Sabtu, 22 September 2012

[belajar-excel] Digest Number 1798

15 New Messages

Digest #1798
1a
Menghapus tanda koma by "Arieyanto"
1b
Re: Menghapus tanda koma by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
2
Link Tutorial Query by "Sukardi" angeldies_758
3a
3b
3c
Re: Input data dan hantar ke sheet by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
4a
5a
Re: Menampilkan data secara urut dan berkelompok by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
6a
8
Membuat akumulasi pendapatan. by "Indra Sanjaya" indradjaja80an
9
Menampilkan data di List BOX by "sapicumi" sapicumi@rocketmail.com
10a
Re: Menghitung dengan field yang beda by "Agus Erwanto" erwanto_agus
11
hitung warna by "Aden S" adendum_81

Messages

Fri Sep 21, 2012 11:41 am (PDT) . Posted by:

"Arieyanto"

Dear Para Masters Excel,

Minta bantuannya.. mgkn terkesan simple tp msh perlu belajar nih..
Bagaimana cara menghapus tanda koma pada kolom dalam ini sheet ini secara cepat.

Thank you,
Best Regards,

Arieyanto

Fri Sep 21, 2012 12:06 pm (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Jika yang dimaksud tanda koma yang ada pada kolom-kolom berisi nilai :
> blok data
> klik kanan -> pilih Format Cells -> tab Number -> pilih General -> tekan
OK

Wassalam,
Kid.

2012/9/21 Arieyanto <Arieyanto@osielectronics.com>

> **
>
>
> Dear **Para** Masters Excel,****
>
> ** **
>
> Minta bantuannya.. mgkn terkesan simple tp msh perlu belajar nih..****
>
> Bagaimana cara menghapus tanda koma pada kolom dalam ini sheet ini secara
> cepat.****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Thank you,****
>
> Best Regards,****
>
> ****
>
> * **Arieyanto*****
>
> ** **
>
>
>

Fri Sep 21, 2012 11:59 am (PDT) . Posted by:

"Sukardi" angeldies_758

Dear Excel Lover
Ada yang tahu link Tutorial cara membuat query diexcel 2003.
Thanks
sallam
sukardi

--- Mods ---
Coba :
http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html

Excel 2003 :
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/import-data-import-external-data-into-excel-2003-RZ001183132.aspx

Excel 2007 :
(perbedaan dengan Excel 2003 adalah pada sisi menunya. Setelah masuk ke area MS Query, semuanya sama.)
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/connect-to-import-external-data-HP010089898.aspx
-------------

Fri Sep 21, 2012 12:00 pm (PDT) . Posted by:

"Mansor" nbmy1980

Ya, benar Pak Kid, lebih mudah jika digabungkan, tetapi file ini akan
dijadikan master bagi "Shared Workbook" dan di distribusi ke petugas
mengikut pulau. Petugas pulau jawa hanya akan input data untuk pulau jawa
sahaja. Kantor pusat akan merge data yang diisi dari semua petugas bagi
setiap pulau.

Menurut saya, jika data digabungkan dalam sheet yang sama, akan terjadi
"over right" data baru terhadap data lama. Makanya saya asingkan mengikut
pulau.

Rekap ini adalah untuk kantor pusat melihat berapa hari perjalanan dari
daerah ke pusat dan data difilter mengikut Pulau, dan Bulan.

Jika dipilih pulau Jawa, hanya kota2 di sheet pulau jawa sahaja yang
ditampilkan sesuai dgn bulannya.

Terima kasih Pak Kid atas pencerahannya,

2012/9/21 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Bagaimana kalau sheet datanya digabung saja. Supaya rekapnya gak ruwet.
> Rekapnya kan baru per pulau untuk lihat per kota di pulau itu.
> Kalau mau seluruh pulau bagaimana ?
>
> btw, VBA Code untuk simpan data pada file terlampir bisa digunakan untuk
> pindahkan per sheet juga. Cukup ganti isi object shtDB dengan sheet lokasi
> penyimpanan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/9/21 Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>>
>>
>>
>> Teman beExcel,
>>
>> Mohon bantuan , gimana makronya jika saya mau input data, dan dihantar ke
>> sheet yang sesuai dengan nama pulau nya.
>>
>> Contoh, jika saya memilih "Sumatera", di saat saya klik pada tombol, data
>> akan masuk ke sheet "Sumatera", dan datanya akan bertambah.
>>
>>
>>
>> File dilampirkan
>>
>>
>>
>> Terima kasih.
>>
>> Mansor
>>
>>
>>
>
>

Fri Sep 21, 2012 12:00 pm (PDT) . Posted by:

"Mansor" nbmy1980

Dear x_mikey,

Saya sudah copy makro untuk pulau pulau yang lain, ternyata berhasil.
Terima kasih karena berbagi ilmu yang sangat bermanfaat untuk kita semua.

Mansor.

2012/9/21 <the_x_mikey@yahoo.com>

> **
>
>
> ** Hi pak Mansor,
>
> Karena office saya versi lama, file terlampir dibuat di 2003 ya.
>
> Saya hanya buat untuk jawa dan sumatera, sisanya tinggal di copy paste
> edit.
> ------------------------------
> *From: * Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 21 Sep 2012 15:59:43 +0800
> *To: *belajar-excel<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *[belajar-excel] Input data dan hantar ke sheet
>
>
>
>
>
>
> Teman beExcel,
>
> Mohon bantuan , gimana makronya jika saya mau input data, dan dihantar ke
> sheet yang sesuai dengan nama pulau nya.
>
> Contoh, jika saya memilih "Sumatera", di saat saya klik pada tombol, data
> akan masuk ke sheet "Sumatera", dan datanya akan bertambah.
>
>
>
> File dilampirkan
>
>
>
> Terima kasih.
>
> Mansor
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Fri Sep 21, 2012 12:10 pm (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Ooo begitu ..
Jadi rekapnya bisa ambil dari data hasil merge ya. Terus ikut di shared
workbook sheet rekapnya. Bisa gak ya. :)

Wassalam,
Kid.

2012/9/21 Mansor <dbpermatasari@gmail.com>

> **
>
>
>
>
> Ya, benar Pak Kid, lebih mudah jika digabungkan, tetapi file ini akan
> dijadikan master bagi "Shared Workbook" dan di distribusi ke petugas
> mengikut pulau. Petugas pulau jawa hanya akan input data untuk pulau jawa
> sahaja. Kantor pusat akan merge data yang diisi dari semua petugas bagi
> setiap pulau.
>
> Menurut saya, jika data digabungkan dalam sheet yang sama, akan terjadi
> "over right" data baru terhadap data lama. Makanya saya asingkan mengikut
> pulau.
>
> Rekap ini adalah untuk kantor pusat melihat berapa hari perjalanan dari
> daerah ke pusat dan data difilter mengikut Pulau, dan Bulan.
>
> Jika dipilih pulau Jawa, hanya kota2 di sheet pulau jawa sahaja yang
> ditampilkan sesuai dgn bulannya.
>
> Terima kasih Pak Kid atas pencerahannya,
>
>
>
> 2012/9/21 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>>
>>
>> Bagaimana kalau sheet datanya digabung saja. Supaya rekapnya gak ruwet.
>> Rekapnya kan baru per pulau untuk lihat per kota di pulau itu.
>> Kalau mau seluruh pulau bagaimana ?
>>
>> btw, VBA Code untuk simpan data pada file terlampir bisa digunakan untuk
>> pindahkan per sheet juga. Cukup ganti isi object shtDB dengan sheet lokasi
>> penyimpanan.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2012/9/21 Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> Teman beExcel,
>>>
>>> Mohon bantuan , gimana makronya jika saya mau input data, dan dihantar
>>> ke sheet yang sesuai dengan nama pulau nya.
>>>
>>> Contoh, jika saya memilih "Sumatera", di saat saya klik pada tombol,
>>> data akan masuk ke sheet "Sumatera", dan datanya akan bertambah.
>>>
>>>
>>>
>>> File dilampirkan
>>>
>>>
>>>
>>> Terima kasih.
>>>
>>> Mansor
>>>
>>>
>>>
>>
>
>

Fri Sep 21, 2012 12:00 pm (PDT) . Posted by:

"Yudi Dwiyono" yudi_dwiyono

Thanks mr kid...

Regards,
yudi

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 21, 2012 6:25 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Tanya rumus Redistribusi antara warehouse


 
Coba file terlampir.

Wassalam,
Kid.

2012/9/21 Yudi Dwiyono <yudi_dwiyono@yahoo.com>


>Dear Mr Kid,
>
>Ok...tetapi gimana ya kalau di kondisikan stock code SM yang di supply dari warehouse excess ke stock code yang FM ?
>Sorry mr kid kalau saya banyak tanya , maklum pemula.
>Thanks.
>
>Regards,
>Yudi
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, September 21, 2012 4:38 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Tanya rumus Redistribusi antara warehouse
>
>
>

>Bagaimana jika sheet Excess mengambil dari hasil formula di sheet needs saja ?
>Mestinya kan nanti jumlahnya sama.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>2012/9/21 Yudi Dwiyono <yudi_dwiyono@yahoo.com>
>
>
>> 
>>
>>Dear Mr Kid and Others Master Excel
>>
>>Thanks sebelum nya
>>, tetapi mohon maaf sepertinya ada masalash dengan formula yang saya gunakan, sebagai
>>contoh : untuk stock code 8898013252 dari 062 di distribusikan ke 061 sebanyak
>>37 Pcs , sementara didistribusikan kembali oleh 054..padahal 061 hanya butuh 37
>>pcs saja. kira kira bisa ga ya unutk kasus ini di supply dari wh dengan class
>>SM ( Slow moving saja ). Please help.....
>>
>>Thanks.
>>
>>Regards,
>>Yudi
>> 
>>
>>----- Forwarded Message -----
>>From: Yudi Dwiyono <yudi_dwiyono@yahoo.com>
>>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Sent: Friday, September 21, 2012 12:17 AM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Tanya rumus Redistribusi antara warehouse
>>
>>
>> 
>>Dear Mr Kid,
>>
>>Thanks a lot...ini yang saya maksud.....
>>
>>Regards,
>>Yudi
>>
>>________________________________
>>From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Thursday, September 20, 2012 12:51 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Tanya rumus Redistribusi antara warehouse
>>
>>
>> 
>>Pak Yudi,
>>
>>Mungkin seperti file terlampir.
>>
>>Array formula untuk menyusun unique warehouse ID : (mulai kolom F untuk baris 3 saja) -> copy ke kanan sampai bertemu hasil nullstring ("")
>>=IFERROR(INDEX(needs!$A$4:$A$28,MATCH(0,COUNTIF($E$3:E$3,needs!$A$4:$A$28),0)),"")
>>bagi pengguna xl2003, ganti fungsi IFError( dengan IF( IsNumber( MATCH(0,COUNTIF($E$3:E$3,needs!$A$4:$A$28),0) ) ,
>>
>>Formula distribusi :
>>=MIN($D4-SUM($E4:E4),SUMPRODUCT((needs!$E$4:$E$28<>"SM")*(needs!$A$4:$A$28=F$3)*(needs!$B$4:$B$28=$B4)*needs!$D$4:$D$28))
>>
>>Penggunaan fungsi Min untuk mengantisipasi ketika jumlah yang dibutuhkan lebih dari yang tersedia di Excess. Dengan demikian, untuk needs yang totalnya sudah melewati jumlah excess yang tersedia, tidak akan kebagian alias 0.
>>Permasalahan tentang siapa yang harus dapat prioritas, silakan dibuat sebuah kolom untuk menjadi kolom sorting yang berisi tingkat prioritas yang harus dipenuhi.
>>
>>Dengan konsep yang sama, juga bisa disusun pada sheet data yang membutuhkan (lihat sheet needs pada file terlampir)
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>2012/9/19 Yudi Dwiyono <yudi_dwiyono@yahoo.com>
>>
>>> 
>>>Dear Mr Kid & Others master excel,
>>>
>>>Terlampir data yang sudah saya sederhanakan dan ada penjelasanya, Mohon bantuannya untuk menemukan formula yang tepat .
>>>Atas bantuannya saya ucapkan banyak banyak terima kasih.
>>>Thank.
>>>
>>>Regards,
>>>Yudi
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Sent: Wednesday, September 19, 2012 5:08 PM
>>>Subject: Re: [belajar-excel] Tanya rumus Redistribusi antara warehouse
>>>
>>>
>>>
>>> 
>>>Coba Bapak sertakan :
>>>1. Penjelasan masing-masing kolom setiap sheet
>>>2. Relasi antara sheet pertama dengan sheet kedua
>>>3. contoh hasil pengerjaan manualnya.
>>>
>>>Semoga dengan penjelasan yang lebih baik tentang hal-hal di atas, akan membantu calon penanggap yang ingin menanggapi.
>>>
>>>Wassalam,
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>2012/9/19 Yudi Dwiyono <yudi_dwiyono@yahoo.com>
>>>
>>>
>>>> 
>>>>Dear Master excel,
>>>> 
>>>>Saya mau tanya , bagaimana rumus yang logis jika,
>>>> 
>>>>Ada 2 data yang berbeda, pertama data recomended order dan yang ke dua data excess stock bagaimana rumusnya nya agar data excess stock dapat di supply pada warehouse tertentu yang membutuhkan stock dari warehouse yang kelebihan stock dengan quantity yang mencukupi atau minimal mendekati atau jika warehouse A membutuhkan 70 Pcs semetara warehouse B kelebihan 50 Pc? Data terlampir...
>>>>Thanks.
>>>> 
>>>>Regards,
>>>>Yudi 
>>>>
>>>__._,_._
>>
>>
>
>
>

Fri Sep 21, 2012 2:16 pm (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Assalamualaikum Wr. Wb.

Proses mengurutkan data dengan multi kriteria menggunakan formula, pada
umumnya tergantung pada susunan composite key kriteria pengurutannya.
Sepertinya ruwet kalau dijelaskan dengan kata-kata ya...
Lihat file terlampir saja ya...
Konsep tentang Composite Key dan cara pengurutan data, bisa dilihat
disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2012/05/formula-peringkat-data-teks.html>
.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/9/21 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com>

> **
>
>
> Salam be-excel..
>
> Yth. para pakar dan rekan2 excellers
>
> Bagaimana cara sorting dan mengelompokkan data di Tabel 1. agar tampil
> terurut (Tabel 2.) dengan Makro ??
>
> Penjelasan urutan dan pengelompokan data pada Tabel 2. :
> 1. Semua record "yang unik" disort secara descending
> 2. Berdasarkan urutan itu, lalu semua record yg "namanya sama" dikumpulkan
> dan diurutkan lagi secara descending
> 3. Hasilnya ditampilkan pada sheet 'hasil'
>
> Mohon dibantu, trima kasih sebelumnya
> wassalam
> Imam F. Sinurat
>
>
>

Fri Sep 21, 2012 6:01 pm (PDT) . Posted by:

"nyok Nyok" nyok75

Kepada para master excel. Mohon saya dibantu bagaimana membuat rumus filter dengan beberapa kriteria:

Seharusnya nilai yg adadi sheet REKAP range C8 sampai F10 adalah SEPERTI yang ada ada di sheet PIVOT.
Sheet
PIVOT  saya buat menggunakan fasilitas
PIVOT TABLE.Apa
yang salah dengan rumus saya pada sheet REKAP ini?

Selengkapnya mohon dilihat pada lampiran

Terima
kasih

Fri Sep 21, 2012 6:24 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

hai.. nyok <kok sebutannya gak enak ya>

1. coba perhatikan cara penulisan PRIA di di sheet Utama & sheet Rekap,
yang di sheet Utama tanpa spasi sedangkan yang di sheet Rekap ada spasi di
belakang kata Pria
2. perhatikan cara penulisan validasi cell, hal ini beberapa kali di bahas
dalam minggu ini.., coba perhatikan sheet Rekap cell C9 yang merupakan
hasil copas dari cell di atasnya.. rujukannya tidak sesuai.. hal ini
disebabkan karena penempatan tanda $ seharusnya di depan baris.. bukan di
depan kolom

--
wassalam,

-aji mumpung- [aka. pupung]
cah angon seko gunung merbabu

Pada 22 September 2012 07:33, nyok Nyok <nyok75@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Kepada para master excel. Mohon saya dibantu bagaimana membuat rumus
> filter dengan beberapa kriteria:
>
> Seharusnya nilai yg adadi sheet REKAP range C8 sampai F10 adalah SEPERTI
> yang ada ada di sheet PIVOT.
> Sheet
> PIVOT saya buat menggunakan fasilitas
> PIVOT TABLE.Apa
> yang salah dengan rumus saya pada sheet REKAP ini?
>
> Selengkapnya mohon dilihat pada lampiran
>
> Terima
> kasih
>
>

Fri Sep 21, 2012 6:23 pm (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

saya tawarkan solusi dengan formula
untuk mendapatkan hasil yang sama persis dengan  attachment yang ditanyakan
saya menggunakan lima langkah (step), selanjutnya dari sini bisa diextract untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

untuk jelasnya silahkan lihat di attachment,.

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com>
Kepada: belajar excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 21 September 2012 21:44
Judul: [belajar-excel] Menampilkan data secara urut dan berkelompok


 
Salam be-excel..

Yth. para pakar dan rekan2 excellers

Bagaimana cara sorting dan mengelompokkan data di Tabel 1. agar tampil terurut (Tabel 2.) dengan Makro ??

Penjelasan urutan dan pengelompokan data pada Tabel 2. :
1. Semua record "yang unik" disort secara descending
2. Berdasarkan urutan itu, lalu semua record yg "namanya sama" dikumpulkan dan diurutkan lagi secara descending
3. Hasilnya ditampilkan pada sheet 'hasil'

Mohon dibantu, trima kasih sebelumnya
wassalam
Imam F. Sinurat

Sat Sep 22, 2012 12:08 am (PDT) . Posted by:

"Indra Sanjaya" indradjaja80an

Dear master excel,
 
Saya punya masalah tuk membuat rumus akumulasi pendapatan dari bulan januari s.d. bulan yg dipilih, file terlampir.
Rumus yg saya gunakan adalah sumifs. Ketika saya memilih bulan ke-n, pada cell akumulasi penjualan hanya tampil data bulan-n bukan akumulasinya.
 
Mohon bantuannya.
 
Terima kasih sebelumnya.
 
Salam,
Indra Djaja.

Sat Sep 22, 2012 12:09 am (PDT) . Posted by:

"sapicumi" sapicumi@rocketmail.com

Selamat siang para master-master excel sekalian saya sedang membuat suatu
form dan mendapat kesulitan kiranya para master ada solusi buat saya trima
kasih.

-adapun masalah saya sudah terlampir di file di atcch ini
LISTBOX.xlsm
<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5712002/LISTBOX.xlsm>

mohon kiranya para master dapat membantu saya memecahkan kebuntuan saya

trimakasih

Jojo

--
View this message in context: http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Menampilkan-data-di-List-BOX-tp5712002.html
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.

Sat Sep 22, 2012 12:09 am (PDT) . Posted by:

"Agus Erwanto" erwanto_agus

Terima kasih Mr.Kid

--- Pada Rab, 19/9/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung dengan field yang beda
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 19 September, 2012, 12:14 PM

 

Hai Agus,

Pada tabel hasil, buatlah :
1. baris kode kota yang tipe datanya sama dengan tipe data dari sumber.
2. kolom kode Sex yang tipe datanya sama dengan tipe data dari sumber.

Salah satu formula summary yang bisa disusun dari tabel hasil yang telah dilengkap dengan baris dan kolom kode tersebut adalah :
(pada Jakarta - Male - Aktual) :
=SUMPRODUCT(($C$15:$C$27=D$1)*($D$15:$D$27=$A4))
D$1 adalah baris kode kota di tabel hasil
$A4 adalah baris kode sex di tabel hasil
Perhatikan penggunaan tanda $ (baru-baru ini ada thread tentang tanda absolute references '$')
Dengan peletakan yang demikian, ketika formula di copy ke cell Aktual lain (untuk kondisi Kota dan Sex lain), maka rujukannya akan tetap sesuai dengan kebutuhan.

Wassalam,
Kid.

2012/9/19 Agus Erwanto <erwanto_agus@yahoo.co.id>

 

Dear Para Master,
 
Saya punya data nich yang banyak banget ( contoh data saya perkecil), dimana saya disuruh menghitung jumlah tetapi field nya berbeda dengan tabel yang jadi nantinya.
 
Please see attact' for detail .
 
 
thanks
 
Agus Erw

Sat Sep 22, 2012 12:09 am (PDT) . Posted by:

"Aden S" adendum_81

Dear All,

Bagaimana rumus cara menghitung dengan kriteria warna (contoh terlampir), kemarin saya mencoba dengan dengan file yang ada di arsip tapi tidak berhasil, terima kasih untuk pencerahannya

Salam

Aden
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar