Senin, 23 Mei 2011

[belajar-excel] Digest Number 1168

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: SIMPAN NOTA From: Anton Gundul
1b.
Re: SIMPAN NOTA From: STDEV(i)
1c.
Re: SIMPAN NOTA From: hendrik karnadi
1d.
Re: SIMPAN NOTA From: Qomaruddin
1e.
Re: SIMPAN NOTA From: Anton Gundul
1f.
Re: SIMPAN NOTA From: STDEV(i)
2a.
file lupa password From: IHSAN NURDIN
2b.
Re: file lupa password From: yosse yasman
2c.
Re: file lupa password From: Gilang Sedar
3.
Sorting Array From: Hilman
4a.
Re: Mencari Pasangan Bersyarat From: STDEV(i)
4b.
Bls: [belajar-excel] Mencari Pasangan Bersyarat From: abdul hafidz
5a.
Rumus Workday From: harry budiman
5b.
Re: Rumus Workday From: STDEV(i)
5c.
Re: Rumus Workday From: STDEV(i)
5d.
Re: Rumus Workday From: harry budiman
5e.
Re: Rumus Workday From: STDEV(i)
5f.
Re: Rumus Workday From: STDEV(i)
5g.
Re: Rumus Workday From: harry budiman
6a.
Muh Nuh Haikal invites you to connect From: Muh Nuh Haikal via Yahoo!
6b.
Re: Muh Nuh Haikal invites you to connect From: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
7a.
Bls: [belajar-excel] SIMPAN NOTA From: Ahmad Fauzi
8a.
Mohon Maaf karena VOOT From: Muh Nuh Haikal
8b.
Bls: [belajar-excel] Mohon Maaf karena VOOT From: ANTONIUS TEGUH
9.
copy multisheet From: Andrie -

Messages

1a.

Re: SIMPAN NOTA

Posted by: "Anton Gundul" antongundul@yahoo.com   antongundul

Mon May 23, 2011 2:27 am (PDT)



Dear Master
Di file SimpleInvoice pada sheet InvForm range A9:A28 tu ada combobox. Bagaimana ya cara membuatnya?
Mohon pencerahannya dan terimakasih sebelumnya.

--- Pada Sen, 23/5/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> menulis:

Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] SIMPAN NOTA
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 23 Mei, 2011, 5:16 AM

 

Setiap nota tidak disimpan lembar per lembar (sheet)tetapi DATANYA disimpan sebagai tabel (tiap Nota menjadi 1 baris dlm tbel)

Tabel bisa hanya 1 tetapi bisa juga 2 tabel (tabel anak & tabel induk)

Setiap baris tabel dapat di UNDANG ke sebuah FORMULIR(formulir dibuat dari 1 sheet / form penampil data )

mengisi tabel juga juga bisa dilakukan dengan FORMULIR (yg juga dibuat dari sheet)

formulir ini disebut FORM ENTRY
soal KAPAN mencetaknya menjadi nota, terserah...

- apakah ketika sedang diisikan ke Sheet Formulir (lalu di SAVE sbg data pada tabel)- atau dari sheet / form Penampil (yaitu data yg sudah ada di tabel)

Penampilannya ke sheet / FORM Penampil secara satu nota persatu nota

(1 baris d tabel >> ditampilkan menjadi selembar nota di FORM Penampil)dengan cara memberi RUMUS semacam VLOOKUP  (bisa juga dengan makro)

Coba dilihat contoh yg sudah ada (Simple Invoicing Sistem.xls)

bisa anda unduh "sendiri" ("dan teman teman juga")  di warung sebelahhttp://www.box.net/shared/dzuz701sqr

-siti-

2011/5/23 Ahmad Fauzi <fauzietha@yahoo.co.id>

Dear para master Excel,
Mohon bantuannya dengan masalah pembuatan nota jasa bengkel.

bagaimana caranya supaya data dari nota ini tersimpan tetapi tidak perlu copy paste sheet NOTA, karena selama ini untuk menyimpan data dari nota ini saya mengcopy paste sheet nota sesuai dengan nomor nota dan hal tersebut membuat file saya menjadi lebih besar sehingga lama untuk membukanya.

Terima kasih atas bantuan para master Excel semua
file terlampir....

1b.

Re: SIMPAN NOTA

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon May 23, 2011 2:43 am (PDT)



Ini hasil kerja dari fitur bernama *Data Validation >* Allow List

Sebelumnya kita harus punya Range berisi LIST yg akan dipakai / dijadikan
items
dlm drop-dodwn list yg akan terbentuk nanti)
Jika list berada di SHEET lain sebaiknya diberi NAMA dulu, misal di sheet
Product
range A2:A11 diberi nama CodeProduct

Select range yg akan diberi DROP DOWN BUTTON; misalnya A9:A28
Klik menu Data > Validation > Allow List
pada kotak SOURce isikan rumus =CodeProduct

Data Validation sebenarnya hanya untuk membatasai / memvalidasi data agar
tidak
terlalu banyak salah. (ejaan, nilai, dsb)

Tetapi salah satunya (list) dapat dipakai sebagai alat untuk mempermudah
pengisian
data yg berulang ulang. sepereti tsb di atas.

2011/5/23 Anton Gundul <antongundul@yahoo.com>

> Di file SimpleInvoice pada sheet InvForm range A9:A28 tu ada combobox.
> Bagaimana ya cara membuatnya?
> Mohon pencerahannya dan terimakasih sebelumnya.
>
> Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> Judul: Re: [belajar-excel] SIMPAN NOTA
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Tanggal: Senin, 23 Mei, 2011, 5:16 AM
>
> Setiap nota tidak disimpan lembar per lembar (sheet)
>
> tetapi DATANYA disimpan sebagai tabel (tiap Nota menjadi 1 baris dlm tbel)
> Tabel bisa hanya 1 tetapi bisa juga 2 tabel (tabel anak & tabel induk)
> Setiap baris tabel dapat di UNDANG ke sebuah FORMULIR
> (formulir dibuat dari 1 sheet / form penampil data )
> mengisi tabel juga juga bisa dilakukan dengan FORMULIR (yg juga dibuat dari
> sheet)
> formulir ini disebut FORM ENTRY
> soal KAPAN mencetaknya menjadi nota, terserah...
> - apakah ketika sedang diisikan ke Sheet Formulir (lalu di SAVE sbg data
> pada tabel)
> - atau dari sheet / form Penampil (yaitu data yg sudah ada di tabel)
> Penampilannya ke sheet / FORM Penampil secara satu nota persatu nota
> (1 baris d tabel >> ditampilkan menjadi selembar nota di FORM Penampil)
> dengan cara memberi RUMUS semacam VLOOKUP (bisa juga dengan makro)
> Coba dilihat contoh yg sudah ada (Simple Invoicing Sistem.xls)
> bisa anda unduh "sendiri" ("dan teman teman juga") di warung sebelah
> http://www.box.net/shared/dzuz701sqr
>
1c.

Re: SIMPAN NOTA

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Mon May 23, 2011 2:44 am (PDT)



Kebetulan buka email, boleh kan ikut jawab Mbak Siti ?

Itu bukan combobox pak, tapi Data Validation.

Pada Kotak di bawah Allow :, pilih :
LIST

Pada Kotak di bawah Source :, ketik :
=OFFSET(Produk,0,0,COUNTA(Produk)+1,1) --> Dynamic Range Name.
(Produk adalah Nama Range pada Sheet Produk).

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Anton Gundul <antongundul@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, May 23, 2011 16:26:28
Subject: Re: [belajar-excel] SIMPAN NOTA

 
Dear Master
Di file SimpleInvoice pada sheet InvForm range A9:A28 tu ada combobox. Bagaimana
ya cara membuatnya?
Mohon pencerahannya dan terimakasih sebelumnya.

--- Pada Sen, 23/5/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> menulis:

>Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>Judul: Re: [belajar-excel] SIMPAN NOTA
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Tanggal: Senin, 23 Mei, 2011, 5:16 AM
>
>

>Setiap nota tidak disimpan lembar per lembar (sheet)
>tetapi DATANYA disimpan sebagai tabel (tiap Nota menjadi 1 baris dlm tbel)
>Tabel bisa hanya 1 tetapi bisa juga 2 tabel (tabel anak & tabel induk)
>
>
>Setiap baris tabel dapat di UNDANG ke sebuah FORMULIR
>(formulir dibuat dari 1 sheet / form penampil data )
>
>
>mengisi tabel juga juga bisa dilakukan dengan FORMULIR (yg juga dibuat dari
>sheet)
>formulir ini disebut FORM ENTRY
>
>
>soal KAPAN mencetaknya menjadi nota, terserah...
>- apakah ketika sedang diisikan ke Sheet Formulir (lalu di SAVE sbg data pada
>tabel)
>- atau dari sheet / form Penampil (yaitu data yg sudah ada di tabel)
>
>
>Penampilannya ke sheet / FORM Penampil secara satu nota persatu nota
>(1 baris d tabel >> ditampilkan menjadi selembar nota di FORM Penampil)
>dengan cara memberi RUMUS semacam VLOOKUP  (bisa juga dengan makro)
>
>
>Coba dilihat contoh yg sudah ada (Simple Invoicing Sistem.xls)
>bisa anda unduh "sendiri" ("dan teman teman juga")  di warung sebelah
>http://www.box.net/shared/dzuz701sqr
>
>
>
>
>-siti-
>
>
>
>
>
>
>2011/5/23 Ahmad Fauzi <fauzietha@yahoo.co.id>
>
>Dear para master Excel,
>>Mohon bantuannya dengan masalah pembuatan nota jasa bengkel.
>>bagaimana caranya supaya data dari nota ini tersimpan tetapi tidak perlu copy
>>paste sheet NOTA, karena selama ini untuk menyimpan data dari nota ini saya
>>mengcopy paste sheet nota sesuai dengan nomor nota dan hal tersebut membuat file
>>saya menjadi lebih besar sehingga lama untuk membukanya.
>>Terima kasih atas bantuan para master Excel semua
>>file terlampir....
>>
>>
1d.

Re: SIMPAN NOTA

Posted by: "Qomaruddin" dqomar@telkom.net

Mon May 23, 2011 3:23 am (PDT)



terima kasih atas info yang berguna ini dan alangka baiknya attachement-nya di lampirkan bukan unduh lagi ke warnet sebagian kita (belajar excel group) belem tentu dekat dengan warnet.

terima kasih

From: STDEV(i)
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, May 23, 2011 12:16 PM
Subject: Re: [belajar-excel] SIMPAN NOTA

Setiap nota tidak disimpan lembar per lembar (sheet)

tetapi DATANYA disimpan sebagai tabel (tiap Nota menjadi 1 baris dlm tbel)
Tabel bisa hanya 1 tetapi bisa juga 2 tabel (tabel anak & tabel induk)

Setiap baris tabel dapat di UNDANG ke sebuah FORMULIR
(formulir dibuat dari 1 sheet / form penampil data )

mengisi tabel juga juga bisa dilakukan dengan FORMULIR (yg juga dibuat dari sheet)
formulir ini disebut FORM ENTRY

soal KAPAN mencetaknya menjadi nota, terserah...
- apakah ketika sedang diisikan ke Sheet Formulir (lalu di SAVE sbg data pada tabel)
- atau dari sheet / form Penampil (yaitu data yg sudah ada di tabel)

Penampilannya ke sheet / FORM Penampil secara satu nota persatu nota
(1 baris d tabel >> ditampilkan menjadi selembar nota di FORM Penampil)
dengan cara memberi RUMUS semacam VLOOKUP (bisa juga dengan makro)

Coba dilihat contoh yg sudah ada (Simple Invoicing Sistem.xls)
bisa anda unduh "sendiri" ("dan teman teman juga") di warung sebelah
http://www.box.net/shared/dzuz701sqr

-siti-

2011/5/23 Ahmad Fauzi <fauzietha@yahoo.co.id>

Dear para master Excel,
Mohon bantuannya dengan masalah pembuatan nota jasa bengkel.
bagaimana caranya supaya data dari nota ini tersimpan tetapi tidak perlu copy paste sheet NOTA, karena selama ini untuk menyimpan data dari nota ini saya mengcopy paste sheet nota sesuai dengan nomor nota dan hal tersebut membuat file saya menjadi lebih besar sehingga lama untuk membukanya.
Terima kasih atas bantuan para master Excel semua
file terlampir....

1e.

Re: SIMPAN NOTA

Posted by: "Anton Gundul" antongundul@yahoo.com   antongundul

Mon May 23, 2011 3:25 am (PDT)



Terimakasih atas jawaban Bu Siti dan Pak Hendrik. Sudah saya coba dan sudah terjawab pertanyaan saya.

--- Pada Sen, 23/5/11, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

Kebetulan buka email, boleh kan ikut jawab Mbak Siti ?
 
Itu bukan combobox pak, tapi Data Validation.
 
Pada Kotak di bawah Allow :, pilih :
LIST
 
Pada Kotak di bawah Source :, ketik :
=OFFSET(Produk,0,0,COUNTA(Produk)+1,1) --> Dynamic Range Name.
(Produk adalah Nama Range pada Sheet Produk).
 
Salam,
Hendrik Karnadi

From: Anton Gundul <antongundul@yahoo.com>
Sent: Monday, May 23, 2011 16:26:28

Dear Master
Di file SimpleInvoice pada sheet InvForm range A9:A28 tu ada combobox. Bagaimana ya cara membuatnya?
Mohon pencerahannya dan terimakasih sebelumnya.

1f.

Re: SIMPAN NOTA

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon May 23, 2011 3:41 am (PDT)



baik dilampirkan

jika dikirim sebagai lampiran
apakah ketika akan membuka pertama kali tidak ada proses mengunduh ?

dengan POP email pun (outlook express, outlook, thuderbirds)
ketika menerima email ada proses mengunduh

2011/5/23 Qomaruddin <dqomar@telkom.net>

> terima kasih atas info yang berguna ini dan alangka baiknya attachement-nya
> di lampirkan bukan unduh lagi ke warnet sebagian kita (belajar excel group)
> belem tentu dekat dengan warnet.
> terima kasih
>
>
>
> *From:* STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, May 23, 2011 12:16 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] SIMPAN NOTA
>
>
> Setiap nota tidak disimpan lembar per lembar (sheet)
> tetapi DATANYA disimpan sebagai tabel (tiap Nota menjadi 1 baris dlm tbel)
> Tabel bisa hanya 1 tetapi bisa juga 2 tabel (tabel anak & tabel induk)
>
> Setiap baris tabel dapat di UNDANG ke sebuah FORMULIR
> (formulir dibuat dari 1 sheet / form penampil data )
>
> mengisi tabel juga juga bisa dilakukan dengan FORMULIR (yg juga dibuat dari
> sheet)
> formulir ini disebut FORM ENTRY
>
> soal KAPAN mencetaknya menjadi nota, terserah...
> - apakah ketika sedang diisikan ke Sheet Formulir (lalu di SAVE sbg data
> pada tabel)
> - atau dari sheet / form Penampil (yaitu data yg sudah ada di tabel)
>
> Penampilannya ke sheet / FORM Penampil secara satu nota persatu nota
> (1 baris d tabel >> ditampilkan menjadi selembar nota di FORM Penampil)
> dengan cara memberi RUMUS semacam VLOOKUP (bisa juga dengan makro)
>
> Coba dilihat contoh yg sudah ada (Simple Invoicing Sistem.xls<http://www.box.net/shared/dzuz701sqr>
> )
> bisa anda unduh "sendiri" ("dan teman teman juga") di warung sebelah
> http://www.box.net/shared/dzuz701sqr
>
> -siti-
>
>
2a.

file lupa password

Posted by: "IHSAN NURDIN" ihsanmn@yahoo.com   ihsanmn

Mon May 23, 2011 4:13 am (PDT)



Mohon bantuan rekan milis.
Saya punya file excel 2003 tapi lupa akan passwordnya dulu. Sudah banyak ketemu
program tapi scan passwordnya lama sampai berjam2, itupun tidak ketemu pula.
Adalagi tp harus beli.....mohon bantuan rekan2 milis. TK banyak sebelumnya.

salam excel.

2b.

Re: file lupa password

Posted by: "yosse yasman" yosse_yasman@yahoo.com   yosse_yasman

Mon May 23, 2011 4:43 am (PDT)



Coba pake ini mas, semoga membantu...
Saya juga dapet nyari di mbah google

Rgds..
Josse

--- On Mon, 5/23/11, IHSAN NURDIN <ihsanmn@yahoo.com> wrote:

From: IHSAN NURDIN <ihsanmn@yahoo.com>
Subject: [belajar-excel] file lupa password
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Monday, May 23, 2011, 6:13 PM

 

Mohon bantuan rekan milis.

Saya punya file excel 2003 tapi lupa akan passwordnya dulu. Sudah banyak ketemu

program tapi scan passwordnya lama sampai berjam2, itupun tidak ketemu pula.

Adalagi tp harus beli.....mohon bantuan rekan2 milis. TK banyak sebelumnya.

salam excel.

2c.

Re: file lupa password

Posted by: "Gilang Sedar" mail@gilangsedar.com   gilang_parastar

Mon May 23, 2011 4:44 am (PDT)



Dear Pak Ihsan,
Kalau boleh tahu, password nya ter-password berapa karakter? Apakah campuran numeric,simbol,lowercase dan uppercase.
Apabila berkenan, bisakah saya minta dikirim filenya, saya coba menggunakan toolkit yg saya punya. Mohon maaf menggunakan jalur pribadi

-gilang sedar-
www.gilangsedar.com
----------------------------------------------------------
Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
----------------------------------------------------------
Sent from Blackberry� Pinjeman�

-----Original Message-----
From: IHSAN NURDIN <ihsanmn@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 23 May 2011 04:13:11
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] file lupa password

Mohon bantuan rekan milis.
Saya punya file excel 2003 tapi lupa akan passwordnya dulu. Sudah banyak ketemu
program tapi scan passwordnya lama sampai berjam2, itupun tidak ketemu pula.
Adalagi tp harus beli.....mohon bantuan rekan2 milis. TK banyak sebelumnya.




salam excel.

3.

Sorting Array

Posted by: "Hilman" hilman_email@yahoo.com   hilman_email

Mon May 23, 2011 8:28 am (PDT)



SORTING ARRAY
 
Bagi sebagianorang, mungkin terlintas pertanyaan "Buat apa kita
susah-susah mempelajari atau bahkan menulis program hanya untuk melakukan
proses sorting. Bukankah pada MS Excel sudah ada fasilitas sorting yang sangat
handal dan cepat?". Ya… tepat sekali, saya sendiri  masih terus bertanya-tanya, algoritma sorting
apa yang dipakai oleh Excel untuk melakukan proses sorting tsb, sehingga bisa
melakukannya dengan sangat cepat bahkan untuk data yg banyak sekalipun. Buat
saya setidaknya ada beberapa alasan mengapa sorting array ini masih cukup
berharga untuk kita pelajari.
1.  Ketika kita sedang bekerja dengan array, dan apabila
elemen-elemen array tersebut belum tersusun baik ascending maupun descending,
maka dengan menggunakan Algoritma Sort tertentu, proses eksekusinya bisa lebih
cepat daripada menggunakan Excel Worksheet Sorting
2. Jika
jumlah data yang akan di-sort pada worksheet hanya sedikit (kurang dari 1000)
proses sorting dengan menggunakan algoritma yang akan kita bahas nanti, dapat
dilakukan dalam waktu yang relatif cepat
3.  Paling tidak, dapat menjadi bahan untuk belajar.
 
Sorting array yg akan kita bicarakan ini, akan dibatasi pada :
1.  Single
Dimesional Array
2. Sort Ascending,
3. Text
Compare, artinya jika terdapat numeric data pada elemen array yg akan di sort,
maka data numeric tsb akan diperlakukan sebagai data text. Saya sengaja
membatasi sorting ini hanya untuk data text saja, karena menurut saya…. ini
menurut saya lho ya… sorting text sedikit lebih rumit jika dibanding dengan
sorting numeric.
 
Ada
begitu banyak alrgoritma sort yang sudah dikembangkan oleh para pakar, antara
lain, bubble sort, selection sort, insertion sort, heap sort, dll.
 
Pada
tulisan ini, Algoritma Sorting yg akan kita bicarakan adalah :
1. Bubble Sort
2. Selection Sort
3. Quick Sort
4. Merge Sort
5. Bucket Sort
 
Workbook vbaSortArray terdiri dari 3 Module, modSortArray_1,
modSortArray_2, serta modSysInfo.  modSortArray_1 dan modSortArray 2 pada dasarnya adalah sama, yaitu
berisi prosedur-prosedur yg sesuai dengan algoritma sort di atas. Bedanya pada
modSortArray_2, pada saat program dieksekusi seluruh operasi (instruksi) akan
dihitung jumlahnya, sehingga kita bisa mengetahui berapa jumlah operasi/instruksi
yang harus dilalui untuk menyelesaikan proses sorting dengan menggunakan
algoritma tertentu, sedangkan pada modSortArray_1, tanpa menghitung jumlah
operasi. Untuk modSysinfo berisi prosedur yang dapat menghasilkan informasi
memory dan prosesor komputer yang dipakai.
 
Pada sheet "Test" kita dapat membandingkan kecepatan proses dari
masing-masing algoritma sort. Pada sheet "Test" ini terdapat :
1.     Tombol untuk membangkitkan random text yg terdiri dari
8 karakter yang akan diisi pada kolom A. Banyaknya text sesuai dengan angka
yang kita isi pada cell G4. Pada saat tombol ini ditekan, program juga akan
menghasilkan text yang sudah terurut Ascending pada kolom B. Proses sortingnya
menggunakan Excel Worksheet Sorting. Tujuanya adalah untuk membandingkan hasil
sorting dengan algoritma tertentu sudah menghasilkan hasil yang benar atau
tidak.
2.    Tombol
untuk menjalankan proses sorting, algoritmanya sesuai dengan algoritma yg kita
pilih pada cell G6. Selain itu juga, masih ada pilihan apakah proses sortingnya
dengan menghitung jumlah operasi atau tidak, pilihannya ada pada cell G8. Hasil
sorting akan ditampilkan dikolom C. Sebenarnya hasil tersebut tidak perlu
ditampilkan, karena kita kan sedang bekerja dengan array, tetapi karena
tujuannya adalah untuk proses pembelajaran dan untuk perbandingan apakah
hasilnya sudah benar, maka hasilnya perlu ditampilkan.
3.    Tabel
untuk mencatat hasil pengukuran dari proses sorting, jumlah operasi/instruksi
yang dilalui untuk proses eksekusi.
Silahkan buka attachment untuk melanjutkan bacaannya....
4a.

Re: Mencari Pasangan Bersyarat

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon May 23, 2011 3:31 pm (PDT)



Sementara Mr Kid Belum sempat menjenguk milis, saya, daripada ngantuk,
akan mencoba menafsirkan formula ini dulu...

=COUNTIF($I$2:$I$448,IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500))

(a)
*Cell I2* berisi gabungan cells lain yg sebaris (sesama baris dua) yaitu
gabungan dari
=H2&";"&A2&";"&B2&";"&C2&";"&D2&";"&E2&";"&ABS(F2)&";"&G2
yg hasilnya kira kira spt ini:
*C;99119;1330154;21014111;AUD;VITLIMTED;10; 0000313301000006133*

(b)
=MID(I2,3,500)
bertugas mengambil data I2 dimulai dari karakter ke 3 sebanyak 500 karakter
(tetapi kalau
jumlah karakternya sendiri dibawah 500 , ya diambil *seadanya..*)
Angka 500 ini ditulis secara konstanta seperti itu tentunya setelah
mengobservasi KOLOM I
berapa maksimum karakter yg terjadi,
Juga, dengan maksud agar rumusnya tidak kepanjangan (harus pakai LEN dst).
Biasanya "orang-orang" mengunakan angka 99 atau 999 , bahkan 9^9; maksudnya
hanya dengan "2 atau 3 digit/karakter" dapat diperoleh jumlah yg maksimal.

Hasilnya
*99119;1330154;21014111;AUD;VITLIMTED;10; 0000313301000006133*

(c)
=IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500)
** jika di H2 isinya "C" hasil fungsi MID tsb digabung dengan *"D;"*
** jika di H2 isinya "D" hasil fungsi MID tsb digabung dengan *"C;"*
Hasil sampai tahap ini / dari fungsi IF dan MID
"D;99119;1330154;21014111;AUD;VITLIMTED;10; 0000313301000006133"

(d)
=COUNTIF($I$2:$I$448,IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500))
*Hasil terakhir* tsb di atas
( yaitu "D;99119;1330154;21014111;AUD;VITLIMTED;10; 0000313301000006133" )
dicari di kolom *I2:I448*
Hasil fungsi Countif adalah selalu bilangan cacah
jika tidak ada = hasilnya 0; jika ada 1 hasilnya 1; jika ada 2 hasilnya 2,
begitu seterusnya.

Jadi formula =COUNTIF($I$2:$I$448,IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500))
hasil akhirnya adalah bilangan bulat ( minimal 0 maksimal 447 karena tempat
pencariannya ada 447 cells data)

Mengapa pak abdul mempertanyakan MATCH, untuk menyatakan kesamaan ?
saya tidak tahu.

Setahu saya Match untuk mencari ANGKA_POSISI (index) *suatu data *pada
SEKELOMPOK DATA
/ sebaris / sekolom data. Daerah pencariannya ini bisa berupa Array atau
Range

=Match(*1*,*{2,1,4,1,5,4,1,6}*,*0*)
hasilnya = *2* karena di dalam daerah pencariannya terdapat data *1* di
posisi 2
Data *1* berikutnya diabaikan, sebab argument #3 (match_type) diisi *0* )

Countif juga dapat dipakai untuk menyatakan *ADA/TIDAK -NYA suatu data* di
sekelompok
data, tetapi hasilnya bukan INDEX data tsb, melainkan BANYAKNYA data yg
SAMA.
Jika hasil Countif > 0 artinya data yg dicari memang ADA di daerah
pencariannya

=COUNTIF(A1:A10, "X")
akan menghasilkan BAYAKNYA huruf "X" di daerah pencarian A1:A10
Jika hasilnya 0 dapat disimpulkan di A1:A10 *TIDAK ADA *data "X"
Jika hasilnya > 0 dapat disimpulkan di A1:A10 * ADA* data yg sama dengan
"X"
----------------------------

Mudah mudahan obrolan di atas tidak terlalu jauh ngawurnya....

2011/5/23 abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.co.id>

>
> Dear Master Kid
> Thanks before atas pencerahannya ya........
> Ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan :
>
> 1. Untuk rumus yg ini &ABS(F2) kenapa ko' harus seperti itu, kenapa tdk
> langsung saja dgn F2.
> 2. Untuk rumus yg ini
> =COUNTIF($I$2:$I$448,IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500)) kalo dlm bahasa
> manusianya gimana dan kenapa ko' tdk ada teks "MATCH" untuk menyatakan
> kesamaan dlm rumus tersebut.
> 3. Kenapa lampiran yg master kid sampaikan ko' yg "MATCH" nya hanya ada di
> Curency USD saja
> 4. Rumus tersebut saya jalankan di data aslinya yg serupa dgn lampiran
> tersebut, akan tetapi kenapa ko' tdk ada yg menghasilkan "MATCH" satupun,
> seharusnya yg di Curency USD kan sama dgn lampiran yg master kid
> sampaikan.
> Kurang lebih seperti itulah master kid,
> mohon maaf bila tdk berkenan
>
> rgd
> hafidz
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Terkirim:* Ming, 22 Mei, 2011 05:54:24
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mencari Pasangan Bersyarat
>
> Dear Hafidz,
> Memerlukan id record yang berupa gabungan seluruh kriteria, sebagai bahan
> untuk hitung cacah berkriteria (CountIF)
> Kemudian menghitung cacah berdasyaratnya.
> File terlampir.
> Kid.
>
>
4b.

Bls: [belajar-excel] Mencari Pasangan Bersyarat

Posted by: "abdul hafidz" a.hafidz@yahoo.co.id   a.hafidz

Mon May 23, 2011 8:32 pm (PDT)



Dear Master Vi,
Thanks before atas pencerahannya yach.....

Kalo boleh jujur paparan2x seperti inilah yg sangat saya butuhkan dlm
memperdalami rumus2x excel, krn saya tdk ingin jika problem2x yg saya ajukan
dapat terselesaikan, akan tetapi, saya tdk memahaminya tentunya dlm menafsirkan
rumus2x yg diberikan oleh para master2x excel,"dgn fungsi apa, tujuan dari
fungsi itu apa dan jikaditerjemahkan ke bahasa logikanya seperti apa"mungkin
bagi sebagian orang jika saya mengajukan penafsiran rumus2x yg diberikan oleh
penanggap dianggap bodoh, maka saya jawab benar sekali, justru karena bodohlah
saya bertanya untuk menjadi tdk bodoh. Heheheheheh........piss ah.....!!!!
sedikit curhat ga apa2x kale ye...!

Mengutip dari tanggapan master vi :

Mengapa pak abdul mempertanyakan MATCH, untuk menyatakan kesamaan ?

Hahahahha....itulah bodohnya saya, yg kurang bisa menafsirkan rumus2x sehingga
tatkala mengimplementasikan apa yg saya inginkan terkadang artikulasinya menjadi
membingungkan bagi para penanggap (waduchhh...salah lagi)

"MATCH" yg saya maksud adalah sebagai penanda saja ko' tdk ada kaitannya dgn
rumus MATCH dari excel jadi bisa saja "MATCH" itu diganti dgn inisial "SAMA, M,
OK" atau yg lainnya, lah tujuaannya hanya sebagai penanda saja ko'.
** contohnya := IF(A2=A3,"MATCH") menjadi = IF(A2=A3,"SAMA")atau = IF(A2=A3,"M")
dan = IF(A2=A3,"OK")

Maka jika mengulang apa yg saya inginkan penyelesaian pada cese saya adalah
sebagai berikut :

Jika A2 s/d J2 (yang meliputi :
Branch-User-Account-Curency-Description-Ammount-Refrensi) ada yg sama dgn A3
s/d J3 maka "M" tentunya dgn syarat D(debet) dan C(Credit).
Tentunya penanda M sudah satu paket dgn rumusnya yang akan menandakan bila ada
kesamaan maka penampilan "M" itu akan tampilsebagaimana contoh pada **

Kurang lebih seperti itulah master vi,
Dan semoga tidak makin ngawur paparan ini
Mohon maaf bila tdk berkenan

trims
hafidz

Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Sel, 24 Mei, 2011 05:29:49
Judul: Re: [belajar-excel] Mencari Pasangan Bersyarat

Sementara Mr Kid Belum sempat menjenguk milis, saya, daripada ngantuk,
akan mencoba menafsirkan formula ini dulu...

=COUNTIF($I$2:$I$448,IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500))

(a)
Cell I2 berisi gabungan cells lain yg sebaris (sesama baris dua) yaitu gabungan
dari
=H2&";"&A2&";"&B2&";"&C2&";"&D2&";"&E2&";"&ABS(F2)&";"&G2
yg hasilnya kira kira spt ini:
C;99119;1330154;21014111;AUD;VITLIMTED;10; 0000313301000006133

(b)
=MID(I2,3,500)
bertugas mengambil data I2 dimulai dari karakter ke 3 sebanyak 500 karakter
(tetapi kalau
jumlah karakternya sendiri dibawah 500 , ya diambil seadanya..)
Angka 500 ini ditulis secara konstanta seperti itu tentunya setelah
mengobservasi KOLOM I
berapa maksimum karakter yg terjadi,
Juga, dengan maksud agar rumusnya tidak kepanjangan (harus pakai LEN dst).
Biasanya "orang-orang" mengunakan angka 99 atau 999 , bahkan 9^9; maksudnya
hanya dengan "2 atau 3 digit/karakter" dapat diperoleh jumlah yg maksimal.

Hasilnya
99119;1330154;21014111;AUD;VITLIMTED;10; 0000313301000006133

(c)
=IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500)
** jika di H2 isinya "C" hasil fungsi MID tsb digabung dengan "D;"
** jika di H2 isinya "D" hasil fungsi MID tsb digabung dengan "C;"
Hasil sampai tahap ini / dari fungsi IF dan MID
"D;99119;1330154;21014111;AUD;VITLIMTED;10; 0000313301000006133"

(d)
=COUNTIF($I$2:$I$448,IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500))
Hasil terakhir tsb di atas
( yaitu "D;99119;1330154;21014111;AUD;VITLIMTED;10; 0000313301000006133")
dicari di kolom I2:I448
Hasil fungsi Countif adalah selalu bilangan cacah
jika tidak ada = hasilnya 0; jika ada 1 hasilnya 1; jika ada 2 hasilnya 2,
begitu seterusnya.

Jadi formula =COUNTIF($I$2:$I$448,IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500))
hasil akhirnya adalah bilangan bulat ( minimal 0 maksimal 447 karena tempat
pencariannya ada 447 cells data)

Mengapa pak abdul mempertanyakan MATCH, untuk menyatakan kesamaan ?
saya tidak tahu.

Setahu saya Match untuk mencari ANGKA_POSISI (index) suatu data pada SEKELOMPOK
DATA
/ sebaris / sekolom data. Daerah pencariannya ini bisa berupa Array atau
Range

=Match(1,{2,1,4,1,5,4,1,6},0)
hasilnya = 2 karena di dalam daerah pencariannya terdapat data 1di posisi 2
Data 1 berikutnya diabaikan, sebab argument #3 (match_type) diisi 0)

Countifjuga dapat dipakai untuk menyatakan ADA/TIDAK -NYA suatu data di
sekelompok
data, tetapi hasilnya bukan INDEX data tsb, melainkan BANYAKNYA data yg SAMA.
Jika hasil Countif > 0 artinya data yg dicari memang ADA di daerah pencariannya

=COUNTIF(A1:A10, "X")
akan menghasilkan BAYAKNYA huruf "X" di daerah pencarian A1:A10
Jika hasilnya 0 dapat disimpulkan di A1:A10 TIDAK ADA data "X"
Jika hasilnya > 0 dapat disimpulkan di A1:A10 ADA data yg sama dengan "X"
----------------------------

Mudah mudahan obrolan di atas tidak terlalu jauh ngawurnya....

2011/5/23 abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.co.id>

>Dear Master Kid
>Thanks before atas pencerahannya ya........
>Ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan :
>
>
>1. Untuk rumus yg ini &ABS(F2) kenapa ko' harus seperti itu, kenapa tdk langsung
>saja dgn F2.
>2. Untuk rumus yg ini =COUNTIF($I$2:$I$448,IF(H2="C","D;","C;")&MID(I2,3,500))
>kalo dlm bahasa manusianya gimana dan kenapa ko' tdk ada teks "MATCH" untuk
>menyatakan kesamaan dlm rumus tersebut.
>3. Kenapa lampiran yg master kid sampaikan ko' yg "MATCH" nya hanya ada di
>Curency USD saja
>
>4. Rumus tersebut saya jalankan di data aslinya yg serupa dgn lampiran tersebut,
>akan tetapi kenapa ko' tdk ada yg menghasilkan "MATCH" satupun, seharusnya yg di
>Curency USD kan sama dgn lampiran yg master kid sampaikan.
>Kurang lebih seperti itulah master kid,
>mohon maaf bila tdk berkenan
>
>rgd
>hafidz
>
>
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Terkirim: Ming, 22 Mei, 2011 05:54:24
>Judul: Re: [belajar-excel] Mencari Pasangan Bersyarat
>
>Dear Hafidz,
>Memerlukan id record yang berupa gabungan seluruh kriteria, sebagai bahan untuk
>hitung cacah berkriteria (CountIF)
>Kemudian menghitung cacah berdasyaratnya.
>File terlampir.
>Kid.
>
>
5a.

Rumus Workday

Posted by: "harry budiman" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Mon May 23, 2011 5:33 pm (PDT)



Selamat pagi juragan xl sadaya,
Saya ingin menanyakan, bagaimana jika kita ingin membuat rumus / formula hari kerja, sehingga sisa hari kerja (sudah dikurangi hari libur sesuai kelender indonesia) bisa langsung diketahui..

Hatur nuhun..maaf tidak menyertakan file attacht

Harry

5b.

Re: Rumus Workday

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon May 23, 2011 5:44 pm (PDT)



tidak ada contoh kasusnya ??

baik saya karang sendiri

*Tgl mulai proses* misal ditulis di A1 = *28 Februari 2011*
(berupa data DATE, bukan data text seperti date )

*Lama proses* = *43* hari (misal ditulis di cell B1)

Catatan :
Instansi yg mempunyai kasus tsb hanya mempekerjakan karyawan jika hari
kerja.
Hari kerja adalah Senin sampai Jumat
Hari libur Nasional dan Cutibersama sesuai keputusan pemerintah berlaku
bagi instansi tsb

*Diinginkan *di di cell C1 muncul: data *tanggal SELESAI PROSES*

Nah ayo ayo siapa yg bisa membantu pak harry ini....
dengan rumus berbasis fungsi WORKDAY

Daftar Libur Tahun 2011 sudah punya belum ??

2011/5/24 harry budiman <harbudiman@gmail.com>

> Selamat pagi juragan xl sadaya,
> Saya ingin menanyakan, bagaimana jika kita ingin membuat rumus / formula
> hari kerja, sehingga sisa hari kerja (sudah dikurangi hari libur sesuai
> kelender indonesia) bisa langsung diketahui..
>
> Hatur nuhun..maaf tidak menyertakan file attacht
>
> Harry
>
>
5c.

Re: Rumus Workday

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon May 23, 2011 6:02 pm (PDT)



Itu tadi kemungkinan besar tidak sesuai dengan kehendak pak harry
(untuk mancing agar pak hari memberi contoh kasusnya)

Kemungkinan lain yg dikehendaki:

Mulai Proses (A1) = 28 February 2011
Harus selesai (B2) = 6 April 2011

Jika di instansti pak harry berlaku seperti aturan tadi (Sabtu Minggu =
bukan
Hari Kerja, LiburNasional+ CurBer = bukan Hari Kerja)

Ditanyakan (C1) : berapa HARI KERJA proses yg akan dijalani ?
(hasil formula di C1 adalah tpe data bilangan bulat )

Jika ini yg dikehendaki, maka formulanya berbasis fungsi NETWORKDAYS

Pas pak harry membuka help penggunaan fungsi NETWORKDAYS dan
mungkin juga fungsi WORKDAY, pas teman-teman mengirimkan contoh solusinya.

Asik deh kayaknya...

Oiya sebelum daku terlupa...
kedua fungsi itu hanya ada di Excel jika Add-In Analysis Tool telah
diaktifkan.

2011/5/24 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> tidak ada contoh kasusnya ??
>
> baik saya karang sendiri
>
> *Tgl mulai proses* misal ditulis di A1 = *28 Februari 2011*
> (berupa data DATE, bukan data text seperti date )
>
> *Lama proses* = *43* hari (misal ditulis di cell B1)
>
> Catatan :
> Instansi yg mempunyai kasus tsb hanya mempekerjakan karyawan jika hari
> kerja.
> Hari kerja adalah Senin sampai Jumat
> Hari libur Nasional dan Cutibersama sesuai keputusan pemerintah berlaku
> bagi instansi tsb
>
> *Diinginkan *di di cell C1 muncul: data *tanggal SELESAI PROSES*
>
> Nah ayo ayo siapa yg bisa membantu pak harry ini....
> dengan rumus berbasis fungsi WORKDAY
>
> Daftar Libur Tahun 2011 sudah punya belum ??
>
>
>
> 2011/5/24 harry budiman <harbudiman@gmail.com>
>
>> Selamat pagi juragan xl sadaya,
>> Saya ingin menanyakan, bagaimana jika kita ingin membuat rumus / formula
>> hari kerja, sehingga sisa hari kerja (sudah dikurangi hari libur sesuai
>> kelender indonesia) bisa langsung diketahui..
>>
>> Hatur nuhun..maaf tidak menyertakan file attacht
>>
>> Harry
>>
>
5d.

Re: Rumus Workday

Posted by: "harry budiman" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Mon May 23, 2011 6:25 pm (PDT)



Mohon maaf, sebagai tambahan di tempat kerja saya hari sabtu adalah hari kerja juga jd hari kerja disini tanggal merah (hari minggu dan hari libur nasional), biasanya saya masukan hari minggu dan hari libur nasional secara manual

Nuhun
-----Original Message-----
From: "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 24 May 2011 08:02:15
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Workday

Itu tadi kemungkinan besar tidak sesuai dengan kehendak pak harry
(untuk mancing agar pak hari memberi contoh kasusnya)

Kemungkinan lain yg dikehendaki:

Mulai Proses (A1) = 28 February 2011
Harus selesai (B2) = 6 April 2011

Jika di instansti pak harry berlaku seperti aturan tadi (Sabtu Minggu =
bukan
Hari Kerja, LiburNasional+ CurBer = bukan Hari Kerja)

Ditanyakan (C1) : berapa HARI KERJA proses yg akan dijalani ?
(hasil formula di C1 adalah tpe data bilangan bulat )

Jika ini yg dikehendaki, maka formulanya berbasis fungsi NETWORKDAYS

Pas pak harry membuka help penggunaan fungsi NETWORKDAYS dan
mungkin juga fungsi WORKDAY, pas teman-teman mengirimkan contoh solusinya.

Asik deh kayaknya...

Oiya sebelum daku terlupa...
kedua fungsi itu hanya ada di Excel jika Add-In Analysis Tool telah
diaktifkan.



2011/5/24 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> tidak ada contoh kasusnya ??
>
> baik saya karang sendiri
>
> *Tgl mulai proses* misal ditulis di A1 = *28 Februari 2011*
> (berupa data DATE, bukan data text seperti date )
>
> *Lama proses* = *43* hari (misal ditulis di cell B1)
>
> Catatan :
> Instansi yg mempunyai kasus tsb hanya mempekerjakan karyawan jika hari
> kerja.
> Hari kerja adalah Senin sampai Jumat
> Hari libur Nasional dan Cutibersama sesuai keputusan pemerintah berlaku
> bagi instansi tsb
>
> *Diinginkan *di di cell C1 muncul: data *tanggal SELESAI PROSES*
>
> Nah ayo ayo siapa yg bisa membantu pak harry ini....
> dengan rumus berbasis fungsi WORKDAY
>
> Daftar Libur Tahun 2011 sudah punya belum ??
>
>
>
> 2011/5/24 harry budiman <harbudiman@gmail.com>
>
>> Selamat pagi juragan xl sadaya,
>> Saya ingin menanyakan, bagaimana jika kita ingin membuat rumus / formula
>> hari kerja, sehingga sisa hari kerja (sudah dikurangi hari libur sesuai
>> kelender indonesia) bisa langsung diketahui..
>>
>> Hatur nuhun..maaf tidak menyertakan file attacht
>>
>> Harry
>>
>

5e.

Re: Rumus Workday

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon May 23, 2011 7:08 pm (PDT)



oh jadi Sabtu = Hari Kerja ya

Kita tetap pakai INPUT *karangan kita sendiri *(Bapak harus setuju ! he he
..)

Cell B4 = TanggalMulai = saya isi 28 Feb 2011
Cell C4 = TanggalAkhir = diisi 6 Apr 2011
Cell D4 = jumlah Hari kerja didapat dengan formula / OUTPUT nya

*ArrayFormula*
=SUM(N(WEEKDAY(ROW(INDIRECT(B4&":"&C4)))<>1))-SUM(COUNTIF(DafLibur2011,ROW(INDIRECT(B4&":"&C4))))

ArrayFormula itu berusaha mencari nilai Rentang Tgl Awal sd Tgl AKhir yang
NILAI WEEKDAYnya bukan 1 (minggu)
kalau hanya itu saja yg dihiutung adalah hanya hari Seniin Sampai Sabtu saja
Maka perlu ditambahkan formula PENGURANG
yaitu mengurangi jumlah hari yg nilai tanggalnya terdapat di DAFTAR HARI
LIBUR

*(Range berisi DaftarLibur di sheet 2 diberi nama DafLibur2011)*

Oiya, jangan lupa ArrayFormula perlu dienter dengan Upacara Khusus

di komputer ku hasil yang muncul = 32

2011/5/24 harry budiman <harbudiman@gmail.com>

>
>
> Mohon maaf, sebagai tambahan di tempat kerja saya hari sabtu adalah hari
> kerja juga jd hari kerja disini tanggal merah (hari minggu dan hari libur
> nasional), biasanya saya masukan hari minggu dan hari libur nasional secara
> manual
>
> Nuhun
> ------------------------------
> *From: * "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Tue, 24 May 2011 08:02:15 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Rumus Workday
>
>
>
> Itu tadi kemungkinan besar tidak sesuai dengan kehendak pak harry
> (untuk mancing agar pak hari memberi contoh kasusnya)
>
> Kemungkinan lain yg dikehendaki:
>
> Mulai Proses (A1) = 28 February 2011
> Harus selesai (B2) = 6 April 2011
>
> Jika di instansti pak harry berlaku seperti aturan tadi (Sabtu Minggu =
> bukan
> Hari Kerja, LiburNasional+ CurBer = bukan Hari Kerja)
>
> Ditanyakan (C1) : berapa HARI KERJA proses yg akan dijalani ?
> (hasil formula di C1 adalah tpe data bilangan bulat )
>
> Jika ini yg dikehendaki, maka formulanya berbasis fungsi NETWORKDAYS
>
> Pas pak harry membuka help penggunaan fungsi NETWORKDAYS dan
> mungkin juga fungsi WORKDAY, pas teman-teman mengirimkan contoh
> solusinya.
>
> Asik deh kayaknya...
>
> Oiya sebelum daku terlupa...
> kedua fungsi itu hanya ada di Excel jika Add-In Analysis Tool telah
> diaktifkan.
>
>
>
5f.

Re: Rumus Workday

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon May 23, 2011 7:30 pm (PDT)



lampiran, maaf....

2011/5/24 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> oh jadi Sabtu = Hari Kerja ya
>
> Kita tetap pakai INPUT *karangan kita sendiri *(Bapak harus setuju ! he he
> ..)
>
> Cell B4 = TanggalMulai = saya isi 28 Feb 2011
> Cell C4 = TanggalAkhir = diisi 6 Apr 2011
> Cell D4 = jumlah Hari kerja didapat dengan formula / OUTPUT nya
>
> *ArrayFormula*
> =SUM(N(WEEKDAY(ROW(INDIRECT(B4&":"&C4)))<>1))-
>
SUM(COUNTIF(DafLibur2011,ROW(INDIRECT(B4&":"&C4))))
>
> ArrayFormula itu berusaha mencari nilai Rentang Tgl Awal sd Tgl AKhir yang
> NILAI WEEKDAYnya bukan 1 (minggu)
> kalau hanya itu saja yg dihitung adalah hanya hari Seniin Sampai Sabtu
> saja..
> Maka perlu ditambahkan formula PENGURANG
> yaitu mengurangi jumlah hari yg nilai tanggalnya terdapat di DAFTAR HARI
> LIBUR
>
> *(Range berisi DaftarLibur di sheet 2 diberi nama DafLibur2011)*
>
> Oiya, jangan lupa ArrayFormula perlu dienter dengan Upacara Khusus
>
> di komputer ku hasil yang muncul = 32
>
>
> > 2011/5/24 harry budiman <harbudiman@gmail.com>
> >>
> >> Mohon maaf, sebagai tambahan di tempat kerja saya hari sabtu adalah hari
> kerja juga jd hari kerja disini tanggal merah (hari minggu dan hari libur
> nasional), biasanya saya masukan hari minggu dan hari libur nasional secara
> manual
> >> Nuhun
>
>
5g.

Re: Rumus Workday

Posted by: "harry budiman" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Mon May 23, 2011 7:48 pm (PDT)



Makasih banget bu siti dev...luar biasa hidup ini dgn berbagi..Alhamdulillah


-----Original Message-----
From: "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 24 May 2011 09:29:54
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus Workday

lampiran, maaf....


2011/5/24 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> oh jadi Sabtu = Hari Kerja ya
>
> Kita tetap pakai INPUT *karangan kita sendiri *(Bapak harus setuju ! he he
> ..)
>
> Cell B4 = TanggalMulai = saya isi 28 Feb 2011
> Cell C4 = TanggalAkhir = diisi 6 Apr 2011
> Cell D4 = jumlah Hari kerja didapat dengan formula / OUTPUT nya
>
> *ArrayFormula*
> =SUM(N(WEEKDAY(ROW(INDIRECT(B4&":"&C4)))<>1))-
>
SUM(COUNTIF(DafLibur2011,ROW(INDIRECT(B4&":"&C4))))
>
> ArrayFormula itu berusaha mencari nilai Rentang Tgl Awal sd Tgl AKhir yang
> NILAI WEEKDAYnya bukan 1 (minggu)
> kalau hanya itu saja yg dihitung adalah hanya hari Seniin Sampai Sabtu
> saja..
> Maka perlu ditambahkan formula PENGURANG
> yaitu mengurangi jumlah hari yg nilai tanggalnya terdapat di DAFTAR HARI
> LIBUR
>
> *(Range berisi DaftarLibur di sheet 2 diberi nama DafLibur2011)*
>
> Oiya, jangan lupa ArrayFormula perlu dienter dengan Upacara Khusus
>
> di komputer ku hasil yang muncul = 32
>
>
> > 2011/5/24 harry budiman <harbudiman@gmail.com>
> >>
> >> Mohon maaf, sebagai tambahan di tempat kerja saya hari sabtu adalah hari
> kerja juga jd hari kerja disini tanggal merah (hari minggu dan hari libur
> nasional), biasanya saya masukan hari minggu dan hari libur nasional secara
> manual
> >> Nuhun
>
>

6a.

Muh Nuh Haikal invites you to connect

Posted by: "Muh Nuh Haikal via Yahoo!" juz13_9999@yahoo.co.id   juz13_9999

Mon May 23, 2011 6:01 pm (PDT)



Join Muh Nuh Haikal on Yahoo! Messenger.

(your message goes here)

Stay in the loop with all your friends.
Get started : http://invite.msg.yahoo.com/invite?op=accept&intl=us&sig=pSxMFw5PIvQ3a1vcDUlafZd5Q3tLJcNTTBHSNlQKK.9QYzafjxIiyZVC

* Stay connected at home, at work, or on the go
* Have fun with games, emoticons, and more
* Join a community of over 100 million people from around the world

Join Your Friends : http://invite.msg.yahoo.com/invite?op=accept&intl=us&sig=pSxMFw5PIvQ3a1vcDUlafZd5Q3tLJcNTTBHSNlQKK.9QYzafjxIiyZVC

--
this email was sent to you by an automated system - please do not reply directly

6b.

Re: Muh Nuh Haikal invites you to connect

Posted by: "belajar-excel-owner@yahoogroups.com" belajar-excel-owner@yahoogroups.com

Mon May 23, 2011 6:08 pm (PDT)



lha wong milis kok diajak main "GINIan"
ya udah kartu kuning deh....

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Muh Nuh Haikal via Yahoo! <juz13_9999@...> wrote:
>
> Join Muh Nuh Haikal on Yahoo! Messenger.
>
> (your message goes here)

7a.

Bls: [belajar-excel] SIMPAN NOTA

Posted by: "Ahmad Fauzi" fauzietha@yahoo.co.id   fauzietha

Mon May 23, 2011 6:38 pm (PDT)



terima kasih mbak siti atas bantuannya, tapi saya kesulitan untuk
mengaplikasikan seperti yang mbak siti contohkan file excel saya karena nota
tersebut sekaligus merupakan form entry, jadi saya kesulitan untuk membuatnya
dari awal....

________________________________
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Sen, 23 Mei, 2011 12:16:39
Judul: Re: [belajar-excel] SIMPAN NOTA

Setiap nota tidak disimpan lembar per lembar (sheet)
tetapi DATANYA disimpan sebagai tabel (tiap Nota menjadi 1 baris dlm tbel)
Tabel bisa hanya 1 tetapi bisa juga 2 tabel (tabel anak & tabel induk)

Setiap baris tabel dapat di UNDANG ke sebuah FORMULIR
(formulir dibuat dari 1 sheet / form penampil data )

mengisi tabel juga juga bisa dilakukan dengan FORMULIR (yg juga dibuat dari
sheet)
formulir ini disebut FORM ENTRY

soal KAPAN mencetaknya menjadi nota, terserah...
- apakah ketika sedang diisikan ke Sheet Formulir (lalu di SAVE sbg data pada
tabel)
- atau dari sheet / form Penampil (yaitu data yg sudah ada di tabel)

Penampilannya ke sheet / FORM Penampil secara satu nota persatu nota
(1 baris d tabel >> ditampilkan menjadi selembar nota di FORM Penampil)
dengan cara memberi RUMUS semacam VLOOKUP (bisa juga dengan makro)

Coba dilihat contoh yg sudah ada (Simple Invoicing Sistem.xls)
bisa anda unduh "sendiri" ("dan teman teman juga") di warung sebelah
http://www.box.net/shared/dzuz701sqr

-siti-

2011/5/23 Ahmad Fauzi <fauzietha@yahoo.co.id>

Dear para master Excel,
>Mohon bantuannya dengan masalah pembuatan nota jasa bengkel.
>bagaimana caranya supaya data dari nota ini tersimpan tetapi tidak perlu copy
>paste sheet NOTA, karena selama ini untuk menyimpan data dari nota ini saya
>mengcopy paste sheet nota sesuai dengan nomor nota dan hal tersebut membuat file
>saya menjadi lebih besar sehingga lama untuk membukanya.
>Terima kasih atas bantuan para master Excel semua
>file terlampir....
>
>
8a.

Mohon Maaf karena VOOT

Posted by: "Muh Nuh Haikal" juz13_9999@yahoo.co.id   juz13_9999

Mon May 23, 2011 7:42 pm (PDT)



mohon dimaaf krn baru saja tmn lagi kotak-katik diemail aq
dy setting ym mlh to all my contact, yd jadi invited to
milis belajar-excel bahkan semuanya, s x lg mohon maaf...

---------- Forwarded message ----------
From: <belajar-excel-owner@yahoogroups.com>
Date: 2011/5/24
Subject: [belajar-excel] Re: Muh Nuh Haikal invites you to connect
To: belajar-excel@yahoogroups.com

lha wong milis kok diajak main "GINIan"
ya udah kartu kuning deh....

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Muh Nuh Haikal via Yahoo! <juz13_9999@...> wrote:
> Join Muh Nuh Haikal on Yahoo! Messenger.
> (your message goes here)

8b.

Bls: [belajar-excel] Mohon Maaf karena VOOT

Posted by: "ANTONIUS TEGUH" qsetya@yahoo.co.id   qsetya

Mon May 23, 2011 7:46 pm (PDT)



di maafkan..., soalnya saya juga sering oot...

--- Pada Sel, 24/5/11, Muh Nuh Haikal <juz13_9999@yahoo.co.id> menulis:

Dari: Muh Nuh Haikal <juz13_9999@yahoo.co.id>
Judul: [belajar-excel] Mohon Maaf karena VOOT
Kepada: "belajar excel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Selasa, 24 Mei, 2011, 8:44 AM

 

mohon dimaaf krn baru saja tmn lagi kotak-katik diemail aq

dy setting ym mlh to all my contact, yd jadi invited to

milis belajar-excel bahkan semuanya, s x lg mohon maaf...

---------- Forwarded message ----------

From: <belajar-excel-owner@yahoogroups.com>

Date: 2011/5/24

Subject: [belajar-excel] Re: Muh Nuh Haikal invites you to connect

To: belajar-excel@yahoogroups.com

lha wong milis kok diajak main "GINIan"

ya udah kartu kuning deh....

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Muh Nuh Haikal via Yahoo! <juz13_9999@...> wrote:

> Join Muh Nuh Haikal on Yahoo! Messenger.

> (your message goes here)

9.

copy multisheet

Posted by: "Andrie -" sioean2@yahoo.com   sioean2

Mon May 23, 2011 10:22 pm (PDT)



Mohon bantuannya bagaimana caranya buat macro copy data multisheet.
File terlampir.
Terima kasih
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar