Jumat, 31 Agustus 2012

[belajar-excel] Digest Number 1750

15 New Messages

Digest #1750
1a
Re: Update Sheet by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
1b
Re: Update Sheet by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1c
Bls: [belajar-excel] Update Sheet by "Abang Tukang tanya"
1d
Re: Update Sheet by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
1e
Bls: [belajar-excel] Update Sheet by "Abang Tukang tanya" abangtukangtanya
2a
Search & edit by "dayatshogun46@yahoo.co.id" dayatshogun46
2b
Re: Search & edit by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2c
Bls: Re: [belajar-excel] Search & edit by "dayatshogun46@yahoo.co.id" dayatshogun46
2d
Re: Bls: Re: [belajar-excel] Search & edit by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2e
Fw: Bls: Re: [belajar-excel] Search & edit by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3
Bls: [belajar-excel] Update Sheet by "Abang Tukang tanya"
6
Membuat stok gudang dengan macro by "wasis.zain" wasis.zain

Messages

Thu Aug 30, 2012 10:10 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Coba udf Sheet berikut :
*UDF Sheet :
(syntax)
*

=Sheet( [nomor_index] , [hasil_berupa_index] ) [nomor_index] ::
bersifat optional yang dapat diisi dengan bilangan bulat :

< 0 untuk mendapatkan jumlah sheet dalam workbook

0 array vertikal 1 dimensi tentang urutan sheet tergantung opsi
[hasil_berupa_index]

N jika N antara 1 dan jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan nama
sheet di index ke-N

jika N lebih dari jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan NullString
("") [hasil_berupa_index] :: bersifat optional yang dapat diisi dengan
nilai Boolean (TRUE/FALSE) :

TRUE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi
nomor-nomor index sheet

FALSE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi
nama-nama sheet

*Peringatan !!!*

- UDF Sheet bersifat volatile. Gunakan dengan bijak agar tidak memberatkan
kalkulasi Excel - UDF Sheet tidak merespon adanya pembuatan sheet baru
secara langsung, tetapi array hasil akan ter-update karena sifat
volatile-nya ketika ada nilai cell berubah nilanya - Cara lain untuk
membuat UDF Sheet merespon adanya pembuatan sheet baru adalah dengan
memanfaatkan event workbook new sheet, yang diisi dengan perintah untuk
mengkalkulasi aplikasi atau sheet tertentu yang menggunakan UDF Sheet. -
Contoh baris perintah kalkulasi aplikasi :

Application.Calculate - Contoh baris perintah kalkulasi sheet ke-1 :

Thisworkbook.Sheets(1).Calculate
*Contoh :*
1. Jumlah sheet :
=sheet(-1)

2. nama sheet ke-4 dalam sheet tab :
=sheet(4)

3. array nomor-nomor index sheet :
=sheet(0,true)

4. array nama-nama sheet :
=sheet(0)
atau
=sheet(0,false)

*Script UDF Sheet :*
Public Function Sheet(Optional lIdx As Long = -1, Optional bAsIdxNum As
Boolean = False) As Variant
Dim vSht() As Variant
Dim lShtCount As Long, lSht As Long

Application.Volatile
With ThisWorkbook
lShtCount = .Sheets.Count
Select Case lIdx
Case 0
ReDim vSht(1 To lShtCount) As Variant
For lSht = 1 To lShtCount
vSht(lSht) = IIf(bAsIdxNum, lSht, .Sheets(lSht).Name)
Next lSht
Sheet = WorksheetFunction.Transpose(vSht)
Case Is < 0
Sheet = lShtCount
Case Is > lShtCount
Sheet = vbNullString
Case Else
Sheet = .Sheets(lIdx).Name
End Select
End With
End Function

*File :*
re-Update sheet.xlsm (terlampir)

Wassalam,
Kid.

2012/8/30 Abang Tukang tanya <abangtukangtanya@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Selamat Malam,
>
>
> Maaf menggangu teman-teman untuk tidur malamnya, saya mau tanya bagaimana
> cara mengubah otomatis suatu range jika saya merubah
> sheetnya, sehingga ketika saya merubah sheetnya dengan saya beri nama
> misal "A5" maka otomatis pada range yang ditunjuk akan terisi A5.
>
>
> Mohon bantuannya
>
>
> Regards,
>
>
>
> Abang tukang tanya
>
>
>

Thu Aug 30, 2012 10:13 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Kebetulan saya belum tidur.

Hal ini pernah dirilis oleh Mbak Siti.

Macro nya adalah sbb:
Sub DaftSheet()
    Dim sh As Worksheet
    For Each sh In Worksheets
        ActiveCell.Value = sh.Name
        ActiveCell.Offset(1, 0).Select
    Next
End Sub

Cara menjalankan macro untuk membuat Daftar Sheet secara otomatis (sekaligus):
- Letakkan penunjuk sel di salah satu sel mis. Range("A5").
- Klik tanda panah yang berisi Macro maka otomatis daftar Sheet akan ditampilkan ke bawah mulai dari Range("A5").

File terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Abang Tukang tanya <abangtukangtanya@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 30 August 2012, 22:42
Subject: [belajar-excel] Update Sheet


 
Selamat Malam, 

Maaf menggangu teman-teman untuk tidur malamnya, saya mau tanya bagaimana cara mengubah otomatis suatu range jika saya merubah
sheetnya, sehingga ketika saya merubah sheetnya dengan saya beri nama misal "A5" maka otomatis pada range yang ditunjuk akan terisi A5.

Mohon bantuannya

Regards,

Abang tukang tanya

Thu Aug 30, 2012 6:21 pm (PDT) . Posted by:

"Abang Tukang tanya"

Dear Mr Kid.

Terima kasih untuk balasannya, sekali lagi saya bingung.

1. UDF Sheet :
(syntax)  =Sheet( [nomor_index]  ,  [hasil_berupa_index] )
Pertanyaan?
UDF itu apa sih? gunanya untuk apa? Cara buatnya gimana? Pake Makro? ato itu sudah rumus biasa?
 2.  Cara lain untuk membuat UDF Sheet merespon adanya pembuatan sheet baru adalah dengan memanfaatkan event workbook new sheet, yang diisi dengan perintah untuk mengkalkulasi aplikasi atau sheet tertentu yang menggunakan UDF Sheet.
Pertanyaan? 

Mmmm, saya belum "Dong' bisa minta tolong dijelaskan.
 
Oh ya maaf tadi saya mau berangkat kerja, jadi ketika mau kirim ada sedikit error koneksinya.. Jadi tidak semua email terkirim.

Regards

Abang Tukang Tanya

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 31 Agustus 2012 0:09
Judul: Re: [belajar-excel] Update Sheet


 
Coba udf Sheet berikut :

UDF Sheet :
(syntax)





=Sheet( [nomor_index]  ,  [hasil_berupa_index] )
[nomor_index]:: bersifat optional yang dapat diisi dengan bilangan bulat :

< 0 untuk mendapatkan jumlah sheet dalam workbook

0 array vertikal 1 dimensi tentang urutan sheet tergantung opsi [hasil_berupa_index]

N jika N antara 1 dan jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan nama sheet di index ke-N

jika N lebih dari jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan NullString ("")
[hasil_berupa_index]:: bersifat optional yang dapat diisi dengan nilai Boolean (TRUE/FALSE) :

TRUE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi nomor-nomor index sheet

FALSE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi nama-nama sheet





Peringatan !!!




- UDF Sheet bersifat volatile. Gunakan dengan bijak agar tidak memberatkan kalkulasi Excel
- UDF Sheet tidak merespon adanya pembuatan sheet baru secara langsung, tetapi array hasil akan ter-update karena sifat volatile-nya ketika ada nilai cell berubah nilanya
- Cara lain untuk membuat UDF Sheet merespon adanya pembuatan sheet baru adalah dengan memanfaatkan event workbook new sheet, yang diisi dengan perintah untuk mengkalkulasi aplikasi atau sheet tertentu yang menggunakan UDF Sheet.
- Contoh baris perintah kalkulasi aplikasi :

Application.Calculate
- Contoh baris perintah kalkulasi sheet ke-1 :

Thisworkbook.Sheets(1).Calculate
Contoh :
1. Jumlah sheet :
=sheet(-1)

2. nama sheet ke-4 dalam sheet tab :
=sheet(4)

3. array nomor-nomor index sheet :
=sheet(0,true)

4. array nama-nama sheet :
=sheet(0)
atau
=sheet(0,false)

Script UDF Sheet :
Public Function Sheet(Optional lIdx As Long = -1, Optional bAsIdxNum As Boolean = False) As Variant
    Dim vSht() As Variant
    Dim lShtCount As Long, lSht As Long
   
    Application.Volatile
    With ThisWorkbook
        lShtCount = .Sheets.Count
        Select Case lIdx
        Case 0
            ReDim vSht(1 To lShtCount) As Variant
            For lSht = 1 To lShtCount
                vSht(lSht) = IIf(bAsIdxNum, lSht, .Sheets(lSht).Name)
            Next lSht
            Sheet = WorksheetFunction.Transpose(vSht)
        Case Is < 0
            Sheet = lShtCount
        Case Is > lShtCount
            Sheet = vbNullString
        Case Else
            Sheet = .Sheets(lIdx).Name
        End Select
    End With
End Function

File :
re-Update sheet.xlsm (terlampir)

Wassalam,
Kid.

2012/8/30 Abang Tukang tanya <abangtukangtanya@yahoo.co.id>


>Selamat Malam, 
>
>
>
>
>
>Maaf menggangu teman-teman untuk tidur malamnya, saya mau tanya bagaimana cara mengubah otomatis suatu range jika saya merubah
>sheetnya, sehingga ketika saya merubah sheetnya dengan saya beri nama misal "A5" maka otomatis pada range yang ditunjuk akan terisi A5.
>
>
>
>
>Mohon bantuannya
>
>
>
>
>Regards,
>
>
>
>
>
>
>Abang tukang tanya

Thu Aug 30, 2012 11:29 pm (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Hai Tukang,

1. UDF (User Defined Function) [fungsi buatan sendiri]
- Dibuat oleh user untuk mengkalkulasi sesuatu yang belum ada dalam daftar
fungsi built-in Excel.
- Cara pakainya seperti menggunakan fungsi-fungsi built-in Excel (yang Anda
sebut seperti rumus biasa).
- UDF dapat dibuat dengan VBA pada sebuah module dengan scope Public
(silakan pelajari dasar-dasar VBA, jalan-jalan ke web milis dan download
file dari folder files yang berkaitan dengan VBA)

2. UDF bernama Sheet (Anda menyebutnya rumus bernama Sheet) tidak memiliki
kemampuan untuk secara otomatis meng-update hasil ketika user menambahkan
sebuah sheet baru. Oleh sebab itu, jika cell yang diberi formula yang
berisi UDF bernama sheet ini ingin langsung ter-update karena adanya
penambahan sheet baru, maka cara lainnya adalah dengan membuat sebuah
prosedur event yang dimiliki workbook yang bernama NewSheet.
Karena hal ini juga sudah menyangkut pemrograman VBA, maka silakan pelajari
dasar-dasar VBA.

Wassalam,
Kid.

2012/8/31 Abang Tukang tanya <abangtukangtanya@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Mr Kid.
>
>
> Terima kasih untuk balasannya, sekali lagi saya bingung.
> *1. UDF Sheet :
> (syntax) * =Sheet( [nomor_index] , [hasil_berupa_index] )
> Pertanyaan?
> UDF itu apa sih? gunanya untuk apa? Cara buatnya gimana? Pake Makro? ato
> itu sudah rumus biasa?
> 2. Cara lain untuk membuat UDF Sheet merespon adanya pembuatan sheet
> baru adalah dengan memanfaatkan event workbook new sheet, yang diisi dengan
> perintah untuk mengkalkulasi aplikasi atau sheet tertentu yang menggunakan
> UDF Sheet.
> Pertanyaan?
> Mmmm, saya belum "Dong' bisa minta tolong dijelaskan.
>
> Oh ya maaf tadi saya mau berangkat kerja, jadi ketika mau kirim ada
> sedikit error koneksinya.. Jadi tidak semua email terkirim.
>
>
> Regards
>
>
>
> Abang Tukang Tanya
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 31 Agustus 2012 0:09
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Update Sheet
>
>
> Coba udf Sheet berikut :
> *UDF Sheet :
> (syntax)
> *
>
>
>
> =Sheet( [nomor_index] , [hasil_berupa_index] ) [nomor_index] ::
> bersifat optional yang dapat diisi dengan bilangan bulat :
>
> < 0 untuk mendapatkan jumlah sheet dalam workbook
>
> 0 array vertikal 1 dimensi tentang urutan sheet tergantung opsi
> [hasil_berupa_index]
>
> N jika N antara 1 dan jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan nama
> sheet di index ke-N
>
>
> jika N lebih dari jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan
> NullString ("") [hasil_berupa_index] :: bersifat optional yang dapat
> diisi dengan nilai Boolean (TRUE/FALSE) :
>
> TRUE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi
> nomor-nomor index sheet
>
> FALSE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi
> nama-nama sheet
>
>
>
>
> *Peringatan !!!*
>
>
>
> - UDF Sheet bersifat volatile. Gunakan dengan bijak agar tidak
> memberatkan kalkulasi Excel - UDF Sheet tidak merespon adanya pembuatan
> sheet baru secara langsung, tetapi array hasil akan ter-update karena sifat
> volatile-nya ketika ada nilai cell berubah nilanya - Cara lain untuk
> membuat UDF Sheet merespon adanya pembuatan sheet baru adalah dengan
> memanfaatkan event workbook new sheet, yang diisi dengan perintah untuk
> mengkalkulasi aplikasi atau sheet tertentu yang menggunakan UDF Sheet. -
> Contoh baris perintah kalkulasi aplikasi :
>
> Application.Calculate - Contoh baris perintah kalkulasi sheet ke-1 :
>
> Thisworkbook.Sheets(1).Calculate
> *Contoh :*
> 1. Jumlah sheet :
> =sheet(-1)
>
> 2. nama sheet ke-4 dalam sheet tab :
> =sheet(4)
>
> 3. array nomor-nomor index sheet :
> =sheet(0,true)
>
> 4. array nama-nama sheet :
> =sheet(0)
> atau
> =sheet(0,false)
>
> *Script UDF Sheet :*
> Public Function Sheet(Optional lIdx As Long = -1, Optional bAsIdxNum As
> Boolean = False) As Variant
> Dim vSht() As Variant
> Dim lShtCount As Long, lSht As Long
>
> Application.Volatile
> With ThisWorkbook
> lShtCount = .Sheets.Count
> Select Case lIdx
> Case 0
> ReDim vSht(1 To lShtCount) As Variant
> For lSht = 1 To lShtCount
> vSht(lSht) = IIf(bAsIdxNum, lSht, .Sheets(lSht).Name)
> Next lSht
> Sheet = WorksheetFunction.Transpose(vSht)
> Case Is < 0
> Sheet = lShtCount
> Case Is > lShtCount
> Sheet = vbNullString
> Case Else
> Sheet = .Sheets(lIdx).Name
> End Select
> End With
> End Function
>
> *File :*
> re-Update sheet.xlsm (terlampir)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/8/30 Abang Tukang tanya <abangtukangtanya@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Selamat Malam,
>
>
> Maaf menggangu teman-teman untuk tidur malamnya, saya mau tanya bagaimana
> cara mengubah otomatis suatu range jika saya merubah
> sheetnya, sehingga ketika saya merubah sheetnya dengan saya beri nama
> misal "A5" maka otomatis pada range yang ditunjuk akan terisi A5.
>
>
> Mohon bantuannya
>
>
> Regards,
>
>
>
> Abang tukang tanya
>
>
>
>
>
>

Fri Aug 31, 2012 12:20 am (PDT) . Posted by:

"Abang Tukang tanya" abangtukangtanya

Halooo Mr Kid,

Suangat Juelaass,pake 'bahasa tukang' soalnya haha,,Thank's Mr Kid Aq dah sedikit tahu lari2nya buat apa. Tapi memang aq perlu banyak belajar dasar2 VBA juga, karna byk g tahu 'bahasa alien' ini, jangan bosen ngajari ya, trm kasih juga buat pak hendrik yg sudah membantu kasih solusi.

Regards

Abang Tukang Tanya

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 31 Agustus 2012 13:29
Judul: Re: [belajar-excel] Update Sheet


 
Hai Tukang,

1. UDF (User Defined Function) [fungsi buatan sendiri]
- Dibuat oleh user untuk mengkalkulasi sesuatu yang belum ada dalam daftar fungsi built-in Excel.
- Cara pakainya seperti menggunakan fungsi-fungsi built-in Excel (yang Anda sebut seperti rumus biasa).
- UDF dapat dibuat dengan VBA pada sebuah module dengan scope Public
(silakan pelajari dasar-dasar VBA, jalan-jalan ke web milis dan download file dari folder files yang berkaitan dengan VBA)

2. UDF bernama Sheet (Anda menyebutnya rumus bernama Sheet) tidak memiliki kemampuan untuk secara otomatis meng-update hasil ketika user menambahkan sebuah sheet baru. Oleh sebab itu, jika cell yang diberi formula yang berisi UDF bernama sheet ini ingin langsung ter-update karena adanya penambahan sheet baru, maka cara lainnya adalah dengan membuat sebuah prosedur event yang dimiliki workbook yang bernama NewSheet.
Karena hal ini juga sudah menyangkut pemrograman VBA, maka silakan pelajari dasar-dasar VBA.

Wassalam,
Kid.

2012/8/31 Abang Tukang tanya <abangtukangtanya@yahoo.co.id>


>Dear Mr Kid.
>
>
>
>
>
>Terima kasih untuk balasannya, sekali lagi saya bingung.
>
>1. UDF Sheet :
>(syntax)  =Sheet( [nomor_index]  ,  [hasil_berupa_index] )
>Pertanyaan?
>UDF itu apa sih? gunanya untuk apa? Cara buatnya gimana? Pake Makro? ato itu sudah rumus biasa?
> 2.  Cara lain untuk membuat UDF Sheet merespon adanya pembuatan sheet baru adalah dengan memanfaatkan event workbook new sheet, yang diisi dengan perintah untuk mengkalkulasi aplikasi atau sheet tertentu yang menggunakan UDF Sheet.
>Pertanyaan? 
>
>Mmmm, saya belum "Dong' bisa minta tolong dijelaskan.

>Oh ya maaf tadi saya mau berangkat kerja, jadi ketika mau kirim ada sedikit error koneksinya.. Jadi tidak semua email terkirim.
>
>
>
>
>Regards
>
>
>
>
>
>
>Abang Tukang Tanya
>
>
>
>________________________________
> Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Jumat, 31 Agustus 2012 0:09
>Judul: Re: [belajar-excel] Update Sheet
>
>

>Coba udf Sheet berikut :
>
>UDF Sheet :
>(syntax)
>
>
>
>
>
>=Sheet( [nomor_index]  ,  [hasil_berupa_index] )
>[nomor_index]:: bersifat optional yang dapat diisi dengan bilangan bulat :
>
>
> < 0 untuk mendapatkan jumlah sheet dalam workbook
>
>
> 0 array vertikal 1 dimensi tentang urutan sheet tergantung opsi [hasil_berupa_index]
>
>
> N jika N antara 1 dan jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan nama sheet di index ke-N
>
>
>
> jika N lebih dari jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan NullString ("")
>[hasil_berupa_index]:: bersifat optional yang dapat diisi dengan nilai Boolean (TRUE/FALSE) :
>
>
> TRUE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi nomor-nomor index sheet
>
>
> FALSE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi nama-nama sheet
>
>
>
>
>
>
>Peringatan !!!
>
>
>
>
>- UDF Sheet bersifat volatile. Gunakan dengan bijak agar tidak memberatkan kalkulasi Excel
>- UDF Sheet tidak merespon adanya pembuatan sheet baru secara langsung, tetapi array hasil akan ter-update karena sifat volatile-nya ketika ada nilai cell berubah nilanya
>- Cara lain untuk membuat UDF Sheet merespon adanya pembuatan sheet baru adalah dengan memanfaatkan event workbook new sheet, yang diisi dengan perintah untuk mengkalkulasi aplikasi atau sheet tertentu yang menggunakan UDF Sheet.
>- Contoh baris perintah kalkulasi aplikasi :
>
>
> Application.Calculate
>- Contoh baris perintah kalkulasi sheet ke-1 :
>
>
> Thisworkbook.Sheets(1).Calculate
>Contoh :
>1. Jumlah sheet :
>=sheet(-1)
>
>2. nama sheet ke-4 dalam sheet tab :
>=sheet(4)
>
>3. array nomor-nomor index sheet :
>=sheet(0,true)
>
>4. array nama-nama sheet :
>=sheet(0)
>atau
>=sheet(0,false)
>
>Script UDF Sheet :
>Public Function Sheet(Optional lIdx As Long = -1, Optional bAsIdxNum As Boolean = False) As Variant
>    Dim vSht() As Variant
>    Dim lShtCount As Long, lSht As Long
>   
>    Application.Volatile
>    With ThisWorkbook
>        lShtCount = .Sheets.Count
>        Select Case lIdx
>        Case 0
>            ReDim vSht(1 To lShtCount) As Variant
>            For lSht = 1 To lShtCount
>                vSht(lSht) = IIf(bAsIdxNum, lSht, .Sheets(lSht).Name)
>            Next lSht
>            Sheet = WorksheetFunction.Transpose(vSht)
>        Case Is < 0
>            Sheet = lShtCount
>        Case Is > lShtCount
>            Sheet = vbNullString
>        Case Else
>            Sheet = .Sheets(lIdx).Name
>        End Select
>    End With
>End Function
>
>File :
>re-Update sheet.xlsm (terlampir)
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/8/30 Abang Tukang tanya <abangtukangtanya@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Selamat Malam, 
>>
>>
>>
>>
>>
>>Maaf menggangu teman-teman untuk tidur malamnya, saya mau tanya bagaimana cara mengubah otomatis suatu range jika saya merubah
>>sheetnya, sehingga ketika saya merubah sheetnya dengan saya beri nama misal "A5" maka otomatis pada range yang ditunjuk akan terisi A5.
>>
>>
>>
>>
>>Mohon bantuannya
>>
>>
>>
>>
>>Regards,
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>Abang tukang tanya
>
>
>

Thu Aug 30, 2012 3:42 pm (PDT) . Posted by:

"dayatshogun46@yahoo.co.id" dayatshogun46

Dear exceler
Mohon kiranya sumbangan makronya untuk masalah yang saya hadapi, data terlampir

Regards
Dayat
Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Thu Aug 30, 2012 9:25 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Kalau anda ingin yang paling sederhana (tanpa macro, tanpa proteksi) anda bisa memanfaatkan fitur Data Form yang disediakan Excel.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "dayatshogun46@yahoo.co.id" <dayatshogun46@yahoo.co.id>
To: Be exceler <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 31 August 2012, 2:03
Subject: [belajar-excel] Search & edit


 
Dear exceler
Mohon kiranya sumbangan makronya untuk masalah yang saya hadapi, data terlampir

Regards
Dayat
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Fri Aug 31, 2012 2:43 am (PDT) . Posted by:

"dayatshogun46@yahoo.co.id" dayatshogun46

Mas Hendrik saya tidak tau caranya, atau kalau boleh yang makro juga tidak masalah, saya coba pelajari.

Salam
Dayatshogun46
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 30 Aug 2012 21:25:54
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Search & edit

Kalau anda ingin yang paling sederhana (tanpa macro, tanpa proteksi) anda bisa memanfaatkan fitur Data Form yang disediakan Excel.

Salam,
Hendrik Karnadi


________________________________
From: "dayatshogun46@yahoo.co.id" <dayatshogun46@yahoo.co.id>
To: Be exceler <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 31 August 2012, 2:03
Subject: [belajar-excel] Search & edit


 
Dear exceler
Mohon kiranya sumbangan makronya untuk masalah yang saya hadapi, data terlampir

Regards
Dayat
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Fri Aug 31, 2012 3:11 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Kalau mau pake Data Form yang sudah disediakan Excel,
1. Buat judul Database

2. Excel 2003: Tool --> Data --> Form
    Excel 2007 - 2010 pake icon yang dapat diakses melalui Quick Access Tool Bar, dengan cara,

Klik Kanan Menu, pilih Customize Quick Access Toolbar
        Pada kotak Choose Command From, pilih All Commands, kemudian pilih Form, lalu Add maka
icon Data Form akan ditampilkan pada Quick Access Toolbar.

Kalau mau pake macro, silakan cari warisan Mbak Siti mengenai Input dan Edit (mirip dengan kebutuhan Bapak)

Kalau masih belum ketemu juga, silakan coba file terlampir (modifikasi dari file Mbak Siti).
Penjelasan detail ada dalam buku berjudul "Tingkatkan Kinerja Excel 2007 - 2010 Anda dengan VBA Excel"

Setelah paham cara kerjanya, tinggal modifikasi kolom inputnya dan sesuaikan programnya.
Kalau sdh dicoba masih sulit juga (khusunya dalam penyesuaian program), silakan disampaikan kesulitannya.
Pasti dibantu.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "dayatshogun46@yahoo.co.id" <dayatshogun46@yahoo.co.id>
To: Be exceler <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 31 August 2012, 16:36
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Search & edit


 
Mas Hendrik saya tidak tau caranya, atau kalau boleh yang makro juga tidak masalah, saya coba pelajari.

Salam
Dayatshogun46
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
________________________________

From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 30 Aug 2012 21:25:54 -0700 (PDT)
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Search edit
 
Kalau anda ingin yang paling sederhana (tanpa macro, tanpa proteksi) anda bisa memanfaatkan fitur Data Form yang disediakan Excel.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "dayatshogun46@yahoo.co.id" <dayatshogun46@yahoo.co.id>
To: Be exceler <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 31 August 2012, 2:03
Subject: [belajar-excel] Search & edit


 
Dear exceler
Mohon kiranya sumbangan makronya untuk masalah yang saya hadapi, data terlampir

Regards
Dayat
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Fri Aug 31, 2012 3:29 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Tambahan sedikit,
Jika pake Data Form Excel maka sheetnya juga dapat diprotect asalkan sebelumnya diunprotect dulu dengan macro.
Macronya adalah sbb:
Sub BukaTutup()
    ActiveSheet.Unprotect
    ActiveSheet.ShowDataForm
    ActiveSheet.Protect
End Sub

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 31 August 2012, 17:11
Subject: Re: Bls: Re: [belajar-excel] Search & edit


 
Kalau mau pake Data Form yang sudah disediakan Excel,
1. Buat judul Database

2. Excel 2003: Tool --> Data --> Form
    Excel 2007 - 2010 pake icon yang dapat diakses melalui Quick Access Tool Bar, dengan cara,

Klik Kanan Menu, pilih Customize Quick Access Toolbar
        Pada kotak Choose Command From, pilih All Commands, kemudian pilih Form, lalu Add maka
icon Data Form akan ditampilkan pada Quick Access Toolbar.

Kalau mau pake macro, silakan cari warisan Mbak Siti mengenai Input dan Edit (mirip dengan kebutuhan Bapak)

Kalau masih belum ketemu juga, silakan coba file terlampir (modifikasi dari file Mbak Siti).
Penjelasan detail ada dalam buku berjudul "Tingkatkan Kinerja Excel 2007 - 2010 Anda dengan VBA Excel"

Setelah paham cara kerjanya, tinggal modifikasi kolom inputnya dan sesuaikan programnya.
Kalau sdh dicoba masih sulit juga (khusunya dalam penyesuaian program), silakan disampaikan kesulitannya.
Pasti dibantu.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "dayatshogun46@yahoo.co.id" <dayatshogun46@yahoo.co.id>
To: Be exceler <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 31 August 2012, 16:36
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Search & edit


 
Mas Hendrik saya tidak tau caranya, atau kalau boleh yang makro juga tidak masalah, saya coba pelajari.

Salam
Dayatshogun46
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
________________________________

From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 30 Aug 2012 21:25:54 -0700 (PDT)
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Search edit
 
Kalau anda ingin yang paling sederhana (tanpa macro, tanpa proteksi) anda bisa memanfaatkan fitur Data Form yang disediakan Excel.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "dayatshogun46@yahoo.co.id" <dayatshogun46@yahoo.co.id>
To: Be exceler <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 31 August 2012, 2:03
Subject: [belajar-excel] Search & edit


 
Dear exceler
Mohon kiranya sumbangan makronya untuk masalah yang saya hadapi, data terlampir

Regards
Dayat
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Thu Aug 30, 2012 5:15 pm (PDT) . Posted by:

"Abang Tukang tanya"

Dear Mr Kid.

Terima kasih untuk balasannya, sekali lagi saya bingung.

1. UDF Sheet :
(syntax)  =Sheet( [nomor_index]  ,  [hasil_berupa_index] )

UDF itu apa sih? gunanya untuk apa? Cara buatnya gimana? Pake Makro? ato itu sudah rumus biasa?
 2.  Cara lain untuk membuat UDF Sheet merespon adanya pembuatan sheet baru adalah dengan memanfaatkan event workbook new sheet, yang diisi dengan perintah untuk mengkalkulasi aplikasi atau sheet tertentu yang menggunakan UDF Sheet.

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 31 Agustus 2012 0:09
Judul: Re: [belajar-excel] Update Sheet


 
Coba udf Sheet berikut :

UDF Sheet :
(syntax)





=Sheet( [nomor_index]  ,  [hasil_berupa_index] )
[nomor_index]:: bersifat optional yang dapat diisi dengan bilangan bulat :

< 0 untuk mendapatkan jumlah sheet dalam workbook

0 array vertikal 1 dimensi tentang urutan sheet tergantung opsi [hasil_berupa_index]

N jika N antara 1 dan jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan nama sheet di index ke-N

jika N lebih dari jumlah sheet dalam workbook, maka menghasilkan NullString ("")
[hasil_berupa_index]:: bersifat optional yang dapat diisi dengan nilai Boolean (TRUE/FALSE) :

TRUE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi nomor-nomor index sheet

FALSE akan membuat array hasil (ketika [nomor_index] diisi 0) berisi nama-nama sheet





Peringatan !!!




- UDF Sheet bersifat volatile. Gunakan dengan bijak agar tidak memberatkan kalkulasi Excel
- UDF Sheet tidak merespon adanya pembuatan sheet baru secara langsung, tetapi array hasil akan ter-update karena sifat volatile-nya ketika ada nilai cell berubah nilanya
- Cara lain untuk membuat UDF Sheet merespon adanya pembuatan sheet baru adalah dengan memanfaatkan event workbook new sheet, yang diisi dengan perintah untuk mengkalkulasi aplikasi atau sheet tertentu yang menggunakan UDF Sheet.
- Contoh baris perintah kalkulasi aplikasi :

Application.Calculate
- Contoh baris perintah kalkulasi sheet ke-1 :

Thisworkbook.Sheets(1).Calculate
Contoh :
1. Jumlah sheet :
=sheet(-1)

2. nama sheet ke-4 dalam sheet tab :
=sheet(4)

3. array nomor-nomor index sheet :
=sheet(0,true)

4. array nama-nama sheet :
=sheet(0)
atau
=sheet(0,false)

Script UDF Sheet :
Public Function Sheet(Optional lIdx As Long = -1, Optional bAsIdxNum As Boolean = False) As Variant
    Dim vSht() As Variant
    Dim lShtCount As Long, lSht As Long
   
    Application.Volatile
    With ThisWorkbook
        lShtCount = .Sheets.Count
        Select Case lIdx
        Case 0
            ReDim vSht(1 To lShtCount) As Variant
            For lSht = 1 To lShtCount
                vSht(lSht) = IIf(bAsIdxNum, lSht, .Sheets(lSht).Name)
            Next lSht
            Sheet = WorksheetFunction.Transpose(vSht)
        Case Is < 0
            Sheet = lShtCount
        Case Is > lShtCount
            Sheet = vbNullString
        Case Else
            Sheet = .Sheets(lIdx).Name
        End Select
    End With
End Function

File :
re-Update sheet.xlsm (terlampir)

Wassalam,
Kid.

2012/8/30 Abang Tukang tanya <abangtukangtanya@yahoo.co.id>

 
>Selamat Malam, 
>
>
>
>
>
>Maaf menggangu teman-teman untuk tidur malamnya, saya mau tanya bagaimana cara mengubah otomatis suatu range jika saya merubah
>sheetnya, sehingga ketika saya merubah sheetnya dengan saya beri nama misal "A5" maka otomatis pada range yang ditunjuk akan terisi A5.
>
>
>
>
>Mohon bantuannya
>
>
>
>
>Regards,
>
>
>
>
>
>
>Abang tukang tanya

Thu Aug 30, 2012 6:11 pm (PDT) . Posted by:

"Kelik Pitoyo"

Terima kasih atas bantuan dan solusi yang diberikan Mr. Kid, Pak Hendrik, dan master lainnya yang telah berkenan.

Salam,

Kelik

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: 30 Agustus 2012 19:34
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] Isian Bon sesuai dengan baris yang di klik

Terima kasih Mr. Kid atas pencerahannya.

Seingat saya, sejak saya bergabung dengan milis ini hanya 2 Master yang pernah menggunakan CLng, yoitu Mbak Siti dan Mr. Kid.

Salam,

Hendrik Karnadi

_____

From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 30 August 2012, 19:27
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] Isian Bon sesuai dengan baris yang di klik

Tentang penggunaan fungsi CLng.
CLng adalah fungsi konversi tipe data menjadi bertipe data Long (bilangan bulat pada interval angka tertentu yang lebih lebar dari pita tipe data integer)

Excel pada dasarnya selalu berusaha mengkonversi suatu nilai data menjadi bertipe data dasarnya. Jika nilai data terdiri dari angka seluruhnya, maka akan diubah menjadi bertipe numerik (umumnya double) dan sebagainya.
Contoh, jika ada suatu nilai data berbunyi :
BELAJAR bertipe string, maka Excel akan mengubahnya menjadi BELAJAR bertipe string
12345 bertipe string, maka Excel akan mengubahnya menjadi 12345 bertipe double
45678 bertipe long, maka Excel akan mengubahnya menjadi 45678 bertipe double
41151 bertipe datetime, maka Excel akan mengubahnya menjadi bertipe double

Kejadian diatas tidak berlaku untuk tipedata string jika format cell yang dituju adalah Text.
Misal, cell i33 diset formatnya berupa Text, maka ketika ada suatu nilai data berbunyi :
BELAJAR bertipe string, Excel membacanya sebagai data bertipe string, dan akan ditulis ke cell i33 sebagai string, lalu diformat Text
12345 bertipe string, Excel membacanya sebagai data bertipe string, dan akan ditulis ke cell i33 sebagai string, lalu diformat Text
45678 bertipe long, Excel membacanya sebagai data bertipe double, dan akan ditulis ke cell i33 sebagai data bertipe double, lalu diformat Text
41151 bertipe datetime, Excel membacanya sebagai data bertipe double, dan akan ditulis ke cell i33 sebagai data bertipe double, lalu diformat Text

Pada kasus ini :
1. Berdasar kaidah database, maka tabel data pada kasus ini tidak memenuhi kaidah database. Hal ini disebabkan oleh adanya 2 tipe data dalam sebuah kolom.
Jika terlalu sulit untuk seluruh kolom data, minimal kolom kuncinya lebih dulu (kolom X).
Kolom ini berisi tipedata string (record pertama) dan tipe data numerik (selain record pertama)

2. Pada bentuk struktur output, ada sebuah cell input oleh user (i33) yang diset formatnya sebagai Text (masih ingat kejadian tentang Excel berusaha mengkonversi tipe data diatas tadi ya).

3. Pada bentuk struktur output, ada sebuah cell berisi formula memanfaatkan fungsi lookup dengan lookup value adalah isian user (cell i33).
Karakteristik dasar lookup oleh excel (baik melalui VLookUp, HLookUp, LookUp, Match), selalu berdasar tipe data lookup value.
Jika i33 diisi data bertipe numerik, maka proses lookup akan memanfaatkan kolom X yang bertipe numerik saja.
Jika i33 diisi data bertipe string, maka proses lookup akan memanfaatkan kolom X yang bertipe string saja.

4. Tentang baris kode :
Range("i33").Value = CLng(Right(.Value, 7))
>> A. hasil dari fungsi Right adalah bertipe string. Format cell i33 yang berupa Text, akan menyebabkan Excel tidak melakukan konversi data dari string menjadi double karena hasil fungsi Right yang bertipe data string. Padahal native-nya, tipe data kolom X adalah bertipe numerik.
>> B. dipilih menggunakan CLng karena format cell i33 adalah Text (lihat nomor 2) dan native-nya data kolom X adalah bertipe numerik.
Akibatnya, ketika user double click di record pertama, hasilnya mestinya error value.

Jadi, agar prosedur bisa berlaku untuk seluruh record, maka formula di record pertama kolom X diubah agar menghasilkan tipe data numerik.
Formula yang ada di record pertama kolom X memanfaatkan fungsi concatenate yang menghasilkan tipe data string.
Dengan mengubah formulanya menjadi : (ubah dulu format cellnya menjadi berformat general)
=CONCATENATE(F9,F10,F11)+0
maka tipe data kolom X akan seluruhnya bertipe numerik.

Wassalam,
Kid.

2012/8/30 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

Ini memang langkah Master.

Sebelumnya saya coba buat tanpa Cancel = True namun programnya looping terus sampai error.

Mr Kid, mau nanya mengenai CLng(Right(.Value, 7)), mengapa kalau CLng dihilangkan hasilnya menjadi error, padahal kan tujuh angka tsb (dari kanan) sudah merupakan bilangan bulat....

Mohon pencerahannya.

Terima kasih.

Salam,

Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 30 August 2012, 16:26
Subject: Re: [belajar-excel] Isian Bon sesuai dengan baris yang di klik

Coba ubah isi prosedur event worksheet before double click menjadi :
With Target 'pada object range bernama target
If .Count = 1 Then 'cek jumlah cell yang di double click (hehehe... butuh gak ya?)
If .Column = 35 Then 'cek indeks kolom yang di double click
Range("i33").Value = CLng(Right(.Value, 7)) 'ganti isi cell i33
Call cetak 'panggil prosedur cetak
Cancel = True 'batalkan proses double click
End If 'akhir blok cek indeks kolom
End If 'akhir blok cek jumlah cell yang di double click
End With 'akhir blok pada object range bernama target

Wassalam,
Kid.

2012/8/30 Kelik Pitoyo <kelik@shindengen.co.id>

Selamat Siang,
Yth. Be Exceller,

Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf bila banyak code /makro dan rumus yang saya ambil dari temen-temen.
Sebelumnya saya pernah posting hal ini namun dengan permasalahan berbeda,
bila saya menginginkan kolom "AI" diklik 2x maka akan muncul print preview form bon BBM,
Permasalahan yang saya hadapi isian bon BBM belum sesuai dengan baris yang saya klik untuk di cetak. (harus manual mengganti no BON)
Bagaimana pemecahannya, mohon pencerahannya.

Terima kasih sebelumnya,
Salam,
kelik

Thu Aug 30, 2012 6:40 pm (PDT) . Posted by:

"dodi" dodi.sudarma

Mohon Ilmu, bagaimana cara mengacak data berupa nama, yang menggunakan tombol Start (ada tampilan Loading-nya kalau bisa), dan Stop untuk mengakhiri Undian.... Terima Kasih Pisan

--- Mods ---
Coba search dimilis tentang 'pemutar angka'
------------

Thu Aug 30, 2012 11:12 pm (PDT) . Posted by:

"wasis.zain" wasis.zain

salam kenal sebelumnya saya sangat berharap ini akan jadi penghujung pencarian sya

saya ingin mempunyai menu stok pergudangan dengan ribuan item
minta tolong buatin menunya menggunakan macro

saya mau uplod hasil kreasi saya tapi dimana ya
biar bisa dirubah dengan macro

--- Mods ---
Attach-kan saja hasil kreasi Bapak saat kirim posting ke milis.
Agar bisa attach file, lakukan posting melalui akun email dan jangan langsung dari website milis.
Jangan lupa peraturan milis tentang maksimal ukuran file attachment yang 250KB.
------------

Fri Aug 31, 2012 1:31 am (PDT) . Posted by:

"omeztwet" omeztwet

saya mau tanya..saya punya databse di.pronangkis.slemankab.go.id..dab saya mau menghubungkan data itu dengan.microsft exle..gimana caranya yah?

--- Mods ---
mbok yao memberi judul email (subject) yang mencerminkan isi permasalahan. Penulisannya juga yang lebih rajin agar tampak santun dan rapi.

Lebih baik lagi jika ada contoh data dari database, gambaran tentang wujud si database seperti ada dimana, formatnya apa, dsb.
File lampiran yang menjelaskan detil duduk permasalahan disertai contoh data, alur pengerjaan secara manual beserta hasilnya, dan bila perlu yang pernah dicoba juga disertakan.

Ukuran maksimal file lampiran adalah 250 KB
-------------

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar