Jumat, 05 Juli 2019

[belajar-excel] Digest Number 4790

5 Messages

Digest #4790

Messages

Fri Jul 5, 2019 4:24 pm (PDT) . Posted by:

"Andi K" andikheng

Rekan2x, bisa sharing formula yang bisa digunakan untuk menghitung prosentase realisasi atas target yang sudah ditetapkan. (Formula untuk membandingkan data target dan realisasi)

Contohnya sebagai berikut:
Target:                   Sales 1    Sales 2    Dst...Produk AProduk BProduk CDst...
Realisasi:Pada awal bulan dihitung prosentase realisasi atas produk² tersebut.
Cukup sekian dan terima kasih untuk sharingnya.
Andi K

Fri Jul 5, 2019 6:14 pm (PDT) . Posted by:

"M.Ade Alfarid" aderyo

Bikin contoh sederhana di file excel mas,

ade

*From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]

*Sent:* Saturday, July 6, 2019 2:20 AM
*To:* belajar-excel@yahoogroups.com
*Subject:* [belajar-excel] Formula untuk menghitung prosentase pencapainnya

Rekan2x, bisa sharing formula yang bisa digunakan untuk menghitung
prosentase realisasi atas target yang sudah ditetapkan. (Formula untuk
membandingkan data target dan realisasi)

Contohnya sebagai berikut:

Target:

Sales 1 Sales 2 Dst...

Produk A

Produk B

Produk C

Dst...

Realisasi:

Pada awal bulan dihitung prosentase realisasi atas produk² tersebut.

Cukup sekian dan terima kasih untuk sharingnya.

Andi K

Fri Jul 5, 2019 6:56 pm (PDT) . Posted by:

"Andi K" andikheng

Berikut saya lampirkan contohnya pak...
Selama ini saya hitung manual, menaruh angka target dan realisasi. Tapi mengingat datanya makin banyak diperlukan formula agar lebih efisien.

Andi K

On Saturday, July 6, 2019, 8:15:46 AM GMT+7, 'M.Ade Alfarid' QA@kkmi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

Bikin contoh sederhana di file excel mas,
 
ade

Fri Jul 5, 2019 7:23 pm (PDT) . Posted by:

"M.Ade Alfarid" aderyo

Bagaimana kalo disusun dengan tabel sederhana?

Memudahkan dan bisa di filter/diurutkan

ade

*From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]

*Sent:* Saturday, July 6, 2019 8:45 AM
*To:* belajar-excel@yahoogroups.com
*Subject:* Re: [belajar-excel] Formula untuk menghitung prosentase
pencapainnya

Berikut saya lampirkan contohnya pak...
Selama ini saya hitung manual, menaruh angka target dan realisasi. Tapi
mengingat datanya makin banyak diperlukan formula agar lebih efisien.

Andi K

On Saturday, July 6, 2019, 8:15:46 AM GMT+7, 'M.Ade Alfarid' QA@kkmi.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

Bikin contoh sederhana di file excel mas,

ade

Fri Jul 5, 2019 6:21 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

*Apakah kedua hal tesebut berpengaruh sehingga data pada PivotTable bida
dihapus ?
> default-nya, tidak bisa dihapus.
> kalau bisa dihapus, berarti ada proses yang mengubah object pivot table
menjadi object lain entah ketika dibuka di komputer mana.
> misal, file tersebut dibuka oleh si x di komputer a yang office-nya tidak
bisa mengkonversi pivot table dengan baik, kemudian di save.
lalu hasil save tersebut dibuka di komputer b, maka ada kemungkinan di
komputer a maupun b, object pivot table sudah tidak seperti aslinya lagi.
> Berpegang pada prinsip dasarnya saja... Pivot table object tidak
mengijinkan delete di area values. Titik.
Kalau sampai bisa menghapus di area values, maka object tersebut pasti
sudah tidak memenuhi kriteria object pivot table walau tampak masih seperti
pivot table.
> Update Office secara rutin sangat disarankan, agar hal-hal seperti ini
bisa dihindari.

Oh iya,
1. Kalau cara pemanfaatan pivot table nya dengan cara seperti di-file
tersebut, berarti file sumber data harus selalu dibuka di komputer yang
sedang membuka file berisi pivot table.
2. Calculated field apalagi dengan calculated item, maka pivot table akan
relatif statis untuk sisi row yang berisi 1 field saja. Karena begitu diisi
lebih dari 1 field disisi row atau column, maka pivot table akan memberi
beban lebih berat kepada Excel. Bebean tersebut disebabkan karena harus
mengkalkulasi kombinasi item yang tidak ada datanya. Maka Pivot table tidak
akan efisien lagi (bukan karena pivot table-nya, tapi karena desain
penggunaannya yang kurang natural).
Jadi, bagian ini :

"Dengan demikian tampilan PivotTable menjadi lebih fleksibel (dapat
> di-ubah2 oleh User)."

tidak sepenuhnya benar. Karena yang terkesan fleksibel itu hanya pemilihan
item-item sisi Column saja (bisa di filter atau pakai slicer)
Padahal hal ini pun sebenarnya masih kurang fleksibel karena user memilih
item tertentu dari pilihan yang lebih banyak dari semestinya. Mestinyakan
user cukup memilih ingin bulan apa saja dan ingin menampilkan nilai apa
saja.

3. Oleh sebab itu, calculated field dan calculated item selalu diusahakan
untuk dapat dibuang dari pivot table (mungkin suatu saat nanti), karena
bisa merusak kanaturalan (fitrah) pivot table.
Untuk hal ini, maka dengan susah payah dibuatkan fitur get external
data yang bisa menyusunkan sumber data yang lebih natural untuk pivot table..
Seiring perkembangan waktu, fitur get external data ini semakin
diperbaiki agar lebih luwes, powerful, dan lebih mudah dipeajari dan
digunakan. Maka muncullah fitur Power Query untuk sisi penyiapan sumber
data dan muncul fitur Power Pivot untuk pembentukan virtual data warehouse.
Jadi, pivot table semakin efisien dalam penggunaannya, karena mendapat
sumber data dari data warehouse (OLAP).

Regards,
Kid

On Thu, Jul 4, 2019 at 10:47 AM hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Mr Kid.
> Terima kasih atas masukannya.
>
> Seingat saya kronologisnya kurang lebih seperti ini :
> - Saya menggunakan Calculated Field "Mutasi' untuk menghitung Debit -
> Kredit
> - Caption bulan "0" saya ganti menjadi Saldo Awal Jan, bulan "1" menjadi
> Mutasi Jan, bulan "2" menjadi Mutasi Feb, dst.
> - Saya menggunakan Calculated Item "Saldo Akhir" untuk menghitung Saldo
> Akhir per periode, mis. Saldo Akhir Jan = Saldo Awal Jan + Mutasi Jan,
> Saldo Akhir Feb = Saldo Akhir Jan + Mutasi Feb, dst.nya.
> Dengan demikian tampilan PivotTable menjadi lebih fleksibel (dapat
> di-ubah2 oleh User).
>
> - Excel yang saya pakai ber-ganti2 yaitu Excel versi 2010, 2013, 2016.
>
> Apakah kedua hal tesebut berpengaruh sehingga data pada PivotTable bida
> dihapus ?
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
> Pada Kamis, 4 Juli 2019 07.15.52 GMT+7, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
>
> Pak HK,
>
> Perlu penjelasan kronologinya agar bisa diketahui penyebabnya secara pasti.
> Pada dasarnya, isi pivot table di area Values tidak dapat diubah nilainya.
> Jika pada object yang tampak seperti pivot table, tetapi sejatinya telah
> berubah menjadi object lain seperti berubah menjadi object tabel tertentu
> (misal karena hasil konversi format Excel, yaitu, file asli dibuat dengan
> xl2010 ke atas, lalu dibuka di xl2003), barulah bisa dilakukan pengubahan
> isi (karena sudah bukan pivot table lagi).
>
> Isi pivot table pada bagian Rows atau Columns bisa diubah hanya sebagai
> caption (teks tampilan), tetapi tidak sebagai data (artinya, tidak akan
> mempengaruhi isi data)
> contoh : item produk di tabel data source adalah produk x,
> diambil oleh pivot table (masuk pivot cache) adalah produk
> x,
> kemudian ditampilkan oleh pivot table sebagai produk x
> lalu ditampilan pivot table diubah oleh user menjadi produk
> xyz
> maka tampilan produk xyz hanya sebagai caption saja (bukan
> mengubah nilai produk x di dalam pivot cache apalagi di tabel data source.
> jika sebuah values milik item produk x yang sudah diubah
> menjadi produk xyz tersebut di double click (show details), yang tampak
> tetaplah produk x (bukan produk xyz).
>
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
> On Wed, Jul 3, 2019 at 9:48 PM hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Selamat malam teman2 Be-Excel.
> Untuk mengisi waktu luang, saya mencoba membuka Pivot Table lama mengenai
> Trial Balance (Neraca Saldo) Blnan dan Ytd yang mengacu kepada file
> Jurnal(1)...(files terlampir).
>
> Satu keanehan terjadi, *ada sel2 di dalam PivotTable yang bisa didelete*....beberapa
> yang saya tes sudah saya beri warna kuning.
>
> *Pertanyaan saya :*
> *Kenapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya ?*
>
> Terima kasih atas kesediaan teman2 untuk meluangkan waktu memberikan
> jawabannya.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar