Rabu, 25 Mei 2011

[belajar-excel] Digest Number 1170

Messages In This Digest (19 Messages)

Messages

1a.

File Excel Bukanya lama Poolllll....

Posted by: "ratu elissa" masihgadisnih@gmail.com

Tue May 24, 2011 1:59 am (PDT)



Dear Pakar

Saya mo tanya, kenapa ya file excel saya kalo di buka lama sekali
ngeload-nya (6.7 MB) padahal di file excel yang lain yang lebih besar
buka-nya cepet, Kenapa ya, Mengapa bisa sedemikan rupanya, ada apakah?
Terus Apa bisa file yang excel yang besar (ber Mega2byte) bisa
di kecilkan dalam format excel yang sama (mis. ttp pake excel 2003)?

Please Helep

Salam RE.
1b.

Re: File Excel Bukanya lama Poolllll....

Posted by: "Ahmad Ghozali, SH" a_ghozalish@yahoo.com   a_ghozalish

Tue May 24, 2011 2:08 am (PDT)



Saya tidak pakar tapi boleh kan ikut sharing, hehehe
pengalaman saya, memang dalam loading file xls (versi 2003) umumnya
lebih cepat dibandingkan xlsx (excel 2007), sepertinya itu bawaan excel
2007 yang suka lemot, hehehhe

salam
ghozali

On 5/24/2011 3:59 PM, ratu elissa wrote:
> Dear Pakar
> Saya mo tanya, kenapa ya file excel saya kalo di buka lama
> sekali ngeload-nya (6.7 MB) padahali file excel yang lain yang lebih
> besar buka-nya cepet, Kenapa ya, Mengapa bisa sedemikan rupanya, ada
> apakah?
> Terus Apa bisa file yang excel yang besar (ber Mega2byte)
> bisa di kecilkan dalam format excel yang sama (mis. ttp pake excel 2003)?
>
> Please Helep
>
>
>
> Salam RE.
>

1c.

Re: File Excel Bukanya lama Poolllll....

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Tue May 24, 2011 2:25 am (PDT)



Dear PAK Ratu,

Excel is without doubt a very powerful spreadsheet application and arguably
the best in the world. However, many people often *design their spreadsheets
with no foresight at all.* This means most spreadsheets have poor
foundations and have limited life spans.
Perhaps the number one rule when designing a spreadsheet is, we should start
with the end in mind and never assume you will not need to add more data or
formulae to your spreadsheet, because, the chances are that you will. A good
spreadsheet should have about 80% planning and 20% implementation.
While this can seem extremely inefficient in the short run, I can assure you
that the long term gain will far outweigh the short-term pain.
Remember that spreadsheets are about giving correct information to the user,
not possible erroneous information that looks good. Let's look at how a
spreadsheet should be set up efficiently.
Selanjutnya bisa diteruskan baca di :
http://www.ozgrid.com/Excel/ExcelSpreadsheetDesign.htm

2011/5/24 ratu elissa <masihgadisnih@gmail.com>

>
> Saya mo tanya, kenapa ya file excel saya kalo di buka lama sekali
> ngeload-nya (6.7 MB) padahal di file excel yang lain yang lebih besar
> buka-nya cepet, Kenapa ya, Mengapa bisa sedemikan rupanya, ada apakah?
> Terus Apa bisa file yang excel yang besar (ber Mega2byte) bisa di kecilkan
> dalam format excel yang sama (mis. ttp pake excel 2003)?
>
> Please Helep
> Salam RE.
>
>
>
1d.

Re: File Excel Bukanya lama Poolllll....

Posted by: "Gilang Sedar" mail@gilangsedar.com   gilang_parastar

Tue May 24, 2011 2:49 am (PDT)



Saya juga bukan pakar, mau ikutan jawab.

Kalau saya sih, biasanya save as ke format xlsb. Biasanya untuk file dengan jumlah sheet yang buanyak gitu. Barangkali filenya mbak Elissa segede gaban itu gara2 nampung banyak sheet.


----------------------------------------------------------
Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
----------------------------------------------------------
Sent from Blackberry® Pinjeman™

-----Original Message-----
From: "Ahmad Ghozali, SH" <a_ghozalish@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 24 May 2011 16:10:17
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] File Excel Bukanya lama Poolllll....

Saya tidak pakar tapi boleh kan ikut sharing, hehehe
pengalaman saya, memang dalam loading file xls (versi 2003) umumnya
lebih cepat dibandingkan xlsx (excel 2007), sepertinya itu bawaan excel
2007 yang suka lemot, hehehhe

salam
ghozali

On 5/24/2011 3:59 PM, ratu elissa wrote:
> Dear Pakar
> Saya mo tanya, kenapa ya file excel saya kalo di buka lama
> sekali ngeload-nya (6.7 MB) padahali file excel yang lain yang lebih
> besar buka-nya cepet, Kenapa ya, Mengapa bisa sedemikan rupanya, ada
> apakah?
> Terus Apa bisa file yang excel yang besar (ber Mega2byte)
> bisa di kecilkan dalam format excel yang sama (mis. ttp pake excel 2003)?
>
> Please Helep
>
>
>
> Salam RE.
>


2a.

Re: copy multisheet

Posted by: "Andrie -" sioean2@yahoo.com   sioean2

Tue May 24, 2011 2:49 am (PDT)



mbak, kalau cuman pindahkan kolom A saja bisa bu..
kolom yang lain tdk perlu.. thx

--- On Tue, 5/24/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> wrote:

From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-excel] copy multisheet
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tuesday, May 24, 2011, 6:02 AM

 

Sub MengumpulkanDanMengextrakUniq()   ' siti Vi // 24 Mei 20101   '------------------    Dim W As Worksheet

   Dim dRng As Range, cel As Range, Hasil As Range   Dim Ar(), n As Long, Tx As String   Dim i As Integer, a As Integer, b As Integer, t As Variant   Set Hasil = Sheets("HASIL").Range("A2")

      Application.Calculation = xlCalculationManual   Application.ScreenUpdating = False      Hasil.Parent.Activate   Hasil.CurrentRegion.ClearContents

   Tx = "|"      For Each W In Worksheets      If Not LCase(W.Name) = "home" Then         If Not LCase(W.Name) = "hasil" Then            Set dRng = W.UsedRange

            For Each cel In dRng               If Not cel = vbNullString Then                  If InStr(1, Tx, "|" & cel & "|") = 0 Then                     Tx = Tx & cel & "|"

                     n = n + 1                     ReDim Preserve Ar(1 To n)                     Ar(n) = CStr(cel.Text)                  End If               End If

            Next cel         End If      End If   Next W         n = UBound(Ar)   For i = 1 To n - 1      For b = n To (i + 1) Step -1

         a = (b - 1)         If Ar(a) > Ar(b) Then t = Ar(b): Ar(b) = Ar(a): Ar(a) = t      Next b   Next i
   For i = 1 To UBound(Ar)      Hasil(i, 1) = Ar(i)

   Next i      Application.Calculation = xlCalculationAutomatic   Application.ScreenUpdating = True
End Sub

2011/5/24 Andrie - <sioean2@yahoo.com>

 

Mohon bantuannya bagaimana caranya buat macro copy data multisheet.
File terlampir.
Terima kasih

__._,_

2b.

Re: copy multisheet

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Tue May 24, 2011 2:59 am (PDT)



*menurut pendapatku*
apa yg tertulis (oleh makro) dikolom A itu adalah
hasil extract data dari semua sheets
diambil uniqnya saja, diurutkan baru ditulis

untuk membuktikan hasil kerjanya
kamu harus mengganti data data di sheet lain (kalau perlu ditambah sheet
yang banyak)
menjadi data yg lebih banyak dan lebih seru; jangan terlalu sederhana
seperti contoh

menurut pendapatmu gimana
(katakan pendapatmu SETELAH baca script makronya)
jika perlu fiel workbooknya dapa t diunduh sendiri
di http://www.box.net/shared/unr9kzucch

On Tue, May 24, 2011 at 4:48 PM, Andrie - <sioean2@yahoo.com> wrote:

>
>
> *mbak, kalau cuman pindahkan kolom A saja bisa bu..*
> kolom yang lain tdk perlu.. thx
>
> --- On *Tue, 5/24/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>* wrote:
>
>
> From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> Subject: Re: [belajar-excel] copy multisheet
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Tuesday, May 24, 2011, 6:02 AM
>
>
>
>
> Sub MengumpulkanDanMengextrakUniq()
> ' siti Vi // 24 Mei 20101
> '------------------
> Dim W As Worksheet
> Dim dRng As Range, cel As Range, Hasil As Range
> Dim Ar(), n As Long, Tx As String
> Dim i As Integer, a As Integer, b As Integer, t As Variant
> Set Hasil = Sheets("HASIL").Range("A2")
>
> Application.Calculation = xlCalculationManual
> Application.ScreenUpdating = False
>
> Hasil.Parent.Activate
> Hasil.CurrentRegion.ClearContents
> Tx = "|"
>
> For Each W In Worksheets
> If Not LCase(W.Name) = "home" Then
> If Not LCase(W.Name) = "hasil" Then
> Set dRng = W.UsedRange
> For Each cel In dRng
> If Not cel = vbNullString Then
> If InStr(1, Tx, "|" & cel & "|") = 0 Then
> Tx = Tx & cel & "|"
> n = n + 1
> ReDim Preserve Ar(1 To n)
> Ar(n) = CStr(cel.Text)
> End If
> End If
> Next cel
> End If
> End If
> Next W
>
> n = UBound(Ar)
> For i = 1 To n - 1
> For b = n To (i + 1) Step -1
> a = (b - 1)
> If Ar(a) > Ar(b) Then t = Ar(b): Ar(b) = Ar(a): Ar(a) = t
> Next b
> Next i
>
> For i = 1 To UBound(Ar)
> Hasil(i, 1) = Ar(i)
> Next i
>
> Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
> Application.ScreenUpdating = True
>
> End Sub
>
>
>
> 2011/5/24 Andrie - <sioean2@yahoo.com<http://mc/compose?to=sioean2@yahoo.com>
> >
>
>
>
> Mohon bantuannya bagaimana caranya buat macro copy data multisheet.
> File terlampir.
> Terima kasih
>
> __._,_
>
>
3a.

Syarat Formula Array..???

Posted by: "andy.ardian@tf-fpm.com" andy.ardian@tf-fpm.com   andy.ardian

Tue May 24, 2011 5:51 am (PDT)



Dear para master XL,
Saya agak sedikit binun atawa kurang jelas dengan syarat2 dan pemakaian formula array.
Yang ingin saya tanyakan adalah:
1. Apa yang menjadi syarat atau ciri khas bahwa suatu formula tsb dinyatakan sebagai form selain daripada kurung kerawangnya (dengan cara menekan CTRL-SHIFT-ENTER)...???
2. Dari mana kita mengetahui (dengan cara apa) bahwa output yang yang kita inginkan tersebut memang membutuhkan formula array..???

Mohon pencerahan daripada para master XLers dan alangkah baiknya disertai contoh kasus..

Terima kasih.

Salam,

A. Ardian

3b.

Re: Syarat Formula Array..???

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Tue May 24, 2011 4:16 pm (PDT)



Dear Andi Ardian...

coba buka excel
di cell B2 tuliskan formula =ROW(1:10)
dienter dengan cara biasa
lalu coba dienter dengan cara CSE
perhatikan hasil dua "pengENTER"an tsb

sekarang: Select B2:B11 >tekan F2 (aktifkan formula bar)
tekan ENTER

lagi
Select B2:B11 (di B2 masih ada formula =ROW(1:10) )
tekan F2 > tekan *Ctrl + Ente*r
lihat apa yg terjadi
lihat FORMULA di setiap cell pada *Range *10 cell sekolom tsb

ulangi lagi
Select B2:B11 (di B2 masih ada formula =ROW(1:10) )
tekan F2 >> tekan *Ctrl + SHIFT + ENTER*
lihat apa yg terjadi (value apa yg muncul di tiap cell)
periksa tiap cell = formula apa yg tertulis

hanya proses terakhir lah yg menghasilkan ARRAY FORMULA
proses sebelummya walaupun penampakan hasil sama, tetapi tiap cell
berisi formula biasa
Saya kira contoh kecl ini harusnya memberi "RASA" what is array formula

untuk lebih jelasnya bisa membaca penjelasan dari orang yg memang
ahlinya: lihat di sini:
http://www.cpearson.com/excel/ArrayFormulas.aspx

Atau *paling tidak* lihat contoh *di MILIS KITA SENDIRI* di Area Files
(saya yakin anda belum pernah masuk ke sini kan??)
Di sini ada pula penjelasan dan contohnya walaupun masih serba terbatas
sebisa kami.
(*versi perbaikannya* belum jadi, insyaallah akan segera diunggah )

[image: FILES Area.GIF]

atau *langsung* ke sini
http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/ctv_ArrayFormula%20Examples_%28bE_fles%29.zip

Sepertinya anda perlu Yahoo! ID
Jika anda (atau members lain) berminat, tetapi kesulitan dlm mengunduhnya,
anda bisa menghubungi moderator untuk minta kiriman file langsung ke email
address anda...

(Jangan lupa sambil bawa es blewah dlm gelas yg bening yg agak besar... ( he
hehe bercanda, gimana bawanya yaaa..))

2011/5/24 <andy.ardian@tf-fpm.com>

> Dear para master XL,
> Saya agak sedikit binun atawa kurang jelas dengan syarat2 dan pemakaian
> formula array.
> Yang ingin saya tanyakan adalah:
> 1. Apa yang menjadi syarat atau ciri khas bahwa suatu formula tsb
> dinyatakan sebagai form selain daripada kurung kerawangnya (dengan cara
> menekan CTRL-SHIFT-ENTER)...???
> 2. Dari mana kita mengetahui (dengan cara apa) bahwa output yang yang kita
> inginkan tersebut memang membutuhkan formula array..???
>
> Mohon pencerahan daripada para master XLers dan alangkah baiknya disertai
> contoh kasus..
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
>
> A. Ardian
>
>
3c.

Re: Syarat Formula Array..???

Posted by: "andy.ardian@tf-fpm.com" andy.ardian@tf-fpm.com   andy.ardian

Tue May 24, 2011 6:13 pm (PDT)



Mbak Siti,
Terima kasih atas pencerahan yang diberikan, sekarang saya mulai bisa paham apa dan bagaimana cara kerja si formula array.

Semoga bermanfaat juga bagi rekan2 exceller yang lainnya

Salam,

A. Ardian
-----Original Message-----
From: "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 25 May 2011 06:16:31
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Syarat Formula Array..???

Dear Andi Ardian...

coba buka excel
di cell B2 tuliskan formula =ROW(1:10)
dienter dengan cara biasa
lalu coba dienter dengan cara CSE
perhatikan hasil dua "pengENTER"an tsb

sekarang: Select B2:B11 >tekan F2 (aktifkan formula bar)
tekan ENTER

lagi
Select B2:B11 (di B2 masih ada formula =ROW(1:10) )
tekan F2 > tekan *Ctrl + Ente*r
lihat apa yg terjadi
lihat FORMULA di setiap cell pada *Range *10 cell sekolom tsb

ulangi lagi
Select B2:B11 (di B2 masih ada formula =ROW(1:10) )
tekan F2 >> tekan *Ctrl + SHIFT + ENTER*
lihat apa yg terjadi (value apa yg muncul di tiap cell)
periksa tiap cell = formula apa yg tertulis

hanya proses terakhir lah yg menghasilkan ARRAY FORMULA
proses sebelummya walaupun penampakan hasil sama, tetapi tiap cell
berisi formula biasa
Saya kira contoh kecl ini harusnya memberi "RASA" what is array formula

untuk lebih jelasnya bisa membaca penjelasan dari orang yg memang
ahlinya: lihat di sini:
http://www.cpearson.com/excel/ArrayFormulas.aspx

Atau *paling tidak* lihat contoh *di MILIS KITA SENDIRI* di Area Files
(saya yakin anda belum pernah masuk ke sini kan??)
Di sini ada pula penjelasan dan contohnya walaupun masih serba terbatas
sebisa kami.
(*versi perbaikannya* belum jadi, insyaallah akan segera diunggah )

[image: FILES Area.GIF]


atau *langsung* ke sini
http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/ctv_ArrayFormula%20Examples_%28bE_fles%29.zip

Sepertinya anda perlu Yahoo! ID
Jika anda (atau members lain) berminat, tetapi kesulitan dlm mengunduhnya,
anda bisa menghubungi moderator untuk minta kiriman file langsung ke email
address anda...

(Jangan lupa sambil bawa es blewah dlm gelas yg bening yg agak besar... ( he
hehe bercanda, gimana bawanya yaaa..))



2011/5/24 <andy.ardian@tf-fpm.com>

> Dear para master XL,
> Saya agak sedikit binun atawa kurang jelas dengan syarat2 dan pemakaian
> formula array.
> Yang ingin saya tanyakan adalah:
> 1. Apa yang menjadi syarat atau ciri khas bahwa suatu formula tsb
> dinyatakan sebagai form selain daripada kurung kerawangnya (dengan cara
> menekan CTRL-SHIFT-ENTER)...???
> 2. Dari mana kita mengetahui (dengan cara apa) bahwa output yang yang kita
> inginkan tersebut memang membutuhkan formula array..???
>
> Mohon pencerahan daripada para master XLers dan alangkah baiknya disertai
> contoh kasus..
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
>
> A. Ardian
>
>

4a.

KO' BEGINI FORMATTINGNYA ?

Posted by: "Fahmie Amrullah" fahmieamr@yahoo.co.id   fahmieamr

Tue May 24, 2011 5:55 am (PDT)



mohon bantuan teman-teman..

excel ku setelah diformat acounting atau format muncul bentuk .0
contoh : 1000
menjadi Rp. 1000.0 (seperti pada lampiran gambar.)
gimana cara menjadikan bentuk normal? mengapa bisa terjadi?
atas bantuannya terima kasih

==========================================================
MOD NOTE:
** Subject kami edit agar sesuai peraturan milis
** Lampiran gambar screenshoot Sheet Excel 1.8 MB
kami hapus - akan disusulkan setelah dikecilkan
==========================================================

4b.

Re: KO' BEGINI FORMATTINGNYA ?

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Tue May 24, 2011 5:58 am (PDT)



kami susulkan
lampiran screenshot sheet excel yg sudah dikeciolkan

(repot ya ??)

2011/5/24 Fahmie Amrullah <fahmieamr@yahoo.co.id>

> mohon bantuan teman-teman..
> excel ku setelah diformat acounting atau format muncul bentuk .0
> contoh : 1000
> menjadi Rp. 1000.0 (seperti pada lampiran gambar.)
> gimana cara menjadikan bentuk normal? mengapa bisa terjadi?
> atas bantuannya terima kasih
>
> ==========================================================
> MOD NOTE:
> ** Subject kami edit agar sesuai peraturan milis
> ** Lampiran gambar screenshoot Sheet Excel 1.8 MB
> kami hapus - akan disusulkan setelah dikecilkan
> ==========================================================
>
>
4c.

Re: KO' BEGINI FORMATTINGNYA ?

Posted by: "Nicodemus Rusdiyanto" nicodemus@cj.net   tjahdjokja234

Tue May 24, 2011 11:12 am (PDT)



Dear Bung Fahmie,

Kriteria normal yang anda pikirkan seperti apa ya ?

1. Apakah pakai 2 angka dibelakang koma ?

2. Atau tidak ada angka setelah angka koma ?

Bisa dengan format cell, seperti gambar berikut ;

· Apabila “normal”nya 2 angka, tanggal ganti decimal places dengan 2

· Kalau “normal”-nya tidak ada angka setelah koma, di”nol”in aja.

Thx & Rgds, Nico

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of STDEV(i)
Sent: Tuesday, May 24, 2011 7:58 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] KO' BEGINI FORMATTINGNYA ?

kami susulkan

lampiran screenshot sheet excel yg sudah dikeciolkan

(repot ya ??)

2011/5/24 Fahmie Amrullah <fahmieamr@yahoo.co.id>

mohon bantuan teman-teman..
excel ku setelah diformat acounting atau format muncul bentuk .0
contoh : 1000
menjadi Rp. 1000.0 (seperti pada lampiran gambar.)
gimana cara menjadikan bentuk normal? mengapa bisa terjadi?
atas bantuannya terima kasih

==========================================================
MOD NOTE:
** Subject kami edit agar sesuai peraturan milis
** Lampiran gambar screenshoot Sheet Excel 1.8 MB
kami hapus - akan disusulkan setelah dikecilkan
==========================================================

4d.

Re: KO' BEGINI FORMATTINGNYA ?

Posted by: "Nicodemus Rusdiyanto" nicodemus@cj.net   tjahdjokja234

Tue May 24, 2011 11:16 am (PDT)



Mbakyu siti(s kecil),

I thought, that we could imagine that without that picture J

Thx & Rgds, Nico

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of STDEV(i)
Sent: Tuesday, May 24, 2011 7:58 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] KO' BEGINI FORMATTINGNYA ?

kami susulkan

lampiran screenshot sheet excel yg sudah dikeciolkan

(repot ya ??)

2011/5/24 Fahmie Amrullah <fahmieamr@yahoo.co.id>

mohon bantuan teman-teman..
excel ku setelah diformat acounting atau format muncul bentuk .0
contoh : 1000
menjadi Rp. 1000.0 (seperti pada lampiran gambar.)
gimana cara menjadikan bentuk normal? mengapa bisa terjadi?
atas bantuannya terima kasih

==========================================================
MOD NOTE:
** Subject kami edit agar sesuai peraturan milis
** Lampiran gambar screenshoot Sheet Excel 1.8 MB
kami hapus - akan disusulkan setelah dikecilkan
==========================================================

5a.

Aplikasi melihat track record perubahan yang terjadi, atau kronologi

Posted by: "prabowoseptyobimo" prabowoseptyobimo@yahoo.com   prabowoseptyobimo

Tue May 24, 2011 11:26 pm (PDT)



kebetulan dikantor menggunakan aplikasi yang menggunakan excel,kira kira untuk membuat laporan di mana untuk mengetahui perubahan yang telah di lakukan, atau apabila file excel tersebut disimpan, namun sewaktu waktu diperiode yang akan datang akan di buka, tetap masih bisa melihat kronologis apa saja/atau data awal sebelum berubah, bisa di lihat kembali, yang telah berubah, kira kira menggunakan cara apa?

5b.

Re: Aplikasi melihat track record perubahan yang terjadi, atau krono

Posted by: "Herry Sutjipto" herrysri@yahoo.com   herrysri

Tue May 24, 2011 11:48 pm (PDT)



Caranya, setiap menyimpan file,
- data yang ingin diketahui kronologisnya tersimpan secara otomatis di worksheet pada kolom dengan heading tanggal penyimpanan (pakai macro),
- degan konsekwensi makin sering dibuka dan di close file tersebut makin besar size-nya.

From: prabowoseptyobimo <prabowoseptyobimo@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 25, 2011 10:14 AM
Subject: [belajar-excel] Aplikasi melihat track record perubahan yang terjadi, atau kronologis laporan

 
kebetulan dikantor menggunakan aplikasi yang menggunakan excel,kira kira untuk membuat laporan di mana untuk mengetahui perubahan yang telah di lakukan, atau apabila file excel tersebut disimpan, namun sewaktu waktu diperiode yang akan datang akan di buka, tetap masih bisa melihat kronologis apa saja/atau data awal sebelum berubah, bisa di lihat kembali, yang telah berubah, kira kira menggunakan cara apa?

5c.

Re: Aplikasi melihat track record perubahan yang terjadi, atau krono

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed May 25, 2011 12:00 am (PDT)



Excel sendiri sudah menyediakan fitur seperti itu yaitu Track Change
Di excel 2003, termasuk di menu Tools > Track Change
Di Excel 2007 ada di Ribbon > Group: Change > Track Change

Tetapi, katanya (saya belum pernah menggunakan secara seeriyus) , workbook
harus
dijadikan Shared Book dulu; nantinya setiap perubahan akan tercatat
( tiap cell punya kotak seperti comments yg mencatat

Kapan diubah
Apa perubahannya
Siapa User nya)

Coba di explorasi dulu menu Share Workbook dan Track Change tsb sekalian
HELPnya
Kepada members lain yg telah sering memakainya dimohon sharingnya

2011/5/25 prabowoseptyobimo <prabowoseptyobimo@yahoo.com>

> kebetulan dikantor menggunakan aplikasi yang menggunakan excel,kira kira
> untuk membuat laporan di mana untuk mengetahui perubahan yang telah di
> lakukan, atau apabila file excel tersebut disimpan, namun sewaktu waktu
> diperiode yang akan datang akan di buka, tetap masih bisa melihat kronologis
> apa saja/atau data awal sebelum berubah, bisa di lihat kembali, yang telah
> berubah, kira kira menggunakan cara apa?
>
>
5d.

Re: Aplikasi melihat track record perubahan yang terjadi, atau krono

Posted by: "Herry Sutjipto" herrysri@yahoo.com   herrysri

Wed May 25, 2011 12:04 am (PDT)



Wou .... terima kasih mbak STDEV(i), wah aku lagi ngerti .....

From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 25, 2011 1:59 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Aplikasi melihat track record perubahan yang terjadi, atau kronologis laporan

 
Excel sendiri sudah menyediakan fitur seperti itu yaitu Track Change
Di excel 2003, termasuk di  menu Tools > Track Change
Di Excel 2007 ada di Ribbon > Group: Change > Track Change

Tetapi, katanya (saya belum pernah menggunakan secara seeriyus) , workbook harus 
dijadikan Shared Book dulu; nantinya setiap perubahan akan tercatat 
( tiap cell punya kotak seperti comments yg mencatat 

Kapan diubah 
Apa perubahannya 
Siapa User nya)

Coba di explorasi dulu menu Share Workbook dan Track Change tsb sekalian HELPnya
Kepada members lain yg telah sering memakainya dimohon sharingnya

2011/5/25 prabowoseptyobimo <prabowoseptyobimo@yahoo.com>

kebetulan dikantor menggunakan aplikasi yang menggunakan excel,kira kira untuk membuat laporan di mana untuk mengetahui perubahan yang telah di lakukan, atau apabila file excel tersebut disimpan, namun sewaktu waktu diperiode yang akan datang akan di buka, tetap masih bisa melihat kronologis apa saja/atau data awal sebelum berubah, bisa di lihat kembali, yang telah berubah, kira kira menggunakan cara apa?
>
>
5e.

Re: Aplikasi melihat track record perubahan yang terjadi, atau krono

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed May 25, 2011 12:17 am (PDT)



maaf ada yg kurang lengkap penyebutan alamat menunya
di excel 2007
Riboon: *TAB: *REVIEW >* Group:* Change

[image: TabRevivw_change.PNG]

2011/5/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> Excel sendiri sudah menyediakan fitur seperti itu yaitu Track Change
> Di excel 2003, termasuk di menu Tools > Track Change
> Di Excel 2007 ada di Ribbon > Group: Change > Track Change
>
> Tetapi, katanya (saya belum pernah menggunakan secara seeriyus) , workbook
> harus
> dijadikan Shared Book dulu; nantinya setiap perubahan akan tercatat
> ( tiap cell punya kotak seperti comments yg mencatat
>
> Kapan diubah
> Apa perubahannya
> Siapa User nya)
>
> Coba di explorasi dulu menu Share Workbook dan Track Change tsb sekalian
> HELPnya
> Kepada members lain yg telah sering memakainya dimohon sharingnya
>
>
>
6.

Gimana ambil data pakai makro

Posted by: "Ismail Hasmin" ismail_hasmin@yahoo.com   ismail_hasmin

Wed May 25, 2011 12:46 am (PDT)



Kepada Para Master XL,

Saya punya kebingunan karena mau pakai macro belum tahu gimana caranya tapi kalai tidak pakai macro prosesnya lama. Intinya Gimana kode makro untuk ambil data dari beberapa tabel di sheet lain karena kalau saya pakai fungsi non macro prosesnya lama. Data yang diambil berada pada beberapa tabel & yang diambil hanya berdasarkan tanggal terakhir (tertinggi) berdasarkan referrensi bulan. Data yang diambil digabung pada Tabel Tekap yang berbeda sheet, mohon jalan keluarnya, terima kasih. 

Wassalam,
Ismail
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar