Minggu, 12 Maret 2017

[belajar-excel] Digest Number 4122

15 Messages

Digest #4122
1a
Re: Running Sum dalam Table [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Pemakaian applicaton.enable events by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Refresh listbox by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: Help Database Pembelian [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Update data kontak (file vcf) by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
Re: formula makro dan lambat [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8b
Re: formula makro dan lambat by "lkm jktind" lkmjkt
8c
Re: formula makro dan lambat by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
9a
Re: Running Sum dalam Table by "Zainul Ulum" zainul_ulum
10
File Excel besar by "lkm jktind" lkmjkt

Messages

Sat Mar 11, 2017 6:22 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Assalamu'alaikum wr wb

Hai mas Zainul,

Apa kabar ? Tumben baru nongol...

hmmm...
formula running sum di Excel table sebaiknya dimulai dari meng-sum
headernya.
Contoh : Excel table di A1:Z17, header di baris ke-1, formula running sum
terhadap kolom F yang diletakkan di Z2 berbunyi :
=Sum( F$1:F2 )
walaupun yang di-sum sebenarnya hanya butuh mulai dari baris 2.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2017-03-11 21:01 GMT+07:00 Zainul Ulum zainul_ulum@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Be-excelers,
>
> saya mempunyai dua object table dalam file terlampir yaitu table-1 dan
> table-2
> Masing-masing table mempunyai satu kolom yang menggunakan operasi running
> sum (accumulative sum)
>
> Jika saya tambahkan angka pada table-1, running sum kadang mendapatkan
> hasil yang tidak sesuai.
>
> Dengan cara yang sama saya tambahkan data di table-2 menggunakan formula
> running SUM dikombinasikan dengan INDEX dan kolom bantu No. Cara ini
> didapatkan hasil yang benar.
>
> Pertanyaan:
> ---. Apakah ada cara yang lebih ringkas tanpa menggunakan rumus INDEX dan
> kolom bantu No?
>
> Terimakasih,
> -zainul
>
> #dikirim_pakai_mail.yahoo.com_tanpa_pulsa#
>
>

Sat Mar 11, 2017 6:28 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Tio,

properti EnableEvents milik Application dipakai ketika akan mengatur reaksi
Excel terhadap events yang dimiliki oleh object Excel. Object Userform
beserta seluruh activex controls bukan milik Excel ya, jadi tidak akan
terpengaruh oleh pengaturan properti EnableEvents.

Contoh :
setiap kali ada cells yang diubah nilainya oleh user maupun VBA, maka akan
memicu proses event change milik worksheet. Supaya si event change milik
worksheet tidak bekerja, maka turn off dulu properti EnableEvents dengan
set nilai menjadi FALSE. Setelah proses penulisan ke worksheet selesai,
barulah properti EnableEvents di utn on lagi dengan set nilai menjadi TRUE.

public sub TulisKeWorksheetYangPunyaEventsChange()
application.enableevents=false

'berbaris-baris proses, termasuk proses menulis ke worksheet yang
diberi baris kode pada event change nya diletakkan disini

application.enableevents=true
end sub

Regards,
Kid

2017-03-12 7:53 GMT+07:00 Tio Ali tioali2011@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Salam BeExceller
> Mau tanya, kapan kita bisa menggunakan sintax application.enable evens ?
> Tolong disertai contohnya.
> Sy sdh cari di google, masih bingung.
>
> terima kasih.
> Tio.
>
>
>

Sat Mar 11, 2017 6:31 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Farud,

Setiap baris kode VBA yang diproses, akan mematikan fitur Undo dan Redo.
Mau tidak mau, terimalah kenyataannya.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2017-03-11 17:33 GMT+07:00 farud oke farud.oke@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamualaikum
> Mohon bantuan para master excel saya punya file ketika saya tempatkan
> script VBA di sheet,fungsi undo ataupun redo jadi tak berfungsi.Sebagai
> rujukan saya lampirkan filenya
> Atas bantuan dan solusi para master saya sampaikan terimakasih
>
>
>

Sat Mar 11, 2017 6:36 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Farud,

Coba lakukan record macro pada proses autofilter kolom kriteria tersebut
agar si nol ter-hide.

Wasssalamu'alaikum wr wb
Kid

2017-03-08 6:35 GMT+07:00 farud oke farud.oke@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamualaikum
> Mohon bantuan pada para master2 excel, mr.kid,mas toby,bang hendrik dan
> para master excel lainnya.
> menyembunyikan kolom dan baris berdasaran kata sudah bisa dilakukan atas
> bantuan master2 sekalian,tapi ketika ditambahkan menyembunyikan baris
> berdasarkan kriteia "0" Nol saya bingung lagi,untuk lebih jelasnya saya
> lampirkan filenya
> atas bantuannya saya sampaikan terimakasih
>
>
>

Sun Mar 12, 2017 12:46 am (PST) . Posted by:

"farud oke"

Itulah mr.kid kenapa saya bertanya ke forum ini karena saya sudah lakukan
itu tapi tetap gak bisa2 (gak mudeng) karena keterbatasan ilmu saya,jadi
mohon klo bisa script VBA-nya yg bisa lakukan itu.
Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

Pada tanggal 12 Mar 2017 9.36 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
[belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Farud,
>
> Coba lakukan record macro pada proses autofilter kolom kriteria tersebut
> agar si nol ter-hide.
>
> Wasssalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2017-03-08 6:35 GMT+07:00 farud oke farud.oke@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Assalamualaikum
>> Mohon bantuan pada para master2 excel, mr.kid,mas toby,bang hendrik dan
>> para master excel lainnya.
>> menyembunyikan kolom dan baris berdasaran kata sudah bisa dilakukan atas
>> bantuan master2 sekalian,tapi ketika ditambahkan menyembunyikan baris
>> berdasarkan kriteia "0" Nol saya bingung lagi,untuk lebih jelasnya saya
>> lampirkan filenya
>> atas bantuannya saya sampaikan terimakasih
>>
>>
>
>

Sun Mar 12, 2017 1:01 am (PST) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Pak Farud

apakah yg ingin bapak hidden kan

Hanya C8:F10 dan C15:F18 dan C26:F26

data itu sajakah ?

bila benar : sebaiknya bapak lengkapi sekaligus , data nya dari Triwulan
1 ~ sampai triwulan 4 .

dan data perbulan nya lebih baik di buat lebih banyak dari yg bapak
kebutuhkan .

Karena file nya harus ada dua 1. untuk hidden dan kedua untuk
unhidden (saat mengisi datanya)

Salam

Lukman

Sat Mar 11, 2017 6:49 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Tio,

Dicoba sendiri ya...
1. buat file Excel isi 1 sheet saja (sheet lainnya dihapus biar gak bingung)
2. Mulai range A2 tulis A, range A3 diisi B dst dibaris berikut berisi C,D
sampai Z
3. di range A1 tulis angka 3
4. buat sebuah nama range, yang diberi nama _daftar_ dengan formula
berbunyi :
=$a$2:index( $a:$a , max( 2 , n($a$1)* 2 ) )
*** kalau regional settingnya Indonesian, ganti koma dengan titik koma

5. buat 1 bijik activex listbox dan ubah namanya (properti name) menjadi
lstDATA
6. buat 1 bijik activex textbox dan ubah namanya (properti name) menjadi
txtUSER
7. buat event change (ingat, event-nya adalah Change [BUKAN Click]) lalu
isi baris kode berikut :
if isnumeric( txtUSER.text ) then
range("a1").value=clng( txtuser.text )
else
range("a1").value=1
endif

'kalau listbox dan textbox diletakkan dalam worksheet, pakai 2
baris kode berikut :
lstDATA.listfillrange=vbnullstring
lstDATA.listfillrange="_daftar_"

'kalau listbox dan textbox diletakkan dalam userform, pakai 2 baris
kode berikut :
lstDATA.rowsource=vbnullstring
lstDATA.rowsource="_daftar_"

*** Pakai properti listfillrange (activex control di worksheet) atau
rowsource (activex control di userform) lebih mudah dibanding additem yang
butuh loop.

Regards,
Kid

2017-03-12 7:31 GMT+07:00 Tio Ali tioali2011@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Salam beExceller
> Mau tanya. Kalau listbox terisi suatu data. Terus listbox itu mau
> direfresh dari suatu textbox.Spt textbox isinya 5 maka listbox terisi
> 5*2=10 dan langsung muncul ketika textbox terisi nilai 5, dst.
> Bgm vba nya ?
> Sy sdh cari di mbah Google, tapi masih bingung
> Terma kasih.
> Tio
>
>
>
>

Sat Mar 11, 2017 7:01 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Andien,

Maaf, saya gak mudeng mangsutnya...
Kasusnya adalah membuat kode warna ya ?

Regards,
Kid

2017-03-07 22:55 GMT+07:00 andienmp@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hai semua,
>
> Saya lagi kesusahan untuk melakukan penyederhanaan database, dimana setiap
> komponen pembelian barang/jenis barang, harus memiliki kode tersendiri,
> terutama untuk kontrol pemakaian bahan. Aktual kasusnya sy lampirkan, mohon
> masukan dan bantuan para senior2 sekalian.
>
>
> Terima kasih,
>
> AMP
>
>
>

Sat Mar 11, 2017 7:12 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

Bisa.

vCard file (.vcf) adalah plain text file dengan struktur yang standar. Sila
dilihat standarisasinya disini
<https://en.wikipedia.org/wiki/VCard#Properties>, dengan contohnya disini
<https://en.wikipedia.org/wiki/VCard#Example_of_vCard_files>.
Jadi, pada tabel contacts di sebuah sheet, disertakan kode properti yang
sesuai. Kemudian di sebuah kolom, susun dengan formula blok vCard setiap
record contact yang ada. Setiap contact selalu mulai dengan BEGIN:VCARD dan
diakhir dengan END:VCARD. Jangan lupa, item ke-2 adalah VERSION

Setelah di kolom baru tersebut di dapat bunyi blok vCARD untuk contact di
baris itu, barulah dilakukan penulisan ke text file yang diberi ekstensi
.vcf
Contoh menulis isi range ke sebuah plain text file bisa dilihat disini
<https://app.box.com/s/7urcxbqc33vu7sk8m9t5qnmmf7hi1ja1>.

Regards,
Kid

2017-03-04 9:59 GMT+07:00 'Heru Safrudin' fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear B-Exceller,
>
>
>
> Saya punya data kontak di excel, dengan beberapa kali konversi akhirnya
> data file excel bisa jadi file contact (vcf)
>
> Pertanyaan saya bisakah vba menghubungkan file contact tersebut di ke dan
> dari excel ?
>
>
>
> Mohon pengetahuannya
>
>
>
> Terima kasih
>
>
>
> [image: Heru Safrudin][image: BISI,Heru Safrudin,YM online]
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sat Mar 11, 2017 7:15 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Lukman,

Tentang :
1. bagaimana untuk mendapatkan
market cap (sheet record) = jumlah pada hari yg sama dari = close
* Listed Share (sheet OHLC)
> jika dengan formula, maka bisa memanfaatkan fungsi SumProduct.
> yang perlu diingat adalah karakteristik SumProduct yang bekerja pada
array, sehingga berpotensi akan lambat ketika tidak membatasi area range
yang dikalkulasi.

2. mengapa pakai looping (111.05 ) , lebih cepat dari pada pakai formula
di macro (673.38) ?
Selisih waktu nya sangat jauh.
> Mengkalkulasi sesuatu dengan VBA bisa melalui perhitungan tiap item yang
dikalkulasi dengan proses loop, memanfaatkan worksheet function dalam VBA,
atau dengan memasang formula dengan VBA, maupun meng-evaluate suatu bunyi
formula dengan VBA.
> Jadi, ada baiknya Anda pahami dulu perbedaannya.
> Biasanya, kalkulasi tiap item dengan loop berusaha untuk sesedikit
mungkin proses loop itu sendiri. Contohnya, akan menjumlahkan data berdasar
kriteria tertentu dengan kriteria tersebut ada di suatu tabel tersendiri.
Maka proses loop diusahakan cukup melakukan loop 1 kali pada data saja jika
memungkinkan.
> Kalkulasi dengan worksheet function (berbeda dengan formula loh ya), ciri
umumnya adalah menggunakan fungsi-fungsi yang biasa dipakai di dalam
worksheet untuk menyusun formula. Contohnya seperti worksheetfunction.SUM
yang menggunakan fungsi SUM.
> Kalkulasi dengan formula dalam VBA biasanya berupa memanfaatkan
pemasangan formula ke dalam sheet dan menyerahkan proses kalkulasi formula
tersebut kepada Excel Calculation. Proses ini biasanya tidak membutuhkan
loop apapun. Contoh : range("b1:b5").formula="=Row()"
> Kalkulasi dengan evaluate mirip dengan kaklkulasi dengan formula dalam
VBA, hanya saja, proses kalkulasi dilakukan langsung tanpa proses menulis
formula ke dalam cells. Tidak banyak kasus yang bisa secara leluasa
menggunakan cara ini seutuhnya.

Apa beda penggunaan formula dengan worksheet function ?
> Penggunaan formula akan lebih luwes dan luas, karena penulisan formula
bisa dicoba dulu dalam worksheet dan digunakan apa adanya bunyi formula
yang terbentuk.
> Selain itu, penggunaan nested function dan array formula sangat
dimungkinkan ketika menggunakan formula dan tidak mudah atau tidak
dimungkinkan jika menggunakan worksheet function. Contohnya adalah formula
=Sum( Index( data!A:A , report!b3 ):Index( data!A:A , report!C3 ) )
yang merupakan penjumlahan dinamis dengan area range yang diproses dibuat
terbatas seperlunya agar tidak memberatkan kerja kalkulasi Excel.
Andai di sheet report cells B3 bernilai 11 dan di sheet report C3 bernilai
23, maka formula di atas setara =Sum( data!A11:A23 )
Formula tersebut tidak mudah disusun dengan worksheet function.

Contoh lain : =Small( IF( A1:A7 ="kid", B1:B7 ) , Row(1:7) ) yang
merupakan array formula filtering.
Formula seperti ini tidak bisa disusun dengan worksheet function.

Jadi, menggunakan baris kode berbunyi :
range("a1").value=worksheetfunction.sum( range("z7:z9") )
bukanlah proses formula dengan VBA, tetapi proses kalkulasi dengan fungsi
yang disediakan untuk digunakan dalam cells.

Worksheet function vs formula (memasang formula dalam cells)
> kecepatan kerja keduanya dapat dikatakan seimbang.
> terkadang, pada bentuk formula yang rumit, memasang formula akan
memudahkan penyusunan baris kode walau agak lama proses kalkulasinya.

Khusus loop,
cara ini adalah yang tercepat, tetapi membutuhkan logika penyusunan proses
yang terus terasah.
Beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam loop :
1. lakukan loop melalui array-nya sebanyak mungkin dibanding menggunakan
object (cells, worksheet, dsb)
> kalau bisa, hindari for each next
2. simpan nilai ke suatu variabel (skalar maupun array) jika dibutuhkan
berulang-ulang atau akan dikalkulasi berulang-ulang, jangan membaca ulang
object
3. pilih dan susun loop agar tidak melakukan loop yang sama berulang-ulang
dengan mengurutkan data dan kriteria
contoh : sheet data kolom A mulai baris 2 ada 900ribu record sorted
ascending. sheet kriteria kolom E mulai baris 2 ada 1000 kriteria sorted
ascending. Asumsinya bertipe numerik. Setiap baris sheet data di Kolom A
yang sama dengan setiap baris di sheet kriteria kolom E akan diproses.
Dim lRowD As Long, lRowK As Long
Dim lNilaiD As Long, lNilaiK As Long
lRowK = 2
lNilaiK = Cells(lRowK, 5).Value
For lRowD = 2 To 900001
lNilaiD = Cells(lRowD, 1).Value
If lNilaiD > lNilaiK Then
lRowK = lRowK + 1
lNilaiK = Cells(lRowK, 5).Value
If lNilaiD = lNilaiK Then
'lakukan proses terhadap data di baris lRowD
End If
ElseIf lNilaiD = lNilaiK Then
'lakukan proses terhadap data di baris lRowD
End If
If lRowK > 1001 Then Exit For
Next lRowD

Kira-kira demikian,

Regards,
Kid

2017-03-11 19:46 GMT+07:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> 1. bagaimana untuk mendapatkan
> market cap (sheet record) = jumlah pada hari yg sama dari = close
> * Listed Share (sheet OHLC)
>
> 2. mengapa pakai looping (111.05 ) , lebih cepat dari pada pakai formula
> di macro (673.38) ?
> Selisih waktu nya sangat jauh.
>
> sheet OHLC : row hampir 900.000
> sheet Record : row : 2819
>
>
>
> Salam
>
>
> Lukman
>
>
>

Sun Mar 12, 2017 12:30 am (PST) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Pak Kid .

Terima kasih.

atas penjelasan nya . --- jadi ada pilihan --- mengapa aku nga pakai
fungsi SUM saja -- dari pada pakai SUMIF

Tapi rasanya aku tetap pakai loop saja . waktunya dibawah 2 menit .
(111.05 detik)

besar kemungkinan : walaupun sumif --- aku ganti menjadi fungsi sum
dengan bantuan dari komlom L (sebagai data awal) dan kolom M (sebagai
data akhir) dari perjumlahan , besar kemungkin waktu nya di atas 2
menit , apalagi kalau pakai sumproduck formula kelas berat .

memang didalam loop --- itu cuma sekali jalan saja . (walaupun row nya
banyak )

Salam

Lukman.

NB : baru coba fungsi countif saja -- sudah diatas 2 menit . (kolom
K) saja.

2017-03-12 9:17 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hai Lukman,
>
> Tentang :
> 1. bagaimana untuk mendapatkan
> market cap (sheet record) = jumlah pada hari yg sama dari = close
> * Listed Share (sheet OHLC)
> > jika dengan formula, maka bisa memanfaatkan fungsi SumProduct.
> > yang perlu diingat adalah karakteristik SumProduct yang bekerja pada
> array, sehingga berpotensi akan lambat ketika tidak membatasi area range
> yang dikalkulasi.
>
> 2. mengapa pakai looping (111.05 ) , lebih cepat dari pada pakai formula
> di macro (673.38) ?
> Selisih waktu nya sangat jauh.
> > Mengkalkulasi sesuatu dengan VBA bisa melalui perhitungan tiap item yang
> dikalkulasi dengan proses loop, memanfaatkan worksheet function dalam VBA,
> atau dengan memasang formula dengan VBA, maupun meng-evaluate suatu bunyi
> formula dengan VBA.
> > Jadi, ada baiknya Anda pahami dulu perbedaannya.
> > Biasanya, kalkulasi tiap item dengan loop berusaha untuk sesedikit
> mungkin proses loop itu sendiri. Contohnya, akan menjumlahkan data berdasar
> kriteria tertentu dengan kriteria tersebut ada di suatu tabel tersendiri.
> Maka proses loop diusahakan cukup melakukan loop 1 kali pada data saja jika
> memungkinkan.
> > Kalkulasi dengan worksheet function (berbeda dengan formula loh ya),
> ciri umumnya adalah menggunakan fungsi-fungsi yang biasa dipakai di dalam
> worksheet untuk menyusun formula. Contohnya seperti worksheetfunction.SUM
> yang menggunakan fungsi SUM.
> > Kalkulasi dengan formula dalam VBA biasanya berupa memanfaatkan
> pemasangan formula ke dalam sheet dan menyerahkan proses kalkulasi formula
> tersebut kepada Excel Calculation. Proses ini biasanya tidak membutuhkan
> loop apapun. Contoh : range("b1:b5").formula="=Row()"
> > Kalkulasi dengan evaluate mirip dengan kaklkulasi dengan formula dalam
> VBA, hanya saja, proses kalkulasi dilakukan langsung tanpa proses menulis
> formula ke dalam cells. Tidak banyak kasus yang bisa secara leluasa
> menggunakan cara ini seutuhnya.
>
> Apa beda penggunaan formula dengan worksheet function ?
> > Penggunaan formula akan lebih luwes dan luas, karena penulisan formula
> bisa dicoba dulu dalam worksheet dan digunakan apa adanya bunyi formula
> yang terbentuk.
> > Selain itu, penggunaan nested function dan array formula sangat
> dimungkinkan ketika menggunakan formula dan tidak mudah atau tidak
> dimungkinkan jika menggunakan worksheet function. Contohnya adalah formula
> =Sum( Index( data!A:A , report!b3 ):Index( data!A:A , report!C3 ) )
> yang merupakan penjumlahan dinamis dengan area range yang diproses dibuat
> terbatas seperlunya agar tidak memberatkan kerja kalkulasi Excel.
> Andai di sheet report cells B3 bernilai 11 dan di sheet report C3 bernilai
> 23, maka formula di atas setara =Sum( data!A11:A23 )
> Formula tersebut tidak mudah disusun dengan worksheet function.
>
> Contoh lain : =Small( IF( A1:A7 ="kid", B1:B7 ) , Row(1:7) ) yang
> merupakan array formula filtering.
> Formula seperti ini tidak bisa disusun dengan worksheet function.
>
> Jadi, menggunakan baris kode berbunyi :
> range("a1").value=worksheetfunction.sum( range("z7:z9") )
> bukanlah proses formula dengan VBA, tetapi proses kalkulasi dengan fungsi
> yang disediakan untuk digunakan dalam cells.
>
>
> Worksheet function vs formula (memasang formula dalam cells)
> > kecepatan kerja keduanya dapat dikatakan seimbang.
> > terkadang, pada bentuk formula yang rumit, memasang formula akan
> memudahkan penyusunan baris kode walau agak lama proses kalkulasinya.
>
> Khusus loop,
> cara ini adalah yang tercepat, tetapi membutuhkan logika penyusunan proses
> yang terus terasah.
> Beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam loop :
> 1. lakukan loop melalui array-nya sebanyak mungkin dibanding menggunakan
> object (cells, worksheet, dsb)
> > kalau bisa, hindari for each next
> 2. simpan nilai ke suatu variabel (skalar maupun array) jika dibutuhkan
> berulang-ulang atau akan dikalkulasi berulang-ulang, jangan membaca ulang
> object
> 3. pilih dan susun loop agar tidak melakukan loop yang sama berulang-ulang
> dengan mengurutkan data dan kriteria
> contoh : sheet data kolom A mulai baris 2 ada 900ribu record sorted
> ascending. sheet kriteria kolom E mulai baris 2 ada 1000 kriteria sorted
> ascending. Asumsinya bertipe numerik. Setiap baris sheet data di Kolom A
> yang sama dengan setiap baris di sheet kriteria kolom E akan diproses.
> Dim lRowD As Long, lRowK As Long
> Dim lNilaiD As Long, lNilaiK As Long
> lRowK = 2
> lNilaiK = Cells(lRowK, 5).Value
> For lRowD = 2 To 900001
> lNilaiD = Cells(lRowD, 1).Value
> If lNilaiD > lNilaiK Then
> lRowK = lRowK + 1
> lNilaiK = Cells(lRowK, 5).Value
> If lNilaiD = lNilaiK Then
> 'lakukan proses terhadap data di baris lRowD
> End If
> ElseIf lNilaiD = lNilaiK Then
> 'lakukan proses terhadap data di baris lRowD
> End If
> If lRowK > 1001 Then Exit For
> Next lRowD
>
> Kira-kira demikian,
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2017-03-11 19:46 GMT+07:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> 1. bagaimana untuk mendapatkan
>> market cap (sheet record) = jumlah pada hari yg sama dari =
>> close * Listed Share (sheet OHLC)
>>
>> 2. mengapa pakai looping (111.05 ) , lebih cepat dari pada pakai
>> formula di macro (673.38) ?
>> Selisih waktu nya sangat jauh.
>>
>> sheet OHLC : row hampir 900.000
>> sheet Record : row : 2819
>>
>>
>>
>> Salam
>>
>>
>> Lukman
>>
>>
>
>

Sun Mar 12, 2017 3:33 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Lukman,

Dugaan saya, loop Anda masih ada proses yang dibaca berulang. 900ribu baris
sampai lebih dari 1 menit pada komputer jaman sekarang. Dengan prosesor
generasi pertama core i3 yang speed terendahnya 1.3Gz saja, mestinya proses
loop mungkin maksimal sekitar 50 sampai 60 detik. Apalagi jika pakai
generasi tahun 2012an atau malah pakai generasi 3 atau 4 core i3 clock
terendah, mungkin hanya sekitar 30 sampai 40 detik saja. Apalagi kalau
sudah pakai generasi 5 ke atas, mestinya hanya sekitar 20 sampai 25 detik
sudah selesai.

Seperti pada contoh lalu :
sheet data kolom A mulai baris 2 ada 900ribu record sorted ascending. sheet
kriteria kolom E mulai baris 2 ada 1000 kriteria sorted ascending.
Asumsinya bertipe numerik. Setiap baris sheet data di Kolom A yang sama
dengan setiap baris di sheet kriteria kolom E akan diproses.

Loop 1 kali baca seperti ini :
Dim lRowD As Long, lRowK As Long
Dim lNilaiD As Long, lNilaiK As Long
lRowK = 2
lNilaiK = Cells(lRowK, 5).Value
*For lRowD = 2 To 900001*
lNilaiD = Cells(lRowD, 1).Value
If lNilaiD > lNilaiK Then
lRowK = lRowK + 1
lNilaiK = Cells(lRowK, 5).Value
If lNilaiD = lNilaiK Then
'lakukan proses terhadap data di baris lRowD
End If
ElseIf lNilaiD = lNilaiK Then
'lakukan proses terhadap data di baris lRowD
End If
If lRowK > 1001 Then Exit For
*Next lRowD*

*** Hanya ada 1 blok for next (loop dengan For Next) disana, yaitu terhadap
sheet data saja. Proses selalu akan membaca 900ribu kali saja. Jadi worst
case nya, memproses 900ribu baris data D. case tercepatnya juga 900ribu
baris.
*** Tercepat : 900ribu proses
*** Terlambat : 900ribu proses
*** Pertengahannya : 900ribu proses

Loop yang umumnya disusun oleh kebanyakan orang adalah : (loop 2 blok
nested) -> dugaan saya, Anda pakai susunan loop yang ini (sila cek lagi
file Anda)
Dim lRowD As Long, lRowK As Long
Dim lNilaiD As Long, lNilaiK As Long

*For lRowD = 2 To 900001*
lNilaiD = Cells(lRowD, 1).Value
*for lrowk=2 to 1001*
lNilaiK = Cells(lRowK, 5).Value
if lNilaiK=lNilaiD then
'lakukan proses terhadap data di baris lRowD
endif
*next lrowk*
*Next lRowD*

*** Blok for next (loop dengan for next) yang dibiru, memiliki *worst case*
terjadi proses pembacaan 900ribu * 1000 kali proses karena setiap 1 baris
data di sheet D akan melakukan pembacaan 1000 baris kriteria. Case
tercepatnya adalah 900ribu * 1 kali proses (karena *semua data di D sesuai
dengan kriteria ke-1 saja*). Padahal realitasnya adalah diantara 2 case
tersebut.
*** Tercepat : 900ribu proses
*** Terlambat : 900JUTA proses
*** Pertengahannya : 900ribu < proses < 900JUTA proses

Regards,
Kid

2017-03-12 15:30 GMT+07:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Pak Kid .
>
> Terima kasih.
>
> atas penjelasan nya . --- jadi ada pilihan --- mengapa aku nga pakai
> fungsi SUM saja -- dari pada pakai SUMIF
>
>
> Tapi rasanya aku tetap pakai loop saja . waktunya dibawah 2 menit .
> (111.05 detik)
>
> besar kemungkinan : walaupun sumif --- aku ganti menjadi fungsi sum
> dengan bantuan dari komlom L (sebagai data awal) dan kolom M (sebagai
> data akhir) dari perjumlahan , besar kemungkin waktu nya di atas 2
> menit , apalagi kalau pakai sumproduck formula kelas berat .
>
> memang didalam loop --- itu cuma sekali jalan saja . (walaupun row nya
> banyak )
>
>
> Salam
>
>
> Lukman.
>
>
>
> NB : baru coba fungsi countif saja -- sudah diatas 2 menit . (kolom
> K) saja.
>
>
>
>
>
> 2017-03-12 9:17 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Hai Lukman,
>>
>> Tentang :
>> 1. bagaimana untuk mendapatkan
>> market cap (sheet record) = jumlah pada hari yg sama dari =
>> close * Listed Share (sheet OHLC)
>> > jika dengan formula, maka bisa memanfaatkan fungsi SumProduct.
>> > yang perlu diingat adalah karakteristik SumProduct yang bekerja pada
>> array, sehingga berpotensi akan lambat ketika tidak membatasi area range
>> yang dikalkulasi.
>>
>> 2. mengapa pakai looping (111.05 ) , lebih cepat dari pada pakai
>> formula di macro (673.38) ?
>> Selisih waktu nya sangat jauh.
>> > Mengkalkulasi sesuatu dengan VBA bisa melalui perhitungan tiap item
>> yang dikalkulasi dengan proses loop, memanfaatkan worksheet function dalam
>> VBA, atau dengan memasang formula dengan VBA, maupun meng-evaluate suatu
>> bunyi formula dengan VBA.
>> > Jadi, ada baiknya Anda pahami dulu perbedaannya.
>> > Biasanya, kalkulasi tiap item dengan loop berusaha untuk sesedikit
>> mungkin proses loop itu sendiri. Contohnya, akan menjumlahkan data berdasar
>> kriteria tertentu dengan kriteria tersebut ada di suatu tabel tersendiri.
>> Maka proses loop diusahakan cukup melakukan loop 1 kali pada data saja jika
>> memungkinkan.
>> > Kalkulasi dengan worksheet function (berbeda dengan formula loh ya),
>> ciri umumnya adalah menggunakan fungsi-fungsi yang biasa dipakai di dalam
>> worksheet untuk menyusun formula. Contohnya seperti worksheetfunction.SUM
>> yang menggunakan fungsi SUM.
>> > Kalkulasi dengan formula dalam VBA biasanya berupa memanfaatkan
>> pemasangan formula ke dalam sheet dan menyerahkan proses kalkulasi formula
>> tersebut kepada Excel Calculation. Proses ini biasanya tidak membutuhkan
>> loop apapun. Contoh : range("b1:b5").formula="=Row()"
>> > Kalkulasi dengan evaluate mirip dengan kaklkulasi dengan formula dalam
>> VBA, hanya saja, proses kalkulasi dilakukan langsung tanpa proses menulis
>> formula ke dalam cells. Tidak banyak kasus yang bisa secara leluasa
>> menggunakan cara ini seutuhnya.
>>
>> Apa beda penggunaan formula dengan worksheet function ?
>> > Penggunaan formula akan lebih luwes dan luas, karena penulisan formula
>> bisa dicoba dulu dalam worksheet dan digunakan apa adanya bunyi formula
>> yang terbentuk.
>> > Selain itu, penggunaan nested function dan array formula sangat
>> dimungkinkan ketika menggunakan formula dan tidak mudah atau tidak
>> dimungkinkan jika menggunakan worksheet function. Contohnya adalah formula
>> =Sum( Index( data!A:A , report!b3 ):Index( data!A:A , report!C3 )
>> )
>> yang merupakan penjumlahan dinamis dengan area range yang diproses dibuat
>> terbatas seperlunya agar tidak memberatkan kerja kalkulasi Excel.
>> Andai di sheet report cells B3 bernilai 11 dan di sheet report C3
>> bernilai 23, maka formula di atas setara =Sum( data!A11:A23 )
>> Formula tersebut tidak mudah disusun dengan worksheet function.
>>
>> Contoh lain : =Small( IF( A1:A7 ="kid", B1:B7 ) , Row(1:7) ) yang
>> merupakan array formula filtering.
>> Formula seperti ini tidak bisa disusun dengan worksheet function.
>>
>> Jadi, menggunakan baris kode berbunyi :
>> range("a1").value=worksheetfunction.sum( range("z7:z9") )
>> bukanlah proses formula dengan VBA, tetapi proses kalkulasi dengan fungsi
>> yang disediakan untuk digunakan dalam cells.
>>
>>
>> Worksheet function vs formula (memasang formula dalam cells)
>> > kecepatan kerja keduanya dapat dikatakan seimbang.
>> > terkadang, pada bentuk formula yang rumit, memasang formula akan
>> memudahkan penyusunan baris kode walau agak lama proses kalkulasinya.
>>
>> Khusus loop,
>> cara ini adalah yang tercepat, tetapi membutuhkan logika penyusunan
>> proses yang terus terasah.
>> Beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam loop :
>> 1. lakukan loop melalui array-nya sebanyak mungkin dibanding menggunakan
>> object (cells, worksheet, dsb)
>> > kalau bisa, hindari for each next
>> 2. simpan nilai ke suatu variabel (skalar maupun array) jika dibutuhkan
>> berulang-ulang atau akan dikalkulasi berulang-ulang, jangan membaca ulang
>> object
>> 3. pilih dan susun loop agar tidak melakukan loop yang sama
>> berulang-ulang dengan mengurutkan data dan kriteria
>> contoh : sheet data kolom A mulai baris 2 ada 900ribu record sorted
>> ascending. sheet kriteria kolom E mulai baris 2 ada 1000 kriteria sorted
>> ascending. Asumsinya bertipe numerik. Setiap baris sheet data di Kolom A
>> yang sama dengan setiap baris di sheet kriteria kolom E akan diproses.
>> Dim lRowD As Long, lRowK As Long
>> Dim lNilaiD As Long, lNilaiK As Long
>> lRowK = 2
>> lNilaiK = Cells(lRowK, 5).Value
>> For lRowD = 2 To 900001
>> lNilaiD = Cells(lRowD, 1).Value
>> If lNilaiD > lNilaiK Then
>> lRowK = lRowK + 1
>> lNilaiK = Cells(lRowK, 5).Value
>> If lNilaiD = lNilaiK Then
>> 'lakukan proses terhadap data di baris lRowD
>> End If
>> ElseIf lNilaiD = lNilaiK Then
>> 'lakukan proses terhadap data di baris lRowD
>> End If
>> If lRowK > 1001 Then Exit For
>> Next lRowD
>>
>> Kira-kira demikian,
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2017-03-11 19:46 GMT+07:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> 1. bagaimana untuk mendapatkan
>>> market cap (sheet record) = jumlah pada hari yg sama dari =
>>> close * Listed Share (sheet OHLC)
>>>
>>> 2. mengapa pakai looping (111.05 ) , lebih cepat dari pada pakai
>>> formula di macro (673.38) ?
>>> Selisih waktu nya sangat jauh.
>>>
>>> sheet OHLC : row hampir 900.000
>>> sheet Record : row : 2819
>>>
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>
>
>

Sat Mar 11, 2017 10:26 pm (PST) . Posted by:

"Zainul Ulum" zainul_ulum

Wa'alaikum salaam Mas,
Jarang nongol karena sibuk ikut proyek gas plant di Aceh Timur.
sarannya akan saya coba.
Wassalaamu'alaikum wr. wb,
-zainul

#dikirim_pakai_mail.yahoo.com_tanpa_pulsa#

--------------------------------------------
On Sun, 12/3/17, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

Subject: Re: [belajar-excel] Running Sum dalam Table
To: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Sunday, 12 March, 2017, 9:21 AM


 









Assalamu'alaikum wr
wb

Hai mas Zainul,

Apa kabar ? Tumben baru
nongol...

hmmm...
formula running sum di Excel table sebaiknya
dimulai dari meng-sum headernya.
Contoh : Excel table di A1:Z17, header di
baris ke-1, formula running sum terhadap kolom F yang
diletakkan di Z2 berbunyi :
       =Sum( F$1:F2 )
walaupun yang di-sum sebenarnya hanya
butuh mulai dari baris 2.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid



2017-03-11 21:01 GMT+07:00
Zainul Ulum zainul_ulum@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:















 









Be-excelers,



saya mempunyai dua object table dalam file terlampir yaitu
table-1 dan table-2

Masing-masing table mempunyai satu kolom yang menggunakan
operasi running sum (accumulative sum)



Jika saya tambahkan angka pada table-1, running sum kadang
mendapatkan hasil yang tidak sesuai.



Dengan cara yang sama saya tambahkan data di table-2
menggunakan formula running SUM dikombinasikan dengan INDEX
dan kolom bantu No. Cara ini didapatkan hasil yang benar.



Pertanyaan:

---. Apakah ada cara yang lebih ringkas tanpa menggunakan
rumus INDEX dan kolom bantu No?



Terimakasih,

-zainul



#dikirim_pakai_mail.yahoo.com_ tanpa_pulsa#































#yiv0476969382 #yiv0476969382 --
#yiv0476969382ygrp-mkp {
border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px
0;padding:0 10px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mkp hr {
border:1px solid #d8d8d8;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mkp #yiv0476969382hd {
color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px
0;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mkp #yiv0476969382ads {
margin-bottom:10px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mkp .yiv0476969382ad {
padding:0 0;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mkp .yiv0476969382ad p {
margin:0;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mkp .yiv0476969382ad a {
color:#0000ff;text-decoration:none;}
#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-sponsor
#yiv0476969382ygrp-lc {
font-family:Arial;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-sponsor
#yiv0476969382ygrp-lc #yiv0476969382hd {
margin:10px
0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-sponsor
#yiv0476969382ygrp-lc .yiv0476969382ad {
margin-bottom:10px;padding:0 0;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382actions {
font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382activity {
background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382activity span {
font-weight:700;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382activity span:first-child {
text-transform:uppercase;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382activity span a {
color:#5085b6;text-decoration:none;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382activity span span {
color:#ff7900;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382activity span
.yiv0476969382underline {
text-decoration:underline;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382attach {
clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px
0;width:400px;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382attach div a {
text-decoration:none;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382attach img {
border:none;padding-right:5px;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382attach label {
display:block;margin-bottom:5px;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382attach label a {
text-decoration:none;}

#yiv0476969382 blockquote {
margin:0 0 0 4px;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382bold {
font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382bold a {
text-decoration:none;}

#yiv0476969382 dd.yiv0476969382last p a {
font-family:Verdana;font-weight:700;}

#yiv0476969382 dd.yiv0476969382last p span {
margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}

#yiv0476969382 dd.yiv0476969382last p
span.yiv0476969382yshortcuts {
margin-right:0;}

#yiv0476969382 div.yiv0476969382attach-table div div a {
text-decoration:none;}

#yiv0476969382 div.yiv0476969382attach-table {
width:400px;}

#yiv0476969382 div.yiv0476969382file-title a, #yiv0476969382
div.yiv0476969382file-title a:active, #yiv0476969382
div.yiv0476969382file-title a:hover, #yiv0476969382
div.yiv0476969382file-title a:visited {
text-decoration:none;}

#yiv0476969382 div.yiv0476969382photo-title a,
#yiv0476969382 div.yiv0476969382photo-title a:active,
#yiv0476969382 div.yiv0476969382photo-title a:hover,
#yiv0476969382 div.yiv0476969382photo-title a:visited {
text-decoration:none;}

#yiv0476969382 div#yiv0476969382ygrp-mlmsg
#yiv0476969382ygrp-msg p a span.yiv0476969382yshortcuts {
font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382green {
color:#628c2a;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382MsoNormal {
margin:0 0 0 0;}

#yiv0476969382 o {
font-size:0;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382photos div {
float:left;width:72px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382photos div div {
border:1px solid
#666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382photos div label {
color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382reco-category {
font-size:77%;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382reco-desc {
font-size:77%;}

#yiv0476969382 .yiv0476969382replbq {
margin:4px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-actbar div a:first-child {
margin-right:2px;padding-right:5px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mlmsg {
font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean,
sans-serif;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mlmsg table {
font-size:inherit;font:100%;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mlmsg select,
#yiv0476969382 input, #yiv0476969382 textarea {
font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mlmsg pre, #yiv0476969382
code {
font:115% monospace;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mlmsg * {
line-height:1.22em;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-mlmsg #yiv0476969382logo {
padding-bottom:10px;}


#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-msg p a {
font-family:Verdana;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-msg
p#yiv0476969382attach-count span {
color:#1E66AE;font-weight:700;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-reco
#yiv0476969382reco-head {
color:#ff7900;font-weight:700;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-reco {
margin-bottom:20px;padding:0px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-sponsor #yiv0476969382ov
li a {
font-size:130%;text-decoration:none;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-sponsor #yiv0476969382ov
li {
font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-sponsor #yiv0476969382ov
ul {
margin:0;padding:0 0 0 8px;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-text {
font-family:Georgia;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-text p {
margin:0 0 1em 0;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-text tt {
font-size:120%;}

#yiv0476969382 #yiv0476969382ygrp-vital ul li:last-child {
border-right:none !important;
}
#yiv0476969382


Sun Mar 12, 2017 1:10 am (PST) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

File excelku : saat ini 880511 baris (row) sekitar 88 Mb

excel : versi 2010 : 64 bit

sepengetahuan ku --- jumlah row mak : 1 juta .

antisipasi untuk masa mendatang .

Mana yg lebih cepat.
dengan pilihan dibawah ini :

A . di bagi beberap sheet ( data pertahun )
B dibeagi beberapa file (data per tahun)

C. apakah ada solusi lain nya .

Salam

Lukman

Sun Mar 12, 2017 7:51 am (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Pak Antonius.

Apakah boleh di selesaikan VB ?

untuk mengisi semua data yg ada di F3:H11

Bila boleh : tolong beritau hasil nya mau di letakan dimana atau sheet apa
atau workbook yg sama ?

adapun sumber data nya ada sheet apa dengan row, columns berapa ?

salam

Lukman

2017-03-11 8:55 GMT+07:00 ANTONIUS TEGUH PRASETYA qsetya@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Para Master Excel,
>
> Mohon Bantuan untuk membuat Formula yang dapat menampilkan List data yang
> sesuai dengan beberapa Kriteria.
>
> File Contoh dan Hasil yg di inginkan terlampir.
>
> Pertanyaan ini sudah pernah saya emailkan sebelum nya, namun hari ini saya
> cari dalam Sent/Inbox email saya sudah tidak ada, maka saya email ulang.
>
> Mohon bantuan nya. Terima Kasih
>
> Best Regards
>
> Antonius Teguh Prasetya
> Internal Audit
> 08113595741
> 087856491360
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar