Rabu, 07 Mei 2014

[belajar-excel] Digest Number 2908

9 Messages

Digest #2908

Messages

Wed May 7, 2014 1:08 am (PDT) . Posted by:

"egidia seftyanaputri"

Dear Alfan,

di cel C1 diisi dengan formula waktu_tutup dikurangi waktu_buka, kira-kira
formulanya adalah =B2-A2
setelah itu cel C1 diformat custom [ss]
tanda kurung siku adalah untuk memaksa Excel menampilkan hasil dalam satuan
detik atau ss

Rgds,

egidia seftyana putri

Pada 7 Mei 2014 14.50, Alfan Atas Pujianto <alfanatas@yahoo.co.id> menulis:

>
>
> Dear All,
>
> Kawan mohon bantuan cara menghitung durasi waktu dalam satuan detik, kira2
> rumusnya yang sesuai untuk kolon C1 gimana ya sesuai contoh terlampir.
>
>
> Regard
>
> Alfan
>
>
>

Wed May 7, 2014 1:34 am (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Alfan;

Coba begini:
=(DAY(B2)-DAY(A2))*24*60*60+(TIME(HOUR(B2),MINUTE(B2),SECOND(B2))*24*60*60)-TIME(HOUR(A2),MINUTE(A2),SECOND(A2))*24*60*60

Oia kalo g salah, satu hari itu sama dengan 86400 detik

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Alfan Atas Pujianto
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 07, 2014 2:50 PM
Subject: [belajar-excel] Cara menghitung Durasi waktu dalam detik [1 Attachment]

Dear All,

Kawan mohon bantuan cara menghitung durasi waktu dalam satuan detik, kira2 rumusnya yang sesuai untuk kolon C1 gimana ya sesuai contoh terlampir.

Regard

Alfan

Wed May 7, 2014 1:49 am (PDT) . Posted by:

"Alfan Atas Pujianto" al_mito

Dear All

Trims Atas bantuannya, akan saya coba terapin.

Regard

Pada Rabu, 7 Mei 2014 15:34, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

 

Hai Alfan;
 
Coba begini:
=(DAY(B2)-DAY(A2))*24*60*60+(TIME(HOUR(B2),MINUTE(B2),SECOND(B2))*24*60*60)-TIME(HOUR(A2),MINUTE(A2),SECOND(A2))*24*60*60
 
 
Oia kalo g salah, satu hari itu sama dengan 86400
detik
 
 
Wassalam
~
Bagus ~
 
----- Original Message -----
>From: Alfan Atas Pujianto
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Wednesday, May 07, 2014 2:50 PM
>Subject: [belajar-excel] Cara menghitung Durasi waktu dalam detik [1 Attachment]
>

>Dear All,
>
>
>Kawan mohon bantuan cara menghitung durasi waktu dalam satuan detik, kira2 rumusnya yang sesuai untuk kolon C1 gimana ya sesuai contoh terlampir.
>
>
>
>Regard
>
>
>Alfan
>

Wed May 7, 2014 1:19 am (PDT) . Posted by:

"Haris Rifai" haris.rifai

Dear Pak Ferry.

Saya sudah mengerti yang pak Ferry maksudkan dengan membuat 4x fungsi sumifs karena terdapat 4 periode. Cuma jadinya panjang banget penulisan formula karena dalam aplikasi yang saya sesungguhnya terdapat 12 periode dengan masing-masing periode ada 4 kreteria.

Kalo ada cara yang lebih simple mohon arahanya Pak.

Terimaksih.
Haris.
Pada Rabu, 7 Mei 2014 14:45, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:

 
Dear Pak Ferry S.

Saya sudah coba pak, permasalahanya range yang saya jumlahkan adalah berupa baris karena saya menginginkan jika dalam satu baris terdapat dua nilai atau lebih yang memenuhi kreteria maka nilai-nilai tersebut akan di akumulasikan/dijumlahkan. Dan untuk itu saya menemui kesuiltan untuk menentukan sum_range pada penulisan fungsi sumifs.

Mohon arahanya Pak Ferry atau rekan master yang lain, dan kalo berkenan mohon contohkan dalam lampiran saya.

Terimaksih.
Haris
Pada Rabu, 7 Mei 2014 13:53, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com> menulis:

 
Nah tuh udah dijawab sendiri...hehehe
Pakai SUMIFS mas, sebanyak 4 kali karena ada 4 periode..
Kalau cara lain yang lebih ringkas saya belum tau nih...
 
Thanks

Pada 7 Mei 2014 11.51, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:


>Dear master Excel.
>
>
>Assalamu&#39;alaikum.
>
>
>Saya ingin melakukan penjumlahan bebenapa nilai yang memenuhi suatu persyaratan, mungkin hampir sama dengan penggunaan fungsi SUMIF/SUMIFS, tapi range yang ingin saya jumlahkan berada pada kolom yang berbeda dan tidak berurutan.
>
>
>Untuk memperjelas yang saya maksud berikut saya lampirkan file contoh kasusnya.
>
>
>Mohon arahan para master sekalian.
>
>
>
>
>Terimaksih.
>Haris.

Wed May 7, 2014 1:47 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Jika ingin rumusnya singkat, cara hitungnya mudah, maka yang harus
diperbaiki adalah bentuk datanya..
jika data disusun berkaidah tabel data yang baik.. maka segala kesulitan
yang dialami oleh pak Haris akan mudah diatasi

contoh data yang baik bisa diintip di
sini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/02/susun-data-sebagai-tabel-yang-baik.html>

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 7 Mei 2014 15.17, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:

>
>
> Dear Pak Ferry.
>
> Saya sudah mengerti yang pak Ferry maksudkan dengan membuat 4x fungsi
> sumifs karena terdapat 4 periode. Cuma jadinya panjang banget penulisan
> formula karena dalam aplikasi yang saya sesungguhnya terdapat 12 periode
> dengan masing-masing periode ada 4 kreteria.
>
> Kalo ada cara yang lebih simple mohon arahanya Pak.
>
> Terimaksih.
> Haris.
> Pada Rabu, 7 Mei 2014 14:45, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>
> menulis:
>
> Dear Pak Ferry S.
>
> Saya sudah coba pak, permasalahanya range yang saya jumlahkan adalah
> berupa baris karena saya menginginkan jika dalam satu baris terdapat dua
> nilai atau lebih yang memenuhi kreteria maka nilai-nilai tersebut akan di
> akumulasikan/dijumlahkan. Dan untuk itu saya menemui kesuiltan untuk
> menentukan sum_range pada penulisan fungsi sumifs.
>
> Mohon arahanya Pak Ferry atau rekan master yang lain, dan kalo berkenan
> mohon contohkan dalam lampiran saya.
>
> Terimaksih.
> Haris
> Pada Rabu, 7 Mei 2014 13:53, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com>
> menulis:
>
> Nah tuh udah dijawab sendiri...hehehe
> Pakai SUMIFS mas, sebanyak 4 kali karena ada 4 periode..
> Kalau cara lain yang lebih ringkas saya belum tau nih...
>
> Thanks
>
>
> Pada 7 Mei 2014 11.51, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> Dear master Excel.
>
> Assalamu'alaikum.
>
> Saya ingin melakukan penjumlahan bebenapa nilai yang memenuhi suatu
> persyaratan, mungkin hampir sama dengan penggunaan fungsi SUMIF/SUMIFS,
> tapi range yang ingin saya jumlahkan berada pada kolom yang berbeda dan
> tidak berurutan.
>
> Untuk memperjelas yang saya maksud berikut saya lampirkan file contoh
> kasusnya.
>
> Mohon arahan para master sekalian.
>
>
> Terimaksih.
> Haris.
>
>

Wed May 7, 2014 2:04 am (PDT) . Posted by:

"Ferry Setiawan" ferry_2005_skom

Betul miss jan, jadi intinya table menyesuaikan formula, bulan formula yg
menyesuaikan dengan table.

Kalau designnya mau diubah tabular mungkin formulanya lebih simple,
misalnya periode dijadikan kolom, jadi di kolom periode nantinya berisikan
nomor periodenya 1...12

Untuk penjumlahannya bisa menggunakan 1 sumifs saja.

Jika tampilannya kurang nyaman, bisa dibantu dengan pivot, kolom periode
dimasukkan sebagai field pada pivot, maka tampilannya akan mirip dengan
attachment dari mas haris

Thanks
On May 7, 2014 3:47 PM, "Jan Raisin" <miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:

>
>
> Jika ingin rumusnya singkat, cara hitungnya mudah, maka yang harus
> diperbaiki adalah bentuk datanya..
> jika data disusun berkaidah tabel data yang baik.. maka segala kesulitan
> yang dialami oleh pak Haris akan mudah diatasi
>
> contoh data yang baik bisa diintip di sini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/02/susun-data-sebagai-tabel-yang-baik.html>
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 7 Mei 2014 15.17, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:
>
>>
>>
>> Dear Pak Ferry.
>>
>> Saya sudah mengerti yang pak Ferry maksudkan dengan membuat 4x fungsi
>> sumifs karena terdapat 4 periode. Cuma jadinya panjang banget penulisan
>> formula karena dalam aplikasi yang saya sesungguhnya terdapat 12 periode
>> dengan masing-masing periode ada 4 kreteria.
>>
>> Kalo ada cara yang lebih simple mohon arahanya Pak.
>>
>> Terimaksih.
>> Haris.
>> Pada Rabu, 7 Mei 2014 14:45, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>
>> menulis:
>>
>> Dear Pak Ferry S.
>>
>> Saya sudah coba pak, permasalahanya range yang saya jumlahkan adalah
>> berupa baris karena saya menginginkan jika dalam satu baris terdapat dua
>> nilai atau lebih yang memenuhi kreteria maka nilai-nilai tersebut akan di
>> akumulasikan/dijumlahkan. Dan untuk itu saya menemui kesuiltan untuk
>> menentukan sum_range pada penulisan fungsi sumifs.
>>
>> Mohon arahanya Pak Ferry atau rekan master yang lain, dan kalo berkenan
>> mohon contohkan dalam lampiran saya.
>>
>> Terimaksih.
>> Haris
>> Pada Rabu, 7 Mei 2014 13:53, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com>
>> menulis:
>>
>> Nah tuh udah dijawab sendiri...hehehe
>> Pakai SUMIFS mas, sebanyak 4 kali karena ada 4 periode..
>> Kalau cara lain yang lebih ringkas saya belum tau nih...
>>
>> Thanks
>>
>>
>> Pada 7 Mei 2014 11.51, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:
>>
>>
>> Dear master Excel.
>>
>> Assalamu'alaikum.
>>
>> Saya ingin melakukan penjumlahan bebenapa nilai yang memenuhi suatu
>> persyaratan, mungkin hampir sama dengan penggunaan fungsi SUMIF/SUMIFS,
>> tapi range yang ingin saya jumlahkan berada pada kolom yang berbeda dan
>> tidak berurutan.
>>
>> Untuk memperjelas yang saya maksud berikut saya lampirkan file contoh
>> kasusnya.
>>
>> Mohon arahan para master sekalian.
>>
>>
>> Terimaksih.
>> Haris.
>>
>>
>
>

Wed May 7, 2014 2:09 am (PDT) . Posted by:

"Ferry Setiawan" ferry_2005_skom

Kalau memang design tidak mau diubah, dan tidak mau pakai formula yg
panjang, bisa juga pakai macro function. Jadi tinggal pilih mas, mau pakai
cara yg mana
On May 7, 2014 4:04 PM, "Ferry Setiawan" <fset2006@gmail.com> wrote:

> Betul miss jan, jadi intinya table menyesuaikan formula, bulan formula yg
> menyesuaikan dengan table.
>
> Kalau designnya mau diubah tabular mungkin formulanya lebih simple,
> misalnya periode dijadikan kolom, jadi di kolom periode nantinya berisikan
> nomor periodenya 1...12
>
> Untuk penjumlahannya bisa menggunakan 1 sumifs saja.
>
> Jika tampilannya kurang nyaman, bisa dibantu dengan pivot, kolom periode
> dimasukkan sebagai field pada pivot, maka tampilannya akan mirip dengan
> attachment dari mas haris
>
> Thanks
> On May 7, 2014 3:47 PM, "Jan Raisin" <miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:
>
>>
>>
>> Jika ingin rumusnya singkat, cara hitungnya mudah, maka yang harus
>> diperbaiki adalah bentuk datanya..
>> jika data disusun berkaidah tabel data yang baik.. maka segala kesulitan
>> yang dialami oleh pak Haris akan mudah diatasi
>>
>> contoh data yang baik bisa diintip di sini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/02/susun-data-sebagai-tabel-yang-baik.html>
>>
>> Wassalam,
>>
>> -Miss Jan Raisin-
>>
>>
>> Pada 7 Mei 2014 15.17, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:
>>
>>>
>>>
>>> Dear Pak Ferry.
>>>
>>> Saya sudah mengerti yang pak Ferry maksudkan dengan membuat 4x fungsi
>>> sumifs karena terdapat 4 periode. Cuma jadinya panjang banget penulisan
>>> formula karena dalam aplikasi yang saya sesungguhnya terdapat 12 periode
>>> dengan masing-masing periode ada 4 kreteria.
>>>
>>> Kalo ada cara yang lebih simple mohon arahanya Pak.
>>>
>>> Terimaksih.
>>> Haris.
>>> Pada Rabu, 7 Mei 2014 14:45, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>
>>> menulis:
>>>
>>> Dear Pak Ferry S.
>>>
>>> Saya sudah coba pak, permasalahanya range yang saya jumlahkan adalah
>>> berupa baris karena saya menginginkan jika dalam satu baris terdapat dua
>>> nilai atau lebih yang memenuhi kreteria maka nilai-nilai tersebut akan di
>>> akumulasikan/dijumlahkan. Dan untuk itu saya menemui kesuiltan untuk
>>> menentukan sum_range pada penulisan fungsi sumifs.
>>>
>>> Mohon arahanya Pak Ferry atau rekan master yang lain, dan kalo berkenan
>>> mohon contohkan dalam lampiran saya.
>>>
>>> Terimaksih.
>>> Haris
>>> Pada Rabu, 7 Mei 2014 13:53, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com>
>>> menulis:
>>>
>>> Nah tuh udah dijawab sendiri...hehehe
>>> Pakai SUMIFS mas, sebanyak 4 kali karena ada 4 periode..
>>> Kalau cara lain yang lebih ringkas saya belum tau nih...
>>>
>>> Thanks
>>>
>>>
>>> Pada 7 Mei 2014 11.51, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:
>>>
>>>
>>> Dear master Excel.
>>>
>>> Assalamu'alaikum.
>>>
>>> Saya ingin melakukan penjumlahan bebenapa nilai yang memenuhi suatu
>>> persyaratan, mungkin hampir sama dengan penggunaan fungsi SUMIF/SUMIFS,
>>> tapi range yang ingin saya jumlahkan berada pada kolom yang berbeda dan
>>> tidak berurutan.
>>>
>>> Untuk memperjelas yang saya maksud berikut saya lampirkan file contoh
>>> kasusnya.
>>>
>>> Mohon arahan para master sekalian.
>>>
>>>
>>> Terimaksih.
>>> Haris.
>>>
>>>
>>
>>
>

Wed May 7, 2014 2:34 am (PDT) . Posted by:

"Flow Nanank" flow.nanank

Dear Para Master Excel,

Rencana saya mau membuat Rekap promo,
jadi disitu ada semua kumpulan promo yg sedang berjalan dan ada masa active nya,
saya sudah membuat dengan Pivot Table, (sperti contoh terlampir) denan Filter per Brand.
tetapi karena masih newbie jadi belum memuaskan,,hehehhe
yang mau sy tanyakan bagaimana cara membuat jika masa active promo sudah habis maka otomatis data akan hilang,
jika ada yg punya Format Rekap Promo yang lebih Bagus bantu Share yaa,, :-)
Atau ada solusi lain tanpa Pivot table ?

Terimakasih.

Wed May 7, 2014 2:46 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Name tag sudah siap (terlampir).....

On Wednesday, 7 May 2014, 13:17, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Update 7 Mei 2014 1.16 pm,
1. Dani Hardian

2. Hendrik Karnadi

3. Kid (transfer an Cendani ???)

4. Eko Agus

5. Sofyan
6. Winarno
7. Dwint Ruswanto
Salam,
HK

On Wednesday, 7 May 2014, 11:21, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Saat ini yang terdaftar baru 5 orang, 
1. Dani Hardian

2. Hendrik Karnadi

3. Kid (transfer an Cendani ???)

4. Eko Agus

5. Sofyan

Siapa menyusul ? .... sebelum Mr. Kid "hijrah" ke negara Kanguru

Salam,
HK

On Wednesday, 7 May 2014, 9:46, "abraham_kusuma@yahoo.com" <abraham_kusuma@yahoo.com> wrote:

Transfernya brp ya? Rekening apa?
From OPPO Find

hendrik karnadi
<hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Saat ini yang terdaftar sudah 4 orang,
Dani Hardian
Hendrik Karnadi
Kid (transfer an Cendani ???)
Eko Agus

Siapa menyusul ?

Salam,
HK

On Tuesday, 6 May 2014, 13:17, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

Ikutan daftar ya guys... 1 orang... :)

Kid. 08176651511
transfer via BSM dengan no ref 00592241 FT14126P8DCV

Met ketemu dilokasi. Sorry bangeet... ndak bisa bantu-bantu...

Moga2 materinya juga sempet buat softcopy nya...

Wassalam,
Kid.

Reply via web post • Reply to sender • Reply to group •

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar