Senin, 04 Maret 2019

[belajar-excel] Digest Number 4724

14 Messages

Digest #4724
1a
Re: Perhitungan persentase by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
Re: Perhitungan persentase by "imam cahyo yuwono"
1c
Re: Perhitungan persentase by "imam cahyo yuwono"
1d
Re: Perhitungan persentase by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: PowerPivot ( From Date & To Date, Katogori umur) by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
Re: PowerPivot ( From Date & To Date, Katogori umur) by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3d
Re: PowerPivot ( From Date & To Date, Katogori umur) by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Belajar lookup by "HAIRUL ALAM"
4b
Re: Belajar lookup by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: mohon bantuannya para suhu by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: Formula untuk Source Chart Data Range by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sun Mar 3, 2019 9:38 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

array formula dengan regional setting EN
=(D13/10^6-LOOKUP(D13/10^6,D3:O3))/SUMPRODUCT(HLOOKUP(D13/10^6,D3:O5,{3;1})*{1;-1})*SUMPRODUCT(HLOOKUP(D13/10^6,D3:O10,{8;6})*{1;-1})+HLOOKUP(D13/10^6,D3:O8,6)

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

On Mon, Mar 4, 2019 at 9:52 AM imam cahyo yuwono chyywn@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Assalamualaikum Wr. Wb
>
> mohon bantuan para master untuk mendapatkan nilai yang tepat untuk range
> nilai berdasarkan persentase sehingga niali sesuai dengan jenjang yang
> telah disyaratkan
> Terima kasih
> wasalamualaikum Wr. Wb
>
>
>

Sun Mar 3, 2019 9:39 pm (PST) . Posted by:

"imam cahyo yuwono"


Terima kasih atas responnyamaksud saya untuk permasalahan saya :1. nilai 121.000.000 berada di rentang presentase 6,83 s.d 8,23... berapa persen tepatnya nilai tersebut itu berlaku untuk rentang nilai tersebut berlaku untuk seterusnya (Sebagai mana pada tabel file yang dikirim)
2. pertanyaan tambahan ... apabila nilai 121.000.000 dibagi dengan rentang presentase untuk poin 1 6,83 s.d 8,23, poin 2 4,62 s.d 5.35 berapa nilai yang didapat sehingga total tetap menjadi 121.000.000
terima kasih mohon maaf ada pertanyaan tambahan, atas perhatian dan masukannya saya ucapkan banyak terima kasih
On Monday, March 4, 2019, 10:12:52 AM GMT+7, ghozi alkatiri ghozialkatiri@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 

mungkin ini yan dimaksud
=INDEX($E$8:$O$8,MATCH(D13,$D$5:$O$5*10^6))

formula array tekan (Control + Shift+enter)
wassalam Ghozi Alkatiri Pada Senin, 4 Maret 2019 09.52.46 WIB, imam cahyo yuwono chyywn@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

 

Assalamualaikum Wr. Wb
mohon bantuan para master untuk mendapatkan nilai yang tepat untuk range nilai berdasarkan persentase sehingga niali sesuai dengan jenjang yang telah disyaratkanTerima kasihwasalamualaikum Wr. Wb
#yiv7953785328 #yiv7953785328 -- #yiv7953785328ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mkp #yiv7953785328hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mkp #yiv7953785328ads {margin-bottom:10px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mkp .yiv7953785328ad {padding:0 0;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mkp .yiv7953785328ad p {margin:0;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mkp .yiv7953785328ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-sponsor #yiv7953785328ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-sponsor #yiv7953785328ygrp-lc #yiv7953785328hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-sponsor #yiv7953785328ygrp-lc .yiv7953785328ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv7953785328 #yiv7953785328actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv7953785328 #yiv7953785328activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328activity span {font-weight:700;}#yiv7953785328 #yiv7953785328activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv7953785328 #yiv7953785328activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv7953785328 #yiv7953785328activity span span {color:#ff7900;}#yiv7953785328 #yiv7953785328activity span .yiv7953785328underline {text-decoration:underline;}#yiv7953785328 .yiv7953785328attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv7953785328 .yiv7953785328attach div a {text-decoration:none;}#yiv7953785328 .yiv7953785328attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv7953785328 .yiv7953785328attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv7953785328 .yiv7953785328attach label a {text-decoration:none;}#yiv7953785328 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv7953785328 .yiv7953785328bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv7953785328 .yiv7953785328bold a {text-decoration:none;}#yiv7953785328 dd.yiv7953785328last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv7953785328 dd.yiv7953785328last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv7953785328 dd.yiv7953785328last p span.yiv7953785328yshortcuts {margin-right:0;}#yiv7953785328 div.yiv7953785328attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv7953785328 div.yiv7953785328attach-table {width:400px;}#yiv7953785328 div.yiv7953785328file-title a, #yiv7953785328 div.yiv7953785328file-title a:active, #yiv7953785328 div.yiv7953785328file-title a:hover, #yiv7953785328 div.yiv7953785328file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv7953785328 div.yiv7953785328photo-title a, #yiv7953785328 div.yiv7953785328photo-title a:active, #yiv7953785328 div.yiv7953785328photo-title a:hover, #yiv7953785328 div.yiv7953785328photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv7953785328 div#yiv7953785328ygrp-mlmsg #yiv7953785328ygrp-msg p a span.yiv7953785328yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv7953785328 .yiv7953785328green {color:#628c2a;}#yiv7953785328 .yiv7953785328MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv7953785328 o {font-size:0;}#yiv7953785328 #yiv7953785328photos div {float:left;width:72px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328reco-category {font-size:77%;}#yiv7953785328 #yiv7953785328reco-desc {font-size:77%;}#yiv7953785328 .yiv7953785328replbq {margin:4px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mlmsg select, #yiv7953785328 input, #yiv7953785328 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mlmsg pre, #yiv7953785328 code {font:115% monospace;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-mlmsg #yiv7953785328logo {padding-bottom:10px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-msg p#yiv7953785328attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-reco #yiv7953785328reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-sponsor #yiv7953785328ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-sponsor #yiv7953785328ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-sponsor #yiv7953785328ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv7953785328 #yiv7953785328ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv7953785328

Mon Mar 4, 2019 3:40 am (PST) . Posted by:

"imam cahyo yuwono"

Terimakasih Mr. kid Alhamdulillah ... dapat yang saya inginkan... semoga pertanyaan kedua dapat solusi lagi

On Monday, March 4, 2019, 12:39:40 PM GMT+7, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 

Wa'alaikumussalam wr wb
array formula dengan regional setting EN=(D13/10^6-LOOKUP(D13/10^6,D3:O3))/SUMPRODUCT(HLOOKUP(D13/10^6,D3:O5,{3;1})*{1;-1})*SUMPRODUCT(HLOOKUP(D13/10^6,D3:O10,{8;6})*{1;-1})+HLOOKUP(D13/10^6,D3:O8,6)

Wassalamu'alaikum wr wbKid

On Mon, Mar 4, 2019 at 9:52 AM imam cahyo yuwono chyywn@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 

Assalamualaikum Wr. Wb
mohon bantuan para master untuk mendapatkan nilai yang tepat untuk range nilai berdasarkan persentase sehingga niali sesuai dengan jenjang yang telah disyaratkanTerima kasihwasalamualaikum Wr. Wb

#yiv4088536525 #yiv4088536525 -- #yiv4088536525ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mkp #yiv4088536525hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mkp #yiv4088536525ads {margin-bottom:10px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mkp .yiv4088536525ad {padding:0 0;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mkp .yiv4088536525ad p {margin:0;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mkp .yiv4088536525ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-sponsor #yiv4088536525ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-sponsor #yiv4088536525ygrp-lc #yiv4088536525hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-sponsor #yiv4088536525ygrp-lc .yiv4088536525ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv4088536525 #yiv4088536525actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv4088536525 #yiv4088536525activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525activity span {font-weight:700;}#yiv4088536525 #yiv4088536525activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv4088536525 #yiv4088536525activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv4088536525 #yiv4088536525activity span span {color:#ff7900;}#yiv4088536525 #yiv4088536525activity span .yiv4088536525underline {text-decoration:underline;}#yiv4088536525 ..yiv4088536525attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv4088536525 .yiv4088536525attach div a {text-decoration:none;}#yiv4088536525 .yiv4088536525attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv4088536525 .yiv4088536525attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv4088536525 .yiv4088536525attach label a {text-decoration:none;}#yiv4088536525 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv4088536525 .yiv4088536525bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv4088536525 .yiv4088536525bold a {text-decoration:none;}#yiv4088536525 dd.yiv4088536525last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv4088536525 dd.yiv4088536525last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv4088536525 dd.yiv4088536525last p span.yiv4088536525yshortcuts {margin-right:0;}#yiv4088536525 div.yiv4088536525attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv4088536525 div.yiv4088536525attach-table {width:400px;}#yiv4088536525 div.yiv4088536525file-title a, #yiv4088536525 div.yiv4088536525file-title a:active, #yiv4088536525 div.yiv4088536525file-title a:hover, #yiv4088536525 div.yiv4088536525file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv4088536525 div.yiv4088536525photo-title a, #yiv4088536525 div.yiv4088536525photo-title a:active, #yiv4088536525 div.yiv4088536525photo-title a:hover, #yiv4088536525 div.yiv4088536525photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv4088536525 div#yiv4088536525ygrp-mlmsg #yiv4088536525ygrp-msg p a span.yiv4088536525yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv4088536525 .yiv4088536525green {color:#628c2a;}#yiv4088536525 .yiv4088536525MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv4088536525 o {font-size:0;}#yiv4088536525 #yiv4088536525photos div {float:left;width:72px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525reco-category {font-size:77%;}#yiv4088536525 #yiv4088536525reco-desc {font-size:77%;}#yiv4088536525 .yiv4088536525replbq {margin:4px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mlmsg select, #yiv4088536525 input, #yiv4088536525 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mlmsg pre, #yiv4088536525 code {font:115% monospace;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-mlmsg #yiv4088536525logo {padding-bottom:10px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-msg p#yiv4088536525attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-reco #yiv4088536525reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-sponsor #yiv4088536525ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-sponsor #yiv4088536525ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-sponsor #yiv4088536525ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv4088536525 #yiv4088536525ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv4088536525

Mon Mar 4, 2019 3:42 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Nomor 2 : tidak paham

On Mon, Mar 4, 2019 at 6:40 PM imam cahyo yuwono chyywn@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Terimakasih Mr. kid Alhamdulillah ... dapat yang saya inginkan... semoga
> pertanyaan kedua dapat solusi lagi
>
> On Monday, March 4, 2019, 12:39:40 PM GMT+7, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> array formula dengan regional setting EN
>
> =(D13/10^6-LOOKUP(D13/10^6,D3:O3))/SUMPRODUCT(HLOOKUP(D13/10^6,D3:O5,{3;1})*{1;-1})*SUMPRODUCT(HLOOKUP(D13/10^6,D3:O10,{8;6})*{1;-1})+HLOOKUP(D13/10^6,D3:O8,6)
>
>
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
>
> On Mon, Mar 4, 2019 at 9:52 AM imam cahyo yuwono chyywn@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Assalamualaikum Wr. Wb
>
> mohon bantuan para master untuk mendapatkan nilai yang tepat untuk range
> nilai berdasarkan persentase sehingga niali sesuai dengan jenjang yang
> telah disyaratkan
> Terima kasih
> wasalamualaikum Wr. Wb
>
>
>

Sun Mar 3, 2019 9:39 pm (PST) . Posted by:

tomad_toomad

Terima kasih banyak ya informasinyag, saya tetap mau gunakan array formula krn nanti yg pakai filenya blm terlalu mahir dgn edit2 pivot

salam

Sun Mar 3, 2019 9:49 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Jika dengan formula, direkomendasikan untuk menggunakan cara 2 daripada
cara 1.

Cara 1, pada data yang cukup banyak, Excel akan menurun drastis performanya..
Cara 2, memerlukan daftar item dan perlu update tabel daftar item beserta
tabel hasil
Cara 3 (tanpa memanfaatkan fitur Excel Table), user perlu menyesuaikan
sumber data source pivot table
Cara 3 (dengan memanfaatkan fitur Excel Table), user hanya perlu
me-refresh, karena pivot table beserta layout cukup dibuat 1 kali oleh yang
bisa saja. Selanjutnya, user bisa tambah data atau kurangi data sesukanya
lalu refresh table. Tidak butuh user yang bisa Excel, asal masih bisa
diajarin copy paste data di area tabel lalu klik menu DATA lalu tekan
Refresh All (kayaknya OB juga bisa melakukan ini).

Untuk data yang sangat banyak, cara 3 dengan memanfaatkan Excel Table dan
Excel Data model (powerpivot), akan sangat cepat. Proses bagi user tetap
sama, copy paste data lalu refresh all. Sumber data bisa dari file lain di
komputer antah berantah sekalipun asal bisa diakses.
Jika sumber data dari banyak file, pakai cara 3 dengan tabel sumber data
hasil powerquery mengambil dari banyak file yang tersebar dimana-mana
sekalipun (misal cabang tidak perlu kirim file ke kantor pusat).

Regards,
Kid

On Mon, Mar 4, 2019 at 12:40 PM tomad_toomad@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Terima kasih banyak ya informasinyag, saya tetap mau gunakan array formula
> krn nanti yg pakai filenya blm terlalu mahir dgn edit2 pivot
>
> salam
>
>

Sun Mar 3, 2019 10:07 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm....

*Tentang :*

> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di report
> yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal yang di
> pilih

a. Secara umum, hal ini tidak diperlukan karena pivot table menyediakan
filter ketika field diletakkan pada bagian Rows.

[image: xl039_pvtFilter1_date.gif]

Pada xl2010 ke atas, slicer timeline bisa dimanfaatkan, sehingga tidak
perlu meletakkan field berisi data bertipe date pada bagian rows.

[image: xl039_pvtFilter2_date.gif]

b. Berbeda halnya ketika akan menampilkan pengelompokan data bertipe
tanggal, ketika pengelompokan berdasar bulan maupun tahun, pivot
menyediakan group. Pada data bertipe date, akan diberi opsi group secara
bulanan, tahunan dan sebagainya. Bisa juga dengan menyediakan sebuah tabel
dimensi tanggal disertai kolom kelompoknya.

[image: xl039_pvtFilter3_date.gif]

c. Pada pengelompokan yang custom yang pasti bahwa setiap kelompok berisi N
hari, fitur group masih bisa dimanfaatkan dengan menentukan mulai dan akhir
data, beserta jumlah rentang yang tetap tersebut.

[image: xl039_pvtFilter4_date.gif]

d. Ketika dibutuhkan pengelompokan yang custom dan tidak tetap jumlah hari
per kelompoknya, maka cara yang disarankan pada email lalu yang dibutuhkan.

[image: xl039_pvtFilter5_date.gif]

*** Jadi, saran di imil lalu adalah dengan asumsi Anda akan membuat
kelompok grup yang jumlah hari tiap kelompoknya tidak pasti.
*** Kalau sekadar memilih mau mulai dari tanggal berapa sampai berapa yang
sangat bebas dipilih user, manfaatkan saja fitur filter date milik pivot
atau slicer timeline.

*Tentang :*

> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur ( Ageing )
> dari Inv yang sudah di billing..

> secara umum adalah dengan membuat kolom kode grup di sisi data (boleh di
sheet, boleh di data model) seperti poin 1.d. di atas.
> tentu saja tabel referensi disesuaikan tipe data beserta nilai mulai dan
akhirnya dengan nilai-nilai penyusun grup.

[image: xl039_pvtGrup1_addcol.gif]

*** Kolom-kolom yang dibutuhkan beserta cara kalkulasinya (agar bisa
dilakukan proses lookup ke tabel referensi), tergantung dengan proses
bisnis setempat
*** Kalau tanpa powerpivot, maka yang dibutuhkan 1 kolom lagi (misal di
kolom D) yang berisi hasil lookup ke tabel referensi untuk mengambil kolom
teks_grup. Relasi antar tabel tidak dibutuhkan.
Sumber data cukup 1 tabel (tabel data paling kiri saja, tanpa
menyertakan tabel referensi).
*** Jika dengan powerpivot tapi tidak suka dengan kolom bantu seperti grup
tersebut, maka perlu mempelajari formula dax penyusun measures, tetapi
sering kali juga, menggunakan measures tanpa kolom bantu di sumber data
hanya berlaku untuk layout output tertentu saja.

Regards,
Kid

On Fri, Feb 15, 2019 at 2:06 PM Adi Irawan airawanp@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Pak Kid,
>
> Saya sudah coba2 sesuai petunjuak Pak Kid, tapi saya masih belum berhasil.
> SAya bingung mau pake formula apa.
>
> Untuk kasus No 1, anggap saja saya mempunya tabel sbb :
>
> [image: image.png]
> Formula yang akan di pake nnti apa ya Pak ? jadi pada waktu saya memilih
> period Feb 2019, maka data yang akan di ambil adalah semua data dari
> tanggal sebelum tanggal 21 Feb 2019 sampai tanggal 21 Feb 2019. Begitu juga
> pada saat memilih period Jan 2019, maka data yang akan di ambil adalah
> semua data dari tanggal sebelum tgl 25 Jan 2019 sampai tanggal 25 Jan 2019.
> Jadi kolom date adalah batas atas dari suatu tanggal yang akan di pilih.
>
> Untuk kasus No 2 juga saya masih bingung cara penyelesaianya.
>
>
> Terima kasih
>
> On Fri, Jan 18, 2019 at 10:56 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Buat dulu tabel referensi kelompok tanggal untuk kasus 1, dan kelompok
>> jumlah hari untuk kasus 2. Ada 2 tabel referensi tambahan. Isi kolom
>> masing-masing, teks_tampilan, nilai_mulai, nilai_sampai..
>> Lalu di sumber data, dibuat kolom kalkulasi untuk ambil nilai
>> teks_tampilan dari masing-masing tabel referensi.
>>
>> Cara lain adalah dengan melakukan group di pivot table nya. Pilih rentang
>> group nya sesuai kebutuhan.
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>> On Wed, Jan 9, 2019 at 5:35 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> Halo rekan2 Excel semuanya.
>>>
>>> Mohon kiranya dapat di bantu untuk kasus saya lagi, Kali ini saya sedang
>>> membuat Report dari Powerpivot. Pertanyaan saya adalah :
>>>
>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>> yang di pilih
>>>
>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur ( Ageing
>>> ) dari Inv yang sudah di billing.. Amount yang akan muncul adalah balance
>>> dari Billing dan Paid.
>>>
>>> Terima kasih sekali lagi untuk bantuannya.
>>>
>>> Salam
>>> SS
>>>
>>>
>

Mon Mar 4, 2019 5:00 am (PST) . Posted by:

"Stephen Saputro"

Pak Kid,

Terima kasih untuk bantuannya, Saya mau tanya lagi Pak, untuk kolom bantu
"Group" angka 1,20,30,400 itu di dapat dari mana ya ?

On Mon, Mar 4, 2019 at 1:08 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> hmmm....
>
> *Tentang :*
>
>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>> yang di pilih
>
> a. Secara umum, hal ini tidak diperlukan karena pivot table menyediakan
> filter ketika field diletakkan pada bagian Rows.
>
> [image: xl039_pvtFilter1_date.gif]
>
> Pada xl2010 ke atas, slicer timeline bisa dimanfaatkan, sehingga tidak
> perlu meletakkan field berisi data bertipe date pada bagian rows.
>
> [image: xl039_pvtFilter2_date.gif]
>
> b. Berbeda halnya ketika akan menampilkan pengelompokan data bertipe
> tanggal, ketika pengelompokan berdasar bulan maupun tahun, pivot
> menyediakan group. Pada data bertipe date, akan diberi opsi group secara
> bulanan, tahunan dan sebagainya. Bisa juga dengan menyediakan sebuah tabel
> dimensi tanggal disertai kolom kelompoknya.
>
> [image: xl039_pvtFilter3_date.gif]
>
>
> c. Pada pengelompokan yang custom yang pasti bahwa setiap kelompok berisi
> N hari, fitur group masih bisa dimanfaatkan dengan menentukan mulai dan
> akhir data, beserta jumlah rentang yang tetap tersebut.
>
> [image: xl039_pvtFilter4_date.gif]
>
> d. Ketika dibutuhkan pengelompokan yang custom dan tidak tetap jumlah hari
> per kelompoknya, maka cara yang disarankan pada email lalu yang dibutuhkan.
>
> [image: xl039_pvtFilter5_date.gif]
>
>
> *** Jadi, saran di imil lalu adalah dengan asumsi Anda akan membuat
> kelompok grup yang jumlah hari tiap kelompoknya tidak pasti.
> *** Kalau sekadar memilih mau mulai dari tanggal berapa sampai berapa yang
> sangat bebas dipilih user, manfaatkan saja fitur filter date milik pivot
> atau slicer timeline.
>
> *Tentang :*
>
>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur ( Ageing
>> ) dari Inv yang sudah di billing..
>
> > secara umum adalah dengan membuat kolom kode grup di sisi data (boleh di
> sheet, boleh di data model) seperti poin 1.d.. di atas.
> > tentu saja tabel referensi disesuaikan tipe data beserta nilai mulai dan
> akhirnya dengan nilai-nilai penyusun grup.
>
> [image: xl039_pvtGrup1_addcol.gif]
>
> *** Kolom-kolom yang dibutuhkan beserta cara kalkulasinya (agar bisa
> dilakukan proses lookup ke tabel referensi), tergantung dengan proses
> bisnis setempat
> *** Kalau tanpa powerpivot, maka yang dibutuhkan 1 kolom lagi (misal di
> kolom D) yang berisi hasil lookup ke tabel referensi untuk mengambil kolom
> teks_grup. Relasi antar tabel tidak dibutuhkan.
> Sumber data cukup 1 tabel (tabel data paling kiri saja, tanpa
> menyertakan tabel referensi).
> *** Jika dengan powerpivot tapi tidak suka dengan kolom bantu seperti grup
> tersebut, maka perlu mempelajari formula dax penyusun measures, tetapi
> sering kali juga, menggunakan measures tanpa kolom bantu di sumber data
> hanya berlaku untuk layout output tertentu saja.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
> On Fri, Feb 15, 2019 at 2:06 PM Adi Irawan airawanp@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Pak Kid,
>>
>> Saya sudah coba2 sesuai petunjuak Pak Kid, tapi saya masih belum
>> berhasil. SAya bingung mau pake formula apa.
>>
>> Untuk kasus No 1, anggap saja saya mempunya tabel sbb :
>>
>> [image: image.png]
>> Formula yang akan di pake nnti apa ya Pak ? jadi pada waktu saya memilih
>> period Feb 2019, maka data yang akan di ambil adalah semua data dari
>> tanggal sebelum tanggal 21 Feb 2019 sampai tanggal 21 Feb 2019. Begitu juga
>> pada saat memilih period Jan 2019, maka data yang akan di ambil adalah
>> semua data dari tanggal sebelum tgl 25 Jan 2019 sampai tanggal 25 Jan 2019.
>> Jadi kolom date adalah batas atas dari suatu tanggal yang akan di pilih.
>>
>> Untuk kasus No 2 juga saya masih bingung cara penyelesaianya.
>>
>>
>> Terima kasih
>>
>> On Fri, Jan 18, 2019 at 10:56 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> Buat dulu tabel referensi kelompok tanggal untuk kasus 1, dan kelompok
>>> jumlah hari untuk kasus 2. Ada 2 tabel referensi tambahan. Isi kolom
>>> masing-masing, teks_tampilan, nilai_mulai, nilai_sampai...
>>> Lalu di sumber data, dibuat kolom kalkulasi untuk ambil nilai
>>> teks_tampilan dari masing-masing tabel referensi.
>>>
>>> Cara lain adalah dengan melakukan group di pivot table nya. Pilih
>>> rentang group nya sesuai kebutuhan.
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> On Wed, Jan 9, 2019 at 5:35 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Halo rekan2 Excel semuanya.
>>>>
>>>> Mohon kiranya dapat di bantu untuk kasus saya lagi, Kali ini saya
>>>> sedang membuat Report dari Powerpivot. Pertanyaan saya adalah :
>>>>
>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>> yang di pilih
>>>>
>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing.. Amount yang akan muncul adalah
>>>> balance dari Billing dan Paid.
>>>>
>>>> Terima kasih sekali lagi untuk bantuannya.
>>>>
>>>> Salam
>>>> SS
>>>>
>>>>
>

Mon Mar 4, 2019 5:50 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

sekadar kode saja. bebas.

On Mon, Mar 4, 2019 at 8:00 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Pak Kid,
>
> Terima kasih untuk bantuannya, Saya mau tanya lagi Pak, untuk kolom bantu
> "Group" angka 1,20,30,400 itu di dapat dari mana ya ?
>
> On Mon, Mar 4, 2019 at 1:08 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> hmmm....
>>
>> *Tentang :*
>>
>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>> yang di pilih
>>
>> a. Secara umum, hal ini tidak diperlukan karena pivot table menyediakan
>> filter ketika field diletakkan pada bagian Rows.
>>
>> [image: xl039_pvtFilter1_date.gif]
>>
>> Pada xl2010 ke atas, slicer timeline bisa dimanfaatkan, sehingga tidak
>> perlu meletakkan field berisi data bertipe date pada bagian rows.
>>
>> [image: xl039_pvtFilter2_date.gif]
>>
>> b. Berbeda halnya ketika akan menampilkan pengelompokan data bertipe
>> tanggal, ketika pengelompokan berdasar bulan maupun tahun, pivot
>> menyediakan group. Pada data bertipe date, akan diberi opsi group secara
>> bulanan, tahunan dan sebagainya. Bisa juga dengan menyediakan sebuah tabel
>> dimensi tanggal disertai kolom kelompoknya.
>>
>> [image: xl039_pvtFilter3_date.gif]
>>
>>
>> c. Pada pengelompokan yang custom yang pasti bahwa setiap kelompok berisi
>> N hari, fitur group masih bisa dimanfaatkan dengan menentukan mulai dan
>> akhir data, beserta jumlah rentang yang tetap tersebut.
>>
>> [image: xl039_pvtFilter4_date.gif]
>>
>> d. Ketika dibutuhkan pengelompokan yang custom dan tidak tetap jumlah
>> hari per kelompoknya, maka cara yang disarankan pada email lalu yang
>> dibutuhkan.
>>
>> [image: xl039_pvtFilter5_date.gif]
>>
>>
>> *** Jadi, saran di imil lalu adalah dengan asumsi Anda akan membuat
>> kelompok grup yang jumlah hari tiap kelompoknya tidak pasti.
>> *** Kalau sekadar memilih mau mulai dari tanggal berapa sampai berapa
>> yang sangat bebas dipilih user, manfaatkan saja fitur filter date milik
>> pivot atau slicer timeline.
>>
>> *Tentang :*
>>
>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur ( Ageing
>>> ) dari Inv yang sudah di billing..
>>
>> > secara umum adalah dengan membuat kolom kode grup di sisi data (boleh
>> di sheet, boleh di data model) seperti poin 1.d.. di atas.
>> > tentu saja tabel referensi disesuaikan tipe data beserta nilai mulai
>> dan akhirnya dengan nilai-nilai penyusun grup.
>>
>> [image: xl039_pvtGrup1_addcol.gif]
>>
>> *** Kolom-kolom yang dibutuhkan beserta cara kalkulasinya (agar bisa
>> dilakukan proses lookup ke tabel referensi), tergantung dengan proses
>> bisnis setempat
>> *** Kalau tanpa powerpivot, maka yang dibutuhkan 1 kolom lagi (misal di
>> kolom D) yang berisi hasil lookup ke tabel referensi untuk mengambil kolom
>> teks_grup. Relasi antar tabel tidak dibutuhkan.
>> Sumber data cukup 1 tabel (tabel data paling kiri saja, tanpa
>> menyertakan tabel referensi).
>> *** Jika dengan powerpivot tapi tidak suka dengan kolom bantu seperti
>> grup tersebut, maka perlu mempelajari formula dax penyusun measures, tetapi
>> sering kali juga, menggunakan measures tanpa kolom bantu di sumber data
>> hanya berlaku untuk layout output tertentu saja.
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> On Fri, Feb 15, 2019 at 2:06 PM Adi Irawan airawanp@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> Pak Kid,
>>>
>>> Saya sudah coba2 sesuai petunjuak Pak Kid, tapi saya masih belum
>>> berhasil. SAya bingung mau pake formula apa.
>>>
>>> Untuk kasus No 1, anggap saja saya mempunya tabel sbb :
>>>
>>> [image: image.png]
>>> Formula yang akan di pake nnti apa ya Pak ? jadi pada waktu saya memilih
>>> period Feb 2019, maka data yang akan di ambil adalah semua data dari
>>> tanggal sebelum tanggal 21 Feb 2019 sampai tanggal 21 Feb 2019.. Begitu juga
>>> pada saat memilih period Jan 2019, maka data yang akan di ambil adalah
>>> semua data dari tanggal sebelum tgl 25 Jan 2019 sampai tanggal 25 Jan 2019.
>>> Jadi kolom date adalah batas atas dari suatu tanggal yang akan di pilih.
>>>
>>> Untuk kasus No 2 juga saya masih bingung cara penyelesaianya.
>>>
>>>
>>> Terima kasih
>>>
>>> On Fri, Jan 18, 2019 at 10:56 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Buat dulu tabel referensi kelompok tanggal untuk kasus 1, dan kelompok
>>>> jumlah hari untuk kasus 2. Ada 2 tabel referensi tambahan. Isi kolom
>>>> masing-masing, teks_tampilan, nilai_mulai, nilai_sampai.....
>>>> Lalu di sumber data, dibuat kolom kalkulasi untuk ambil nilai
>>>> teks_tampilan dari masing-masing tabel referensi.
>>>>
>>>> Cara lain adalah dengan melakukan group di pivot table nya.. Pilih
>>>> rentang group nya sesuai kebutuhan.
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> On Wed, Jan 9, 2019 at 5:35 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Halo rekan2 Excel semuanya.
>>>>>
>>>>> Mohon kiranya dapat di bantu untuk kasus saya lagi, Kali ini saya
>>>>> sedang membuat Report dari Powerpivot. Pertanyaan saya adalah :
>>>>>
>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>>> yang di pilih
>>>>>
>>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing.. Amount yang akan muncul adalah
>>>>> balance dari Billing dan Paid.
>>>>>
>>>>> Terima kasih sekali lagi untuk bantuannya.
>>>>>
>>>>> Salam
>>>>> SS
>>>>>
>>>>>
>

Mon Mar 4, 2019 6:21 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Maksudnya begini :
di tabel referensi, kolom Grup ditentukan secara bebas.
di tabel data, kolom Grup adalah hasil lookup data ke tabel referensi. Pada
contoh diatas, lookup berdasar kolom yang sesuai dengan referensi kolom
mulai. Sila disesuaikan dengan kebutuhan

Regards,
Kid

On Mon, Mar 4, 2019 at 8:50 PM Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

> sekadar kode saja. bebas.
>
> On Mon, Mar 4, 2019 at 8:00 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Pak Kid,
>>
>> Terima kasih untuk bantuannya, Saya mau tanya lagi Pak, untuk kolom bantu
>> "Group" angka 1,20,30,400 itu di dapat dari mana ya ?
>>
>> On Mon, Mar 4, 2019 at 1:08 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> hmmm....
>>>
>>> *Tentang :*
>>>
>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>> yang di pilih
>>>
>>> a. Secara umum, hal ini tidak diperlukan karena pivot table menyediakan
>>> filter ketika field diletakkan pada bagian Rows.
>>>
>>> Pada xl2010 ke atas, slicer timeline bisa dimanfaatkan, sehingga
>>> tidak perlu meletakkan field berisi data bertipe date pada bagian rows.
>>>
>>> b. Berbeda halnya ketika akan menampilkan pengelompokan data bertipe
>>> tanggal, ketika pengelompokan berdasar bulan maupun tahun, pivot
>>> menyediakan group. Pada data bertipe date, akan diberi opsi group secara
>>> bulanan, tahunan dan sebagainya. Bisa juga dengan menyediakan sebuah tabel
>>> dimensi tanggal disertai kolom kelompoknya.
>>>
>>>
>>> c. Pada pengelompokan yang custom yang pasti bahwa setiap kelompok
>>> berisi N hari, fitur group masih bisa dimanfaatkan dengan menentukan mulai
>>> dan akhir data, beserta jumlah rentang yang tetap tersebut.
>>>
>>> d. Ketika dibutuhkan pengelompokan yang custom dan tidak tetap jumlah
>>> hari per kelompoknya, maka cara yang disarankan pada email lalu yang
>>> dibutuhkan.
>>>
>>>
>>> *** Jadi, saran di imil lalu adalah dengan asumsi Anda akan membuat
>>> kelompok grup yang jumlah hari tiap kelompoknya tidak pasti.
>>> *** Kalau sekadar memilih mau mulai dari tanggal berapa sampai berapa
>>> yang sangat bebas dipilih user, manfaatkan saja fitur filter date milik
>>> pivot atau slicer timeline.
>>>
>>> *Tentang :*
>>>
>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing..
>>>
>>> > secara umum adalah dengan membuat kolom kode grup di sisi data (boleh
>>> di sheet, boleh di data model) seperti poin 1.d.. di atas.
>>> > tentu saja tabel referensi disesuaikan tipe data beserta nilai mulai
>>> dan akhirnya dengan nilai-nilai penyusun grup.
>>>
>>> *** Kolom-kolom yang dibutuhkan beserta cara kalkulasinya (agar bisa
>>> dilakukan proses lookup ke tabel referensi), tergantung dengan proses
>>> bisnis setempat
>>> *** Kalau tanpa powerpivot, maka yang dibutuhkan 1 kolom lagi (misal di
>>> kolom D) yang berisi hasil lookup ke tabel referensi untuk mengambil kolom
>>> teks_grup. Relasi antar tabel tidak dibutuhkan.
>>> Sumber data cukup 1 tabel (tabel data paling kiri saja, tanpa
>>> menyertakan tabel referensi).
>>> *** Jika dengan powerpivot tapi tidak suka dengan kolom bantu seperti
>>> grup tersebut, maka perlu mempelajari formula dax penyusun measures, tetapi
>>> sering kali juga, menggunakan measures tanpa kolom bantu di sumber data
>>> hanya berlaku untuk layout output tertentu saja.
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> On Fri, Feb 15, 2019 at 2:06 PM Adi Irawan airawanp@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak Kid,
>>>>
>>>> Saya sudah coba2 sesuai petunjuak Pak Kid, tapi saya masih belum
>>>> berhasil. SAya bingung mau pake formula apa.
>>>>
>>>> Untuk kasus No 1, anggap saja saya mempunya tabel sbb :
>>>>
>>>>
>>>> Formula yang akan di pake nnti apa ya Pak ? jadi pada waktu saya
>>>> memilih period Feb 2019, maka data yang akan di ambil adalah semua data
>>>> dari tanggal sebelum tanggal 21 Feb 2019 sampai tanggal 21 Feb 2019. Begitu
>>>> juga pada saat memilih period Jan 2019, maka data yang akan di ambil adalah
>>>> semua data dari tanggal sebelum tgl 25 Jan 2019 sampai tanggal 25 Jan 2019.
>>>> Jadi kolom date adalah batas atas dari suatu tanggal yang akan di pilih.
>>>>
>>>> Untuk kasus No 2 juga saya masih bingung cara penyelesaianya.
>>>>
>>>>
>>>> Terima kasih
>>>>
>>>> On Fri, Jan 18, 2019 at 10:56 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Buat dulu tabel referensi kelompok tanggal untuk kasus 1, dan kelompok
>>>>> jumlah hari untuk kasus 2. Ada 2 tabel referensi tambahan. Isi kolom
>>>>> masing-masing, teks_tampilan, nilai_mulai, nilai_sampai....
>>>>> Lalu di sumber data, dibuat kolom kalkulasi untuk ambil nilai
>>>>> teks_tampilan dari masing-masing tabel referensi.
>>>>>
>>>>> Cara lain adalah dengan melakukan group di pivot table nya. Pilih
>>>>> rentang group nya sesuai kebutuhan.
>>>>>
>>>>> Regards,
>>>>> Kid
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> On Wed, Jan 9, 2019 at 5:35 PM Stephen Saputro
>>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <
>>>>> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Halo rekan2 Excel semuanya.
>>>>>>
>>>>>> Mohon kiranya dapat di bantu untuk kasus saya lagi, Kali ini saya
>>>>>> sedang membuat Report dari Powerpivot. Pertanyaan saya adalah :
>>>>>>
>>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>>>> yang di pilih
>>>>>>
>>>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing.. Amount yang akan muncul adalah
>>>>>> balance dari Billing dan Paid.
>>>>>>
>>>>>> Terima kasih sekali lagi untuk bantuannya.
>>>>>>
>>>>>> Salam
>>>>>> SS
>>>>>>
>>>>>>
>>
>

Mon Mar 4, 2019 1:46 pm (PST) . Posted by:

"HAIRUL ALAM"

Assalamualaikum Mr.Kid
Terimakasih banyak pencerahannya, seperti contoh yang ini maksud saya, Maaf dan Terimakasih
WassalamualaikumHairul Alam
Pada Senin, 4 Maret 2019 13.09.02 GMT+8, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

 

Wa'alaikumussalam wr wb
Pakai kolom bantu untuk menyusun gabungannya. Lalu di lookup dengan tipa pencarian adalah approximate.
Wassalamu'alaikum wr wbKid

On Sat, Mar 2, 2019 at 11:34 PM HAIRUL ALAM ha_mj76@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups..com> wrote:

 

AssalamualaikumPara Master Excel
Bagaimana agar pada Lookup dengan criteria Tanggal/date dengan hasil otomatis bisa bergabung seperti contoh excel terlampir

Terimakasih BanyakWassalamualaikum Wr. Wb.

#yiv1252320247 #yiv1252320247 -- #yiv1252320247ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mkp #yiv1252320247hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mkp #yiv1252320247ads {margin-bottom:10px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mkp .yiv1252320247ad {padding:0 0;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mkp .yiv1252320247ad p {margin:0;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mkp .yiv1252320247ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-sponsor #yiv1252320247ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-sponsor #yiv1252320247ygrp-lc #yiv1252320247hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-sponsor #yiv1252320247ygrp-lc .yiv1252320247ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv1252320247 #yiv1252320247actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv1252320247 #yiv1252320247activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247activity span {font-weight:700;}#yiv1252320247 #yiv1252320247activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv1252320247 #yiv1252320247activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv1252320247 #yiv1252320247activity span span {color:#ff7900;}#yiv1252320247 #yiv1252320247activity span .yiv1252320247underline {text-decoration:underline;}#yiv1252320247 .yiv1252320247attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv1252320247 .yiv1252320247attach div a {text-decoration:none;}#yiv1252320247 .yiv1252320247attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv1252320247 .yiv1252320247attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv1252320247 .yiv1252320247attach label a {text-decoration:none;}#yiv1252320247 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv1252320247 .yiv1252320247bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv1252320247 .yiv1252320247bold a {text-decoration:none;}#yiv1252320247 dd.yiv1252320247last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1252320247 dd.yiv1252320247last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1252320247 dd.yiv1252320247last p span.yiv1252320247yshortcuts {margin-right:0;}#yiv1252320247 div.yiv1252320247attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv1252320247 div.yiv1252320247attach-table {width:400px;}#yiv1252320247 div.yiv1252320247file-title a, #yiv1252320247 div.yiv1252320247file-title a:active, #yiv1252320247 div.yiv1252320247file-title a:hover, #yiv1252320247 div.yiv1252320247file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1252320247 div.yiv1252320247photo-title a, #yiv1252320247 div.yiv1252320247photo-title a:active, #yiv1252320247 div.yiv1252320247photo-title a:hover, #yiv1252320247 div.yiv1252320247photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1252320247 div#yiv1252320247ygrp-mlmsg #yiv1252320247ygrp-msg p a span.yiv1252320247yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv1252320247 .yiv1252320247green {color:#628c2a;}#yiv1252320247 .yiv1252320247MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv1252320247 o {font-size:0;}#yiv1252320247 #yiv1252320247photos div {float:left;width:72px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247reco-category {font-size:77%;}#yiv1252320247 #yiv1252320247reco-desc {font-size:77%;}#yiv1252320247 .yiv1252320247replbq {margin:4px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mlmsg select, #yiv1252320247 input, #yiv1252320247 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mlmsg pre, #yiv1252320247 code {font:115% monospace;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-mlmsg #yiv1252320247logo {padding-bottom:10px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-msg p#yiv1252320247attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-reco #yiv1252320247reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-sponsor #yiv1252320247ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-sponsor #yiv1252320247ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-sponsor #yiv1252320247ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv1252320247 #yiv1252320247ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv1252320247

Mon Mar 4, 2019 4:58 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Kalau pakai power pivot (mulai xl2010 ke atas) bisa begini :
> dibuat 1 (satu) kali oleh user yang mau belajar Excel, lalu workbook
dibagikan ke user lainnya
> digunakan oleh user laiinya [siapapun] (termasuk yang enggan belajar
Excel sekalipun)
> user tinggal add records, delete records, update records pada tabel
disisi kiri lalu refresh all dari menu Data -> Refresh All
*** xl2010 bisa install power pivot (32 bit maupun 64 bit) dengan unduh
dari ms.
*** xl2013 (ada syarat berdasar edisi office-nya), power pivot sudah
ter-install dan cukup diaktifkan saja addin tersebut melalui menu File ->
Options -> Addin -> com add in -> power pivot
*** xl2016 ke atas (ada syarat berdasar edisi office-nya), power pivot
sudah ter-install dan sudah aktif (by default), andai belum aktif, cukup
diaktifkan seperti di xl2013

[image: xl040_pvtconcatenatex.gif]
File terlampir.

Regards,
Kid

On Sun, Mar 3, 2019 at 6:13 AM Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Wa'alaikumusalam warahmatullah.
> Seingat saya, saya sudah menjawab kasus ini dengan pivot,
> Hanya saja kurang lengkap karena tidak saya gabung hasilnya.
> Haruskah pakai formula Lookup?
> pakai pivot lebih mudah dan lebih sederhana, file terlampir
> Wasalamu'alaikum warahmatullah.
> NangAgus
> On 3/2/2019 21:50, HAIRUL ALAM ha_mj76@yahoo.co.id [belajar-excel] wrote:
>
>
> Assalamualaikum
> Para Master Excel
>
> Bagaimana agar pada Lookup dengan criteria Tanggal/date dengan hasil
> otomatis bisa bergabung seperti contoh excel terlampir
>
>
> Terimakasih Banyak
> Wassalamualaikum Wr. Wb.
>
>
>
>
>
>

Mon Mar 4, 2019 6:12 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm...
tanpa contoh file data...

1. Kalau mau manual,
> filter kolom A untuk item 'Gudang', delete excel rows dari hasil
filter, turn off filter,
> filter kolom G yang blank, delete excel rows hasil filter, turn
off filter
> copy kolom G ke kolom L
> filter kolom L yang tidak berisi (not contain) '-' (karakter min
[dash]), clear contents hasil filter, turn off filter
> klik cells A1, blok seluruh data (dari kolom A sampai kolom L di
baris yang ada datanya saja), pilih cells yang blank (goto special blank
tekan OK),
langsung tekan tombol keyboard = (tombol sama dengan) lalu tekan
tombol keyboard panah ke atas 1 kali, lalu tekan CTRL (jangan dilepaskan)
diikuti dengan tekan ENTER
> blok seluruh data, lakukan copy paste special values
> filter kolom C untuk item 'Cash', delete excel rows dari hasil
filter, turn off filter
> buang kolom yang tidak dipakai, beri nama header pada setiap kolom
yang dibutuhkan, pindahkan kolom agar sesuai kebutuhan (optional)
2. Kalau mau proses yang cepat dan simple (tinggal copy paste data ke
sebuah sheet, lalu di sheet hasil tinggal tekan menu DATA -> Refresh All),
manfaatkan power query
> susun proses nomor 1 tersebut di dalam power query
3. Kalau pakai VBA, susun proses seperti nomor 1 dengan VBA. Bisa dengan
record macro lalu disesuaikan baris kode hasil record macronya
4. Kalau pakai formula
> di sheet data, insert baris kosong di baris 1 excel

> buat sheet baru, misal namanya 'formula', di baris 1 (cuma di baris
1) tulis header kolom
> buat formula di setiap kolom sheet 'formula' baris 2
> untuk ambil sheet data kolom :
A ->* jika a2 sheet data berisi karakter '/',* maka ambil a2 sheet
data, kalau tidak, ambil sheet formula baris sebelumnya
*** berlaku untuk ambil kolom A,E,G dan H khusus tanggal,
dengan *bagian kondisi (yang di-bold)* adalah tetap, tetapi yang
diambil menyesuaikan
kebutuhan
B -> *jika a2 sheet data kosong dan b2 sheet data ada isinya*, ambil
b2 data, kalau tidak kosong
*** berlaku untuk ambil kolom B,C,F,i,K,G dan H yang selain
tanggal, dengan *bagian kondisi (yang di-bold)* adalah tetap, tetapi yang
diambil menyesuaikan kebutuhan
> di sheet formula, di kolom baru (paling kanan) diberi header bernama
'helper',
> di sheet formula kolom helper diberi formula jika di
sheet formula pada kolom hasil pengambilan dari sheet data kolom B ada
isinya, beri nomor baris excel (pakai fungsi Row)

> buat sheet baru, misal bernama 'hasil', baris 1 diberi header, tapi
kolom A bernama 'helper' kolom B bernama baris, kolom C dan seterusnya
sesuai kebutuhan
> sheet hasil b2 diberi formula =Row()-1 copy ke bawah
> sheet hasil a2 diberi formula =Small( sheet formula kolom helper semua
baris , sheet hasil cells b2 )
> sheet hasil kolom c dan seterusnya bisa ambil dari sheet formula
dengan fungsi Index berdasar nilai kolom A sheet hasil, seperti :
=index( sheet formula kolom A semua baris , sheet hasil cells
a2 absolute kolom )

Prioritas rekomendasi :
> jika bisa menyusun sop yang rinci :
nomor 2, nomor 3, nomor 1, nomor 4
> jika tidak,
nomor 2, nomor 3, nomor 4, nomor 1
> jika bermassalah dengan pengetahuan VBA, tidak usah pakai nomor 3 (anggap
saja tidak ada nomor 3)
> jika tidak ada power query, sebaiknya diusahakan untuk ada, sehingga bisa
menggunakan nomor 2

Regards,
Kid

On Mon, Feb 25, 2019 at 12:32 PM Sandy Zhang sandy_zhang87@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> saya mempunyai data seperti dibawah ini
>
> jika saya mau diubah menjadi susunan data dibawah ini ada rumus nya ngk?
> mohon bantuannya
> [image: Jadikan gambar sebaris]
>
>
>

Mon Mar 4, 2019 6:38 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wa'alaikumussalam wr wb

coba blok d8 sampai g9, lalu isi dengan array formula :
=INDEX((Actual,YtD,MtD),0,0,MATCH(B9,{"actual","ytd","mtd"},0))
tekan CSE

rujuk range chart ke area d8 sampai g9

wassalamu'alaikum wr wb
Kid

On Sun, Feb 24, 2019 at 11:16 PM febryferian@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Assalamu'alaikum Wr., Wb.,
>
>
>
> Semoga rekan-rekan milis belajar excel sedang dalam keadaan sehat
> wal'afiat.
>
> Mohon bantuan dari rekan-rekan milis terkait hambatan yang sedang saya
> hadapi. Saya mengalami kesulitan ketika ingin mendapatkan data /chart data
> range/, tapi bersumber ke periode yang hanya dipilih saja. Jadi /source
> chart data range/ mengikuti periode yang diinginkan/dipilih.
>
>
>
> File dummy berikut penjelasannya sudah saya sertakan di dalam /attachment/
> pesan ini.
>
> Mohon arahan dari rekan-rekan milis yang bisa membantu saya.
>
>
>
> Terima kasih.
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar