Sabtu, 22 September 2012

[belajar-excel] Digest Number 1801

15 New Messages

Digest #1801
2a
modifikasi userform penambahan data by "ngademin Thohari" ngademinth
2b
Re: modifikasi userform penambahan data by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
4a
CODING MACRO BUNYI BEEP by "Kurei recca" yusajing_ehm
4b
4c
4d
4e
5a
Re: hitung warna by "Aden S" adendum_81
6a
Aplikasi Gudang Masukan sangat Berguna by "sapicumi" sapicumi@rocketmail.com

Messages

Sat Sep 22, 2012 10:02 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Penjumlahan multi kriteria umunya dikalkulasi dengan bantuan SumProduct
atau array formula Sum.

Contoh dengan SumProduct :
Pada sheet Excess cell F4 : [sesuaikan rujukan cell dengan data yang ada]
=SUMPRODUCT( ('Need to Stock'!$G$1:$BB$1=$A2) * ('Need to
Stock'!$B$2:$B$7=$B2) * ('Need to Stock'!$A$2:$A$7=F$1) * 'Need to
Stock'!$G$2:$BB$7 )

('Need to Stock'!$G$1:$BB$1=$A2) :: data header di 'Need to stock' yang
menunjukkan WH di Excess harus sama dengan WH di sheet Excess
('Need to Stock'!$B$2:$B$7=$B2) :: data produk di 'Need to stock' harus
sama dengan data produk di Excess
('Need to Stock'!$A$2:$A$7=F$1) :: data WH di 'Need to stock' harus sama
dengan data header di Excess yang menunjukkan WH di 'Need to stock'
'Need to Stock'!$G$2:$BB$7 :: area nilai-nilai yang akan diambil dan di sum
yang ada di 'Need to stock'

Wassalam,
Kid.

2012/9/22 Yudi Dwiyono <yudi_dwiyono@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear All,
>
> Please help me...
>
> Thanks
> Yudi
> ------------------------------
> *From:* Yudi Dwiyono <yudi_dwiyono@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Saturday, September 22, 2012 4:30 PM
> *Subject:* [belajar-excel] Mencocokan Qty , antara excess dan need
> berdasar kan wh masing-masing
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Adakah rumus agar qty dari excess sama dengan Qty need ?
> Sebagai contoh, dari sheet need stock WH no 064 mendapat supply dari 062
> sebanyak 29 Pcs, bagaimana membuat rumus sebaliknya jik 062 mensupply ke WH
> 064 ( WH need to stock ) sebanyak 29 Pcs juga.
> Contoh terlampir...
> Thanks..
>
> Yudi.
>
>
>
>

Sat Sep 22, 2012 10:13 am (PDT) . Posted by:

"ngademin Thohari" ngademinth

Dear be-exceller,

terimakasih kepada mbak siti vi (alm) atas sharingnya, ada file yang di sharing berguna sekali dan saya akan menggunakannya, tetapi saya ada masalah dengan penambahan pelaksana saya mencoba mencari cari untuk penambahan ini belum ketemu yaitu:

1. penambahan nama dari hanya 7 data bisa menjadi 25 data
2. penambahan status mesin menjadi 12 data
3. penambahan perbaikan sistem ditambah 50 data

terimakasih

amin

Sat Sep 22, 2012 10:23 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Pada sheet reff, lihat di name manager
Cari nama range yang merujuk ke range di kolom yang ingin Anda tambah.
Ganti rujukannya agar semua data tambahan Anda masuk dalam nama range
tersebut.
Contoh untuk Perbaikan sistem,
>> tambahkan nama-nama item yang Anda sukai di kolom O tapi tidak boleh ada
cell kosong diantaranya
>> lihat dalam daftar nama-nama range (di xl2003 melalui menu Insert ->
Name -> Define)
>> cari yang bernama 'Perb'
>> lihat bagian Refers To
>> ganti rujukan di refers to agar merujuk ke O2 sampai data terakhir yang
Anda tambahkan tadi
>> OK

Kolom yang lain sama saja caranya, hanya beda nama range yang harus diganti
rujukannya.
Kalau ingin lebih mudah, silakan bersusah payah mempelajari pembuatan nama
range yang rujukannya dinamis.
Contoh :
=reff!$o$2:index( reff!$o:$o , CountA( reff!$o:$o ) )
bahasa manusianya :
"mulai dari sheet reff cell O2 sampai hasil Index ke kolom O di sheet reff
pada baris sejumlah dengan hasil penghitungan jumlah cell di kolom O sheet
reff yang ada isinya"

Wassalam,
Kid.

2012/9/23 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear be-exceller,
>
> terimakasih kepada mbak siti vi (alm) atas sharingnya, ada file yang di
> sharing berguna sekali dan saya akan menggunakannya, tetapi saya ada
> masalah dengan penambahan pelaksana saya mencoba mencari cari untuk
> penambahan ini belum ketemu yaitu:
>
> 1. penambahan nama dari hanya 7 data bisa menjadi 25 data
> 2. penambahan status mesin menjadi 12 data
> 3. penambahan perbaikan sistem ditambah 50 data
>
> terimakasih
>
> amin
>
>
>

Sat Sep 22, 2012 10:43 am (PDT) . Posted by:

"ngademin Thohari" ngademinth

mr. kids

baru 1. petunjuk yang saya kerjakan, yaitu name manager, terima kasih petunjuknya

amin

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 23 September 2012 0:23
Judul: Re: [belajar-excel] modifikasi userform penambahan data


 
Pada sheet reff, lihat di name manager
Cari nama range yang merujuk ke range di kolom yang ingin Anda tambah. Ganti rujukannya agar semua data tambahan Anda masuk dalam nama range tersebut.
Contoh untuk Perbaikan sistem,
>> tambahkan nama-nama item yang Anda sukai di kolom O tapi tidak boleh ada cell kosong diantaranya
>> lihat dalam daftar nama-nama range (di xl2003 melalui menu Insert -> Name -> Define)
>> cari yang bernama 'Perb'
>> lihat bagian Refers To
>> ganti rujukan di refers to agar merujuk ke O2 sampai data terakhir yang Anda tambahkan tadi
>> OK

Kolom yang lain sama saja caranya, hanya beda nama range yang harus diganti rujukannya.
Kalau ingin lebih mudah, silakan bersusah payah mempelajari pembuatan nama range yang rujukannya dinamis.
Contoh :
=reff!$o$2:index( reff!$o:$o  , CountA(   reff!$o:$o ) )
bahasa manusianya :
"mulai dari sheet reff cell O2 sampai hasil Index ke kolom O di sheet reff pada baris sejumlah dengan hasil penghitungan jumlah cell di kolom O sheet reff yang ada isinya"

Wassalam,
Kid.

2012/9/23 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>


>Dear be-exceller,
>
>
>terimakasih kepada mbak siti vi (alm) atas sharingnya, ada file yang di sharing berguna sekali dan saya akan menggunakannya, tetapi saya ada masalah dengan penambahan pelaksana saya mencoba mencari cari untuk penambahan ini belum ketemu yaitu:
>
>
>1. penambahan nama dari hanya 7 data bisa menjadi 25 data
>2. penambahan status mesin menjadi 12 data
>3. penambahan perbaikan sistem ditambah 50 data
>
>
>terimakasih
>
>
>amin
>
>

Sat Sep 22, 2012 8:09 pm (PDT) . Posted by:

"ngademin Thohari" ngademinth

be-master exceller

modifikasi ini akan saya print menurut tanggalnya, penambahan apa yang harus dilakukan

terima kasih

amin

________________________________
Dari: ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 23 September 2012 0:39
Judul: Bls: [belajar-excel] modifikasi userform penambahan data


 
mr. kids

baru 1. petunjuk yang saya kerjakan, yaitu name manager, terima kasih petunjuknya

amin

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 23 September 2012 0:23
Judul: Re: [belajar-excel] modifikasi userform penambahan data


 
Pada sheet reff, lihat di name manager
Cari nama range yang merujuk ke range di kolom yang ingin Anda tambah. Ganti rujukannya agar semua data tambahan Anda masuk dalam nama range tersebut.
Contoh untuk Perbaikan sistem,
>> tambahkan nama-nama item yang Anda sukai di kolom O tapi tidak boleh ada cell kosong diantaranya
>> lihat dalam daftar nama-nama range (di xl2003 melalui menu Insert -> Name -> Define)
>> cari yang bernama 'Perb'
>> lihat bagian Refers To
>> ganti rujukan di refers to agar merujuk ke O2 sampai data terakhir yang Anda tambahkan tadi
>> OK

Kolom yang lain sama saja caranya, hanya beda nama range yang harus diganti rujukannya.
Kalau ingin lebih mudah, silakan bersusah payah mempelajari pembuatan nama range yang rujukannya dinamis.
Contoh :
=reff!$o$2:index( reff!$o:$o  , CountA(   reff!$o:$o ) )
bahasa manusianya :
"mulai dari sheet reff cell O2 sampai hasil Index ke kolom O di sheet reff pada baris sejumlah dengan hasil penghitungan jumlah cell di kolom O sheet reff yang ada isinya"

Wassalam,
Kid.

2012/9/23 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>


>Dear be-exceller,
>
>
>terimakasih kepada mbak siti vi (alm) atas sharingnya, ada file yang di sharing berguna sekali dan saya akan menggunakannya, tetapi saya ada masalah dengan penambahan pelaksana saya mencoba mencari cari untuk penambahan ini belum ketemu yaitu:
>
>
>1. penambahan nama dari hanya 7 data bisa menjadi 25 data
>2. penambahan status mesin menjadi 12 data
>3. penambahan perbaikan sistem ditambah 50 data
>
>
>terimakasih
>
>
>amin
>
>

Sat Sep 22, 2012 11:38 am (PDT) . Posted by:

"sin.ur4t@yahoo.com" sin.ur4t

Bahh.., ada juga rupanya suluh-suluh dari pak ghozi. Mauliate bapak, akan saya pelajari pelan2. pertanyaan2 lanjutan nantinya mhn jgn bosan merespon :)

Salam hormat
Sinurat
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 22 Sep 2012 09:23:42
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Menampilkan data secara urut dan berkelompok

saya tawarkan solusi dengan formula
untuk mendapatkan hasil yang sama persis dengan  attachment yang ditanyakan
saya menggunakan lima langkah (step), selanjutnya dari sini bisa diextract untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

untuk jelasnya silahkan lihat di attachment,.

wassalam

Ghozi Alkatiri





________________________________
Dari: Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com>
Kepada: belajar excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 21 September 2012 21:44
Judul: [belajar-excel] Menampilkan data secara urut dan berkelompok


 
Salam be-excel..

Yth. para pakar dan rekan2 excellers

Bagaimana cara sorting dan mengelompokkan data di Tabel 1. agar tampil terurut (Tabel 2.) dengan Makro ??


Penjelasan urutan dan pengelompokan data pada Tabel 2. :
1. Semua record "yang unik" disort secara descending
2. Berdasarkan urutan itu, lalu semua record yg "namanya sama" dikumpulkan dan diurutkan lagi secara descending
3. Hasilnya ditampilkan pada sheet 'hasil'

Mohon dibantu, trima kasih sebelumnya
wassalam
Imam F. Sinurat


Sat Sep 22, 2012 2:44 pm (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

dengan senang hati .

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: "sin.ur4t@yahoo.com" <sin.ur4t@yahoo.com>
Kepada: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 23 September 2012 1:38
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Menampilkan data secara urut dan berkelompok


 
Bahh.., ada juga rupanya suluh-suluh dari pak ghozi. Mauliate bapak, akan saya pelajari pelan2. pertanyaan2 lanjutan nantinya mhn jgn bosan merespon :)

Salam hormat
Sinurat
Powered by Telkomsel BlackBerry®
________________________________

From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 22 Sep 2012 09:23:42 +0800 (SGT)
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Menampilkan data secara urut dan berkelompok

saya tawarkan solusi dengan formula
untuk mendapatkan hasil yang sama persis dengan  attachment yang ditanyakan
saya menggunakan lima langkah (step), selanjutnya dari sini bisa diextract untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

untuk jelasnya silahkan lihat di attachment,.

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com>
Kepada: belajar excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 21 September 2012 21:44
Judul: [belajar-excel] Menampilkan data secara urut dan berkelompok


 
Salam be-excel..

Yth. para pakar dan rekan2 excellers

Bagaimana cara sorting dan mengelompokkan data di Tabel 1. agar tampil terurut (Tabel 2.) dengan Makro ??

Penjelasan urutan dan pengelompokan data pada Tabel 2. :
1. Semua record "yang unik" disort secara descending
2. Berdasarkan urutan itu, lalu semua record yg "namanya sama" dikumpulkan dan diurutkan lagi secara descending
3. Hasilnya ditampilkan pada sheet 'hasil'

Mohon dibantu, trima kasih sebelumnya
wassalam
Imam F. Sinurat

Sat Sep 22, 2012 5:01 pm (PDT) . Posted by:

"Kurei recca" yusajing_ehm

Salam Para Master Excel,

Ceritanya saya ingin membuat suatu coding dengan kondisi Jika Cell A1 bertuliskan kata "TRUE" maka akan ada bunyi beep berulang selama 20 detik or periode tertentu dan Cell Tersebut kelap kelip berwarna kuning dan putih selama 20 detik tersebut.

Kira2 bagaimana ya codingnya,,?

Mohon Pencerahannya...

Best Regards

Sat Sep 22, 2012 6:06 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

hai yusa..

untuk dapat memainkan suara anda harus menggunakan function windows API
yang terdapat di dalam file winmm.dll, tetapi sebelum dapat menggunakannya
anda harus mendeklarasikan fungsi tersebut sehingga dapat dipanggil dalam
suatu prosedur

codenya sebagai berikut:

Option Explicit
Private Declare Function SuaranyaDong _
Lib "winmm.dll" _
Alias "BunyiGakYa" ( _
ByVal NamaLagu As String, _
ByVal Lama As Long) As Long

Sub BunyiBip()
Dim i As Integer
Dim c As Integer

For i = 1 To 10
If Range("a1").Value = "TRUE" Then
Range("a1").Interior.ColorIndex = c
SuaranyaDong "C:\Windows\Media\Chimes.wav", 0&
End If
c = c + 1
Next i
End Sub

perhatikan yang diberi warna biru & merah, code ini ditulis di sheets
module sehingga hanya dapat berfungsi dengan baik di sheet tersebut, jika
anda menginginkan fungsi dapat dipanggil dari mana saja maka pindahkan yang
diberi warna *biru* & *merah* ke dalam suatu modul dan ubah warna *biru* dari
Private menjadi Public.

untuk suaranya dapat anda ganti-ganti sesuka hati menggunakan file yang
berekstensi wav dan default lokasi pada pc saya adalah pada folder
C:\Windows\Media, silakan anda searching mengenai lokasi pada pc anda dan
jenis-jenis bunyi yang tersedis.

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 23 September 2012 07:01, Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Salam Para Master Excel,
>
> Ceritanya saya ingin membuat suatu coding dengan kondisi Jika Cell A1
> bertuliskan kata "TRUE" maka akan ada bunyi beep berulang selama 20 detik
> or periode tertentu dan Cell Tersebut kelap kelip berwarna kuning dan putih
> selama 20 detik tersebut.
>
> Kira2 bagaimana ya codingnya,,?
>
> Mohon Pencerahannya...
>
> Best Regards
>
>
>

Sat Sep 22, 2012 6:31 pm (PDT) . Posted by:

"Kurei recca" yusajing_ehm

Dear Aji,

Thx ya atas feedbacknya

tapi kok fungsi "BunyiGaYa"-nya ga bisa jalan ya ? ada error yang mengatakan bahwa DDL function not found,,

codingnya saya taruh dalam module sheet1,,

Lalu, Pak Aji kan menggunakan looping For Next agar cell tersebut kelap kelip, bisa jika menggunakan timer karena jika menggunakan for next tidak kelihatan kelapa kelipnya,

Jadi agar kelihatan setidaknya satu warna itu 2 detik terpampangnya, lalu ganti warna laen,,

*Terlampir filenya ya pak : saya ubah kata "True" menjadi "a"

Mohon Pencerahannya

________________________________
Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 23 September 2012 8:06
Judul: Re: [belajar-excel] CODING MACRO BUNYI BEEP


 
hai yusa..

untuk dapat memainkan suara anda harus menggunakan function windows API yang terdapat di dalam file winmm.dll, tetapi sebelum dapat menggunakannya anda harus mendeklarasikan fungsi tersebut sehingga dapat dipanggil dalam suatu prosedur

codenya sebagai berikut:

Option Explicit
Private Declare Function SuaranyaDong _
    Lib "winmm.dll" _
    Alias "BunyiGakYa" ( _
        ByVal NamaLagu As String, _
        ByVal Lama As Long) As Long

Sub BunyiBip()
    Dim i As Integer
    Dim c As Integer
    
    For i = 1 To 10
        If Range("a1").Value = "TRUE" Then
            Range("a1").Interior.ColorIndex = c
            SuaranyaDong "C:\Windows\Media\Chimes.wav", 0&
        End If
        c = c + 1
    Next i
End Sub

perhatikan yang diberi warna biru & merah, code ini ditulis di sheets module sehingga hanya dapat berfungsi dengan baik di sheet tersebut, jika anda menginginkan fungsi dapat dipanggil dari mana saja maka pindahkan yang diberi warna biru & merah ke dalam suatu modul dan ubah warna biru dari Private menjadi Public.

untuk suaranya dapat anda ganti-ganti sesuka hati menggunakan file yang berekstensi wav dan default lokasi pada pc saya adalah pada folder C:\Windows\Media, silakan anda searching mengenai lokasi pada pc anda dan jenis-jenis bunyi yang tersedis.

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 23 September 2012 07:01, Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com> menulis:


>Salam Para Master Excel,
>
>Ceritanya saya ingin membuat suatu coding dengan kondisi Jika Cell A1 bertuliskan kata "TRUE" maka akan ada bunyi beep berulang selama 20 detik or periode tertentu dan Cell Tersebut kelap kelip berwarna kuning dan putih selama 20 detik tersebut.
>
>Kira2 bagaimana ya codingnya,,?
>
>Mohon Pencerahannya...
>
>Best Regards
>
>
>

Sat Sep 22, 2012 7:07 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

hehehe... ternyata pak Yusa menggunakan windows 32-bit, jika anda menekan
tombol Help maka ada keterangan sebagai berikut:

- If you are working on a 32-bit Microsoft Windows platform, both the
DLL name and alias (if used) must be correct.

Make sure the DLL name and alias are correct.

untuk code berikut:

Alias "BunyiGakYa" ( _

yang dimerahin harap diganti dengan sndPlaySoundA sehingga codenya menjadi:

Alias "sndPlaySoundA" ( _

berhubung saya juga masih dalam tahap belajar vba.. (baru baca 150 halaman
dari 404 halaman) untuk timernya saya pelajari dulu ya pak hehehe.. ^_^

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 23 September 2012 08:31, Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear Aji,
>
> Thx ya atas feedbacknya
>
> tapi kok fungsi "BunyiGaYa"-nya ga bisa jalan ya ? ada error yang
> mengatakan bahwa DDL function not found,,
>
> codingnya saya taruh dalam module sheet1,,
>
> Lalu, Pak Aji kan menggunakan looping For Next agar cell tersebut kelap
> kelip, bisa jika menggunakan timer karena jika menggunakan for next tidak
> kelihatan kelapa kelipnya,
>
> Jadi agar kelihatan setidaknya satu warna itu 2 detik terpampangnya, lalu
> ganti warna laen,,
>
> *Terlampir filenya ya pak : saya ubah kata "True" menjadi "a"
>
> Mohon Pencerahannya
> ------------------------------
> *Dari:* aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 23 September 2012 8:06
> *Judul:* Re: [belajar-excel] CODING MACRO BUNYI BEEP
>
>
> hai yusa..
>
> untuk dapat memainkan suara anda harus menggunakan function windows API
> yang terdapat di dalam file winmm.dll, tetapi sebelum dapat menggunakannya
> anda harus mendeklarasikan fungsi tersebut sehingga dapat dipanggil dalam
> suatu prosedur
>
> codenya sebagai berikut:
>
> Option Explicit
> Private Declare Function SuaranyaDong _
> Lib "winmm.dll" _
> Alias "BunyiGakYa" ( _
> ByVal NamaLagu As String, _
> ByVal Lama As Long) As Long
>
> Sub BunyiBip()
> Dim i As Integer
> Dim c As Integer
>
> For i = 1 To 10
> If Range("a1").Value = "TRUE" Then
> Range("a1").Interior.ColorIndex = c
> SuaranyaDong "C:\Windows\Media\Chimes.wav", 0&
> End If
> c = c + 1
> Next i
> End Sub
>
> perhatikan yang diberi warna biru & merah, code ini ditulis di sheets
> module sehingga hanya dapat berfungsi dengan baik di sheet tersebut, jika
> anda menginginkan fungsi dapat dipanggil dari mana saja maka pindahkan yang
> diberi warna *biru* & *merah* ke dalam suatu modul dan ubah warna *biru* dari
> Private menjadi Public.
>
> untuk suaranya dapat anda ganti-ganti sesuka hati menggunakan file yang
> berekstensi wav dan default lokasi pada pc saya adalah pada folder
> C:\Windows\Media, silakan anda searching mengenai lokasi pada pc anda dan
> jenis-jenis bunyi yang tersedis.
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 23 September 2012 07:01, Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com>menulis:
>
> **
>
> Salam Para Master Excel,
>
> Ceritanya saya ingin membuat suatu coding dengan kondisi Jika Cell A1
> bertuliskan kata "TRUE" maka akan ada bunyi beep berulang selama 20 detik
> or periode tertentu dan Cell Tersebut kelap kelip berwarna kuning dan putih
> selama 20 detik tersebut.
>
> Kira2 bagaimana ya codingnya,,?
>
> Mohon Pencerahannya...
>
> Best Regards
>
>
>
>
>
>

Sat Sep 22, 2012 9:11 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

pak Yusa.. coba code berikut.. sudah saya tes di windows 32-bit dan
berjalan dengan baik

Option Explicit
Private Declare Function SuaranyaDong _
Lib "winmm.dll" _
Alias "sndPlaySoundA" ( _
ByVal NamaLagu As String, _
ByVal Lama As Long) As Long

Sub BunyiBip()
Dim i As Integer
Dim c As Integer

For i = 1 To 10
If Range("a1").Value = "a" Then
If Application.Wait(Now() + TimeValue("00:00:02")) Then
Range("a1").Interior.ColorIndex = c
End If
SuaranyaDong "C:\Windows\Media\Chimes.wav", 0&
End If
c = c + 1
Next i
End Sub

untuk fungsi timernya saya belum ketemu.. ketemunya fungsi wait yang
dimerahin dari link berikut

http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa213656(office.11).aspx

mungkin dari para member millis ini maupun para master dapat memberikan
pencerahan mengenai fungsi timer

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 23 September 2012 09:07, aji mumpung <pupung1986@gmail.com> menulis:

> hehehe... ternyata pak Yusa menggunakan windows 32-bit, jika anda menekan
> tombol Help maka ada keterangan sebagai berikut:
>
>
> - If you are working on a 32-bit Microsoft Windows platform, both the
> DLL name and alias (if used) must be correct.
>
> Make sure the DLL name and alias are correct.
>
> untuk code berikut:
>
> Alias "BunyiGakYa" ( _
>
> yang dimerahin harap diganti dengan sndPlaySoundA sehingga codenya
> menjadi:
>
> Alias "sndPlaySoundA" ( _
>
> berhubung saya juga masih dalam tahap belajar vba.. (baru baca 150 halaman
> dari 404 halaman) untuk timernya saya pelajari dulu ya pak hehehe.. ^_^
>
> wassalam,
>
> -aji mumpung-
>
> Pada 23 September 2012 08:31, Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com>menulis:
>
> **
>>
>>
>> Dear Aji,
>>
>> Thx ya atas feedbacknya
>>
>> tapi kok fungsi "BunyiGaYa"-nya ga bisa jalan ya ? ada error yang
>> mengatakan bahwa DDL function not found,,
>>
>> codingnya saya taruh dalam module sheet1,,
>>
>> Lalu, Pak Aji kan menggunakan looping For Next agar cell tersebut kelap
>> kelip, bisa jika menggunakan timer karena jika menggunakan for next tidak
>> kelihatan kelapa kelipnya,
>>
>> Jadi agar kelihatan setidaknya satu warna itu 2 detik terpampangnya, lalu
>> ganti warna laen,,
>>
>> *Terlampir filenya ya pak : saya ubah kata "True" menjadi "a"
>>
>> Mohon Pencerahannya
>> ------------------------------
>> *Dari:* aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
>> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Dikirim:* Minggu, 23 September 2012 8:06
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] CODING MACRO BUNYI BEEP
>>
>>
>> hai yusa..
>>
>> untuk dapat memainkan suara anda harus menggunakan function windows API
>> yang terdapat di dalam file winmm.dll, tetapi sebelum dapat menggunakannya
>> anda harus mendeklarasikan fungsi tersebut sehingga dapat dipanggil dalam
>> suatu prosedur
>>
>> codenya sebagai berikut:
>>
>> Option Explicit
>> Private Declare Function SuaranyaDong _
>> Lib "winmm.dll" _
>> Alias "BunyiGakYa" ( _
>> ByVal NamaLagu As String, _
>> ByVal Lama As Long) As Long
>>
>> Sub BunyiBip()
>> Dim i As Integer
>> Dim c As Integer
>>
>> For i = 1 To 10
>> If Range("a1").Value = "TRUE" Then
>> Range("a1").Interior.ColorIndex = c
>> SuaranyaDong "C:\Windows\Media\Chimes.wav", 0&
>> End If
>> c = c + 1
>> Next i
>> End Sub
>>
>> perhatikan yang diberi warna biru & merah, code ini ditulis di sheets
>> module sehingga hanya dapat berfungsi dengan baik di sheet tersebut, jika
>> anda menginginkan fungsi dapat dipanggil dari mana saja maka pindahkan yang
>> diberi warna *biru* & *merah* ke dalam suatu modul dan ubah warna *biru* dari
>> Private menjadi Public.
>>
>> untuk suaranya dapat anda ganti-ganti sesuka hati menggunakan file yang
>> berekstensi wav dan default lokasi pada pc saya adalah pada folder
>> C:\Windows\Media, silakan anda searching mengenai lokasi pada pc anda dan
>> jenis-jenis bunyi yang tersedis.
>>
>> wassalam,
>>
>> -aji mumpung-
>>
>> Pada 23 September 2012 07:01, Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com>menulis:
>>
>> **
>>
>> Salam Para Master Excel,
>>
>> Ceritanya saya ingin membuat suatu coding dengan kondisi Jika Cell A1
>> bertuliskan kata "TRUE" maka akan ada bunyi beep berulang selama 20 detik
>> or periode tertentu dan Cell Tersebut kelap kelip berwarna kuning dan putih
>> selama 20 detik tersebut.
>>
>> Kira2 bagaimana ya codingnya,,?
>>
>> Mohon Pencerahannya...
>>
>> Best Regards
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Sat Sep 22, 2012 6:29 pm (PDT) . Posted by:

"Aden S" adendum_81

Sekali lagi terima kasih atas pencerahannya, sangat bermanfaat sekali bagi saya

Salam

Aden

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, September 22, 2012 10:48 PM
Subject: Re: [belajar-excel] hitung warna


 
Pak Aden,

Coba formula :
=SUMPRODUCT(  ($E$7:$EV$7="masuk")  *    (E8:EV8>0)   )
bahasa manusianya :
"Jumlahkan seluruh hasil perkalian kriteria berikut :
  1. nama headernya adalah teks berbunyi 'masuk' [harus sama persis], kalau sesuai, beri nilai TRUE (setara 1). Kalau tidak sesuai diberi nilai FALSE (setara 0)
  2. nilai sebarisnya (baris 8 dari E sampai EV) adalah lebih dari 0 (alias ada isinya angka). Jika sesuai diberi TRUE, jika tidak diberi FALSE"

Jadi, ketika setiap kriteria tadi dikalikan, akan ada hasilnya 0 atau 1 (ini adalah tahap Product).
Kemudian semua hasil itu dijumlahkan (tahap Sum)
Jadi fungsi SumProduct adalah memproses hasil perkalian setiap itemnya, kemudian menjumlahkannya menjadi sebuah nilai total.

Jika fungsi SumProduct diganti dengan Sum, maka proses peng-enter-an (setiap usai mengedit atau menulis formula) harus dengan menekan CTRL   SHIFT  ENTER bersamaan dan tidak bisa hanya dengan menekan ENTER saja.

Dari hal di atas,
1. Proses kalkulasi dengan kriteria sebaiknya tidak dilakukan berdasar kriteria warna. Tidak ada fungsi bawaan Excel yang bisa melakukan komputasi berdasar warna (setidaknya sampai versi 2007 -> belum coba semua hal di 2010).
2. Proses kalkulasi dengan kriteria sebaiknya dilakukan secara langsung dengan menerjemahkan kriteria menjadi satu bahasa formula.
3. Penyusunan Conditional Formatting dengan lebih dari 1 kriteria sebaiknya dilakukan dengan menggunakan opsi Use Formula (xl2007 ke atas) atau Formula Is (xl2003)

Wassalam,
Kid.

2012/9/22 Aden S <adendum_81@yahoo.com>


>Terima kasih untuk respon cepat dan pencerahannya Mr. Kid,
>
>
>Ada banyak hal yg bisa saya ambil pelajaran, tapi ada satu hal lagi yang saya ingin tanyakan, bagaimana jika kita memberi warna manual, semisal kita masuk di tanggal 23 saya hanya tinggal mewarnai (disalah satu jam masuk atau pulang) sehingga itu terhitung sebagai 1, tetapi jika di tanggal berikutnya tidak hadir, maka tidak akan saya warnai sehingga terhitung sebagai 0
>
>
>sekali lagi terimakasih atas ilmu yg telah di berikan
>
>
>Salam
>
>
>
>
>Aden
>
>
>
>
>________________________________
> From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Saturday, September 22, 2012 5:23 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] hitung warna
>
>
>

>Hai Aden,
>
>1. Pastikan Conditional formatting (CF) bisa telah sesuai dengan yang dibutuhkan.
>>> Pada file Anda, tidak ada data yang bisa memenuhi syarat dalam CF yang terpasang. Pastikan tipe data dari nilai yang ada di dataset dengan yang diset dalam CF adalah sama.
>
>2. Pastikan file Excel memiliki VBA Module yang berisi prosedur fungsi bernama CountCFColor.
>
>3. Save as file dengan ekstensi .xlsm,.xlsb, atau .xls
>>> Jika di-save dengan ekstensi .xlsx, pasti VBA Module yang berisi prosedur fungsi CountCFColor akan dihilangkan oleh Excel.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/9/22 Aden S <adendum_81@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Dear All,
>>
>>
>>
>>
>>Bagaimana rumus cara menghitung dengan kriteria warna (contoh terlampir), kemarin saya mencoba dengan dengan file yang ada di arsip tapi tidak berhasil, terima kasih untuk pencerahannya
>>
>>
>>
>>
>>Salam
>>
>>
>>
>>
>>Aden
>>
>
>
>
>

Sat Sep 22, 2012 9:29 pm (PDT) . Posted by:

"sapicumi" sapicumi@rocketmail.com

Pertama saya ucapkan trimakasi pada Mr Kid yg telah membantu saya memecah
kebutuan saya di 2 Topik sebelumnya sampai saat ini masi saya pelajari dan
semoga bisa di kembangkan dan di upload ke milis ini hasil jadinya
nntnya.Nah hari ini saya minta ke temen2 milis untuk memberi masukan atas
aplikasi yang saya buat seperti file terlampir kekurangan pasti jelas ada
soalnya saya baru tahap belajar hehehehheheheheh mohon maaf kl memang banyak
kurangnya. sekali lagi saya mohon masukan dan kl memungkin kan solusi untuk
pemecahanya trimakasih selamat mencoba
(file lebih dari 250kb mohon maap kl saya upload ke mediafire kl memang
tidak boleh akan saya ganti link nya trimakasi om momod)
http://www.mediafire.com/view/?7l0x538axcwxz9h

--- Mods ---
Terimakasih atas kerjasama Pak Jojo dengan meletakkan file lampiran yang lebih dari 250KB disebuah netdrive dan cukup dengan memberikan link-nya ke BeExceller.
------------

--
View this message in context: http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Aplikasi-Gudang-Masukan-sangat-Berguna-tp5712035.html
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.

Sat Sep 22, 2012 10:31 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

hai pak jojo..

sesama pemula kasih mau input / saran... [padahal pengetahuan vba pupung
masih jauh di bawah pak jojo hehehe.. ^_^]

untuk form input transaksi sebaiknya pencarian bukan berdasarkan nama
barang.. tetapi diganti dengan group barang (key word seragam hasil dari
validasi).. setelah itu hasil detail pencarian ditampilkan dalam sebuah
list..

jika dalam goup tersebut terdapat beberapa nama barang yang berbeda atau
nama barang sama tetapi dengan kode barang yang berbeda maka user dapat
memilih barang yang mana yang akan dipilih..

sebelumnya dalam input data saya memasukkan casing simbadda, casing simcool
(dalam prakteknya user bisa saja menulis chassing, chasing, cassing yang
maksud tujuannya sama).. setelah dilakukan pencarian pada form Input
berdasarkan nama barang "casing" maka yang tampil adalah Casing PC ATX
TOWER (ketemu pertama dia yang muncul)

mungkin algoritmanya seperti ini ya..

kondisi cell_c6 <> "" lalu
ambil isi kolom dalam group_barang lalu disimpan dalam suatu range
untuk setiap barang dalam group_barang
kondisi jika barang = cell_c6 lalu
tampilkan nama_barang dan kode_barang dalam list tertentu
akhir_dari_kondisi
barang selanjutnya
akhir_dari_kondisi

kondisi user memilih nama_barang atau kode barang di list yang tadi maka
copy nama_barang dan kode_barang ke cell c6 dan cell c7
akhir_dari_kondisi

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 23 September 2012 10:43, sapicumi <sapicumi@rocketmail.com> menulis:

> **
>
>
> Pertama saya ucapkan trimakasi pada Mr Kid yg telah membantu saya memecah
> kebutuan saya di 2 Topik sebelumnya sampai saat ini masi saya pelajari dan
> semoga bisa di kembangkan dan di upload ke milis ini hasil jadinya
> nntnya.Nah hari ini saya minta ke temen2 milis untuk memberi masukan atas
> aplikasi yang saya buat seperti file terlampir kekurangan pasti jelas ada
> soalnya saya baru tahap belajar hehehehheheheheh mohon maaf kl memang
> banyak
> kurangnya. sekali lagi saya mohon masukan dan kl memungkin kan solusi untuk
> pemecahanya trimakasih selamat mencoba
> (file lebih dari 250kb mohon maap kl saya upload ke mediafire kl memang
> tidak boleh akan saya ganti link nya trimakasi om momod)
> http://www.mediafire.com/view/?7l0x538axcwxz9h
>
> --- Mods ---
> Terimakasih atas kerjasama Pak Jojo dengan meletakkan file lampiran yang
> lebih dari 250KB disebuah netdrive dan cukup dengan memberikan link-nya ke
> BeExceller.
> ------------
>
> --
> View this message in context:
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Aplikasi-Gudang-Masukan-sangat-Berguna-tp5712035.html
> Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar