Senin, 25 Juli 2011

[belajar-excel] Digest Number 1266

Milis Belajar Microsoft Excel

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

Re: menandai jadwal yang bentrok

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 12:55 am (PDT)



=*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *

Bagian :
*COUNTIF(C5:G5,C5:G5)* :: hitung jumlah masing-masing dari nilai-nilai di
range *C5:G5* pada suatu area di range *C5:G5*. Jadi, proses ini
dikerjakan sebagai array formula.
Hasilnya misal : {1,0,2,3,1}

*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)* :: hasil di atas, kemudian dibandingkan dengan
nilai 1 menggunakan operator >. Hasilnya berupa array juga, seperti :
{FALSE,FALSE,TRUE,TRUE,FALSE}

*1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)* :: hasil perbandingan dengan nilai 1 tadi,
kemudian dikalikan dengan 1 agar terkonversi menjadi bilangan. TRUE setara 1
dan FALSE setara 0.
Hasilnya menjadi : {0,0,1,1,0}

*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *:: kemudian dijumlahkan oleh
SumProduct dan menghasilkan 0+0+1+1+0 bernilai 2. SumProduct dapat memproses
data berupa array. Oleh sebab itu tidak perlu menggunakan penekanan Ctrl
Shift Enter sebagai pembentuk array formula. Pada beberapa kasus, SumProduct
tetap masih membutuhkan penekanan Ctrl Shift Enter

Bahasa manusianya :
"Jumlahkan semua hasil proses (SumProduct) dari pengkonversian datatype
menjadi numerik (1*) suatu proses perbandingan yang lebih dari 1 (>1)
nilai-nilai hitung cacah dengan sebuah kriteria (CountIF) sekumpulan
nilai-nilai ~ array (*C5:G5*) pada suatu area data (*C5:G5*) yang
ditentukan".

Regards.
Kid.

2011/7/25 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>

> **
>
>
> Mr, Kid ...
> Semua rumus memang sudah bisa, tapi saya masih penasaran dengan arti
> (Bahasa Manusianya) dari
> =*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) gimana?*
>
> Seperti, =IF(c5=7,"tujuh","bukan tujuh")
> artinya, jika sel c5 berisi 7 maka tulis "tujuh" kalo tidak tulis "bukan
> tujuh"
> Nah kalo yang atas gimana?
>
> Regard, StBerg.
>
>
>
>
> Pada 24 Juli 2011 13:39, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Hai Stein,
>>
>>
>> Coba dengan formula dasar :
>> =*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
>> Hasil berupa nilai status. Jika > 0 maka bentrok.
>> Teks bisa diatur dengan Format Cell Number Custom "bentrok";;
>>
>> Jika ingin menampilkan teks secara langsung melalui formula :
>> =IF( *SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *, "bentrok" , "" )
>>
>> Warna dengan fitur Conditional Formatting.
>>
>> Regards.
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2011/7/24 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Slam be Excel,
>>> Mohon bantuan pada semuanya tentang cara menandai jadwal yang bentrok
>>> seperti contoh terlampir.
>>>
>>> Terimakasih,
>>> Regard, StBerg
>>>
>>>
>>
>
>
1b.

Re: menandai jadwal yang bentrok

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Jul 25, 2011 12:56 am (PDT)



sementara Um Kid sedang "kejar setoran" menjelang puasa...
siti wakili dulu ya, nanti akan dilengkapi oleh Um Kid...

*=SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*

kita urai mulai dari Ceruk ter dalam menuju ke luar

1.
*= COUNTIF( C5:G5, C5:G5 )*
ini sama dengan menulis 5 rumus di 5 cell sebaris
= COUNTIF(C5:G5,C5) = COUNTIF(C5:G5,D5) = COUNTIF(C5:G5,E5) =
COUNTIF(C5:G5,F5) = COUNTIF(C5:G5,G5)
boleh dipraktekkan di sheet !
tiap rumus MENGHITUNG CACAH data di C5:G5 , maksudnya misal ada 2 buah
angka 6
maka dikatakan dlm range tsb, data 6 cacahnya = 2

Dengan teknik *ArrayFormula* Lima rumus terpisah itu dapat ditulis *hanya
dengan 1 formula saja*
= COUNTIF(C5:G5,C5:G5)
Jika kita iseng *kita select dulu: 5 cell sebaris,* baru rumus tsb ditulis
di *Formula Bar* lalu di enter
dengan Ctrl+Shift+Enter; maka hasilnya akan tampak sama dengan 5 rumus
terpisah-pisah tadi
yaitu array: *1, 1, 1, 2, 2*

2
*= ( COUNTIF(C5:G5,C5:G5) > 1 )*
Semua hasilnya (yaitu array: 1, 1, 1, 2, 2 ) dibandingkan / ditest, apakah >
1
hasilnya = array: *FALSE, FALSE, FALSE, TRUE, TRUE*
*
*
3
*= 1 * (COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)*
Semua hasil (aray false, true tadi) dikalikan dengan 1
atau dengan kata lain : mengkonversi False / True menjadi 0 / 1
hasilnya *array 0, 0, 0, 1, 1*

4
terakhir
*=SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
semua hasil tsb (berupa array: 0, 0, 0, 1, 1) dirangkum dalam *fungsi
Sumproduct.*
Mas Kid pilih Sumproduct agar tidak perlu memenuhi *kewajiban mengenter
dengan *
*cara array Formula*
(konon, ceritak dari negeri antar-berantar: pada keadaan tertentu, Sumpoduct
itu sebetulnya
adalah Array Formula *yg tidak perlu di-enter dengan 3 tombol C+S+E*

Anda bisa menggantinya dengan =*SUM(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
tetapi harus diakhiri dengan upacara 3 tombol C+S+E.

inti dari rumus ini adalah ingin mengetahui apakah COUNTIF di beberapa cell
tsb
ADA yg menghasilkan* >1* ( yg berarti mengindikasikan ADA data kembar)

Jika dlm sebaris (5 cells) tidak ada yg kembar maka semua COUNTIF
menghasilkan 1
jika semua dibandingkan dengan > 1 maka FALSE
Jika semua false (sedangkan falsae akan dikonversi menjadi 0) maka kalau di
SUM
ataupun di SUMPRODUCT maka hasilnya tetap 0
Jika ada data yg kembar walaupun cuma sepasang, hasil akhir akan > 0

Jadi rumus tsb hanya menghasilkan 2 kemungkinan
0 atau angka lain > 0

Mengapa (0) dan ( > 0) bisa memunculkan kata "bentrok" atau Cell seperti
kosong??
karena di range tsb telah dipasang susuk berupa Custom number formatting:
kalau cell berisi bilangan BUKAN NOL munculkan "bentrok"
kalau berupa bilangan NOL jangan munculkan apapun
[image: custom number format bentrok.PNG]

2011/7/25 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>

> **
>
>
> Mr, Kid ...
> Semua rumus memang sudah bisa, tapi saya masih penasaran dengan arti
> (Bahasa Manusianya) dari
> =*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) gimana?*
>
> Seperti, =IF(c5=7,"tujuh","bukan tujuh")
> artinya, jika sel c5 berisi 7 maka tulis "tujuh" kalo tidak tulis "bukan
> tujuh"
> Nah kalo yang atas gimana?
>
> Regard, StBerg.
>
>
>
>
> Pada 24 Juli 2011 13:39, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Hai Stein,
>>
>>
>> Coba dengan formula dasar :
>> =*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
>> Hasil berupa nilai status. Jika > 0 maka bentrok.
>> Teks bisa diatur dengan Format Cell Number Custom "bentrok";;
>>
>> Jika ingin menampilkan teks secara langsung melalui formula :
>> =IF( *SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *, "bentrok" , "" )
>>
>> Warna dengan fitur Conditional Formatting.
>>
>> Regards.
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2011/7/24 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>
>>
>>> **
>>> Slam be Excel,
>>>
>>> Mohon bantuan pada semuanya tentang cara menandai jadwal yang bentrok
>>> seperti contoh terlampir.
>>>
>>> Terimakasih,
>>> Regard, StBerg
>>>
>>
1c.

Re: menandai jadwal yang bentrok

Posted by: "Stein Berg" steinberg1302@gmail.com   steinberg1302

Mon Jul 25, 2011 4:32 am (PDT)



OOoo bulet....
Tank's Mr. Kid dan Mbak Siti, saya kira tanda > itu adalah lebih besar dan
c5:g5 yang ke2 ternyata adalah aray perwakilan dari beberapa rumus.
trik yang sangat bermanfaat!
Terimakasih.

Be-Excel, Regard, StBerg

Pada 25 Juli 2011 14:56, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> sementara Um Kid sedang "kejar setoran" menjelang puasa...
> siti wakili dulu ya, nanti akan dilengkapi oleh Um Kid...
>
>
> *=SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
>
> kita urai mulai dari Ceruk ter dalam menuju ke luar
>
> 1.
> *= COUNTIF( C5:G5, C5:G5 )*
> ini sama dengan menulis 5 rumus di 5 cell sebaris
> = COUNTIF(C5:G5,C5) = COUNTIF(C5:G5,D5) = COUNTIF(C5:G5,E5) =
> COUNTIF(C5:G5,F5) = COUNTIF(C5:G5,G5)
> boleh dipraktekkan di sheet !
> tiap rumus MENGHITUNG CACAH data di C5:G5 , maksudnya misal ada 2 buah
> angka 6
> maka dikatakan dlm range tsb, data 6 cacahnya = 2
>
> Dengan teknik *ArrayFormula* Lima rumus terpisah itu dapat ditulis *hanya
> dengan 1 formula saja*
> = COUNTIF(C5:G5,C5:G5)
> Jika kita iseng *kita select dulu: 5 cell sebaris,* baru rumus tsb ditulis
> di *Formula Bar* lalu di enter
> dengan Ctrl+Shift+Enter; maka hasilnya akan tampak sama dengan 5 rumus
> terpisah-pisah tadi
> yaitu array: *1, 1, 1, 2, 2*
>
> 2
> *= ( COUNTIF(C5:G5,C5:G5) > 1 )*
> Semua hasilnya (yaitu array: 1, 1, 1, 2, 2 ) dibandingkan / ditest, apakah
> > 1
> hasilnya = array: *FALSE, FALSE, FALSE, TRUE, TRUE*
> *
> *
> 3
> *= 1 * (COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)*
> Semua hasil (aray false, true tadi) dikalikan dengan 1
> atau dengan kata lain : mengkonversi False / True menjadi 0 / 1
> hasilnya *array 0, 0, 0, 1, 1*
>
> 4
> terakhir
> *=SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
> semua hasil tsb (berupa array: 0, 0, 0, 1, 1) dirangkum dalam *fungsi
> Sumproduct.*
> Mas Kid pilih Sumproduct agar tidak perlu memenuhi *kewajiban mengenter
> dengan *
> *cara array Formula*
> (konon, ceritak dari negeri antar-berantar: pada keadaan tertentu,
> Sumpoduct itu sebetulnya
> adalah Array Formula *yg tidak perlu di-enter dengan 3 tombol C+S+E*
>
> Anda bisa menggantinya dengan =*SUM(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
> tetapi harus diakhiri dengan upacara 3 tombol C+S+E.
>
>
> inti dari rumus ini adalah ingin mengetahui apakah COUNTIF di beberapa cell
> tsb
> ADA yg menghasilkan* >1* ( yg berarti mengindikasikan ADA data kembar)
>
> Jika dlm sebaris (5 cells) tidak ada yg kembar maka semua COUNTIF
> menghasilkan 1
> jika semua dibandingkan dengan > 1 maka FALSE
> Jika semua false (sedangkan falsae akan dikonversi menjadi 0) maka kalau di
> SUM
> ataupun di SUMPRODUCT maka hasilnya tetap 0
> Jika ada data yg kembar walaupun cuma sepasang, hasil akhir akan > 0
>
> Jadi rumus tsb hanya menghasilkan 2 kemungkinan
> 0 atau angka lain > 0
>
> Mengapa (0) dan ( > 0) bisa memunculkan kata "bentrok" atau Cell seperti
> kosong??
> karena di range tsb telah dipasang susuk berupa Custom number formatting:
> kalau cell berisi bilangan BUKAN NOL munculkan "bentrok"
> kalau berupa bilangan NOL jangan munculkan apapun
> [image: custom number format bentrok.PNG]
>
>
>
>
> 2011/7/25 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Mr, Kid ...
>> Semua rumus memang sudah bisa, tapi saya masih penasaran dengan arti
>> (Bahasa Manusianya) dari
>> =*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) gimana?*
>>
>> Seperti, =IF(c5=7,"tujuh","bukan tujuh")
>> artinya, jika sel c5 berisi 7 maka tulis "tujuh" kalo tidak tulis "bukan
>> tujuh"
>> Nah kalo yang atas gimana?
>>
>> Regard, StBerg.
>>
>>
>>
>>
>> Pada 24 Juli 2011 13:39, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Hai Stein,
>>>
>>>
>>> Coba dengan formula dasar :
>>> =*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
>>> Hasil berupa nilai status. Jika > 0 maka bentrok.
>>> Teks bisa diatur dengan Format Cell Number Custom "bentrok";;
>>>
>>> Jika ingin menampilkan teks secara langsung melalui formula :
>>> =IF( *SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *, "bentrok" , "" )
>>>
>>> Warna dengan fitur Conditional Formatting.
>>>
>>> Regards.
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>> 2011/7/24 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>
>>>
>>>> **
>>>> Slam be Excel,
>>>>
>>>> Mohon bantuan pada semuanya tentang cara menandai jadwal yang bentrok
>>>> seperti contoh terlampir.
>>>>
>>>> Terimakasih,
>>>> Regard, StBerg
>>>>
>>>
>
1d.

Re: menandai jadwal yang bentrok

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Jul 25, 2011 5:04 am (PDT)



lho, memang benar,
tanda *>* adalah OPERATOR PEMBANDING '*lebih besar daripada' / 'greater
than' *

=COUNTIF(C5:G5,C5:G5) >* *1

ruas kiri akan berupa data multi hasil (array)
jadi hasil pembandingannya pun ada 5 hasil.

memang awalnya agak sulit untuk memahami *array*

Cpearson telah menjelaskannya dengan baik di sini:
http://www.cpearson.com/excel/ArrayFormulas.aspx

2011/7/25 Stein Berg <steinberg1302@gmail.com>

> **
>
> OOoo bulet....
> Tank's Mr. Kid dan Mbak Siti,* saya kira tanda > itu adalah lebih besar*dan c5:g5 yang ke2 ternyata adalah aray perwakilan dari beberapa rumus.
> trik yang sangat bermanfaat!
> Terimakasih.
>
> Be-Excel, Regard, StBerg
>
> Pada 25 Juli 2011 14:56, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> menulis:
> > sementara Um Kid sedang "kejar setoran" menjelang puasa...
> > siti wakili dulu ya, nanti akan dilengkapi oleh Um Kid...
> > =SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))
> > kita urai mulai dari Ceruk ter dalam menuju ke luar
>
2a.

LOADING TERLALU LAMA (MEMORY 300 MB)

Posted by: "Hariansyah" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Mon Jul 25, 2011 1:00 am (PDT)



mohon informasi dengan data2 sbb:
1. saya memiliki program excel vb yg besar datanya +-300 mb
2. data2 tersebut mengandung vb (macro) dan memiliki banyak link dari sheet 1 ke sheet yg lain.
3. dari data tersebut ada 9 sheet yg memiliki lebih dari 5000 kolom (sel A1 s/d R6000)
4. dari data2 tersebut saya menggunakan vb (macro) untuk menyimpan data yg dialokasikan sampai dengan 25000 kolom (sel A1 s/d R25003)
5. dari data tersebut ada satu sheet yg menggunakan rumus pewarnaan teks otomatis.

yang saya tanyakan adalah:
jika saya menggunakan common button (vb macro), ketika saya menginput data2 pada form tersebut, hasil tesnya terlalu lama (loadingnya lama)?
mohon bantuan teman2 yg ahli dalam excel vb (macro) untuk memecahkan masalah ini..

terima kasih banyak atas bantuan dan informasi dari teman2

2b.

Re: LOADING TERLALU LAMA (MEMORY 300 MB)

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 1:15 am (PDT)



Coba :
1. dikurangi penggunaan formula di cell yang belum ada datanya.
2. persempit rujukan cell, jangan asal enaknya seperti countif($a:$a, "si
anu") dsb
3. Kurangi pengunaan fungsi volatile seperti Indirect,Offset, Today,Now,
dsb.
4. Manfaatkan fitur Table (format as table di xl2007 ke atas atau list di
xl2003)
5. Jangan terlalu keranjingan dengan conditional formatting
6. pisahkan form input, sheet data, dan form output. Bila perlu sampai
dipisah filenya. Kadang pisah harddisk juga dibutuhkan.
7. jika sudah menggunakan VBA, atur seluruh data agar berbentuk values.
Input diatur agar hanya menggunakan beberapa baris berformula saja.
8. Manfaatkan fitur Pivot Table untuk report ataupun proses antara.
9. Batasi penggunaan link dari luar Excel, dan mulai beralih ke data
connection menggunakan fitur get external data.
10. Cobalah mulai melirik database sebagai wadah data, dan interface bisa
tetap menggunakan Excel.

Mungkin masih ada yang lainnya, yang lebih spesifik terhadap setiap kasus.
Menyusun aplikasi dari awal dengan menjaga kaidah database dan performa
adalah sesuatu yang ribet dan sedikit yang mau mempelajarinya, karena tidak
instan. Tetapi kemungkinan terjadinya hal seperti ini menjadi sangat kecil.
Optimasi bukanlah hal yang sulit, tetapi bukan pula pekerjaan mudah hingga
bisa dianggap enteng. Yang jelas, mengoptimasi sesuatu yang benar-benar
karut marut, bisa jadi lebih lama dibanding membangun baru dengan kaidah
yang lebih baik.

Semoga aplikasi Anda bisa segera teroptimasikan.

Kid.

2011/7/25 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> mohon informasi dengan data2 sbb:
> 1. saya memiliki program excel vb yg besar datanya +-300 mb
> 2. data2 tersebut mengandung vb (macro) dan memiliki banyak link dari sheet
> 1 ke sheet yg lain.
> 3. dari data tersebut ada 9 sheet yg memiliki lebih dari 5000 kolom (sel A1
> s/d R6000)
> 4. dari data2 tersebut saya menggunakan vb (macro) untuk menyimpan data yg
> dialokasikan sampai dengan 25000 kolom (sel A1 s/d R25003)
> 5. dari data tersebut ada satu sheet yg menggunakan rumus pewarnaan teks
> otomatis.
>
> yang saya tanyakan adalah:
> jika saya menggunakan common button (vb macro), ketika saya menginput data2
> pada form tersebut, hasil tesnya terlalu lama (loadingnya lama)?
> mohon bantuan teman2 yg ahli dalam excel vb (macro) untuk memecahkan
> masalah ini..
>
> terima kasih banyak atas bantuan dan informasi dari teman2
>
>
3a.

Re: ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 1:18 am (PDT)



Apakah harus pakai userform ?
Bukankah sheet dengan proteksi sheet sudah bisa membantu ?
Oh mungkin selera saja. ;-)

Kid.

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

> **
>
>
> He…he…, kurang heboh y mbak siti, sebenarnya datanya lebih heboh
> (Buaaaanyaaak)****
>
> Idenya pingin buat tampilan ke user biar data asli gak di utak-atik****
>
> Cuma…, Maaf mbak siti, kok di kompi ku gak jalan y?****
>
> Apa karna format tgl-nya beda, (di data 12/01/2011, di userform nya
> 1/12/2011)****
>
> Kompiku format date-nya Indonesia****
>
> Salam****
>
> RidwanRahman****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *STDEV(i)
> *Sent:* 25 Juli 2011 13:51
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls****
>
> ** **
>
> ****
>
> Private Sub UserForm_Initialize()****
>
> ' siti Vi // 21 Juli 2011****
>
> ' rev2: 25 jul 2011****
>
> '----------------------------****
>
> Dim Cabang As Range, UniqCab, UniqTgl, UniqPjb, n As Long****
>
> Set Tbl = Sheets("Sheet1").Cells(4, 3).CurrentRegion****
>
> Set Cabang = Tbl.Offset(2, 2).Resize(Tbl.Rows.Count - 2, 1)****
>
> ****
>
> UniqCab = LOUV(Cabang)****
>
> UniqTgl = LOUV(Cabang.Offset(0, -1))****
>
> UniqPjb = LOUV(Cabang.Offset(0, 1))****
>
> ComboBox1.Clear: ComboBox2.Clear: ComboBox3.Clear****
>
> ****
>
> For n = LBound(UniqCab) To UBound(UniqCab)****
>
> ComboBox1.AddItem UniqCab(n)****
>
> Next n****
>
> ****
>
> For n = LBound(UniqTgl) To UBound(UniqTgl)****
>
> ComboBox2.AddItem UniqTgl(n)****
>
> Next n****
>
> ****
>
> For n = LBound(UniqPjb) To UBound(UniqPjb)****
>
> ComboBox3.AddItem UniqPjb(n)****
>
> Next n****
>
> ****
>
> End Sub****
>
> ** **
>
> ** **
>
> '----part code mengisi listbox ---------****
>
> ' items dlm listbox****
>
> For r = 3 To Tbl.Rows.Count****
>
> If ComboBox1.ListIndex > -1 Then****
>
> If Tbl(r, 2) = CStr(ComboBox2) Then****
>
> If Tbl(r, 3) = ComboBox1 Then****
>
> If Tbl(r, 4) = ComboBox3 Then****
>
> n = n + 1****
>
> For c = 1 To Tbl.Columns.Count****
>
> .AddItem: .List(n, c - 1) = Tbl(r, c)****
>
> Next c****
>
> End If****
>
> End If****
>
> End If****
>
> End If****
>
> Next r****
>
> '---------------------------------****
>
> ** **
>
>
> 2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>
> >
> > Kapan lalu telah dibahas oleh mbak ctv tentang listbox multi kolom dari
> satu pilihan combo box.
> > Mohon pencerahannya, gimana listbox multi kolom tersebut didapat dari
> multi combo box,…
> > Terima kasih sebelumnya.
> > Salam
> > RidwanRahman****
>
> ** **
>
> ****
>
>
>
3b.

Re: ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Posted by: "Ridwan Rahman" ridwan7677@gmail.com   ridwan7677@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 1:28 am (PDT)



Saya kira bukan Cuma SELERA, Mr.Kid. Kita orang yg terbiasa lihat data
banyak mungkin oke-2 aja, tapi bagi user clerical, biasanya rada pusing liat
data banyak, lum lagi di kasih fitur filter, banyak yg bilang mumet.
(Menurut saya lho mr.kid). Jadi saya pikir lebih aman, kalau dibatasi
tampilan data banyak yg seram-seram itu.

Regards

RidwanRahman

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 25 Juli 2011 15:18
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Apakah harus pakai userform ?
Bukankah sheet dengan proteksi sheet sudah bisa membantu ?
Oh mungkin selera saja. ;-)

Kid.

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

He.he., kurang heboh y mbak siti, sebenarnya datanya lebih heboh
(Buaaaanyaaak)

Idenya pingin buat tampilan ke user biar data asli gak di utak-atik

Cuma., Maaf mbak siti, kok di kompi ku gak jalan y?

Apa karna format tgl-nya beda, (di data 12/01/2011, di userform nya
1/12/2011)

Kompiku format date-nya Indonesia

Salam

RidwanRahman

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of STDEV(i)
Sent: 25 Juli 2011 13:51
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Private Sub UserForm_Initialize()

' siti Vi // 21 Juli 2011

' rev2: 25 jul 2011

'----------------------------

Dim Cabang As Range, UniqCab, UniqTgl, UniqPjb, n As Long

Set Tbl = Sheets("Sheet1").Cells(4, 3).CurrentRegion

Set Cabang = Tbl.Offset(2, 2).Resize(Tbl.Rows.Count - 2, 1)

UniqCab = LOUV(Cabang)

UniqTgl = LOUV(Cabang.Offset(0, -1))

UniqPjb = LOUV(Cabang.Offset(0, 1))

ComboBox1.Clear: ComboBox2.Clear: ComboBox3.Clear

For n = LBound(UniqCab) To UBound(UniqCab)

ComboBox1.AddItem UniqCab(n)

Next n

For n = LBound(UniqTgl) To UBound(UniqTgl)

ComboBox2.AddItem UniqTgl(n)

Next n

For n = LBound(UniqPjb) To UBound(UniqPjb)

ComboBox3.AddItem UniqPjb(n)

Next n

End Sub

'----part code mengisi listbox ---------

' items dlm listbox

For r = 3 To Tbl.Rows.Count

If ComboBox1.ListIndex > -1 Then

If Tbl(r, 2) = CStr(ComboBox2) Then

If Tbl(r, 3) = ComboBox1 Then

If Tbl(r, 4) = ComboBox3 Then

n = n + 1

For c = 1 To Tbl.Columns.Count

.AddItem: .List(n, c - 1) = Tbl(r, c)

Next c

End If

End If

End If

End If

Next r

'---------------------------------

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>
>
> Kapan lalu telah dibahas oleh mbak ctv tentang listbox multi kolom dari
satu pilihan combo box.
> Mohon pencerahannya, gimana listbox multi kolom tersebut didapat dari
multi combo box,.
> Terima kasih sebelumnya.
> Salam
> RidwanRahman

3c.

Re: ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 1:30 am (PDT)



Bagaimana dengan formula filtering ?
User hanya input seperti di sebuah combobox di user form (tapi di sebuah
cell worksheet), kemudian data tampil sesuai pilihan user.

Kid.

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

> **
>
>
> Saya kira bukan Cuma SELERA, Mr.Kid. Kita orang yg terbiasa lihat data
> banyak mungkin oke-2 aja, tapi bagi user clerical, biasanya rada pusing liat
> data banyak, lum lagi di kasih fitur filter, banyak yg bilang mumet.
> (Menurut saya lho mr.kid). Jadi saya pikir lebih aman, kalau dibatasi
> tampilan data banyak yg seram-seram itu.****
>
> ** **
>
> Regards****
>
> RidwanRahman****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* 25 Juli 2011 15:18
>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls****
>
> ** **
>
> ****
>
> Apakah harus pakai userform ?
> Bukankah sheet dengan proteksi sheet sudah bisa membantu ?
> Oh mungkin selera saja. ;-)
>
> Kid.****
>
> 2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>****
>
> ****
>
> He…he…, kurang heboh y mbak siti, sebenarnya datanya lebih heboh
> (Buaaaanyaaak)****
>
> Idenya pingin buat tampilan ke user biar data asli gak di utak-atik****
>
> Cuma…, Maaf mbak siti, kok di kompi ku gak jalan y?****
>
> Apa karna format tgl-nya beda, (di data 12/01/2011, di userform nya
> 1/12/2011)****
>
> Kompiku format date-nya Indonesia****
>
> Salam****
>
> RidwanRahman****
>
> ****
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *STDEV(i)
> *Sent:* 25 Juli 2011 13:51
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls****
>
> ****
>
> ****
>
> Private Sub UserForm_Initialize()****
>
> ' siti Vi // 21 Juli 2011****
>
> ' rev2: 25 jul 2011****
>
> '----------------------------****
>
> Dim Cabang As Range, UniqCab, UniqTgl, UniqPjb, n As Long****
>
> Set Tbl = Sheets("Sheet1").Cells(4, 3).CurrentRegion****
>
> Set Cabang = Tbl.Offset(2, 2).Resize(Tbl.Rows.Count - 2, 1)****
>
> ****
>
> UniqCab = LOUV(Cabang)****
>
> UniqTgl = LOUV(Cabang.Offset(0, -1))****
>
> UniqPjb = LOUV(Cabang.Offset(0, 1))****
>
> ComboBox1.Clear: ComboBox2.Clear: ComboBox3.Clear****
>
> ****
>
> For n = LBound(UniqCab) To UBound(UniqCab)****
>
> ComboBox1.AddItem UniqCab(n)****
>
> Next n****
>
> ****
>
> For n = LBound(UniqTgl) To UBound(UniqTgl)****
>
> ComboBox2.AddItem UniqTgl(n)****
>
> Next n****
>
> ****
>
> For n = LBound(UniqPjb) To UBound(UniqPjb)****
>
> ComboBox3.AddItem UniqPjb(n)****
>
> Next n****
>
> ****
>
> End Sub****
>
> ****
>
> ****
>
> '----part code mengisi listbox ---------****
>
> ' items dlm listbox****
>
> For r = 3 To Tbl.Rows.Count****
>
> If ComboBox1.ListIndex > -1 Then****
>
> If Tbl(r, 2) = CStr(ComboBox2) Then****
>
> If Tbl(r, 3) = ComboBox1 Then****
>
> If Tbl(r, 4) = ComboBox3 Then****
>
> n = n + 1****
>
> For c = 1 To Tbl.Columns.Count****
>
> .AddItem: .List(n, c - 1) = Tbl(r, c)****
>
> Next c****
>
> End If****
>
> End If****
>
> End If****
>
> End If****
>
> Next r****
>
> '---------------------------------****
>
> ****
>
>
> 2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>
> >
> > Kapan lalu telah dibahas oleh mbak ctv tentang listbox multi kolom dari
> satu pilihan combo box.
> > Mohon pencerahannya, gimana listbox multi kolom tersebut didapat dari
> multi combo box,…
> > Terima kasih sebelumnya.
> > Salam
> > RidwanRahman****
>
> ****
>
> ** **
>
> ****
>
>
>
3d.

Re: ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Jul 25, 2011 1:33 am (PDT)



user form itu (yg berisi listbox multi kolom)
bisa diganti dengan SHEET ( range ) utnuk menampilkan
hasil filternya. sedangkan filteringnya tetap bisa dengan makro
( dan makronya lebih simple )

sedangkan data yg bikin mumet para clerk tetap disembunyikan

bageetoo kira kira...

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

> **
>
>
> Saya kira bukan Cuma SELERA, Mr.Kid. Kita orang yg terbiasa lihat data
> banyak mungkin oke-2 aja, tapi bagi user clerical, biasanya rada pusing liat
> data banyak, lum lagi di kasih fitur filter, banyak yg bilang mumet.
> (Menurut saya lho mr.kid). Jadi saya pikir lebih aman, kalau dibatasi
> tampilan data banyak yg seram-seram itu.****
>
> ** **
>
> Regards****
>
> RidwanRahman****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* 25 Juli 2011 15:18
>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls****
>
> ** **
>
> ****
>
> Apakah harus pakai userform ?
> Bukankah sheet dengan proteksi sheet sudah bisa membantu ?
> Oh mungkin selera saja. ;-)
>
> Kid.****
>
> 2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>****
>
> ****
>
> He…he…, kurang heboh y mbak siti, sebenarnya datanya lebih heboh
> (Buaaaanyaaak)****
>
> Idenya pingin buat tampilan ke user biar data asli gak di utak-atik****
>
> Cuma…, Maaf mbak siti, kok di kompi ku gak jalan y?****
>
> Apa karna format tgl-nya beda, (di data 12/01/2011, di userform nya
> 1/12/2011)****
>
> Kompiku format date-nya Indonesia****
>
> Salam****
>
> RidwanRahman****
>
>
>
3e.

Re: ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Posted by: "Ridwan Rahman" ridwan7677@gmail.com   ridwan7677@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 1:47 am (PDT)



Belum ketangkap implementasinya mr. Kid. Bisa dicontohkan?

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 25 Juli 2011 15:31
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Bagaimana dengan formula filtering ?
User hanya input seperti di sebuah combobox di user form (tapi di sebuah
cell worksheet), kemudian data tampil sesuai pilihan user.

Kid.

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

Saya kira bukan Cuma SELERA, Mr.Kid. Kita orang yg terbiasa lihat data
banyak mungkin oke-2 aja, tapi bagi user clerical, biasanya rada pusing liat
data banyak, lum lagi di kasih fitur filter, banyak yg bilang mumet.
(Menurut saya lho mr.kid). Jadi saya pikir lebih aman, kalau dibatasi
tampilan data banyak yg seram-seram itu.

Regards

RidwanRahman

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 25 Juli 2011 15:18

To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Apakah harus pakai userform ?
Bukankah sheet dengan proteksi sheet sudah bisa membantu ?
Oh mungkin selera saja. ;-)

Kid.

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

He.he., kurang heboh y mbak siti, sebenarnya datanya lebih heboh
(Buaaaanyaaak)

Idenya pingin buat tampilan ke user biar data asli gak di utak-atik

Cuma., Maaf mbak siti, kok di kompi ku gak jalan y?

Apa karna format tgl-nya beda, (di data 12/01/2011, di userform nya
1/12/2011)

Kompiku format date-nya Indonesia

Salam

RidwanRahman

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of STDEV(i)
Sent: 25 Juli 2011 13:51
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Private Sub UserForm_Initialize()

' siti Vi // 21 Juli 2011

' rev2: 25 jul 2011

'----------------------------

Dim Cabang As Range, UniqCab, UniqTgl, UniqPjb, n As Long

Set Tbl = Sheets("Sheet1").Cells(4, 3).CurrentRegion

Set Cabang = Tbl.Offset(2, 2).Resize(Tbl.Rows.Count - 2, 1)

UniqCab = LOUV(Cabang)

UniqTgl = LOUV(Cabang.Offset(0, -1))

UniqPjb = LOUV(Cabang.Offset(0, 1))

ComboBox1.Clear: ComboBox2.Clear: ComboBox3.Clear

For n = LBound(UniqCab) To UBound(UniqCab)

ComboBox1.AddItem UniqCab(n)

Next n

For n = LBound(UniqTgl) To UBound(UniqTgl)

ComboBox2.AddItem UniqTgl(n)

Next n

For n = LBound(UniqPjb) To UBound(UniqPjb)

ComboBox3.AddItem UniqPjb(n)

Next n

End Sub

'----part code mengisi listbox ---------

' items dlm listbox

For r = 3 To Tbl.Rows.Count

If ComboBox1.ListIndex > -1 Then

If Tbl(r, 2) = CStr(ComboBox2) Then

If Tbl(r, 3) = ComboBox1 Then

If Tbl(r, 4) = ComboBox3 Then

n = n + 1

For c = 1 To Tbl.Columns.Count

.AddItem: .List(n, c - 1) = Tbl(r, c)

Next c

End If

End If

End If

End If

Next r

'---------------------------------

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>
>
> Kapan lalu telah dibahas oleh mbak ctv tentang listbox multi kolom dari
satu pilihan combo box.
> Mohon pencerahannya, gimana listbox multi kolom tersebut didapat dari
multi combo box,.
> Terima kasih sebelumnya.
> Salam
> RidwanRahman

3f.

Re: ctv_ListBox Multi_Kolom.xls

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 2:08 am (PDT)



Ini menggunakan formula. Jika data banyak atau memang boleh pakai VBA, maka
filter data bisa dikodekan, sehingga lebih cepat.
Moga-moga gak ada passwordnya.

Kid.

2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>

> Belum ketangkap implementasinya mr. Kid. Bisa dicontohkan?****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* 25 Juli 2011 15:31
>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls****
>
> ** **
>
> ****
>
> Bagaimana dengan formula filtering ?
> User hanya input seperti di sebuah combobox di user form (tapi di sebuah
> cell worksheet), kemudian data tampil sesuai pilihan user.
>
> Kid.****
>
> 2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>****
>
> ****
>
> Saya kira bukan Cuma SELERA, Mr.Kid. Kita orang yg terbiasa lihat data
> banyak mungkin oke-2 aja, tapi bagi user clerical, biasanya rada pusing liat
> data banyak, lum lagi di kasih fitur filter, banyak yg bilang mumet.
> (Menurut saya lho mr.kid). Jadi saya pikir lebih aman, kalau dibatasi
> tampilan data banyak yg seram-seram itu.****
>
> ****
>
> Regards****
>
> RidwanRahman****
>
> ****
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* 25 Juli 2011 15:18****
>
>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls****
>
> ****
>
> ****
>
> Apakah harus pakai userform ?
> Bukankah sheet dengan proteksi sheet sudah bisa membantu ?
> Oh mungkin selera saja. ;-)
>
> Kid.****
>
> 2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>****
>
> ****
>
> He…he…, kurang heboh y mbak siti, sebenarnya datanya lebih heboh
> (Buaaaanyaaak)****
>
> Idenya pingin buat tampilan ke user biar data asli gak di utak-atik****
>
> Cuma…, Maaf mbak siti, kok di kompi ku gak jalan y?****
>
> Apa karna format tgl-nya beda, (di data 12/01/2011, di userform nya
> 1/12/2011)****
>
> Kompiku format date-nya Indonesia****
>
> Salam****
>
> RidwanRahman****
>
> ****
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *STDEV(i)
> *Sent:* 25 Juli 2011 13:51
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ctv_ListBox Multi_Kolom.xls****
>
> ****
>
> ****
>
> Private Sub UserForm_Initialize()****
>
> ' siti Vi // 21 Juli 2011****
>
> ' rev2: 25 jul 2011****
>
> '----------------------------****
>
> Dim Cabang As Range, UniqCab, UniqTgl, UniqPjb, n As Long****
>
> Set Tbl = Sheets("Sheet1").Cells(4, 3).CurrentRegion****
>
> Set Cabang = Tbl.Offset(2, 2).Resize(Tbl.Rows.Count - 2, 1)****
>
> ****
>
> UniqCab = LOUV(Cabang)****
>
> UniqTgl = LOUV(Cabang.Offset(0, -1))****
>
> UniqPjb = LOUV(Cabang.Offset(0, 1))****
>
> ComboBox1.Clear: ComboBox2.Clear: ComboBox3.Clear****
>
> ****
>
> For n = LBound(UniqCab) To UBound(UniqCab)****
>
> ComboBox1.AddItem UniqCab(n)****
>
> Next n****
>
> ****
>
> For n = LBound(UniqTgl) To UBound(UniqTgl)****
>
> ComboBox2.AddItem UniqTgl(n)****
>
> Next n****
>
> ****
>
> For n = LBound(UniqPjb) To UBound(UniqPjb)****
>
> ComboBox3.AddItem UniqPjb(n)****
>
> Next n****
>
> ****
>
> End Sub****
>
> ****
>
> ****
>
> '----part code mengisi listbox ---------****
>
> ' items dlm listbox****
>
> For r = 3 To Tbl.Rows.Count****
>
> If ComboBox1.ListIndex > -1 Then****
>
> If Tbl(r, 2) = CStr(ComboBox2) Then****
>
> If Tbl(r, 3) = ComboBox1 Then****
>
> If Tbl(r, 4) = ComboBox3 Then****
>
> n = n + 1****
>
> For c = 1 To Tbl.Columns.Count****
>
> .AddItem: .List(n, c - 1) = Tbl(r, c)****
>
> Next c****
>
> End If****
>
> End If****
>
> End If****
>
> End If****
>
> Next r****
>
> '---------------------------------****
>
> ****
>
>
> 2011/7/25 Ridwan Rahman <ridwan7677@gmail.com>
> >
> > Kapan lalu telah dibahas oleh mbak ctv tentang listbox multi kolom dari
> satu pilihan combo box.
> > Mohon pencerahannya, gimana listbox multi kolom tersebut didapat dari
> multi combo box,…
> > Terima kasih sebelumnya.
> > Salam
> > RidwanRahman****
>
> ****
>
> ****
>
> ** **
>
> ****
>
4a.

Re: MS Query dari File Excel yang Berbeda

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 1:23 am (PDT)



Assalamualaikum Wr. Wb. Om Zain,

Sudah coba buat query joinnya ?
Kalau boleh tahu, errornya disebelah mana ya ? soale lagi gak bisa buka
Excel.

Kira-kira joinnya : (misal cari data b yang gak ada di data a. data b di
file lain)
select a.kol1, b.kol7 from [sheet1$] as a left outer join
[d:\folderku\dataku.xls].[sheet77$] as b on a.kol1=b.kol5
where b.kol5 is null

Kid.

2011/7/25 zainul ulum [yahoo] <zainul_ulum@yahoo.com>

> **
>
>
> Teman be-excel,****
>
> Saya sedang membuat VBA untuk melakukan query dari file excel yang lain
> menggunakan object QueryTable.****
>
> Terlampir code yang telah aku buat. Code berjalan saat aku coba melakukan
> JOIN (penggabungan) dari dua table/sheet yang bersumber dari file excel yang
> sama.****
>
> ** **
>
> Mohon sharing dari rekan2 bagaimanakan melakukan JOIN dari dua table atau
> lebih dimana sumbernya berasal dari file excel yang lain?****
>
> ** **
>
> Terimakasih****
>
> -zainul-****
>
>
>
>
4b.

Re: MS Query dari File Excel yang Berbeda

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Mon Jul 25, 2011 1:42 am (PDT)



Wa'alaikum salam wr.wb..
Saya berencana membuat table dengan querytable.
Salah satu property di object query table adalah connection.
1. Apakah bisa connection ini mengacu ke beberapa file excel (workbook)? Kalo bisa, bagaimana codingnya?
2. Kalo kita memamaki ms query wizard, secara default akan mengarahkan kita ke satu file excel saja. Apakah bisa juga diarahkan ke beberapa file excel (workbook)
wassalam
-zainul-
¤..belum pakai blackberry...¤

-original message-
Subject: Re: [belajar-excel] MS Query dari File Excel yang Berbeda
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Date: 25/07/2011 3:22 PM

Assalamualaikum Wr. Wb. Om Zain,

Sudah coba buat query joinnya ?
Kalau boleh tahu, errornya disebelah mana ya ? soale lagi gak bisa buka
Excel.

Kira-kira joinnya : (misal cari data b yang gak ada di data a. data b di
file lain)
select a.kol1, b.kol7 from [sheet1$] as a left outer join
[d:\folderku\dataku.xls].[sheet77$] as b on a.kol1=b.kol5
where b.kol5 is null

Kid.

2011/7/25 zainul ulum [yahoo] <zainul_ulum@yahoo.com>

> **
>
>
> Teman be-excel,****
>
> Saya sedang membuat VBA untuk melakukan query dari file excel yang lain
> menggunakan object QueryTable.****
>
> Terlampir code yang telah aku buat. Code berjalan saat aku coba melakukan
> JOIN (penggabungan) dari dua table/sheet yang bersumber dari file excel yang
> sama.****
>
> ** **
>
> Mohon sharing dari rekan2 bagaimanakan melakukan JOIN dari dua table atau
> lebih dimana sumbernya berasal dari file excel yang lain?****
>
> ** **
>
> Terimakasih****
>
> -zainul-****
>
>
>
>

4c.

Re: MS Query dari File Excel yang Berbeda

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 2:22 am (PDT)



Coba susun querynya menggunakan long format pada bagian FROM nya
contoh :
select a.kol1, b.kol7 from [sheet1$] as a left outer join *
[d:\folderku\dataku.xls].[**sheet77$]* as b on a.kol1=b.kol5 where b.kol5 is
null

syntax object database :
[server].[nama_database].*[schema]*.[nama_tabel].[nama_kolom]

khusus [schema] biasanya pada database engine yang memiliki fitur schema
seperti MS SQL Server atau ORACLE.
Jadi, untuk bagian FROM yang hanya membutuhkan sampai level nama tabel, bisa
: (asumsi tidak punya schema)
[server].[nama_database].[nama_tabel]

Jika ada di komputer lokal :
[nama_database].[nama_tabel]

Yang umum, data dalam 1 database, sehingga cukup ditulis :
[nama_tabel]

Server bisa berupa ip address.
Nama database, bisa disertai fullpath seperti
Drive:\folderku\dataku\nama_databaseku.xls
Nama tabel di excel, jika merupakan sebuah sheet (bukan named range) ==>
[nama_sheet$]

Gunakan alias agar penulisan lebih singkat, seperti :
from [sheet1$] as a

Jika ternyata file excel yang akan dikoneksi adalah xl2007 ke atas yang
berformat open xml (xlsx atau apa aja yang 4 char extension-nya), gunakan
driver MS ACE OLEDB 12.0 dengan extended properties diisi :
Excel 12.0

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2011/7/25 zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com>

> **
>
>
> Wa'alaikum salam wr.wb..
> Saya berencana membuat table dengan querytable.
> Salah satu property di object query table adalah connection.
> 1. Apakah bisa connection ini mengacu ke beberapa file excel (workbook)?
> Kalo bisa, bagaimana codingnya?
> 2. Kalo kita memamaki ms query wizard, secara default akan mengarahkan kita
> ke satu file excel saja. Apakah bisa juga diarahkan ke beberapa file excel
> (workbook)
> wassalam
> -zainul-
> ¤..belum pakai blackberry..
>
>
> -original message-
> Subject: Re: [belajar-excel] MS Query dari File Excel yang Berbeda
> From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> Date: 25/07/2011 3:22 PM
>
> Assalamualaikum Wr. Wb. Om Zain,
>
> Sudah coba buat query joinnya ?
> Kalau boleh tahu, errornya disebelah mana ya ? soale lagi gak bisa buka
> Excel.
>
> Kira-kira joinnya : (misal cari data b yang gak ada di data a. data b di
> file lain)
> select a.kol1, b.kol7 from [sheet1$] as a left outer join
> [d:\folderku\dataku.xls].[sheet77$] as b on a.kol1=b.kol5
> where b.kol5 is null
>
> Kid.
>
> 2011/7/25 zainul ulum [yahoo] <zainul_ulum@yahoo.com>
>
> > **
> >
> >
> > Teman be-excel,****
> >
> > Saya sedang membuat VBA untuk melakukan query dari file excel yang lain
> > menggunakan object QueryTable.****
> >
> > Terlampir code yang telah aku buat. Code berjalan saat aku coba melakukan
> > JOIN (penggabungan) dari dua table/sheet yang bersumber dari file excel
> yang
> > sama.****
> >
> > ** **
> >
> > Mohon sharing dari rekan2 bagaimanakan melakukan JOIN dari dua table atau
> > lebih dimana sumbernya berasal dari file excel yang lain?****
> >
> > ** **
> >
> > Terimakasih****
> >
> > -zainul-****
> >
> >
> >
> >
>
>
>
4d.

Re: MS Query dari File Excel yang Berbeda

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Mon Jul 25, 2011 2:30 am (PDT)



Maturnuwun mas..
Saya coba, nanti dilaporkan hasilnya...
Wassalam
-zainul-
¤..belum pakai blackberry...¤

-original message-
Subject: Re: [belajar-excel] MS Query dari File Excel yang Berbeda
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Date: 25/07/2011 4:21 PM

Coba susun querynya menggunakan long format pada bagian FROM nya
contoh :
select a.kol1, b.kol7 from [sheet1$] as a left outer join *
[d:\folderku\dataku.xls].[**sheet77$]* as b on a.kol1=b.kol5 where b.kol5 is
null

syntax object database :
[server].[nama_database].*[schema]*.[nama_tabel].[nama_kolom]

khusus [schema] biasanya pada database engine yang memiliki fitur schema
seperti MS SQL Server atau ORACLE.
Jadi, untuk bagian FROM yang hanya membutuhkan sampai level nama tabel, bisa
: (asumsi tidak punya schema)
[server].[nama_database].[nama_tabel]

Jika ada di komputer lokal :
[nama_database].[nama_tabel]

Yang umum, data dalam 1 database, sehingga cukup ditulis :
[nama_tabel]

Server bisa berupa ip address.
Nama database, bisa disertai fullpath seperti
Drive:\folderku\dataku\nama_databaseku.xls
Nama tabel di excel, jika merupakan sebuah sheet (bukan named range) ==>
[nama_sheet$]

Gunakan alias agar penulisan lebih singkat, seperti :
from [sheet1$] as a

Jika ternyata file excel yang akan dikoneksi adalah xl2007 ke atas yang
berformat open xml (xlsx atau apa aja yang 4 char extension-nya), gunakan
driver MS ACE OLEDB 12.0 dengan extended properties diisi :
Excel 12.0

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2011/7/25 zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com>

> **
>
>
> Wa'alaikum salam wr.wb..
> Saya berencana membuat table dengan querytable.
> Salah satu property di object query table adalah connection.
> 1. Apakah bisa connection ini mengacu ke beberapa file excel (workbook)?
> Kalo bisa, bagaimana codingnya?
> 2. Kalo kita memamaki ms query wizard, secara default akan mengarahkan kita
> ke satu file excel saja. Apakah bisa juga diarahkan ke beberapa file excel
> (workbook)
> wassalam
> -zainul-
> ¤..belum pakai blackberry...¤
>
>
> -original message-
> Subject: Re: [belajar-excel] MS Query dari File Excel yang Berbeda
> From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> Date: 25/07/2011 3:22 PM
>
> Assalamualaikum Wr. Wb. Om Zain,
>
> Sudah coba buat query joinnya ?
> Kalau boleh tahu, errornya disebelah mana ya ? soale lagi gak bisa buka
> Excel.
>
> Kira-kira joinnya : (misal cari data b yang gak ada di data a. data b di
> file lain)
> select a.kol1, b.kol7 from [sheet1$] as a left outer join
> [d:\folderku\dataku.xls].[sheet77$] as b on a.kol1=b.kol5
> where b.kol5 is null
>
> Kid.
>
> 2011/7/25 zainul ulum [yahoo] <zainul_ulum@yahoo.com>
>
> > **
> >
> >
> > Teman be-excel,****
> >
> > Saya sedang membuat VBA untuk melakukan query dari file excel yang lain
> > menggunakan object QueryTable.****
> >
> > Terlampir code yang telah aku buat. Code berjalan saat aku coba melakukan
> > JOIN (penggabungan) dari dua table/sheet yang bersumber dari file excel
> yang
> > sama.****
> >
> > ** **
> >
> > Mohon sharing dari rekan2 bagaimanakan melakukan JOIN dari dua table atau
> > lebih dimana sumbernya berasal dari file excel yang lain?****
> >
> > ** **
> >
> > Terimakasih****
> >
> > -zainul-****
> >
> >
> >
> >
>
>
>

5a.

Label registrasi barang

Posted by: "Bachelor Ard" bachelor_ard@yahoo.com   bachelor_ard

Mon Jul 25, 2011 4:03 am (PDT)



Asslm alkum master2....

saya mencoba buat label barang dengan maksud nomor serinya 4 digit dng 4 cell
[masing2 1 digit 1 cell] secara otomatis
namun kendalanya, sesampai di angka sembilan menuju sepuluh...
lebih jelasnya mohon di liat attach!!

terima kasih sebelumnya
5b.

Re: Label registrasi barang

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Jul 25, 2011 4:52 am (PDT)



pakai cara yg gampang saja
( dengan kolom bantu) diisi rumus yg bisa membuat nomo urut
tetapi tiap nomor ditulis dua kali di dua baris, kemudian di konversi
ke text agar "berformat" "0000"

hasil formula bantu itu dipisah menjadi 4 data (dengan fungsi MID)

[image: penampakan.GIF]

2011/7/25 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>

> **
>
> saya mencoba buat label barang dengan maksud nomor serinya 4 digit dng 4
> cell [masing2 1 digit 1 cell] secara otomatis
> namun kendalanya, sesampai di angka sembilan menuju sepuluh...
> lebih jelasnya mohon di liat attach!!
> terima kasih sebelumnya
>
5c.

Re: Label registrasi barang

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jul 25, 2011 4:54 am (PDT)



Wa alaikum salam Wr. Wb.

Dengan asumsi bahwa data kolom B baris setiap label selalu berisi data
numerik. Pakai running Count saja ya. Kemudian di format text dengan fungsi
Text dan diambil data per digit oleh Mid yang hasilnya dikonversi ke numerik
lagi.
=IF(ISNUMBER($B6),--MID(TEXT(COUNT($B$5:$B6),"0000"),COLUMNS($A$1:A$1),1),"")

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2011/7/25 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>

> **
>
>
> Asslm alkum master2....
>
> saya mencoba buat label barang dengan maksud nomor serinya 4 digit dng 4
> cell [masing2 1 digit 1 cell] secara otomatis
> namun kendalanya, sesampai di angka sembilan menuju sepuluh...
> lebih jelasnya mohon di liat attach!!
>
> terima kasih sebelumnya
>
>
>
>
5d.

Re: Label registrasi barang

Posted by: "Bachelor Ard" bachelor_ard@yahoo.com   bachelor_ard

Mon Jul 25, 2011 11:28 am (PDT)



Mba citi, Mr.Kid, dan Mas Gozhi...
terima kasih banyak atas atas responnya
maaf...maaf nich bukan maksud tidak bersyukur atas bantuan master2 sekalian...
sebelumnya contoh yg saya kirim memang sangat sederhana, namun sesungguhnya
setelah saya sesuaikan dengan format yang telah saya buat ternyata masih sedikit
terkendala, krn kalau saya nda salah rumus2 tersebut diformulasi utk dicopy ke
bawah, sedangkan format yang saya persiapkan utk di cetak ada 4 kolom label
per-1 lembar kertas.
sekali lagi mohon maaf.. merepotkan, mudah2an masih sudih memberikan pencerahan

terima kasi utk kesekian kalinya.!

sekalian saya sertakan format label dan syarat pelabelan

________________________________
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Mon, July 25, 2011 7:51:39 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Label registrasi barang

pakai cara yg gampang saja

( dengan kolom bantu) diisi rumus yg bisa membuat nomo urut
tetapi tiap nomor ditulis dua kali di dua baris, kemudian di konversi
ke text agar "berformat" "0000"

hasil formula bantu itu dipisah menjadi 4 data (dengan fungsi MID)

2011/7/25 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>

>
>saya mencoba buat label barang dengan maksud nomor serinya 4 digit dng 4 cell
>[masing2 1 digit 1 cell] secara otomatis
>namun kendalanya, sesampai di angka sembilan menuju sepuluh...
>lebih jelasnya mohon di liat attach!!
>terima kasih sebelumnya
5e.

Re: Label registrasi barang

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Jul 25, 2011 1:47 pm (PDT)



lho ? kan tiap kolom berikutnya tinggal menambah N [jml label per kolom]
pada
kolom sebelumnya

cara menuliskan FUNGSI dan FORMULA memang ada aturannya dan dapat dipelajari
tetapi TRICK & "JALAN YG MAU DILALUI" menuju tujuan, harusnya SUDAH ada
di dalam diri kita. Tiap orang punya TRICK-nya sendiri...
-------------------------------------

4 digit running numbers dlm 4 kolom per kolom 26 nomor:

*Array Formula*, yg ditulis sekaligus pada 4 cells sebaris (multi hasil)
*=MID(TEXT(FLOOR($A6+1,2)/2+(J$1*26),"0000"),{1,2,3,4},1)*
*
*
* J1, P1, V1, AB1 adalah cell bantu (berisi pencacah kolom dimulai dari 0)

[image: pindah kolom nomor diperbesar 26.GIF]

Dgn dijadikan array formula spt itu, maka kolom bantu (B) boleh dihapus.
*
*untuk mempercepat penulisan formula
1. *Array formula di G6:J6* ditulis cukup sekali saja (di 4 cells tsb)
(jangan lupa tombol C+S+E)
2 G6:J6 dicopy dan dipaste ke: M6:P6, ke S6:V6 dan ke Y6:AB6
3. baris E6:AB6 dicopy dan dipaste ke:
E6:AB6 , E8:AB8 , E10:AB10 dst ke bawah

*s*iti

2011/7/25 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>
>
> Mba citi, Mr.Kid, dan Mas Gozhi...
> terima kasih banyak atas atas responnya
> maaf...maaf nich bukan maksud tidak bersyukur atas bantuan master2
sekalian...
> sebelumnya contoh yg saya kirim memang sangat sederhana, namun
sesungguhnya
> setelah saya sesuaikan dengan format yang telah saya buat ternyata masih
sedikit
> terkendala, krn kalau saya nda salah rumus2 tersebut diformulasi utk
dicopy ke
> bawah, sedangkan format yang saya persiapkan utk di cetak ada 4 kolom
label
> per-1 lembar kertas.
> sekali lagi mohon maaf.. merepotkan, mudah2an masih sudih memberikan
pencerahan
> terima kasi utk kesekian kalinya.!
> sekalian saya sertakan format label dan syarat pelabelan
>
> ________________________________
> From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> Sent: Mon, July 25, 2011 7:51:39 PM
>
> pakai cara yg gampang saja
> ( dengan kolom bantu) diisi rumus yg bisa membuat nomo urut, tetapi tiap
nomor
> ditulis dua kali di dua baris, kemudian di konversi ke text agar
"berformat" "0000"
> hasil formula bantu itu dipisah menjadi 4 data (dengan fungsi MID)
5f.

Re: Label registrasi barang

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon Jul 25, 2011 3:57 pm (PDT)



coba kirimkan dulu contoh variasi pemberian lebel dari berbagai jenis inventaris, secara manual nanti saya akan mencoba memahami alur logika yang memungkinkan untuk dicarikan formula yang pas.
karena ada maksud yang  belum saya mengerti mengenai urutan otomatisnya,  apakah berdasarkan keseluruhan inventaris, atau berdasarkan spesikasi kelompok digit.

mengenai formula saya sebelumnya yang gagal diterapkan pada attachment yang saya respon ini karena ada salah penempatan formula pada kolom yang lain.
=MID(TEXT(COUNTIF($B$5:$B5;"D-X");"0000");COLUMNS($D6:D6);1)

formula ini khusus untuk ditempatkan di kolom D karena absolut ($) pada kolom D begitu dipindah ke kolom lainnya maka start awal berhitungnya menjadi tidak pas karena tetap menghitung dari kolom D.

untuk mengantisipasi hal ini sekarang formula nya saya ganti dengan yang lebih flexible

=MID(TEXT(COUNTIF($B$5:$B5;"D-X");"0000");COLUMNS($A:A);1)

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sel, 26/7/11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> menulis:

Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Label registrasi barang
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Selasa, 26 Juli, 2011, 3:47 AM

lho ?  kan tiap kolom berikutnya tinggal menambah N  [jml label per kolom]  pada kolom sebelumnya

cara menuliskan FUNGSI dan FORMULA memang ada aturannya dan dapat dipelajari
tetapi TRICK & "JALAN YG MAU DILALUI" menuju tujuan, harusnya SUDAH ada 

di dalam diri kita. Tiap orang punya TRICK-nya sendiri...

-------------------------------------
4 digit running numbers dlm 4 kolom per kolom 26 nomor:
Array Formula, yg ditulis sekaligus pada 4 cells sebaris (multi hasil)

=MID(TEXT(FLOOR($A6+1,2)/2+(J$1*26),"0000"),{1,2,3,4},1)

*  J1, P1, V1, AB1  adalah cell bantu (berisi pencacah kolom dimulai dari 0)

Dgn dijadikan array formula spt itu, maka kolom bantu (B) boleh dihapus.

untuk mempercepat penulisan formula
1. Array formula di G6:J6 ditulis cukup sekali saja (di 4 cells tsb)
   (jangan lupa tombol C+S+E)

2  G6:J6  dicopy dan dipaste ke:   M6:P6,  ke S6:V6 dan ke  Y6:AB6
3. baris  E6:AB6  dicopy dan dipaste ke:
   E6:AB6 , E8:AB8 , E10:AB10  dst ke bawah

siti

2011/7/25 Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>

>
> Mba citi, Mr.Kid, dan Mas Gozhi...
> terima kasih banyak atas atas responnya

> maaf...maaf nich bukan maksud tidak bersyukur atas bantuan master2 sekalian...
> sebelumnya contoh yg saya kirim memang sangat sederhana, namun sesungguhnya
> setelah saya sesuaikan dengan format yang telah saya buat ternyata masih sedikit

> terkendala, krn kalau saya nda salah rumus2 tersebut diformulasi utk dicopy ke
> bawah, sedangkan format yang saya persiapkan utk di cetak ada 4 kolom label
> per-1 lembar kertas.
> sekali lagi mohon maaf.. merepotkan, mudah2an masih sudih memberikan pencerahan

> terima kasi utk kesekian kalinya.!
> sekalian saya sertakan format label dan syarat pelabelan
>
> ________________________________

> From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> Sent: Mon, July 25, 2011 7:51:39 PM
>
> pakai cara yg gampang saja
> ( dengan kolom bantu) diisi rumus yg bisa membuat nomo urut, tetapi tiap nomor
> ditulis dua kali di dua baris, kemudian di konversi ke text agar "berformat" "0000"

> hasil formula bantu itu dipisah menjadi 4 data (dengan fungsi MID)

6.

Bls: [belajar-excel] Label registrasi barang

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon Jul 25, 2011 5:04 am (PDT)



selama data pada kolom B baris ganjil berisi data yang sama seperti contoh di attachment. maka :
formula diisikan di kolom genap dimulai D6 kolom pertama  dari empat digit yang dipersiapkan,selanjutnya dicopykan ke kolom E6 ,F6 dan G6 ( digit ke 2,3 dan 4)
formulanya:

=MID(TEXT(COUNTIF($B$5:$B5;"D-X");"0000");COLUMNS($D6:D6);1)

selanjutnya setiap empat cell di kolom genap tempat empat digit dipersiapkan diisi dengan formula dari copyan formula di atas.

insya Allah hasilnya seperti yang diharapkan

wassalam

Ghozi Alkatiri
--- Pada Sen, 25/7/11, Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com> menulis:

Dari: Bachelor Ard <bachelor_ard@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] Label registrasi barang
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 25 Juli, 2011, 6:03 PM

 

Asslm alkum master2....

saya mencoba buat label barang dengan maksud nomor serinya 4 digit dng 4 cell [masing2 1 digit 1 cell] secara otomatis
namun kendalanya, sesampai di angka sembilan menuju sepuluh...
lebih jelasnya mohon di liat attach!!

terima kasih sebelumnya

7a.

Bls: [belajar-excel] Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F

Posted by: "Hariansyah" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Mon Jul 25, 2011 11:38 am (PDT)



Untuk teman-2 yang sdh memberikan masukan, info dan rumus Excel & VB, thanks ya atas penjelasan dan rumusnya. Mudah-2 bermanfaat.

Btw untuk buku Excel VB yang semestinya saya miliki apa ya.
Mhn info.

Regards,

Harry

________________________________
Dari: HerrSoe <herrsoe@gmail.com>
Dikirim: Senin, 25 Juli 2011 6:53

Excel 2003

menambah command button

Button dari ToolBar Form
aktifkan toolbar form (menu view > toolbars > FORM)

klik Aikon "Button" yg ada pada toolbar tsb
Goreskan ujung mouse pointer (yg saat itu sedang berubah menjadi tanda +)
ke sheet, dlm bentuk pesegi,Selesai !!

( Button tidak punya Mode kapan didesign kapan siap dipakai )

CommandaButton dari ToolBar ControlToolBox / Active-X control

Sama dengan langkah di atas, berbeda di toolbar yg aktifkan = Control ToolBox

** Button menurut pendapatku hanya sebuah gambar. Dan sbg sebuah gambar (seperti gambar / shape lain) ia dapat diassign untuk menjalankan makro

Object Control (object untuk mempengaruhi) sesuatu nilai di cell / sheet) jenis ini
propertynya sangat minim, tidak punya methods apalagi Events
Caba saja anda usahakan mewarnai Button di luar warna aslinya),juga carilah cara untuk mengganti ukuran maupun jenis font nya.

** CommandButton (termasuk type Active-X Controls) kaya akan property, method
dan Event sehingga lebih mudah "diprogram"

Command Button (sbg keluarga activeX control) punya 2 Mode:
* Design mode / mode "saat didesign" (di setting propertiesnya ), saat itu si control tidak aktif, belum dapat dioperasikan sesuai tujuannya
* mode siap / (di sononya tertulis 'Exit DesignMode'), saat itu si control telah siap menjalankan aksinya
batas kedua mode ini adalah dengan mengklik Ikon "Garisan Biru" yg ada pada toolbar Control ToolBox.

Tool Control + F
Tentunya yg anda maksud adalah shortcut Control F SEBELUM workbook diubah-ubah shortcutnya

Catatan: kita dapat membuat tool sendiri (misal dengan makro) dan kemudian di set agar makro terpanggil dengan Ctrl + F.
Artinya TOOL / FITUR yg diaktifkan dgn Ctrl + F yg anda maksud, belum tentu TOOL yang sama dengan milik orang lain (di komputer / excel /workbook ) lain.

Karena anda hanya menyebut Ctrl + F, kita anggap Ctrl + Fsebelum diganti, yaitu mengaktifkan metoda FIND (menu : Edit > Find...)

Selain commandbutton, tambahkan 1 TextBox yg akan kita pakai sebagai tempat menuliskan kriteria (find what) nya..
Command Button yg telah di-instanciated ke worksheet tadi dapat anda klik kanan, pilih menu View Code

Tuliskan VBA codingnya di module sheet beradanya Control tsb.
(makro yg beberapa minggu y.l. dibuat oleh mbak Haps, saya hanya menambahkan TextBox sbg tempat kriteria dituliskan)

Private Sub CommandButton1_Click()
Dim xCell As Range

Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _
After:=ActiveCell, LookIn:=xlFormulas, _
LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
SearchDirection:=xlNext, _
MatchCase:=False, SearchFormat:=False)

If Not xCell Is Nothing Then
xCell.Activate
Range("I2") = xCell.Address(0, 0)
Else
Range("I2") = ""
MsgBox "ndak ada !", vbExclamation, "Hasil Pencarian"
End If

End Sub

Jawaban ini hanyahasil dari mengira-kira maksud yg ditanyakan;
karena "terus terang" bagi saya pertanyaan tsb terlalu singkat (malas menjelaskan maksud, tanpa lampiran pendukung yg mempermudah pemahanan bagi orang lain) antara lain ada dua hal besar digabung dlm satu kalimat pertanyaan pendek, sehingga banyak hal yg "delik" nya tidak jelas...
maaf....

2011/7/24 Hariansyah <hariansyahptk@yahoo.com>
> Bagaimana menambah Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F...???
> Terima kasih.

8a.

Re: Forms.CommandButton untuk tools Ctrl + F

Posted by: "arafir syah" arafirsyah@hotmail.com

Mon Jul 25, 2011 11:41 am (PDT)



terima kasih Mba Siti untuk penjelasannya
sangat bermanfaat sekali

regards,
Arafir Syah

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: setiyowati.devi@gmail.com
Date: Mon, 25 Jul 2011 12:29:34 +0700

sementara HerrSoe sedang mudik "ndeso"...
untuk menghitung banyaknya data tertentu dalam Range tertentu
tidak perlu pakai makro, cukup dengan formula yg memanfaatkan fungsi COUNTIF

dicoba ya pak

1. nilai textbox direkayasa agar diCerminkan ke sebuah cell (agar dapat dilibatkan dlm rumus)

klik ikon Design ModeKlik-Kanan Object TextBox1 > pada menu yg muncul pilih : Properties

cari property LInked Cell, isi dengan D2

2setelah kita punya nilai data yg akan dicari (kriteria) di sebuah cell maka mencari nya lebih mudah

tulis rumus ini di cell mana saja (diluar range berdata) misalnya di cell L2=COUNTIF($C$4:$O$37,D2)

rumus ini akan selalu menunjukkan banyaknya data seperti di TextBox1
(yg sekarang sudah di Linked ke cell D2); daerah pencarian C4:O37

semoga tidak terlalu jauh dengan yg dikehendaki

siti

2011/7/25 arafir syah <arafirsyah@hotmail.com>
pas sekali dari milis ini menanyakan mengenai pencarian menggunakan commandbutton, dan juga terimakasih Mas herrsoe..
jika kita ingin mengetahui ada beberapa text yang sedang dicari?

terima kasih,

Arafir Syah

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Small Business Group

Ask questions,

share experiences

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Resources and tips

for parents

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar