Selasa, 07 Februari 2017

[belajar-excel] Digest Number 4086

13 Messages

Digest #4086
1a
Re: Array Vertikal by "Heru Safrudin" heru.safrudin
3a
Re: Rumus Transpose Otomatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Re: Rumus Transpose Otomatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Modifikasi Slicer Pivot Table [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Format bln yg berubah setelah dicopy by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
Re: print sesuai data yang ada [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon Feb 6, 2017 8:33 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" heru.safrudin

Alhamdulillah…

Ilmu baru Mr.

Makasih banyak..

<ymsgr:sendIM?heru.safrudin> Heru SafrudinBISI,Heru Safrudin,YM online

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 05 Februari 2017 6:16
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Array Vertikal

Hai Heru,

Coba memanfaatkan fungsi Transpose milik worksheetfunction. Contoh :

range("a1:a5").value=worksheetfunction.transpose(array(1,2,3,4,5))

atau
range("a1:a5").value=application.worksheetfunction.transpose(array(1,2,3,4,5))

Bisa juga dengan evaluate, seperti :

range("g1:g5").value=evaluate("={1;2;3;4;5}") 'pakai titik koma pada regional setting english, tapi tidak berlaku jika menggunakan fungsi Array()

atau
range("g1:g5").value=evaluate("=row(1:5)")

atau pakai cara implisit seperti :

range("g1:g5").value=[row(1:5)]

Regards,

Kid

On Wed, Feb 1, 2017 at 11:58 AM, 'Heru Safrudin' fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

Dear B-Exceller,

Bagaimana cara mengisi range dengan Array value secara vertical sbb:

Range("A1:A10").Value = Array(1,2,3,4,5,6,7,8,9,10)

Terima kasih

Heru Safrudin

Heru SafrudinBISI,Heru Safrudin,YM online

Mon Feb 6, 2017 8:37 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wa'alaikumussalam wr wb

Hai Harry,

Jika Anda menggunakan VBA, JANGAN pernah mengabaikan regional setting
komputer user yang akan menggunakannya. Setiap script yang berhubungan
dengan format number maupun date HARUS memperhatikan hal ini.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2017-02-06 11:47 GMT+07:00 Harry hariansyahptk@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Sy mengoperasikan Workbook yang telah sy buat di Windows 7 64 bit. Namun
> jika Workbook tersebut sy gunakan pada Windows 32 bit, hasil Kalkulasi pada
> User Form-nya beda.
>
> Apakah kesalahannya pada Windownya atau ada sesuatu yang belum sy mengerti.
> Terlampir User Form yang hasilnya beda.
>
> Mohon informasi dan pencerahan dari sahabat-sahabat Be-Exceller sekalian.
>
> Terima kasih & Wassalam...
>
>
>

Mon Feb 6, 2017 8:40 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Sony dan Mats,

Coba ganti tipe data variabel bernama Amount dari Long menjadi Double.
Bukankah variabel Amount untuk menyimpan nilai yang memiliki karakteristik
sebagai nilai uang ? (entah bulat atau ada n desimal).
Jadi, cobalah untuk lebih bermain aman dengan memilih tipe data sesuai
karakteristik nilai data yang akan dimasukkan ke dalamnya.

Oh iya,
Cobalah untuk lebih disiplin lagi dalam mendeklarasikan variabel.
Excel VBA didesain belum seperti bahasa pemrograman lain.

Contoh :
dim a, b, c as long '-> menghasilkan a
bertipe variant, b bertipe variant, c bertipe Long
dim a as long, b as long, c as long '-> menghasilkan a, b, dan c
bertipe long
dim a, b as string, c, d as long '-> menghasilkan a dan c
bertipe variant, b bertipe string, d bertipe long
dim a as string, b as string, c as long, d as long '-> menghasilkan a
dan b bertipe string, c dan d bertipe long

Regards,
Kid

2017-02-06 17:57 GMT+07:00 Sony Ario sony.ario1@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Coba pake steps debug deh pak (F8), sampai ke baris yg kuning itu, liat
> isi bilangan pada cell aktif tersebut. Kalo liat error nya seperti nya itu
> masalah tipe data Amount vs nilai bilangan pada cell aktif.
>
> *gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*
>
> 2017-02-06 10:02 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Pa Sony,
>>
>> Berikut capture Error nya, format data nya sama, hanya saya tambahkan
>> datanya baik jumlah colom dan row.
>> nama sheet sudah di sesuaikan hasil nya masih error,
>>
>> percobaan terakhir saya copy paste data asli ke file asli dari pak sony,
>> dan warning error nya masih sama.
>>
>> Terima kasih.
>>
>> 2017-02-04 3:27 GMT+07:00 Sony Ario sony.ario1@gmail.com [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Halo Modby,
>>>
>>> Bisa tolong di capture error nya ?
>>>
>>> Macro yang saya buat tetap harus ada penyesuaian. Terutama di nama Sheet
>>> nya. Walaupun penambahan baris atau kolom baru tetap masih bisa di
>>> antisipasi. Apakah format data real nya sama, terutama 4 kolom pertama ?
>>>
>>> Atau di coba data real nya di copy paste ke Sheet Contoh dan coba
>>> jalankan Macro nya, liat hasilnya di Sheet Hasil2 itu ?
>>>
>>>
>>> *gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*
>>>
>>> 2017-02-03 18:11 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Terima kasih pak Sony,
>>>>
>>>> saya belum paham untuk macro..
>>>> jika saya pergunakan macro tersebut ke data saya, apakah cukup copy
>>>> paste query macro nya saja tanpa ada perubahan(hanya perubahan nama sheet)?
>>>> bagaimana jika ada tambahan colom dan row? apakah otomatis macro akan
>>>> jalan? saya sudah coba copy paste macro namun error ketika di run, dan jika
>>>> saya copy paste data ke file sample excel ada error di activecell
>>>>
>>>> 2017-02-03 17:11 GMT+07:00 Sony Ario sony.ario1@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Halo Modby,
>>>>>
>>>>> Saya coba bantu pake Macro ya ?
>>>>> Maaf kalau belum sesuai harapan.
>>>>>
>>>>>
>>>>> Salam
>>>>> Sony
>>>>>
>>>>> *gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*
>>>>>
>>>>> 2017-02-02 17:09 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Selamat Sore,
>>>>>>
>>>>>> Para expert Excel,
>>>>>>
>>>>>> saya ada case mau transpose 500 Row data yang memiliki 150 colom
>>>>>> data.
>>>>>> klo row nya cuma sedikit masih sangup manual, tapi ini 500 lumayan
>>>>>> gempor..
>>>>>> contoh case saya lampirkan.
>>>>>>
>>>>>> Untuk member lain yang sudah pernah sharing dan sudah ada
>>>>>> pemecahannya tolong di share solusinya.
>>>>>>
>>>>>> Terima kasih,
>>>>>>
>>>>>> salam..
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Mon Feb 6, 2017 8:47 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Mats,

Formula tentang jumlah baris, jumlah kolom, jumlah record hasil yang ada di
atas tebal hasil sekedar informasi tambahan yang merujuk tabel sumber data.
Ideal dalam file tersebut adalah idela menurut banyaknya record dan
banyaknya kolom di tabel sumber datanya, bukan ideal menurut seharusnya
kebijakan manusia.
Jadi, kalau menurut manusia, idealnya si record ada 100 karena ada 10
record walau kolomnya cuma 2, maka di file tersebut idealnya adalah 10
record sumber x 2 kolom sumber menjadi 20 record hasil.

Silakan dicoba untuk menambah record maupun kolom di sumber datanya.

Regards,
Kid

2017-02-06 10:42 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Thank Mr.Kid,
>
> Mau tanya untuk
> Sumber data :
> 116 Records x 84 Columns
>
> ada formula : =ROWS(_aKEYS_) dan =COLUMNS(_aCOLS_)
>
> Jumlah row 116 dan kolom 84
>
> sehingga ideal resultnya 9744 row,
> Jika jumlah result row nya lebih dari 9744 (misal 37.500) formula apa yang
> harus dirubah?
> misal data asli 250 row dengan 150 colom.
>
>
>
> 2017-02-06 10:02 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Pa Sony,
>>
>> Berikut capture Error nya, format data nya sama, hanya saya tambahkan
>> datanya baik jumlah colom dan row.
>> nama sheet sudah di sesuaikan hasil nya masih error,
>>
>> percobaan terakhir saya copy paste data asli ke file asli dari pak sony,
>> dan warning error nya masih sama.
>>
>> Terima kasih.
>>
>> 2017-02-04 3:27 GMT+07:00 Sony Ario sony.ario1@gmail.com [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Halo Modby,
>>>
>>> Bisa tolong di capture error nya ?
>>>
>>> Macro yang saya buat tetap harus ada penyesuaian. Terutama di nama Sheet
>>> nya. Walaupun penambahan baris atau kolom baru tetap masih bisa di
>>> antisipasi. Apakah format data real nya sama, terutama 4 kolom pertama ?
>>>
>>> Atau di coba data real nya di copy paste ke Sheet Contoh dan coba
>>> jalankan Macro nya, liat hasilnya di Sheet Hasil2 itu ?
>>>
>>>
>>> *gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*
>>>
>>> 2017-02-03 18:11 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Terima kasih pak Sony,
>>>>
>>>> saya belum paham untuk macro..
>>>> jika saya pergunakan macro tersebut ke data saya, apakah cukup copy
>>>> paste query macro nya saja tanpa ada perubahan(hanya perubahan nama sheet)?
>>>> bagaimana jika ada tambahan colom dan row? apakah otomatis macro akan
>>>> jalan? saya sudah coba copy paste macro namun error ketika di run, dan jika
>>>> saya copy paste data ke file sample excel ada error di activecell
>>>>
>>>> 2017-02-03 17:11 GMT+07:00 Sony Ario sony.ario1@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Halo Modby,
>>>>>
>>>>> Saya coba bantu pake Macro ya ?
>>>>> Maaf kalau belum sesuai harapan.
>>>>>
>>>>>
>>>>> Salam
>>>>> Sony
>>>>>
>>>>> *gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*
>>>>>
>>>>> 2017-02-02 17:09 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Selamat Sore,
>>>>>>
>>>>>> Para expert Excel,
>>>>>>
>>>>>> saya ada case mau transpose 500 Row data yang memiliki 150 colom
>>>>>> data.
>>>>>> klo row nya cuma sedikit masih sangup manual, tapi ini 500 lumayan
>>>>>> gempor..
>>>>>> contoh case saya lampirkan.
>>>>>>
>>>>>> Untuk member lain yang sudah pernah sharing dan sudah ada
>>>>>> pemecahannya tolong di share solusinya.
>>>>>>
>>>>>> Terima kasih,
>>>>>>
>>>>>> salam..
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Tue Feb 7, 2017 2:09 am (PST) . Posted by:

"Sony Ario"

Terima kasih atas masukannya Mr. Kid.

*gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*

2017-02-07 11:40 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hai Sony dan Mats,
>
> Coba ganti tipe data variabel bernama Amount dari Long menjadi Double.
> Bukankah variabel Amount untuk menyimpan nilai yang memiliki karakteristik
> sebagai nilai uang ? (entah bulat atau ada n desimal).
> Jadi, cobalah untuk lebih bermain aman dengan memilih tipe data sesuai
> karakteristik nilai data yang akan dimasukkan ke dalamnya.
>
> Oh iya,
> Cobalah untuk lebih disiplin lagi dalam mendeklarasikan variabel.
> Excel VBA didesain belum seperti bahasa pemrograman lain.
>
> Contoh :
> dim a, b, c as long '-> menghasilkan
> a bertipe variant, b bertipe variant, c bertipe Long
> dim a as long, b as long, c as long '-> menghasilkan a, b, dan c
> bertipe long
> dim a, b as string, c, d as long '-> menghasilkan a dan c
> bertipe variant, b bertipe string, d bertipe long
> dim a as string, b as string, c as long, d as long '-> menghasilkan a
> dan b bertipe string, c dan d bertipe long
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
> 2017-02-06 17:57 GMT+07:00 Sony Ario sony.ario1@gmail.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Coba pake steps debug deh pak (F8), sampai ke baris yg kuning itu, liat
>> isi bilangan pada cell aktif tersebut. Kalo liat error nya seperti nya itu
>> masalah tipe data Amount vs nilai bilangan pada cell aktif.
>>
>> *gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*
>>
>> 2017-02-06 10:02 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Pa Sony,
>>>
>>> Berikut capture Error nya, format data nya sama, hanya saya tambahkan
>>> datanya baik jumlah colom dan row.
>>> nama sheet sudah di sesuaikan hasil nya masih error,
>>>
>>> percobaan terakhir saya copy paste data asli ke file asli dari pak sony,
>>> dan warning error nya masih sama.
>>>
>>> Terima kasih.
>>>
>>> 2017-02-04 3:27 GMT+07:00 Sony Ario sony.ario1@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Halo Modby,
>>>>
>>>> Bisa tolong di capture error nya ?
>>>>
>>>> Macro yang saya buat tetap harus ada penyesuaian. Terutama di nama
>>>> Sheet nya. Walaupun penambahan baris atau kolom baru tetap masih bisa di
>>>> antisipasi. Apakah format data real nya sama, terutama 4 kolom pertama ?
>>>>
>>>> Atau di coba data real nya di copy paste ke Sheet Contoh dan coba
>>>> jalankan Macro nya, liat hasilnya di Sheet Hasil2 itu ?
>>>>
>>>>
>>>> *gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*
>>>>
>>>> 2017-02-03 18:11 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Terima kasih pak Sony,
>>>>>
>>>>> saya belum paham untuk macro..
>>>>> jika saya pergunakan macro tersebut ke data saya, apakah cukup copy
>>>>> paste query macro nya saja tanpa ada perubahan(hanya perubahan nama sheet)?
>>>>> bagaimana jika ada tambahan colom dan row? apakah otomatis macro akan
>>>>> jalan? saya sudah coba copy paste macro namun error ketika di run, dan jika
>>>>> saya copy paste data ke file sample excel ada error di activecell
>>>>>
>>>>> 2017-02-03 17:11 GMT+07:00 Sony Ario sony.ario1@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Halo Modby,
>>>>>>
>>>>>> Saya coba bantu pake Macro ya ?
>>>>>> Maaf kalau belum sesuai harapan.
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Salam
>>>>>> Sony
>>>>>>
>>>>>> *gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*
>>>>>>
>>>>>> 2017-02-02 17:09 GMT+07:00 Modby Matsnawabi modbym@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Selamat Sore,
>>>>>>>
>>>>>>> Para expert Excel,
>>>>>>>
>>>>>>> saya ada case mau transpose 500 Row data yang memiliki 150 colom
>>>>>>> data.
>>>>>>> klo row nya cuma sedikit masih sangup manual, tapi ini 500 lumayan
>>>>>>> gempor..
>>>>>>> contoh case saya lampirkan.
>>>>>>>
>>>>>>> Untuk member lain yang sudah pernah sharing dan sudah ada
>>>>>>> pemecahannya tolong di share solusinya.
>>>>>>>
>>>>>>> Terima kasih,
>>>>>>>
>>>>>>> salam..
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Mon Feb 6, 2017 9:10 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Kana,

Kasus yang Anda utarakan termasuk borongan. Banyak sekali dan semuanya
dengan VBA. Untuk kasus yang seperti itu, ada baiknya Anda pisah-pisah
menjadi beberapa postingan.

Adakalanya, sudah dipisah sedemikian rupa pun masih belum ada yang merespon
karena yang tampak adalah kesan ingin dibuatkan jadi dan tinggal pakai.
Untuk menghindari kesan tersebut, cobalah untuk mencicil sesuai kemampuan
terlebih dulu. Jika memang perlu VBA, belajarlah dasar-dasar VBA lebih dulu
dan mencoba membuatnya. Hasil ujicoba tersebutlah yang dilampirkan.

Untuk semua BeExceller,
Mari kita coba untuk mengira-ira beberapa niat dari BeExceller yang
merespon suatu trit.
1. Setiap BeExceller memiliki kegiatan pribadi, sehingga merespon kasus di
milis kita ini adalah memanfaatkan sela waktu yang dimiliki.
2. BeExceller yang hanya memiliki waktu sela yang sedikit, tentu secara
psikis akan memilih kasus yang mudah baginya, yang menarik, yang mampu
diselesaikannya, dan yang mencukupi kebutuhan waktu penyelesaiannya dengan
waktu sela yang dimilikinya.
3. Merespon kasus di milis termasuk berbuat kebaikan, maka ketulusan yang
menjadi kunci utamanya. Ketika BeExceller akan merespon suatu kasus,
setelah menimbang yang nomor 2, maka akan diukur seberapa jauh reponnya
terhadap kasus yang mampu membuat dia tetap dalam keadaan tulus. Poin ini
yang sering kali membuat suatu kasus berhari-hari tidak ada yang merespon,
karena kesan pertama yang di dapat dari kasus tersebut adalah ingin terima
jadi, sehingga keluar dari batas tulus yang dimiliki calon perespon.
4. Semangat merespon bisa mendapatkan tambahan dorongan karena ingin
mempraktekkan ilmu yang dimilikinya, meningkatkan kemampuan dan pengalaman,
dan mencoba hal-hal baru.

Nah.... dari hal tersebut di atas, mestinya kita bisa menyusun postingan
kasus yang berpotensi besar untuk direspon banyak BeExceller.

So, tetaplah semangat dalam berbagi dan memudahkan orang lain yang bersedia
berbagi.

Regards,
Kid

On Tue, Dec 20, 2016 at 8:38 AM, kanadhasen Kana <kanadhasenroy@yahoo.com>
wrote:

>
>
> Show original message
> On Monday, December 19, 2016 1:01 PM, kanadhasen Kana <
> kanadhasenroy@yahoo.com> wrote:
>
>
> Kepada mater excel,
>
> Mengingatkan kembali. Mohon Bantuannya dan urgent
>
>
>
> Terima Kasih
>
>
> Kana
>
>
>
>
> On Monday, December 19, 2016 7:25 AM, "kanadhasen Kana
> kanadhasenroy@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> wrote:
>
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Mohon bantuannya, saya sedang membuat customer list, denga ini saya
> mengajukan pertanyaan ntuk metode yg digunakan tentang:
> 1. Bagaimana cara mengelinkkan dari customer list ke 3 file
> (A,B,C) yang tersimpan dalam folder dengan formula tanpa satu per satu
> karena jika customernya lebih dari 50 maka akan banyak membuang waktu
> kan?
> 2. Bagaimana cara membuat hyperlink dari kolom nama pelanggan tanpa
> satu persatu di customer list?
> 3. Bagaimana cara membuat formula langsung di customer list dari
> nama pelanggan yang sudah menjadi hyperlink (Tersimpan dalam satu folder)
> yang berada di kolom B tanpa satu persatu sehingga terisi secara otomatis
> di kolom yang saya marking biru?
> Mohon maaf saya membutuhkan respon yang sangat cepat dan urgent.
>
> Sekian pertanyaan saya, mohon maaf jika sulit utk dipahami, karena saya
> sendiri hanya orang awam yg sedang belajar untuk mencoba sesuatu yg baru,
> mungkin attachment yg terlampir bisa sedikit membantu. Terima Kasih atas
> bantuannya.
>
> Salam,
> Kana
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Feb 6, 2017 9:14 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Heru,

Pakailah VBA. Record macro untuk mengetahui object yang dibutuhkan dalam
menyusun script VBA nya.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2017-02-06 8:41 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )' ghery.dharma@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> --
> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
> Semangat pagi,.
>
> Dear Rekan -Rekan,
>
> Mau tanya mengenai Modifikasi Slicer pada Pivot Table.
>
> Mohon bantuannya, bagaimana caranya agar Filter pada Slicer Pivot
> bisa mengikuti value dari suatu cell.
>
> Terima Kasih
>
> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>
> Warm Regards,
>
>
>

Mon Feb 6, 2017 9:19 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Rubi,

1. Karena formula perlu selalu terkalkulasi tanpa membutuhkan user harus
meng-klik Calculate di ribbon Formula, maka di-set-lah automatic.
Pengaturan menjadi automatic juga akan menggugurkan status bahwa pernah ada
proses calculate paksa.

2. Coba ditelaah setiap step yang ada dalam script. Sesuaikan proses dalam
step pembersih area hasil agar sesuai kebutuhan Anda.

Regards,
Kid

2017-02-05 21:55 GMT+07:00 rubi anto rubiantoxx@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Wow..... ternyata banyak sekali ya metode dari VBA,saya jadi bisa belajar
> banyak....
>
> terima kasih banyak buat pak hendrik dan Mr.kid sudah membantu memudahkan
> pekerjaan saya.....
>
> oya,untuk Mr.kid,,
> 1. saya melihat di awal proses ada .Calculation = xlCalculationAutomatic
> tapi di akhir proses juga sama,mengapa bukan manual... apa ada fungsi yang
> lain...
> 2. saya mencoba memindahkan validasinya ke sheet report tapi selalu
> terhapus...
> saya mencoba mengutak atik scriptnya tapi gak ketemu2.... ^_^
>
> file terlampir...
>
>
>
>
>
> Pada 5 Februari 2017 05.02, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>>
>>
>> Hai Rubi,
>>
>> Kira-kira seperti file terlampir.
>> Template diletakkan di suatu sheet yang berbeda dengan sheet hasil.
>> Jika template diletakkan di sheet yang sama dengan sheet hasil (tidak
>> direkomendasikan), pastikan bahwa template tidak akan terhapus dan tidak
>> berubah formatnya (lebar kolom, tinggi baris, font, dan sebagainya) oleh
>> proses yang terjadi di sheet hasil tersebut
>> Jika template (yang ada di sheet yang berbeda dengan sheet hasil
>> tersebut) disusun dengan formula, maka proses pemasangannya ke sheet hasil
>> menggunakan proses pastespecial (umumnya dengan paste special values atau
>> values and number formats, dan paste special formats).
>> Conditional formatting pada template juga dimungkinkan.
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>> 2017-02-01 12:58 GMT+07:00 rubi anto rubiantoxx@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Apakah seperti data berikut Mr Kid....
>>>
>>> Tapi jika ada data bertambah malah tertindis...
>>> Maaf saya masih belum Faham Mr. Kid.....
>>>
>>> Pada 31 Januari 2017 20.42, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Wa'alaikumussalam wr wb
>>>>
>>>> Hai Rubi,
>>>>
>>>> Bisa membuat template tanda tangan di tempat lain (misal di kolom ZZ
>>>> dst). Kemudian copy range area template tanda tangan tersebut ke bawah
>>>> tabel hasil advanced filter.
>>>>
>>>> Kalau proses copy template tanda tangan akan diotomasi, bisa dilakukan
>>>> dengan record macro.
>>>> Cara meletakkan posisi cells aktif ke baris kosong kedua di bawah tabel
>>>> pada kolom terkiri tabel adalah sebagai berikut : (asumsi : kolom pertama
>>>> tabel selalu terisi penuh)
>>>> 1. klik cells baris 1 pada sebuah kolom kosong
>>>> 2. tekan CTRL panah ke bawah -> tekan CTRL panah ke kiri ::: sampai
>>>> di kolom A baris terakhir Excel
>>>> 3. [jika kolom pertama tabel bukan di kolom A] tekan panah ke kanan
>>>> sampai ke kolom pertama tabel atau sampai kolom tabel yang selalu terisi
>>>> penuh
>>>> 4. tekan CTRL panah ke atas ::: sampai di baris terakhir tabel
>>>> 5. tekan panah ke bawah 2 kali ::: sampai baris kosong kedua di
>>>> kolom tabel yang selalu terisi penuh
>>>> 6. [jika kolom pertama tabel bukan kolom yang selalu terisi penuh]
>>>> tekan CTRL panah kiri atau kanan sampai ke kolom pertama tabel
>>>>
>>>>
>>>> Jadi urutan copy paste template tanda tangan menjadi :
>>>> >> blok area template tanda tangan -> tekan CTRL C -> ikuti langkah 1
>>>> sampai 6 di atas -> tekan CTRL V
>>>>
>>>>
>>>> Wassalamu'alaikum wr wb
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2017-01-31 18:37 GMT+07:00 rubi anto rubiantoxx@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Assalamu'alaikum.....
>>>>>
>>>>> Para master excel.....
>>>>>
>>>>> Saya sedang belajar membuat data laporan pembayaran dengan advanced
>>>>> filter macro,tetapi ada kendala....
>>>>> kolom untuk tanda tangannya selalu saja hilang jika saya klik button
>>>>> filter....
>>>>>
>>>>> Bagaimanakah caranya agar kolom tanda tangan itu tidak hilang dan
>>>>> selalu berada di bawah tabel data jika data bertambah atau berkurang....
>>>>>
>>>>> Terimakasih sebelumnya atas bantuan para guru.....
>>>>> (File terlampir)
>>>>>
>>>>> salam
>>>>> Rubi
>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Mon Feb 6, 2017 9:29 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Yudha,

Coba pakai proses copy paste special.
Worksheets("database").Range("a1:c100").copy
Worksheets("data").Range("a1").pastespecial xlpastevaluesandnumberformats

Regards,
Kid

On Wed, Jan 11, 2017 at 5:57 PM, cahayaoptikmandiri
cahayaoptikmandiri@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Sore master,
> Mau nanya dong..
> Kenapa format tanggal bisa berubah setelah melalui proses copy..
> Sebelumnya formatnya adalah Sep-16 setelah dicopy ( antar sheet )melalui
> proses vba kok jadi 16/09/16..adapun rumus di cell yg mau di copy adalah
> =IF(D1=0;"";TEXT(D1;"mmm-yy"))
>
> Script di modulnya:
> Sub copy()
> Worksheets("data").Range("a1:c100")=Whorksheets("database&quot;).Range("a1:c100").
> Value
> End Sub
>
> Herannya yg berubah kok cuma bln april sama september
> Setingan komp indo..
>
> Terimakasih
>
> Yudha
>
>
>

Mon Feb 6, 2017 9:48 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Coba di-hide manual saja baris-baris yang tidak pernah diperlukan untuk
di-print. Bila perlu, hapus saja.
Jadi, kalau print selalu maksimal 8 baris, maka buang atau hide baris ke-9
dan seterusnya.

Berbeda lagi ceritanya jika yang di-print selalu minimal 8. Untuk hal
seperti ini, buatlah kolom bantu di baris-baris yang akan di-print, tetapi
terpisah dengan tabel-tabel yang akan di-print. Contoh, area print di A:K,
maka buatlah kolom bantu itu di M misalnya (jangan di L, karena L akan
bersambung dengan area print A:K).
Pada kolom bantu itu, buatlah formula yang menunjukkan jika baris di-print
ada isinya, beri nilai 1. Kalau baris di-print tidak ada isinya, cek lagi,
jika nomor record baris print yang tidak ada isinya itu tidak lebih dari 8
(karena minimal 8), maka beri nilai 1, kalau selain kondisi tersebut, beri
nilai 0.

Kemudian, pada prosedur print :
A. tepat sesaat sebelum proses printout atau printpreview, tambahkan baris
kode yang memproses hal berikut secara berurutan :
1. turn off autofilter di sheet tersebut
2. lakukan autofilter pada area range kolom bantu tadi, untuk yang bernilai
1

B. tepat sesaat setelah proses printout atau printpreview, tambahkan baris
kode yang memproses hal berikut secara berurutan :
1. turn off autofilter di sheet tersebut

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2016-12-22 15:09 GMT+07:00 Lazuardi Biru lazuardi_biru84@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> asalamualaikum wr.wb
> to.
> rekan be excel.
> saya coba buat faktur dengan makro yang di share di milis ini tapi masih
> terkendala ketika mau print,
> pengenya sisa baris yang kosong bisa dihiden.
> untuk jelasnya file terlampir.
>
>
> wasalam
>
> lb
>
>
>
>
>

Mon Feb 6, 2017 11:08 pm (PST) . Posted by:

"rama wibi" ibianconero

siang teman-teman di belajar excel,
saya ingin bantuan dari teman-teman sekalian, saya sedang mengerjakan raport sederhana ditempat saya mengajar, ada kendala yang saya alami perihal penggunaan komen deskripsi pada mata pelajaran Agama.
1. pada tab raport deskripsi mata pelajaran agama berbeda antara agama islam, kristen, katolik, hindu dan budha. Jadi saat pergantian nama yang sesuai dengan agamanya, maka deskripsi (pengetahuan dan keterampilan)nya akan berubah juga sesuai agama si anak.

2. apakah referensi formulanya melalui tab data siswa yang tertera agama si anak??
3. setiap kelas, masing-masing anak yang berbeda agama tidak sama nomor urutnya dengan yang ada di file terlampir, jadi formula tersebut dapat di gunakan untuk banyak kelas dengan posisi anak yang berbeda agama.
mohon pencerahannya untuk teman-teman di belajar excel, agar raport ini bisa digunakan.
 *************
best regards
Rama Wibi
+628176889178

Mon Feb 6, 2017 11:22 pm (PST) . Posted by:

"M.Ade Alfarid" aderyo

Dear Pak Rama,

Isi deskripsi itu berdasarkan apa?

Bisakah contoh hasilnya ditampilkan?

ade

*From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]

*Sent:* Tuesday, February 7, 2017 1:52 PM
*To:* belajar-excel@yahoogroups.com
*Subject:* [belajar-excel] tanya formula gabungan untuk komen deskripsi
raport [1 Attachment]

siang teman-teman di belajar excel,

saya ingin bantuan dari teman-teman sekalian, saya sedang mengerjakan
raport sederhana ditempat saya mengajar, ada kendala yang saya alami
perihal penggunaan komen deskripsi pada mata pelajaran Agama.

1. pada tab raport deskripsi mata pelajaran agama berbeda antara agama
islam, kristen, katolik, hindu dan budha. Jadi saat pergantian nama yang
sesuai dengan agamanya, maka deskripsi (pengetahuan dan keterampilan)nya
akan berubah juga sesuai agama si anak.

2. apakah referensi formulanya melalui tab data siswa yang tertera agama si
anak??

3. setiap kelas, masing-masing anak yang berbeda agama tidak sama nomor
urutnya dengan yang ada di file terlampir, jadi formula tersebut dapat di
gunakan untuk banyak kelas dengan posisi anak yang berbeda agama.

mohon pencerahannya untuk teman-teman di belajar excel, agar raport ini
bisa digunakan.

*************
*best regards*

*Rama Wibi+628176889178*

Tue Feb 7, 2017 12:43 am (PST) . Posted by:

"rama wibi" ibianconero

hay pak Ade,
isi deskripsi berdasarkan kompetensi dasar dari masing2 mata pelajaran pak, kl untuk matpel lain tidak masalah pak karena semua anak deskripsinya sama dr masing2 matpel.
yang jadi kendala di matpel agama, karena agamanya siswa ada 5 di sekolah kami, jadi saat pemanggilan anak yang beragama islam deskripsi komennya akan muncul yg agama islam, begitupun selain agama islam.
dan bisa digunakan untuk banyak kelas, dimana posisi no urut anak yang beragama selain islam tidak sama.
 *************
best regards
Rama Wibi
+628176889178

On Tuesday, February 7, 2017 2:22 PM, "'M.Ade Alfarid' QA@kkmi.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


  Dear Pak Rama, Isi deskripsi itu berdasarkan apa?Bisakah contoh hasilnya ditampilkan? ade From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, February 7, 2017 1:52 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] tanya formula gabungan untuk komen deskripsi raport [1 Attachment]   siang teman-teman di belajar excel, saya ingin bantuan dari teman-teman sekalian, saya sedang mengerjakan raport sederhana ditempat saya mengajar, ada kendala yang saya alami perihal penggunaan komen deskripsi pada mata pelajaran Agama. 1. pada tab raport deskripsi mata pelajaran agama berbeda antara agama islam, kristen, katolik, hindu dan budha. Jadi saat pergantian nama yang sesuai dengan agamanya, maka deskripsi (pengetahuan dan keterampilan)nya akan berubah juga sesuai agama si anak. 2. apakah referensi formulanya melalui tab data siswa yang tertera agama si anak?? 3. setiap kelas, masing-masing anak yang berbeda agama tidak sama nomor urutnya dengan yang ada di file terlampir, jadi formula tersebut dapat di gunakan untuk banyak kelas dengan posisi anak yang berbeda agama. mohon pencerahannya untuk teman-teman di belajar excel, agar raport ini bisa digunakan. *************
best regards
Rama Wibi
+628176889178 #yiv0351603331 #yiv0351603331 -- #yiv0351603331ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mkp #yiv0351603331hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mkp #yiv0351603331ads {margin-bottom:10px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mkp .yiv0351603331ad {padding:0 0;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mkp .yiv0351603331ad p {margin:0;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mkp .yiv0351603331ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-sponsor #yiv0351603331ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-sponsor #yiv0351603331ygrp-lc #yiv0351603331hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-sponsor #yiv0351603331ygrp-lc .yiv0351603331ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv0351603331 #yiv0351603331actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv0351603331 #yiv0351603331activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331activity span {font-weight:700;}#yiv0351603331 #yiv0351603331activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv0351603331 #yiv0351603331activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv0351603331 #yiv0351603331activity span span {color:#ff7900;}#yiv0351603331 #yiv0351603331activity span .yiv0351603331underline {text-decoration:underline;}#yiv0351603331 .yiv0351603331attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv0351603331 .yiv0351603331attach div a {text-decoration:none;}#yiv0351603331 .yiv0351603331attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv0351603331 .yiv0351603331attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv0351603331 .yiv0351603331attach label a {text-decoration:none;}#yiv0351603331 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv0351603331 .yiv0351603331bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv0351603331 .yiv0351603331bold a {text-decoration:none;}#yiv0351603331 dd.yiv0351603331last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0351603331 dd.yiv0351603331last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0351603331 dd.yiv0351603331last p span.yiv0351603331yshortcuts {margin-right:0;}#yiv0351603331 div.yiv0351603331attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv0351603331 div.yiv0351603331attach-table {width:400px;}#yiv0351603331 div.yiv0351603331file-title a, #yiv0351603331 div.yiv0351603331file-title a:active, #yiv0351603331 div.yiv0351603331file-title a:hover, #yiv0351603331 div.yiv0351603331file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0351603331 div.yiv0351603331photo-title a, #yiv0351603331 div.yiv0351603331photo-title a:active, #yiv0351603331 div.yiv0351603331photo-title a:hover, #yiv0351603331 div.yiv0351603331photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0351603331 div#yiv0351603331ygrp-mlmsg #yiv0351603331ygrp-msg p a span.yiv0351603331yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv0351603331 .yiv0351603331green {color:#628c2a;}#yiv0351603331 .yiv0351603331MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv0351603331 o {font-size:0;}#yiv0351603331 #yiv0351603331photos div {float:left;width:72px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331reco-category {font-size:77%;}#yiv0351603331 #yiv0351603331reco-desc {font-size:77%;}#yiv0351603331 .yiv0351603331replbq {margin:4px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mlmsg select, #yiv0351603331 input, #yiv0351603331 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mlmsg pre, #yiv0351603331 code {font:115% monospace;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-mlmsg #yiv0351603331logo {padding-bottom:10px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-msg p#yiv0351603331attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-reco #yiv0351603331reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-sponsor #yiv0351603331ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-sponsor #yiv0351603331ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-sponsor #yiv0351603331ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv0351603331 #yiv0351603331ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv0351603331

============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar