Minggu, 11 September 2011

[belajar-excel] Digest Number 1320

Messages In This Digest (15 Messages)

Messages

1a.

subtotal 2 kriteria

Posted by: "Andrie -" sioean2@yahoo.com   sioean2

Sat Sep 10, 2011 10:47 am (PDT)



Dear master,

saya punya masalah dalam subtotal 2 kriteria dengan menggunakan macro.
macro yang saya lampirkan merupakan editan dari grup juga.

mohon pencerahannya, apa yang mesti ditambahkan ke dalam macro tsb agar dapat berjalan sesuai dengan hasil yang saya inginkan.

Terima kasih
1b.

Re: subtotal 2 kriteria

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Sep 10, 2011 12:00 pm (PDT)



Hai Andrie,

Bagaimana jika memanfaatkan pivot table. Jika tidak berminat, mungkin bisa
menjadi template untuk memudahkan penyusunan report yang diinginkan.

Regards.
Kid.

2011/9/10 Andrie - <sioean2@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear master,
>
> saya punya masalah dalam subtotal 2 kriteria dengan menggunakan macro.
> macro yang saya lampirkan merupakan editan dari grup juga.
>
> mohon pencerahannya, apa yang mesti ditambahkan ke dalam macro tsb agar
> dapat berjalan sesuai dengan hasil yang saya inginkan.
>
> Terima kasih
>
>
>
>
2a.

Bls: [belajar-excel] membuat Rumus Formula Urutan Kuitansi dengan be

Posted by: "Xcel Hendri" xcel.hendri@ymail.com   xcel.hendri@ymail.com

Sat Sep 10, 2011 11:09 am (PDT)





Dear Mr Kid..

Wah cepat sekali Mr...salut Mr Kid...makasih Mr.Kid.

mantap Mr Kid....cuma utk jawaban nomer dua saya belum paham euy.sy pelajari dulu..hehe..

oya Mr..tambahan yg nomer dua..sbnrnya NIS sudah ada dan data yg mereka hrs bayar jg sudah ada...Nah catatan yg kelupaan adalah mereka BOLEH membayar DIATAS cicilan minimal...misalnya harusnya 200rb per bulan,..mereka boleh bayar 600 rb..nah kelebihan bayar ini akan otomatis masuk bulan berikutnya..so cicilan bulan berikutnya sudah tidak harus 200rb lagi..krn sudah bayar 600 rb maka 2 bln stlhnya boleh tidak cicil...shg lanjutan cicilan bulan ketiganya..hehe gmn yaa....sy yakin Mr Kid Paham...

 
nb..utk Bu Devi,...wah boleh banget Bu....menambah ilmu saya nih...:)...makasih Bu Dev..  

regards,..

hendri

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 10 September 2011 16:42
Judul: Re: [belajar-excel] membuat Rumus Formula Urutan Kuitansi dengan beberapa kriteria...

 
Dear Hendri,

1. Asumsi, nomor kuitansi harus input manual dan untuk sisi pemasukan harus ada, sedang sisi pengeluaran bisa jadi tidak memerlukannya. Bagaimana membedakan pengeluaran yang punya nomor dan yang tidak ya, kok gak ada penjelasannya. Jadi anggap saja untuk sisi pengeluaran, pasti user sudah disiplin mengisikan ketika memang butuh nomor kuitansi.
>> gunakan data validation pada kolom nilai pemasukan (lihat file terlampir).
2b.

Re: membuat Rumus Formula Urutan Kuitansi dengan beberapa kriteria..

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Sep 10, 2011 11:28 am (PDT)



Dear Hendri.

Dengan adanya kejelasan melalui catatan tambahan tersebut, maka sebaiknya
dibuat sebuah sheet atau form gui khusus untuk input pembayaran.
Seluruh kegiatan di sheet tersebut harus menghasilkan baris-baris data
seperti sheet pertanyaan2, tetapi khusus untuk sebuah NIS saja. Artinya,
seperti sebuah form kuitansi atau nota pembayaran. Berapapun yang dibayarkan
(total nominal pembayaran), akan dijelaskan dibawahnya untuk bulan periode
apa saja, yang membentuk sebuah tabel kecil. Nah susunan baris detil
pembayaran dalam nota tersebutlah yang disimpan ke dalam sheet pertanyaan2.

Hal ini akan membuat aplikasi memiliki sheet input (bisa banyak sheet input
transaksi, bisa masuk maupun keluar yang berbeda-beda sheet input), sheet
data yang berisi seluruh data transaksi yang dibedakan asal inputnya oleh
sebuah kolom yang sering disebut kode akuntansi atau semacamnya, dan sheet
output yang berisi resume maupun data-data laporan, termasuk neraca, buku
kas bulanan, sejarah konsumen, dsb.

Regards.
Kid.

--catatan Mods--
Mohon tidak crossposting lagi. Pengiriman email ke-milis cukup to milis saja
tanpa ada to,cc,bcc ke yang lainnya.

2011/9/11 Xcel Hendri <xcel.hendri@ymail.com>

> Dear Mr Kid..
>
> Wah cepat sekali Mr...salut Mr Kid...makasih Mr.Kid.
>
> mantap Mr Kid....cuma utk jawaban nomer dua saya belum paham euy.sypelajari dulu..hehe..
>
> oya Mr..tambahan yg nomer dua..sbnrnya NIS sudah ada dan data yg mereka hrs
> bayar jg sudah ada...Nah catatan yg kelupaan adalah mereka BOLEH membayar
> DIATAS cicilan minimal...misalnya harusnya 200rb per bulan,..mereka boleh
> bayar 600 rb..nah kelebihan bayar ini akan otomatis masuk bulan
> berikutnya..so cicilan bulan berikutnya sudah tidak harus 200rb lagi..krn
> sudah bayar 600 rb maka 2 bln stlhnya boleh tidak cicil...shg lanjutan
> cicilan bulan ketiganya..hehe gmn yaa....sy yakin Mr Kid Paham...
>
> nb..utk Bu Devi,...wah boleh banget Bu....menambah ilmu saya
> nih...:)...makasih Bu Dev..
>
> regards,..
>
> hendri
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 10 September 2011 16:42
> *Judul:* Re: [belajar-excel] membuat Rumus Formula Urutan Kuitansi dengan
> beberapa kriteria...
>
>
> Dear Hendri,
>
> 1. Asumsi, nomor kuitansi harus input manual dan untuk sisi pemasukan harus
> ada, sedang sisi pengeluaran bisa jadi tidak memerlukannya. Bagaimana
> membedakan pengeluaran yang punya nomor dan yang tidak ya, kok gak ada
> penjelasannya. Jadi anggap saja untuk sisi pengeluaran, pasti user sudah
> disiplin mengisikan ketika memang butuh nomor kuitansi.
> >> gunakan data validation pada kolom nilai pemasukan (lihat file
> terlampir).
>
>
3a.

Menggabungkan sheet

Posted by: "Dioni" dioniaditama@yahoo.co.id   dioniaditama

Sat Sep 10, 2011 3:34 pm (PDT)



Pagi semua.
Saya mendapatkan kesulitan untuk menggabungkan sheet. Mohon bantuannya ya.

If Left(W.Name, 4) <> "comb" Then
Set MoveTbl = W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)
Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1, MoveTbl.Columns.Count)
tRows = MoveTbl.Rows.Count
Urutan = Urutan & W.Name & vbTab & vbTab & tRows & vbCrLf
MoveTbl.Copy Destination:=DestRange
Set DestRange = DestRange.Offset(tRows, 0)

Arti dari Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1
apa ya?tabel yang akan saya copy mulai dari A7, jadi Set MoveTbl = W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)
Dengan code diatas yang tercopy cuma 1 baris A7 aja dari 12 sheet

Melihat contoh :
Sub GabungTabelSheet()

Dim W As Worksheet, Urutan As String
Dim MoveTbl As Range, DestRange As Range
Dim N As Long, tRows As Long
Const msg As String = "Penggabungan Selesai." & vbCrLf & vbCrLf & _
"SheetName: | RowsCount:" & vbCrLf
Set DestRange = Sheets("combine").Range("A2")
N = 0
For Each W In Worksheets
If Left(W.Name, 4) <> "comb" Then
Set MoveTbl = W.Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)
Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1, MoveTbl.Columns.Count)
tRows = MoveTbl.Rows.Count
Urutan = Urutan & W.Name & vbTab & vbTab & tRows & vbCrLf
MoveTbl.Copy Destination:=DestRange
Set DestRange = DestRange.Offset(tRows, 0)
N = N + CLng(tRows)
End If
Next W
Application.CutCopyMode = False
MsgBox msg & Urutan & "Total Rows digabung: " & N, vbInformation, "LAPORAN...:"
End Sub

contoh ini pas di run macronya smua tercopy dan jika saya tambah 1 baris dan saya run ulang baris itu jg ikut tercopy.

Mohon bantuannya ya?

Terima Kasih

Dioni

3b.

Re: Menggabungkan sheet

Posted by: "OntoSeno" ontoseno84@ymail.com   ontoseno84@ymail.com

Sat Sep 10, 2011 4:19 pm (PDT)



Dear Dioni,

Tanpa melihat bentuk, letak, dimensi dan isi tabelnya di Sheet; dan hanya
diperlihatkan POTONGAN makronya saja, tidak mudah bagi seseorang untuk
memahaminya, apalagi memperbaiki bugs atau pun ketidak cocokan makro dengan
tabelnya.

Jika mas Dioni berkenan melampirkan workbooknya, atau (jika seandainya
makro tsb bukan karya sendiri, menunjuk suatu link dimana workbook tsb
diambil, mungkin ada members yg dapat memberi saran-saran..

Best regards,
o'Seno

Dioni wrote:
>
> Pagi semua.
> Saya mendapatkan kesulitan untuk menggabungkan sheet. Mohon bantuannya ya.
>
> If Left(W.Name, 4) <> "comb" Then
> Set MoveTbl = W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)
> Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1,
> MoveTbl.Columns.Count)
> tRows = MoveTbl.Rows.Count
> Urutan = Urutan & W.Name & vbTab & vbTab & tRows & vbCrLf
> MoveTbl.Copy Destination:=DestRange
> Set DestRange = DestRange.Offset(tRows, 0)
>
> Arti dari Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1
> apa ya?tabel yang akan saya copy mulai dari A7, jadi Set MoveTbl =
> W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)
> Dengan code diatas yang tercopy cuma 1 baris A7 aja dari 12 sheet
>
> Melihat contoh :
> Sub GabungTabelSheet()
>
> Dim W As Worksheet, Urutan As String
> Dim MoveTbl As Range, DestRange As Range
> Dim N As Long, tRows As Long
> Const msg As String = "Penggabungan Selesai." & vbCrLf & vbCrLf & _
> "SheetName: | RowsCount:" & vbCrLf
> Set DestRange = Sheets("combine").Range("A2")
> N = 0
> For Each W In Worksheets
> If Left(W.Name, 4) <> "comb" Then
> Set MoveTbl = W.Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)
> Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1,
> MoveTbl.Columns.Count)
> tRows = MoveTbl.Rows.Count
> Urutan = Urutan & W.Name & vbTab & vbTab & tRows & vbCrLf
> MoveTbl.Copy Destination:=DestRange
> Set DestRange = DestRange.Offset(tRows, 0)
> N = N + CLng(tRows)
> End If
> Next W
> Application.CutCopyMode = False
> MsgBox msg & Urutan & "Total Rows digabung: " & N, vbInformation,
> "LAPORAN...:"
> End Sub
>
> contoh ini pas di run macronya smua tercopy dan jika saya tambah 1 baris
> dan saya run ulang baris itu jg ikut tercopy.
> Mohon bantuannya ya?
> Terima Kasih
> Dioni
>

--
View this message in context: http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Menggabungkan-sheet-tp4790476p4790549.html
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.

3c.

Re: Menggabungkan sheet

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Sep 10, 2011 5:14 pm (PDT)



Selamat Pagi Dioni,

Andai ada sekelumit contoh datanya, maka akan lebih mudah bagi BeExceler
untuk membantu menyusun solusi.

Contoh yang anda gunakan, memiliki tabel dengan header 1 baris di baris 1
mulai cell A1 dan tidak ada kolom kosong tanpa header. Data (record pertama)
mulai dari baris 2 dan tidak pernah ada baris kosong antar record. Oleh
sebab itu penggunaan currentregion menjadi lebih efektif.

Tabel yang akan anda olah mulai dari A7. Mari diasumsikan pada tabel yang
akan disalin,
1. baris *A7 adalah header dan hanya berisi 1 baris* tanpa ada kolom kosong
tak ber-header.
2. *record pertama mulai dari A8* dan tidak ada baris kosong antar record.
3. data yang disalin adalah seluruh data dengan struktur yang sama pada
seluruh sheet yang namanya diawali dengan kata comb
Hal ini berarti, tabel data berupa sebuah area bersambung yang dibatasi
baris kosong setelah record terakhir dan kolom kosong setelah header
terkanan.

Nama sheet destinasi sebaiknya tidak diawali dengan comb agar lebih simple.
Jika tabel destinasi adalah combine, maka 4 karakter pertamanya sama dengan
kriteria nama sheet yang datanya akan disalin. Mari diasumsikan nama sheet
destinasi adalah TCombine
Tabel destinasi ada disheet TCombine, header 1 baris di baris 1 mulai A1.
Data mulai di A2.

'------- kode mulai disini -----------

'deklarasi variabel
dim lRowDB as long, lRecNew as long, lRows as long
dim rngDestinasi as range, rngNewData as range
dim sht as worksheet
dim sMsg as string

'init range patokan destinasi
set rngdestinasi=sheets("TCombine").range("a1")
lrowdb=rngdestinasi.rows.count
set rngdestinasi=rngdestinasi.offset( lrowdb )

'init variabel pesan
smsg = "Penggabungan Selesai." & vbCrLf & vbCrLf & "SheetName: |
RowsCount:" & vbCrLf
lrecnew=0

'loop tiap sheet
for each sht in thisworkbook.worksheets
if instr( lcase$(sht.name) , "comb" ) = 1 then
set rngnewdata=sht.range("a7").currentregion.offset(1)
lrows=rngnewdata.rows.count-1
if lrows>0 then 'siapa tahu ada sheet yang isinya hanya
header tanpa ada record data
'copas
rngnewdata.resize(lrows).copy rngdestinasi.offset(lrecnew)

'set nilai keterangan
smsg=smsg & sht.name & vbTab & vbTab & lrows & vbCrLf
lrecnew=lrecnew+lrows
endif
endif
next sht

'susun pesan
if lrecnew>0 then
smsg=smsg & vbcrlf & "Total record baru : " & lrecnew & vbcrlf & _
"Jumlah record database berubah dari " & lrowdb-1 & " menjadi
" & lrowdb-1+lrecnew & " record(s)"
msgbox smsg, vbinformation, "LAPORAN......."
else
msgbox "Tidak ada data yang disalin." & vbcrlf & _
"Jumlah record database tetap sejumlah " & lrowdb-1 & "
record(s)", vbexclamation , "LAPORAN......."
endif

'--------- kode selesai disini ------------

>> Arti dari Set MoveTbl = *MoveTbl*.Resize(*MoveTbl*.Rows.Count - 1 apa ya?
** set variabel object range bernama MoveTbl dengan suatu range dalam *
movetbl* yang diubah luasan areanya pada sisi baris menjadi sebanyak jumlah
baris range *movetbl* dikurangi 1.

>> tabel yang akan saya copy mulai dari A7, jadi Set MoveTbl =
W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)

Dengan code diatas yang tercopy cuma 1 baris A7
** Sepertinya letak kebingunannya pada pemahaman object Cells.
cell pertama selalu pada baris ke 1 dan kolom ke 1
Pada object cells yang menjadi properti dari woorksheet, patokannya adalah
A1
Pada object cells yang menjadi properti dari suatu range, patokannya adalah
range terpojok kiri atas dari object range tertentu tersebut.

Contoh pada penggunaan* cells sebagai properti worksheet* :
Syntax : Cells( [rowindex] , columnindex ) --> tanda kurung siku artinya
optional dan ada nilai defaultnya
Cells( 3 , 4 ) artinya cell di baris ke-3 dan kolom ke-4, yaitu D3
Cells( 1 , 5 ) artinya cell di baris ke-1 dan kolom ke-5, yaitu E1
Cells( , 5 ) sama dengan cells( 1 , 5 ) karena nilai default rowindex adalah
1
Cells( 2 , 1 ) artinya cell di baris ke-2 kolom ke 1, yaitu A2

syntax : Cells( [items] )
Cells( 1 ) artinya cell pertama, di Excel, cell pertama adalah A1
Cells( 6 ) artinya cell keenam, di Excel, cell keenam adalah F1 (bergerak
arah horisontal sepanjang kolom, kemudian pindah baris)
Cells( ) artinya semua cells yang ada di worksheet

Jadi, pada W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0) berarti :
"pada worksheet W cells ke 6 (yaitu F1) tentukan area bersinggungannya
(currentregion) kemudian lompat 6 baris dan 0 kolom (Offset)"

Salam.
Kid.

On Sun, Sep 11, 2011 at 05:31, Dioni <dioniaditama@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
> Pagi semua.
> Saya mendapatkan kesulitan untuk menggabungkan sheet. Mohon bantuannya ya.
>
> If Left(W.Name, 4) <> "comb" Then
> Set MoveTbl = W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)
> Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1, MoveTbl.Columns.Count)
> tRows = MoveTbl.Rows.Count
> Urutan = Urutan & W.Name & vbTab & vbTab & tRows & vbCrLf
> MoveTbl.Copy Destination:=DestRange
> Set DestRange = DestRange.Offset(tRows, 0)
>
> Arti dari Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1
> apa ya?tabel yang akan saya copy mulai dari A7, jadi Set MoveTbl =
> W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)
> Dengan code diatas yang tercopy cuma 1 baris A7 aja dari 12 sheet
>
> Melihat contoh :
> Sub GabungTabelSheet()
>
> Dim W As Worksheet, Urutan As String
> Dim MoveTbl As Range, DestRange As Range
> Dim N As Long, tRows As Long
> Const msg As String = "Penggabungan Selesai." & vbCrLf & vbCrLf & _
> "SheetName: | RowsCount:" & vbCrLf
> Set DestRange = Sheets("combine").Range("A2")
> N = 0
> For Each W In Worksheets
> If Left(W.Name, 4) <> "comb" Then
> Set MoveTbl = W.Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)
> Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1, MoveTbl.Columns.Count)
> tRows = MoveTbl.Rows.Count
> Urutan = Urutan & W.Name & vbTab & vbTab & tRows & vbCrLf
> MoveTbl.Copy Destination:=DestRange
> Set DestRange = DestRange.Offset(tRows, 0)
> N = N + CLng(tRows)
> End If
> Next W
> Application.CutCopyMode = False
> MsgBox msg & Urutan & "Total Rows digabung: " & N, vbInformation,
> "LAPORAN...:"
> End Sub
>
> contoh ini pas di run macronya smua tercopy dan jika saya tambah 1 baris
> dan saya run ulang baris itu jg ikut tercopy.
>
> Mohon bantuannya ya?
>
> Terima Kasih
>
> Dioni
>
>
>
4a.

Re: Fw: [belajar-excel] Bisakah melakukan tindakan terhadap kata?

Posted by: "guru muda" mudaguru@yahoo.com   mudaguru

Sat Sep 10, 2011 4:06 pm (PDT)



Terima kasih atas jawaban Bapak.

Bagaimana kalau pengambilan nama tengah (kata ke-2) diambil dari sheet A5 sampai A7 (tidak diambil dari B9 sampai B11. Juga bagaimana jika ada orang yang memiliki nama yg terdiri dari 1,2,4, atau lebih kata. Kalau terdiri dari 1 kata maka dihitung sebagai kata pertama, tentu saja.

Maaf, saya lupa tidak memberikan variasi jumlah kata yang berbeda pada contoh yg saya
lampirkan. Pada lampiran hanya diberikan contoh 3 kata, padahal ada nama orang yg terdiri dari 1,2,3,4, atau lebih kata.

Terima kasih

--- On Sat, 9/10/11, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Subject: Fw: [belajar-excel] Bisakah melakukan tindakan terhadap kata?
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Saturday, September 10, 2011, 3:07 PM

 

Kalau filenya sulit dibuka, coba pakai yang ini.Formula untuk mengambil 2 suku kata : =MID(A5,FIND(" ",A5)+1,20)
Formula untuk mengambil nama tengahnya adalah menggunakan kata yang diperoleh diatas.mis formula di atas ada pada sel B9 maka formulanya adalah sbb:=LEFT(B9,(FIND(" ",B9)-1)).

Mudah2an lampirannya bisa dibuka.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi
<hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, September 10, 2011 9:50 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Bisakah melakukan tindakan terhadap kata?

Pakai formula saja Pak.Jawaban terlampir.
Salam,Hendrik Karnadi

From: guru muda <mudaguru@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, September 10, 2011 7:11 PM
Subject: [belajar-excel] Bisakah melakukan tindakan terhadap kata?

 

Para Master excel,

Bisakah kita melakukan tindakan terhadap kata-kata yang ada dalam suatu kolom? Selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.

Terima kasih

4b.

Re: Fw: [belajar-excel] Bisakah melakukan tindakan terhadap kata?

Posted by: "OntoSeno" ontoseno84@ymail.com   ontoseno84@ymail.com

Sat Sep 10, 2011 4:42 pm (PDT)



kalau disederhanakan mungkin kasus pak guru ini sbb

Tabel Ref
sekelompok data satu kolom yg berisi banyak cell
alamat range sekolom tsb diketahui misal (A5:A1000)

Diinginkan:
Mengambil 1 (SATU) data cell ke X

Solusi penyelesaian:
Gunakan FUngsi INDEX
=INDEX(TabelRef, X)
jelasnya
=INDEX(A5:A1000, X)

Jika data yg dingin diambil bukan hanya 1 cell tetapi beberapa cell
yg bergandengan Misal A57:A61 (5 cell )

Gunakan FUngsi OFFSET
=OFFSET($A$1, 57-1, 0, 5, 1)

range yg ankor nya A1 (A1 dianggap titik 0,0)
digeser (+) / ke bawah 57 -1 = 56 baris
digeser (+) / ke kanan 0 kolom
banyaknya baris yg diambil = 5
banyaknya koom yg diambil = 1
Hasilnya Range A57:A61

mohon maaf kalau salah

best regards,
o'Seno

----------------------

Terima kasih atas jawaban Bapak.

Bagaimana kalau pengambilan nama tengah (kata ke-2) diambil dari sheet A5
sampai A7 (tidak diambil dari B9 sampai B11. Juga bagaimana jika ada orang
yang memiliki nama yg terdiri dari 1,2,4, atau lebih kata. Kalau terdiri
dari 1 kata maka dihitung sebagai kata pertama, tentu saja.

Maaf, saya lupa tidak memberikan variasi jumlah kata yang berbeda pada
contoh yg saya
lampirkan. Pada lampiran hanya diberikan contoh 3 kata, padahal ada nama
orang yg terdiri dari 1,2,3,4, atau lebih kata.

Terima kasih

--
View this message in context: http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Bisakah-melakukan-tindakan-terhadap-kata-tp4789351p4790577.html
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.

4c.

Re: Fw: [belajar-excel] Bisakah melakukan tindakan terhadap kata?

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Sep 10, 2011 5:31 pm (PDT)



Jika Pak Guru Muda bersedia menggunakan formula,
coba :
Ambil kata ke 2 :
=TRIM(MID(SUBSTITUTE(A5," ",REPT(" ",*99*)),*99*,*99*))
Bahasa manusia :
"Ambil potongan teks (Mid) dari suatu teks yang telah diganti (Substitute)
karakter satu spasinya dengan karakter 1 spasi yang berulang sebanyak 99
kali (Rept), mulai dari karakter ke *99 *sebanyak *99 *karakter, yang
diakhiri dengan proses pemotongan spasi ganda menjadi spasi tunggal dan
membuang spasi terluar (kiri dan kanan teks)."

Bagian *biru *dan *hijau *bisa diganti dengan len( a5 ) jika kuatir bahwa
ada kemungkinan kata atau panjang teks di A5 lebih dari 99 karakter.
Bagian *bold hitam* diganti dengan suku kata ke-*n* dikurangi 1 kemudian
dikali 99.
Contoh untuk ambil kata pertama :
=TRIM(MID(SUBSTITUTE(A5," ",REPT(" ",99)),* (1 - 1)*99*,*99*))
tentu saja bisa disingkat dengan =Trim(Left( , find()-1))

Ambil teks mulai kata ke-2 (sampai karakter terakhir)
=MID(A5,FIND(" ",*A5&" "*)+1,99)
Bahasa manusia :
"Ambil potongan teks (Mid) dari suatu teks di A5, mulai dari karakter
berikutnya (+1) setelah diketemukannya (Find) karakter spasi di teks A5 yang
telah diimbuhi spasi (*A5&" "*), sebanyak 99 karakter."

Salam.
Kid.

2011/9/11 guru muda <mudaguru@yahoo.com>

> **
>
>
> Terima kasih atas jawaban Bapak.
>
> Bagaimana kalau pengambilan nama tengah (kata ke-2) diambil dari sheet A5
> sampai A7 (tidak diambil dari B9 sampai B11. Juga bagaimana jika ada orang
> yang memiliki nama yg terdiri dari 1,2,4, atau lebih kata. Kalau terdiri
> dari 1 kata maka dihitung sebagai kata pertama, tentu saja.
>
> Maaf, saya lupa tidak memberikan variasi jumlah kata yang berbeda pada
> contoh yg saya
> lampirkan. Pada lampiran hanya diberikan contoh 3 kata, padahal ada nama
> orang yg terdiri dari 1,2,3,4, atau lebih kata.
>
> Terima kasih
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> --- On *Sat, 9/10/11, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>* wrote:
>
>
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> Subject: Fw: [belajar-excel] Bisakah melakukan tindakan terhadap kata?
>
> To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Date: Saturday, September 10, 2011, 3:07 PM
>
>
>
>
> Kalau filenya sulit dibuka, coba pakai yang ini.
> Formula untuk mengambil 2 suku kata :
> =MID(A5,FIND(" ",A5)+1,20)
>
> Formula untuk mengambil nama tengahnya adalah menggunakan kata yang
> diperoleh diatas.
> mis formula di atas ada pada sel B9 maka formulanya adalah sbb:
> =LEFT(B9,(FIND(" ",B9)-1)).
>
> Mudah2an lampirannya bisa dibuka.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Saturday, September 10, 2011 9:50 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Bisakah melakukan tindakan terhadap kata?
>
> Pakai formula saja Pak.
> Jawaban terlampir.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> ------------------------------
> *From:* guru muda <mudaguru@yahoo.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Saturday, September 10, 2011 7:11 PM
> *Subject:* [belajar-excel] Bisakah melakukan tindakan terhadap kata?
>
>
> Para Master excel,
>
> Bisakah kita melakukan tindakan terhadap kata-kata yang ada dalam suatu
> kolom? Selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.
>
> Terima kasih
>
>
>
>
>
>
5.

Membuat Macro Simpan

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Sat Sep 10, 2011 5:08 pm (PDT)



Dear all
Mau minta tolong dong, bagi saudara2 yg menguasai macro, bisakah saya dibantu membuat form terlampir menjadi lebih praktis.
Terima kasih
Salam
Tini

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: dwa_spv_fin@bukitmakmur.com
Date: Sun, 11 Sep 2011 07:04:18
To: <hartini_80@yahoo.co.id>
Subject: Membuat Macro Simpan


6a.

Re: Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Sat Sep 10, 2011 5:09 pm (PDT)



Makasih ya Mr Kid, dah mau membantu, dah oke neh sesuai dgn keinginan, mba haps terima kasih banyak ya dah diberi penjelasan jg.
Salam
Tini
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Sep 2011 18:47:16
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

File terlampir contoh hasil manggut-manggut karena ngantuk bukan karena
makan pisang goreng. Jadi kalau ada yang salah, dimaklumi sajah.

Untuk data absensi, mungkin ada kolom yang menerangkan sebagai data saat
masuk atau data saat keluar.

Data text file mbak Tini tidak unique record, tetapi dianggap boleh unique
record dengan beberapa asumsi.
File terlampir berasumsi bahwa absensi pertama yang digunakan. Jadi sisanya
akan dihapus, memanfaatkan fitur remove duplicate minimal berdasar kolom
NIK. Pada file terlampir di-remove duplicate berdasar kolom NIK dan Tanggal,
karena was-was ada file yang berisi 2 tanggal (misal ada lembur dihari libur
atau sabtu dan direkap di hari seninnya).
Tapi sebelum di remove duplicate, harus disort ascending lebih dulu. MInimal
berdasar waktu, tapi pada file terlampir berdasar 3 kolom, saking isengnya.
Ubah sort order type menjadi descending ketika data yang dipakai adalah
absensi terakhir.

Asumsi lainnya adalah, sebuah file text hanya berisi data masuk saja atau
data keluar saja. Meski demikian, pada file terlampir belum disertakan
sebuah kolom penanda data apakah data baru tersebut sebagai data masuk atau
data keluar. Silakan dikembangkan saja.

Hasil import text file yang telah di sort dan remove duplicate di salin ke
database, dan masuk sebagai record pertama, karena sifat fitur remove
duplicate adalah mempertahankan data pertama yang ditemukan dan menghapus
data berikutnya yang terduplikasi berdasar suatu kriteria. Kriteria berdasar
tanggal dan NIK, karena database berisi seluruh data sepanjang masa.

Setelah didapatkan database yang benar-benar unique berdasar keys (tanggal
dan NIK), maka data diurutkan kembali berdasar tanggal dan NIK, agar data
lebih clustered.

Semoga terus dikembangkan, hingga suatu saat akan muncul kebutuhan
penggunaan database engine sebagai media penyimpan data dan ekstraksi data
kerja.

Regards.
Kid.

2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** Ndak ada kembarannya mba karena dia mengacu pada tanggal,bulan dan
> tahun, untuk NAME FILE TEXT (file yg di notepad) biasanya disimpen di folder
> yg bernama Finger Print, karena dia di download dr mesin finger print, kalo
> biasanya saya pisahkan manual tiap digitnya dan saya pindahkan ke folder dgn
> keterangan data Finger sudah dipakai jika data tsb telah saya gunakan dan
> menggantinya dgn data dr tgl yg baru. Begitu proses kerja saya mba, manual
> banget. Masukan dr mba haps dan mr kid sangat membantu sekali, seandainya
> bisa di filter dan berpindah sendiri tanpa dipindah manual (hehehe maaf ya
> mba banyak permintaan)
>
> Salam
> Tini
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 9 Sep 2011 17:21:35 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel
>
>
>
> bisa
> yaitu (seperti telah dikatakan di email sebelum ini) dengan cara memberi
> kolom baru
> pada tabel hasil konversi, di kolom baru itu kita tuliskan (dng makro) nama
> file-text-nya
>
> cara untuk mencegah file-text diproses lebih dari sekali antara lain
> ** setelah dikonversi, file text langsung dihapus atau dipindah ke folder
> khusus
> cara lain dengan memeriksanya di kolom NAMAFILE TEXT spt tsb di atas.
>
>
> Tetapi yg penting mbak hart tentukan:
>
> apakah nomor (22 digit) itu bisa ada kembarannya di FILE-TEXT LAIN ??
> hal ini tidak dapat kita analisis di sini karena mbak hart mengajukan
> contoh file
> hanya satu saja..
>
> jawaban dari mbak hart (semakin banyak info semakin baik) *akan sangat
> menentukan*
> *"jalan ceritak" nya makro* yg akan dibuat (oleh mr kid maupun haps yg
> akan ikut belajar)
>
> Coba lihat di seberang sana, Mr Kid kelihatan manggut-manggut kan ??
> (sepertinya sambil makan pisang goreng tuh..) he he he..
>
>
>
>
> 2011/9/9 <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>>
>> ** NAMA FILE TEXT yg dr notepad itu yg berbeda mba, karena dia mengacu
>> pada tanggal ditariknya data dr Mesinnya. Bisakan kira2 nama file tersebut
>> dijadikan filter mba?
>>
>> Salam
>> Tini
>>
>> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>> *Date: *Fri, 9 Sep 2011 17:00:46 +0700
>> *
>> *
>>
>> nambahin pertanyaan Mr Kid
>> mohon di dicerita'in dikit mengenai: "data yg sudah diambil"
>>
>> ** jika yg dimaksud =DATA= adalah SETIAP FILE TEXT *
>> *
>> *
>> maka tiap file text harusnya punya nama yg unik , isinya pun unik (tidak
>> akan diperiksa lagi.
>>
>> perlakuan kita untuk menCHECK apakah DATA sudah ada hanya mengenai NAMA
>> file TEXTnya
>> bila sudah pernah diproses, >> tidak diproses lagi..
>>
>> di dalam proses konversinya mungkin harus ditambah kolom baru yg diisi
>> NAMA FILE TEXT
>> nantinya ini akan berguna untuk di cek apakah nama file yg diproses sudah
>> ada tertulis di kolom tsb
>>
>> MAKRO yg akan dipakai (dan dilanjutkan pengembangannya) adalah makro dari
>> Mr Kid
>> karena sudah memikirkan jauh ke depan
>> ** tiap file text isinya di APPEND ke sheet yg tetap, bukan dibuka sebagai
>> workbook baru
>> seperti makro dari haps..
>>
>> ** data date dan time sudah di jadikan dua data (bukan 6 data lagi)
>>
>> hal ini pun sepertinya belum mendapat "suara" dari mbak hart (mana yg akan
>> dipakai)
>>
>> demikian sekedar menambahkan pendapat..
>>
>> haps
>>
>>
>>
>
>

7a.

Step Awal Belajar Makro bagi Pemula

Posted by: "sin.ur4t" sin.ur4t@yahoo.com   sin.ur4t

Sat Sep 10, 2011 10:19 pm (PDT)



Salam be-excel..

Saya prnh membaca 2 atau 3 postingan yg berisi makro di grup ini. Jangankan memahami topik yg didiskusikan, bhkn sekadar 'ngetes'/menjalankan contoh makro-nya saja pun saya blm tau caranya, pdhl sdh disusun dgn rapi dan dibubuhi penjelasan. Brgkl krn bahasannya terlalu canggih, saya malah makin bingung dan 'ketakutan' tiap ada postingan yg berisi makro :(

Mohon para senior memberi bimbingan singkat tentang:
1. defenisi2 mendasar terkait makro (contoh: dim, event prosedur dll)
2. Step-step belajar makro bagi pemula agar tidak melompat-lompat topiknya.
3. Contoh-contoh latihan soal dan jawabannya.

Jika pun ada url yg sdh menyediakan ini dgn baik dlm bhs indonesia, sudilah kiranya memberi link utk menuju kesana. Terima kasih sebelumnya..

Salam hormat,

Imam F. Sinurat - Sumut

7b.

Re: Step Awal Belajar Makro bagi Pemula

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Sun Sep 11, 2011 12:44 am (PDT)



Menurut pendapat saya...
Walapun milis ini sudah mengkhususkan Excel, tetapi karena Excel cukup punya
wilayah luas, maka jenis / bab yg dibicarakan tentu bermacam-macam
segmentasinya.
Pak Sin tidak perlu alergi dengan segmentasi yg tidak diminatinya.
Tinggal di delete,.. lete ! beres pak..

Sekali-sekali berkunjunglah ke web milis kita, di AREA FILES, tempat dimana
file-file contoh yg dianggap berguna dipajang untuk siap diunduh
oleh members yang
berminat; url nya:
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/

Paling tidak, di situ ada 2 file yg ada hubungannya dengan bahasa VBA /
makro
*ctv_VBA Excel At a Glance.zip* (Pengantar sebelum belajar makro VBA -
Excel)
dan
*Daftar links tutorial Excel-VBA (v2).xls* (Beberapa links ke situs
tutorial Excel)

Selain itu; di AREA LINKS :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/links
juga ada beberapa links yg bagi penggemar excel perlu di jenguk.

Menurut pendapat saya (lagi), suatu milis tanya-jawab, tidak bisa dibuat
sistematis
memuat penjelasan urut, karena hal spt itu *sudah dikerjakan *oleh Buku
(biasa)
maupun eBook (electronic Book, biasanya berupa file PDF)
Pengguna Excel serius, jangan sampai tidak punya buku standar panduan
pengoperasian
Excel dan Panduan Advanced khusus bidang yg ingin dipelajarinya.
(jika tidak, kata siti, hal seperti ini seperti nakhoda baru yg berlayar
tanpa membawa
peta dan kompas ataupun piranti gps)

Sekali lagi menurut pendapat saya...
Suatu milis tanya-jawab akan selalu "loncat-loncat & maju-mundur" sesuai
topik yg
ditanyakan oleh members.
Jadi bagi pak Sin masih terbuka kesempatan bertanya istilah-istilah VBA,
tentunya setiap kali mengajukan pertanyaan bukan mengajukan 1000 istilah
(jarang
calon penjawab yg sempat punya waktu menulis jawabannya); tetapi mungkin
lebih baik
beberapa istilah ( misalnya 3 s/d 4 istilah) per email.
Bahwa ini berarti akan dilakukan berkali kali, tidak menjadi masalah.
Lebih baiknya Bapak pegang dulu Buku / Ebook, lalu dari bacaan itu jika ada
hal yg
sulit difahami barulah ditanyakan ke milis.

Mengenai eBook, memang ada beberapa free eBook, tetapi buku seriyus biasanya
berbayar (harus berlisensi dimana lisensi didapat dengan membayar).
http://spreadsheetpage.com/index.php/books
Oleh karena itu members sepertinya tidak boleh sembarangan memajang *LINKS *
*"gelap"* ke eBook yg seharusnya didapat dgn membayar demi menghormati hak
cipta.
[image: bisikan eBook.PNG]
Mudah mudahan jawaban ini tidak terlalu mengecewakan pak sin (sambil
menunggu
tanggapan dari members lain)

terma kasih,
-haps-

2011/9/11 sin.ur4t <sin.ur4t@yahoo.com>
>
> Salam be-excel..
> Saya prnh membaca 2 atau 3 postingan yg berisi makro di grup ini.
Jangankan memahami topik yg didiskusikan, bhkn sekadar 'ngetes'/menjalankan
contoh makro-nya saja pun saya blm tau caranya, pdhl sdh disusun dgn rapi
dan dibubuhi penjelasan. Brgkl krn bahasannya terlalu canggih, saya malah
makin bingung dan 'ketakutan' tiap ada postingan yg berisi makro :(
>
> Mohon para senior memberi bimbingan singkat tentang:
> 1. defenisi2 mendasar terkait makro (contoh: dim, event prosedur dll)
> 2. Step-step belajar makro bagi pemula agar tidak melompat-lompat
topiknya.
> 3. Contoh-contoh latihan soal dan jawabannya.
>
> Jika pun ada url yg sdh menyediakan ini dgn baik dlm bhs indonesia,
sudilah kiranya memberi link utk menuju kesana. Terima kasih sebelumnya..
>
> Salam hormat,
> Imam F. Sinurat - Sumut
8a.

Re: Sheet in the UserForm.

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Sep 11, 2011 6:50 am (PDT)



Untuk MSO 2007 ke atas,
1. Tutup seluruh Excel
2. download dan install Office Web Components dari Microsoft
Downloads<http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?displaylang=en&id=22276>
3. Buka Excel
4. Ke VBE
5. Insert -> User Form
6. tampilkan control toolbox melalui menu View -> Toolbox kemudian klik
kanan toolbox -> pilih Additional Control
atau ke menu Tools -> Additional Control
7. cari pada daftar (daftar sudah sort ascending), item bernama Microsoft
Office Spreadsheet 11 dan centang, kemudian tekan OK
8. Klik icon dan gambar sebuah kotak di UserForm

Regards.
Kid.

2011/9/9 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> **
>
>
> Ini ada titipan dari Yu siti.. (yg sedang cuti dan keluyuran ke cartagena
> dalam rangka napak tilas (waktu pamit, spt itu sms-nya)...
>
> katanya begini:
> " selama bulan ramadlon, banyak sekali email japri masuk ke inbox , 6
> diantaranya
> menyanyakan *apakah bisa userForm memuat SHEET dan isi datanya *?"
>
> kata siti, "bisa"
> antara lain dengan menambahkan control yg bernama SpreadSheet ke TollBox
> lalu dengan alat itu kita dapat meng-instanciate object SpreadSheet ke
> dalam
> UserForm
>
> Giliran UserForm di SHOW, pada *event Initialize* nya kita isi perintah
> spt ini
>
> Private Sub UserForm_Initialize()
> ' spreadsheet di userform diisi data dari sheet1 di workbook
> Spreadsheet1.Range("A4:F11").Value = _
> Sheets("Sheet1").Range("A4:F11").Value
> End Sub
>
> [image: sheet inthe UserForm.GIF]
>
> Untuk mengatur-atur lebih advanced lagi, tentunya anda harus membaca-baca
> mengenai
> *class SpreadSheet tsb, apa saja membersnya (properties, methods dan
> events-nya)*
>
> Contoh sederhana dari si embak ceriwis, dilampirkan di email posting ini..
> semoga bermanfaat, terutama bagi yg memerlukan tapi belum tahu caranya...
>
> dag...
> -haps-
>
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Small Business Group

Own a business?

Connect with others.

Cat Groups

on Yahoo! Groups

Share pictures &

stories about cats.

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


How Bad is Your Score? Use this Free, Easy Way to See Your Score. freecreditscore.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar