Minggu, 31 Maret 2019

[belajar-excel] Digest Number 4741

2 Messages

Digest #4741
1a
Tidak bisa record dan edit Macro by "Apriyadi" apriyadi_apry
1b
Re: Tidak bisa record dan edit Macro by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sun Mar 31, 2019 3:16 am (PDT) . Posted by:

"Apriyadi" apriyadi_apry

Dear All,

Mohon dbantu,Saya terdapat Case dimana saat saya Record macro atau Edit Macro, Excel nya langsung not responding atau langsung restart.
Namun jika hanya menjalankan Macro yang sudah ada bisa dan normal berjalan.

Hal ini menyebabkan saya tidak dapat membuat report baru dan tidak bisa mengubah Coding yang sudah ada.

Sebagai tambahan informasi, Saya menggunakan window 10 dengan Microsoft 2010. Sebelum nya laptop saya sering restart karena tidak mengerti,
Saya salah ke klik Clean dan semua instalan hilang. Sebelum case case tersebut saya masih bisa Record ataupun edit Macro sekarang kondisinya seperti tidak bisa record atau Edit.

Mohon penerahannya, Apakah terdapat salah setting di Excel nya dan hal apa yang saya perlu lakukan agar kembali normal.

Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak

Salam,
Apri

Sun Mar 31, 2019 3:40 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Apri,

Coba dulu begini ya :
0. coba clean up temp folder (cari di windows explorer dengan search key
%temp%), hapus isi folder tersebut,, update office-nya, coba record macro
** kalau masih crash, coba cara 1

1. buka excel yang akan di record macro, lakukan save as Macro enable
workbook atau binary (xlsm atau xlsb), lalu coba record macro
** kalau masih crash, coba cara 2

2. ke Excel Options -> Trust center -> trust center settings -> pilih
enable macro -> centang trust vba blabla -> ok sampai kembali ke worksheet
-> coba record macro
** kalau masih crash, kembalikan setting di atas menjadi disable with
notif dan hilangkan centang trust vba blabla, lalu coba cara 3

3. ke Excel Options -> Add-ins -> disable seluruh addin yang aktif -> coba
record macro
** kalau masih crash, aktifkan kembali addins, lalu coba cara 4

4. ke Excel Options -> Advanced -> cari bagian General -> ubah status
centangan di item ignore other application that use dde -> coba record macro
** kalau masih crash, ubah kembali status centangan di item cara nomor
4 ini, lalu coba cara 5

5. ke Excel Options -> Advanced -> cari bagian Editing Options -> ubah
status centangan di item Extend data range blabla -> coba record macro
** kalau masih crash, ubah kembali status centangan di item cara nomor
5 ini, lalu coba cara 6

6. coba tambah sheet baru, isi beberapa cells di sheet baru, lalu coba
record macro untuk hapus isi cells di sheet baru tersebut
** kalau masih crash, coba cara 7

7. coba repair install-an office-nya, coba record macro
** kalau masih crash, coba cara 8

8. uninstall office-nya (clean uninstall), lalu install ulang (pastikan
fitur VBA tercentang), coba record macro
** kalau masih crash, pakai Office versi atasnya saja ya... tapi clean
uninstall yang lama, dan install yang versi baru, lalu update

Regards,
Kid

On Sun, Mar 31, 2019 at 5:19 PM Apriyadi apriyadi_apry@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Dear All,
>
> Mohon dbantu,Saya terdapat Case dimana saat saya Record macro atau Edit
> Macro, Excel nya langsung not responding atau langsung restart.
> Namun jika hanya menjalankan Macro yang sudah ada bisa dan normal berjalan.
>
> Hal ini menyebabkan saya tidak dapat membuat report baru dan tidak bisa
> mengubah Coding yang sudah ada.
>
> Sebagai tambahan informasi, Saya menggunakan window 10 dengan Microsoft
> 2010. Sebelum nya laptop saya sering restart karena tidak mengerti,
> Saya salah ke klik Clean dan semua instalan hilang. Sebelum case case
> tersebut saya masih bisa Record ataupun edit Macro sekarang kondisinya
> seperti tidak bisa record atau Edit.
>
> Mohon penerahannya, Apakah terdapat salah setting di Excel nya dan hal apa
> yang saya perlu lakukan agar kembali normal.
>
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak
>
> Salam,
> Apri
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar