Selasa, 19 April 2016

[belajar-excel] Digest Number 3829

15 Messages

Digest #3829
1a
Mohon info cara format Tanggal by "helenresdiono" hepriscillia
1b
Re: Mohon info cara format Tanggal by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1c
Re: Mohon info cara format Tanggal by "helenresdiono" hepriscillia
1d
Re: Mohon info cara format Tanggal by "helenresdiono" hepriscillia
1e
Re: Mohon info cara format Tanggal by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2b
Re: Tanya Advanced Filter Copy Another Location by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2d
Re: Tanya Advanced Filter Copy Another Location by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Input langsung di cell by "hakunamatata ega"
3b
Re: Input langsung di cell by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: workbook lambat by "Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
5b
Re: workbook lambat by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6
duplicate values error by "riansutarsa" riansutarsa

Messages

Tue Apr 19, 2016 3:09 am (PDT) . Posted by:

"helenresdiono" hepriscillia


Selamat sore teman2,

Saya saat ini sedang mengajari anak saya excel sederhana karena
tugas dr sekolah.

Yg ingin saya tanyakan, ketika saya masukkan format tanggal
'0101/2010' pada satu cell, tetapi yg muncul adlh '40179' bukan
tanggal/data yg saya masukkan. Saya bingung pdhl sdh sy format ke
date, tp tampilannya ttp value itu yg keluar.

Mohon bantuan dr teman2ku yg canggih. Dan maaf jika pertanyaannya
sepele sekali.

Jabat erat dan terimakasih,
Helen Resdiono

Tue Apr 19, 2016 4:02 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Helen,

Coba begini :
1. set styles ke Normal :
> klik sebuah cells (misal A1) -> ribbon Home -> group Styles -> pilih
Normal (klik item Normal)
2. set format number ke Short date :
> klik cells yang sudah dikenai proses 1 -> ribbon Home -> group Number
-> klik panah kecil Number Format (supaya muncul daftar number format) ->
pilih Short Date
3. Isi data tanggal :
> klik cells yang sudah dikenai proses 1 dan 2 -> ketik langsung dengan
keyboard nilai tanggal dengan format YYYY-MM-DD
contoh : ketik 2016-04-19 lalu tekan ENTER untuk meng-input nilai
tanggal 19 April 2016

4. (optional) kalau bosan dengan format short date :
> klik *kanan *cells yang sudah dikenai proses 1, 2, dan 3 -> pilih
Format Cells -> klik tab Number -> pilih opsi Custom -> isi di textbox
format yang diinginkan -> OK
misal : isi dengan bunyi :
[$-421]dddd, dd mmmm yyyy
supaya tampilannya long date Indonesia

Kira-kira demikian

Regards,
Kid

2016-04-19 17:18 GMT+07:00 helenresdiono helenresdiono@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Selamat sore teman2,
>
> Saya saat ini sedang mengajari anak saya excel sederhana karena tugas dr
> sekolah.
>
> Yg ingin saya tanyakan, ketika saya masukkan format tanggal '0101/2010&#39;
> pada satu cell, tetapi yg muncul adlh '40179&#39; bukan tanggal/data yg saya
> masukkan. Saya bingung pdhl sdh sy format ke date, tp tampilannya ttp value
> itu yg keluar.
>
> Mohon bantuan dr teman2ku yg canggih. Dan maaf jika pertanyaannya sepele
> sekali.
>
> Jabat erat dan terimakasih,
> Helen Resdiono
>
>
>

Tue Apr 19, 2016 5:04 am (PDT) . Posted by:

"helenresdiono" hepriscillia

saya coba. trmksh banyak Mr. Kid ^_^



Helen ResdionoOn "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]"
<belajar-excel@yahoogroups.com>, Apr 19, 2016 6:02 PM wrote:


 
Hai Helen,

Coba begini :
1. set styles ke Normal :
    > klik sebuah cells (misal A1) -> ribbon Home -> group
Styles -> pilih Normal (klik item Normal)
2. set format number ke Short date :
    > klik cells yang sudah dikenai proses 1 -> ribbon Home
-> group Number -> klik panah kecil Number Format (supaya muncul
daftar number format) -> pilih Short Date
3. Isi data tanggal :
   > klik cells yang sudah dikenai proses 1 dan 2 -> ketik
langsung dengan keyboard nilai tanggal dengan format YYYY-MM-DD
      contoh : ketik 2016-04-19 lalu tekan ENTER untuk
meng-input nilai tanggal 19 April 2016


4. (optional) kalau bosan dengan format short date :
    > klik kanan cells yang sudah dikenai proses 1, 2, dan
3 -> pilih Format Cells -> klik tab Number -> pilih opsi Custom
-> isi di textbox format yang diinginkan -> OK
        misal : isi dengan bunyi :
            [$-421]dddd, dd mmmm yyyy
        supaya tampilannya long date Indonesia

Kira-kira demikian

Regards,
Kid





2016-04-19 17:18 GMT+07:00 helenresdiono helenresdiono@gmail.com
<mailto:helenresdiono@gmail.com> [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> >:
 


Selamat sore teman2,

Saya saat ini sedang mengajari anak saya excel sederhana karena
tugas dr sekolah.

Yg ingin saya tanyakan, ketika saya masukkan format tanggal
'0101/2010&#39; pada satu cell, tetapi yg muncul adlh '40179&#39; bukan
tanggal/data yg saya masukkan. Saya bingung pdhl sdh sy format ke
date, tp tampilannya ttp value itu yg keluar.

Mohon bantuan dr teman2ku yg canggih. Dan maaf jika pertanyaannya
sepele sekali.

Jabat erat dan terimakasih,
Helen Resdiono



Tue Apr 19, 2016 6:32 am (PDT) . Posted by:

"helenresdiono" hepriscillia

Selamat Malam Mr. Kid dan Teman2,

step2nya sdh sy jalankan. mulai dr step 1 s/d 4 tp ttp tdk ada
perubahan. di cell ttp muncul angka 40179. apakah msh ada cara
lain? mohon bantuannya T_T

terimakasih
helen



Helen ResdionoOn "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]"
<belajar-excel@yahoogroups.com>, Apr 19, 2016 6:02 PM wrote:


 
Hai Helen,

Coba begini :
1. set styles ke Normal :
    > klik sebuah cells (misal A1) -> ribbon Home -> group
Styles -> pilih Normal (klik item Normal)
2. set format number ke Short date :
    > klik cells yang sudah dikenai proses 1 -> ribbon Home
-> group Number -> klik panah kecil Number Format (supaya muncul
daftar number format) -> pilih Short Date
3. Isi data tanggal :
   > klik cells yang sudah dikenai proses 1 dan 2 -> ketik
langsung dengan keyboard nilai tanggal dengan format YYYY-MM-DD
      contoh : ketik 2016-04-19 lalu tekan ENTER untuk
meng-input nilai tanggal 19 April 2016


4. (optional) kalau bosan dengan format short date :
    > klik kanan cells yang sudah dikenai proses 1, 2, dan
3 -> pilih Format Cells -> klik tab Number -> pilih opsi Custom
-> isi di textbox format yang diinginkan -> OK
        misal : isi dengan bunyi :
            [$-421]dddd, dd mmmm yyyy
        supaya tampilannya long date Indonesia

Kira-kira demikian

Regards,
Kid





2016-04-19 17:18 GMT+07:00 helenresdiono helenresdiono@gmail.com
<mailto:helenresdiono@gmail.com> [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> >:
 


Selamat sore teman2,

Saya saat ini sedang mengajari anak saya excel sederhana karena
tugas dr sekolah.

Yg ingin saya tanyakan, ketika saya masukkan format tanggal
'0101/2010&#39; pada satu cell, tetapi yg muncul adlh '40179&#39; bukan
tanggal/data yg saya masukkan. Saya bingung pdhl sdh sy format ke
date, tp tampilannya ttp value itu yg keluar.

Mohon bantuan dr teman2ku yg canggih. Dan maaf jika pertanyaannya
sepele sekali.

Jabat erat dan terimakasih,
Helen Resdiono



Tue Apr 19, 2016 6:34 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba dikirim file hasil ujicobanya...
Caranya :
menu File -> Save As -> lihat type -> pilih Excel Workbook (.xlsx) -> tulis
nama baru -> tekan Save -> kalau muncul pesan, tekan Yes
-> tutup Excel -> coba buka file hasil save as lagi
-> kalau bisa dibuka, tutup Excel -> kirim file ke milis

Regards,
Kid

2016-04-19 19:45 GMT+07:00 helenresdiono helenresdiono@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Selamat Malam Mr. Kid dan Teman2,
>
> step2nya sdh sy jalankan. mulai dr step 1 s/d 4 tp ttp tdk ada perubahan.
> di cell ttp muncul angka 40179. apakah msh ada cara lain? mohon bantuannya
> T_T
>
> terimakasih
> helen
>
>
>
> Helen Resdiono
> On "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>, Apr 19, 2016 6:02 PM wrote:
>
>
>
> Hai Helen,
>
> Coba begini :
> 1. set styles ke Normal :
> > klik sebuah cells (misal A1) -> ribbon Home -> group Styles -> pilih
> Normal (klik item Normal)
> 2. set format number ke Short date :
> > klik cells yang sudah dikenai proses 1 -> ribbon Home -> group
> Number -> klik panah kecil Number Format (supaya muncul daftar number
> format) -> pilih Short Date
> 3. Isi data tanggal :
> > klik cells yang sudah dikenai proses 1 dan 2 -> ketik langsung dengan
> keyboard nilai tanggal dengan format YYYY-MM-DD
> contoh : ketik 2016-04-19 lalu tekan ENTER untuk meng-input nilai
> tanggal 19 April 2016
>
>
> 4. (optional) kalau bosan dengan format short date :
> > klik *kanan *cells yang sudah dikenai proses 1, 2, dan 3 -> pilih
> Format Cells -> klik tab Number -> pilih opsi Custom -> isi di textbox
> format yang diinginkan -> OK
> misal : isi dengan bunyi :
> [$-421]dddd, dd mmmm yyyy
> supaya tampilannya long date Indonesia
>
> Kira-kira demikian
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
> 2016-04-19 17:18 GMT+07:00 helenresdiono helenresdiono@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>>
>> Selamat sore teman2,
>>
>> Saya saat ini sedang mengajari anak saya excel sederhana karena tugas dr
>> sekolah.
>>
>> Yg ingin saya tanyakan, ketika saya masukkan format tanggal '0101/2010&#39;
>> pada satu cell, tetapi yg muncul adlh '40179&#39; bukan tanggal/data yg saya
>> masukkan. Saya bingung pdhl sdh sy format ke date, tp tampilannya ttp value
>> itu yg keluar.
>>
>> Mohon bantuan dr teman2ku yg canggih. Dan maaf jika pertanyaannya sepele
>> sekali.
>>
>> Jabat erat dan terimakasih,
>> Helen Resdiono
>>
>>
>
>

Tue Apr 19, 2016 7:36 am (PDT) . Posted by:

"Insan Biasa"

Dear Para Suhu Excel
saya mau tanya apakah fungsi "Advanced Filter Copy Another Location" yg
terdapat pada Excel bisa melakukan eksekusi Copy dari 2 sheet yg berbeda
menjadi 1 sheet? mohon pencerahannya para Suhu

Tue Apr 19, 2016 7:53 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Dodi,

Fitur Advaced Filter bisa dilakukan pada sheet data berbeda dengan sheet
hasil.
Langkahnya :
di sheet hasil
-> blok header hasil (nama header hasil harus sama dengan nama header
data) beserta beberapa baris hasil (misal 5 baris + 1 baris header)
-> ribbon Data -> group Sort & Filter -> Advanced -> bila muncul
pesan, klik Yes atau OK -> muncul dialog window advanced filter
-> pilih opsi action filter : copy to another location
-> list range : klik range selector :: ke sheet data :: blok seluruh
area tabel di sheet data (termasuk header)
-> criteria range (optional) : klik range selector dan blok area range
kriteria (bisa di sheet mana saja dengan syarat dan ketentuan berlaku)
-> copy to (khusus untuk action copy to another location) : blok area
tabel di sheet hasil (header + beberapa baris hasil)
-> (optional) centang Unique records bila ingin mendapatkan hasil yang
bersifat unique records berdasar seluruh kolom hasil
-> tekan OK

Selamat mencoba...

Regards,
Kid

2016-04-19 21:34 GMT+07:00 Insan Biasa dodybireuen@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Para Suhu Excel
> saya mau tanya apakah fungsi "Advanced Filter Copy Another Location" yg
> terdapat pada Excel bisa melakukan eksekusi Copy dari 2 sheet yg berbeda
> menjadi 1 sheet? mohon pencerahannya para Suhu
>
>
>

Tue Apr 19, 2016 9:48 am (PDT) . Posted by:

"Insan Biasa"

Terima kasih utk pencerahannya Mr Kid. jika kondisi nya :
- Sheet 3 : Data
- Sheet 2 : Data
- Sheet 1 : Rekapan data sheet 2 dan 3 (hasil Copy another location sheet1
& 2)

apakah data pada Sheet 2 & 3 bisa sekaligus di Copy menggunakan advanced
filter? mohon pencerahannya kembali.

Note : data pada sheet 1, 2 & 3 menggunakan header yang sama
On Apr 19, 2016 9:54 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Hai Dodi,
>
>
> Fitur Advaced Filter bisa dilakukan pada sheet data berbeda dengan sheet
> hasil.
> Langkahnya :
> di sheet hasil
> -> blok header hasil (nama header hasil harus sama dengan nama header

> data) beserta beberapa baris hasil (misal 5 baris + 1 baris header)
> -> ribbon Data -> group Sort & Filter -> Advanced -> bila muncul
> pesan, klik Yes atau OK -> muncul dialog window advanced filter
> -> pilih opsi action filter : copy to another location
> -> list range : klik range selector :: ke sheet data :: blok seluruh
> area tabel di sheet data (termasuk header)
> -> criteria range (optional) : klik range selector dan blok area
> range kriteria (bisa di sheet mana saja dengan syarat dan ketentuan berlaku)
> -> copy to (khusus untuk action copy to another location) : blok area
> tabel di sheet hasil (header + beberapa baris hasil)
> -> (optional) centang Unique records bila ingin mendapatkan hasil
> yang bersifat unique records berdasar seluruh kolom hasil
> -> tekan OK
>
> Selamat mencoba...
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2016-04-19 21:34 GMT+07:00 Insan Biasa dodybireuen@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear Para Suhu Excel
>> saya mau tanya apakah fungsi "Advanced Filter Copy Another Location" yg
>> terdapat pada Excel bisa melakukan eksekusi Copy dari 2 sheet yg berbeda
>> menjadi 1 sheet? mohon pencerahannya para Suhu
>>
>>
>
>

Tue Apr 19, 2016 6:32 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Maaf, pada kasus ini, advanced filter digunakan untuk menggabungkan data
atau untuk memfilter data ?

Untuk filter dari multiple sumber data, maka dilakukan dengan langkah :
1. Menyipakan sheet Hasil dengan header
2. Menyiapkan sheet Bantu dengan header yang dibutuhkan yang teks nama
headernya sama dengan teks nama header sumber data
3. Memilih sumber data : sheet Data1
4. lakukan advanced filter dari sheet bantu dengan list range di sheet
sumber data terpilih di nomor 3, copy to range di sheet Bantu lalu tekan OK
5. Copy hasil advanced filter di sheet bantu ke sheet hasil
6. Hapus records di sheet bantu
7. kembali ke nomor 3 untuk memilih sumber data berikutnya. Bila sudah
tidak ada sumber data lainnya lagi, ke nomor 8
8. selesai
Proses di atas dapat Anda otomasi dengan VBA.

Untuk menggabungkan data yang ada di multiple sheets data ke sebuah sheet
hasil dengan langkah :
1. blok records data di sumber data1 -> CTRL C -> ke sheet hasil -> ke
baris kosong pertama tabel hasil
-> klik kanan cells kosong dikolom pertama tabel -> paste special ->
pilih values -> OK
2. lakukan langkah 1 dengan sumber data 2, dst
Proses di atas dapat Anda otomasi dengan VBA.

Untuk memanfaatkan fitur Get External Data yang bisa digunakan untuk
memfilter data, menata data, menggabungkan data, dan sebagainya, bisa
dilihat dalam file yang ada disini
<https://app.box.com/s/9qmrkouovdk0djxfblmfh3i6aqrgf6g6>.

Regards,
Kid

2016-04-19 23:04 GMT+07:00 Insan Biasa dodybireuen@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Terima kasih utk pencerahannya Mr Kid. jika kondisi nya :
> - Sheet 3 : Data
> - Sheet 2 : Data
> - Sheet 1 : Rekapan data sheet 2 dan 3 (hasil Copy another location sheet1
> & 2)
>
> apakah data pada Sheet 2 & 3 bisa sekaligus di Copy menggunakan advanced
> filter? mohon pencerahannya kembali.
>
> Note : data pada sheet 1, 2 & 3 menggunakan header yang sama
> On Apr 19, 2016 9:54 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Hai Dodi,
>>
>>
>> Fitur Advaced Filter bisa dilakukan pada sheet data berbeda dengan sheet
>> hasil.
>> Langkahnya :
>> di sheet hasil
>> -> blok header hasil (nama header hasil harus sama dengan nama
>> header data) beserta beberapa baris hasil (misal 5 baris + 1 baris header)
>> -> ribbon Data -> group Sort & Filter -> Advanced -> bila muncul
>> pesan, klik Yes atau OK -> muncul dialog window advanced filter
>> -> pilih opsi action filter : copy to another location
>> -> list range : klik range selector :: ke sheet data :: blok seluruh
>> area tabel di sheet data (termasuk header)
>> -> criteria range (optional) : klik range selector dan blok area
>> range kriteria (bisa di sheet mana saja dengan syarat dan ketentuan berlaku)
>> -> copy to (khusus untuk action copy to another location) : blok
>> area tabel di sheet hasil (header + beberapa baris hasil)
>> -> (optional) centang Unique records bila ingin mendapatkan hasil
>> yang bersifat unique records berdasar seluruh kolom hasil
>> -> tekan OK
>>
>> Selamat mencoba...
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2016-04-19 21:34 GMT+07:00 Insan Biasa dodybireuen@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Dear Para Suhu Excel
>>> saya mau tanya apakah fungsi "Advanced Filter Copy Another Location" yg
>>> terdapat pada Excel bisa melakukan eksekusi Copy dari 2 sheet yg berbeda
>>> menjadi 1 sheet? mohon pencerahannya para Suhu
>>>
>>>
>>
>

Tue Apr 19, 2016 7:56 am (PDT) . Posted by:

"hakunamatata ega"

Salam master excel,


Mungkin para master di milis ini bisa membantu masalahku.
Saya ada membuat program kasir untuk toko dan saya tidak menemukan kode visual basic untuk input langsung di cell.
Saya ingin input kode barang di cell A5 dan setelah tekan tombol Enter menuju cell C5 untuk mengisi jumlah barang,
selanjutnya ke cell A6 dan setelah tekan Enter menuju cell C6 untuk mengisi jumlah barang dan begitu seterusnya.
Yang ada hanya perintah inputbox tetapi terasa menggangu karena muncul kotak dialog. Adakah perintah visual basic di excel yang bisa menunggu kita untuk menginput langsung di cell dan jika tekan Enter, langsung menuju cell berikutnya?


Terima kasih banyak bantuannya.

Bp ega

Tue Apr 19, 2016 8:14 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Bp Ega,

Asumsikan bahwa area input ada di kolom A dan C mulai baris 5 sampai 17.
Coba langkah berikut ini :
1. set Excel agar bergerak ke kanan setelah Enter :
di xl2007, tekan office button -> Excel Options
atau di xl2010 ke atas, tekan menu File -> Options
-> muncul dialog window Excel Options -> pane kiri pilih Advanced ->
lihat pane kanan di grup Editing options
-> centang item After pressing Enter blaba -> Direction : pilih Right
-> tekan OK sampai kembali ke worksheet

2. set area input agar bisa diubah nilainya :
blok area A5:A17 -> tekan CTRL terus menerus jangan dilepaskan ->
klik cells C5
-> lepas CTRL -> tekan SHIFT terus menerus jangan dilepaskan -> klik
cells C17 -> lepaskan SHIFT -> area A5:A17,C5:C17 telah terblok
-> klik kanan area yang terblok -> pilih format cells -> klik tab
Protection -> hilangkan centang dari opsi Locked -> tekan OK sampai kembali
ke worksheet
-> ribbon Review -> grup Changes -> klik Protect Sheet -> muncul
dialog window protect sheet
-> centang opsi Protect worksheet and blabla
-> (optional) isi password bila perlu
-> *hilangkan *centang dari opsi Select *locked *cells
-> *centang *opsi Select *unlocked *cells
-> tekan OK -> bila password diisi, maka lakukan konfirmasi password
-> tekan OK sampai kembali ke worksheet

3. input data
-> klik cells A5 -> isi dengan nilai -> tekan ENTER -> and ta-da...

Bila ingin menggunakan VBA, ditunggu saja sejenak ya....
Moga-moga ada BeExceller yang online dan bersedia share script VBA nya.

Regards,
Kid

2016-04-19 21:49 GMT+07:00 hakunamatata ega hakunamatataega@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Salam master excel,
>
>
> Mungkin para master di milis ini bisa membantu masalahku.
> Saya ada membuat program kasir untuk toko dan saya tidak menemukan kode
> visual basic untuk input langsung di cell.
> Saya ingin input kode barang di cell A5 dan setelah tekan tombol Enter
> menuju cell C5 untuk mengisi jumlah barang,
> selanjutnya ke cell A6 dan setelah tekan Enter menuju cell C6 untuk
> mengisi jumlah barang dan begitu seterusnya.
>
> Yang ada hanya perintah inputbox tetapi terasa menggangu karena muncul
> kotak dialog. Adakah perintah visual basic di excel yang bisa menunggu kita
> untuk menginput langsung di cell dan jika tekan Enter, langsung menuju cell
> berikutnya?
>
>
> Terima kasih banyak bantuannya.
> Bp ega
>
>
>

Tue Apr 19, 2016 6:36 pm (PDT) . Posted by:

"riansutarsa" riansutarsa

assalamu'alaikum wr. wb.

selamat pagi para masters, tanya dong adakah formula yang dapat memberikan jarak satu/>1 baris berdasarkan keterangan tertentu


Tue Apr 19, 2016 6:43 pm (PDT) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88


السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Semangat pagi,.

Dear Rekan-Rekan,

Lagi lagi saya tertarik dengan penggunaan fitur Get Eksternal Data
dibanding penggunaan Vlookup ke Workbook lain. Karena walaupun
Sizenya lebih besar tetapi proses kalkulasi terasa lebih cepat.

Tetapi masalahnya begini, Saya ada kebutuhan untuk mengganti
folder file berkala sesuai dengan kebutuhan revisi. Dengan menggunakan
Name Manager, otomatis Source mengikuti kemana file tersebut dpindahkan.

Bagaimana caranya dengan Get Eksternal data ?! karena ketika saya coba
Sourcenya tidak mengikuti kemana folder tersebut.

Mohon pencerahannya.

ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

Warm Regards,

On 19/04/2016 10:00, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Heri,
>
> Ketika bisa memanfaatkan fitur get external data, manfaatkanlah.
> Pada kondisi yang sama-sama optimum, fitur get external data bisa
> lebih efektif.
>
> Fitur get external data bisa menghasilkan sebuah Excel table (berupa
> query table) maupun Excel pivot table. Get External data bisa berisi
> data hasil olahan workbook lain.
> Contohnya, workbook lain bernama 'L' berisi data transaksi penjualan,
> maka get external data bisa mendapatkan agregat total penjualan setiap
> produk per bulan misalnya.
> Sedangkan penggunaan nama range untuk kebutuhan seperti contoh relatif
> sulit.
>
> Karena get external data menghasilkan salinan data yang diambil (asli
> apa adanya maupun hasil olahan), maka akan ada penambahan size
> workbook yang melakukan get external data. Misal workbook bernama
> 'Kerja' menggunakan get external data yang mengkoneksi ke workbook
> lain bernama 'L' tadi. Maka workbook 'kerja' akan bertambah size-nya.
> Tapi, penambahan size tersebut tidak membuat kinerja Excel menurun
> dengan drastis dibanding menggunakan formula yang linked ke workbook
> lain 'L' dalam suatu cells maupun dalam suatu nama range.
>
> Kira-kira demikian.
>
> wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
> 2016-04-19 9:46 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
> ghery.dharma@gmail.com <mailto:ghery.dharma@gmail.com> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>
>
> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
> Semangat pagi,.
>
> Saya tertarik dengan :
>
> Nama range (jumlah dan yang dirujuk olehnya) bisa membuat lamban.
>
> Nama range yang sangat banyak dan tumpang tindih membuat Excel harus
> menyediakan ruang untuk seluruh rujukan tersebut. Nama range yang
> merujuk ke workbook lain membuat Excel bekerja lebih, karena harus
> memeriksa apakah workbook tersebut dapa diakses sampai dapat diambil
> nilainya.
>
> Mohon maaf kalau nebeng pertanyaan.
>
> Saya menggunakan Nama Range yang menunjuk ke Workbook lain.
> Mana yang lebih efektif, Nama Range atau Fitur Get Eksternal Data ?!
>
> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>
> Warm Regards,
>
>
>

Tue Apr 19, 2016 7:04 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Heri,

Bagaimana jika pola kerjanya diubah sedikit ? Mau ya...

Begini...
Fitur Get External Data adalah fitur untuk koneksi data dengan database
atau suatu data yang memiliki sifat dasar database.

Pasti kita semua tahu tentang Pulau Jawa.
Seperti Pulau Jawa, isinya bisa berubah atau berganti, tetapi Pulau Jawa ya
tetap disitu saja.
Ketika Pulau Jawa bergeser (misal akibat gempa dahsyat atau tumbukan meteor
segede bulan), pastilah akan terbentuk peta dunia yang baru.
Ketika nama pulau jawa diganti menjadi Pulau Kid, pastilah akan dibutuhkan
proses pengubahan nomenklatur diseluruh dunia, sampai-sampai harus membuat
peta dunia yang baru.

naah...
Sewajarnya, sebuah database akan diam disuatu tempat. Isi database bisa
berubah-ubah, tetapi benda bernama database itu akan tetap tempatnya. Nama
database juga dipelihara agar tetap, sehingga tidak terjadi kerepotan dalam
mengubah nomenklatur seperti nomenklatur pulau Jawa diilustrasi di atas
tadi.

Dengan kebiasaan lingkungan manusia demikian, maka database bisa diatur
begini :
1. Sediakan sebuah folder database (misal diberi nama DB)
2. File database (misal file Excel) diberi nama xlDB_01.xlsx (misal saat
ini berisi data Dec-2015)
3. File interface yang berisi koneksi data (menggunakan fitur Get External
Data) diberi nama xlReport.xlsx
4. xlReport.xlsx menggunakan Get External Data yang merujuk ke file
xlDB_01.xlsx
5. Sediakan sebuah folder sumber data (misal diberi nama RawData)
6. File data bulan Jan-2016 yang bernama dt201601.xlsx misalnya, disimpan
dalam folder RawData

7. ketika seluruh user telah menutup file xlReport.xlsx, lakukan copy file
dt201601.xlsx dari folder RawData ke folder DB
8. hapus file xlDB_01.xlsx yang ada di folder DB
9. rename file dt201601.xlsx yang sudah ada di folder DB (hasil proses 7)
menjadi bernama xlDB_01.xlsx
10. user boleh membuka xlreport.xlsx lagi

Begitu kira-kira ya...

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2016-04-20 8:41 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )' ghery.dharma@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
> Semangat pagi,.
>
> Dear Rekan-Rekan,
>
> Lagi lagi saya tertarik dengan penggunaan fitur Get Eksternal Data
> dibanding penggunaan Vlookup ke Workbook lain. Karena walaupun
> Sizenya lebih besar tetapi proses kalkulasi terasa lebih cepat.
>
> Tetapi masalahnya begini, Saya ada kebutuhan untuk mengganti
> folder file berkala sesuai dengan kebutuhan revisi. Dengan menggunakan
> Name Manager, otomatis Source mengikuti kemana file tersebut dpindahkan.
>
> Bagaimana caranya dengan Get Eksternal data ?! karena ketika saya coba
> Sourcenya tidak mengikuti kemana folder tersebut.
>
> Mohon pencerahannya.
>
>
> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>
> Warm Regards,
>
> On 19/04/2016 10:00, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>
>
> wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Heri,
>
> Ketika bisa memanfaatkan fitur get external data, manfaatkanlah.
> Pada kondisi yang sama-sama optimum, fitur get external data bisa lebih
> efektif.
>
> Fitur get external data bisa menghasilkan sebuah Excel table (berupa query
> table) maupun Excel pivot table. Get External data bisa berisi data hasil
> olahan workbook lain.
> Contohnya, workbook lain bernama 'L' berisi data transaksi penjualan, maka
> get external data bisa mendapatkan agregat total penjualan setiap produk
> per bulan misalnya.
> Sedangkan penggunaan nama range untuk kebutuhan seperti contoh relatif
> sulit.
>
> Karena get external data menghasilkan salinan data yang diambil (asli apa
> adanya maupun hasil olahan), maka akan ada penambahan size workbook yang
> melakukan get external data. Misal workbook bernama 'Kerja' menggunakan get
> external data yang mengkoneksi ke workbook lain bernama 'L' tadi. Maka
> workbook 'kerja' akan bertambah size-nya. Tapi, penambahan size tersebut
> tidak membuat kinerja Excel menurun dengan drastis dibanding menggunakan
> formula yang linked ke workbook lain 'L' dalam suatu cells maupun dalam
> suatu nama range.
>
> Kira-kira demikian.
>
> wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
> 2016-04-19 9:46 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
> ghery.dharma@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>>
>> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>> Semangat pagi,.
>>
>> Saya tertarik dengan :
>>
>> Nama range (jumlah dan yang dirujuk olehnya) bisa membuat lamban.
>>
>> Nama range yang sangat banyak dan tumpang tindih membuat Excel harus
>> menyediakan ruang untuk seluruh rujukan tersebut. Nama range yang
>> merujuk ke workbook lain membuat Excel bekerja lebih, karena harus
>> memeriksa apakah workbook tersebut dapa diakses sampai dapat diambil
>> nilainya.
>>
>> Mohon maaf kalau nebeng pertanyaan.
>>
>> Saya menggunakan Nama Range yang menunjuk ke Workbook lain.
>> Mana yang lebih efektif, Nama Range atau Fitur Get Eksternal Data ?!
>>
>> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>>
>> Warm Regards,
>>
>>
>
>
>

Tue Apr 19, 2016 7:06 pm (PDT) . Posted by:

"riansutarsa" riansutarsa

assalamu'alaikum wr. wb.
tanya lagi entah mengapa saya coba memakai conditional formatting (duplicate values) terhadap NIK namun masih menghasilkan (true) sekalipun ujung dari no. tersebut berbeda satu angka saja.
mohon pencerahannya masters
wassalam.
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar