Senin, 25 Juli 2011

[belajar-excel] Digest Number 1265

Milis Belajar Microsoft Excel

Messages In This Digest (23 Messages)

Messages

1a.

Re: Menghilangkan tanda #N/A (hasil dari rumus) dan memberi warna Te

Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com   summonery

Sun Jul 24, 2011 12:49 am (PDT)




sekedar menambahkan,
perlu kiranya diketahui oleh setiap pengguna COUNTIF sebelum
menggunakannya untuk tujuan mencegah munculnya message error #N/A, bahwa
VLOOKUP menganggap angka 1 bertipe Text dibandingkan dengan angka 1
bertipe Number merupakan nilai yang berbeda, sedangkan COUNTIF
menganggap nilai tersebut sama.

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "STDEV(i)" <setiyowati.devi@...>
wrote:
>
> tepatnya 'MENCEGAH MUNCULNYA MESSAGE ERROR #N/A!
>
> sebaiknya di ketahui dulu (dibaca baca dari help excel dan buku-buku)
arti
> error #N/A! itu apa; yaitu kira-kira jika rujukan yg memerlukan suatu
nilai
> tetapi
> nilai yg diperlukan = TIDAK ADA
>
> =Vlookup("KudaGigitBesi",A1:B100",2,FALSE)
> jika di A1:A100 tidak ada data "KudaGigitBesi", maka hasil VLookup =
Error
> #N/A!
> (=value Not Available)
>
> Sebetulnya #N/A itu adalah juga data (Error Value) yg valid yaitu
> menunjukkan bahwa
> nilai yg dicari = tidak ada; tetapi orang sudah salah kaprah bahwa
munculnya
> #N/A
> dianggap TABU !
>
> Mencegah munculnya ErrorValue ada beberapa cara, antara lain
> misal di validasi dengan fungsi IF, di validasi dengan konditional
> formatting
>
> = *IF(COUNTIF(A1:B100,"KudaGigitBesi)*,VLOOKUP( bla bla bla),* ""*)
>
>
> Pertanyaan lain sebenarnya sudah dijawab oelh Mr Kid,
> Sheet lampiran hanya ingin mempraktekkan saja..
> (Custom Number formatting, Conditional Formatting)
>
> Oioya,.. melihat 'jenis pertanyaannya", dapat diduga bahwa Harry
Potter
> saat ini belum sempat pegang satu buku standar panduan pengoperasian
Excel..
> Mudah mudahan benar, sebab kalau tebakan ini salah, berarti buku yg
ada
> tidak dibaca.. (maaf, siti sok jadi dukun.. he he he)
>
>
>
>
> 2011/7/23 Hariansyah hariansyahptk@...
>
> > **
> > Mohon informasi rumus dan caranya akan pertanyaan saya sbb:
> > 1. Bagamana cara menghilangkan tanda #N/A dari rumus yang kita
buat...???
> > 2. Bagaimana cara memberi warna Text sebagaimana contoh terlampir.
> > Terima kasih,
> > Harry
> >
> >
> >
>

2a.

Bls: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sun Jul 24, 2011 1:19 am (PDT)



coba juga formula array
{=IF(SUM(COUNTIF($C5:$G5;$C5:$G5))-5>1;"BENTROK";"")}

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Ming, 24/7/11, Stein Berg <steinberg1302@gmail.com> menulis:

Dari: Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>
Judul: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 24 Juli, 2011, 12:48 PM

 

Slam be Excel,
Mohon bantuan pada semuanya tentang cara menandai jadwal yang bentrok seperti contoh terlampir.

Terimakasih,
Regard, StBerg

3a.

Re: menandai jadwal yang bentrok

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Jul 24, 2011 2:37 am (PDT)



*mau dapat 3 ??*

begini,
apa yg diinginkan, kan HANYA memberi tanda kalau SUDAH TERJADI adanya
"bentrok", trok.. trok.. trok !
(that is = Pengajar yg sama diberi jadwal di LEBIH DARI SATU KELAS pada
JAM PELAJARAN YG SAMA);
Atau bahasa excelnya: ada data kembar di baris Cn:Gn. (kelas A s/d kelas E)

Kita juga dapat MENCEGAH terjadinya data kembar di baris Cn:Gn, dengan
fitur yg oleh Excel disebut sebagai Data Validation (type Custom),

* Select/Blok: Range C5:G100 (boleh diperpanjang)
* di Ribbon, Aktifkan Tab Data > lihat di Group: Data Tool > Klik Data
Validation
* pilih Allow : CUSTOM
* isikan pada kotak FORMULA : * =COUNTIF($C5:$G5,C5)<=1*

[image: validasi cegah bentrok.PNG]

dengan telah diberi* susuk *seperti itu di baris Cn:Cn dari baris 5 sampai
100
insyaallah, akan menolak jika diketikkan data kembar dlm baris yg sama.

Bgmana nasib Data kembar yg sudah terlanjur ada sebelum susuk dipasang ??
( ya dicuekin saja... )

~siti

2011/7/24 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>

> **
>
> Ini namanya minta satu dapat dua, ada bonusnya lagi. Sudah saya coba
> semuanya dan berhasil semuanya.
> Terimakasih banyak Mr. Kid saya akan lanjutkan pekerjaan saya.
>
> Salam Be-Excel.
> StBerg.
>
> Pada 24 Juli 2011 13:39, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
>> Hai Stein,
>> Coba dengan formula dasar :
>> =*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
>> Hasil berupa nilai status. Jika > 0 maka bentrok.
>> Teks bisa diatur dengan Format Cell Number Custom "bentrok";;
>>
>> Jika ingin menampilkan teks secara langsung melalui formula :
>> =IF( *SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *, "bentrok" , "" )
>>
>> Warna dengan fitur Conditional Formatting.
>>
>> Regards.
>> Kid.
>>
>>
3b.

Re: menandai jadwal yang bentrok

Posted by: "Stein Berg" steinberg1302@gmail.com   steinberg1302

Sun Jul 24, 2011 9:26 pm (PDT)



Terimakasih
Mas Ghozi dan Mbak Siti
Saya jadi dapet 3 Plus plus plus...

Be-Excel,
Regard StBerg.

Pada 24 Juli 2011 16:36, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> *mau dapat 3 ??*
>
> begini,
> apa yg diinginkan, kan HANYA memberi tanda kalau SUDAH TERJADI adanya
> "bentrok", trok.. trok.. trok !
> (that is = Pengajar yg sama diberi jadwal di LEBIH DARI SATU KELAS pada
> JAM PELAJARAN YG SAMA);
> Atau bahasa excelnya: ada data kembar di baris Cn:Gn. (kelas A s/d kelas
> E)
>
> Kita juga dapat MENCEGAH terjadinya data kembar di baris Cn:Gn, dengan
> fitur yg oleh Excel disebut sebagai Data Validation (type Custom),
>
> * Select/Blok: Range C5:G100 (boleh diperpanjang)
> * di Ribbon, Aktifkan Tab Data > lihat di Group: Data Tool > Klik Data
> Validation
> * pilih Allow : CUSTOM
> * isikan pada kotak FORMULA : * =COUNTIF($C5:$G5,C5)<=1*
>
> [image: validasi cegah bentrok.PNG]
>
> dengan telah diberi* susuk *seperti itu di baris Cn:Cn dari baris 5 sampai
> 100
> insyaallah, akan menolak jika diketikkan data kembar dlm baris yg sama.
>
> Bgmana nasib Data kembar yg sudah terlanjur ada sebelum susuk dipasang ??
> ( ya dicuekin saja... )
>
>
> ~siti
>
>
>
> 2011/7/24 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>
>
>> **
>>
>> Ini namanya minta satu dapat dua, ada bonusnya lagi. Sudah saya coba
>> semuanya dan berhasil semuanya.
>> Terimakasih banyak Mr. Kid saya akan lanjutkan pekerjaan saya.
>>
>> Salam Be-Excel.
>> StBerg.
>>
>> Pada 24 Juli 2011 13:39, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>
>>> Hai Stein,
>>> Coba dengan formula dasar :
>>> =*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
>>> Hasil berupa nilai status. Jika > 0 maka bentrok.
>>> Teks bisa diatur dengan Format Cell Number Custom "bentrok";;
>>>
>>> Jika ingin menampilkan teks secara langsung melalui formula :
>>> =IF( *SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *, "bentrok" , "" )
>>>
>>> Warna dengan fitur Conditional Formatting.
>>>
>>> Regards.
>>> Kid.
>>>
>>>
>
3c.

Re: menandai jadwal yang bentrok

Posted by: "Stein Berg" steinberg1302@gmail.com   steinberg1302

Sun Jul 24, 2011 10:06 pm (PDT)



Mr, Kid ...
Semua rumus memang sudah bisa, tapi saya masih penasaran dengan arti (Bahasa
Manusianya) dari
=*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) gimana?*

Seperti, =IF(c5=7,"tujuh","bukan tujuh")
artinya, jika sel c5 berisi 7 maka tulis "tujuh" kalo tidak tulis "bukan
tujuh"
Nah kalo yang atas gimana?

Regard, StBerg.

Pada 24 Juli 2011 13:39, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Hai Stein,
>
> Coba dengan formula dasar :
> =*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
> Hasil berupa nilai status. Jika > 0 maka bentrok.
> Teks bisa diatur dengan Format Cell Number Custom "bentrok";;
>
> Jika ingin menampilkan teks secara langsung melalui formula :
> =IF( *SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *, "bentrok" , "" )
>
> Warna dengan fitur Conditional Formatting.
>
> Regards.
> Kid.
>
>
> 2011/7/24 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Slam be Excel,
>> Mohon bantuan pada semuanya tentang cara menandai jadwal yang bentrok
>> seperti contoh terlampir.
>>
>> Terimakasih,
>> Regard, StBerg
>>
>>
>
>
4a.

condisional formatting maximalnya berapa

Posted by: "Bachelor Ard" bachelor_ard@yahoo.com   bachelor_ard

Sun Jul 24, 2011 2:41 am (PDT)



dear all...

mau nanya nich....
penggunaan conditional formatting maksimalnya hanya 3 kah...
kalau tidak,... gmn cara memanfaatkan sebanyak mungkin ?
kalau ya,... adakah jurus untk memperbanyak..? mohon penjelasanya...!
cattn: saya menggunakan Ms-Off 2003
maaf kalau pertanyaan saya, mungkin hal sepeleh bagi kebanyakan orang

terima kasih sebelumnya
4b.

Re: condisional formatting maximalnya berapa

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Sun Jul 24, 2011 4:05 am (PDT)



Excel Specification and Limits

* *

*FITUR*

*Excel 2003*

*Excel 2007*

Number of rows

65,536

1,048,576

Number of columns

256

16,384

Amount of memory used

1 Gbytes

Max allowed by Windows

Number of colors

56

4.3 billion

* *

*Number of conditional formats per cell*

*3*

*Unlimited*

Number of levels of sorting

3

64

Number of levels of undo

16

100

Number of items shown in the Auto-Filter dropdown

1,000

10,000

The total number of characters that can display in a cell

1,000

32,000

Number of unique styles in a workbook

4,000

64,000

Maximum number of characters in a formula

1,000

8,000

Number of levels of nesting in a formula

7

64

Maximum number of function arguments

30

255

Maximum number of function arguments

30

255

2011/7/24 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>
>
> dear all...
> mau nanya nich....
> penggunaan conditional formatting maksimalnya hanya 3 kah...
> kalau tidak,... gmn cara memanfaatkan sebanyak mungkin ?
> kalau ya,... adakah jurus untk memperbanyak..? mohon penjelasanya...!
> cattn: saya menggunakan Ms-Off 2003
> maaf kalau pertanyaan saya, mungkin hal sepeleh bagi kebanyakan orang
> terima kasih sebelumnya
4c.

Re: condisional formatting maximalnya berapa

Posted by: "Bachelor Ard" bachelor_ard@yahoo.com   bachelor_ard

Sun Jul 24, 2011 9:15 pm (PDT)



Terima kasih atas infonya..!

________________________________
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sun, July 24, 2011 7:05:30 PM
Subject: Re: [belajar-excel] condisional formatting maximalnya berapa

Excel Specification and Limits

FITUR Excel 2003 Excel 2007
Number of rows 65,536 1,048,576
Number of columns 256 16,384
Amount of memory used 1 Gbytes Max allowed by Windows
Number of colors 56 4.3 billion
Number of conditional formats per cell 3 Unlimited
Number of levels of sorting 3 64
Number of levels of undo 16 100
Number of items shown in the Auto-Filter dropdown 1,000 10,000
The total number of characters that can display in a cell 1,000 32,000
Number of unique styles in a workbook 4,000 64,000
Maximum number of characters in a formula 1,000 8,000
Number of levels of nesting in a formula 7 64
Maximum number of function arguments 30 255
Maximum number of function arguments 30 255

2011/7/24 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>
>
> dear all...
> mau nanya nich....
> penggunaan conditional formatting maksimalnya hanya 3 kah...
> kalau tidak,... gmn cara memanfaatkan sebanyak mungkin ?
> kalau ya,... adakah jurus untk memperbanyak..? mohon penjelasanya...!
> cattn: saya menggunakan Ms-Off 2003
> maaf kalau pertanyaan saya, mungkin hal sepeleh bagi kebanyakan orang
> terima kasih sebelumnya

5a.

Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F

Posted by: "Hariansyah" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Sun Jul 24, 2011 8:25 am (PDT)



Bagaimana menambah Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F...???
Terima kasih.
5b.

Re: Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F

Posted by: "HerrSoe" herrsoe@gmail.com   herrsoe

Sun Jul 24, 2011 4:54 pm (PDT)



*Excel 2003*
*
*
*menambah command button*

*Button dari ToolBar Form*
aktifkan toolbar form (menu view > toolbars > FORM)
[image: FORM toolbar.PNG]
klik Aikon "Button" yg ada pada toolbar tsb
Goreskan ujung mouse pointer (yg saat itu sedang berubah menjadi tanda +)
ke sheet, dlm bentuk pesegi, Selesai !!

( Button tidak punya Mode kapan didesign kapan siap dipakai )

*CommandaButton dari ToolBat ControlToolBox / Active-X control*
*
*
Sama dengan langkah di atas, berbeda di toolbar yg aktifkan = Control
ToolBox

*** Button* menurut pendapatku hanya sebuah gambar. Dan sbg sebuah gambar
(seperti
gambar / shape lain) ia dapat diassign untuk menjalankan makro

Object Control (object untuk mempengaruhi) sesuatu nilai di cell / sheet)
jenis ini
propertynya sangat minim, tidak punya methods apalagi Events
Caba saja anda usahakan mewarnai Button di luar warna aslinya), juga carilah
cara
untuk mengganti ukuran maupun jenis font nya.

*** CommandButton* (termasuk type Active-X Controls) kaya akan property,
method
dan Event sehingga lebih mudah "diprogram"

Command Button (sbg keluarga activeX control) punya 2 Mode:
* Design mode / mode "saat didesign" (di setting propertiesnya ), saat itu
si control
tidak aktif, belum dapat dioperasikan sesuai tujuannya
* mode siap / (di sononya tertulis 'Exit DesignMode'), saat itu si control
telah siap
menjalankan aksinya
*batas *kedua mode ini adalah dengan mengklik Ikon "Garisan Biru" yg ada
pada toolbar
Control ToolBox.
[image: Control TooBox 2003.PNG]

*Tool Control + F*
Tentunya yg anda maksud adalah shortcut Control F SEBELUM workbook
diubah-ubah
shortcutnya

Catatan: kita dapat membuat tool sendiri (misal dengan makro) dan kemudian
di set
agar makro terpanggil dengan Ctrl + F.
Artinya TOOL / FITUR yg diaktifkan dgn Ctrl + F yg anda maksud, belum tentu
TOOL
yang sama dengan milik orang lain (di komputer / excel /workbook ) lain.

Karena anda hanya menyebut Ctrl + F, kita anggap Ctrl + F* sebelum *diganti,
yaitu
mengaktifkan metoda FIND (menu : Edit > Find...)

Selain commandbutton, tambahkan 1 TextBox yg akan kita pakai sebagai tempat
menuliskan kriteria (find what) nya..
Command Button yg telah di-instanciated ke worksheet tadi dapat anda klik
kanan,
pilih menu View Code

Tuliskan VBA codingnya di module sheet beradanya Control tsb.
(makro yg beberapa minggu y.l. dibuat oleh mbak Haps, saya hanya
menambahkan
TextBox sbg tempat kriteria dituliskan)

Private Sub CommandButton1_Click()
Dim xCell As Range

Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _
After:=ActiveCell, LookIn:=xlFormulas, _
LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
SearchDirection:=xlNext, _
MatchCase:=False, SearchFormat:=False)

If Not xCell Is Nothing Then
xCell.Activate
Range("I2") = xCell.Address(0, 0)
Else
Range("I2") = ""
MsgBox "ndak ada !", vbExclamation, "Hasil Pencarian"
End If

End Sub

Jawaban ini hanya* hasil dari mengira-kira maksud* yg ditanyakan;
karena "terus terang" bagi saya pertanyaan tsb terlalu singkat
(malas menjelaskan maksud, tanpa lampiran pendukung yg mempermudah pemahanan
bagi orang lain)
antara lain ada dua hal besar digabung dlm satu kalimat pertanyaan
pendek, sehingga
banyak hal yg "delik" nya tidak jelas...
maaf....

2011/7/24 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>
> *Bagaimana menambah Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F...*???
> Terima kasih.
5c.

Re: Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jul 24, 2011 6:04 pm (PDT)



Hai Hari,

Untuk menambah control object telah dijelaskan oleh mas HerrSoe.
Untuk melakukan pencarian suatu data yang sering dengan shortcut Ctrl F,
pada event klik si command button bisa diisi :

'untuk sekedar find, munculkan dialog find
application.dialogs( xldialogformulafind ).show

'untuk find dan replace, munculkan dialog replace
application.dialogs( xldialogformulareplace ).show

Silakan pilih pada intellisense yang muncul yang sesuai kebutuhan. Cara
diatas banyak dibilang gak keren, karena cuma pake apa yang dimiliki Excel
dengan tampilan seadanya.
Tampilankan hanya selera. Kalau mau yang sesuai style masing-masing, maka
silakan bersibuk ria ngurusin tamoilan masing-masing.

Kid.

2011/7/24 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Bagaimana menambah Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F...???
> Terima kasih.
>
>
>
>
5d.

Re: Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F

Posted by: "arafir syah" arafirsyah@hotmail.com

Sun Jul 24, 2011 9:53 pm (PDT)




pas sekali dari milis ini menanyakan mengenai pencarian menggunakan commandbutton, dan juga terimakasih Mas herrsoe..
jika kita ingin mengetahui ada beberapa text yang sedang dicari?

terima kasih,

Arafir Syah

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: herrsoe@gmail.com
Date: Mon, 25 Jul 2011 06:53:42 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F

Excel 2003

menambah command button

Button dari ToolBar Formaktifkan toolbar form (menu view > toolbars > FORM)

klik Aikon "Button" yg ada pada toolbar tsb

Goreskan ujung mouse pointer (yg saat itu sedang berubah menjadi tanda +) ke sheet, dlm bentuk pesegi, Selesai !!

( Button tidak punya Mode kapan didesign kapan siap dipakai )

CommandaButton dari ToolBat ControlToolBox / Active-X control

Sama dengan langkah di atas, berbeda di toolbar yg aktifkan = Control ToolBox

** Button menurut pendapatku hanya sebuah gambar. Dan sbg sebuah gambar (seperti

gambar / shape lain) ia dapat diassign untuk menjalankan makro

Object Control (object untuk mempengaruhi) sesuatu nilai di cell / sheet) jenis inipropertynya sangat minim, tidak punya methods apalagi Events

Caba saja anda usahakan mewarnai Button di luar warna aslinya), juga carilah cara untuk mengganti ukuran maupun jenis font nya.

** CommandButton (termasuk type Active-X Controls) kaya akan property, method

dan Event sehingga lebih mudah "diprogram"

Command Button (sbg keluarga activeX control) punya 2 Mode: * Design mode / mode "saat didesign" (di setting propertiesnya ), saat itu si control

tidak aktif, belum dapat dioperasikan sesuai tujuannya* mode siap / (di sononya tertulis 'Exit DesignMode'), saat itu si control telah siap

menjalankan aksinyabatas kedua mode ini adalah dengan mengklik Ikon "Garisan Biru" yg ada pada toolbar

Control ToolBox.

Tool Control + F

Tentunya yg anda maksud adalah shortcut Control F SEBELUM workbook diubah-ubah shortcutnya

Catatan: kita dapat membuat tool sendiri (misal dengan makro) dan kemudian di set

agar makro terpanggil dengan Ctrl + F. Artinya TOOL / FITUR yg diaktifkan dgn Ctrl + F yg anda maksud, belum tentu TOOL

yang sama dengan milik orang lain (di komputer / excel /workbook ) lain.

Karena anda hanya menyebut Ctrl + F, kita anggap Ctrl + F sebelum diganti, yaitu mengaktifkan metoda FIND (menu : Edit > Find...)

Selain commandbutton, tambahkan 1 TextBox yg akan kita pakai sebagai tempat

menuliskan kriteria (find what) nya..Command Button yg telah di-instanciated ke worksheet tadi dapat anda klik kanan,

pilih menu View Code
Tuliskan VBA codingnya di module sheet beradanya Control tsb.

(makro yg beberapa minggu y.l. dibuat oleh mbak Haps, saya hanya menambahkan TextBox sbg tempat kriteria dituliskan)

Private Sub CommandButton1_Click() Dim xCell As Range

Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _

After:=ActiveCell, LookIn:=xlFormulas, _ LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _

SearchDirection:=xlNext, _ MatchCase:=False, SearchFormat:=False)

If Not xCell Is Nothing Then

xCell.Activate Range("I2") = xCell.Address(0, 0)

Else Range("I2") = ""

MsgBox "ndak ada !", vbExclamation, "Hasil Pencarian" End If

End Sub

Jawaban ini hanya hasil dari mengira-kira maksud yg ditanyakan;

karena "terus terang" bagi saya pertanyaan tsb terlalu singkat (malas menjelaskan maksud, tanpa lampiran pendukung yg mempermudah pemahanan bagi orang lain)

antara lain ada dua hal besar digabung dlm satu kalimat pertanyaan pendek, sehingga banyak hal yg "delik" nya tidak jelas...

maaf....

2011/7/24 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>
> Bagaimana menambah Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F...???

> Terima kasih.

5e.

Re: Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Jul 24, 2011 10:29 pm (PDT)



sementara HerrSoe sedang mudik "ndeso"...

untuk menghitung banyaknya data tertentu dalam Range tertentu
tidak perlu pakai makro, cukup dengan formula yg memanfaatkan fungsi COUNTIF

dicoba ya pak

1.
nilai textbox direkayasa agar diCerminkan ke sebuah cell (agar dapat
dilibatkan dlm rumus)
klik ikon Design Mode
Klik-Kanan Object TextBox1 > pada menu yg muncul pilih : Properties
cari property LInked Cell, isi dengan D2

[image: Linked Cell.GIF]

2
setelah kita punya nilai data yg akan dicari (kriteria) di sebuah cell
maka mencari nya lebih mudah

tulis rumus ini di cell mana saja (diluar range berdata) misalnya di cell *
L2*
*=COUNTIF($C$4:$O$37,D2)*

rumus ini akan selalu menunjukkan *banyaknya data seperti di TextBox1*
(yg sekarang sudah di Linked ke cell D2); *daerah pencarian C4:O37*

semoga tidak terlalu jauh dengan yg dikehendaki

siti

2011/7/25 arafir syah <arafirsyah@hotmail.com>

> **
>
>
> pas sekali dari milis ini menanyakan mengenai pencarian menggunakan
> commandbutton, dan juga terimakasih Mas herrsoe..
> jika kita ingin mengetahui ada beberapa text yang sedang dicari?
>
> terima kasih,
>
> Arafir Syah
>
>

> ------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: herrsoe@gmail.com
> Date: Mon, 25 Jul 2011 06:53:42 +0700
> Subject: Re: [belajar-excel] Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F
>
>
> *Excel 2003*
> *
> *
> *menambah command button*
>
> *Button dari ToolBar Form*
>
> *CommandaButton dari ToolBat ControlToolBox / Active-X control*
> *
> *
>
> *Tool Control + F*
>
> Private Sub CommandButton1_Click()
>
> End Sub
>
> Jawaban ini hanya* hasil dari mengira-kira maksud* yg ditanyakan;
> karena "terus terang" bagi saya pertanyaan tsb terlalu singkat
> (malas menjelaskan maksud, tanpa lampiran pendukung yg mempermudah
> pemahanan bagi orang lain)
> antara lain ada dua hal besar digabung dlm satu kalimat pertanyaan
> pendek, sehingga
> banyak hal yg "delik" nya tidak jelas...
> maaf....
>
>
> 2011/7/24 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>
> > *Bagaimana menambah Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F...*???
> > Terima kasih.
>
>
6a.

Proteksi FormsCommandButton

Posted by: "Hariansyah" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Sun Jul 24, 2011 8:26 am (PDT)



Untuk teman-2 yang sudah sangat mengerti dan pahan Excel, mohon informasi cara untuk memproteksi FormsCommandButton yang telah kita buat agar tidak bisa di hapus oleh user yang tidak berkepentingan...???

Terima kasih atas berkenannya.

Regards,

Hary
6b.

Re: Proteksi FormsCommandButton

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jul 24, 2011 8:28 am (PDT)



Coba sheetnya diprotect.

Kid.

2011/7/24 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Untuk teman-2 yang sudah sangat mengerti dan pahan Excel, mohon informasi
> cara untuk memproteksi FormsCommandButton yang telah kita buat agar tidak
> bisa di hapus oleh user yang tidak berkepentingan...???
>
> Terima kasih atas berkenannya.
>
> Regards,
>
> Hary
>
>
>
7a.

Re: Membuat result menjadi daftar isian

Posted by: "Ratno Hadi Suswanto" rh_suswanto@hotmail.com   rattip25

Sun Jul 24, 2011 9:15 am (PDT)




Dear Mas,

Thank's alot sebelumnya.

Artinya daftar isian akan berubah setiap saat, jika result filter yang diperoleh berbeda.
Daftar isian yang diinginkan adalah hasil akumulasi filter yang pernah dilakukan dan disimpan.

Gampangnya setiap selesai melakukan suatu filter dengan kriteria tertentu, maka hasil filter tersebut kemudian diharapkan akan tersimpan dalam "daftar isian" dan akan terus bertambah setiap melakukan perubahan kriteria, mungkin dengan tombol "save" dengan basis macro misalnya.

Supaya tidak terjadi duplikasi, maka setiap selesai melakukan eksekusi "save", semua kriteria dan result filter di sheet "result" akan menjadi "blank".

Pls advise...

Salam,
RHDS

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: herrsoe@gmail.com
Date: Wed, 6 Jul 2011 14:04:38 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat result menjadi daftar isian

Dari kasus yg sering muncul akhirnya kami bisa ikut belajar menjawab,
mudah mudahan tidak terlalu banyak salahnya...

1. rumus filter / pencari Index-Baris yg cocok dengan kriteria, berupa array formula
yg ditulis sekaligus pada 39 baris sekolom

=SMALL(IF('DATA ASAL'!F2:F40=RESULT!E4,ROW(1:39)),ROW(1:39))

( untuk setiap nilai di kolom F (F2:F40 sheet ASAL) yg SAMA-DENGAN KRITERIA

diberi nilai URUTAN / INDEX nya (yg tidak SAMA, akan mendapat FALSE)

Hasilnya (berupa array) diurutkan dengan fungsi SMALL, mengakibatkan index

yg berupa angka mengumpul ke atas, yg tidak berupa angka (false) menajdi error NUM

mengumpul ke bawahAngkaIndexBaris yg terkumpul ke atas itulah yg nantinya dimanfaatkan untuk memanggil data.)

2. selain itu, rumus untuk menampilkan data terfilter, rumus biasa yg dapat dilihat langsung
di sheet 'RESAULT' / merujuk hasil rumus filter

3. di sheet 'DATA ISIAN' hanya sekedar merujuk saja, tidak ada kalkulasi.

2011/7/5 Ratno Hadi Suswanto <rh_suswanto@hotmail.com>

>> Dear Be-excelers...

> > Saya meminta bantuan teman-teman untuk menyelesaikan pekerjaan sebagai berikut :

> - Reference (sea 0270/11) adalah key dari result yang akan dimunculkan dalam sheet "result"> - Data result berasal dari sheet "data asal"

> - Data yang ada diresult nantinya akan tersimpan dalam sheet "data isian">

> Data yang dimunculkan dalam "result" dari "data asal" menggunakan fungsi, sedangkan memindakan "data result" ke "data isian" jika tidak memungkinkan memakai fungsi biasa, dengan makro juga tak mengapa, tetapi tidak terjadi duplikasi saat di "save" (setelah di "save", otomatis "result" akan clear)

> > Sorry terlalu banyak requirments.

> I really need your help "para pakars".>

> Thank's a lot and regards,> RHDS

8a.

MS Query dari File Excel yang Berbeda

Posted by: "zainul ulum [yahoo]" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Sun Jul 24, 2011 6:51 pm (PDT)



Teman be-excel,

Saya sedang membuat VBA untuk melakukan query dari file excel yang lain
menggunakan object QueryTable.

Terlampir code yang telah aku buat. Code berjalan saat aku coba melakukan
JOIN (penggabungan) dari dua table/sheet yang bersumber dari file excel yang
sama.

Mohon sharing dari rekan2 bagaimanakan melakukan JOIN dari dua table atau
lebih dimana sumbernya berasal dari file excel yang lain?

Terimakasih

-zainul-

----------

�========================
Sub QueryFromExcelFile(dbLocation As String, sSql As String, _
rgTarget As Range, strNamaTabel As String)

Dim strFileXls As String, strPathDB As String

strFileXls = dbLocation
strPathDB = strPath

Dim sConn As String
sConn = _
"ODBC;DSN=Excel Files;DBQ=" & strFileXls & ";" & _
"DefaultDir=" & strPathDB & ";" & _
"DriverId=1046;" & _
"MaxBufferSize=2048;PageTimeout=5;"

Dim oQt As QueryTable, shtTarget As Worksheet
Set shtTarget = rgTarget.Parent
'cek jika query table sudah ada
On Error Resume Next
Set oQt = shtTarget.QueryTables(strNamaTabel)
If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada
With oQt
.Connection = sConn
.Destination = rgTarget
.CommandText = sSql
.CommandType = xlCmdSql
End With
Else
Set oQt = rgTarget.Parent.QueryTables.Add( _
Connection:=sConn, _
Destination:=rgTarget, _
Sql:=sSql)
oQt.Name = strNamaTabel
Err.Number = 0
End If
oQt.Refresh
End Sub
�======================================
9a.

Re: Auto Sort ComboBox

Posted by: "Ridwan Rahman" ridwan7677@gmail.com   ridwan7677@ymail.com

Sun Jul 24, 2011 6:53 pm (PDT)



Terima kasih Mr.Kid atas solusinya yg mantap

Btw mau Tanya maksud dari

"With rngData

.Sort Key1:=.Resize(, 1), key2:=.Offset(, 4).Resize(, 1),
key3:=.Offset(, 8).Resize(, 1), Header:=xlYes"

Bahasa sederhananya apa y?

Mohon penjelasannya

Regards

Ridwan Rahman

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 23 Juli 2011 17:25
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Auto Sort ComboBox

Hai Ridwan,

range yang dimasukkan pada key sort merujuk ke sheet yang berbeda dengan
area sort.

coba manfaatkan penggunaan variabel ber-type object range

Regards.
Kid.

2011/7/23 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

Mohon bantuannya kepada rekan-rekan semuanya

Saya ada masalah dengan tombol refresh (combo box) yang saya buat (makro
saya dapat dari rekan milis)

Tapi muncul error, apa yang salah ya?

Mohon pencerahannya,

Regards

Ridwan Rahman

9b.

Re: Auto Sort ComboBox

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jul 24, 2011 7:13 pm (PDT)



Hai Ridwan,

With rngData ::
menyimpan pointer rngdata, sehingga object tersebut dapat digunakan tanpa
menuliskan lagi nama variabel objectnya. Jadi variabel object range bernama
rngData akan selalu diingat dan dapat digunakan tanpa menulis rngData sampai
hadirnya End With
hal seperti ini akan bermanfaat ketika penggunaan variabel object tersebut
sangat intensif. Pada script bawahnya, tampak bahwa penggunaan rngData
sangat intensif (4 x).

.Sort Key1:=.Resize(, 1), key2:=.Offset(, 4).Resize(, 1), key3:=.Offset(,
8).Resize(, 1), Header:=xlYes

Pada script di atas, ada beberapa methods yang tidak menyertakan nama
variabel objectnya, misal .Sort
Berarti methods sort yang digunakan adalah milik variabel rngData yang telah
dirujuk oleh With.

End With :: batas penggunaan pointer. Karena ada with rngData, maka end with
adalah batas penggunaan pointer rngData.

Sort :: methods untuk melakukan sort (dengan 3 key maksimal)
Untuk xl2003, maksimal memang 3 keys. Untuk xl2007 keatas, bisa lebih dari 3
keys, maka yang digunakan bukan lagi object range, tetapi object sheets.

Resize :: adalah mengatur dimensi range (jumlah baris , jumlah kolom)
Offset :: adalah merujuk ke suatu lokasi range dari suatu range rujukan,
berdasar jumlah baris lompat (relatif n barisnya) dan jumlah kolom lompat
(relatif m kolomnya)
Kedua methods ini seperti yang digunakan pada fungsi Offset.

Key1,key2,key3,header :: adalah input parameter dari methods sort.

Lihat di VBA Excel Help.
Kid.

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

> **
>
>
> Terima kasih Mr.Kid atas solusinya yg mantap****
>
> Btw mau Tanya maksud dari****
>
> �With rngData****
>
> .Sort Key1:=.Resize(, 1), key2:=.Offset(, 4).Resize(, 1),
> key3:=.Offset(, 8).Resize(, 1), Header:=xlYes�****
>
> Bahasa sederhananya apa y?****
>
> Mohon penjelasannya****
>
> Regards****
>
> Ridwan Rahman****
>
> ** **
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* 23 Juli 2011 17:25
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Auto Sort ComboBox****
>
> ** **
>
> ****
>
> Hai Ridwan,
>
> range yang dimasukkan pada key sort merujuk ke sheet yang berbeda dengan
> area sort.
>
> coba manfaatkan penggunaan variabel ber-type object range
>
> Regards.
> Kid.
>
> ****
>
> 2011/7/23 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>****
>
> ****
>
> Mohon bantuannya kepada rekan-rekan semuanya****
>
> Saya ada masalah dengan tombol refresh (combo box) yang saya buat (makro
> saya dapat dari rekan milis)****
>
> Tapi muncul error, apa yang salah ya?****
>
> Mohon pencerahannya,****
>
> ****
>
> Regards****
>
> Ridwan Rahman****
>
> ** **
>
> ** **
>
> ****
>
>
>
10a.

Re: ISI CELL SECARA OTOMATIS DENGAN RUMUS / FORMULA

Posted by: "sudarsono" jkssbma@live.com   jkssbma

Sun Jul 24, 2011 8:33 pm (PDT)



alternatif lain ( rumus jadi lebih panjang ) :

=IF(ISBLANK(VLOOKUP(B4,Kembali!$B$2:$E$8,4,FALSE)),"",VLOOKUP(B4,Kembali!$B$2:$E$8,4,FALSE))

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Bedanya kolom kembali antara sheet pinjam dan kembali apa ya ?
> Apakah data pinjam tidak dipengaruhi id_buku, id_anggota dan tanggal pinjam
> ?
> Atau seorang anggota tidak boleh pinjam buku dengan judul yang sama di tahun
> yang sama sampai lebih dari 1 kali ?
>
> *Masalah error value* :: karena ada data yang tidak dimiliki oleh tabel
> referensi (sheet kembali kalau dari formula vlookup yang digunakan) ->
> gunakan fungsi IFError di xl2007 atau fungis IsError dalam formula kondisi
> IF disemua versi Excel.
> Syntax IFError ::
> =IFError( formula , "apa isinya kalo ketemu error, tulis disini menggantikan
> nilai ini" )
>
> Syntax IF( IsError ) ::
> =IF( IsError( formula ) , "apa isinya kalo ketemu error, tulis disini
> menggantikan nilai ini" , formula )
>
> *Masalah muncul 0* :: karena nilai di tabel referensi adalah blank (Null) ->
> hilangkan dengan format cell number custom dd-mmm-yyyy;;
>
> Kid.
>
> 2011/7/23 Hariansyah <hariansyahptk@...>
>
> > **
> >
> >
> > Thanks atas rumusnya yang sdh dicoba dan hasilnya ok.
> > Tapi jika pada Sheet Kembali tsb ada 2 cell yang masih kosong, kenapa pada
> > Sheet Penilaian hasilnya adalah 0-Jan-1900 dan terkadang #N/A yang tampilan
> > seharusnya kosong.
> > Bagaimana cara menghilangkan tampilan 0-Jan-1900 atau #N/A...???
> >
> > Terlampir contoh filenya.
> > Mhn info.
> >
> > Thanks;
> >
> > (bukan) Harry (Potter)
> >
> > --- Mods ---
> > Sepertinya cc atau bcc bisa dihilangkan. Saya rasa tidak semua member
> > bersedia dihubungi melalui japri. Jika akan via japri juga, kirimkan dua
> > kali dengan tujuan yang berbeda.
> >
> > ________________________________
> > Dari: Franciscus SOG <jclugbu@...>
> > Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> > Dikirim: Sabtu, 23 Juli 2011 10:12
> > Judul: Re: [belajar-excel] ISI CELL SECARA OTOMATIS DENGAN RUMUS / FORMULA
> >
> >
> > Dear Harry,
> >
> > Bukan Harry Potter kan.. Hehehe..
> >
> > Coba =VLOOKUP(B3;Kembali!$B:$E;4;0)
> >
> > Blessings,
> >
> > Fran'z
> >
> > On 7/23/11, Hariansyah <hariansyahptk@...> wrote:
> > > Terima kasih atas koreksi dan infonya.
> > > Bersama ini saya lampirkan file yang lebih kecil sebagaimana kiriman
> > > Moderator.
> > >
> > >
> > > Terima kasih atas berkenan jawabannya.
> > >
> > > Harry
> > >
> > > Isi Pertanyaan sblmnya:
> > > Untuk teman-2 milis belajar-excel@yahoogroups.com,
> > > mohon bantuan dan informasi rumus / furmula akan pertanyaan saya sbb:
> > > Jika ada 3 Sheet yaitu Sheet Pinjam, Sheet Kembali
> > > dan Sheet Penilian (sebagaimana contoh terlampir). Jika Sheet Pinjam dan
> > > Sheet Kembali kita jadikan
> > > sebagai bahan referensi, bagaimana caranya mengisi secara otomatis Sheet
> > > Penilaian pada kolom F3 s/d F9…???
> > > (Hasil / isi tujuan dari F3 s/d F9 sebagaimana contoh yang ada pada kolom
> > G3
> > > s/d G9)
> > >
> >
> >
> >
>

11a.

ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Posted by: "Ridwan Rahman" ridwan7677@gmail.com   ridwan7677@ymail.com

Sun Jul 24, 2011 10:48 pm (PDT)



Kapan lalu telah dibahas oleh mbak ctv tentang listbox multi kolom dari satu
pilihan combo box.

Mohon pencerahannya, gimana listbox multi kolom tersebut didapat dari multi
combo box,.

Terima kasih sebelumnya.

Salam

RidwanRahman

11b.

Re: ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Jul 24, 2011 11:51 pm (PDT)



Private Sub UserForm_Initialize()
' siti Vi // 21 Juli 2011
' rev2: 25 jul 2011
'----------------------------
Dim Cabang As Range, UniqCab, UniqTgl, UniqPjb, n As Long
Set Tbl = Sheets("Sheet1").Cells(4, 3).CurrentRegion
Set Cabang = Tbl.Offset(2, 2).Resize(Tbl.Rows.Count - 2, 1)

UniqCab = LOUV(Cabang)
UniqTgl = LOUV(Cabang.Offset(0, -1))
UniqPjb = LOUV(Cabang.Offset(0, 1))
ComboBox1.Clear: ComboBox2.Clear: ComboBox3.Clear

For n = LBound(UniqCab) To UBound(UniqCab)
ComboBox1.AddItem UniqCab(n)
Next n

For n = LBound(UniqTgl) To UBound(UniqTgl)
ComboBox2.AddItem UniqTgl(n)
Next n

For n = LBound(UniqPjb) To UBound(UniqPjb)
ComboBox3.AddItem UniqPjb(n)
Next n

End Sub

'----part code mengisi listbox ---------
' items dlm listbox
For r = 3 To Tbl.Rows.Count
If ComboBox1.ListIndex > -1 Then
If Tbl(r, 2) = CStr(ComboBox2) Then
If Tbl(r, 3) = ComboBox1 Then
If Tbl(r, 4) = ComboBox3 Then
n = n + 1
For c = 1 To Tbl.Columns.Count
.AddItem: .List(n, c - 1) = Tbl(r, c)
Next c
End If
End If
End If
End If
Next r
'---------------------------------

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>
>
> Kapan lalu telah dibahas oleh mbak ctv tentang listbox multi kolom dari
satu pilihan combo box.
> Mohon pencerahannya, gimana listbox multi kolom tersebut didapat dari
multi combo box,…
> Terima kasih sebelumnya.
> Salam
> RidwanRahman
11c.

Re: ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Posted by: "Ridwan Rahman" ridwan7677@gmail.com   ridwan7677@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 12:28 am (PDT)



He…he…, kurang heboh y mbak siti, sebenarnya datanya lebih heboh (Buaaaanyaaak)

Idenya pingin buat tampilan ke user biar data asli gak di utak-atik

Cuma…, Maaf mbak siti, kok di kompi ku gak jalan y?

Apa karna format tgl-nya beda, (di data 12/01/2011, di userform nya 1/12/2011)

Kompiku format date-nya Indonesia

Salam

RidwanRahman

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of STDEV(i)
Sent: 25 Juli 2011 13:51
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Private Sub UserForm_Initialize()

' siti Vi // 21 Juli 2011

' rev2: 25 jul 2011

'----------------------------

Dim Cabang As Range, UniqCab, UniqTgl, UniqPjb, n As Long

Set Tbl = Sheets("Sheet1").Cells(4, 3).CurrentRegion

Set Cabang = Tbl.Offset(2, 2).Resize(Tbl.Rows.Count - 2, 1)

UniqCab = LOUV(Cabang)

UniqTgl = LOUV(Cabang.Offset(0, -1))

UniqPjb = LOUV(Cabang.Offset(0, 1))

ComboBox1.Clear: ComboBox2.Clear: ComboBox3.Clear

For n = LBound(UniqCab) To UBound(UniqCab)

ComboBox1.AddItem UniqCab(n)

Next n

For n = LBound(UniqTgl) To UBound(UniqTgl)

ComboBox2.AddItem UniqTgl(n)

Next n

For n = LBound(UniqPjb) To UBound(UniqPjb)

ComboBox3.AddItem UniqPjb(n)

Next n

End Sub

'----part code mengisi listbox ---------

' items dlm listbox

For r = 3 To Tbl.Rows.Count

If ComboBox1.ListIndex > -1 Then

If Tbl(r, 2) = CStr(ComboBox2) Then

If Tbl(r, 3) = ComboBox1 Then

If Tbl(r, 4) = ComboBox3 Then

n = n + 1

For c = 1 To Tbl.Columns.Count

.AddItem: .List(n, c - 1) = Tbl(r, c)

Next c

End If

End If

End If

End If

Next r

'---------------------------------

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>
>
> Kapan lalu telah dibahas oleh mbak ctv tentang listbox multi kolom dari satu pilihan combo box.
> Mohon pencerahannya, gimana listbox multi kolom tersebut didapat dari multi combo box,…
> Terima kasih sebelumnya.
> Salam
> RidwanRahman

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar