Kamis, 27 September 2012

[belajar-excel] Digest Number 1809

12 New Messages

Digest #1809
1a
Re: Buka attachment dimana by "utthank abe" abe_utthank
1b
1c
Re: Buka attachment dimana by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
1d
Re: Buka attachment dimana by "utthank abe" abe_utthank
2a
macro cari hari Libur by "Kusnadi Bin zain" kbinzain
2b
3
(no subject) by "Reza F" puhaba2005
4a
Re: Fwd: Rekap Data Dari Banyak Sheet by "M.Ade Alfarid" aderyo
6a
LOGIN FORM & EMBED COMMANBUTTON by "sapicumi" sapicumi@rocketmail.com
6b
Re: LOGIN FORM & EMBED COMMANBUTTON by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Messages

Thu Sep 27, 2012 1:44 am (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

hai pak muharom,

karena email anda menggunakan yahoo.. maka syarat untuk membuka lampiran
email sebagai berikut:

1. setting email untuk groups harus normal, bukan digest [beberapa email
diikumpulkan menjadi satu]
2. scroll bar sampai ke bawah.. sampai anda menemukan gambar seperti ini

[image: Gambar sisip 1]
klik tombol download yang diberi kotak warna merah..
akan ada pemindaian virus dari sebuah anti virus.. klik "Lanjutkan.."
jika anda mengikuti langkah-langkah di atas, insya Allah lampiran email
yang ingin anda buka sudah tersimpan di dalam pc anda,
klik file hasil unduhan yang biasanya muncul di sebelah kiri bawah layar
monitor..
jika tidak ada silakan buka folder Download atau Unduhan sesuai user name
anda, biasanya defaultnya adalah:

C:\Users\user_name_anda_di_komputer_tersebut\download_atau_unduhan >> cari
di dalam folder ini

semoga bermanfaat

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 27 September 2012 13:43, muharom <muharom_habib@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> Namanya juga orang baru, maaf ya agan-agan. Tiap baca pertanyaan orang di
> message dan ada lampirannya saya tidak tahu dimana lampiran itu dimana?
>
> tks
>
>
>

Thu Sep 27, 2012 6:01 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Pak Muharom,

Saya ndak tahu yang telat update itu yahoogroups nya atau Bapak sudah
unsubscribe, karena akun Bapak tidak ada dalam daftar member.
btw,
Jika mengakses milis melalui website yahoogroups, seperti di
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/, maka Bapak tidak dapat
men-download attachment dari message yang Bapak pilih. Coba ke : (dengan
membawa nomor message yang dibaca)
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

Jika bermilis melalui aplikasi email atau membuka email melalui inbox email
dengan set status penerimaan email dari milis yang Anda atur adalah
Individual, maka email dari milis yang memiliki file lampiran, file
lampiran (attachment) akan selalu bersama email tersebut.

Berhubung akun Bapak belum masuk dalam daftar member seperti informasi di
atas, maka moderator juga belum bisa mengetahui apa status penerimaan email
yang Bapak set. Moderator juga bisa mengubah setting penerimaan email Bapak
menjadi individual jika Bapak berkenan (setelah akun Bapak ada dalam daftar
member tentunya).

Wassalam,
Kid.

2012/9/27 muharom <muharom_habib@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Namanya juga orang baru, maaf ya agan-agan. Tiap baca pertanyaan orang di
> message dan ada lampirannya saya tidak tahu dimana lampiran itu dimana?
>
> tks
>
>
>
>

Thu Sep 27, 2012 8:50 am (PDT) . Posted by:

"utthank abe" abe_utthank

wahhh zaya ke PD-an ngazih link. ternyata pake yahoo..
untung ada teman2 yang meluruzkan. zaya hampir zaja menyezatkan
maep ya :)

Thu Sep 27, 2012 1:51 am (PDT) . Posted by:

"Kusnadi Bin zain" kbinzain

Dear para Pakar XL

Dulu saya pernah menerima macro spt terlampir
tapi kayaknya ada yang salah, sehingga Fungsi ISLIBUR tidak bisa jalan

terus terang saya gak paham dimana kesalahannya, tolong jika ada yang bisa membantu saya.

Terima kasih

Kusnadi

Thu Sep 27, 2012 6:00 am (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

hai pak Kusnadi,

Pertama, pak kusnadi berusaha mengecek apakah tanggal di cell a44 sampai
cell a56 adalah hari libur atau tidak dengan menggunakan prosedur IsLibur..
sedangkan prosedur IsLibur yang dibuat oleh (alm) pak Masyhud .aka. Siti Vi
bukanlah udf yang dapat diakses dengan cara menekan tombol sama dengan "="
di worksheet, karena fungsi tersebut dideklarasikan sebagai Private
function bukan sebagai Public function

Kedua, jika pun prosedur tersebut diubah dari Private menjadi Public
sehingga dapat diakses dengan cara menekan tombol "=", cell yang akan diuji
adalah variabel HariHa yang berada di prosedur Cetcetcowet, karena fungsi
IsLibur ini adalah satu paket dengan prosedur yang bernama Cetcetcowet

Lalu gimana? donk? kalo gitu udf-nya gak bisa dipakai dong? jawabnya >>>
BISA.. dengan melakukan sedikit modifikasi sebagai berikut:

Pertama, sesuaikan dahulu luas range "LiburNas" karena yang dibuat oleh
(alm) pak Mashud .aka. Siti Vi adalah mulai cell a4 sampai a25, sedangkan
yang dibuat oleh pak Kusnadi adalah a4 sampai a22, di lain waktu mungkin
hari libur akan lebih banyak lagi sehingga batasan a25 tidak akan
mencukupi.. oleh sebab itu ada baiknya range "LiburNas" dibuat dinamis

Kedua, ubah sedikit prosedur IsLibur dari Private menjadi Public agar dapat
muncul seperti fungsi Excel yang lain pada saat user menekan tombol sama
dengan "="

Ketiga, ubah rujukan nilai yang akan diuji dari HariHa (ada di prosedur
Cetcetcowet) menjadi D sesuai dengan variabel yang telah dideklarasikan
oleh (alm) pak Masyhud dalam fungsi IsLibur, setelah variabel tersebut
diubah maka pada akhirnya fungsi ini akan menjadi udf yang berdiri sendiri
dan terpisah dari prosedur Cetcetcowet

kode lengkapnya gimana?

Option Explicit
*Public* *Function* IsLibur(D As Date) As Boolean
' ===================================
' code by : Siti Vi 17 , juli 2008
' re-touch by: aji mumpung
' gunung merbabu , 27 sept 2012
' ===================================

Dim X As Range
Dim HdLbr As Range
Set HdLbr = Sheets("sheet1").Range("a4")
Set Liburnas = Range(HdLbr, HdLbr.End(xlDown))
For Each X In Liburnas
If X.Value = D Then
IsLibur = True
Else
IsLibur = False
End If
Next X
End Function

Yang diberi warna *biru* untuk memberitahu kepada Excel bahwa fungsi ini
dapat diakses langsung dari worksheet dengan menekan tombol sama dengan,
sama seperti fungsi di excel lainnya.

Yang diberi warna *merah* untuk memberitahukan kepada excel bahwa prosedur
ini adalah merupakan fungsi yang akan langsung menampilan nilai atau hasil
dari suatu perhitungan

Yang diberi warna *hijau* adalah range hari libur yang sudah dibuat dinamis

caranya pakainya gimana?
buka sebuah workbook baru, tekan tombol ALT F11 >>> Insert >>> Module
tulis code tersebut di module yang baru saja dibikin
Pada sheet1 pada kolom A mulai baris ke 4, tuliskan tanggal-tanggal libur
nasional

jika semua langkah di atas diikuti, maka pada worksheet pada saat ditekan
tombol "=" maka akan muncul fungsi IsLibur.

cmiiw (kata mbak'e Colek Me If I'm Wrong)

wassalam,

-aji mumpung- (cah angon seko gunung merbabu)

Pada 27 September 2012 15:47, Kusnadi Bin zain <kbinzain@yahoo.co.id>menulis:

> **
>
>
> Dear para Pakar XL
>
> Dulu saya pernah menerima macro spt terlampir
> tapi kayaknya ada yang salah, sehingga Fungsi ISLIBUR tidak bisa jalan
>
> terus terang saya gak paham dimana kesalahannya, tolong jika ada yang bisa
> membantu saya.
>
> Terima kasih
>
> Kusnadi
>
>
>

Thu Sep 27, 2012 3:54 am (PDT) . Posted by:

"M.Ade Alfarid" aderyo

Untuk data Kode tersebut memang dinamis sekali Pak,
tidak terduga-duga, dan sifatnya cepat terkadang 10 menit saja.

Terimakasih

Ade

On Thu, 27 Sep 2012 13:14:11 +0700, <the_x_mikey@yahoo.com> wrote:

> Jadi pengisian kode di sheet rekap itu secara otomatis?
> Misalnya ada kode abc di sheet w1 kemudian otomatis ditambahkan didalam
> sheet rekap?
>
> Jalan paling mudah adalah menjadikan sheet rekap sebagai database, yaitu
> mendaftarkan smua kode didalamnya. Jika seperti ini, maka case closed
> setelah menggunakan rumus sumproduct dr pak Ferdy atau sumif dari saya
> -----Original Message-----
> From: "M.Ade Alfarid" <QA@kkmi.co.id>
> Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Thu, 27 Sep 2012 12:55:31
> To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: Re: [belajar-excel] Fwd: Rekap Data Dari Banyak Sheet
>
> Dear,
>
> Terimakasih tanggapannya,
> Untuk kode yang kembar memang seperti itu Pak,
> Jika ada data kembar data rekapnya jadi satu nomor kode dan ditotal,
>
> Mohon bantuannya
>
> Ade
>
>
> On Thu, 27 Sep 2012 11:38:08 +0700, <the_x_mikey@yahoo.com> wrote:
>
>> Hi pak Ade,
>>
>> Monggo dicoba rumus saya, btw kenapa kode di sheet rekap ada ygkembarya?
>> -----Original Message-----
>> From: "M.Ade Alfarid" <QA@kkmi.co.id>
>> Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>> Date: Thu, 27 Sep 2012 11:07:53
>> To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
>> Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
>> Subject: [belajar-excel] Fwd: Rekap Data Dari Banyak Sheet
>>
>> Maaf lampiran ketinggalan,--
>>
>> _________________________________
>> Dear BeExceller,
>>
>> Jika ingin merekap data di sheet 1,sheet 2, sheet 3 dst
>> Formula apa yang digunakan?
>>
>> Terimakasih,
>>
>> Ade

Thu Sep 27, 2012 7:24 am (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

Hai pak Ade,

ikutan kasih solusi ya.. semoga solusi ini juga bermanfaat untuk member
yang lain..

sebelumnya pak Ferdy sudah memberikan solusi dengan SumProduct >> fungsi
ini menurut saya SumProduct adalah fungsi yang sangat hebat karena dapat
membuat summary dengan begitu banyak kriteria, dan solusi menggunakan
fungsi SumIf dari x-Mickey.

Sekarang kita coba membuat rekap data dari banyak sheet menggunakan Pivot
Table.

Pada excel 2007 dan 2010 tidak tampak lagi wizard untuk membuat Pivot
Table, pada hal dalam versi 2003 kita dapat membuat pivot table dari multi
sheet menggunakan wizard ini.. untungnya pada excel 2007/2010 masih dapat
menampilkan wizard tersebut dengan sedikit trik..

Caranya sebagai berikut:

1. tekan tombol *ALT D* setelah itu tekan tombol *P* sehingga muncul Pivot
Table Wizard seperti gambar berikut:

[image: Gambar sisip 2]

perhatikan yang saya beri tanda dengan kotak warna merah "Multiple
consolidation ranges" , beri tanda di tempat tersebut lalu klik Next, yang
akan memunculkan form sbb:

[image: Gambar sisip 3]

pilih "Create a single page field for me" lalu klik Next

[image: Gambar sisip 4]

blok data di sheet W1 >> tekan tombol Add, ulangi untuk sheet W2 dan W3
lalu klik Next

[image: Gambar sisip 5]

pilih lokasi Pivot Table yang anda inginkan.. lalu klik Finish...

hasil akhir bisa dilihat di file terlampir.

wassalam,

-aji mumpung- (cah angon seko gunung merbabu)

Pada 27 September 2012 17:49, M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id> menulis:

> **
> Untuk data Kode tersebut memang dinamis sekali Pak,
> tidak terduga-duga, dan sifatnya cepat terkadang 10 menit saja.
>
> Terimakasih
>
> Ade
>
> On Thu, 27 Sep 2012 13:14:11 +0700, <the_x_mikey@yahoo.com> wrote:
>
> > Jadi pengisian kode di sheet rekap itu secara otomatis?
> > Misalnya ada kode abc di sheet w1 kemudian otomatis ditambahkan didalam
> > sheet rekap?
> >
> > Jalan paling mudah adalah menjadikan sheet rekap sebagai database, yaitu
> > mendaftarkan smua kode didalamnya. Jika seperti ini, maka case closed
> > setelah menggunakan rumus sumproduct dr pak Ferdy atau sumif dari saya
> > -----Original Message-----
> > From: "M.Ade Alfarid" <QA@kkmi.co.id>
> > Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
> > Date: Thu, 27 Sep 2012 12:55:31
> > To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
> > Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
> > Subject: Re: [belajar-excel] Fwd: Rekap Data Dari Banyak Sheet
> >
> > Dear,
> >
> > Terimakasih tanggapannya,
> > Untuk kode yang kembar memang seperti itu Pak,
> > Jika ada data kembar data rekapnya jadi satu nomor kode dan ditotal,
> >
> > Mohon bantuannya
> >
> > Ade
> >
> >
> > On Thu, 27 Sep 2012 11:38:08 +0700, <the_x_mikey@yahoo.com> wrote:
> >
> >> Hi pak Ade,
> >>
> >> Monggo dicoba rumus saya, btw kenapa kode di sheet rekap ada yg
> >> kembarya?
> >> -----Original Message-----
> >> From: "M.Ade Alfarid" <QA@kkmi.co.id>
> >> Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
> >> Date: Thu, 27 Sep 2012 11:07:53
> >> To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
> >> Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
> >> Subject: [belajar-excel] Fwd: Rekap Data Dari Banyak Sheet
> >>
> >> Maaf lampiran ketinggalan,--
> >>
> >> _________________________________
> >> Dear BeExceller,
> >>
> >> Jika ingin merekap data di sheet 1,sheet 2, sheet 3 dst
> >> Formula apa yang digunakan?
> >>
> >> Terimakasih,
> >>
> >> Ade
>
>
>
>

Thu Sep 27, 2012 8:03 am (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

pak Goro,

saya coba bantu dengan alternatif solusi yang lain ya...

untuk database coba diubah menjadi table (excel 2007/2010) atau list (excel
2003) sehingga jika ada perubahan data baik penambahan baris maupun
penghapusan baris akan mengubah hasil perhitungan --- setelah sebelumnya
dilakukan refresh di pivot table ---

untuk membuat laporannya coba manfaatkan fungsi pivot table bawaan dari
excel.. Jika anda belum terbiasa membuat pivot table coba manfaatkan menu
wizard pada excel 2003.

[image: Gambar sisip 1]

hasil akhir bisa dilihat di file terlampir.

wassalam,

-aji mumpung- (cah angon seko gunung merbabu)

Pada 27 September 2012 09:49, Goro Gituloh <goro_lennon@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Mas Ghozi,
> Terimakasih banyak atas bantuannya. Tetapi kok tidak bisa langsung
> otomatis masuk ke sheet "solusi" ya Mas kalau ada penembahan barang di
> sheet "Database"?
> Dan untuk sistem ranking, akan bermasalah jika kita input barang untuk
> tahun produksi yang sama.
>
> Additional Info:
> Nama barang tidak akan pernah sama (unique).
> Tahun produksi bisa sama (tidak unique)
>
> Thank you.
>
> ------------------------------
> *From:* ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Wednesday, September 26, 2012 8:59 PM
> *Subject:* Bls: [belajar-excel] [ASK] Input Otomatis ke Sheet yang
> berbeda (Tanpa Makro)
>
>
> dibutuhkan dua kolom bantu
> kolom bantu pertama di sheet database untuk mesortir tahun secara ascending
>
> kolom bantu ke dua di sheet perhitungan (solusi) untuk dijadikan acuan
> mengubah warna font pada data barang yang belum terjual dengan conditional
> formating karena untuk rujukan kondisional formating harus berada di sheet
> yang sama
>
> formula untuk mengisi kolom barang ditulis pertama di C4 (formula array)
>
> {=IFERROR(INDEX(Database!$C$3:$C$12;MATCH(SMALL(IF(Database!$B$3:$B$12=LOOKUP(2;1/ISTEXT(B$3:B3);B$3:B3);Database!$G$3:$G$12);ROW()-MATCH(LOOKUP(2;1/ISTEXT(B$3:B3);B$3:B3);B$1:B4;0));Database!$G$3:$G$12;0));"")}
> copy ke bawah
>
> formula untuk mengisi kolom jumlah ditulis pertama di kolom D4 (formula
> biasa)
> =IF(C4="";"";INDEX(Database!$F$3:$F$12;MATCH(C4;Database!$C$3:$C$12;0)))
> copy ke bawah.
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
> ------------------------------
> *Dari:* Goro Gituloh <goro_lennon@yahoo.com>
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Rabu, 26 September 2012 13:25
> *Judul:* [belajar-excel] [ASK] Input Otomatis ke Sheet yang berbeda
> (Tanpa Makro)
>
>
> Teman - teman,
>
> Kalau ada kasus seperti terlampir di attachment, bagaimana jika setiap
> kita input sesuatu menurut karakteristiknya di sheet "Database", akan
> langsung otomatis tersusun di sheet "Perhitungan" beserta kriteria -
> kriteria nya (ada di file terlampir)?
>
> Bisa tidak solusinya tanpa makro?
>
> Thanks.
>
>
>
>
>
>

Thu Sep 27, 2012 9:01 am (PDT) . Posted by:

"sapicumi" sapicumi@rocketmail.com

Selamat malam semuaa
langsung saja ya saya ada kesulitan dalam membuat login form seperti
terlampir mohon pencerahan dari master master excel disini

- apakah mungkin menggunakan coding sbb di VBA
cmd1.Enabled = False
cmd2.Enabled = False
cmd3.Enabled = False
cmd4.Enabled = False
dan permasalahan lain ada di file terlampir ya sodara-sodara semua
loginform.xlsm
<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5712135/loginform.xlsm>

terimakasih
jojo

--
View this message in context: http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/LOGIN-FORM-EMBED-COMMANBUTTON-tp5712135.html
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.

Thu Sep 27, 2012 10:18 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba juga macro terlampir (Event Worksheet_SelectionChange).

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: sapicumi <sapicumi@rocketmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 27 September 2012, 21:51
Subject: [belajar-excel] LOGIN FORM & EMBED COMMANBUTTON


 
Selamat malam semuaa
langsung saja ya saya ada kesulitan dalam membuat login form seperti
terlampir mohon pencerahan dari master master excel disini

- apakah mungkin menggunakan coding sbb di VBA
cmd1.Enabled = False
cmd2.Enabled = False
cmd3.Enabled = False
cmd4.Enabled = False
dan permasalahan lain ada di file terlampir ya sodara-sodara semua
loginform.xlsm
<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5712135/loginform.xlsm>

terimakasih
jojo

--
View this message in context: http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/LOGIN-FORM-EMBED-COMMANBUTTON-tp5712135.html
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar