Jumat, 09 September 2011

[belajar-excel] Digest Number 1318

Messages In This Digest (17 Messages)

Messages

1a.

Bagaimana membuat hyper link secara otomatis

Posted by: "Tjahya Hartono" tjahyahartono@yahoo.co.id   tjahyahartono

Thu Sep 8, 2011 8:38 pm (PDT)



Dear master Excel,
 

1)Bagaimana membuat ini otomatis nge-link ke newsheet2 tanpa prosedur standar, sedang  inginnya saya tidak perlu membuat ini terus menerus, saya biasanya copy ke issue dulu trus langsung paste ke sheet company langsung aq link-in ke new sheet (insert hyperlink-place in this document)
2) bagaimana membuat laporan untuk menghitung jumlah berdasarkan cre, date, mapun company nya  dalam kolom issue secara otomatis. Pake pivot mungkin ya?tapi sepengetahuan saya kalo pake pivot ribetnya kalo ditambahi datanya harus buat pivot lagi. Sedangkan penambahan ini terus menerus dilakukan. Sorry masih belajar soalnya
 
 
Terima kasih
 
 
Tjahya
1b.

Re: Bagaimana membuat hyper link secara otomatis

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Sep 9, 2011 2:38 am (PDT)



bukan master ingin belajar menjawab:
mungkin begini

Private Sub LinkToSheet(vTarget As Range)
* ' - hapsari - sept 09, 2011*
With vTarget
If .Cells.Count = 1 Then
If .Column = 1 Then
If .Row > 1 Then
If Not .Value = vbNullString Then
If IsSheetFound(.Value) Then
Sheets(.Value).Activate
ActiveSheet.Range("B3").Activate
Else
MsgBox "tidak ada sheet bernama " & .Value
End If
End If
End If
End If
End If
End With
End Sub

pertanyaan ke dua tidak dijawab karena diluar topik yg tertulis di subjet
posting ini
(saran 1 email = 1 kasus, agar tidak merusak threads milis..)

2011/9/9 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>
>
> Dear master Excel,
>
> 1)Bagaimana membuat ini otomatis nge-link ke newsheet2 tanpa prosedur
standar, sedang inginnya saya tidak perlu membuat ini terus menerus, saya
biasanya copy ke issue dulu trus langsung paste ke sheet company langsung aq
link-in ke new sheet (insert hyperlink-place in this document)
>
> 2) bagaimana membuat laporan untuk menghitung jumlah berdasarkan cre,
date, mapun company nya dalam kolom issue secara otomatis. Pake pivot
mungkin ya?tapi sepengetahuan saya kalo pake pivot ribetnya kalo ditambahi
datanya harus buat pivot lagi. Sedangkan penambahan ini terus menerus
dilakukan. Sorry masih belajar soalnya
>
> Terima kasih
> Tjahya
2a.

Re: Cara memindahkan data otomatis

Posted by: "william" williamsetiobudi@yahoo.com.sg   williamsetiobudi

Thu Sep 8, 2011 8:53 pm (PDT)



Hehehe....ok...thx u banyak buat semuanya....maklum newbie br pertama kali...jd agak bingung...
Sy pelajari dl file dr Mr.kid...thx u

Thx

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Haps <hapsari.stlizbeth@...> wrote:
>
> Sebetulnya, pertanyaan ini (BAGAIMANA MEMBUKA ATTACMENT MILIS MESSAGE)
> *sudah dijawab dengan sejelas-jelasnya *oleh mbak Moderator yang ceriwis
> itu
> on Mon Aug 22, 2011 12:05 pm di bawah Topik "PivotTable sederhana"
>
> Di Web Milis BeExcel, penjelasan itu dapat dibaca di link ini:
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/12647
>
> Tetapi kalau dibacanya di Web Milis; gambar-gambar tidak ikut tampil padahal
> kekuatan penjelasannya 50% ada di gambar2 tsb.
>
> Repotnya, pak William ini dalam mengikuti milis, status keanggotaannya
> (katanya)
> adalah :* "Special Notice" *yaitu *tidak akan menerima kiriman MAIL dari
> milis*
> kecuali Moderator mengirimkan pengumuman yg diberi tanda "Special Notice"
> (agar para member berstatus "Special Notice" ikut menerima posting tsb)
> padahal "kejadian" seperti ini sangat jarang (bahkan di milis BeExcel,
> katanya,
> belum pernah terjadi)
>
> *Mengapa Pak William memiih status tsb (sedangkan ternyata beliau
> menggunakan
> milis sebagai media diskusi / tanya-jawab) ?* dan telah dua kali ini
> kebingungan
> mencari cara membuka Attachment ex Posting milis ?
> Hanya beliau sendirilah yang tahu.
>
> ( setting Attachmentnya jelas tertulis di web: *"Email attachments are
> distributed, not archived")*
>
> Mail penjelasan dari Mbak Moderator yang ceriws.. yo wis, ttgl 22 Aug 2011
> siang,
> telah di FORWARD via japri ke email-address pak William. Semoga dibaca..
>
>
>
>
>
> 2011/8/27 william <williamsetiobudi@...>
>
> > **
> > Help...please ...
> > Bagaimana cara open attachment yg dilampirkan Mr.Kid ??
> > Kok tdk bisa sama sekali ya ? Tdk ada tombol download ataupun apapun ...?
> > Thx before
> >
> > ----------------------------------------------------------
> > bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> > belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
> >
> > posting ke milis, kirimkan ke:
> > belajar-excel@yahoogroups.com
> >
> > berkunjung ke web milis
> > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
> > *
> > melihat file archive / mendownload lampiran
> > http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/* *
> > atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> > http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/*
> >
> > menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
> >
> > keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> > kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> > ----------------------------------------------------------
> >
> > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@> wrote:
> > >
> > > Selamat Sore Pak William,
> > >
> > > File terlampir (pilih salah satu saja), menggunakan sebuah sheet dengan
> > > inputan tanggal sebagai sebuah lembar pelaporan. Jika akan dibuat sheet
> > > pertanggal, maka copy sheet tersebut, dan isi tanggal dengan tanggal yang
> > > sesuai untuk sheet baru tersebut.
> > >
> > > Pelaporan masih disusun kesamping, karena jumlah baris yang ditampillkan
> > > bagian pemasukan atapun pengeluaran, tidaklah tetap. Jika akan dipaksa
> > > tetap, bisa jadi malah ada banyak cell berformula tetapi kosong. Jadi,
> > Anda
> > > atur saja sesuai kebutuhan Anda akan di layout seperti apa.
> > >
> > > Pelajari array formula. Kemudian pelajari array formula untuk filtering.
> > >
> > > Selamat belajar.
> > > Kid.
> > >
> > > 2011/8/2 william setiobudi <williamsetiobudi@>
> > >
> > > > **
> >
> > > > Rekan2 master ...
> > > > Mohon bantuannya dalam memindahkan data secara otomatis ke masing2
> > sheet
> > > > per tanggal.
> > > >
> > > > Best Regards
> > > > William
> >
>

3a.

Sheet in the UserForm.

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Thu Sep 8, 2011 11:36 pm (PDT)



>
> Ini ada titipan dari Yu siti.. (yg sedang cuti dan keluyuran ke cartagena
dalam rangka napak tilas (waktu pamit, spt itu sms-nya)...

katanya begini:
" selama bulan ramadlon, banyak sekali email japri masuk ke inbox , 6
diantaranya
menyanyakan *apakah bisa userForm memuat SHEET dan isi datanya *?"

kata siti, "bisa"
antara lain dengan menambahkan control yg bernama SpreadSheet ke TollBox
lalu dengan alat itu kita dapat meng-instanciate object SpreadSheet ke
dalam
UserForm

Giliran UserForm di SHOW, pada *event Initialize* nya kita isi perintah spt
ini

Private Sub UserForm_Initialize()
' spreadsheet di userform diisi data dari sheet1 di workbook
Spreadsheet1.Range("A4:F11").Value = _
Sheets("Sheet1").Range("A4:F11").Value
End Sub

[image: sheet inthe UserForm.GIF]

Untuk mengatur-atur lebih advanced lagi, tentunya anda harus membaca-baca
mengenai
*class SpreadSheet tsb, apa saja membersnya (properties, methods dan
events-nya)*

Contoh sederhana dari si embak ceriwis, dilampirkan di email posting ini..
semoga bermanfaat, terutama bagi yg memerlukan tapi belum tahu caranya...

dag...
-haps-
3b.

Re: Sheet in the UserForm.

Posted by: "MAMUDA PONTIM" uud_mamuda@yahoo.com   uud_mamuda

Fri Sep 9, 2011 2:50 am (PDT)



Mohon maaf sebelumnya, bagaimana cara meng-instanciate object SpreadSheet ke UserForm?
karena lampirannya gak ada

 
====== Haeruddin ======

________________________________
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 9, 2011 1:36 PM
Subject: [belajar-excel] Sheet in the UserForm.

 
Ini ada titipan dari Yu siti.. (yg sedang cuti dan keluyuran ke cartagena
dalam rangka napak tilas (waktu pamit, spt itu sms-nya)...

katanya begini:
" selama bulan ramadlon, banyak sekali email japri masuk ke inbox , 6 diantaranya
menyanyakan apakah bisa userForm memuat SHEET dan isi datanya ?"

kata siti, "bisa"
antara lain dengan menambahkan control yg bernama SpreadSheet ke TollBox 
lalu dengan alat itu kita dapat meng-instanciate   object SpreadSheet ke dalam 
UserForm

Giliran UserForm di SHOW, pada event Initialize nya kita isi perintah spt ini

Private Sub UserForm_Initialize()
   ' spreadsheet di userform diisi data dari sheet1 di workbook
   Spreadsheet1.Range("A4:F11").Value = _
      Sheets("Sheet1").Range("A4:F11").Value
End Sub

Untuk mengatur-atur lebih advanced lagi, tentunya anda harus membaca-baca mengenai
class SpreadSheet tsb, apa saja membersnya (properties, methods dan events-nya)

Contoh sederhana dari si embak ceriwis, dilampirkan di email posting ini..
semoga bermanfaat, terutama bagi yg memerlukan tapi belum tahu caranya...

dag...

-haps-

3c.

Re: Sheet in the UserForm.

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Sep 9, 2011 3:06 am (PDT)



meng-instansiasi (instanciate) itu hanya kata-kata saja

pelaksanaannya seperti *menempelkan [command button ]*
*yg CETAKANNYA ada di ToolBox kita klik lalu*
*di UserForm, dengan mouse pointer digoreskan bentuk persegi *
*agar terbentuk HASIL CETAKAN commandaButton*

itulah yg dimaksud dengan menginstansiate
*mencetak object berdasarkan class nya*

2011/9/9 MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@yahoo.com>

> Mohon maaf sebelumnya, bagaimana cara meng-instanciate object SpreadSheet
> ke UserForm?
> karena lampirannya gak ada
>
> ====== Haeruddin ======
> ------------------------------
> *From:* Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, September 9, 2011 1:36 PM
> *Subject:* [belajar-excel] Sheet in the UserForm.
>
> Ini ada titipan dari Yu siti.. (yg sedang cuti dan keluyuran ke cartagena
> dalam rangka napak tilas (waktu pamit, spt itu sms-nya)...
>
> katanya begini:
> " selama bulan ramadlon, banyak sekali email japri masuk ke inbox , 6
> diantaranya
> menyanyakan *apakah bisa userForm memuat SHEET dan isi datanya *?"
>
> kata siti, "bisa"
> antara lain dengan menambahkan control yg bernama SpreadSheet ke TollBox
> lalu dengan alat itu kita dapat meng-instanciate object SpreadSheet ke
> dalam
> UserForm
>
> Giliran UserForm di SHOW, pada *event Initialize* nya kita isi perintah
> spt ini
>
3d.

Re: Sheet in the UserForm.

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Fri Sep 9, 2011 3:19 am (PDT)




Kalau bermain Form sebaiknya gunakan saja Access . Data bisa di ambil dari Excel dan Access , lebih bagus lagi dgn MS SQL Server ( gratis ) atau MySQL ( gratis ) . control SpreadSheet seperti hanya data entri tanpa event, jadi kurang fleksibel . Saran saya untuk pengembangan lebih lanjut gunakan saya Form Access.... silakan menjadi anggota belajar-access di group YahooTo: belajar-excel@yahoogroups.com
From: uud_mamuda@yahoo.com
Date: Fri, 9 Sep 2011 17:50:23 +0800
Subject: Re: [belajar-excel] Sheet in the UserForm.

Mohon maaf sebelumnya, bagaimana cara meng-instanciate object SpreadSheet ke UserForm?karena lampirannya gak ada
====== Haeruddin ======
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 9, 2011 1:36 PM
Subject: [belajar-excel] Sheet in the UserForm.

Ini ada titipan dari Yu siti.. (yg sedang cuti dan keluyuran ke cartagena
dalam rangka napak tilas (waktu pamit, spt itu sms-nya)...

katanya begini:
" selama bulan ramadlon, banyak sekali email japri masuk ke inbox , 6 diantaranya
menyanyakan apakah bisa userForm memuat SHEET dan isi datanya ?"

kata siti, "bisa"
antara lain dengan menambahkan control yg bernama SpreadSheet ke TollBox
lalu dengan alat itu kita dapat meng-instanciate object SpreadSheet ke dalam
UserForm

Giliran UserForm di SHOW, pada event Initialize nya kita isi perintah spt ini

Private Sub UserForm_Initialize()
' spreadsheet di userform diisi data dari sheet1 di workbook

Spreadsheet1.Range("A4:F11").Value = _
Sheets("Sheet1").Range("A4:F11").Value

End Sub

Untuk mengatur-atur lebih advanced lagi, tentunya anda harus membaca-baca mengenai
class SpreadSheet tsb, apa saja membersnya (properties, methods dan events-nya)

Contoh sederhana dari si embak ceriwis, dilampirkan di email posting ini..

semoga bermanfaat, terutama bagi yg memerlukan tapi belum tahu caranya...

dag...

-haps-

3e.

Re: Sheet in the UserForm.

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Sep 9, 2011 4:30 am (PDT)



kalau dikatakan bermain database (bukan bermain form) >> sebaiknya
dengan access, atau aplikasi database lain, memang tidak salah lagi.

Bahwa Spreadsheet kurang fleksible, mungkin juga benar (dibanding
dengan...?)

Tetapi kalau di excel, kehadiran Spreadsheet dikatakan bahwa *TANPA EVENT*
sepertinya tidak didukung oleh "survey" lebih dulu.

Object Spreadsheet versi 10 yg direfer di Excel 2003 *punya 32 events*

CMIIW..

[image: spreadsheet events.PNG]

[image: obrowser.PNG]

===============================================
> 2011/9/9 jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
> >
> > Kalau bermain Form sebaiknya gunakan saja Access . Data bisa di ambil
> dari Excel dan Access , lebih bagus lagi dgn MS SQL Server ( gratis ) atau
> MySQL ( gratis ) . control SpreadSheet seperti hanya data entri tanpa
> event, jadi kurang fleksibel . Saran saya untuk pengembangan lebih lanjut
> gunakan saya Form Access.... silakan menjadi anggota belajar-access di group
> Yahoo
> > ________________________________
> > From: uud_mamuda@yahoo.com
> > Date: Fri, 9 Sep 2011 17:50:23 +0800
> >
> > Mohon maaf sebelumnya, bagaimana cara meng-instanciate object SpreadSheet
> ke UserForm?
> > karena lampirannya gak ada
> >
> > ====== Haeruddin ======
> ------------------------------
> *From:* Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *Sent:* Friday, September 9, 2011 1:36 PM
> *
> *Ini ada titipan dari Yu siti.. (yg sedang cuti dan keluyuran ke cartagena
> dalam rangka napak tilas (waktu pamit, spt itu sms-nya)...
> katanya begini:
>
4a.

Re: Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Sep 9, 2011 1:26 am (PDT)



Mr Kid, Mba Haps, gimana membatasi supaya jika data sudah diambil maka akan menampilkan peringatan data sudah pernah di download, apakah ingin dilanjutkan, sehingga pengguna bisa mengetahui data sudah sudah pernah diambil.
Thanks
Salam
Tini.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 8 Sep 2011 16:49:06
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Jika NIK memang berupa bilangan pada data masternya, mungkin proses import
data dari text file yang menghasilkan datatype NIK berupa bilangan akan
lebih memudahkan.
Kolom-kolom komponen tanggal dan waktu bisa juga disusun menjadi 2 kolom
saja, yaitu kolom tanggal dan kolom waktu. Untuk disusun sebagai 1 kolom pun
juga bisa, hanya saja, bisa jadi data waktu digunakan secara intensif secara
mandiri.

Regards.
Kid.

2011/9/8 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> **
>
>
> mungkin karena mbah hartini memakai Look_Up_Value nya berupa BILANGAN
> sedangka yg ada di tabel itu jika kelihatan LEFT Allignied (rata kiri)
> maka pasti adalah
> TEXT. walaupun kelihatannya seperti bilangan
>
> cara mengatasinya
> 1.
> *LookUp Value*nya mbak tin ganti dengan *text yg seperti bilangan*
> atau
>
> 2
> data di tabel di konversi menjadi bilangan semua
> (akibatnya "07" akan menjadi 7; agar bisa tampak 07 kolom harus di custom
> format "00")
>
> Berikut ini dilampirkan contoh workbook bermakro
> *yg menghasilkan semua data (8 kokolom, A:H) itu adalah BILANGAN*
> *
> *
> Dengan semua data = bilangan maka LookUp value (argument1 pada fungsi
> lookup) nya
> harus berupa type bilangan pula
>
> semoga bermanffaat
>
> -hapsari-
>
>
>
>
>
>
> 2011/9/8 <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>>
>> ** Mba, td sudah saya test, berhasil benar sprti itu yg sy inginkan,
>> hanya saja, saya ingin melakukan fungsi lookup ke data lain kok dia ndak mau
>> membaca ya mba, malahan formulanya yg tampil di row tersebut
>> Knpa ya itu mba?
>> Salam
>> Tini
>>
>> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>> ------------------------------
>> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Date: *Thu, 8 Sep 2011 12:32:03 +0700
>> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel
>>
>> Mohon maaf, BUKAN MODERATOR boleh menjawab apa tidak ya ??
>> Soalnya surat dari mbak hartini ditujukannya khusus kepada MODS
>> Jika ternyata jawaban tidak dikehendaki, mohon di anulir saja..
>>
>> File Text bisa dibuka langsung dengan EXCEL
>> [image: buka text to excel.GIF]
>>
>> (akan ada tawaran memisah data by kolom)
>> pilih >> *FIXED Width*
>>
>> [image: txt to column1.PNG]
>>
>> kemudian berikan garis garis pemisah spt ini
>> [image: txt to column2.PNG]
>>
>>
>> hasilnya file text terbuka sepeti excel
>> tahap terakhir men-save worokbook tsb sebagai XLS.
>>
>> Jika senang makro; ketiga tahap tsb dapat diotomatiskan dengan makro spt
>> ini
>> lihat workbook lampiran) tinggal klik tombolnya saja
>> Nama file dapat diganti-ganti di* Cell J13*
>> File text dan file XLS berisi makro tsb harus berada di FOLDER YG SAMA
>>
>>
>> Sub BukaTextFileToXls()
>> ' Hapsari // sept 08, 2011
>>
>> Dim txtFname As String, xlsFname As String
>>
>> ' tentukan Path dan nama filenya (diambil dari cell J13)
>> txtFname = ThisWorkbook.Path & "\" & Range("J13").Value
>> xlsFname = Replace(txtFname, "txt", "xls")
>>
>> ' membuka file text dan memotong-motong
>> ' data sesuai kehendak mbak hartini
>> Workbooks.OpenText_
>> Filename:=txtFname,_
>> Origin:=437, StartRow:=1,_
>> DataType:=xlFixedWidth,_
>> FieldInfo:=_
>> Array(Array(0, 2), Array(3, 2), Array(10, 2),_
>> Array(12, 2), Array(14, 2), Array(16, 2),_
>> Array(18, 2), Array(20, 1), Array(22, 1)),_
>> TrailingMinusNumbers:=True
>>
>> 'menyimpan file yg dibuka sebagai XLS.
>> ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=xlsFname, FileFormat:=xlNormal
>>
>> End Sub
>>
>> -haps-
>>
>>
>>
>> 2011/9/8 <hartini_80@yahoo.co.id>
>>
>>> **
>>>
>>> *Dear Mod,*
>>> Mod, gimana ya cara memindahkan data dari notepad menjadi excel dengan
>>> pemisahan angka
>>> File terlampir ya
>>> Thanks be4
>>> Salam
>>> Tini
>>>
>>
>
>

4b.

Re: Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Sep 9, 2011 2:49 am (PDT)



mbak Tini yang baek,

ngobril dikit dulu aja ya...

Coba mbak Tini definisikan kriteria data pada file text dianggap sudah ada
dalam database.
Disana ada 3 kolom, yaitu NIK, tanggal, dan waktu.
Kolom apa saja yang menjadi penentu data dianggap sudah ada (kolom-kolom
kunci).
Apakah record pasti unique, atau hanya unique key, atau malah tidak unique
baik record maupun key ?

Hal seperti ini akan mempengaruhi perlakuan yang dibutuhkan untuk menjaga
integritas data. Setiap perlakukan yang harus dilakukan bisa membutuhkan
pesan yang berbeda-beda kepada user.

Jadi, pesan "sudah pernah ada dan akan dilanjutkan ?" adalah kewajiban yang
muncul karena pilihan perlakuan yang mungkin dilakukan lebih dari satu.

walah malah mbulet gawe bingung.
pokok e (kosa kata ajaib ketika speechless, yang menjadi lawan dari kosa
kata speechless "ya wis lah sa' karepmu") ngono lah kira2 ne

Regards.
Kid.

2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** Mr Kid, Mba Haps, gimana membatasi supaya jika data sudah diambil maka
> akan menampilkan peringatan data sudah pernah di download, apakah ingin
> dilanjutkan, sehingga pengguna bisa mengetahui data sudah sudah pernah
> diambil.
> Thanks
>
> Salam
> Tini.
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Thu, 8 Sep 2011 16:49:06 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel
>
>
>
> Jika NIK memang berupa bilangan pada data masternya, mungkin proses import
> data dari text file yang menghasilkan datatype NIK berupa bilangan akan
> lebih memudahkan.
> Kolom-kolom komponen tanggal dan waktu bisa juga disusun menjadi 2 kolom
> saja, yaitu kolom tanggal dan kolom waktu. Untuk disusun sebagai 1 kolom pun
> juga bisa, hanya saja, bisa jadi data waktu digunakan secara intensif secara
> mandiri.
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/9/8 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> mungkin karena mbah hartini memakai Look_Up_Value nya berupa BILANGAN
>> sedangka yg ada di tabel itu jika kelihatan LEFT Allignied (rata kiri)
>> maka pasti adalah
>> TEXT. walaupun kelihatannya seperti bilangan
>>
>> cara mengatasinya
>> 1.
>> *LookUp Value*nya mbak tin ganti dengan *text yg seperti bilangan*
>> atau
>>
>> 2
>> data di tabel di konversi menjadi bilangan semua
>> (akibatnya "07" akan menjadi 7; agar bisa tampak 07 kolom harus di custom
>> format "00")
>>
>> Berikut ini dilampirkan contoh workbook bermakro
>> *yg menghasilkan semua data (8 kokolom, A:H) itu adalah BILANGAN*
>> *
>> *
>> Dengan semua data = bilangan maka LookUp value (argument1 pada fungsi
>> lookup) nya
>> harus berupa type bilangan pula
>>
>> semoga bermanffaat
>>
>> -hapsari-
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2011/9/8 <hartini_80@yahoo.co.id>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> ** Mba, td sudah saya test, berhasil benar sprti itu yg sy inginkan,
>>> hanya saja, saya ingin melakukan fungsi lookup ke data lain kok dia ndak mau
>>> membaca ya mba, malahan formulanya yg tampil di row tersebut
>>> Knpa ya itu mba?
>>> Salam
>>> Tini
>>>
>>> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>>> ------------------------------
>>> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>>> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
>>> *Date: *Thu, 8 Sep 2011 12:32:03 +0700
>>> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
>>> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
>>> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke
>>> excel
>>>
>>> Mohon maaf, BUKAN MODERATOR boleh menjawab apa tidak ya ??
>>> Soalnya surat dari mbak hartini ditujukannya khusus kepada MODS
>>> Jika ternyata jawaban tidak dikehendaki, mohon di anulir saja..
>>>
>>> File Text bisa dibuka langsung dengan EXCEL
>>>
>>>
>>> (akan ada tawaran memisah data by kolom)
>>> pilih >> *FIXED Width*
>>>
>>>
>>>
>>> kemudian berikan garis garis pemisah spt ini
>>>
>>>
>>>
>>> hasilnya file text terbuka sepeti excel
>>> tahap terakhir men-save worokbook tsb sebagai XLS.
>>>
>>> Jika senang makro; ketiga tahap tsb dapat diotomatiskan dengan makro spt
>>> ini
>>> lihat workbook lampiran) tinggal klik tombolnya saja
>>> Nama file dapat diganti-ganti di* Cell J13*
>>> File text dan file XLS berisi makro tsb harus berada di FOLDER YG SAMA
>>>
>>>
>>> Sub BukaTextFileToXls()
>>> ' Hapsari // sept 08, 2011
>>>
>>> Dim txtFname As String, xlsFname As String
>>>
>>> ' tentukan Path dan nama filenya (diambil dari cell J13)
>>> txtFname = ThisWorkbook.Path & "\" & Range("J13").Value
>>> xlsFname = Replace(txtFname, "txt", "xls")
>>>
>>> ' membuka file text dan memotong-motong
>>> ' data sesuai kehendak mbak hartini
>>> Workbooks.OpenText_
>>> Filename:=txtFname,_
>>> Origin:=437, StartRow:=1,_
>>> DataType:=xlFixedWidth,_
>>> FieldInfo:=_
>>> Array(Array(0, 2), Array(3, 2), Array(10, 2),_
>>> Array(12, 2), Array(14, 2), Array(16, 2),_
>>> Array(18, 2), Array(20, 1), Array(22, 1)),_
>>> TrailingMinusNumbers:=True
>>>
>>> 'menyimpan file yg dibuka sebagai XLS.
>>> ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=xlsFname, FileFormat:=xlNormal
>>>
>>> End Sub
>>>
>>> -haps-
>>>
>>>
>>>
>>> 2011/9/8 <hartini_80@yahoo.co.id>
>>>
>>>> **
>>>>
>>>> *Dear Mod,*
>>>> Mod, gimana ya cara memindahkan data dari notepad menjadi excel dengan
>>>> pemisahan angka
>>>> File terlampir ya
>>>> Thanks be4
>>>> Salam
>>>> Tini
>>>>
>>>
>>
>
>
>
4c.

Re: Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Sep 9, 2011 3:01 am (PDT)



nambahin pertanyaan Mr Kid
mohon di dicerita'in dikit mengenai: "data yg sudah diambil"

** jika yg dimaksud =DATA= adalah SETIAP FILE TEXT *
*
*
maka tiap file text harusnya punya nama yg unik , isinya pun unik (tidak
akan diperiksa lagi.

perlakuan kita untuk menCHECK apakah DATA sudah ada hanya mengenai NAMA file
TEXTnya
bila sudah pernah diproses, >> tidak diproses lagi..

di dalam proses konversinya mungkin harus ditambah kolom baru yg diisi NAMA
FILE TEXT
nantinya ini akan berguna untuk di cek apakah nama file yg diproses sudah
ada tertulis di kolom tsb

MAKRO yg akan dipakai (dan dilanjutkan pengembangannya) adalah makro dari Mr
Kid
karena sudah memikirkan jauh ke depan
** tiap file text isinya di APPEND ke sheet yg tetap, bukan dibuka sebagai
workbook baru
seperti makro dari haps..

** data date dan time sudah di jadikan dua data (bukan 6 data lagi)

hal ini pun sepertinya belum mendapat "suara" dari mbak hart (mana yg akan
dipakai)

demikian sekedar menambahkan pendapat..

haps

2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
> Mr Kid, Mba Haps, gimana membatasi supaya jika data sudah diambil maka akan
> menampilkan peringatan data sudah pernah di download, apakah ingin
> dilanjutkan, sehingga pengguna bisa mengetahui data sudah sudah pernah
> diambil.
> Thanks
> Salam
> Tini.
>
>
> ------------------------------
> *From: * "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> *Date: *Thu, 8 Sep 2011 16:49:06 +0700
> Jika NIK memang berupa bilangan pada data masternya, mungkin proses import
> data dari text file yang menghasilkan datatype NIK berupa bilangan akan
> lebih memudahkan.
> Kolom-kolom komponen tanggal dan waktu bisa juga disusun menjadi 2 kolom
> saja, yaitu kolom tanggal dan kolom waktu. Untuk disusun sebagai 1 kolom pun
> juga bisa, hanya saja, bisa jadi data waktu digunakan secara intensif secara
> mandiri.
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/9/8 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> mungkin karena mbah hartini memakai Look_Up_Value nya berupa BILANGAN
>> sedangka yg ada di tabel itu jika kelihatan LEFT Allignied (rata kiri)
>> maka pasti adalah
>> TEXT. walaupun kelihatannya seperti bilangan
>>
>> cara mengatasinya
>> 1.
>> *LookUp Value*nya mbak tin ganti dengan *text yg seperti bilangan*
>> atau
>>
>> 2
>> data di tabel di konversi menjadi bilangan semua
>> (akibatnya "07" akan menjadi 7; agar bisa tampak 07 kolom harus di custom
>> format "00")
>>
>> Berikut ini dilampirkan contoh workbook bermakro
>> *yg menghasilkan semua data (8 kokolom, A:H) itu adalah BILANGAN*
>> *
>> *
>> Dengan semua data = bilangan maka LookUp value (argument1 pada fungsi
>> lookup) nya
>> harus berupa type bilangan pula
>> semoga bermanffaat
>>
>> -hapsari-
>>
>>
4d.

Re: Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Sep 9, 2011 3:05 am (PDT)



Hehehe maaf pak, ndak copy masalah database sih, kuncinya seh untuk data karyawan biasax NIK pak, kalo pakai punya mba haps, setiap di klik macronya maka dia meminta tempat untuk meletakan data yg ditarik dr notepad, nah kalo punya Mr Kid, jika di klik dia akan muncul sheet dgn nama data, kalo klik 2x di tombol ambil data itu pak, data yg ada akan muncul lagi dibawahnya pak, jadi double gitu, td saya coba pakai cara dr bpk, sudah saya count berapa NIK per tgl, trs iseng2 coba klik lagi (maklum kagum ama macronya pak praktis banget gitu heheh) trs kok datanya muncul lagi dibawahnya pak, saya coba lihat di Alt+F11 eh mlh puyeng ndak ngerti, makanya saya bertanya apa bisa difilter jika sudah diambil datanya dr data notepad yg ada tdk bisa diambil lagi jika blm konfirmasi.
Sekali lagi maaf ya pak dah memusingkan, jika tidak bisa yo wes pak, makasih dah dibantu.
Peace...
Salam
Tini.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Sep 2011 16:49:31
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

mbak Tini yang baek,

ngobril dikit dulu aja ya...

Coba mbak Tini definisikan kriteria data pada file text dianggap sudah ada
dalam database.
Disana ada 3 kolom, yaitu NIK, tanggal, dan waktu.
Kolom apa saja yang menjadi penentu data dianggap sudah ada (kolom-kolom
kunci).
Apakah record pasti unique, atau hanya unique key, atau malah tidak unique
baik record maupun key ?

Hal seperti ini akan mempengaruhi perlakuan yang dibutuhkan untuk menjaga
integritas data. Setiap perlakukan yang harus dilakukan bisa membutuhkan
pesan yang berbeda-beda kepada user.

Jadi, pesan "sudah pernah ada dan akan dilanjutkan ?" adalah kewajiban yang
muncul karena pilihan perlakuan yang mungkin dilakukan lebih dari satu.

walah malah mbulet gawe bingung.
pokok e (kosa kata ajaib ketika speechless, yang menjadi lawan dari kosa
kata speechless "ya wis lah sa' karepmu") ngono lah kira2 ne

Regards.
Kid.



2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** Mr Kid, Mba Haps, gimana membatasi supaya jika data sudah diambil maka
> akan menampilkan peringatan data sudah pernah di download, apakah ingin
> dilanjutkan, sehingga pengguna bisa mengetahui data sudah sudah pernah
> diambil.
> Thanks
>
> Salam
> Tini.
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Thu, 8 Sep 2011 16:49:06 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel
>
>
>
> Jika NIK memang berupa bilangan pada data masternya, mungkin proses import
> data dari text file yang menghasilkan datatype NIK berupa bilangan akan
> lebih memudahkan.
> Kolom-kolom komponen tanggal dan waktu bisa juga disusun menjadi 2 kolom
> saja, yaitu kolom tanggal dan kolom waktu. Untuk disusun sebagai 1 kolom pun
> juga bisa, hanya saja, bisa jadi data waktu digunakan secara intensif secara
> mandiri.
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/9/8 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> mungkin karena mbah hartini memakai Look_Up_Value nya berupa BILANGAN
>> sedangka yg ada di tabel itu jika kelihatan LEFT Allignied (rata kiri)
>> maka pasti adalah
>> TEXT. walaupun kelihatannya seperti bilangan
>>
>> cara mengatasinya
>> 1.
>> *LookUp Value*nya mbak tin ganti dengan *text yg seperti bilangan*
>> atau
>>
>> 2
>> data di tabel di konversi menjadi bilangan semua
>> (akibatnya "07" akan menjadi 7; agar bisa tampak 07 kolom harus di custom
>> format "00")
>>
>> Berikut ini dilampirkan contoh workbook bermakro
>> *yg menghasilkan semua data (8 kokolom, A:H) itu adalah BILANGAN*
>> *
>> *
>> Dengan semua data = bilangan maka LookUp value (argument1 pada fungsi
>> lookup) nya
>> harus berupa type bilangan pula
>>
>> semoga bermanffaat
>>
>> -hapsari-
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2011/9/8 <hartini_80@yahoo.co.id>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> ** Mba, td sudah saya test, berhasil benar sprti itu yg sy inginkan,
>>> hanya saja, saya ingin melakukan fungsi lookup ke data lain kok dia ndak mau
>>> membaca ya mba, malahan formulanya yg tampil di row tersebut
>>> Knpa ya itu mba?
>>> Salam
>>> Tini
>>>
>>> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>>> ------------------------------
>>> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>>> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
>>> *Date: *Thu, 8 Sep 2011 12:32:03 +0700
>>> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
>>> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
>>> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke
>>> excel
>>>
>>> Mohon maaf, BUKAN MODERATOR boleh menjawab apa tidak ya ??
>>> Soalnya surat dari mbak hartini ditujukannya khusus kepada MODS
>>> Jika ternyata jawaban tidak dikehendaki, mohon di anulir saja..
>>>
>>> File Text bisa dibuka langsung dengan EXCEL
>>>
>>>
>>> (akan ada tawaran memisah data by kolom)
>>> pilih >> *FIXED Width*
>>>
>>>
>>>
>>> kemudian berikan garis garis pemisah spt ini
>>>
>>>
>>>
>>> hasilnya file text terbuka sepeti excel
>>> tahap terakhir men-save worokbook tsb sebagai XLS.
>>>
>>> Jika senang makro; ketiga tahap tsb dapat diotomatiskan dengan makro spt
>>> ini
>>> lihat workbook lampiran) tinggal klik tombolnya saja
>>> Nama file dapat diganti-ganti di* Cell J13*
>>> File text dan file XLS berisi makro tsb harus berada di FOLDER YG SAMA
>>>
>>>
>>> Sub BukaTextFileToXls()
>>> ' Hapsari // sept 08, 2011
>>>
>>> Dim txtFname As String, xlsFname As String
>>>
>>> ' tentukan Path dan nama filenya (diambil dari cell J13)
>>> txtFname = ThisWorkbook.Path & "\" & Range("J13").Value
>>> xlsFname = Replace(txtFname, "txt", "xls")
>>>
>>> ' membuka file text dan memotong-motong
>>> ' data sesuai kehendak mbak hartini
>>> Workbooks.OpenText_
>>> Filename:=txtFname,_
>>> Origin:=437, StartRow:=1,_
>>> DataType:=xlFixedWidth,_
>>> FieldInfo:=_
>>> Array(Array(0, 2), Array(3, 2), Array(10, 2),_
>>> Array(12, 2), Array(14, 2), Array(16, 2),_
>>> Array(18, 2), Array(20, 1), Array(22, 1)),_
>>> TrailingMinusNumbers:=True
>>>
>>> 'menyimpan file yg dibuka sebagai XLS.
>>> ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=xlsFname, FileFormat:=xlNormal
>>>
>>> End Sub
>>>
>>> -haps-
>>>
>>>
>>>
>>> 2011/9/8 <hartini_80@yahoo.co.id>
>>>
>>>> **
>>>>
>>>> *Dear Mod,*
>>>> Mod, gimana ya cara memindahkan data dari notepad menjadi excel dengan
>>>> pemisahan angka
>>>> File terlampir ya
>>>> Thanks be4
>>>> Salam
>>>> Tini
>>>>
>>>
>>
>
>
>

4e.

Re: Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Sep 9, 2011 3:08 am (PDT)



NAMA FILE TEXT yg dr notepad itu yg berbeda mba, karena dia mengacu pada tanggal ditariknya data dr Mesinnya. Bisakan kira2 nama file tersebut dijadikan filter mba?
Salam
Tini
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Sep 2011 17:00:46
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

nambahin pertanyaan Mr Kid
mohon di dicerita'in dikit mengenai: "data yg sudah diambil"

** jika yg dimaksud =DATA= adalah SETIAP FILE TEXT *
*
*
maka tiap file text harusnya punya nama yg unik , isinya pun unik (tidak
akan diperiksa lagi.

perlakuan kita untuk menCHECK apakah DATA sudah ada hanya mengenai NAMA file
TEXTnya
bila sudah pernah diproses, >> tidak diproses lagi..

di dalam proses konversinya mungkin harus ditambah kolom baru yg diisi NAMA
FILE TEXT
nantinya ini akan berguna untuk di cek apakah nama file yg diproses sudah
ada tertulis di kolom tsb

MAKRO yg akan dipakai (dan dilanjutkan pengembangannya) adalah makro dari Mr
Kid
karena sudah memikirkan jauh ke depan
** tiap file text isinya di APPEND ke sheet yg tetap, bukan dibuka sebagai
workbook baru
seperti makro dari haps..

** data date dan time sudah di jadikan dua data (bukan 6 data lagi)

hal ini pun sepertinya belum mendapat "suara" dari mbak hart (mana yg akan
dipakai)

demikian sekedar menambahkan pendapat..

haps


2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
> Mr Kid, Mba Haps, gimana membatasi supaya jika data sudah diambil maka akan
> menampilkan peringatan data sudah pernah di download, apakah ingin
> dilanjutkan, sehingga pengguna bisa mengetahui data sudah sudah pernah
> diambil.
> Thanks
> Salam
> Tini.
>
>
> ------------------------------
> *From: * "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> *Date: *Thu, 8 Sep 2011 16:49:06 +0700
> Jika NIK memang berupa bilangan pada data masternya, mungkin proses import
> data dari text file yang menghasilkan datatype NIK berupa bilangan akan
> lebih memudahkan.
> Kolom-kolom komponen tanggal dan waktu bisa juga disusun menjadi 2 kolom
> saja, yaitu kolom tanggal dan kolom waktu. Untuk disusun sebagai 1 kolom pun
> juga bisa, hanya saja, bisa jadi data waktu digunakan secara intensif secara
> mandiri.
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/9/8 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> mungkin karena mbah hartini memakai Look_Up_Value nya berupa BILANGAN
>> sedangka yg ada di tabel itu jika kelihatan LEFT Allignied (rata kiri)
>> maka pasti adalah
>> TEXT. walaupun kelihatannya seperti bilangan
>>
>> cara mengatasinya
>> 1.
>> *LookUp Value*nya mbak tin ganti dengan *text yg seperti bilangan*
>> atau
>>
>> 2
>> data di tabel di konversi menjadi bilangan semua
>> (akibatnya "07" akan menjadi 7; agar bisa tampak 07 kolom harus di custom
>> format "00")
>>
>> Berikut ini dilampirkan contoh workbook bermakro
>> *yg menghasilkan semua data (8 kokolom, A:H) itu adalah BILANGAN*
>> *
>> *
>> Dengan semua data = bilangan maka LookUp value (argument1 pada fungsi
>> lookup) nya
>> harus berupa type bilangan pula
>> semoga bermanffaat
>>
>> -hapsari-
>>
>>

4f.

Re: Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Sep 9, 2011 3:21 am (PDT)



bisa
yaitu (seperti telah dikatakan di email sebelum ini) dengan cara memberi
kolom baru
pada tabel hasil konversi, di kolom baru itu kita tuliskan (dng makro) nama
file-text-nya

cara untuk mencegah file-text diproses lebih dari sekali antara lain
** setelah dikonversi, file text langsung dihapus atau dipindah ke folder
khusus
cara lain dengan memeriksanya di kolom NAMAFILE TEXT spt tsb di atas.

Tetapi yg penting mbak hart tentukan:

apakah nomor (22 digit) itu bisa ada kembarannya di FILE-TEXT LAIN ??
hal ini tidak dapat kita analisis di sini karena mbak hart mengajukan contoh
file
hanya satu saja..

jawaban dari mbak hart (semakin banyak info semakin baik) *akan sangat
menentukan*
*"jalan ceritak" nya makro* yg akan dibuat (oleh mr kid maupun haps yg akan
ikut belajar)

Coba lihat di seberang sana, Mr Kid kelihatan manggut-manggut kan ??
(sepertinya sambil makan pisang goreng tuh..) he he he..

2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** NAMA FILE TEXT yg dr notepad itu yg berbeda mba, karena dia mengacu
> pada tanggal ditariknya data dr Mesinnya. Bisakan kira2 nama file tersebut
> dijadikan filter mba?
>
> Salam
> Tini
>
> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *Date: *Fri, 9 Sep 2011 17:00:46 +0700
> *
> *
>
> nambahin pertanyaan Mr Kid
> mohon di dicerita'in dikit mengenai: "data yg sudah diambil"
>
> ** jika yg dimaksud =DATA= adalah SETIAP FILE TEXT *
> *
> *
> maka tiap file text harusnya punya nama yg unik , isinya pun unik (tidak
> akan diperiksa lagi.
>
> perlakuan kita untuk menCHECK apakah DATA sudah ada hanya mengenai NAMA
> file TEXTnya
> bila sudah pernah diproses, >> tidak diproses lagi..
>
> di dalam proses konversinya mungkin harus ditambah kolom baru yg diisi NAMA
> FILE TEXT
> nantinya ini akan berguna untuk di cek apakah nama file yg diproses sudah
> ada tertulis di kolom tsb
>
> MAKRO yg akan dipakai (dan dilanjutkan pengembangannya) adalah makro dari
> Mr Kid
> karena sudah memikirkan jauh ke depan
> ** tiap file text isinya di APPEND ke sheet yg tetap, bukan dibuka sebagai
> workbook baru
> seperti makro dari haps..
>
> ** data date dan time sudah di jadikan dua data (bukan 6 data lagi)
>
> hal ini pun sepertinya belum mendapat "suara" dari mbak hart (mana yg akan
> dipakai)
>
> demikian sekedar menambahkan pendapat..
>
> haps
>
>
>
4g.

Re: Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Sep 9, 2011 3:53 am (PDT)



Ndak ada kembarannya mba karena dia mengacu pada tanggal,bulan dan tahun, untuk NAME FILE TEXT (file yg di notepad) biasanya disimpen di folder yg bernama Finger Print, karena dia di download dr mesin finger print, kalo biasanya saya pisahkan manual tiap digitnya dan saya pindahkan ke folder dgn keterangan data Finger sudah dipakai jika data tsb telah saya gunakan dan menggantinya dgn data dr tgl yg baru. Begitu proses kerja saya mba, manual banget. Masukan dr mba haps dan mr kid sangat membantu sekali, seandainya bisa di filter dan berpindah sendiri tanpa dipindah manual (hehehe maaf ya mba banyak permintaan)
Salam
Tini
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Sep 2011 17:21:35
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

bisa
yaitu (seperti telah dikatakan di email sebelum ini) dengan cara memberi
kolom baru
pada tabel hasil konversi, di kolom baru itu kita tuliskan (dng makro) nama
file-text-nya

cara untuk mencegah file-text diproses lebih dari sekali antara lain
** setelah dikonversi, file text langsung dihapus atau dipindah ke folder
khusus
cara lain dengan memeriksanya di kolom NAMAFILE TEXT spt tsb di atas.


Tetapi yg penting mbak hart tentukan:

apakah nomor (22 digit) itu bisa ada kembarannya di FILE-TEXT LAIN ??
hal ini tidak dapat kita analisis di sini karena mbak hart mengajukan contoh
file
hanya satu saja..

jawaban dari mbak hart (semakin banyak info semakin baik) *akan sangat
menentukan*
*"jalan ceritak" nya makro* yg akan dibuat (oleh mr kid maupun haps yg akan
ikut belajar)

Coba lihat di seberang sana, Mr Kid kelihatan manggut-manggut kan ??
(sepertinya sambil makan pisang goreng tuh..) he he he..




2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** NAMA FILE TEXT yg dr notepad itu yg berbeda mba, karena dia mengacu
> pada tanggal ditariknya data dr Mesinnya. Bisakan kira2 nama file tersebut
> dijadikan filter mba?
>
> Salam
> Tini
>
> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *Date: *Fri, 9 Sep 2011 17:00:46 +0700
> *
> *
>
> nambahin pertanyaan Mr Kid
> mohon di dicerita'in dikit mengenai: "data yg sudah diambil"
>
> ** jika yg dimaksud =DATA= adalah SETIAP FILE TEXT *
> *
> *
> maka tiap file text harusnya punya nama yg unik , isinya pun unik (tidak
> akan diperiksa lagi.
>
> perlakuan kita untuk menCHECK apakah DATA sudah ada hanya mengenai NAMA
> file TEXTnya
> bila sudah pernah diproses, >> tidak diproses lagi..
>
> di dalam proses konversinya mungkin harus ditambah kolom baru yg diisi NAMA
> FILE TEXT
> nantinya ini akan berguna untuk di cek apakah nama file yg diproses sudah
> ada tertulis di kolom tsb
>
> MAKRO yg akan dipakai (dan dilanjutkan pengembangannya) adalah makro dari
> Mr Kid
> karena sudah memikirkan jauh ke depan
> ** tiap file text isinya di APPEND ke sheet yg tetap, bukan dibuka sebagai
> workbook baru
> seperti makro dari haps..
>
> ** data date dan time sudah di jadikan dua data (bukan 6 data lagi)
>
> hal ini pun sepertinya belum mendapat "suara" dari mbak hart (mana yg akan
> dipakai)
>
> demikian sekedar menambahkan pendapat..
>
> haps
>
>
>

4h.

Re: Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Sep 9, 2011 4:47 am (PDT)



File terlampir contoh hasil manggut-manggut karena ngantuk bukan karena
makan pisang goreng. Jadi kalau ada yang salah, dimaklumi sajah.

Untuk data absensi, mungkin ada kolom yang menerangkan sebagai data saat
masuk atau data saat keluar.

Data text file mbak Tini tidak unique record, tetapi dianggap boleh unique
record dengan beberapa asumsi.
File terlampir berasumsi bahwa absensi pertama yang digunakan. Jadi sisanya
akan dihapus, memanfaatkan fitur remove duplicate minimal berdasar kolom
NIK. Pada file terlampir di-remove duplicate berdasar kolom NIK dan Tanggal,
karena was-was ada file yang berisi 2 tanggal (misal ada lembur dihari libur
atau sabtu dan direkap di hari seninnya).
Tapi sebelum di remove duplicate, harus disort ascending lebih dulu. MInimal
berdasar waktu, tapi pada file terlampir berdasar 3 kolom, saking isengnya.
Ubah sort order type menjadi descending ketika data yang dipakai adalah
absensi terakhir.

Asumsi lainnya adalah, sebuah file text hanya berisi data masuk saja atau
data keluar saja. Meski demikian, pada file terlampir belum disertakan
sebuah kolom penanda data apakah data baru tersebut sebagai data masuk atau
data keluar. Silakan dikembangkan saja.

Hasil import text file yang telah di sort dan remove duplicate di salin ke
database, dan masuk sebagai record pertama, karena sifat fitur remove
duplicate adalah mempertahankan data pertama yang ditemukan dan menghapus
data berikutnya yang terduplikasi berdasar suatu kriteria. Kriteria berdasar
tanggal dan NIK, karena database berisi seluruh data sepanjang masa.

Setelah didapatkan database yang benar-benar unique berdasar keys (tanggal
dan NIK), maka data diurutkan kembali berdasar tanggal dan NIK, agar data
lebih clustered.

Semoga terus dikembangkan, hingga suatu saat akan muncul kebutuhan
penggunaan database engine sebagai media penyimpan data dan ekstraksi data
kerja.

Regards.
Kid.

2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** Ndak ada kembarannya mba karena dia mengacu pada tanggal,bulan dan
> tahun, untuk NAME FILE TEXT (file yg di notepad) biasanya disimpen di folder
> yg bernama Finger Print, karena dia di download dr mesin finger print, kalo
> biasanya saya pisahkan manual tiap digitnya dan saya pindahkan ke folder dgn
> keterangan data Finger sudah dipakai jika data tsb telah saya gunakan dan
> menggantinya dgn data dr tgl yg baru. Begitu proses kerja saya mba, manual
> banget. Masukan dr mba haps dan mr kid sangat membantu sekali, seandainya
> bisa di filter dan berpindah sendiri tanpa dipindah manual (hehehe maaf ya
> mba banyak permintaan)
>
> Salam
> Tini
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 9 Sep 2011 17:21:35 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel
>
>
>
> bisa
> yaitu (seperti telah dikatakan di email sebelum ini) dengan cara memberi
> kolom baru
> pada tabel hasil konversi, di kolom baru itu kita tuliskan (dng makro) nama
> file-text-nya
>
> cara untuk mencegah file-text diproses lebih dari sekali antara lain
> ** setelah dikonversi, file text langsung dihapus atau dipindah ke folder
> khusus
> cara lain dengan memeriksanya di kolom NAMAFILE TEXT spt tsb di atas.
>
>
> Tetapi yg penting mbak hart tentukan:
>
> apakah nomor (22 digit) itu bisa ada kembarannya di FILE-TEXT LAIN ??
> hal ini tidak dapat kita analisis di sini karena mbak hart mengajukan
> contoh file
> hanya satu saja..
>
> jawaban dari mbak hart (semakin banyak info semakin baik) *akan sangat
> menentukan*
> *"jalan ceritak" nya makro* yg akan dibuat (oleh mr kid maupun haps yg
> akan ikut belajar)
>
> Coba lihat di seberang sana, Mr Kid kelihatan manggut-manggut kan ??
> (sepertinya sambil makan pisang goreng tuh..) he he he..
>
>
>
>
> 2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>>
>> ** NAMA FILE TEXT yg dr notepad itu yg berbeda mba, karena dia mengacu
>> pada tanggal ditariknya data dr Mesinnya. Bisakan kira2 nama file tersebut
>> dijadikan filter mba?
>>
>> Salam
>> Tini
>>
>> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>> *Date: *Fri, 9 Sep 2011 17:00:46 +0700
>> *
>> *
>>
>> nambahin pertanyaan Mr Kid
>> mohon di dicerita'in dikit mengenai: "data yg sudah diambil"
>>
>> ** jika yg dimaksud =DATA= adalah SETIAP FILE TEXT *
>> *
>> *
>> maka tiap file text harusnya punya nama yg unik , isinya pun unik (tidak
>> akan diperiksa lagi.
>>
>> perlakuan kita untuk menCHECK apakah DATA sudah ada hanya mengenai NAMA
>> file TEXTnya
>> bila sudah pernah diproses, >> tidak diproses lagi..
>>
>> di dalam proses konversinya mungkin harus ditambah kolom baru yg diisi
>> NAMA FILE TEXT
>> nantinya ini akan berguna untuk di cek apakah nama file yg diproses sudah
>> ada tertulis di kolom tsb
>>
>> MAKRO yg akan dipakai (dan dilanjutkan pengembangannya) adalah makro dari
>> Mr Kid
>> karena sudah memikirkan jauh ke depan
>> ** tiap file text isinya di APPEND ke sheet yg tetap, bukan dibuka sebagai
>> workbook baru
>> seperti makro dari haps..
>>
>> ** data date dan time sudah di jadikan dua data (bukan 6 data lagi)
>>
>> hal ini pun sepertinya belum mendapat "suara" dari mbak hart (mana yg akan
>> dipakai)
>>
>> demikian sekedar menambahkan pendapat..
>>
>> haps
>>
>>
>>
>
>
5.

memaksimalkan isi dalam pallet

Posted by: "rofiq sururu" rofiqsur@gmail.com   sururunaja

Fri Sep 9, 2011 1:39 am (PDT)



saya ingin memaksimalkan jumlah dalam 1 pallet ( 1 pallet = 24 box). item
dngan quantity lebih banyak di prioritas kan dalam 1 box, sisanya diisi
dengan item yang lebih kecil, tolong minta bantuan rumusnya...

tak doain mudah2n masuk sorga... amin
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Ask questions,

share experiences

Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


How Bad is Your Score? Use this Free, Easy Way to See Your Score. freecreditscore.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar