Senin, 01 Juli 2013

[belajar-excel] Digest Number 2394

15 New Messages

Digest #2394
2b
Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2d
Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3a
Download by "Ahmad Adriansyah"
3b
Re: Download by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3c
Re: Download by "Ahmad Adriansyah"
3d
Re: Download by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3e
Re: Download by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
4a
Re: VBA untuk Tanggal by "Ahmad Adriansyah"
6b

Messages

Sun Jun 30, 2013 6:37 pm (PDT) . Posted by:

"Afrizal" afrizal_schon

terima kasih atas bantuannya pa' ghozi,
bantuan dari anda sangat-sangat bermanfaat bagi saya

afrizal

________________________________
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 29 June 2013, 12:31
Subject: Bls: [belajar-excel] Cara Memindahkan data dari kolom ke baris


 
untuk mengisi kolom No tulis di A23 (formula array)
{=IFERROR(INDEX(A$2:A$19;MATCH(;COUNTIF(A$22:A22;A$2:A$19);0));"")}
copy ke bawah

untuk mengisi kolom nama sampai Bb tulis di B23
=IFERROR(INDEX(B$2:B$19;MATCH($A23;$A$2:$A$19;0));"")
copy dari kolom Nama sampai kolom Bb dan copy ke bawah.

untuk mengisi kolom Dx. Plg 1 sampai Dx. Plg 7 tulis di I23 (formula array)
{=IFERROR(INDEX($I$2:$I$19;SMALL(IF($A$2:$A$19=$A23;ROW($A$2:$A$19)-1);COLUMN(A1)));"")}

copy dari kolom Dx. Plg 1 sampai Dx. Plg 7 dan copy ke bawah.

untuk mengisi kolom Opr 1 sampai Opr 3 tulis di Q23 (formula array)
{=IFERROR(INDEX($K$2:$K$19;SMALL(IF($A$2:$A$19=$A23;ROW($A$2:$A$19)-1);COLUMN(A1)));"")}

copy dari kolom Opr 1 sampai Opr 3 dan copy ke bawah.

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Afrizal <aflazio7@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 29 Juni 2013 10:02
Judul: [belajar-excel] Cara Memindahkan data dari kolom ke baris


 

>
>dear teman-teman belajar excell
>saya lagi bingung gmn cara merubah data dari bentuk column menjadi bentuk baris
>mungkin teman-teman bisa bantu masalah saya
>
>
terima kasih
>
>afrizal
>
>

Sun Jun 30, 2013 9:51 pm (PDT) . Posted by:

syaifullah

Teman2 mohon bantuannya...
di workbook saya terdapat data dalam banyak worksheet, semisal saya namakan sheetnya : MEDAN; BANDUNG; SURABAYA; JAKARTA; BALI; PALEMBANG; PT. A; PT. B; PT. C; PT. D; PT. E; DAN MASIH BANYA LAGI NAMA2 SHEET LAINNYA.
Pertanyaannya adalah bagaimana agar saya dapat mencatat/merekap nama2 sheet tsb.? kalau nama2 sheet tsb masih sekitar 30 masih dapat saya ketik ulang nama2 sheet tsb dalam file sheet yang baru. rasanya tidak efisien dan kemungkinan ada nama2 sheet yang tertinggal.

terima kasih.

Sun Jun 30, 2013 9:56 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba jalan-jalan ke blog-nya milis disini :
http://b-excel.blogspot.com/2013/06/membuat-daftar-dan-memilih-sheet.html

Atau lihat posting lawas disini :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/26168

Jika butuh file lampiran yang ada dalam posting lawas, bisa dicari disini :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Bekerja-dengan-banyak-sheets-td5719291.html

Wassalam,
Kid.

2013/7/1 <syaifullah@hotmail.com>

> **
>
>
> Teman2 mohon bantuannya...
> di workbook saya terdapat data dalam banyak worksheet, semisal saya
> namakan sheetnya : MEDAN; BANDUNG; SURABAYA; JAKARTA; BALI; PALEMBANG; PT.
> A; PT. B; PT. C; PT. D; PT. E; DAN MASIH BANYA LAGI NAMA2 SHEET LAINNYA.
> Pertanyaannya adalah bagaimana agar saya dapat mencatat/merekap nama2
> sheet tsb.? kalau nama2 sheet tsb masih sekitar 30 masih dapat saya ketik
> ulang nama2 sheet tsb dalam file sheet yang baru. rasanya tidak efisien dan
> kemungkinan ada nama2 sheet yang tertinggal.
>
> terima kasih.
>
>
>

Sun Jun 30, 2013 9:56 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

coba jalan-jalan sebentar ke blog-nya milis ini di b-excel.blogspot.com
kemarin pak Hendrik baru saja memberikan trik untuk kasus yang sama persis
dengan kasus ini

Salam,

-Miss Jan Raisin-

- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata jadi tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������

Pada 1 Juli 2013 11.49, <syaifullah@hotmail.com> menulis:

> **
>
>
> Teman2 mohon bantuannya...
> di workbook saya terdapat data dalam banyak worksheet, semisal saya
> namakan sheetnya : MEDAN; BANDUNG; SURABAYA; JAKARTA; BALI; PALEMBANG; PT.
> A; PT. B; PT. C; PT. D; PT. E; DAN MASIH BANYA LAGI NAMA2 SHEET LAINNYA.
> Pertanyaannya adalah bagaimana agar saya dapat mencatat/merekap nama2
> sheet tsb.? kalau nama2 sheet tsb masih sekitar 30 masih dapat saya ketik
> ulang nama2 sheet tsb dalam file sheet yang baru. rasanya tidak efisien dan
> kemungkinan ada nama2 sheet yang tertinggal.
>
> terima kasih.
>

Sun Jun 30, 2013 10:00 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Sdh baca blok milis kita tercinta ini mas ?
Kalau belum, silakan dibaca dulu. Disana ada ulasan mengenai hal tsb.
Macronya tinggal dicopy paste ke tempat yang telah ditentukan dalam VBE Sheet, yaitu sheet "Daftar"

Kalau masih belum jelas, silakan kirim pertanyaan lagi ke milis.

Salam,
HK

________________________________
From: "syaifullah@hotmail.com" <syaifullah@hotmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 1 July 2013, 11:49
Subject: [belajar-excel] EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook


 
Teman2 mohon bantuannya...
di workbook saya terdapat data dalam banyak worksheet, semisal saya namakan sheetnya : MEDAN; BANDUNG; SURABAYA; JAKARTA; BALI; PALEMBANG; PT. A; PT. B; PT. C; PT. D; PT. E; DAN MASIH BANYA LAGI NAMA2 SHEET LAINNYA.
Pertanyaannya adalah bagaimana agar saya dapat mencatat/merekap nama2 sheet tsb.? kalau nama2 sheet tsb masih sekitar 30 masih dapat saya ketik ulang nama2 sheet tsb dalam file sheet yang baru. rasanya tidak efisien dan kemungkinan ada nama2 sheet yang tertinggal.

terima kasih.

Sun Jun 30, 2013 10:56 pm (PDT) . Posted by:

"Ahmad Adriansyah"

Dear Exceler,
Bagaimana caranya ketika kita akan download data dan save as file lain, sebelum tersave maka akan muncul directory dulu dan kita member nama file dan setelah itu baru save.

Berikut ini koding yang saya buat :

----------------------------------------------------------
Sub download()
Dim dKey As Range
Dim dTbl As Range

Set dKey = Sheet1.Range("a1")
Set dKey = Range(dKey, dKey.End(xlDown))
dKey.Name = "dKey"
Set dTbl = Range(dKey, dKey.End(xlToRight))
dTbl.Name = "dTabel"

dTbl.Copy
Workbooks.Add
ActiveSheet.Paste
ActiveWorkbook.SaveAs ("Data hasil download")

End Sub
----------------------------------------------------------

Terima kasih.
Rgds,

AA

Sun Jun 30, 2013 11:38 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba ganti Code
ActiveWorkbook.SaveAs ("Data hasil download")

dengan
Direktori = InputBox("Masukkan Nama Dir dan Sub Dir mis D:\DirBaru";)

NamaFile = InputBox("Masukkan Nama File")
MkDir Direktori
ChDir Direktori
ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=Direktori & "\" & NamaFile & ".xlsm", FileFormat:= _
      xlOpenXMLWorkbookMacroEnabled, CreateBackup:=False

Salam,
HK

________________________________
From: Ahmad Adriansyah <ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 1 July 2013, 12:51
Subject: [belajar-excel] Download


 
Dear Exceler,
Bagaimana caranya ketika kita akan download data dan save as file lain, sebelum tersave maka akan muncul directory dulu dan kita member nama file dan setelah itu baru save.
 
Berikut ini koding yang saya buat :
 
----------------------------------------------------------
Sub download()
   Dim dKey As Range
   Dim dTbl As Range
  
   Set dKey = Sheet1.Range("a1")
   Set dKey = Range(dKey, dKey.End(xlDown))
   dKey.Name = "dKey"
   Set dTbl = Range(dKey, dKey.End(xlToRight))
   dTbl.Name = "dTabel"
 
    dTbl.Copy
    Workbooks.Add
    ActiveSheet.Paste
    ActiveWorkbook.SaveAs ("Data hasil download")
 
End Sub
----------------------------------------------------------
 
Terima kasih.
Rgds,
 
AA

Mon Jul 1, 2013 12:40 am (PDT) . Posted by:

"Ahmad Adriansyah"

Dear Pak Hendrik,
Sudah saya perbaiki menjadi seperti ini :

[cid:image005.jpg@01CE7664.C8E52270]

Hanya pasa pada saat running, muncul error message :

[cid:image006.jpg@01CE7664.C8E52270]

Kalau menampilkan jendela ini kodingnya apa ya Pak ?

[cid:image007.jpg@01CE7664.C8E52270]

Untuk format filnya menjadi .xlsx ya Pak, bukan xlsm. Terima kaih.

Rgds,
AA

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: 01 Juli 2013 13:38
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Download


Coba ganti Code
ActiveWorkbook.SaveAs ("Data hasil download")

dengan
Direktori = InputBox("Masukkan Nama Dir dan Sub Dir mis D:\DirBaru";)
NamaFile = InputBox("Masukkan Nama File")
MkDir Direktori
ChDir Direktori
ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=Direktori & "\" & NamaFile & ".xlsm", FileFormat:= _
xlOpenXMLWorkbookMacroEnabled, CreateBackup:=False

Salam,
HK


________________________________
From: Ahmad Adriansyah <ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 1 July 2013, 12:51
Subject: [belajar-excel] Download


Dear Exceler,
Bagaimana caranya ketika kita akan download data dan save as file lain, sebelum tersave maka akan muncul directory dulu dan kita member nama file dan setelah itu baru save.

Berikut ini koding yang saya buat :

----------------------------------------------------------
Sub download()
Dim dKey As Range
Dim dTbl As Range

Set dKey = Sheet1.Range("a1")
Set dKey = Range(dKey, dKey.End(xlDown))
dKey.Name = "dKey"
Set dTbl = Range(dKey, dKey.End(xlToRight))
dTbl.Name = "dTabel"

dTbl.Copy
Workbooks.Add
ActiveSheet.Paste
ActiveWorkbook.SaveAs ("Data hasil download")

End Sub
----------------------------------------------------------

Terima kasih.
Rgds,

AA


Mon Jul 1, 2013 1:15 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Dear AA,

Maaf, dalam pertanyaan awal Option Expicitnya ga kelihatan.
Option Explicit mengharuskan semua Variable dideklarasikan.

Kalau mau pake Option Explicit Variable Direktori dan Nama File harus dideklarasikan dulu dengan Dim Direktori as ..., Dim NamaFile as .... (coba isi .....).

Filenya mengandung macro.
Untuk file yang mengandung Macro (Excel 2007 ke atas) hanya ada 3 pilihan format:
.xls (jika di save as Excel 97-2003)
.xlsb (jika di save as binary)
.xlsm (jika di save as Macro_Enabled Workbook)

Semoga penjelasannya bisa dipahami....

Salam,
HK

________________________________
From: Ahmad Adriansyah <ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 1 July 2013, 14:10
Subject: RE: [belajar-excel] Download


 
Dear Pak Hendrik,
Sudah saya perbaiki menjadi seperti ini :
 
 
Hanya pasa pada saat running, muncul error message :
 
 
Kalau menampilkan jendela ini kodingnya apa ya Pak ?
 
 
Untuk format filnya menjadi .xlsx ya Pak, bukan xlsm. Terima kaih.
 
Rgds,
AA
 
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: 01 Juli 2013 13:38
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Download
 
 
Coba ganti Code
ActiveWorkbook.SaveAs ("Data hasil download")
 
dengan
Direktori = InputBox("Masukkan Nama Dir dan Sub Dir mis D:\DirBaru";)
NamaFile = InputBox("Masukkan Nama File")
MkDir Direktori
ChDir Direktori
ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=Direktori & "\" & NamaFile & ".xlsm", FileFormat:= _
      xlOpenXMLWorkbookMacroEnabled, CreateBackup:=False
 
Salam,
HK
 
 

________________________________

From:Ahmad Adriansyah <ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 1 July 2013, 12:51
Subject: [belajar-excel] Download
 
 
Dear Exceler,
Bagaimanacaranya ketika kita akan download data dan save as file lain, sebelum tersave maka akan muncul directory dulu dan kita member nama file dan setelah itu baru save.
 
Berikutini koding yang saya buat :
 
----------------------------------------------------------
Sub download()
   Dim dKey As Range
   Dim dTbl As Range
  
   Set dKey = Sheet1.Range("a1")
   Set dKey = Range(dKey, dKey.End(xlDown))
   dKey.Name = "dKey"
   Set dTbl = Range(dKey, dKey.End(xlToRight))
   dTbl.Name = "dTabel"
 
    dTbl.Copy
    Workbooks.Add
    ActiveSheet.Paste
    ActiveWorkbook.SaveAs ("Data hasil download")
 
End Sub
----------------------------------------------------------
 
Terimakasih.
Rgds,
 
AA
 

Mon Jul 1, 2013 1:54 am (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Dear AA,
coba pakai method GetSaveAsFilename

Dim vInput As Variant
vInput = Application.GetSaveAsFilename(fileFilter:="Excel Workbook (*.xlsx), *.xlsx")
If vInput <> False Then
ActiveWorkbook.SaveAs CStr(vInput)
End If
'Note:
kelemahannya adalah jika macro disimpan workbook yang aktif, maka file macro akan hilang.
Agar macro nggak hilang sebaiknya maro disimpan di workbook yang lain dan tidak menjadi satu dengan workbook yang akan disimpan.
thanks
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Ahmad Adriansyah
Sent: Monday, July 01, 2013 2:11 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Download

Dear Pak Hendrik,
Sudah saya perbaiki menjadi seperti ini :


Hanya pasa pada saat running, muncul error message :


Kalau menampilkan jendela ini kodingnya apa ya Pak ?


Untuk format filnya menjadi .xlsx ya Pak, bukan xlsm. Terima kaih.

Rgds,
AA


Sun Jun 30, 2013 11:07 pm (PDT) . Posted by:

"Ahmad Adriansyah"

Terima kasih Om Kid atas bantuannya,
Berikut ini koding hasil modifikasi saya :

Private Sub TbInput_Exit(ByVal Cancel As MSForms.ReturnBoolean)

'----------------------------------------------------------
'Tidak mau keluar dari TbInput apabila data sudah ada.

Dim colr As Range
Set colr = Sheet1.Range("B2")
Set colr = Range(colr, colr.End(xlDown))
colr.Name = "Column_Range"
If WorksheetFunction.CountIf(colr, TbInput) > 0 Then
Cancel = True
LblInfo.Caption = "Data yang diinput sudah ada, periksa input!"

'merubah forecolor apabila salah input menjadi merah
LblInfo.ForeColor = &HFF&
Exit Sub
End If
'----------------------------------------------------------

Rgds,

AA

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 30 Juni 2013 0:41
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] VBA untuk Tanggal

Misal area pencarian di sheet bernama 'data entry' mulai cell B2 sepanjang data dan kolom A ada isinya. Teks yang dicari ada di textbox1
dim rngData as range, rngCari as range
dim lRows as long , sCari as string

'asumsi, header hanya 1 baris
set rngdata=sheets("data entry").range("a1")
lrec=rngdata.currentregion.rows.count
scari=textbox1.text
if lenb(scari)=0 then
exit sub
elseif lrec<2 then 'belum ada isi
'script tulis data disini
rngdata.offset(lrows,1).value=scari
msgbox "done.",vbinformation,"Input";
exit sub
endif
set rngcari=rngdata.offset(1,1).resize(lrows-1).find(scari,rngdata.offset(0,1).resize(1,1),lookat:=xlwhole)
if rngcari is nothing then
rngdata.offset(lrows,1).value=scari
msgbox "done.",vbinformation,"Input";
else
msgbox "Data sudah ada",vbexclamation,"Input"
endif

Wassalam,
Kid.

2013/6/28 Ahmad Adriansyah <ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id<mailto:ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id>>
Dear Om Kid,
Terima kasih panduannya, Alhamdulillah reportnya udah jadi. He..he...

Om & Para Master VB
Mau nanya lagi nieh, jika kita input pada TextBox1, namun ternyata data tersebut sudah ditemukan di dalam range table pada data excel, maka akan memberikan informasi bahwa "Data sudah ada". Bagaimana ya Om kodingnya.

Saya membuat koding seperti ini, namun error :

----------------------------------------------------------
Private Sub TextBox1_Exit(ByVal Cancel As MSForms.ReturnBoolean)
Dim LastRow2 As Range
Set LastRow2 = Sheet1.Range("c10").End(xlUp)
Dim dKey As Range
Set dKey = Sheets("Data Entry").Range("B2")
Set dKey = Range(dKey, dKey.End(xlDown))
dKey.Name = "dKey"
If TextBox1.Text = dKey Then
Cancel = True
MsgBox "Data sudah ada!"
Exit Sub
End If
End Sub
----------------------------------------------------------

Rgds,
AA

From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 26 Juni 2013 17:38

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] VBA untuk Tanggal

oh... gini aja deh
ke VBE -> menu Tools -> Options -> tab Editor -> centang semuanya -> OK
Wassalam,
Kid.

2013/6/26 Ahmad Adriansyah <ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id<mailto:ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id>>

He..he...
Maklum nih, newbie Om Kid... :)
Untuk sTglInput memang tidak dideklarasikan variable-nya Om, sehingga saya hanya menggunakan variable TbStartR sebagai value pada textbox : "TbStartR";.

Masalahnya adalah, ketika saya ketikkan :

1. Di modulenya Om Kid, txtTglStart.text = Format( ==> maka ketika itu muncul help pada VBA, setelah mengetikkan tanda buka kurung "(".

2. Di modulenya saya, TbStartR.text = Format( ==> Tidak muncul apa2 setelah mengetikkan tanda buka kurung "(".

Nah, masalahnya apakah? Apakah versi excel saya yang perlu di upgrade atau di update? Mohon maaf jadi ngerepotkan he..he...

Rgds,

AA

From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 26 Juni 2013 15:06

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] VBA untuk Tanggal

hik..hik..hiks.... :(
kok belum bisa ya...
Bukannya yang diminta ganti itu cuma bunyi sTglInput aja ya, dan bukan semua barisnya.... :(
Baiklah, kita mulai dari awal.
Ada script bunyinya :
Private Sub TbStartR_Exit(ByVal Cancel As MSForms.ReturnBoolean)
If Len(Me.TbStartR.Value) > 0 Then
If Not IsDate(Me.TbStartR.Value) Then
Cancel = True
LblInfo.Caption = "Inputan tidak mencerminkan tanggal yang benar!" & vbCrLf & "Gunakan format : YYYY/MM/DD"
Exit Sub
End If
If Me.TbStartR.Value < TbIn.Value Then
Cancel = True
LblInfo.Caption = "Tanggal start repair tidak boleh lebih kecil dari Tanggal In!"
Exit Sub
End If
End If
LblInfo.Caption = vbNullString
Tb.StartR.Text = Format$(sTglInput, "YYYY-MM-DD")
End Sub

Tolong dijawab ya... (siapa saja yang sedang belajar VBA boleh jawab deh)
1. Tolong cari tulisan sTglInput selain yang dimerah. Ada berapakah ?
2. Apa maksud sTglInput di baris yang dimerah ?

ditunggu ya...
Wassalam,
Kid.

2013/6/26 Ahmad Adriansyah <ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id<mailto:ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id>>

Belum bisa Om Kid,
Kalau saya ganti menjadi TbStartR.Text, maka format expression-nya tidak keluar. Setelah saya ganti menjadi Replace$(TbStartR.Text,"/","-") muncul pesan sbb :

[cid:image001.jpg@01CE765B.18D02A00]

Kalau dibiarkan, jadinya setelah input tanggal maka formatnya sesuai dengan yang diinput oleh user (meskipun pada labelnya telah ditulis "Gunakan Format : "YYYY-MM-DD") :) ...

Rgds,

AA

From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 26 Juni 2013 14:47

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] VBA untuk Tanggal

Coba ganti
sTglInput
menjadi :
Tb.StartR.Text
Kalau ndak bisa, ganti
sTglInput
menjadi
Replace$( Tb.StartR.Text , "/" , "-" )

Wassalam,
Kid.

2013/6/26 Ahmad Adriansyah <ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id<mailto:ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id>>

Masalahnya sepertinya di format kayanya. Soalnya di module VBA saya seperti ini :
[cid:image002.jpg@01CE765B.18D02A00]

Sedangkan kalau menggunakan module punya Om Kid jadinya seperti ini :

[cid:image003.jpg@01CE765B.18D02A00]

Kenapa ya Om Kid?

Rgds,

AA

From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 26 Juni 2013 14:32

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] VBA untuk Tanggal

xixixixi... sTglInput
typo error karena belum ada deklarsi variabelnya kali ya

2013/6/26 Ahmad Adriansyah <ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id<mailto:ahmad.adriansyah@trac.astra.co.id>>
Tb.StartR.Text = Format$(sTglInput, "YYYY-MM-DD")

Mon Jul 1, 2013 12:39 am (PDT) . Posted by:

"ChordJR" indra_gustian

Wahhh Terimakasih Banyak Mr. Kid... ^_^ Sabar menunggu akhirnya di jawab
juga...hehee
Akan saya pelajari terlebih dahulu, sepertinya rumit juga ya...untung
ada penjelasan alur"nya jadi masih bisa di mengerti sedikit...Semoga
ilmu yang di berikan Mr. Kid bermanfaat untuk yang lain juga
ya...Amieennn Ya Rabb...

Wa'alaikum Salam Wr. Wb.

Indra

On 6/30/2013 4:59 PM, Mr. Kid wrote:
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> File terlampir menggunakan template formula.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2013/6/27 ChordJR <vendeta_06@yahoo.co.id <mailto:vendeta_06@yahoo.co.id>>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Selamat Sore Be-Excel,
> Langsung kepada topik pembicaraan, terdapat permasalahan pada Output
> yang saya buat yaitu pada Worksheet OverAll...bagan data awal adalah
> data pertama yang di ambil nilainya dari database (sheet
> Import)...dan
> bagan di bwh "data awal" adalah hasil copy secara manual dan
> formulanya
> secara manual juga...padahal datanya akan lebih banyak lagi...lebih
> jelas saya lampirkan filenya...
>
> Akibat data melebihi satu maka bagan tersebut menyesuaikan data
> yang ada
> pada sheet import secara otomatis pada saat saya klik Send Data pada
> sheet Import (VBA)...tolong jelaskan alurnya apa yang harus terlebih
> dahulu saya buat (step by step) mungkin sebelum vba di buat ^_^
> itu juga
> kalo master berkenan memberikan penjelasannya...
>
> Ada gambaran sedikit dan saya coba buat record macronya tapi masih
> buntu
> juga harus bagaimana meng-aplikasikannya...Mohon bantuan Para Master
> Sekalian...Mohon maaf apabila penjelasan kurang di
> mengerti...Terimakasih banyak sebelumnya...
>
> Salam,
>
> Indra
>
>
>

Mon Jul 1, 2013 12:39 am (PDT) . Posted by:

"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Matur Suwun sanget Mr. Kid atas solusinya.
Mencoba-coba ... othak - athik - gathuk ... akhirnya tetep aja 'jedug&#39; ... mentok tembok :)

Mohon pencerahan nih untuk implementasi tahapan selanjutnya pada Pivot Table ini :
Apa yang harus dilakukan, jika :
1. Ada penambahan data nama di sheet Database SDM?
2. Ada penambahan aktivitas training di sheet Training?

Apakah semua itu cukup dengan pencet tombol 'Refresh All'? :)
Apakah nilai angka pada sheet Output untuk Kolom L:M, untuk yang pernah mengikuti semua training nilainya harus diganti dan disesuaikan dengan jumlah tema training yang dilaksanakan? Kemudian pencet tombol sakti 'Refresh All' maka semua data Output ter-baru-kan?

Mohon pencerahannya Mr. Kid.
Karena sepertinya tidak cukup dengan Refresh All ya?

 
Wassalam.

- prodev simple -

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 30 Juni 2013 9:19
Judul: Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid


 
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

sorry baru hari bisa sampai halaman berikutnya di Inbox (ketahuan pakai LIFO deh).

Tabel transaksi tentang (bertema) data training bisa mengeluarkan output tentang kegiatan training, seperti tema training apa yang belum pernah diikuti oleh karyawan yang pernah training minimal 1 kali. Yang tidak ada datanya di tabel ini adalah peserta yang belum pernah training dan memang harus demikian.

Data sdm berisi data seluruh karyawan. Dari data sdm ini bisa disusun datasource seluruh karyawan beserta status terakhir training yang diikuti. Dari tabel datasource inilah nanti bisa dibuat report tentang karyawan yang belum pernah training sama sekali.

tabel di sheet database sdm yang ada dalam file terlampir adalah datasource seluruh karyawan beserta status terakhir training. Jadi bukan database kepegawaian loh ya.

Jika data seperti ini diolah dengan query (misal memanfaatkan fitur GetExternalData), maka datasource bisa dihasilkan dengan sebuah query untuk menjadi seluruh output, mulai dari data pernah training sampai yang belum pernah training sama sekali.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/6/27 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>


>Assalamu&#39;alaikum Wr. Wb.
>
>
>Menindaklanjuti solusi yang pernah dibuatkan oleh Mr. Kid atas permasalahan yang pernah saya sampaikan. Setelah diimplementasikan, masih ada hal-hal yang perlu ditanyakan. Masih ada ketidakmudhengan di satu dua hal...
>Penjelasan lebih lanjut sebagaimana terdapat dalam file terlampir.
>Atas solusi dari Mr. Kid dan para member yang lain, disampaikan matur suwun sanget.
>
>
>Wassalamu&#39;alaikum Wr. Wb.
>

>- prodev simple -
>
>
>

Mon Jul 1, 2013 2:09 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Jawabnya Ya jika nama range sudah bersifat dinamis atau seluruh tabel data
berbentuk excel table dan seluruh data source pivot table merujuk ke nama
range atau nama excel table tersebut.

Jika ingin menggunakan nama range yang dinamis, bisa dicoba untuk
menerapkan cara yang dicontohkan
disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html>
.
Jika ingin menggunakan fitur Excel table (dimateri kopdar ada step-nya),
maka blok tabelnya -> ribbon Home -> grup Styles -> Format as table ->
pilih salah satu style yang ada. Kemudian ke ribbon Formulas -> Name
manager -> ganti nama tabelnya -> hafalkan nama tabelnya

Setelah itu, ubah data source setiap pivot cache dari pivot table yang ada
di output (hanya ada 2 pivot cache seperti yang dijelaskan dalam sheet
output)
caranya, klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbom Options ->
grup Data -> Change Data Source -> masukkan nama range dinamis atau nama
excel tablenya -> OK

Ketika punya data baru, masukkan ke baris kosong pertama dibawah tabel data
terkait, kemudian lakukan refresh all. Dan selalu akan begini terus menerus.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/7/1 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Matur Suwun sanget Mr. Kid atas solusinya.
> Mencoba-coba ... othak - athik - gathuk ... akhirnya tetep aja 'jedug&#39; ...
> mentok tembok :)
>
> Mohon pencerahan nih untuk implementasi tahapan selanjutnya pada Pivot
> Table ini :
> Apa yang harus dilakukan, jika :
> 1. Ada penambahan data nama di sheet Database SDM?
> 2. Ada penambahan aktivitas training di sheet Training?
>
> Apakah semua itu cukup dengan pencet tombol 'Refresh All'? :)
> Apakah nilai angka pada sheet Output untuk Kolom L:M, untuk yang pernah
> mengikuti semua training nilainya harus diganti dan disesuaikan dengan
> jumlah tema training yang dilaksanakan? Kemudian pencet tombol sakti
> 'Refresh All' maka semua data Output ter-baru-kan?
>
> Mohon pencerahannya Mr. Kid.
> Karena sepertinya tidak cukup dengan Refresh All ya?
>
> Wassalam.
>
> - prodev simple -
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Minggu, 30 Juni 2013 9:19
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari
> Mr. Kid
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> sorry baru hari bisa sampai halaman berikutnya di Inbox (ketahuan pakai
> LIFO deh).
>
> Tabel transaksi tentang (bertema) data training bisa mengeluarkan output
> tentang kegiatan training, seperti tema training apa yang belum pernah
> diikuti oleh karyawan yang pernah training minimal 1 kali. Yang tidak ada
> datanya di tabel ini adalah peserta yang belum pernah training dan memang
> harus demikian.
>
> Data sdm berisi data seluruh karyawan. Dari data sdm ini bisa disusun
> datasource seluruh karyawan beserta status terakhir training yang diikuti.
> Dari tabel datasource inilah nanti bisa dibuat report tentang karyawan yang
> belum pernah training sama sekali.
>
> tabel di sheet database sdm yang ada dalam file terlampir adalah
> datasource seluruh karyawan beserta status terakhir training. Jadi bukan
> database kepegawaian loh ya.
>
> Jika data seperti ini diolah dengan query (misal memanfaatkan fitur
> GetExternalData), maka datasource bisa dihasilkan dengan sebuah query untuk
> menjadi seluruh output, mulai dari data pernah training sampai yang belum
> pernah training sama sekali.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/6/27 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>
>
> **
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Menindaklanjuti solusi yang pernah dibuatkan oleh Mr. Kid atas
> permasalahan yang pernah saya sampaikan. Setelah diimplementasikan, masih
> ada hal-hal yang perlu ditanyakan. Masih ada ketidakmudhengan di satu dua
> hal...
> Penjelasan lebih lanjut sebagaimana terdapat dalam file terlampir.
> Atas solusi dari Mr. Kid dan para member yang lain, disampaikan matur
> suwun sanget.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> - prodev simple -
>
>
>
>
>
>
>

Mon Jul 1, 2013 1:30 am (PDT) . Posted by:


"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated&quot;
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

LAIN LAIN:
==========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan&quot; dsb, hanya akan merusak 'Thread&#39; (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting&#39; (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan&quot;, tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri&#39; (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette&quot;.

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes&quot;, tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar