Senin, 16 September 2013

[belajar-excel] Digest Number 2538

15 New Messages

Digest #2538
1b
Re: Tanya Vlookup Macros by "De Premor" de.premor
3a
Re: Mencari GW, NW, M3 [1 Attachment] by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3c
3e
4a
Re: Mencari GW, NW, M3 by "Mulki" mulki_akbar
4b
Re: Mencari GW, NW, M3 by "Bagus" bagus4bls
5a
7.1
Data Validation by "Emi" emilestariklcc
7.2
Re: Data Validation [1 Attachment] by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
8
BelajarVBA : UsedRange, Intersect, Union by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon Sep 16, 2013 6:32 am (PDT) . Posted by:

Ada yang menarik perhatian saya pak :).. Bisa bantu jelaskan untuk fungsi Evaluate tersebut ?

Terima kasih sebelumnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: De Premor <de@premor.net>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 16 Sep 2013 18:39:39
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Tanya Vlookup Macros

Misal kata kuncinya ada di Cell A1, dan hasil vlookup mau ditampilkan di
Cell B1 serta data Lookup nya ada pada tabel yang bernama "Tabelku" maka
vode VBA nya sbb:

Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")

[dp]

On 16-09-2013 16:53, jackie yunianto wrote:
>
>
> dear All,
> Mohon bantuannya
> Saya bermaksud menjalankan fungsi vlookup secara otomatis melalui macro,
> Bagaimana cara menuliskan Vlook up tersebut, tanpa rumusnya muncul di
> kolom excell
>
> Thx,
> Regards - Jackie-
>
>


Mon Sep 16, 2013 4:43 pm (PDT) . Posted by:

"De Premor" de.premor

Maaf, semalem ujan deras di Kalteng, nga berani nyolokin laptop :D

Fungsi Evaluate adalah untuk merubah sebuah nama diexcel menjadi sebuah
object
Contoh untuk mengambil nilai dari Cell A1, biasanya dipakai Range("A1"),
hal tersebut bisa juga menggunakan fungsi Evaluate("A1") atau bisa
*disingkat menjadi [A1] saja jika ingin mengambil**nilainya sebagai
sebuah string*

Kemudian untuk Rumus yang diberikan sebelumnya
***Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")**
*
bisa diubah menjadi
* [B2] = [**vlookup**(A1,Tabelku,2,0)]**
*
Contoh lain
* Dim Data**
** Data = [Tabelku]**
** [J2].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
**
** Data = [J2:K5]**
** [J7].Resize(UBound(Data, 1), UBound(Data, 2)) = Data**
*

Contoh Lagi
Misal di Cell A3 kita mempunya sebuah string "*2+3+4+5*" tanpa
tanda kutip dan ingin menjumlahkan, maka kita tidak bisa menggunakan
tanda bracket pada formula karena data A3 akan diubah menjadi string olehnya
* [B3] = [A3] /'Hasilnya tetap String/
[C3] = Evaluate(Range("A3").Value) /'Hasilnya 14/
*
Evaluate bisa juga digunakan di worksheet, tetapi hanya bisa di NameManager
Misal tambahkan sebuah Name *ELOOKUP *yang isinya merujuk kepada
=*Evaluate("VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
*Tambahkan juga Name bernama *Hitung *yang isinya merujuk kepada
*=E**valuate("A3")*atau bisa digabung dgn Indirect atau yg lain*
**
***
Pada 16/09/2013 19:31, sony.ario1@gmail.com menulis:
>
> Ada yang menarik perhatian saya pak :).. Bisa bantu jelaskan untuk
> fungsi Evaluate tersebut ?
>
> Terima kasih sebelumnya.
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ----------------------------------------------------------
> *From: * De Premor <de@premor.net>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Mon, 16 Sep 2013 18:39:39 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Tanya Vlookup Macros
>
> Misal kata kuncinya ada di Cell A1, dan hasil vlookup mau ditampilkan
> di Cell B1 serta data Lookup nya ada pada tabel yang bernama "Tabelku"
> maka vode VBA nya sbb:
>
> Range("B2") = Evaluate("=VLOOKUP(A1,Tabelku,2,0)")
>
> [dp]
>
> On 16-09-2013 16:53, jackie yunianto wrote:
>>
>>
>> dear All,
>> Mohon bantuannya
>> Saya bermaksud menjalankan fungsi vlookup secara otomatis melalui macro,
>> Bagaimana cara menuliskan Vlook up tersebut, tanpa rumusnya muncul di
>> kolom excell
>>
>> Thx,
>> Regards - Jackie-
>>
>
>

Mon Sep 16, 2013 9:20 am (PDT) . Posted by:

"wendi surdinal" syawal28

mbak nora coba cara ini...dengan:
coba untuk di kolom tersebut E4 ditulis rumus : ="'"&text(e4,"dd/mmm/yyyy";)

________________________________
Dari: Nora Ismanti <noraismanti@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 16 September 2013 16:35
Judul: [belajar-excel] Bagaimana menambah tanda petik tunggal ( ' ) di depan tanggal [1 Attachment]


 
Wahai para master excel dan segenap member.

Mohon saya dibantu. Saya mau menambahkan tanda  petik tunggal ( ' ) di depan tanggal pada kolom E4 sampai dengan E10. Selengkapnya mohon dilihat lampiran. Saya sudah coba pake rumus ="'"&e4 di kolom K4 tetapi yang muncul bilangan serial 40178. Saya pun coba melakukan pem-format-an pada cell yang berisi bilangan 40178 itu, tetapi gak ngefek gitu.

Terima kasih atas bantuannya.

Salam

 

Mon Sep 16, 2013 6:56 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Pak Mulki,

Cara terbaik adalah dengan membuat Product ID yang bersifat unique, atau gabungan antara OLD JIS TYPE dan NEW JIS TYPE. Dengan menggunakan Product ID tsb dapat diperoleh data lainnya dengan fungsi Vlookup atau Index,Match.

Selamat mencoba.

Salam,
HK

________________________________
From: Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 16 September 2013, 16:23
Subject: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3 [1 Attachment]


 
Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
 
 
Selamat pagi menjelang sore sobat2
B-XLers.
 
Mohon pencerahannya pada kasus saya dlm lampiran
berikut ini.
 
Saya memiliki Sumber Data yg berisi Gross Weight
(GW), Net Weight (NW) & Measurement (M3) pada sheet source
data.
 
Data tersbt ingin saya masukan ke sheet List Data
dg Type yg sama yg ada pada source data.
 
Yg jadi persoalan adalah, Type pada sheet source
data dan List Data formatnya tidak selalu sama.
 
Contoh :
 
source data :
NS40
 
List Data
NS 40 (7 PLATES)
 
Kedua type tersbt maksudnya sama.
 
Mohon pencerahan para sobat dan guru2 disini utk
mengisi data pada kolom yg dimaksud pada sheet List Data.
 
Note : Jumlah karakter dari Type tersbt tidak
selalu seperti yg di contohkan, karna ada yg kurang bahkan ada yg lebih
banyak.
 
Terimakasih atas waktu dan
pencerahannya.
 
 
Wassalam,
Mulki

Mon Sep 16, 2013 7:50 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

���������� ���������� ���������� ����� �������������

coba file terlampir pak.. silakan dipilih cara yang paling enak untuk
kondisi nyata

���������� ���������� ���������� ����� �������������

-Miss Jan Raisin-

Pada 16 September 2013 16.23, Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id>menulis:

> **
>
>
> **
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
>
>
> Selamat pagi menjelang sore sobat2 B-XLers.
>
> Mohon pencerahannya pada kasus saya dlm lampiran berikut ini.
>
> Saya memiliki Sumber Data yg berisi Gross Weight (GW), Net Weight (NW) &
> Measurement (M3) pada sheet source data.
>
> Data tersbt ingin saya masukan ke sheet List Data dg Type yg sama yg ada
> pada source data.
>
> Yg jadi persoalan adalah, Type pada sheet source data dan List Data
> formatnya tidak selalu sama.
>
> Contoh :
>
> source data :
> NS40
>
> List Data
> NS 40 (7 PLATES)
>
> Kedua type tersbt maksudnya sama.
>
> Mohon pencerahan para sobat dan guru2 disini utk mengisi data pada kolom
> yg dimaksud pada sheet List Data.
>
> Note : Jumlah karakter dari Type tersbt tidak selalu seperti yg di
> contohkan, karna ada yg kurang bahkan ada yg lebih banyak.
>
> Terimakasih atas waktu dan pencerahannya.
>
>
> Wassalam,
> Mulki
>
>
>

Mon Sep 16, 2013 7:59 pm (PDT) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Barakallahufik Miss Jan, Alhamdulillah mencerahkan :)

Mau tanya lagi ya, bisa tolong dijabarkan dg bahasa awamnya Miss. Jan utk formula di sheet List Data pada kolom Helper.

Terimakasih atas pencerahannya.

Wassalam,
Mulki

----- Original Message -----
From: Jan Raisin
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 17, 2013 9:49 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3 [1 Attachment]

���������� ���������� ���������� ����� �������������

coba file terlampir pak.. silakan dipilih cara yang paling enak untuk kondisi nyata

���������� ���������� ���������� ����� �������������

-Miss Jan Raisin-

Pada 16 September 2013 16.23, Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id> menulis:

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Selamat pagi menjelang sore sobat2 B-XLers.

Mohon pencerahannya pada kasus saya dlm lampiran berikut ini.

Saya memiliki Sumber Data yg berisi Gross Weight (GW), Net Weight (NW) & Measurement (M3) pada sheet source data.

Data tersbt ingin saya masukan ke sheet List Data dg Type yg sama yg ada pada source data.

Yg jadi persoalan adalah, Type pada sheet source data dan List Data formatnya tidak selalu sama.

Contoh :

source data :
NS40

List Data
NS 40 (7 PLATES)

Kedua type tersbt maksudnya sama.

Mohon pencerahan para sobat dan guru2 disini utk mengisi data pada kolom yg dimaksud pada sheet List Data.

Note : Jumlah karakter dari Type tersbt tidak selalu seperti yg di contohkan, karna ada yg kurang bahkan ada yg lebih banyak.

Terimakasih atas waktu dan pencerahannya.

Wassalam,
Mulki

Mon Sep 16, 2013 8:11 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu..

Pak Mulki;

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Mulki
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, September 16, 2013 4:23 PM
Subject: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3 [1 Attachment]

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Selamat pagi menjelang sore sobat2 B-XLers.

Mohon pencerahannya pada kasus saya dlm lampiran berikut ini.

Saya memiliki Sumber Data yg berisi Gross Weight (GW), Net Weight (NW) & Measurement (M3) pada sheet source data.

Data tersbt ingin saya masukan ke sheet List Data dg Type yg sama yg ada pada source data.

Yg jadi persoalan adalah, Type pada sheet source data dan List Data formatnya tidak selalu sama.

Contoh :

source data :
NS40

List Data
NS 40 (7 PLATES)

Kedua type tersbt maksudnya sama.

Mohon pencerahan para sobat dan guru2 disini utk mengisi data pada kolom yg dimaksud pada sheet List Data.

Note : Jumlah karakter dari Type tersbt tidak selalu seperti yg di contohkan, karna ada yg kurang bahkan ada yg lebih banyak.

Terimakasih atas waktu dan pencerahannya.

Wassalam,
Mulki

Mon Sep 16, 2013 8:20 pm (PDT) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Pak Bagus, terimakasih atas pencerahannya.

Mohon pencerahan penggunaan (-1) itu utk apa ya ?

Wassalam,
Mulki

----- Original Message -----
From: Bagus
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 17, 2013 9:53 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3 [1 Attachment]

Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu..

Pak Mulki;

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Mulki
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, September 16, 2013 4:23 PM
Subject: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3 [1 Attachment]

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Selamat pagi menjelang sore sobat2 B-XLers.

Mohon pencerahannya pada kasus saya dlm lampiran berikut ini.

Saya memiliki Sumber Data yg berisi Gross Weight (GW), Net Weight (NW) & Measurement (M3) pada sheet source data.

Data tersbt ingin saya masukan ke sheet List Data dg Type yg sama yg ada pada source data.

Yg jadi persoalan adalah, Type pada sheet source data dan List Data formatnya tidak selalu sama.

Contoh :

source data :
NS40

List Data
NS 40 (7 PLATES)

Kedua type tersbt maksudnya sama.

Mohon pencerahan para sobat dan guru2 disini utk mengisi data pada kolom yg dimaksud pada sheet List Data.

Note : Jumlah karakter dari Type tersbt tidak selalu seperti yg di contohkan, karna ada yg kurang bahkan ada yg lebih banyak.

Terimakasih atas waktu dan pencerahannya.

Wassalam,
Mulki

Mon Sep 16, 2013 7:17 pm (PDT) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Pak Hendrik,

Terimakasih atas masukannya. Pendapat awam saya, jika menggunakan gabungan OLD JIS Type & NEW JIS Type utk dijadikan sebagai Product ID maka data pada kolom Type di List Data hanya akan menangkap 1 baris data saja dg Kode yg sama sedangkan yg diinginkan adalah, jika karakter yg ada pada kolom Type di sheet List Data sama dg yg ada di sheet source data maka akan dianggap sama walaupun pada format Type di sheet List Data tersbt ada spasi dan tambahan karakter lain.

Semoga penjabaran saya tidak membingungkan dan merepotkan ya pak hendrik :)

Mohon pencerahannya.

Wassalam,
Mulki

----- Original Message -----
From: hendrik karnadi
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 17, 2013 8:56 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3

Pak Mulki,

Cara terbaik adalah dengan membuat Product ID yang bersifat unique, atau gabungan antara OLD JIS TYPE dan NEW JIS TYPE. Dengan menggunakan Product ID tsb dapat diperoleh data lainnya dengan fungsi Vlookup atau Index,Match.

Selamat mencoba.

Salam,
HK

----------------------------------------------------------
From: Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 16 September 2013, 16:23
Subject: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3 [1 Attachment]

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Selamat pagi menjelang sore sobat2 B-XLers.

Mohon pencerahannya pada kasus saya dlm lampiran berikut ini.

Saya memiliki Sumber Data yg berisi Gross Weight (GW), Net Weight (NW) & Measurement (M3) pada sheet source data.

Data tersbt ingin saya masukan ke sheet List Data dg Type yg sama yg ada pada source data.

Yg jadi persoalan adalah, Type pada sheet source data dan List Data formatnya tidak selalu sama.

Contoh :

source data :
NS40

List Data
NS 40 (7 PLATES)

Kedua type tersbt maksudnya sama.

Mohon pencerahan para sobat dan guru2 disini utk mengisi data pada kolom yg dimaksud pada sheet List Data.

Note : Jumlah karakter dari Type tersbt tidak selalu seperti yg di contohkan, karna ada yg kurang bahkan ada yg lebih banyak.

Terimakasih atas waktu dan pencerahannya.

Wassalam,
Mulki

Mon Sep 16, 2013 8:46 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Pak Mulki;

-1 Itu untuk mengambil data sebelum tanda kurun buka "("

=LEFT(SUBSTITUTE(B2," ",""),FIND("(",SUBSTITUTE(B2," ",""),1)-1)
bandingkan dengan ini
=LEFT(SUBSTITUTE(B2," ",""),FIND("(",SUBSTITUTE(B2," ",""),1))

maka akan tau bedanya..

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Mulki
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 17, 2013 10:19 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3

Pak Bagus, terimakasih atas pencerahannya.

Mohon pencerahan penggunaan (-1) itu utk apa ya ?

Wassalam,
Mulki

----- Original Message -----
From: Bagus
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 17, 2013 9:53 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3 [1 Attachment]

Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu..

Pak Mulki;

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Mulki
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, September 16, 2013 4:23 PM
Subject: [belajar-excel] Mencari GW, NW, M3 [1 Attachment]

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Selamat pagi menjelang sore sobat2 B-XLers.

Mohon pencerahannya pada kasus saya dlm lampiran berikut ini.

Saya memiliki Sumber Data yg berisi Gross Weight (GW), Net Weight (NW) & Measurement (M3) pada sheet source data.

Data tersbt ingin saya masukan ke sheet List Data dg Type yg sama yg ada pada source data.

Yg jadi persoalan adalah, Type pada sheet source data dan List Data formatnya tidak selalu sama.

Contoh :

source data :
NS40

List Data
NS 40 (7 PLATES)

Kedua type tersbt maksudnya sama.

Mohon pencerahan para sobat dan guru2 disini utk mengisi data pada kolom yg dimaksud pada sheet List Data.

Note : Jumlah karakter dari Type tersbt tidak selalu seperti yg di contohkan, karna ada yg kurang bahkan ada yg lebih banyak.

Terimakasih atas waktu dan pencerahannya.

Wassalam,
Mulki

Mon Sep 16, 2013 7:57 pm (PDT) . Posted by:

"Berni Karanza" karanza.berni

Dear Master Excel,

Pak Dwint terimakasih atas bantuan nya, hasilnya sempurna persis seperti
yang saya harapkan..serta salut terhadap algoritma yang bisa dibuat
sederhana. Untuk rekan-rekan yang lain terimakasih atas penjelasannya.
Mohon maaf ada sedikit kekeliruan sample yang saya berikan, seperti yang
pak dwint jelaskan bahwa data pertama pada kolom C menunjukan banyak data
yang berurut di bawahnya, dengan asumsi bahwa seluruh data memiliki pola
yang sama, cuma ke bawahnya pada sample terlihat pola yang tidak konsisten,
dan benar yang saya maksud adalah untuk setiap data pertama yang ditemukan
(Jumlah EGI tiap NRP) tidak dilakukan penulisan ke kolom EGI. berikut juga
saya lampirkan sample yang seharusnya.

Awalnya agak bingung dengan syntax yang dibuat, namun dari penjelasan yang
rekan-rekan berikan akhirnya dapat saya pahami.

Salam

Berni_K

2013/9/16 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Justru kalau ada data baru (id baru) yang tidak punya baris jumlah (yang
> dikuning), maka akan kekurangan 1 item.
> Sedangkan jika ada id lama tapi membentuk blok data baru yang disertai
> baris jumlah data (maksudnya seperti yang dikuning itu), maka nilai jumlah
> data akan masuk ke hasilnya.
> tapi itu juga cuman dugaan, karena dalam script yang ada adalah
> pencabangan proses menjadi 2 arah saja, yaitu :
> arah 1 : belum ada id tersebut dalam tabel hasil, maka akan tulis hasil
> saat pembacaan pertama di item baru itu. Kemudian lanjut ke baris data
> berikutnya.
> arah 2 : sudah ada id tersebut di hasil, maka ambil datanya (meskipun itu
> baris jumlah subtotal count record di blok data tersebut) untuk
> digandengkan dengan nilai hasil yang ada di tabel hasil untuk id tersebut.
>
> imo,
> data contohnya tidak mewakili bentuk asli kasusnya.
> data yang dikuning pun tidak diketahui sudah bawaan dari sana atau hasil
> pengolahan menggunakan fitur subtotal.
> dengan kalimat penanya yang menyatakan ada banyak data, bisa diartikan ada
> banyak record, ada banyak unique id, maupun ada banyak keduanya.
> bisa jadi data aslinya ndak punya baris-baris yang ada cell kuningnya.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/9/16 De Premor <de@premor.net>
>
>> **
>>
>>
>> sebenernya bukan kebetulan, silahkan dicek kodenya lagi
>>
>> For Each NRP In rgNrp
>> Set rgFind = Range("f:f").Find(NRP.Value)
>>
>> If rgFind Is Nothing Then
>> lData = Cells(Rows.Count, 6).End(xlUp).Row + 1
>> * Cells(lData, 6).Value = NRP.Value**
>> ** Cells(lData, 7).Value = NRP.Offset(, 1).Value*
>> *
>> * Else
>> lData = rgFind.Row
>> * If Cells(lData, 8).Value = "" Then**
>> *
>> * Cells(lData, 8).Value = NRP.Offset(, 2).Value**
>> ** Else**
>> ** Cells(lData, 8).Value = Cells(lData, 8).Value & ", " &
>> NRP.Offset(, 2).Value**
>> ** End If**
>> * End If
>> Next NRP
>>
>> dibagian yang diwarna merah, adalah routine buat menuliskan Nomor NRP dan
>> Nama jika NRP dan Nama belum ada pada kolom hasil, dimana pada routine
>> tersebut terjadi looping untuk membaca baris per baris, sehingga terlewat 1
>> baris nilai EGI untuk diisikan pada Cells(lData,8) karena memang tidak ada
>> routine untuk itu jika ada pemunculan nama baru.
>>
>> On 16-09-2013 12:03, hendrik karnadi wrote:
>>
>>
>> Pak Dwint,
>>
>> Sy sudah coba copas dan jalankan macronya pada file yang dilampirkan
>> pak Berni .
>> Jumlah EGI = 71 item, data 73 item. Ada selisih 2 item yang tidak masuk
>> (seharusnya memang tidak masuk), yaitu angka "8" dan "5".
>>
>> Yang pasti bukan kebetulan.
>>
>> Mungkin perlu dijelaskan sedikit oleh Pak Dwint, pada bagian (code)
>> yang mana angka "8" dan "5" dilewati.
>>
>> Workbook hasil testing terlampir.
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>>
>> ------------------------------
>> *From:* dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com><dwint.ruswanto@gmail.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Monday, 16 September 2013, 10:37
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Cara konversi data vertikal menjadi
>> horizantal
>>
>>
>> coba bantu dengan menggunakan vba,
>>
>> asumsi, data pertama adalah menyatakan jumlah data yang ada, karena
>> berdasarkan sampel seperti itu adanya
>>
>> buka VBE modul dengan cara sebagai berikut (pilih salah satu saja)
>> # klik kanan di sheet dan pilih View Code
>> # tekan tombol Alt F11
>> # >> hanya ada di excel 2003, sudah lupa tapi cari sesuatu yang berbunyi
>> Macro
>>
>> buka sebuah modul baru dengan cara Insert >> Module
>>
>> pada modul yang terbuka tadi.. copas script berikut ini:
>>
>> Sub Konversi()
>> Dim rgNrp As Range, Nrp As Range, rgFind As Range
>> Dim LastRow As Long, lData As Long
>>
>> Application.ScreenUpdating = False
>> Range("f6").End(xlDown).End(xlToRight).ClearContents
>> LastRow = Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
>> Set rgNrp = Range(Cells(6, 1), Cells(LastRow, 1))
>> For Each Nrp In rgNrp
>> Set rgFind = Range("f:f").Find(Nrp.Value)
>> If rgFind Is Nothing Then
>> lData = Cells(Rows.Count, 6).End(xlUp).Row + 1
>> Cells(lData, 6).Value = Nrp.Value
>> Cells(lData, 7).Value = Nrp.Offset(, 1).Value
>> Else
>> lData = rgFind.Row
>> If Cells(lData, 8).Value = "" Then
>> Cells(lData, 8).Value = Nrp.Offset(, 2).Value
>> Else
>> Cells(lData, 8).Value = Cells(lData, 8).Value & ", " &
>> Nrp.Offset(, 2).Value
>> End If
>> End If
>> Next Nrp
>> Application.ScreenUpdating = True
>> End Sub
>>
>> buat sebuah tombol di worksheet.. bisa menggunakan command button,
>> shape, atau kalo mau sedikit narsis boleh pakai foto diri
>>
>> # jika menggunakan command button: copas script ini
>> call Konversi
>>
>> # jika menggunakan shape atau foto: panggil macro tersebut dengan cara
>> klik kanan >> assign macro, dan pilih nama macronya di atas.
>>
>> maaf belum bisa melampirkan workbook solusi..
>>
>> Wassalamu'alaikum wr. wb.,
>>
>> -dwint-
>>
>>
>>
>> Pada 15 September 2013 13.56, Berni Karanza <karanza.berni@gmail.com>menulis:
>>
>>
>> Dear Master Excel,,
>>
>> Mohon pencerahannya bagaimana cara mengkonversi data vertikal menjadi
>> horizontal secara cepat , serta menggabungkan kesemua data tersebut
>> kedalam satu cell dengan separator koma (,) .kalo bisa dengan menggunakan
>> perintah makro, seperti pada sampel berikut:
>>
>> *Data sebelum konversi:*
>>
>> NRP NAME EGI 1B93010 DARMI SYARIF 8 1B93010 DARMI SYARIF PC750
>> 1B93010 DARMI SYARIF D25KS 1B93010 DARMI SYARIF GD825 1B93010 DARMI
>> SYARIF PC800 1B93010 DARMI SYARIF D245 1B93010 DARMI SYARIF D50KS
>> 1B93010 DARMI SYARIF CHA1500 1B93010 DARMI SYARIF CHA1100
>> *Data setelah konversi:*
>>
>> NRP NAME EGI 1B93010 DARMI SYARIF PC750, D25KS, GD825, PC800, D245,
>> D50KS, CHA1500, CHA1100
>>
>> Baris data yang akan digunakan sangat banyak, Lebih detail nya
>> seperti lampiran yang saya sertakan berikut
>>
>> Sekali lagi, mohon bantuan master sekalian, dan terima kasih atas
>> pencerahannya
>>
>> Salam,
>>
>> Berni_K
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Mon Sep 16, 2013 8:10 pm (PDT) . Posted by:

"Tjahya Hartono" tjahyahartono



Salam Mr Kid,

Saya kembali mau menanyakan perihal topik Memindahkan Data yg saya posting kemarin, sebenarnya sih saya sudah sangat puas dengan hasilnya.
Tetapi saya lupa bahwa dalam fatktanya datanya lebih banyak  (sekarang aja udah sampe 3800-an row nya
) dan variatif (disebabkan data berganti bulan dan yang saya tanyakan kali ini guru yang bertambah/lebih dari satu).

Mungkin yang jadi pertanyaan saya kali ini: Didalam tabel saya, saya tdk menyediakan columns untuk guru, karena laporan saya buat per sheet untuk masing-masing gurunya, menurut Mr Kid apa perlu saya mencantumkannya pada tiap2 laporan. Karena saya kesulitan dalam mengaplikasikan filteringnya dengan jumlah guru yang lebih dari 1. Sebagai bahannya saya sertakan yang file MR KID sudah selesaikan.

Hormat saya,

Tjahya H

Mon Sep 16, 2013 8:42 pm (PDT) . Posted by:

"Emi" emilestariklcc



Temandan Master Beexcel,
Saya
ada 3 tipe data  untuk  diisi,  yaitu  hewan, transpotasi dan
manusia. (kolum A)
1
) Jika  saya pilih Hewan,  drop down option di kolum detail (kolum B)
adalah dari table Hewan. Bagitu juga  jika saya memilih transpotasi otomatis pilihannya dari table
transpotasi.
2
) Tetapi jika saya memilih option MANUSIA,  saya menulis apa saja. @ any value.
3)  Data di kolum C adalah dari range name GROUP,
tetapi ia dapat diisi sekiranya kolum B  bukan blank. Jika Kolum B tidak diisi, otomatis  kolum C  tidak dapat diisi dgn sebarang value.
Contoh
kasus seperti dilampiran

Terima
kasih di atas bantuanya.

-Emi
Lestari

Kategori Detail Group
HEWAN BEBEK A
TRANSPOTASI MOBIL B
MANUSIA NAMA APA SAJA A

Mon Sep 16, 2013 9:09 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba buat Daftar seperti buatan si Mbah (terlampir) dan kembangkan menjadi 3 level.

Salam,
HK

________________________________
From: Emi <emilestariklcc@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 17 September 2013, 10:37
Subject: [belajar-excel] Data Validation [1 Attachment]


 

Temandan Master Beexcel,
Saya
ada 3 tipe data  untuk  diisi,  yaitu  hewan, transpotasi dan
manusia. (kolum A)
1
) Jika  saya pilih Hewan,  drop down option di kolum detail (kolum B)
adalah dari table Hewan. Bagitu juga  jika saya memilih transpotasi otomatis pilihannya dari table
transpotasi.
2
) Tetapi jika saya memilih option MANUSIA,  saya menulis apa saja. @ any value.
3)  Data di kolum C adalah dari range name GROUP,
tetapi ia dapat diisi sekiranya kolum B  bukan blank. Jika Kolum B tidak diisi, otomatis  kolum C  tidak dapat diisi dgn sebarang value.
Contoh
kasus seperti dilampiran

Terima
kasih di atas bantuanya.

-Emi
Lestari

Kategori Detail Group
HEWAN BEBEK A
TRANSPOTASI MOBIL B
MANUSIA NAMA APA SAJA A

Mon Sep 16, 2013 8:57 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Dear BeExceller,

Mengenal properti UsedRange yuk.
Coretannya disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/09/belajarvba-011-range-03.html>ya.

Wassalam,
Kid.
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar