Selasa, 16 Juli 2019

[belajar-excel] Digest Number 4798

10 Messages

Digest #4798
1c
Re: Mencari Alamat File (Path), NEXT ke kolom B6 by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Merge Tabel by "Stephen Saputro"
2b
Re: Merge Tabel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
Re: Merge Tabel by "Stephen Saputro"
2d
Re: Merge Tabel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2e
Re: Merge Tabel by "Stephen Saputro"
3a
Trs: Fw: Macro Exel Convert ke TXT by "Andre Rahmaidy" andree_bpdsumbar
3b
Re: Trs: Fw: Macro Exel Convert ke TXT by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Jul 16, 2019 1:28 am (PDT) . Posted by:

y.roni35

Dear Mr Kid,

Saya masih gagal paham??



Regards,
Roni

Tue Jul 16, 2019 2:29 am (PDT) . Posted by:

y.roni35

Dear Mr Hendrik,

Saya sudah coba scriptnya, namun file tidak next ke kolom berikutnya justru menimpa kembali kolom sebelumnya. Mohon dibantu lagi. Terimakasih



Regards,
Roni

Tue Jul 16, 2019 3:03 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Lah kan tinggal milih, mau pakai file attachment yang pertama
(xlfilefolderlist_vba_n_pq.xlsm) atau yang kedua (re-PATH.xlsm)

Malah saya yang jadinya gagal paham,
kok ya bisa dua bijik file itu bikin gagal paham

1. kalau pilih xlfilefolderlist_vba_n_pq.xlsm
> syarat : PowerQuery harus sudah ter-install dan aktif -> ini fitur
gratisan yang bisa di-unduh di MS
> contoh pilih folder, lalu ok (seperti gambar 1 dan 2 berikut )

[image: Capture31.JPG]

[image: Capture32.JPG]

trus pilh foder lagi, lalu di OK (seperti gambar 3 dan 4 berikut) :

[image: Capture33.JPG]

[image: Capture34.JPG]

*** lha jadinya cakep gitu loh... lengkap dengan folder sub folder,
fullfilename (path), ada extension nya, bisa difilter si extensionnya. Kok
ya bikin gagal paham sih...
saya malah jadi gagal paham deh...

2. atau mau pakai file re-Path.xlsm
> klik tombol [Path] pilih folder, lalu OK (seperti gambar 1 dan 2
berikut) :

[image: Capture41.JPG]

[image: Capture42.JPG]

lalu klik tombol [Path] lagi, dan pilih folder lagi trus OK (seperti
gambar 3 dan 4 berikut) :

[image: Capture43.JPG]

[image: Capture44.JPG]

*** Lah kan juga cakep, walaupun lebih cakep yang file 1 di atas
tadi. Lengkap semua file dalam setiap subfolder nya juga loh. Kok ya bisa
bikin gagal paham loh
Saya jadi lebih gagal paham lagi deh... lha yang file ini
semuanya seperti file dari Anda...

Mungkin yang bikin gagal paham itu bunyi VBA-nya ya ?
> lah script VBA milik Anda kan cuma bisa baca difolder itu dan satu level
subfolder, makanya gak bikin gagal paham, lah wong kurang seru kemampuannya
baca sub\sub\folder nya

Kalau di-file 1, yang bikin gagal paham script VBA-nya yang cuma ngatur
prosesnya ?
> lah semua proses utama mendaftar file sudah diserahkan ke PowerQuery
kok.. jadinya kan gak perlu ribet mikirin caranya baca daftar file lagi.
Biar PowerQuery ajah yang kerja

Regards,
Kid

On Tue, Jul 16, 2019 at 3:29 PM y.roni35@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Dear Mr Kid,
>
> Saya masih gagal paham??
>
>
>
> Regards,
> Roni
>
>

Tue Jul 16, 2019 2:13 am (PDT) . Posted by:

"Stephen Saputro"

Pak Kid,

Saya sudah mencoba membuat simulasi nya, hanya saja untuk tblHASIL nya
angka nya justru menambah, bukan selisih nya yang di munculin. sbg contoh
misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka 1, dan di tabel satu nya lagi
dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil nya menjadi 3, bukan 1
sebagai selisih nya.

Untuk Grouped Rows nya sudah saya buat seperti di contoh.

Terima kasih

On Tue, Jul 16, 2019 at 8:00 AM Stephen Saputro <stephensaputro@gmail.com>
wrote:

> Terima kasih banyak Pak Kid untuk bantuannya.
>
> Saya akan coba pelajari dulu pak, dan mungkin akan balik dengan pertanyaan
> lagi, semoga tidak bosan2 untuk membantu,hehehehe
>
> On Sun, Jul 14, 2019 at 1:49 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Tapi, jika yang diinginkan adalah menyimpan records perubahan nilai dari
>> waktu ke waktu pengambilan data dari sistem, maka sebaiknya ditambahkan
>> sebuah kolom baru bernama tanggal update.
>> Proses bisa disusun dengan PowerQuery tanpa PowerPivot.
>>
>> Contoh terlampir : (pastikan fitur PowerQuery telah ter-install dan aktif)
>> 1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB (bukan
>> perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
>> 2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
>> pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
>> records baru).
>>
>> Catatan :
>> query pengambilan data dari sistem bisa dikembangkan untuk langsung
>> mengambil ke database sistem atau dari file keluaran sistem.
>> misal, sistem mengeluarkan data dalam bentuk text file, maka query
>> pengambil data dari sistem bisa diubah untuk mengambil langsung ke text
>> file tersebut.
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>> On Sat, Jul 13, 2019 at 6:13 AM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> Ini maksudnya mengambil nilai terbaru dari inputan yang ada ?
>>> Misal :
>>> Jika di xlDB ada item A nilai 100
>>> lalu dari sistem ada item A nilai 200
>>> maka nanti di xlDB harusnya menjadi item A nilai 200
>>> Betulkah ?
>>>
>>> Jika di xlDB ada item B nilai 100
>>> lalu dari sistem tidak ada item B
>>> maka tetap di xlDB ada item B nilai 100
>>> Begitu ?
>>>
>>> Jika di xlDB tidak ada item C
>>> lalu dari sistem ada item C nilai 100
>>> maka di xlDB menjadi ada item C nilai 100
>>> Iya gak ?
>>>
>>> Jika di xlDB ada item D nilai 100
>>> lalu dari sistem ada item D nilai 100
>>> maka di xlDB, item D tetap nilai 100
>>> Gimana ?
>>>
>>> Kalau iya seperti demikian,
>>> Step manualnya begini :
>>> 1.. Copy data dari sistem ke sheet kosong bernama X misalnya
>>> 2. Copy data dari xlDB juga ke sheet bernama X tadi, tapi letakkan di
>>> bawah data dari sistem tadi
>>> 3. Lakukan remove duplicates berdasar semua kolom key selain kolom nilai
>>> (misal Doc dan Tgl)
>>> 4. Hapus semua records di xlDB
>>> 5. Copy hasil di sheet bernama X ke xlDB
>>>
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> On Thu, Jul 11, 2019 at 5:10 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Dear teman2 semuanya,
>>>>
>>>> Mohon kira nya dapat di bantu kasus saya ini. Saya sering mengambil
>>>> data dari sebuah sistem. Data tersebut saya namakan tMaster. Data tersebut
>>>> saya simpan sebagai database di sebuah excel dengan nama tInput.
>>>>
>>>> [image: image.png]
>>>>
>>>> [image: image.png]
>>>>
>>>> Setiap hari nya, data yang ada di sistem selalu berubah, sehingga data
>>>> yang di masukan ke tInput pun berubah. Biasa nya untuk mengetahui data mana
>>>> saja yang berubah, saya mencarinya dengan dengan membuat pivot secara
>>>> manual dengan tabel gabungan antara tInput dan tMaster secara manual juga.
>>>> Dari situ akan keliatan "Difference&quot; nya.
>>>>
>>>> [image: image.png]
>>>>
>>>> [image: image.png]
>>>>
>>>> Dari Difference yang ada, berarti itulah yang saya harus tambahakan ke
>>>> tInput agar tetap bisa update.
>>>>
>>>> Pertanyaan saya bagaimana cara nya agar bisa membuat nya lebih ringkas
>>>> lagi dan tidak usah membuat manual tabel combine dan manual pivot untuk
>>>> mencari differencenya.
>>>>
>>>> Sebelum nya saya sudah coba dengan membuat merge tabel, Jadi saya
>>>> hanya perlu dowload data tMaster dan copy ke sheet tertentu. Tapi hasil
>>>> dari merge tidak sesuai yang di harapkan.
>>>>
>>>>
>>>> Terima kasih
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>
>

Tue Jul 16, 2019 2:28 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm...

Anda pakai file yang mana ? file 1 atau file 2 ?
1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB (bukan
perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
> data baru masuk, lalu refresh

[image: Capture11.JPG]

> hapus isi tabel xlDB

[image: Capture12.JPG]

> copy dari tblHASIL ke xlDB

[image: Capture13.JPG]

2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
records baru).
> data baru masuk, lalu refresh all -> tblHasil akan menghasilkan
records berisi nilai perubahannya.

[image: Capture21.JPG]

> records dari tblHASIL di-copy ke xlDB, lalu refresh all lagi ->
records di tblHASIL akan kosong karena sudah tidak ada selisih

[image: Capture22.JPG]

Lalu, yang disebut :

> "hanya saja untuk tblHASIL nya angka nya justru menambah, bukan selisih
> nya yang di munculin. sbg contoh misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka
> 1, dan di tabel satu nya lagi dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil
> nya menjadi 3, bukan 1 sebagai selisih nya."

itu yang mana ya ?

Regards,
Kid

On Tue, Jul 16, 2019 at 4:13 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Pak Kid,
>
> Saya sudah mencoba membuat simulasi nya, hanya saja untuk tblHASIL nya
> angka nya justru menambah, bukan selisih nya yang di munculin. sbg contoh
> misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka 1, dan di tabel satu nya lagi
> dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil nya menjadi 3, bukan 1
> sebagai selisih nya.
>
> Untuk Grouped Rows nya sudah saya buat seperti di contoh.
>
> Terima kasih
>
> On Tue, Jul 16, 2019 at 8:00 AM Stephen Saputro <stephensaputro@gmail.com>
> wrote:
>
>> Terima kasih banyak Pak Kid untuk bantuannya.
>>
>> Saya akan coba pelajari dulu pak, dan mungkin akan balik dengan
>> pertanyaan lagi, semoga tidak bosan2 untuk membantu,hehehehe
>>
>> On Sun, Jul 14, 2019 at 1:49 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> Tapi, jika yang diinginkan adalah menyimpan records perubahan nilai dari
>>> waktu ke waktu pengambilan data dari sistem, maka sebaiknya ditambahkan
>>> sebuah kolom baru bernama tanggal update.
>>> Proses bisa disusun dengan PowerQuery tanpa PowerPivot.
>>>
>>> Contoh terlampir : (pastikan fitur PowerQuery telah ter-install dan
>>> aktif)
>>> 1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB (bukan
>>> perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
>>> 2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
>>> pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
>>> records baru).
>>>
>>> Catatan :
>>> query pengambilan data dari sistem bisa dikembangkan untuk langsung
>>> mengambil ke database sistem atau dari file keluaran sistem.
>>> misal, sistem mengeluarkan data dalam bentuk text file, maka query
>>> pengambil data dari sistem bisa diubah untuk mengambil langsung ke text
>>> file tersebut..
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>> On Sat, Jul 13, 2019 at 6:13 AM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Ini maksudnya mengambil nilai terbaru dari inputan yang ada ?
>>>> Misal :
>>>> Jika di xlDB ada item A nilai 100
>>>> lalu dari sistem ada item A nilai 200
>>>> maka nanti di xlDB harusnya menjadi item A nilai 200
>>>> Betulkah ?
>>>>
>>>> Jika di xlDB ada item B nilai 100
>>>> lalu dari sistem tidak ada item B
>>>> maka tetap di xlDB ada item B nilai 100
>>>> Begitu ?
>>>>
>>>> Jika di xlDB tidak ada item C
>>>> lalu dari sistem ada item C nilai 100
>>>> maka di xlDB menjadi ada item C nilai 100
>>>> Iya gak ?
>>>>
>>>> Jika di xlDB ada item D nilai 100
>>>> lalu dari sistem ada item D nilai 100
>>>> maka di xlDB, item D tetap nilai 100
>>>> Gimana ?
>>>>
>>>> Kalau iya seperti demikian,
>>>> Step manualnya begini :
>>>> 1. Copy data dari sistem ke sheet kosong bernama X misalnya
>>>> 2. Copy data dari xlDB juga ke sheet bernama X tadi, tapi letakkan di
>>>> bawah data dari sistem tadi
>>>> 3. Lakukan remove duplicates berdasar semua kolom key selain kolom
>>>> nilai (misal Doc dan Tgl)
>>>> 4. Hapus semua records di xlDB
>>>> 5. Copy hasil di sheet bernama X ke xlDB
>>>>
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> On Thu, Jul 11, 2019 at 5:10 PM Stephen Saputro
>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>> wrote:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Dear teman2 semuanya,
>>>>>
>>>>> Mohon kira nya dapat di bantu kasus saya ini. Saya sering mengambil
>>>>> data dari sebuah sistem. Data tersebut saya namakan tMaster. Data tersebut
>>>>> saya simpan sebagai database di sebuah excel dengan nama tInput.
>>>>>
>>>>> [image: image.png]
>>>>>
>>>>> [image: image.png]
>>>>>
>>>>> Setiap hari nya, data yang ada di sistem selalu berubah, sehingga data
>>>>> yang di masukan ke tInput pun berubah. Biasa nya untuk mengetahui data mana
>>>>> saja yang berubah, saya mencarinya dengan dengan membuat pivot secara
>>>>> manual dengan tabel gabungan antara tInput dan tMaster secara manual juga.
>>>>> Dari situ akan keliatan "Difference&quot; nya.
>>>>>
>>>>> [image: image.png]
>>>>>
>>>>> [image: image.png]
>>>>>
>>>>> Dari Difference yang ada, berarti itulah yang saya harus tambahakan ke
>>>>> tInput agar tetap bisa update.
>>>>>
>>>>> Pertanyaan saya bagaimana cara nya agar bisa membuat nya lebih ringkas
>>>>> lagi dan tidak usah membuat manual tabel combine dan manual pivot untuk
>>>>> mencari differencenya.
>>>>>
>>>>> Sebelum nya saya sudah coba dengan membuat merge tabel, Jadi saya
>>>>> hanya perlu dowload data tMaster dan copy ke sheet tertentu. Tapi hasil
>>>>> dari merge tidak sesuai yang di harapkan.
>>>>>
>>>>>
>>>>> Terima kasih
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>

Tue Jul 16, 2019 3:04 am (PDT) . Posted by:

"Stephen Saputro"

Pak Kid,

Saya pake yang file 2 yang mencatat setiap perubahan nilai.

Jadi saya coba buat sendiri lagi di power queary seperti contoh file 2,
hanya saja waktu membuat Grouped Rows, angka nya jadi bertambah seharus nya
kan selisih angka nya saja yang muncul seperti di contoh file 2

On Tue, Jul 16, 2019 at 4:29 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> hmmm...
>
> Anda pakai file yang mana ? file 1 atau file 2 ?
> 1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB (bukan
> perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
> > data baru masuk, lalu refresh
>
> [image: Capture11.JPG]
>
> > hapus isi tabel xlDB
>
> [image: Capture12.JPG]
>
> > copy dari tblHASIL ke xlDB
>
> [image: Capture13.JPG]
>
>
> 2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
> pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
> records baru).
> > data baru masuk, lalu refresh all -> tblHasil akan menghasilkan
> records berisi nilai perubahannya.
>
> [image: Capture21.JPG]
>
> > records dari tblHASIL di-copy ke xlDB, lalu refresh all lagi ->
> records di tblHASIL akan kosong karena sudah tidak ada selisih
>
> [image: Capture22.JPG]
>
> Lalu, yang disebut :
>
>> "hanya saja untuk tblHASIL nya angka nya justru menambah, bukan selisih
>> nya yang di munculin. sbg contoh misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka
>> 1, dan di tabel satu nya lagi dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil
>> nya menjadi 3, bukan 1 sebagai selisih nya."
>
> itu yang mana ya ?
>
>
> Regards,
> Kid
>
>
> On Tue, Jul 16, 2019 at 4:13 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Pak Kid,
>>
>> Saya sudah mencoba membuat simulasi nya, hanya saja untuk tblHASIL nya
>> angka nya justru menambah, bukan selisih nya yang di munculin. sbg contoh
>> misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka 1, dan di tabel satu nya lagi
>> dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil nya menjadi 3, bukan 1
>> sebagai selisih nya.
>>
>> Untuk Grouped Rows nya sudah saya buat seperti di contoh.
>>
>> Terima kasih
>>
>> On Tue, Jul 16, 2019 at 8:00 AM Stephen Saputro <stephensaputro@gmail.com>
>> wrote:
>>
>>> Terima kasih banyak Pak Kid untuk bantuannya.
>>>
>>> Saya akan coba pelajari dulu pak, dan mungkin akan balik dengan
>>> pertanyaan lagi, semoga tidak bosan2 untuk membantu,hehehehe
>>>
>>> On Sun, Jul 14, 2019 at 1:49 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Tapi, jika yang diinginkan adalah menyimpan records perubahan nilai
>>>> dari waktu ke waktu pengambilan data dari sistem, maka sebaiknya
>>>> ditambahkan sebuah kolom baru bernama tanggal update.
>>>> Proses bisa disusun dengan PowerQuery tanpa PowerPivot.
>>>>
>>>> Contoh terlampir : (pastikan fitur PowerQuery telah ter-install dan
>>>> aktif)
>>>> 1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB
>>>> (bukan perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
>>>> 2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
>>>> pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
>>>> records baru).
>>>>
>>>> Catatan :
>>>> query pengambilan data dari sistem bisa dikembangkan untuk langsung
>>>> mengambil ke database sistem atau dari file keluaran sistem.
>>>> misal, sistem mengeluarkan data dalam bentuk text file, maka query
>>>> pengambil data dari sistem bisa diubah untuk mengambil langsung ke text
>>>> file tersebut..
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> On Sat, Jul 13, 2019 at 6:13 AM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Ini maksudnya mengambil nilai terbaru dari inputan yang ada ?
>>>>> Misal :
>>>>> Jika di xlDB ada item A nilai 100
>>>>> lalu dari sistem ada item A nilai 200
>>>>> maka nanti di xlDB harusnya menjadi item A nilai 200
>>>>> Betulkah ?
>>>>>
>>>>> Jika di xlDB ada item B nilai 100
>>>>> lalu dari sistem tidak ada item B
>>>>> maka tetap di xlDB ada item B nilai 100
>>>>> Begitu ?
>>>>>
>>>>> Jika di xlDB tidak ada item C
>>>>> lalu dari sistem ada item C nilai 100
>>>>> maka di xlDB menjadi ada item C nilai 100
>>>>> Iya gak ?
>>>>>
>>>>> Jika di xlDB ada item D nilai 100
>>>>> lalu dari sistem ada item D nilai 100
>>>>> maka di xlDB, item D tetap nilai 100
>>>>> Gimana ?
>>>>>
>>>>> Kalau iya seperti demikian,
>>>>> Step manualnya begini :
>>>>> 1. Copy data dari sistem ke sheet kosong bernama X misalnya
>>>>> 2. Copy data dari xlDB juga ke sheet bernama X tadi, tapi letakkan di
>>>>> bawah data dari sistem tadi
>>>>> 3. Lakukan remove duplicates berdasar semua kolom key selain kolom
>>>>> nilai (misal Doc dan Tgl)
>>>>> 4. Hapus semua records di xlDB
>>>>> 5. Copy hasil di sheet bernama X ke xlDB
>>>>>
>>>>>
>>>>> Regards,
>>>>> Kid
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> On Thu, Jul 11, 2019 at 5:10 PM Stephen Saputro
>>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <
>>>>> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Dear teman2 semuanya,
>>>>>>
>>>>>> Mohon kira nya dapat di bantu kasus saya ini. Saya sering mengambil
>>>>>> data dari sebuah sistem. Data tersebut saya namakan tMaster. Data tersebut
>>>>>> saya simpan sebagai database di sebuah excel dengan nama tInput.
>>>>>>
>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>
>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>
>>>>>> Setiap hari nya, data yang ada di sistem selalu berubah, sehingga
>>>>>> data yang di masukan ke tInput pun berubah. Biasa nya untuk mengetahui data
>>>>>> mana saja yang berubah, saya mencarinya dengan dengan membuat pivot secara
>>>>>> manual dengan tabel gabungan antara tInput dan tMaster secara manual juga.
>>>>>> Dari situ akan keliatan "Difference&quot; nya.
>>>>>>
>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>
>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>
>>>>>> Dari Difference yang ada, berarti itulah yang saya harus tambahakan
>>>>>> ke tInput agar tetap bisa update.
>>>>>>
>>>>>> Pertanyaan saya bagaimana cara nya agar bisa membuat nya lebih
>>>>>> ringkas lagi dan tidak usah membuat manual tabel combine dan manual pivot
>>>>>> untuk mencari differencenya.
>>>>>>
>>>>>> Sebelum nya saya sudah coba dengan membuat merge tabel, Jadi saya
>>>>>> hanya perlu dowload data tMaster dan copy ke sheet tertentu. Tapi hasil
>>>>>> dari merge tidak sesuai yang di harapkan.
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Terima kasih
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>

Tue Jul 16, 2019 3:05 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh gitu...
berarti ada yang kurang teliti dalam meniru prosesnya.
dicoba lagi untuk lebih teliti ya...

met mencoba...

Regards,
Kid

On Tue, Jul 16, 2019 at 5:04 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Pak Kid,
>
> Saya pake yang file 2 yang mencatat setiap perubahan nilai.
>
> Jadi saya coba buat sendiri lagi di power queary seperti contoh file 2,
> hanya saja waktu membuat Grouped Rows, angka nya jadi bertambah seharus nya
> kan selisih angka nya saja yang muncul seperti di contoh file 2
>
> On Tue, Jul 16, 2019 at 4:29 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> hmmm....
>>
>> Anda pakai file yang mana ? file 1 atau file 2 ?
>> 1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB (bukan
>> perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
>> > data baru masuk, lalu refresh
>>
>> [image: Capture11.JPG]
>>
>> > hapus isi tabel xlDB
>>
>> [image: Capture12.JPG]
>>
>> > copy dari tblHASIL ke xlDB
>>
>> [image: Capture13.JPG]
>>
>>
>> 2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
>> pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
>> records baru).
>> > data baru masuk, lalu refresh all -> tblHasil akan menghasilkan
>> records berisi nilai perubahannya.
>>
>> [image: Capture21.JPG]
>>
>> > records dari tblHASIL di-copy ke xlDB, lalu refresh all lagi ->
>> records di tblHASIL akan kosong karena sudah tidak ada selisih
>>
>> [image: Capture22.JPG]
>>
>> Lalu, yang disebut :
>>
>>> "hanya saja untuk tblHASIL nya angka nya justru menambah, bukan selisih
>>> nya yang di munculin. sbg contoh misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka
>>> 1, dan di tabel satu nya lagi dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil
>>> nya menjadi 3, bukan 1 sebagai selisih nya."
>>
>> itu yang mana ya ?
>>
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>> On Tue, Jul 16, 2019 at 4:13 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> Pak Kid,
>>>
>>> Saya sudah mencoba membuat simulasi nya, hanya saja untuk tblHASIL nya
>>> angka nya justru menambah, bukan selisih nya yang di munculin. sbg contoh
>>> misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka 1, dan di tabel satu nya lagi
>>> dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil nya menjadi 3, bukan 1
>>> sebagai selisih nya.
>>>
>>> Untuk Grouped Rows nya sudah saya buat seperti di contoh.
>>>
>>> Terima kasih
>>>
>>> On Tue, Jul 16, 2019 at 8:00 AM Stephen Saputro <
>>> stephensaputro@gmail.com> wrote:
>>>
>>>> Terima kasih banyak Pak Kid untuk bantuannya.
>>>>
>>>> Saya akan coba pelajari dulu pak, dan mungkin akan balik dengan
>>>> pertanyaan lagi, semoga tidak bosan2 untuk membantu,hehehehe
>>>>
>>>> On Sun, Jul 14, 2019 at 1:49 PM 'Mr.. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Tapi, jika yang diinginkan adalah menyimpan records perubahan nilai
>>>>> dari waktu ke waktu pengambilan data dari sistem, maka sebaiknya
>>>>> ditambahkan sebuah kolom baru bernama tanggal update.
>>>>> Proses bisa disusun dengan PowerQuery tanpa PowerPivot.
>>>>>
>>>>> Contoh terlampir : (pastikan fitur PowerQuery telah ter-install dan
>>>>> aktif)
>>>>> 1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB
>>>>> (bukan perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
>>>>> 2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
>>>>> pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
>>>>> records baru).
>>>>>
>>>>> Catatan :
>>>>> query pengambilan data dari sistem bisa dikembangkan untuk langsung
>>>>> mengambil ke database sistem atau dari file keluaran sistem.
>>>>> misal, sistem mengeluarkan data dalam bentuk text file, maka query
>>>>> pengambil data dari sistem bisa diubah untuk mengambil langsung ke text
>>>>> file tersebut..
>>>>>
>>>>> Regards,
>>>>> Kid
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> On Sat, Jul 13, 2019 at 6:13 AM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Ini maksudnya mengambil nilai terbaru dari inputan yang ada ?
>>>>>> Misal :
>>>>>> Jika di xlDB ada item A nilai 100
>>>>>> lalu dari sistem ada item A nilai 200
>>>>>> maka nanti di xlDB harusnya menjadi item A nilai 200
>>>>>> Betulkah ?
>>>>>>
>>>>>> Jika di xlDB ada item B nilai 100
>>>>>> lalu dari sistem tidak ada item B
>>>>>> maka tetap di xlDB ada item B nilai 100
>>>>>> Begitu ?
>>>>>>
>>>>>> Jika di xlDB tidak ada item C
>>>>>> lalu dari sistem ada item C nilai 100
>>>>>> maka di xlDB menjadi ada item C nilai 100
>>>>>> Iya gak ?
>>>>>>
>>>>>> Jika di xlDB ada item D nilai 100
>>>>>> lalu dari sistem ada item D nilai 100
>>>>>> maka di xlDB, item D tetap nilai 100
>>>>>> Gimana ?
>>>>>>
>>>>>> Kalau iya seperti demikian,
>>>>>> Step manualnya begini :
>>>>>> 1. Copy data dari sistem ke sheet kosong bernama X misalnya
>>>>>> 2. Copy data dari xlDB juga ke sheet bernama X tadi, tapi letakkan di
>>>>>> bawah data dari sistem tadi
>>>>>> 3. Lakukan remove duplicates berdasar semua kolom key selain kolom
>>>>>> nilai (misal Doc dan Tgl)
>>>>>> 4. Hapus semua records di xlDB
>>>>>> 5. Copy hasil di sheet bernama X ke xlDB
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Regards,
>>>>>> Kid
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> On Thu, Jul 11, 2019 at 5:10 PM Stephen Saputro
>>>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <
>>>>>> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Dear teman2 semuanya,
>>>>>>>
>>>>>>> Mohon kira nya dapat di bantu kasus saya ini. Saya sering mengambil
>>>>>>> data dari sebuah sistem. Data tersebut saya namakan tMaster. Data tersebut
>>>>>>> saya simpan sebagai database di sebuah excel dengan nama tInput.
>>>>>>>
>>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>>
>>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>>
>>>>>>> Setiap hari nya, data yang ada di sistem selalu berubah, sehingga
>>>>>>> data yang di masukan ke tInput pun berubah. Biasa nya untuk mengetahui data
>>>>>>> mana saja yang berubah, saya mencarinya dengan dengan membuat pivot secara
>>>>>>> manual dengan tabel gabungan antara tInput dan tMaster secara manual juga.
>>>>>>> Dari situ akan keliatan "Difference&quot; nya.
>>>>>>>
>>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>>
>>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>>
>>>>>>> Dari Difference yang ada, berarti itulah yang saya harus tambahakan
>>>>>>> ke tInput agar tetap bisa update.
>>>>>>>
>>>>>>> Pertanyaan saya bagaimana cara nya agar bisa membuat nya lebih
>>>>>>> ringkas lagi dan tidak usah membuat manual tabel combine dan manual pivot
>>>>>>> untuk mencari differencenya.
>>>>>>>
>>>>>>> Sebelum nya saya sudah coba dengan membuat merge tabel, Jadi saya
>>>>>>> hanya perlu dowload data tMaster dan copy ke sheet tertentu. Tapi hasil
>>>>>>> dari merge tidak sesuai yang di harapkan.
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Terima kasih
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>

Tue Jul 16, 2019 3:10 am (PDT) . Posted by:

"Stephen Saputro"

Hehehe, baik pak saya coba lagi

On Tue, Jul 16, 2019 at 5:06 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> oh gitu...
> berarti ada yang kurang teliti dalam meniru prosesnya.
> dicoba lagi untuk lebih teliti ya...
>
> met mencoba...
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
> On Tue, Jul 16, 2019 at 5:04 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
> <belajar-excel@yahoogroups..com>> wrote:
>
>>
>>
>> Pak Kid,
>>
>> Saya pake yang file 2 yang mencatat setiap perubahan nilai.
>>
>> Jadi saya coba buat sendiri lagi di power queary seperti contoh file 2,
>> hanya saja waktu membuat Grouped Rows, angka nya jadi bertambah seharus nya
>> kan selisih angka nya saja yang muncul seperti di contoh file 2
>>
>> On Tue, Jul 16, 2019 at 4:29 PM 'Mr.. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> hmmm....
>>>
>>> Anda pakai file yang mana ? file 1 atau file 2 ?
>>> 1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB (bukan
>>> perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
>>> > data baru masuk, lalu refresh
>>>
>>> [image: Capture11.JPG]
>>>
>>> > hapus isi tabel xlDB
>>>
>>> [image: Capture12.JPG]
>>>
>>> > copy dari tblHASIL ke xlDB
>>>
>>> [image: Capture13.JPG]
>>>
>>>
>>> 2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
>>> pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
>>> records baru).
>>> > data baru masuk, lalu refresh all -> tblHasil akan menghasilkan
>>> records berisi nilai perubahannya.
>>>
>>> [image: Capture21.JPG]
>>>
>>> > records dari tblHASIL di-copy ke xlDB, lalu refresh all lagi ->
>>> records di tblHASIL akan kosong karena sudah tidak ada selisih
>>>
>>> [image: Capture22.JPG]
>>>
>>> Lalu, yang disebut :
>>>
>>>> "hanya saja untuk tblHASIL nya angka nya justru menambah, bukan selisih
>>>> nya yang di munculin. sbg contoh misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka
>>>> 1, dan di tabel satu nya lagi dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil
>>>> nya menjadi 3, bukan 1 sebagai selisih nya."
>>>
>>> itu yang mana ya ?
>>>
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>> On Tue, Jul 16, 2019 at 4:13 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak Kid,
>>>>
>>>> Saya sudah mencoba membuat simulasi nya, hanya saja untuk tblHASIL nya
>>>> angka nya justru menambah, bukan selisih nya yang di munculin. sbg contoh
>>>> misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka 1, dan di tabel satu nya lagi
>>>> dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil nya menjadi 3, bukan 1
>>>> sebagai selisih nya.
>>>>
>>>> Untuk Grouped Rows nya sudah saya buat seperti di contoh.
>>>>
>>>> Terima kasih
>>>>
>>>> On Tue, Jul 16, 2019 at 8:00 AM Stephen Saputro <
>>>> stephensaputro@gmail.com> wrote:
>>>>
>>>>> Terima kasih banyak Pak Kid untuk bantuannya.
>>>>>
>>>>> Saya akan coba pelajari dulu pak, dan mungkin akan balik dengan
>>>>> pertanyaan lagi, semoga tidak bosan2 untuk membantu,hehehehe
>>>>>
>>>>> On Sun, Jul 14, 2019 at 1:49 PM 'Mr.. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Tapi, jika yang diinginkan adalah menyimpan records perubahan nilai
>>>>>> dari waktu ke waktu pengambilan data dari sistem, maka sebaiknya
>>>>>> ditambahkan sebuah kolom baru bernama tanggal update.
>>>>>> Proses bisa disusun dengan PowerQuery tanpa PowerPivot.
>>>>>>
>>>>>> Contoh terlampir : (pastikan fitur PowerQuery telah ter-install dan
>>>>>> aktif)
>>>>>> 1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB
>>>>>> (bukan perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
>>>>>> 2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
>>>>>> pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
>>>>>> records baru).
>>>>>>
>>>>>> Catatan :
>>>>>> query pengambilan data dari sistem bisa dikembangkan untuk langsung
>>>>>> mengambil ke database sistem atau dari file keluaran sistem.
>>>>>> misal, sistem mengeluarkan data dalam bentuk text file, maka query
>>>>>> pengambil data dari sistem bisa diubah untuk mengambil langsung ke text
>>>>>> file tersebut..
>>>>>>
>>>>>> Regards,
>>>>>> Kid
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> On Sat, Jul 13, 2019 at 6:13 AM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Ini maksudnya mengambil nilai terbaru dari inputan yang ada ?
>>>>>>> Misal :
>>>>>>> Jika di xlDB ada item A nilai 100
>>>>>>> lalu dari sistem ada item A nilai 200
>>>>>>> maka nanti di xlDB harusnya menjadi item A nilai 200
>>>>>>> Betulkah ?
>>>>>>>
>>>>>>> Jika di xlDB ada item B nilai 100
>>>>>>> lalu dari sistem tidak ada item B
>>>>>>> maka tetap di xlDB ada item B nilai 100
>>>>>>> Begitu ?
>>>>>>>
>>>>>>> Jika di xlDB tidak ada item C
>>>>>>> lalu dari sistem ada item C nilai 100
>>>>>>> maka di xlDB menjadi ada item C nilai 100
>>>>>>> Iya gak ?
>>>>>>>
>>>>>>> Jika di xlDB ada item D nilai 100
>>>>>>> lalu dari sistem ada item D nilai 100
>>>>>>> maka di xlDB, item D tetap nilai 100
>>>>>>> Gimana ?
>>>>>>>
>>>>>>> Kalau iya seperti demikian,
>>>>>>> Step manualnya begini :
>>>>>>> 1. Copy data dari sistem ke sheet kosong bernama X misalnya
>>>>>>> 2. Copy data dari xlDB juga ke sheet bernama X tadi, tapi letakkan
>>>>>>> di bawah data dari sistem tadi
>>>>>>> 3. Lakukan remove duplicates berdasar semua kolom key selain kolom
>>>>>>> nilai (misal Doc dan Tgl)
>>>>>>> 4. Hapus semua records di xlDB
>>>>>>> 5. Copy hasil di sheet bernama X ke xlDB
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Regards,
>>>>>>> Kid
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> On Thu, Jul 11, 2019 at 5:10 PM Stephen Saputro
>>>>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <
>>>>>>> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Dear teman2 semuanya,
>>>>>>>>
>>>>>>>> Mohon kira nya dapat di bantu kasus saya ini. Saya sering mengambil
>>>>>>>> data dari sebuah sistem. Data tersebut saya namakan tMaster. Data tersebut
>>>>>>>> saya simpan sebagai database di sebuah excel dengan nama tInput.
>>>>>>>>
>>>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>>>
>>>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>>>
>>>>>>>> Setiap hari nya, data yang ada di sistem selalu berubah, sehingga
>>>>>>>> data yang di masukan ke tInput pun berubah. Biasa nya untuk mengetahui data
>>>>>>>> mana saja yang berubah, saya mencarinya dengan dengan membuat pivot secara
>>>>>>>> manual dengan tabel gabungan antara tInput dan tMaster secara manual juga.
>>>>>>>> Dari situ akan keliatan "Difference&quot; nya.
>>>>>>>>
>>>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>>>
>>>>>>>> [image: image.png]
>>>>>>>>
>>>>>>>> Dari Difference yang ada, berarti itulah yang saya harus tambahakan
>>>>>>>> ke tInput agar tetap bisa update.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Pertanyaan saya bagaimana cara nya agar bisa membuat nya lebih
>>>>>>>> ringkas lagi dan tidak usah membuat manual tabel combine dan manual pivot
>>>>>>>> untuk mencari differencenya.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Sebelum nya saya sudah coba dengan membuat merge tabel, Jadi saya
>>>>>>>> hanya perlu dowload data tMaster dan copy ke sheet tertentu. Tapi hasil
>>>>>>>> dari merge tidak sesuai yang di harapkan.
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Terima kasih
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>

Tue Jul 16, 2019 10:20 am (PDT) . Posted by:

"Andre Rahmaidy" andree_bpdsumbar

Selamat malam
Terkait dengan pertanyaan saya mengenai macro excel convert TXT, belum ada yang menanggapi atw membantu mencari solisi terkait permasalahan aplikasi macro excel mungkin saya perjelas lagi terkait dengan pertanyaan saya kemaren..Aplikasi macro excel tsbt merupakan tools yg dibuat untuk menghasilkan file txt.. permasalahannya didalam tabel excel tersebut kolom F (Kab/Kota) yang kosong, hasil aplikasi macro excel tersebut dalam bentuk file TXT untuk kolom F Hasilnya seperti ini 0000, yang saya inginkan gimana script/coding di macro excelnya untuk kolom F yang kosong tersebut hasilnya spasi 4 (empat) kali bukan nol 4..Demikianlah yng saya sampaikan, dengan ini saya ucapkan terima kasih..
Wassalam
Andree
Dikirim dari Yahoo Mail di Android

----- Pesan yang Diteruskan ----- Dari: "Andre Rahmaidy" <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> Kepada: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com> Cc: Terkirim: Sen, 15 Jul 2019 pada 23:45 Judul: Fw: Macro Exel Convert ke TXT ----- Pesan yang Diteruskan ----- Dari: Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>Terkirim: Senin, 15 Juli 2019 23.27.58 WIBJudul: Macro Exel Convert ke TXT
Dear Para Suhu

Ada yang mau saya sampaikan terkait dengan macro excel yang saya punya yang ingin tanyakan saya adalah :
1. macro excel yng saya punya convert data dari excel yang outputnya TXT, sesuai dengan kriteria yang diinginkan,trus saya ingin ada penambahan terkait dengan baris/record pertama kolom terakhir kosong (tidak ada angka) di output TXT diisi dengan spasi 4 kali.. sedangkan kolom yang ada isi tetap seperti biasanya, terlampir file macro excelnya..
Terimakasih sebelumnya buat para suhu atas tanggapan dan pencerahannya.

Nb. Pass Macro ******

Regards

Andre

Tue Jul 16, 2019 4:51 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Cells kosong by default akan setara dengan berisi 0 (jika bertipe numerik,
berlaku di dalam Excel worksheet saja) atau nullstring (seperti hasil
formula ="", jika bertipe text, berlaku di Excel worksheet maupun di VBA).

JIka saat ini cells kosong menghasilkan 0000, kemungkinan besar Anda
menggunakan formula Text atau IF (di Excel worksheet) atau dengan fungsi
Format atau blok IF (di VBA).
Jika Anda menggunakan formula IF (di Excel worksheet) atau blok IF (di
VBA), tentu hal ini tidak menimbulkan masalah, karena Anda lebih mengenal
bagian yang harus disesuaikan.
Jadi, kemungkinannya adalah Anda menggunakan formula Text (di Excel
worksheet) atau fungsi Format (di VBA).

1. Jika Anda menggunakan fungsi Format di VBA dan hasil cells kosong adalah
0000, maka bunyi script Anda kira-kira begini :
format( clng( alamat_cells.value ) , "0000" )
supaya 0000 pada cells kosong berubah menjadi spasi 4 karakter, maka
bunyi tersebut diproses lebih lanjut dengan replace, sehingga berubah
menjadi :
replace( format( clng( alamat_cells.value ) , "0000" ) , 0 ,
" " )

2. Jika Anda menggunakan formula Text Excel Worksheet yang secara default
cells kosong akan setara nilai 0 dan menjadi 0000, maka bunyi formula Anda
kira-kira begini :
*=text(alamat_cells,"0000")*
kalau bunyi formula ini dipasang dengan VBA, maka sebuah karakter " (1
bijik karakter petik dua) harus diubah menjadi "" (2 bijik karakter petik
dua) :
cells_target.formula= *"=text(alamat_cells,""0000"")"*

Jika Anda mempelajari number format sebuah cells Excel, maka part dalam
number format adalah :
format_nilai_positif ; format_nilai_negatif ; format_nilai_nol
; format_teks

Dengan kaidah number format tersebut dan juga default cells kosong
adalah 0 ketika bertipe numerik (default cells Excel adalah bertipe numerik
Double),
maka bunyi format yang dibutuhkan untuk menghasilkan spasi 4 karakter
ketika cells berisi nilai 0 atau kosong, dan menghasilkan 4 digit angka
ketika cells berisi nilai selain 0 atau selain kosong :
0000;;" "

Jika format ini digunakan dalam formula Text, menjadi : (ingat, setiap
1 bijik karakter petik dua yang ada di dalam blok petik dua lainnya harus
menjadi 2 bijik karakter petik dua)
*=text(alamat_cells,"0000;;"" """)*
kalau bunyi formula ini dipasang dengan VBA, maka sebuah karakter " (1
bijik karakter petik dua) harus diubah menjadi "" (2 bijik karakter petik
dua) :
cells_target.formula= *"**=text(alamat_cells,""0000;;""""
"""""")**"*

Regards,
Kid

On Wed, Jul 17, 2019 at 12:20 AM Andre Rahmaidy andree_bpdsumbar@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Selamat malam
>
> Terkait dengan pertanyaan saya mengenai macro excel convert TXT, belum ada
> yang menanggapi atw membantu mencari solisi terkait permasalahan aplikasi
> macro excel mungkin saya perjelas lagi terkait dengan pertanyaan saya
> kemaren..
> Aplikasi macro excel tsbt merupakan tools yg dibuat untuk menghasilkan
> file txt.. permasalahannya didalam tabel excel tersebut kolom F (Kab/Kota)
> yang kosong, hasil aplikasi macro excel tersebut dalam bentuk file TXT
> untuk kolom F Hasilnya seperti ini 0000, yang saya inginkan gimana
> script/coding di macro excelnya untuk kolom F yang kosong tersebut hasilnya
> spasi 4 (empat) kali bukan nol 4..
> Demikianlah yng saya sampaikan, dengan ini saya ucapkan terima kasih..
>
> Wassalam
>
> Andree
>
> Dikirim dari Yahoo Mail di Android
> <https://go.onelink.me/107872968?pid=InProduct&c=Global_Internal_YGrowth_AndroidEmailSig__AndroidUsers&af_wl=ym&af_sub1=Internal&af_sub2=Global_YGrowth&af_sub3=EmailSignature>
>
> ----- Pesan yang Diteruskan -----
> *Dari:* "Andre Rahmaidy" <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id>
> *Kepada:* "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Cc:*
> *Terkirim:* Sen, 15 Jul 2019 pada 23:45
> *Judul:* Fw: Macro Exel Convert ke TXT
> ----- Pesan yang Diteruskan -----
> *Dari:* Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Terkirim:* Senin, 15 Juli 2019 23.27.58 WIB
> *Judul:* Macro Exel Convert ke TXT
>
> Dear Para Suhu
>
> Ada yang mau saya sampaikan terkait dengan macro excel yang saya punya
> yang ingin tanyakan saya adalah :
> 1. macro excel yng saya punya convert data dari excel yang outputnya TXT,
> sesuai dengan kriteria yang diinginkan,trus saya ingin ada penambahan
> terkait dengan baris/record pertama kolom terakhir kosong (tidak ada angka)
> di output TXT diisi dengan spasi 4 kali.. sedangkan kolom yang ada isi
> tetap seperti biasanya, terlampir file macro excelnya..
> Terimakasih sebelumnya buat para suhu atas tanggapan dan pencerahannya.
>
> Nb. Pass Macro ******
>
> Regards
>
> Andre
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar