Rabu, 15 Agustus 2012

[belajar-excel] Digest Number 1731

15 New Messages

Digest #1731
2a
menampilkan dan menyembunyikan gambar header by "Faisal Hasman" revolter_ichal
2b
Re: menampilkan dan menyembunyikan gambar header by "muh_ferdy@pusri.co.id" muh_f3rdi4n5yah
2c
Re: menampilkan dan menyembunyikan gambar header by "Faisal Hasman" revolter_ichal
3b
Re: Tanya mengenai selisih perhitungan rumus Time by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
5a
8a
Re: Bikin ringkas workshetnya Piyee.. Yaa... by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Messages

Tue Aug 14, 2012 1:57 pm (PDT) . Posted by:

"Xanchel" xancheel



Kang Hendrik dan Mr Kid.
supperr sekali...

mesti bakal ngurangi income dari Overtime saat ini ( he he he ), tapi ini improve yang luar biasa.... terima kasih atas masukan solusinya... semoga Allah menjadikan ini ilmu amalan yg bermanfaat buat saya dan amal ibadah buat yang ngasih...

regards
Jamal

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@...> wrote:
>
> Coba juga dengan macro di bawah ini.
> Data seperti yang disajikan dan kita beri nama Sheet Data sementara hasilnya kita letakkan di Sheet Hasil (judul sdh dibuat namun isinya kosong)
> Hasill akan dimulai dari Range("A2") di Sheet Hasil.
>
> Sub DataBase()
>     Dim source As Range
>     Dim dest As Range
>     Dim tgl As Range
>     Set source = Sheets("Data").Range("A2").CurrentRegion
>     Set source = source.Offset(2, 0).Resize(source.Rows.Count - 2)
>     Set dest = Sheets("Hasil").Range("A2")
>     Set tgl = Sheets("Data").Range("B2", Range("B2").End(xlToRight))
>     For i = 1 To WorksheetFunction.Count(tgl)
>         source.Columns(1).Copy dest
>         dest.Offset(0, 1).Resize(source.Rows.Count).Value = tgl(i)
>         source.Columns(i + 1).Copy dest.Offset(0, 2)
>         Set dest = dest.Offset(source.Rows.Count)
>     Next i
>     Sheets("Hasil").Select
>
> End Sub
>
> Salam,
>
> Hendrik Karnadi
>
>
>
> ________________________________
> From: Kid Mr. <mr.nmkid@...>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Sent: Tuesday, 14 August 2012, 22:09
> Subject: Re: [belajar-excel] Convert bentuk report ke database
>
>
>  
> Hai Jamal,
>
> Misal tabel hasil diletakkan mulai cell L2 (3 kolom x N baris) dengan baris 2 adalah header tabel hasil dan baris 3 adalah record pertama hasil.
> >> Formula di tabel hasil kolom Item cell L3 :
> =IF(ROW()-ROW($L$2)>COUNTA($B$3:$C$15),"",INDEX($A$3:$A$15,MOD(ROW()-ROW($L$2)-1,COUNTA($A$3:$A$15))+1))
>
> >> Formula di tabel hasil kolom Date cell M3 :
> =IF(ROW()-ROW($L$2)>COUNTA($B$3:$C$15),"",INDEX($B$2:$C$2,1,(ROW()-ROW($L$2)-1)/COUNTA($A$3:$A$15)+1))
>
> >> Formula di tabel hasil kolom Qty cell N3 :
> =IF(ROW()-ROW($L$2)>COUNTA($B$3:$C$15),"",INDEX($B$3:$C$15,MOD(ROW()-ROW($L$2)-1,COUNTA($A$3:$A$15))+1,(ROW()-ROW($L$2)-1)/COUNTA($A$3:$A$15)+1))
>
> Perhatikan yang diberi warna.
> Biru :: untuk menentukan baris data yang harus diambil
> Merah :: untuk menentukan kolom data yang harus diambil
>
> Pelajari juga cara membuat nama range yang dinamis, sehingga rujukan ke data seperti $B$3:$C$15 atau $A$3:$A$15 atau $B$3:$C$15 bisa lebih dinamis.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/8/14 Xancheel <xancheel@...>
>
>
> > 
> >Dear Para Master dan Suhu BeExceler.
> >
> >
> >Saya selalu dapet report dari kantor cabang berupa report secara rutin setiap minggu berupa report pencapaian harian.
> >seiring waktu report ini berisi item yang semakin banyak (saat ini 400item per report). 
> >untuk mempermudah dalam membuat analisa dan laporan dari data cabang tersebut, saya merubah bentuk report ke database model (sebagaiman terlampir).
> >namun karena cabang semakin banyak, merubah bentuk data ini semakin menyita waktu.
> >seandainya ada rekan-rekan BeExceler ada yang pernah menghadapinya, berkenankah untuk berbagi solusinya ?
> >
> >
> >regards
> >Jamal
> >
> >
> >
>

Tue Aug 14, 2012 5:51 pm (PDT) . Posted by:

"Faisal Hasman" revolter_ichal

ass.
salam dan selamat menjelang idulfitri
kepada seluruh milis excel

saya mau nanya lagi..
saya punya problem ketika akan mencetak diexcel
dimana setiap record yang saya akan cetak
harus diprint out 2 kali...
masalahnya satu yang memakai kop kantor / header
dan satunya lagi tidak memakai kop kantor karena
di print diatas kertas blanko yang sudah ada kop surat tercetak

pertanyaan :
bagaimana macro atau formula
sehingga saya dapat print out satu report dengan
dua hasil seperti tersebut diatas.

terima kasih

faisal

Tue Aug 14, 2012 6:03 pm (PDT) . Posted by:

"muh_ferdy@pusri.co.id" muh_f3rdi4n5yah

Wassalam,
Dear pak faisal,

Kalau ditempat saya kerja, untuk proses print dengan kop kantor ataupun tanpa kop kantor dilakukan secara manual (dikarenakan kita juga harus manual memasukkan kertasnya ke dalam printer, tiada salahnya dilakukan secara manual)..

- masukkan kertas kop ke dalam printer (secukupny / sebanyak yg akan di print)
- Klik ctrl + p (shortcut print)
- pada tab "Number of copies" pilih 2
- ok

Regard,

Ferdy

Sekedar saran, syukur" diterima.. :)
Oh iy 1 lg, kl bisa pengucapan salam jgn disingkat (ass = pant*t dlm inggris ke indo).
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: Faisal Hasman <revolter_ichal@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 14 Aug 2012 17:51:01
To: excel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] menampilkan dan menyembunyikan gambar header

ass.
salam dan selamat menjelang idulfitri
kepada seluruh milis excel

saya mau nanya lagi..
saya punya problem ketika akan mencetak diexcel
dimana setiap record yang saya akan cetak
harus diprint out 2 kali...
masalahnya satu yang memakai kop kantor / header
dan satunya lagi tidak memakai kop kantor karena
di print diatas kertas blanko yang sudah ada kop surat tercetak

pertanyaan :
bagaimana macro atau formula
sehingga saya dapat print out satu report dengan
dua hasil seperti tersebut diatas.


terima kasih

faisal

Tue Aug 14, 2012 8:30 pm (PDT) . Posted by:

"Faisal Hasman" revolter_ichal

terima kasih atas saran dan kritikannya
wassalam

________________________________
From: "muh_ferdy@pusri.co.id" <muh_ferdy@pusri.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 15 August 2012, 10:03
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan dan menyembunyikan gambar header


 
Wassalam,
Dear pak faisal,

Kalau ditempat saya kerja, untuk proses print dengan kop kantor ataupun tanpa kop kantor dilakukan secara manual (dikarenakan kita juga harus manual memasukkan kertasnya ke dalam printer, tiada salahnya dilakukan secara manual)..

- masukkan kertas kop ke dalam printer (secukupny / sebanyak yg akan di print)
- Klik ctrl + p (shortcut print)
- pada tab "Number of copies" pilih 2
- ok

Regard,

Ferdy

Sekedar saran, syukur" diterima.. :)
Oh iy 1 lg, kl bisa pengucapan salam jgn disingkat (ass = pant*t dlm inggris ke indo).
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
________________________________

From: Faisal Hasman <revolter_ichal@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 14 Aug 2012 17:51:01 -0700 (PDT)
To: excel<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] menampilkan dan menyembunyikan gambar header
 
ass.
salam dan selamat menjelang idulfitri
kepada seluruh milis excel

saya mau nanya lagi..
saya punya problem ketika akan mencetak diexcel
dimana setiap record yang saya akan cetak
harus diprint out 2 kali...
masalahnya satu yang memakai kop kantor / header
dan satunya lagi tidak memakai kop kantor karena
di print diatas kertas blanko yang sudah ada kop surat tercetak

pertanyaan :
bagaimana macro atau formula
sehingga saya dapat print out satu report dengan
dua hasil seperti tersebut diatas.

terima kasih

faisal

Tue Aug 14, 2012 6:35 pm (PDT) . Posted by:

"Isti Astro" isti_astro

Dear Mr.Kid,

Jika disubstitute seperti rumus dibawah maka hasilnya jika time_out lebih
dari 24.00 (00:00) maka hasilnya "#######" untuk rumus sebelumnya di sheet
sudah bisa menghitung jika lebih dari jam 00.00, mohon pencerahannya lagi.

Terima kasih

2012/8/14 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Data bertipe numerik (bukan datetime) dengan format : angka didepan
> pemisah desimal adalah jam dan angka dibelakang pemisah desimal adalah
> menit.
> Coba formula :
> =Substitute( Text( time_out , "00.00" ) , "." , ":" ) - Substitute(
> Text( time_in , "00.00" ) , "." , ":" )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/8/14 Isti Astro <milisastro@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear Para Master,
>>
>> Minta pencerahan lagi mengenai problem lanjutan perhitungan time in dan
>> time out terdapat selisih penjumlahan jika angka tidak bulat seperti contoh
>> terlampir. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
>>
>>
>
>

--
Sent from desktop powered by PC
http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm

Tue Aug 14, 2012 11:40 pm (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Coba :
=Substitute( Text( time_out * + (time_out < time_in) *, "00.00" ) , "."
, ":" ) - Substitute( Text( time_in , "00.00" ) , "." , ":" )

Wassalam,
Kid.

2012/8/15 Isti Astro <milisastro@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Mr.Kid,
>
> Jika disubstitute seperti rumus dibawah maka hasilnya jika time_out lebih
> dari 24.00 (00:00) maka hasilnya "#######" untuk rumus sebelumnya di sheet
> sudah bisa menghitung jika lebih dari jam 00.00, mohon pencerahannya lagi.
>
> Terima kasih
>
>
> 2012/8/14 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>>
>>
>> Data bertipe numerik (bukan datetime) dengan format : angka didepan
>> pemisah desimal adalah jam dan angka dibelakang pemisah desimal adalah
>> menit.
>> Coba formula :
>> =Substitute( Text( time_out , "00.00" ) , "." , ":" ) -
>> Substitute( Text( time_in , "00.00" ) , "." , ":" )
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2012/8/14 Isti Astro <milisastro@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Dear Para Master,
>>>
>>> Minta pencerahan lagi mengenai problem lanjutan perhitungan time in dan
>>> time out terdapat selisih penjumlahan jika angka tidak bulat seperti contoh
>>> terlampir. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
>>>
>>>
>>
>
>
> --
> Sent from desktop powered by PC
> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>
>
>

Tue Aug 14, 2012 6:42 pm (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

coba juga gunakan =Convert ( ) bawaan dari excel yang akan melakukan
konversi dari satu satuan ukur ke satuan ukur yang lain;

satuan ukur ini bisa berupa satuan waktu, berat, jumlah, jarak, daya, suhu
dll

untuk kasus ini maka formulanya adalah

=Convert(A1*24;"hr";"mn")

wassalam,

-dwint-
Pada 14 Agustus 2012 17:18, Wiwin <wiwin_jk@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Terima kasih banyak Pak Zainul, maaf jia pertanyaan saya masih ecek2,
> maklum sedang belajar :)
>
> Salam,
> Wiwin
>
> *Just My Way to be - Work at Home Mom
> *
> *Web : http://www.bisnisbunda-luarbiasa.blogspot.com
> *
>
> ------------------------------
> *From:* zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Tuesday, August 14, 2012 5:09 PM
> *Subject:* RE: [belajar-excel] Help lagi :), Konversi Jam ke Menit dalam
> satu kolom
>
>
> Coba dengan
> =(A1*24)*60
>
> * (A1*24) : merubah menjadi jam
> * dikali 60 karena 1 jam = 60 menit
>
> Thanks
> -zainul-
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
> On Behalf Of Wiwin
> Sent: Tuesday, August 14, 2012 2:32 PM
> To: Milis Excel
> Subject: [belajar-excel] Help lagi :), Konversi Jam ke Menit dalam satu
> kolom
>
>
> DH , Assalamualaikum.
>
> Menyambung pertanyaan saya sebelumnya mengenai cara menghitung durasi, bisa
> minta info jika saya punya data sbb :
>
> Kolom A : 02:05:12 ---> Kolom B : berapa menit ?
>
> Saya tunggu ya temans,
>
> Wassalamualaikum,
>
> Salam,
> Wiwin
>
> Just My Way to be - Work at Home Mom
> Web : http://www.bisnisbunda-luarbiasa.blogspot.com
>
>
>
>
>

Tue Aug 14, 2012 10:18 pm (PDT) . Posted by:

"Hilman" hilman_email

Mr. Kid, memang paling T O P   B G T

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, August 14, 2012 9:29 PM
Subject: Re: [belajar-excel] PASSWORD FILE EXCEL WITH IP ADRESS


 
Koreksi baris-baris dongeng :
1. dari :
akan diisi dengan 16*24+4 byte, jadi sekitar 388 byte dan harus disusun
dalam array base 0 (jadi array dari 0 sampai 388). dibulatkan seklaian
jadi 512 byte saja deh.

menjadi :
akan diisi dengan 16*24+4 byte, jadi sekitar 388 byte dan harus disusun
dalam array base 0 (jadi array dari 0 sampai 387). dibulatkan seklaian
jadi 512 byte saja deh.

2. dari :
byte4ipaddrtable.byte5ipaddrtable.byte6ipaddrtable.byte7ipaddrtable.

menjadi :
byte4ipaddrtable.byte5ipaddrtable.byte6ipaddrtable.byte7ipaddrtable

Koreksi baris-baris cara pakai di sebuah cell :
1. dari :
:: akan menghasilkan array seluruh IP Address komputer

menjadi :
:: akan menghasilkan array string seluruh IP Address komputer

2. dari :
:: akan menghasilkan IP Address ke-N. bla-bla-bla

menjadi :
:: akan menghasilkan IP Address ke-N bertipe string. bla-bla-bla

Maaf atas ketidak nyamanannya... semoga belum ada yang tersesat karena kealpaan tersebut.

Wassalam,
Kid.

2012/8/14 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

akan diisi dengan 16*24+4 byte, jadi sekitar 388 byte dan harus disusun dalam array base 0 (jadi array dari 0 sampai 388). dibulatkan seklaian jadi 512 byte saja deh.

Tue Aug 14, 2012 11:15 pm (PDT) . Posted by:

"agam_tole@yahoo.com" agam_tole

Dear All,

Selamat siang,
Mohon bantuan untuk menghitung nilai claim jika kerusakan di atas Rp.500.000,- secara otomatis menghitung claim terhadap gaji supir..

Demikian, jika maksud dan tujuan saya kurang di mengerti mhn maaf, mudah2an bs di mengerti.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, salam

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tue Aug 14, 2012 11:40 pm (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

saya coba bantu jawab ya..

di body email ditulisnya jika kerusakan di atas Rp 500.000,- ==> anggapan
saya bahwa ini adalah batas bawah
tetapi setelah melihat lampiran, ternyata batas bawah claim adalah Rp
600.000,- ==> tolong dikoreksi, karena pasti salah satunya salah, karena
tidak mungkin dua0duanya benar

anggap saja kriteria dalam lampiran yang benar.. maka coba susun ulang
kriteria menjadi suatu tabel yang dapat dibaca oleh Excel, bukan hanya
dapat dibaca oleh user.
karena Range_LookUp yang akan digunakan adalah *True* maka tabel harus
disusun dalam urutan Ascending

untuk mendapatkan persentase claim gunakan formula

=VLookUp(E4;$M$13:$N$18;2;*True*)

perbedaan antara True & False adalah sbb: False ==> mencari nilai yang sama
persis, True ==> mencari nilai terendah sebelumnya

karena persentae claim sudah diperoleh, maka untuk mendapatkan nilai claim
tentu lebih mudah..

wassalam,

-dwint-

Pada 15 Agustus 2012 11:09, <agam_tole@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear All,
>
> Selamat siang,
> Mohon bantuan untuk menghitung nilai claim jika kerusakan di atas
> Rp.500.000,- secara otomatis menghitung claim terhadap gaji supir..
>
> Demikian, jika maksud dan tujuan saya kurang di mengerti mhn maaf,
> mudah2an bs di mengerti.
>
> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, salam
>
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
>

Tue Aug 14, 2012 11:36 pm (PDT) . Posted by:

"neza ibaneza" nezaibaneza

Dear all, Be-Excel

Baru nongol lagi nih...
Saya punya sedikit masalah seperti lampiran, (membuat linkedcell output ComboBox berubah sesuai jajaran cell penempatannya)
mohon pencerahannya... karena membuka satu persatu ComboBox dan mengubah linkedcellnya sangat ribet, apalagi jika dah masuk ratusan copy..

Salam
Neza

Wed Aug 15, 2012 12:05 am (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

hai Neza,

bagaimana kalo combo boxnya diganti dengan Data Validation.. prinsip
kerjanya serupa yaitu user akan memilih Kode Gudang menggunakan drop down
list,
untuk mengambil Nama barang bisa menggunakan VLookUp

hasilnya nanti bisa dicopy ke baris yang lain sesuai dengan keinginan tanpa
harus mengubah linked Cell, karena Data validation ini tidak memiliki
linked cell

silakan lihat di lampiran

wassalam,

-dwint-

Pada 15 Agustus 2012 13:31, neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> Dear all, Be-Excel
>
> Baru nongol lagi nih...
> Saya punya sedikit masalah seperti lampiran, (membuat linkedcell output
> ComboBox berubah sesuai jajaran cell penempatannya)
> mohon pencerahannya... karena membuka satu persatu ComboBox dan mengubah
> linkedcellnya sangat ribet, apalagi jika dah masuk ratusan copy..
>
> Salam
> Neza
>
>
>

Wed Aug 15, 2012 12:32 am (PDT) . Posted by:

"neza ibaneza" nezaibaneza

Hi, Dwint Ruswanto,
Saya sudah pikir kesitu juga, tp kelebihan dari ComboBox adalah outputnya akan tetap sama walauppun kita timpa dengan angka lain

Salam
Neza

________________________________
Dari: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 15 Agustus 2012 15:05
Judul: Re: [belajar-excel] copy ComboBox dengan linkedcell ouput yang ikut berubah


hai Neza,

bagaimana kalo combo boxnya diganti dengan Data Validation..  prinsip kerjanya serupa yaitu user akan memilih Kode Gudang menggunakan drop down list,
untuk mengambil Nama barang bisa menggunakan VLookUp

hasilnya nanti bisa dicopy ke baris yang lain sesuai dengan keinginan tanpa harus mengubah linked Cell, karena Data validation ini tidak memiliki linked cell

silakan lihat di lampiran

wassalam,

-dwint-

Pada 15 Agustus 2012 13:31, neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id> menulis:


>Dear all, Be-Excel
>
>
>Baru nongol lagi nih...
>Saya punya sedikit masalah seperti lampiran, (membuat linkedcell output ComboBox berubah sesuai jajaran cell penempatannya)
>mohon pencerahannya... karena membuka satu persatu ComboBox dan mengubah linkedcellnya sangat ribet, apalagi jika dah masuk ratusan copy..
>
>
>Salam
>Neza
>

Wed Aug 15, 2012 12:43 am (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

Untuk mencegah hal tersebut, coba non aktifkan fitur "Enable fill handle
and cell drag-and-drop"

Fitur ini bisa diakses melalui Excel Option >> Advance, setelah itu protek
worksheet dengan menggunakan password.

wassalam,

-dwint-

Pada 15 Agustus 2012 14:29, neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> Hi, Dwint Ruswanto,
> Saya sudah pikir kesitu juga, tp kelebihan dari ComboBox adalah outputnya
> akan tetap sama walauppun kita timpa dengan angka lain
>
> Salam
> Neza
> ------------------------------
> *Dari:* dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 15 Agustus 2012 15:05
> *Judul:* Re: [belajar-excel] copy ComboBox dengan linkedcell ouput yang
> ikut berubah
>
>
>
> hai Neza,
>
> bagaimana kalo combo boxnya diganti dengan Data Validation.. prinsip
> kerjanya serupa yaitu user akan memilih Kode Gudang menggunakan drop down
> list,
> untuk mengambil Nama barang bisa menggunakan VLookUp
>
> hasilnya nanti bisa dicopy ke baris yang lain sesuai dengan keinginan
> tanpa harus mengubah linked Cell, karena Data validation ini tidak memiliki
> linked cell
>
> silakan lihat di lampiran
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 15 Agustus 2012 13:31, neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>menulis:
>
> **
>
> Dear all, Be-Excel
>
> Baru nongol lagi nih...
> Saya punya sedikit masalah seperti lampiran, (membuat linkedcell output
> ComboBox berubah sesuai jajaran cell penempatannya)
> mohon pencerahannya... karena membuka satu persatu ComboBox dan mengubah
> linkedcellnya sangat ribet, apalagi jika dah masuk ratusan copy..
>
> Salam
> Neza
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Aug 15, 2012 12:17 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Dear Darwin,

Saya coba ikut menjawab, walaupun jawabannya belum sempurna.

Macro dalam file terlampir hanya untuk Data Input dari Surat Jalan Ke Database.

Jadi jika Sheet Contoh Surat Jalan dihapus maka kita hanya punya 3 Sheets, yaitu:
- Form Surat Jalan
- Ringkasan Database Surat Jalan(DB_SJ)
- Rincian Database Surat Jalan(DB_IsiSJ)

Salam,
Hendrik

catatan : coretan pada shipped by belum dibuat

________________________________
From: "darwin.bastian@ciptakridatama.co.id" <darwin.bastian@ciptakridatama.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 8 August 2012, 11:11
Subject: Re: [belajar-excel] Bikin ringkas workshetnya Piyee.. Yaa...


 

Dear Mr. Kid,

Saya Pernah dibuatkan seorang teman (dari
milis tetangga xl-mania) laporan yg Sudah jadi, hanya saja untuk data absensi
Karyawan,
Saat ini saya belajar otak atik excel "absensi"
tersebut untuk di pergunakan pada excel "Surat Jalan".. Ehh saya
malah bingung
maklum masih baru belajar excel.... dan
belum mengerti Makro...

Nah file attachment terlampir saya kirimkan
contoh file ABSENSI yg pernah dibuatkan... dan file surat jalan yang akan
dibuatkan..
Dalam file Surat Jalan nama Worksheet nya
= Nomor Surat Jalannya dan nomor tsb berurutan jika ada pengiriman....

Tampilan Print outnya utk Surat Jalan sama
setiap sheet nya...

Atas Perhatian, Bantuan dan Kerjasamanya,
diucapkan Terimakasih...

Wa`salam,
D@rwin B@stian
PT.CiptaKridatama site MSJ - MM Dept.
Hp : 081253032500
Email : darwin.bastian@ciptakridatama.co.id, darwinbastian@ymail.com


"Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
07/08/2012 16:14
Please respond to belajar-excel        
        To:
       belajar-excel@yahoogroups.com
        cc:
       
        Subject:
       Re: [belajar-excel] Bikin ringkas workshetnya
Piyee.. Yaa...

 
Mungkin perlu penjelasan lebih detil tentang :
1. Data input bentuknya seperti apa dan tingkat intensitasnya berapa kali
dalam sehari dengan jumlah record-nya bila perlu :D
2. Sudah adakah bentuk (struktur) data penyimpnanannya ? seperti apa ?
adakah contohnya ?
3. Outputnya akan seperti apa ? adakah contohnya ?
4. ataukah sebenarnya ceritanya lain dengan pertanyaan yang diajukan di
atas ? Seperti apakah gerangan detil beserta contoh hasil kerja manualnya
?

Kid.

2012/8/3 <darwin.bastian@ciptakridatama.co.id>
 

Dear para pakar excel..
Gimana cara mudah bikin ringkasan workshet file terlampir berikut..??

Maklum ilmunya belum nyampe sono...
Ngarepnya sich cuman ada 2 worksheet saja, 1 utk data base, 1 lagi untuk
tampilan print out nya....

Soalnya worksheet dibikin tiap pengiriman barang keluar (surat jalan),
Lha kalau 1 hari 5X pengiriman = 5 Worksheet..
Berarti 1 bln = 30 X 5 = 150 Worksheet...
Dan saat ini pun saya terkendala dalam proses monitoring no Surat Jalan
registrasinya...

Yach ngarepnya ada solusi dari para Pakar Excel jawabannya paling praktis
dan mudah dipahami dalam waktu dekat ini..

Atas Perhatian dan Kerjasamanya, diucapkan Terimakasih...

Wa`salam,
D@rwin B@stian


GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar