Messages In This Digest (24 Messages)
- 1a.
- Re: Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan From: Muhammad HENDRA
- 1b.
- Re: Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan From: Kid Mr.
- 1c.
- Re: Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan From: Muhammad HENDRA
- 2a.
- Re: Help me please From: ppc lambda
- 2b.
- Re: Help me please From: Asror Al-Aliif's
- 3a.
- Re: filter urut dengan formula From: Kid Mr.
- 3b.
- Re: filter urut dengan formula From: yulian nugroho
- 3c.
- Re: filter urut dengan formula From: jkssxls Sudarsono
- 3d.
- Re: filter urut dengan formula From: jkssxls Sudarsono
- 3e.
- Re: filter urut dengan formula From: jkssxls Sudarsono
- 3f.
- Re: filter urut dengan formula From: Kid Mr.
- 4a.
- menghilangkan tulisan Bintang From: Agus Waluyo
- 4b.
- Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang From: ghozi alkatiri
- 4c.
- Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang From: dwint ruswanto
- 4d.
- Re: menghilangkan tulisan Bintang From: Kid Mr.
- 4e.
- Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang From: dwint ruswanto
- 4f.
- Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang From: ghozi alkatiri
- 4g.
- Re: Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang From: summonery
- 4h.
- Bls: Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang From: Agus Waluyo
- 5a.
- Bls: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu From: Dewan Deya
- 5b.
- Re: Copy file ke folder tertentu From: Kid Mr.
- 5c.
- Mohon Sertakan File Excel Untuk Copy file ke folder tertentu From: agus manggala
- 5d.
- Re: Mohon Sertakan File Excel Untuk Copy file ke folder tertentu From: Kid Mr.
- 6.
- ngilangin compatibility mode From: yulian nugroho
Messages
- 1a.
-
Re: Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan
Posted by: "Muhammad HENDRA" muhammad.hendra@external.total.com
Mon Nov 7, 2011 5:06 pm (PST)
Pak Ghozi Alkatiri…
Terima kasih banyak atas bantuan & petunjuknya..
Alhamdullilah… Berhasil.
Best Regards.
M.Hendra
From:
Sent:
Subject:
Buat define name untuk masing masing range berdasarkan abjad
yang dikombinasikan dengan (_) underscore karena untuk huruf C tanpa under score tidak bisa dijadikan nama range. untuk keseragaman sebaiknya seluruhnya range menggunakan nama dengan kombinasi abjad dan underscore
C3:C8 bernama _A
C9:C11 bernama _B
C12:C13 bernama _C
C14:C22 bernama _D
selanjutnya pada pengisian source pada validation
ketika posisi validation ada di J3 yang nilainya tergantung pada isian di kirinya I3 maka isikan
=INDIRECT("_"&I3)
selanjutnya copy ke baris dibawahnya .
dengan cara ini maka input validationny akan dinamis
lihat attachment
wassalam
Ghozi Alkatiri
_____________________ _________ __
Dari: Muhammad HENDRA <muhammad.hendra@external. >total.com
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Dikirim: Senin, 7 November 2011 16:07
Judul: [belajar-excel] Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan
Dear Be-Excel,
Saya punya Tabel Kelas & Kategori terlampir yang hendak saya buatkan Validation Listnya.
Jadi apabila di Row Mangga saya masukan Kelas "A", maka pilihan atau validation list untuk
Kategori kelas A akan Muncul sesuai dengan tabelnya.
begitu juga dengan row yang lain.
Mohon bantuannya para suhu.
Best Regards,
M.Hendra
- 1b.
-
Re: Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Mon Nov 7, 2011 5:51 pm (PST)
Coba buat sebuah daftar kelas untuk menjadi data validation list di kolom I
(Kelas).
Kemudian pada J3, buat data validation list dengan Source berisi formula :
=OFFSET($C$2,MATCH($I3, $B$3:$B$22, 0),0,COUNTIF( $B$3:$B$22, $I3))
Syaratnya :
Tabel kategori terurut berdasar kolom kelas.
Wassalam.
Kid.
2011/11/7 Muhammad HENDRA <muhammad.hendra@external. >total.com
> **
>
>
> Dear Be-Excel,****
>
> Saya punya Tabel Kelas & Kategori terlampir yang hendak saya buatkan
> Validation Listnya.****
>
> Jadi apabila di Row Mangga saya masukan Kelas "A", maka pilihan atau
> validation list untuk****
>
> Kategori kelas A akan Muncul sesuai dengan tabelnya.****
>
> begitu juga dengan row yang lain.****
>
> Mohon bantuannya para suhu.****
>
> ** **
>
> Best Regards,****
>
> M.Hendra ****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Best Regards,****
>
> M.Hendra****
>
> FO/INS/OPS_Support : 53-3063 : Porta Camp Ex.Elnusa****
>
> ** **
>
>
>
- 1c.
-
Re: Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan
Posted by: "Muhammad HENDRA" muhammad.hendra@external.total.com
Mon Nov 7, 2011 7:09 pm (PST)
Mantaps Mr. Kid.
Berhasil semuanya termasuk bantuan dari Pak Ghozi Alkatiri�
Terima kasih banyak atas kebaikannya� :)
Best Regards.
M.Hendra
From: belajar-excel@yahoogroups. [mailto:belajar-excel@com yahoogroups. ] On Behalf Of Kid Mr.com
Sent: Tuesday, November 08, 2011 9:51 AM
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat Validation List yang dapat menyesuaikan
Coba buat sebuah daftar kelas untuk menjadi data validation list di kolom I (Kelas).
Kemudian pada J3, buat data validation list dengan Source berisi formula :
=OFFSET($C$2,MATCH($I3, $B$3:$B$22, 0),0,COUNTIF( $B$3:$B$22, $I3))
Syaratnya :
Tabel kategori terurut berdasar kolom kelas.
Wassalam.
Kid.
2011/11/7 Muhammad HENDRA <muhammad.hendra@external. <mailto:muhammad.hendra@total.com external. >>total.com
Dear Be-Excel,
Saya punya Tabel Kelas & Kategori terlampir yang hendak saya buatkan Validation Listnya.
Jadi apabila di Row Mangga saya masukan Kelas "A", maka pilihan atau validation list untuk
Kategori kelas A akan Muncul sesuai dengan tabelnya.
begitu juga dengan row yang lain.
Mohon bantuannya para suhu.
Best Regards,
M.Hendra
Best Regards,
M.Hendra
FO/INS/OPS_Support : 53-3063 : Porta Camp Ex.Elnusa
- 2a.
-
Re: Help me please
Posted by: "ppc lambda" ppc_03@sami.co.id
Mon Nov 7, 2011 5:12 pm (PST)
selamat pagi pak
saya nyubi juga,dan mencoba ikut memberi solusi
dengan menambahkan code program di tombol SAVE
Terimakasih
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.
@bdul
SAMI -*- Planning Production Control
Lambda
----- Original Message -----
From: Asror Al-Aliif's
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Monday, November 07, 2011 10:02 AM
Subject: [belajar-excel] Help me please
Selamat pagi,
Rekan BeExcel yang berbahagia, mohon bantuan lagi yah?
Saya punya userform input data, dan data tersebut akan saya masukkan ke sheet, melalui userform (klik cmdbutton) berhasil, tapi itu untuk input data pertama, untuk inputan data kedua itu akan mengganti inputan data yang pertama, bagaimana caranya agar inputan kedua dan ketiga n selanjutnya itu mengisi baris bawahnya yang ksong?
Form terlampir,
Terimakasih,
Asror
- 2b.
-
Re: Help me please
Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com asrorcakep
Mon Nov 7, 2011 6:14 pm (PST)
Selamat pagi pak @bdul,
Terimakasij sudah membantu, lampiran yang pak @bdul kirim bisa dipakai, tapi ketika kodenya saya copas ke punya saya ki tidak bisa?
Maaf, bisa dikasih tahu, kode apa yang di tambahkan di tombol save?
Trimakasih.
Asror
Safety is my responsibility
Sent from Super Asror's BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: "ppc lambda" <ppc_03@sami.co.id >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Tue, 8 Nov 2011 08:10:33
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Help me please
selamat pagi pak
saya nyubi juga,dan mencoba ikut memberi solusi
dengan menambahkan code program di tombol SAVE
Terimakasih
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.
@bdul
SAMI -*- Planning Production Control
Lambda
----- Original Message -----
From: Asror Al-Aliif's
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Monday, November 07, 2011 10:02 AM
Subject: [belajar-excel] Help me please
Selamat pagi,
Rekan BeExcel yang berbahagia, mohon bantuan lagi yah?
Saya punya userform input data, dan data tersebut akan saya masukkan ke sheet, melalui userform (klik cmdbutton) berhasil, tapi itu untuk input data pertama, untuk inputan data kedua itu akan mengganti inputan data yang pertama, bagaimana caranya agar inputan kedua dan ketiga n selanjutnya itu mengisi baris bawahnya yang ksong?
Form terlampir,
Terimakasih,
Asror
- 3a.
-
Re: filter urut dengan formula
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Mon Nov 7, 2011 6:30 pm (PST)
Dear YN,
Dengan membuat kolom komposit pada data, maka bisa disusun array formula
sort dengan Small( IF( CountIF ) ).
Array formula akan menghasilkan urutan data yang diinginkan, disertai
posisi baris data (index baris data dalam tabel data).
=SMALL(IF($B$6:$B$17=$ G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)**1000*
+ROW($A$6:$A$17)-ROW($ A$5)),ROW( 1:1))
Dari nilai urutan ini, dikeluarkan index baris datanya dengan memanfaatkan
fungsi Mod, dan diletakkan pada sebuah kolom bantu di lokasi hasil.
Susunan lengkap array formula untuk mendapatkan index baris data yang telah
terurut adalah :
=Mod(SMALL(IF($B$6:$B$17= $G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)**1000*
+ROW($A$6:$A$17)-ROW($ A$5)),ROW( 1:1)),*1000* )
Penggunaan sisa bagi 1000 pada Mod, mengikuti penggunaan pembentuk nomor
indek baris data pada fungsi Small.
Wassalam.
Kid.
2011/11/7 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com >
> **
>
>
> dear kawans yang baek ...
> aku mo filter urut dng menggunakan formula, pernah lihat itu bisa
> dilakukan
> dulu nggak bisa skarang lupa ....... ;-)
> ajari yak
>
> salam
> YN
>
>
>
- 3b.
-
Re: filter urut dengan formula
Posted by: "yulian nugroho" yuliannug@gmail.com yuliannug
Mon Nov 7, 2011 10:53 pm (PST)
boleh tahan formulanya,
makasih pak cik
2011/11/8 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Dear YN,
>
> Dengan membuat kolom komposit pada data, maka bisa disusun array formula
> sort dengan Small( IF( CountIF ) ).
> Array formula akan menghasilkan urutan data yang diinginkan, disertai
> posisi baris data (index baris data dalam tabel data).
> =SMALL(IF($B$6:$B$17=$ G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)**1000*
> +ROW($A$6:$A$17)-ROW($ A$5)),ROW( 1:1))
>
> Dari nilai urutan ini, dikeluarkan index baris datanya dengan memanfaatkan
> fungsi Mod, dan diletakkan pada sebuah kolom bantu di lokasi hasil.
> Susunan lengkap array formula untuk mendapatkan index baris data yang
> telah terurut adalah :
> =Mod(SMALL(IF($B$6:$B$17= $G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)**1000*
> +ROW($A$6:$A$17)-ROW($ A$5)),ROW( 1:1)),*1000* )
> Penggunaan sisa bagi 1000 pada Mod, mengikuti penggunaan pembentuk nomor
> indek baris data pada fungsi Small.
>
> Wassalam.
> Kid.
>
>
> 2011/11/7 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> dear kawans yang baek ...
>> aku mo filter urut dng menggunakan formula, pernah lihat itu bisa
>> dilakukan
>> dulu nggak bisa skarang lupa ....... ;-)
>> ajari yak
>>
>> salam
>> YN
>>
>>
>
>
- 3c.
-
Re: filter urut dengan formula
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Tue Nov 8, 2011 1:05 am (PST)
data di A6:D18
Buah|Jambu|MentahBuahJambuMentahBua h|Jambu|MatangBu ahJambuMatangBua h|Mangga| MentahBuahMangga MentahBuah| Mangga|MatangBua hManggaMatangBua h|Durian| MentahBuahDurian MentahBuah| Durian|MatangBua hDurianMatangBin atang|Ayam| KecilBinatangAya mKecilBinatang| Ayam|BesarBinata ngAyamBesarBinat ang|Kucing| KecilBinatangKuc ingKecilBinatang |Kucing|BesarBin atangKucingBesar Binatang| Monyet|KecilBina tangMonyetKecilB inatang|Monyet| BesarBinatangMon yetBesarBuah |Duku|matang Buah Duku Matang dengan rumus array formula ,misal di F21=SMALL(IF( LEFT($A$6: $A$18,LEN( G$6))=G$6, ROW($1:$13) ),ROW(1:1) )lalu kopi dari F22 sampai F27 kalau F28 juga akan timbul #NUM! hasilnya (F21:F28) : 12345613#NUM! berikutnya saya mengambil rumus dari solusi Mr KIDdi H21 :=IF(ISNUMBER( $F21),INDEX( C$6:C$18, $F21),"") di I21=IF(ISNUMBER( $F21),INDEX( D$6:D$18, $F21),"") jika Data tak urut , seperti buah duku , tidak menimbulkan masalah catatan : trim's kepada Mr KidTo: belajar-excel@ yahoogroups. com
From: mr.nmkid@gmail.com
Date: Tue, 8 Nov 2011 09:29:48 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] filter urut dengan formula
Dear YN,
Dengan membuat kolom komposit pada data, maka bisa disusun array formula sort dengan Small( IF( CountIF ) ).
Array formula akan menghasilkan urutan data yang diinginkan, disertai posisi baris data (index baris data dalam tabel data).
=SMALL(IF($B$6:$B$17=$ G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)*1000+ ROW($A$6: $A$17)-ROW( $A$5)),ROW( 1:1))
Dari nilai urutan ini, dikeluarkan index baris datanya dengan memanfaatkan fungsi Mod, dan diletakkan pada sebuah kolom bantu di lokasi hasil.
Susunan lengkap array formula untuk mendapatkan index baris data yang telah terurut adalah :
=Mod(SMALL(IF($B$6:$B$17= $G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)*1000+ ROW($A$6: $A$17)-ROW( $A$5)),ROW( 1:1)),1000)
Penggunaan sisa bagi 1000 pada Mod, mengikuti penggunaan pembentuk nomor indek baris data pada fungsi Small.
Wassalam.
Kid.
2011/11/7 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com >
dear kawans yang baek ...
aku mo filter urut dng menggunakan formula, pernah lihat itu bisa dilakukan
dulu nggak bisa skarang lupa ....... ;-)
ajari yak
salam
YN
- 3d.
-
Re: filter urut dengan formula
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Tue Nov 8, 2011 1:28 am (PST)
untuk mengambil jenis mahluk , jenis buah , kondisi , misal pada sel A18 :
Buah|Duku|matang
Buah
Duku
matang
untuk memperoleh Buah di sel B18 :=MID(SUBSTITUTE(A18,"|",REPT( " ",(LEN(A18)) )),1,LEN( A18)) untuk memperoleh Duku di sel C18 :=MID(A18, FIND("|",A18) +1, FIND("|",A18, FIND("|",A18) +1 ) -FIND("|",A18) -1 ) FIND("|",A18) +1 --> satu karakter sesudah "| pertama ( setelah Buah ) FIND("|",A18, FIND("|",A18) +1 ) --> temukan "|" dimulai/setelah "|" pertama ==> 10FIND("|",A18) ==> 5jadi 10-5 = 5 , maka harus -1 , karena diantara "|" hanya ada 4 karakter Buah|Duku|123456789 0 untuk kondisi buah matang di sel D18 :=MID( A18, FIND("|",A18, FIND("|", A18)+1)+1 , LEN(A18) - (FIND("|",A18, FIND("|", A18)+1)) ) (FIND("|",A18, FIND("|", A18)+1)) ---> satu karakter setelah "|" kedua
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Tue, 8 Nov 2011 09:04:55 +0000
Subject: RE: [belajar-excel] filter urut dengan formula
data di A6:D18
Buah|Jambu|MentahBuahJambuMentahBua h|Jambu|MatangBu ahJambuMatangBua h|Mangga| MentahBuahMangga MentahBuah| Mangga|MatangBua hManggaMatangBua h|Durian| MentahBuahDurian MentahBuah| Durian|MatangBua hDurianMatangBin atang|Ayam| KecilBinatangAya mKecilBinatang| Ayam|BesarBinata ngAyamBesarBinat ang|Kucing| KecilBinatangKuc ingKecilBinatang |Kucing|BesarBin atangKucingBesar Binatang| Monyet|KecilBina tangMonyetKecilB inatang|Monyet| BesarBinatangMon yetBesarBuah |Duku|matang Buah Duku Matang
dengan rumus array formula ,misal di F21
=SMALL(IF(LEFT($A$6:$A$18, LEN(G$6)) =G$6,ROW( $1:$13)), ROW(1:1))
lalu kopi dari F22 sampai F27
kalau F28 juga akan timbul #NUM!
hasilnya (F21:F28) :
12345613#NUM!
berikutnya saya mengambil rumus dari solusi Mr KID
di H21 :
=IF(ISNUMBER($F21),INDEX( C$6:C$18, $F21),"")
di I21
=IF(ISNUMBER($F21),INDEX( D$6:D$18, $F21),"")
jika Data tak urut , seperti buah duku , tidak menimbulkan masalah
catatan : trim's kepada Mr KidTo: belajar-excel@yahoogroups. com
From: mr.nmkid@gmail.com
Date: Tue, 8 Nov 2011 09:29:48 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] filter urut dengan formula
Dear YN,
Dengan membuat kolom komposit pada data, maka bisa disusun array formula sort dengan Small( IF( CountIF ) ).
Array formula akan menghasilkan urutan data yang diinginkan, disertai posisi baris data (index baris data dalam tabel data).
=SMALL(IF($B$6:$B$17=$ G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)*1000+ ROW($A$6: $A$17)-ROW( $A$5)),ROW( 1:1))
Dari nilai urutan ini, dikeluarkan index baris datanya dengan memanfaatkan fungsi Mod, dan diletakkan pada sebuah kolom bantu di lokasi hasil.
Susunan lengkap array formula untuk mendapatkan index baris data yang telah terurut adalah :
=Mod(SMALL(IF($B$6:$B$17= $G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)*1000+ ROW($A$6: $A$17)-ROW( $A$5)),ROW( 1:1)),1000)
Penggunaan sisa bagi 1000 pada Mod, mengikuti penggunaan pembentuk nomor indek baris data pada fungsi Small.
Wassalam.
Kid.
2011/11/7 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com >
dear kawans yang baek ...
aku mo filter urut dng menggunakan formula, pernah lihat itu bisa dilakukan
dulu nggak bisa skarang lupa ....... ;-)
ajari yak
salam
YN
- 3e.
-
Re: filter urut dengan formula
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Tue Nov 8, 2011 1:48 am (PST)
***-----88888&* ada penjelasan tambahan untuk mengambil jenis mahluk , jenis buah , kondisi , misal pada sel A18 :
Buah|Duku|matang
Buah
Duku
matang
untuk memperoleh Buah di sel B18 :
=MID(SUBSTITUTE(A18,"|",REPT( " ",(LEN(A18)) )),1,LEN( A18))
untuk memperoleh Duku di sel C18 :
=MID(A18, FIND("|",A18)+1, FIND("|",A18, FIND("|",A18) +1 ) -FIND("|",A18) -1 )
FIND("|",A18)+1 --> satu karakter sesudah "| pertama ( setelah Buah )
FIND("|",A18, FIND("|",A18)+1 ) --> temukan "|" dimulai/setelah "|" pertama ==> 10
FIND("|",A18) ==> 5
jadi 10-5 = 5 , maka harus -1 , karena diantara "|" hanya ada 4 karakter
Buah|Duku|
1234567890
untuk kondisi buah matang di sel D18 :
=MID( A18, FIND("|",A18,FIND("|", A18)+1)+1 , LEN(A18) - (FIND("|",A18, FIND("|", A18)+1)) )
(FIND("|",A18,FIND("|", A18)+1)) ---> satu karakter setelah "|" kedua
To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Tue, 8 Nov 2011 09:04:55 +0000
Subject: RE: [belajar-excel] filter urut dengan formula
data di A6:D18
Buah|Jambu|MentahBuahJambuMentahBua h|Jambu|MatangBu ahJambuMatangBua h|Mangga| MentahBuahMangga MentahBuah| Mangga|MatangBua hManggaMatangBua h|Durian| MentahBuahDurian MentahBuah| Durian|MatangBua hDurianMatangBin atang|Ayam| KecilBinatangAya mKecilBinatang| Ayam|BesarBinata ngAyamBesarBinat ang|Kucing| KecilBinatangKuc ingKecilBinatang |Kucing|BesarBin atangKucingBesar Binatang| Monyet|KecilBina tangMonyetKecilB inatang|Monyet| BesarBinatangMon yetBesarBuah |Duku|matang Buah Duku Matang
dengan rumus array formula ,misal di F21
{=SMALL( IF( LEFT($A$6:$A$18,LEN(G$ 6))=G$6, ROW($1:$13) ), ROW(1:1) )}
lalu kopi dari F22 sampai F27
kalau F28 juga akan timbul #NUM!
hasilnya (F21:F28) :
12345613#NUM!
LEFT($A$6:$A$18,LEN(G$ 6))=G$6 --> diawali oleh kata yg ada di sel G$6 , misal BuahROW($1:$ 13) --> posisi urutan/baris dimana terdapat kata yg sesuai , misal Buah akan menghasilkan misal {1,2,3,4,5,6, 7,13}ROW( 1:1) ---> index ke-1 dari urutan/baris yg sesuai , diambil dari {1,2,3,4,5,6, 7,13} jika Row(3:3) berarti index ke-3'===== berikutnya saya mengambil rumus dari solusi Mr KID
di H21 :
=IF(ISNUMBER($F21),INDEX( C$6:C$18, $F21),"")
di I21
=IF(ISNUMBER($F21),INDEX( D$6:D$18, $F21),"")
jika Data tak urut , seperti buah duku , tidak menimbulkan masalah
catatan : trim's kepada Mr KidTo: belajar-excel@yahoogroups. com
From: mr.nmkid@gmail.com
Date: Tue, 8 Nov 2011 09:29:48 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] filter urut dengan formula
Dear YN,
Dengan membuat kolom komposit pada data, maka bisa disusun array formula sort dengan Small( IF( CountIF ) ).
Array formula akan menghasilkan urutan data yang diinginkan, disertai posisi baris data (index baris data dalam tabel data).
=SMALL(IF($B$6:$B$17=$ G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)*1000+ ROW($A$6: $A$17)-ROW( $A$5)),ROW( 1:1))
Dari nilai urutan ini, dikeluarkan index baris datanya dengan memanfaatkan fungsi Mod, dan diletakkan pada sebuah kolom bantu di lokasi hasil.
Susunan lengkap array formula untuk mendapatkan index baris data yang telah terurut adalah :
=Mod(SMALL(IF($B$6:$B$17= $G$6,COUNTIF( $A$6:$A$17, "<"&$A$6: $A$17)*1000+ ROW($A$6: $A$17)-ROW( $A$5)),ROW( 1:1)),1000)
Penggunaan sisa bagi 1000 pada Mod, mengikuti penggunaan pembentuk nomor indek baris data pada fungsi Small.
Wassalam.
Kid.
2011/11/7 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com >
dear kawans yang baek ...
aku mo filter urut dng menggunakan formula, pernah lihat itu bisa dilakukan
dulu nggak bisa skarang lupa ....... ;-)
ajari yak
salam
YN
- 3f.
-
Re: filter urut dengan formula
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Nov 8, 2011 2:04 am (PST)
Array formula =SMALL(IF(LEFT($A$6:$A$18, LEN(G$6)) =G$6,ROW( $1:$13)), ROW(1:1))
adalah array formula filtering.
Pak Yulian membutuhkan array formula sorting dan ditampilkan terfilter
berdasar jenis item (buah atau binatang).
Sorting yang diinginkan adalah berdasar ketiga kolom key-nya, dengan order,
kolom1, kolom2,kolom3.
Jadi array formula pak Sudarsono bisa ditambahkan komposit nilai pengurut
(sorting) nya.
Regards.
Kid.
2011/11/8 jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com >
> =SMALL(IF(LEFT($A$6:$A$18, LEN(G$6)) =G$6,ROW( $1:$13)), ROW(1:1))
>
- 4a.
-
menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "Agus Waluyo" gusta_w@yahoo.co.id gusta_w
Mon Nov 7, 2011 9:28 pm (PST)
Dear Para suhu
Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara bagaimana ya?
sebelum nya trimakasih - 4b.
-
Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Mon Nov 7, 2011 10:41 pm (PST)
tulis formula
=REPLACE(B5;1;2;"")
copy ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
_____________________ _________ __
Dari: Agus Waluyo <gusta_w@yahoo.co.id >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Dikirim: Selasa, 8 November 2011 12:28
Judul: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Dear Para suhu
Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara bagaimana ya?
sebelum nya trimakasih
- 4c.
-
Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@yahoo.co.id dwint.ruswanto
Mon Nov 7, 2011 10:56 pm (PST)
=SUBSTITUTE(B5;"*";"" )
copy ke bawah
_____________________ _________ __
Dari: Agus Waluyo <gusta_w@yahoo.co.id >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Dikirim: Selasa, 8 November 2011 12:28
Judul: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Dear Para suhu
Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara bagaimana ya?
sebelum nya trimakasih
- 4d.
-
Re: menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Mon Nov 7, 2011 11:00 pm (PST)
Sepertinya asterik yang mau dihilangkan ada di 2 karakter pertama (seperti
di formula Pak Ghozi). Coba :
=Mid( b5 , 3 , 99 )
Kid.
2011/11/8 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
> **
>
>
> tulis formula
> =REPLACE(B5;1;2;"")
> copy ke bawah
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
> --------------------- ---------
> *Dari:* Agus Waluyo <gusta_w@yahoo.co.id >
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
> *Dikirim:* Selasa, 8 November 2011 12:28
> *Judul:* [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
>
>
>
> Dear Para suhu
> Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara
> bagaimana ya?
>
> sebelum nya trimakasih
>
>
>
>
>
- 4e.
-
Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@yahoo.co.id dwint.ruswanto
Mon Nov 7, 2011 11:22 pm (PST)
nyubie mo nambahin lagi.. boleh kan..
jika mau ambil n karakter dari kanan kecuali * (tanda bintang) dan spasi setelah tanda bintang
=RIGHT(B8;LEN(B5)-2)
selain itu juga bisa dengan cara:
Blok semua range yang akan dihilangkan ==> CTRL + F ==> klik tab Replace ==> di kolom Find What: isi dengan * dan spasi ==>di kolom Relpace With dikosongkan ==> klik Replace All
maaf gak bisa masukkan gambar
_____________________ _________ __
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Selasa, 8 November 2011 14:00
Judul: Re: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Sepertinya asterik yang mau dihilangkan ada di 2 karakter pertama (seperti di formula Pak Ghozi). Coba :
=Mid( b5 , 3 , 99 )
Kid.
2011/11/8 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
>
>tulis formula
>=REPLACE(B5;1;2;"")
>copy ke bawah
>
>
>wassalam
>
>
>Ghozi Alkatiri
>
>
>
>____________________ _________ ___
>Dari: Agus Waluyo <gusta_w@yahoo.co.id >
>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
>Dikirim: Selasa, 8 November 2011 12:28
>Judul: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
>
>
>
>
>
>
> Dear Para suhu
>Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara bagaimana ya?
>
>sebelum nya trimakasih
>
>
>
>
- 4f.
-
Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id ghozialkatiri
Mon Nov 7, 2011 11:49 pm (PST)
boleh juga kalau mau pakai:
=RIGHT(B5;LEN(B5)-2)
wassalam
Ghozi Alkatiri
_____________________ _________ __
Dari: Agus Waluyo <gusta_w@yahoo.co.id >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
Dikirim: Selasa, 8 November 2011 12:28
Judul: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Dear Para suhu
Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara bagaimana ya?
sebelum nya trimakasih
- 4g.
-
Re: Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com summonery
Mon Nov 7, 2011 11:55 pm (PST)
Jika menggunakan Find and Replace,
Find what: ~* tilde+asterix+spaceReplace with: biarkan kosong
>semoga bermanfaat
--- In belajar-excel@yahoogroups. , dwint ruswantocom
<dwint.ruswanto@...> wrote:
>
> nyubie mo nambahin lagi.. boleh kan..
> Â
> jika mau ambil n karakter dari kanan kecuali * (tanda bintang) dan
spasi setelah tanda bintang
> Â
> =RIGHT(B8;LEN(B5)-2)
> Â
> Â
> selain itu juga bisa dengan cara:
> Â
> Blok semua range yang akan dihilangkan ==>Â CTRL + F ==> klik tab
Replace ==> di kolom Find What: isi dengan * dan spasi ==>di kolom
Relpace With dikosongkan ==> klik Replace All
> Â
> maaf gak bisa masukkan gambar
>
>
> _____________________ _________ __
> Dari: Kid Mr. mr.nmkid@...
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
> Dikirim: Selasa, 8 November 2011 14:00
> Judul: Re: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
>
>
>
> Â
>
> Sepertinya asterik yang mau dihilangkan ada di 2 karakter pertama
(seperti di formula Pak Ghozi). Coba :
> =Mid( b5 , 3 , 99 )
>
> Kid.
>
>
> 2011/11/8 ghozi alkatiri ghozialkatiri@...
>
>
> >Â
> >tulis formula
> >=REPLACE(B5;1;2;"")
> >copy ke bawah
> >
> >
> >wassalam
> >
> >
> >Ghozi Alkatiri
> >
> >
> >
> >____________________ _________ ___
> >Dari: Agus Waluyo gusta_w@...
> >Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " belajar-excel@com yahoogroups. com
> >Dikirim: Selasa, 8 November 2011 12:28
> >Judul: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
> >
> >
> >
> >Â
> >
> >
> >Â Dear Para suhu
> >Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara
bagaimana ya?
> >
> >sebelum nya trimakasih
> >
> >
> >
> >
>
- 4h.
-
Bls: Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "Agus Waluyo" gusta_w@yahoo.co.id gusta_w
Tue Nov 8, 2011 3:41 am (PST)
trimakasih all para suhu
_____________________ _________ __
Dari: summonery <summonery@yahoo.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Selasa, 8 November 2011 14:55
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Jika menggunakan Find and Replace,
Find what: ~* tilde+asterix+space
Replace with: biarkan kosong
>semoga bermanfaat
--- In belajar-excel@yahoogroups. , dwint ruswanto <dwint.ruswanto@com ...> wrote:
>
> nyubie mo nambahin lagi.. boleh kan..
> Â
> jika mau ambil n karakter dari kanan kecuali * (tanda bintang) dan spasi setelah tanda bintang
> Â
> =RIGHT(B8;LEN(B5)-2)
> Â
> Â
> selain itu juga bisa dengan cara:
> Â
> Blok semua range yang akan dihilangkan ==>Â CTRL + F ==> klik tab Replace ==> di kolom Find What: isi dengan * dan spasi ==>di kolom Relpace With dikosongkan ==> klik Replace All
> Â
> maaf gak bisa masukkan gambar
>
>
> _____________________ _________ __
> Dari: Kid Mr. mr.nmkid@...
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
> Dikirim: Selasa, 8 November 2011 14:00
> Judul: Re: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
>
>
>
> Â
>
> Sepertinya asterik yang mau dihilangkan ada di 2 karakter pertama (seperti di formula Pak Ghozi). Coba :
> =Mid( b5 , 3 , 99 )
>
> Kid.
>
>
> 2011/11/8 ghozi alkatiri ghozialkatiri@...
>
>
> >Â
> >tulis formula
> >=REPLACE(B5;1;2;"")
> >copy ke bawah
> >
> >
> >wassalam
> >
> >
> >Ghozi Alkatiri
> >
> >
> >
> >____________________ _________ ___
> >Dari: Agus Waluyo gusta_w@...
> >Kepada: "belajar-excel@yahoogroups. " belajar-excel@com yahoogroups. com
> >Dikirim: Selasa, 8 November 2011 12:28
> >Judul: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
> >
> >
> >
> >Â
> >
> >
> >Â Dear Para suhu
> >Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara bagaimana ya?
> >
> >sebelum nya trimakasih
> >
> >
> >
> >
>
- 5a.
-
Bls: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
Posted by: "Dewan Deya" dwanxls@yahoo.co.id dwanxls
Mon Nov 7, 2011 10:54 pm (PST)
Tks Mr Kid
Ini lagi coba pakai syntax
FileCopy filename_asal , filename_tujuan
cuma kesulitan menetapkan distinasi nya, karena path destinasi beda beda sesuai dengan cabang yang ada.
Pakai looping.
Maaf , masih cupu tentang macro vba
Tks atas bantuannya
file terlampir
_____________________ _________ __
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Sabtu, 5 November 2011 7:39
Judul: Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
Dear Dewan,
Syntax :
FileCopy filename_asal , filename_tujuan
misal : c:\temp\BeExcel.pdf akan di copy ke d:\data\milis dengan nama tetap sebagai BeExcel.pdf
FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
Buat sebuah module di VBE
Buat prosedur berikut :
public sub CopyFileku()
FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
end sub
Jika semua file pdf, gunakan file xcopy. Jadi ganti FileCopy blah-blah dengan :
shell "xcopy c:\temp\*.pdf d:\data\milis\*.pdf"
yang perlu diperhatikan, untuk nama folder yang menggunakan spasi, ganti dengan shortnamenya.
Pada Windows 7 juga ada RoboCopy yang mirip dengan xcopy. Syntax-nya agak berbeda sedikit.
Untuk lebih jelasnya, ke CommandPrompt dan coba lihat help nya dengan : XCopy /? atau RoboCopy /?
Regards.
Kid.
2011/11/4 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>
>
>
>Dear pakar excel,
>
>
>Saya ada sebuah file pdf (di folder c:\temp\) yang akan di copy ke folder tertentu.Bagaimana cara membuat macro nya.
>File terlampir.
>
>Terimakasih
>
>
>
>
>
>
>
- 5b.
-
Re: Copy file ke folder tertentu
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Nov 8, 2011 1:53 am (PST)
Copy sebuah file ke beberapa directory.
Asumsi :
1. fullpathfile source : c:\temp\BeExcel.pdf (nilai ini
bisa juga didapat dari nilai cell)
2. nama file tujuan adalah tetap, yaitu BeExcel.pdf (atau jadi
nama yang berbeda yang ditentukan di cell)
3. drive tujuan ke drive f:
4. directory path berubah sesuai nilai di range A1:A5 misalnya, yang
susunannya sudah lengkap berupa nama directory nya, seperti :
f:\cabang1\mydata1\
f:\cabang1\mydata2\
f:\cabang2\mydata1\
f:\cabang2\mydata2\
f:\cabang3\mydata1\
'1. deklarasi variabel. Misal dengan object range untuk loop informasi
folder destinasi.
dim rngLoop as range
'2. pastikan file source ada bendanya
if lenb(dir$( "c:\temp\BeExcel.pdf" ) ) = 0 then
msgbox "tidak ada file source"
exit sub
endif
'3. pastikan ada drive destinasi.
'jika drivenya juga berbeda-beda, masukkan bagian ini kedalam loop di
langkah 4, dan sebagai cek pertama.
'Nilai drive bisa diambil dari cell juga.
if lenb(dir$( "f:\*" , vbnormal + vbdirectory ) ) = 0 then
msgbox "tidak ada drive tujuan"
exit sub
endif
'4. loop masing-masing folder
for each rngloop in range("a1:a5")
'5. pastikan ada folder destinasinya. Jika tidak ada, dibuatkan.
if lenb( dir$( rngloop.value ) ) = 0 then 'cek
apakah directorynya tidak ada ?
mkdir rngloop.value
endif
'6. salin filenya :: hati-hati, karena file yang telah ada akan
di-replace
'akibat proses 4, pasti ada drivenya.
'akibat proses 5, pasti sudah ada directory destinasinya.
filecopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , rngloop.value & "BeExcel.pdf"
next rngloop
Mungkin begitu kali ya.
Kid.
2011/11/8 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Tks Mr Kid
>
> Ini lagi coba pakai syntax
> FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>
> cuma kesulitan menetapkan distinasi nya, karena path destinasi beda beda
> sesuai dengan cabang yang ada.
> Pakai looping.
>
> Maaf , masih cupu tentang macro vba
>
> Tks atas bantuannya
>
>
>
> file terlampir
>
>
>
>
> --------------------- ---------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Dikirim:* Sabtu, 5 November 2011 7:39
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
>
>
> Dear Dewan,
>
> Syntax :
> FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>
> misal : c:\temp\BeExcel.pdf akan di copy ke d:\data\milis dengan nama
> tetap sebagai BeExcel.pdf
> FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
>
> Buat sebuah module di VBE
> Buat prosedur berikut :
> public sub CopyFileku()
> FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
> end sub
>
> Jika semua file pdf, gunakan file xcopy. Jadi ganti FileCopy blah-blah
> dengan :
> shell "xcopy c:\temp\*.pdf d:\data\milis\*.pdf"
> yang perlu diperhatikan, untuk nama folder yang menggunakan spasi, ganti
> dengan shortnamenya.
>
> Pada Windows 7 juga ada RoboCopy yang mirip dengan xcopy. Syntax-nya agak
> berbeda sedikit.
> Untuk lebih jelasnya, ke CommandPrompt dan coba lihat help nya dengan :
> XCopy /? atau RoboCopy /?
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/11/4 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>
> **
>
>
> Dear pakar excel,
>
>
> Saya ada sebuah file pdf (di folder c:\temp\) yang akan di copy ke folder
> tertentu.Bagaimana cara membuat macro nya.
> File terlampir.
>
> Terimakasih
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
- 5c.
-
Mohon Sertakan File Excel Untuk Copy file ke folder tertentu
Posted by: "agus manggala" agus_ftunsri@yahoo.com agus_ftunsri
Tue Nov 8, 2011 2:44 am (PST)
Sepertinya ini sangat bermanfaat, mohon kepada penulis bisa kasih attachment contoh file, agar mudah mempelajarinya.
atas perkenannya saya ucapkan trima kasih :)
_____________________ _________ __
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Tuesday, November 8, 2011 4:53 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
Copy sebuah file ke beberapa directory.
Asumsi :
1. fullpathfile source : c:\temp\BeExcel.pdf (nilai ini bisa juga didapat dari nilai cell)
2. nama file tujuan adalah tetap, yaitu BeExcel.pdf (atau jadi nama yang berbeda yang ditentukan di cell)
3. drive tujuan ke drive f:
4. directory path berubah sesuai nilai di range A1:A5 misalnya, yang susunannya sudah lengkap berupa nama directory nya, seperti :
f:\cabang1\mydata1\
f:\cabang1\mydata2\
f:\cabang2\mydata1\
f:\cabang2\mydata2\
f:\cabang3\mydata1\
'1. deklarasi variabel. Misal dengan object range untuk loop informasi folder destinasi.
dim rngLoop as range
'2. pastikan file source ada bendanya
if lenb(dir$( "c:\temp\BeExcel.pdf" ) ) = 0 then
msgbox "tidak ada file source"
exit sub
endif
'3. pastikan ada drive destinasi.
'jika drivenya juga berbeda-beda, masukkan bagian ini kedalam loop di langkah 4, dan sebagai cek pertama.
'Nilai drive bisa diambil dari cell juga.
if lenb(dir$( "f:\*" , vbnormal + vbdirectory ) ) = 0 then
msgbox "tidak ada drive tujuan"
exit sub
endif
'4. loop masing-masing folder
for each rngloop in range("a1:a5")
'5. pastikan ada folder destinasinya. Jika tidak ada, dibuatkan.
if lenb( dir$( rngloop.value ) ) = 0 then 'cek apakah directorynya tidak ada ?
mkdir rngloop.value
endif
'6. salin filenya :: hati-hati, karena file yang telah ada akan di-replace
'akibat proses 4, pasti ada drivenya.
'akibat proses 5, pasti sudah ada directory destinasinya.
filecopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , rngloop.value & "BeExcel.pdf"
next rngloop
Mungkin begitu kali ya.
Kid.
2011/11/8 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>
>Tks Mr Kid
>
>
>Ini lagi coba pakai syntax
>FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>
>
>cuma kesulitan menetapkan distinasi nya, karena path destinasi beda beda sesuai dengan cabang yang ada.
>Pakai looping.
>
>
>Maaf , masih cupu tentang macro vba
>
>
>Tks atas bantuannya
>
>
>
>
>
>
>file terlampir
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>____________________ _________ ___
>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
>Dikirim: Sabtu, 5 November 2011 7:39
>Judul: Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
>
>
>
>
>Dear Dewan,
>
>Syntax :
>FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>
>misal : c:\temp\BeExcel.pdf akan di copy ke d:\data\milis dengan nama tetap sebagai BeExcel.pdf
>FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
>
>Buat sebuah module di VBE
>Buat prosedur berikut :
>public sub CopyFileku()
> FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
>end sub
>
>Jika semua file pdf, gunakan file xcopy. Jadi ganti FileCopy blah-blah dengan :
>shell "xcopy c:\temp\*.pdf d:\data\milis\*.pdf"
>yang perlu diperhatikan, untuk nama folder yang menggunakan spasi, ganti dengan shortnamenya.
>
>Pada Windows 7 juga ada RoboCopy yang mirip dengan xcopy. Syntax-nya agak berbeda sedikit.
>Untuk lebih jelasnya, ke CommandPrompt dan coba lihat help nya dengan : XCopy /? atau RoboCopy /?
>
>Regards.
>Kid.
>
>
>2011/11/4 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>
>
>>
>>
>>
>>Dear pakar excel,
>>
>>
>>Saya ada sebuah file pdf (di folder c:\temp\) yang akan di copy ke folder tertentu.Bagaimana cara membuat macro nya.
>>File terlampir.
>>
>>Terimakasih
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
>
- 5d.
-
Re: Mohon Sertakan File Excel Untuk Copy file ke folder tertentu
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Nov 8, 2011 2:55 am (PST)
Sepertinya ini sangat bermanfaat, mohon kepada penulis bisa kasih
attachment contoh file, agar mudah mempelajarinya.
>> Diusahakan ya. Moga-moga ada kesempatan lagi untuk bisa buka Excel
seperti pagi tadi.
Andai bersedia mencoba sendiri.
1. Buat workbook baru. Save As dengan suatu nama (xl 2007 ke atas dengan
ekstensi xlsm atau xlsb)
2. tulis di A1 sampai A5
f:\cabang1\mydata1\
f:\cabang1\mydata2\
f:\cabang2\mydata1\
f:\cabang2\mydata2\
f:\cabang3\mydata1\
3. ke VBE dengan ALT+F11
4. menu Insert -> Module
5. akan ada module baru yang terbentuk, double click Module baru itu
biasanya bernama ModuleN dengan N dimulai dari angka 1.
6. klik ruang penulisan script
7. Copas dari baris Public Sub sampai End Sub :
Public Sub *KopiFileKatanya*()
'1. deklarasi variabel. Misal dengan object range untuk loop informasi
folder destinasi.
dim rngLoop as range
'2. pastikan file source ada bendanya
if lenb(dir$( "c:\temp\BeExcel.pdf" ) ) = 0 then
msgbox "tidak ada file source"
exit sub
endif
'3. pastikan ada drive destinasi.
'jika drivenya juga berbeda-beda, masukkan bagian ini kedalam loop di
langkah 4, dan sebagai cek pertama.
'Nilai drive bisa diambil dari cell juga.
if lenb(dir$( "f:\*" , vbnormal + vbdirectory ) ) = 0 then
msgbox "tidak ada drive tujuan"
exit sub
endif
'4. loop masing-masing folder
for each rngloop in range("a1:a5")
'5. pastikan ada folder destinasinya. Jika tidak ada, dibuatkan.
if lenb( dir$( rngloop.value ) ) = 0 then 'cek
apakah directorynya tidak ada ?
mkdir rngloop.value
endif
'6. salin filenya :: hati-hati, karena file yang telah ada akan
di-replace
'akibat proses 4, pasti ada drivenya.
'akibat proses 5, pasti sudah ada directory destinasinya.
filecopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , rngloop.value & "BeExcel.pdf"
next rngloop
End Sub
9. kembali ke worksheet dengan ALT+F11
10. insert sebuah shape (apa saja)
11. klik kanan shape itu, pilih assign macro, pilih prosedur bernama *
KopiFileKatanya* lalu tekan OK
12. save workbook
13. klik si shape.
Mohon maaf karena belum bisa buka file excel.
Andai ada error atas script di atas, mohon koreksinya, karena hanya sebuah
imajinasi saja.
Regards.
Kid.
2011/11/8 agus manggala <agus_ftunsri@yahoo.com >
> **
>
>
> Sepertinya ini sangat bermanfaat, mohon kepada penulis bisa kasih
> attachment contoh file, agar mudah mempelajarinya.
>
> atas perkenannya saya ucapkan trima kasih :)
>
> --------------------- ---------
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Sent:* Tuesday, November 8, 2011 4:53 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
>
>
> Copy sebuah file ke beberapa directory.
>
> Asumsi :
> 1. fullpathfile source : c:\temp\BeExcel.pdf (nilai
> ini bisa juga didapat dari nilai cell)
> 2. nama file tujuan adalah tetap, yaitu BeExcel.pdf (atau jadi
> nama yang berbeda yang ditentukan di cell)
> 3. drive tujuan ke drive f:
> 4. directory path berubah sesuai nilai di range A1:A5 misalnya, yang
> susunannya sudah lengkap berupa nama directory nya, seperti :
> f:\cabang1\mydata1\
> f:\cabang1\mydata2\
> f:\cabang2\mydata1\
> f:\cabang2\mydata2\
> f:\cabang3\mydata1\
>
> '1. deklarasi variabel. Misal dengan object range untuk loop informasi
> folder destinasi.
> dim rngLoop as range
>
> '2. pastikan file source ada bendanya
> if lenb(dir$( "c:\temp\BeExcel.pdf" ) ) = 0 then
> msgbox "tidak ada file source"
> exit sub
> endif
>
> '3. pastikan ada drive destinasi.
> 'jika drivenya juga berbeda-beda, masukkan bagian ini kedalam loop di
> langkah 4, dan sebagai cek pertama.
> 'Nilai drive bisa diambil dari cell juga.
> if lenb(dir$( "f:\*" , vbnormal + vbdirectory ) ) = 0 then
> msgbox "tidak ada drive tujuan"
> exit sub
> endif
>
> '4. loop masing-masing folder
> for each rngloop in range("a1:a5")
> '5. pastikan ada folder destinasinya. Jika tidak ada, dibuatkan.
> if lenb( dir$( rngloop.value ) ) = 0 then 'cek
> apakah directorynya tidak ada ?
> mkdir rngloop.value
> endif
>
> '6. salin filenya :: hati-hati, karena file yang telah ada akan
> di-replace
> 'akibat proses 4, pasti ada drivenya.
> 'akibat proses 5, pasti sudah ada directory destinasinya.
> filecopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , rngloop.value & "BeExcel.pdf"
> next rngloop
>
> Mungkin begitu kali ya.
> Kid.
>
> 2011/11/8 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>
> **
>
> Tks Mr Kid
>
> Ini lagi coba pakai syntax
> FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>
> cuma kesulitan menetapkan distinasi nya, karena path destinasi beda beda
> sesuai dengan cabang yang ada.
> Pakai looping.
>
> Maaf , masih cupu tentang macro vba
>
> Tks atas bantuannya
>
>
>
> file terlampir
>
>
>
>
> --------------------- ---------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Dikirim:* Sabtu, 5 November 2011 7:39
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
>
>
> Dear Dewan,
>
> Syntax :
> FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>
> misal : c:\temp\BeExcel.pdf akan di copy ke d:\data\milis dengan nama
> tetap sebagai BeExcel.pdf
> FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
>
> Buat sebuah module di VBE
> Buat prosedur berikut :
> public sub CopyFileku()
> FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
> end sub
>
> Jika semua file pdf, gunakan file xcopy. Jadi ganti FileCopy blah-blah
> dengan :
> shell "xcopy c:\temp\*.pdf d:\data\milis\*.pdf"
> yang perlu diperhatikan, untuk nama folder yang menggunakan spasi, ganti
> dengan shortnamenya.
>
> Pada Windows 7 juga ada RoboCopy yang mirip dengan xcopy. Syntax-nya agak
> berbeda sedikit.
> Untuk lebih jelasnya, ke CommandPrompt dan coba lihat help nya dengan :
> XCopy /? atau RoboCopy /?
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/11/4 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>
> **
>
>
> Dear pakar excel,
>
>
> Saya ada sebuah file pdf (di folder c:\temp\) yang akan di copy ke folder
> tertentu.Bagaimana cara membuat macro nya.
> File terlampir.
>
> Terimakasih
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
- 6.
-
ngilangin compatibility mode
Posted by: "yulian nugroho" yuliannug@gmail.com yuliannug
Tue Nov 8, 2011 1:54 am (PST)
kawans
bagaimana cara ngilangin compatibility mode
excel aku yang 2007, aku terima data excel 2003
kucoba save as tak mau pulak
'cem mane nih pak cik, mak cik ? paniang ....
salam
YN
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar