Selasa, 18 September 2012

[belajar-excel] Digest Number 1788

15 New Messages

Digest #1788
1a
Bls: [belajar-excel] Rekam Macro by "arif satria" satria.arif
3a
Berbeda itu indah by "a.hafidz@yahoo.co.id" a.hafidz
3b
Re: Berbeda itu indah by "aji mumpung"
3c
Fw: [belajar-excel] Berbeda itu indah by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3d
Bls: [belajar-excel] Berbeda itu indah by "abdul hafidz" a.hafidz
3e
Bls: [belajar-excel] Berbeda itu indah by "ghozi alkatiri" ghozialkatiri
3f
Bls: [belajar-excel] Berbeda itu indah by "abdul hafidz" a.hafidz
3g
Re: Berbeda itu indah by "kamirin_2@yahoo.co.id" kamirin_2
4c
Re: MEROBAH DARI ANGKA TEXT MENJADI WAKTU by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
5
conditional formatting data text by "indria pie" mas_pie3
6a
Re: Rekam Macro by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon Sep 17, 2012 10:09 pm (PDT) . Posted by:

"arif satria" satria.arif

terima kasih mas udah ketemu developernya,skrg punya bahan utk belajar vba untuk saya yg bener2 pemula gak mas...?

________________________________
Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 18 September 2012 11:57
Judul: Re: [belajar-excel] Rekam Macro


 
untuk versi 2010 harus mengaktifkan ribbon Developer dahulu, caranya:

File >> Option >> Customize Ribbon >> Pada kotak "Main Tabs" beri tanda cek list di kotak "Developer >> klik OK

akan ada penambahan 1 tab baru di ribbon excel, VBA dapat diakses melalui ribbon Developer tersebut

wassalam,

-aji mumpung-
cah angon seko gunung merbabu

Pada 18 September 2012 11:07, arif satria <arif_satria07@yahoo.com> menulis:


>klo dioffice 2010 konfigur vba and makronya dimana ya....???
>
>
>

Mon Sep 17, 2012 10:33 pm (PDT) . Posted by:

"abdul dedy" abduldedysubhansyah

Dear Mr. Kid
 
saya udah ada sedikit inspirasi dari reply anda, dan udah saya lakukan, terimakasih atas ide-nya, ada satu hal lagi yang saya ingin tau
 
saya ada satu kolom blank kecuali di row pertama, dimana dikolom sebelahnya terdapat data, saya ingin mencopy data di baris pertama dan mempastenya sampai baris terakhir sesuai dengan kolom di sebelahnya, karena saya pilih control panah bawah, malah kepilih ampe baris bener-bener paling akhir,
 
misalnya data terakhir di row 10, saya ingin paste hanya sampai di row 10 itu, di kolom yang hanya ada data di row pertama tadi, apa ada VBAnya?
 
 

>________________________________
>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Senin, 17 September 2012 22:12
>Judul: Re: [belajar-excel] [HELP] find, merge, copy, paste transpose
>
>

>Dear Dedy,
>
>Saya juga bingung, semua yang diinginkan tersebut tujuannya untuk apa.
>btw, mending ndak usah dipikirkan aja.
>
>Kalau menurut pendapat saya,
>tabel di sheet data sudah bagus. Jika kolom Value tipedata nilainya adalah numerik, maka sudah memenuhi kaidah tabel database.
>Tabel dasar seperti ini cenderung lebih mudah diolah.
>Input data baru sebaiknya juga menghasilkan tabel dasar seperti di sheet data tersebut.
>
>Untuk kasus ini, anggap saja sheet final adalah salah satu bentuk output.
>Jadi data source (sepertinya banyak BeExceler yang menyebutnya master data, apapun namanya, intinya demikian) seperti di sheet Data, akan diolah agar bisa menampilkan summary yang lebih enak dianalisis seperti struktur tabel di sheet final.
>Output seperti sheet final bisa diperoleh dengan Pivot Table, andaikan sudah terbiasa atau mau mencoba dengan pivot table.
>
>Kadang kala, tetap saja diinginkan bentuk output seperti sheet final yang beneran dan bukan berbentuk pivot table.
>Untuk kebutuhan ini, VBA diperlukan. Untuk memudahkan proses, maka dibantulah si VBA itu oleh pivot table (seperti file terlampir)
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/9/17 abdul dedy <abduldedysubhansyah@yahoo.co.id>
>

>>Dear Suhu Excel
>>
>>saya rada bingung untuk melakukan beberapa hal berikut pada excel
>>
>>monggo dilihat di attachment tab "data need to be proceed", dan diharapkan hasilnya menjadi seperti yang di tab "final result" dengan menggunakan MACRO EXCEL / VBA
>> 
>>terimakasih para SUHU
>>
>
>
>
>

Mon Sep 17, 2012 11:30 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

pak dedy,

maaf saya tidak sempat mengecek lampiran file sebelumnya.. tetapi code
berikut insya Allah berguna untuk kasus anda

If ActiveCell.Offset(1, 0).Value = "" Then ' mengecek apakah dibawah cell
yang aktif ada datanya atau tidak
ActiveCell.Offset(1, 0).Select ' jika tidak ada datanya maka
turun 1 baris ke cell yang kosong berikutnya
bla bla bla..
Else ' selain itu
ActiveCell.End(xlDown).Select ' pergi ke baris paling bawah
yang berisi data
ActiveCell.Offset(1, 0).Select ' turun 1 baris ke cell yang
kosong berikutnya
bla bla bla..
End If

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 18 September 2012 12:25, abdul dedy
<abduldedysubhansyah@yahoo.co.id>menulis:

> **
>
>
> Dear Mr. Kid
>
> saya udah ada sedikit inspirasi dari reply anda, dan udah saya lakukan,
> terimakasih atas ide-nya, ada satu hal lagi yang saya ingin tau
>
> saya ada satu kolom blank kecuali di row pertama, dimana dikolom
> sebelahnya terdapat data, saya ingin mencopy data di baris pertama dan
> mempastenya sampai baris terakhir sesuai dengan kolom di sebelahnya, karena
> saya pilih control panah bawah, malah kepilih ampe baris bener-bener paling
> akhir,
>
> misalnya data terakhir di row 10, saya ingin paste hanya sampai di row 10
> itu, di kolom yang hanya ada data di row pertama tadi, apa ada VBAnya?
>
>
>
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 17 September 2012 22:12
> *Judul:* Re: [belajar-excel] [HELP] find, merge, copy, paste transpose
>
>
> Dear Dedy,
>
> Saya juga bingung, semua yang diinginkan tersebut tujuannya untuk apa.
> btw, mending ndak usah dipikirkan aja.
>
> Kalau menurut pendapat saya,
> tabel di sheet data sudah bagus. Jika kolom Value tipedata nilainya adalah
> numerik, maka sudah memenuhi kaidah tabel database.
> Tabel dasar seperti ini cenderung lebih mudah diolah.
> Input data baru sebaiknya juga menghasilkan tabel dasar seperti di sheet
> data tersebut.
>
> Untuk kasus ini, anggap saja sheet final adalah salah satu bentuk output.
> Jadi data source (sepertinya banyak BeExceler yang menyebutnya master
> data, apapun namanya, intinya demikian) seperti di sheet Data, akan diolah
> agar bisa menampilkan summary yang lebih enak dianalisis seperti struktur
> tabel di sheet final.
> Output seperti sheet final bisa diperoleh dengan Pivot Table, andaikan
> sudah terbiasa atau mau mencoba dengan pivot table.
>
> Kadang kala, tetap saja diinginkan bentuk output seperti sheet final yang
> beneran dan bukan berbentuk pivot table.
> Untuk kebutuhan ini, VBA diperlukan. Untuk memudahkan proses, maka
> dibantulah si VBA itu oleh pivot table (seperti file terlampir)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/17 abdul dedy <abduldedysubhansyah@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Dear Suhu Excel
>
> saya rada bingung untuk melakukan beberapa hal berikut pada excel
>
> monggo dilihat di attachment tab "data need to be proceed", dan diharapkan
> hasilnya menjadi seperti yang di tab "final result" *dengan menggunakan
> MACRO EXCEL / VBA*
> **
> terimakasih para SUHU
>
>
>
>
>
>

Mon Sep 17, 2012 11:03 pm (PDT) . Posted by:

"a.hafidz@yahoo.co.id" a.hafidz


Selamat siang all master be-excel.....
Semoga sehat selalu yah.....

Kiranya bisa dpt dijelaskan tuk pengertian ini :
Antara $B$10 dan B$10
Apakah keduanya disebut data absolut atau beda, mohon pencerahannya yah....
Trims.
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Mon Sep 17, 2012 11:20 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

pak hafidz,

tanda dollar atau string pada formula digunakan untuk membuat alamat
absolut, absolut di sini berarti mutlak tidak berubah

jika tanda $ berada di depan kolom maka berarti absolut di kolom, jika
tanda $ berada di depan baris berarti absolut di baris, jika tanda $ berada
di depan baris dan kolom berarti absolut untuk baris dan kolom

$B$10 >> absolut pada baris B & kolom 10
B$10 >> absolut hanya pada baris 10

perbedaannya terlihat pada saat dilakukan copy ke cell yang lain

$B$10 jika dicopy ke cell ke manapun akan tetap menghasilkan formula yang
merujuk ke kolom B baris 10 (baris & kolom tidak berubah)
*B*$10 jika dicopy ke cell lain yang berbeda kolom maka yang dimerahin akan
berubah.. bisa menjadi kolom A, C, D dan sebagainya.. tetapi barisnya tetap
merujuk ke baris 10

untuk mengubah tanda $ bisa dilakukan dengan cara menekan tombol F4
berulang-ulang

wassalam,

-aji mumpung-
cah angon seko gunung merbabu

2012/9/18 <a.hafidz@yahoo.co.id>

>
> Selamat siang all master be-excel.....
> Semoga sehat selalu yah.....
>
> Kiranya bisa dpt dijelaskan tuk pengertian ini :
> Antara $B$10 dan B$10
> Apakah keduanya disebut data absolut atau beda, mohon pencerahannya yah....
> Trims.
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

Mon Sep 17, 2012 11:29 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

nambahin sedikit,
barangkali contoh terlampir bisa memberikan gambaran.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 18 September 2012, 13:20
Subject: Re: [belajar-excel] Berbeda itu indah


 
pak hafidz,

tanda dollar atau string pada formula digunakan untuk membuat alamat absolut, absolut di sini berarti mutlak tidak berubah

jika tanda $ berada di depan kolom maka berarti absolut di kolom, jika tanda $ berada di depan baris berarti absolut di baris, jika tanda $ berada di depan baris dan kolom berarti absolut untuk baris dan kolom

$B$10 >> absolut pada baris B & kolom 10
B$10 >> absolut hanya pada baris 10

perbedaannya terlihat pada saat dilakukan copy ke cell yang lain

$B$10 jika dicopy ke cell ke manapun akan tetap menghasilkan formula yang merujuk ke kolom B baris 10 (baris & kolom tidak berubah)
B$10 jika dicopy ke cell lain yang berbeda kolom maka yang dimerahin akan berubah.. bisa menjadi kolom A, C, D dan sebagainya.. tetapi barisnya tetap merujuk ke baris 10

untuk mengubah tanda $ bisa dilakukan dengan cara menekan tombol F4 berulang-ulang

wassalam,

-aji mumpung-
cah angon seko gunung merbabu

2012/9/18 <a.hafidz@yahoo.co.id>

>Selamat siang all master be-excel.....
>Semoga sehat selalu yah.....
>
>Kiranya bisa dpt dijelaskan tuk pengertian ini :
>Antara $B$10 dan B$10
>Apakah keduanya disebut data absolut atau beda, mohon pencerahannya yah....
>Trims.
>Sent from my BlackBerry®
>powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
>------------------------------------
>
>----------------------------------------------------------
>bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
>posting ke milis, kirimkan ke:
>belajar-excel@yahoogroups.com
>
>berkunjung ke web milis
>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
>melihat file archive / mendownload lampiran
>http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
>atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
>menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
>keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>

Tue Sep 18, 2012 12:18 am (PDT) . Posted by:

"abdul hafidz" a.hafidz

terima kasih master aji n master hendrik atas penjelasannya dan menyambung tentang pengertian absolut terkadang saya masih cukup kesusahan dalam menerjemahkan formula yg terdapat data absolutnya ke bahasa manusia nya itu bagaimana apakah dibacanya seperti ini or seperti itu, seperti contoh formula berikut :
 
1. =IF(COUNTIF($B$3:$B$B52,C3)>0,"ADA","TDK ADA")
 jika di terjemahkan ke bahasa manusia seperti apa ?

2. =IF(COUNTIF($B$2:B3,B3)>1,"DOUBLE","")
 jika di terjemahkan ke bahasa manusia seperti apa ?
 
mohon pencerahannya yah...
trims.

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 18 September 2012 13:29
Judul: Fw: [belajar-excel] Berbeda itu indah

 
nambahin sedikit,
barangkali contoh terlampir bisa memberikan gambaran.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 18 September 2012, 13:20
Subject: Re: [belajar-excel] Berbeda itu indah

 
pak hafidz,

tanda dollar atau string pada formula digunakan untuk membuat alamat absolut, absolut di sini berarti mutlak tidak berubah

jika tanda $ berada di depan kolom maka berarti absolut di kolom, jika tanda $ berada di depan baris berarti absolut di baris, jika tanda $ berada di depan baris dan kolom berarti absolut untuk baris dan kolom

$B$10 >> absolut pada baris B & kolom 10
B$10 >> absolut hanya pada baris 10

perbedaannya terlihat pada saat dilakukan copy ke cell yang lain

$B$10 jika dicopy ke cell ke manapun akan tetap menghasilkan formula yang merujuk ke kolom B baris 10 (baris & kolom tidak berubah)
B$10 jika dicopy ke cell lain yang berbeda kolom maka yang dimerahin akan berubah.. bisa menjadi kolom A, C, D dan sebagainya.. tetapi barisnya tetap merujuk ke baris 10

untuk mengubah tanda $ bisa dilakukan dengan cara menekan tombol F4 berulang-ulang

wassalam,

-aji mumpung-
cah angon seko gunung merbabu

2012/9/18 <a.hafidz@yahoo.co.id>

>Selamat siang all master be-excel.....
>Semoga sehat selalu yah.....
>
>Kiranya bisa dpt dijelaskan tuk pengertian ini :
>Antara $B$10 dan B$10
>Apakah keduanya disebut data absolut atau beda, mohon pencerahannya yah....
>Trims.
>Sent from my BlackBerry®
>powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
>------------------------------------
>
>----------------------------------------------------------
>bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
>posting ke milis, kirimkan ke:
>belajar-excel@yahoogroups.com
>
>berkunjung ke web milis
>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
>melihat file archive / mendownload lampiran
>http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
>atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
>menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
>keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>

Tue Sep 18, 2012 1:58 am (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

=IF(COUNTIF($B$3:$B$B52,C3)>0,"ADA","TDK ADA")
bahasa manusianya
jika jumlah data  pada range $B$3sampai dengan$B$B52 yang isi datanya yang sama dengan data yang ada di C3 jumlahnya lebih besar 0, maka hasilnya "ADA" ;jika tidak hasilnya "TDK ADA"

=IF(COUNTIF($B$2:B3,B3)>1,"DOUBLE","")
bahasa manusianya
jika jumlah data  pada range $B$2 sampai denganB3yang isi datanya yang sama dengan data yang ada di B3 jumlahnya lebih besar 1, maka hasilnya "DOUBLE";jika tidak hasilnya " " (kosong).

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 18 September 2012 14:18
Judul: Bls: [belajar-excel] Berbeda itu indah


 
terima kasih master aji n master hendrik atas penjelasannya dan menyambung tentang pengertian absolut terkadang saya masih cukup kesusahan dalam menerjemahkan formula yg terdapat data absolutnya ke bahasa manusia nya itu bagaimana apakah dibacanya seperti ini or seperti itu, seperti contoh formula berikut :
 
1. =IF(COUNTIF($B$3:$B$B52,C3)>0,"ADA","TDK ADA")
 jika di terjemahkan ke bahasa manusia seperti apa ?
 
2. =IF(COUNTIF($B$2:B3,B3)>1,"DOUBLE","")
 jika di terjemahkan ke bahasa manusia seperti apa ?
 
mohon pencerahannya yah...
trims.

Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 18 September 2012 13:29
Judul: Fw: [belajar-excel] Berbeda itu indah

 
nambahin sedikit,
barangkali contoh terlampir bisa memberikan gambaran.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 18 September 2012, 13:20
Subject: Re: [belajar-excel] Berbeda itu indah

 
pak hafidz,

tanda dollar atau string pada formula digunakan untuk membuat alamat absolut, absolut di sini berarti mutlak tidak berubah

jika tanda $ berada di depan kolom maka berarti absolut di kolom, jika tanda $ berada di depan baris berarti absolut di baris, jika tanda $ berada di depan baris dan kolom berarti absolut untuk baris dan kolom

$B$10 >> absolut pada baris B & kolom 10
B$10 >> absolut hanya pada baris 10

perbedaannya terlihat pada saat dilakukan copy ke cell yang lain

$B$10 jika dicopy ke cell ke manapun akan tetap menghasilkan formula yang merujuk ke kolom B baris 10 (baris & kolom tidak berubah)
B$10 jika dicopy ke cell lain yang berbeda kolom maka yang dimerahin akan berubah.. bisa menjadi kolom A, C, D dan sebagainya.. tetapi barisnya tetap merujuk ke baris 10

untuk mengubah tanda $ bisa dilakukan dengan cara menekan tombol F4 berulang-ulang

wassalam,

-aji mumpung-
cah angon seko gunung merbabu

2012/9/18 <a.hafidz@yahoo.co.id>

>Selamat siang all master be-excel.....
>Semoga sehat selalu yah.....
>
>Kiranya bisa dpt dijelaskan tuk pengertian ini :
>Antara $B$10 dan B$10
>Apakah keduanya disebut data absolut atau beda, mohon pencerahannya yah....
>Trims.
>Sent from my BlackBerry®
>powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
>------------------------------------
>
>----------------------------------------------------------
>bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
>posting ke milis, kirimkan ke:
>belajar-excel@yahoogroups.com
>
>berkunjung ke
web milis
>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
>melihat file archive / mendownload lampiran
>http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
>atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
>menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
>keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>

Tue Sep 18, 2012 3:05 am (PDT) . Posted by:

"abdul hafidz" a.hafidz

terima kasih master ghozi atas penjelasannya

________________________________
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 18 September 2012 15:58
Judul: Bls: [belajar-excel] Berbeda itu indah

 
=IF(COUNTIF($B$3:$B$B52,C3)>0,"ADA","TDK ADA")
bahasa manusianya
jika jumlah data  pada range $B$3sampai dengan$B$B52 yang isi datanya yang sama dengan data yang ada di C3 jumlahnya lebih besar 0, maka hasilnya "ADA" ;jika tidak hasilnya  "TDK ADA"

=IF(COUNTIF($B$2:B3,B3)>1,"DOUBLE","")
bahasa manusianya
jika jumlah data  pada range $B$2 sampai denganB3yang isi datanya yang sama dengan data yang ada di B3 jumlahnya lebih besar 1, maka hasilnya "DOUBLE";jika tidak hasilnya " " (kosong).

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: abdul hafidz <a.hafidz@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 18 September 2012 14:18
Judul: Bls: [belajar-excel] Berbeda itu indah

 
terima kasih master aji n master hendrik atas penjelasannya dan menyambung tentang pengertian absolut terkadang saya masih cukup kesusahan dalam menerjemahkan formula yg terdapat data absolutnya ke bahasa manusia nya itu bagaimana apakah dibacanya seperti ini or seperti itu, seperti contoh formula berikut :
 
1. =IF(COUNTIF($B$3:$B$B52,C3)>0,"ADA","TDK ADA")
 jika di terjemahkan ke bahasa manusia seperti apa ?

2. =IF(COUNTIF($B$2:B3,B3)>1,"DOUBLE","")
 jika di terjemahkan ke bahasa manusia seperti apa ?

mohon pencerahannya yah...
trims.

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 18 September 2012 13:29
Judul: Fw: [belajar-excel] Berbeda itu indah

 
nambahin sedikit,
barangkali contoh terlampir bisa memberikan gambaran.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 18 September 2012, 13:20
Subject: Re: [belajar-excel] Berbeda itu indah

 
pak hafidz,

tanda dollar atau string pada formula digunakan untuk membuat alamat absolut, absolut di sini berarti mutlak tidak berubah

jika tanda $ berada di depan kolom maka berarti absolut di kolom, jika tanda $ berada di depan baris berarti absolut di baris, jika tanda $ berada di depan baris dan kolom berarti absolut untuk baris dan kolom

$B$10 >> absolut pada baris B & kolom 10
B$10 >> absolut hanya pada baris 10

perbedaannya terlihat pada saat dilakukan copy ke cell yang lain

$B$10 jika dicopy ke cell ke manapun akan tetap menghasilkan formula yang merujuk ke kolom B baris 10 (baris & kolom tidak berubah)
B$10 jika dicopy ke cell lain yang berbeda kolom maka yang dimerahin akan berubah.. bisa menjadi kolom A, C, D dan sebagainya.. tetapi barisnya tetap merujuk ke baris 10

untuk mengubah tanda $ bisa dilakukan dengan cara menekan tombol F4 berulang-ulang

wassalam,

-aji mumpung-
cah angon seko gunung merbabu

2012/9/18 <a.hafidz@yahoo.co.id>

>Selamat siang all master be-excel.....
>Semoga sehat selalu yah.....
>
>Kiranya bisa dpt dijelaskan tuk pengertian ini :
>Antara $B$10 dan B$10
>Apakah keduanya disebut data absolut atau beda, mohon pencerahannya yah....
>Trims.
>Sent from my BlackBerry®
>powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>
>------------------------------------
>
>----------------------------------------------------------
>bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
>posting ke milis, kirimkan ke:
>belajar-excel@yahoogroups.com
>
>berkunjung ke web milis
>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
>melihat file archive / mendownload lampiran
>http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
>atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
>menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
>keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
>
>
>
>

Tue Sep 18, 2012 4:01 am (PDT) . Posted by:

"kamirin_2@yahoo.co.id" kamirin_2

Dear A. Hafidz

$B$10 dengan B$10 jelas beda, karna klo $B$10 mengunci kolom & baris, sedangkan B$10 hanya mengunci baris saja.

Salam,
KMR

Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: a.hafidz@yahoo.co.id
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 18 Sep 2012 06:02:21
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Berbeda itu indah


Selamat siang all master be-excel.....
Semoga sehat selalu yah.....

Kiranya bisa dpt dijelaskan tuk pengertian ini :
Antara $B$10 dan B$10
Apakah keduanya disebut data absolut atau beda, mohon pencerahannya yah....
Trims.
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

Tue Sep 18, 2012 4:00 am (PDT) . Posted by:

"basyoir Bas"

Dear Juragan excel,

Assalamualikum Sheich Excel,
Mau tanya formula untuk merubah format text menjadi format waktu, sample seperti terlampir.

Atas bantuannya terima kasih.

Salam,
Bas

Tue Sep 18, 2012 5:14 am (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

Pak Bas,

untuk mengubah data terlampir langkah-langkahnya sebagai berikut: (contoh
saya ambil dari data pertama)

1. Hilangkan tanda titik yang digunakan sebagai pemisah antara jam dengan
menit, gunakan fungsi Substitute
syntax untuk fungsi ini adalah
SUBSTITUTE(text, old_text, new_text, [instance_num])
dalam kasus ini =Substitute("03.00", ".", ""), karena instannce number
tidak diisi maka excel akan menganggap nilainya 1, hasil akhir adalah 0300

2. Ubah hasil text pada langkah 1 menjadi text dalam format jam, gunakan
fungsi Text
syntax untuk fungsi ini adalah
TEXT(value, format_text)
dalam kasus ini =Text("0300", "00\:00"), tanda back slash digunakan
untuk memisahkan 2 digit pertama sebagai jam & 2 digit berikutnya sebagai
menit, hasil akhir adalah 03:00

3. Ubah text pada langkah 2 menjadi nilai dari jam tersebut, gunakan
fungsi TimeValue
syntax fungsi ini adalah
TIMEVALUE(time_text)
dalam kasus ini =TimeValue("03:00"), hasil akhirnya adalah data
bertipe numerik

4. Ubah data numerik tersebut kedalam format waktu yang diinginkan

Karena pada langkah ke-3 tipe data sudah berubah dari Text menjadi Numeric,
maka data tersebut dapat dilakukan operasi matematika termasuk juga
penjumlahan

formula lengkapnya adalah =TIMEVALUE(TEXT(SUBSTITUTE(E5;".";"");"00\:00"))

Hasil akhir dapat dilihat pada file terlampir

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 18 September 2012 16:33, basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear Juragan excel,
>
> Assalamualikum Sheich Excel,
> Mau tanya formula untuk merubah format text menjadi format waktu, sample
> seperti terlampir.
>
> Atas bantuannya terima kasih.
>
> Salam,
> Bas
>
>
>

Tue Sep 18, 2012 5:25 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Atau lompat dari 1 ke 3, menjadi :
=--Substitute( "03.00" , "." , ":" )

Wassalam,
Kid.

2012/9/18 aji mumpung <pupung1986@gmail.com>

> **
>
>
> Pak Bas,
>
> untuk mengubah data terlampir langkah-langkahnya sebagai berikut: (contoh
> saya ambil dari data pertama)
>
> 1. Hilangkan tanda titik yang digunakan sebagai pemisah antara jam dengan
> menit, gunakan fungsi Substitute
> syntax untuk fungsi ini adalah
> SUBSTITUTE(text, old_text, new_text, [instance_num])
> dalam kasus ini =Substitute("03.00", ".", ""), karena instannce
> number tidak diisi maka excel akan menganggap nilainya 1, hasil akhir
> adalah 0300
>
> 2. Ubah hasil text pada langkah 1 menjadi text dalam format jam, gunakan
> fungsi Text
> syntax untuk fungsi ini adalah
> TEXT(value, format_text)
> dalam kasus ini =Text("0300", "00\:00"), tanda back slash digunakan
> untuk memisahkan 2 digit pertama sebagai jam & 2 digit berikutnya sebagai
> menit, hasil akhir adalah 03:00
>
> 3. Ubah text pada langkah 2 menjadi nilai dari jam tersebut, gunakan
> fungsi TimeValue
> syntax fungsi ini adalah
> TIMEVALUE(time_text)
> dalam kasus ini =TimeValue("03:00"), hasil akhirnya adalah data
> bertipe numerik
>
> 4. Ubah data numerik tersebut kedalam format waktu yang diinginkan
>
> Karena pada langkah ke-3 tipe data sudah berubah dari Text menjadi
> Numeric, maka data tersebut dapat dilakukan operasi matematika termasuk
> juga penjumlahan
>
> formula lengkapnya adalah =TIMEVALUE(TEXT(SUBSTITUTE(E5;".";"");"00\:00"))
>
> Hasil akhir dapat dilihat pada file terlampir
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 18 September 2012 16:33, basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Dear Juragan excel,
>>
>> Assalamualikum Sheich Excel,
>> Mau tanya formula untuk merubah format text menjadi format waktu, sample
>> seperti terlampir.
>>
>> Atas bantuannya terima kasih.
>>
>> Salam,
>> Bas
>>
>>
>
>

Tue Sep 18, 2012 4:01 am (PDT) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

dear master and all

mohon dibantu untuk pencerahan tentang bagaimana menggunakan conditional formatting untuk data yang berbentuk text / data hasil rumus...

terima kasih sebelumya

salam,
-snupy-

Tue Sep 18, 2012 4:10 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

File kiriman member yang bisa menjadi bahan belajar, bisa didapatkan di :
1. Folder milis (butuh YahooID)
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/

2. beberapa di simpan di : (untuk backup dan space yang lebih luas)
http://www.4shared.com/folder/vlA08EdU/Dari_Member_Untuk_Member.html

Wassalam,
Kid,

2012/9/18 Bagus <bagus@kingjim.co.id>

> **
>
>
> **
> Pak Aji;
>
> Mau dong di kirim (japri). readme-nya
>
>
> Thx
> bagus
>
> ----- Original Message -----
> *From:* aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, September 17, 2012 10:38 PM
> *Subject:* [belajar-excel] Rekam Macro
>
> Seorang member millis ini menanyakan bagaimana caranya mekukan copy,
>>> paste, dan transpose menggunakan VBA. Kelihatannya ini adalah hal yang
>>> mudah tetapi tetap saja sulit bagi yang masih awam dengan VBA.
>>>
>>> Pada kesempatan ini saya akan coba menjelaskan langkah-langkah membuat
>>> macro dengan cara melakukan perekaman macro, kenapa harus dengan merekam?
>>> karena menurut saya cara ini adalah cara yang paling mudah manakala kita
>>> berniat serius untuk mempelajari macro tetapi tidak ada dukungan yang
>>> cukup, dukungan ini bisa berupa buku, situs dan sejenisnya, atau bahkan
>>> ketiadaan seorang guru yang mengajari kita.
>>>
>>> Cukup sudah basa-basinya.. kita mulai saja langkah yang panjang ini..
>>> Karena tulisan ini saya tujukan untuk para pemula, jadi ada kemungkinan
>>> para master dan sesepuh akan merasa bosan membaca tulisan ini..
>>>
>>> Anggap saja ada penilaian tentang cara cara para master memberikan
>>> penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan dari member millis ini, dan anda
>>> bertugas untuk memasukkan nilai tersebut ke dalam sheet "Input"
>>>
>>> [image: Gambar sisip 1]
>>>
>>> Setelah memasukkan data di sheet "Input" lalu anda diminta untuk
>>> memindahkannya ke sheet "Hasil" seperti ini:
>>>
>>> [image: Gambar sisip 2]
>>>
>>> Tidak ada maksud buruk dari saya dengan memasukkan nick name Alm pak
>>> Mabrur Masyhud dalam contoh ini, dan hal ini masih bisa diperdebatkan..
>>> tetapi bukan itu inti dari pembelajaran ini..
>>>
>>> Setelah ratusan bahkan ribuan kali memasukkan data di Sheet Input
>>> kemudian memindahkannya ke sheet Hasil, tentu anda akan berfikir..
>>> "seandainya saja ada tombol ajaib yang akan melakukan semua hal tersebut'
>>>
>>> Baiklah.. kenapa tidak kita buat saja tombol ajaib tersebut dengan cara
>>> melakukan perekaman macro..
>>>
>>> Pada Excel 2003 untuk merekam macro bisa melalui Tools >> Option >>
>>> Record new macro, sedangkan pada versi 2007 ke atas anda dapat merekam
>>> dengan meng-klik tombol Record Macro setelah terlebih dahulu mengaktifkan
>>> ribbon Developer
>>>
>>> [image: Gambar sisip 1]
>>>
>>> setelah itu anda dapat melengkapi form seperti di bawah ini
>>>
>>> [image: Gambar sisip 2]
>>>
>>> Nomer 1 adalah nama macro yang anda buat
>>> Nomer 2 adalah sortcut key atau tombol yang akan menjalankan program
>>> macro
>>> Nomor 3 adalah lokasi macro disimpan
>>> Anda juga dapat menuliskan keterangan tentang macro yang anda buat di
>>> kotak Description
>>>
>>> Supaya seragam kita isi saja sebagai berikut
>>> 1. nama macro = CopasSpesial (nama macro tidak boleh mengandung spasi)
>>> 2. sortcut key = CTRL Shift A
>>> 3. lokasi simpan = This Workbook
>>> setelah itu tekan tombol OK
>>>
>>> pertama kita copy nama, untuk itu klik cell c4 di sheet Input, setelah
>>> itu klik kanan dan pilih copy
>>>
>>> [image: Gambar sisip 3]
>>>
>>> Setelah itu pindah ke sheet Hasil untuk mempaste nama, setelah berada di
>>> sheet Hasil, klik Nama atau cell b4 seperti gambar berikut:
>>>
>>> [image: Gambar sisip 4]
>>>
>>> dari sini ada beberapa langkah yang kita lakukan, yaitu:
>>> 1. Pergi ke cell paling bawah yang berisi data
>>> 2. Setelah itu turun 1 baris ke cell yang kosong
>>>
>>> Alih-alih ingin melakukan hal yang benar, jika anda langsung pergi ke
>>> cell b8 tanpa mengubah dari alamat absolut menjadi alamat relatif, maka
>>> hasil perekaman macro tersebut akan selalu menuju ke cell b8. Untuk itulah
>>> kita mesti mengubah dahulu alamat absolut menjadi alamat relatif.
>>>
>>> Pada versi 2007 ke atas anda dapat melakukannya dengan meng-klik tombol
>>> Use Relative References
>>>
>>> [image: Gambar sisip 5]
>>>
>>> Sekarang anda dapat mem-paste nama yang sudah anda copy tadi dengan
>>> cara..
>>> 1. Dari header Nama, pergi ke cell paling bawah yang berisi data dengan
>>> cara menekan tombol CTRL + panah bawah
>>> 2. Setelah itu takan tombol panah bawah 1 kali
>>> 3. Paste di cell tersebut dengan menekan tombol CTRL + V
>>>
>>> Untuk pergi ke cell yang beisi data:
>>> ke arah bawah ==> CTRL + panah bawah
>>> ke arah kanan ==> CTRL + panah kanan
>>>
>>> Jika anda mengulang dengan sabar dan benar langkah-langkah di atas, maka
>>> seharusnya hasilnya akan seperti gambar berikut:
>>>
>>> [image: Gambar sisip 6]
>>>
>>> Hasil copas dengan data yang benar tetapi dengan format yang salah.
>>>
>>> Setelah itu anda dapat memperbaiki format dengan cara melakukan copas
>>> format dari data pertama sehingga hasil akhirnya seperti gambar di bawah
>>> ini:
>>>
>>> [image: Gambar sisip 7]
>>>
>>> Setelah selesai maka anda dapat segera menekan tombol Stop Recording
>>> untuk menghentikan proses perekaman macro.
>>>
>>> Anda dapat menemukan macro hasil perekaman tadi di dalam Modul1
>>>
>>> [image: Gambar sisip 8]
>>>
>>>
>>> Seharusnya hasil rekam macro saya dengan anda tidak terlalu jauh
>>> berbeda, berikut adalah hasil rekam macro saya
>>>
>>> Option Explicit
>>>
>>> Sub CopasSpesial()
>>> '
>>> ' CopasSpesial Macro
>>> '
>>> ' Keyboard Shortcut: Ctrl+Shift+A
>>> '
>>> Range("C4").Select ' memilih cell
>>> c4
>>> Selection.Copy ' mengcopy cell
>>> c4
>>> Sheets("Hasil").Select ' pergi ke
>>> sheetsHasil
>>> Range("B4").Select ' memilih
>>> header Nama
>>> Selection.End(xlDown).Select ' pergi ke
>>> baris paling bawah yang berisi data
>>> ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select ' turun 1 baris
>>> ke cell yang kosong
>>> ActiveSheet.Paste ' mem-paste
>>> nama dari sheet Input
>>> Sheets("Input").Select ' kembali ke
>>> sheet Input
>>> Range("C6").Select ' memilih cell
>>> c6 yang berisi nilai untuk formula
>>> Application.CutCopyMode = False ' menghapus
>>> clipboard yang berisi copy data dari cell c4
>>> Selection.Copy ' meng-copy
>>> cell c6
>>> Sheets("Hasil").Select ' pergi ke
>>> sheet Hasil
>>> Range("B4").Select ' memilih
>>> header nama
>>> Selection.End(xlDown).Select ' pergi ke
>>> baris paling bawah yang berisi data
>>> ActiveCell.Offset(0, 1).Range("A1").Select ' pergi 1 kolom
>>> ke sebelah kanan
>>> ActiveSheet.Paste ' mempaste
>>> nilai formula dari cell input
>>> Sheets("Input").Select ' pergi ke
>>> sheet input
>>> Range("C8").Select ' memilih cell
>>> c8
>>> Application.CutCopyMode = False ' menghapus
>>> clipboard
>>> Selection.Copy ' mengcopy cell
>>> c8
>>> Sheets("Hasil").Select ' pergi ke
>>> sheet Hasil
>>> Range("B4").Select ' pergi ke
>>> header nama
>>> Selection.End(xlDown).Select ' pergi ke
>>> baris paling bawah yang berisi data
>>> Selection.End(xlToRight).Select ' pergi ke cell
>>> paling kanan yang berisi data
>>> ActiveCell.Offset(0, 1).Range("A1").Select ' pergi 1 kolom
>>> ke sebelah kanan
>>> ActiveSheet.Paste ' mem-paste
>>> nilai macro
>>> Application.CutCopyMode = False ' menghapus
>>> clipboard
>>> Range("B4").Select ' memilih
>>> header nama
>>> ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select ' turun 1 baris
>>> Range(Selection, Selection.End(xlToRight)).Select ' memblok cell
>>> b5 sampai d5
>>> Selection.Copy ' mengcopy cell
>>> b5 sampai d5
>>> Selection.End(xlDown).Select ' pergi ke
>>> baris paling bawah yang berisi data
>>> Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteFormats, Operation:=xlNone, _
>>> SkipBlanks:=False, Transpose:=False ' mempaste
>>> format
>>> Application.CutCopyMode = False ' menghapus
>>> clibboard
>>> End Sub
>>>
>>> Mari kita ulang, apa saja yang sudah kita pelajari?
>>>
>>> 1. Cara meng-kopi dan mempaste suatu cell
>>> 2. Bergerak di dalam workseet, yaitu:
>>> a. ke data yang paling akhir di bawah *.end(xlDown)*
>>> b. ke data paling akhir di sebelah kanan *.end(xlRight)*
>>> untuk bergerak ke data akhir di sebelah atas dan kiri silakan
>>> gunakan cara yang serupa
>>> c. turun 1 baris ke bawah *.OffSet(1, 0)*
>>> d. pindah 1 baris ke sebelah kanan *.OffSet (0, 1)*
>>> untuk bergerak ke atas dan ke bawah silakan gunakan cara yang serupa
>>> *.Offset(baris, kolom)*
>>> baris jika bernilai positif berarti turun ke bawah, jika negatif
>>> berarti bergerak ke atas
>>> kolom jika bernilai positif berarti ke arah kanan, jika negatif
>>> berarti ke arah kiri.
>>>
>>> Walaupun teknik rekam saya rasakan sangat membantu saya dalam
>>> mempelajari macro, tetapi teknik ini juga memiliki kelemahan yaitu tidak
>>> dapat melakukan perulangan..
>>>
>>> Saya rasa cukup sampai di sini cerita saya yang panjang lebar.. tentu
>>> jika saya teruskan akan membuat bosan orang yang membacanya.. Contoh file
>>> bisa dilihat di lampiran.
>>>
>>> Semoga bermanfaat.
>>>
>>> wassalam,
>>>
>>> -aji mumpung-
>>>
>> # jika dirasa bermanfaat, dipersilakan untuk menyebarkan tanpa
> persetujuan dahulu dari saya
>
> maaf mr kid, saya tidak lampirkan readme-nya, karena setelah saya kompres
> dengan winrar ukurannya masih 267KB
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar