -> group Properties -> lihat bagian
> Table Name -> ubah nama tabel sesuai kebutuhan di textbox yang tersedia
> *** nama tabel mengikuti aturan named range
> 7. save workbook
> 8. selamat bekerja dengan Excel table
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
>
> On Tue, Apr 19, 2016 at 8:20 AM, Samsudin Sam samsudinortega@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Hai Mr. Kid,
>
> Alhamdulillah akhirnya pakar master excel sudi memberikan pencerahannya
> dengan menggunakan formula yang lain dan ini saya pingin sekali diberikan
> tip bagaimana caranya menggabungkan formula index dan match, karena
> ternyata formula ini bisa diterapkan untuk berbagai model dan bagaimana
> caranya aplikasi dari formula gabungan ini, maksud apa batasan harus index
> dan apa batasan harus menggunakan match/
>
> Dan jika berkenan kepada Mr. Kid untuk bisa menjelaskan secara detail
> masalah lalu yang sudah Mr. Kid diberikan pencerahannya cuma saya mencoba
> dengan cara tersebut tetapi belum bisa, maksud bagimana sebuah file bisa
> otomatis terbentuk name manager.
>
> Terima kasih sebelumnya atas pencerahan yang diberikan dan sangat
> bermanfaat dan formula tersebut sudah sesuai dengan keinginan.
>
> Hormat saya,
> Samsudin
>
>
> Pada Selasa, 19 April 2016 8:18, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Pak Sam,
>
> File terlampir dengan Index Match.
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
> 2016-04-16 14:38 GMT+07:00 Samsudin Sam samsudinortega@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Master Excel,
>
> Saya sedang menyusun laporan dan mempunyai kendala dengan mengambil data
> yang jumlah banyak yang ingin saya gabungkan antara budget vs actual dan
> berikut adalah data yang sudah saya perkecil untuk kasus yang sebenarnya
> supaya bisa diberikan solusi pada forum ini.
>
> Dan sebelumnya saya mengucapkan terima kasih
>
> hormat saya,
> samsudin
>
>
>
>
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar