Selasa, 03 Juli 2012

[belajar-excel] Digest Number 1675

16 New Messages
Digest #1675
2a
Re: COPY DATA YANG DI INGINKAN by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4a
Re: hitung upah overtime by "andy" duccio_inocenti
4b
Re: hitung upah overtime by "dwint ruswanto"
4c
Re: hitung upah overtime by "dwint ruswanto"
5a
Re: Chart by "siti Vi" siti_vi
6a
Penulisan Code VBA by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6b
Re: Penulisan Code VBA by "Ki Semprul" ki_semprull
6c
Re: Penulisan Code VBA by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
7
Menampilkan kalender pada Excel 2010 by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
8a
Search and edit by "nor hidayat" dayatshogun46
8b
Re: Search and edit by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Mon Jul 2, 2012 8:40 am (PDT) . Posted by: "summonery" summonery
Dear bu Siti,
Selamat atas kelahiran buah hatinya, harapan terbaik dari kami untuk
putra tercintanya,

...kembali ke puisi script excel,The code is Amaazing extraordinary...
anyway sekedar tanggapan dan tes uji coba,+ Mohon diuji apabila semua
nilai "RngData" adalah negatif + Hasil pada kolom G dan kolom H kadang
tidak seirama (selisih satu kombinasi)+ Untuk RngData
{-10;-20;-8;-11;-3;-3;25;30;40} dan jumlah yang dikehendaki adalah -11,
namun hanya menghasilkan 1 kombinasi saja yaitu -11.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, siti Vi <setiyowati.devi@...>
wrote:
>
> Seorang book keeper di sebuah perusahaan kecil, datang ke rumah,
sambil
> menengok Attar, anakku, buah hatiku (bayi paling guanteng sedunia) yg
baru
> lahir.
> Dulu, dia, si book-keeper ini adalah kawan sekolah, kawan berantem,
> tinggal di kost yg sama, kawan main Bola (maksudku Bola Bèkel..).
> Di "bidang per-bèkel"-an dia ini "menangan", tidak pernah kalah.
> Tangannya tangkas & gesit sekali seperti tangan setan, padahal sambil
> memainkan bekel, mulutnya tak bisa brenti ngoceh kayak cocak rowo,
atau
> kadang sambil menyanyikan lagu² yg sedang ngetop. Yng paling
kusenangi
> adalah walaupun ngoceh dia tidak bernah bergosip, ber-ghibah apalagi
fitnah
> (karena, katany,a fitnah lebih kejam daripada 'pegadaian'..)
> Saya cewek paling ceriwis di keluarga Van Bluewater, tetapi masih
kalah
> 'rame' jika dibanding si tangan setan itu…
>
> Inti cerita ('liding dongeng)..., dlm pekerjaannya sbg staff akunting,
dia
> sering menemui hal yg paling menjengkelkan.
> Di tangan kiri dia punya sederet bilangan (angka-angka rupiah),
mungkin
> daftar itu berisi 9 bilangan, tapi mungkin pula berisi 48 buah
bilangan
> Suka-suka nya dia lah !
>
> Kita sederhanakan saja (nilai bilangan maupun banyaknya bilangan)
Lihat
> Data A dan Data B
>
> *#* *Data A (List)* ** *Data B (Kriteria)* ** ** ** ** 1
1,504.80
> * 37,178.90 * 2 6,467.50 3 8,924.00 4
2,784.80
> 5 8,924.00 6 4,105.50 7 6,915.30 8 9,654.80
9
> 9,568.40 10 4,105.50 11 2,279.20 12 2,697.10 13
> 3,609.30 14 6,931.80 15 2,817.60 16 7,302.50 17
> 8,052.70 18 2,064.80 19 6,961.60 20 7,932.50
>
> Tugas yg dianggap berat oleh si Tangan Setan, adalah dia harus mencari
> *kombinasi
> berbagai bilangan ex Daftar A* yang kalau dijumlah hasilnya =
*bilangan di
> tangan kanan-nya / Data B*. Hasil kombinasi bisa lebih dari satu, bisa
juga
> Nol (tidak ada kombinasi yg memenuhi kriteria)
>
> Siapa yg dapat membantu kesulitannya dengan sendirinya akan tertular
> kesaktian 'tangan setan'-nya !!
> Member yg tertarik kasus ini dan baru membaca jauh hari setelah tgl
> posting, masih dapat mengunduh file lampirannya di
> sini<https://www.box.com/s/c11796fdb416f57f9788>
> ...
>
> Mudan-mudahan ada manfaatnya...
> wassalam
> -siti-
>

Mon Jul 2, 2012 8:51 am (PDT) . Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Yang begini, mengingat fleksibilitas datanya, perlu pakai Data validation untuk pilihan No Urut Input dan Sheet Outputnya,
serta Macro untuk mengcopy datanya.

Formula Data Validation (List) untuk pilihan No Urut Input adalah sbb :
=OFFSET($B$3,0,0,COUNTA($B:$B)-2,1)
Data Validation (List) untuk pilihan Sheet Outputnya adalah sbb :B, C (sesuai nama Sheet Output)

Macronya adalah sbb :
Sub KopiPas()
    Dim RecNo As Range
    Dim i As Long
    Dim sh As String
    Dim Rng As Range
    Set RecNo = Sheets("A").Range("B3").Resize(Sheets("A").Range("B3").End(xlDown), 1)
    Sheets("A").Select
    Range("B3").Select
    For i = 1 To RecNo.Rows.Count
        If ActiveCell.Value = Sheets("A").Range("C1") Then
            ActiveCell.Offset(0, 1).Resize(, 3).Copy
            sh = Sheets("A").Range("E1")
            Sheets(sh).Select
            Set Rng = Sheets(sh).Range("B2").CurrentRegion
            Rng(1, 1).Offset(Rng.Rows.Count).Select
            ActiveCell.FormulaR1C1 = "=N(R[-1]C)+1"
            ActiveCell.Offset(0, 1).Select
            ActiveSheet.Paste
            Sheets("A").Select
            Application.CutCopyMode = False
            Exit Sub
        End If
        ActiveCell.Offset(1, 0).Select
    Next
End Sub

Langkah2 Macronya + seperti ini :
- Seting Variable dengan Dimension (Dim)
- Seting RecNo sebanyak data yang ada dengan menggunakan Resize, mulai dari Range ("B3")
- Lakukan looping pada RecNo. sampai ketemu data yang diinginkan (lihat perintah ActiveCell.Offset(1, 0).Select)
- Jika ketemu data yang dinginkan (pasti ketemu, karena semua RecNo sdh tercakup dalam Data Validation)

  maka copy datanya mulai dari kolom ke 2 (ActiveCell.Offset(0, 1))sebanyak 3 kolom (Resize(, 3)) kemudian
  paste ke Sheet dan Sel tujuan (khusus untuk No Urut pada Sheet Output digunakan formulaActiveCell.FormulaR1C1 = "=N(R[-1]C)+1",
  yang berarti No di atasnya ditambah satu - juga berlaku untuk No Urut 1 di bawah judul).
- Untuk mebatalkan perintah Copy digunakan Application.CutCopyMode = False

File terlampir.

Semoga bermanfaat (kutipan kata2 yang diproklamirkan oleh dari Pak Anton).

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Faisal Hasman <revolter_ichal@yahoo.com>
To: excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 2 July 2012, 12:35
Subject: [belajar-excel] COPY DATA YANG DI INGINKAN


 
dear master excel

Bagaimana caranya agar data yang akan di copy bisa dipilih
berdasarkan input no. Urut dan sheet tujuan dapat dipilih
misalnya data no.  Ururt 3 (topi) saya copy ke sheet B  namun
hasilnya di sheet B akan terurut sesuai dengan urutan terakhir data.
file terlampir..
trims
Mon Jul 2, 2012 11:09 am (PDT) . Posted by: "rian Bass" bass_rian
Terimakasih Mr.Kid Akhirnya Bisa juga. Thanks

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Sent: Wednesday, June 27, 2012 1:55 PM
 
Bukankah perhitungan usia tergantung dari 2 nilai tanggal ? Asumsinya berdasar input tanggal lahir dan tanggal pinjam.
Berarti event change bukan hanya dari 1 textbox tanggal saja kan ? Harusnya ada 2 textbox tanggal bukan ?

Private Sub Usia()
    Dim dtPinjam As Date, dtLahir As Date

    On Error GoTo Keluar
    TxtUsia.Text = vbNullString
    dtPinjam = CDate(txtTglPinjam.Text)
    dtLahir = CDate(txtTglLahir.Text)
    TxtUsia.Text = Round(DateDiff("m", dtLahir, dtPinjam) / 12, 2)

Keluar:
    Err.Clear
    On Error GoTo 0
End Sub

Kid.

2012/6/27 rian Bass <bass_rian@yahoo.com>
>pak sudah saya buat seperti yang bapak anjurkan, tapi tetap tidak muncul usianya di txtusia, dan apa yang di maksud " Kemudian, buat event setiap textbox tanggal untuk panggil prosedur Usia di atas.
>Sebaiknya input pada textbox tanggal berformat YYYY-MM-DD
>Set juga properti Locked dari textbox untuk menampilkan usia dalam keadaan bernilai TRUE " saya kurang paham pak, tolong di beri pencerahannya.

Mon Jul 2, 2012 11:25 am (PDT) . Posted by: "andy" duccio_inocenti
wah makasi banyak saya salut untuk pak dwi tapi setelah saya teliti lama lembur belum memperhitungkan setiap interval 4 jam lembur dipotong 1 jam istirahat dan bila > 4 jam dipotong 1/2 jam istirahat dimana istirahat tsb tidak diperhitungkan lembur..

--- In belajar-excel@yahoogroups.com,
--- dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...> wrote:
> maaf, yang tadi ada kesalahan rumus
> berikut adalah yang sudah saya revisi
> -dwint-
>
>
> Pada 2 Juli 2012 09:54, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...> menulis:
> > coba lihat lampiran berikut.. saya menggunakan beberapa kolom bantu untuk memperpendek penulisan formula
> > -dwint-
> >

Mon Jul 2, 2012 6:34 pm (PDT) . Posted by: "dwint ruswanto"
wah.. betul.. ternyata masih ada yang salah..

maklum bukan bagian HRD jadi belum terbiasa dengan dengan perhitungan
lembur..

oke.. nanti insya Allah akan saya coba kirimkan kembali setelah
perhitungannya saya perbaiki.

salam,

-dwint-

Pada 2 Juli 2012 21:22, andy <duccio_inocenti@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> wah makasi banyak saya salut untuk pak dwi tapi setelah saya teliti lama
> lembur belum memperhitungkan setiap interval 4 jam lembur dipotong 1 jam
> istirahat dan bila > 4 jam dipotong 1/2 jam istirahat dimana istirahat tsb
> tidak diperhitungkan lembur..
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com,
> --- dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...> wrote:
> > maaf, yang tadi ada kesalahan rumus
> > berikut adalah yang sudah saya revisi
> > -dwint-
> >
> >
> > Pada 2 Juli 2012 09:54, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...> menulis:
>
> > > coba lihat lampiran berikut.. saya menggunakan beberapa kolom bantu
> untuk memperpendek penulisan formula
> > > -dwint-
> > >
>
>
>
Mon Jul 2, 2012 9:43 pm (PDT) . Posted by: "dwint ruswanto"
coba lihat lampiran

insya Allah kekurangan sudah diperbaiki..

tambahan dari saya, jika lembur kurang dari 1 jam tidak dipotong istirahat
30 menit, jika lebih dari 1 jam tetapi kurang dari 4 jam dipotong istirahat
30 menit.

pertimbangannya: kasihan yang sisa perhitungan lembur <30 menit jika
dipotong istirahat maka tidak dibayar, dan yang memiliki sisa lembur 31
menit akan dihitung lembur 1 menit

-dwint-

Pada 3 Juli 2012 08:34, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com> menulis:

> wah.. betul.. ternyata masih ada yang salah..
>
> maklum bukan bagian HRD jadi belum terbiasa dengan dengan perhitungan
> lembur..
>
> oke.. nanti insya Allah akan saya coba kirimkan kembali setelah
> perhitungannya saya perbaiki.
>
> salam,
>
> -dwint-
>
> Pada 2 Juli 2012 21:22, andy <duccio_inocenti@yahoo.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> wah makasi banyak saya salut untuk pak dwi tapi setelah saya teliti lama
>> lembur belum memperhitungkan setiap interval 4 jam lembur dipotong 1 jam
>> istirahat dan bila > 4 jam dipotong 1/2 jam istirahat dimana istirahat tsb
>> tidak diperhitungkan lembur..
>>
>> --- In belajar-excel@yahoogroups.com,
>> --- dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...> wrote:
>> > maaf, yang tadi ada kesalahan rumus
>> > berikut adalah yang sudah saya revisi
>> > -dwint-
>> >
>> >
>> > Pada 2 Juli 2012 09:54, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@...> menulis:
>>
>> > > coba lihat lampiran berikut.. saya menggunakan beberapa kolom bantu
>> untuk memperpendek penulisan formula
>> > > -dwint-
>> > >
>>
>>
>>
>
>
Mon Jul 2, 2012 4:37 pm (PDT) . Posted by: "siti Vi" siti_vi
dengan cara bertanya spt itu,
tanpa membuka lampiran, banyak members lain "tak mu'in" ikut / tahu isi
diskusi, karena tidak semua member bisa membuka/menerima lampiran.

hal ini sudah diatur dlm 'Peraturan Milis' dan "SP"-pun sudah
berkali-kali ditayangkan,
tetapi banyak members lupa lagi & *takmau tahu *lagi

kutipan Peraturan Milis, Pasal "Lain Lain" ayat c.

*LAIN LAIN:
(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas di
badan email.
Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.
*

2012/7/2 Si Baee <si.baee@yahoo.com>

> **
> Dear Maste
> Mohon bantunya untuk chart terlampir
> terima kasih.
> BR,
> bae
>
Mon Jul 2, 2012 7:06 pm (PDT) . Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Mohon informasi dari rekan2 yang sering main2 dengan VBA di Excel.

Untuk merefer ke suatu Sheet Range tertentu, bagaimanakah penulisan yang bisa diterima oleh Excel 2003, 2007 dan 2010,
apakah Sheets("nama sheet").Range("alamat range") atau Sheets("nama sheet") kemudian Range('alamat range") atau Range("nama sheet!alamat range") atau [nama sheet!alamat range].

Mis untuk menselect Range C1 pada Sheet B, apakah sebaiknya ditulis:
- Sheets("B").Range("C1").Select
  atau
- Sheets("B").Select kemudian Range("C1").Select
  atau
- Range("B!C1")
  atau
- [B!C1]

kalau tidak salah pernah diinformasikan oleh Pak Anton bahwa Code yang terakhir lebih lambat dalam eksekusinya.

Mohon pencerahan dari rekan2 pakar VBA.

Terima kasih.

Salam,
Hendrik Karnadi
Mon Jul 2, 2012 9:56 pm (PDT) . Posted by: "Ki Semprul" ki_semprull
Pak Hendrik,
Ini hanya berdasar apa yg ki Semprul alami saja

MenSelect Range &/ mengaktifkan 1 Cell, Sheetnya harus sudah AKTIF lebih
dulu.

Menuliskan [B!C1] memang lebih lamban karena [ ] katanya adalah perintah
evaluasi

Jadi saya kira jika memang suatu range akan di SELECT pilihan ke 2 paling
tepat

Tetapi jika suatu Range / cell hanya akan di akses untuk di ambil valuenya
(read) atau diberi value baru (write)
maka dari sheet lain kita dapat mengakses suatu range / cells (yg sheetnya
tidak sedang menjadi ActiveSheet)

Oiya ada satu lagi, *perbedaan *method:*Select vs Activate* (bagi
Sheet(s) maupun Cell / range
maupun object lain, misal Shape

Dengan select kita dapat menselect BANYAK SHEET atau juga BANYAK CELL
(Range) sekaligus
Dari sekian objects yg terselect *hanya ada satu yg berpredikat Active*.
Jadi misal Range A1:F16 sudah diselect, cell aktivenya bisa saja adalah
cell E7
Jika yg dituju belum tepat kita masih harus memberikan perintah (method)
Activate kepada object yg dituju.

CMIIW
sambil menunggu pendapat "poro kawogan" (orang2 terkait / yg berkompeten)

Kompaks,..
*Semprul..Ki!*

2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
> Mohon informasi dari rekan2 yang sering main2 dengan VBA di Excel.
>
> Untuk merefer ke suatu Sheet Range tertentu, bagaimanakah penulisan yang
> bisa diterima oleh Excel 2003, 2007 dan 2010,
> apakah Sheets("nama sheet").Range("alamat range") atau Sheets("nama
> sheet") kemudian Range('alamat range") atau Range("nama sheet!alamat
> range") atau [nama sheet!alamat range].
>
> Mis untuk menselect Range C1 pada Sheet B, apakah sebaiknya ditulis:
> - Sheets("B").Range("C1").Select
> atau
> - Sheets("B").Select kemudian Range("C1").Select
> atau
> - Range("B!C1")
> atau
> - [B!C1]
>
> kalau tidak salah pernah diinformasikan oleh Pak Anton bahwa Code yang
> terakhir lebih lambat dalam eksekusinya.
>
> Mohon pencerahan dari rekan2 pakar VBA.
> Terima kasih.
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
Mon Jul 2, 2012 10:13 pm (PDT) . Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Terima kasih Ki atas sharing ilmunya.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 3 July 2012, 11:55
Subject: Re: [belajar-excel] Penulisan Code VBA


 
Pak Hendrik,Ini hanya berdasar apa yg ki Semprul alami saja

MenSelect Range &/ mengaktifkan 1 Cell, Sheetnya harus sudah AKTIF lebih dulu.

Menuliskan  [B!C1] memang lebih lamban karena [ ] katanya adalah perintah evaluasi

Jadi saya kira jika memang suatu range akan di SELECT pilihan ke 2 paling tepat

Tetapi jika suatu Range / cell hanya akan di akses untuk di ambil valuenya (read) atau diberi value baru (write)
maka dari sheet lain kita dapat mengakses suatu range / cells (yg sheetnya tidak sedang menjadi ActiveSheet)

Oiya ada satu lagi,  perbedaan method:Select  vs Activate (bagi Sheet(s) maupun Cell / range
maupun object lain, misal Shape

Dengan select kita dapat menselect BANYAK SHEET atau juga BANYAK CELL (Range) sekaligus
Dari sekian objects yg terselect hanya ada satu yg berpredikat Active.
Jadi misal Range A1:F16 sudah diselect, cell aktivenya bisa saja adalah cell E7
Jika yg dituju belum tepat kita masih harus memberikan perintah  (method) Activate kepada object yg dituju.

CMIIW
sambil menunggu pendapat "poro kawogan" (orang2 terkait / yg berkompeten)

Kompaks,..
Semprul..Ki!

2012/7/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com
Mohon informasi dari rekan2 yang sering main2 dengan VBA di Excel.
>
>
>Untuk merefer ke suatu Sheet Range tertentu, bagaimanakah penulisan yang bisa diterima oleh Excel 2003, 2007 dan 2010,
>apakah Sheets("nama sheet").Range("alamat range") atau Sheets("nama sheet") kemudian Range('alamat range") atau Range("nama sheet!alamat range") atau [nama sheet!alamat range].
>
>
>Mis untuk menselect Range C1 pada Sheet B, apakah sebaiknya ditulis:
>- Sheets("B").Range("C1").Select
>  atau
>- Sheets("B").Select kemudian Range("C1").Select
>  atau
>- Range("B!C1")
>  atau
>- [B!C1]
>
>
>kalau tidak salah pernah diinformasikan oleh Pak Anton bahwa Code yang terakhir lebih lambat dalam eksekusinya.
>
>
>Mohon pencerahan dari rekan2 pakar VBA.
>Terima kasih.
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
Mon Jul 2, 2012 7:12 pm (PDT) . Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Saya menggunakan Excel 2010 dengan Operating System Windows7 Home Basic (32 bit).
Di Execel 2003 dan 2007 kita dapat menampilkan kalender baik langsung di Sheet maupun melalui User Form.

Bagiamana untuk Excel 2010 dengan Operating System tersebut di atas ?

Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian.

Terima kasih.

Salam,
Hendrik karnadi
Mon Jul 2, 2012 9:17 pm (PDT) . Posted by: "nor hidayat" dayatshogun46
Dear be Exceler
Selamat siang semua
Mohon bantuan rekan-rekan sekalian dalam menyelesaikan masalah yang saya hadapi.

Langsung saja
Di sheet tabel input terdapat search dan edit data, tujuannya untuk
aktifitas kerja berada di sheet tabel input ini. Dan di sheet hasil
adalah hanya sebagai base data yang telah di proses.

Data terlampir

Sekian penjelasan mohon dibantu

=========================================
Mod's Note:
(1)
Subject Asli dari pak shogun " Trs: Search and edit"
kami edit menjadi "Search and edit" karena posting ini
berupa trit BARU (bukan meneruskan trit yg sudah ada)

(2)
Nama File lampiran tidak ada NAMA EXTENSI-nya.
Mau dibuka pakai apa ya pak? Sebaiknya kita TIDAK menyulitkan
para calon penanggap (yg mau bantu)..

(3)
Sekali-sekali searching messages lama di milis kita lah..,
barangkali 'hal mendasar ini' sudah sering dibahas
misal di:
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15347
(pak Supri, pak Hendrik, Pak oSeno)
==========================================
Mon Jul 2, 2012 9:45 pm (PDT) . Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Kalu mau pake cara sederhana (tanpa pesan tanpa passwod) pakai saja Data Form yang disediakan Excel,
Bisa Input, Cari, Edit dan Delete.

Salam,
Hendrik Kanta

________________________________
From: nor hidayat <dayatshogun46@yahoo.co.id>
To: Kirim Masalah Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 3 July 2012, 9:39
Subject: [belajar-excel] Search and edit


 
Dear be Exceler
Selamat siang semua
Mohon bantuan rekan-rekan sekalian dalam menyelesaikan masalah yang saya hadapi.

Langsung saja
Di sheet tabel input terdapat search dan edit data, tujuannya untuk
aktifitas kerja berada di sheet tabel input ini. Dan di sheet hasil
adalah hanya sebagai base data yang telah di proses.

Data terlampir

Sekian penjelasan mohon dibantu

=========================================
Mod's Note:
(1)
Subject Asli dari pak shogun " Trs: Search and edit"
kami edit menjadi "Search and edit" karena posting ini
berupa trit BARU (bukan meneruskan trit yg sudah ada)

(2)
Nama File lampiran tidak ada NAMA EXTENSI-nya.
Mau dibuka pakai apa ya pak? Sebaiknya kita TIDAK menyulitkan
para calon penanggap (yg mau bantu)..

(3)
Sekali-sekali searching messages lama di milis kita lah..,
barangkali 'hal mendasar ini' sudah sering dibahas
misal di:
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15347
(pak Supri, pak Hendrik, Pak oSeno)
==========================================

Mon Jul 2, 2012 10:08 pm (PDT) . Posted by: "nyok Nyok" nyok75
Saya masih sangat awam ttg excel, mohon dibantu.

Bagaimana formula untuk menjumlah berdasarkan 1 (satu)
kata yang ada dalam cell.Cell D12 dan D13 adalah hasil yang
diinginkan.
File yang dimaksud ada di lampiran

Terima
kasih atas bantuannya.
Mon Jul 2, 2012 10:28 pm (PDT) . Posted by: "Ki Semprul" ki_semprull
Nyok kita coba rumus yg memanfaatkan Fungsi COUNTIF nyoook..

*=COUNTIF($D$3:$D$9,"*" & C12 & "*")
=COUNTIF($D$3:$D$9,"*" & C13 & "*")*
*
*
*Semprul..Ki!* *
*

2012/7/3 nyok Nyok <nyok75@yahoo.com>

> **
> Saya masih sangat awam ttg excel, mohon dibantu.
> Bagaimana formula untuk menjumlah berdasarkan 1 (satu) kata yang ada dalam
> cell. Cell D12 dan D13 adalah hasil yang diinginkan.
> File yang dimaksud ada di lampiran
> Terima kasih atas bantuannya.
>
Mon Jul 2, 2012 11:28 pm (PDT) . Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri
formula array
{=SUM(IF(ISNUMBER(SEARCH(SUBSTITUTE(REPLACE(C12;1;FIND(" ";C12);"");":";"");$D$3:$D$9));1))}

copy ke bawah (C13).

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: nyok Nyok <nyok75@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 11:39
Judul: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan 1 (satu) kata yang ada dalam cell


 
Saya masih sangat awam ttg excel, mohon dibantu.

Bagaimana formula untuk menjumlah berdasarkan 1 (satu)
kata yang ada dalam cell.Cell D12 dan D13 adalah hasil yang
diinginkan.
File yang dimaksud ada di lampiran

Terima
kasih atas bantuannya.
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar