Selasa, 14 Maret 2017

[belajar-excel] Digest Number 4126

3 Messages

Digest #4126
1a
Re: File Excel besar by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
Re: File Excel besar by "lkm jktind" lkmjkt
2a
Re: Running Sum dalam Table by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Mar 14, 2017 11:12 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sama-sama Pak.

Agak tergelitik dengan bagian ini :
Karena di pakai untuk diri sendiri, maka pilihan beralih ke data dase ---
aku abaikan .

Jangan-jangan ada pemikiran bahwa database pantasnya buat dipakai berbanyak
ya...
hmmm...
Andai benar, ada baiknya hal ini bisa diubah.

System database (DBMS) seperti MS Access atau MS SQL Server (yang express
saja yang free) bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri, dipakai layaknya
menggunakan Excel saja. Sekedar wadah menyimpan data dan pengolah data
dengan banyak records. Dengan demikian, seluruh pekerjaan yang dibebankan
kepada diri sendiri bisa dikerjakan dengan cepat. Jadi punya waktu luang
untuk kegiatan pribadi. Bekerja secara smart dan efisien. Gak lembur dan
bisa kumpul bersama dengan keluarga lebih banyak.

but, it's just my two-cents.

;)

Regards,
Kid

2017-03-14 18:18 GMT+07:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Pak Kid .
>
> Terima kasih pak .
>
> Uraian / penjelasan dari bapak sangat lengkap .
>
> Yg aku butuhan : data per tanggal, per Ticker(saham) , harga --->
> data harga yg akan di ambil .
>
> Karena di pakai untuk diri sendiri, maka pilihan beralih ke data dase
> --- aku abaikan .
>
> jadi tinggal 2 pilihan : 1 dibagi beberapa sheet, satu sheet untuk
> data per tahun.
> 2. di bagi beberapa file, satu file
> per tahun
> mungkin pilihan ku , lebih cenderung pakai :
>
> 1 file ---> di bagi beberapa sheet, yang isi dari satu sheet adalah
> data per tahun
> Dilengkapi di sheet awal : sebagai sheet bantu.
> misalnya : *mencari data th berapa ---> ada nya di sheet 3.
> misalnya *
> *mencari data tgl berapa ---> ada nya di row
> berapa sampai berapa*.
> Untuk mempercepat waktu proses, saat datanya mau di ambil .
>
> 2 ---> dibagi beberapa file ---> yg aku pertimbangkan waktu buka dan
> tutup dari file tersebut.
> ada kemungkinan lebih lambat -- untuk buka dan tutup file.
> saat ini saja . sekali buka file -- ada kali sekitar 4 ~ 6 file .
>
> Tetap pakai excel --- karena bikin Excel sendiri -- ada masalah -- bisa di
> atasi sendiri.
>
> dan tampilannya mudah di ubah ubah .
>
>
> entah pendapat dari bapak .
>
>
> Salam
>
>
>
> Lukman.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2017-03-13 15:32 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Hai Lukman,
>>
>> Untuk data series, patut dipertimbangkan pula seberapa lebar rentang
>> waktu dan tingkat kedetilan informasi yang digunakan dalam kegiatan
>> sehari-hari.
>>
>> Contoh :
>> Sebuah perusahaan yang menjual 3 produk sepanjang masa memiliki sekitar
>> 200 orang sales yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh sales person
>> tersebut setiap hari melaporkan total penjualan setiap produk yang telah
>> dilakukannya.
>> Maka setiap hari akan ada data sebanyak 200 orang * 3 produk * 1
>> record/hari = 600 records/hari.
>> Andaikan setahun ada 350 hari kerja sales person, maka dalam setahun ada
>> 350 hari/tahun * 600 records/hari = 210000 records/tahun.
>>
>> Dalam perusahaan tersebut, kegiatan terhadap data sales dilakukan :
>>
>> Kasus A : *tanpa *memperhatikan siapa sales personnya. Artinya, *tidak
>> ada kebutuhan *untuk membuat laporan per sales person atau menganalisa
>> sales per sales person. Rentang waktu yang dibutuhkan adalah series 10
>> tahun.
>> > pada kasus ini, maka data yang disimpan bisa tanpa sales person, tetapi
>> cukup summary total penjualan per produk per hari.
>> > artinya, jumlah record yang perlu disimpan per harinya adalah 3 produk
>> * 1 record/hari = 3 records/hari.
>> > Per tahun berarti hanya ada 350 hari/tahun * 3 records/hari = 1050
>> records/tahun
>> > Untuk kebutuhan series 10 tahun, maka perlu menyimpan 1050
>> records/tahun * 10 tahun = 10500 records.
>> > Excel versi berapapun masih mampu menyimpannya
>> > Data asli yang juga menyimpan informasi sales person bisa dibuang atau
>> disimpan sebagai file dokumen berupa text file
>>
>> Kasus B : memperhatikan siapa sales personnya dengan rentang waktu yang
>> dibutuhkan adalah series 5 tahun.
>> > pada kasus ini, maka data yang disimpan adalah lengkap.
>> > artinya, jumlah record yang perlu disimpan per tahunnya adalah 210000
>> records/tahun.
>> > Untuk kebutuhan series 5 tahun, maka perlu menyimpan 210000
>> records/tahun * 5 tahun = 1050000 records (satu juta lima puluh ribu
>> records)
>> > Excel versi 2007 ke atas masih bisa menyimpannya
>>
>> Kasus C : memperhatikan siapa sales personnya dengan rentang waktu yang
>> dibutuhkan adalah series 10 tahun
>> > pada kasus ini, maka data yang disimpan adalah lengkap.
>> > artinya, jumlah record yang perlu disimpan per tahunnya adalah 210000
>> records/tahun.
>> > Untuk kebutuhan series 5 tahun, maka perlu menyimpan 210000
>> records/tahun * 10 tahun = 2100000 records (dua juta seratus ribu records)
>> > Excel 2007 ke atas bisa menyimpannya dalam 2 sheet, tetapi akan cukup
>> sulit mengolahnya
>> > Fitur Get External Data bisa mempermudah proses terhadap 2 sheet dalam
>> 1 file Excel atau 2 file Exel berisi masing-masing 1 sheet, tetapi masih
>> kurang efisien.
>> > Opsi lainnya adalah menyimpan data pada 1 (satu) file text (text file),
>> kemudian diolah memanfaatkan fitur Get External Data oleh Excel.
>>
>> Hal tersebut di atas adalah pembahasan dengan *fokus utama adalah Excel*
>>
>> Padahal,
>> Semestinya yang menjadi fokus utama adalah data dan pengolahan data.
>>
>> Artinya, pertanyaan berikut :
>> Mana yg lebih cepat.
>> dengan pilihan dibawah ini :
>>
>> A . di bagi beberap sheet ( data pertahun )
>> B dibeagi beberapa file (data per tahun)
>>
>> adalah meletakkan Excel sebagai fokus utama, sehingga bagian :
>> C. apakah ada solusi lain nya .
>> > seperti yang dibiru di atas
>> akan cenderung berharap tetap menjadikan Excel sebagai fokus utama.
>>
>>
>> *??? Seperti apa sih kalau fokus pada data dan pengolahan data ???*
>> 1. Data membutuhkan wadah yang bisa menampung seluruh data
>> 2. Pengolahan data yang ada dalam wadah tersebut bisa mudah, cepat, dan
>> tepat sesuai proses bisnis yang dibutuhkan
>>
>> 2 (dua) kondisi agar fokus pada data dan pengolahan data tersebut bisa
>> disederhanakan menjadi :
>> 1. wadah data sering disebut database
>> 2. pengolah data yang mampu mewujudkannya sering disebut sistem manajemen
>> database (database management system [disingkat DBMS])
>>
>> Bahasa pengolah data yang digunakan oleh DBMS dalam mengolah data disebut
>> SQL.
>> Jadi, bisa juga dikatakan bahwa bahasa umum pengolahan data adalah SQL
>> seperti bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan umum manusia saat ini.
>>
>> --- Sampai disini, biasanya sudah mulai banyak yang ogah karena sudah
>> mulai menyentuh database ---
>> Payahnya, kata database apalagi database system sudah terlalu umum
>> dikenal rumit.
>> [teknologi kok memperumit... yang bermasalah adalah teknologinya atau
>> pengguna teknologinya ya ? ]
>> * jadi bingung nih dengan yang memiliki stigma database atau database
>> system itu rumit.
>> ----------------------------------------------------------
>> ----------------------------------------------------------
>> ---------------------
>>
>> Jadi,
>> to the point nya adalah :
>> 1. Jika ada data, simpanlah di wadah data yang bernama database.
>> 2. Ketika memilih database, pilihlah yang mampu memanajemen database
>> [Excel tidak termasuk dong...]
>> * iya, Excel tidak termasuk...
>> so what ?
>> trus gak mau pakai Excel ?
>> trus pake Excel gak bisa efisien ?
>> plis deh...
>>
>> Kembali ke kasus data yang banyak sekali ya....
>> 1. simpan data di sebuah database (bagusnya disebut yang lebih tepat
>> ya, yaitu DBMS). Misal, disimpan di dalam MS Access, MS SQL Server, Oracle,
>> MySQL, dsb.
>> > MS SQL Server punya versi yang free bernama MS SQL Server
>> Express dengan makasimal size per db file adalag 10GB (bisa berpuluh juta
>> records nih per file).
>> > Mengolah data dengan DBMS antar database (db file sekalipun)
>> jauh lebih cepat dibanding antar kolom dalam sebuah sheet pada workbook
>> yang sama di Excel.
>> 2. susun proses pengolahan data di DBMS tersebut, setidaknya sampai
>> pada kondisi didapatkannya suatu recordset (sebut dulu tabel deh) yang
>> sudah bisa diolah Excel
>> 3. minta Excel untuk mengambil recordset hasil nomor 2 tadi. -> fitur
>> Get External Data yang bekerja
>> 4. olah di Excel dengan segala kemampuan yang ada
>> 5. *[bila perlu]* buat sebuah proses otomasi dari pengambilan data
>> sampai ujung terkahirnya (report, summary, printout, dsb) di Excel.
>>
>> *** Yup, nomor 3,4,5 menunjukkan bahwa Excel sekedar tools. Kalau
>> lingkungannya bukan Excel, maka nomor 3,4,5 disesuaikan dengan lingkungan
>> tersebut ***
>>
>> Artinya :
>> a. Excel gak usah repot-repot ngloop sana sini, nyusun formula begini
>> begitu untuk mengolah data yang begitu banyak, karena gak akan bisa cepat.
>> > DBMS mengolah data 5juta record dalam waktu 60 detik itu sudah
>> perlu perbaikan atau mengoptimasi proses, alias sudah mulai gak wajar
>> dialamnya.
>> Artinya si user DBMS yang perlu belajar lagi.
>> waktu kurang dari 5 detik. Kalau gak percaya, coba saja, lah wong ini
>> cuma dugaan kok. Malah mestinya sekitar 1 detik sekian micro detik.
>> b. Penyimpanan dan pengolahan data awalnya diserahkan pada ahlinya, yaitu
>> DBMS.
>> > Kalau untuk data seperti contoh di atas (si perusahaan tadi),
>> kalau kasus C butuh rentang 40 tahun atau sekitar 8juta records, DBMS
>> biasanya bisa mengolahnya dalam c. Manfaatkan hasil kerja si ahli pada
>> lingkungan kerja yang dikenal dan dipahami, dalam milis ini berarti pakai
>> Excel.
>> > Nah ini, ketika sudah kembali ke Excel, untuk ambil data hasil
>> kerja DBMS yang total records nya mencapai 5juta records misalnya, bisa
>> jadi butuh waktu sekitar 1 menit atau lebih.
>> > Tapi, kalau record hasil kerja ahlinya (si DBMS) cuma 1 atau 2
>> juta records, paling Excel butuh 5 sampai 10 detik juga kelar.
>>
>> *** membuat/membangun gedung kantor bertingkat butuh ahli pembuat kaca
>> untuk menghasilkan kaca jendela bukan ?
>> *** tukang bangunan dan arsiteknya cuma tinggal milih kaca mana yang pas
>> untuk gedung itu, lalu dipasang deh dengan segala teknik pertukangan supaya
>> si kaca gedung tidak lepas atau jatuh.
>>
>>
>> Demikian kira-kiranya...
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>> 2017-03-12 16:10 GMT+07:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> File excelku : saat ini 880511 baris (row) sekitar 88 Mb
>>>
>>> excel : versi 2010 : 64 bit
>>>
>>> sepengetahuan ku --- jumlah row mak : 1 juta .
>>>
>>> antisipasi untuk masa mendatang .
>>>
>>> Mana yg lebih cepat.
>>> dengan pilihan dibawah ini :
>>>
>>> A . di bagi beberap sheet ( data pertahun )
>>> B dibeagi beberapa file (data per tahun)
>>>
>>> C. apakah ada solusi lain nya .
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>

Tue Mar 14, 2017 5:58 pm (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Pak Kid.

Jangan-jangan ada pemikiran bahwa database pantasnya buat dipakai berbanyak
ya...
hmmm...
Andai benar, ada baiknya hal ini bisa diubah.

Dulu aku pernah pakai dbase5, (masih under dos) .

Yg kurang ku sukai -----> karena sering merubah tampilan . (kebiasaan
burukku)
1. Mesti di buat kan form. ---> untuk input data.
2. Mesti di buatkan form ----> untuk laporan data
3. Saat input data ---> nga bisa lihat data input sebelumnya . (karena
pakai form)
4. Kalau mau loop -----> data nya nga bisa di sort dulu ---> biar saat sort
sekali jalan saja.
----> kadang kadang bila aku ragu : maka di hitung kembali pakai formula di
excel >< hasil dari Macronya --> apakah ada kesalahan.

Kelebihan yg aku ketahui, bisa simpan banyakkkk data. (record)
Formula lebih permanen. ( pakai link, link an)
misalnya :
ada file Khusus : data pelanggang. ---> ini biasanya aku gabung dengan
data supplyer.
: data pembelian.
: data penjualan .
: data cash ------> data penerimaan , data
pembayaran , data pengeluaran

Pada umumnya : pakai database (untuk data semakin banyak) maka akan
semakin cepat -- waktu prosesnya di bandingkan excel.

hanya sebatas itu yg ku ketahui.

Salam

Lukman.

NB : kebiasaan buruk ku --- sering merobah, robah --- karena dibikin
sendiri (jadi cape sendiri)

2017-03-15 1:12 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Sama-sama Pak.
>
> Agak tergelitik dengan bagian ini :
> Karena di pakai untuk diri sendiri, maka pilihan beralih ke data dase
> --- aku abaikan .
>
> Jangan-jangan ada pemikiran bahwa database pantasnya buat dipakai
> berbanyak ya...
> hmmm...
> Andai benar, ada baiknya hal ini bisa diubah.
>
> System database (DBMS) seperti MS Access atau MS SQL Server (yang express
> saja yang free) bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri, dipakai layaknya
> menggunakan Excel saja. Sekedar wadah menyimpan data dan pengolah data
> dengan banyak records. Dengan demikian, seluruh pekerjaan yang dibebankan
> kepada diri sendiri bisa dikerjakan dengan cepat. Jadi punya waktu luang
> untuk kegiatan pribadi. Bekerja secara smart dan efisien. Gak lembur dan
> bisa kumpul bersama dengan keluarga lebih banyak.
>
> but, it's just my two-cents.
>
> ;)
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
> 2017-03-14 18:18 GMT+07:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Pak Kid .
>>
>> Terima kasih pak .
>>
>> Uraian / penjelasan dari bapak sangat lengkap .
>>
>> Yg aku butuhan : data per tanggal, per Ticker(saham) , harga --->
>> data harga yg akan di ambil .
>>
>> Karena di pakai untuk diri sendiri, maka pilihan beralih ke data dase
>> --- aku abaikan .
>>
>> jadi tinggal 2 pilihan : 1 dibagi beberapa sheet, satu sheet untuk
>> data per tahun.
>> 2. di bagi beberapa file, satu file
>> per tahun
>> mungkin pilihan ku , lebih cenderung pakai :
>>
>> 1 file ---> di bagi beberapa sheet, yang isi dari satu sheet adalah
>> data per tahun
>> Dilengkapi di sheet awal : sebagai sheet bantu.
>> misalnya : *mencari data th berapa ---> ada nya di sheet 3.
>> misalnya *
>> *mencari data tgl berapa ---> ada nya di row
>> berapa sampai berapa*.
>> Untuk mempercepat waktu proses, saat datanya mau di ambil .
>>
>> 2 ---> dibagi beberapa file ---> yg aku pertimbangkan waktu buka dan
>> tutup dari file tersebut.
>> ada kemungkinan lebih lambat -- untuk buka dan tutup file.
>> saat ini saja . sekali buka file -- ada kali sekitar 4 ~ 6 file .
>>
>> Tetap pakai excel --- karena bikin Excel sendiri -- ada masalah -- bisa
>> di atasi sendiri.
>>
>> dan tampilannya mudah di ubah ubah .
>>
>>
>> entah pendapat dari bapak .
>>
>>
>> Salam
>>
>>
>>
>> Lukman.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2017-03-13 15:32 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Hai Lukman,
>>>
>>> Untuk data series, patut dipertimbangkan pula seberapa lebar rentang
>>> waktu dan tingkat kedetilan informasi yang digunakan dalam kegiatan
>>> sehari-hari.
>>>
>>> Contoh :
>>> Sebuah perusahaan yang menjual 3 produk sepanjang masa memiliki sekitar
>>> 200 orang sales yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh sales person
>>> tersebut setiap hari melaporkan total penjualan setiap produk yang telah
>>> dilakukannya.
>>> Maka setiap hari akan ada data sebanyak 200 orang * 3 produk * 1
>>> record/hari = 600 records/hari.
>>> Andaikan setahun ada 350 hari kerja sales person, maka dalam setahun ada
>>> 350 hari/tahun * 600 records/hari = 210000 records/tahun.
>>>
>>> Dalam perusahaan tersebut, kegiatan terhadap data sales dilakukan :
>>>
>>> Kasus A : *tanpa *memperhatikan siapa sales personnya. Artinya, *tidak
>>> ada kebutuhan *untuk membuat laporan per sales person atau menganalisa
>>> sales per sales person. Rentang waktu yang dibutuhkan adalah series 10
>>> tahun.
>>> > pada kasus ini, maka data yang disimpan bisa tanpa sales person,
>>> tetapi cukup summary total penjualan per produk per hari.
>>> > artinya, jumlah record yang perlu disimpan per harinya adalah 3 produk
>>> * 1 record/hari = 3 records/hari.
>>> > Per tahun berarti hanya ada 350 hari/tahun * 3 records/hari = 1050
>>> records/tahun
>>> > Untuk kebutuhan series 10 tahun, maka perlu menyimpan 1050
>>> records/tahun * 10 tahun = 10500 records.
>>> > Excel versi berapapun masih mampu menyimpannya
>>> > Data asli yang juga menyimpan informasi sales person bisa dibuang atau
>>> disimpan sebagai file dokumen berupa text file
>>>
>>> Kasus B : memperhatikan siapa sales personnya dengan rentang waktu yang
>>> dibutuhkan adalah series 5 tahun.
>>> > pada kasus ini, maka data yang disimpan adalah lengkap.
>>> > artinya, jumlah record yang perlu disimpan per tahunnya adalah 210000
>>> records/tahun.
>>> > Untuk kebutuhan series 5 tahun, maka perlu menyimpan 210000
>>> records/tahun * 5 tahun = 1050000 records (satu juta lima puluh ribu
>>> records)
>>> > Excel versi 2007 ke atas masih bisa menyimpannya
>>>
>>> Kasus C : memperhatikan siapa sales personnya dengan rentang waktu yang
>>> dibutuhkan adalah series 10 tahun
>>> > pada kasus ini, maka data yang disimpan adalah lengkap.
>>> > artinya, jumlah record yang perlu disimpan per tahunnya adalah 210000
>>> records/tahun.
>>> > Untuk kebutuhan series 5 tahun, maka perlu menyimpan 210000
>>> records/tahun * 10 tahun = 2100000 records (dua juta seratus ribu records)
>>> > Excel 2007 ke atas bisa menyimpannya dalam 2 sheet, tetapi akan cukup
>>> sulit mengolahnya
>>> > Fitur Get External Data bisa mempermudah proses terhadap 2 sheet dalam
>>> 1 file Excel atau 2 file Exel berisi masing-masing 1 sheet, tetapi masih
>>> kurang efisien.
>>> > Opsi lainnya adalah menyimpan data pada 1 (satu) file text (text
>>> file), kemudian diolah memanfaatkan fitur Get External Data oleh Excel.
>>>
>>> Hal tersebut di atas adalah pembahasan dengan *fokus utama adalah Excel*
>>>
>>> Padahal,
>>> Semestinya yang menjadi fokus utama adalah data dan pengolahan data.
>>>
>>> Artinya, pertanyaan berikut :
>>> Mana yg lebih cepat.
>>> dengan pilihan dibawah ini :
>>>
>>> A . di bagi beberap sheet ( data pertahun )
>>> B dibeagi beberapa file (data per tahun)
>>>
>>> adalah meletakkan Excel sebagai fokus utama, sehingga bagian :
>>> C. apakah ada solusi lain nya .
>>> > seperti yang dibiru di atas
>>> akan cenderung berharap tetap menjadikan Excel sebagai fokus utama.
>>>
>>>
>>> *??? Seperti apa sih kalau fokus pada data dan pengolahan data ???*
>>> 1. Data membutuhkan wadah yang bisa menampung seluruh data
>>> 2. Pengolahan data yang ada dalam wadah tersebut bisa mudah, cepat, dan
>>> tepat sesuai proses bisnis yang dibutuhkan
>>>
>>> 2 (dua) kondisi agar fokus pada data dan pengolahan data tersebut bisa
>>> disederhanakan menjadi :
>>> 1. wadah data sering disebut database
>>> 2. pengolah data yang mampu mewujudkannya sering disebut sistem
>>> manajemen database (database management system [disingkat DBMS])
>>>
>>> Bahasa pengolah data yang digunakan oleh DBMS dalam mengolah data
>>> disebut SQL.
>>> Jadi, bisa juga dikatakan bahwa bahasa umum pengolahan data adalah SQL
>>> seperti bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan umum manusia saat ini.
>>>
>>> --- Sampai disini, biasanya sudah mulai banyak yang ogah karena sudah
>>> mulai menyentuh database ---
>>> Payahnya, kata database apalagi database system sudah terlalu umum
>>> dikenal rumit.
>>> [teknologi kok memperumit... yang bermasalah adalah teknologinya atau
>>> pengguna teknologinya ya ? ]
>>> * jadi bingung nih dengan yang memiliki stigma database atau database
>>> system itu rumit.
>>> ----------------------------------------------------------
>>> ----------------------------------------------------------
>>> ---------------------
>>>
>>> Jadi,
>>> to the point nya adalah :
>>> 1. Jika ada data, simpanlah di wadah data yang bernama database.
>>> 2. Ketika memilih database, pilihlah yang mampu memanajemen database
>>> [Excel tidak termasuk dong...]
>>> * iya, Excel tidak termasuk...
>>> so what ?
>>> trus gak mau pakai Excel ?
>>> trus pake Excel gak bisa efisien ?
>>> plis deh...
>>>
>>> Kembali ke kasus data yang banyak sekali ya....
>>> 1. simpan data di sebuah database (bagusnya disebut yang lebih tepat
>>> ya, yaitu DBMS). Misal, disimpan di dalam MS Access, MS SQL Server, Oracle,
>>> MySQL, dsb.
>>> > MS SQL Server punya versi yang free bernama MS SQL Server
>>> Express dengan makasimal size per db file adalag 10GB (bisa berpuluh juta
>>> records nih per file).
>>> > Mengolah data dengan DBMS antar database (db file sekalipun)
>>> jauh lebih cepat dibanding antar kolom dalam sebuah sheet pada workbook
>>> yang sama di Excel.
>>> 2. susun proses pengolahan data di DBMS tersebut, setidaknya sampai
>>> pada kondisi didapatkannya suatu recordset (sebut dulu tabel deh) yang
>>> sudah bisa diolah Excel
>>> 3. minta Excel untuk mengambil recordset hasil nomor 2 tadi. -> fitur
>>> Get External Data yang bekerja
>>> 4. olah di Excel dengan segala kemampuan yang ada
>>> 5. *[bila perlu]* buat sebuah proses otomasi dari pengambilan data
>>> sampai ujung terkahirnya (report, summary, printout, dsb) di Excel.
>>>
>>> *** Yup, nomor 3,4,5 menunjukkan bahwa Excel sekedar tools. Kalau
>>> lingkungannya bukan Excel, maka nomor 3,4,5 disesuaikan dengan lingkungan
>>> tersebut ***
>>>
>>> Artinya :
>>> a. Excel gak usah repot-repot ngloop sana sini, nyusun formula begini
>>> begitu untuk mengolah data yang begitu banyak, karena gak akan bisa cepat.
>>> > DBMS mengolah data 5juta record dalam waktu 60 detik itu sudah
>>> perlu perbaikan atau mengoptimasi proses, alias sudah mulai gak wajar
>>> dialamnya.
>>> Artinya si user DBMS yang perlu belajar lagi.
>>> waktu kurang dari 5 detik. Kalau gak percaya, coba saja, lah wong ini
>>> cuma dugaan kok. Malah mestinya sekitar 1 detik sekian micro detik.
>>> b. Penyimpanan dan pengolahan data awalnya diserahkan pada ahlinya,
>>> yaitu DBMS.
>>> > Kalau untuk data seperti contoh di atas (si perusahaan tadi),
>>> kalau kasus C butuh rentang 40 tahun atau sekitar 8juta records, DBMS
>>> biasanya bisa mengolahnya dalam c. Manfaatkan hasil kerja si ahli pada
>>> lingkungan kerja yang dikenal dan dipahami, dalam milis ini berarti pakai
>>> Excel.
>>> > Nah ini, ketika sudah kembali ke Excel, untuk ambil data hasil
>>> kerja DBMS yang total records nya mencapai 5juta records misalnya, bisa
>>> jadi butuh waktu sekitar 1 menit atau lebih.
>>> > Tapi, kalau record hasil kerja ahlinya (si DBMS) cuma 1 atau 2
>>> juta records, paling Excel butuh 5 sampai 10 detik juga kelar.
>>>
>>> *** membuat/membangun gedung kantor bertingkat butuh ahli pembuat kaca
>>> untuk menghasilkan kaca jendela bukan ?
>>> *** tukang bangunan dan arsiteknya cuma tinggal milih kaca mana yang pas
>>> untuk gedung itu, lalu dipasang deh dengan segala teknik pertukangan supaya
>>> si kaca gedung tidak lepas atau jatuh.
>>>
>>>
>>> Demikian kira-kiranya...
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>> 2017-03-12 16:10 GMT+07:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> File excelku : saat ini 880511 baris (row) sekitar 88 Mb
>>>>
>>>> excel : versi 2010 : 64 bit
>>>>
>>>> sepengetahuan ku --- jumlah row mak : 1 juta .
>>>>
>>>> antisipasi untuk masa mendatang .
>>>>
>>>> Mana yg lebih cepat.
>>>> dengan pilihan dibawah ini :
>>>>
>>>> A . di bagi beberap sheet ( data pertahun )
>>>> B dibeagi beberapa file (data per tahun)
>>>>
>>>> C. apakah ada solusi lain nya .
>>>>
>>>>
>>>> Salam
>>>>
>>>>
>>>> Lukman
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Tue Mar 14, 2017 11:37 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hai Odong,

Untuk running sum dalam Excel Table ataupun dalam range tetap sebaiknya
dimulai dari header atau baris yang tidak mungkin bergerak dan dipengaruhi
oleh proses filter apalagi proses sort. Hal ini sekedar bermain aman saja.
Terutama pada running total yang menyangkut baris data yang diberi formula
running sum tersebut.

Jadi, jika header ada di baris 1 dan record pertama dimulai di baris 2,
maka running sum pada record pertama selalu dimulai dari baris 1.

Indirect termasuk kelompok fungsi volatile alias yang selalu dikalkulasi
ulang walaupun cells yang perlu dikalkulasi ada di sheet lain dan tak
berhubungan dengan formula indirect itu sendiri secara langsung ataupun
tidak. Artinya, fungsi ini akan selalu menambah beban kalkulasi Excel.
> Contoh : sebuah workbook berisi 2 buah sheet bernama data dan laporan.
Pada sheet data, cells A1 berisi teks 'Kid' dan di cells G1 diberi formula
=Indirect("A1") yang berarti mengambil nilai A1 di sheet data itu sendiri.
Di sheet laporan cells X2 diberi formula =X1+1 yang berarti hasil cells X1
ditambah 1 (seperti membuat nomor urut). Pada formula di sheet laporan ini,
tidak ada kaitannya sama sekali dengan sheet data. Formula indirect di
sheet data juga tidak ada hubungan sama sekali dengan sheet laporan. Betul
kan ya...
Ketika di sheet laporan cells X1 diganti nilainya menjadi 100 (nomor urut
mau mulai dari 101), maka Excel akan mengkalkulasi :
1. sheet laporan cells X2 berisi formula X1+1 yang menghasilkan 101 karena
X1 terkait langsung dengan formula di X2
2. sheet data cells G1 berisi formula Indirect yang masih tetap saja
menghasilkan nilai A1 yang sama karena tidak ada yang berubah di A1

Jadi, kalau di sheet Data ada 1000 cells berisi fungsi Indirect dan di
sheet laporan hanya ada cells X2 saja yang berisi formula, setiap kali
mengubah isi cells X1 akan ada proses kalkulasi 1 cells X2 di sheet laporan
dan 1000 cells indirect di sheet data (1001 proses kalkulasi).

Kalau yang diubah adalah cells A7 di sheet laporan (tidak ada kaitannya
dengan cells X2 di sheet laporan), maka yang dikalkulasi adalah 1000 cells
di sheet data yang berisi fungsi Indirect. owh.. sia-sia sekali, tidak ada
yang berubah di sheet data kok tetap mengkalkulasi sheet data. Bagaimana
kalau sheet data berisi 1 juta baris fungsi Indirect atau fungsi volatile
lainnya ya...

Fungsi Index dahulu diduga juga masuk kelompok volatile, tetapi beberapa
pendapat yang berkembang cukup yakin bahwa fungsi ini tidak termasuk
kelompok volatile. Artinya, fungsi ini tidak memberei beban tambahan pada
proses kalkulasi Excel.
> kalau contoh di atas, pada cells G1 sheet data diganti formulanya menjadi
=Index( A:A , 1 ) [mengambil cells di baris ke-1 pada kolom A:A] maka
kalkulasi Excel hanya pada cells berformula yang berkaitan langsung atau
tidak langsung dengan si formula. Kalau ubah di sheet laporan cells X1,
maka hanya cells X2 yang di kalkulasi (1 proses kalkulasi saja).

> saya pikir, 1 proses kalkulasi vs 1001 proses kalkulasi lebih efisien 1
proses kalkulasi ya...

Regards,
Kid

On Tue, Mar 14, 2017 at 3:03 PM, odong nando odongnando@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> hai mas zainul,
>
> sepertinya bukan hanya pada penggunaan sum saja yang akan menghasilkan
> nilai ngaco pada saat penambahan data pada sebuah tabel excel, formula
> count, countif, sumif dsb, yang sifatnya runing / berkesinambungan akan
> menghasilkan nilai yang tidak sesuai pada saat penambahan data.
>
> sebetulnya ini pula yang menjadi kendala saya pada waktu itu, boz kid
> menjawab dan memberi penjabaran, yang saya ingat hanya "begitulah
> karakteristik tabel excel ". saya berusaha untuk melampirkan mail yang
> waktu itu, namun sudah saya cari tidak ketemujuga...hehe... maaf ya...
>
> tp mo bagai mana lagi saya harus menggunakan tabel dan formula yang
> bersifat running tersebut, ahirnya saya mengkombinasikan dengan formula
> "INDIRECT" yang akan mengacu pada range yang dinamis. dan masalah selesai.
> sampai sekarang blm ada masalah lagi, dan tidak memberatkan excel, walaupun
> belum teruji...hehe... (soalnya saya tidak tau cara mengujinya...hehe...)
>
> dengan adanya kasus mas zainul ini menambah pengetahuan saya pula bahwa
> selain dengan "INDIRECT" masalah pada tabel excel ini dapat diselesaikan
> dengan memanfaatkan formula index, dan sepertinya pula dapat di aplikasikan
> untuk running furmula yang lain pada tabel excel.. :)
>
> dan samapai sini saya jadi ingin tau, manakah dari penggunaan 2 formula
> yang sifatnya ngakalin itu yang lebih membebani kerja excel, karena data
> yang saya input atau mas zainul input itu akan terus bertambah...
>
> semoga ada rekan2 yang bisa menguji, atau bila boz kid berkenan n lagi
> iseng minta tolong di uji formulanya hehehe... ;D
>
> br,
>
> odong nando
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* "Zainul Ulum zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 11 Maret 2017 21:05
> *Judul:* [belajar-excel] Running Sum dalam Table [1 Attachment]
>
>
> Be-excelers,
>
> saya mempunyai dua object table dalam file terlampir yaitu table-1 dan
> table-2
> Masing-masing table mempunyai satu kolom yang menggunakan operasi running
> sum (accumulative sum)
>
> Jika saya tambahkan angka pada table-1, running sum kadang mendapatkan
> hasil yang tidak sesuai.
>
> Dengan cara yang sama saya tambahkan data di table-2 menggunakan formula
> running SUM dikombinasikan dengan INDEX dan kolom bantu No. Cara ini
> didapatkan hasil yang benar.
>
> Pertanyaan:
> ---. Apakah ada cara yang lebih ringkas tanpa menggunakan rumus INDEX dan
> kolom bantu No?
>
> Terimakasih,
> -zainul
>
> #dikirim_pakai_mail.yahoo.com_tanpa_pulsa#
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar