Messages In This Digest (22 Messages)
- 1a.
- Re: menghilangkan tulisan Bintang From: Mansor
- 1b.
- Re: menghilangkan tulisan Bintang From: Asror Al-Aliif's
- 1c.
- Re: menghilangkan tulisan Bintang From: Kid Mr.
- 1d.
- Re: menghilangkan tulisan Bintang From: Mansor
- 2a.
- Re: Mohon Sertakan File Excel Untuk Copy file ke folder tertentu From: Kid Mr.
- 2b.
- Bls: [belajar-excel] Mohon Sertakan File Excel Untuk Copy file ke fo From: Dewan Deya
- 3a.
- Re: ngilangin compatibility mode From: Kid Mr.
- 3b.
- Re: ngilangin compatibility mode From: yulian nugroho
- 4a.
- Macro for Array Formula (revisi pertanyaan) From: Fano The Miner
- 4b.
- Bls: [belajar-excel] Macro for Array Formula (revisi pertanyaan) From: dwint ruswanto
- 4c.
- Re: Macro for Array Formula (revisi pertanyaan) From: Kid Mr.
- 4d.
- Re: Macro for Array Formula (revisi pertanyaan) From: Fano The Miner
- 5a.
- Re: filter urut dengan formula From: jkssxls Sudarsono
- 6a.
- Summary report From: Haer Talib
- 6b.
- Re: Summary report From: Udin Haeruddin
- 6c.
- Bls: [belajar-excel] Summary report From: dwint ruswanto
- 6d.
- Re: Summary report From: Haer Talib
- 6e.
- Re: Summary report From: hendrik karnadi
- 7a.
- Re: Help me please From: Udin Haeruddin
- 7b.
- Re: Help me please From: Asror Al-Aliif's
- 8.
- Trik mengurangi ukuran File Excel. From: agung_widodo@sanyo.com
- 9a.
- Re: Bls: [belajar-excel] Menghitung masa kerja From: jkssxls Sudarsono
Messages
- 1a.
-
Re: menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com nbmy1980
Tue Nov 8, 2011 7:16 am (PST)
Pak Kid,
Rumus bapak yang paling efektif.
Kalau bisa diberi pencerahan, apa logisnya di balik rumus ini.
Contohnya, kenapa ada angka 3 dan 99.
Harap jawaban dari bapak agar kita semua bisa belajar.
Terima kasih.
Mansor
2011/11/8 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Sepertinya asterik yang mau dihilangkan ada di 2 karakter pertama (seperti
> di formula Pak Ghozi). Coba :
> =Mid( b5 , 3 , 99 )
>
> Kid.
>
>
> 2011/11/8 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
>
>> **
>>
>>
>> tulis formula
>> =REPLACE(B5;1;2;"")
>> copy ke bawah
>>
>> wassalam
>>
>> Ghozi Alkatiri
>>
>> --------------------- ---------
>> *Dari:* Agus Waluyo <gusta_w@yahoo.co.id >
>> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
>> *Dikirim:* Selasa, 8 November 2011 12:28
>> *Judul:* [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
>>
>>
>>
>> Dear Para suhu
>> Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara
>> bagaimana ya?
>>
>> sebelum nya trimakasih
>>
>>
>>
>>
>
>
- 1b.
-
Re: menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com asrorcakep
Tue Nov 8, 2011 7:28 am (PST)
Dear pak mansur,
sepengetahuan saya rumus :
=Mid( b5 , 3 , 99 )
itu artinya adalah mid =mengambil karakter dari tengah,
3 : huruf tengah dimulai dengan huruf ketiga,
99 : itu banyaknya karakter yang diambil, kenapa 99? Mungkin mr.kid memberikan allowance kepada rekan2 semua, ketika disitu terdapat kalimat yang panjang, maka tetep bisa diambil, angka 99 itu bisa juga diganti menjadi 100 atau 1000,
Cmiiw :
Asror
Safety is my responsibility
Sent from Super Asror's BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: Mansor <dbpermatasari@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Tue, 8 Nov 2011 22:00:02
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
Pak Kid,
Rumus bapak yang paling efektif.
Kalau bisa diberi pencerahan, apa logisnya di balik rumus ini.
Contohnya, kenapa ada angka 3 dan 99.
Harap jawaban dari bapak agar kita semua bisa belajar.
Terima kasih.
Mansor
2011/11/8 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Sepertinya asterik yang mau dihilangkan ada di 2 karakter pertama (seperti
> di formula Pak Ghozi). Coba :
> =Mid( b5 , 3 , 99 )
>
> Kid.
>
>
> 2011/11/8 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
>
>> **
>>
>>
>> tulis formula
>> =REPLACE(B5;1;2;"")
>> copy ke bawah
>>
>> wassalam
>>
>> Ghozi Alkatiri
>>
>> --------------------- ---------
>> *Dari:* Agus Waluyo <gusta_w@yahoo.co.id >
>> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. >com
>> *Dikirim:* Selasa, 8 November 2011 12:28
>> *Judul:* [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
>>
>>
>>
>> Dear Para suhu
>> Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara
>> bagaimana ya?
>>
>> sebelum nya trimakasih
>>
>>
>>
>>
>
>
- 1c.
-
Re: menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Nov 8, 2011 7:28 am (PST)
Setelah dilihat langsung ke filenya,
ternyata dugaannya benar, bahwa seluruh karakter yang akan dihilangkan
adalah 2 karakter pertama, yang oleh pak Ghozi dijabarkan dengan fungsi
Replace pada karakter pertama sebanyak 2 karakter.
Artinya, data yang dibutuhkan adalah teks mulai karakter ke-3 (*sebab
adanya angka 3*)
Karena karakter ke-3 ada di tengah teks (gak mungkin ya karakter ke 3 ada
di ujung teks), maka fungsi yang bisa digunakan adalah Mid.
Fungsi Mid membutuhkan input berupa :
1. teks yang akan diambil datanya
2. karakter mulai diambilnya si data
3. jumlah karakter yang akan diambil
Poin 1 tentu si teks itu sendiri, poin 2 adalah karakter mulainya, yaitu 3.
Poin 3 harus ditentukan sebanyak panjang karakter data dikurangi 2 karakter
pertama. Nah lebih susahkan mengertinya, daripada capek mikirin, ambil saja
sebanyak 99 karakter (*sebab adanya angka 99*).
Tentu asumsinya panjang teks tidak akan lebih dari 101 karakter. Bagaimana
kalau ternyata lebih dari 101 karakter ?
Ganti saja 99 dengan 9^9.
Kadangkala, yang membuat jengkel adalah adanya spasi berlebih di belakang
data. Jika hal ini terjadi, kurangi kejengkelan dengan menambahkan fungsi
Trim, hingga tersusun =Trim( Mid( b5 , 3 , 9^9 ) )
Lebih sebel lagi kalau ternyata spasi berlebihnya bukan spasi 32, tetapi
spasi 160. Jadi harus diganti dulu menjadi spasi 32, karena kuatirnya ada
spasi ditengah data yang dibutuhkan.
=Trim( Substitute( Mid( b5 , 3 , 9^9 ) , Char(160) , " " ) )
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.
2011/11/8 Mansor <dbpermatasari@gmail.com >
> **
>
>
> Pak Kid,
>
> Rumus bapak yang paling efektif.
>
> Kalau bisa diberi pencerahan, apa logisnya di balik rumus ini.
> Contohnya, kenapa ada angka 3 dan 99.
>
> Harap jawaban dari bapak agar kita semua bisa belajar.
>
> Terima kasih.
> Mansor
>
> 2011/11/8 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>
> **
>>
>>
>> Sepertinya asterik yang mau dihilangkan ada di 2 karakter pertama
>> (seperti di formula Pak Ghozi). Coba :
>> =Mid( b5 , 3 , 99 )
>>
>> Kid.
>>
>>
>> 2011/11/8 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> tulis formula
>>> =REPLACE(B5;1;2;"")
>>> copy ke bawah
>>>
>>> wassalam
>>>
>>> Ghozi Alkatiri
>>>
>>> --------------------- ---------
>>> *Dari:* Agus Waluyo <gusta_w@yahoo.co.id >
>>> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups. " <belajar-excel@com yahoogroups. com
>>> >
>>> *Dikirim:* Selasa, 8 November 2011 12:28
>>> *Judul:* [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
>>>
>>>
>>>
>>> Dear Para suhu
>>> Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara
>>> bagaimana ya?
>>>
>>> sebelum nya trimakasih
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
- 1d.
-
Re: menghilangkan tulisan Bintang
Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com nbmy1980
Tue Nov 8, 2011 3:39 pm (PST)
Terima kasih, Pak Kid atas pencerahannya, dan ini merupakan ilmu yang baru
buat saya dan mungkin juga rekan rekan yang lain.
Mansor
2011/11/8 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Setelah dilihat langsung ke filenya,
> ternyata dugaannya benar, bahwa seluruh karakter yang akan dihilangkan
> adalah 2 karakter pertama, yang oleh pak Ghozi dijabarkan dengan fungsi
> Replace pada karakter pertama sebanyak 2 karakter.
> Artinya, data yang dibutuhkan adalah teks mulai karakter ke-3 (*sebab
> adanya angka 3*)
> Karena karakter ke-3 ada di tengah teks (gak mungkin ya karakter ke 3 ada
> di ujung teks), maka fungsi yang bisa digunakan adalah Mid.
> Fungsi Mid membutuhkan input berupa :
> 1. teks yang akan diambil datanya
> 2. karakter mulai diambilnya si data
> 3. jumlah karakter yang akan diambil
>
> Poin 1 tentu si teks itu sendiri, poin 2 adalah karakter mulainya, yaitu 3.
> Poin 3 harus ditentukan sebanyak panjang karakter data dikurangi 2
> karakter pertama. Nah lebih susahkan mengertinya, daripada capek mikirin,
> ambil saja sebanyak 99 karakter (*sebab adanya angka 99*).
> Tentu asumsinya panjang teks tidak akan lebih dari 101 karakter. Bagaimana
> kalau ternyata lebih dari 101 karakter ?
> Ganti saja 99 dengan 9^9.
>
> Kadangkala, yang membuat jengkel adalah adanya spasi berlebih di belakang
> data. Jika hal ini terjadi, kurangi kejengkelan dengan menambahkan fungsi
> Trim, hingga tersusun =Trim( Mid( b5 , 3 , 9^9 ) )
>
> Lebih sebel lagi kalau ternyata spasi berlebihnya bukan spasi 32, tetapi
> spasi 160. Jadi harus diganti dulu menjadi spasi 32, karena kuatirnya ada
> spasi ditengah data yang dibutuhkan.
> =Trim( Substitute( Mid( b5 , 3 , 9^9 ) , Char(160) , " " ) )
>
> Wassalamualaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
> 2011/11/8 Mansor <dbpermatasari@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Pak Kid,
>>
>> Rumus bapak yang paling efektif.
>>
>> Kalau bisa diberi pencerahan, apa logisnya di balik rumus ini.
>> Contohnya, kenapa ada angka 3 dan 99.
>>
>> Harap jawaban dari bapak agar kita semua bisa belajar.
>>
>> Terima kasih.
>> Mansor
>>
>> 2011/11/8 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Sepertinya asterik yang mau dihilangkan ada di 2 karakter pertama
>>> (seperti di formula Pak Ghozi). Coba :
>>> =Mid( b5 , 3 , 99 )
>>>
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2011/11/8 ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co. >id
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> tulis formula
>>>> =REPLACE(B5;1;2;"")
>>>> copy ke bawah
>>>>
>>>> wassalam
>>>>
>>>> Ghozi Alkatiri
>>>>
>>>> --------------------- ---------
>>>> *Dari:* Agus Waluyo <gusta_w@yahoo.co.id >
>>>> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups. " <com
>>>> belajar-excel@yahoogroups. >com
>>>> *Dikirim:* Selasa, 8 November 2011 12:28
>>>> *Judul:* [belajar-excel] menghilangkan tulisan Bintang
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> Dear Para suhu
>>>> Excel mau tanya untuk menghilangkan tulisan tanda * biar cepat cara
>>>> bagaimana ya?
>>>>
>>>> sebelum nya trimakasih
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>
- 2a.
-
Re: Mohon Sertakan File Excel Untuk Copy file ke folder tertentu
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Nov 8, 2011 8:35 am (PST)
Berikut contoh file.
Asumsi sedikit diubah.
Pada email lalu, pembuatan directory destinasi dengan asumsi bahwa semua
directory cabang telah ada.
Pada file terlampir, asumsinya semua level directory belum ada.
Public Sub KopiFileKatanya()
Dim sFile As String, sDrive As String, sSourcePath As String
Dim rngDestPath As Range, rngLoop As Range
Dim sNewPath() As String, sDestPath As String
Dim lLevel As Long
sFile = Range("c8").Value 'ambil nama file
sSourcePath = Range("c6").Value 'ambil nama folder
source
'cek eksistensi file dan folder source
If LenB(sSourcePath) = 0 Then
MsgBox "Folder source blank", vbCritical, "Gagal"
Exit Sub
ElseIf LenB(sFile) = 0 Then
MsgBox "Nama file blank", vbCritical, "Gagal"
Exit Sub
ElseIf LenB(Dir$(sSourcePath & "\" & sFile)) = 0 Then
MsgBox "Tidak ada nama file " & sFile & " pada folder " &
sSourceFile, vbCritical, "Gagal"
Exit Sub
End If
sDrive = Range("c9").Value 'ambil nama drive
'cek eksistensi drive
If LenB(Dir$(sDrive & "\*", vbNormal + vbDirectory)) = 0 Then
MsgBox "Tidak ada drive " & sDrive
Exit Sub
End If
ActiveSheet.Calculate 'karena path destinasi
pakai formula, calculate sheet supaya pasti diperbarui
Set rngDestPath = Range("d15:d19") 'init range path
destinasi, siapa tahu akan dibuat lebih dinamis
For Each rngLoop In rngDestPath 'loop
setiap cell di range destinasi
If LenB(rngLoop) <> 0 Then 'cek,
destinasi path ada isinya
'script di email yang lalu, dengan asumsi,
'semua folder masing-masing cabang telah ada tapi belum ada sub
foldernya
'-------------------- ---------
'ketika belum ada seluruhnya, maka gunakan script berikut ini :
'buat path (asumsi, semua level belum ada)
sDestPath =
sDrive 'set path
level 0 (root), yaitu drivenya
sNewPath() = Split(rngLoop.Value,
"\") 'susun nama folder sampai ke sub,
berurutan
For lLevel = 1 To
UBound(sNewPath) 'loop mulai
folder pertama sampai terakhir
sDestPath = sDestPath & "\" &
sNewPath(lLevel) 'susun path per level
If LenB(Dir$(sDrive & "\" & sNewPath(lLevel), vbDirectory) )
= 0 Then 'cek path belum ada
MkDir
sDestPath 'buat path
End If
Next lLevel
FileCopy sSourcePath & "\" & sFile, rngLoop.Value & "\" &
sFile 'copy filenya
End If
Next rngLoop
End Sub
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.
2011/11/8 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> Sepertinya ini sangat bermanfaat, mohon kepada penulis bisa kasih
> attachment contoh file, agar mudah mempelajarinya.
> >> Diusahakan ya. Moga-moga ada kesempatan lagi untuk bisa buka Excel
> seperti pagi tadi.
> Andai bersedia mencoba sendiri.
> 1. Buat workbook baru. Save As dengan suatu nama (xl 2007 ke atas dengan
> ekstensi xlsm atau xlsb)
> 2. tulis di A1 sampai A5
>
> f:\cabang1\mydata1\
> f:\cabang1\mydata2\
> f:\cabang2\mydata1\
> f:\cabang2\mydata2\
> f:\cabang3\mydata1\
> 3. ke VBE dengan ALT+F11
> 4. menu Insert -> Module
> 5. akan ada module baru yang terbentuk, double click Module baru itu
> biasanya bernama ModuleN dengan N dimulai dari angka 1.
> 6. klik ruang penulisan script
> 7. Copas dari baris Public Sub sampai End Sub :
> Public Sub *KopiFileKatanya*()
>
> '1. deklarasi variabel. Misal dengan object range untuk loop informasi
> folder destinasi.
> dim rngLoop as range
>
> '2. pastikan file source ada bendanya
> if lenb(dir$( "c:\temp\BeExcel.pdf" ) ) = 0 then
> msgbox "tidak ada file source"
> exit sub
> endif
>
> '3. pastikan ada drive destinasi.
> 'jika drivenya juga berbeda-beda, masukkan bagian ini kedalam loop di
> langkah 4, dan sebagai cek pertama.
> 'Nilai drive bisa diambil dari cell juga.
> if lenb(dir$( "f:\*" , vbnormal + vbdirectory ) ) = 0 then
> msgbox "tidak ada drive tujuan"
> exit sub
> endif
>
> '4. loop masing-masing folder
> for each rngloop in range("a1:a5")
> '5. pastikan ada folder destinasinya. Jika tidak ada, dibuatkan.
> if lenb( dir$( rngloop.value ) ) = 0 then 'cek
> apakah directorynya tidak ada ?
> mkdir rngloop.value
> endif
>
> '6. salin filenya :: hati-hati, karena file yang telah ada akan
> di-replace
> 'akibat proses 4, pasti ada drivenya.
> 'akibat proses 5, pasti sudah ada directory destinasinya.
> filecopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , rngloop.value & "BeExcel.pdf"
> next rngloop
> End Sub
>
> 9. kembali ke worksheet dengan ALT+F11
> 10. insert sebuah shape (apa saja)
> 11. klik kanan shape itu, pilih assign macro, pilih prosedur bernama *
> KopiFileKatanya* lalu tekan OK
> 12. save workbook
> 13. klik si shape.
>
> Mohon maaf karena belum bisa buka file excel.
> Andai ada error atas script di atas, mohon koreksinya, karena hanya sebuah
> imajinasi saja.
>
> Regards.
> Kid.
>
>
> 2011/11/8 agus manggala <agus_ftunsri@yahoo.com >
>
>> **
>>
>>
>> Sepertinya ini sangat bermanfaat, mohon kepada penulis bisa kasih
>> attachment contoh file, agar mudah mempelajarinya.
>>
>> atas perkenannya saya ucapkan trima kasih :)
>>
>> --------------------- ---------
>> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups. com
>> *Sent:* Tuesday, November 8, 2011 4:53 PM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
>>
>>
>> Copy sebuah file ke beberapa directory.
>>
>> Asumsi :
>> 1. fullpathfile source : c:\temp\BeExcel.pdf (nilai
>> ini bisa juga didapat dari nilai cell)
>> 2. nama file tujuan adalah tetap, yaitu BeExcel.pdf (atau jadi
>> nama yang berbeda yang ditentukan di cell)
>> 3. drive tujuan ke drive f:
>> 4. directory path berubah sesuai nilai di range A1:A5 misalnya, yang
>> susunannya sudah lengkap berupa nama directory nya, seperti :
>> f:\cabang1\mydata1\
>> f:\cabang1\mydata2\
>> f:\cabang2\mydata1\
>> f:\cabang2\mydata2\
>> f:\cabang3\mydata1\
>>
>> '1. deklarasi variabel. Misal dengan object range untuk loop informasi
>> folder destinasi.
>> dim rngLoop as range
>>
>> '2. pastikan file source ada bendanya
>> if lenb(dir$( "c:\temp\BeExcel.pdf" ) ) = 0 then
>> msgbox "tidak ada file source"
>> exit sub
>> endif
>>
>> '3. pastikan ada drive destinasi.
>> 'jika drivenya juga berbeda-beda, masukkan bagian ini kedalam loop di
>> langkah 4, dan sebagai cek pertama.
>> 'Nilai drive bisa diambil dari cell juga.
>> if lenb(dir$( "f:\*" , vbnormal + vbdirectory ) ) = 0 then
>> msgbox "tidak ada drive tujuan"
>> exit sub
>> endif
>>
>> '4. loop masing-masing folder
>> for each rngloop in range("a1:a5")
>> '5. pastikan ada folder destinasinya. Jika tidak ada, dibuatkan.
>> if lenb( dir$( rngloop.value ) ) = 0 then 'cek
>> apakah directorynya tidak ada ?
>> mkdir rngloop.value
>> endif
>>
>> '6. salin filenya :: hati-hati, karena file yang telah ada akan
>> di-replace
>> 'akibat proses 4, pasti ada drivenya.
>> 'akibat proses 5, pasti sudah ada directory destinasinya.
>> filecopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , rngloop.value & "BeExcel.pdf"
>> next rngloop
>>
>> Mungkin begitu kali ya.
>> Kid.
>>
>> 2011/11/8 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>>
>> **
>>
>> Tks Mr Kid
>>
>> Ini lagi coba pakai syntax
>> FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>>
>> cuma kesulitan menetapkan distinasi nya, karena path destinasi beda beda
>> sesuai dengan cabang yang ada.
>> Pakai looping.
>>
>> Maaf , masih cupu tentang macro vba
>>
>> Tks atas bantuannya
>>
>>
>>
>> file terlampir
>>
>>
>>
>>
>> --------------------- ---------
>> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups. com
>> *Dikirim:* Sabtu, 5 November 2011 7:39
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
>>
>>
>> Dear Dewan,
>>
>> Syntax :
>> FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>>
>> misal : c:\temp\BeExcel.pdf akan di copy ke d:\data\milis dengan nama
>> tetap sebagai BeExcel.pdf
>> FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
>>
>> Buat sebuah module di VBE
>> Buat prosedur berikut :
>> public sub CopyFileku()
>> FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
>> end sub
>>
>> Jika semua file pdf, gunakan file xcopy. Jadi ganti FileCopy blah-blah
>> dengan :
>> shell "xcopy c:\temp\*.pdf d:\data\milis\*.pdf"
>> yang perlu diperhatikan, untuk nama folder yang menggunakan spasi, ganti
>> dengan shortnamenya.
>>
>> Pada Windows 7 juga ada RoboCopy yang mirip dengan xcopy. Syntax-nya agak
>> berbeda sedikit.
>> Untuk lebih jelasnya, ke CommandPrompt dan coba lihat help nya dengan :
>> XCopy /? atau RoboCopy /?
>>
>> Regards.
>> Kid.
>>
>> 2011/11/4 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>>
>> **
>>
>>
>> Dear pakar excel,
>>
>>
>> Saya ada sebuah file pdf (di folder c:\temp\) yang akan di copy ke
>> folder tertentu.Bagaimana cara membuat macro nya.
>> File terlampir.
>>
>> Terimakasih
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
- 2b.
-
Bls: [belajar-excel] Mohon Sertakan File Excel Untuk Copy file ke fo
Posted by: "Dewan Deya" dwanxls@yahoo.co.id dwanxls
Wed Nov 9, 2011 12:45 am (PST)
Mr Kid,
Tks file excel nya, sekarang sedang dipelajari.Nanti tinggal modif2 dikit. Kalo ada kesulitan boleh tanya lagi ya. Mudah2n ga perlu copy manual lagi, ga efisien n makan waktu.
Terimakasih Mr Kid.
Milis belajar Excel ini is the best
Mangtab
_____________________ _________ __
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Selasa, 8 November 2011 23:35
Judul: Re: [belajar-excel] Mohon Sertakan File Excel Untuk Copy file ke folder tertentu
Â
Berikut contoh file.
Asumsi sedikit diubah.
Pada email lalu, pembuatan directory destinasi dengan asumsi bahwa semua directory cabang telah ada.
Pada file terlampir, asumsinya semua level directory belum ada.
Public Sub KopiFileKatanya()
   Dim sFile As String, sDrive As String, sSourcePath As String
   Dim rngDestPath As Range, rngLoop As Range
   Dim sNewPath() As String, sDestPath As String
   Dim lLevel As Long
  Â
   sFile = Range("c8").Value                      'ambil nama file
   sSourcePath = Range("c6").Value                'ambil nama folder source
   'cek eksistensi file dan folder source
   If LenB(sSourcePath) = 0 Then
       MsgBox "Folder source blank", vbCritical, "Gagal"
       Exit Sub
   ElseIf LenB(sFile) = 0 Then
       MsgBox "Nama file blank", vbCritical, "Gagal"
       Exit Sub
   ElseIf LenB(Dir$(sSourcePath & "\" & sFile)) = 0 Then
       MsgBox "Tidak ada nama file " & sFile & " pada folder " & sSourceFile, vbCritical, "Gagal"
       Exit Sub
   End If
  Â
   sDrive = Range("c9").Value                     'ambil nama drive
   'cek eksistensi drive
   If LenB(Dir$(sDrive & "\*", vbNormal + vbDirectory)) = 0 Then
       MsgBox "Tidak ada drive " & sDrive
       Exit Sub
   End If
   ActiveSheet.Calculate                          'karena path destinasi pakai formula, calculate sheet supaya pasti diperbarui
   Set rngDestPath = Range("d15:d19")             'init range path destinasi, siapa tahu akan dibuat lebih dinamis
   For Each rngLoop In rngDestPath                                'loop setiap cell di range destinasi
       If LenB(rngLoop) <> 0 Then                                 'cek, destinasi path ada isinya
           'script di email yang lalu, dengan asumsi,
           'semua folder masing-masing cabang telah ada tapi belum ada sub foldernya
           '-------------------- ---------
           'ketika belum ada seluruhnya, maka gunakan script berikut ini :
           'buat path (asumsi, semua level belum ada)
           sDestPath = sDrive                                                         'set path level 0 (root), yaitu drivenya
           sNewPath() = Split(rngLoop.Value, "\")                                     'susun nama folder sampai ke sub, berurutan
           For lLevel = 1 To UBound(sNewPath)                                         'loop mulai folder pertama sampai terakhir
               sDestPath = sDestPath & "\" & sNewPath(lLevel)                         'susun path per level
               If LenB(Dir$(sDrive & "\" & sNewPath(lLevel), vbDirectory) ) = 0 Then   'cek path belum ada
                   MkDir sDestPath                                                    'buat path
               End If
           Next lLevel
          Â
           FileCopy sSourcePath & "\" & sFile, rngLoop.Value & "\" & sFile            'copy filenya
       End If
   Next rngLoop
End Sub
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.
2011/11/8 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
Sepertinya ini sangat bermanfaat, mohon kepada penulis bisa kasih attachment contoh file, agar mudah mempelajarinya.
>>> Diusahakan ya. Moga-moga ada kesempatan lagi untuk bisa buka Excel seperti pagi tadi.
>Andai bersedia mencoba sendiri.
>1. Buat workbook baru. Save As dengan suatu nama (xl 2007 ke atas dengan ekstensi xlsm atau xlsb)
>2. tulis di A1 sampai A5
>
>Â Â Â Â Â f:\cabang1\mydata1\
>Â Â Â Â Â Â f:\cabang1\mydata2\
>Â Â Â Â Â Â f:\cabang2\mydata1\
>Â Â Â Â Â Â f:\cabang2\mydata2\
>Â Â Â Â Â Â f:\cabang3\mydata1\
>3. ke VBE dengan ALT+F11
>4. menu Insert -> Module
>5. akan ada module baru yang terbentuk, double click Module baru itu biasanya bernama ModuleN dengan N dimulai dari angka 1.
>6. klik ruang penulisan script
>7. Copas dari baris Public Sub sampai End Sub :
>Public Sub KopiFileKatanya()
>
>Â Â Â '1. deklarasi variabel. Misal dengan object range untuk loop informasi folder destinasi.
>Â Â
dim rngLoop as range
>
>Â Â '2. pastikan file source ada bendanya
>Â if lenb(dir$( "c:\temp\BeExcel.pdf" ) ) = 0 then
>Â Â Â msgbox "tidak ada file source"
>Â Â Â exit sub
>Â endif
>
>Â '3. pastikan ada drive destinasi.
>Â
'jika drivenya juga berbeda-beda, masukkan bagian ini kedalam loop di langkah 4, dan sebagai cek pertama.
>Â 'Nilai drive bisa diambil dari cell juga.
>Â if lenb(dir$( "f:\*" , vbnormal + vbdirectory ) ) = 0 then
>Â Â Â msgbox "tidak ada drive tujuan"
>Â Â Â exit sub
>Â endif
>
>Â '4. loop masing-masing folder
>Â for each rngloop in range("a1:a5")
>Â Â Â Â Â Â '5. pastikan ada folder destinasinya. Jika tidak ada, dibuatkan.
>       if lenb( dir$( rngloop.value ) ) = 0 then                 'cek apakah directorynya tidak ada ?
>Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â mkdir rngloop.value
>Â Â Â Â Â Â Â endif
>
>        '6. salin filenya :: hati-hati, karena file yang telah ada akan di-replace
>Â Â Â Â Â Â Â Â 'akibat proses 4, pasti ada drivenya.
>Â Â Â Â Â Â Â Â 'akibat proses 5, pasti sudah ada directory destinasinya.
>Â Â Â Â Â Â Â Â filecopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , rngloop.value & "BeExcel.pdf"
>Â Â
next rngloop
>End Sub
>
>9. kembali ke worksheet dengan ALT+F11
>10. insert sebuah shape (apa saja)
>11. klik kanan shape itu, pilih assign macro, pilih prosedur bernama KopiFileKatanya lalu tekan OK
>12. save workbook
>13. klik si shape.
>
>Mohon maaf karena belum bisa buka file excel.
>Andai ada error atas script di atas, mohon koreksinya, karena hanya sebuah imajinasi saja.
>
>Regards.
>Kid.
>
>
>
>2011/11/8 agus manggala <agus_ftunsri@yahoo.com >
>
>
>>Â
>>Sepertinya ini sangat bermanfaat, mohon kepada penulis bisa kasih attachment contoh file, agar mudah mempelajarinya.
>>
>>atas perkenannya saya ucapkan trima kasih :)
>>
>>
>>
>>
>>___________________ _________ ____
>>From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>>To: belajar-excel@yahoogroups. com
>>Sent: Tuesday, November 8, 2011 4:53 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
>>
>>
>>Â
>>Copy sebuah file ke beberapa directory.
>>
>>Asumsi :
>>1. fullpathfile source : c:\temp\BeExcel.pdf           (nilai ini bisa juga didapat dari nilai cell)
>>2. nama file tujuan adalah tetap, yaitu BeExcel.pdf      (atau jadi nama yang berbeda yang ditentukan di cell)
>>3. drive tujuan ke drive f:
>>4. directory path berubah sesuai nilai di range A1:A5 misalnya, yang susunannya sudah lengkap berupa nama directory nya, seperti :
>>Â Â Â Â Â Â f:\cabang1\mydata1\
>>Â Â Â Â Â Â f:\cabang1\mydata2\
>>Â Â Â Â Â Â f:\cabang2\mydata1\
>>Â Â Â Â Â Â f:\cabang2\mydata2\
>>Â Â Â Â Â Â f:\cabang3\mydata1\
>>
>>'1. deklarasi variabel. Misal dengan object range untuk loop informasi folder destinasi.
>>dim rngLoop as range
>>
>>'2. pastikan file source ada bendanya
>>if lenb(dir$( "c:\temp\BeExcel.pdf" ) ) = 0 then
>>Â Â Â msgbox "tidak ada file source"
>>Â Â Â exit sub
>>endif
>>
>>'3. pastikan ada drive destinasi.
>>'jika drivenya juga berbeda-beda, masukkan bagian ini kedalam loop di langkah 4, dan sebagai cek pertama.
>>'Nilai drive bisa diambil dari cell juga.
>>if lenb(dir$( "f:\*" , vbnormal + vbdirectory ) ) = 0 then
>>Â Â Â msgbox "tidak ada drive tujuan"
>>Â Â Â exit sub
>>endif
>>
>>'4. loop masing-masing folder
>>for each rngloop in range("a1:a5")
>>Â Â Â Â Â Â '5. pastikan ada folder destinasinya. Jika tidak ada, dibuatkan.
>>       if lenb( dir$( rngloop.value ) ) = 0 then                 'cek apakah directorynya tidak ada ?
>>Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â mkdir rngloop.value
>>Â Â Â Â Â Â Â endif
>>
>>        '6. salin filenya :: hati-hati, karena file yang telah ada akan di-replace
>>Â Â Â Â Â Â Â Â 'akibat proses 4, pasti ada drivenya.
>>Â Â Â Â Â Â Â Â 'akibat proses 5, pasti sudah ada directory destinasinya.
>>Â Â Â Â Â Â Â Â filecopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , rngloop.value & "BeExcel.pdf"
>>next rngloop
>>
>>Mungkin begitu kali ya.
>>Kid.
>>
>>
>>2011/11/8 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>>
>>
>>>Â
>>>Tks Mr Kid
>>>
>>>
>>>Ini lagi coba pakai syntax
>>>FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>>>
>>>
>>>cuma kesulitan menetapkan distinasi nya, karena path destinasi beda beda sesuai dengan cabang yang ada.
>>>Pakai looping.
>>>
>>>
>>>Maaf , masih cupu tentang macro vba
>>>
>>>
>>>Tks atas bantuannya
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>file terlampir
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>__________________ _________ _____
>>>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
>>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
>>>Dikirim: Sabtu, 5 November 2011 7:39
>>>Judul: Re: [belajar-excel] Copy file ke folder tertentu
>>>
>>>
>>>
>>>Â
>>>Dear Dewan,
>>>
>>>Syntax :
>>>FileCopy filename_asal , filename_tujuan
>>>
>>>misal : c:\temp\BeExcel.pdf akan di copy ke d:\data\milis dengan nama tetap sebagai BeExcel.pdf
>>>FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf"Â , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
>>>
>>>Buat sebuah module di VBE
>>>Buat prosedur berikut :
>>>public sub CopyFileku()
>>>Â Â Â Â FileCopy "c:\temp\BeExcel.pdf"Â , "d:\data\milis\ BeExcel.pdf"
>>>end sub
>>>
>>>Jika semua file pdf, gunakan file xcopy. Jadi ganti FileCopy blah-blah dengan :
>>>shell "xcopy c:\temp\*.pdf d:\data\milis\*.pdf"
>>>yang perlu diperhatikan, untuk nama folder yang menggunakan spasi, ganti dengan shortnamenya.
>>>
>>>Pada Windows 7 juga ada RoboCopy yang mirip dengan xcopy. Syntax-nya agak berbeda sedikit.
>>>Untuk lebih jelasnya, ke CommandPrompt dan coba lihat help nya dengan : XCopy /? atau RoboCopy /?
>>>
>>>Regards.
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>2011/11/4 Dewan Deya <dwanxls@yahoo.co.id >
>>>
>>>
>>>>Â
>>>>
>>>>
>>>>Dear pakar excel,
>>>>
>>>>
>>>>Saya ada sebuah file pdf (di folder c:\temp\) yang akan di copy ke folder tertentu.Bagaimana cara membuat macro nya.
>>>>File terlampir.
>>>>
>>>>Terimakasih
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
- 3a.
-
Re: ngilangin compatibility mode
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Nov 8, 2011 3:56 pm (PST)
Pak Yulian,
Bagaimana kalau mencoba menghilangkan centang di opsi Check compatibility
blah-blah di dialog yang muncul saat akan save tersebut ?
Siapa tahu untuk workbook tersebut, akan jadi enggan muncul karena gak ada
centang di wajib lapor.
Kid.
2011/11/8 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com >
> **
>
>
> kawans
> bagaimana cara ngilangin compatibility mode
> excel aku yang 2007, aku terima data excel 2003
> kucoba save as tak mau pulak
> 'cem mane nih pak cik, mak cik ? paniang ....
>
> salam
> YN
>
>
>
- 3b.
-
Re: ngilangin compatibility mode
Posted by: "yulian nugroho" yuliannug@gmail.com yuliannug
Tue Nov 8, 2011 5:43 pm (PST)
om Kid,
setelah centang diilangin memang "kotak" tsb gak muncul lagi
tapi modenya tetep [Compatibility Mode]
yang jadi masalah saat mode tsb ON adalah "kadang2" beberapa fitur XL gak
bisa kerja,
misal : mau bikin/ hapus border gak bisa pake tool bar
gak tau ini karena mode tsb ato XLku yang lagi problim
tapi masalah ini kok rasanya sudah kualami sampek lebih 2X
eniwei, makasih om Kid sudah membantu
YN
2011/11/9 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Pak Yulian,
>
> Bagaimana kalau mencoba menghilangkan centang di opsi Check compatibility
> blah-blah di dialog yang muncul saat akan save tersebut ?
> Siapa tahu untuk workbook tersebut, akan jadi enggan muncul karena gak ada
> centang di wajib lapor.
>
> Kid.
>
>
> 2011/11/8 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> kawans
>> bagaimana cara ngilangin compatibility mode
>> excel aku yang 2007, aku terima data excel 2003
>> kucoba save as tak mau pulak
>> 'cem mane nih pak cik, mak cik ? paniang ....
>>
>> salam
>> YN
>>
>>
>
>
- 4a.
-
Macro for Array Formula (revisi pertanyaan)
Posted by: "Fano The Miner" fano.theminer@gmail.com
Tue Nov 8, 2011 5:43 pm (PST)
Dear All Pakar Excel
Mohon bantuan teman-teman
Saya baru belajar macro, belajar sama Om Google :D
Saya punya formula seperti di kolom F, namun setelah saya coba terapkan
code-nya di macro, tidak bisa jalan. mohon bantuan, kira-kira code-nya
kayak gimana yah?
Terima Kasih Sebelumnya
Salam
FANO
- 4b.
-
Bls: [belajar-excel] Macro for Array Formula (revisi pertanyaan)
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@yahoo.co.id dwint.ruswanto
Tue Nov 8, 2011 6:01 pm (PST)
coba bantu semoga sesuai dengan harapan
Â
Sub Small_K()
    Range("H11:H144").Select
        Selection.FormulaArray = _
           "=IFERROR(SMALL(RC[-5]:R[ 133]C[-5] ,ROW(R[-10] :R[123])) ,"""")"
End Sub
_____________________ _________ __
Dari: Fano The Miner <fano.theminer@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Rabu, 9 November 2011 8:27
Judul: [belajar-excel] Macro for Array Formula (revisi pertanyaan)
Â
Dear All Pakar Excel
Mohon bantuan teman-teman
Saya baru belajar macro, belajar sama Om Google :D
Saya punya formula seperti di kolom F, namun setelah saya coba terapkan
code-nya di macro, tidak bisa jalan. mohon bantuan, kira-kira code-nya
kayak gimana yah?
Terima Kasih Sebelumnya
Salam
FANO
- 4c.
-
Re: Macro for Array Formula (revisi pertanyaan)
Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com nmkid.family@ymail.com
Tue Nov 8, 2011 6:10 pm (PST)
Ketika menggunakan [] dalam RC Style berarti offset.
Pinjam solusi Pak Dwint.
Coba juga :
Range("h11:h144").FormulaArray = "=IFError( Small( *c11:c144* , Row( *
1:134* ) ) , """" )"
atau dengan RC Style :
Range("h11:h144").FormulaArray = "=IFError( Small( *R11C3:R144C3* , Row(
*R1:R134* ) ) , """" )"
Kid.
2011/11/9 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@yahoo.co. >id
> **
>
>
> coba bantu semoga sesuai dengan harapan
>
> Sub Small_K()
> Range("H11:H144").Select
> Selection.FormulaArray = _
> "=IFERROR(SMALL(RC[-5]:R[ 133]C[-5] ,ROW(R[-10] :R[123])) ,"""")"
> End Sub
>
> *Dari:* Fano The Miner <fano.theminer@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups. com
> *Dikirim:* Rabu, 9 November 2011 8:27
> *Judul:* [belajar-excel] Macro for Array Formula (revisi pertanyaan)
>
>
> Dear All Pakar Excel
> Mohon bantuan teman-teman
> Saya baru belajar macro, belajar sama Om Google :D
> Saya punya formula seperti di kolom F, namun setelah saya coba terapkan
> code-nya di macro, tidak bisa jalan. mohon bantuan, kira-kira code-nya
> kayak gimana yah?
>
> Terima Kasih Sebelumnya
> Salam
>
> FANO
>
>
>
>
- 4d.
-
Re: Macro for Array Formula (revisi pertanyaan)
Posted by: "Fano The Miner" fano.theminer@gmail.com
Tue Nov 8, 2011 7:02 pm (PST)
For Mr. Kid & Pak Dwint..
Terima Kasih Atas Solusinya...
It Works..!!!!! :)
Thank you Very much...
Regards
Fano
On 11/9/11, Fano The Miner <fano.theminer@gmail.com > wrote:
> Dear All Pakar Excel
> Mohon bantuan teman-teman
> Saya baru belajar macro, belajar sama Om Google :D
> Saya punya formula seperti di kolom F, namun setelah saya coba terapkan
> code-nya di macro, tidak bisa jalan. mohon bantuan, kira-kira code-nya
> kayak gimana yah?
>
>
> Terima Kasih Sebelumnya
> Salam
>
> FANO
>
- 5a.
-
Re: filter urut dengan formula
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Tue Nov 8, 2011 7:00 pm (PST)
Kalau memang harus di urutkan berdasarkan nama buah , trik Mr Kid dgn mengunakan countif memang cara yg ampuh
Buah|Jambu|Mentah
Buah
Buah|Jambu|Matang
Buah
Buah|Mangga|Mentah
Buah
Buah|Mangga|Matang
Buah
Buah|Durian|Mentah
Buah
Buah|Durian|Matang
Buah
Binatang|Ayam|Kecil
Binatang
Binatang|Ayam|Besar
Binatang
Binatang|Kucing|Kecil
Binatang
Binatang|Kucing|Besar
Binatang
Binatang|Monyet|Kecil
Binatang
Binatang|Monyet|Besar
Binatang
Buah|Duku|matang
Buah
Buah|Duku|mentah
Buah
=IF( $B$6:$B$19=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$6:$ A$19 )*1000 + ROW(1:14) )dapat di proses per baris , misal kita pilih sel pertama yaitu baris 6 ( B6, A6 ) , maka rumus dapat ditulis =IF( $B$6=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$6 )*1000 + ROW(1) ) akan menghasilkan nilai : 11001ada 11 item :
Buah|Jambu|Mentah
Buah|Jambu|Matang
Buah|Durian|Mentah
Buah|Durian|Matang
Binatang|Ayam|Kecil
Binatang|Ayam|Besar
Binatang|Kucing|Kecil
Binatang|Kucing|Besar
Binatang|Monyet|Kecil
Binatang|Monyet|Besar
Buah|Duku|matang
Buah|Duku|mentah
= IF( $B$7=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19,"<"&$A$7 )*1000 + ROW(2) ) akan menghasilkan nilai : 10002= IF( $B$8=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$8)* 1000 + ROW(3) ) akan menghasilkan nilai : 13003= IF( $B$9=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$9)* 1000 + ROW(4) ) akan menghasilkan nilai : 12004=IF( $B$10=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$10 )*1000 + ROW(5) ) akan menghasilkan nilai : 9005=IF( $B$11=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$11 )*1000 + ROW(6) ) akan menghasilkan nilai : 8006
Buah|Durian|Matang
Binatang|Ayam|Kecil
Binatang|Ayam|Besar
Binatang|Kucing|Kecil
Binatang|Kucing|Besar
Binatang|Monyet|Kecil
Binatang|Monyet|Besar
Buah|Duku|matang
Buah|Duku|mentah
=IF( $B$12=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19,"<"&$A$12 )*1000 + ROW(7) ) akan menghasilkan nilai : False=IF( $B$13=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$13 )*1000 + ROW(8) ) akan menghasilkan nilai : False=IF( $B$14=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$14 )*1000 + ROW(9) ) akan menghasilkan nilai : False=IF( $B$15=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$15 )*1000 + ROW(10) ) akan menghasilkan nilai : False=IF( $B$16=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$16 )*1000 + ROW(11) ) akan menghasilkan nilai : False=IF( $B$17=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$17 )*1000 + ROW(12) ) akan menghasilkan nilai : False=IF( $B$18=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$18 )*1000 + ROW(13) ) akan menghasilkan nilai : 6013=IF( $B$19=G$6 , COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$19 )*1000 + ROW(14) ) akan menghasilkan nilai : 7014 hasil keseluruhan :
11001
10002
13003
12004
9005
8006
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
6013
7014
penjelasan : jika isi sel B6 adalah sesuai dgn isi G6 (pilihan pada data validasi ) , maka lakukan proses perhitungan : $A$6:$A$19,"<"&$A6 disini membandingkan berdasarkan urutan abjad ( dari karakter dari item yg ada di sel A6:A19 )mengapa di kalikan 1000 , karena jumlah baris ada 19 alias 2 digit , kalau ada 3 digit , maka 10000 setelah itu untuk mengurutkan , maka digunakan fungsi SMALLcontoh pada baris 6 :{=(SMALL(IF( $B$6:$B$19=$ G$6, COUNTIF ($A$6:$A$19, "<"&$A$6: $A$19) *1000 + ROW($1:$14) ), ROW(1:1) ))} akan menghasilkan :
6013
7014
8006
9005
10002
11001
12004
13003
#NUM!
#NUM!
#NUM!
#NUM!
#NUM!
#NUM!
untuk mengetahui baris yg terpilih , maka gunakan fungsi MOD. contoh pada baris 6 :=MOD( (SMALL(IF( $B$6:$B$19=$G$6 ,COUNTIF( $A$6:$A$19," <"&$A$6:$ A$19 )*1000+ ROW($1:$14) ), ROW(1:1) )),1000)akan menghasilkan :
13
14
6
5
2
1
4
3
#NUM!
#NUM!
#NUM!
#NUM!
#NUM!
#NUM!
Demikian uraian berdasarkan Rumus Array Formula Mr KID trim's To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: mr.nmkid@gmail.com
Date: Tue, 8 Nov 2011 17:04:36 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] filter urut dengan formula
Array formula =SMALL(IF(LEFT($A$6:$A$18, LEN(G$6)) =G$6,ROW( $1:$13)), ROW(1:1))
adalah array formula filtering.
Pak Yulian membutuhkan array formula sorting dan ditampilkan terfilter berdasar jenis item (buah atau binatang).
Sorting yang diinginkan adalah berdasar ketiga kolom key-nya, dengan order, kolom1, kolom2,kolom3.
Jadi array formula pak Sudarsono bisa ditambahkan komposit nilai pengurut (sorting) nya.
Regards.
Kid.
2011/11/8 jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com >
=SMALL(IF(LEFT($A$6:$A$18, LEN(G$6)) =G$6,ROW( $1:$13)), ROW(1:1))
- 6a.
-
Summary report
Posted by: "Haer Talib" haertalib@gmail.com haery
Tue Nov 8, 2011 8:16 pm (PST)
Rekan-rekan BE,
Ini ada case membuat rekapitulasi / summary seperti file terlampir.
Barangkali ada yang ingin berkreasi, sekaligus membantu seorang ibu guru di
daerah terpencil yg ingin memantau perkembangan muridnya.
Untuk yang ini hadiahnya masih "THANK YOU" ya... :)
Saya tunggu...
--
Haer Talib
*RumahAccess Indonesia* <http://www.rumahaccess.com >
*Tempatnya Belajar Microsoft Access*
Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event
- 6b.
-
Re: Summary report
Posted by: "Udin Haeruddin" herumamuda@gmail.com ruddin1795
Tue Nov 8, 2011 10:25 pm (PST)
Kalau harus menggunakan Access, saya tidak bisa membantu. Kalau untuk
mengisi kolom-kolom yang ada di lampiran kita bisa menggunakan fungsi
COUNTIFS.
Namun, rumus-rumus yang saya gunakan harus ditulis satu per satu di setiap
sel. Belum bisa membuat satu rumus yang tinggal dikopi ke sel-sel yang lain
(dalam Tabel2).
Kita berharap para master memberikan solusi yang lebih canggih.
Pada 9 November 2011 11:16, Haer Talib <haertalib@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Rekan-rekan BE,
>
> Ini ada case membuat rekapitulasi / summary seperti file terlampir.
> Barangkali ada yang ingin berkreasi, sekaligus membantu seorang ibu guru
> di daerah terpencil yg ingin memantau perkembangan muridnya.
>
> Untuk yang ini hadiahnya masih "THANK YOU" ya... :)
>
> Saya tunggu...
>
> --
>
>
> Haer Talib
>
> *RumahAccess Indonesia* <http://www.rumahaccess.com >
> *Tempatnya Belajar Microsoft Access*
> Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event
>
>
>
>
>
--
====== Haeruddin, S.Pd ======
- 6c.
-
Bls: [belajar-excel] Summary report
Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@yahoo.co.id dwint.ruswanto
Tue Nov 8, 2011 10:30 pm (PST)
solusi lain:
Â
menggunakan pivot tabel
Â
mungkin dari para member millis BeExcel ada masukkan yang lain..
_____________________ _________ __
Dari: Udin Haeruddin <herumamuda@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Dikirim: Rabu, 9 November 2011 13:24
Judul: Re: [belajar-excel] Summary report
Â
Kalau harus menggunakan Access, saya tidak bisa membantu. Kalau untuk mengisi kolom-kolom yang ada di lampiran kita bisa menggunakan fungsi COUNTIFS.Â
Namun, rumus-rumus yang saya gunakan harus ditulis satu per satu di setiap sel. Belum bisa membuat satu rumus yang tinggal dikopi ke sel-sel yang lain (dalam Tabel2).
Kita berharap para master memberikan solusi yang lebih canggih.
Pada 9 November 2011 11:16, Haer Talib <haertalib@gmail.com > menulis:
>Â
>Rekan-rekan BE,
>
>
>Ini ada case membuat rekapitulasi / summary seperti file terlampir.
>Barangkali ada yang ingin berkreasi, sekaligus membantu seorang ibu guru di daerah terpencil yg ingin memantau perkembangan muridnya.
>
>
>Untuk yang ini hadiahnya masih "THANK YOU" ya... :)
>
>
>Saya tunggu...
>
>
>--
>
>
>
>
>
>Haer Talib
>RumahAccess Indonesia
>Tempatnya Belajar Microsoft Access
>Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event
>
>
>
>
>
--
====== Haeruddin, S.Pd ======
- 6d.
-
Re: Summary report
Posted by: "Haer Talib" haertalib@gmail.com haery
Tue Nov 8, 2011 11:19 pm (PST)
Memang pakai Excel saja dulu.
Terima kasih bantuannya.
Saya masih menunggu rekan yang lain yang mungkin punysa solusi berbeda.
Thanks
2011/11/9 Udin Haeruddin <herumamuda@gmail.com >
>
>
> Kalau harus menggunakan Access, saya tidak bisa membantu. Kalau untuk
> mengisi kolom-kolom yang ada di lampiran kita bisa menggunakan fungsi
> COUNTIFS.
> Namun, rumus-rumus yang saya gunakan harus ditulis satu per satu di setiap
> sel. Belum bisa membuat satu rumus yang tinggal dikopi ke sel-sel yang lain
> (dalam Tabel2).
>
> Kita berharap para master memberikan solusi yang lebih canggih.
>
> Pada 9 November 2011 11:16, Haer Talib <haertalib@gmail.com > menulis:
>
> **
>>
>>
>> Rekan-rekan BE,
>>
>> Ini ada case membuat rekapitulasi / summary seperti file terlampir.
>> Barangkali ada yang ingin berkreasi, sekaligus membantu seorang ibu guru
>> di daerah terpencil yg ingin memantau perkembangan muridnya.
>>
>> Untuk yang ini hadiahnya masih "THANK YOU" ya... :)
>>
>> Saya tunggu...
>>
>> --
>>
>>
>> Haer Talib
>>
>> *RumahAccess Indonesia* <http://www.rumahaccess.com >
>> *Tempatnya Belajar Microsoft Access*
>> Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event
>>
>>
>>
>>
>
>
> --
> ====== Haeruddin, S.Pd ======
>
>
>
>
--
Haer Talib
*RumahAccess Indonesia* <http://www.rumahaccess.com >
*Tempatnya Belajar Microsoft Access*
Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event
- 6e.
-
Re: Summary report
Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com hendrikkarnadi
Wed Nov 9, 2011 12:18 am (PST)
Terlampir adalah formula Countifs untuk Tabel 2
Â
Salam,
Hendrik Karnadi
_____________________ _________ __
From: Haer Talib <haertalib@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups. com
Sent: Wednesday, 9 November 2011 11:16 AM
Subject: [belajar-excel] Summary report
Â
Rekan-rekan BE,
Ini ada case membuat rekapitulasi / summary seperti file terlampir.
Barangkali ada yang ingin berkreasi, sekaligus membantu seorang ibu guru di daerah terpencil yg ingin memantau perkembangan muridnya.
Untuk yang ini hadiahnya masih "THANK YOU" ya... :)
Saya tunggu...
--
Haer Talib
RumahAccess Indonesia
Tempatnya Belajar Microsoft Access
Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event
- 7a.
-
Re: Help me please
Posted by: "Udin Haeruddin" herumamuda@gmail.com ruddin1795
Tue Nov 8, 2011 10:24 pm (PST)
Kalau saya, pake sel bantu di H1 untuk menghitung jumlah data pada sheet2.
Kemudian nilai pada H1 dijadikan pijakan untuk memasukkan data textbox
dengan menggunakan fungsi OFFSET.
Misalnya:
Di sel H1 Sheet2 kita tulis rumus:* =COUNTA(A:A)-1*
kemudian di kode makro kita buatkan dimensi baris:
Dim Baris As Integer
Baris = Range("Sheet2!H1").value
Untuk memasukkan TextBox2 di range A2, misalnya:
Range("A2").offset(Baris, 0).PasteSpecial
demikian juga untuk textbox yang lainnya
--
====== Haeruddin, S.Pd ======
- 7b.
-
Re: Help me please
Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com asrorcakep
Wed Nov 9, 2011 12:19 am (PST)
Terimakasih pak haerudin,
Sangat membantu,
Asr
Safety is my responsibility
Sent from Super Asror's BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: Udin Haeruddin <herumamuda@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups. com
Date: Wed, 9 Nov 2011 12:57:01
To: <belajar-excel@yahoogroups. >com
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups. com
Subject: Re: [belajar-excel] Help me please
Kalau saya, pake sel bantu di H1 untuk menghitung jumlah data pada sheet2.
Kemudian nilai pada H1 dijadikan pijakan untuk memasukkan data textbox
dengan menggunakan fungsi OFFSET.
Misalnya:
Di sel H1 Sheet2 kita tulis rumus:* =COUNTA(A:A)-1*
kemudian di kode makro kita buatkan dimensi baris:
Dim Baris As Integer
Baris = Range("Sheet2!H1").value
Untuk memasukkan TextBox2 di range A2, misalnya:
Range("A2").offset(Baris, 0).PasteSpecial
demikian juga untuk textbox yang lainnya
--
====== Haeruddin, S.Pd ======
- 8.
-
Trik mengurangi ukuran File Excel.
Posted by: "agung_widodo@sanyo.com" agung_widodo@sanyo.com
Tue Nov 8, 2011 11:35 pm (PST)
Rekan sekalian,
(Maaf terkesan mengajari padahal mau Tanya...)
Salah satu cara melihat bahwa File Excel berukuran besar ,
Selain dari banyaknya Object,ciri yang saya lihat bisa tampak pada Scroll Bar.
Semakin kecil scroll Bar maka ukuran file semakin besar. CMIIW.
Salah satu teknik mengurangi ukuran file yang kadang saya pakai yaitu,
Menuju satu Sel yang paling bawah,
Pilih Row/Columnnya,
Ctrl+Shift+End
lalu
Edit - Clear - All
Atau Delete.
Tanya:
1. Mengapa Scroll bar tidak jadi membesar seperti umumnya lagi, Setelah data tak diperlukan dibuang?
2. Mengapa cara ini kadang berhasil mengecilkan file size, kadang tidak, bahkan kadang bisa membuat ukuran file bertambah besar.?
3. Adakah trik lain memangkas ukuran file?
Nuwun.
Wassalam
Agung W
- 9a.
-
Re: Bls: [belajar-excel] Menghitung masa kerja
Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com jkssbma
Wed Nov 9, 2011 1:20 am (PST)
Tanggal
awal
Tanggal akhir
tahun
bulan
hari
4-Jun-2007
5-Nov-2011
4
5
1
1-Jan-2010
2-Feb-2011
1
1
1
5-Nov-2011
6-Nov-2011
0
0
1
11-Nov-2011
10-Dec-2011
0
0
0
11-Nov-2011
10-Nov-2012
0
0
0
11-Nov-2011
10-Nov-2012
0
0
0
saya mencoba rumus yg dibuat oleh Pak Ghozi. mungkin hasil seharusnya :
Tahun
bulan
hari
4
5
1
1
1
1
0
0
1
0
0
29
0
11
30
0
11
30
Saya tak tahu , cara kerjanya sehingga hasil tak sesuai ? ( maaf , saya hanya ingin hasil yg sesuai dgn keingin penanya ) To: belajar-excel@yahoogroups. com
From: ghozialkatiri@yahoo.co. id
Date: Sun, 6 Nov 2011 09:22:06 +0800
Subject: Bls: [belajar-excel] Menghitung masa kerja
misalkan tanggal awal masuk kerja ada di cell A2 dan tanggal akhir ada di cell B2 maka untuk menghitung jumlah masa kerja dengan tepat berapa tahun , bulan dan hari
gunakan formula :
=IF(B2>=EDATE(A2;(YEAR( B2)-YEAR( A2))*12); (YEAR(B2) -YEAR(A2) );0)&" Tahun "&IF(B2>=EDATE( EDATE(A2; (YEAR(B2) -YEAR(A2) )*12);(MONTH( B2)-MONTH( A2)));MONTH( B2)-MONTH( A2);0)&" Bulan "&IF(B2>EDATE( EDATE(A2; (YEAR(B2) -YEAR(A2) )*12);(MONTH( B2)-MONTH( A2)));B2- EDATE(EDATE( A2;(YEAR( B2)-YEAR( A2))*12); (MONTH(B2) -MONTH(A2) ));0)&" Hari"
formula ini untuk menghitung masa kerja seperti tanggal yang ditanyakan menghasilkan
4 Tahun 5 Bulan 1 Hari
cobalah dengan variasi tanggal yang lain
wassalam
Ghozi Alkatiri
--- Pada Sab, 5/11/11, hartini_80@yahoo.co.id <hartini_80@yahoo.co.id > menulis:
Dari: hartini_80@yahoo.co.id <hartini_80@yahoo.co.id >
Judul: [belajar-excel] Menghitung masa kerja
Kepada: belajar-excel@yahoogroups. com
Tanggal: Sabtu, 5 November, 2011, 1:16 PM
Dear all
Ada yg bisa bantu kah, bagaimana menghitung lamanya masa kerja, contoh: masuk kerja tgl 4 juni 2007, saya ingin mengetahui sampai dgn tgl 5 Nop 2011, berapa tahun, bulan dan hari dia telah bekerja.
Mohon bantuannya dong
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®
--------------------- --------- ------
--------------------- --------- --------- --------- --------- -
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@ yahoogroups. com
posting
ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups. com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/ belajar-excel@ yahoogroups. com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel. 1048464.n5. nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroup s.com
keluar dari membership milis
(UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@ yahoogroups. com
--------------------- --------- --------- --------- --------- -Yahoo! Groups Links
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar