Rabu, 18 Juni 2014

[belajar-excel] Digest Number 2977

14 Messages

Digest #2977
2a
getfile by "irianto"
2b
Fw: [belajar-excel] getfile by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2c
Re: getfile by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2d
Re: getfile by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
4a
Menggunakan Statment SQL pada Excel by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4b
4d
Re: Menggunakan Statment SQL pada Excel by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Messages

Tue Jun 17, 2014 5:38 pm (PDT) . Posted by:

"Winov X" winovx



Om Syaiful


1. Classic PivotTable layout
2. semua kolom masuk Row Labels
3. Subtotals pada Fields setting "None"semua


semoga sesuai harapan


-Winarno-







Pada Selasa, 17 Juni 2014 13:58, "Syaiful Hanan ananinadam@gmail.com [belajar-excel]" menulis:



bagaimana caranya kalau di buat pivot hingga kolom tetap nampak ketiganya teromkasih suhu















Tue Jun 17, 2014 5:40 pm (PDT) . Posted by:

"irianto"

Dear all master

Arti dari "Hwnd" dari source berikut: hFile = GetFile(Hwnd),itu bahasa
manusia nya apa ya?apakah alamat file yang akan kita ambil berada?

Trim's atas pencerahannya

Tue Jun 17, 2014 7:54 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

"Hwnd" adalah nama file bukan alamat atau Directory.

Salam,
HK

On Wednesday, 18 June 2014, 7:40, "'irianto' irianto.mandala@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


 
Dear all master
Arti dari "Hwnd" dari source berikut:   hFile
= GetFile(Hwnd),itu bahasa manusia nya apa ya?apakah alamat file yang akan kita
ambil berada?
Trim's atas pencerahannya

Tue Jun 17, 2014 8:18 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hwnd pada kalimat tersebut adalah sebuah variabel. Typenya variant.
Detilnya tergantung isi prosedur.

Biasanya, variabel hwnd digunakan untuk menyimpan nomor handle windows yg
bertipe long. Tapi pada kasus ini, ndak bisa dipastikan bahwa hwnd sebagai
handle windows jika tidak melihat isi prosedur getfile.
On Jun 18, 2014 7:40 AM, "'irianto' irianto.mandala@yahoo.com
[belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Dear all master
>
> Arti dari "Hwnd" dari source berikut: hFile = GetFile(Hwnd),itu bahasa
> manusia nya apa ya?apakah alamat file yang akan kita ambil berada?
>
> Trim's atas pencerahannya
>
>

Tue Jun 17, 2014 8:47 pm (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr.Kid atas koreksinya.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:Hwnd pada kalimat tersebut adalah sebuah variabel. Typenya variant.
Detilnya tergantung isi prosedur.

Biasanya, variabel hwnd digunakan untuk menyimpan nomor handle windows yg bertipe long. Tapi pada kasus ini, ndak bisa dipastikan bahwa hwnd sebagai handle windows jika tidak melihat isi prosedur getfile.

On Jun 18, 2014 7:40 AM, "'irianto' irianto.mandala@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
 
Dear all master

Arti dari "Hwnd" dari source berikut:   hFile = GetFile(Hwnd),itu bahasa manusia nya apa ya?apakah alamat file yang akan kita ambil berada?

Trim's atas pencerahannya

Tue Jun 17, 2014 6:15 pm (PDT) . Posted by:

"NangAgus"

Asalamualaikum warahmatullah
Abu Dimaz,
Coba formulanya ditambahkan dengan IF, maksudnya, jika hari sesudahnya
melewati minggu (hasil pengurangan negatif), maka ditambah 7 lainnya
ditambah 0.
=F3+INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C4;$J$3:$J$9;0))-INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C3;$J$3:$J$9;0))+IF(INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C4;$J$3:$J$9;0))<INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C3;$J$3:$J$9;0));7;0)

Atau mungkin mau menggunakan rumus yang lebih mudah?
ini juga menggunakan kolom bantu untuk menentukan hari-hari yang akan
dipilih. (0 = mewakili 0 hari sesudah senin; 2 = mewakili 2 hari sesudah
senin, 5 = mewakili 5 hari sesudah senin)
tinggal menjumlah, C2 +A3
sedangkan mulai baris ke empat di tulis rumus C3 + 7
maksudnya jika ditambah 7 akan menghasilkan hari yang sama khan?

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung ke TKP!

Wasalamualaikum Warahmatullah.

NangAgus

On 17/06/2014 12:35, abu dimaz abudimaz@yahoo.co.id [belajar-excel] wrote:
> Terimakasih atas solusi yang diberikan. Jazakumullah khaira.
>
> Namun masih belum pas dengan yg diinginkan.
> Ketika sy coba copy ke bawah, hasilnya statis dari 3 tanggal pertama.
> Mungkin maksud saya kurang dapat dimengerti.
>
> Intinya sy ingin membuat tanggal loncat, sesuai jumlah hari mengajar
> dalam seminggu, selama 1 semester.
> Jadi, jika sy ubah hari mengajarnya hanya 1 atau 2 atau 3 kali per
> minggu, tanggal otomatis berubah sesuai hari dan jumlah pertemuan.
>
> Misal: Tanggal awalnya adalah hari Senin, tanggal 14/7/2014
> Pertemuan pertama hari Senin
> Pertemuan kedua hari Rabu
> Maka tanggal pada kolom tanggal tatap muka otomatis berubah dari tgl
> 14/7/2014 s/d 30/12/2014.
> Hanya saja tanggalnya sesuai dg hari pertemuan, yaitu hanya Senin dan
> Rabu saja.
>
> Semoga dapat dipahami, dan mohon bantuannya.
> Terimakasih sebelumnya.
>
>
> Pada Selasa, 17 Juni 2014 8:50, "NangAgus nangagus@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Asalamualaikumwarahmatullah,
> Abu Dimas,
> Pakai kolom bantu ya...
> Coba gunakan formula:
> =$C$2+INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C3;$J$3:$J$9;0))-INDEX(ROW($1:$7);MATCH($D$2;$J$3:$J$9;0))
> Diubah dahulu hari senin menjadi 1 dan rabu menjadi 3
> kita hitung dahulu selisih antara hari rabu dengan hari senin, (3-1)
> kemudian selisihnya dijumlah dengan tanggal pertama.
>
> Wasalamualaikumwarahmatullah
> NangAgus
>
> On 15/06/2014 15:46, abudimaz@yahoo.co.id
> <mailto:abudimaz@yahoo.co.id> [belajar-excel] wrote:
>> Assalamu alaikum warahmatullah
>>
>> Mohon bantuan para master dan suhu.
>> Saya ingin membuat tanggal tatap muka/pertemuan yang dinamis sesuai
>> hari dalam jadwal mengajar selama 1 semester di mulai dari tgl awal
>> masuk semester, namun mengalami kebuntuan dalam mencari rumus yang pas.
>> Untuk lebih jelasnya, sy lampirkan filenya.
>>
>> Terimakasih sebelumnya.
>>
>> Wassalamu alaikum warahmatullah
>>
>>
>>
>>
>
>
>
>

Tue Jun 17, 2014 6:20 pm (PDT) . Posted by:

"NangAgus"

Asalamualaikum warahmatullah
Abu Dimaz,
Coba formulanya ditambahkan dengan IF, maksudnya, jika hari sesudahnya
melewati minggu (hasil pengurangan negatif), maka ditambah 7 lainnya
ditambah 0.
=F3+INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C4;$J$3:$J$9;0))-INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C3;$J$3:$J$9;0))+IF(INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C4;$J$3:$J$9;0))<INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C3;$J$3:$J$9;0));7;0)

Atau mungkin mau menggunakan rumus yang lebih mudah?
ini juga menggunakan kolom bantu untuk menentukan hari-hari yang akan
dipilih. (0 = mewakili 0 hari sesudah senin; 2 = mewakili 2 hari sesudah
senin, 5 = mewakili 5 hari sesudah senin)
tinggal menjumlah, C2 +A3
sedangkan mulai baris ke empat di tulis rumus C3 + 7
maksudnya jika ditambah 7 akan menghasilkan hari yang sama khan?

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung ke TKP!

Wasalamualaikum Warahmatullah.

NangAgus

On 17/06/2014 12:35, abu dimaz abudimaz@yahoo.co.id [belajar-excel] wrote:
> Terimakasih atas solusi yang diberikan. Jazakumullah khaira.
>
> Namun masih belum pas dengan yg diinginkan.
> Ketika sy coba copy ke bawah, hasilnya statis dari 3 tanggal pertama.
> Mungkin maksud saya kurang dapat dimengerti.
>
> Intinya sy ingin membuat tanggal loncat, sesuai jumlah hari mengajar
> dalam seminggu, selama 1 semester.
> Jadi, jika sy ubah hari mengajarnya hanya 1 atau 2 atau 3 kali per
> minggu, tanggal otomatis berubah sesuai hari dan jumlah pertemuan.
>
> Misal: Tanggal awalnya adalah hari Senin, tanggal 14/7/2014
> Pertemuan pertama hari Senin
> Pertemuan kedua hari Rabu
> Maka tanggal pada kolom tanggal tatap muka otomatis berubah dari tgl
> 14/7/2014 s/d 30/12/2014.
> Hanya saja tanggalnya sesuai dg hari pertemuan, yaitu hanya Senin dan
> Rabu saja.
>
> Semoga dapat dipahami, dan mohon bantuannya.
> Terimakasih sebelumnya.
>
>
> Pada Selasa, 17 Juni 2014 8:50, "NangAgus nangagus@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Asalamualaikumwarahmatullah,
> Abu Dimas,
> Pakai kolom bantu ya...
> Coba gunakan formula:
> =$C$2+INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C3;$J$3:$J$9;0))-INDEX(ROW($1:$7);MATCH($D$2;$J$3:$J$9;0))
> Diubah dahulu hari senin menjadi 1 dan rabu menjadi 3
> kita hitung dahulu selisih antara hari rabu dengan hari senin, (3-1)
> kemudian selisihnya dijumlah dengan tanggal pertama.
>
> Wasalamualaikumwarahmatullah
> NangAgus
>
> On 15/06/2014 15:46, abudimaz@yahoo.co.id
> <mailto:abudimaz@yahoo.co.id> [belajar-excel] wrote:
>> Assalamu alaikum warahmatullah
>>
>> Mohon bantuan para master dan suhu.
>> Saya ingin membuat tanggal tatap muka/pertemuan yang dinamis sesuai
>> hari dalam jadwal mengajar selama 1 semester di mulai dari tgl awal
>> masuk semester, namun mengalami kebuntuan dalam mencari rumus yang pas.
>> Untuk lebih jelasnya, sy lampirkan filenya.
>>
>> Terimakasih sebelumnya.
>>
>> Wassalamu alaikum warahmatullah
>>
>>
>>
>>
>
>
>
>

Tue Jun 17, 2014 6:22 pm (PDT) . Posted by:

"NangAgus"

Asalamualaikum warahmatullah
Abu Dimaz,
Coba formulanya ditambahkan dengan IF, maksudnya, jika hari sesudahnya
melewati minggu (hasil pengurangan negatif), maka ditambah 7 lainnya
ditambah 0.
=F3+INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C4;$J$3:$J$9;0))-INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C3;$J$3:$J$9;0))+IF(INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C4;$J$3:$J$9;0))<INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C3;$J$3:$J$9;0));7;0)

Atau mungkin mau menggunakan rumus yang lebih mudah?
ini juga menggunakan kolom bantu untuk menentukan hari-hari yang akan
dipilih. (0 = mewakili 0 hari sesudah senin; 2 = mewakili 2 hari sesudah
senin, 5 = mewakili 5 hari sesudah senin)
tinggal menjumlah, C2 +A3
sedangkan mulai baris ke empat di tulis rumus C3 + 7
maksudnya jika ditambah 7 akan menghasilkan hari yang sama khan?

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung ke TKP!

Wasalamualaikum Warahmatullah.

NangAgus

On 17/06/2014 12:35, abu dimaz abudimaz@yahoo.co.id [belajar-excel] wrote:
> Terimakasih atas solusi yang diberikan. Jazakumullah khaira.
>
> Namun masih belum pas dengan yg diinginkan.
> Ketika sy coba copy ke bawah, hasilnya statis dari 3 tanggal pertama.
> Mungkin maksud saya kurang dapat dimengerti.
>
> Intinya sy ingin membuat tanggal loncat, sesuai jumlah hari mengajar
> dalam seminggu, selama 1 semester.
> Jadi, jika sy ubah hari mengajarnya hanya 1 atau 2 atau 3 kali per
> minggu, tanggal otomatis berubah sesuai hari dan jumlah pertemuan.
>
> Misal: Tanggal awalnya adalah hari Senin, tanggal 14/7/2014
> Pertemuan pertama hari Senin
> Pertemuan kedua hari Rabu
> Maka tanggal pada kolom tanggal tatap muka otomatis berubah dari tgl
> 14/7/2014 s/d 30/12/2014.
> Hanya saja tanggalnya sesuai dg hari pertemuan, yaitu hanya Senin dan
> Rabu saja.
>
> Semoga dapat dipahami, dan mohon bantuannya.
> Terimakasih sebelumnya.
>
>
> Pada Selasa, 17 Juni 2014 8:50, "NangAgus nangagus@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Asalamualaikumwarahmatullah,
> Abu Dimas,
> Pakai kolom bantu ya...
> Coba gunakan formula:
> =$C$2+INDEX(ROW($1:$7);MATCH(C3;$J$3:$J$9;0))-INDEX(ROW($1:$7);MATCH($D$2;$J$3:$J$9;0))
> Diubah dahulu hari senin menjadi 1 dan rabu menjadi 3
> kita hitung dahulu selisih antara hari rabu dengan hari senin, (3-1)
> kemudian selisihnya dijumlah dengan tanggal pertama.
>
> Wasalamualaikumwarahmatullah
> NangAgus
>
> On 15/06/2014 15:46, abudimaz@yahoo.co.id
> <mailto:abudimaz@yahoo.co.id> [belajar-excel] wrote:
>> Assalamu alaikum warahmatullah
>>
>> Mohon bantuan para master dan suhu.
>> Saya ingin membuat tanggal tatap muka/pertemuan yang dinamis sesuai
>> hari dalam jadwal mengajar selama 1 semester di mulai dari tgl awal
>> masuk semester, namun mengalami kebuntuan dalam mencari rumus yang pas.
>> Untuk lebih jelasnya, sy lampirkan filenya.
>>
>> Terimakasih sebelumnya.
>>
>> Wassalamu alaikum warahmatullah
>>
>>
>>
>>
>
>
>
>

Tue Jun 17, 2014 9:18 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Rekan2 Be-Excellers,

Terinspirasi oleh jawaban Pak Zainal atas pertanyaan salah satu member dimana pak Zainal memberikan solusi dengan menggunakan SQL Statement (beserta prosesnya), saya tertarik untuk mempelajari lebih jauh aplikasi2 SQL untuk pengelolaan database dalam jumlah besar. Saya yakin ini akan bermanfaat juga bagi rekan2 lain yang harus mengelola database dalam jumlah besar tapi masih belum bisa lepas dari Excel.

Saya berharap ada rekan2 yang punya dan mau berbagi rujukan (internet, buku atau pengalaman pribadi) mengenai aplikasi2 SQL pada Excel dengan berbagai variasinya.

Terima kasih.

Salam,
HK

Tue Jun 17, 2014 9:23 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Tulisan Mr. Kid sebelumnya juga telah banyak memberikan inspirasi dan sangat bermanfaat, khususnya contoh perintah SELECT.

Salam,
HK

On Wednesday, 18 June 2014, 11:18, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


 
Rekan2 Be-Excellers,

Terinspirasi oleh jawaban Pak Zainal atas pertanyaan salah satu member dimana pak Zainal memberikan solusi dengan menggunakan SQL Statement (beserta prosesnya), saya tertarik untuk mempelajari lebih jauh aplikasi2 SQL untuk pengelolaan database dalam jumlah besar. Saya yakin ini akan bermanfaat juga bagi rekan2 lain yang harus mengelola database dalam jumlah besar tapi masih belum bisa lepas dari Excel.

Saya berharap ada rekan2 yang punya dan mau berbagi rujukan (internet, buku atau pengalaman pribadi) mengenai aplikasi2 SQL pada Excel dengan berbagai variasinya.

Terima kasih.

Salam,
HK

Wed Jun 18, 2014 12:02 am (PDT) . Posted by:

"Ferry Alexander"

Dear Pak Hendrik dan Bexcel,
Saya setuju sekali dengan ide ini...saat ini saya juga ingin belajar SQL karena SQL juga bisa dikaitkan dengan PHP dan sifatnya bisa online atau bisa kita akses via cloud...hanya saya saja apakah ada link program antara Excel dengan SQL...saya tunggu beritanya.

WG,
Alexander

Pada Rabu, 18 Juni 2014 11:18, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Rekan2 Be-Excellers,

Terinspirasi oleh jawaban Pak Zainal atas pertanyaan salah satu member dimana pak Zainal memberikan solusi dengan menggunakan SQL Statement (beserta prosesnya), saya tertarik untuk mempelajari lebih jauh aplikasi2 SQL untuk pengelolaan database dalam jumlah besar. Saya yakin ini akan bermanfaat juga bagi rekan2 lain yang harus mengelola database dalam jumlah besar tapi masih belum bisa lepas dari Excel.

Saya berharap ada rekan2 yang punya dan mau berbagi rujukan (internet, buku atau pengalaman pribadi) mengenai aplikasi2 SQL pada Excel dengan berbagai variasinya.

Terima kasih.

Salam,
HK

Wed Jun 18, 2014 12:55 am (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Be-Excel,

Sekedar sharing saja saat ini saya menggunakan excel dan mysql untuk pengolahan dan tampilan database.

Saya menggunakan excel untuk input database dan tampilan hasil query atau custom report berupa form. Alasan menggunakan Excel sebagai interface (GUI) karena saya baru bisa vba-programming belum kesampaian belajar asp ataupun php programming.

MySQL saya pilih karena ada versi free-nya. Pernah saya buat database dengan excel workbook tetapi mengingat jumlah record yang tiap hari terus berkembang. Jika saya tetap menggunakan excel mungkin akan tidak mampu menampung recordnya.

Untuk melakukan link mySQL ke excel saya menggunakan ODBC Connector bisa di download http://dev.mysql.com/downloads/connector/odbc/3.51.html

SQL Syntax sebelum dijalankan saya coba MySQL browser atau menggunakan Microsoft Query yang ada di Excel.

Silakan berkunjung di http://cadex.wordpress.com/2011/02/17/gen-pmg-05-pivot-table-excel-data-dari-query-database-mysql/ untuk pengambilan data dari mysql ke excel.

Secara singkat agar vba-excel bisa berkomunikasi atau interaksi dengan mySQL lakukan langkah berikut:

1. MySQL sdh terinstall. UserID dan Password untuk membuka database sudah punya

2. Install ODBC Connector

3. Lakukan setting reference di vba-excel ke: Microsoft ActiveX Data Objects Library

4. Buat fungsi di vba untuk connect ke database:

'********************************************

Function connectMysql(username As String, passwd As String, serverIP As String, db As String, conn As ADODB.Connection) As Boolean

'source :http://www.freevbcode.com/ShowCode.asp?ID=6187

conn.CursorLocation = adUseClient

conn.ConnectionString = "DRIVER={MySQL ODBC 5.2 Unicode Driver};SERVER=" & serverIP & ";UID=" & username & ";PWD=" & passwd & ";DATABASE=" & db & ";" _

& "OPTION=" & 1 + 2 + 8 + 32 + 2048 + 163841

On Error Resume Next

conn.Open

If Err.Number Then

Err.Clear

connectMysql = False

Else

connectMysql = True

End If

End Function

'*****************************

5. Buat procedure untuk menampilkan object recordset

'***********open recordset

Sub OpenRecordSets(conn As ADODB.Connection, sSql As String, rs As ADODB.Recordset)

Dim cRs As New ADODB.Recordset

cRs.Open sSql, conn

Set rs = cRs

End Sub

'****************

6. Buat procedure untuk merubah object recordset ke variant.

Saya lebih suka cara ini karena proses cetak ke worksheet lebih cepat dibandingkan dengan looping tiap record kemudian dicetak ke cell

'********************************

Public Function GetRecordInVariant(sSql As String, rtnRecs() As Variant) As Boolean

GetRecordInVariant = False

If conn.State = 0 Then LoginDatabase

If sUser = vbNullString Then Exit Function

clsDb.OpenRecordSets conn, sSql, rs

If rs.RecordCount > 0 Then

rtnRecs = clsDb.RecsToVariant(rs, False)

GetRecordInVariant = True

End If

End Function

'********************************

7. Merubah variant agar bisa di cetak di excel cells

'***************************************************

Public Sub ViewRecordsOnXLS(sSql As String, aRange As Range, ViewHeader As Boolean)

Dim rtnRecs() As Variant

If conn.State = 0 Then LoginDatabase

If sUser = vbNullString Then Exit Sub

clsDb.OpenRecordSets conn, sSql, rs

If rs.RecordCount = 0 Then

'MsgBox "record kosong", vbInformation

If ViewHeader Then

clsDb.ViewFieldsOnSheet aRange, rs

End If

Else

rtnRecs = clsDb.RecsToVariant(rs, ViewHeader)

clsDb.ViewRecordsOnSheet aRange, rtnRecs

End If

End Sub

'********************************************

Maaf jika kepanjangan bukan bermaksud menggurui kalo ada masukan sangat ditunggu. Terutama dari master database developer.

wassalam

-zainul

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]

Sent: Wednesday, June 18, 2014 11:24 AM

To: belajar-excel@yahoogroups.com

Subject: Bls: [belajar-excel] Menggunakan Statment SQL pada Excel

Dear Pak Hendrik dan Bexcel,

Saya setuju sekali dengan ide ini...saat ini saya juga ingin belajar SQL karena SQL juga bisa dikaitkan dengan PHP dan sifatnya bisa online atau bisa kita akses via cloud...hanya saya saja apakah ada link program antara Excel dengan SQL...saya tunggu beritanya.

WG,

Alexander

Pada Rabu, 18 Juni 2014 11:18, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

Rekan2 Be-Excellers,

Terinspirasi oleh jawaban Pak Zainal atas pertanyaan salah satu member dimana pak Zainal memberikan solusi dengan menggunakan SQL Statement (beserta prosesnya), saya tertarik untuk mempelajari lebih jauh aplikasi2 SQL untuk pengelolaan database dalam jumlah besar. Saya yakin ini akan bermanfaat juga bagi rekan2 lain yang harus mengelola database dalam jumlah besar tapi masih belum bisa lepas dari Excel.

Saya berharap ada rekan2 yang punya dan mau berbagi rujukan (internet, buku atau pengalaman pribadi) mengenai aplikasi2 SQL pada Excel dengan berbagai variasinya.

Terima kasih.

Salam,

HK

Tue Jun 17, 2014 10:33 pm (PDT) . Posted by:

"Haer Talib" haery

Rekan-rekan,
Ada kesempatan bagus dari rekan-rekan komunitas SQL Server Indonesia.

Hayo daftar dan datang.

​Thanks,​

Haer Talib

*RumahAccess Indonesia* <http://www.rumahaccess.com>
*Tempatnya Belajar Microsoft Access*
Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event

---------- Forwarded message ----------
From: Haer Talib <haertalib@gmail.com>
Date: Wed, Jun 18, 2014 at 12:31 PM
Subject: Re: Fw: [sqlserver-indo] [Invitation] SQLServer-Indo Gathering
To: "M. Choirul Amri (MCA)" <choirul@gmail.com>

Okay boss.

Haer Talib

*RumahAccess Indonesia* <http://www.rumahaccess.com>
*Tempatnya Belajar Microsoft Access*
Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event

On Wed, Jun 18, 2014 at 9:22 AM, M. Choirul Amri (MCA) <choirul@gmail.com>
wrote:

> Mas Haer,
> Minta tolong disebarkan ke komunitas Access.
>
> rgds
> Choirul Amri
> http://www.choirulamri.org
>
> *From:* Komunitas Sqlserver Indonesia <sqlserver-indo@yahoogroups.com>
> *Sent:* ‎Tuesday‎, ‎June‎ ‎17‎, ‎2014 ‎8‎:‎42‎ ‎AM
> *To:* Komunitas Sqlserver Indonesia <sqlserver-indo@yahoogroups.com>
>
>
>
> Dear SQLServer-Indo members,
>
> We are delighted to invite You to our gathering event this month. There
> are many cool stuff happening around us: SQL Server 2014 launch, SQL Azure
> Database Premium edition release, and new BI offering in Office 365 (aka
> Power BI). Surviving in the middle of technology release is not easy. Let's
> join this meeting, share and discuss.
>
> We will have a special guest speaker this time: Julie Koesmarno is an SQL
> Server MVP living in Australia. She has presented in various international
> events such as PASS Summit and SQL Rally in USA.
>
> As usual, there will be 2 topics presented in the meeting as follow:
>
> *Session 1: Azure Survival Guide for [On Premise] SQL Server DBA*
> By Choirul Amri, Senior Consultant - Microsoft Services
> Are you confuse with all Azure buzzwords and new stuff? Struggling to
> understand affinity groups, availability sets, cloud service, and Vnet? Do
> You know When to use SQL Server VM instead of SQL Azure Database? What is
> the catch and trap of configuring Availability Groups in Azure? Join the
> session and grab the simplified, practical discussion of Azure architecture.
>
>
> *Session 2: Building Your Myth Busting Lab With Power BI*
> By Julie Koesmarno, SQL Server MVP
> Did you know that a large portion of Information Workers' and Data
> Analysts' tasks are akin to "myth busting"? How can Power BI be used for
> these myth busting tasks? What if myth busting in business applications can
> be as easily done as few clicks or simply by asking questions in plain
> English?
> Myth busting requires gathering facts, modeling data for repeatable usage
> and/or testing, exploring data captured, proofing a few theories, coming up
> with "what-ifs" and making a well informed conclusion. This session will
> demonstrate how to create an ideal Myth Busting lab for all these aspects
> all in one suite, Power BI. The demo will show how these activities are
> played by Information Workers, Data Analysts and IT Administration
> individually and how Power BI is used for enabling team collaboration. You
> will learn best practices on delivering self service and mobile Business
> Intelligence solutions with Power BI, that you can try at home and no
> safety goggles required!
>
>
> *Speaker Bio*
> Julie Koesmarno, SQL Server MVP, MCSE Data Platform and Business
> Intelligence, is a SQL Server and BI consultant at LobsterPot Solutions,
> with a bachelor's degree in IT. She has over 10 years of experience working
> with SQL Server for large-scale and multi-million-dollar OLTP and ETL
> projects as a SQL Server developer and system analyst/designer. Her recent
> projects include delivering a SQL Server 2012 data warehouse and BI
> solutions for a leading finance company in the US and Australia. She
> regularly blogs in her site: http://www.mssqlgirl.com/
>
> When: Thursday, June 26, 2014
> Where: Microsoft Indonesia Auditorium - BEI Building Tower 2 18th Floor
> Jakarta
> Time: 18.45 - 21.00
>
> Agenda:
> 18.15 - 19.00 Registration
> 19.00 - 19.45 Session 1: Session 1: Azure Survival Guide for [On Premise]
> SQL Server DBA
> 15 minutes break
> 20.00 - 21.00 Session 2: Building Your Myth Busting Lab With Power BI
> 21.00 - 21.15 Wrap up and closing
>
> Registration:
> Please send your name and contact detail to sqlserverindo@live.com
>
> See You!
> Moderator SQLServer-Indo
>
>
>
>
>
>

Wed Jun 18, 2014 12:02 am (PDT) . Posted by:

"Odhy" odhyz83_assasaky

Dear Mr.Kid dan Para Master,
Untuk Point 1 saya sudah berhasil, kemudian untuk point ke 2 tentang export belum bisa saya pecahkan, saya sudah berkelana kesana kemari tapi masih belum bisa saya pecahkan, mohon bantuan para master..

Terima Kasih atas pencerahannya,
 
Odhy.

On Friday, April 11, 2014 10:31 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:


 
hehehehe...
coba diikuti setahap demi setahap ya... yang a dulu sampai bisa jalan, baru yang b.

Wassalam,
Kid.

2014-04-11 10:25 GMT+07:00 Odhy <odhyz83_assasaky@yahoo.com>:


>Dear Mr.Kid,
>Terima kasih atas kelapangan hati Mr.Kid menjelaskan begitu detail, semoga para master diberikan berkah dan terus mengamalkan ilmunya kepada kami2 yang haus belajar. ''Al Ilmu bila amalain kassajari bila samarin"....

>Selanjutnya kembali ke topic Mr.Kid, mungkin untuk case 1 bisa saya pahami namun untuk case yg ke-2 imajinasi saya belum sampai ke situ bagaimana coding2nya.... untuk itu mohon pencerahanya....
>
>
>Terima Kasih atas pencerahannya,
>

>
>Odhy.
>On Friday, April 11, 2014 9:52 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

>

>Hai Odhy,
>
>1. setelah di aktifkan, kapan menjadi tidak aktif lagi ?
>
>Cara mengaktifkan tombol atau me-nonaktifkan adalah dengan mengatur properti bernama Enable bernilai FALSE atau TRUE
>
>   cmdTombolku.enabled=true '--> tombol bernama cmdTombolku akan aktif
>   cmdTombolku.enabled=false '--> tombol bernama cmdTombolku akan tidak aktif
>
>a. pada event initialize milik userform, atur agar seluruh tombol memiliki nilai properti bernama Enabled adalah FALSE kecuali tombol ambil data yang properti Enabled nya bernilai TRUE.
>b. "tombol [Pemasukan] akan
aktif apabila tombol [ambil data] sudah di klik"
>     b.1 -> pada event click milik tombol ambil data (apabila tombol [ambil data] sudah di klik)
>     b.2 -> isi dengan proses membuat aktif tombol [Pemasukan] dengan cara
>               mengubah nilai properti Enabled milik tombol [Pemasukan] menjadi bernilai TRUE.
>
>c. lakukan pada tombol lainnya juga.
>
>
>
>2. kira-kira langkahnya begini :
>
>a. "(dan lokasi hasil eksport file terserah
user mau menepatkan dimana)"
>    a.1. buat variabel object bertipe object FileDialog untuk object file dialog dan variabel string untuk menyimpan nama folder pilihan user

>
>    a.2. isi variabel object tersebut dengan properti bernama FileDialog dan pilih jenis folder picker dari pilihan yang muncul (intellisense) di VBE saat ketik script
>
>    a.3. aktifkan object dalam variabel dengan menjalankan methods Show milik variabel object
>
>    a.4. lakukan pemeriksaan (blok IF) dengan kondisi nilai properti Count milik properti SelectedItems dari variabel object tersebut, yaitu
>
>               # jika nilainya bukan nol, maka simpan nilai indeks ke-1 dari properti SelectedItems si variabel object ke variabel string
>
>               # jika nilainya nol, isi variabel string dengan folder lokasi workbook (properti path milik thisworkbook) atau tampilkan pesan pembatalan proses
>
>
>b. "nama berdasarkan Nama Sheet,Lokasi dan tanggal. misal sheet
pemasukan menjadi file baru bernama : Pemasukan_Mataram_10 April 2014."
>    b.1. buat variabel string untuk nama file
>
>    b.2. isi variabel string dengan nama file untuk sheet pemasukan, yaitu :
>
>               # isi varibel string folder
>               # digabung ( & ) dengan karakter backslah ( "\" )
>
>               # digabung ( & ) dengan properti Name milik sheet pemasukan
>               # digabung ( & ) dengan underscore
>               # digabung ( & ) dengan isi range nama kotanya (properti Value milik si range tertentu)
>               # digabung ( & ) format dari isi range tanggal (properti value milik si range tanggal) dengan format "YYYYMMDD" (supaya file mudah di-sort di windows explorer)
>
>    b.3. lakukan copy sheet ke workbook baru (workbook baru akan terbentuk berisi sheet yang di-copy)
>                  sheets("nama sheet").copy
>
>    b.4. save workbook active dengan methods saveas dan masukkan variabel nama file ke input parameter yang diminta. Input parameter format file diisi 51 saja (defaultnya workbook)
>
>    b.5. tutup workbook aktif (activeworkbook) dengan methods close yang input parameternya diisi FALSE
>
>    b.6. lakukan untuk sheet lainnya dengan kembali ke b.2.
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>2014-04-10 16:49 GMT+07:00 Odhy <odhyz83_assasaky@yahoo.com>:
>
>
>> 
>>Dear Para Master,
>>Mohon bantuannya para master sekalian,
>>1. Bagaimanacaranya agar tombol [Pemasukan] akan
aktif apabila tombol [ambil data] sudah di klik,  tombol [pengeluaran] akan aktif apabila
tombol [Pengeluaran] sudah di klik. tombol [On
Hand] aktif apabila tombol [Pengeluaran] sudah di klik.

>>
>>2. Saya ingin mengeksport 3 sheet
sekaligus(sheet pemasukan,pengeluaran, dan onHand) menjadi 3 file baru dengan
masing-masing nama berdasarkan Nama Sheet,Lokasi dan tanggal. misal sheet
pemasukan menjadi file baru bernama : Pemasukan_Mataram_10 April 2014.
>>(dan lokasi hasil eksport file terserah
user mau menepatkan dimana)
>>
>>
>>
>>Terima Kasih atas pencerahannya,
>>
>>
>>Odhy.
>
>
>

=====================================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html

Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar