Rabu, 28 September 2011

[belajar-excel] Digest Number 1339

Messages In This Digest (22 Messages)

Messages

1a.

Re: Dynamic range otomatis te-sort

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Sep 27, 2011 4:05 pm (PDT)



Begitu banyak yg sudah anda katakan dlm sheet 1 dan 3, sehingga kesan ketika
membaca email
berbalik ketika membuka workbook lampiran.

Kalau di email seperti pertanyaan, di sheet ternyata berupa penjelasan
(membuat sesuatu)
Dengan demikian sementara dapat disimpulkan
* Range Dinamis, * Range Name, Data Validation (> allow list), ketiganya
sudah anda ketahui
dengan baik.

berikut ini hanya hal-hal kecil yg saya tahu, barangkali ada manfaatnya
untuk members pemula
excel seperti saya...

- di workbook tsb hanya ada *satu Range Dinamis*, saat ini = A1:A3 dapat
dipanggil dengan
nama 'Categories' (lihat formula dlm NAMES)
[image: DynaRange.PNG]

- membuat data baru dalam range dinamis, tinggal menambahkan DATA BARU tsb
misalnya pada range dinamis (=Categories ) sekarang ada 3 data; anda ingin
menjadikan 5 data.
tinggal menuliskan misalnya di A4 = "Animal", di A5 = "Vehicles" (jangan
ada row kosong)
sebelum data terakhir
- dengan bertambah dua cell tsb range yg bernama Categories sekarang
sudah *MELUAS
sendiri*
(sebelumnya A1:A3 menjadi A1:A5), formula yg berbasis OFFSET itulah yg
"menyuruhnya"

- Karena ada 2 kategori baru, tentunya anda ingin punya daftar kedua
kategori itu.
dua DAFTAR ( kategori Animal dan kategori Vehicles) dapat anda tambahkan
di kolom E dan F.
- kedua daftar baru harus anda URUS seperti cara mengurus daftar lain yg
sudah ada
(mungkin gambar ini bisa memberi inspirasi..)
[image: Names.PNG]

wassalamualaikum wr wb
haps st lizbeth

2011/9/27 "imar" <imar.ap@gmail.com>

> **
>
> Dear rekan2
> 1. bagaimana data baru dalam dynamic range otomatis ter sortir (sheet
> lists)
> 2. Menambah data baru dalam dynamic range (sheet lists) dari range data
> validasi (sheet data validation)
>
> -- Mods --
> Coba sempatkan juga lihat-lihat atau cari di kasus terdahulu yang pernah
> masuk ke milis.
>
> Coba jalan-jalan ke
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
> kemudian search dengan key data validation
> -----------
>
2a.

WTA: transformer tabel

Posted by: "rizald al kaaf" r.alkaaf@gmail.com

Tue Sep 27, 2011 5:10 pm (PDT)



selamat pagi rekan2,

saya punya tabel agak banyak, hasil gabung make add in rdb merge

seperti terlampir

maunya agak dimodif2 sedikit

mohon bantuannya rekan2

terima kasih
2b.

Re: WTA: transformer tabel

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Sep 27, 2011 6:57 pm (PDT)



Sub MenormalkanTabelJilid7()
' dikodekan oleh haps, smg, 28-09-2011
' milis BeExcel Ref:
' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/13121
'----------------------------------------------------------
Dim TbRef As Range, TbHas As Range, RestoName As String
Dim i As Long, r As Long, c As Integer
On Error Resume Next
Set TbRef = Application.InputBox("Tentukan Range yg akan diproses.", _
"MenormalkanTabel Jilid VII", Selection.Address, , , , , 8)
Set TbHas = TbRef.Offset(2, TbRef.Columns.Count + 4)
TbRef(2, 1).Resize(1, TbRef.Columns.Count).Copy TbHas(0, 1)
TbRef(2, 1).Copy TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1)
TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1) = "NAMA RESTO"
For i = 1 To TbRef.Rows.Count
If Not IsDate(TbRef(i, 3).Value) Then
If TbRef(i + 1, 2).Value = "NAMA" Then RestoName = TbRef(i,
1).Value
Else
r = r + 1
For c = 1 To TbRef.Columns.Count
TbHas(r, c).Value = TbRef(i, c).Value
Next c
TbHas(r, c) = RestoName
End If
Next i
TbHas.CurrentRegion.Columns.AutoFit
End Sub

2011/9/28 rizald al kaaf <r.alkaaf@gmail.com>

> **
>
> selamat pagi rekan2,
> saya punya tabel agak banyak, hasil gabung make add in rdb merge
> seperti terlampir
> maunya agak dimodif2 sedikit
> mohon bantuannya rekan2
> terima kasih
> __._,_
>
2c.

Re: WTA: transformer tabel

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Sep 27, 2011 7:23 pm (PDT)



Selamat pagi Pak Rizald,

File terlampir mencoba menyusun data senormal mungkin. Jika nama dan
restoran bisa diwakili oleh id yang tersimpan disuatu tabel referensi,
mungkin jadi lebih bagus lagi.

Bunyi prosedurnya adalah :

Public Sub SimpanData()
Dim rngDT As Range, rngSource As Range
Dim rngRecord As Range, rngTarget As Range
Dim lRowFirst As Long, lRowCur As Long, lRecords As Long
Dim sResto As String

'init
Set rngTarget = Sheets("data").Range("a1")
Set rngSource = Columns("b:b").EntireColumn
Set rngDT = rngSource.Find("Created By")

'cek ada blok data
If rngDT Is Nothing Then
MsgBox "Tidak ada blok data dengan tanda 'Created By'"
Exit Sub
End If

'start proses
lRowFirst = rngDT.Row
lRowCur = 0
Do While lRowCur <> lRowFirst
Set rngRecord = rngDT.CurrentRegion.Resize(,
1) 'set kolom pertama blok
If WorksheetFunction.Count(rngRecord) > 0
Then 'cek ada record
sResto =
rngRecord.Resize(1).Value
'simpan nama resto
Set rngRecord = rngRecord.SpecialCells(xlCellTypeConstants,
xlNumbers) 'set range record
rngRecord.Offset(, 3).Value = Trim$(Left$(sResto, InStr(sResto &
",", ",") - 1)) 'set resto value
lRecords = lRecords +
rngRecord.Rows.Count 'jumlah cacah
record

'copas ke sheet data
rngRecord.Offset(, 1).Resize(, 3).Copy

rngTarget.Offset(rngTarget.CurrentRegion.Rows.Count).PasteSpecial
xlPasteValuesAndNumberFormats
End If

'blok berikutnya
Set rngDT = rngSource.FindNext(rngDT)
lRowCur = rngDT.Row
Loop

'aktifkan baris ini jika akan hapus kembali kolom restoran di data
source
'rngSource.Offset(, 3).ClearContents

'pesan akhir proses
MsgBox "Done." & vbCrLf & vbCrLf & _
"Jumlah record diproses : " & lRecords, vbInformation, "Simpan
Data"
End Sub

Regards.
Kid.

2011/9/28 rizald al kaaf <r.alkaaf@gmail.com>

> **
>
>
> selamat pagi rekan2,
>
> saya punya tabel agak banyak, hasil gabung make add in rdb merge
>
> seperti terlampir
>
> maunya agak dimodif2 sedikit
>
> mohon bantuannya rekan2
>
> terima kasih
>
>
>
2d.

Re: WTA: transformer tabel

Posted by: "rizald al kaaf" r.alkaaf@gmail.com

Tue Sep 27, 2011 7:26 pm (PDT)



thanks mr.nmkid and haps

saya coba aplikasikan dlu, kira2 mana yg cocok dengan keperluan

sekali lagi terima kasih banyak

On 9/28/11, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
> Selamat pagi Pak Rizald,
>
> File terlampir mencoba menyusun data senormal mungkin. Jika nama dan
> restoran bisa diwakili oleh id yang tersimpan disuatu tabel referensi,
> mungkin jadi lebih bagus lagi.
>
> Bunyi prosedurnya adalah :
>
> Public Sub SimpanData()
> Dim rngDT As Range, rngSource As Range
> Dim rngRecord As Range, rngTarget As Range
> Dim lRowFirst As Long, lRowCur As Long, lRecords As Long
> Dim sResto As String
>
> 'init
> Set rngTarget = Sheets("data").Range("a1")
> Set rngSource = Columns("b:b").EntireColumn
> Set rngDT = rngSource.Find("Created By")
>
> 'cek ada blok data
> If rngDT Is Nothing Then
> MsgBox "Tidak ada blok data dengan tanda 'Created By'"
> Exit Sub
> End If
>
> 'start proses
> lRowFirst = rngDT.Row
> lRowCur = 0
> Do While lRowCur <> lRowFirst
> Set rngRecord = rngDT.CurrentRegion.Resize(,
> 1) 'set kolom pertama blok
> If WorksheetFunction.Count(rngRecord) > 0
> Then 'cek ada record
> sResto =
> rngRecord.Resize(1).Value
> 'simpan nama resto
> Set rngRecord = rngRecord.SpecialCells(xlCellTypeConstants,
> xlNumbers) 'set range record
> rngRecord.Offset(, 3).Value = Trim$(Left$(sResto, InStr(sResto &
> ",", ",") - 1)) 'set resto value
> lRecords = lRecords +
> rngRecord.Rows.Count 'jumlah cacah
> record
>
> 'copas ke sheet data
> rngRecord.Offset(, 1).Resize(, 3).Copy
>
> rngTarget.Offset(rngTarget.CurrentRegion.Rows.Count).PasteSpecial
> xlPasteValuesAndNumberFormats
> End If
>
> 'blok berikutnya
> Set rngDT = rngSource.FindNext(rngDT)
> lRowCur = rngDT.Row
> Loop
>
> 'aktifkan baris ini jika akan hapus kembali kolom restoran di data
> source
> 'rngSource.Offset(, 3).ClearContents
>
> 'pesan akhir proses
> MsgBox "Done." & vbCrLf & vbCrLf & _
> "Jumlah record diproses : " & lRecords, vbInformation, "Simpan
> Data"
> End Sub
>
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/9/28 rizald al kaaf <r.alkaaf@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> selamat pagi rekan2,
>>
>> saya punya tabel agak banyak, hasil gabung make add in rdb merge
>>
>> seperti terlampir
>>
>> maunya agak dimodif2 sedikit
>>
>> mohon bantuannya rekan2
>>
>> terima kasih
>>
>>
>>
>

2e.

Re: WTA: transformer tabel

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Sep 27, 2011 7:57 pm (PDT)



sekedar perbaikan (sedikit )

Sub MenormalkanTabelJilid7()
' dikodekan oleh haps, smg, 28-09-2011
' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/13121
'----------------------------------------------------------
Dim TbRef As Range, TbHas As Range, RestoName As String
Dim i As Long, r As Long, c As Integer, *Ncol* As Integer
On Error *GoTo Ngisorr*
Set TbRef = Application.InputBox("Tentukan Range yg akan diproses.", _
"MenormalkanTabel Jilid VII", Selection.Address, , , , , 8)
*Ncol = TbRef.Columns.Count*
Set TbHas = TbRef.Offset(2, *Ncol* + 4)
TbRef(2, 1).Resize(1, *Ncol*).Copy TbHas(0, 1)
TbRef(2, 1).Copy TbHas(0, Ncol + 1)
TbHas(0,* Ncol* + 1) = "NAMA RESTO"
For i = 1 To TbRef.Rows.Count
If Not IsDate(TbRef(i, 3).Value) Then
If TbRef(i + 1, 2).Value = "NAMA" Then RestoName = TbRef(i,
1).Value
Else
r = r + 1
For c = 1 To *Ncol*
TbHas(r, c).Value = TbRef(i, c).Value
Next c
TbHas(r, c) = RestoName
End If
Next i
TbHas.CurrentRegion.Columns.AutoFit
*Ngisorr:*
End Sub

*note: *
TbRef = Range Tabel Asal (Tabel Referensi) dianggap 1 kesatuan tabel
TbHas = Range Tabel Hasil (membuat SATU Tabel yg "menyatu" (?))
On Error ... = khusus di prosedur ini untuk mengantisipasi jika user pencet
tombol Cancel pada InputBox
Nama Resto dideteksi jika ada *baris DI BAWAHNYA* yg di *kolom kedua* =
"NAMA"
(maka *Kolom pertama* pada *baris itu (baris yg indexnya =i) * diingat
sebagai Nama Resto)

pernik-pernik lain bisa dikembangkan sendiri kan !!
untuk saya, saya telah menutup kasus ini, karena biasanya si bapak ini,
jika bilang "*coba saya aplikasikan dulu*" artinya tidak akan ada kabar
kelanjutannya..
he he...

On Wed, Sep 28, 2011 at 8:57 AM, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com> wrote:

> Sub MenormalkanTabelJilid7()
> ' dikodekan oleh haps, smg, 28-09-2011
> ' milis BeExcel Ref:
> ' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/13121
> '----------------------------------------------------------
> Dim TbRef As Range, TbHas As Range, RestoName As String
> Dim i As Long, r As Long, c As Integer
> On Error Resume Next
> Set TbRef = Application.InputBox("Tentukan Range yg akan diproses.", _
> "MenormalkanTabel Jilid VII", Selection.Address, , , , , 8)
> Set TbHas = TbRef.Offset(2, TbRef.Columns.Count + 4)
> TbRef(2, 1).Resize(1, TbRef.Columns.Count).Copy TbHas(0, 1)
> TbRef(2, 1).Copy TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1)
> TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1) = "NAMA RESTO"
> For i = 1 To TbRef.Rows.Count
> If Not IsDate(TbRef(i, 3).Value) Then
> If TbRef(i + 1, 2).Value = "NAMA" Then RestoName = TbRef(i,
> 1).Value
> Else
> r = r + 1
> For c = 1 To TbRef.Columns.Count
> TbHas(r, c).Value = TbRef(i, c).Value
> Next c
> TbHas(r, c) = RestoName
> End If
> Next i
> TbHas.CurrentRegion.Columns.AutoFit
> End Sub
>
>
2f.

Update Tabel dari sheet lain...

Posted by: "zainul ulum <>" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Tue Sep 27, 2011 8:58 pm (PDT)



Be-exceler,
Misalnya saya mempunyai table di [sheet 1] dan [Sheet 2].
Table di [sheet 1] akan diupdate berdasarkan record dari [Sheet 2].

Bagaimanakah codenya (macro) agar record di [sheet 1] bisa terupdate
berdasarkan perubahan di [Sheet 2]?

Terimakasih,
-zainul-

2g.

Re: Update Tabel dari sheet lain...

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Sep 27, 2011 9:47 pm (PDT)



dulu, sudah lupa bulan / tahunnya, mba siti pernah membuat UDF Join

dua list jika di JOIN, berarti dua lis akan digabung, tetapi data kembar
hanya dimunculkan 1 kali
jika perlu hasil JOIN bisa diurutkan (sorted)

sementara belum sempat membuat /memodifikasi makro menjadi khusus untuk
keperluan
"sambil JOIN (kolom 1) juga sambil SUMIF (kolom 2)"

saya yakin mas zainul ulum bisa memodifikasi makro tsb agar
dapat mengerjakan keperluan
yg diajukan tsb, mungkin berupa prosedur Sub bukan FUnction lebih
cuocokk....

ini sudah seijin mbak siti contoh UDF JOINT dilampirkan di sini

'---text / VBA codeing UDF Join

Function JOIN(List1 As Range, List2 As Range, _
Optional N As Long = 0, _
Optional Urutkan As Boolean = False)
'=== siti Vi : Fungsi JOIN : menggabung dua List, jika pada List2
' ada data kembar dengan List 1 akan dihilangkan
' jika perlu diurutkan
'=================================================================
Dim i As Long, u As Long, ARR() As String, strData As String, tip
strData = ""

For i = 1 To List1.Cells.Count
strData = strData & List1(i) & ","
Next i

For i = 1 To List2.Cells.Count
If InStr(1, strData, List2(i)) < 1 Then strData = strData & List2(i) &
","
Next i
If Right(strData, 1) = "," Then strData = Left(strData, Len(strData) - 1)
ARR = Split(strData, ",")

If Urutkan Then
For i = LBound(ARR) To UBound(ARR) - 1
For u = LBound(ARR) To UBound(ARR) - 1
If ARR(u) > ARR(u + 1) Then tip = ARR(u): ARR(u) = ARR(u + 1):
ARR(u + 1) = tip
Next u
Next i
End If

If N > 0 Then JOIN = ARR(N - 1) Else JOIN =
WorksheetFunction.Transpose(ARR)
End Function

2011/9/28 zainul ulum <<yahoo>> <zainul_ulum@yahoo.com>

> **
>
> Be-exceler,
> Misalnya saya mempunyai table di [sheet 1] dan [Sheet 2].
> Table di [sheet 1] akan diupdate berdasarkan record dari [Sheet 2].
>
> Bagaimanakah codenya (macro) agar record di [sheet 1] bisa terupdate
> berdasarkan perubahan di [Sheet 2]?
>
> Terimakasih,
> -zainul-
>
>
>
2h.

Re: WTA: transformer tabel

Posted by: "rizald al kaaf" r.alkaaf@gmail.com

Wed Sep 28, 2011 12:55 am (PDT)



wadao.......kelakuan saya dipantau nih :p

mohon maaf kalo sebelum2nya suka lupa report perkembangannya,,tapi
bukan disengaja dilupakan yang jelas.......dan yg jelas lagi pasti
solusi dr rekan2 bermanfaat atau cocok untuk diaplikasikan hehe kalo
ga cocok/ga bisa kan pasti saya tanya lagi hehehe

untuk yg ini ASAP dikabarin...
secara garis besar yg dr mr.kid itu seperti yg saya inginkan karena
tidak merubah bentuk tabel, namun itu copasnya kok ga mirip dengan
cell yg berisi nama resto

kalo dari haps yg versi pertama, manteb juga jadi semacam database,
cuma itu kok jadi merubah bentuk tabel ya hehe nanti kalo mau dicetak
musti setting macem2 lagi dong
kalo yg versi 2 belum coba lagi
kaboeerr dulu,,masi dikejar laporan ;p

trims banyak rekan2

On 9/28/11, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com> wrote:
> sekedar perbaikan (sedikit )
>
> Sub MenormalkanTabelJilid7()
> ' dikodekan oleh haps, smg, 28-09-2011
> ' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/13121
> '----------------------------------------------------------
> Dim TbRef As Range, TbHas As Range, RestoName As String
> Dim i As Long, r As Long, c As Integer, *Ncol* As Integer
> On Error *GoTo Ngisorr*
> Set TbRef = Application.InputBox("Tentukan Range yg akan diproses.", _
> "MenormalkanTabel Jilid VII", Selection.Address, , , , , 8)
> *Ncol = TbRef.Columns.Count*
> Set TbHas = TbRef.Offset(2, *Ncol* + 4)
> TbRef(2, 1).Resize(1, *Ncol*).Copy TbHas(0, 1)
> TbRef(2, 1).Copy TbHas(0, Ncol + 1)
> TbHas(0,* Ncol* + 1) = "NAMA RESTO"
> For i = 1 To TbRef.Rows.Count
> If Not IsDate(TbRef(i, 3).Value) Then
> If TbRef(i + 1, 2).Value = "NAMA" Then RestoName = TbRef(i,
> 1).Value
> Else
> r = r + 1
> For c = 1 To *Ncol*
> TbHas(r, c).Value = TbRef(i, c).Value
> Next c
> TbHas(r, c) = RestoName
> End If
> Next i
> TbHas.CurrentRegion.Columns.AutoFit
> *Ngisorr:*
> End Sub
>
> *note: *
> TbRef = Range Tabel Asal (Tabel Referensi) dianggap 1 kesatuan tabel
> TbHas = Range Tabel Hasil (membuat SATU Tabel yg "menyatu" (?))
> On Error ... = khusus di prosedur ini untuk mengantisipasi jika user pencet
> tombol Cancel pada InputBox
> Nama Resto dideteksi jika ada *baris DI BAWAHNYA* yg di *kolom kedua* =
> "NAMA"
> (maka *Kolom pertama* pada *baris itu (baris yg indexnya =i) * diingat
> sebagai Nama Resto)
>
> pernik-pernik lain bisa dikembangkan sendiri kan !!
> untuk saya, saya telah menutup kasus ini, karena biasanya si bapak ini,
> jika bilang "*coba saya aplikasikan dulu*" artinya tidak akan ada kabar
> kelanjutannya..
> he he...
>
>
>
>
> On Wed, Sep 28, 2011 at 8:57 AM, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com> wrote:
>
>> Sub MenormalkanTabelJilid7()
>> ' dikodekan oleh haps, smg, 28-09-2011
>> ' milis BeExcel Ref:
>> ' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/13121
>> '----------------------------------------------------------
>> Dim TbRef As Range, TbHas As Range, RestoName As String
>> Dim i As Long, r As Long, c As Integer
>> On Error Resume Next
>> Set TbRef = Application.InputBox("Tentukan Range yg akan diproses.", _
>> "MenormalkanTabel Jilid VII", Selection.Address, , , , , 8)
>> Set TbHas = TbRef.Offset(2, TbRef.Columns.Count + 4)
>> TbRef(2, 1).Resize(1, TbRef.Columns.Count).Copy TbHas(0, 1)
>> TbRef(2, 1).Copy TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1)
>> TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1) = "NAMA RESTO"
>> For i = 1 To TbRef.Rows.Count
>> If Not IsDate(TbRef(i, 3).Value) Then
>> If TbRef(i + 1, 2).Value = "NAMA" Then RestoName = TbRef(i,
>> 1).Value
>> Else
>> r = r + 1
>> For c = 1 To TbRef.Columns.Count
>> TbHas(r, c).Value = TbRef(i, c).Value
>> Next c
>> TbHas(r, c) = RestoName
>> End If
>> Next i
>> TbHas.CurrentRegion.Columns.AutoFit
>> End Sub
>>
>>
>

2i.

Re: WTA: transformer tabel

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Sep 28, 2011 1:48 am (PDT)



Coba ganti bagian yang berbunyi :
*Trim$(Left$(sResto, InStr(sResto & ",", ",") - 1))*
menjadi
*sResto*
Resikonya, tabel database normal di sheet Data akan jadi relatif gak normal
lagi, meski tampilan didata source bagus menurut Anda, tetapi tidak bagus
untuk proses belakangnya.

Ketika data akan disimpan sebagai sebuah database yang baik, maka susunan
nama restoran dan tahun sebagai sebuah field kuranglah memenuhi kaidah
database.
Hal ini disebabkan telah hadirnya kolom tanggal yang sudah memiliki data
tahun.

Konsep data berkaidah database, selalu meletakkan data sebagai suatu yang
sederhana sekali. Oleh sebab itu diawal dongeng sudah diwanthi-wanthi.
Bunyinya begini :
"Jika nama dan restoran bisa diwakili oleh id yang tersimpan disuatu tabel
referensi, mungkin jadi lebih bagus lagi."

Dengan konsep database, maka mau tak mau, akan ada 3 proses besar yang
*seringnya
*diletakkan pada aplikasi yang berbeda (hanya seringnya kok), yaitu :
>> Sisi Input
>> Sisi Ekstraksi dan transformasi
>> Sisi Output

Jika dianggapnya pemisahan seperti itu malah membuat ribet dan membingungkan
dan menghabiskan waktu dan tidak efisien, ya sudah apa mau dikata. Silakan
ganti bagian seperti yang disarankan diatas.

Tapi, jika ingin dengan 1 kali proses lalu bisa digunakan untuk membuat
daftar pengunjung yang paling sering datang dalam triwulan terakhir dsb
tanpa ribet, sebaiknya bersedia memahami konsep database.

Regards.
Kid.

2011/9/28 rizald al kaaf <r.alkaaf@gmail.com>

> **
>
>
> wadao.......kelakuan saya dipantau nih :p
>
> mohon maaf kalo sebelum2nya suka lupa report perkembangannya,,tapi
> bukan disengaja dilupakan yang jelas.......dan yg jelas lagi pasti
> solusi dr rekan2 bermanfaat atau cocok untuk diaplikasikan hehe kalo
> ga cocok/ga bisa kan pasti saya tanya lagi hehehe
>
> untuk yg ini ASAP dikabarin...
> secara garis besar yg dr mr.kid itu seperti yg saya inginkan karena
> tidak merubah bentuk tabel, namun itu copasnya kok ga mirip dengan
> cell yg berisi nama resto
>
> kalo dari haps yg versi pertama, manteb juga jadi semacam database,
> cuma itu kok jadi merubah bentuk tabel ya hehe nanti kalo mau dicetak
> musti setting macem2 lagi dong
> kalo yg versi 2 belum coba lagi
> kaboeerr dulu,,masi dikejar laporan ;p
>
> trims banyak rekan2
>
>
> On 9/28/11, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com> wrote:
> > sekedar perbaikan (sedikit )
> >
> > Sub MenormalkanTabelJilid7()
> > ' dikodekan oleh haps, smg, 28-09-2011
> > ' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/13121
> > '----------------------------------------------------------
> > Dim TbRef As Range, TbHas As Range, RestoName As String
> > Dim i As Long, r As Long, c As Integer, *Ncol* As Integer
> > On Error *GoTo Ngisorr*
> > Set TbRef = Application.InputBox("Tentukan Range yg akan diproses.", _
> > "MenormalkanTabel Jilid VII", Selection.Address, , , , , 8)
> > *Ncol = TbRef.Columns.Count*
> > Set TbHas = TbRef.Offset(2, *Ncol* + 4)
> > TbRef(2, 1).Resize(1, *Ncol*).Copy TbHas(0, 1)
> > TbRef(2, 1).Copy TbHas(0, Ncol + 1)
> > TbHas(0,* Ncol* + 1) = "NAMA RESTO"
> > For i = 1 To TbRef.Rows.Count
> > If Not IsDate(TbRef(i, 3).Value) Then
> > If TbRef(i + 1, 2).Value = "NAMA" Then RestoName = TbRef(i,
> > 1).Value
> > Else
> > r = r + 1
> > For c = 1 To *Ncol*
> > TbHas(r, c).Value = TbRef(i, c).Value
> > Next c
> > TbHas(r, c) = RestoName
> > End If
> > Next i
> > TbHas.CurrentRegion.Columns.AutoFit
> > *Ngisorr:*
> > End Sub
> >
> > *note: *
> > TbRef = Range Tabel Asal (Tabel Referensi) dianggap 1 kesatuan tabel
> > TbHas = Range Tabel Hasil (membuat SATU Tabel yg "menyatu" (?))
> > On Error ... = khusus di prosedur ini untuk mengantisipasi jika user
> pencet
> > tombol Cancel pada InputBox
> > Nama Resto dideteksi jika ada *baris DI BAWAHNYA* yg di *kolom kedua* =
> > "NAMA"
> > (maka *Kolom pertama* pada *baris itu (baris yg indexnya =i) * diingat
> > sebagai Nama Resto)
> >
> > pernik-pernik lain bisa dikembangkan sendiri kan !!
> > untuk saya, saya telah menutup kasus ini, karena biasanya si bapak ini,
> > jika bilang "*coba saya aplikasikan dulu*" artinya tidak akan ada kabar
> > kelanjutannya..
> > he he...
> >
> >
> >
> >
> > On Wed, Sep 28, 2011 at 8:57 AM, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> wrote:
> >
> >> Sub MenormalkanTabelJilid7()
> >> ' dikodekan oleh haps, smg, 28-09-2011
> >> ' milis BeExcel Ref:
> >> ' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/13121
> >> '----------------------------------------------------------
> >> Dim TbRef As Range, TbHas As Range, RestoName As String
> >> Dim i As Long, r As Long, c As Integer
> >> On Error Resume Next
> >> Set TbRef = Application.InputBox("Tentukan Range yg akan diproses.", _
> >> "MenormalkanTabel Jilid VII", Selection.Address, , , , , 8)
> >> Set TbHas = TbRef.Offset(2, TbRef.Columns.Count + 4)
> >> TbRef(2, 1).Resize(1, TbRef.Columns.Count).Copy TbHas(0, 1)
> >> TbRef(2, 1).Copy TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1)
> >> TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1) = "NAMA RESTO"
> >> For i = 1 To TbRef.Rows.Count
> >> If Not IsDate(TbRef(i, 3).Value) Then
> >> If TbRef(i + 1, 2).Value = "NAMA" Then RestoName = TbRef(i,
> >> 1).Value
> >> Else
> >> r = r + 1
> >> For c = 1 To TbRef.Columns.Count
> >> TbHas(r, c).Value = TbRef(i, c).Value
> >> Next c
> >> TbHas(r, c) = RestoName
> >> End If
> >> Next i
> >> TbHas.CurrentRegion.Columns.AutoFit
> >> End Sub
> >>
> >>
> >
>
>
>
2j.

Re: WTA: transformer tabel

Posted by: "rizald al kaaf" r.alkaaf@gmail.com

Wed Sep 28, 2011 2:13 am (PDT)



ternyata itu maksutnya hehe
awalnya saya mikirnya, ngapain diilangin itu tahunnya, kan nanti
tinggal pake =right kek =mid kek hehe gampang hehe

ternyata sudah dipikirkan lebih jauh

yg dari mbk haps...itu bener2 praktek dukun, langsung jadi database ;p

case close pokoknya

terima kasih banyak

On 9/28/11, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
> Coba ganti bagian yang berbunyi :
> *Trim$(Left$(sResto, InStr(sResto & ",", ",") - 1))*
> menjadi
> *sResto*
> Resikonya, tabel database normal di sheet Data akan jadi relatif gak normal
> lagi, meski tampilan didata source bagus menurut Anda, tetapi tidak bagus
> untuk proses belakangnya.
>
> Ketika data akan disimpan sebagai sebuah database yang baik, maka susunan
> nama restoran dan tahun sebagai sebuah field kuranglah memenuhi kaidah
> database.
> Hal ini disebabkan telah hadirnya kolom tanggal yang sudah memiliki data
> tahun.
>
> Konsep data berkaidah database, selalu meletakkan data sebagai suatu yang
> sederhana sekali. Oleh sebab itu diawal dongeng sudah diwanthi-wanthi.
> Bunyinya begini :
> "Jika nama dan restoran bisa diwakili oleh id yang tersimpan disuatu tabel
> referensi, mungkin jadi lebih bagus lagi."
>
> Dengan konsep database, maka mau tak mau, akan ada 3 proses besar yang
> *seringnya
> *diletakkan pada aplikasi yang berbeda (hanya seringnya kok), yaitu :
>>> Sisi Input
>>> Sisi Ekstraksi dan transformasi
>>> Sisi Output
>
> Jika dianggapnya pemisahan seperti itu malah membuat ribet dan membingungkan
> dan menghabiskan waktu dan tidak efisien, ya sudah apa mau dikata. Silakan
> ganti bagian seperti yang disarankan diatas.
>
> Tapi, jika ingin dengan 1 kali proses lalu bisa digunakan untuk membuat
> daftar pengunjung yang paling sering datang dalam triwulan terakhir dsb
> tanpa ribet, sebaiknya bersedia memahami konsep database.
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/9/28 rizald al kaaf <r.alkaaf@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> wadao.......kelakuan saya dipantau nih :p
>>
>> mohon maaf kalo sebelum2nya suka lupa report perkembangannya,,tapi
>> bukan disengaja dilupakan yang jelas.......dan yg jelas lagi pasti
>> solusi dr rekan2 bermanfaat atau cocok untuk diaplikasikan hehe kalo
>> ga cocok/ga bisa kan pasti saya tanya lagi hehehe
>>
>> untuk yg ini ASAP dikabarin...
>> secara garis besar yg dr mr.kid itu seperti yg saya inginkan karena
>> tidak merubah bentuk tabel, namun itu copasnya kok ga mirip dengan
>> cell yg berisi nama resto
>>
>> kalo dari haps yg versi pertama, manteb juga jadi semacam database,
>> cuma itu kok jadi merubah bentuk tabel ya hehe nanti kalo mau dicetak
>> musti setting macem2 lagi dong
>> kalo yg versi 2 belum coba lagi
>> kaboeerr dulu,,masi dikejar laporan ;p
>>
>> trims banyak rekan2
>>
>>
>> On 9/28/11, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com> wrote:
>> > sekedar perbaikan (sedikit )
>> >
>> > Sub MenormalkanTabelJilid7()
>> > ' dikodekan oleh haps, smg, 28-09-2011
>> > ' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/13121
>> > '----------------------------------------------------------
>> > Dim TbRef As Range, TbHas As Range, RestoName As String
>> > Dim i As Long, r As Long, c As Integer, *Ncol* As Integer
>> > On Error *GoTo Ngisorr*
>> > Set TbRef = Application.InputBox("Tentukan Range yg akan diproses.", _
>> > "MenormalkanTabel Jilid VII", Selection.Address, , , , , 8)
>> > *Ncol = TbRef.Columns.Count*
>> > Set TbHas = TbRef.Offset(2, *Ncol* + 4)
>> > TbRef(2, 1).Resize(1, *Ncol*).Copy TbHas(0, 1)
>> > TbRef(2, 1).Copy TbHas(0, Ncol + 1)
>> > TbHas(0,* Ncol* + 1) = "NAMA RESTO"
>> > For i = 1 To TbRef.Rows.Count
>> > If Not IsDate(TbRef(i, 3).Value) Then
>> > If TbRef(i + 1, 2).Value = "NAMA" Then RestoName = TbRef(i,
>> > 1).Value
>> > Else
>> > r = r + 1
>> > For c = 1 To *Ncol*
>> > TbHas(r, c).Value = TbRef(i, c).Value
>> > Next c
>> > TbHas(r, c) = RestoName
>> > End If
>> > Next i
>> > TbHas.CurrentRegion.Columns.AutoFit
>> > *Ngisorr:*
>> > End Sub
>> >
>> > *note: *
>> > TbRef = Range Tabel Asal (Tabel Referensi) dianggap 1 kesatuan tabel
>> > TbHas = Range Tabel Hasil (membuat SATU Tabel yg "menyatu" (?))
>> > On Error ... = khusus di prosedur ini untuk mengantisipasi jika user
>> pencet
>> > tombol Cancel pada InputBox
>> > Nama Resto dideteksi jika ada *baris DI BAWAHNYA* yg di *kolom kedua* =
>> > "NAMA"
>> > (maka *Kolom pertama* pada *baris itu (baris yg indexnya =i) * diingat
>> > sebagai Nama Resto)
>> >
>> > pernik-pernik lain bisa dikembangkan sendiri kan !!
>> > untuk saya, saya telah menutup kasus ini, karena biasanya si bapak ini,
>> > jika bilang "*coba saya aplikasikan dulu*" artinya tidak akan ada kabar
>> > kelanjutannya..
>> > he he...
>> >
>> >
>> >
>> >
>> > On Wed, Sep 28, 2011 at 8:57 AM, Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>> wrote:
>> >
>> >> Sub MenormalkanTabelJilid7()
>> >> ' dikodekan oleh haps, smg, 28-09-2011
>> >> ' milis BeExcel Ref:
>> >> ' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/13121
>> >> '----------------------------------------------------------
>> >> Dim TbRef As Range, TbHas As Range, RestoName As String
>> >> Dim i As Long, r As Long, c As Integer
>> >> On Error Resume Next
>> >> Set TbRef = Application.InputBox("Tentukan Range yg akan diproses.", _
>> >> "MenormalkanTabel Jilid VII", Selection.Address, , , , , 8)
>> >> Set TbHas = TbRef.Offset(2, TbRef.Columns.Count + 4)
>> >> TbRef(2, 1).Resize(1, TbRef.Columns.Count).Copy TbHas(0, 1)
>> >> TbRef(2, 1).Copy TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1)
>> >> TbHas(0, TbRef.Columns.Count + 1) = "NAMA RESTO"
>> >> For i = 1 To TbRef.Rows.Count
>> >> If Not IsDate(TbRef(i, 3).Value) Then
>> >> If TbRef(i + 1, 2).Value = "NAMA" Then RestoName = TbRef(i,
>> >> 1).Value
>> >> Else
>> >> r = r + 1
>> >> For c = 1 To TbRef.Columns.Count
>> >> TbHas(r, c).Value = TbRef(i, c).Value
>> >> Next c
>> >> TbHas(r, c) = RestoName
>> >> End If
>> >> Next i
>> >> TbHas.CurrentRegion.Columns.AutoFit
>> >> End Sub
>> >>
>> >>
>> >
>>
>>
>>
>

2k.

Re: Update Tabel dari sheet lain...

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Wed Sep 28, 2011 8:39 am (PDT)



Pak Zainal,

Ada sedikit kesalahan teknis dalam No ID pada Sheet Update, tertulis 1 untuk C seharusnya 3
Berikut adalah lampiran file sebelum dan sesudah Update.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "zainul ulum <<yahoo>>" <zainul_ulum@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 28 September 2011 9:53 AM
Subject: [belajar-excel] Update Tabel dari sheet lain...

 
Be-exceler,
Misalnya saya mempunyai table di [sheet 1] dan [Sheet 2].
Table di [sheet 1] akan diupdate berdasarkan record dari [Sheet 2].

Bagaimanakah codenya (macro) agar record di [sheet 1] bisa terupdate
berdasarkan perubahan di [Sheet 2]?

Terimakasih,
-zainul-

3.

RE:Re: [belajar-excel] Dynamic range otomatis te-sort

Posted by: ""imar"" imar.ap@gmail.com   baz.giglo

Tue Sep 27, 2011 7:13 pm (PDT)



Maaf ada yang lupa saya tulis, bagaimana jika tidak menggunakan macro tetapi menggunakan formula untuk meng-sort-nya, atau dengan kata lain macro yang ada diganti dengan formula.

//BR
4a.

mencari kesesuian nilai dari beberapa kriteria yang memiliki range

Posted by: "yulian nugroho" yuliannug@gmail.com   yuliannug

Tue Sep 27, 2011 8:58 pm (PDT)



kawans,
bantuin aku ya ..
1. ada beberapa produk yang memiliki* nama produk* berikut *spesifikasi
teknis* masing2 (memiliki range)
2. ditemukan beberapa barang *tanpa identitas nama produk* namun memiliki
informasi spesifikasi teknis tertentu

nah, bantuin dong formulanya buat ngedapetin nama produk yang sesuai dengan
spesifikasi teknis yang ada
dimungkinkan juga ditemukan spesifikasi yang memenuhi syarat spesifikasi
beberapa produk,
atau bahkan sama sekali tak ada yang memiliki kesesuaian spesifikasi

lebih detil lihat lampiran ...
*agak mendesak nih

tengkyu
yulian
4b.

Re: mencari kesesuian nilai dari beberapa kriteria yang memiliki ran

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Sep 28, 2011 1:12 am (PDT)



Halo Yulian,
Coba formula berikut :
=($I5>=MIN(OFFSET($C$5,L$2,0,1,MIN(MATCH($H5,$C$2:$F$2,1)+(LEN(OFFSET($C$5,L$2,MATCH($H5,$C$2:$F$2,1)-1))=0),4))))*($J5>=MIN(OFFSET($C$6,L$2,0,1,MIN(MATCH($H5,$C$2:$F$2,1)+(LEN(OFFSET($C$6,L$2,MATCH($H5,$C$2:$F$2,1)-1))=0),4))))*($K5>=MIN(OFFSET($C$7,L$2,0,1,MIN(MATCH($H5,$C$2:$F$2,1)+(LEN(OFFSET($C$7,L$2,MATCH($H5,$C$2:$F$2,1)-1))=0),4))))

Formula di atas membuatuhkan cel bantu di C2:F2 dan L2. Untuk lebih
jelasnya, silakan lihat di file terlampir.

Salam.
Kid.

2011/9/28 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com>

> **
>
>
> kawans,
> bantuin aku ya ..
> 1. ada beberapa produk yang memiliki* nama produk* berikut *spesifikasi
> teknis* masing2 (memiliki range)
> 2. ditemukan beberapa barang *tanpa identitas nama produk* namun memiliki
> informasi spesifikasi teknis tertentu
>
> nah, bantuin dong formulanya buat ngedapetin nama produk yang sesuai dengan
> spesifikasi teknis yang ada
> dimungkinkan juga ditemukan spesifikasi yang memenuhi syarat spesifikasi
> beberapa produk,
> atau bahkan sama sekali tak ada yang memiliki kesesuaian spesifikasi
>
> lebih detil lihat lampiran ...
> *agak mendesak nih
>
> tengkyu
> yulian
>
>
5a.

Re: Combine Formulas but Result is Different > next (Conditional For

Posted by: "Fano The Miner" fano.theminer@gmail.com

Wed Sep 28, 2011 12:04 am (PDT)



Dear Mr. KID,

Thank you so Much utk penjelasannya...
Great explanation....' great knowledge..

Regards

Fano.

From: belajar-excel@yahoogroups.com
[mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Kid Mr.
Sent: Monday, September 26, 2011 5:26 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Combine Formulas but Result is Different
> next (Conditional Formating)

Dear Fano,

= IF( ISERROR(V21) , "??" , V21 ) <> IF( ISERROR(V5) ,
"??" , V5 )

Bagaimana jika telah diberi jarak antar elemennya seperti di atas ?
Ada yang masih membingungkan ?

1. Operator <> artinya bukan sama dengan ( != )
Bahasa manusianya :
"bagian kiri (kalkulasi terhadap cell V21) apakah bukan sama
dengan bagian kanan (kalkulasi terhdap cell V5) ?"

2. Setiap bagian memiliki 4 elemen utama, yaitu :
>> Fungsi IF untuk memilih berdasar suatu kondisi.
>> IsError( suatu_ekspresi ) untuk memeriksa apakah suatu_ekspresi
tersebut (dalam hal ini nilai di sebuah cell) adalah error value,
dan dalam kasus ini digunakan sebagai kondisi dari fungsi IF
>> V21 atau V5 sebagai nilai jika kondisi bernilai FALSE (artinya
V21 bukan bernilai error value, ketika suatu_ekspresi adalah V21)
>> "??" adalah nilai jika kondisi bernilai TRUE.
Kenapa dipilih ?? dan bukan ## atau yang lainnya ? (Karena
moodnya sedang suka dengan karakter tanda tanya saja.)
Karakter tanda tanya dipilih karena diperkirakan tidak
digunakan sebagai karakter dalam nilai data.

Yang jelas begini duduk perkaranya : (anggap ekspresi dalam
IsError adalah V21) Nilai di V21 bisa berupa :
1. Angka (bisa jadi memang nilai data bertipe numerik)
2. Teks (bisa jadi memang nilai data bertipe text), yang
kemungkinan tidak menggunakan karakter tanda tanya.
3. Formula memanfaatkan NullString ( "" ) sebagai salah satu
output, jadi tidak mungkin error value diganti dengan null string,
karena akan menjadi ambigu antara NullString hasil
formula dengan nullstring akibat hasil formula yang error value.

Jika dilihat sekilas, untuk data yang bertipe numerik seperti data
Anda, pemilihan karakter seperti itu bisa jadi tidak terlalu beresiko.
Ketika konsep yang sama diterapkan ke data yang bertipe text, bisa
jadi akan muncul tuntutan untuk menghindari suatu nilai yang ambigu.

Regards.
Kid.
2011/9/26 Fano The Miner
<fano.theminer@gmail.com<mailto:fano.theminer@gmail.com>>
Dear Mr. Kid..

Terima Kasih atas penjelasannya.. Saya sudah mulai memahami sedikit
tentang "kelakuan berbeda jika diletakkan dalam sebuah cell di banding
pada sebuah blok array" - berdasarkan illustrasi Mr. Kid.
Sementara saya masih coba perdalam lagi, jika ada masalah berikutnya
akan saya tanyakan lagi, mohon pencerahannya... dan terima kasih juga
atas solusi baru dari Mr. kid.

Ada 1 hal "baru" buat saya, yang membuat saya tertarik untuk bertanya.
It's about "Conditional Formating".. :)
Conditional Formating berdasarkan formula. Saya ingin bertanya, apa
fungsi karakter warna merah di bawah ini? ("??" , "<>")

=IF(ISERROR(V21),"??",V21)<>IF(ISERROR(V5),"??",V5)

Thank You Very Much
Regards,

Fano

From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
[mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>]
On Behalf Of Kid Mr.
Sent: Sunday, September 25, 2011 8:53 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Combine Formulas but Result is Different
Dear Fano,

Tampaknya beberapa fungsi memiliki kelakuan yang sedikit berbeda
ketika diletakkan dalam sebuah cell dibanding pada sebuah blok array.
Semoga file terlampir bisa memberi gambaran awal tentang hal ini.

Regards.
Kid.
2011/9/25 Fano The Miner
<fano.theminer@gmail.com<mailto:fano.theminer@gmail.com>>
DEAR ALL PAKAR EXCEL Mohon bantuannya.. :)

Saya ingin mendapatkan hasil seperti di kolom RESULT "tanpa"
tergantung pada kolom ARRAY dengan kata lain, saya ingin memperoleh
hasil seperti di kolom RESULT namun formula-nya di gabungkan dengan
formula yang di kolom ARRAY, tapi hasilnya kok BEDA yah?? Apakah cara
saya ada yang keliru? Mohon Bantuannya.. :)

Lebih Jelasnya Terlampir File..

Salam...

Fano.

________________________________

"This email (including attachments) is intended only for personal and
confidential use of designated recipient(s). If you are not the
intended recipient, you are hereby notified that any review,
dissemination, distribution or copying of this email (including
attachments) is strictly prohibited and you must delete this email
(including attachments) immediately.

Email transmission cannot be guaranteed to be error-free. Therefore,
we do not represent that this information is complete or accurate and
it should not be relied upon as such. Although PT Antam (Persero) Tbk
is implementing anti virus software for this email and attachments, PT
Antam (Persero) Tbk accepts no liability for any damage caused by any
viruses and malicious codes transmitted by this email. The receiver is
responsible for checking and deleting any viruses and malicious codes
as a result of email transmission".

"We are not in a position to advise you, we are not advising you, and
the contents of this e-mail must not be construed as any advice to
you, on (a)whether to purchase any of our securities or, (b) if you
hold an investment in our securities, the value of your investment or
how or whether you can affect any trades relating to your investment.
These queries should be addressed to a licensed broker or your broker
from or through whom you bought the relevant investment,
respectively."

6a.

masalah excel :: biasanya disebut LookUp tengok kiri Pak

Posted by: "Tarigan Mergana" anwartarigan@gmail.com

Wed Sep 28, 2011 1:37 am (PDT)



Dear Pemerhati excel,

saya mau nanya dong,( File terlampir) mungkin masalah biasa tapi saya belum
dapat mengerti.

Terimakasih atas bantuan master sekalian.

Salam,

--- Mods ---
Untuk posting berikutnya, dimohon dengan sangat ya Pak untuk :
1. memberi judul thread yang menggambarkan permasalahan.
>> Jadi BeExceler lain bisa dengan mudah mencari thread tersebut ketika punya masalah yang mirip.

2. cerita sedikit tentang permasalahannya di body email.
>> Tidak semua BeExceler diset status terima emailnya bisa menerima file attachment.

Lebih baik dan lengkap jika sebelum postingan kedua, disempatkan baca peraturan milis.
-------------
6b.

Bls: [belajar-excel] masalah excel :: biasanya disebut LookUp tengok

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@yahoo.co.id   dwint.ruswanto

Wed Sep 28, 2011 2:00 am (PDT)



gunakan fungsi ini:
 
=INDEX('Trial Balance'!$A$12:$B$13;MATCH('Jr. Kas  '!H10;'Trial Balance'!$B$12:$B$13;0);1)
 
Syntax:
 
=index(array, baris, kolom)
 
Penjelasan lebih lanjutnya kalo lagi ada waktu luang ya.. :)
 
wassalam,
 
dwint

 

________________________________
Dari: Tarigan Mergana <anwartarigan@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 28 September 2011 14:40
Judul: [belajar-excel] masalah excel :: biasanya disebut LookUp tengok kiri Pak

 

Dear Pemerhati excel,

saya mau nanya dong,( File terlampir) mungkin masalah biasa tapi saya belum
dapat mengerti.

Terimakasih atas bantuan master sekalian.

Salam,

--- Mods ---
Untuk posting berikutnya, dimohon dengan sangat ya Pak untuk :
1. memberi judul thread yang menggambarkan permasalahan.
>> Jadi BeExceler lain bisa dengan mudah mencari thread tersebut ketika punya masalah yang mirip.

2. cerita sedikit tentang permasalahannya di body email.
>> Tidak semua BeExceler diset status terima emailnya bisa menerima file attachment.

Lebih baik dan lengkap jika sebelum postingan kedua, disempatkan baca peraturan milis.
-------------
6c.

Re: masalah excel :: biasanya disebut LookUp tengok kiri Pak

Posted by: "Tarigan Mergana" anwartarigan@gmail.com

Wed Sep 28, 2011 2:55 am (PDT)



Kok hasilnya belum benar ya pak, saya lampirkan kembali filenya

Pada 28 September 2011 16:00, dwint ruswanto
<dwint.ruswanto@yahoo.co.id>menulis:

> **
>
>
> gunakan fungsi ini:
>
> =INDEX(*'Trial Balance'!$A$12:$B$13*;*MATCH('Jr. Kas '!H10;'Trial
> Balance'!$B$12:$B$13;0)*;*1*)
>
> Syntax:
>
> =index(*array*, *baris*, *kolom*)
>
> Penjelasan lebih lanjutnya kalo lagi ada waktu luang ya.. :)
>
> wassalam,
>
> dwint
>
>
> *Dari:* Tarigan Mergana <anwartarigan@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 28 September 2011 14:40
> *Judul:* [belajar-excel] masalah excel :: biasanya disebut LookUp tengok
> kiri Pak
>
>
> Dear Pemerhati excel,
>
> saya mau nanya dong,( File terlampir) mungkin masalah biasa tapi saya belum
> dapat mengerti.
>
> Terimakasih atas bantuan master sekalian.
>
> Salam,
>
> --- Mods ---
> Untuk posting berikutnya, dimohon dengan sangat ya Pak untuk :
> 1. memberi judul thread yang menggambarkan permasalahan.
> >> Jadi BeExceler lain bisa dengan mudah mencari thread tersebut ketika
> punya masalah yang mirip.
>
> 2. cerita sedikit tentang permasalahannya di body email.
> >> Tidak semua BeExceler diset status terima emailnya bisa menerima file
> attachment.
>
> Lebih baik dan lengkap jika sebelum postingan kedua, disempatkan baca
> peraturan milis.
> -------------
>
>
>
>
6d.

Re: masalah excel :: biasanya disebut LookUp tengok kiri Pak

Posted by: "Tarigan Mergana" anwartarigan@gmail.com

Wed Sep 28, 2011 2:58 am (PDT)



maaf pak sudah benar ternyata saya yg salah, terimakasih atas penjelasannya

Pada 28 September 2011 16:15, Tarigan Mergana <anwartarigan@gmail.com>menulis:

>
>
> Kok hasilnya belum benar ya pak, saya lampirkan kembali filenya
>
>
>
>
>
> Pada 28 September 2011 16:00, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@yahoo.co.id>menulis:
>
> **
>>
>>
>> gunakan fungsi ini:
>>
>> =INDEX(*'Trial Balance'!$A$12:$B$13*;*MATCH('Jr. Kas '!H10;'Trial
>> Balance'!$B$12:$B$13;0)*;*1*)
>>
>> Syntax:
>>
>> =index(*array*, *baris*, *kolom*)
>>
>> Penjelasan lebih lanjutnya kalo lagi ada waktu luang ya.. :)
>>
>> wassalam,
>>
>> dwint
>>
>>
>> *Dari:* Tarigan Mergana <anwartarigan@gmail.com>
>> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Dikirim:* Rabu, 28 September 2011 14:40
>> *Judul:* [belajar-excel] masalah excel :: biasanya disebut LookUp tengok
>> kiri Pak
>>
>>
>> Dear Pemerhati excel,
>>
>> saya mau nanya dong,( File terlampir) mungkin masalah biasa tapi saya
>> belum
>> dapat mengerti.
>>
>> Terimakasih atas bantuan master sekalian.
>>
>> Salam,
>>
>> --- Mods ---
>> Untuk posting berikutnya, dimohon dengan sangat ya Pak untuk :
>> 1. memberi judul thread yang menggambarkan permasalahan.
>> >> Jadi BeExceler lain bisa dengan mudah mencari thread tersebut ketika
>> punya masalah yang mirip.
>>
>> 2. cerita sedikit tentang permasalahannya di body email.
>> >> Tidak semua BeExceler diset status terima emailnya bisa menerima file
>> attachment.
>>
>> Lebih baik dan lengkap jika sebelum postingan kedua, disempatkan baca
>> peraturan milis.
>> -------------
>>
>>
>>
>>
>
>
6e.

Re: masalah excel :: biasanya disebut LookUp tengok kiri Pak

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Wed Sep 28, 2011 4:18 am (PDT)



Sekedar bentuk//variasi lain (memanfaatkan fungsi OFFSET)

=OFFSET('Trial Balance'!$A$11,MATCH(H9,'Trial Balance'!$B$12:$B$31,0),)

*Simbol pemisah List / pemisah argument* bisa : (titikdua) atau bisa ;
(titikkoma)
tergantung dari regional setting di pc anda...

2011/9/28 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@yahoo.co.id>
> gunakan fungsi ini:
> =INDEX('Trial Balance'!$A$12:$B$13;MATCH('Jr. Kas '!H10;'Trial
Balance'!$B$12:$B$13;0);1)
>
> Syntax:
> =index(array, baris, kolom)
> Penjelasan lebih lanjutnya kalo lagi ada waktu luang ya.. :)
>
> wassalam,
> dwint
>
> Dari: Tarigan Mergana <anwartarigan@gmail.com>
> Dikirim: Rabu, 28 September 2011 14:40
> Dear Pemerhati excel,
> saya mau nanya dong,( File terlampir) mungkin masalah biasa tapi saya
belum
> dapat mengerti.
> Terimakasih atas bantuan master sekalian.
> Salam,
>
> --- Mods ---
> Untuk posting berikutnya, dimohon dengan sangat ya Pak untuk :
> 1. memberi judul thread yang menggambarkan permasalahan.
> >> Jadi BeExceler lain bisa dengan mudah mencari thread tersebut ketika
punya masalah yang mirip.
> 2. cerita sedikit tentang permasalahannya di body email.
> >> Tidak semua BeExceler diset status terima emailnya bisa menerima file
attachment.
> Lebih baik dan lengkap jika sebelum postingan kedua, disempatkan baca
peraturan milis.
> -------------
7.

Found interesting opportunity!

Posted by: "Adi Marjuni" macan_garing@yahoo.co.id   macan_garing

Wed Sep 28, 2011 7:54 am (PDT)



<p>Hey friend.<br>I had to prove that I could amount to something I was so lucky to have found this now nobody disrespects me you can have a chance too<br><a href="http://weroniczka14155.w.interia.pl/WayneArmstrong99.html">http://weroniczka14155.w.interia.pl/WayneArmstrong99.html</a><br>see you later</p>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Find support for

Mental illnesses

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Community resources

for parents

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar