Jumat, 20 Mei 2011

[belajar-excel] Digest Number 1163

Messages In This Digest (18 Messages)

Messages

1a.

Bls: [belajar-excel] bljr

Posted by: "Herman Joko Mursandi" hermanjokomursandi@yahoo.co.id   hermanjokomursandi

Thu May 19, 2011 2:05 am (PDT)



terima kasih atas bantuannya/ infonya mas.....

________________________________
Dari: Sofyan Efendi <sofyanefendi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Kam, 19 Mei, 2011 14:54:55
Judul: Re: [belajar-excel] bljr

Dear Mas Herman, coba cek di Excel Option, di Proofing -> Autocorrect Option.
Di kolom replace cari kata "se". Klik kata tersebut di kolom bawahnya, lalu
delete. Klik Ok.

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi.
http://opi.110mb.com/
----- Original Message -----
>From: Herman Joko Mursandi
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Thursday, May 19, 2011 2:27 PM
>Subject: [belajar-excel] bljr
>
>
>selamat siang master excel,,,,
>
>saya ingin bertanya n sambil belajar2 mengenai excel...
>
>setiap mengetik "se.." (semisal menulis Title orang) terus kita enter / spasi
>selalu muncul tulisan "Selama",, bukan tulisan yang kita inginkan.. cara
>mengembalikan settingan seperti semula bagaimana..?
>mohon bantuannya..
>
>terima kasih banyak atas bantuannya....
>
>
2a.

Re: Help

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu May 19, 2011 2:59 am (PDT)



(1)
Judul / Subjectnya : "HELP" : tidak menggambarkan inti masalah; dan tidak
mengikuti
peraturan milis; sehingga kalau di lihat di msg list di milis posting ini
ikut ke thread
th 2009 (yg subject nya = "HELP" juga)

(2)
Penjelasannya tidak ada, yang ada hanya langsung pertanyaan: *bgmana cara
mengurutkan*
*data.*

(3)
Agar para calon penanggap punya bahan lebih banyak; kami akan bertanya dulu,
mudah
mudahan setelah ada tambahan penjelasan; para calon penanggap bisa ikut
bantu bantu..

Di sheet *"Sebelum di.."* terdapat 7 tabel yg jumlah record per tabelnya
bervariasi, yaitu
129, 38, 34, 30, 32, 37,29 baris data (tiap tabel COA terdiri 2 kolom)

Di sheet *"Setelah di.."* (=contoh/gambaran hasil yg diinginkan) ada 8
tabel, dengan
jumlah records per tabel = seragam = 154 baris data.
Siti belum sempat mencermati semua data) tetapi sepertinya 8 tabel itu
kembar
(apakah benar seperti itu?)

Jadi dapat disimpulkan bahwa pekerjaan MENGUBAH data di "sheet SEBELUM"
menjadi
data seperti di "sheet SESUDAH" tentulah *bukan hanya sekedar MENGURUTKAN *
seperti
yg dikatakan pak Johar; sebab menurut pengertian umum *proses mengurutkan
data* adalah
HANYA menyusun kembali* urutan data*, *tanpa mengubah ISI maupun JUMLAH data
*semula.

Berarti ada proses lain yg bagi kita masih gelap, masih "tersembunyi"kan
oleh pak Johar,
atau kata sopannya: belum sempat dijelaskan oleh pak Johar..

*Pertanyaan / permintaan tambahan penjelasan:*
*
dari 7 (tujuh) tabel menjadi 8 (delapan) tabel itu bgmana proses yg bp
kerjakan ketika
bapak mengerjakannya secara manual
*
dari 129 atau atau 38 atau34 baris data menjadi 154 baris data itu,
tambahannya
didapat dari mana?

Demikian pak permohonan tambahan penjelasan kami. Penjelasan tambahan dari
Bapak pasti
akan sangat mempermudah para calon penanggap untuk bisa membantu membuatkan
/
mengusulkan cara penyelesaiannya.

-ctv-

2011/5/19 Johari Rais <zooe_13@yahoo.com>

> Rekan2 belajar-excel yang terhormat
> Mohon bantuannya,karna saya msh dalam tahap belajar excel
> Pertanyaan nya,* bagaimana kah cara mengurutkan data dalam excel *(data
> terlampir)
> karena selama ini saya mengerjakan nya masih dengan cara manual
> (copy,insert,paste)
> *supaya data/no tersebut dapat terurut dengan benar*
> apakah terdapat cara/formula dalam mengurutkan data tersebut dengan cepat
> ???
> atas bantuannya di ucapkan terima kasih
> salam,
>
2b.

Re: Help

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu May 19, 2011 4:25 pm (PDT)



setelah ada sedikit kesempatan memelototi data di kedua sheets, ternyata
bahwa :
di sheet2 (keadaan setelah di"URUTKAN" oleh pak Johar entah dengan cara
apa);
selain ke-delapan TABELs itu persis sama, ada *record yg tidak ada di
Tabel-Asli-nya*
*tetapi *(bagaikan benda asing dari alam ghoib)* *tiba-tiba muncul di TABEL
Hasil "Pengurutan";
yaitu: berupa 7 rekening LVACC/TBNAM

Daftar benda asing yg menyusup ke tabel hasi "pengurutan"

*LVACC*

*TBNAM*

114070

KMK-KREDIT MIKRO

114080

KMK-KREDIT MIKRO TSL

115070

KI-KREDIT MIKRO

115080

KI - KREDIT MIKRO TSL

141470

RPAK HUB VI-BEKASI

141471

RPAK HUB VI - BEKASI VLS

146060

PAD-BNG KRD MIKRO

Agar tidak mendapat cap: "hanya omong saja" maka siti mengusulkan solusi
sbb:
** nama proses bukan *"mengurutkan data"*
tetapi diganti : *" menggabung & memeras Unique Recordnya saja "*
*
*
Satu hal yg telah dengan bagus disiapkan oleh pak Johar adalah: setiap tabel
diberi antara berupa blank-columns, sehingga memungkinkan *CurrentRegion*bekerja
dengan baik mendeteksi letak dan dimensi tiap tabel.

*Proses pekerjaannya "kira-kira" sbb*
*
*
*(1.) *
semua tabel (dlm contoh ada 7 tabel rujukan) di sheet1) disalin &
digabung menjadi
1 (satu) *Tabel-Baru* di sheet-baru ( sheet-baru > diberi nama "HASIL_YYMMDD
hhmm")

*(2.)*
Isi Tabel-Baru itu *diurutkan* (dengan metoda Sort) secara menaik
(Ascending)
dengan kunci sorting kolom LVACC

*(3.)*
Tabel-Baru itu di proses dengan *Advanced Filter* untuk diperas
UniqRecordsnya saja

Dengan cara seperti itu, InsyaAllah hasilnya *MIRIP dengan salah satu
tabel*(dari 8 tabel
yg ada) di sheet2 / contoh yg diinginkan oleh pak Johar)

*Ketidak-samaan antara CONTOH yg diajukan dan HASIL SOLUSI:*

*(+)* Di tabel-contoh dari pak Johar ada 8 (delapan) tabel kembar
*(-)* Pada solusi yg diajukan hanya menghasilan 1 tabel
(jika ingin menjadi 100 tabel) kan tinggal mengcopy paste saja.. 'kan ya
Oom? )

*(+)* Di tabel-contoh dari pak Johar: ada benda asing ikut masuk (7 account
tsb di atas)
*(-)* Tabel-hasil-solusi: hanya murni ex proses data yg ada di tabel
rujukan (sheet1)
tidak akan ada benda asing yg menyusup / disusupkan .
(misalnya harus di adakan; kriterianya apa yak ?! )

Pekerjaan untuk menghasilkan tabel solusi itu, dicodekan dlm sebuah
prosoedur VBA
sehingga untuk mengerjakannya tinggal pencet TomBol saja...

semoga bermanfaat

-siti-

2011/5/19 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> (1)
> Judul / Subjectnya : "HELP" : tidak menggambarkan inti masalah; dan tidak
> mengikuti
> peraturan milis; sehingga kalau di lihat di msg list di milis posting ini
> ikut ke thread
> th 2009 (yg subject nya = "HELP" juga)
>
> (2)
> Penjelasannya tidak ada, yang ada hanya langsung pertanyaan: *bgmana cara
> mengurutkan*
> *data.*
>
> (3)
> Agar para calon penanggap punya bahan lebih banyak; kami akan bertanya
> dulu, mudah
> mudahan setelah ada tambahan penjelasan; para calon penanggap bisa ikut
> bantu bantu..
>
> Di sheet *"Sebelum di.."* terdapat 7 tabel yg jumlah record per tabelnya
> bervariasi, yaitu
> 129, 38, 34, 30, 32, 37,29 baris data (tiap tabel COA terdiri 2 kolom)
>
> Di sheet *"Setelah di.."* (=contoh/gambaran hasil yg diinginkan) ada 8
> tabel, dengan
> jumlah records per tabel = seragam = 154 baris data.
> Siti belum sempat mencermati semua data) tetapi sepertinya 8 tabel itu
> kembar
> (apakah benar seperti itu?)
>
> Jadi dapat disimpulkan bahwa pekerjaan MENGUBAH data di "sheet SEBELUM"
> menjadi
> data seperti di "sheet SESUDAH" tentulah *bukan hanya sekedar MENGURUTKAN
> *seperti
> yg dikatakan pak Johar; sebab menurut pengertian umum *proses mengurutkan
> data* adalah
> HANYA menyusun kembali* urutan data*, *tanpa mengubah ISI maupun JUMLAH
> data *semula.
>
> Berarti ada proses lain yg bagi kita masih gelap, masih "tersembunyi"kan
> oleh pak Johar,
> atau kata sopannya: belum sempat dijelaskan oleh pak Johar..
>
>
> *Pertanyaan / permintaan tambahan penjelasan:*
> *
> dari 7 (tujuh) tabel menjadi 8 (delapan) tabel itu bgmana proses yg bp
> kerjakan ketika
> bapak mengerjakannya secara manual
> *
> dari 129 atau atau 38 atau34 baris data menjadi 154 baris data itu,
> tambahannya
> didapat dari mana?
>
> Demikian pak permohonan tambahan penjelasan kami. Penjelasan tambahan dari
> Bapak pasti
> akan sangat mempermudah para calon penanggap untuk bisa membantu membuatkan
> /
> mengusulkan cara penyelesaiannya.
>
> -ctv-
>
>
>
> 2011/5/19 Johari Rais <zooe_13@yahoo.com>
>
>> Rekan2 belajar-excel yang terhormat
>> Mohon bantuannya,karna saya msh dalam tahap belajar excel
>> Pertanyaan nya,* bagaimana kah cara mengurutkan data dalam excel *(data
>> terlampir)
>> karena selama ini saya mengerjakan nya masih dengan cara manual
>> (copy,insert,paste)
>> *supaya data/no tersebut dapat terurut dengan benar*
>> apakah terdapat cara/formula dalam mengurutkan data tersebut dengan cepat
>> ???
>> atas bantuannya di ucapkan terima kasih
>> salam,
>>
>
>
3a.

Re: Pembukuan Koperasi: Mengambil address range di tabel lain

Posted by: "Eka Subyantara" eka.subyantara@widyatama.ac.id   eka_subyantara

Thu May 19, 2011 7:14 am (PDT)



baru tengok lagi milis, ternyata Mr. Kid sdh kasih solusi. Berdebar-debar
gak sabar ingin mencobanya sendiri. Terima kasih ... terima kasih ... dan
terima kasih ...

= eka =
4a.

Bls: [belajar-excel] Membandingkan Data dgn bantuan Macro

Posted by: "abdul hafidz" a.hafidz@yahoo.co.id   a.hafidz

Thu May 19, 2011 8:30 am (PDT)



Dear master vi,

Mohon maaf bila case ini saya angkat lagi dikarenakan banyaknya rekan2x semilis
yg mempertanyakan hasil case ini melalui "JAPRI"

Sebelumnya saya ucapkan banyak2x terima kasih kepada master vi yg telah
memberikan pencerahannya pada case ini, meskipun case ini sedang saya kaji agar
lebih mudah dimengerti oleh para pencerah2x Be Excel akan tetapi karena
kesibukan pekerjaan jadi tdk rampung2x heheheheheh......
 
Apa yg master vi telah paparkan tempo lalu, yg kutipannya sebagai berikut :
 
Pendekatan yg siti gunakan dlm mencoba menyusun makrosnya adalah sbb

- di dalam workbook dianggap terdapat dua jenis sheet ("Master" dan
"Bukan-Master" apapun namanya)
- semua sheets BukanMaster (berapapun banyak nya) harus punya struktur yg sama
walaupun 
  jumlah records (baris data) boleh berbeda
- sebuah baris data ( =record) dlm data BukanMaster,dianggap SAMA dengan salah
satu rocord
  pada sheet Master; jika memenuhi  3 (TIGA) kesamaan yaitu :
    ** sama di kolom  "KOCAB  atau  KODE CABANG" (mengapa di kedua jenis sheet
nama fieldnya dibuat beda?)
    ** sama di kolom  "MITRA"
    ** sama di kolom  "REKENING"
- Jika di sheet BukanMaster terdapat record yg TIDAK SAMA dengan (salah satu)
record pada
   Sheet Master maka Records (pada Sheet BukanMaster) tersebut di-copy dan
dipaste ke   tabel 
   / sheet Master pada posisi : dibawah records terakhir.

- Dm rangka mempercepat proses kita berusaha sebisa mungkin menghindari VBA
looping
- untuk itu:  perlu dibuat kolom bantu, agar dengan kolom bantu itu pencarian
records yg 
  sama/tidak sama cukup dikerjakan dengan worksheetfunction COUNTIF dan  MATCH.
  (ini akan mempercepat proses secara siknifikan (jika dibanding dengan VBA
loop), berhubung 
  cacah records nya sudah dlm ordo ribuan)
- Kolom bantu dibuat di semua tabel / sheet
  ** pada sheet MASTER kolom bantu dibuat di kolom baru sebelah kanan kolom
terakhir
      akan diisi gabungan 3 data (kocab & mitra & rekening)
  ** demikian juga pada sheet BUKAN-MASTER
- pembuatan kolom bantu dikerjakan melalui makro 
  (dengan formulapun juga bisa, tetapi formula pada ribuan baris tentunya akan
memperberat 
   kinerja worksheets / bbok)
- setelah makro berhasil meng "UpLoad"  (UpLoad dlm tanda kutip besar) data
seperti yg
  dikehendaki pak abdul (yaitu sekedar mengCopy Records, BUKAN FILE) , maka
setiap 
  kolom bantu akan langsung di buang lagi.
  (antara lain agar pemakai "heran"  (he he he, tujuannya kok cuma membuat heran
orang
   yg belum tentu heran..).. lha wong "tanpa" kolom bantu kok kinerja makro nya
cukup cepat?)

- Proses tetap ada loop nya  yaitu 
  ##1 :  loop meraba semua sheet selain "Master"  &
  ##2:  Loop meraba semua cell di kolom bantu pada sheet Master)
tetapi loop mengulang kunjungan ke tiap baris di sheet Master  (ribuan records)
 untuk proses
pambandingan dengan setiap records yg sedang dipegang oleh Loop #2  = dapat
ditiadakan

Memang seperti itu yg saya inginkan, hanya saja bila ada perbedaan nama di
sheetnya maafkan saya yach..
master vi, heheheheh.....

> Dalam menyelesaikan case saya itu, saat ini saya membandingkan datanya dgn
>bantuan rumus yg cukup lama dan terkadang harus manual, dikarenakan banyaknya
>record2x yg disingkat
> untuk itu masih berkenankah master vi memberikan pencerahannya kembali,
>heheheheh.......

mohon maaf bila tdk berkenan

trims
hafidz

________________________________
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Jum, 6 Mei, 2011 10:30:40
Judul: Re: [belajar-excel] Membandingkan Data dgn bantuan Macro

 
2011/5/6 <a.hafidz@yahoo.co.id>

Dear Mr. Kid
>Thanks atas masukannya
>Untuk problem ini akan saya kaji kembali
>Trims
>Hafidz
>From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
>Date: Thu, 5 May 2011 03:53:10 +0700
>
>
>Membandingkan data. Sudahkah terlintas dibenak pertanyaan berikut :
>1. Siapa vs siapa ?
>2. Bagaimana jika siapa yang kiri adalah bagian dari siapa yang kanan dan
>sebaliknya ?
>     Contoh : Aku makan vs Aku atau Makan vs Aku makan
>     Bagaimana membandingkannya ?
>3. Adakah siapa itu yang blank ?
>
>Maaf, gak kasih solusi malah banyak tanya.
>
>Kid.
>
>
secara diyam-diyam siti mencoba menyusun makronya..
tidak segera "kelar" karena bossku "curang" (=tidak membiarkan anak buahnya
'nyantai' and asik 
dengan kesenangannya sendiri... he he he)

Saya setuju dengan pertanyaan mas Kid terutama  :
"pihak yg mau dibandingkan itu siapa vs siapa ?   / apa vs apa ?
Lebih detil lagi : dua object dibandingkan itu tidak ada tujuan lain kecuali
untuk dicari
kesamaan / ketidaksamaannya bukan ) 

Lha terus:  apa abjectnya ? cell  tunggal ? atau sebaris data ? 
jika sebaris data;  padahal dua tabel yg mau dibandingkanSTRUKTURNYA berbeda.., 
truzz apa syaratnya  untuk dianggap SAMA / TIDAK SAMA.??

Program (makro) hanya dapat ditulis jika semua sudah jelas dan logis.
Jika keinginannya pun masih banyak mengandung hal-hal yg mendua, maka tidak ada
makro 
yg perlu ditulis untuk merealisasikan keinginan tsb.  Kita ini memang sedang
berhadapan
dengan logika besi ! Tidak boleh ada kemencengan 1/1000 derajat pun.

Pendekatan yg siti gunakan dlm mencoba menyusun makrosnya adalah sbb

- di dalam workbook dianggap terdapat dua jenis sheet ("Master" dan
"Bukan-Master" apapun namanya)
- semua sheets BukanMaster (berapapun banyak nya) harus punya struktur yg sama
walaupun 
  jumlah records (baris data) boleh berbeda
- sebuah baris data ( =record) dlm data BukanMaster,dianggap SAMA dengan salah
satu rocord
  pada sheet Master; jika memenuhi  3 (TIGA) kesamaan yaitu :
    ** sama di kolom  "KOCAB  atau  KODE CABANG" (mengapa di kedua jenis sheet
nama fieldnya dibuat beda?)
    ** sama di kolom  "MITRA"
    ** sama di kolom  "REKENING"
- Jika di sheet BukanMaster terdapat record yg TIDAK SAMA dengan (salah satu)
record pada
   Sheet Master maka Records (pada Sheet BukanMaster) tersebut di-copy dan
dipaste ke   tabel 
   / sheet Master pada posisi : dibawah records terakhir.

- Dm rangka mempercepat proses kita berusaha sebisa mungkin menghindari VBA
looping
- untuk itu:  perlu dibuat kolom bantu, agar dengan kolom bantu itu pencarian
records yg 
  sama/tidak sama cukup dikerjakan dengan worksheetfunction COUNTIF dan  MATCH.
  (ini akan mempercepat proses secara siknifikan (jika dibanding dengan VBA
loop), berhubung 
  cacah records nya sudah dlm ordo ribuan)
- Kolom bantu dibuat di semua tabel / sheet
  ** pada sheet MASTER kolom bantu dibuat di kolom baru sebelah kanan kolom
terakhir
      akan diisi gabungan 3 data (kocab & mitra & rekening)
  ** demikian juga pada sheet BUKAN-MASTER
- pembuatan kolom bantu dikerjakan melalui makro 
  (dengan formulapun juga bisa, tetapi formula pada ribuan baris tentunya akan
memperberat 
   kinerja worksheets / bbok)
- setelah makro berhasil meng "UpLoad"  (UpLoad dlm tanda kutip besar) data
seperti yg
  dikehendaki pak abdul (yaitu sekedar mengCopy Records, BUKAN FILE) , maka
setiap 
  kolom bantu akan langsung di buang lagi.
  (antara lain agar pemakai "heran"  (he he he, tujuannya kok cuma membuat heran
orang
   yg belum tentu heran..).. lha wong "tanpa" kolom bantu kok kinerja makro nya
cukup cepat?)

- Proses tetap ada loop nya  yaitu 
  ##1 :  loop meraba semua sheet selain "Master"  &
  ##2:  Loop meraba semua cell di kolom bantu pada sheet Master)
tetapi loop mengulang kunjungan ke tiap baris di sheet Master  (ribuan records)
 untuk proses
pambandingan dengan setiap records yg sedang dipegang oleh Loop #2  = dapat
ditiadakan

Hal hal (pendekatan versi siti) yg "tidak setujuan" dengan kemauan pak abdul
mohon dikoreksi.

Dengan sudah adanya "semi pseudocode" seperti di atas seharusnya pemakai VBA
sudah dapat 
menyusun  makronya sendiri; karena tinggal mengerjakan sisi  teknis "bahasa" nya
saja..

-siti-
  

5a.

Re: Error : TypeMismatch + print

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu May 19, 2011 4:41 pm (PDT)



1
hidupkan *mode perekaman makro*
( di excel 2003: menu : Tools > Macro > Record New Macro... )

2
lakukan aksi persiapan mencetak sampai print preview
mulai dari Set Print Area, Page Set up dengan segala isinya
*atur sesuai kehendak anda*, termasuk mengatur ukuran ketas,
page break, bila ada, margin, scaling, header, footer dsb

3
Jika sudah selesai, matikan Mode Perekaman Makro (tombol stop recording)
(ataau melalui menu tsb di atas)

4
Lihat di VBE pada Module yg baru dibentuk oleh rekaman makro
*kalau bisa di edit-lah makronya *agar menjadi lebih efisien
sebab makro rekaman itu terlalu lengkap sampai banyak hal
yg tidak perlu juga ditulis.

2011/5/19 <yusajing_ehm@yahoo.com>

>
>
> Terimakasih atas penjelasannya,,
> Ya saya sudah mengerti solusinya dan sudah saya perbaiki dan sekarang sudah
> bisa jalan.
> Saya ingin melanjutkan pertanyaan, seperti yg terlampir bahwa pada workbook
> tsb, macro akan membuat tabel yg saya inginkan, akan tetapi utk pengaturan
> print agar pas harus saya lakukan sendiri.
> Adakah perintah atau coding agar lebar tabel tersebut sebesar lebar kertas
> (landpage) dengan fit 65% dan kertas legal
> Cara manual yg saya lakukan biasanya melebar lebarkan kolom sampai
> menyentuh garis pembatas print.
> Mohon pencerahannya,
> Best regards,
>
>
>
6a.

re-Penentuan Juara

Posted by: "Mamat Didi" mamatdidi@gmail.com   matdeede

Thu May 19, 2011 6:12 pm (PDT)



Dear Para Maestro XL
Membuka group ini, membuat ghirah saya untuk *bisa* menggunakan excel tambah
menjadi. Contohnya, dalam kasus penentuan juara yang sudah dijawab oleh bu
siti. Saya amati dan pelototi (saja) wong saya saya gak mudeng formulanya.
Saya coba memberanikan diri merubah sedikit isian kolom2nya saja, formulanya
bekerja sangat baik *sampai keanehan *terjadi ketika selisih gol (GAP) jadi
negatif (karena timnya terlalu banyak kebobolan) tiba-tiba formula index
menghasilkan #value..
Gerangan apakah yang terjadi, dan mohon penjelasan mengenai formula yang
dipake bu siti ini..
Trim's

-Members yang minim kontribusi-
Mamat Didi..
6b.

Re: re-Penentuan Juara

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu May 19, 2011 6:38 pm (PDT)



Dlm *angka gabungan* yg akan menentukan keurutan data tidak boleh ada
faktor
yang berasal dari angka negatip.

Jika ada nilai negatip; maka* semua angka di kolom itu* harus diperbesar
dengan proporsinal (sebanding)
misal semua cell (dlm kolom dimana terdapat nilai negatip) ditambah 100
Nah gabungannya akan tidak mengandung angka negatip dan diharapkan akan
bekerja sebagai PENGURUT yang baik

Dicoba dulu pak, nanti kalao ada kendala tinggal bell kesini lagi
Selamat berExcel-ria

oiya..
penambahan secara proporsional ( atau PENAMBAHAN dengan angka yg sama)
MAKSODNYA untuk dapat mengubah angka negatip menjadi positip, tetapi
TANPA MEMPENGARUHI NILAI KEURUTANNYA

-siti-

2011/5/20 Mamat Didi <mamatdidi@gmail.com>

>
>
> Dear Para Maestro XL
> Membuka group ini, membuat ghirah saya untuk *bisa* menggunakan excel
> tambah menjadi. Contohnya, dalam kasus penentuan juara yang sudah dijawab
> oleh bu siti. Saya amati dan pelototi (saja) wong saya saya gak mudeng
> formulanya. Saya coba memberanikan diri merubah sedikit isian kolom2nya
> saja, formulanya bekerja sangat baik *sampai keanehan *terjadi ketika
> selisih gol (GAP) jadi negatif (karena timnya terlalu banyak kebobolan)
> tiba-tiba formula index menghasilkan #value..
> Gerangan apakah yang terjadi, dan mohon penjelasan mengenai formula yang
> dipake bu siti ini..
> Trim's
>
> -Members yang minim kontribusi-
> Mamat Didi..
>
6c.

Re: re-Penentuan Juara

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu May 19, 2011 6:45 pm (PDT)



misalnya
di kolom M ("Klub")
array formula yg ditulis sekaligus pada 5 cells sekolom
dibuah menjaid seperti ini

=INDEX(B3:B7,MOD(ROUND(LARGE(
(TEXT(J3:J7,"00")&TEXT(*I3:I7+10*
,"00")&TEXT(G3:G7,"00"))+(A3:A7)/10,A3:A7),1),1)*10)

perhatikan kolom I yg ada nilai negtipnya (min = -4) , *dlm formula* *ditambah
10*
Dan lihat apa yg terjadi !!
***
*
2011/5/20 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> Dlm *angka gabungan* yg akan menentukan keurutan data tidak boleh ada
> faktor
> yang berasal dari angka negatip.
>
> Jika ada nilai negatip; maka* semua angka di kolom itu* harus diperbesar
> dengan proporsinal (sebanding)
> misal semua cell (dlm kolom dimana terdapat nilai negatip) ditambah 100
> Nah gabungannya akan tidak mengandung angka negatip dan diharapkan akan
> bekerja sebagai PENGURUT yang baik
>
> Dicoba dulu pak, nanti kalao ada kendala tinggal bell kesini lagi
> Selamat berExcel-ria
>
> oiya..
> penambahan secara proporsional ( atau PENAMBAHAN dengan angka yg sama)
> MAKSODNYA untuk dapat mengubah angka negatip menjadi positip, tetapi
> TANPA MEMPENGARUHI NILAI KEURUTANNYA
>
>
> -siti-
>
>
>
> 2011/5/20 Mamat Didi <mamatdidi@gmail.com>
>
>>
>>
>> Dear Para Maestro XL
>> Membuka group ini, membuat ghirah saya untuk *bisa* menggunakan excel
>> tambah menjadi. Contohnya, dalam kasus penentuan juara yang sudah dijawab
>> oleh bu siti. Saya amati dan pelototi (saja) wong saya saya gak mudeng
>> formulanya. Saya coba memberanikan diri merubah sedikit isian kolom2nya
>> saja, formulanya bekerja sangat baik *sampai keanehan *terjadi ketika
>> selisih gol (GAP) jadi negatif (karena timnya terlalu banyak kebobolan)
>> tiba-tiba formula index menghasilkan #value..
>> Gerangan apakah yang terjadi, dan mohon penjelasan mengenai formula yang
>> dipake bu siti ini..
>> Trim's
>>
>> -Members yang minim kontribusi-
>> Mamat Didi..
>>
>
6d.

Re: re-Penentuan Juara

Posted by: "Mamat Didi" mamatdidi@gmail.com   matdeede

Thu May 19, 2011 7:54 pm (PDT)



Mantap formulanya bu, saya jadi tambah bergairah nih. Saya coba terapkan
dalam kasus riil dalam file yang berbeda (terlampir), untuk formula sudah
tidak menghasilkan nilai #value, tetapi muncul permasalahan munculnya nama
klub yang sama di dua cell yang berbeda, kan kasihan 1 klub tidak diakui
eksistensinya..
Mohon pencerahan untuk si-tua ini..
6e.

Re: re-Penentuan Juara

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu May 19, 2011 8:36 pm (PDT)



sebetulnya harus difahami dulu :
bgmana jika *text angka* digabung tetapi *tidak boleh keluar dari ordo* nya

koreksi formula
=INDEX(B4:B13,
MOD(ROUND(LARGE(
(TEXT(J4:J13,"00")&TEXT(I4:I13+100,"000")&TEXT(G4:G13,"00"))+A4:A13/100,A4:A13),3),1)*100)

Mengapa formula berubah ubah???
karena *pada saat formula dibuat, pembuatnya tidak diberi gambaran: **rentang
data *
*yg mau dihadapi, *
jadi setiap rentang data berubah rumus harus disesuaikan
*
*
misal jumlah peserta per grup dulu dibawah 10 (1 digit) sekarang bisa 10
(dua digit)
ini tentu mempengaruhi formulanya

untk memahami formulanya tulislah POTONGAN (PART) formulanya
misalnya
*=TEXT(J4:J13,"00")&TEXT(I4:I13+100,"000")&TEXT(G4:G13,"00"))+A4:A13/100*
ditulis di 10 cells sebaris secara ARRAY FORMULA

kemudian naikkan menjadi sampai ke tingkat MOD

teruskan sampai LARGE
semua ditulis di kolom berlainan

dengan milihat hasil per kolom akan diketahui maksud formula tsb
penjelasan spt ini sudah pernah di tayangkan di milis ini

2011/5/20 Mamat Didi <mamatdidi@gmail.com>

>
>
> Mantap formulanya bu, saya jadi tambah bergairah nih. Saya coba terapkan
> dalam kasus riil dalam file yang berbeda (terlampir), untuk formula sudah
> tidak menghasilkan nilai #value, tetapi muncul permasalahan munculnya nama
> klub yang sama di dua cell yang berbeda, kan kasihan 1 klub tidak diakui
> eksistensinya..
> Mohon pencerahan untuk si-tua ini..
>
>
7a.

Re: Cara Mengurutkan Data

Posted by: "Johari Rais" johari@bukopin.co.id   zooe_13

Thu May 19, 2011 7:41 pm (PDT)



Terima kasih atas penjelasan dan cara mengurutkan record nya dan mohon maaf apabila terdapat hal2 yang kurang jelas dalam pertanyaan saya

Untuk data yang saya berikan setelah saya cek ternyata terdapat kekeliruan data (sebelum diurutkan terdapat 7 record setelah di urutkan terdapat 8 record) dan setelah saya cek

Tenyata ini murni kesalahan saya sehingga menimbulkan pertanyaan. (berikut saya lampirkan data yang benar)

Selama ini dalam pengerjaan nya saya lakukan secara manual dengan cara (Copy,Insert,Paste), yang saya kerjakan lebih dulu adalah record 1 dan 2 kemudian data yang tidak terdapat di

Masing2 record tersebut saya gunakan insert tabel kemudian saya copy paste dan seterus nya sampai record terakhir dengan hasil akhir semua record telah terisi.

Tabel 1 Tabel 2

lvacc

tbfnam

lvacc

tbfnam

101010

KAS UTAMA

101010

KAS UTAMA

101011

KAS UTAMA VLS

101011

KAS UTAMA VLS

101030

KAS ATM

114010

KMK-KOMERSIL

101040

KAS PADA PIHAK LAIN

114020

KMK-UKKM

Seperti contoh berikut :

Di Tabel 1 ada lvacc 101030 dan di tabel 2 tidak ada, maka saya gunakan insert di tabel 2 kemudian saya copy 101030 dan di paste di tabel 2

begitu seterusnya sampai semua tabel mempunyai lvacc dan tbfnam yang sama.

Mudah2an penjelasan saya ini bisa memberikan gambaran yang selama ini saya kerjakan,

Atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih,

salam

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of STDEV(i)
Sent: Friday, May 20, 2011 6:26 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help

setelah ada sedikit kesempatan memelototi data di kedua sheets, ternyata bahwa :

di sheet2 (keadaan setelah di"URUTKAN" oleh pak Johar entah dengan cara apa);

selain ke-delapan TABELs itu persis sama, ada record yg tidak ada di Tabel-Asli-nya

tetapi (bagaikan benda asing dari alam ghoib) tiba-tiba muncul di TABEL Hasil "Pengurutan";

yaitu: berupa 7 rekening LVACC/TBNAM

Daftar benda asing yg menyusup ke tabel hasi "pengurutan"

LVACC

TBNAM

114070

KMK-KREDIT MIKRO

114080

KMK-KREDIT MIKRO TSL

115070

KI-KREDIT MIKRO

115080

KI - KREDIT MIKRO TSL

141470

RPAK HUB VI-BEKASI

141471

RPAK HUB VI - BEKASI VLS

146060

PAD-BNG KRD MIKRO

Agar tidak mendapat cap: "hanya omong saja" maka siti mengusulkan solusi sbb:

** nama proses bukan "mengurutkan data"

tetapi diganti : " menggabung & memeras Unique Recordnya saja "

Satu hal yg telah dengan bagus disiapkan oleh pak Johar adalah: setiap tabel

diberi antara berupa blank-columns, sehingga memungkinkan CurrentRegion bekerja

dengan baik mendeteksi letak dan dimensi tiap tabel.

Proses pekerjaannya "kira-kira" sbb

(1.)

semua tabel (dlm contoh ada 7 tabel rujukan) di sheet1) disalin & digabung menjadi

1 (satu) Tabel-Baru di sheet-baru ( sheet-baru > diberi nama "HASIL_YYMMDD hhmm")

(2.)

Isi Tabel-Baru itu diurutkan (dengan metoda Sort) secara menaik (Ascending)

dengan kunci sorting kolom LVACC

(3.)

Tabel-Baru itu di proses dengan Advanced Filter untuk diperas UniqRecordsnya saja

Dengan cara seperti itu, InsyaAllah hasilnya MIRIP dengan salah satu tabel (dari 8 tabel

yg ada) di sheet2 / contoh yg diinginkan oleh pak Johar)

Ketidak-samaan antara CONTOH yg diajukan dan HASIL SOLUSI:

(+) Di tabel-contoh dari pak Johar ada 8 (delapan) tabel kembar

(-) Pada solusi yg diajukan hanya menghasilan 1 tabel

(jika ingin menjadi 100 tabel) kan tinggal mengcopy paste saja.. 'kan ya Oom? )

(+) Di tabel-contoh dari pak Johar: ada benda asing ikut masuk (7 account tsb di atas)

(-) Tabel-hasil-solusi: hanya murni ex proses data yg ada di tabel rujukan (sheet1)

tidak akan ada benda asing yg menyusup / disusupkan .

(misalnya harus di adakan; kriterianya apa yak ?! )

Pekerjaan untuk menghasilkan tabel solusi itu, dicodekan dlm sebuah prosoedur VBA

sehingga untuk mengerjakannya tinggal pencet TomBol saja...

semoga bermanfaat

-siti-

2011/5/19 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

(1)

Judul / Subjectnya : "HELP" : tidak menggambarkan inti masalah; dan tidak mengikuti

peraturan milis; sehingga kalau di lihat di msg list di milis posting ini ikut ke thread

th 2009 (yg subject nya = "HELP" juga)

(2)

Penjelasannya tidak ada, yang ada hanya langsung pertanyaan: bgmana cara mengurutkan

data.

(3)

Agar para calon penanggap punya bahan lebih banyak; kami akan bertanya dulu, mudah

mudahan setelah ada tambahan penjelasan; para calon penanggap bisa ikut bantu bantu..

Di sheet "Sebelum di.." terdapat 7 tabel yg jumlah record per tabelnya bervariasi, yaitu

129, 38, 34, 30, 32, 37,29 baris data (tiap tabel COA terdiri 2 kolom)

Di sheet "Setelah di.." (=contoh/gambaran hasil yg diinginkan) ada 8 tabel, dengan

jumlah records per tabel = seragam = 154 baris data.

Siti belum sempat mencermati semua data) tetapi sepertinya 8 tabel itu kembar

(apakah benar seperti itu?)

Jadi dapat disimpulkan bahwa pekerjaan MENGUBAH data di "sheet SEBELUM" menjadi

data seperti di "sheet SESUDAH" tentulah bukan hanya sekedar MENGURUTKAN seperti

yg dikatakan pak Johar; sebab menurut pengertian umum proses mengurutkan data adalah

HANYA menyusun kembali urutan data, tanpa mengubah ISI maupun JUMLAH data semula.

Berarti ada proses lain yg bagi kita masih gelap, masih "tersembunyi"kan oleh pak Johar,

atau kata sopannya: belum sempat dijelaskan oleh pak Johar..

Pertanyaan / permintaan tambahan penjelasan:

*

dari 7 (tujuh) tabel menjadi 8 (delapan) tabel itu bgmana proses yg bp kerjakan ketika

bapak mengerjakannya secara manual

*

dari 129 atau atau 38 atau34 baris data menjadi 154 baris data itu, tambahannya

didapat dari mana?

Demikian pak permohonan tambahan penjelasan kami. Penjelasan tambahan dari Bapak pasti

akan sangat mempermudah para calon penanggap untuk bisa membantu membuatkan /

mengusulkan cara penyelesaiannya.

-ctv-

2011/5/19 Johari Rais <zooe_13@yahoo.com>

Rekan2 belajar-excel yang terhormat

Mohon bantuannya,karna saya msh dalam tahap belajar excel

Pertanyaan nya, bagaimana kah cara mengurutkan data dalam excel (data terlampir)

karena selama ini saya mengerjakan nya masih dengan cara manual (copy,insert,paste)

supaya data/no tersebut dapat terurut dengan benar

apakah terdapat cara/formula dalam mengurutkan data tersebut dengan cepat ???

atas bantuannya di ucapkan terima kasih

salam,

----------------------------------------------------------
<i>DISCLAIMER: <br>The information enclosed in this email (and any attachments) may be legally <br>privileged and/or confidential and is intended only for the use of the addressee(s). <br>No addressee should forward, print, copy, or otherwise reproduce this message in any <br>manner that would allow it to be viewed by any individual not originally listed <br>as a recipient. If the reader of this message is not the intended recipient, you are hereby <br>notified that any unauthorized disclosure, dissemination, distribution, copying <br>or the taking of any action in reliance on the information herein is strictly prohibited. <br>If you have received this communication in error, please immediately notify the sender <br>and delete this message. Unless it is made by the authorized person, any views expressed <br>in this message are those of the individual sender and may not necessarily reflect <br>the views of PT Bank Bukopin Tbk.
----------------------------------------------------------
7b.

FW: [belajar-excel] Cara Mengurutkan Data

Posted by: "Johari Rais" johari@bukopin.co.id   zooe_13

Thu May 19, 2011 8:40 pm (PDT)



Menindak lanjuti email saya yang sebelum nya (di bawah ini) berikut saya lampirkan kembali data yang ingin di urutkan dengan di tambah tabel 'Saldo'

Proses kerja nya sama seperti yang telah saya jabarkan, dan untuk lvacc baru di tabel berikut nya maka saldo yang di isi adalah 0

Apakah bisa di kerjakan hanya menggunakan Formula atau harus menggunakan Makro ???

Atas bantuanya saya ucapkan terima kasih

salam

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Johari Rais
Sent: Friday, May 20, 2011 9:38 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Cara Mengurutkan Data

Terima kasih atas penjelasan dan cara mengurutkan record nya dan mohon maaf apabila terdapat hal2 yang kurang jelas dalam pertanyaan saya

Untuk data yang saya berikan setelah saya cek ternyata terdapat kekeliruan data (sebelum diurutkan terdapat 7 record setelah di urutkan terdapat 8 record) dan setelah saya cek

Tenyata ini murni kesalahan saya sehingga menimbulkan pertanyaan. (berikut saya lampirkan data yang benar)

Selama ini dalam pengerjaan nya saya lakukan secara manual dengan cara (Copy,Insert,Paste), yang saya kerjakan lebih dulu adalah record 1 dan 2 kemudian data yang tidak terdapat di

Masing2 record tersebut saya gunakan insert tabel kemudian saya copy paste dan seterus nya sampai record terakhir dengan hasil akhir semua record telah terisi.

Tabel 1 Tabel 2

lvacc

tbfnam

lvacc

tbfnam

101010

KAS UTAMA

101010

KAS UTAMA

101011

KAS UTAMA VLS

101011

KAS UTAMA VLS

101030

KAS ATM

114010

KMK-KOMERSIL

101040

KAS PADA PIHAK LAIN

114020

KMK-UKKM

Seperti contoh berikut :

Di Tabel 1 ada lvacc 101030 dan di tabel 2 tidak ada, maka saya gunakan insert di tabel 2 kemudian saya copy 101030 dan di paste di tabel 2

begitu seterusnya sampai semua tabel mempunyai lvacc dan tbfnam yang sama.

Mudah2an penjelasan saya ini bisa memberikan gambaran yang selama ini saya kerjakan,

Atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih,

salam

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of STDEV(i)
Sent: Friday, May 20, 2011 6:26 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help

setelah ada sedikit kesempatan memelototi data di kedua sheets, ternyata bahwa :

di sheet2 (keadaan setelah di"URUTKAN" oleh pak Johar entah dengan cara apa);

selain ke-delapan TABELs itu persis sama, ada record yg tidak ada di Tabel-Asli-nya

tetapi (bagaikan benda asing dari alam ghoib) tiba-tiba muncul di TABEL Hasil "Pengurutan";

yaitu: berupa 7 rekening LVACC/TBNAM

Daftar benda asing yg menyusup ke tabel hasi "pengurutan"

LVACC

TBNAM

114070

KMK-KREDIT MIKRO

114080

KMK-KREDIT MIKRO TSL

115070

KI-KREDIT MIKRO

115080

KI - KREDIT MIKRO TSL

141470

RPAK HUB VI-BEKASI

141471

RPAK HUB VI - BEKASI VLS

146060

PAD-BNG KRD MIKRO

Agar tidak mendapat cap: "hanya omong saja" maka siti mengusulkan solusi sbb:

** nama proses bukan "mengurutkan data"

tetapi diganti : " menggabung & memeras Unique Recordnya saja "

Satu hal yg telah dengan bagus disiapkan oleh pak Johar adalah: setiap tabel

diberi antara berupa blank-columns, sehingga memungkinkan CurrentRegion bekerja

dengan baik mendeteksi letak dan dimensi tiap tabel.

Proses pekerjaannya "kira-kira" sbb

(1.)

semua tabel (dlm contoh ada 7 tabel rujukan) di sheet1) disalin & digabung menjadi

1 (satu) Tabel-Baru di sheet-baru ( sheet-baru > diberi nama "HASIL_YYMMDD hhmm")

(2.)

Isi Tabel-Baru itu diurutkan (dengan metoda Sort) secara menaik (Ascending)

dengan kunci sorting kolom LVACC

(3.)

Tabel-Baru itu di proses dengan Advanced Filter untuk diperas UniqRecordsnya saja

Dengan cara seperti itu, InsyaAllah hasilnya MIRIP dengan salah satu tabel (dari 8 tabel

yg ada) di sheet2 / contoh yg diinginkan oleh pak Johar)

Ketidak-samaan antara CONTOH yg diajukan dan HASIL SOLUSI:

(+) Di tabel-contoh dari pak Johar ada 8 (delapan) tabel kembar

(-) Pada solusi yg diajukan hanya menghasilan 1 tabel

(jika ingin menjadi 100 tabel) kan tinggal mengcopy paste saja.. 'kan ya Oom? )

(+) Di tabel-contoh dari pak Johar: ada benda asing ikut masuk (7 account tsb di atas)

(-) Tabel-hasil-solusi: hanya murni ex proses data yg ada di tabel rujukan (sheet1)

tidak akan ada benda asing yg menyusup / disusupkan .

(misalnya harus di adakan; kriterianya apa yak ?! )

Pekerjaan untuk menghasilkan tabel solusi itu, dicodekan dlm sebuah prosoedur VBA

sehingga untuk mengerjakannya tinggal pencet TomBol saja...

semoga bermanfaat

-siti-

2011/5/19 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

(1)

Judul / Subjectnya : "HELP" : tidak menggambarkan inti masalah; dan tidak mengikuti

peraturan milis; sehingga kalau di lihat di msg list di milis posting ini ikut ke thread

th 2009 (yg subject nya = "HELP" juga)

(2)

Penjelasannya tidak ada, yang ada hanya langsung pertanyaan: bgmana cara mengurutkan

data.

(3)

Agar para calon penanggap punya bahan lebih banyak; kami akan bertanya dulu, mudah

mudahan setelah ada tambahan penjelasan; para calon penanggap bisa ikut bantu bantu..

Di sheet "Sebelum di.." terdapat 7 tabel yg jumlah record per tabelnya bervariasi, yaitu

129, 38, 34, 30, 32, 37,29 baris data (tiap tabel COA terdiri 2 kolom)

Di sheet "Setelah di.." (=contoh/gambaran hasil yg diinginkan) ada 8 tabel, dengan

jumlah records per tabel = seragam = 154 baris data.

Siti belum sempat mencermati semua data) tetapi sepertinya 8 tabel itu kembar

(apakah benar seperti itu?)

Jadi dapat disimpulkan bahwa pekerjaan MENGUBAH data di "sheet SEBELUM" menjadi

data seperti di "sheet SESUDAH" tentulah bukan hanya sekedar MENGURUTKAN seperti

yg dikatakan pak Johar; sebab menurut pengertian umum proses mengurutkan data adalah

HANYA menyusun kembali urutan data, tanpa mengubah ISI maupun JUMLAH data semula.

Berarti ada proses lain yg bagi kita masih gelap, masih "tersembunyi"kan oleh pak Johar,

atau kata sopannya: belum sempat dijelaskan oleh pak Johar..

Pertanyaan / permintaan tambahan penjelasan:

*

dari 7 (tujuh) tabel menjadi 8 (delapan) tabel itu bgmana proses yg bp kerjakan ketika

bapak mengerjakannya secara manual

*

dari 129 atau atau 38 atau34 baris data menjadi 154 baris data itu, tambahannya

didapat dari mana?

Demikian pak permohonan tambahan penjelasan kami. Penjelasan tambahan dari Bapak pasti

akan sangat mempermudah para calon penanggap untuk bisa membantu membuatkan /

mengusulkan cara penyelesaiannya.

-ctv-

2011/5/19 Johari Rais <zooe_13@yahoo.com>

Rekan2 belajar-excel yang terhormat

Mohon bantuannya,karna saya msh dalam tahap belajar excel

Pertanyaan nya, bagaimana kah cara mengurutkan data dalam excel (data terlampir)

karena selama ini saya mengerjakan nya masih dengan cara manual (copy,insert,paste)

supaya data/no tersebut dapat terurut dengan benar

apakah terdapat cara/formula dalam mengurutkan data tersebut dengan cepat ???

atas bantuannya di ucapkan terima kasih

salam,

----------------------------------------------------------
DISCLAIMER:
The information enclosed in this email (and any attachments) may be legally
privileged and/or confidential and is intended only for the use of the addressee(s).
No addressee should forward, print, copy, or otherwise reproduce this message in any
manner that would allow it to be viewed by any individual not originally listed
as a recipient. If the reader of this message is not the intended recipient, you are hereby
notified that any unauthorized disclosure, dissemination, distribution, copying
or the taking of any action in reliance on the information herein is strictly prohibited.
If you have received this communication in error, please immediately notify the sender
and delete this message. Unless it is made by the authorized person, any views expressed
in this message are those of the individual sender and may not necessarily reflect
the views of PT Bank Bukopin Tbk.
----------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------
<i>DISCLAIMER: <br>The information enclosed in this email (and any attachments) may be legally <br>privileged and/or confidential and is intended only for the use of the addressee(s). <br>No addressee should forward, print, copy, or otherwise reproduce this message in any <br>manner that would allow it to be viewed by any individual not originally listed <br>as a recipient. If the reader of this message is not the intended recipient, you are hereby <br>notified that any unauthorized disclosure, dissemination, distribution, copying <br>or the taking of any action in reliance on the information herein is strictly prohibited. <br>If you have received this communication in error, please immediately notify the sender <br>and delete this message. Unless it is made by the authorized person, any views expressed <br>in this message are those of the individual sender and may not necessarily reflect <br>the views of PT Bank Bukopin Tbk.
----------------------------------------------------------
7c.

Re: FW: [belajar-excel] Cara Mengurutkan Data

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Thu May 19, 2011 9:26 pm (PDT)



Sepertinya daftar lvacc di sheet setelah diurutkan itu sudah fix ada
tabelnya sendiri, jadi pasti isinya tetap. Data di sheet sebelum diurutkan
adalah data transactional yang akan disummary jadi satu tabel besar.

Formula di sheet setelah diurutkan kolom D baris 4 (D4)
=SUMIF('Sebelum di Urutkan'!B$3:B$143,B3,'Sebelum di Urutkan'!D$3:D$143)

Copy ke kabawah dan kolom saldo lainnya.

Jika tidak demikian, maka perlu ada penjelasan tentang munculnya lvacc yang
tidak ada di sheet sebelum diurutkan.
Coba terapkan formula ini pada kolom A sheet setelah diurutkan, lalu filter
berdasar nilai di kolom A ini yang nilainya 0.
=COUNTIF('Sebelum di Urutkan'!$B$3:$AD$143,B3)

atau lihat file terlampir.

Setelah ada penjelasan tentang lvacc yang ma' jegagig muncul tersebut, maka
bisa disusun formulanya lebih baik lagi.
Untuk berdasar lvacc yang ada di data sheet sebelum diurutkan, dengan lvacc
yang ber-type numerik, maka penyusunan urutannya bisa dengan array formula
berikut ini : (letakkan disebuah sheet baru pada cell A3)
=SMALL(IF(('Sebelum di Urutkan'!$B$2:$AD$2='Sebelum di
Urutkan'!$B$2)*LEN('Sebelum di Urutkan'!$B$3:$AD$140),IF(--'Sebelum di
Urutkan'!$B$3:$AD$140>N(A2),--'Sebelum di Urutkan'!$B$3:$AD$140)),1)

Karena array formula, selesai menulis formula jangan di-enter, tetapi tekan
Ctrl Shift Enter

Copy ke bawah sampai ketemu error value.

Itu baru lvacc-nya. Formula keterangan lvacc ? hehehehe belum buat...

Kid.

2011/5/20 Johari Rais <johari@bukopin.co.id>

>
>
> Menindak lanjuti email saya yang sebelum nya (di bawah ini) berikut saya
> lampirkan kembali data yang ingin di urutkan dengan di tambah tabel �Saldo�
>
>
>
> Proses kerja nya sama seperti yang telah saya jabarkan, dan untuk lvacc
> baru di tabel berikut nya maka saldo yang di isi adalah 0
>
>
>
> Apakah bisa di kerjakan hanya menggunakan Formula atau harus menggunakan
> Makro ???
>
>
>
> Atas bantuanya saya ucapkan terima kasih
>
>
>
> salam
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Johari Rais
> *Sent:* Friday, May 20, 2011 9:38 AM
>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* RE: [belajar-excel] Cara Mengurutkan Data
>
>
>
>
>
> Terima kasih atas penjelasan dan cara mengurutkan record nya dan mohon
> maaf apabila terdapat hal2 yang kurang jelas dalam pertanyaan saya
>
>
>
> Untuk data yang saya berikan setelah saya cek ternyata terdapat kekeliruan
> data (sebelum diurutkan terdapat 7 record setelah di urutkan terdapat 8
> record) dan setelah saya cek
>
>
>
> Tenyata ini murni kesalahan saya sehingga menimbulkan pertanyaan. (berikut
> saya lampirkan data yang benar)
>
>
>
> Selama ini dalam pengerjaan nya saya lakukan secara manual dengan cara
> (Copy,Insert,Paste), yang saya kerjakan lebih dulu adalah record 1 dan 2
> kemudian data yang tidak terdapat di
>
>
>
> Masing2 record tersebut saya gunakan insert tabel kemudian saya copy paste
> dan seterus nya sampai record terakhir dengan hasil akhir semua record telah
> terisi.
>
> Tabel
> 1
> Tabel 2
>
> lvacc
>
> tbfnam
>
> lvacc
>
> tbfnam
>
> 101010
>
> KAS UTAMA
>
> 101010
>
> KAS UTAMA
>
> 101011
>
> KAS UTAMA VLS
>
> 101011
>
> KAS UTAMA VLS
>
> 101030
>
> KAS ATM
>
> 114010
>
> KMK-KOMERSIL
>
> 101040
>
> KAS PADA PIHAK LAIN
>
> 114020
>
> KMK-UKKM
>
>
>
> Seperti contoh berikut :
>
>
>
> Di Tabel 1 ada lvacc 101030 dan di tabel 2 tidak ada, maka saya gunakan
> insert di tabel 2 kemudian saya copy 101030 dan di paste di tabel 2
>
> begitu seterusnya sampai semua tabel mempunyai lvacc dan tbfnam yang sama.
>
>
>
> Mudah2an penjelasan saya ini bisa memberikan gambaran yang selama ini saya
> kerjakan,
>
>
>
> Atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih,
>
> salam
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *STDEV(i)
> *Sent:* Friday, May 20, 2011 6:26 AM
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Help
>
>
>
>
>
> setelah ada sedikit kesempatan memelototi data di kedua sheets, ternyata
> bahwa :
>
> di sheet2 (keadaan setelah di"URUTKAN" oleh pak Johar entah dengan cara
> apa);
>
> selain ke-delapan TABELs itu persis sama, ada *record yg tidak ada di
> Tabel-Asli-nya*
>
> *tetapi *(bagaikan benda asing dari alam ghoib)* **tiba-tiba** muncul di
> TABEL Hasil "Pengurutan"*;
>
> yaitu: berupa 7 rekening LVACC/TBNAM
>
>
>
> Daftar benda asing yg menyusup ke tabel hasi "pengurutan"
>
> *LVACC*
>
> *TBNAM*
>
> 114070
>
> KMK-KREDIT MIKRO
>
> 114080
>
> KMK-KREDIT MIKRO TSL
>
> 115070
>
> KI-KREDIT MIKRO
>
> 115080
>
> KI - KREDIT MIKRO TSL
>
> 141470
>
> RPAK HUB VI-BEKASI
>
> 141471
>
> RPAK HUB VI - BEKASI VLS
>
> 146060
>
> PAD-BNG KRD MIKRO
>
>
>
>
> Agar tidak mendapat cap: "hanya omong saja" maka siti mengusulkan solusi
> sbb:
>
> ** nama proses bukan *"mengurutkan data"*
>
> tetapi diganti : *" menggabung & memeras Unique Recordnya saja "*
>
>
>
> Satu hal yg telah dengan bagus disiapkan oleh pak Johar adalah: setiap
> tabel
>
> diberi antara berupa blank-columns, sehingga memungkinkan *CurrentRegion*bekerja
>
> dengan baik mendeteksi letak dan dimensi tiap tabel.
>
>
>
> *Proses pekerjaannya "kira-kira" sbb*
>
>
>
> *(1.) *
>
> semua tabel (dlm contoh ada 7 tabel rujukan) di sheet1) disalin &
> digabung menjadi
>
> 1 (satu) *Tabel-Baru* di sheet-baru ( sheet-baru > diberi nama
> "HASIL_YYMMDD hhmm")
>
>
>
> *(2.)*
>
> Isi Tabel-Baru itu *diurutkan* (dengan metoda Sort) secara menaik
> (Ascending)
>
> dengan kunci sorting kolom LVACC
>
>
>
> *(3.)*
>
> Tabel-Baru itu di proses dengan *Advanced Filter* untuk diperas
> UniqRecordsnya saja
>
>
>
>
>
> Dengan cara seperti itu, InsyaAllah hasilnya *MIRIP dengan salah satu
> tabel* (dari 8 tabel
>
> yg ada) di sheet2 / contoh yg diinginkan oleh pak Johar)
>
>
>
>
>
> *Ketidak-samaan antara CONTOH yg diajukan dan HASIL SOLUSI:*
>
>
>
> *(+)* Di tabel-contoh dari pak Johar ada 8 (delapan) tabel kembar
>
> *(-)* Pada solusi yg diajukan hanya menghasilan 1 tabel
>
> (jika ingin menjadi 100 tabel) kan tinggal mengcopy paste saja.. 'kan ya
> Oom? )
>
>
>
> *(+)* Di tabel-contoh dari pak Johar: ada benda asing ikut masuk (7
> account tsb di atas)
>
> *(-)* Tabel-hasil-solusi: hanya murni ex proses data yg ada di tabel
> rujukan (sheet1)
>
> tidak akan ada benda asing yg menyusup / disusupkan .
>
> (misalnya harus di adakan; kriterianya apa yak ?! )
>
>
>
> Pekerjaan untuk menghasilkan tabel solusi itu, dicodekan dlm sebuah
> prosoedur VBA
>
> sehingga untuk mengerjakannya tinggal pencet TomBol saja...
>
>
>
> semoga bermanfaat
>
>
>
> -siti-
>
>
>
>
>
>
>
> 2011/5/19 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>
> (1)
>
> Judul / Subjectnya : "HELP" : tidak menggambarkan inti masalah; dan tidak
> mengikuti
>
> peraturan milis; sehingga kalau di lihat di msg list di milis posting ini
> ikut ke thread
>
> th 2009 (yg subject nya = "HELP" juga)
>
>
>
> (2)
>
> Penjelasannya tidak ada, yang ada hanya langsung pertanyaan: *bgmana cara
> mengurutkan*
>
> *data.*
>
>
>
> (3)
>
> Agar para calon penanggap punya bahan lebih banyak; kami akan bertanya
> dulu, mudah
>
> mudahan setelah ada tambahan penjelasan; para calon penanggap bisa ikut
> bantu bantu..
>
>
>
> Di sheet *"Sebelum di.."* terdapat 7 tabel yg jumlah record per tabelnya
> bervariasi, yaitu
>
> 129, 38, 34, 30, 32, 37,29 baris data (tiap tabel COA terdiri 2 kolom)
>
>
>
> Di sheet *"Setelah di.."* (=contoh/gambaran hasil yg diinginkan) ada 8
> tabel, dengan
>
> jumlah records per tabel = seragam = 154 baris data.
>
> Siti belum sempat mencermati semua data) tetapi sepertinya 8 tabel itu
> kembar
>
> (apakah benar seperti itu?)
>
>
>
> Jadi dapat disimpulkan bahwa pekerjaan MENGUBAH data di "sheet SEBELUM"
> menjadi
>
> data seperti di "sheet SESUDAH" tentulah *bukan hanya sekedar MENGURUTKAN
> *seperti
>
> yg dikatakan pak Johar; sebab menurut pengertian umum *proses mengurutkan
> data* adalah
>
> HANYA menyusun kembali* urutan data*, *tanpa mengubah ISI maupun JUMLAH
> data *semula.
>
>
>
> Berarti ada proses lain yg bagi kita masih gelap, masih "tersembunyi"kan
> oleh pak Johar,
>
> atau kata sopannya: belum sempat dijelaskan oleh pak Johar..
>
>
>
>
>
> *Pertanyaan / permintaan tambahan penjelasan:*
>
> *
>
> dari 7 (tujuh) tabel menjadi 8 (delapan) tabel itu bgmana proses yg bp
> kerjakan ketika
>
> bapak mengerjakannya secara manual
>
> *
>
> dari 129 atau atau 38 atau34 baris data menjadi 154 baris data itu,
> tambahannya
>
> didapat dari mana?
>
>
>
> Demikian pak permohonan tambahan penjelasan kami. Penjelasan tambahan dari
> Bapak pasti
>
> akan sangat mempermudah para calon penanggap untuk bisa membantu membuatkan
> /
>
> mengusulkan cara penyelesaiannya.
>
>
>
> -ctv-
>
>
>
>
>
>
>
> 2011/5/19 Johari Rais <zooe_13@yahoo.com>
>
> Rekan2 belajar-excel yang terhormat
>
> Mohon bantuannya,karna saya msh dalam tahap belajar excel
>
> Pertanyaan nya,* bagaimana kah cara mengurutkan data dalam excel *(data
> terlampir)
>
> karena selama ini saya mengerjakan nya masih dengan cara manual
> (copy,insert,paste)
>
> *supaya data/no tersebut dapat terurut dengan benar*
>
> apakah terdapat cara/formula dalam mengurutkan data tersebut dengan cepat
> ???
>
> atas bantuannya di ucapkan terima kasih
>
> salam,
>
>
>
>
>
> ----------------------------------------------------------
>
> *DISCLAIMER:
> The information enclosed in this email (and any attachments) may be legally
>
> privileged and/or confidential and is intended only for the use of the addressee(s).
> No addressee should forward, print, copy, or otherwise reproduce this message in any
> manner that would allow it to be viewed by any individual not originally listed
>
> as a recipient. If the reader of this message is not the intended recipient, you are hereby
> notified that any unauthorized disclosure, dissemination, distribution, copying
> or the taking of any action in reliance on the information herein is strictly prohibited.
>
> If you have received this communication in error, please immediately notify the sender
> and delete this message. Unless it is made by the authorized person, any views expressed
> in this message are those of the individual sender and may not necessarily reflect
>
> the views of PT Bank Bukopin Tbk.*
>
> *----------------------------------------------------------*
>
> ----------------------------------------------------------*DISCLAIMER:
> The information enclosed in this email (and any attachments) may be legally
> privileged and/or confidential and is intended only for the use of the addressee(s).
> No addressee should forward, print, copy, or otherwise reproduce this message in any
>
> manner that would allow it to be viewed by any individual not originally listed
> as a recipient. If the reader of this message is not the intended recipient, you are hereby
> notified that any unauthorized disclosure, dissemination, distribution, copying
>
> or the taking of any action in reliance on the information herein is strictly prohibited.
> If you have received this communication in error, please immediately notify the sender
> and delete this message. Unless it is made by the authorized person, any views expressed
>
> in this message are those of the individual sender and may not necessarily reflect
> the views of PT Bank Bukopin Tbk.
> ----------------------------------------------------------*
>
>
>
8a.

Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Posted by: "anggapeeratomo20" pee_mou@yahoo.com   anggapeeratomo20

Fri May 20, 2011 12:00 am (PDT)



Dear Para master

Mohon bantuan dan pencerahannya untuk membuat tombol searching data pada kolom data yang jumlahnya ribuan, jadi tanpa perlu navigasi dari keyboard atau mouse pointer.
Misalkan ada ratusan data dengan huruf alphabet A-Z
jika saya mengetikkan huruf L, seketika saya langsung tertuju pada kolom data L

Thanks untuk jawabannya....

8b.

Re: Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri May 20, 2011 12:16 am (PDT)



setidaknya berikan contoh struktur datanya seperti apa; berupa sheet
dlm workbook; kirimkan sebagai lampiran/attachment.

kalau* tanpa contoh; * Be-Excellers yg mau bantu rada 'ogah' karena ......
( sudah sering dibahas...)

ditunggu ya...

tks,

2011/5/20 anggapeeratomo20 <pee_mou@yahoo.com>

>
>
> Dear Para master
>
> Mohon bantuan dan pencerahannya untuk membuat tombol searching data pada
> kolom data yang jumlahnya ribuan, jadi tanpa perlu navigasi dari keyboard
> atau mouse pointer.
> Misalkan ada ratusan data dengan huruf alphabet A-Z
> jika saya mengetikkan huruf L, seketika saya langsung tertuju pada kolom
> data L
>
> Thanks untuk jawabannya....
>
8c.

Re: Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Posted by: "Angga Pratomo" pee_mou@yahoo.com   anggapeeratomo20

Fri May 20, 2011 12:43 am (PDT)



================================
mod note:
katakan sesuatu
================================

________________________________
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 20, 2011 2:16 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

 
setidaknya berikan contoh struktur datanya seperti apa; berupa sheet 
dlm workbook; kirimkan sebagai lampiran/attachment.

kalautanpa contoh;  Be-Excellers yg mau bantu rada 'ogah' karena ......
( sudah sering dibahas...)

ditunggu ya...

tks,

2011/5/20 anggapeeratomo20 <pee_mou@yahoo.com>

 
>Dear Para master
>
>Mohon bantuan dan pencerahannya untuk membuat tombol searching data pada kolom data yang jumlahnya ribuan, jadi tanpa perlu navigasi dari keyboard atau mouse pointer.
>Misalkan ada ratusan data dengan huruf alphabet A-Z
>jika saya mengetikkan huruf L, seketika saya langsung tertuju pada kolom data L
>
>Thanks untuk jawabannya....
8d.

Re: Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Posted by: "Angga Pratomo" pee_mou@yahoo.com   anggapeeratomo20

Fri May 20, 2011 12:48 am (PDT)



disitu khan ada data nama2....jadi yang saya inginkan, tanpa saya menggunakan scrol mouse untuk mendapatkan nama secara langsung misal langsung saya ketikkan huruf M, langsung mensortir nama2 yg berhuruf awalan M...
Begitu master,,,,thanks 4 attention

________________________________
From: Angga Pratomo <pee_mou@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, May 20, 2011 2:32 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

 
================================
mod note:
katakan sesuatu
================================

________________________________
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 20, 2011 2:16 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

 
setidaknya berikan contoh struktur datanya seperti apa; berupa sheet 
dlm workbook; kirimkan sebagai lampiran/attachment.

kalautanpa contoh;  Be-Excellers yg mau bantu rada 'ogah' karena ......
( sudah sering dibahas...)

ditunggu ya...

tks,

2011/5/20 anggapeeratomo20 <pee_mou@yahoo.com>

 
>Dear Para master
>
>Mohon bantuan dan pencerahannya untuk membuat tombol searching data pada kolom data yang jumlahnya ribuan, jadi tanpa perlu navigasi dari keyboard atau mouse pointer.
>Misalkan ada ratusan data dengan huruf alphabet A-Z
>jika saya mengetikkan huruf L, seketika saya langsung tertuju pada kolom data L
>
>Thanks untuk jawabannya....

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar