Sabtu, 29 September 2012

[belajar-excel] Digest Number 1813

9 New Messages

Digest #1813
1a
Database disertai proses Input dan Output by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
1b
Re: Database disertai proses Input dan Output by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Rumus pada textbox. by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
3a
Bls: [belajar-excel] menjumlahkan sebagian kata by "ghozi alkatiri" ghozialkatiri
4a
Hasil Vlookup tidak tepat by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania
4b
Re: Hasil Vlookup tidak tepat by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
4c
Trs:[belajar-excel] Hasil Vlookup tidak tepat by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania
5.1
Re: Selamat jalan mbak Siti... by "Boypeace BeComp" trouble_nih
6
Tanya rumus by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania

Messages

Fri Sep 28, 2012 10:33 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dear BeExceller,

Beberapa hari terkahir banyak thread yang berkaitan dengan data beserta
proses input dan outputnya.
Banyak ditemui bahwa pengolahan data tidak berdasarkan data source yang
minimal mendekati kaidah database. Hal ini bisa jadi karena tidak
dikenalinya kaidah database.

Tabel-tabel data source (raw data yang sudah tersusun baik dan siap
dipakai) sebaiknya berkaidah database atau mendekatinya
Kaidah database dalam menyusun data :
1. Tabel hanya memiliki 1 baris header
2. Setiap kolom pasti punya nama yang bersifat unik
3. Kolom-kolom tersusun secara rapat (tidak ada kolom kosong diantara 2
kolom isi)
4. Setiap kolom hanya memiliki 1 tipe data. Di Excel, hal ini sulit dijaga.
Minimal, sebuah kolom memiliki tipe data numerik untuk data berisi
bilangan, datetime jika berisi tanggal atau waktu, dan text untuk data teks
atau bilangan yang bisa disimpan sebagai data teks (tidak untuk
dikalkulasi).
5. Kolom data dimulai di kolom A
6. Baris data dimulai di baris 2 Excel sebagai record pertamanya
7. Tidak ada baris kosong diantara 2 record yang ada isinya
8. tidak ada formatting elignment, wrap text, apalagi merge cell
9. Setiap cell harus terisi datanya walaupun nilainya sama dengan record
sebelumnya, kecuali yang memang benar-benar harus berisi blank (bukan
Nullstring).
10. setiap data dalam setiap field terseimpan dengan tipe data native-nya.
Jika sebagai bilangan, maka inputnya harus menghasilkan data bertipe
numerik, dan begitu juga untuk data bertipe lainnya. Di Excel, khusus data
bertipe text, bisa diisi dengan data bertipe lain, selama data itu tetap
dianggap sebagai data bertipe text.
11. setiap tabel harus memiliki minimal sebuah kolom kunci yang bisa
digunakan untuk membentuk hubungan dengan tabel lain.
12. orientasi tabel data adalah vertikal (nama kolom berjejer kekanan, dan
record data terisi baris per baris)
13. setiap tabel berisi sebuah tema data, misal data tentang nama-nama
siswa, data tentang kegiatan pembayaran spp, dsb.
14. sebuah tabel menyimpan banyak data dari seluruh waktu dan seluruh
kelompok. Misal data siswa dari seluruh kelas disimpan dalam sebuah sheet,
bukan kelas 1 di sheet kelas1, kelas 2 di sheet kelas 2 dsb, tapi cukup
sebuah sheet bernama Siswa (misalnya).

Permasalahan yang timbul berikutnya adalah
Sisi Input :
>> media input disusun pada satu atau beberapa sheet (sesuai kebutuhan)
yang berbeda dengan sheet-sheet tabel data source.
>> umumnya proses penyimpanan data (penyalinan dari sheet input ke sheet
data) menggunakan VBA untuk proses otomasi, atau dilakukan dengan entry
data.
>> sheet input bisa berisi summary kecil tentang data yang mendukung proses
input, bukan berisi summary data untuk kegiatan eksplorasi data maupun
reporting. Aksesnya Read/Write

Sisi Output :
>> media output disusun pada satu atau beberapa sheet (sesuai kebutuhan)
yang berbeda dengan sheet-sheet tabel data source maupun sheet-sheet input
>> penyusunan output bisa memanfaatkan formula, fitur-fitur Excel seperti
Get External Data, pivot table dsb, dan juga bisa memanfaatkan VBA.
>> sheet output tidak pernah ada kegiatan untuk menulis data ke tabel-tabel
data source (tidak ada kegiatan meng-update isi tabel data source). Jadi
aksesnya murni hanya Read.

Sebagai aplikasi :
>> Ketika akan dibentuk menjadi sebuah aplikasi, bisa jadi tabel data
source ikut beserta aplikasi tersebut.
>> Umumnya aplikasi akan membutuhkan VBA dan banyak object (shape atau
control) yang digunakan, tetapi tidak ada yang diletakkan di sheet
tabel-tabel data source.
>> Keindahan, cara mengatur akses user, keamanan (Excel bukan aplikasi yang
fokus sampai tingkat keamanan yang tinggi loh ya), alur aplikasi dsb, bisa
dikembangkan sesuai kebutuhan.

File terlampir adalah sebuah contoh file yang berisi :
1. Penyusunan tabel-tabel data source
2. Penyusunan sheet input
3. Penyusunan sheet output
4. Penyusunan aplikasi

Mungkin akan memudahkan :
- Jika akan fokus untuk memahami cara menyusun data source, cukup lihat
tabel-tabel data source, cara pemberian nama range, dan karakteristik
setiap tabel data source
- Jika akan fokus pada cara membuat suatu proses input, cukup melihat sheet
Input dan sheet-sheet tabel data source dengan fokus pada cara pengaturan
input oleh user, cara memvalidasi inputan user, cara menyalin data yang
diinputkan oleh user ke setiaop tabel data source.
- Jika akan fokus pada cara menyusun output (contoh hanya dengan formula),
cukup melihat sheet-sheet output dan sheet-sheet tabel data source, dengan
fokus pada cara penyusunan formula dan peletakan kolom-kolom maupun
baris-baris bantu.
- Jika akan fokus pada cara menyusun aplikasi, lihat sheet Menu, Input, dan
sheet-sheet output dengan fokus pada pengaturan tombol, alur proses dari
membuka workbook sampai menutup workbook, berpindah sheet, cara memproteksi.

Wassalamualaikum Wr. Wb.,
Kid

Fri Sep 28, 2012 12:15 pm (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

File diperbarui

Wassalam,
Kid.

2012/9/29 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> Assalamualaikum Wr. Wb.
>
> Dear BeExceller,
>
> Beberapa hari terkahir banyak thread yang berkaitan dengan data beserta
> proses input dan outputnya.
> Banyak ditemui bahwa pengolahan data tidak berdasarkan data source yang
> minimal mendekati kaidah database. Hal ini bisa jadi karena tidak
> dikenalinya kaidah database.
>
> Tabel-tabel data source (raw data yang sudah tersusun baik dan siap
> dipakai) sebaiknya berkaidah database atau mendekatinya
> Kaidah database dalam menyusun data :
> 1. Tabel hanya memiliki 1 baris header
> 2. Setiap kolom pasti punya nama yang bersifat unik
> 3. Kolom-kolom tersusun secara rapat (tidak ada kolom kosong diantara 2
> kolom isi)
> 4. Setiap kolom hanya memiliki 1 tipe data. Di Excel, hal ini sulit
> dijaga. Minimal, sebuah kolom memiliki tipe data numerik untuk data berisi
> bilangan, datetime jika berisi tanggal atau waktu, dan text untuk data teks
> atau bilangan yang bisa disimpan sebagai data teks (tidak untuk
> dikalkulasi).
> 5. Kolom data dimulai di kolom A
> 6. Baris data dimulai di baris 2 Excel sebagai record pertamanya
> 7. Tidak ada baris kosong diantara 2 record yang ada isinya
> 8. tidak ada formatting elignment, wrap text, apalagi merge cell
> 9. Setiap cell harus terisi datanya walaupun nilainya sama dengan record
> sebelumnya, kecuali yang memang benar-benar harus berisi blank (bukan
> Nullstring).
> 10. setiap data dalam setiap field terseimpan dengan tipe data native-nya.
> Jika sebagai bilangan, maka inputnya harus menghasilkan data bertipe
> numerik, dan begitu juga untuk data bertipe lainnya. Di Excel, khusus data
> bertipe text, bisa diisi dengan data bertipe lain, selama data itu tetap
> dianggap sebagai data bertipe text.
> 11. setiap tabel harus memiliki minimal sebuah kolom kunci yang bisa
> digunakan untuk membentuk hubungan dengan tabel lain.
> 12. orientasi tabel data adalah vertikal (nama kolom berjejer kekanan, dan
> record data terisi baris per baris)
> 13. setiap tabel berisi sebuah tema data, misal data tentang nama-nama
> siswa, data tentang kegiatan pembayaran spp, dsb.
> 14. sebuah tabel menyimpan banyak data dari seluruh waktu dan seluruh
> kelompok. Misal data siswa dari seluruh kelas disimpan dalam sebuah sheet,
> bukan kelas 1 di sheet kelas1, kelas 2 di sheet kelas 2 dsb, tapi cukup
> sebuah sheet bernama Siswa (misalnya).
>
> Permasalahan yang timbul berikutnya adalah
> Sisi Input :
> >> media input disusun pada satu atau beberapa sheet (sesuai kebutuhan)
> yang berbeda dengan sheet-sheet tabel data source.
> >> umumnya proses penyimpanan data (penyalinan dari sheet input ke sheet
> data) menggunakan VBA untuk proses otomasi, atau dilakukan dengan entry
> data.
> >> sheet input bisa berisi summary kecil tentang data yang mendukung
> proses input, bukan berisi summary data untuk kegiatan eksplorasi data
> maupun reporting. Aksesnya Read/Write
>
> Sisi Output :
> >> media output disusun pada satu atau beberapa sheet (sesuai kebutuhan)
> yang berbeda dengan sheet-sheet tabel data source maupun sheet-sheet input
> >> penyusunan output bisa memanfaatkan formula, fitur-fitur Excel seperti
> Get External Data, pivot table dsb, dan juga bisa memanfaatkan VBA.
> >> sheet output tidak pernah ada kegiatan untuk menulis data ke
> tabel-tabel data source (tidak ada kegiatan meng-update isi tabel data
> source). Jadi aksesnya murni hanya Read.
>
> Sebagai aplikasi :
> >> Ketika akan dibentuk menjadi sebuah aplikasi, bisa jadi tabel data
> source ikut beserta aplikasi tersebut.
> >> Umumnya aplikasi akan membutuhkan VBA dan banyak object (shape atau
> control) yang digunakan, tetapi tidak ada yang diletakkan di sheet
> tabel-tabel data source.
> >> Keindahan, cara mengatur akses user, keamanan (Excel bukan aplikasi
> yang fokus sampai tingkat keamanan yang tinggi loh ya), alur aplikasi dsb,
> bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.
>
> File terlampir adalah sebuah contoh file yang berisi :
> 1. Penyusunan tabel-tabel data source
> 2. Penyusunan sheet input
> 3. Penyusunan sheet output
> 4. Penyusunan aplikasi
>
> Mungkin akan memudahkan :
> - Jika akan fokus untuk memahami cara menyusun data source, cukup lihat
> tabel-tabel data source, cara pemberian nama range, dan karakteristik
> setiap tabel data source
> - Jika akan fokus pada cara membuat suatu proses input, cukup melihat
> sheet Input dan sheet-sheet tabel data source dengan fokus pada cara
> pengaturan input oleh user, cara memvalidasi inputan user, cara menyalin
> data yang diinputkan oleh user ke setiaop tabel data source.
> - Jika akan fokus pada cara menyusun output (contoh hanya dengan formula),
> cukup melihat sheet-sheet output dan sheet-sheet tabel data source, dengan
> fokus pada cara penyusunan formula dan peletakan kolom-kolom maupun
> baris-baris bantu.
> - Jika akan fokus pada cara menyusun aplikasi, lihat sheet Menu, Input,
> dan sheet-sheet output dengan fokus pada pengaturan tombol, alur proses
> dari membuka workbook sampai menutup workbook, berpindah sheet, cara
> memproteksi.
>
> Wassalamualaikum Wr. Wb.,
> Kid
>

Fri Sep 28, 2012 10:46 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Mungkin ada baiknya, susunan kriteria yang dituangkan dalam IF yang
berderet demikian, disusun menjadi sebuah tabel kriteria yang sederhana.
Kemudian manfaatkan fungsi lookup dan reference seperti LookUp, VLookUp,
Index Match, atau Offset Match.
Jika sudah mendapatkan formula dalam sheet, maka susunan formula tersebut
bisa lebih mudah dituangkan dalam VBA.

Kid.

2012/9/28 Longinus Along <longinus.along@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear all Master,
>
> Please help me,...untuk coding rumus textbox, kasus per kasus sudah saya
> rincikan pada file yang terlampir pada email ini.
>
> salam
> Along
>
>
>

Fri Sep 28, 2012 3:15 pm (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

coba formula array
{=SUM(IF(ISNUMBER(SEARCH(B10;$C$2:$C$8));1))}

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: nyok Nyok <nyok75@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 28 September 2012 17:29
Judul: [belajar-excel] menjumlahkan sebagian kata


 
Kepada para master excel mohon dibantu bagaimana rumus untuk menjumlahkan sebagian kata yang ada pada range tertentu.
Selengkapnya mohon dilihat lampiran.

Sat Sep 29, 2012 12:25 am (PDT) . Posted by:

"Shenly Ruchman" shenly_excelmania

Assalammualaikum....para master,
ada masalah ni, di rumus vlookup....

kronologinya seperti ini.
saya membuat file ID MEMBER beserta namanya, setelah itu saya membuat file DATA PENCARIAN nama member yang berpatokan pada file ID MEMBER yang telah saya buat tadi, setelah saya membuat formula pencarian dari VLOOKUP, ternyata hasilnya tidak tepat.......tapi setelah saya membuat file baru, dan mengulang formula dari VLOOKUP tadi ternyata hasilnya benar...

yang akan saya tanyakan, apakah ada kesalahan dalam membuat file DATA PENCARIAN saya tadi sehingga hasil dari VLOOKUP nya salah??
kalo ada tolong jelaskan, dan bagaimana cara memberbaikinya...

terima kasih

Shanly

--- Mods ---
Boleh dong ada contoh filenya. Datanya sedikit saja dan berupa contoh.
------------

Sat Sep 29, 2012 12:37 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Waalaikumussalam Wr. Wb.

Hai Shanly,

Coba periksa tipe data dari kolom yang di lookup dan kolom kunci di tabel
referensi lookup.
Hilangkan alignment (jangan di center left right pada fitur cell
alignment-nya) dan periksa apakah sama-sama rapat kiri atau rapat kanan
antara kedua kolom tersebut.
Periksa juga keberadaan spasi di kedua kolom tersebut jika IDMember berupa
data bertipe text.
Setting calculation Excel dipastikan Automatic atau tekan F9 untuk tes
kalkulasi.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/9/29 Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Assalammualaikum....para master,
> ada masalah ni, di rumus vlookup....
>
> kronologinya seperti ini.
> saya membuat file ID MEMBER beserta namanya, setelah itu saya membuat file
> DATA PENCARIAN nama member yang berpatokan pada file ID MEMBER yang telah
> saya buat tadi, setelah saya membuat formula pencarian dari VLOOKUP,
> ternyata hasilnya tidak tepat.......tapi setelah saya membuat file baru,
> dan mengulang formula dari VLOOKUP tadi ternyata hasilnya benar...
>
> yang akan saya tanyakan, apakah ada kesalahan dalam membuat file DATA
> PENCARIAN saya tadi sehingga hasil dari VLOOKUP nya salah??
> kalo ada tolong jelaskan, dan bagaimana cara memberbaikinya...
>
> terima kasih
>
> Shanly
>
> --- Mods ---
> Boleh dong ada contoh filenya. Datanya sedikit saja dan berupa contoh.
> ------------
>
>

Sat Sep 29, 2012 1:12 am (PDT) . Posted by:

"Shenly Ruchman" shenly_excelmania

ia sepetinya ada kesalahan di tipe kolomnya..

terima kasih Mister

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 29 September 2012 14:37
Judul: Re: [belajar-excel] Hasil Vlookup tidak tepat


 
Waalaikumussalam Wr. Wb.

Hai Shanly,

Coba periksa tipe data dari kolom yang di lookup dan kolom kunci di tabel referensi lookup.
Hilangkan alignment (jangan di center left right pada fitur cell alignment-nya) dan periksa apakah sama-sama rapat kiri atau rapat kanan antara kedua kolom tersebut.
Periksa juga keberadaan spasi di kedua kolom tersebut jika IDMember berupa data bertipe text.
Setting calculation Excel dipastikan Automatic atau tekan F9 untuk tes kalkulasi.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/9/29 Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>


>Assalammualaikum....para master,
>ada masalah ni, di rumus vlookup....
>
>kronologinya seperti ini.
>saya membuat file ID MEMBER beserta namanya, setelah itu saya membuat file DATA PENCARIAN nama member yang berpatokan pada file ID MEMBER yang telah saya buat tadi, setelah saya membuat formula pencarian dari VLOOKUP, ternyata hasilnya tidak tepat.......tapi setelah saya membuat file baru, dan mengulang formula dari VLOOKUP tadi ternyata hasilnya benar...
>
>yang akan saya tanyakan, apakah ada kesalahan dalam membuat file DATA PENCARIAN saya tadi sehingga hasil dari VLOOKUP nya salah??
>kalo ada tolong jelaskan, dan bagaimana cara memberbaikinya...
>
>terima kasih
>
>Shanly
>
>--- Mods ---
>Boleh dong ada contoh filenya. Datanya sedikit saja dan berupa contoh.
>------------
>

Sat Sep 29, 2012 6:41 am (PDT) . Posted by:

"Boypeace BeComp" trouble_nih

lama gak buka email, lg boikot google+youtube, gak taunya kita
kehilangan sahabat, selamat jalan sobat, smg amal ibadah di terima di
sisi ALLAH SWT

Sat Sep 29, 2012 7:47 am (PDT) . Posted by:

"Shenly Ruchman" shenly_excelmania

Assalammualaikum....

mau nanya lagi hehehe
tadi saya lagi ngerjain tugas, tugasnya itu di suruh mengelompokan umur berdasarkan rang usia yang telah ditentukan, terus sya mendapati rumus seperti ini
=IF( ( DAYS360(D8;$H$4 )/30 )=0;1;IF( DAYS360( D8;$H$4 )/30<12;DAYS360( D8;$H$4 )/30;"" ) )

saya kurang paham dengan rumus tersebut, bisa minta bantuan untuk jelskan???

terimakasih
Shanly
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar